Topik: e-commerce

  • Waketum PAN harapkan pembangunan ekonomi Prabowo pacu UMKM

    Waketum PAN harapkan pembangunan ekonomi Prabowo pacu UMKM

    Bila dicermati secara sepintas, barang-barang yang beredar di Indonesia kebanyakan bukanlah produk dalam negeri. Barang-barang dari negara lain justru merajai dan harga produknya pun sangat murah, di bawah harga dalam negeri. Kalau begini, Indonesia

    Jakarta (ANTARA) – Wakil Ketua Umum (Waketum) DPP PAN Saleh Partaonan Daulay mengharapkan pembangunan ekonomi yang sedang dijalankan oleh Presiden Prabowo Subianto juga memacu pembangunan UMKM dan ekonomi kreatif.

    Menurut dia, perhatian dan penanganan khusus sangat diperlukan di bidang tersebut, apalagi persaingan di bidang ekonomi ini semakin terasa di tingkat nasional nasional, dan regional, tak hanya di tingkat lokal.

    “Seiring dengan putusan MK terkait presidential threshold, sistem politik di Indonesia diyakini akan ditata dan dikontekstualisasi sesuai dengan kebutuhan dan dinamika terkini, namun demikian Indonesia tidak semestinya hanya fokus dalam menata sistem politik tersebut,” kata Saleh dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat.

    Menurut dia, perkembangan teknologi perdagangan dengan adanya e-commerce membuat nilai kompetisi semakin ketat karena menyebabkan tidak ada lagi batas ruang dan waktu dalam berdagang.

    Sebuah barang yang hendak diperdagangkan, menurut dia, tidak perlu dibawa ke pasar dan cukup disusun dan ditumpuk di gudang. Para pembeli ditawari secara online lalu barangnya diantar langsung ke alamat pembeli masing-masing.

    Baca juga: PAN: Putusan MK beri kesempatan seluruh anak bangsa maju pilpres

    Bila dicermati secara sepintas, dia mengatakan barang-barang yang beredar di Indonesia kebanyakan bukanlah produk dalam negeri. Barang-barang dari negara lain justru merajai dan harga produknya pun sangat murah, di bawah harga dalam negeri.

    “Kalau begini, Indonesia jelas akan jadi pasar bagi orang lain. Basis pengembangan ekonomi kerakyatan akan terkendala. Uang yang ada di masyarakat justru dikumpul dan diakumulasi oleh para pedagang asing,” kata dia.

    Untuk itu, dia meminta Presiden Prabowo untuk meningkatkan daya saing produk UMKM dan ekonomi kreatif Indonesia, karena saat ini banyak potensi yang dimiliki oleh anak-anak muda, namun belum dibina dan diarahkan secara baik.

    “Tidak jarang, mereka yang ahli dan berpotensi justru bekerja dan dimanfaatkan orang lain,” kata Ketua Komisi VII DPR RI itu.

    Dia pun menilai pengembangan ekonomi kreatif tidak hanya dapat dilakukan di dalam negeri. Justru bidang tersebut akan lebih cepat berkembang jika ada bangunan kerjasama dengan negara lain.

    “Dalam hal ini, pembinaan dan sentuhan pemerintah sangat diperlukan,” kata dia.

    Pewarta: Bagus Ahmad Rizaldi
    Editor: Edy M Yakub
    Copyright © ANTARA 2025

  • Daftar Platform Digital yang Gercep Terapkan PPN 12%, Ada Google hingga Apple

    Daftar Platform Digital yang Gercep Terapkan PPN 12%, Ada Google hingga Apple

    Bisnis.com, JAKARTA – Google hingga Apple masuk dalam daftar platform digital yang membebani pajak pertambahan nilai (PPN) 12% kepada para pengguna. DI luar itu, platform video berbasis permintaan (Video on Demand/VoD) Vidio dan Netflix juga menerapkan hal yang sama. 

    Berdasarkan data yang dihimpun, Netflix telah menaikan PPN yang dibebankan kepada pengguna. Hanya saja, kenaikan PPN tersebut diimbangi dengan penurunan harga dasar sehingga masyarakat tidak merasakan perubahan pajak yang dibayarkan. 

    Pada 1 Desember 2024, total biaya langganan yang dibayarkan untuk paket basic senilai Rp65.000 dengan perincian Rp58.559 biaya pokok keanggotaan dan Rp6.441 biaya PPN. Sementara itu, pada 1 Januari 2025, nilainya berubah menjadi Rp58.036 untuk biaya keanggotaan dan Rp6.964 untuk PPN. 

    Perbandingan tarif langganan Netflix Desember 2024 vs Januari 2025Perbesar

    Hal yang sama juga terjadi Vidio. Berdasarkan salah satu tangkapan layar, pelanggan harus membayar paket Vidio Platinium senilai Rp32.480/bulan, dengan perincian Rp3.480 untuk pajak dan Rp29.000 untuk paket bulanan. Adapun jika dihitung kembali, nilai pajak mencapai 12% dari harga pokok langganan.

    Raksasa teknologi Google juga menerapkan PPN 12% untuk transaksi pembelian aplikasi di Google Play Store. Pun dengan transaksi di Apple. Biaya yang harus dibayarkan saat menggunakan Apple One juga mengalami kenaikan. 

    Pembelian di aplikasi Google Play Store setelah dikenakan pajak 12%Perbesar

    Direktur Ekonomi Digital Center of Economic and Law Studies (Celios) sekaligus pengamat ekonomi digital Nailul Huda menduga implementasi PPN 12% di sejumlah platform raksasa itu karena sistem yang sudah diterapkan menggunakan penghitungan tarif PPN 12%. 

    “Ketika sistem sudah diterapkan tarif PPN 12% ini yang pada akhirnya membuat beberapa perusahaan belum mengupdate sistem yang dibuat. Jikapun dimasukkan ke sistem coretax, ada kelebihan bayar yang kembali lagi ke perusahaan. Ini cukup tricky terkait tarif PPN barang non mewah,” kata Huda kepada Bisnis, Jumat (3/1/2024). 

    Dia berpendapat seharusnya Vidio termasuk barang non mewah. Di barang non mewah, tarif PPN tetap 12%, tetapi untuk DPP (dasar pengenaan pajak) dihitung dari penjualan x (11/12). 

    Dari penghitungan harusnya DPP yang dibayarkan oleh masyarakat adalah sekitar Rp26.000. 

    “Dikalikan 12%, pajak PPN yang disetorkan adalah Rp3.190. Masyarakat harusnya hanya membayar Rp31.190. Ini jelas membingungkan bagi perusahaan,” kata Huda. 

    Sementara itu, Pengamat Ekonomi Digital yang juga Direktur Eksekutif ICT Institute Heru Sutadi mengatakan PPN 12% hanya untuk produk dan jasa yang terkena PPnBM. Jika sebelumnya terkena 11% maka tidak ada perubahan. Video streaming dan e-commerce masuk kategori 11%. 

    “Kemudian dikenakan 12% maka yang 1% wajib dikembalikan ke masyarakat. Meski hanya ratusan rupiah, tetapi jika dikali jutaan akan banyak sekali. Dapat dimengerti pengumuman 12% itu dilakukan pada malam tahun baru, sementara platform digital sudah mengatur sistem untuk PPN 12%. Ini perubahan cukup mendadak,” kata Heru. 

  • Menghadapi jerat paylater di era e-commerce

    Menghadapi jerat paylater di era e-commerce

    Nasabah mengakses aplikasi penunda pembayaran (paylater) di Bogor, Jawa Barat. (ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/tom)

    Menghadapi jerat paylater di era e-commerce
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Kamis, 02 Januari 2025 – 17:07 WIB

    Elshinta.com – Dalam beberapa tahun terakhir, layanan paylater atau beli sekarang bayar nanti (buy now pay later) semakin marak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK), hingga Oktober 2024, outstanding pembiayaan paylater yang disalurkan perusahaan pembiayaan mencapai Rp8,41 triliun, meningkat sebesar 63,89 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

    Sayangnya, lonjakan ini diiringi dengan memburuknya kualitas kredit. Rasio pembiayaan bermasalah (NPF) gross pada layanan ini naik dari 2,60 persen pada September menjadi 2,76 persen di Oktober 2024.

    Di sisi lain, sektor e-commerce mencatat pertumbuhan pesat. Data dari Kementerian Perdagangan memperkirakan nilai transaksi e-commerce pada 2024 akan mencapai Rp487 triliun, meningkat 7,3 persen dibandingkan capaian tahun sebelumnya sebesar Rp453,8 triliun.

    Jumlah pengguna e-commerce juga diproyeksikan mencapai 65,65 juta orang pada 2024, naik 12 persen dari tahun lalu. Momentum seperti Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) berkontribusi besar, dengan total transaksi mencapai Rp25,7 triliun pada 2023, melonjak 182 persen dibandingkan penyelenggaraan pertama pada 2019.

    Lonjakan transaksi e-commerce dan penggunaan paylater mencerminkan transformasi digital yang pesat di Indonesia.

    Berdasarkan survei terbaru oleh Jakpat di Oktober tahun 2022, sebuah penyedia layanan survei daring yang memiliki lebih dari 1,1 juta responden terdaftar. Lebih dari 90 persen pengguna layanan paylater pada masing-masing generasi X, milenial, hingga generasi Z, memanfaatkan layanan ini untuk belanja di platform e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, Blibli, dan Lazada.

    Survei ini melibatkan 1.506 responden berusia 15 hingga 71 tahun. Penelitian ini memberikan gambaran yang jelas tentang dominasi e-commerce dalam penggunaan layanan paylater di semua generasi.

    Namun, kombinasi pertumbuhan ini dengan memburuknya kualitas kredit menjadi tanda bahaya bagi keuangan pribadi masyarakat. Fenomena ini memunculkan dugaan kuat bahwa konsumsi masyarakat kian terdorong oleh impulsive buying, yaitu jika seseorang pernah berencana membeli sesuatu di mall atau tempat pembelanjaan lainnya, namun begitu masuk ke lokasi tiba-tiba daftar barang belanjaan yang telah ada di alam pikir menjadi buyar seketika. Boleh jadi hal ini disebabkan oleh strategi pemasaran agresif seperti diskon, cashback, atau kemudahan pembayaran cicilan.

    Peningkatan kualitas kredit bermasalah menunjukkan bahwa banyak konsumen tidak memiliki kemampuan finansial yang memadai untuk mengelola utang mereka.

    Dampak negatif dari penggunaan paylater yang tidak terkontrol dapat dirasakan dalam berbagai aspek, baik finansial maupun psikologis. Dari sisi finansial, keterlambatan pembayaran sering kali menyebabkan akumulasi bunga dan denda, yang memperburuk kondisi keuangan individu. Bahkan, riwayat kredit yang buruk akibat gagal bayar dapat menyulitkan akses ke fasilitas kredit lain di masa depan, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR).

    Sementara itu, dampak psikologisnya tak kalah serius. Beban utang yang menumpuk kerap menimbulkan stres dan kecemasan, yang berakibat pula pada menurunnya produktivitas kerja. Karena dengan meningkatnya stres dan kecemasan, seseorang akan kesulitan berkonsentrasi dalam menjalankan pekerjaannya. Padahal seseorang akan dapat berpenghasilan yang baik ketika ia dalam kondisi jasmani yang sehat, pikiran yang penuh konsentrasi, serta hati yang tenang.

    Dalam beberapa kasus ekstrem, individu yang merasa terjebak dalam jeratan utang dapat mengalami depresi yang mendalam, bahkan sampai mengambil tindakan nekat. Fenomena ini menunjukkan bahwa paylater, meski menawarkan kemudahan, namun justru membawa risiko besar yang acapkali tak disadari oleh penggunanya.

    Kajian dari jurnal el Barka: Journal of Islamic Economics and Business yang terbit pada 2024 berfokus pada integrasi literasi keuangan dan nilai etika untuk mengontrol perilaku impulsif. Literasi keuangan yang dipadukan dengan nilai etika dapat membantu seseorang membangun kesadaran finansial dan memiliki nilai etis yang kuat.

    Dengan pola pikir “sadari, terima, dan perbaiki,” seseorang dapat mengembangkan kebiasaan belanja yang lebih sehat dan bertanggung jawab.

    Refleksi pribadi dan membangun kebiasaan baru dapat membantu menghindari perilaku konsumtif. Ini termasuk memprioritaskan kebutuhan dibandingkan keinginan dan menjadikan pengalaman sebelumnya sebagai pelajaran untuk meningkatkan pengelolaan keuangan.

    Untuk mencegah dampak buruk dari lonjakan penggunaan paylater dan transaksi e-commerce, diperlukan solusi yakni dengan menanamkan karakter hidup sederhana. Keluarga memegang peranan penting dalam membentuk karakter hidup sederhana pada anak. Nilai-nilai ini dapat ditanamkan melalui ajaran agama yang mengajarkan prinsip qana’ah (merasa cukup) dan tabayyun (memastikan kebutuhan sebelum bertindak).

    Selain itu, budaya hidup sederhana juga dapat menjadi teladan melalui pengelolaan keuangan keluarga, seperti membuat anggaran harian atau memprioritaskan kebutuhan esensial. Pola pikir “sadari, terima, dan perbaiki” merupakan langkah sederhana namun efektif untuk membantu individu mengubah kebiasaan konsumtif menjadi lebih bertanggung jawab.

    Langkah pertama adalah menyadari kebiasaan belanja yang berlebihan atau tidak perlu. Selanjutnya, individu perlu menerima fakta bahwa kebiasaan tersebut memengaruhi kondisi keuangan dan memerlukan perbaikan. Langkah terakhir adalah membuat rencana aksi, seperti menyusun anggaran atau membatasi pembelian hanya pada barang yang benar-benar dibutuhkan.

    Pola pikir ini tidak hanya mendorong refleksi pribadi, tetapi juga membantu membangun kebiasaan baru yang lebih sehat. Metode Eisenhower Matrix dapat digunakan untuk membantu individu membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

    Matriks ini membagi keputusan belanja ke dalam empat kategori: Do (penting dan mendesak), seperti belanja kebutuhan pokok; Schedule (penting tapi tidak mendesak), seperti pembelian barang elektronik yang direncanakan; Delegate (tidak penting tapi mendesak), yakni aktivitas belanja yang dapat diabaikan atau diserahkan kepada orang lain; dan Delete (tidak penting dan tidak mendesak), seperti membeli barang karena tren atau diskon besar.

    Sikap pertengahan, yakni tidak boros namun juga tidak pelit, menjadi penting untuk ditanamkan dengan memahami keutamaan prioritas. Belanja kebutuhan harus selalu menjadi prioritas dibandingkan keinginan.

    Untuk membedakan keduanya, masyarakat dapat bertanya pada dirinya sendiri: apakah barang ini jika tidak dibelanjakan akan menimbulkan konsekuensi negatif dalam keberlangsungan hidup? Jika jawabannya iya, maka hal itu adalah kebutuhan.

    Kecenderungan menggunakan paylater di tengah sindrom impulsive buying terbukti menjerumuskan masyarakat ke dalam siklus utang yang sulit dikendalikan. Dengan menanamkan nilai hidup sederhana melalui ajaran agama, budaya, dan literasi keuangan, masyarakat dapat mengelola keuangannya dengan lebih bijak.

    Bagi mereka yang tidak mendapatkan pendidikan tersebut sejak kecil, refleksi pribadi dan pembentukan kebiasaan baru dapat menjadi jalan keluar. Penerapan metode seperti Eisenhower Matrix dapat menjadi solusi praktis untuk membantu individu membedakan kebutuhan dan keinginan.

    Pada akhirnya, hati yang tenang, pikiran yang mampu berkonsentrasi, dan jasmani yang sehat menjadi modal utama seseorang untuk meraih penghasilan yang cukup dan kehidupan yang seimbang. Sehingga selalu ada solusi bagi mereka yang saat ini tengah kesulitan melepaskan diri dari jerat utang.

    Setiap langkah kecil dalam mengelola keuangan dengan bijak adalah awal dari perubahan besar. Dengan disiplin, doa, dan usaha yang terus-menerus, masa depan yang lebih cerah dan bebas dari jeratan utang insya Allah akan dapat dicapai.

    Sumber : Antara

  • Nilai Transaksi Program Belanja Murah Akhir Tahun 2024 Tembus Rp 71,5 T

    Nilai Transaksi Program Belanja Murah Akhir Tahun 2024 Tembus Rp 71,5 T

    Jakarta

    Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyebutkan Program Belanja Murah Akhir Tahun 2024 mendapatkan sambutan positif. Sebab program hasil kerja sama antara pemerintah, asosiasi pelaku usaha, dan UMKM berhasil membukukan transaksi mencapai Rp 71,5 triliun.

    Nilai tersebut merupakan akumulasi dari total transaksi Program Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Program Belanja di Indonesia Aja (BINA), dan Program Every Purchase is Cheap (EPIC) Sale 2024. Tak hanya menguntungkan masyarakat sebagai konsumen, dorongan Pemerintah terhadap sejumlah program tersebut juga menjadi bukti komitmen Pemerintah dalam mendukung UMKM untuk terus tumbuh dan menguasai pasar dalam negeri. Selain menyediakan banyak diskon bagi seluruh produk yang dijual, program belanja murah akhir tahun 2024 juga menggunakan berbagai platform online dan offline dalam melakukan penjualan.

    “Kita tentunya mendukung berbagai inisiatif yang turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan mampu memberikan manfaat berkelanjutan bagi seluruh masyarakat,” kata Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulis, Kamis (2/1/2025).

    Dia mengatakan program Harbolnas yang digelar pada tanggal 10-16 Desember 2024 berhasil mencetak total transaksi sebesar Rp 31,2 triliun dan menunjukkan peningkatan hingga 21,4% (yoy) dibandingkan total transaksi pada tahun 2023 yang sebesar Rp 25,7 triliun. Dalam program ini, produk-produk lokal juga mampu memperlihatkan dominasi atas keseluruhan penjualan dengan perolehan porsi sebesar 52% dan dengan nilai transaksi yang mencapai sebesar Rp 16,1 triliun atau mengalami peningkatan sekitar 31% (yoy) dari tahun 2023.

    Menggunakan tagline #PakaiProdukSendiri, program Harbolnas didominasi oleh tiga kategori produk dengan minat tertinggi yakni pakaian olah raga dan aksesori fashion, personal care, serta makanan dan minuman. Pertumbuhan yang signifikan pada kontribusi produk lokal menjadi indikator positif terhadap potensi masa depan Harbolnas yang diinisiasi oleh asosiasi pelaku industri e-commerce tersebut. Hal ini juga mencerminkan peningkatan kesadaran konsumen untuk terus mendukung produk dalam negeri melalui platform e- commerce.

    “Sementara itu, Program Belanja di Indonesia Aja (BINA) tahun 2024 yang digelar dengan memprioritaskan produk-produk lokal pada tanggal 20-29 Desember 2024 berhasil mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp 25,4 triliun. Nilai transaksi tersebut mengalami peningkatan sebesar 15% dibandingkan dengan nilai transaksi di tahun 2023 yang mencapai Rp 20 triliun, serta melewati dari target 10% yang dicanangkan” jelasnya.

    Program BINA Diskon 2024 merupakan wujud kerja sama yang solid antara Pemerintah, asosiasi pengusaha ritel, pelaku UMKM, dan berbagai pihak lain yang terkait. Sebanyak
    80.000 gerai di 396 pusat perbelanjaan dari 24 provinsi baik merek lokal dan global turut aktif menyukseskan program tersebut.

    Menurutnya, capaian Program Harbolnas dan BINA disusul dengan capaian Program EPIC Sale 2024 pada tanggal 22-31 Desember 2024 yang berhasil mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp 14,9 triliun dari sekitar 45.000 gerai di Indonesia yang turut serta dalam program tersebut. Program EPIC Sale 2024 menjadi wadah kolaborasi antara Pemerintah, sektor swasta, dan pelaku UMKM, agar masyarakat mendapatkan bahan pokok produk lokal yang murah dengan kualitas unggul.

    “Program-progam tersebut tentu kita harapkan akan berjalan terus ke depan dengan cakupan program yang lebih luas dan inovasi baru yang lebih menarik. Selain menjadi bukti sinergi yang baik antara Pemerintah dengan para pelaku usaha, program ini juga menjadi wujud nyata kehadiran Pemerintah dalam mendukung daya saing produk dalam negeri, terutama produk UMKM, serta menjaga daya beli masyarakat,” pungkas Airlangga.

    (ega/ega)

  • Program Belanja Murah Akhir Tahun 2024 Mampu Bukukan Transaksi Hingga Puluhan Triliun Rupiah

    Program Belanja Murah Akhir Tahun 2024 Mampu Bukukan Transaksi Hingga Puluhan Triliun Rupiah

    Jakarta, Beritasatu.com – Memanfaatkan momentum liburan Nataru pada akhir tahun 2024 lalu, Pemerintah berkolaborasi dengan asosiasi pelaku usaha dan para pengusaha UMKM telah menggelar sejumlah progam belanja murah bagi masyarakat. Selain menyediakan banyak diskon bagi seluruh produk yang dijual, program belanja murah akhir tahun 2024 juga menggunakan berbagai platform online dan offline dalam melakukan penjualan.

    Dorongan Pemerintah terhadap sejumlah program belanja murah tersebut disambut baik dengan animo tinggi masyarakat dan berhasil membukukan transaksi yang mencapai Rp 71,5 triliun. Nilai tersebut merupakan akumulasi dari total transaksi Program Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas), Program Belanja di Indonesia Aja (BINA), dan Program Every Purchase is Cheap (EPIC) Sale 2024.

    Tak hanya menguntungkan masyarakat sebagai konsumen, dorongan Pemerintah terhadap sejumlah program tersebut juga menjadi bukti komitmen Pemerintah dalam mendukung UMKM untuk terus tumbuh dan menguasai pasar dalam negeri.

    “Kita tentunya mendukung berbagai inisiatif yang turut mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan mampu memberikan manfaat berkelanjutan bagi seluruh masyarakat,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

    Program Harbolnas yang digelar pada tanggal 10-16 Desember 2024 berhasil mencetak total transaksi sebesar Rp 31,2 triliun dan menunjukkan peningkatan hingga 21,4 persen (yoy) dibandingkan total transaksi pada tahun 2023 yang sebesar Rp 25,7 triliun. Dalam program ini, produk-produk lokal juga mampu memperlihatkan dominasi atas keseluruhan penjualan dengan perolehan porsi sebesar 52 persen dan dengan nilai transaksi yang mencapai sebesar Rp 16,1 triliun atau mengalami peningkatan sekitar 31 persen (yoy) dari tahun 2023.

    Menggunakan tagline #Pakai Produk Sendiri, program Harbolnas didominasi oleh tiga kategori produk dengan minat tertinggi yakni pakaian olah raga dan aksesori fashion, personal care, serta makanan dan minuman. Pertumbuhan yang signifikan pada kontribusi produk lokal menjadi indikator positif terhadap potensi masa depan Harbolnas yang diinisiasi oleh asosiasi pelaku industri e-commerce tersebut. Hal ini juga mencerminkan peningkatan kesadaran konsumen untuk terus mendukung produk dalam negeri melalui platform e- commerce.

    Sementara itu, Program Belanja di Indonesia Aja (BINA) tahun 2024 yang digelar dengan memprioritaskan produk-produk lokal pada tanggal 20-29 Desember 2024 berhasil mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp25,4 triliun. Nilai transaksi tersebut mengalami peningkatan sebesar 15 persen dibandingkan dengan nilai transaksi di tahun 2023 yang mencapai Rp 20 triliun, serta melewati dari target 10 persen yang dicanangkan.

    Program BINA Diskon 2024 merupakan wujud kerja sama yang solid antara Pemerintah, asosiasi pengusaha ritel, pelaku UMKM, dan berbagai pihak lain yang terkait. Sebanyak 80.000 gerai di 396 pusat perbelanjaan dari 24 provinsi baik merek lokal dan global turut aktif menyukseskan program tersebut.

    Keberhasilan Program Harbolnas dan BINA disusul dengan capaian Program EPIC Sale 2024 pada tanggal 22-31 Desember 2024 yang berhasil mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp 14,9 triliun dari sekitar 45.000 gerai di Indonesia yang turut serta dalam program tersebut. Program EPIC Sale 2024 menjadi wadah kolaborasi antara Pemerintah, sektor swasta, dan pelaku UMKM, agar masyarakat mendapatkan bahan pokok produk lokal yang murah dengan kualitas unggul.

    “Program-progam tersebut tentu kita harapkan akan berjalan terus ke depan dengan cakupan program yang lebih luas dan inovasi baru yang lebih menarik. Selain menjadi bukti sinergi yang baik antara Pemerintah dengan para pelaku usaha, program ini juga menjadi wujud nyata kehadiran Pemerintah dalam mendukung daya saing produk dalam negeri, terutama produk UMKM, serta menjaga daya beli masyarakat,” pungkas Menko Airlangga.

  • oraimo Perkuat Kehadiran di Asia Tenggara dengan Toko Flagship di Indonesia – Halaman all

    oraimo Perkuat Kehadiran di Asia Tenggara dengan Toko Flagship di Indonesia – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Masyarakat modern semakin bergantung pada teknologi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dari perangkat yang membantu komunikasi hingga alat yang menunjang produktivitas, kehadiran teknologi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan manusia. Seiring perkembangan zaman, kebutuhan akan perangkat berkualitas tinggi yang mampu menghadirkan kenyamanan dan efisiensi terus meningkat.

    Kawasan Asia Tenggara, dengan populasi yang besar dan ekonomi yang terus berkembang, menjadi salah satu pasar utama bagi berbagai inovasi teknologi. Negara-negara di kawasan ini menunjukkan peningkatan konsumsi produk elektronik, terutama di tengah tren digitalisasi yang semakin pesat. Potensi besar ini menarik perhatian banyak produsen teknologi global untuk memperluas jangkauan mereka ke wilayah ini.

    Indonesia, sebagai salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di Asia Tenggara, menjadi tujuan utama para pelaku industri. Tingginya jumlah pengguna perangkat elektronik serta budaya masyarakat yang terbuka terhadap teknologi baru menjadikan Indonesia pasar yang strategis. Hal ini mendorong banyak perusahaan global untuk menghadirkan layanan dan produk terbaik mereka di Indonesia.

    Melihat peluang tersebut, oraimo mengambil langkah besar dengan membuka toko flagship pertamanya di Indonesia, Sabtu, 21 Desember 2024. Indonesia, sebagai ekonomi terbesar di kawasan dengan PDB sebesar $1,37 triliun pada tahun 2023, dipilih sebagai lokasi strategis untuk memahami lebih dalam kebutuhan konsumen Asia Tenggara dan memperluas akses pasar di wilayah ini.

    “Toko unggulan ini tidak hanya menjadi langkah baru menuju ekspansi pasar tetapi juga gerbang strategis untuk lebih memahami konsumen Asia Tenggara dan memberikan layanan berkualitas tinggi bagi pasar Indonesia,” ujar Justin, perwakilan oraimo.

    Berlokasi di ITC Roxy Mas, Jl. KH Hasyim Ashari no.125, Cideng, Kec. Gambir, Jakarta Pusat, acara pembukaan berlangsung meriah dengan melibatkan tim oraimo Indonesia dan pelanggan utama dalam upacara pemotongan pita. Rangkaian kegiatan meliputi sesi tanya jawab, undian berhadiah, dan puncak acara “hujan balon” yang memeriahkan suasana. Pada hari pembukaan, pusat perbelanjaan yang menjadi lokasi toko menerima sekitar 50.000 pengunjung.

    Langkah ini mencerminkan fokus oraimo untuk memperkuat kehadirannya di pasar baru sambil tetap menjaga pertumbuhan di Afrika dan saluran e-commerce. Strategi perusahaan bertumpu pada tiga pilar utama—operasi di Afrika, ekspansi pasar baru, dan e-commerce—dengan pendekatan yang seimbang untuk memastikan perkembangan yang berkelanjutan. “Tidak peduli seberapa jauh perjalanan, usaha yang konsisten akan membawa kesuksesan,” tambah Justin. 

    Dengan pembukaan toko flagship ini, oraimo menunjukkan komitmennya terhadap pasar Asia Tenggara. Langkah strategis ini diharapkan menjadi pijakan untuk memperluas jejak globalnya di masa depan.

  • SPSL-Pelindo Regional 2 Pontianak selenggarakan Program Teman Nelayan

    SPSL-Pelindo Regional 2 Pontianak selenggarakan Program Teman Nelayan

    Program Digital Marketing UMKM dapat membantu pelaku UMKM Mempawah untuk lebih gesit lagi dalam memasarkan produknya

    Jakarta (ANTARA) – PT Pelindo Solusi Logistik (SPSL) bersama Pelindo Regional 2 Pontianak menginisiasi pelaksanaan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) bertajuk Program Teman Nelayan untuk meningkatkan pemberdayaan keluarga nelayan di sekitar Pelabuhan Kijing, Mempawah, Kalimantan Barat.

    Program Teman Nelayan meliputi pelaksanaan Pelatihan Digital Marketing untuk UMKM dan pelaksanaan pelatihan bahasa Inggris untuk anak usia sekolah.

    Menurut siaran pers SPSL di Jakarta, Kamis, kegiatan itu merupakan bagian dari Program Prioritas TJSL Pelindo Group bidang Pengembangan Usaha Kecil Menengah dan bidang Pendidikan.

    Kedua program dirancang untuk memberikan bekal keterampilan yang relevan di era digital untuk meningkatkan daya saing UMKM dan juga untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris para generasi muda keluarga nelayan.

    Senior Vice President Sekretariat Perusahaan SPSL, Kiki M. Hikmat menyatakan program itu sejalan dengan komitmen perusahaan untuk berkontribusi pada pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasional Pelindo Group.

    Langkah ini, menurut dia, juga menjadi bagian dari upaya perusahaan dalam mendukung Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs), khususnya yang berkaitan dengan pengentasan kemiskinan dan peningkatan kualitas pendidikan.

    General Manager Pelindo Regional 2 Pontianak, Kalbar, Yanto menambahkan inisiatif itu merupakan wujud nyata peran aktif Pelindo untuk hadir di tengah-tengah masyarakat, membersamai dan mendorong masyarakat di sekitar pelabuhan untuk terus berkembang dan berprestasi, menuju masyarakat pesisir yang mandiri dan tangguh.

    Pelatihan Digital Marketing UMKM: Go Digital, Go Online menjadi salah satu program unggulan yang dirancang untuk membantu pelaku UMKM yang merupakan keluarga nelayan memanfaatkan teknologi digital dalam memasarkan produk mereka.

    Melalui pelatihan ini, peserta belajar menggunakan media sosial dan platform e-commerce untuk menjual hasil tangkapan serta produk olahan, yang diharapkan dapat membantu mereka menjangkau pasar yang lebih luas.

    Sementara itu, program English Training difokuskan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris bagi pelajar SLTP, SLTA, dan SMK yang juga merupakan anak-anak nelayan.

    Pelatihan ini bertujuan membekali mereka dengan kemampuan bahasa yang dapat mendukung pendidikan lanjutan, peluang kerja, dan interaksi dengan komunitas internasional di masa depan.

    Sejalan dengan itu, Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mempawah, Gusti Basrun menyambut baik dilaksanakannya Program Teman Nelayan ini.

    Menurut dia, program itu memiliki banyak manfaat. Misalnya, melalui digital marketing memungkinkan UMKM untuk memperluas jangkauan pemasarannya, bahkan hingga ke pelosok negeri.

    Kemudian, meningkatkan profit UMKM, membangun merk produk agar dikenal luas, menghemat biaya promosi, dan lain sebagainya. Sementara program pelatihan bahasa Inggris untuk siswa ke depan akan meningkatkan kecakapan komunikasi dalam bahasa asing yang akan memberikan banyak manfaat dan peluang baik bagi diri sendiri maupun bagi masyarakat.

    Sementara itu, Umi Kalsum, pelaku UMKM yang mengikuti pelatihan Digital Marketing mengungkapkan rasa senangnya karena berkesempatan untuk mengikuti Training Digital Marketing dari SPSL

    “Kami terbantu karena melalui pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan kami dalam menjalankan bisnis, terlebih lagi narasumber yang dihadirkan sangat luar biasa. Lewat training ini juga pelaku UMKM bisa memperluas jangkauan pasar. Terima kasih SPSL dan Pelindo Group,” katanya.

    Pewarta: Ahmad Buchori
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Deretan Barang Paling Laris di Tokopedia dan ShopTokopedia di Akhir 2024 – Page 3

    Deretan Barang Paling Laris di Tokopedia dan ShopTokopedia di Akhir 2024 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Platform e-commerce Tokopedia dan ShopTokopedia mengungkap deretan barang paling laris dibeli di platform tersebut menjelang perayaan tahun baru 2025 kemarin.

    Menurut Communication Senior Lead Tokopedia dan TikTok E-commerce Antonia Adega, platform e-commerce seperti Tokopedia dan ShopTokopedia menjadi andalan masyarakat dalam menciptakan peluang usaha sekaligus mendapatkan produk kebutuhan, termasuk di momen jelang pergantian tahun.

    “Pada momen tersebut, kalender, perlengkapan pesta, dan buku kewirausahaan menjadi beberapa produk dengan kenaikan tertinggi jumlah pesanan di Tokopedia, rata-rata sekitar 2,5 kali lipat,” kata Antonia, dikutip dari keterangannya.

    3 Produk Terlaris di Tokopedia untuk Sambut 2025

    Masyarakat Indonesia cenderung senang merayakan tahun baru 2025 dengan berbagai aktivitas bersama keluarga atau teman.

    Momen pergantian tahun juga dimanfaatkan untuk membuat resolusi dalam mencapai sesuatu yang spesifik dan lebih baik di tahun yang akan datang. Misalnya dalam hal kesehatan, pengembangan diri, keuangan, dan lain-lain.

    Berikut adalah temuan dari Tokopedia dan ShopTokopedia tentang perilaku belanja online masyarakat di masa peralihan tahun dan produk yang paling laris diburu melalui Tokopedia.

    GoTo Financial secara resmi memisahkan GoPay dari aplikasi Gojek dan Tokopedia. Alasan GoTo Financial menjadikan GoPay sebagai aplikasi tersendiri untuk memberikan kemudahan akses finansial.

  • Diskon Token Listrik 50% Berlaku Mulai 1 Januari 2025, Ini Cara Mendapatkannya!

    Diskon Token Listrik 50% Berlaku Mulai 1 Januari 2025, Ini Cara Mendapatkannya!

    Jakarta: Pemerintah resmi memberikan insentif berupa diskon tarif listrik sebesar 50% untuk pelanggan pascabayar dan prabayar (token) mulai 1 Januari 2025. Program diskon ini berlaku pada bulan Januari dan Februari 2025.

    “Electrizen! PLN mendukung penuh langkah pemerintah dengan menghadirkan diskon 50% tarif listrik untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA hingga 2.200 VA. Berlaku selama Januari-Februari 2025, tanpa perlu daftar dan tidak dipungut biaya apapun!

    Untuk pelanggan pascabayar, potongan otomatis di tagihan bulan berikutnya. Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon akan diterima saat pembelian token.

    Cek info lengkapnya di PLN Mobile. Jangan sampai ketinggalan!,” tulis PLN di akun instagramnya, 24 Desember 2024 lalu.

    Cara Mendapatkan Diskon Token Listrik 50%
    Dilansir dari laman resmi PLN, berikut langkah-langkah pembelian token listrik dengan diskon 50% melalui aplikasi PLN Mobile:

    Pilih ID Pelanggan atau Nomor Meter

    Masuk ke aplikasi PLN Mobile dan pilih menu “Kelistrikan”.
    Pilih ID Pelanggan/No Meter untuk pembelian token.
    Pilih Nominal Token

    Pilih opsi pembelian token di menu “BELI TOKEN”.
    Tentukan nominal token, lalu tekan “LANJUTKAN PEMBAYARAN”.
    Lakukan Pembayaran

    Baca juga: 5 Peralatan Rumah yang Bikin Boros Listrik, Begini Cara Mengehematnya!

    Pilih metode pembayaran yang tersedia, kemudian tekan “BAYAR”.
    Selesaikan pembayaran sesuai batas waktu yang diberikan.
    Terima Notifikasi

    Setelah pembayaran berhasil, pelanggan akan menerima notifikasi berisi detail transaksi dan kode token yang bisa langsung digunakan.
    Bisa Dibeli di Berbagai Merchant
    Diskon token listrik 50% ini tidak hanya berlaku di aplikasi PLN Mobile. Pelanggan juga dapat melakukan pembelian melalui e-commerce, aplikasi perbankan, dompet digital, dan gerai offline yang bekerja sama dengan PLN. Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa merchant mungkin mengenakan biaya tambahan.

    Syarat dan Ketentuan Diskon Token Listrik

    Berlaku untuk pelanggan rumah tangga (kode R) dengan daya 450 VA, 900 VA, 1.300 VA, dan 2.200 VA.
    Diskon hanya berlaku untuk pembelian token listrik pada Januari dan Februari 2025.
    Tidak memerlukan pendaftaran khusus. Diskon otomatis diterapkan saat pembelian.

    Contoh: Jika biasanya pelanggan membeli token senilai Rp 100.000, pada program ini hanya perlu membayar Rp 50.000 untuk jumlah kWh yang sama. Atau jika Anda membayar Rp50 ribu untuk token listrik, Anda mendapatkan kWh seperti membayar Rp100 ribu dan seterusnya. 

    Program ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat. Jangan lewatkan kesempatan untuk memanfaatkan insentif ini!

    Jakarta: Pemerintah resmi memberikan insentif berupa diskon tarif listrik sebesar 50% untuk pelanggan pascabayar dan prabayar (token) mulai 1 Januari 2025. Program diskon ini berlaku pada bulan Januari dan Februari 2025.

    “Electrizen! PLN mendukung penuh langkah pemerintah dengan menghadirkan diskon 50% tarif listrik untuk pelanggan rumah tangga daya 450 VA hingga 2.200 VA. Berlaku selama Januari-Februari 2025, tanpa perlu daftar dan tidak dipungut biaya apapun!
     
    Untuk pelanggan pascabayar, potongan otomatis di tagihan bulan berikutnya. Sementara untuk pelanggan prabayar, diskon akan diterima saat pembelian token.
     
    Cek info lengkapnya di PLN Mobile. Jangan sampai ketinggalan!,” tulis PLN di akun instagramnya, 24 Desember 2024 lalu.

    Cara Mendapatkan Diskon Token Listrik 50%

    Dilansir dari laman resmi PLN, berikut langkah-langkah pembelian token listrik dengan diskon 50% melalui aplikasi PLN Mobile:
    Pilih ID Pelanggan atau Nomor Meter
     
    Masuk ke aplikasi PLN Mobile dan pilih menu “Kelistrikan”.
    Pilih ID Pelanggan/No Meter untuk pembelian token.
    Pilih Nominal Token
     
    Pilih opsi pembelian token di menu “BELI TOKEN”.
    Tentukan nominal token, lalu tekan “LANJUTKAN PEMBAYARAN”.
    Lakukan Pembayaran
     
    Baca juga: 5 Peralatan Rumah yang Bikin Boros Listrik, Begini Cara Mengehematnya!
     
    Pilih metode pembayaran yang tersedia, kemudian tekan “BAYAR”.
    Selesaikan pembayaran sesuai batas waktu yang diberikan.
    Terima Notifikasi
     
    Setelah pembayaran berhasil, pelanggan akan menerima notifikasi berisi detail transaksi dan kode token yang bisa langsung digunakan.

    Bisa Dibeli di Berbagai Merchant

    Diskon token listrik 50% ini tidak hanya berlaku di aplikasi PLN Mobile. Pelanggan juga dapat melakukan pembelian melalui e-commerce, aplikasi perbankan, dompet digital, dan gerai offline yang bekerja sama dengan PLN. Namun, perlu diperhatikan bahwa beberapa merchant mungkin mengenakan biaya tambahan.

    Syarat dan Ketentuan Diskon Token Listrik

    Berlaku untuk pelanggan rumah tangga (kode R) dengan daya 450 VA, 900 VA, 1.300 VA, dan 2.200 VA.
    Diskon hanya berlaku untuk pembelian token listrik pada Januari dan Februari 2025.
    Tidak memerlukan pendaftaran khusus. Diskon otomatis diterapkan saat pembelian.

    Contoh: Jika biasanya pelanggan membeli token senilai Rp 100.000, pada program ini hanya perlu membayar Rp 50.000 untuk jumlah kWh yang sama. Atau jika Anda membayar Rp50 ribu untuk token listrik, Anda mendapatkan kWh seperti membayar Rp100 ribu dan seterusnya. 

    Program ini diharapkan dapat meringankan beban masyarakat. Jangan lewatkan kesempatan untuk memanfaatkan insentif ini!
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (DHI)

  • Tutorial Dapat Diskon Tarif Listrik 50% Lewat Tokopedia dan PLN Mobile

    Tutorial Dapat Diskon Tarif Listrik 50% Lewat Tokopedia dan PLN Mobile

    Bisnis.com, JAKARTA – Pemerintah mulai memberikan diskon tarif listrik sebesar 50% yang berlaku hari ini, Rabu (1/1/2024).

    Diskon tarif listrik 50% tersebut tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM Nomor 348.K/TL.01/MEM.L/2024 tentang Pemberian Diskon Biaya Listrik Untuk Konsumen Rumah Tangga PT PLN (Persero).

    Diskon tersebut diberikan untuk pelanggan rumah tangga PT PLN (Persero) dengan daya di bawah 2.200 volt ampere (VA). Dengan kata lain, pemberian diskon 50% berlaku untuk pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA, 900 VA, 1.300 VA, dan 2.200 VA.

    PLN menjelaskan bahwa diskon tersebut diberikan bukan dalam bentuk total pembayaran. Namun dalam bentuk jumlah pemakaian listrik atau kWh.

    Bagi pelanggan pascabayar diskon tarif listrik akan diberlakukan langsung di tagihan pelanggan untuk periode pemakaian Januari dan Februari 2025. Sedangkan untuk pelanggan prabayar langsung mendapatkan diskon ketika pembelian token listrik.

    Pembelian token listrik diskon 50 persen dapat dilakukan dimanapun mulai dari minimarket, ritel, agen, PLN Mobile, hingga e-commerce seperti Tokopedia dan Shopee.

    Perhitungan Diskon Tarif Listrik 50%

    Perlu diketahui, diskon tarif listrik diberikan dengan batasan pemakaian tertentu. Artinya, pelanggan prabayar tidak dapat menimbun token listrik sebanyak-banyaknya selama periode diskon.

    Diskon tarif listrik akan diberikan maksimum untuk pemakaian listrik selama 720 jam nyala. Jika pemakaian melebihi batas tersebut, kelebihan diperhitungkan dengan tarif normal.

    Bagi pelanggan daya 1.300 VA maksimal dapat melakukan pembelian sebesar 936 kWh atau setara 720 jam nyala dalam 1 bulan.

    Untuk tarif reguler dan prabayar listrik nonsubsidi keperuan rumah tangga kecil (R-1/TR) dengan daya 1.300 VA sebesar Rp1.444 pada Desember 2024. Maka, besaran diskon yang didapatkan sebesar Rp676.119 dalam satu bulan.

    Tutorial Dapat Diskon Tarif Listrik 50%

    1. Melalui Tokopedia

    Buka Aplikasi Tokopedia di ponsel Anda. Masuk ke akun dan pilih menu “Tagihan & Top-Up” di halaman utama
    Klik “Listrik PLN” dan lanjut ke pembelian token
    Masukkan nomor meter atau ID pelanggan PLN lalu klik “Lanjutkan”
    Pilih nominal token listrik yang ingin dibeli lalu pilih metode pembayaran yang tersedia
    Setelah pembayaran berhasil, token listrik akan langsung dikirimkan melalui email atau notifikasi di aplikasi Tokopedia. Token listrik juga dapat dilihat di riwayat pembelian

    2. Melalui PLN Mobile

    Masuk ke aplikasi PLN Mobile yang ada di smartphone
    Pilih menu ”Kelistrikan”
    Masukkan/pilih ID pelanggan atau nomor meter
    Selanjutnya, klik ”token dan pembayaran”
    Pilih nomor ID Pelanggan/nomor meter
    Pilih Beli token
    Selanjutnya, pilih nominal token yang tersedia mulai dari Rp5.000 hingga Rp1.000.000
    Klik lanjutkan pembayaran dan pilih metode pembayaran
    Jika transaksi berhasil, klik ”Lihat transaksi saya” untuk melihat nomor token listrik yang dapat dimasukkan ke meteran listrik