Topik: e-commerce

  • DJI Flip Meluncur di Indonesia: Drone dengan Kamera 4K yang Bisa Dilipat – Page 3

    DJI Flip Meluncur di Indonesia: Drone dengan Kamera 4K yang Bisa Dilipat – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Erajaya Active Lifestyle resmi menghadirkan DJI Flip, drone terbaru dari DJI dengan full-coverage propeller guard yang bisa dilipat. Drone ini sudah tersedia jaringan ritel Erajaya Group dengan harga mulai dari Rp 6 jutaan.

    Menurut CEO Erajaya Active Lifestyle, DJI Flip dapat digunakan oleh siapa saja untuk mengambil gambar yang menakjubkan dari udara. Yang menarik, drone ini dapat dioperasikan oleh pengguna dengan tingkat kemahiran dan kemampuan menerbangkan drone pemula sekali pun.

    “Kami yakin perangkat ini akan menjadi idola baru bagi siapa saja yang ingin mengambil gambar dari udara dengan mudah,” tutur Djohan dalam keterangan resmi yang diterima, Kamis (16/1/2025).

    DJI Flip hadir dengan ukuran yang ringkas, seukuran telapak tangan, dan berat kurang dari 249 gram, sehingga mudah dibawa ke mana saja. Dengan full-coverage propeller, drone ini bisa diterbangkan dari telapak tangan dengan aman.

    Drone ini memiliki berbagai mode pengambilan gambar seperti boomerang, circle, dronie, helix, rocket, dan spotlight. Dengan teknologi AI Subject Tracking, drone ini mampu memastikan subjek tetap berada dalam komposisi gambar, sehingga memungkinkan pengambilan gambar yang sempurna.

    Dilengkapi sensor CMOS 1/1,3 inci, DJI Flip mampu mengambil gambar dengan resolusi 48MP serta merekam video 4K/60fps. Fitur slow-motion pada resolusi 4K/100fps dan mode warna D-Log M 10-bit juga mampu memberikan hasil video yang memukau.

    Drone DJI ini dibekali sensor dengan aspect-ratio 4:3 memudahkan pemotongan video secara vertikal tanpa mengurangi resolusi, ideal untuk tampilan smartphone dan unggahan di media sosial.

    DJI Flip tersedia di DJI Experience Store, Urban Republic, Erafone, iBox, dan mitra resmi lainya. Pembelian online dapat juga dilakukan lewat laman e-commerce Eraspace.com serta DJI Official Store di sejumlah marketplace.

    Erajaya Active Lifestyle menawarkan tiga opsi pembelian. Ada DJI Flip seharga Rp 6.205.000, DJI Flip (RC-2) seharga Rp 8.880.000, serta DJI Flip (RC-2) Fly More Combo yang dibanderol Rp 11.000.000.

     

  • Disebut BPOM Berbahaya, Begini Bentuk Obat Setelan yang Dipercaya Atasi Asam Urat dan Nyeri Gigi – Halaman all

    Disebut BPOM Berbahaya, Begini Bentuk Obat Setelan yang Dipercaya Atasi Asam Urat dan Nyeri Gigi – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM,JAKARTA – Peredaran obat setelan di masyarakat cukup masif. Obat ini diklaim dapat menyembuhkan penyakit tertentu.

    Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) mengingatkan obat setelan berbahaya jika konsumsi. 

    Seperti apa obat setelan dan apa sebenarnya isinya?

    Bentuk Obat Setelan yang Dipercaya Bisa Sembuhkan Sakit Gigi hingga Asam Urat

    Obat setelan beredar di masyarakat dan diklaim dapat menyembuhkan penyakit tertentu seperti asam urat dan sakit gigi.

    Tak hanya itu, penderita sejumlah penyakit, seperti pegal linu, asam urat, rematik, hingga flu tulang juga kerap jadi sasaran pedagang obat setelah. 

    Padahal obat tersebut belum terbukti efektivitasnya.

    Obat tersebut, tidak dikemas dalam kemasan asli industri farmasi.

    Obat setelan dapat dipahami sebagai obat dalam bentuk tablet maupun kapsul yang dikemas dalam satu plastik. 

    Obat ini dijual bebas dan bisa ditemukan di e-commerce hingga di warung-warung kampung.

    Melalui unggahan di akun Instagram resminya @bpom_ri, BPOM pada Senin (14/1/2025) memaparkan sejumlah alasan mengapa obat setelan berbahaya dan tidak dianjurkan untuk dikonsumsi.

    “Sering menemukan beberapa butir jenis obat yang dibungkus plastik? Atau obat rentengan yang bisa menyembuhkan penyakit seperti sakit gigi dan asam urat tinggi?” tulis BPOM.

    Obat setelan tidak memiliki informasi produk yang jelas, seperti nama obat, komposisi, nomor bets, tanggal kedaluwarsa.

    Selain itu tidak juga mencantumkan indikasi dan dosis atau aturan pakai.

    “Keamanan, khasiat, dan mutu obat setelan tidak terjamin. Tidak diketahui kandungannya,” tulis BPOM dalam keterangannya Rabu (14/1/2025).

    Jenis Obat Setelan yang Beredar 

    Adapun jenis obat setelan ada dua yakni Obat Setelan Bermerek dan Obat Setelah Tanpa Merek.

    Obat Setelan Bermerek merupakan obat yang dikemas dalam sebuah plastik, karton atau dalam bentuk rentengan dengan merek dan
    penandaan tertentu.

    Kemudian, Obat Setelan Tanpa Merek dikemas dalam plastik berklip atau dalam bentuk rentengan.

    Kepala BPOM RI Taruna Ikrar mengungkapkan, BPOM tidak menjamin keamanan, khasiat dan mutunya serta berisiko terhadap
    kesehatan.

    “Hanya gunakan obat yang sudah memiliki Nomor Izin Edar BPOM, dan jangan lupa untuk konsultasikan penggunaan obat terlebih dahulu dengan dokter atau apoteker,” ujar dia.

    BPOM mengimbau jika masih ada teman atau keluarga yang masih menggunakan obat setelan ini, beri tahu
    untuk berhenti menggunakannya.

    Laporkan ke HALOBPOM 1500533 atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen BPOM terdekat apabila menemukan penjualan obat setelan.

    Obat Setelan Berbahaya karena Tergolong Keras

    Menurut BPOM, keamanan, khasiat, dan mutu obat setelan tidak terjamin, sehingga hal ini berpotensi menyebabkan efek samping pada kesehatan.

    Berdasarkan unggahan BPOM, beberapa bahaya obat setelan yang perlu diwaspadai khalayak:

    Sat Res Narkoba Polres Metro Jakarta Pusat menggelar operasi tangkap tangan terhadap para pengedar dan penjual obat keras berbahaya. Barang bukti obat keras berbahaya, uang tunai, serta handphone diamankan dari para pelaku. (Istimewa)

    Karena tidak memiliki identitas nama obat, nomor bets dan tanggal kadaluwarsa, indikasi dan dosis atau aturan pakai, obat setelan tak bisa dikonsumsi sembarangan. 

    Mutu keamanan dan khasiat obat tidak terjamin dan berbahaya bagi masyarakat

    Obat setelan umumnya merupakan golongan obat keras yang harus digunakan dengan resep dokter.

    Selain itu, jika dalam obat setelan bisa saja mengandung antibiotik seperti amoksisilin dan jika dikonsumsi tidak sesuai aturan, bakteri dapat menjadi kebal terhadap pengobatan di masa depan.

    Oleh karena itu, BPOM mengimbau masyarakat agar tak membeli dan menggunakan obat setelan karena tidak memiliki nomor izin edar BPOM, sehingga tidak terjamin kemanan dan khasiat, dan mutunya, serta berisiko terhadap kesehatan.

    Kepala BPOM Taruna Ikrar menyampaikan, pihaknya telah melakukan sejumlah pendekatan sebagai upaya pencegahan terhadap peredaran obat yang tidak sesuai ketentuan, termasuk obat setelan.

    Langkah pencegahan tersebut, di antaranya dengan melakukan social prevention atau pengendalian sosial preventif, community-based prevention atau pencegahan berbasis komunitas, dan situational prevention atau pengurangan kesempatan penyalahgunaan.

    (Tribunnews.com/Anita K wardhani Rina Ayu/Kompas.com)

  • DJI Flip Resmi Rilis di Indonesia, Harganya Mulai Rp 6 Jutaan

    DJI Flip Resmi Rilis di Indonesia, Harganya Mulai Rp 6 Jutaan

    Jakarta

    Erajaya Active Lifestyle mulai menjajakan drone terbaru dari DJI yang punya desain unik, yaitu DJI Flip.

    Flip adalah drone terbaru DJI dengan full-coverage propeller guard yang dapat dilipat, serta memiliki kamera serba bisa. Ukurannya cukup mungil, seukuran telapak tangan dan dengan bobot kurang dari 249 gram sehingga mudah dibawa-bawa.

    “Erajaya Active Lifestyle menyambut kehadiran DJI Flip sebagai drone yang bisa dipergunakan untuk mengambil gambar yang menakjubkan dari udara oleh siapa saja, terlepas tingkat kemahirannya dalam fotografi dan menerbangkan drone. Kami yakin bahwa perangkat ini akan menjadi idola baru bagi siapa saja yang ingin mengambil gambar dari udara secara mudah,” kata Djohan Sutanto, CEO Erajaya Active Lifestyle, dalam keterangan yang diterima detikINET, Kamis (15/1/2025).

    Drone yang bisa diterbangkan dari telapak tangan ini juga dilengkapi dengan full-coverage propeller guard sehingga pengguna bisa menggunakannya tanpa khawatir.

    Pengguna bisa menjadikan drone ini sebagai teman berpetualang dengan mengabadikan momen-momen penting dengan satu ketukan untuk mengambil gambar secara otomatis dari enam mode yang tersedia yakni boomerang, circle, dronie, helix, rocket dan spotlight.

    Teknologi AI Subject Tracking memastikan subyek tetap masuk di dalam komposisi gambar. Sensor CMOS 1/1,3 inci yang terpasang di kamera DJI Flip mampu mengambil gambar dengan resolusi 48MP sambil mempertahankan detail gelap dan terang.

    Pada saat yang sama, kamera drone ini mampu merekam video dengan resolusi 4K/60fps yang mendukung perekaman slow-motion pada resolusi 4K/100fps dan mode warna D-Log M 10-bit. Sensor dengan aspect ratio 4:3 memungkinkan video untuk dipotong secara vertikal dengan mempertahankan resolusi hingga 2,7K dan optimal untuk tampilan ponsel dan unggahan media sosial tanpa harus melakukan cropping lebih lanjut.

    Harga DJI Flip di Indonesia

    DJI Flip tersedia di DJI Experience Store, Urban Republic, erafone, iBox dan mitra resmi. Penjualan secara online juga tersedia di laman e-commerce Eraspace.com serta DJI Official Store di berbagai platform seperti Blibli, Lazada, Shopee, Tiktok Shop dan Tokopedia.

    Ada tiga paket penjualan yang tersedia, yaitu:

    DJI Flip – Rp 6.205.000DJI Flip (RC-2) – Rp 8.880.000DJI Flip (RC-2) Fly More Combo – Rp 11.000.000

    (asj/fay)

  • Pengganti TikTok, RedNote Posisi Teratas di App Store

    Pengganti TikTok, RedNote Posisi Teratas di App Store

    Jakarta

    Dalam hitungan hari aplikasi TikTok di Amerika Serikat akan resmi diblokir. Hal ini pun membuat pengguna TikTok di AS mencoba beralih ke aplikasi buatan China lainnya.

    Adalah RedNote, yang bahkan sebelumnya tidak populer namun aplikasi tersebut telah menempati posisi teratas di toko aplikasi Apple dan Google.

    Dilansir detiKINET dari Engadget, Rabu (15/1/2025) RedNote atau Xiaohongshu, adalah platform media sosial yang mirip dengan TikTok dengan konsep video pendek vertikal.

    Aplikasi RedNote Foto: SOPA Images via Getty Images

    Saat ini, RedNote berada di posisi pertama di toko Apple App Store sedangkan di Google Play STore berada di posisi ke-34.

    Kepopuleran RedNote ini dimulai setelah banyak kreator di AS berbagi postingan di TikTok tentang pengalaman mereka menggunakan RedNote.

    Sementara itu, di RedNote, sejumlah kreator telah berbagi video tentang menyambut ‘pengungsi TikTok’ ke dalam layanan ini.

    Aplikasi RedNote dibuat sangat mirip dengan TikTok dari antarmukanya hingga pengaturannya. Namun, karena sebagian besar aplikasi ini masih menggunakan masih berbahasa China jadi agak sulit untuk digunakan pengguna baru.

    Namun, sudah ada beberapa kreator yang mulai berbagi cara di TikTok untuk menjelaskan bagaimana menggunakan RedNote dari mulai mendaftar hingga mengubah bahasa China menjadi bahasa Inggris.

    Meskipun nama RedNote seperti muncul tiba-tiba, namun aplikasi ini sebenarnya sudah populer di China selama bertahun-tahun dan dianggap menjadi pesaing Douyin milik Bytedance dan raksasa e-commerce Alibaba, dengan sekitar 300 juta pengguna.

    (jsn/fay)

  • RedNote Jadi Pilihan Baru Pengguna TikTok, Rajai Puncak Unduhan App Store Apple di AS – Halaman all

    RedNote Jadi Pilihan Baru Pengguna TikTok, Rajai Puncak Unduhan App Store Apple di AS – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Ancaman larangan TikTok yang semakin mendekat menghantui Amerika Serikat (AS).

    Pengguna media sosial di AS mulai beralih ke aplikasi RedNote atau Xiaohongshu.

    RedNote merupakan aplikasi asal Tiongkok yang kini menjadi pilihan utama bagi mereka yang khawatir dengan masa depan TikTok.

    Pada Senin (13/1/2025) kemarin, RedNote merajai puncak unduhan App Store milik Apple di AS.

    Xiaohongshu bahkan mengalahkan aplikasi lain seperti Lemon8, aplikasi saudara TikTok.

    Popularitas RedNote terus meningkat, dengan mempertahankan posisinya bahkan sampai Selasa (14/1/2025) sebagai aplikasi terpopuler.

    Peristiwa ini terjadi tak lain karena pengguna merasa terancam dengan larangan yang akan diberlakukan pada TikTok mulai beralih ke RedNote sebagai alternatif.

    Banyak dari mereka menyebut diri mereka “pengungsi TikTok.”

    Bisa Edit Video dan E-Commerce

    RedNote, yang dikenal dengan nama Xiaohongshu di Tiongkok, menawarkan pengalaman yang mirip dengan TikTok, menggabungkan video berdurasi pendek dengan e-commerce, The Hindustan Times melaporkan.

    Aplikasi ini pun menjadi tempat bagi para pengguna untuk berbagi konten gaya hidup seperti mode, perjalanan, hingga tutorial kecantikan.

    Aplikasi RedNote sendiri sudah berdiri sejak tahun 2013.

    Kini Xiaohongshu melayani sekitar 300 juta pengguna aktif bulanan.

    Mayoritas di antaranya adalah wanita muda yang menggunakan aplikasi ini sebagai sumber rekomendasi produk dan berbagai tips gaya hidup.

    Dengan potensi larangan TikTok yang akan berlaku pada 19 Januari mendatang, pengguna TikTok di AS merasa terdorong untuk menemukan platform baru, Tasmin melaporkan.

    RedNote menjadi pilihan populer di tengah kekhawatiran tersebut.

    Pengguna Baru RedNote Membludak: “Pengungsi TikTok”

    Sementara itu, RedNote menyambut para pengguna baru dengan antusiasme tinggi.

    Tagar “pengungsi TikTok” kini banyak digunakan di platform ini, dengan ribuan unggahan yang berbagi panduan cara menggunakan aplikasi dan belajar bahasa Mandarin.

    Namun, RedNote juga menghadapi tantangan terkait masalah penyensoran.

    Kendala ini menjadi isu besar seperti halnya pada TikTok, terutama terkait dengan kritik terhadap pemerintah Tiongkok.

    Beberapa pengguna juga merasa khawatir mengenai keamanan data dan peran pemerintah dalam pengelolaan aplikasi tersebut.

    Meski demikian, banyak pengguna di AS yang merasa lebih nyaman dengan RedNote, meskipun ada risiko yang mungkin timbul akibat penggunaan aplikasi yang berbasis di Tiongkok ini.

    Alternatif Lain: Lemon8

    Di sisi lain, sebagian pengguna TikTok memilih untuk beralih ke platform lain, seperti Lemon8, yang juga dimiliki oleh ByteDance, perusahaan induk TikTok, CNN melaporkan.

    Kejelasan mengenai masa depan Lemon8 di pasar AS masih menjadi tanda tanya, terutama jika larangan terhadap TikTok meluas ke seluruh aplikasi yang dimiliki oleh ByteDance.

    (Tribunnews.com, Andari Wulan Nugrahani)

  • Bukalapak Angkat Suara Alasan Perkuat Produk Virtual

    Bukalapak Angkat Suara Alasan Perkuat Produk Virtual

    Jakarta, FORTUNE – PT Bukalapak Tbk (BUKA) memberikan keterangan mengenai alasannya mempertahankan produk virtual ketimbang produk nonfisik. 

    Direktur Utama Bukalapak, Willix Halim, mengatakan dalam beberapa tahun terakhir, produk virtual telah memberikan manfaat dan menghasilkan kinerja positif terhadap posisi keuangan. 

    Sementara itu, layanan operasional produk fisik pada aplikasi dan situs web Bukalapak hanya berkontribusi kurang dari 3 persen dari seluruh pendapatan emiten E-commerce ini, seperti terungkap pada data per 30 September 2024.

    “Sehingga penghentian layanan operasional produk tersebut tidak memiliki dampak material terhadap kelangsungan usaha dan kondisi keuangan perseroan,” kata Willix dalam keterbukaan informasi untuk menjawab permintaan penjelasan Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (15/1).

    Penutupan layanan produk fisik pada aplikasi dan situs web Bukalapak justru berdampak bagi efisiensi operasional perseroan. Hal ini diyakini bakal memberikan kontribusi terhadap perbaikan kondisi keuangan BUKA dalam jangka panjang. 

    Di samping itu, ia juga memastikan penajaman fokus usaha ini tidak akan mengubah model bisnis dan kegiatan usaha BUKA. Mada dari itu, tidak akan ada perubahan Anggaran Dasar terkait kegiatan usaha dengan penutupan produk fisik pada lokapasar milik BUKA. 

    Untuk para penjual di Bukalapak, Willix mengatakan perubahan ini akan dilakukan secara bertahap. Ia pun memastikan proses transisi dilakukan dengan lancar dengan cara menjaga komunikasi secara terbuka dengan para pelapak, menyediakan berbagai panduan dan sumber daya, serta memberikan edukasi mengenai transisi yang dilakukan.a

    Mengenai waktu transformasinya, Bukalapak akan melakukan pembatasan transaksi produk fisik hingga 9 Februari 2025. Kemudian, penyelesaian proses pesanan oleh penjual hanya sampai 2 Maret 2025. Setelah tanggal tersebut, pelapak tidak lagi bisa melakukan aktivitas apa pun yang terkait produk fisik. 

    Willix menargetkan proses transisi ini akan selesai pada Maret 2025, dan aplikasi Bukalapak akan beralih ke versi baru yang berfokus pada produk virtual. 

  • TokopediaShop Klaim 8 Juta Kreatornya Sudah Berpenghasilan

    TokopediaShop Klaim 8 Juta Kreatornya Sudah Berpenghasilan

    Jakarta, FORTUNE – Mergernya Tokopedia dengan TikTok Shop membawa dampak positif bagi ekosistem E-commerce.

    ⁠Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, menyatakan pengguna platorm belanja ini telah mencapai lebih dari 200 juta pengguna. 

    “Bisa dibilang Indonesia yang paling cepat bertumbuh. Kemudian kreator kami juga sudah ada 8 juta yang menghasilkan penghasilan,” kata Melissa dalam acara ShopTokopedia dan Tokopedia Summit 2025 di Jakarta, Rabu (15/1).

    Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan, Iqbal Shoffan Shofwan, menyampaikan akan terus bekerja sama dengan platform perbelanjaan dalam meningkatkan daya saing agar ekosistem ini lebih berkelanjutan dan bisa membantu lebih banyak UMKM.

    “Kita bandingkan antara 2023 dan 2024 itu pertumbuhan e-commerce dalam konteks GMV tumbuh 10,44 persen atau sama dengan US$65 miliar. Oleh karena itu kita sekarang bisa memanfaatkan momentum untuk terus sustain,” kata Iqbal.

    Di sisi lain, perusahaan elektronik, PT Bangga Teknologi Indonesia atau ADVAN, menyatakan penjualan secara online, terutama dari TokopediaShop, terus berkontribusi positif terhadap pertumbuhan kinerjanya.

    Direktur PT Bangga Teknologi Indonesia (ADVAN), Chandra Tansri, mengatakan perkembangan teknologi membawa dampak positif terutama untuk pembelian barang elektronik dengan harga terjangkau.

    Hanya saja, Chandra mengatakan penjualan secara offline masih berkontribusi lebih besar.

    “Secara porsi, gerai offline berkontribusi 70 persen, dan online berkontribusi 30 persen ke kinerja peerusahaan,” kata Chandra dalam acara ShopTokopedia dan Tokopedia Summit 2025, Rabu (15/1).

    Sepanjang 2024, dia mengeklaim pertumbuhan penjualan dari offline dan online mencapai 30 persen. Namun, Chandra enggan menyebutkan nilainya.

    Chandra juga berharap ke depannya melalui dukungan ShopTokopedia dan Tokopedia, penjualan dapat berkontribusi lebih banyak lagi. Optimisme ini terkembang karena jumlah pengguna dari kedua e-commerce tersebut mencapai lebih dari 200 juta pengguna.

    Selain itu, ia pun berharap terjadi peningkatan pembeli untuk kategori barang dengan harga lebih mahal seperti laptop. 

    Menurutnya, selama ini volume pembelian barang elektonik dengan harga terjangkau memanglah cukup besar, namun jika diakumulasikan secara nilai belum signifikan.

  • Pemerintah Perlu Berpihak ke Startup Lokal Agar Mampu Bersaing

    Pemerintah Perlu Berpihak ke Startup Lokal Agar Mampu Bersaing

    Jakarta

    PT Bukalapak.com Tbk resmi menutup penjualan produk fisik di platform e-commerce pada Selasa 7 Januari 2025. Saat ini, Bukalapak hanya fokus pada produk-produk digital.

    Peneliti dari Institute for Development of Economics and Finance atau INDEF Izzudin Al Farras mengatakan peta persaingan e-commerce saat ini memang sangat kompetitif dan membutuhkan strategi yang lebih agresif untuk tetap bertahan. Untuk itu, pemerintah harus melakukan langkah-langkah yang tepat untuk mendorong pelaku startup lokal menjadi raja di tanahnya sendiri.

    “Pemerintah sangat perlu untuk menunjukkan keberpihakan kepada pelaku startup lokal agar para pengusaha rintisan dalam negeri dapat menjadi raja di tanahnya sendiri,” ujarnya saat dihubungi, Rabu (15/1/2025).

    Farras menegaskan salah satu cara pemerintah untuk mendorong startup lokal lebih maju adalah mendorong perusahaan modal ventura memberikan pendanaan kepada startup lokal. Sehingga, pelaku startup lokal bisa bersaing dengan startup asing yang kemampuan modalnya lebih besar.

    “Sehingga pemain lokal tersebut dapat bersaing dengan lebih kuat dengan pemain asing di industri digital,” tegasnya.

    Seiring waktu, lanjutnya, persaingan ini semakin memperlihatkan ketidakseimbangan, di mana para pemain besar menguasai pasar dengan modal yang sangat besar. Sedangkan, startup lokal yang berada di posisi tengah kesulitan mempertahankan keberlanjutan bisnisnya.

    Untuk itu, Farras meminta pemerintah untuk mengkaji berbagai kebijakan ekosistem digital nasional. Salah satu yang perlu dikaji adalah kebijakan restriksi dan insentif untuk pelaku startup lokal.

    “Dengan begitu, pemain startup lokal dapat bersaing dengan para pemain asing. Tidak hanya berjaya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri,” pungkasnya.

    (rrd/rrd)

  • Tak Berpihak ke UMKM, E-Commerce Terancam Ditutup – Page 3

    Tak Berpihak ke UMKM, E-Commerce Terancam Ditutup – Page 3

    Sebelumnya, Kementerian Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) resmi meluncurkan logo baru pada Rabu, 15 Januari 2025.

    Selain peluncuran logo, Kementerian UMKM juga melaksanakan pelantikan pejabat baru madya dan pratama. Disaksikan oleh UMKM pedagang Tanah Abang, logo baru Kementerian UMKM menampilkan ilustrasi lilin yang bersinar terang.

    Pada bagian tengah logo, terlihat sebuah elemen yang menyerupai api lilin, yang melambangkan cahaya di tengah kegelapan. 

    Menteri UMKM, Maman Abdurrahman mengungkapkan lilin menjadi simbol utama kementeriannya sebagai pesan penting untuk membawa semangat bagi pelaku UMKM.

    Turut hadir juga dalam peluncuran logo baru Kementerian UMKM, yakni Wakil Menteri UMKM Helvi Yuni Moraza dan Menteri Koordinator (Menko) Pemberdayaan Masyarakat, Muhaimir Iskandar.

    “Lilin ini adalah simbol dari keberadaan bapak-bapak dan ibu-ibu (pengusaha UMKM), bahwa kita semua pernah berada di tempat gelap, sehingga mengetahui adanya cahaya terang,” ujar Maman di Atrium Pasar Tanah Abang, Rabu (15/1/2025).

    Tempat gelap yang dimaksud adalah kegagalan yang dihadapi setiap pelaku usaha. Lebih lanjut, Maman mengatakan, kegagalan merupakan bagian dari perjalanan menuju kesuksesan. 

    “Kegagalan dalam kehidupan itu adalah bagian dari syarat yang diberikan oleh Allah SWT untuk tahu arti sebuah terang dan untuk tahu dari arti sebuah keberhasilan,” tutur Maman.

    Filosofi pada logo ini yang menjadi pesan pendorong semangat bagi pelaku usaha.

    Seiring hal itu Maman berharap, logo baru Kementerian UMKM dapat memotivasi pelaku usaha untuk tidak menyerah dalam memberikan karya dan inovasi terbaiknya. “Semoga logo ini bisa menjadi inspirasi untuk kita semua, dan ke depan,” ucapnya.

     

  • Pesan Khusus Menteri UMKM Maman ke AO PNM – Page 3

    Pesan Khusus Menteri UMKM Maman ke AO PNM – Page 3

    Menteri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), Maman Abdurrahman, meminta platform e-commerce besar seperti Tokopedia, Shopee, dan lainnya untuk meningkatkan dukungan mereka terhadap pelaku UMKM lokal.

    Permintaan ini disampaikan saat pelantikan Pejabat Tinggi Madya dan Pratama Kementerian UMKM di Pasar Blok B Tanah Abang, Jakarta Pusat.

    “Kita undang Tokopedia, Shopee, dan lainnya. Ini saya sampaikan langsung di depan masyarakat,” tegas Menteri Maman, Rabu (15/1/2025).

    Ia juga mengingatkan bahwa pemerintah serius dalam memastikan e-commerce memberikan kontribusi nyata terhadap pemberdayaan UMKM.

    Jika instruksi ini tidak dipatuhi, Menteri Maman mengancam akan bekerja sama dengan Menteri Komunikasi dan Digital Indonesia (Komdigi), Meutya Hafid, untuk menutup operasional platform yang tidak mendukung UMKM.

    “Kalau tidak mendukung produksi lokal dan kontribusi terhadap UMKM, hati-hati. Kita tinggal koordinasi dengan Menkom Digital untuk menutup operasional mereka,” tambahnya.

    Komitmen Pemerintah untuk UMKM

    Menteri Maman menegaskan bahwa pemerintahan di bawah Presiden Prabowo Subianto memiliki komitmen kuat dalam memberdayakan UMKM. Salah satu fokus utama adalah memastikan kemudahan akses pembiayaan bagi pelaku usaha kecil agar program-program pemerintah dapat berjalan optimal.

    “Kita harus memastikan akses pembiayaan yang luas dan program-program pendukung UMKM dapat dirasakan langsung oleh pelaku usaha,” tandas Menteri UMKM.