Topik: e-commerce

  • Ancaman Siber Makin Canggih, Ini Dia Penangkalnya

    Ancaman Siber Makin Canggih, Ini Dia Penangkalnya

    Jakarta: VIDA, penyedia solusi identitas digital di Indonesia, mengumumkan pencapaian sertikasi iBeta Level 1 Presentation Attack Detection (PAD) untuk solusi liveness detection mereka.
     
    Sertikasi ini menegaskan komitmen VIDA dalam menyediakan tur keamanan mutakhir yang melindungi terhadap ancaman siber yang semakin canggih.
     
    iBeta adalah laboratorium pengujian independen yang diakui secara global, khusus dalam evaluasi sistem biometrik. Sertikasi Level 1 PAD menilai kemampuan sistem biometrik untuk menahan teknik spoong dasar, seperti foto cetak atau video. Pengujian yang dilakukan oleh iBeta selaras dengan standar ISO/IEC 301073, yang menetapkan tolok ukur untuk deteksi serangan presentasi biometrik.
    “Sertikasi ini adalah bukti nyata komitmen kami dalam menetapkan standar baru keamanan digital di Indonesia. Teknologi kami memiliki standarisasi global untuk memberikan kepercayaan dan perlindungan terbaik kepada mitra bisnis kami. VIDA berkomitmen untuk menghadirkan solusi identitas digital yang memenuhi standar global dan secara strategis dirancang untuk kebutuhan pasar Indonesia,” ujar Founder dan Group CEO VIDA, Niki Luhur, dalam keterangan tertulis, Senin, 23 Desember 2024.
     
    Solusi identitas digital tepercaya VIDA telah banyak digunakan oleh perusahaan terkemuka di Indonesia, termasuk Bank Mandiri, BCA, Bank BTPN, Tokopedia, Gojek, Bukalapak, dan DANA.
     
     

     
    Bagi bisnis yang membutuhkan solusi verikasi identitas untuk proses onboarding pelanggan dan transaksi, sertikasi iBeta Level 1 PAD menegaskan keunggulan layanan VIDA, termasuk tur liveness detection yang memberikan:

    Keamanan Tinggi: Teknologi VIDA memenuhi standar global yang ketat untuk melawan serangan spoong, sangat penting bagi sektor perbankan, keuangan, dan e-commerce.
    Kepatuhan Global: Sertikasi ini memastikan solusi biometrik VIDA sesuai dengan standar ISO/IEC 301073, memudahkan perusahaan untuk memenuhi persyaratan regulasi internasional.
    Pencegahan Penipuan yang Lebih Baik: Dengan pengakuan tingkat dunia, proses verikasi identitas yang diperkuat dapat melindungi akun pengguna dan meningkatkan kepercayaan dalam proses onboarding dan autentikasi digital.

    Tidak hanya mengandalkan pencapaian global sertikasi iBeta PAD Level 1, VIDA juga memiliki sertikasi lain dan merupakan menjadi anggota, seperti:

    Sertikasi WebTrust (2020): VIDA menjadi Penyelenggara Sertikat Elektronik (PSrE) pertama di Indonesia yang meraih akreditasi ini.
    Top Global Ranked NIST (2023): Mengukuhkan teknologi VIDA di antara sistem biometrik terbaik dunia.
    Adobe Approved Trust List (AATL): Pengakuan ini memastikan tanda tangan digital VIDA diakui secara global.
    Anggota Cloud Signature Consortium (CSC): Berkontribusi dalam pengembangan standar global untuk tanda tangan digital berbasis cloud.
    Anggota FIDO Alliance: Mendukung inovasi teknologi tanpa kata sandi untuk meningkatkan pengalaman pengguna.

    Sertikasi iBeta Level 1 menambah lapisan kredibilitas pada portofolio solusi biometrik dan AI-driven VIDA, semakin memposisikan perusahaan sebagai mitra tepercaya dalam mengamankan transaksi digital dan data pelanggan di lanskap ancaman yang semakin kompleks.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (AHL)

  • Ekspansi Pengiriman, Kick Avenue Gandeng TIKI

    Ekspansi Pengiriman, Kick Avenue Gandeng TIKI

    Jakarta, FORTUNE – PT Citra Van Titipan Kilat, perusahaan jasa pengiriman dan logistik dengan brand Tiki, menggandeng Kick Avenue, e-commerce produk Sneakers sebagai mitra kurir resmi.

    Yulina Hastuti, Direktur Utama TIKI mengatakan, dengan pengalaman dan jaringan distribusi yang luas, TIKI menyediakan layanan kustom untuk mempermudah pelaku usaha dalam mengelola kebutuhan logistik.

    “Dengan demikian, mereka dapat fokus mengembangkan bisnis utama, sementara TIKI memastikan pengiriman berjalan dengan andal dan tepat waktu,” kata Direktur Utama TIKI, Yulina Hastuti dalam keterangan tertulis, dikutip Senin (23/12).

    Dalam perjanjian kerja sama ini, TIKI menyediakan sejumlah layanan dan fasilitas yang dirancang khusus untuk mendukung kebutuhan operasional Kick Avenue, mencakup layanan kustom yang dilengkapi dengan Customer Service (CS) dedicated serta key account handling yang secara khusus membantu meningkatkan penjualan dan memastikan kelancaran operasional. 

    TIKI juga menyediakan integrasi sistem yang memungkinkan Kick Avenue memantau performa logistik secara realtime melalui satu dashboard. Dashboard ini memberikan informasi lengkap, mulai dari jumlah transaksi yang berhasil, tingkat keberhasilan pengiriman, status pengiriman, hingga nominal transaksi yang dilakukan dengan TIKI. 

    Dengan fasilitas ini, Kick Avenue bisa mendapatkan kemudahan dalam mengelola distribusi barang ke konsumen. Meski demikian, perusahaa ntidak mengungkap besaran nilai kerja sama tersebut.

  • 8 Hampers Natal Unik untuk Momen Berbagi yang Berkesan

    8 Hampers Natal Unik untuk Momen Berbagi yang Berkesan

    Jakarta, Beritasatu.com – Perayaan Natal selalu identik dengan berbagi kasih dan memberikan hadiah istimewa. Salah satu tradisi yang populer adalah memberikan hampers Natal kepada keluarga, teman, atau kolega.

    Namun, jika Anda bosan dengan bingkisan yang monoton, tahun ini adalah waktu yang tepat untuk mencoba hampers yang unik dan penuh kesan.

    Berikut ini delapan ide hampers Natal unik yang tidak hanya menarik, tetapi juga akan memberikan pengalaman berkesan bagi penerimanya.

    1. Sabun berbentuk snowflakes
    Sabun berbentuk snowflakes menjadi pilihan menarik untuk hampers Natal yang istimewa. Anda dapat memesan sabun ini secara custom dengan bahan-bahan khusus yang sesuai dengan kebutuhan penerima, atau membeli sabun snowflakes siap pakai yang tersedia di berbagai e-commerce. Selain fungsional, bentuknya yang unik juga menambah kesan Natal.

    2. Perlengkapan mandi spa
    Bingkisan berupa perlengkapan mandi spa sangat cocok untuk teman atau keluarga yang gemar memanjakan diri di rumah. Isi hampers dengan sabun, masker wajah, ikat rambut, dan lilin aromaterapi. Pilih warna dan desain yang menarik agar bingkisan terlihat lebih estetik, serta sesuaikan dengan warna favorit penerima.

    3. Perlengkapan perjalanan
    Jika penerima hampers adalah seseorang yang suka bepergian, perlengkapan perjalanan bisa menjadi pilihan tepat. Anda bisa memasukkan botol kecil untuk perlengkapan mandi, termos untuk minuman panas, dan tas organizer pakaian. Selain praktis, hampers ini juga cukup ekonomis dan mudah ditemukan.

    4. Pengharum ruangan
    Hampers Natal berupa pengharum ruangan dapat menjadi hadiah yang sederhana namun bermanfaat. Isi bingkisan dengan lilin aromaterapi, minyak esensial, atau pengharum ruangan berbasis parfum. Pilih aroma yang bervariasi agar penerima memiliki lebih banyak pilihan untuk digunakan di rumah.

    5. Kartu emas
    Kartu ucapan emas adalah pilihan elegan dan berkesan untuk hampers Natal. Kartu ini kini tersedia dalam ukuran mulai dari 0,1 gram, menjadikannya terjangkau untuk berbagai kalangan. Anda juga dapat menambahkan desain unik atau pesan personal yang membuatnya lebih spesial.

    6. Bumbu masak
    Bumbu masak dalam kemasan menarik adalah ide hampers yang praktis dan jarang dipilih. Anda bisa menyertakan aneka bumbu dapur, seperti rempah-rempah, garam Himalaya, atau saus premium. Selain bermanfaat, hampers ini juga memberikan kesan personal bagi penerima yang gemar memasak.

    7. Produk kecantikan
    Untuk pencinta kecantikan, hampers berisi produk skincare atau makeup bisa menjadi pilihan sempurna. Isi bingkisan dengan produk perawatan kulit, seperti serum atau pelembap, dan lengkapi dengan kosmetik favorit. Ide ini pasti akan disukai dan membuat penerimanya merasa istimewa.

    8. Couple sneakers
    Hampers berupa couple sneakers adalah hadiah yang unik untuk pasangan. Selain memberikan kesan harmonis, hadiah ini juga mendukung momen kebersamaan mereka, terutama saat liburan Natal. Anda bahkan dapat mempersiapkan hadiah serupa untuk diri sendiri dan pasangan, menambah kesan romantis di momen spesial ini.

    Memilih hampers Natal yang unik dan personal dapat membuat momen berbagi menjadi lebih bermakna. Dengan ide-ide kreatif di atas, Anda dapat memberikan bingkisan yang tak hanya fungsional, tetapi juga mencerminkan perhatian dan kasih sayang Anda kepada orang terdekat.

  • TikTok Mendadak Mau Dicaplok Miliarder AS, Ini Sosoknya

    TikTok Mendadak Mau Dicaplok Miliarder AS, Ini Sosoknya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Sosok miliarder asal Amerika Serikat (AS) Frank McCourt tertarik membeli TikTok. Bahkan, ia dilaporkan sudah menyusun rencana penawaran aplikasi milik ByteDance asal China tersebut.

    ByteDance diketahui harus melepas kepemilikannya TikTok di AS agar aplikasi tetap bisa diakses di negara itu. Tawaran McCourt bisa menyelamatkan aplikasi video pendek itu agar tak diblokir permanen oleh pemerintah AS.

    Pemilik tim bisbol Los Angeles Dodgers mengaku menerima pendanaan lisan senilai US$20 miliar (Rp 323 triliun) dari konsorsium investor untuk membeli TikTok, dikutip Reuters, Senin (23/12/2024).

    Penawaran itu diikuti dengan rencana perombakan pada model bisnis milik TikTok yang dijalankan sekarang. Dia merubah model periklanan dan mengajukan agar pengguna akan punya kendali atas iklan dan jenis konten pada TikTok.

    TikTok akan mendapatkan pemasukan dari tempat lain, e-commerce dan data lisensi untuk pelatihan kecerdasan buatan.

    Namun rencana McCourt punya beberapa penghalang. Salah satu yang terbesar mungkin pendirian TikTok yang menegaskan tidak akan dipisahkan dari ByteDance.

    TikTok juga masih berupaya mengajukan banding ke Mahkamah Agung. Agar aturan pemerintah Joe Biden terkait penjualan aplikasi bisa dibatalkan.

    McCourt meyakini Mahkamah Agung tidak akan meloloskan permintaan TikTok. Jika prediksinya benar, maka ByteDance akan membuka ruang untuk bernegosiasi.

    Selain menyusun desain model bisnis baru, McCourt dan timnya telah melakukan percakapan awal dengan pemerintahan baru di bawah Donald Trump. Tim itu juga telah berbicara dengan CEO potensial jika TikTok telah ada di tangan McCourt.

    Reuters mengutip seorang sumber mengatakan CEO yang dimaksud adalah mantan kepala operasi TikTok, V. Pappas. Dia tidak menanggapi permintaan berkomentar terkait laporan tersebut.

    Jika aturan tersebut tetap dilakukan dan TikTok tidak dijual ByteDance maka akses aplikasi akan dilarang di AS pada 19 Januari 2025 mendatang.

    (fab/fab)

  • Telkomsel dan Evermos Tawarkan Produk UMKM di Aplikasi MyTelkomsel

    Telkomsel dan Evermos Tawarkan Produk UMKM di Aplikasi MyTelkomsel

    Bisnis.com, JAKARTA – Telkomsel menjalin kolaborasi strategis dengan Evermos, platform connected commerce terkemuka di Indonesia yang juga merupakan portofolio dari Telkomsel Ventures, menghadirkan kemudahan bagi pelanggan untuk berbelanja produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), secara praktis melalui  MyTelkomsel Super App.

    Fitur belanja oleh Evermos menawarkan berbagai produk berkualitas, mulai dari fashion, makanan dan minuman, kecantikan, kesehatan, otomotif, elektronik, hingga perlengkapan ibadah. Kolaborasi ini selaras dengan komitmen Telkomsel dalam mentransformasi MyTelkomsel menjadi Super App digital lifestyle yang mengintegrasikan fitur layanan hiburan dan commerce, selaligus memberikan kemudahan berbelanja produk UMKM kepada pelanggan.

    Untuk mengakses fitur belanja oleh Evermos di MyTelkomsel, pelanggan dapat menggunakan fitur pencarian, masukkan keyword Produk UMKM atau Evermos, lalu klik logo Evermos agar dapat melanjutkan ke halaman belanja.

    Sedangkan untuk memesan dan membayar produk UMKM dari Evermos di MyTelkomsel Super App, pelanggan cukup menjalankan beberapa langkah berikut: 

    Temukan dan pilih produk favorit UMKM dari Evermos di aplikasi MyTelkomsel Super App. 
    Lihat detail produk dan masukkan ke keranjang. 
    Lengkapi data transaksi sesuai kebutuhan. 
    Masukkan data alamat pengiriman. 
    Pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti Virtual Account (VA), kartu kredit/debit, atau melalui gerai Alfamart dan Indomaret. 

    Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel, Nirwan Lesmana, mengatakan, “Kolaborasi strategis dengan Evermos merupakan wujud nyata komitmen Telkomsel untuk mempermudah pelanggan dalam mengakses produk UMKM berkualitas melalui MyTelkomsel Super App. Selain itu, Evermos sebagai bagian dari portofolio Telkomsel Ventures yang menyediakan layanan e-commerce yang terintegrasi MyTelkomsel Super App. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat mendukung pertumbuhan ekosistem UMKM di Indonesia.” 

    Co-Founder & Acting CEO Evermos, Ilham Taufiq menambahkan, “Kolaborasi ini semakin memperkuat misi Evermos untuk mendukung pelaku UMKM di Indonesia agar terus tumbuh dan berkembang. Saat ini lebih dari 50 ribu pelanggan Telkomsel sudah mengakses produk UMKM melalui platform kami di MyTelkomsel, sehingga kerja sama ini mampu memberikan dampak positif bagi pemberdayaan dan pengembangan UMKM dengan membuka saluran distribusi digital baru.” 

    Saat ini, produk fashion, makanan, dan kecantikan berkontribusi besar dalam penjualan produk UMKM dari Evermos di MyTelkomsel Super App, dengan porsi fashion sebesar 46%, makanan sebesar 21%, dan kecantikan sebesar 12%.

    Evermos merupakan platform connected commerce dan salah satu portofolio Telkomsel Ventures. Telkomsel Ventures sendiri adalah unit investasi yang dimiliki oleh Telkomsel, bertujuan untuk berinvestasi dalam perusahaan rintisan (startup) yang inovatif, terutama yang memiliki potensi untuk memperkuat ekosistem digital Indonesia. Fokus utama Telkomsel Ventures adalah mendukung pertumbuhan startup yang bergerak di bidang teknologi dan digital dengan memberikan akses ke modal, jaringan, serta pengalaman Telkomsel sebagai penyedia layanan telekomunikasi terkemuka. Selain itu, Evermos mendukung pelaku UMKM untuk memulai serta mengembangkan usahanya melalui penyediaan jaringan distribusi di kota tier 2 dan 3, serta layanan commerce yang terintegrasi dengan komitmen akan prinsip syariah.

    Perbesar

    Sedangkan, MyTelkomsel  Super App merupakan layanan berbentuk aplikasi yang diluncurkan Telkomsel untuk mengakses layanan pelanggan dengan menggunakan smartphone. Transformasi MyTelkomsel Super App telah menghadirkan berbagai layanan terpadu dalam satu aplikasi, mulai dari hiburan seperti musik, film, dan games, hingga fitur gaya hidup seperti kesehatan, perjalanan, dan e-commerce. Telah diunduh lebih dari 100 juta kali dan memiliki hingga 50 juta pengguna aktif bulanan, MyTelkomsel Super App kini menjadi pusat dari berbagai layanan digital di ekosistem. Melalui pendekatan end-to-end Telkomsel dalam menggunakan kecerdasan buatan (AI), seperti dengan Smart Search dan Asisten Virtual Veronika, MyTelkomsel Super App menciptakan pengalaman yang lebih mulus, intuitif, dan efisien bagi para pengguna.

    Informasi lebih lanjut terkait produk UMKM berkualitas yang dihadirkan Evermos dapat dilihat dari MyTelkomsel Super App maupun laman https://evermos.com/. 

  • Telkomsel & Evermos Hadirkan Produk UMKM di MyTelkomsel

    Telkomsel & Evermos Hadirkan Produk UMKM di MyTelkomsel

    Jakarta, CNBC Indonesia – Telkomsel menjalin kolaborasi dengan Evermos menghadirkan kemudahan bagi pelanggan untuk berbelanja produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), melalui MyTelkomsel Super App. Fitur belanja oleh Evermos menawarkan berbagai produk, mulai dari fashion, makanan dan minuman, kecantikan, kesehatan, otomotif, elektronik, hingga perlengkapan ibadah.

    Untuk mengakses fitur belanja oleh Evermos di MyTelkomsel, pelanggan dapat menggunakan fitur pencarian, masukkan keyword Produk UMKM atau Evermos, lalu klik logo Evermos agar dapat melanjutkan ke halaman belanja.

    Berikut langkah untuk memesan dan membayar produk UMKM dari Evermos di MyTelkomsel Super App

    -Temukan dan pilih produk favorit UMKM dari Evermos di aplikasi MyTelkomsel Super App

    -Lihat detail produk dan masukkan ke keranjang.

    -Lengkapi data transaksi sesuai kebutuhan.

    -Masukkan data alamat pengiriman.

    -Pilih metode pembayaran yang diinginkan, seperti Virtual Account (VA), kartu kredit/debit, atau melalui gerai Alfamart dan Indomaret.

    Vice President Customer Journey and Digital Experience Telkomsel, Nirwan Lesmana, mengatakan, kolaborasi ini selaras dengan komitmen Telkomsel dalam mentransformasi MyTelkomsel menjadi Super App digital lifestyle yang mengintegrasikan fitur layanan hiburan dan commerce sekaligus memberikan kemudahan berbelanja produk UMKM kepada pelanggan.

    “Kolaborasi dengan Evermos merupakan komitmen Telkomsel untuk mempermudah pelanggan dalam mengakses produk UMKM berkualitas melalui MyTelkomsel Super App. Selain itu, Evermos sebagai bagian dari portofolio Telkomsel Ventures yang menyediakan layanan e-commerce yang terintegrasi MyTelkomsel Super App. Melalui kolaborasi ini, kami berharap dapat mendukung pertumbuhan ekosistem UMKM di Indonesia,” kata dia dikutip Senin (23/12/2024).

    Co-Founder & Acting CEO Evermos, Ilham Taufiq menambahkan, kolaborasi ini memperkuat misi Evermos untuk mendukung pelaku UMKM di Indonesia agar terus tumbuh dan berkembang.

    “Saat ini lebih dari 50 ribu pelanggan Telkomsel sudah mengakses produk UMKM melalui platform kami di MyTelkomsel, sehingga kerja sama ini mampu memberikan dampak positif bagi pemberdayaan dan pengembangan UMKM dengan membuka saluran distribusi digital baru,” papar dia.

    Saat ini, produk fashion, makanan, dan kecantikan berkontribusi besar dalam penjualan produk UMKM dari Evermos di MyTelkomsel Super App. Adapun porsi fashion sebesar 46%, makanan sebesar 21%, dan kecantikan sebesar 12%.

    (rah/rah)

  • Sepanjang 2024, 1 Miliar Produk UMKM Laris Manis di Shopee Live

    Sepanjang 2024, 1 Miliar Produk UMKM Laris Manis di Shopee Live

    Jakarta

    Shopee menyebutkan fitur belanja interaktif saat ini tengah digemari para konsumen di Indonesia. Sebab para penjual dan pembeli bisa melakukan komunikasi secara langsung layaknya belanja offline.

    Tak hanya itu, Shopee mencatat fitur tersebut juga tergolong membantu para penjual dalam meningkatkan omset mereka. Riset IPSOS tahun 2024, 67% responden menyatakan Shopee Live memberikan peningkatan omzet terbesar bagi bisnis mereka ketimbang platform lainnya. Adanya fitur tanya jawab, diskon harga, dan penawaran gratis ongkir di Shopee Live merupakan stimulus penting yang mengatrol jumlah transaksi pengguna.

    Sementara itu, data internal 2024 Shopee mencatat ada 1 miliar produk UMKM yang terjual lewat sesi Shopee Live. Selain itu, kini semakin banyak kreator yang bergabung di Shopee. Jumlah Kreator Shopee meningkat 50% di tahun 2024. Akumulasi total durasi konten mereka mencapai 735 juta jam.

    “Shopee senantiasa berinovasi agar bisa terus menjadi wadah bagi banyak orang untuk berkembang. Termasuk para konten kreator yang terus mengembangkan kreativitas sehingga dapat menghasilkan konten-konten yang semakin menarik. Tahun ini jumlah kreator di Shopee meningkat cukup tajam, dan kehadiran mereka sangat membantu dalam mempromosikan produk-produk berkualitas dari UMKM yang ada di Shopee,” ujar Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Christin Djuarto dalam keterangan tertulis, Senin (23/12/2024).

    Infografis Shopee Foto: Shopee

    Menariknya, banyak kreator yang menghadirkan berbagai konten kreatif dan berkualitas. Hal itu sengaja mereka lakukan agar mampu menarik lebih banyak konsumen di dunia maya.

    Selain itu, Shopee turut mengeluarkan beragam inovasi yang mendukung UMKM mengembangkan bisnis, seperti Program Ekspor Shopee, Shopee Pilih Lokal, dan lainnya.

    Pihaknya mencatat peningkatan penjualan produk di kanal Shopee Pilih Lokal melejit lebih dari 200% dibandingkan tahun lalu, menandakan meningkatnya kecintaan masyarakat terhadap produk lokal. Fitur interaktif seperti Shopee Live ini diharapkan juga bisa membantu meningkatkan penjualan produk lokal secara signifikan.

    “Kami berharap pertumbuhan positif ini dapat terus berlanjut sehingga menghasilkan dampak baik bagi para kreator, UMKM, pengguna, dan seluruh masyarakat Indonesia,” tutur Christin.

    Sementara itu, salah satu konten kreator yang kerap Shopee Live Lisa Quincy mengakui dirinya mendapatkan penghasilan tambahan dari fitur tersebut. Menurutnya, fitur tersebut membuat dirinya mampu menjual ribuan produk.

    “Menjadi kreator di Shopee Live, Shopee Video, dan Shopee Affiliate Program sangat mengubah hidupku. Berawal dari kegemaran mengikuti berbagai tren produk kecantikan dan fesyen melalui platform e-commerce, kini aku menyadari hal ini bisa menjadi peluang untuk memiliki penghasilan tambahan yang cukup memenuhi kebutuhan keluarga sembari merencanakan masa depan yang lebih baik,” tutup Lisa.

    (ega/ega)

  • Beli BBM Pakai Kartu Kredit BNI-MyPertamina, Bisa Dapat Cashback!

    Beli BBM Pakai Kartu Kredit BNI-MyPertamina, Bisa Dapat Cashback!

    Jakarta

    PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI meluncurkan Kartu Kredit BNI-MyPertamina. Produk ini merupakan hasil kerja sama co-branding dengan anak usaha PT Pertamina (Persero), PT Pertamina Patra Niaga, guna memudahkan nasabah dalam melakukan transaksi pembelian bahan bakar.

    Kartu Kredit BNI-MyPertamina merupakan revamp Kartu Kredit BNI-Pertamina yang sebelumnya bekerja sama dengan Pertamina. Peluncuran Kartu Kredit BNI-MyPertamina dilakukan dalam rangkaian acara MyPertamina Fair 2024 yang digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada Sabtu (21/12).

    Kartu Kredit BNI-MyPertamina menggunakan jaringan Mastercard yang dapat dipakai secara global. Direktur Digital and Integrated Transaction Banking BNI Hussein Paolo Kartadjoemena menjelaskan desain baru yang minimalis berwarna hitam dengan aksen kendaraan yang sedang melaju cepat, menggambarkan semangat bergerak cepat dan bebas dalam menangkap semua peluang di depan.

    “Kartu kredit ini ditujukan untuk memenuhi kebutuhan transaksi masyarakat umum maupun karyawan Pertamina dan anak-anak perusahaan Pertamina yang selalu aktif berkendara dan menggerakkan roda perekonomian nasional,” ujar Paolo dalam keterangan tertulis, Senin (23/12/2024).

    Ada berbagai fitur menarik diberikan kepada pengguna Kartu BNI-MyPertamina, termasuk Cashback 8% untuk pembelian BBM di SPBU Pertamina melalui Aplikasi MyPertamina dengan minimal transaksi Rp 250.000.

    Selain itu, pemegang kartu kredit BNI-MyPertamina juga memiliki kesempatan memperoleh Double BNI Rewards Point untuk transaksi di Aplikasi MyPertamina. Pemegang kartu juga bisa mendapatkan diskon Rp100 ribu melalui transaksi di e-commerce Shopee dengan minimum pembelian Rp1,5 juta setiap hari Kamis.

    “Nikmati juga beragam promo istimewa menggunakan Kartu Kredit BNI-MyPertamina di merchant favorit khusus Dining Restaurants, Supermarket atau Grocery Stores, dan Automobiles,” sambung Paolo.

    Di sisi lain, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga Riva Siahaan menegaskan pentingnya inovasi ini dalam mendukung kemudahan bagi setiap pelanggan dalam bertransaksi.

    “Kartu Kredit BNI-MyPertamina menawarkan kemudahan transaksi yang terintegrasi dengan aplikasi MyPertamina, memberikan manfaat nyata bagi pengguna, mulai dari cashback BBM, promosi merchant, hingga pengelolaan transaksi yang lebih praktis. Inisiatif ini juga mencerminkan komitmen kami untuk terus menghadirkan layanan energi yang lebih terjangkau, mudah, dan berkualitas,” ungkap Riva.

    Riva menambahkan aplikasi MyPertamina kini telah berkembang menjadi platform digital yang memudahkan kebutuhan harian masyarakat, termasuk pembelian BBM, pembayaran di Brightstore, hingga akses promo eksklusif dari merchant mitra.

    “Dengan kolaborasi ini, kami yakin dapat memberikan pengalaman bertransaksi yang lebih baik bagi konsumen di seluruh Indonesia,” ujarnya.

    (akd/akd)

  • Biar Tak Termakan Zaman, UMKM Kudu Rajin Tingkatkan Literasi Digital

    Biar Tak Termakan Zaman, UMKM Kudu Rajin Tingkatkan Literasi Digital

    Jakarta: Menteri Komunikasi Digital Meutya Hafid mengingatkan pelaku UMKM untuk terus memperkaya literasi digital. Dia menyatakan perkembangan teknologi yang pesat, terlebih hadirnya Artificial Intelligence (AI), mesti dilihat oleh para pelaku UMKM sebagai peluang untuk meningkatkan performa bisnis.
     
    Meutya mengatakan, UMKM merupakan salah satu sektor yang paling terdampak digitalisasi. Oleh karena itu kecakapan digital menjadi modal penting buat pengusaha dalam menjalankan bisnis.
     
    “Kita betul-betul harus mempersiapkan diri terhadap arus transformasi digital yang hadir di Tanah Air dan juga secara global di belahan dunia manapun,” tutur Meutya dalam acara UMKM Click & Grow di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis, Minggu, 22 Desember 2024.
     
    “Sektor UMKM adalah salah satu yang akan sangat terdampak dengan adanya digitalisasi, dan tentu baik atau buruknya dampak arus (perkembangan teknologi) itu kita yang menentukan,” tambah dia.
     
    Meutya merinci, berdasarkan data Komidigi, jumlah UMKM yang sudah memanfaatkan ruang digital per 2023 baru sebanyak 38,7 persen. Meskipun angka tersebut sudah naik dibandingkan tahun sebelumnya yang sebesar 34 persen, Meutya menyebut pemanfaatan digital oleh UMKM belum maksimal.
     
    “Sebetulnya kenaikannya belum signifikan dibandingkan arus digitalisasi yang sangat cepat. Jadi menurut saya kenaikan itu perlu digenjot lagi, perlu dipercepat lagi untuk menghadapi digitalisasi,” papar dia.
     
    Platform e-commerce termasuk salah satu bentuk teknologi yang dapat dimanfaatkan pengusaha UMKM untuk mengembangkan bisnis. Kehadiran lokapasar merupakan katalis penting dalam proses digitalisasi UMKM. Survei Populix pada 2023 menunjukkan 82 persen masyarakat Indonesia memilih e-commerce sebagai media untuk berbelanja.
     
    Selain itu, data yang dirilis E-conomy 2024 dan Google, Bain, and Temasek memproyeksi hingga 2025 nilai total transaksi e-commerce menyentuh USD110 miliar yang didukung oleh pertumbuhan e-commerce sebesar 15 persen.
     
    Statistik di atas menggambarkan besarnya potensi bisnis yang dapat dijajaki UMKM dari ekosistem e-commerce. Prasyarat utama untuk memanfaatkan potensi ini adalah para pengusaha UMKM mesti punya literasi digital yang memadai.
     

     

    Literasi digital perkuat UMKM
     
    Disampaikan Meutya, memperkaya literasi digital sudah menjadi keharusan bagi pengusaha UMKM. Sebab kecakapan memanfaatkan teknologi akan meningkatkan daya saing UMKM di pasar domestik maupun internasional.
     
    “Kita bukan pada posisi bisa menolak untuk menggunakan teknologi. Karena teknologi akan masuk ke segala lini melalui berbagai cara,” tegas Meutya.
     
    Pemerintah pun turun tangan untuk meningkatkan literasi digital di kalangan pengusaha UMKM. Salah satunya lewat kolaborasi dengan platform e-commerce.
     
    Sejalan dengan upaya pemerintah mendorong literasi digital UMKM, Head of Government Relations Shopee Indonesia Balques Manisang mengatakan Shopee Indonesia menaruh perhatian besar terhadap literasi digital bagi UMKM.
     
    Shopee, kata Balques, menyediakan wadah edukasi, pelatihan, dan pendampingan bagi para pelaku UMKM melalui program Bimbel Shopee dan Kampus Shopee.
     
    Melalui Kampus Shopee yang diberikan secara daring untuk para UMKM di seluruh wilayah di Indonesia, lokapasar warna oranye ini memberikan edukasi, pelatihan, dan pendampingan secara komprehensif kepada para pengusaha UMKM.
     
    Bekal pengetahuan yang diberikan bersifat holistik, dimulai dari wawasan bisnis digital hingga pemahaman untuk optimalisasi penjualan di platform Shopee.
     
    “Jadi, literasi digital itu memang menjadi kunci untuk berdaya saing di era digital. Dengan mengasah literasi dan kemampuan digital, pelaku UMKM akan mampu meningkatkan efisiensi bisnisnya dengan teknologi sehingga rekan-rekan pelaku UMKM bisa naik kelas bahkan hingga go internasional,” ujar Balques.
     
    Selain itu, Balques menuturkan literasi digital yang diberikan Shopee tak sebatas cara membangun dan mengembangkan bisnis. Shopee, kata dia, juga memberikan pemahaman tentang keamanan data dan transaksi secara daring.
     
    “Kami percaya literasi digital tidak hanya tentang memanfaatkan teknologi, tetapi juga memahami cara melindungi diri di dunia digital. Dengan langkah-langkah ini, Shopee ingin memastikan pengalaman jual-beli online yang aman, nyaman, dan terpercaya bagi seluruh ekosistem kami,” tutur dia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (HUS)

  • BPOM Awasi Ketat Produk Pangan Jelang Nataru 2025 – Halaman all

    BPOM Awasi Ketat Produk Pangan Jelang Nataru 2025 – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menjelang Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) kembali melakukan intensifikasi pengawasan pangan olahan. 

    Kegiatan tersebut dilakukan mulai 28 November 2024 sampai 2 Januari 2025 oleh 76 unit pelaksana teknis (UPT) BPOM yang tersebar di seluruh Indonesia bersama lintas sektor terkait. 

    Intensifikasi pengawasan pangan olahan difokuskan pada produk pangan olahan terkemas yang tidak memenuhi ketentuan (TMK), yaitu tanpa izin edar (TIE)/ilegal, kedaluwarsa, dan rusak di sarana peredaran. 

    Pengawasan dilakukan terhadap rantai peredaran pangan mulai dari sarana di sektor hulu sampai hilir yaitu importir, distributor, dan ritel.

    “Dari hasil pemeriksaan hingga tahap 3 yaitu sampai 18 Desember 2024, kami menemukan 838 sarana atau 27,94 persen menjual produk yang tidak memenuhi ketentuan atau TMK, dengan jumlah total temuan sebanyak 86.883 pieces”,  jelas Kepala BPOM Taruna Ikrar dilansir dari website resmi, Minggu (22/12/2024). 

    Menurut Taruna, dibandingkan dengan intensifikasi pengawasan pangan tahun lalu yang menyasar 2.438 sarana, tahun ini terdapat peningkatan.

    Disebutkan jumlah sarana yang diperiksa sebesar 23 persen dengan total sarana yang diperiksa sebanyak 2.999 sarana. 

    Sarana ini terdiri dari 1.155 ritel modern, 1.277 ritel tradisional, 532 gudang distributor, 26 gudang importir, dan 9 gudang e-commerce. 

    Kegiatan intensifikasi ini akan dilanjutkan hingga tahap 5 (2 Januari 2025).

    Hasil pengawasan tahun ini juga menunjukkan adanya penurunan persentase sarana TMK sebesar 2,04 persen dibandingkan tahun lalu (tahun 2023 sebesar 29,98 persen menjadi 27,94 persen di tahun 2024). 

    “Secara keseluruhan, hasil intensifikasi pengawasan pangan pada tahun ini menunjukkan adanya peningkatan kepatuhan pelaku usaha seiring dengan pembinaan intensif oleh BPOM,” imbuhnya. 

    “Selanjutnya, diperlukan peningkatan implementasi penerapan cara peredaran pangan olahan yang baik (CPerPOB) oleh pelaku usaha dan pentingnya kolaborasi antar stakeholder,” sambung Kepala BPOM Taruna Ikrar.

    “ Pengawasan juga ditargetkan ke gudang marketplace untuk menjamin keamanan produk pangan olahan yang dijual online,” jelas Kepala BPOM Taruna Ikrar, saat memberikan keterangan pers di kantor BPOM pada Jumat (20/12/2024).

    Berdasarkan temuan pangan olahan yang tidak memenuhi ketentuan, jenis temuan pangan TMK terbesar adalah pangan kedaluwarsa, yaitu sebanyak 63,13 persen. 

    Pangan kedaluwarsa banyak ditemukan di wilayah Manokwari, Kupang, Belu dan Ende di Nusa Tenggara Timur, dan Pulau Morotai-Maluku Utara. 

    Produk yang ditemukan kedaluwarsa didominasi minuman serbuk ber-perisa, konsentrat/sari/minuman sari buah, pasta dan mi.

    Temuan kedua terbesar merupakan pangan TIE sebanyak 32,27 persen yang ditemukan di wilayah Sumatra (Palembang, Rejang Lebong, Belitung, dan Batam) serta Kalimantan (Tarakan). 

    Sementara itu, pangan rusak sebanyak 4,61 persen banyak ditemukan di wilayah Padang, Pangkalpinang, Palopo, Ambon, dan Manokwari.

    BPOM juga melakukan patroli siber selama pelaksanaan intensifikasi pengawasan pangan dan menemukan 10.769 tautan yang menjual produk TIE pada platform e-commerce. 

    Data ini menunjukkan penurunan sebesar 36,8 persen dari tahun lalu (17.042 tautan). 

    BPOM telah berkoordinasi dengan Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) untuk melakukan penurunan konten/takedown terhadap link yang teridentifikasi menjual produk TIE.

    Total nilai ekonomi temuan berdasarkan hasil pengawasan sarana dan patroli siber diperkirakan bernilai sekitar Rp22,8 miliar. 

    Nilai ekonomi hasil patroli siber lebih besar atau mencapai Rp22,2 miliar dibandingkan nilai ekonomi dari hasil pengawasan sarana yang mencapai lebih dari Rp600 juta.

    Lebih lanjut, BPOM mengimbau masyarakat agar menjadi konsumen cerdas.

    Dengan membiasakan lebih teliti untuk membaca informasi pada label sehingga dapat memilih dan mengonsumsi pangan secara seimbang. 

    BPOM juga mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan “Cek KLIK” (Cek Kemasan, Label, Izin Edar, dan Kedaluwarsa).