Topik: e-commerce

  • Emas, Tekstil, & Nikel Paling Banyak Diselundupkan, Transaksinya Rp208 Triliun!

    Emas, Tekstil, & Nikel Paling Banyak Diselundupkan, Transaksinya Rp208 Triliun!

    Bisnis.com, JAKARTA – Emas, tekstil dan nikel menjadi tiga komoditas ekspor paling banyak diselundupkan selama tahun 2021 sampai dengan kuartal III/2024. Aktivitas ilegal tersebut telah merugikan negara hingga ratusan triliun rupiah.

    Publikasi terbaru Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dalam judul ‘Kenali Tipologi Penyelundupan Pencucian Uang: Sumber Kebocoran Keuangan Negara” mengungkap bahwa transaksi penyelundupan yang berhasil diidentifikasi mencapai Rp216,7 triliun. Nilai itu dihitung dari hasil analisis tahun 2021 sampai dengan kuartal III/2024.

    “Jenis komoditas terbesar pada sektor komoditas emas sebesar Rp189 triliun, sektor komoditas tekstil sebesar Rp16 triliun, dan sektor komoditas nikel sebesar Rp3,5 trilun,” tulis  laporan yang dikutip Bisnis, Jumat (31/1/2025).

    PPATK mengemukakan bahwa besarnya angka penyelundupan tersebut merupakan konsekuensi dari nilai keuntungan ekonomi dan permintaan tinggi terhadap ketiga komoditas itu. Namun demikian,  lembaga intelijen keuangan itu juga menyoroti bahwa praktik tidak terpuji tersebut telah berimplikasi cukup signifikan terhadap industri dalam negeri maupun penerimaan negara.

    Dalam laporan yang dipublikasikan 24 Januari 2025, PPATK juga mengungkapkan bahwa selama periode kuartal IV/2024 hingga Januari 2025  terdapat beberapa hasil analisis (HA) PPATK yang menunjukkan indikasi penyelundupan benih bening lobster (BBL) ke Vietnam.

    Angka perputarannya tidak main-main, mencapai Rp2,6 triliun dan total nilai transaksi yang berindikasi tindak pidana sebesar Rp46,5 miliar.

    Modus Penyelundupan

    Berdasarkan hasil identifikasi dan analisis peristiwa kasus yang berindikasi penyelundupan dan tindak pidana pencucian uang terdapat beberapa modus yang sering digunakan oleh para penyeludup. Pertama, modus importasi barang ilegal di kawasan pelabuhan.

    Kedua, modus penyalahgunaan Kawasan Berikat (KB)/Gudang Berikat (GB)/Pusat Logistik Berikat (PLB) dan Kemudahan Impor Tujuan Ekspor (KITE).

    PPATK mengungkap adanya penyalahgunaan barang sisa produksi di Kawasan Berikat maupun barang impor baru di gudang berikat keluar memasuki wilayah pabean melebihi 50% total ekspornya tanpa membayar kewajiban perpajakan dan kepabeanan.

    Ketiga, modus Penyelewenangan Izin Angka Pengenal Impor-Produsen dan Angka Pengenal Impor-Umum (API-U). Keempat, modus fasilitas Impor Borongan, undername dan pengalihan kuota melalui platform E-commerce.

    Kelima, modus jasa titipan melalui barang bawaan dan barang kiriman. Keenam, modus penyelundupan melalui jalur tidak resmi atau jalur hitam.

  • Ikut YouTube Shopping Affiliate, Kreator Ini Raup Pendapatan 2 Kali Lipat

    Ikut YouTube Shopping Affiliate, Kreator Ini Raup Pendapatan 2 Kali Lipat

    Jakarta

    Di era digital saat ini, konten kreator menjadi profesi yang semakin digemari banyak orang, terutama bagi generasi muda. Namun, menjadi seorang konten kreator tentunya bukan hal mudah. Diperlukan konsistensi dan kreativitas untuk menjadi seorang konten kreator yang sukses.

    Ijfina Amalia (32), seorang ibu rumah tangga, membagikan kisah suksesnya sebagai konten kreator di YouTube berkat konsistensi dan kreativitas. Perjalanannya sebagai konten kreator telah dimulai sejak tujuh tahun lalu. Saat itu, Ijfina berbagi kecintaannya dengan makeup.

    Melalui konten makeup tutorialnya, Ijfina berbagi informasi mengenai produk-produk yang terjangkau, mudah didapatkan, dengan langkah-langkah yang mudah diikuti oleh pemula. Berkat kegigihannya dalam menyuguhkan konten makeup yang bermanfaat bagi banyak orang, kini Ijfina telah memiliki 1,3 juta subscribers di YouTube.

    Tidak berhenti di situ, Ijfina terus berusaha memaksimalkan potensinya, mulai dari memastikan kualitas videonya terus meningkat, hingga memanfaatkan sejumlah peluang baru seperti YouTube Shopping Affiliates, program YouTube yang berkolaborasi dengan Shopee.

    Melalui program ini, ia bukan hanya bisa mendapatkan penghasilan tambahan, namun juga membantu penonton berbelanja produk yang direkomendasikan di keranjang video YouTube-nya dengan lebih mudah.

    “Tanpa disangka, YouTube benar-benar membuka peluang besar untuk aku menyalurkan kreativitas dan menginspirasi banyak orang. Rasanya sangat menyenangkan bisa membantu orang lain merasa percaya diri sambil melakukan hal yang aku suka, bahkan hingga bisa menjadi sumber penghasilan utama bagiku dan keluarga,” ujar Ijfina dalam keterangannya, Jumat (31/1/2025).

    “Makanya, ketika program YouTube Shopping Affiliates hadir, aku menyadari program ini memiliki potensi besar dan hal ini buatku semakin semangat membuat konten. Ternyata benar saja, sejak bergabung dan aktif menautkan produk Shopee di setiap video yang aku upload, kini pendapatanku berhasil meningkat 2 kali lipat!” imbuhnya.

    Maksimalkan Potensi dan Menginspirasi dengan YouTube Shopping Affiliates

    Tidak hanya konten yang kreatif dan inspiratif, dedikasi Ijfina untuk terus berkembang juga terlihat dari berbagai aspek. Kini, ia membentuk sebuah komunitas bersama para subscribers-nya yang loyal dan telah percaya terhadap ulasan produknya.

    Selain konsep konten yang menyenangkan dan menarik, Ijfina juga senantiasa meningkatkan kualitas kontennya dengan berbagai cara, mulai dari membangun studio sendiri, upgrade kamera dan lighting, hingga mengasah kemampuan serta pengetahuannya mengenai dunia kecantikan.

    “Aku sangat bersyukur sekaligus bangga akan segala prestasi dan pencapaian yang telah aku gapai dari perjalananku berkarya sebagai konten kreator selama 7 tahun belakangan. Selain membangun rumah yang sekarang aku tempati, aku juga bisa membangun bisnis online, bisnis penyewaan dan penitipan mobil, ruko, hingga berhasil membuka lapangan kerja untuk orang lain. Semuanya mungkin tidak bisa aku gapai tanpa hasil membuat konten,” ucapnya.

    “Bukan hanya manfaat secara materi, aku juga bisa upgrade banyak kemampuan, karena sering dipercayai untuk menjadi narasumber di berbagai acara. Bagiku yang lahir dan tumbuh di keluarga yang sederhana, segala pencapaianku sebagai konten kreator benar-benar menjadi kebanggaan untuk keluarga, dan rasa bangga itu lah yang aku anggap sebagai pencapaian tertinggiku,” sambungnya.

    Dengan kegigihannya dalam berkarya, tidak heran jika Ijfina menjadi salah satu konten kreator YouTube yang ikut serta dalam uji coba program YouTube Shopping Affiliates dan langsung bergabung sejak awal program ini diluncurkan. Untuk menginspirasi konten kreator lainnya, Ijfina pun berbagi langkah-langkah penting yang selalu ia terapkan dalam proses menciptakan konten.

    1. Brainstorming Ide dengan Memperhatikan Tren

    Ijfina selalu memulai prosesnya dengan riset tren terkini di media sosial khususnya YouTube, hingga platform e-commerce seperti Shopee. Dengan memahami tren, ia dapat menghasilkan ide-ide konten yang relevan dan berpotensi menarik perhatian audiens. Jangan lupa tambahkan sentuhan personal, seperti greeting di awal video yang khas agar konten lebih otentik dan berbeda dari yang lainnya.

    2. Pastikan Video Informatif dan Tetap Menghibur

    Menurut Ijfina, konten yang terlalu panjang terkadang berisiko kehilangan perhatian penonton. Oleh karena itu, ia selalu memastikan videonya langsung ke inti, memberikan informasi penting dengan cara yang menarik dan mudah dipahami. Siapkan script video untuk menjaga struktur cerita dan masukkan elemen visual atau musik untuk menambah daya tarik.

    3. Diversifikasi Konten agar Penonton Tidak Bosan

    Ijfina percaya variasi konten adalah kunci. Ia tidak hanya fokus pada satu jenis konten, tetapi juga mencoba menghadirkan berbagai jenis konten, seperti tutorial, vlog, review produk, hingga mix and match pakaian.

    4. Cek Produk yang Sedang Trending di Shopee

    Siapa bilang Shopee hanya bisa digunakan untuk berbelanja? Untuk memastikan kontennya relevan, Ijfina rajin mengecek produk yang sedang populer atau trending di Shopee, karena artinya produk tersebut sedang banyak peminatnya.

    Setelah check out produk di Shopee, biasanya Ijfina akan menggunakan produk itu beberapa kali, dan jika memang bagus, ia akan merekomendasikan produk tersebut kepada para penontonnya.

    “Sebagai konten kreator, kita harus selalu cerdas dalam beradaptasi, karena dunia digital bergerak sangat cepat. Jangan sampai tertinggal! Makanya, kalau ada peluang baru seperti YouTube Shopping Affiliates, kita harus langsung maksimalkan sebaik-baiknya,” tutup Ijfina.

    Tertarik untuk jadi konten kreator sukses seperti Ijfina? Yuk manfaatkan peluang baru yang dihadirkan oleh YouTube Shopping Affiliates dan Shopee. Segera bergabung dengan YouTube Shopping Affiliates dan ubah passion kamu menjadi peluang!

    Dengan minimal 10.000 subscribers, kamu bisa menghasilkan komisi tambahan sambil menyalurkan hobi. Namun, pastikan kanal YouTube sudah tergabung di YPP (Program Partner YouTube) atau sudah dimonetisasi. Informasi lebih lanjut kunjungi https://shopee.co.id/m/youtube-shopping.

    (anl/ega)

  • Perusahaan Jack Ma Klaim Punya AI Lebih Canggih dari DeepSeek

    Perusahaan Jack Ma Klaim Punya AI Lebih Canggih dari DeepSeek

    Beijing

    Kemunculan DeepSeek dengan model AI-nya yang canggih dan diklaim dibuat dengan biaya murah, tak hanya bikin panik pesaing dari luar negeri, tapi juga dalam negeri. Alibaba, perusahaan teknologi yang didirikan Jack Ma, langsung bertindak.

    Alibaba yang lebih dikenal sebagai raksasa e-commerce, baru saja meluncurkan model AI baru yang diklaimnya mengalahkan DeepSeek. Dinamakan Qwen 2.5-Max, Alibaba menyebut produknya itu tak hanya mengalahkan DeepSeek, tapi juga rival dari Amerika Serikat.

    “Qwen 2.5-Max mengalahkan hampir seluruhnya GPT-4o, DeepSeek-V3, dan Llama 3.1-405B,” tulis Alibaba dalam pengumuman resminya, merujuk pada beberapa model AI paling mutakhir, dikutip detikINET dari Euro News.

    Peluncuran AI dari Alibaba itu tidak biasa, bertepatan dengan hari pertama Tahun Baru China pada saat pegawai dan orang China kebanyakan libur dan berkumpul bersama keluarga.

    Hal itu dinilai menandakan bahwa kemunculan DeepSeek dan popularitasnya yang terus menanjak menimbulkan kepanikan, tidak hanya di mancanegara tapi juga di dalam negeri. DeepSeek sendiri open source dan sangat murah, membuat Alibaba juga mengumumkan pemangkasan harga pada beberapa model AI mereka.

    Liang Wenfeng, pendiri DeepSeek yang misterius, mengatakan saat wawancara langka dengan media China Waves di Juli 2023 bahwa mereka tak peduli dengan perang harga dan mencapai AGI (kecerdasan umum buatan) adalah tujuan utamanya. OpenAI mendefinisikan AGI sebagai sistem otonom yang melampaui manusia dalam sebagian besar tugas.

    Sementara perusahaan teknologi besar China seperti Alibaba memiliki ratusan ribu karyawan, DeepSeek beroperasi seperti laboratorium penelitian. Sebagian besar stafnya adalah lulusan dari universitas-universitas top China.

    Liang yakin perusahaan teknologi terbesar di China mungkin tidak cocok dengan masa depan industri AI, membandingkan biaya tinggi dan struktur top-down mereka dengan operasi ramping dan manajemen longgar DeepSeek. “Model dasar yang besar membutuhkan inovasi berkelanjutan, kemampuan raksasa teknologi ada batasnya,” katanya.

    (fyk/rns)

  • Punya Peluang Besar, Konsumen Pasar ASEAN Tak Boleh Dilewatkan

    Punya Peluang Besar, Konsumen Pasar ASEAN Tak Boleh Dilewatkan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pasar ASEAN dipandang memiliki perkembangan pesat, sehingga sayang sekali untuk diabaikan oleh para pelaku bisnis, khususnya yang berhadapan langsung dengan konsumen.

    Sebagai anggota ASEAN, Indonesia juga memiliki potensi pasar yang menjanjikan bagi para pelaku bisnis. Hal ini ditopang oleh pertumbuhan ekonomi sebesar 4,95% year on year (yoy) pada kuartal III-2024 di tengah ketidakpastian global. Pertumbuhan ekonomi ini ditopang oleh konsumsi rumah tangga yang tumbuh 4,91% dan menjadi sumber pertumbuhan tertinggi sebesar 2,55% pada kuartal III-2024. Tingginya konsumsi ini pun tidak lepas dari jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 281,6 juta jiwa.

    Di tengah berbagai tantangan, Indonesia masih memiliki peluang pertumbuhan di tahun 2025. Pemerintah menargetkan ekonomi bisa tumbuh di kisaran 5%. Untuk itu, beberapa strategi besar kebijakan pemerintah juga telah disiapkan guna memastikan ketahanan ekonomi nasional di masa mendatang.

    Melihat optimisme tersebut, besarnya pasar ASEAN dan kecepatan pertumbuhannya menjadi potensi besar bagi bisnis-bisnis yang ingin bertumbuh, terutama yang berkaitan langsung dengan konsumen.

    Menurut konsultan BCG, Asia Tenggara pada 2024 adalah rumah bagi sekitar 245 juta konsumen berpenghasilan menengah dan 85 juta pembeli berpenghasilan menengah ke atas. Seiring dengan berlanjutnya pembangunan ekonomi, lebih dari 415 juta individu Asia Tenggara diproyeksikan akan masuk ke dalam definisi tersebut pada tahun 2030. Nantinya jumlah ini akan lebih banyak dari seluruh populasi Amerika Serikat.

    Selain itu, di 10 negara anggota ASEAN, konsumsi sudah menjadi pendorong utama aktivitas ekonomi. Pengeluaran konsumsi telah menyumbang lebih dari 90% PDB di Filipina, lebih dari 70% di Indonesia, Malaysia, dan Thailand, serta lebih dari 60% PDB di Vietnam.

    Pertumbuhan daya beli lokal juga didukung oleh tren struktural jangka panjang. Kawasan ASEAN diuntungkan oleh demografi yang positif, dengan populasi muda dan tenaga kerja yang terus bertambah. Kelompok usia 15 hingga 34 tahun mencakup 213 juta orang dan diperkirakan akan terus bertambah hingga tahun 2028, saat jutaan pekerja baru akan mulai berbelanja barang dan jasa.

    Konsumsi ASEAN juga diuntungkan oleh integrasi regional. Pasalnya, semakin mudahnya orang dan uang melintasi perbatasan, pengeluaran untuk pariwisata, layanan bisnis, dan e-commerce pun meningkat. Ekonomi intra-ASEAN menyumbang 42,4% dari kedatangan pengunjung pada 2023.

    Bagi eksportir ASEAN, negara-negara di dalam blok tersebut kini menjadi sumber penjualan internasional terbesar. Tercatat perdagangan intra-ASEAN menyumbang 22,1% dari seluruh ekspor pada 2023.

    Mengakses basis konsumen ASEAN bisa dibilang tidak pernah semudah ini. Di seluruh kawasan, pembeli lokal adalah pengguna setia dari platform e-commerce dan aplikasi seluler, yang berperan sebagai jembatan antara konsumen lokal dan merek regional dan global. Di seluruh kawasan, 75,9% memiliki langganan internet, dan ada 128 ponsel untuk setiap 100 orang.

    Ekonomi digital di enam ekonomi terbesar di kawasan ini, yakni Indonesia, Thailand, Singapura, Vietnam, Malaysia, dan Filipina, diperkirakan bernilai USD218 miliar dalam nilai barang dagangan kotor pada 2023 dan diperkirakan mencapai USD600 miliar pada 2030.

    Meskipun skala peluang dan kemajuan digitalisasi merupakan faktor umum di seluruh ASEAN, kawasan ini jauh dari homogen. Di Thailand, misalnya, hampir setengah dari belanja bahan makanan dilakukan di toko serba ada dan supermarket modern.

    Jumlah tersebut dibandingkan dengan di Vietnam lebih rendah ialah 12%, dimana toko-toko atau warung tradisional milik perorangan masih mendominasi. Aplikasi super seperti Grab, yang menggabungkan beberapa layanan menjadi satu aplikasi, semakin popular di negara ASEAN. Sementara itu, Indonesia memiliki pengguna TikTok terbanyak di dunia, dengan 157,6 juta pengguna, mengungguli 120,5 juta di Amerika Serikat.

    Saluran pembayaran juga sangat berbeda di seluruh kawasan, dengan pembayaran melalui e-wallet dengan jaringan pembayaran real-time meluas di berbagai lintas batas. Dalam ritel offline, uang tunai tetap menjadi bentuk pembayaran yang disukai di lima dari enam pasar ASEAN terbesar, kecuali Singapura, tempat kartu kredit sekarang menjadi bentuk pembayaran yang paling umum.

    Untuk itu, bisnis yang berhadapan langsung dengan konsumen perlu menyesuaikan penawaran mereka dengan preferensi lokal, terutama dalam kebiasaan pembelian serta produk dan layanan.

    “Kami melihat lebih banyak bisnis memilih mitra perbankan yang dapat mendukung berbagai saluran pembayaran di seluruh kawasan ASEAN.” ujar Head of International Market HSBC Asia Pasifik, Stuart Rogers dalam keterangan resminya.

    Bisnis yang beroperasi lintas batas ASEAN juga perlu mengatasi sejumlah kendala operasional. Misalnya saja, logistik yang menjadi tantangan tersendiri, kemampuan menjangkau konsumen di seluruh kawasan memerlukan jaringan mitra distribusi yang luas dan kemampuan untuk merespons permintaan konsumen dengan cepat di berbagai lokasi. Produk konsumen juga harus dirancang untuk memenuhi peraturan setempat, karena biasanya ada perbedaan di setiap pasar.

    Potensi pasar konsumen ASEAN juga telah menciptakan lingkungan yang sangat kompetitif, dengan merek lokal dan global bersaing untuk mendapatkan pangsa pasar. Pada tingkat makro, inflasi tinggi dan suku bunga yang meningkat baru-baru ini telah membuat konsumen lebih sensitif terhadap harga dan membebani permintaan.

    Para pembuat kebijakan melakukan yang terbaik untuk menjaga konsumen tetap berbelanja, di Thailand, pada September 2024 pemerintah meluncurkan program pemberian uang tunai yang dirancang untuk meningkatkan konsumsi.

    Bagi bisnis yang ingin meningkatkan jangkauan mereka di pasar konsumen ASEAN, mitra perbankan yang berpengalaman dapat meringankan kesulitan dalam mengelola pembayaran dan penagihan di berbagai saluran dan dalam berbagai mata uang. Dengan begitu, bisnis dapat lebih fokus pada agenda pertumbuhan mereka.

    HSBC memiliki rekam jejak yang panjang di seluruh ASEAN, telah hadir di enam pasar terbesar selama lebih dari 130 tahun. Kami melayani 2,5 juta klien ritel dan 30.000 bisnis – menguasai lebih dari 93% PDB ASEAN dan perdagangan internasional.

    Jaringan yang luas dan pemahaman yang mendalam tentang pasar lokal di kawasan ini memungkinkan kami untuk mendukung bisnis dalam transaksi lintas batas mereka.

    Bagi bisnis yang berhadapan langsung dengan konsumen, HSBC Omni Collect menawarkan solusi terpadu yang mendukung penagihan dari penjualan di toko dan e-commerce melalui berbagai saluran pembayaran, yang memungkinkan bisnis untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menawarkan lebih banyak opsi pembayaran, dan memantau transaksi daring untuk mengidentifikasi tren penjualan baru.

    “Pengelolaan invoice yang dilakukan secara manual, sering kali menyulitkan dalam pencocokan dan identifikasi transaksi sehingga mengganggu kelancaran operasional. Namun, setelah mengimplementasikan Omni Collect, kami merasakan solusi end-to-end yang terintegrasi. Solusi ini memperlancar proses invoicing kami sehingga mempercepat penjualan dan pengiriman produk. Kini kami bisa melakukan rekonsiliasi invoice secara otomatis untuk mengoptimalkan arus kas.” Ujar Angie Natasya Direktur Operasional PT Fitline Nutrition and Cosmetics yang bermitra dengan HSBC untuk menyederhanakan proses pembayaran dan meningkatkan efisiensi operasional.

    Selain itu, HSBC juga mendukung pasar mobil bekas Carro dengan fasilitas kredit lima tahun senilai SGD75 juta (USD57 juta), yang dijamin dengan kumpulan pinjaman mobil bergulir. Pertama kalinya bagi perusahaan, hasil penjualan dapat digunakan di berbagai pasar, menyediakan solusi fleksibel dan terukur yang memperkuat likuiditas Carro yang ada.

    HSBC juga berkontribusi pada pertumbuhan sektor konsumen melalui dukungan untuk bisnis teknologi finansial yang memungkinkan lebih banyak pengecer menawarkan layanan beli sekarang bayar nanti dan dompet digital. Bagi vendor, memberi konsumen lebih banyak pilihan di titik penjualan dapat menjadi pendorong pendapatan yang kuat. Kami memberikan fasilitas utang sebesar USD100 juta kepada pelopor teknologi finansial Asia Tenggara Atome Financial untuk mendukung proposisi pembiayaan konsumen digital pertamanya.

    Pada 2024, HSBC juga memperluas dukungannya untuk bisnis ekonomi baru di Asia Tenggara dengan meluncurkan Dana Pertumbuhan ASEAN senilai USD1 miliar. Apalagi semakin banyak pasar yang menjauh dari uang tunai, bisnis yang berhadapan langsung dengan konsumen perlu memastikan bahwa mereka mengikuti preferensi pelanggan mereka.

    “HSBC berkomitmen untuk terus berinvestasi dalam teknologi yang dapat membantu perusahaan dalam memberikan pengalaman pembayaran yang mudah bagi pelanggan mereka. Kami fokus untuk mendukung nasabah kami mengadopsi solusi pembayaran digital.”, ujar Anne Suhandojo, Head of Global Payment Solutions HSBC Indonesia.

    Dengan jumlah konsumen yang akan meningkat tajam di tahun-tahun mendatang, tidak pernah ada waktu yang lebih penting untuk menangkap pertumbuhan itu.

    (adv/adv)

    Next Article

    Melihat Prospek Cerah Ekonomi Indonesia di Tahun 2025

  • BRI UMKM EXPORT 2025 Hadirkan Diskon hingga 59 Persen, Cek Promonya! – Halaman all

    BRI UMKM EXPORT 2025 Hadirkan Diskon hingga 59 Persen, Cek Promonya! – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Bagi kamu yang gemar berburu produk lokal berkualitas, ada gelaran seru yang sayang dilewatkan di awal tahun 2025 ini! 

    Yap, BRI UMKM EXPO(RT) 2025 kembali hadir dengan lebih banyak kejutan. Sebagai surganya para pecinta produk UMKM, gelaran ini tidak hanya menghadirkan ribuan pameran produk berkualitas, namun juga promo menarik di platform e-commerce favoritmu.

    Penasaran seperti apa event yang ditunggu-tunggu ini? Simak ulasannya berikut beserta deretan promo yang bikin belanja jadi lebih hemat!

    Sekilas tentang BRI UMKM EXPO(RT) 2025

    BRI UMKM EXPO(RT) 2025 adalah ajang pameran yang menampilkan 1.000 UMKM terbaik dari seluruh Indonesia. Event ini digelar di ICE BSD pada 30 Januari hingga 2 Februari 2025. 

    Event ini menjadi kesempatan besar bagi para pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk unggulan mereka ke pasar internasional. Menariknya, UMKM yang berpartisipasi telah melalui proses kurasi ketat untuk memastikan kualitas produknya layak menembus pasar global.

    Mulai dari fashion wastra Nusantara dan aksesoris stylish yang membuat penampilan makin kece, produk beauty berbahan natural untuk perawatan berkualitas, aneka camilan ekspor yang menggugah selera, kopi, teh, dan minuman rempah khas Nusantara yang kaya rasa, hingga pernak-pernik estetik untuk mempercantik rumah, semuanya hadir sebagai bukti inovasi dan keunggulan karya anak bangsa.

    Bagi kamu yang ingin merasakan langsung kualitas produk Indonesia, jangan lewatkan acara ini. Namun, jika tidak bisa hadir langsung ke BRI UMKM EXPO(RT) 2025, jangan khawatir! Kamu tetap bisa belanja dan menikmati berbagai promo menarik melalui platform e-commerce yang telah disediakan. Jadi, di mana pun kamu berada, tetap ada kesempatan untuk mendukung dan memiliki produk unggulan karya anak bangsa!

    Alasan Belanja Produk UMKM Indonesia

    Dengan mendukung UMKM, kamu secara langsung membantu mereka untuk tumbuh dan bersaing, baik di pasar lokal maupun global.

    Nah, selain dampak positifnya, belanja produk UMKM juga punya banyak keuntungan lain yang bisa bikin kamu makin bangga memilih karya anak bangsa. Berikut ini beberapa alasannya!

    Dukungan untuk Perekonomian Lokal
    Dengan membeli produk UMKM, kamu ikut berkontribusi dalam mendukung perekonomian Indonesia dan membantu pelaku usaha kecil untuk berkembang.
    Kualitas Ekspor
    Jangan salah, banyak produk UMKM Indonesia yang sudah diakui di pasar internasional, baik dari segi kualitas maupun inovasi.
    Keunikan Produk
    Produk UMKM seringkali menghadirkan sesuatu yang berbeda dan unik, yang jarang kamu temukan di produk massal.
    Harga Kompetitif
    Meski berkualitas, produk UMKM menawarkan harga yang tetap ramah di kantong. Apalagi ditambah promo spesial seperti yang ada di BRI UMKM EXPO(RT) 2025!

    Promo Seru di E-Commerce untuk Produk UMKM

    Buat kamu yang lebih suka belanja dari rumah, nggak perlu khawatir ketinggalan keseruan BRI UMKM EXPO(RT) 2025! Event ini nggak cuma digelar secara offline di ICE BSD, tapi juga hadir secara online lewat berbagai e-commerce populer.

    Jadi, enggak ada alasan untuk enggak ikutan, kan? Yuk, intip promo-promo menarik berikut dan segera checkout produk impianmu!

    1. Tokopedia

    Diskon hingga 59 persen (minimal belanja Rp129 ribu).
    Maksimal diskon Rp229 ribu dengan Debit/Kartu Kredit BRI.
    Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025.

    2. Shopee

    Diskon hingga 59 persen (minimal belanja Rp129 ribu).
    Maksimal diskon Rp229 ribu dengan Debit/Kartu Kredit BRI.
    Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025.
    Cara akses: Klik menu “Lihat Semua”, pilih “Shopee Pilih Lokal”, dan klik “BRI UMKM Export 2025”.

    3. Lazada

    Diskon hingga 59 persen (minimal belanja Rp129 ribu).
    Maksimal diskon Rp229 ribu dengan Debit/Kartu Kredit BRI.
    Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025.

    4. PaDi UMKM

    Diskon hingga 59 persen (minimal belanja Rp129 ribu).
    Maksimal diskon Rp229 ribu dengan BRIVA di BRImo.
    Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025.
    Akses promo: Klik banner di homepage PaDi UMKM.

    5. Blibli

    Diskon hingga 59 persen (minimal belanja Rp129 ribu).
    Maksimal diskon Rp229 ribu dengan Debit/Kartu Kredit BRI.
    Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025.

    Promo Spesial BRI di Lokasi Pameran

    Enggak lengkap rasanya kalau datang ke pameran tanpa membawa pulang keuntungan lebih. Di BRI UMKM EXPO(RT) 2025, bukan hanya produk lokal berkualitas yang bisa kamu temukan, tapi juga segudang promo spesial yang bikin pengalaman belanjamu makin seru dan hemat. 

    Mulai dari cashback langsung hingga hadiah eksklusif, semuanya tersedia untuk kamu yang hadir di lokasi pameran. Penasaran dengan promo apa saja yang menanti? Berikut detailnya!

    1. Promo di Booth F&B

    Cashback Rp25 ribu untuk transaksi minimal Rp100 ribu.
    Transaksi via BRImo dengan QRIS.

    2. Promo di Booth Non-F&B

    Cashback Rp50 ribu untuk transaksi minimal Rp250 ribu.
    Transaksi via BRImo dengan QRIS.

    3. Promo di Booth BRI

    Buka rekening baru dengan setoran awal Rp5 juta dan daftar BRImo, kamu bisa ikut Wheel of Fortune dengan hadiah seperti voucher belanja, logam mulia, hingga gadget!

    4. Hadiah Tote Bag Eksklusif
    Kamu bisa mengumpulkan beberapa struk dengan total belanja Rp1,5 juta untuk ditukarkan dengan tote bag cantik.

    5. Promo Kartu Kredit BRI

    Buat kamu pengguna Kartu Kredit BRI, ada promo menarik selama acara ini!  Dengan transaksi minimal Rp1 juta, kamu bisa mendapatkan voucher belanja senilai Rp150 ribu. Jika transaksi kamu mencapai lebih dari Rp5 juta, voucher belanja senilai Rp700 ribu siap menanti!

    Namun, keseruan tidak berhenti sampai di situ,ada Program Top Spender, di mana para nasabah setia Kartu Kredit BRI berkesempatan memenangkan hadiah lebih besar lagi. Caranya sangat mudah!

    Lakukan transaksi minimal total Rp5 juta
    Simpan struk belanjamu
    Serahkan struk tersebut di booth Reward BRI

    Semakin tinggi transaksi, semakin besar peluang menang!

    Cek promo e-commerce & pameran eksklusif di bbri.id/promobue2025! Diskon spesial, cashback, dan penawaran terbaik menanti.

    Keseruan Lainnya di BRI UMKM EXPO(RT) 2025

    Tak hanya belanja, event ini juga menghadirkan berbagai hiburan seru, mulai dari penampilan Tulus hingga Bernadya. Jadi, pastikan kamu meluangkan waktu untuk hadir di pameran ini dan rasakan sendiri pengalaman unik yang ditawarkan produk UMKM Indonesia.

    Yuk, manfaatkan momen ini untuk mendukung UMKM lokal sekaligus menikmati promo seru yang bikin belanja makin hemat. Jangan lupa catat tanggalnya dan segera checkout produk impianmu di e-commerce favorit atau langsung datang ke BRI UMKM EXPO(RT) 2025! Info lengkap, klik link ini. (*)

  • Capaian 100 Hari Kerja Komdigi Pastikan Ruang Digital Aman-Konektivitas

    Capaian 100 Hari Kerja Komdigi Pastikan Ruang Digital Aman-Konektivitas

    Jakarta

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi), Meutya Hafid beserta jajaran di Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) mencatatkan beberapa capaian pada periode 100 hari kerjanya. Berbagai langkah strategis diambil untuk memastikan ruang digital lebih aman, konektivitas merata, dan pemberdayaan masyarakat terwujud melalui teknologi.

    Memutus Rantai Konten Negatif

    Dalam 100 hari kerja pertama, Kemkomdigi berhasil melakukan pemblokiran terhadap 1.037.558 konten negatif. Dengan melibatkan 745 Internet Service Provider (ISP) dalam program pemblokirannya, konten-konten tersebut beredar di 945.431 situs web dan 92.127 media sosial.

    Besaran angka tersebut merupakan bentuk komitmen untuk melindungi generasi muda, mencegah hoaks, dan menjaga keutuhan bangsa. Konten-konten berbahaya yang terus menyebar dapat menimbulkan konflik dan merusak masa depan bagi anak-anak bisa terpapar

    “Kami ingin memastikan bahwa anak-anak Indonesia dapat tumbuh di ruang digital yang bersih, aman, dan penuh manfaat,” ujar Meutya Hafid dalam keterangan tertulis Kamis (30/1/2025).

    Membatasi Anak di Ruang Digital

    Membatasi pergerakan anak di ruang digital merupakan salah satu langkah untuk menyelamatkan anak-anak dari pengaruh negatif dunia maya. Tanpa perlindungan yang jelas, anak-anak akan rentan tersesat dalam arus informasi yang berbahaya.

    Kementerian Komdigi saat ini tengah mengkaji aturan untuk memastikan lingkungan digital aman bagi anak-anak. Salah satu langkah konkritnya adalah merancang Peraturan Pemerintah tentang Tata Kelola Perlindungan Anak dalam Penyelenggaraan Sistem Elektronik (RPP TKPAPSE).

    Regulasi tersebut akan melindungi hak-hak, keamanan, serta privasi anak saat mengakses platform digital, aplikasi, dan layanan online lainnya. Presiden Prabowo pun telah meminta Menteri Komdigi segera menyelesaikan aturannya agar risiko anak terpapar konten tidak pantas, eksploitasi digital, serta pelanggaran privasi segara bisa dihindari.

    Dengan regulasi yang tepat, pemerintah memastikan bahwa ruang digital tetap menjadi tempat yang aman dan mendidik, bukan jebakan yang dapat mengancam masa depan.

    Memberantas Judi Online

    Perjudian online (judol) jadi ancaman serius yang membutuhkan perhatian. Meutya Hafid melakukan pemberantasan untuk melindungi masyarakat dari ancaman sosial dan ekonomi. Dalam 100 hari kepemimpinannya, Kemkomdigi pun telah menurunkan 882.352 konten terkait judol dari berbagai platform digital.

    Upaya ini dilakukan melalui kolaborasi dengan berbagai platform digital. Dari total konten yang telah diblokir, 807.587 berasal dari situs web dan alamat IP, sementara sisanya tersebar di platform media sosial lainnya. Langkah ini semakin mempersempit ruang gerak pelaku yang kerap menyasar masyarakat, termasuk kelompok rentan.

    Selain pemblokiran, jalur pelaporan bagi masyarakat juga dibuka. Kanal seperti https://aduankonten.id/ dan layanan WhatsApp Stop Judi Online di 0811-1001-5080 memungkinkan siapa saja berpartisipasi aktif dalam pengawasan.

    Portal lainnya, seperti https://aduannomor.id/home dan https://cekrekening.id/, juga tersedia untuk melaporkan penyalahgunaan nomor seluler dan rekening bank terkait kejahatan digital.

    Memperkuat Aturan dan Sanksi

    Menciptakan ruang digital yang aman dan nyaman bagi masyarakat tentu harus disertai dengan aturan. mulai 1 Februari 2025 Kemkomdigi mulai memberlakukan uji coba sanksi administratif kepada Penyelenggara Sistem Elektronik Lingkup Privat User-Generated Content (PSE UGC) yang tidak mematuhi kewajiban pemutusan akses terhadap konten ilegal .

    Untuk mendukung implementasi aturan ini, Kemkomdigi menggunakan Sistem Kepatuhan Moderasi Konten (SAMAN), yang telah diaudit oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan dinyatakan aman untuk beroperasi. Platform media sosial yang tidak mematuhi aturan moderasi konten akan dikenai sanksi secara bertahap, mulai dari peringatan hingga denda yang semakin besar.

    Dalam menjamin transparansi, Kementerian Keuangan turut mendukung melalui Sistem Informasi PNBP Online (SIMPONI) sehingga denda akan langsung masuk ke kas negara melalui sistem kode billing.

    Memperluas Jangkauan Internet

    Indonesia adalah negara kepulauan dengan ribuan desa terpencil yang masih sulit dijangkau jaringan internet. Di daerah-daerah tersebut, sinyal telepon masih menjadi kemewahan. Kementerian Komdigi pun telah membangun infrastruktur 4G di 320 lokasi blank spot melalui sinyal bersama dari berbagai operator seluler.

    Langkah ini menjadi katalisator transformasi digital. Adanya sinyal 4G, desa-desa yang sebelumnya terisolasi kini memiliki akses ke layanan kesehatan jarak jauh, pembelajaran berbasis teknologi, hingga peluang untuk mengembangkan ekonomi lokal melalui inovasi digital.

    Memperluas jaringan sinyal membawa dampak besar untuk menyatukan pulau-pulau Nusantara dalam konektivitas. Dampaknya dapat dirasakan oleh segala lapisan masyarakat, mulai dari mempermudah pelajar dalam mengakses pelajaran daring hingga petani yang menjual panennya di e-commerce.

    “Kami tidak ingin ada yang tertinggal di era digital ini. Setiap sinyal yang terhubung adalah langkah menuju pemerataan kesempatan,” ucap Meutya Hafid.

    Penyelesaian BTS 4G dan SATRIA-1

    Dengan 490 lokasi BTS 4G yang telah dibangun dan 21.183 lokasi internet SATRIA-1 yang aktif melayani, Kemkomdigi telah membawa teknologi ke sudut-sudut terpencil di Indonesia. Infrastruktur ini bukan hanya tentang koneksi internet, tetapi juga membuka harapan dan peluang.

    Konektivitas yang dilakukan dapat membuka akses yang selama ini terkunci. Selain itu, akan membuka peluang pendidikan dan ekonomi yang pada akhirnya berdampak pada pendapatan dan perekonomian suatu daerah.

    Membangun dari Timur Indonesia

    Di Papua Kemkomdigi telah membangun infrastruktur telekomunikasi 4G, menghadirkan 10.631 Base Transceiver Station (BTS) yang terdiri dari 3.388 BTS oleh BAKTI (USO) dan 7.243 BTS milik operator seluler lainnya.

    Dari enam provinsi dan 42 kabupaten/kota, 7.305 desanya kini telah menikmati layanan 4G. Ini adalah salah satu kunci penting kemajuan Indonesia, yang ingin memastikan seluruh wilayah terbuka akses pendidikan, ekonomi, dan peluang baru bagi masyarakatnya.

    Berbagai peluang terbuka bagi desa-desa di Papua. Produk lokal dapat dipasarkan secara global, pendidikan menjadi lebih inklusif, dan komunikasi menjadi lebih mudah. Infrastruktur telekomunikasi tidak hanya membangun konektivitas, tetapi juga memberdayakan masyarakat yang ada di dalamnya.

    Implementasi SPBE: Administrasi Publik yang Efisien dan Transparan

    Kemkomdigi melakukan birokrasi pemerintah untuk meningkatkan sistem kerja yang efisien. Dengan IndeksSPBE mencapai 4,75 (kategori memuaskan) dan menduduki peringkat pertama di antara seluruh kementerian/lembaga,Kemkomdigi telah membuktikan teknologi dapat menjadi baru untuk melawan korupsi dan melayani masyarakat lebih transparan.

    Mendorong UMKM dan Kreativitas Anak Bangsa

    Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu tulang punggung ekonomi Indonesia. Dalam 100 hari pertama, 1.433 UMKM terdigitalisasi dan naik kelas, dengan 309 di antaranya aktif menjual secara daring.

    Tidak hanya itu, Kemkomdigi juga mempromosikan 20 gim lokal selama libur Natal dan Tahun Baru lalu. Upaya ini dilakukan untuk menyalurkan kreativitas anak bangsa yang mampu bersaing di dunia internasional.

    Program ‘UMKM Level Up’ menjadi langkah nyata untuk memastikan pelaku usaha kecil mampu menembus batas geografis melalui digitalisasi. Para pelaku UMKM di daerah sekarang dapat memasarkan hasil produksinya ke seluruh penjuru negeri.

    Lebih dari sekadar peningkatan penjualan, digitalisasi membuka akses ke berbagai sumber daya penting seperti pelatihan keterampilan, pendanaan mikro, hingga jejaring bisnis yang lebih luas.

    Melalui digitalisasi UMKM tidak hanya bertransformasi menjadi lebih kompetitif, tetapi juga menciptakan rantai nilai yang berdampak positif pada masyarakat lokal, meningkatkan pendapatan keluarga, dan memperkuat ekonomi daerah.

    Adopsi Teknologi dalam Berbagai Sektor

    Kemkomdigi melakukan berbagai inovasi. Salah satunya dengan inovasi seperti wearable technology di 15 fasilitas kesehatan, integrasi desa wisata dengan Online Travel Agency (OTA), dan adopsi teknologi oleh 22 kelompok nelayan, Kemkomdigi telah membawa cahaya pada sektor kesehatan, pariwisata, dan perikanan.

    Langkah adopsi teknologi ini hanya inovasi, tetapi juga pemberdayaan, menciptakan peluang dari desa hingga kota. Desa wisata yang bekerja sama dengan OTA dan loka pasar kini menjadi magnet pariwisata, mendongkrak ekonomi lokal.

    Melahirkan Talenta Digital

    Kemkomdigi menggelar program Digital Talent Scholarship (DTS). Melalui Digital Talent Scholarship (DTS), lebih dari 4.043 peserta di Makassar, Medan, dan Yogyakarta telah dilatih untuk menghadapi tantangan ekonomi digital.

    Melalui program tersebut peserta dibekali dengan keterampilan teknis. Selain itu, peserta juga diberikan semangat inovasi untuk menjadi transformasi digital di masa depan. Upaya ini dilakukan untuk membangun ekosistem talenta digital yang berkelanjutan, serta menciptakan generasi muda yang siap menyemai teknologi lokal dengan global.

    Membangun Literasi Digital

    Pada era informasi, literasi digital menjadi kebutuhan yang tidak bisa dianggap remeh. Literasi digital adalah garda terdepan dalam menghadapi aneka konten negatif dan menyesatkan. literasi digital dapat membimbing masyarakat menuju ruang digital yang lebih sehat.

    Dengan melibatkan 1.292 peserta pelatihan di Jakarta, Depok, dan Yogyakarta, Kemkomdigi telah membangun kesadaran masyarakat tentang bahaya judi online (Judol), hoaks, dan pentingnya menggunakan teknologi secara bijak. Program ini bertujuan untuk menciptakan pengguna yang cerdas untuk mencapai ruang digital yang sehat.

    Pengendalian Aplikasi Informatika: Pilar Pilkada Damai

    Saat Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kemkomdigi melakukan upaya untuk menjaga suasana damai selama proses Pilkada dengan pengamanan ekstra. Kemkomdigi pun melakukannya dengan menggelar 13 kegiatan sosialisasi Pilkada Damai yang menjangkau lebih dari 8 juta orang.

    Deklarasi anti-hoaks dan pengawasan platform digital (PSE dan PSrE) menjadi tameng kuat melindungi ruang digital dari informasi palsu yang bisa merusak pesta demokrasi. Selain itu, langkah ini diambil untuk memastikan keamanan setiap suara rakyat.

    Masa Depan Digital yang Berdaya dan Bermakna

    Semua capaian Kemkomdigi dalam seratus hari pertama ini bukan sekadar angka. Ini adalah wujud nyata dari mimpi besar menjadikan Indonesia sebagai negara digital yang inklusif dan aman. Kemkomdigi tidak hanya bekerja untuk menghadirkan teknologi, tetapi juga memberdayakan masyarakat, menyatukan wilayah, dan menjaga keamanan ruang digital.

    “Transformasi digital adalah tentang manusia, bukan hanya teknologi. Kami ingin memastikan setiap langkah yang diambil bermakna bagi masyarakat,” kata Meutya Hafid.

    Seratus hari pertama ini merupakan rangkaian awal dari perjalanan panjang menuju Indonesia digital yang lebih maju. Dengan semangat kerja sama dan inovasi, Kemkomdigi mengundang seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mewujudkan ruang digital yang memberdayakan, aman, dan berkelanjutan.

  • Belanja Produk Lokal di BRI UMKM EXPO(RT) 2025, Ada Diskon hingga 59%

    Belanja Produk Lokal di BRI UMKM EXPO(RT) 2025, Ada Diskon hingga 59%

    Jakarta

    Kabar gembira untuk para pencinta produk lokal berkualitas! Pasalnya, BRI UMKM EXPO(RT) 2025 kembali hadir dengan ribuan koleksi terbaik UMKM yang tentunya sayang jika dilewatkan.

    Menariknya lagi, ada juga berbagai promo menarik yang dapat dinikmati di platform e-commerce favorit. Penasaran acara dan promo apa saja yang dihadirkan BRI UMKM EXPO(RT) 2025?

    Rangkaian BRI UMKM EXPO(RT) 2025

    Tahun ini, BRI UMKM EXPO(RT) 2025 akan menampilkan 1.000 UMKM terbaik dari seluruh Indonesia. Event ini akan digelar di ICE BSD pada 30 Januari hingga 2 Februari 2025. Seluruh UMKM yang berpartisipasi pun telah melalui proses kurasi ketat untuk memastikan kualitas produknya layak menembus pasar global.

    Melalui event, para pelaku UMKM berkesempatan untuk memperkenalkan produk unggulan mereka ke pasar internasional. Terdapat berbagai kategori yang akan dipamerkan pada ajang ini, yakni F&B, fashion, kerajinan tangan hingga produk teknologi. Ada juga berbagai promo menarik yang bisa dimanfaatkan baik di lokasi pameran maupun melalui platform e-commerce.

    Alasan Belanja Produk UMKM Indonesia

    UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia. Belanja produk dari UMKM Indonesia bukan hanya memberi dampak positif pada sektor ekonomi, tetapi juga memberikan banyak manfaat lainnya bagi konsumen, produsen, serta masyarakat secara keseluruhan.

    Dengan mendukung UMKM, secara langsung juga akan membantu mereka untuk tumbuh dan bersaing, baik di pasar lokal maupun global. Belanja produk UMKM juga memiliki banyak keuntungan lain seperti berikut:

    1. Dukungan untuk Perekonomian Lokal

    Dengan membeli produk UMKM, kamu ikut berkontribusi dalam mendukung perekonomian Indonesia dan membantu pelaku usaha kecil untuk berkembang. Selain itu, UMKM juga menyerap banyak tenaga kerja lokal sehingga secara tak langsung kamu ikut mendukung kesejahteraan banyak orang yang terlibat dalam usaha tersebut.

    2. Kualitas Ekspor

    Meski diproduksi secara lokal, banyak produk UMKM Indonesia yang sudah diakui di pasar internasional, baik dari segi kualitas maupun inovasi. Bahkan, tak sedikit produk UMKM yang sudah go global di berbagai negara.

    3. Keunikan Produk

    Produk UMKM seringkali menghadirkan sesuatu yang berbeda dan unik, yang jarang ditemukan di produk massal. Sebab, produk UMKM sering kali dibuat dengan tangan, bahan baku lokal, bahkan kualitas dan desainnya pun bisa sangat beragam.

    4. Harga Kompetitif

    Meski berkualitas, produk UMKM menawarkan harga yang tetap ramah di kantong. Apalagi ditambah promo spesial seperti yang ada di BRI UMKM EXPO(RT) 2025.

    Promo Seru di e-Commerce untuk Produk UMKM

    Buat kamu yang lebih suka belanja dari rumah, nggak perlu khawatir ketinggalan keseruan BRI UMKM EXPO(RT) 2025. Pasalnya, event ini nggak cuma digelar secara offline di ICE BSD, tapi juga hadir secara online lewat berbagai e-commerce populer. Jadi, nggak ada alasan untuk nggak ikutan, kan? Yuk, intip promo-promo menarik berikut dan segera checkout produk impianmu!

    1. Tokopedia

    Diskon hingga 59% (minimal belanja Rp 129 ribu). Maksimal diskon Rp 229 ribu dengan Debit/Kartu Kredit BRI. Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025.

    2. Shopee

    Diskon hingga 59% (minimal belanja Rp 129 ribu). Maksimal diskon Rp 229 ribu dengan Debit/Kartu Kredit BRI. Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025. Cara akses: Klik menu “Lihat Semua”, pilih “Shopee Pilih Lokal”, dan klik “BRI UMKM Export 2025”. Diskon hingga 59% (minimal belanja Rp 129 ribu). Maksimal diskon Rp 229 ribu dengan Debit/Kartu Kredit BRI. Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025.

    3. Lazada

    Diskon hingga 59% (minimal belanja Rp 129 ribu). Maksimal diskon Rp 229 ribu dengan Debit/Kartu Kredit BRI. Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025.

    4. PaDi UMKM

    Diskon hingga 59% (minimal belanja Rp 129 ribu). Maksimal diskon Rp 229 ribu dengan BRIVA di BRImo. Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025. Akses promo: Klik banner di homepage PaDi UMKM. Diskon hingga 59% (minimal belanja Rp 129 ribu). Maksimal diskon Rp 229 ribu dengan Debit/Kartu Kredit BRI. Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025.

    5. Blibli

    Diskon hingga 59% (minimal belanja Rp 129 ribu). Maksimal diskon Rp 229 ribu dengan Debit/Kartu Kredit BRI. Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025.

    Promo Spesial di Lokasi Pameran

    Tak kalah spesial dari promo di e-commerce, ada banyak promo yang bisa kamu nikmati saat datang langsung ke BRI UMKM EXPO(RT) 2025. Selain bisa belanja berbagai produk lokal berkualitas, ada juga juga segudang promo spesial yang bikin pengalaman belanjamu makin seru dan hemat. Mulai dari cashback langsung hingga hadiah eksklusif, semuanya tersedia untuk kamu yang hadir di lokasi pameran. Penasaran dengan promo apa saja yang menanti? Berikut detailnya.

    1. Promo di Booth F&B

    Cashback Rp 25 ribu untuk transaksi minimal Rp 100 ribu. Kuota cashback 1.500 transaksi per hari. Transaksi via BRImo dengan QRIS. Cashback Rp50 ribu untuk transaksi minimal Rp250 ribu. Kuota cashback 1.500 transaksi per hari. Transaksi via BRImo dengan QRIS.

    2. Promo di Booth Non-F&B

    Cashback Rp50 ribu untuk transaksi minimal Rp250 ribu. Kuota cashback 1.500 transaksi per hari. Transaksi via BRImo dengan QRIS.

    3. Promo di Booth BRI

    Buka rekening baru dengan setoran awal Rp5 juta dan daftar BRImo, kamu bisa ikut Wheel of Fortune dengan hadiah seperti voucher belanja, logam mulia, hingga gadget!

    4. Hadiah Tote Bag Eksklusif

    Belanja minimal Rp 1,5 juta di tenant UMKM dan tukarkan strukmu untuk mendapatkan tote bag cantik.

    5. Promo Kartu Kredit BRI

    Buat kamu pengguna Kartu Kredit BRI, ada promo menarik selama acara ini! Dengan transaksi minimal Rp 1 juta, kamu bisa mendapatkan voucher belanja senilai Rp 150 ribu. Jika transaksi kamu mencapai lebih dari Rp5 juta, voucher belanja senilai Rp 700 ribu siap menanti!

    Namun, keseruan tidak berhenti sampai di situ,ada Program Top Spender, di mana para nasabah setia Kartu Kredit BRI berkesempatan memenangkan hadiah lebih besar lagi. Caranya sangat mudah!

    Lakukan transaksi minimal total Rp 5 juta Simpan struk belanjamu Serahkan struk tersebut di booth Reward BRI

    Semakin tinggi transaksi, semakin besar peluang menang!

    Cek promo e-commerce & pameran eksklusif di bbri.id/promobue2025 ! Diskon spesial, cashback, dan penawaran terbaik menanti.

    Penampilan Tulus hingga Bernadya di BRI UMKM EXPO(RT) 2025

    Selain pameran produk berkualitas, event ini juga menghadirkan berbagai hiburan seru, mulai dari penampilan Tulus hingga Bernadya. Jadi, pastikan kamu meluangkan waktu untuk hadir di pameran ini dan rasakan sendiri pengalaman unik yang ditawarkan produk UMKM Indonesia.

    Jadi, tunggu apa lagi? Manfaatkan momen ini untuk mendukung UMKM lokal sekaligus menikmati promo seru yang bikin belanja makin hemat. Jangan lupa catat tanggalnya dan segera checkout produk impianmu di e-commerce favorit atau datang langsung ke BRI UMKM EXPO(RT) 2025 dan kunjungi link berikut.

    (adv/adv)

    Hoegeng Awards 2025

    Usulkan Polisi Teladan di sekitarmu

  • Ragam Cara Pembayaran Transaksi Pakai DANA

    Ragam Cara Pembayaran Transaksi Pakai DANA

    Jakarta: DANA merupakan salah satu platform dompet digital yang memberikan kemudahan dalam berbagai jenis transaksi keuangan, mulai dari pembayaran tagihan, belanja, hingga transfer uang. 
     
    Bertransaksi di DANA pun banyak ragamnya, seperti untuk membayar listrik, internet, asuransi, membeli barang, hingga investasi. DANA bisa menjadi dompet digital andalan yang segalanya ada untuk pengguna.
    Apa saja yang bisa dibayar dengan DANA?
    Menurut laman resmi DANA, aplikasi ini mendukung berbagai transaksi, seperti:
     
    Pembayaran di Merchant: Dengan fitur QRIS, DANA memungkinkan pembayaran di berbagai toko, restoran, kafe, hingga minimarket seperti Alfamart dan Lawson.

    Pembelian pulsa dan paket data: DANA menyediakan pembelian pulsa dan paket data dari semua operator seluler di Indonesia.
     
    Pembayaran ragihan: Aplikasi ini dapat digunakan untuk membayar listrik PLN (prabayar dan pascabayar), PDAM, internet, TV kabel, BPJS Kesehatan, hingga cicilan.
     

    Belanja online dan transportasi: DANA mendukung pembayaran di e-commerce serta layanan transportasi online yang bermitra.
     
    Pembayaran pajak dan donasi: Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), pajak kendaraan, hingga donasi dan zakat bisa dilakukan dengan mudah.
     
    Tiket bioskop dan voucher game: DANA memfasilitasi pembelian tiket bioskop serta top-up game atau aplikasi digital.
     
    Transfer uang: Pengguna dapat mengirim uang ke sesama pengguna DANA atau ke rekening bank.

    Cara melakukan transaksi via aplikasi DANA.
    DANA memiliki banyak cara untuk kamu nyaman bertransaksi. Berikut diantaranya: 

    1. Cara bertransaksi menggunakan DANA menggunakan saldo DANA

    – Pilih DANA sebagai metode pembayaran pada aplikasi lain.
    – Konfirmasi pembayaran dan masukkan PIN DANA.
    – Pembayaran berhasil jika saldo mencukupi.
    – Transaksi Menggunakan QR DANA
     

    2. Scan QR

    Cara lainnya adalah dengan menggunakan QR DANA, seperti dibawah ini:
     
    – Klik fitur “Scan” di halaman utama, arahkan kamera ke kode QR yang tersedia di merchant, lalu pembayaran selesai.
    – Kode QR dari Aplikasi: Klik fitur “Bayar”, tampilkan kode QR kepada perangkat scan merchant, dan transaksi akan diproses.

    3. Menggunakan kartu debit yang terdaftar di DANA

    – Buka menu “Kirim” di aplikasi, pilih sub-menu “Rekening Bank”.
    – Masukkan nama bank, nomor rekening tujuan, dan nominal transfer.
    – Pilih kartu debit yang terdaftar, masukkan PIN DANA, dan tunggu proses selesai.
     
    Gampang kan? Fleksibilitas dan ragam fitur ini bisa jadi solusi ideal untuk kebutuhan transaksi digital sehari-hari.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Kesempatan Emas! Nikmati Diskon hingga 59% di BRI UMKM EXPO(RT) 2025

    Kesempatan Emas! Nikmati Diskon hingga 59% di BRI UMKM EXPO(RT) 2025

    Jakarta, Beritasatu.com – Bagi kamu yang gemar berburu produk lokal berkualitas, ada kabar gembira yang sayang untuk dilewatkan! Awal tahun 2025 ini, akan ada gelaran seru yang menjadi surganya para pecinta produk UMKM. Tak hanya menghadirkan ribuan produk berkualitas, kamu juga bisa menikmati berbagai promo menarik di platform e-commerce favoritmu.

    Yap, BRI UMKM EXPO(RT) 2025 kembali hadir dengan lebih banyak kejutan. Penasaran seperti apa event yang ditunggu-tunggu ini? Simak ulasannya berikut beserta deretan promo yang bikin belanja jadi lebih hemat!

    Sekilas tentang BRI UMKM EXPO(RT) 2025

    BRI UMKM EXPO(RT) 2025 adalah ajang pameran yang akan menampilkan 1.000 UMKM terbaik dari seluruh Indonesia. Event ini akan digelar di ICE BSD pada 30 Januari hingga 2 Februari 2025. Menariknya, UMKM yang berpartisipasi telah melalui proses kurasi ketat untuk memastikan kualitas produknya layak menembus pasar global.

    Event ini menjadi kesempatan besar bagi para pelaku UMKM untuk memperkenalkan produk unggulan mereka ke pasar internasional. Mulai dari fashion wastra Nusantara dan aksesoris stylish yang membuat penampilan semakin kece, produk beauty berbahan natural untuk perawatan berkualitas, hingga aneka camilan ekspor yang menggugah selera. Selain itu, kopi, teh, dan minuman rempah khas Nusantara yang kaya rasa serta pernak-pernik estetik untuk mempercantik rumah juga hadir, menunjukkan inovasi dan keunggulan karya anak bangsa.

    Bagi kamu yang ingin merasakan langsung kualitas produk Indonesia, jangan lewatkan acara ini. Namun, jika tidak bisa hadir langsung ke BRI UMKM EXPO(RT) 2025, jangan khawatir! Kamu tetap bisa belanja dan menikmati berbagai promo menarik melalui platform e-commerce yang telah disediakan. Jadi, di mana pun kamu berada, tetap ada kesempatan untuk mendukung dan memiliki produk unggulan karya anak bangsa!

    Alasan Belanja Produk UMKM Indonesia

    Dengan mendukung UMKM, kamu secara langsung membantu mereka untuk tumbuh dan bersaing, baik di pasar lokal maupun global.

    Nah, selain dampak positifnya, belanja produk UMKM juga punya banyak keuntungan lain yang bisa bikin kamu makin bangga memilih karya anak bangsa. Berikut ini beberapa alasannya!

    1. Dukungan untuk Perekonomian Lokal
    Dengan membeli produk UMKM, kamu ikut berkontribusi dalam mendukung perekonomian Indonesia dan membantu pelaku usaha kecil untuk berkembang.

    2. Kualitas Ekspor
    Jangan salah, banyak produk UMKM Indonesia yang sudah diakui di pasar internasional, baik dari segi kualitas maupun inovasi.

    3. Keunikan Produk
    Produk UMKM seringkali menghadirkan sesuatu yang berbeda dan unik, yang jarang kamu temukan di produk massal.

    4. Harga Kompetitif
    Meski berkualitas, produk UMKM menawarkan harga yang tetap ramah di kantong. Apalagi ditambah promo spesial seperti yang ada di BRI UMKM EXPO(RT) 2025!

    Promo Seru di E-Commerce untuk Produk UMKM

    Buat kamu yang lebih suka belanja dari rumah, nggak perlu khawatir ketinggalan keseruan BRI UMKM EXPO(RT) 2025! Event ini nggak cuma digelar secara offline di ICE BSD, tapi juga hadir secara online lewat berbagai e-commerce populer.

    Jadi, nggak ada alasan untuk nggak ikutan, kan? Yuk, intip promo-promo menarik berikut dan segera checkout produk impianmu!

    1. Tokopedia
    – Diskon hingga 59% (minimal belanja Rp129 ribu).
    – Maksimal diskon Rp229 ribu dengan Debit/Kartu Kredit BRI.
    – Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025.

    2. Shopee
    – Diskon hingga 59% (minimal belanja Rp129 ribu).
    – Maksimal diskon Rp229 ribu dengan Debit/Kartu Kredit BRI.
    – Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025.
    – Cara akses: Klik menu “Lihat Semua”, pilih “Shopee Pilih Lokal”, dan klik “BRI UMKM Export 2025”.

    3. Lazada
    – Diskon hingga 59% (minimal belanja Rp129 ribu).
    – Maksimal diskon Rp229 ribu dengan Debit/Kartu Kredit BRI.
    – Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025.

    4. PaDi UMKM
    – Diskon hingga 59% (minimal belanja Rp129 ribu).
    – Maksimal diskon Rp229 ribu dengan BRIVA di BRImo.
    – Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025.
    – Akses promo: Klik banner di homepage PaDi UMKM.

    5. Blibli
    – Diskon hingga 59% (minimal belanja Rp129 ribu).
    – Maksimal diskon Rp229 ribu dengan Debit/Kartu Kredit BRI.
    – Periode promo: 20 Januari – 2 Februari 2025.

    Promo Spesial BRI di Lokasi Pameran

    Nggak lengkap rasanya kalau datang ke pameran tanpa membawa pulang keuntungan lebih. Di BRI UMKM EXPO(RT) 2025, bukan hanya produk lokal berkualitas yang bisa kamu temukan, tapi juga segudang promo spesial yang bikin pengalaman belanjamu makin seru dan hemat. 
    Mulai dari cashback langsung hingga hadiah eksklusif, semuanya tersedia untuk kamu yang hadir di lokasi pameran. Penasaran dengan promo apa saja yang menanti? Berikut detailnya!

    1. Promo di Booth F&B
    – Casback Rp25 ribu untuk transaksi minimal Rp100 ribu.
    – Transaksi via BRImo dengan QRIS.

    2. Promo di Booth Non-F&B
    – Cashback Rp50 ribu untuk transaksi minimal Rp250 ribu.
    – Transaksi via BRImo dengan QRIS.

    3. Promo di Booth BRI
    Buka rekening baru dengan setoran awal Rp5 juta dan daftar BRImo, kamu bisa ikut Wheel of Fortune dengan hadiah seperti voucher belanja, logam mulia, hingga gadget!

    4. Hadiah Tote Bag Eksklusif
    Kamu bisa mengumpulkan beberapa struk dengan total belanja Rp1,5 juta untuk ditukarkan dengan tote bag cantik.

    5. Promo Kartu Kredit BRI
    Buat kamu pengguna Kartu Kredit BRI, ada promo menarik selama acara ini!  Dengan transaksi minimal Rp1 juta, kamu bisa mendapatkan voucher belanja senilai Rp150 ribu. Jika transaksi kamu mencapai lebih dari Rp5 juta, voucher belanja senilai Rp700 ribu siap menanti!

    Namun, keseruan tidak berhenti sampai di situ,ada Program Top Spender, di mana para nasabah setia Kartu Kredit BRI berkesempatan memenangkan hadiah lebih besar lagi. Caranya sangat mudah!

    – Lakukan transaksi minimal total Rp5 juta
    – Simpan struk belanjamu
    – Serahkan struk tersebut di booth Reward BRI

    Semakin tinggi transaksi, semakin besar peluang menang!

    Cek promo e-commerce & pameran eksklusif di bbri.id/promobue2025! Diskon spesial, cashback, dan penawaran terbaik menanti.

    Keseruan Lainnya di BRI UMKM EXPO(RT) 2025

    Tak hanya belanja, event ini juga menghadirkan berbagai hiburan seru, mulai dari penampilan Tulus hingga Bernadya. Jadi, pastikan kamu meluangkan waktu untuk hadir di pameran ini dan rasakan sendiri pengalaman unik yang ditawarkan produk UMKM Indonesia.

    Yuk, manfaatkan momen ini untuk mendukung UMKM lokal sekaligus menikmati promo seru yang bikin belanja makin hemat. Jangan lupa catat tanggalnya dan segera checkout produk impianmu di e-commerce favorit atau langsung datang ke BRI UMKM EXPO(RT) 2025! Info lengkap, klik link berikut.

  • Perbankan Genjot Transaksi Nasabah saat Perayaan Imlek 2025 – Halaman all

    Perbankan Genjot Transaksi Nasabah saat Perayaan Imlek 2025 – Halaman all

    BNI memberikan banyak penawaran menarik bertepatan dengan Tahun Baru Imlek 2025 yang jatuh pada tanggal 29 Januari

    Tayang: Rabu, 29 Januari 2025 17:22 WIB |
    Diperbarui: Rabu, 29 Januari 2025 17:23 WIB

    TRIBUNNEWS/HO

    GENJOT TRANSAKSI NASABAH. Perbankan menggenjot transaksi nasabahnya saat perayaan Imlek 2025. BNI memberikan penawaran setiap beragam transaksi menggunakan Kartu BNI dan wondr by BNI saat perayaan Imlek 2025. 

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Perbankan menggenjot transaksi nasabahnya saat perayaan Imlek 2025.

    Satu di antaranya, PT Bank Negara Indonesia (BNI) dengan memberikan penawaran setiap beragam transaksi menggunakan Kartu BNI dan wondr by BNI.

    Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo mengungkapkan, mengusung tema Create Your Own Luck pada Imlek yang merupakan tahun Ular kali ini, berbagai penawaran menarik seperti promo dining, e-commerce, groceries, fashion and lifestyle, hampers, hingga traveling bisa dinikmati hingga akhir Februari 2025.

    “BNI memberikan banyak penawaran menarik bertepatan dengan Tahun Baru Imlek 2025 yang jatuh pada tanggal 29 Januari 2025,” ujar Okki dalam keterangannya, Rabu (29/1/2025).

    Adapun penawaran yang diberikan BNI seperti potongan 8 persen hingga Rp25 ribu bisa digunakan untuk pembelian token listrik PLN hingga pulsa dan paket data.

    Selain itu, pengguna wondr by BNI juga bisa dapat diskon 8 persen hingga Rp150ribu untuk pembelian tiket Whoosh dan Kereta Api.

    Lalu, pemilik Kartu Kredit dan Debit BNI bisa check out mendapatkan potongan hingga Rp388 ribu di sejumlah layanan e-commerce.

    “Dengan adanya penawaran menarik dari BNI diharapkan bisa mengisi libur panjang Imlek 2025 dan memanjakan nasabah setia kami,” tutur Okki.

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini