Topik: e-commerce

  • 10 Tren Bisnis 2025 yang Menguntungkan dan Potensial

    10 Tren Bisnis 2025 yang Menguntungkan dan Potensial

    Memasuki tahun 2025, tren bisnis menguntungkan menjadi topik yang banyak dicari oleh pelaku usaha di awal tahun. Diprediksi tahun ini akan didominasi oleh perkembangan teknologi dan bisnis berbasis keberlanjutan.

    Dengan memanfaatkan teknologi, pengusaha bisa membuka peluang usaha potensial yang bisa dinikmati konsumen. Selain sektor teknologi, ada beberapa peluang bisnis lainya yang potensial mendatangkan cuan.

    Penasaran, apa saja Tren Bisnis 2025 yang menjanjikan? Berikut beberapa peluang usaha yang menarik untuk dicoba.

    1. Bisnis berbasis AI

    Di tengah perkembangan teknologi yang kian pesat, bisnis berbasis AI menjadi peluang usaha menjanjikan pada 2025.

    Beberapa tahun terakhir, sejumlah perusahaan mengembangkan model AI untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

    Tidak hanya meningkatkan pengalaman konsumen, semakin banyak perusahaan hingga organisasi yang mengadopsi AI. Tujuannya  untuk menyederhanakan operasional dan meningkatkan efisiensi.

    Penggunaan AI akan membantu bisnis mengoptimalkan proses produksi hingga pemasaran sampai ke konsumen.

    Selain itu, penerapan AI dalam proses pengambilan keputusan memungkinkan perusahaan memprediksi tren industri dan perilaku konsumen.

    Maka dari itu, bisnis berbasi AI dalam beberapa waktu ke depan akan mengalami perkembangan yang signifikan.

    2. Bisnis e-commerce

    Bisnis e-commerce menjadi salah satu tren bisnis 2025 yang potensial bagi pelaku usaha. Kemudahan pembelian produk menjadikan berbagai platform belanja online banyak digandrungi di Indonesia.

    Bahkan, e-commerce yang menjamur menjadi penopang ekonomi berbasis digital di Indonesia yang menjadikannya sebagai pilihan utama konsumen.

    Didukung dengan tren social commerce memberikan kesempatan besar bagi pelaku usaha untuk menjangkau lebih banyak pelanggan.

    Dengan memanfaatkan tren yang ada, Anda bisa menjual berbagai produk berupa barang atau jasa di e-commerce.

    3. Telemedicine

    Perkembangan era digital juga berdampak di sektor kesehatan. Bisnis kesehatan dan kebugaran meningkat dalam beberapa tahun terakhir.

    Hal tersebut didukung meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran.

    Lewat teknologi, layanan kesehatan dan kebugaran beralih ke digital. Salah satu penerapan bisnisnya adalah telemedicine.

    Dikenal dengan istilah telehealth, bisnis tersebut menawarkan layanan kesehatan jarak jauh menggunakan teknologi informasi dan komunikasi.

    Layanan tersebut memungkinkan pasien mendapatkan konsultasi, diagnosis, hingga pengobatan di mana saja.

    4. Energi terbarukan

    Selain bisnis yang memanfaatkan teknologi, tren bisnis 2025 diprediksi banyak mengadopsi konsep berkelanjutan atau sustainability.

    Tidak hanya menjanjikan keuntungan, konsep bisnis ini juga bisa membuka peluang investasi dan produktivitas di kantor.

    Fokus pada kegiatan ramah lingkungan, pelaku bisa bisa menjadikan ide bisnis energi terbarukan sebagai peluang usaha di tahun 2025, seperti panel surya, kincir angin, kincir air, listrik, dan energi terbarukan lainnya. 

    Penggunaan energi terbarukan pun telah menjangkau berbagai industri, termasuk otomotif.

    5. Reseller atau dropship

    Menjadi reseller atau dropshiper banyak diminati oleh pelaku usaha beberapa tahun terakhir. Di tahun 2025, model bisnis ini mampu menghasilkan cuan tambahan.

    Ide bisnis ini cocok bagi Anda yang memiliki modal minim, tetapi ingin berbisnis. Pasalnya, model bisnis satu ini tidak perlu menyetok produk.

    Alih-alih memproduksi produk, Anda akan bekerja sama dengan supplier terpercaya untuk mempromosikannya.

    Anda bisa mempromosikannya melalui platform e-commerce atau media sosial yang akan membantu menjangkau konsumen lebih luas.

    6. Menjual produk digital

    Tren bisnis 2025 berikutnya menjual produk digital yang mulai banyak dilirik. Berbeda dengan produk fisik, barang atau jasa yang dapat dijual dan ditawarkan melalui media digital atau internet.

    Ada berbagai macam produk digital yang bisa dijual dan berpotensi menghasilkan keuntungan besar, yakni aplikasi, website, e-book, template desain, perangkat lunak, dan lain sebagainya,

    Dapat dilakukan di mana saja dan kapan pun menjadi keuntungan menjual produk digital sehingga modalnya terbilang lebih terjangkau.

    7. Pelatihan online

    Jika Anda memiliki keterampilan di bidang pendidikan atau ahli di bidang tertentu, pelatihan online dapat dijadikan peluang bisnis menguntungkan di tahun 2025.

    Tidak perlu menyediakan tempat sendiri untuk memberikan pelatihan, Anda bisa menyediakan bahan pelajaran yang bisa diakses secara online. E-book hingga video pembelajaran bisa dijadikan medianya.

    Anda bisa menawarkan pelatihan gratis untuk mempromosikannya. Untuk pelatihan yang lebih mendalam, konsumen bisa membayar biaya langganan.

    Agar bisnis menghasilkan keuntungan besar, pilihlah topik atau bidang yang banyak diminati, seperti bidang teknologi dan digital.

    8. Menjual produk ramah lingkungan

    Salah satu tren bisnis 2025 dengan mengandalkan konsep berkelanjutan adalah menjual produk ramah lingkungan.

    Sejalan dengan meningkatnya kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan, produk ramah lingkungan banyak diminati di pasar.

    Anda bisa memproduksi sejumlah produk eco friendly untuk memulai bisnis berkelanjutan. Contohnya tas dari bahan bahan organik, kemasan nonplastik, produk daur ulang, dan lain sebagainya.

    9. Menjual produk custom

    Produk yang dipersonalisasi dengan preferensi konsumen menjadi peluang bisnis menguntungkan di tahun 2025. Produk kustomisasi selalu memiliki pasar, baik untuk kebutuhan pribadi atau acara tertentu.

    Anda dapat bekerja sama dengan vender cetak untuk menghemat modal dan waktu. Agar produk dilirik oleh konsumen, pilih desain unik atau sesuaikan dengan tren. 

    Lewat strategi pemasaran yang tepat, bisnis satu ini bisa berkembang pesat dan membuka peluang usaha baru.

    10. Pemanfaatan teknologi untuk layanan pelanggan

    Penggunaan teknologi diperkiraan akan semakin banyak digunakan dalam meningkatkan layanan pelanggan. Misalnya teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) yang menawarkan pengalaman menarik bagi konsumen.

    Dengan bantuan teknologi, perusahan bisa mempromosikan produk yang ditawarkan dengan memberikan pengalaman mendalam.

    Dilansir Forbes, beberapa ahli memperkirakan usaha kecil dan menengah akan mendorong pertumbuhan ekonomi dan inovasi di tahun 2025. Terlebih dalam mengadopsi teknologi.

    Menurut Elizabeth Gore, pendiri Hello Alice, pemanfaatan AI dan perangkat digital memungkinkan untuk mengeksplorasi peluang pertumbuhan baru.

    “Pada saat yang sama, adopsi teknologi akan semakin cepat dengan usaha kecil memanfaatkan AI dan perangkat digital dalam efisiensi operasional dan membuka peluang baru. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan produktivitas, tetapi memungkinkan bisnis bisa beradaptasi di pasar yang dinamis,”  ungkap Gore kepada Forbes, dikutip Sabtu (8/2).

    Ternyata tren teknologi dan kesehatan cukup mendominasi tren bisnis 2025. Sejumlah peluang bisnis di atas bisa Anda coba untuk menambah cuan. Selamat mencoba!

  • Cara Bikin Toko di Shopee, Butuh Modal Berapa?

    Cara Bikin Toko di Shopee, Butuh Modal Berapa?

    PIKIRAN RAKYAT – Shopee merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia yang menawarkan peluang besar bagi siapa saja yang ingin berjualan secara online. Membuka toko di Shopee bisa dilakukan dengan mudah tanpa biaya pendaftaran, sehingga menjadi pilihan menarik bagi pemula yang ingin memulai bisnis.

    Langkah-Langkah Membuka Toko di Shopee

    Membuat Akun Shopee

    Unduh aplikasi Shopee atau buka situs web Shopee. Klik “Daftar” dan masukkan nomor telepon yang aktif. Verifikasi nomor telepon dengan kode OTP yang dikirimkan. Isi data pribadi dan buat kata sandi untuk akun.

    Mengatur Profil Toko

    Klik ikon “Saya” di aplikasi Shopee. Pilih “Mulai Jual” dan lengkapi informasi toko seperti nama toko, deskripsi, serta logo toko. Buat deskripsi toko yang jelas dan menarik agar pembeli tertarik.

    Mengunggah Produk

    Klik “Tambah Produk Baru” dan masukkan detail produk seperti nama, kategori, harga, stok, serta deskripsi produk. Unggah foto produk berkualitas tinggi agar lebih menarik perhatian calon pembeli.

    Menentukan Pengiriman dan Pembayaran

    Pilih metode pengiriman yang sesuai, termasuk layanan gratis ongkir jika memungkinkan. Tentukan metode pembayaran yang akan diterima seperti ShopeePay, transfer bank, atau metode lainnya.

    Melakukan Promosi

    Manfaatkan fitur promosi di Shopee seperti diskon, voucher, dan flash sale. Gunakan media sosial untuk memperluas jangkauan toko dan menarik lebih banyak pembeli. Perkiraan Modal yang Dibutuhkan

    Walaupun membuka toko di Shopee gratis, tetap diperlukan modal awal untuk stok barang, biaya pengemasan, dan promosi. Berikut estimasi modal yang mungkin dibutuhkan:

    Stok Produk

    Modal awal tergantung jenis produk yang dijual. Contohnya:

    Pakaian: Rp500.000 – Rp2.000.000 untuk beberapa produk awal. Aksesoris: Rp200.000 – Rp1.000.000. Produk digital (voucher, e-book, dll.): Hampir tanpa modal.

    Biaya Pengemasan

    Peralatan seperti kardus, bubble wrap, lakban diperlukan untuk menjaga kualitas produk selama pengiriman. Estimasi biaya pengemasan: Rp200 – Rp1.000 per paket.

    Biaya Promosi

    Menggunakan fitur Shopee Ads atau media sosial untuk meningkatkan visibilitas toko. Biaya promosi bisa mulai dari Rp50.000 per bulan, tergantung kebutuhan. Jenis Biaya yang Dikenakan di Shopee

    Biaya Administrasi

    Dikenakan untuk penjual yang sudah menyelesaikan lebih dari 50 pesanan atau tergabung dalam program Star Seller/Shopee Mall. Besaran biaya tergantung kategori produk: 4,25% – 8,5% per transaksi.

    Biaya Pembayaran

    Shopee mengenakan biaya 1,8% dari setiap transaksi yang berhasil.

    Biaya Penanganan Pembeli

    Dikenakan saat checkout dan otomatis dipotong dari hasil penjualan.

    Biaya Layanan

    Berlaku untuk penjual yang mengikuti program Cashback XTRA, Gratis Ongkir XTRA, dan Shopee Live XTRA. Tips Sukses Berjualan di Shopee Optimasi Produk
    Gunakan kata kunci relevan di judul dan deskripsi produk agar lebih mudah ditemukan pembeli. Pelayanan Cepat dan Responsif
    Balas pertanyaan pelanggan dengan cepat dan proses pesanan segera untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Manfaatkan Fitur Promosi
    Gunakan fitur Naikkan Produk agar produk muncul di hasil pencarian teratas. Pantau Kinerja Toko
    Gunakan Shopee Analytics untuk melihat performa toko dan mengoptimalkan strategi penjualan.

    Dengan mengikuti langkah-langkah di atas dan mengelola bisnis dengan baik, peluang untuk sukses berjualan di Shopee semakin besar. Mulai dari sekarang dan jadikan Shopee sebagai platform untuk mengembangkan bisnis online!***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Menteri Komunikasi dan Digital Wakili Presiden Prabowo di AI Action Summit Paris – Halaman all

    Menteri Komunikasi dan Digital Wakili Presiden Prabowo di AI Action Summit Paris – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi), Meutya Hafid, mewakili Presiden Prabowo Subianto menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi Aksi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence Action Summit (AIAS) yang berlangsung di Paris, Prancis pada 10-11 Februari 2025.

    Berdasarkan informasi yang diterima, Sabtu (8/2/2025), Konferensi tersebut merupakan forum internasional yang mempertemukan perwakilan lebih dari 100 negara, termasuk kepala negara, menteri, CEO perusahaan, dan pimpinan organisasi internasional.

    “AIAS bertujuan untuk mendorong diskusi dan langkah nyata terkait perkembangan dan tata kelola AI di tingkat global. Forum itu juga menjadi lanjutan dari AI Safety Summit yang digelar di Inggris pada November 2023 dan AI Seoul Summit (AISS) di Korea Selatan pada Mei 2024 lalu,” ujar Menkomdigi.

    Sebelumnya Presiden Prancis, Emmanuel Macron, telah mengirimkan undangan kepada Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto untuk hadir secara langsung pada AIAS, yang merupakan pertemuan tingkat tinggi para Kepala Negara. 

    Selain menghadiri AIAS, Menkomdigi juga diminta oleh UNESCO untuk mempresentasikan metodologi penilaian kesiapan atau “readiness assessment method” pada acara sampingan (side event) yang akan digelar pada 10 Februari 2025.

    Rangkaian Acara AIAS 2025 di Paris

    Rangkaian acara AIAS dimulai pada 6 Februari 2025, dengan perjamuan peserta di Elysee Palace dan acara High Level Segment di Grand Palais.

    Selama beberapa hari, berbagai diskusi dan acara akan digelar, termasuk Science Day pada 6-7 Februari, Cultural Weekend pada 8 sampai 9 Februari, serta Diskusi Meja Bundar dan Jamuan Kepala Negara pada 10 Februari. 

    Puncak acara akan dilanjutkan dengan Leaders Plenary dan Penutupan pada 11 Februari.

    Peluang untuk terlibat dalam ekosistem AI global akan semakin terbuka apabila Indonesia memiliki regulasi yang tepat dalam pengembangan teknologi tersebut. Kolaborasi antara pemerintah, industri, akademisi, dan masyarakat sangat penting untuk menciptakan kebijakan yang optimal dalam penggunaan dan pengembangan AI.

    “Keterlibatan proaktif seluruh pemangku kepentingan dalam regulasi dan pengembangan AI sangat penting, sehingga Indonesia dapat memanfaatkan potensi teknologi AI yang dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan sektor-sektor terkait,” ujar Menkomdigi.

    Sebagai langkah awal, Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) juga telah menginisiasi Dialog Kebijakan AI yang membahas tantangan serta potensinya di berbagai sektor seperti e-commerce, perbankan, kesehatan, pendidikan, hingga keberlanjutan.

    Sektor e-commerce Indonesia yang diproyeksikan mencapai USD150 miliar pada 2030 harus siap mengadopsi AI untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi semua pihak.

    Dengan pengaturan yang tepat, Menkomdigi meyakini Indonesia akan menjadi pemain utama dalam ekosistem teknologi AI global.

    Sebagai negara yang aktif berpartisipasi dalam forum internasional seperti AIAS, Indonesia dapat memastikan bahwa perkembangan teknologi ini berjalan seiring dengan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi dunia, termasuk dalam hal regulasi dan pemanfaatannya.

  • Menkomdigi Bahas Tata Kelola AI di Paris

    Menkomdigi Bahas Tata Kelola AI di Paris

    Jakarta

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi), Meutya Hafid, mewakili Presiden Prabowo Subianto menghadiri Pertemuan Tingkat Tinggi Aksi Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence Action Summit (AIAS) yang berlangsung di Paris, Prancis pada 10-11 Februari 2025.

    Konferensi tersebut merupakan forum internasional yang mempertemukan perwakilan lebih dari 100 negara, termasuk kepala negara, menteri, CEO perusahaan, dan pimpinan organisasi internasional.

    “AIAS bertujuan untuk mendorong diskusi dan langkah nyata terkait perkembangan dan tata kelola AI di tingkat global. Forum itu juga menjadi lanjutan dari AI Safety Summit yang digelar di Inggris pada November 2023 dan AI Seoul Summit (AISS) di Korea Selatan pada Mei 2024 lalu,” ujar Meutya, dalam keterangannya, Minggu (9/2/2025).

    Sebelumnya Presiden Prancis, Emmanuel Macron, telah mengirimkan undangan kepada Presiden Republik Indonesia, Prabowo Subianto untuk hadir secara langsung pada AIAS, yang merupakan pertemuan tingkat tinggi para Kepala Negara.

    Selain menghadiri AIAS, Menkomdigi juga diminta oleh UNESCO untuk mempresentasikan metodologi penilaian kesiapan atau “readiness assessment method” pada acara sampingan (side event) yang akan digelar pada 10 Februari 2025.

    Dalam rangkaian acara AIAS dimulai pada 6 Februari 2025, dengan perjamuan peserta di Elysee Palace dan acara High Level Segment di Grand Palais. Selama beberapa hari, berbagai diskusi dan acara akan digelar, termasuk Science Day pada 6-7 Februari, Cultural Weekend pada 8-9 Februari, serta Diskusi Meja Bundar dan Jamuan Kepala Negara pada 10 Februari. Puncak acara akan dilanjutkan dengan Leaders Plenary dan Penutupan pada 11 Februari.

    Peluang untuk terlibat dalam ekosistem AI global akan semakin terbuka apabila Indonesia memiliki regulasi yang tepat dalam pengembangan teknologi tersebut. Kolaborasi antara pemerintah, industri, akademisi, dan masyarakat sangat penting untuk menciptakan kebijakan yang optimal dalam penggunaan dan pengembangan AI.

    “Keterlibatan proaktif seluruh pemangku kepentingan dalam regulasi dan pengembangan AI sangat penting, sehingga Indonesia dapat memanfaatkan potensi teknologi AI yang dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan sektor-sektor terkait,” ujar Menkomdigi.

    Sebagai langkah awal, Kementerian Komunikasi dan Digital (Kemkomdigi) juga telah menginisiasi Dialog Kebijakan AI yang membahas tantangan serta potensinya di berbagai sektor seperti e-commerce, perbankan, kesehatan, pendidikan, hingga keberlanjutan.

    Sektor e-commerce Indonesia yang diproyeksikan mencapai US$150 miliar pada 2030 harus siap mengadopsi AI untuk memberikan manfaat yang lebih besar bagi semua pihak.

    Dengan pengaturan yang tepat, Menkomdigi meyakini Indonesia akan menjadi pemain utama dalam ekosistem teknologi AI global. Sebagai negara yang aktif berpartisipasi dalam forum internasional seperti AIAS, Indonesia dapat memastikan bahwa perkembangan teknologi ini berjalan seiring dengan kebutuhan dan tantangan yang dihadapi dunia, termasuk dalam hal regulasi dan pemanfaatannya.

    (rrd/rir)

  • BNN Beri Pelatihan Cara Deteksi Paket Narkoba ke Pengemudi Ekspedisi – Halaman all

    BNN Beri Pelatihan Cara Deteksi Paket Narkoba ke Pengemudi Ekspedisi – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Modus peredaran narkoba terus berkembang seiring perkembangan zaman. 

    Kekinian, pelaku kerap menggunakan jasa pengiriman logistik atau ekspedisi untuk menyalurkan dan mengedarkan barang haram tersebut.

    Guna mencegah modus kejahatan tersebut, aparat penegak hukum melakukan berbagai upaya, di antaranya dengan seminar hingga memberikan pelatihan deteksi narkoba kepada sopir jasa pengiriman dan logistik. 

    Seperti dilakukan Badan Narkotika Nasional (BNN) DKI Jakarta bersama BNN Kota Jakarta Selatan kepada para pengemudi mitra jasa pengiriman dan logistik Lalamove, belum lama ini. 

    “Modus pengiriman narkoba saat ini didominasi oleh ekspedisi, sehingga dengan adanya acara ini diharapkan timbul kesadaran dan pengetahuan mitra driver untuk mendeteksi pengiriman narkoba dan dapat melaporkan ke BNN untuk ditindaklanjuti,” ujar Analis Intelijen Seksi Pemberantasan BNN Kota Jakarta Selatan, Adolf Efroza, dikutip Jumat (7/2/2025).

    “Kami mengapresiasi sekali adanya kerjasama ini karena semua pihak harus terlibat dalam pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran narkoba,” tambahnya.

    Tingginya kasus penyalahgunaan narkoba di Indonesia semakin mempertegas pentingnya upaya pencegahan, termasuk di sektor logistik.

    Berdasarkan survei BNN bersama Badan Riset Inovasi Nasional (BRIN) dan Badan Pusat Statistik (BPS), prevalensi penyalahgunaan narkoba pada tahun 2023 mencapai 1,73 persen atau sekitar 3,33 juta jiwa, dengan nilai transaksi perdagangan tersebut sebesar Rp 524 triliun per tahun.

    Keleluasan sindikat narkoba dalam menjalankan bisnisnya saat ini juga menggunakan modus baru, seperti transaksi menggunakan e-commerce, pembayaran dengan dompet digital serta pengiriman melalui jasa ekspedisi, sehingga tidak diperlukannya transaksi face-to-face antara bandar atau pengedar dengan konsumen.

    Katim Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kota Jakarta Selatan Sukamto Widodo mengatakan, pihaknya menyadari bahwa penyalahgunaan dan ketergantungan masyarakat pada bisnis narkoba semakin kompleks.

    Kerjasama BNN Provinsi DKI Jakarta memberikan pelatihan kepada mitra pengemudi jasa pengiriman logistik ini diharapkan dapat membantu untuk mencegah pengiriman paket narkotika.

    Sebab, dalam pelatihan tersebut, pengemudi ekspedisi diberikan pelatihan tentang cara mengenali ciri-ciri paket berisi narkotika hingga cara melaporkan kiriman mencurigakan tersebut dengan aman.

    Andito Prakoso, Managing Director Lalamove Indonesia mengatakan, pengembangan kompetensi dan keamanan mitra di sektor logistik membutuhkan kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan.

    Pihaknya sangat terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai stakeholder guna meningkatkan kompetensi mitra pengemudi dan memainkan peran yang lebih besar dalam menciptakan lingkungan logistik online yang aman.

    “Selain itu, pelatihan ini juga dirancang untuk mempersiapkan para mitra pengemudi dalam menghadapi peak season selama bulan Ramadhan nanti,” ujarnya.

  • Cara Mudah Transfer dari Bank Mandiri ke OVO, Cek Kode dan Biaya Terbarunya!

    Cara Mudah Transfer dari Bank Mandiri ke OVO, Cek Kode dan Biaya Terbarunya!

    Jakarta: Ingin isi saldo OVO dari Bank Mandiri? Sekarang caranya makin simpel! Tapi, tetap perlu tahu langkah-langkahnya, kode yang digunakan, serta biaya admin yang berlaku. 
     
    Dengan memahami semua ini, transaksi jadi lebih lancar dan saldo langsung masuk tanpa kendala.
     
    Berikut panduan lengkap transfer dari Mandiri ke OVO berdasarkan informasi resmi dari laman OVO dan Bank Mandiri.
    Kode transfer Mandiri ke OVO
    Sebelum melakukan transfer, pastikan kamu tahu kode OVO untuk Bank Mandiri, yaitu 60001. Kode ini wajib dimasukkan saat melakukan top-up agar transaksi berhasil.
     

    Cara transfer dari Bank Mandiri ke OVO
    Ada beberapa cara yang bisa dipilih untuk mengisi saldo OVO dari Bank Mandiri, baik melalui ATM, aplikasi, atau layanan digital lainnya. Simak langkah-langkahnya di bawah ini:

    Lewat ATM Mandiri

    Masukkan kartu ATM dan PIN.
    Pilih menu “Bayar/Beli”, lalu pilih “Lainnya” hingga menemukan “E-Commerce”.
    Masukkan kode OVO 60001.
    Ketik nomor ponsel yang terdaftar di OVO (contoh: 08xx-xxxx-xxxx).
    Masukkan jumlah saldo yang ingin diisi.
    Ikuti petunjuk di layar hingga transaksi selesai.

    Lewat Livin’ by Mandiri (Mandiri Online)

    Login ke aplikasi Livin’ by Mandiri.
    Pilih menu “Bayar”, lalu klik “Buat Pembayaran Baru”.
    Pilih “Multipayment”, lalu cari OVO.
    Masukkan nomor ponsel OVO dan nominal saldo yang ingin diisi.
    Ikuti petunjuk hingga transaksi berhasil.

    Lewat Mandiri Internet

    Login ke akun Mandiri Internet.
    Pilih menu “Pembayaran”, lalu klik “Multipayment”.
    Pilih OVO, lalu masukkan nomor ponsel dan jumlah saldo.
    Ikuti langkah-langkah selanjutnya untuk menyelesaikan transaksi.

    Lewat Kartu Debit (Via Aplikasi OVO)

    Buka aplikasi OVO dan pilih menu “Top Up”.
    Pilih metode “Kartu Debit”.
    Isi data kartu yang diminta.
    Selesaikan transaksi dan tunggu notifikasi berhasil.

    Biaya admin terbaru untuk top-up OVO dari Bank Mandiri
    Mulai 27 April 2021, OVO menerapkan perubahan biaya admin untuk top-up melalui agen Bank Mandiri. Jika sebelumnya biaya admin hanya Rp1.000 per transaksi, kini naik menjadi Rp1.500 per transaksi.

    Sekarang kamu bisa lebih mudah mengisi saldo OVO dari Bank Mandiri dengan berbagai metode yang tersedia. Dengan mengetahui kode transfer, langkah-langkah top-up, serta biaya administrasi yang berlaku, transaksi jadi lebih praktis dan tanpa kendala.
     
    Semoga panduan ini membantu! Jangan lupa bagikan ke teman-teman yang sering top-up OVO lewat Bank Mandiri.

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ANN)

  • Tik Star Media Indonesia Raih Penghargaan “Affiliate Partner of The Year” Tokopedia Summit 2024/2025 – Halaman all

    Tik Star Media Indonesia Raih Penghargaan “Affiliate Partner of The Year” Tokopedia Summit 2024/2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Tik Star Media Indonesia sukses meraih penghargaan bergengsi sebagai “Affiliate Partner of The Year” dalam ajang ShopTokopedia dan Tokopedia Summit 2024/2025. Penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi atas peran Tik Star Media Indonesia dalam menjembatani brand dan kreator melalui sistem afiliasi, yang telah berkontribusi signifikan terhadap pertumbuhan ekosistem e-commerce di Indonesia.

    Sebagai salah satu agency afiliasi terkemuka di tanah air sejak 2021, Tik Star Media Indonesia telah membantu ribuan UMKM dan brand meningkatkan visibilitas serta penjualan melalui strategi pemasaran berbasis konten digital, live streaming, dan influencer marketing. Keberhasilan ini tidak terlepas dari sinergi erat dengan TikTok Shop dan Tokopedia, yang kini mencatat pertumbuhan nilai transaksi hingga 30 kali lipat dan peningkatan pendapatan UMKM hingga 95 persen.

    Dalam acara yang digelar di The Ritz-Carlton Pacific Place, Jakarta, Tomy Li, selaku CEO Tik Star Media Indonesia dan iBooming, menyampaikan rasa terima kasih dan harapannya untuk terus mengembangkan ekosistem digital marketing yang semakin kuat dan inklusif.

    “Penghargaan ini adalah bukti bahwa sistem afiliasi memiliki dampak besar bagi UMKM dan kreator di Indonesia. Saya berharap kita semua dapat terus membangun ekosistem digital yang lebih maju, memberdayakan lebih banyak kreator, serta memberikan solusi pemasaran yang efektif bagi brand dan UMKM,” ujar Tomy Li

    Sebagai bagian dari iBooming, platform digital showcase terbesar di Asia Tenggara, Tik Star Media Indonesia semakin memperkuat posisinya dalam industri affiliate marketing dan influencer marketing. Dengan lebih dari 1 juta kreator di 5 negara (Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, dan Filipina), iBooming dan Tik Star Media Indonesia kini bekerja bersama untuk menghadirkan peluang ekonomi digital yang lebih luas bagi kreator, afiliator, dan UMKM.

    Penghargaan ini semakin menegaskan komitmen Tik Star Media Indonesia untuk terus berinovasi dalam strategi pemasaran digital dan memperkuat kolaborasi dengan TikTok Shop serta Tokopedia. Dengan langkah ini, diharapkan semakin banyak UMKM dan individu yang dapat meraih kesuksesan dalam ekonomi digital yang berkembang pesat.

     

  • Perusahaan Logistik Ketar-ketir Akibat Kebijakan Tarif Trump ke China

    Perusahaan Logistik Ketar-ketir Akibat Kebijakan Tarif Trump ke China

    Bisnis.com, JAKARTA – Perusahaan-perusahaan logistik bergegas untuk melakukan penyesuaian dengan peraturan baru Presiden AS Donald Trump yang berpotensi menghambat salah satu segmen bisnis mereka yang sedang booming, yaitu pengiriman paket kecil dari penjual China ke pembeli Amerika.

    Melansir Bloomberg pada Jumat (7/2/2025), keputusan Trump untuk mencabut aturan “de minimis” bagi China secara efektif menutup celah yang memungkinkan paket kecil di bawah US$800 masuk ke AS bebas bea. Hal ini berdampak pada miliaran barang yang dijual oleh pengecer seperti Shein dan Temu.

    Dampak awalnya adalah kebingungan dan upaya tergesa-gesa yang dilakukan beberapa perusahaan logistik di China untuk menaikkan harga guna mengimbangi tarif yang lebih tinggi.

    Namun tindakan Trump ini mempunyai risiko dampak yang luas, termasuk menekan konsumen AS yang sudah berjuang menghadapi tekanan biaya hidup. Meskipun China secara resmi melaporkan ekspor paket kecil ke Amerika senilai US$23 miliar pada tahun lalu, Nomura Holdings Inc. memperkirakan paket tujuan Amerika senilai US$46 miliar berasal dari negara tersebut.

    Sementara itu, pencabutan de minimis dapat mengurangi pertumbuhan ekspor China sebesar 1,3 poin persentase dan mengurangi ekspansi produk domestik bruto China tahun ini sebesar 0,2 poin persentase. Proyeksi itu semakin menambah tantangan ekonomi yang  membebani perekonomian terbesar kedua di dunia tersebut.

    Operator pos global seperti US Postal Service (USPS) memiliki 50% pangsa pasar segmen pengiriman surat langsung (direct mailing), yaitu sebuah perusahaan mengirimkan barang dari gudang di China ke konsumen di luar negeri, menurut laporan China Merchants Bank Co. pada 2024. 

    Adapun, USPS sempat menghentikan layanan pengiriman semua surat dan paket dari China menuju AS. Kebijakan itu pun akhirnya dibatalkan setelah beberapa waktu dan sempat membingungkan para pelaku usaha.

    Operator tersebut biasanya mengenakan biaya lebih rendah dibandingkan perusahaan seperti FedEx Corp., DHL dan United Parcel Service Inc., yang memegang 10% saham perdagangan. Sementara itu, agen logistik lainnya menyumbang 40% sisanya, menurut China Merchants Bank.

    USPS mengatakan pihaknya menerima semua surat dan paket masuk internasional dari China dan Hong Kong dan bekerja sama dengan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS untuk meminimalkan gangguan pengiriman. Pemerintah juga menerapkan mekanisme pengumpulan untuk memastikan tarif baru dibebankan dan dipungut.

    Secara terpisah, seorang juru bicara FedEx mengatakan pihaknya bekerja sama dan mendukung pelanggannya untuk beradaptasi terhadap perubahan besar dari pengumuman tarif. 

    Dia mengatakan, pengiriman barang antara AS dan China akan terus dilanjutkan. Namun, FedEx menolak berkomentar apakah perusahaan telah menyesuaikan jadwal penerbangan atau waktu pengiriman untuk paket tujuan AS dari China.

    Sementara itu, UPS mengatakan pihaknya akan terus menyediakan layanan masuk dan keluar China dan Hong Kong. Perusahaan logistik lainnya, DHL melalui perwakilannya di Asia Pasifik mengatakan mungkin ada waktu dan biaya tambahan dalam pengiriman barang. Perusahaan belum menangguhkan penanganan paket dari Hong Kong yang ditujukan ke AS.

    Selanjutnya, penyedia logistik utama di China, SF Express memutuskan untuk menaikkan biaya kliring dan setoran tarif untuk paket kecil tujuan AS, menurut Nomura. 

    Semua paket e-commerce yang dikirim dari China akan dikenakan biaya kliring tambahan sebesar 20 yuan ($2,70), serta pra-pengumpulan deposit tarif sebesar 30% berdasarkan berat paket, kata bank tersebut.

    Sementara itu, pengecer China yang menjual di platform e commerce Shein dan Temu mengatakan bahwa mereka telah diminta oleh agen logistik untuk mulai membayar retribusi tambahan sebesar 30%.

    Para vendor menerima pemberitahuan tentang harga baru yang akan dikenakan oleh agen logistik mereka pada Rabu (5/2/22025), menurut sebuah memo yang dilihat Bloomberg. 

    Tambahan 30% dari nilai eceran barang yang dijual harus dibayar dalam bentuk deposit, yang kemudian akan dikembalikan oleh agen atau diminta untuk diisi ulang tergantung pada biaya pajak sebenarnya dari bea cukai AS.

  • Forum ASBANDA 2025: Keamanan Siber Jadi Tantangan Perbankan di Daerah – Halaman all

    Forum ASBANDA 2025: Keamanan Siber Jadi Tantangan Perbankan di Daerah – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Adopsi teknologi digitalital semakin meluas di industri perbankan Tanah Air termasuk di bank-bank yang dikelola pemerintah daerah.

    Direktur Eksekutif ASBANDA, Wimran Ismaun mengatakan, keamanan siber menjadi salah satu tantangan utama bagi perbankan daerah di era digital.

    “Meningkatnya transaksi digital dapat menjadi ancaman terhadap keamanan data dan permasalahan yang semakin kompleks,” ujarnya saat menjadi pembicara di Forum Asbanda 2025 yang diselenggarakan Asosiasi Bank Pembangunan Daerah (ASBANDA) di Bali, baru-baru ini.

    Namun Head of Channel Management Department Peruri A. Mesa Tiar Dyastama mengingatkan, transformasi digital dalam dunia perbankan bukan hanya tentang teknologi, tetapi juga tentang perubahan perilaku pengguna. 

    “Data menunjukkan bahwa 98,3 persen masyarakat memiliki perangkat mobile yang dilengkapi aplikasi digital termasuk chat apps (96,5 persen), media sosial (96,3 persen), dan banking apps 39,2 persen,” ungkap A. Mesa Tiar Dyastama di acara yang sama. 

    Mesa Tiar memaparken tren digitalisasi di perbankan ini membuat transaksi perbankan digital akan semakin meningkat, dan keamanan digital menjadi prioritas utama. 

    Terkait hal ini, Peruri berupaya hadir mendukung BPD guna memperkuat ekosistem perbankan digital yang aman dan efisien.

    Pihaknya menyediakan teknologi Fraud Detection dari Peruri Graph Analytic untuk mendeteksi pola transaksi mencurigakan.

    “Selain itu juga untuk mengidentifikasi anomali dalam perilaku pengguna, serta memberikan insight mendalam terhadap aktivitas keuangan yang berisiko tinggi,” ucap A. Mesa Tiar Dyastama.

    Di menjelaskan, Peruri Graph Analytics menyuguhkan analisis berbasis data yang canggih, yang dapat membantu BPD dalam mencegah fraud sejak dini, meningkatkan kepatuhan terhadap regulasi, serta memperkuat sistem keamanan digital perbankan.

    Peran Peruri di Forum ASBANDA 2025 mendapat sambutan positif dari berbagai perwakilan BPD yang hadir.

    Mesa Tiar menambahkan, melalui solusi dan produk digital, pihaknya bisa menjadi mitra strategis bagi BPD dalam menghadirkan layanan perbankan yang lebih modern, aman, dan tepercaya di era digital. 

    Di forum ini para praktisi perbankan yang menjadi peserta aktif berdiskusi mengenai implementasi teknologi keamanan digital guna meningkatkan layanan kepada masyarakat.

    Mesa Tiar menekankan, solusi digital Peruri menjadi elemen penting dalam memastikan keamanan transaksi di era digital saat ini, seiring meningkatnya transaksi e-commerce, digital banking, dan uang elektronik.

    Laporan: Noverius Laoli | Sumber: Kontan

     

  • China Layangkan Protes ke WTO Soal Kebijakan Tarif Trump

    China Layangkan Protes ke WTO Soal Kebijakan Tarif Trump

    Bisnis.com, JAKARTA – China mengajukan keluhan kepada Organisasi Perdagangan Dunia (World Trade Organization/WTO) terhadap tarif baru 10% yang ditetapkan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump atas impor China.

    Melansir Reuters pada Kamis (6/2/2025), protes tersebut juga dilayangkan atas dasar pembatalan pengecualian bebas bea untuk paket bernilai rendah, dengan alasan tindakan tersebut bersifat proteksionis dan melanggar aturan WTO.

    Permintaan Beijing untuk konsultasi perdagangan AS muncul saat kebingungan melanda di antara pengirim dan pengecer atas penutupan pengecualian “de minimis” oleh Trump untuk impor paket senilai di bawah US$800 dan banyak digunakan oleh perusahaan e-commerce termasuk Shein, Temu, dan Amazon. 

    Seorang pejabat Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan mengatakan semua paket kecil dari China dan Hong Kong harus memiliki catatan bea cukai sebelum tiba dan ada kemungkinan beberapa kargo akan dikirim kembali tanpa dokumen ini.

    WTO mengatakan China mengajukan permintaan konsultasi dengan AS mengenai tarif. China berpendapat dalam dokumen tersebut bahwa bea masuk baru Trump yang ditujukan untuk menghentikan aliran opioid fentanil dan bahan kimia prekursornya ke AS diberlakukan atas dasar tuduhan yang tidak berdasar dan salah mengenai China.

    China mengatakan bea masuk tersebut diskriminatif, hanya berlaku untuk barang-barang asal Negeri Tirai Bambu, dan tidak konsisten dengan kewajiban AS terhadap WTO. 

    Permintaan konsultasi tersebut merupakan awal dari proses sengketa yang dapat mengarah pada putusan bahwa bea masuk Trump melanggar aturan perdagangan dengan cara yang sama seperti putusan WTO 2020 yang menyatakan bahwa tarif China periode pertamanya melanggar peraturan perdagangan.

    Namun, kemenangan seperti itu tidak mungkin membawa kelegaan bagi Beijing karena Badan Banding WTO sebagian besar tidak dapat beroperasi selama bertahun-tahun, karena AS telah memblokir penunjukan hakim banding karena tindakan hukum yang melampaui batas oleh badan tersebut. Hal ini telah melarang keputusan akhir dalam kasus 2020.

    Sementara itu, Layanan Pos AS atau US Postal Service (USPS) mengatakan akan kembali menerima paket dari China dan Hong Kong. Langkah ini sekaligus membatalkan penangguhan sementara yang mengancam akan mengganggu jutaan impor paket setiap hari.

    “Kita semua berlarian seperti ayam tanpa kepala saat ini, mencoba menebak-nebak apa yang akan terjadi,” kata Martin Palmer, salah satu pendiri Hurricane Commerce, penyedia data e-commerce lintas batas. “Dan dalam waktu dua minggu kita mungkin akan kembali normal.”

    Pemerintahan Trump menyalahkan pengecualian bea de minimis karena mengizinkan fentanil dan bahan kimia prekursornya masuk ke AS tanpa pemeriksaan. Laporan Reuters baru-baru ini juga menemukan bahwa pengedar narkoba memanfaatkan pengecualian tersebut.

    USPS mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa pihaknya bekerja sama dengan badan Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS untuk menerapkan mekanisme penagihan yang efisien untuk tarif baru China guna meminimalkan gangguan pada pengiriman.

    Pembicaraan Trump-Xi Jinping Masih Nihil

    Adapun, hingga saat ini masih belum ada panggilan telepon yang dijadwalkan antara Trump dan Presiden China Xi Jinping untuk membahas tarif baru AS dan tindakan pembalasan Beijing, kata seorang sumber yang mengetahui masalah tersebut. 

    Trump sebelumnya mengatakan bahwa dia tidak terburu-buru untuk berbicara dengan Xi karena tarif tersebut mulai berlaku pada Selasa (4/2/2025).

    China merespons dengan tarif yang ditargetkan pada impor batu bara AS, gas alam cair, minyak mentah, dan peralatan pertanian, dan membuka penyelidikan antimonopoli terhadap Alphabet.

    Peluncuran perang dagang baru tersebut mengejutkan sektor ritel dan pengiriman.

    Maureen Cori, salah satu pendiri konsultan Supply Chain Compliance mengatakan, benar-benar tidak ada waktu sama sekali bagi siapa pun untuk mempersiapkan hal ini.

    “Yang benar-benar kami butuhkan adalah arahan dari pemerintah tentang cara menangani hal ini tanpa peringatan atau pemberitahuan,” ujarnya.

    Saat ini, paket de minimis dikonsolidasikan sehingga bea cukai dapat mengurus ratusan atau ribuan pengiriman sekaligus. Tetapi, kini paket jenis tersebut akan memerlukan pengurusan individual, yang secara signifikan meningkatkan beban bagi layanan pos, broker, dan agen bea cukai, kata Cori.

    Ketentuan tersebut awalnya dimaksudkan sebagai cara untuk merampingkan perdagangan, dan penggunaannya telah melonjak seiring dengan peningkatan belanja daring.

    Data Bea Cukai dan Perlindungan Perbatasan AS (CBP) mencatat, sekitar 1,36 miliar pengiriman memasuki Amerika Serikat menggunakan ketentuan de minimis pada 2024, naik 36% dari periode 2023.