Topik: e-commerce

  • Penghargaan Prestisius untuk SAPX Express di BILA 2024

    Penghargaan Prestisius untuk SAPX Express di BILA 2024

    Bisnis.com, JAKARTA – PT. Satria Antaran Prima. TBK Tech 3PL Company, yang bergerak di bidang jasa Last Mile Delivery Courier atau biasa dikenal SAPX Express, yang telah genap berusia 10 Tahun pada September 2024 lalu, berhasil Meraih Penghargaan Bergengsi “Bisnis Indonesia Logistic Award 2024 (Bila 2024)”. 

    Ajang Penghargaan tahunan ini sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh perusahaan Transportasi Logistik Swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang selalu mampu menjawab tantangan terbaru di bidang industri Transportasi Logistik.

    Penghargaan BILA 2024 ini ditetapkan oleh enam juri dari sektor transportasi dan logistik yaitu,  Lulu Terianto – Direktur Utama Bisnis Indonesia Group, Bobby Gafur Umar – Ketua Bidang Industri Manufaktur Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO), Carmelita Hartoto – Ketua Umum Indonesian National Shipowners’ Association (INSA), Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia – Mahendra Rianto, Hendra Wibawa – Redaktur Senior Sektor Transportasi dan Logistik Bisnis Indonesia Group, Imam Gandi Mihardja – Sekretaris Jenderal DPP Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (ALFI).

    Acara ini diselenggarakan oleh Bisnis Indonesia Group, yang berlokasi di Financial Hall, Graha CIMB Niaga, Jakarta Selatan, pada hari Kamis 28 November 2024. Penyerahan penghargaan ini di wakili oleh Adhika Yosmik, Marketing Communication Manager SAPX Express.

    Lebih Jauh Budiyanto Darmastono, Presiden Direktur SAPX Express menyampaikan bahwa. Tema yang diusung Pada ajang Bila 2024 kali ini sangat relevan dengan Nilai Inti dari SAPX Express yaitu “Andal dan Efisien”. 

    Hal ini juga dibuktikan oleh SAPX Express dengan beragamnya Portofolio klien yang dimiliki, pada Industri skala besar (Corporate Client) seperti Perbankan dan Keuangan lainya, Otomotif, Pertambangan, Farmasi, FMCG, Food and Beverage (F&B), Retail and Fashion,  Electronic and Gadget, serta Ecommerce and Startup Tech Company.

    SAPX Express juga turut berperan serta aktif menjadi tulang punggung industri e-commerce dan memberikan support kepada seluruh UMKM (Social Seller) di Indonesia dengan membangun Brand Positioning sebagai #JagoNyaCOD hal ini dibuktikan dengan Competitive Advantage yang kami miliki dibanding kompetitor untuk kategori COD Service seperti: Coverage area COD yang Luas, Integrated CRM system, Fee COD yang rendah, dan Free Return Fee. 

    Penghargaan ini adalah bukti kerja keras dan komitmen kami untuk selalu memberikan layanan terbaik dan akan kami dedikasikan untuk seluruh pelanggan, mitra, dan serta seluruh Internal Team SAPX Express Ujar Denny Parhan, Corporate Secretary SAPX Express. 

    Perbesar

    SAPX Express berkomitmen untuk selalu memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pelanggan nya, dengan berbagai channel pelayanan pelanggan yang tersedia. Tertarik untuk mencoba layanan Delivery service dari SAPX Express untuk Perusahaan anda daftarkan segera perusahaan anda disini. Business Account Representative kami akan siap menghubungi dan melayani anda.

  • Bidik potensi omzet miliaran rupiah, Gaga Food luncurkan program APT

    Bidik potensi omzet miliaran rupiah, Gaga Food luncurkan program APT

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    Bidik potensi omzet miliaran rupiah, Gaga Food luncurkan program APT
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 24 Desember 2024 – 20:47 WIB

    Elshinta.com – PT Jakarana Tama, perusahaan terkemuka di industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) yang telah dikenal luas dengan merek Gaga memiliki kategori produk unggulan yaitu Gaga Mie Instan, Gaga Mie Telur, Gaga Sarden, Gaga Sosis, dan Gaga Saos kembali membuat gebrakan dengan meluncurkan program afiliasi terbaru bertajuk Afiliasi Perkumpulan Tjuan (APT).

    Peluncuran program APT berbarengan dengan gathering perdana affiliate by Gaga yang berlangsung di Qi Lounge, The Sultan Hotel Jakarta, Rabu, 18 Desember 2024. Acara ini turut dihadiri para afiliator secara online maupun offline.

    Dalam gathering perdana tersebut, para pimpinan PT Jakarana Tama Food Industry memaparkan banyak materi penting dan berguna terkait bekal menjadi afiliator sukses di tengah pesatnya perkembangan bisnis online.

    “Afiliasi Perkumpulan Tjuan adalah tempat kita bisa mencari cuan dan maju bersama Gaga,” ujar Jenny Keita selaku Departemen Online E-Commerce PT. Jakarana Tama.

    Program ini memberi peluang bagi masyarakat untuk mendapat penghasilan tambahan dengan cara mudah, fleksibel, dan berpotensi meraih omzet hingga miliaran rupiah. Sesuai targetnya, program APT dirancang untuk dapat diikuti siapa saja mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga, hingga profesional tanpa memandang latar belakang.

    Dengan teknologi digital yang terus berkembang, PT Jakarana Tama mengintegrasikan strategi pemasaran inovatif yang dapat dimanfaatkan peserta dari mana saja dan kapan saja selama memiliki koneksi internet.

    Selain bisnis yang fleksibel, program afiliasi ini memberi berbagai penghasilan menarik mulai dari hadiah bulanan hingga puluhan juta rupiah, perjalanan eksklusif, hingga hadiah tahunan berupa mobil listrik mewah.

    Condro Sujalmo, selaku Product Manager PT Jakarana Tama Food Industry menyebut, model bisnis ini sangat menjanjikan bagi para afiliator karena dengan modal nol, para afiliator bisa untung besar.

    “Tidak perlu modal, tidak beli barang, tidak perlu packing, tidak perlu kirim, afiliator hanya perlu berjualan. Bisnis ini sangat menjanjikan, tanpa modal tapi bisa untung ratusan juta,” ujar Condro Sujalmo.

    Salah satu afiliator Gaga Food, Vania, ibu rumah tangga asal Jawa Timur, telah merasakan kesuksesan sebagai afiliator Gaga Food dengan omzet fantastis.

    Sumber : Elshinta.Com

  • Kejar Diskon Rp 1,29 Juta buat Sambut Nataru Jadi Lebih Seru dan Hemat!

    Kejar Diskon Rp 1,29 Juta buat Sambut Nataru Jadi Lebih Seru dan Hemat!

    Jakarta

    Setelah sukses menggebrak dengan promo spektakuler di HUT BRI ke-129, kini BRI kembali menghadirkan kejutan spesial di penghujung tahun.

    Sambut promo Natal dan promo Tahun Baru dengan deretan diskon spesial yang dirancang khusus untuk Anda. Mulai dari diskon eksklusif hingga penawaran menarik di berbagai merchant favorit, momen akhir tahun Anda akan semakin meriah bersama BRI.

    Promo Spesial Natal dan Tahun Baru untuk Semua Kategori Favorit Anda

    BRI menawarkan beragam promo yang mencakup berbagai kebutuhan, mulai dari kuliner, fashion, hingga e-commerce. Nikmati kemudahan dan manfaat maksimal dengan menggunakan Debit BRI, Kartu Kredit BRI, QRIS di BRImo atau CERIA.

    Apa saja sih? Yuk, simak detailnya berikut ini:

    1. Promo Gadget dan Furnitur

    BRI menawarkan promo di bidang teknologi dan furnitur di antaranya promo spesial diskon hingga Rp 1,29 juta transaksi dengan Debit BRI, Kartu Kredit BRI dan CERIA di Samsung, Informa dan My Hartono untuk kebutuhan gadget atau furnitur Anda.

    2. Kuliner Lezat untuk Momen Istimewa

    Nikmati berbagai hidangan lezat dari merchant favorit bikin momen makan bersama keluarga atau sahabat akan menjadi lebih spesial. Untuk Anda yang suka berkunjung ke Le Gourmet, kini bisa mendapatkan diskon hingga 10% dengan minimal transaksi Rp200.000 saja.

    Tidak mau kalah, dessert bar di Jakarta Selatan yaitu Paris Sorbet juga bakal kasih diskon sampai 20% dengan minimal transaksi Rp500.000.

    Atau, kalau Anda lebih suka makanan khas Jepang ala BBQ, Gyukaku menawarkan diskon Rp50.000 untuk minimal transaksi Rp500.000, loh.

    Semua diskon bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Debit BRI, Kartu Kredit BRI, dan QRIS di BRImo. Kapan lagi bisa traktir keluarga untuk momen Natal dan Tahun Baru.

    3. Tampil Gaya di Akhir Tahun

    Tutup tahun dengan penampilan terbaik! Belanja fashion di brand ternama seperti Pedro yang menawarkan diskon hingga 10% untuk minimal transaksi Rp3.000.000. Promo ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Debit BRI.

    Tidak mau kalah dari produk lain, Hammer, dan Coconut Island juga menawarkan promo menarik. Dengan minimal transaksi Rp500.000, Anda bisa mendapatkan cashback hingga Rp50.000 saat melakukan transaksi dengan QRIS di BRImo. Wujudkan resolusi tampil percaya diri di tahun baru!

    4. Belanja Praktis di E-Commerce

    Bagi Anda yang gemar berbelanja online, promo BRI juga tersedia di platform Dinomarket berupa diskon hingga Rp1,29 juta transaksi dengan CERIA dan Kartu Kredit BRI.

    Selain itu, rasakan juga penawaran lainnya berupa diskon hingga Rp129 ribu di Tokopedia dan Bukalapak dengan CERIA. Kini belanja praktis dan hemat ada di genggaman Anda.

    5. Manjakan Diri Anda dengan Perawatan Kecantikan

    Akhir tahun adalah momen sempurna untuk memanjakan diri, terutama bagi Anda yang menyambut Natal dan Tahun Baru. Merchant kecantikan seperti Irwan Team, Sociolla, dan Kiddy Cuts tidak mau ketinggalan promo murah meriah BRI.

    Buat Anda yang ingin ke salon untuk ganti model rambut, Irwan Team memberikan diskon hingga Rp300.000 dengan Debit BRI dan Kartu Kredit BRI. Buat Si Kecil yang juga ingin tampil oke di akhir tahun, Kiddy Cuts memberikan diskon 10% loh dengan Kartu BRI.

    Nah, jangan lewatkan promo spesial BRI di Sociolla yang bakal kasih cashback 20% dengan maksimal Rp100.000 dengan menggunakan QRIS di BRImo. Jadikan penampilan Anda lebih bersinar untuk menyambut Natal dan Tahun Baru.

    6. Belanja Harian dengan Hemat

    Bagi kebutuhan rumah tangga, BRI menghadirkan voucher Rp50.000 di Hari Hari Swalayan dengan minimum transaksi Rp500.000. Voucher menarik ini bisa Anda dapatkan dengan Debit BRI Mastercard dan Kartu Kredit BRI. Dengan promo ini, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi lebih hemat dan menyenangkan.

    Eksklusif di BRImo: Banyak Kejutan Tambahan!

    Aplikasi BRImo memberikan lebih banyak kejutan bagi Anda. Temukan berbagai promo spesial berikut:

    BRImo Travel: Cashback hingga 50% up to Rp129.000 untuk pembelian tiket pesawat, kereta api dan whoosh.

    BRImo Game: Cashback up hingga 50% dengan maksimal Rp129.000 untuk top-up game favorit Anda.

    BRImo Streaming: Cashback up hingga 50% maksimal hingga Rp129.000 untuk pembelian voucher streaming.

    BRImo Belanja Harian: Cashback up hingga 50% dengan maksimal hingga Rp50.000.

    Dengan BRImo, semua kebutuhan Anda bisa terpenuhi dengan mudah dan hemat.

    Segera daftar BRImo dan buka Tabungan BRI sekarang juga! Nikmati kemudahan transaksi hanya dengan ujung jari, serta keuntungan eksklusif dari promo spesial BRI yang sayang untuk dilewatkan.

    Buat momen Natal dan Tahun Baru Anda semakin berkesan bersama BRI! Kunjungi Promo Nataru Nasional BRI sekarang juga dan jadikan akhir tahun Anda lebih luar biasa dengan penawaran menarik yang hanya bisa Anda dapatkan di BRI!

    (prf/ega)

  • Pemerintah Tak Perlu Terapkan PPN 12 Persen, Bisa Pakai Cara Ini Genjot Penerimaan Negara – Halaman all

    Pemerintah Tak Perlu Terapkan PPN 12 Persen, Bisa Pakai Cara Ini Genjot Penerimaan Negara – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kenaikan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) menjadi 12 persen menuai banyak tentangan dari berbagai kalangan.

    Adapun menaikkan PPN dari 11 persen menjadi 12% pada 1 Januari 2025 didasarkan pada UU Nomor 7 Tahun 2021 tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (UU HPP). 

    Ekonom dan Pakar Kebijakan Publik UPN Veteran Jakarta, Achmad Nur Hidayat mengatakan, kenaikan PPN bertujuan untuk meningkatkan penerimaan negara, yang diproyeksikan menambah sekitar Rp100 triliun per tahun dari sektor pajak konsumsi. 

    Namun, kenaikan ini diperkirakan dapat meningkatkan inflasi hingga 0,5% pada tahun pertama implementasi, terutama berdampak pada harga kebutuhan pokok dan barang lainnya.

    “Ada beberapa opsi lain daripada menaikan PPN 12 persen, hanya saja opsi ini membutuhkan kerja ekstra dari para policy makers dan ketekunan ekstra,” ujar Achmad kepada Tribun, dikutip Selasa (24/12/2024).

    Pertama, optimalisasi pajak digital.

    Ia menyebut, perkembangan ekonomi digital di Indonesia sangat pesat, tetapi penerimaan pajak dari sektor ini masih belum maksimal. 

    Pada 2023, sektor ekonomi digital Indonesia diproyeksikan mencapai nilai transaksi sebesar USD 77 miliar, dan angka ini terus meningkat setiap tahun. 

    Namun, kontribusi pajak dari sektor ini masih berada di bawah 5?ri total penerimaan pajak.

    Menurutnya, pemerintah perlu memperbaiki mekanisme pemungutan pajak dari platform digital, termasuk e-commerce, layanan streaming, aplikasi ride-hailing, dan marketplace daring. 

    “Salah satu langkah yang dapat diambil adalah peningkatan pengawasan dan penegakan aturan terhadap perusahaan digital asing yang beroperasi di Indonesia,” ujarnya.

    Ia mencontohkan, banyak perusahaan digital global masih belum terdaftar sebagai wajib pajak resmi di Indonesia, sehingga pemerintah kehilangan potensi penerimaan pajak yang signifikan.

    “Potensi penerimaan dari pajak digital ini sangat besar. Jika pemerintah dapat mengenakan pajak yang adil pada transaksi digital, termasuk pajak pertambahan nilai (PPN) dan pajak penghasilan (PPh) untuk pelaku usaha digital, penerimaan negara dari sektor ini diperkirakan dapat mencapai tambahan Rp70-100 triliun per tahun,” papar Achmad.

    Sebagai perbandingan, kata Achmad, negara seperti Inggris telah mengimplementasikan pajak digital khusus yang dikenal sebagai “Digital Services Tax” (DST). 

    Pajak ini menetapkan tarif sebesar 2% untuk pendapatan perusahaan teknologi dari pengguna domestik. 

    Dalam tahun pertama penerapannya, DST Inggris berhasil mengumpulkan lebih dari USD 700 juta. 

    Sementara itu, Prancis juga telah memberlakukan pajak digital serupa dengan tarif 3%, yang menyasar raksasa teknologi seperti Google, Amazon, dan Facebook. 

    “Indonesia dapat mempelajari model ini dan menyesuaikannya dengan kondisi lokal,” ucapnya.

    Selain itu, pemerintah Indonesia juga bisa memperkenalkan skema kerja sama dengan platform digital untuk mempermudah pelaporan dan pemungutan pajak. 

    Contohnya, Korea Selatan menggunakan integrasi data waktu nyata antara platform e-commerce dan otoritas pajak untuk memastikan semua transaksi tercatat secara akurat. 

    Model seperti ini dapat diterapkan di Indonesia untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas.

    Dengan optimalisasi kebijakan pajak digital, Achmad menyebut, pemerintah tidak hanya dapat meningkatkan penerimaan negara secara signifikan, tetapi juga menciptakan iklim persaingan yang lebih adil bagi pelaku usaha lokal dan global. 

    “Langkah ini juga mengurangi ketergantungan pada pajak konsumsi tradisional yang membebani masyarakat umum,” ucapnya.

    Langkah, kedua yaitu reformasi pajak penghasilan (PPh) untuk golongan atas.

    Menurutnya, pemerintah dapat mengevaluasi ulang struktur Pajak Penghasilan (PPh) bagi golongan masyarakat berpenghasilan tinggi. 

    Pengenaan tarif yang lebih progresif pada kelompok super kaya akan menciptakan penerimaan tambahan tanpa berdampak langsung pada mayoritas masyarakat. 

    Perkenalan pajak kekayaan (wealth tax) terhadap aset juga memberikan suasana pemerataan kepada mereka super kaya.

    Pendekatan ini juga lebih adil karena mendistribusikan beban pajak sesuai dengan kemampuan ekonomi individu.

    Ketiga, kata Achmad, perbaikan tata kelola pemungutan PPN.

    Ia menyampaikan, pemerintah harus fokus pada perbaikan tata kelola pemungutan PPN sebesar 11% yang sudah ada saat ini. 

    “Dengan menutup celah kebocoran pajak, meningkatkan pengawasan, dan memperkuat sistem teknologi informasi perpajakan, potensi tambahan penerimaan bisa mencapai Rp50-75 triliun per tahun tanpa harus menaikkan tarif,” paparnya.

    Keempat, evaluasi paket bebas pajak untuk investasi pertambangan dan hilirisasi.

    Menurutnya, kebijakan pembebasan pajak untuk sektor pertambangan dan hilirisasi perlu dievaluasi ulang. 

    Ia menilai, peninjauan insentif yang kurang efektif dapat memberikan tambahan penerimaan hingga Rp30 triliun per tahun jika difokuskan pada investasi yang lebih produktif dan berkelanjutan.

    Kelima, efisiensi belanja negara.

    Selain meningkatkan penerimaan, Achmad menyampaikan, pemerintah perlu melakukan efisiensi pada belanja negara. Evaluasi terhadap program-program yang tidak produktif atau memiliki tingkat kebocoran tinggi harus menjadi prioritas. 

    Dana yang dihemat dari efisiensi ini dapat dialihkan untuk menutupi kebutuhan anggaran tanpa harus membebani masyarakat.

    Keeman, pengembangan ekonomi hijau.

    Investasi pada sektor ekonomi hijau, seperti energi terbarukan dan pengelolaan limbah, memiliki potensi untuk meningkatkan pendapatan negara melalui inovasi dan insentif baru. 

    Pemerintah dapat memperkenalkan kebijakan pajak karbon yang adil, yang tidak hanya meningkatkan penerimaan negara tetapi juga mendorong keberlanjutan lingkungan.

    “Menunda kenaikan PPN dan mengeksplorasi alternatif lain yang lebih inovatif adalah langkah yang diperlukan untuk menjaga daya beli masyarakat, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan memperkuat kepercayaan publik,” tutur Achmad.

  • Hemat Hingga Rp1,29 Juta! Nikmati Promo Natal & Tahun Baru dari BRI Sekarang Juga! – Halaman all

    Hemat Hingga Rp1,29 Juta! Nikmati Promo Natal & Tahun Baru dari BRI Sekarang Juga! – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Setelah sukses menggebrak dengan promo spektakuler di HUT BRI ke-129, kini BRI kembali menghadirkan kejutan spesial di penghujung tahun. 

    Sambut promo Natal dan promo Tahun Baru dengan deretan diskonspesial yang dirancang khusus untuk Anda. Mulai dari diskon eksklusif hingga penawaran menarik di berbagai merchant favorit, momen akhir tahun Anda akan semakin meriah bersama BRI.

    Promo Spesial Natal dan Tahun Baru untuk Semua Kategori Favorit Anda

    BRI menawarkan beragam promo yang mencakup berbagai kebutuhan, mulai dari kuliner, fashion, hingga e-commerce. Nikmati kemudahan dan manfaat maksimal dengan menggunakan Debit BRI, Kartu Kredit BRI, QRIS di BRImo atau CERIA.

    Apa saja sih? Yuk, simak detailnya berikut ini:

    1. Promo Gadget dan Furnitur

    BRI menawarkan promo di bidang teknologi dan furnitur diantaranya promo spesial diskon hingga Rp 1,29 juta  transaksi dengan Debit BRI, Kartu Kredit BRI dan CERIA di Samsung, Informa dan My Hartono  untuk kebutuhan gadget atau furnitur Anda.

    2. Kuliner Lezat untuk Momen Istimewa

    Nikmati berbagai hidangan lezat dari merchant favorit bikin momen makan bersama keluarga atau sahabat akan menjadi lebih spesial. Untuk Anda yang suka berkunjung ke Le Gourmet, kini bisa mendapatkan diskon hingga 10 persen dengan minimal transaksi Rp200.000 saja.

    Tidak mau kalah, dessert bar di Jakarta Selatan yaitu Paris Sorbet juga bakal kasih diskon sampai 20?ngan minimal transaksi Rp500.000.

    Atau, kalau Anda lebih suka makanan khas Jepang ala BBQ, Gyukaku menawarkan diskon Rp50.000 untuk minimal transaksi Rp500.000, loh. 

    Semua diskon bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Debit BRI, Kartu Kredit BRI, dan QRIS di BRImo. Kapan lagi bisa traktir keluarga untuk momen Natal dan Tahun Baru.

    3. Tampil Gaya di Akhir Tahun

    Tutup tahun dengan penampilan terbaik! Belanja fashion di brand ternama seperti Pedro yang menawarkan diskon hingga 10% untuk minimal transaksi Rp3.000.000. Promo ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Debit BRI.

    Tidak mau kalah dari produk lain, Hammer, dan Coconut Island juga menawarkan promo menarik. Dengan minimal transaksi Rp500.000, Anda bisa mendapatkan cashback hingga Rp50.000 saat melakukan transaksi dengan QRIS di BRImo.

    Wujudkan resolusi tampil percaya diri di tahun baru!

    4. Belanja Praktis di E-Commerce

    Bagi Anda yang gemar berbelanja online, promo BRI juga tersedia di platform Dinomarket berupa diskon hingga Rp1,29 juta transaksi dengan CERIA dan Kartu Kredit BRI serta  rasakan penawaran lainnnya berupa diskon hingga Rp129 ribu di Tokopedia dan Bukalapak dengan CERIA.  Kini belanja praktis dan hemat ada di genggaman Anda.

    5. Manjakan Diri Anda dengan Perawatan Kecantikan

    Akhir tahun adalah momen sempurna untuk memanjakan diri, terutama bagi Anda yang menyambut Natal dan Tahun Baru. Merchant kecantikan seperti Irwan Team, Sociolla, dan Kiddy Cuts tidak mau ketinggalan promo murah meriah BRI.

    Buat Anda yang ingin ke salon untuk ganti model rambut, Irwan Team memberikan diskon hingga Rp300.000 dengan Debit BRI dan Kartu Kredit BRI. Buat Si Kecil yang juga ingin tampil oke di akhir tahun, Kiddy Cuts memberikan diskon 10% loh dengan Kartu BRI.

    Nah, jangan lewatkan promo spesial BRI  di Sociolla yang bakal kasih cashback 20?ngan maksimal Rp100.000 dengan menggunakan QRIS di BRImo. 

    Jadikan penampilan Anda lebih bersinar untuk menyambut Natal dan Tahun Baru.

    6. Belanja Harian dengan Hemat

    Bagi kebutuhan rumah tangga, BRI menghadirkan voucher Rp50.000 di Hari Hari Swalayan dengan minimum transaksi Rp500.000. Voucher menarik ini bisa Anda dapatkan dengan Debit BRI Mastercard dan Kartu Kredit BRI .

    Dengan promo ini, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi lebih hemat dan menyenangkan.

    Eksklusif di BRImo: Banyak Kejutan Tambahan!

    Aplikasi BRImo memberikan lebih banyak kejutan bagi Anda. Temukan berbagai promo spesial berikut:

    BRImo Travel: Cashback hingga 50% up to Rp129.000 untuk pembelian tiket  pesawat, kereta api dan whoosh.
    BRImo Game: Cashback up hingga 50?ngan maksimal Rp129.000 untuk top-up game favorit Anda.
    BRImo Streaming: Cashback up hingga 50% maksimal hingga Rp129.000 untuk pembelian voucher streaming.
    BRImo Belanja Harian: Cashback up hingga 50?ngan maksimal hingga Rp50.000.

    Dengan BRImo, semua kebutuhan Anda bisa terpenuhi dengan mudah dan hemat.

    Segera daftar BRImo dan buka Tabungan BRI sekarang juga! Nikmati kemudahan transaksi hanya dengan ujung jari, serta keuntungan eksklusif dari promo spesial BRI yang sayang untuk dilewatkan.

    Buat momen Natal dan Tahun Baru Anda semakin berkesan bersama BRI! Kunjungi Promo Nataru Nasional BRI sekarang juga dan jadikan akhir tahun Anda lebih luar biasa dengan penawaran menarik yang hanya bisa Anda dapatkan di BRI!

  • Sebelum Beli, Ketahui 6 Perbedaan Motor Listrik dan Sepeda Listrik

    Sebelum Beli, Ketahui 6 Perbedaan Motor Listrik dan Sepeda Listrik

    Jakarta

    Saat ini, banyak masyarakat yang mulai tertarik membeli sepeda listrik. Selain mendapat insentif dari pemerintah, biaya perawatan sepeda listrik juga tidak semahal motor konvensional yang menggunakan bensin.

    Namun, masih ada beberapa orang yang keliru dalam membedakan antara sepeda listrik dengan sepeda motor listrik. Meski sama-sama menggunakan tenaga listrik, ternyata ada perbedaan di antara keduanya.

    Lalu, apa yang membedakan antara sepeda listrik dan sepeda motor listrik? Simak penjelasannya dalam artikel ini.

    Perbedaan Sepeda Listrik dan Sepeda Motor Listrik

    Berencana ingin membeli motor listrik? Jika iya, sebaiknya detikers perlu tahu perbedaan antara sepeda listrik dengan sepeda motor listrik. Dilansir situs Selis, berikut perbedaan keduanya:

    1. Kecepatan

    Perbedaan yang pertama bisa dilihat dari segi kecepatan. Berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 45 Tahun 2020 tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik, kecepatan paling tinggi sepeda listrik yakni mencapai 25 km/jam

    Sementara itu, sepeda motor listrik memiliki kecepatan yang berbeda-beda. Hal ini tergantung dari motor penggerak dan kapasitas baterai yang diusung oleh masing-masing produsen. Rata-rata sepeda motor listrik punya kecepatan maksimal mencapai 80 km/jam.

    2. Jarak Tempuh

    Secara umum, sepeda listrik yang dijual di pasaran memiliki jarak tempuh sekitar 20-30 km dalam sekali charge. Sedangkan untuk sepeda motor listrik punya jarak tempuh yang lebih jauh lagi, yakni sekitar 50-150 km dalam sekali pengisian daya.

    3. Fitur

    Fitur yang terdapat di sepeda listrik di antaranya ada lampu utama, lampu posisi atau alat pemantul cahaya (reflektor) pada bagian belakang, reflektor di bagian kiri dan kanan, rem yang berfungsi baik, serta klakson.

    Sementara itu, fitur pada sepeda motor listrik jauh lebih lengkap, mulai dari lampu utama, lampu belakang, lampu rem, lampu sein belok kanan dan kiri, rem depan dan belakang, speedometer, hingga klakson.

    Bahkan, sejumlah produsen sepeda motor listrik menyediakan fitur konektivitas ke smartphone. Jadi, detikers bisa mengetahui jarak tempuh hingga sisa baterai motor listrik lewat aplikasi yang terinstall di HP.

    4. Tenaga yang Dihasilkan

    Sepeda listrik dirancang untuk kecepatan rendah dan mobilitas jarak dekat, sehingga kapasitas baterai serta motor penggeraknya punya daya yang rendah. Rata-rata sepeda listrik punya tenaga hingga 500 watt.

    Lain halnya dengan sepeda motor listrik, yang mana mempunyai kapasitas baterai serta motor penggeraknya yang lebih besar. Rata-rata sepeda motor listrik punya tenaga lebih dari 1.000 watt.

    5. Aturan Berkendara di Jalan Raya

    Sesuai aturan Permenhub Nomor 45 Tahun 2020, masyarakat yang mengendarai sepeda listrik tidak diwajibkan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Namun, minimal usia pengendara sepeda listrik yakni berusia 12 tahun.

    Sedangkan untuk pengendara sepeda motor listrik wajib memiliki SIM C, menggunakan helm, jaket, celana panjang, dan sepatu sebagai bagian dari safety riding. Lalu, batas usia penggunaan sepeda motor listrik adalah 17 tahun ke atas.

    6. Harga

    Soal harga, terdapat perbedaan antara sepeda listrik dengan sepeda motor listrik. Dari pantauan detikOto di berbagai e-commerce, harga sepeda listrik dibanderol mulai dari Rp 2 juta hingga Rp 10 jutaan.

    Sedangkan sepeda motor listrik punya harga yang lebih mahal. Di e-commerce, harga sepeda motor listrik dibanderol mulai dari Rp 17 juta sampai Rp 40 jutaan. Harga bisa berbeda-beda tergantung dari fitur, kapasitas baterai, hingga jarak tempuh yang bisa dijangkau.

    Demikian enam perbedaan antara sepeda listrik dengan sepeda motor listrik. Jadi, sudah menentukan ingin beli yang mana?

    (ilf/fds)

  • Nikmati Diskon Natal dan Tahun Baru dari BRI hingga Rp 1,29 Juta

    Nikmati Diskon Natal dan Tahun Baru dari BRI hingga Rp 1,29 Juta

    Jakarta, Beritasatu.com – Setelah sukses menggebrak dengan promo spektakuler di HUT BRI ke-129, kini BRI kembali menghadirkan kejutan spesial di penghujung tahun. 

    Sambut promo Natal dan promo Tahun Baru dengan deretan diskonspesial yang dirancang khusus untuk Anda. Mulai dari diskon eksklusif hingga penawaran menarik di berbagai merchant favorit, momen akhir tahun Anda akan semakin meriah bersama BRI.

    Promo Spesial Natal dan Tahun Baru untuk Semua Kategori Favorit Anda

    BRI menawarkan beragam promo yang mencakup berbagai kebutuhan, mulai dari kuliner, fashion, hingga e-commerce. Nikmati kemudahan dan manfaat maksimal dengan menggunakan Debit BRI, Kartu Kredit BRI, QRIS di BRImo atau CERIA.

    Apa saja sih? Yuk, simak detailnya berikut ini:

    1. Promo Gadget dan Furnitur
    BRI menawarkan promo di bidang teknologi dan furnitur diantaranya promo spesial diskon hingga Rp 1,29 juta  transaksi dengan Debit BRI, Kartu Kredit BRI dan CERIA di Samsung, Informa dan My Hartono  untuk kebutuhan gadget atau furnitur Anda.

    2. Kuliner Lezat untuk Momen Istimewa
    Nikmati berbagai hidangan lezat dari merchant favorit bikin momen makan bersama keluarga atau sahabat akan menjadi lebih spesial. Untuk Anda yang suka berkunjung ke Le Gourmet, kini bisa mendapatkan diskon hingga 10% dengan minimal transaksi Rp200.000 saja.

    Tidak mau kalah, dessert bar di Jakarta Selatan yaitu Paris Sorbet juga bakal kasih diskon sampai 20% dengan minimal transaksi Rp500.000 atau, kalau Anda lebih suka makanan khas Jepang ala BBQ, Gyukaku menawarkan diskon Rp50.000 untuk minimal transaksi Rp500.000, loh.

    Semua diskon bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Debit BRI, Kartu Kredit BRI, dan QRIS di BRImo. Kapan lagi bisa traktir keluarga untuk momen Natal dan Tahun Baru.

    3. Tampil Gaya di Akhir Tahun
    Tutup tahun dengan penampilan terbaik! Belanja fashion di brand ternama seperti Pedro yang menawarkan diskon hingga 10% untuk minimal transaksi Rp3.000.000. Promo ini bisa Anda dapatkan dengan menggunakan Debit BRI.

    Tidak mau kalah dari produk lain, Hammer, dan Coconut Island juga menawarkan promo menarik. Dengan minimal transaksi Rp500.000, Anda bisa mendapatkan cashback hingga Rp50.000 saat melakukan transaksi dengan QRIS di BRImo.
    Wujudkan resolusi tampil percaya diri di tahun baru!

    4. Belanja Praktis di E-Commerce
    Bagi Anda yang gemar berbelanja online, promo BRI juga tersedia di platform Dinomarket berupa diskon hingga Rp1,29 juta transaksi dengan CERIA dan Kartu Kredit BRI serta  rasakan penawaran lainnnya berupa diskon hingga Rp129 ribu di Tokopedia dan Bukalapak dengan CERIA.  Kini belanja praktis dan hemat ada di genggaman Anda.

    5. Manjakan Diri Anda dengan Perawatan Kecantikan
    Akhir tahun adalah momen sempurna untuk memanjakan diri, terutama bagi Anda yang menyambut Natal dan Tahun Baru. Merchant kecantikan seperti Irwan Team, Sociolla, dan Kiddy Cuts tidak mau ketinggalan promo murah meriah BRI.
    Buat Anda yang ingin ke salon untuk ganti model rambut, Irwan Team memberikan diskon hingga Rp300.000 dengan Debit BRI dan Kartu Kredit BRI. Buat Si Kecil yang juga ingin tampil oke di akhir tahun, Kiddy Cuts memberikan diskon 10% loh dengan Kartu BRI.

    Nah, jangan lewatkan promo spesial BRI  di Sociolla yang bakal kasih cashback 20% dengan maksimal Rp100.000 dengan menggunakan QRIS di BRImo. Jadikan penampilan Anda lebih bersinar untuk menyambut Natal dan Tahun Baru.

    6. Belanja Harian dengan Hemat
    Bagi kebutuhan rumah tangga, BRI menghadirkan voucher Rp 50.000 di Hari Hari Swalayan dengan minimum transaksi Rp500.000. Voucher menarik ini bisa Anda dapatkan dengan Debit BRI Mastercard dan Kartu Kredit BRI.

    Dengan promo ini, belanja kebutuhan sehari-hari menjadi lebih hemat dan menyenangkan.

    Eksklusif di BRImo: Banyak Kejutan Tambahan!
    Aplikasi BRImo memberikan lebih banyak kejutan bagi Anda. Temukan berbagai promo spesial berikut:

    – BRImo Travel: Cashback hingga 50% up to Rp129.000 untuk pembelian tiket  pesawat, kereta api dan whoosh.

    – BRImo Game: Cashback up hingga 50% dengan maksimal Rp129.000 untuk top-up game favorit Anda.

    – BRImo Streaming: Cashback up hingga 50% maksimal hingga Rp129.000 untuk pembelian voucher streaming.

    – BRImo Belanja Harian: Cashback up hingga 50% dengan maksimal hingga Rp50.000.

    Dengan BRImo, semua kebutuhan Anda bisa terpenuhi dengan mudah dan hemat.

    Segera daftar BRImo dan buka Tabungan BRI sekarang juga! Nikmati kemudahan transaksi hanya dengan ujung jari, serta keuntungan eksklusif dari promo spesial BRI yang sayang untuk dilewatkan.

    Buat momen Natal dan Tahun Baru Anda semakin berkesan bersama BRI! Kunjungi Promo Nataru Nasional BRI sekarang juga dan jadikan akhir tahun Anda lebih luar biasa dengan penawaran menarik yang hanya bisa Anda dapatkan di BRI!

  • Meta AI WhatsApp Bisa Menghasilkan Uang, Ini Penjelasan Lengkapnya

    Meta AI WhatsApp Bisa Menghasilkan Uang, Ini Penjelasan Lengkapnya

    Jakarta, CNBC Indonesia – WhatsApp dan Instagram kini sudah dilengkapi dengan chatbot kecerdasan buatan (AI) yang dinamai ‘Meta AI’. Pengguna bisa mengobrol dengan Meta AI untuk menanyakan berbagai rekomendasi, tutorial, hingga informasi terkait topik tertentu.

    Meta AI yang multifungsi lantas memunculkan pertanyaan apakah layanan tersebut bisa dipakai untuk menghasilkan uang. CNBC Indonesia lantas menanyakan ke Meta AI di WhatsApp apakah layanan tersebut bisa dimonetisasi dan mendatangkan penghasilan baru.

    Namun, Meta AI menjawab belum bisa menghasilkan uang atau melakukan monetisasi.

    “Namun, saya dapat membantu pengguna mengembangkan ide, membangun strategi, dan memberikan informasi yang berguna untuk menghasilkan uang atau melakukan monetisasi melalui berbagai cara,” kata Meta AI, dikutip Selasa (24/12/2024).

    Meta AI lantas memberikan beberapa rekomendasi untuk melakukan monetisasi. Antara lain menulis artikel atau blog bersponsor, membangun bisnis online melalui e-commerce, mengembangkan aplikasi atau game, hingga menyediakan jasa konsultasi atau pelatihan.

    Meta AI juga mengatakan ide penghasilan saat ini bisa berasal dari pembuatan konten di platfrom semacam YouTube dan TikTok. Bisa juga dengan membuat kursus online atau membangun podcast bersponsor.

    Dalam laman resmi WhatsApp, Meta AI memang disebutkan memiliki banyak fungsi. Dari beberapa fungsinya, tak spesifik disebut bahwa Meta AI bisa mendatangkan uang.

    Berikut beberapa fungsi Meta AI pada WhatsApp, dihimpun dari blog resmi WhatsApp:

    Mengobrol dengan Meta AI: Pengguna dapat berbicara dengan Meta AI untuk mendapatkan rekomendasi atau informasi terkait topik tertentu.
    Lihat Foto dengan Meta AI: Pengguna bisa mengirimkan foto ke Meta AI dan meminta penjelasan secara perinci tentang foto tersebut.
    Terjemahan dengan Meta AI: Pengguna juga bisa memasukkan gambar tulisan dalam bahasa asing dan meminta Meta AI untuk menerjemahkannya.
    Rawat Tanaman dengan Meta AI: Cukup masukkan gambar tanaman tertentu dan Meta AI bisa memberikan informasi terkait cara merawat tanaman
    Edit Foto dengan Meta AI: Pengguna bisa menggunakan Meta AI untuk menambahkan, menghapus, atau mengganti objek di dalam foto. Bahkan, bisa juga mengubah warna suatu objek atau sudut pencahayaan foto.

    Meta AI juga bisa digunakan untuk mempermudah pengembangan bisnis melalui fitur ‘AI Bisnis’.

    “AI bisnis adalah layanan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence – AI) dari Meta untuk bisnis. Bisnis di WhatsApp bisa menggunakan AI bisnis untuk meningkatkan percakapan dengan pelanggannya yang memilih menggunakan AI dari Meta,” dikutip dari Pusat Bantuan WhatsApp.

    Saat bisnis terhubung dengan AI BIsnis milik Meta AI di WhatsApp, pengguna bisa menggunakannya untuk beberapa fungsi berikut ini:

    Menanggapi pertanyaan pelanggan mengenai informasi dasar bisnis seperti jam kerja atau lokasi.
    Memberikan jawaban untuk pertanyaan pelanggan terkait produk atau layanan tertentu.
    Merekomendasikan produk atau layanan ke pelanggan.
    Memberikan detail harga dan stok ke pelanggan.
    Menanggapi pertanyaan pelanggan seputar diskon, pembayaran, dan pengiriman.

    Demikian informasi terkait Meta AI yang bisa membantu pengguna untuk menghasilkan uang. Namun, layanan ini tidak bisa serta-merta digunakan untuk melakukan monetisasi. Semoga informasi ini bermanfaat!

    (fab/fab)

  • Diferensiasi Jadi Solusi Brand Fesyen Mewah Lebih Inklusif

    Diferensiasi Jadi Solusi Brand Fesyen Mewah Lebih Inklusif

    Jakarta, FORTUNE – Tren ekspansi jenama Fesyen ke bisnis makanan minuman (F&B) perlu disiasati agar mampu menarik banyak pelanggan, di smaping untuk memperkuat citra merek itu sendiri di benak konsumen. 

    Pengamat Fesyen dan Lecturer Fashion Management dari BINUS University, Dicky Maryoga Hutadjulu, mengatakan bahwa jenama fesyen mewah perlu membangun citra merek yang lebih Inklusif bagi masyarakat, yang menjadikannya berbeda dari fesyen, meski masih berkaitan dengan gaya hidup.

    “Jadi, akan ada lebih banyak lagi orang yang tahu tentang satu brand tertentu lewat pengalaman yang dirasakan–misalnya lewat makanan atau kopi yang disajikan. Secara psikologis, calon-calon pembeli ini akan merasa lebih nyaman, senang, lalu kemudian dengan mudahnya mengenal sebuah brand fesyen dan mengetahui kualitasnya, bahkan bisa menempatkan brand tersebut sebagai favorit mereka,” ujar Dicky kepada Fortune Indonesia, Kamis (19/12).

    Pasalnya, mungkin ada masyarakat belum terlalu familiar dengan jenama-jenama fesyen mewah ini dan perlu pendekatan lebih, agar semakin teredukasi dan tidak hanya menanggap jenama fesyen mewah ini sebagai produsen barang mahal. 

    Dengan cara itu, para jenama seperti Louis Vuitton, Bvlgari, maupun Coach, perlu semakin mengenal pembelinya di Indonesia dan perlu untuk memperluas pasar, demi keberlanjutan bisnis mereka di Tanah Air.

    Diferensiasi bisnis fesyen mewah, kata Dicky, sebenarnya bukan hal baru di dunia, karena sudah banyak jenama fesyen mewah yang melakukan ini di berbagai negara untuk memperluas pasar mereka.

    “Pendekatan ini juga sangat cocok dilakukan di Indonesia, terutama dari sisi gaya hidup yang kerap dilakukan masyarakatnya, seperti nongkrong di kafe, makan di restoran, atau menginap di hotel,” katanya.

    Laporan Bain & Company menunjukkan bahwa pasar barang mewah di Asia Tenggara, yang dipimpin oleh Indonesia, diperkirakan akan mencapai US$35 miliar pada 2025. Indonesia bisa jadi kontributor signifikan, dengan dorongan utama dari populasi yang besar dan berusia muda, peningkatan ekonomi di atas 5 persen dalam beberapa tahun terakhir, peningkatan jumlah penduduk di kelas ekonomi menengah atas, serta pemanfaatan e-commerce yang terus meningkat.

  • Tinggalkan model MLM, begini jurus CNI jalankan Mixed Marketing Concept

    Tinggalkan model MLM, begini jurus CNI jalankan Mixed Marketing Concept

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    Tinggalkan model MLM, begini jurus CNI jalankan Mixed Marketing Concept
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 23 Desember 2024 – 21:10 WIB

    Elshinta.com – PT Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI), perusahaan yang telah beroperasi lebih dari tiga dekade di Indonesia, membuktikan komitmen dalam menjalankan  transformasi besar bisnisnya dari MLM (Multi Level Marketing) menjadi MMC (Mixed Marketing Concept).

    Tanggal 1 Oktober 2023 menjadi titik penting bagi CNI, di mana perusahaan yang sebelumnya dikenal dengan model Multi-Level Marketing (MLM) memutuskan untuk meninggalkan skema tersebut dan mulai menerapkan Mixed Marketing Concept (MMC) yang efektif beroperasi pada tanggal 1 Januari 2024. MMC adalah sebuah konsep pemasaran inovatif yang mengintegrasikan berbagai keunggulan model pemasaran yang ada, termasuk pemasaran secara offline maupun online.

    Seiring dengan transformasi tersebut, CNI juga telah memperkenalkan logo, brand, dan persona baru yang lebih segar dan relevan dengan perkembangan zaman.

    Langkah ini semakin memperkuat posisi CNI dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan sesuai dengan tren digital saat ini, serta memungkinkan konsumen untuk membeli produk CNI tidak hanya secara offline, tetapi juga melalui e-commerce dan marketplace yang selama ini dilarang untuk perusahaan dengan model MLM.

    “CNI selalu berusaha untuk tetap inovatif, kreatif, dan adaptif dengan perkembangan zaman. Melalui transformasi ini, kami ingin menciptakan brand yang lebih segar dan relevan, terutama di kalangan generasi millennial dan Gen Z yang kini menjadi bagian besar dari pasar kami. Dengan model MMC, kami optimis dapat menciptakan peluang bisnis yang lebih fleksibel dan menguntungkan untuk para CNI-Partner di seluruh Indonesia,” kata Abrian Natan, CEO CNI Indonesia dalam keterangan yang diterima redaksi elshinta.com, Senin (23/12). 

    Sebagai bagian dari transformasi, CNI juga memperkenalkan konsep CNI-Store yang menjadi salah satu pilar utama dalam strategi pemasaran MMC. CNI-Store tidak hanya berfungsi sebagai titik promosi dan distribusi produk, tetapi juga sebagai pusat informasi bagi para konsumen dan CNI-Partner. Sejak diluncurkan pada 2 Juli 2024, CNI Store telah hadir di 27 kota di Indonesia, dan lebih banyak lagi yang akan dibuka sepanjang 2025 nanti.

    CNI Store telah hadir di kota-kota seperti Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Pangkal Pinang, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Purwokerto, Cirebon, Indramayu, Solo, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Bali, NTB, dan Makassar.

    “Selain model pemasaran yang lebih fleksibel, CNI-Store juga menerapkan konsep tanpa biaya lisensi (zero license fee) untuk para CNI-Partner yang ingin menggunakan brand CNI di toko offline maupun online mereka,” tambah Abrian.

    CNI juga terus memperluas jangkauan pasar dengan program Go-Digital yang memungkinkan produk CNI dijual melalui e-store di berbagai marketplace ternama. Program ini memberi peluang yang lebih besar bagi para konsumen untuk membeli produk CNI dengan cara yang lebih praktis dan modern. Bagi CNI-Partner yang menjual produk CNI di marketplace juga, tidak perlu khawatir dengan CNI-Store Official sendiri. Karena harga di CNI-Store Official dipatok lebih tinggi 5 persen, sehingga dapat meminimalisasi persaingan harga.

    Tidak hanya itu, keuntungan penjualan CNI-Store Official secara berkala juga akan dibagikan ke CNI-Partner yang sudah memiliki dan tergabung dalam CNI Online Seller Community.

    Bagi para konten kreator yang gemar mempromosikan produk, CNI juga meluncurkan program CNI Affiliate, sebuah kesempatan bagi individu untuk bergabung menjadi affiliator dan mempromosikan produk CNI di platform digital dengan imbalan komisi dari setiap produk yang berhasil terjual.

    Tentunya, produk sebagai salah satu jurus andalan juga tak ketinggalan untuk tampil. Dalam upaya memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat muda, sepanjang 2024 CNI juga meluncurkan berbagai produk baru, seperti CNI-Ginseng Coffee Signature, CNI-Nutrimoist Face Sunscreen, dan SC88 Liquid Detergent, yang dirancang khusus untuk pasar millennial dan Gen Z yang semakin peduli dengan gaya hidup sehat dan praktis.

    Sebagai jurus terakhir dan tak kalah penting, serta sebagai bagian dari komitmen dalam mendukung para generasi muda berjiwa entrepreneur, CNI juga menggelar X-ion Club, sebuah komunitas bisnis untuk para Gen Z yang menyelenggarakan workshop dan menghadirkan praktisi muda bisnis ternama sebagai pembicara. Sejak diluncurkan, lebih dari 100 peserta anak muda telah bergabung dalam workshop ini untuk belajar dan mengembangkan potensi bisnis mereka.

    “Transformasi yang kami lakukan ini bukan hanya soal perubahan model bisnis, tetapi juga tentang bagaimana kami bisa lebih dekat dengan konsumen muda, memberi mereka peluang bisnis yang lebih fleksibel dan menguntungkan, serta menciptakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan gaya hidup mereka,” tutup Abrian.

    Sumber : Elshinta.Com