Topik: e-commerce

  • FOMO Spesial Imlek Ditawarkan Tawaran Hemat untuk Gen Z, Apa itu?

    FOMO Spesial Imlek Ditawarkan Tawaran Hemat untuk Gen Z, Apa itu?

    Jakarta: Sambut Tahun Baru Imlek 2025 berbagai penawaran menarik dan diskon ditawarkan oleh perbankan. Tak terkecuali Bank Mandiri, melalui program Fokus Promo (FOMO). 
     
    Dengan semangat keberuntungan di tahun ular kayu, program ini memberikan diskon hingga Rp888 ribu, cashback seru, dan kemudahan transaksi di berbagai merchant favorit.
     
    Corporate Secretary Bank Mandiri, M. Ashidiq Iswara menjelaskan, program ini dirancang untuk menambah pengalaman berbelanja nasabah, khususnya anak muda yang ingin tetap hemat tanpa kehilangan gaya.

    “Tahun Baru Imlek adalah momen kebahagiaan dan keberuntungan. Melalui berbagai penawaran istimewa ini, kami berharap dapat menghadirkan pengalaman yang lebih berarti bagi nasabah dalam merayakan kebersamaan di momen spesial ini,” kata Ashidiq dalam keterangan resminya, dikutip Minggu, 26 Januari 2025.
     

    Daftar Pilihan Promo yang Sesuai Gaya Hidup Anak Muda
    Program FOMO dari Bank Mandiri menawarkan berbagai diskon yang cocok untuk gaya hidup Gen Z, mulai dari makanan, belanja online, hingga hiburan:
     
    Diskon Restoran Populer: Nikmati makanan enak di tempat favorit seperti Angke Restaurant, Maystar, dan Paradise Dynasty dengan diskon hingga Rp888 ribu menggunakan Mandiri Kartu Kredit Mastercard Fengshui, World, dan World Elite.
     
    Belanja Online Lebih Hemat: Dapatkan potongan harga hingga Rp 388 ribu di e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan Lazada.
     
    Diskon Supermarket: Belanja kebutuhan rumah tangga di AEON, Alfamidi, dan The Foodhall jadi lebih hemat dengan e-coupon dan voucher spesial.
     
    Hiburan dan Perjalanan: Serunya bermain di Trans Studio dan Trans Snow World dengan diskon hingga Rp 270 ribu, atau nikmati harga spesial untuk tiket pesawat dan hotel di Traveloka dan Tiket.com.
    e-Money Spesial Imlek
    Untuk menambah keseruan Imlek, Bank Mandiri meluncurkan edisi khusus Mandiri e-Money bertema Shinchan Oriental Series. 
     
    Terdapat 12 desain unik yang memadukan karakter Shinchan dengan astrologi Tionghoa, membuat setiap transaksi terasa lebih spesial.
     
    Melalui program ini Bank Mandiri ingin memastikan setiap nasabah, terutama generasi muda, dapat merasakan dan memanfaatkan promonya di Tahun Ular Kayu.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • 260 Miliar Serangan DDoS Banjiri RI Selama 2023-2024

    260 Miliar Serangan DDoS Banjiri RI Selama 2023-2024

    Bisnis.com, JAKARTA — Akamai, perusahaan penyedia layanan keamanan siber, mencatat terdapat 260 miliar serangan Distributed Denial-of-Service (DDoS) ke Indonesia selama periode 2023 hingga pertengahan 2024 yang menyasar sektor finansial hingga e-commerce.

    Serangan tersebut bertujuan untuk mengganggu hiingga melumpuhkan jaringan atau situs web suatu organisasi. 

    Director, Security Technology & Strategy Akamai Reuben Koh mengatakan jumlah serangan yang terjadi di Indonesia meningkat seiring dengan peningkatan yang terjadi di negara-negara Asia Pasifik dan Jepang. 

    Dalam laporan DDoS Layer 7, Akamai menyebut bahwa serangan siber ke negara-negara Asia Pasifik, termasuk Indonesia, meningkat pesat pada periode awal 2023 hingga pertengahan 2024. Rerata serangan DDoS yang diterima negara Asia Pasifik naik dari 50.000 serangan per bulan pada Januari 2023 menjadi 450.000 serangan per bulan Juni 2024. 

    Laporan juga tersebut menempatkan Indonesia sebagai negara urutan keempat dengan serangan DDoS terbanyak yaitu mencapai 260 miliar kali. Urutan pertama dipegang oleh Singapura dengan 2,9 triliun serangan DDoS dan India dengan 959 miliar serangan DDoS. 

    Reuben mengatakan percepatan transformasi digital di Indonesia menjadi salah satu faktor pendorong maraknya serangan siber ke RI. Peretas melihat ada peluang untuk mengeruk untung dari percepatan transformasi digital di Indonesia dan nilai ekonomi digital Indonesia yang besar, yang mencapai US$150 miliar. 

    “Dua industri teratas yang berkontribusi terhadap pendapatan digital Indonesia adalah e-commerce dan layanan keuangan digital. Sayangnya, kedua industri ini (layanan keuangan dan e-commerce) juga merupakan vertikal yang paling banyak menjadi sasaran serangan siber di Asia Pasifik,” kata Reuben Koh dalam sebuah paparan dikutip Minggu (26/1/2025). 

    Koh juga memperkirakan pada tahun ini Indonesia kemungkinan akan terus menjadi target signifikan serangan siber, karena tercatat sebagai negara ke-4 yang paling banyak menjadi target serangan DDoS lapis 7 pada tahun 2024.

    Serangan DDoS ke IndonesiaPerbesar

    Indonesia memiliki ekonomi digital terbesar dan salah satu yang tumbuh paling cepat di Asia Tenggara. Indonesia kemungkinan menghadapi peningkatan ancaman siber, terutama yang menargetkan sektor e-commerce dan jasa keuangan.

    Koh juga mengatakan dengan tren global ancaman siber yang digerakkan oleh AI yang terus berkembang, Indonesia mungkin juga menghadapi serangan berbasis AI yang lebih canggih pada 2025.

    Indonesia mungkin mengalami peningkatan aktivitas hacktivist jika ada ketegangan geopolitik atau peristiwa yang melibatkan Indonesia. 

    Akamai menyebut serangan DDoS layer 7 menargetkan layer paling atas, yakni Application Layer, yang membuat peretas dapat menguasai aplikasi suatu lembaga atau organisasi. 

  • Mau jadi Juragan Kost Cukup Modal Rp 10 Juta, Begini Caranya – Page 3

    Mau jadi Juragan Kost Cukup Modal Rp 10 Juta, Begini Caranya – Page 3

    Tak hanya peluang dari segi rumah kos yang dapat dimanfaatkan di produk terbaru andalan Jababeka ini, namun New Palm Town House juga dapat disulap peruntukannya sebagai bangunan multiguna lainnya , seperti rumah praktek dokter gigi, klinik kecantikan, E-commerce business, pusat distribusi barang, cafetaria, dan lain-lain.

    Dirancang khusus sebagai pilihan untuk investasi, hunian ini menawarkan lokasi yang strategis dan akses yang mudah para penghuni hanya membutuhkan waktu 5 menit menuju 4 pintu akses toll, 16 menit menuju stasiun KRL Cikarang, 10 menit menuju shuttle bus, dan 10 menit menuju TOD Jababeka.

    Hunian ini juga sudah dilengkapi dengan fasilitas pendidikan yang beragam mulai dari jenjang awal hingga perguruan tinggi serta fasilitas kesehatan yang lengkap. Para penghuni juga sudah dimanjakan dengan pusat hiburan, area komersial hingga fasilitas olahraga seperti lapangan tenis, kolam renang, pusat kebugaran, hingga lapangan golf seluas 70 ha.

    Sebagai kota yang terintegrasi para penghuni dapat melakukan seluruh aktivitas seperti bekerja, belajar, bermain, dan bertempat tinggal dalam satu wilayah.

    Selain fasilitas yang lengkap dan terintegrasi, Akses dari dan ke Kota Jababeka cikarang semakin mudah dan hanya memerlukan waktu 40 menit saja ke Jakarta.  Teranyar, Tol Cimanggis-Cibitung, Dengan adanya tol baru ini mampu mempercepat akses transportasi antara Kota Jababeka Cikarang dan wilayah lainnya.

    Selain itu terdapat beragam akses pilihan mulai dari tiga gerbang tol yakni KM 29, KM 31, KM 34.7, dan saat ini tengah berjalan pembangunan infrastruktur modern seperti MRT fase III Cikarang-Balaraja dan LRT Jakarta-Cikarang yang nantinya akan berhenti di tengah kota. Kota jababeka juga sudah dilengkapi EV Charging station yang menjadi standar baru di kota-kota.

    “Dengan lokasi strategis serta captive market yang besar tentunya New Palm Town house ini memiliki potensi sewa yang tinggi sehingga masyarakat tak perlu ragu dan khawatir untuk memilih tempat tinggal dan berinvestasi di Kota Jababeka Cikarang” tutup Ivonne

  • Hoki Mengalir di Tahun Ular Kayu! Nikmati Promo Spesial Imlek dari Bank Mandiri

    Hoki Mengalir di Tahun Ular Kayu! Nikmati Promo Spesial Imlek dari Bank Mandiri

    Jakarta, Beritasatu.com – Menyambut Tahun Baru Imlek 2025, Bank Mandiri meluncurkan program promo spesial bertajuk Fokus Promo (FOMO) yang menawarkan diskon hingga Rp 888 ribu, cashback menarik, dan berbagai kemudahan transaksi di merchant terkemuka. Mengusung semangat keberuntungan dan kebahagiaan yang mengalir di tahun ular kayu, program ini dirancang untuk memberikan pengalaman belanja hemat, nyaman, dan penuh manfaat bagi nasabah.

    Promo eksklusif ini meliputi berbagai kebutuhan gaya hidup, mulai dari kuliner di restoran ternama seperti Angke Restaurant, Maystar, hingga Paradise Dynasty, dengan diskon hingga Rp 888 ribu bagi pengguna Mandiri Kartu Kredit Mastercard Fengshui, World, dan World Elite. Lalu, untuk penggemar belanja online, penawaran menarik juga tersedia di platform e-commerce populer seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan Lazada, dengan potongan harga hingga Rp 388 ribu. 

    Selain itu, belanja kebutuhan rumah tangga di supermarket seperti AEON, Alfamidi, dan The Foodhall semakin hemat dengan e-coupon dan voucher spesial. Tak hanya itu, perjalanan dan hiburan juga menjadi lebih menyenangkan dengan diskon hingga Rp 270 ribu untuk tiket Trans Studio dan Trans Snow World, serta potongan harga eksklusif untuk tiket penerbangan dan hotel di Traveloka dan Tiket.com. 

    Sebagai pelengkap, Bank Mandiri juga menghadirkan edisi khusus Mandiri e-Money bertema Shinchan Oriental Series yang dipastikan membawa nuansa keberuntungan dalam setiap transaksi. Seri ini hadir dengan 12 desain unik yang menampilkan karakter populer dari kartun Crayon Shinchan dalam nuansa astrologi Tionghoa.

    Kemudahan akses promo juga didukung oleh aplikasi Livin’ by Mandiri yang menawarkan cashback hingga 50 persen untuk pembayaran QRIS dan berbagai diskon menarik di fitur Livin’ SUKHA. Nasabah bahkan dapat menukar Livin’poin dengan logam mulia mulai dari 70.000 poin untuk 1 gram emas, atau mendapatkan hadiah spesial lainnya. 

    Khusus untuk nasabah baru yang membuka Tabungan NOW, Bank Mandiri juga menyediakan bonus atau cashback sebesar Rp 88 ribu sebagai penyemangat untuk menabung di awal tahun. 

    “Program ini bukan hanya soal keuntungan finansial, tetapi juga bagaimana kami menjadi bagian dari momen kebahagiaan nasabah. Kami ingin memastikan setiap nasabah dapat menikmati manfaat yang nyata, terutama di momen spesial seperti Imlek,” tambah Ashidiq.

    Untuk informasi lebih detail mengenai promo merchant, produk serta Livin’ Sukha, nasabah dapat mengunjungi bmri.id/FOMOimlek atau menghubungi Mandiri Care di 14000. 

    “Bank Mandiri mengundang semua nasabah untuk merayakan Tahun Baru Imlek dengan beragam keuntungan yang spesial di program FOMO Imlek 2025,” ujarnya.

  • Hoki Mengalir di Tahun Ular Kayu! Nikmati Promo Spesial Imlek dari Bank Mandiri – Halaman all

    Hoki Mengalir di Tahun Ular Kayu! Nikmati Promo Spesial Imlek dari Bank Mandiri – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Menyambut Tahun Baru Imlek 2025, Bank Mandiri meluncurkan program promo spesial bertajuk Fokus Promo (FOMO) yang menawarkan diskon hingga Rp 888 ribu, cashback menarik, dan berbagai kemudahan transaksi di merchant terkemuka.

    Mengusung semangat keberuntungan dan kebahagiaan yang mengalir di tahun ular kayu, program ini dirancang untuk memberikan pengalaman belanja hemat, nyaman, dan penuh manfaat bagi nasabah.

    Corporate Secretary Bank Mandiri, M. Ashidiq Iswara, mengungkapkan program ini merupakan bentuk komitmen Bank Mandiri untuk memberikan nilai tambah kepada nasabah.

    “Tahun Baru Imlek adalah momen kebahagiaan dan keberuntungan. Melalui berbagai penawaran istimewa ini, kami berharap dapat menghadirkan pengalaman yang lebih berarti bagi nasabah dalam merayakan kebersamaan di momen spesial ini,” ujar Ashidiq dalam keterangan resminya, Jumat (24/1/2025).

    Promo eksklusif ini meliputi berbagai kebutuhan gaya hidup, mulai dari kuliner di restoran ternama seperti Angke Restaurant, Maystar, hingga Paradise Dynasty, dengan diskon hingga Rp 888 ribu bagi pengguna Mandiri Kartu Kredit Mastercard Fengshui, World, dan World Elite. Lalu, untuk penggemar belanja online, penawaran menarik juga tersedia di platform e-commerce populer seperti Tokopedia, Shopee, Blibli, dan Lazada, dengan potongan harga hingga Rp 388 ribu. 

    Selain itu, belanja kebutuhan rumah tangga di supermarket seperti AEON, Alfamidi, dan The Foodhall semakin hemat dengan e-coupon dan voucher spesial. Tak hanya itu, perjalanan dan hiburan juga menjadi lebih menyenangkan dengan diskon hingga Rp 270 ribu untuk tiket Trans Studio dan Trans Snow World, serta potongan harga eksklusif untuk tiket penerbangan dan hotel di Traveloka dan Tiket.com. 

    Sebagai pelengkap, Bank Mandiri juga menghadirkan edisi khusus Mandiri e-Money bertema Shinchan Oriental Series yang dipastikan membawa nuansa keberuntungan dalam setiap transaksi. Seri ini hadir dengan 12 desain unik yang menampilkan karakter populer dari kartun Crayon Shinchan dalam nuansa astrologi Tionghoa.

    Kemudahan akses promo juga didukung oleh aplikasi Livin’ by Mandiri yang menawarkan cashback hingga 50 persen untuk pembayaran QRIS dan berbagai diskon menarik di fitur Livin’ SUKHA. Nasabah bahkan dapat menukar Livin’poin dengan logam mulia mulai dari 70.000 poin untuk 1 gram emas, atau mendapatkan hadiah spesial lainnya. 

    Khusus untuk nasabah baru yang membuka Tabungan NOW, Bank Mandiri juga menyediakan bonus atau cashback sebesar Rp 88 ribu sebagai penyemangat untuk menabung di awal tahun.

    “Program ini bukan hanya soal keuntungan finansial, tetapi juga bagaimana kami menjadi bagian dari momen kebahagiaan nasabah. Kami ingin memastikan setiap nasabah dapat menikmati manfaat yang nyata, terutama di momen spesial seperti Imlek,” tambah Ashidiq.

    Untuk informasi lebih detail mengenai promo merchant, produk serta Livin’ Sukha, nasabah dapat mengunjungi bmri.id/FOMOimlek atau menghubungi Mandiri Care di 14000. “Bank Mandiri mengundang semua nasabah untuk merayakan Tahun Baru Imlek dengan beragam keuntungan yang spesial di program FOMO Imlek 2025,” ujarnya.

  • Mengenal Buy Now Pay Later, Tren Baru dalam Belanja Digital – Page 3

    Mengenal Buy Now Pay Later, Tren Baru dalam Belanja Digital – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Layanan Buy Now, Pay Later (BNPL) atau “Beli Sekarang, Bayar Nanti” menjadi tren yang kian diminati. BNPL menawarkan kemudahan bagi konsumen untuk membeli produk atau jasa tanpa harus membayar langsung secara penuh, melainkan melalui cicilan ringan yang sering kali tanpa bunga.

    Layanan buy now pay later semakin populer, terutama di kalangan generasi muda yang mencari fleksibilitas dalam berbelanja. Platform e-commerce besar hingga fintech lokal berlomba-lomba menyediakan fitur BNPL untuk menarik pelanggan.

    Direktur Utama PEFINDO Biro Kredit (IdScore), Tan Glant Saputrahadi mengungkapkan, kondisi tersebut mengindikasikan perilaku konsumtif masyarakat masih tinggi.

    Pertumbuhan BNPL diproyeksikan akan mencapai 30% pada Desember 2025, sejalan dengan prediksi pertumbuhan portofolio kredit nasional yang juga diperkirakan mencapai dua digit. “Berdasarkan data yang dihimpun oleh PEFINDO Biro Kredit (IdScore) hingga November 2024, pertumbuhan fasilitas BNPL tercatat sebesar 24,53% secara tahunan (year-on-year/yoy), dengan total nilai portofolio kredit mencapai Rp 35,14 triliun,” ungkap Glant, dikutip Jumat (24/1/2025).

    Meskipun penetrasi BNPL masih terkonsentrasi di pulau Jawa, terutama wilayah Jabodetabek dengan share mencapai 31,71%, potensi pertumbuhan di wilayah lain masih sangat besar.

    Dari sisi pengguna, generasi muda (Gen Z dan Milenial) masih dominan sebagai debitur BNPL. Rinciannya, milenial dengan rentang kelahiran 1981-1996 mendominasi sebesar 48,27 persen. Kemudian gen-Z yang lahir antara 1997-2012 tercatat 39,94 persen. Sisanya generasi X yang lahir pada 1965-1980 andil 11,35 persen.

    “Tujuan penggunaan fasilitas BNPL pun beragam, seperti belanja e-commerce sebanyak 33%, pembelian tiket (termasuk travel) 21,1% dan transaksi lainnya seperti pembayaran via QRIS yang tercatat sebanyak 41,9%,” papar Glant.

    Di sisi lain, tren non-performing loan (NPL) atau kredit bermasalah pada BNPL yang terus menunjukkan penurunan cukup signifikan.

    Dari titik tertinggi 6,66% pada September 2023, NPL BNPL pada November 2024 berada di angka 3,21%. Penurunan signifikan ini didorong oleh perbaikan kualitas portofolio kredit dan akuisisi kredit, terutama di sektor fintech dan dengan semakin banyaknya Bank Buku IV yang terjun ke industri ini.

  • Bisnis Rantai Pasok & Logistik RI, Asosiasi Pasang Prospek Moderat

    Bisnis Rantai Pasok & Logistik RI, Asosiasi Pasang Prospek Moderat

    Bisnis.com, JAKARTA —  Sektor rantai pasok dan logistik di Indonesia diproyeksikan tumbuh moderat sebesar 8-10% seiring dengan proyeksi pertumbuhan perekonomian Indonesia, volume ekspor hingga pertumbuhan sektor transportasi dan pergudangan.

    Ketua Umum Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) Mahendra mengatakan sektor ini terus menunjukkan potensi pertumbuhan yang signifikan seiring dengan proyeksi stabilnya perekonomian nasional.

    Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) 2025, ekonomi Indonesia diperkirakan tumbuh di kisaran 5-5,1%, sementara nilai pasar logistik nasional diproyeksikan mencapai US$131,2 miliar pada 2025, dengan tingkat pertumbuhan tahunan rata-rata (CAGR) antara 6-8% (Mordor Intelligence, 2025).

    “Meningkatnya aktivitas perdagangan domestik dan internasional, pertumbuhan sektor e-commerce, serta investasi dalam infrastruktur menjadi pendorong utama ekspansi rantai pasok dan logistik di Indonesia,” kata Mahendra kepada wartawan, dikutip Jumat (24/1/2025).

    Mahendra memaparkan data terbaru dari Kementerian Perdagangan menunjukkan proyeksi volume ekspor Indonesia akan tumbuh sebesar 7,1% pada 2025, sementara sektor transportasi dan pergudangan mengalami pertumbuhan 9,11% pada kuartal IV 2024 (BPS).

    Oleh sebab itu, ALI memperkirakan pertumbuhan bisnis rantai pasok dan logistik pada 2025 akan berada di angka 8-10%, skenario yang dipandang moderat.

    Lebih lanjut, Mahendra memaparkan salah satu potensi pertumbuhan rantai pasok dan logistik datang dari wilayah timur Indonesia dan Ibu Kota Nusantara (IKN). Infrastruktur baru yang dibangun di kawasan Sulawesi, Maluku, dan Papua, seperti pelabuhan dan jalur transportasi darat, membuka peluang besar untuk meningkatkan distribusi barang.

    “Pembangunan ini akan memperbaiki konektivitas dan mendukung distribusi kebutuhan pokok, produk pertanian, hingga hasil tambang ke wilayah yang sebelumnya sulit dijangkau,” kata Mahendra.

    Di sisi lain, kebutuhan logistik untuk mendukung pembangunan infrastruktur di IKN juga diprediksi memberikan dorongan signifikan bagi sektor ini. Mahendra mengatakan IKN membutuhkan pengangkutan bahan-bahan konstruksi dan sarana pendukungnya, yang tentunya akan menjadi peluang besar bagi pelaku usaha logistik.

  • Kaspersky Ungkap Penipuan Pembelian Cokelat Dubai via Website, Cek Modusnya

    Kaspersky Ungkap Penipuan Pembelian Cokelat Dubai via Website, Cek Modusnya

    Bisnis.com, JAKARTA — Kaspersky mengidentifikasi serangkaian penipuan terkait penjualan coklat Dubai yang sedang viral dengan menargetkan konsumen di Uni Emirat Arab (UEA).

    Penipuan tersebut dilakukan dengan membuat situs web palsu dan para pelaku menyamar sebagai Deliveroo, layanan pengiriman terpercaya dan Fix Dessert Chocolatier, pembuat cokelat terkenal di Dubai.

    Dengan meniru tampilan toko dan platform resmi, para pelaku kejahatan dunia maya dapat mengeksploitasi kepercayaan konsumen dan reputasi merek untuk memikat pembeli yang tidak menaruh curiga agar membayar dan membeli cokelat palsu tersebut.

    Dalam kasus lain, penipu menciptakan platform e-commerce palsu, yang menyamar sebagai vendor independen dari seluruh dunia. 

    Situs web palsu ini menjanjikan cokelat Dubai tetapi menghilang setelah pembayaran diterima, sehingga konsumen tidak mendapatkan barang mereka.

    Pakar keamanan di Kaspersky, Olga Svistunova menyampaikan bahwa para penipu menggunakan taktik dengan memanfaatkan konsumen dan kepercayaan pada merek terkemuka. Cara ini, kata Olga merupakan hal yang efektif bagi penjahat dunia maya untuk berhasil.

    “Untuk melindungi diri mereka sendiri dan menghindari kekecewaan, sangat penting bagi pengguna untuk memperhatikan detail, meluangkan waktu untuk memverifikasi keaslian toko online,” kata Olga.

    Cara Menghindari Modus Penipuan Tersebut

    Untuk menghindari modus kejahatan penipuan di dunia maya itu, berikut sederet langkah yang bisa dilakukan:

    ● Verifikasi keaslian situs web: Periksa URL, nama domain, dan ulasan pelanggan sebelum melakukan pembelian daring.

    ● Waspadalah terhadap penawaran yang tidak diminta:Penipu sering kali menggunakan pop-up, iklan, atau email phishing untuk mengarahkan pengguna ke situs palsu.

    ● Hindari berbagi informasi pribadi: Berikan informasi sensitif hanya pada platform yang aman dan terverifikasi.

    ● Gunakan solusi keamanan yang komprehensif: Perangkat lunak keamanan siber yang andal dapat memblokir situs phishing dan mencegah infeksi malware.

  • Penjelasan Dirut Soal Pelaku Kejahatan Rampok Emas 1 Kg Menyamar Petugas PDAM Surabaya

    Penjelasan Dirut Soal Pelaku Kejahatan Rampok Emas 1 Kg Menyamar Petugas PDAM Surabaya

    Surabaya (beritajatim.com) – Direktur Utama PDAM Surya Sembada Kota Surabaya, Arief Wisnu Cahyono mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap modus penipuan yang mengatasnamakan petugas PDAM, Jumat (24/1).

    Imbauan ini disampaikan Arief Wisnu Cahyono, menyusul adanya laporan perampokan terhadap pelanggan PDAM, Hamidah (77) di Jalan Ahmad Jaiz 37, Surabaya pada Rabu, 22 Januari 2025 lalu. Di mana komplotan pelakunya menyamar petugas PDAM ini, berhasil membawa kabur perhiasan seberat 1 kilogram (kg).

    “Perlu kami informasikan, ketika petugas datang melakukan pencatatan meteran. Petugas PDAM yang asli tidak datang bergerombol atau beramai-ramai melainkan hanya satu orang untuk mencatat menggunakan telepon genggam. Serta langsung terkoneksi ke sistem (pusat data) kami,” terang Arief Wisnu Cahyono, yang akrab dipanggil Wisnu.

    Arief menjelaskan bahwa seluruh petugas PDAM yang bertugas di lapangan dilengkapi dengan atribut lengkap, termasuk seragam, kartu identitas, dan Surat Perintah Kerja (SPK). Selain itu, petugas PDAM juga tidak diizinkan untuk memasuki rumah pelanggan.

    “Jadi jika ada oknum yang mengaku petugas dan memaksa masuk ke dalam rumah, pelanggan patut waspada,” jelas dia.

    Wisnu juga menekankan bahwa selama ini kerap ada orang (oknum) yang datang ke rumah rumah menawarkan membeli papan catat air PDAM. Dia menegaskan hal itu tidak benar, karena pelanggan dapat mencatat meter mandiri melalui Aplikasi CIS, atau Customer Information System.

    “PDAM tidak menyarankan pelanggan mencatat menggunakan papan tersebut karena pelanggan dapat mencatat meter secara mandiri di Aplikasi CIS (Customer Information System) PDAM,” kata dia.

    Petugas kami juga tidak menerima pembayaran tunai, lanjut Wisnu, transaksi hanya bisa dilakukan secara online di minimarket, kantor pos, bank, e-commerce atau payment point online bank (PPOB) dengan tanda bukti berupa struk resmi dari tempat pembayaran, bukan kuitansi yang dijual bebas di pasaran.

    Lebih lanjut, apabila pelanggan ragu atau merasa curiga terhadap petugas PDAM yang datang ke rumah. Bisa langsung menghubungi Call Center PDAM 24 jam, yaitu 08001926666/ WA Center di 08123316666.

    “Apabila pelanggan merasa bingung, ragu atau curiga dengan oknum yang mengaku sebagai petugas, pelanggan dapat menghubungi Call Center PDAM 24 jam bebas pulsa di 08001926666/ WA Center di 08123316666,” tutup Wisnu. [ram/ian]

  • Managing Director Baru Equinix Indonesia Siap Buka Peluang Pasar Dinamis

    Managing Director Baru Equinix Indonesia Siap Buka Peluang Pasar Dinamis

    Jakarta

    Ekonomi digital Indonesia yang diperkirakan akan mencapai US$ 360 miliar pada tahun 2030, memberikan peluang yang sangat besar bagi pertumbuhan dan inovasi.

    Potensi ini memberikan peluang bagi Equinix untuk memberikan dampak positif dengan memperkenalkan inovasi infrastruktur digital yang berpotensi memberikan manfaat bagi jutaan masyarakat Indonesia. Equinix Indonesia, sebagai usaha patungan (joint venture) dengan Astra International, baru-baru ini menunjuk Haris Izmee sebagai pemimpin untuk mengembangkan tim dan bisnis di Indonesia.

    “Saya sangat antusias untuk bergabung dengan Equinix dalam perjalanan bersejarahnya di Indonesia! Pasar yang dinamis ini memiliki potensi besar, dan sebagai penyedia pusat data terkemuka, Equinix memiliki posisi yang unik untuk mendorong pertumbuhan dan inovasi di sini,” ujar Haris, dalam keterangan tertulis, Jumat (24/1/2025).

    “Saya bersemangat untuk memanfaatkan platform yang kuat dari Equinix agar dapat memberikan dampak signifikan pada lanskap digital Indonesia dan berkontribusi pada kemajuan regional. Saya sangat menantikan kolaborasi dengan tim dan membuka peluang baru di pasar yang menjanjikan ini,” sambungnya.

    Dengan pengalaman kepemimpinan dari berbagai industri, Haris membawa visi untuk membangun tim yang memberikan solusi infrastruktur digital yang inovatif. Tim Equinix Indonesia juga menyambut Haris dengan antusiasme dan harapan untuk memberikan dampak positif terhadap perkembangan lanskap digital di Indonesia.

    Lanskap digital Indonesia terus berkembang pesat. Terbukti dengan penetrasi internet di Indonesia yang mencapai 77,0 persen pada tahun 2023 dengan lebih dari 212,9 juta pengguna. Konektivitas seluler menjadi pendorong utama pertumbuhan digital dengan semakin populernya pembayaran digital di Indonesia di pasar e-commerce, yang diperkirakan akan tumbuh dari US$ 52,93 miliar pada tahun 2023 menjadi US$ 86,81 miliar pada tahun 2028.

    Pertumbuhan ini mencerminkan tingkat pertumbuhan tahunan gabungan (CAGR) sebesar 10,4% selama periode 2023 hingga 2028. Transformasi digital di Indonesia memungkinkan bisnis untuk menyederhanakan operasional, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan membuka aliran pendapatan baru berkat kemajuan dalam komputasi cloud, kecerdasan buatan, dan analitik data.

    Dalam lingkungan yang bergerak cepat ini, transformasi digital bukan lagi pilihan tetapi kebutuhan bagi bisnis untuk bertahan dan berkembang.

    Pasar komputasi cloud global, yang bernilai US$ 493,89 miliar pada tahun 2022, diperkirakan akan mencapai US$ 1,72 triliun pada tahun 2031 dengan CAGR sebesar 14,9%. Pertumbuhan ini didorong oleh permintaan yang meningkat dari UMKM dan perusahaan besar akan solusi berbasis cloud yang scalable (terukur), fleksibel, dan efisien, serta adopsi teknologi seperti kecerdasan buatan, Machine Learning dan inovasi yang berfokus pada pelanggan.

    Transformasi digital memberdayakan industri-industri di Indonesia untuk beradaptasi dengan pasar yang terus berubah. Perusahaan yang mengadopsi transformasi digital dapat memanfaatkan teknologi inovatif untuk meningkatkan efisiensi, mendorong kolaborasi, dan mengembangkan model bisnis yang kompeten untuk memenuhi kebutuhan yang terus berkembang. Kemunculan kota-kota pintar (smart cities), kerja jarak jauh, dan ekosistem digital menyoroti bahwa masa depan adalah milik perusahaan yang bersedia berinvestasi dalam kemampuan digital. Transformasi digital bukan sekadar adopsi teknologi, tetapi juga menuntut budaya inovasi dan ketangguhan untuk menghadapi perubahan yang terus berlangsung.

    Perusahaan infrastruktur digital terkemuka dunia Equinix, berupaya untuk mendukung transformasi digital di Asia Tenggara. Selain menunjuk Haris sebagai Managing Director untuk memperkuat kehadiran Equinix di Indonesia Equinix juga mendorong strategi pertumbuhannya, termasuk mengawasi pengembangan pusat data baru JK1 International Business Exchange™ (IBX®) di Jakarta.

    Ekspansi ini sejalan dengan Peta Jalan Digital Indonesia, yang bertujuan untuk memperkuat infrastruktur digital negara guna mempercepat transformasi digital dan mendorong ekonomi digital Indonesia ke depan.

    Haris membawa pengalaman hampir 25 tahun di bidang komputasi cloud, teknologi, dan kedirgantaraan, didukung dengan gelar di bidang Teknik Aeronautika dari Queen Mary University of London. Kariernya yang cemerlang mencakup peran kepemimpinan di perusahaan besar seperti Amazon Web Services (AWS) dan Microsoft, di mana ia memainkan peran penting dalam mendorong pertumbuhan pasar dan transformasi bisnis di pasar ASEAN.

    Ketertarikannya sejak kecil terhadap dunia penerbangan dan antariksa memberikan perspektif unik dalam perannya, menonjolkan pendekatan visionernya terhadap pertumbuhan Equinix di Indonesia.

    Kehadiran Equinix di Jakarta merupakan tonggak penting dalam perjalanan ini dan perusahaan secara aktif mencari individu berbakat untuk bergabung dalam perjalanan transformasi. Baik profesional berpengalaman maupun yang baru memulai kariernya, Equinix menawarkan lingkungan kerja yang mendukung pengembangan keterampilan, pertumbuhan karier, dan kesuksesan.

    Jika ingin menjadi bagian dari sesuatu yang benar-benar transformatif, berkarier di Equinix Indonesia menawarkan lebih dari sekadar pekerjaan-ini adalah kesempatan untuk membentuk masa depan dunia digital dan memberikan dampak yang berarti. Bergabunglah dengan tim yang mendorong inovasi dan pertumbuhan di salah satu pasar paling dinamis di dunia melalui https://careers.equinix.com/equinix-is-hiring-in-indonesia.

    (akn/ega)