Topik: Banjir

  • DKI pasang geobag di titik rawan banjir rob Jakarta Utara

    DKI pasang geobag di titik rawan banjir rob Jakarta Utara

    Sejumlah warga pesisir memantau pasang air laut. ANTARA FOTO/Adwit B Pramono

    DKI pasang geobag di titik rawan banjir rob Jakarta Utara
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Rabu, 26 Maret 2025 – 10:57 WIB

    Elshinta.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memasang geobag atau kantong berisi pasir maupun tanah sebagai tanggul mitigasi di sejumlah titik rawan banjir akibat air pasang (rob) di kawasan Jakarta Utara.

    “Tanggul mitigasi dibuat menggunakan geobag berisi pasir maupun tanah yang disematkan dalam bronjong dan disusun menyerupai tanggul,” kata Sekretaris Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Hendri saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

    Adapun pemasangan geobag dilakukan di Sunda Kepala, kawasan Baywalk Pluit, dan Marundo Pulo. Selain pemasangan geobag, kata dia, pihaknya juga meninggikan tanggul existing di Muara Angke, lalu menambal tanggul dengan metode beton tembok di Muara Baru.

    Kemudian, menambal kebocoran celah sheet pile (turap) sebagai langkah darurat dan menyediakan pompa bergerak di Ancol Hilir atau Jalan R.E. Martadinata untuk mengantisipasi banjir rob.

    Menurut dia, tanggul mitigasi merupakan upaya jangka pendek mengantisipasi banjir rob, sambil menunggu pembangunan tanggul pantai National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau Pengembangan Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara (PTPIN) yang direncanakan bakal rampung pada 2030.

    Selain tanggul, Dinas SDA DKI Jakarta juga menyiagakan pompa-pompa, baik pompa stasioner maupun pompa mobile di pesisir Jakarta untuk mengantisipasi banjir rob, khususnya yang diprediksi bakal terjadi pada akhir Maret ini. Adapun sejumlah wilayah yang kemungkinan terdampak banjir rob, antara lain Muara Angke, Muara Baru, Jalan R.E. Martadinata, Cilincing, dan Marunda Pulo.

    Dalam kesempatan berbeda, Sekretaris Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Maruli Sijabat mengatakan telah menginformasikan kepada warga di pesisir utara Jakarta untuk menyiapkan langkah-langkah antisipasi lainnya, termasuk sarana evakuasi dan lokasi pengungsian.

    “Bila diperlukan adanya pengungsian, maka kami akan siapkan sarana untuk evakuasi dengan menggunakan perahu. Juga bisa kita maksimalkan sarana-sarana yang sudah ada,” ujar Maruli.

    Sumber : Antara

  • Camat Cikarang Pusat Dorong Kolaborasi Sambut Idul Fitri dengan Penuh Kebahagiaan – Halaman all

    Camat Cikarang Pusat Dorong Kolaborasi Sambut Idul Fitri dengan Penuh Kebahagiaan – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Di bulan Ramadan, kebutuhan masyarakat cenderung meningkat seiring dengan persiapan menyambut hari raya. 

    Kolaborasi dari berbagai pihak sangat penting untuk memastikan masyarakat dapat menjalani ibadah dengan nyaman serta merayakan Idul Fitri dengan penuh kebahagiaan.

    “Bantuan yang diberikan memiliki makna besar dalam mendukung kesejahteraan dan kebersamaan di momen spesial ini,” kata Plt. Camat Cikarang Pusat, Mamat Raharjo di sela-sela pe yaluran bantuan dari Hankook Tire kepada warga setempat belum lama ini.

    Diketahui sebagai bagian dari program tahunan, Hankook Tire telah menyalurkan bantuan sembako selama 12 tahun berturut-turut.

    Tahun ini, bantuan tersebut juga difokuskan pada upaya pemulihan pascabanjir yang melanda Bekasi pada awal Maret lalu, di mana curah hujan tinggi menyebabkan banjir hingga tiga meter di beberapa area.

    Presiden Direktur PT Hankook Tire Indonesia, Jin Kyung Jung, secara simbolis menyerahkan bantuan sebanyak 1.125 paket sembako senilai Rp225 juta kepada perwakilan pemerintah daerah dan masyarakat.

    Paket sembako tersebut berisi berbagai kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula, air mineral, dan bahan pangan lainnya.

    “Sebagai bagian dari Kabupaten Bekasi, kami memiliki tanggung jawab untuk terus berkontribusi bagi masyarakat sekitar. Kami berharap bantuan ini dapat meringankan beban warga dalam memenuhi kebutuhan selama Ramadhan hingga Idul Fitri, terutama saat harga sembako cenderung naik. Ini juga menjadi momen untuk berbagi kebahagiaan dan mempererat kebersamaan di bulan suci,” kata Jin Kyung Jung.

    Selain menyalurkan bantuan bagi masyarakat yang merayakan Lebaran, Hankook Tire juga memberikan dukungan kepada korban banjir di beberapa desa di Kecamatan Cikarang Pusat, salah satu daerah yang terdampak banjir parah.

    Bantuan ini diharapkan dapat membantu pemulihan dan memenuhi kebutuhan mendesak warga terdampak.

    Tak hanya itu, Hankook juga mengadakan acara buka bersama anak yatim piatu di Desa Pasirtanjung dan Desa Pasirranji sebagai bentuk kepedulian dan kebersamaan.

    Inisiatif ini menegaskan peran Hankook Tire dalam mempererat hubungan sosial dan memberikan manfaat nyata bagi komunitas sekitar.

  • DKI pasang “geobag” di titik rawan banjir rob Jakarta Utara

    DKI pasang “geobag” di titik rawan banjir rob Jakarta Utara

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memasang geobag atau kantong berisi pasir maupun tanah sebagai tanggul mitigasi di sejumlah titik rawan banjir akibat air pasang (rob) di kawasan Jakarta Utara.

    “Tanggul mitigasi dibuat menggunakan geobag berisi pasir maupun tanah yang disematkan dalam bronjong dan disusun menyerupai tanggul,” kata Sekretaris Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta Hendri saat dihubungi di Jakarta, Rabu.

    Adapun pemasangan geobag dilakukan di Sunda Kepala, kawasan Baywalk Pluit, dan Marundo Pulo.

    Selain pemasangan geobag, kata dia, pihaknya juga meninggikan tanggul existing di Muara Angke, lalu menambal tanggul dengan metode beton tembok di Muara Baru.

    Kemudian, menambal kebocoran celah sheet pile (turap) sebagai langkah darurat dan menyediakan pompa bergerak di Ancol Hilir atau Jalan R.E. Martadinata untuk mengantisipasi banjir rob.

    Menurut dia, tanggul mitigasi merupakan upaya jangka pendek mengantisipasi banjir rob, sambil menunggu pembangunan tanggul pantai National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) atau Pengembangan Terpadu Pesisir Ibu Kota Negara (PTPIN) yang direncanakan bakal rampung pada 2030.

    Selain tanggul, Dinas SDA DKI Jakarta juga menyiagakan pompa-pompa, baik pompa stasioner maupun pompa mobile di pesisir Jakarta untuk mengantisipasi banjir rob, khususnya yang diprediksi bakal terjadi pada akhir Maret ini.

    Adapun sejumlah wilayah yang kemungkinan terdampak banjir rob, antara lain Muara Angke, Muara Baru, Jalan R.E. Martadinata, Cilincing, dan Marunda Pulo.

    Dalam kesempatan berbeda, Sekretaris Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, Maruli Sijabat mengatakan telah menginformasikan kepada warga di pesisir utara Jakarta untuk menyiapkan langkah-langkah antisipasi lainnya, termasuk sarana evakuasi dan lokasi pengungsian.

    “Bila diperlukan adanya pengungsian, maka kami akan siapkan sarana untuk evakuasi dengan menggunakan perahu. Juga bisa kita maksimalkan sarana-sarana yang sudah ada,” ujar Maruli.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Daftar Nomor Telepon Darurat Mudik Lebaran 2025, Ada Derek dan Kirim BBM

    Daftar Nomor Telepon Darurat Mudik Lebaran 2025, Ada Derek dan Kirim BBM

    Jakarta

    Saat mudik, berbagai kejadian di luar perkiraan bisa terjadi. Misal kendaraan mogok, ban bocor, kehabisan bensin, dan mengalami bencana alam tanpa persiapan lebih dulu.

    Sebagai langkah antisipasi kejadian tersebut, pemudik sebaiknya menyimpan nomor telepon darurat di HP. Jika dibutuhkan, pemudik bisa menghubungi nomor tersebut setiap saat.

    Daftar Nomor Telepon Darurat Indonesia

    Dihimpun dari situs resmi berbagai instansi pemerintahan, berikut daftar lengkap nomor telepon darurat yang perlu dicatat para pemudik:

    14080 – One Call Center Jasa Marga

    Mulai dari informasi tol, lalu lintas di tol, bantuan darurat di tol, mobil derek, hingga menanggapi keluhan pelanggan.

    118 dan 119 – Ambulans/Kemenkes

    Nomor layanan kegawatdaruratan, mulai dari penanganan pertama sebelum ke rumah sakit, bantuan rujukan ke rumah sakit, hingga kondisi gawat darurat lainnya.

    135 – BBM Pertamina

    Layanan delivery BBM (jika kehabisan BBM di jalan), hingga informasi mengenai produk Pertamina.

    110 – Kepolisian RI

    Melayani berbagai macam laporan dan pengaduan, seperti kejadian darurat, kecelakaan, bencana, kerusuhan, tindak kejahatan, penghinaan, ancaman, dan tindak kekerasan.

    1500669 – NTMC Korlantas Polri

    National Traffic Management Center (NTMC) Korlantas Polri menerima laporan dari warga maupun memberikan informasi yang dibutuhkan warga terkait lalu lintas.

    113 – Pemadam Kebakaran

    Nomor untuk melaporkan jika detikers mengalami kebakaran atau melihat kebakaran, baik itu bangunan maupun lahan kosong.

    115 – Basarnas

    Pusat kontak jika detikers membutuhkan bantuan pencarian dan pertolongan, baik di darat maupun laut. Misalnya ada orang hanyut di sungai atau laut.

    117 – BNPB

    Jika terjadi peristiwa bencana, detikers bisa menghubungi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Misalnya banjir, gempa bumi, tanah retak, tanah longsor, pohon tumbang, dan sebagainya.

    196 – BMKG

    Jika ingin mengetahui informasi mengenai cuaca dan gempa bumi, detikers bisa menghubungi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

    158 – Kementerian PUPR

    Memberikan informasi jalan umum, jalan tol, jalur mudik, kerusakan jalan, dan berbagai infrastruktur Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

    151 – Kemenhub

    Layanan informasi dan pengaduan terkait lalu lintas dan transportasi darat, laut, dan udara.

    123 – PLN

    Nomor telepon untuk berbagai layanan PLN, termasuk informasi gangguan listrik, mati listrik, dan sebagainya.

    1500533 – Sentra Informasi Keracunan BPOM

    Untuk mendapatkan informasi dan bantuan terkait kasus keracunan, terutama yang berkaitan dengan obat-obatan, makanan, atau produk yang diawasi oleh BPOM.

    112 – Panggilan Darurat

    Seluruh kondisi gawat darurat dapat dilaporkan melalui nomor 112. Namun belum semua daerah terintegrasi dengan layanan ini.

    Selain menyiapkan nomor telepon darurat, pemudik tentunya wajib menyiapkan kendaraan dan kondisi fisiknya agar mampu menempuh perjalanan jauh. Jangan segan minta bantuan jika ada yang tidak beres dengan kendaraan atau tubuh terasa lelah.

    (bai/row)

  • Cuaca Indonesia Hari Ini Rabu 26 Maret 2025: Langit Pagi Mayoritas Cerah Berawan – Page 3

    Cuaca Indonesia Hari Ini Rabu 26 Maret 2025: Langit Pagi Mayoritas Cerah Berawan – Page 3

    Berdasar informasi dari BMKG, cuaca ekstrem diperkirakan akan berlangsung selama 4-5 hari ke depan, termasuk di Jawa Timur.

    Untuk itu, BPBD Jatim memastikan pihaknya akan siaga 24 jam sepanjang musim tersebut serta guna mendukung kelancaran dan keselamatan masyarakat dalam melakukan mudik dan balik saat libur lebaran tahun ini.

    “Sesuai arahan Ibu Gubernur, BPBD menjadi salah satu dari lima OPD yang tidak mendapatkan libur guna memastikan kesiapan penanganan bencana dan keadaan darurat saat musim lebaran tahun ini,” ujar Kalaksa BPBD Jatim, Gatot Soebroto, Sabtu (22/3/2025).

    Gatot mengungkapkan, tahun ini posko khusus di beberapa wilayah tidak didirikan karena kebijakan efisiensi. Namun, posko pusat di kantor BPBD Jatim tetap melakukan pemantauan dan koordinasi 24 jam.  

    “Seluruh BPBD di kabupaten/kota juga telah diarahkan untuk siaga di daerah masing-masing, terutama dalam menghadapi potensi bencana seperti, longsor dan banjir,” ungkapnya.

    Beberapa wilayah yang menjadi perhatian utama dalam pemantauan bencana, di antaranya, meliputi kawasan Mataraman, seperti, Trenggalek, Magetan, dan Pacitan.

    “Selanjutnya wilayah Sidoarjo, Malang Raya dan Pantai Selatan, serta wilayah Tapal Kuda, seperti, Bondowoso dan Situbondo. Sementara, wilayah Madura dan sisi utara Jatim diprediksi dalam kondisi relatif aman,” ujar Gatot.

    Kabid KL Satriyo Nurseno menambahkan, kesiapan BPBD Jatim ini juga didukung para personel Tim Reaksi Cepat (TRC) yang akan melakukan pemantauan 24 jam.

    “Kami tetap siaga 24 jam dengan sistem shift, dari yang biasanya tiga shift menjadi dua shift. Setiap shift terdiri dari 15-20 personel untuk memastikan kesiapan penanganan di seluruh wilayah,” tambahnya.

    Selain kesiapan personel, BPBD Jatim juga telah memastikan ketersediaan logistik untuk mendukung penanganan bencana serta berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan Dinas Perhubungan untuk membantu kelancaran arus mudik dan balik.

    Satriyo juga mengajak masyarakat dan awak media untuk berperan aktif dalam memberikan informasi terkait bencana yang terjadi.

    “Jika ada kejadian bencana yang belum terpantau oleh kami, mohon segera melaporkan melalui call center 117 atau melalui nomor WhatsApp posko BPBD 0813-3200-9050,” pintanya.

    Dengan kesiapsiagaan ini, BPBD Jatim berharap dapat memberikan respon cepat dan efektif dalam menghadapi segala kemungkinan selama masa mudik dan balik lebaran.

  • Waspada, Sepanjang Jalur Mudik Cianjur Rawan Bencana
                
                    
                        
                            Bandung
                        
                        26 Maret 2025

    Waspada, Sepanjang Jalur Mudik Cianjur Rawan Bencana Bandung 26 Maret 2025

    Waspada, Sepanjang Jalur Mudik Cianjur Rawan Bencana
    Tim Redaksi
    CIANJUR, KOMPAS.com
    – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur mengimbau pemudik untuk berhati-hati saat melintasi
    jalur mudik
    di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, karena terdapat sejumlah titik
    rawan bencana
    di jalur utama maupun alternatif.
    Kepala Pelaksana BPBD Cianjur, Asep Kusmana Wijaya, mengatakan potensi bencana yang mengancam jalur mudik meliputi longsor, pergeseran tanah, banjir, dan pohon tumbang.
    “Di jalur Puncak terdapat beberapa titik rawan longsor dan pohon tumbang, seperti di kawasan Ciloto, Lembah Koi, serta sepanjang jalur Cibeureum dan Cugenang,” kata Asep kepada Kompas.com, Selasa (25/3/2025).
    Sementara itu, jalur selatan dinilai lebih berisiko, dengan sekitar 80 persen wilayahnya rawan longsor, pergeseran tanah, dan pohon tumbang.
    “Selain itu, ada potensi banjir besar yang dapat menyeret kendaraan, terutama mengingat kondisi cuaca saat ini masih sering turun hujan,” ujarnya.
    Asep mengimbau pemudik untuk meningkatkan kewaspadaan dan tidak berkendara di jalur lintas selatan pada malam hari.
    “Jika terjadi hujan lebat, sebaiknya pengendara menepi dan beristirahat di tempat yang aman, namun jangan di bawah pohon atau di sisi tebing,” katanya.
    BPBD Cianjur telah berkoordinasi dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk menyiagakan alat berat di lokasi-lokasi rawan longsor.
    Selain itu, pos pantau telah didirikan di Jalan Pramuka Karangtengah dan jalur pantai selatan di daerah Cidaun.
    BPBD juga mengoptimalkan peran relawan tanggap bencana (Retana) di wilayah-wilayah rawan bencana, khususnya jalur yang akan dilintasi pemudik.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Perda Adat Kuansing dan FSC, Mengembalikan Fungsi Hutan ke Masyarakat Untuk Mengindari Bencana

    Perda Adat Kuansing dan FSC, Mengembalikan Fungsi Hutan ke Masyarakat Untuk Mengindari Bencana

    Liputan6.com, Pekanbaru – Kerusakan ekosistem hutan membuat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, rawan banjir. Hujan dalam beberapa hari saja membuat sejumlah daerah tergenang air.

    Bupati Kabupaten Kuansing Suhardiman Amby menyebut keadaan ini karena pembabatan hutan alam secara ugal-ugalan oleh perusahaan. Selain bencana hidrometeorologi, masyarakat adat juga kehilangan haknya terhadap hutan sehingga membuat konflik sosial.

    Kini, Pemerintah Kabupaten Kuansing menertibkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 60. Perda ini memberikan kewenangan seluas-luasnya kepada ninik mamak mengelola hutan untuk mengembalikan fungsinya.

    “Seluruh daratan di Kuansing adalah tanah adat masyarakat Kuansing, dikuasai ninik mamak Kuansing dan wajib dilestarikan sesuai fungsi kawasan hutan,” kata Suhardiman Dialog Pemangku Kepentingan Terhadap Implementasi Kebijakan FSC (Forest Steward Council) di Kabupaten Kuantan Singingi, Jumat petang, 21 Maret 2025.

    Di Kuansing ada 3 hutan konservasi yaitu Taman Nasional Tesso Nilo, Suaka Margasatwa Rimbang Baling dan Bukit Tababuh. Di atas kertas, kawasan hutannya masih ada tapi di lapangan, sebagian besarnya sudah berubah menjadi sawit.

    Melalui Perda adat, Pemkab sudah membagi setiap daratan berdasarkan beberapa persukuan atau luhak. Selanjutnya dibentuk dubalang atau polisi adat yang peraturannya tengah dipersiapkan.

    “Hutan dan dubalang akan dikelola Limbago Adat Nagori, sungai akan dijaga, hutan akan dijaga, lingkungan dijaga agar tidak perambahan begitu juga dengan PETI (penambangan emas tanpa izin,” jelas Suhardiman.

    Menurut Suhardiman, siapa yang kedapatan menebang hutan (baik itu perorangan atau perusahaan) dan melakukan PETI, dubalang akan memprosesnya di rumah godang atau adat. Hukuman adat akan diberikan, paling berat diusir dari daerah.

    “Selanjutnya diserahkan ke kepolisian kalau tidak menemukan titik temu,” tegas Suhardiman.

    Suhardiman menyatakan, apa yang dilakukan saat ini merupakan usaha Kuansing menata dan melestarikan kehidupan sosial masyarakat adat dan menata fungsi hutan agar bencana alam bisa dihindari.

     

    *** Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

     

    Pemburu Masker Diterjunkan untuk Kejar Warga Bandel di Banyumas

  • KAI Divre II Sumbar tambah perjalanan kereta api selama Lebaran

    KAI Divre II Sumbar tambah perjalanan kereta api selama Lebaran

    Sumber foto: Musthofa/elshinta.com.

    KAI Divre II Sumbar tambah perjalanan kereta api selama Lebaran
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 25 Maret 2025 – 17:23 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia Divisi Regional II Sumatera Barat (KAI Divre II Sumbar) menyediakan sebanyak 616 perjalanan Kereta Api selama periode Angkutan Lebaran tahun 2025 atau rata-rata 28 KA Lokal perhari. Kondisi tersebut lebih banyak 2 % dari tahun sebelumnya yakni 572 perjalanan. 

    Kepala Humas KAI Divre II Sumbar M Reza Fahlepi mengatakan rincian frekuensi perjalanan KA masa Angkutan Lebaran tahun 2025 di wilayah Divre II Sumbar yakni 10 perjalanan KA Pariaman Ekspres relasi Paulima-Naras/Naras-Paulima, 12 perjalanan KA Minangkabau Ekspres relasi Pulau Aie-BIM/BIM-Pulau Aie dan 6 perjalanan KA Lembah Anai relasi Duku-Kayu Tanam-Kayu Tanam Duku. Dari sejumlah relasi tersebut dengan ketersediaan tempat duduk sebanyak 144.528 tempat duduk selama 22 hari atau rata-rata perhari 7.024 tempat duduk.

    Reza menjelaskan, per hari Senin 24 Maret 2025 pukul 22.40 WIB, sebanyak 24.806 seat KA Lokal telah terjual. Angka tersebut masih akan berubah karena penjualan tiket masih terus berlanjut.

    “Sebanyak 22.624 seat telah terjual dari kapasitas tempat duduk yang kita sediakan sebanyak 154.528 seat selama masa angkutan lebaran 2025, yaitu 21 Maret s.d 11 April 2025,” sebut Reza, Selasa (25/3). 

    Guna meningkatkan keselamatan perjalanan kereta api di periode Angkutan Lebaran 2025,KAI Divre II Sumbar menambah 18 personel ekstra yang terdiri dari 7 petugas penjaga pintu perlintasan ekstra, dan 11 petugas daerah pemantauan khusus serta menyediakan Alat Material untuk Siaga (AMUS) di beberapa titik di wilayah operasional Divre II Sumbar untuk antisipasi terjadinya gangguan pada jalur kereta api seperti banjir, longsor ataupun kerusakan rel. 

    Reza menyebutkan, KAI berkomitmen untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Dengan semangat kebersamaan dan kesiapan yang matang, KAI Divre II Sumbar bertekad menghadirkan pengalaman mudik yang aman dan nyaman. 

    Pada Angkutan Lebaran ini, KAI Divre II Sumbar telah menyiapkan segala sumber daya untuk melayani pelanggan secara maksimal. Kesiapan Divre II  mencakup sumber daya manusia, sarana, prasarana, maupun hal lain-lain yang berkaitan dengan pelayanan secara keseluruhan.
     
    Untuk aspek SDM, seluruh petugas operasional seperti masinis dan asisten masinis siap mematuhi SOP dan menjalankan pekerjaan sesuai dengan tupoksinya masing-masing. Para petugas frontliner seperti kondektur, prama/prami, dan customer service dipastikan melayani pelanggan dengan sepenuh hati. KAI konsisten memberikan perhatian terhadap keselamatan, keamanan, dan kenyamanan terutama di peak season seperti Angkutan Lebaran.

    Adapun sebagai langkah peningkatan keamanan dan ketertiban (kamtib) dalam perjalanan kereta api, stasiun, dan jalur kereta api, KAI melakukan koordinasi kewilayahan dengan aparat setempat serta senantiasa meningkatkan pengamanan operasi pada daerah pengawasan kamtib. KAI menyiapkan tenaga kamtib yang terdiri dari tim 24 Polsuska, dan sebanyak 122 Babin Polsuska dan Security, serta 22 TNI/Polri (eksternal).

    KAI terus melakukan pengecekan secara berkala terhadap titik yang memiliki potensi rawan, proaktif dalam penyelesaian potensi bahaya, memastikan ketersediaan dan keandalan dari seluruh perangkat penanganan kondisi darurat, serta meningkatkan penjagaan di perlintasan liar dengan berkoordinasi aktif serta mengoptimalkan seluruh stakeholders termasuk masyarakat sekitar.

    “KAI berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman perjalanan yang aman dan nyaman bagi seluruh pelanggan pada masa Angkutan Lebaran 2025. Dengan layanan yang semakin baik serta berbagai inovasi, kami berharap dapat memberikan pengalaman mudik yang lebih menyenangkan bagi masyarakat pada momen Lebaran nanti,” tutup Reza seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Musthofa, Selasa (25/3). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Amankan Angkutan Lebaran 2025, KAI Tanjungkarang Tes Urine Masinis

    Amankan Angkutan Lebaran 2025, KAI Tanjungkarang Tes Urine Masinis

    Untuk memastikan kelancaran perjalanan selama masa angkutan Lebaran yang berlangsung 22 hari, mulai 21 Maret hingga 11 April 2025, KAI Divre IV menyiapkan 304 personel keamanan.

    Terdiri dari 46 personel Polsuska, 13 Babin Polsuska, dan 241 petugas keamanan lainnya. Para personel itu akan ditempatkan di dalam kereta, stasiun, serta melakukan patroli di jalur kereta api dan fasilitas penting lainnya.

    “Selain itu, Divre IV juga mengerahkan petugas penilik jalan (PPJ) ekstra, penjaga perlintasan tambahan, serta tim pemantau di daerah rawan gangguan perjalanan,” terangnya.

    Setidaknya ada 17 titik Daerah Perhatian Khusus (Dapsus) yang telah dipetakan, terdiri dari 8 titik rawan longsor, 6 titik amblesan, 2 titik banjir, dan 1 titik rawan bangunan hikmat.

    “Untuk mengantisipasi gangguan, KAI telah menyiapkan Alat Material Untuk Siaga (AMUS) di sejumlah lokasi strategis, seperti Stasiun Baturaja, Martapura, Kotabumi, Rejosari, dan Tanjungkarang,” jelas dia.

  • Ada Toyota Trust Beli Mobil Bekas Nggak Takut Lagi, Garansinya Panjang!

    Ada Toyota Trust Beli Mobil Bekas Nggak Takut Lagi, Garansinya Panjang!

    Jakarta

    Pilihan mobil bekas selalu menarik bagi pengendara karena menawarkan harga yang relatif lebih bersahabat. Akan tetapi jika salah pilih, detikers bakal boncos dan akan mengalami kerugian yang tidak sedikit. Menyadari hal tersebut, Toyota memperkenalkan Toyota Trust pada 2016 lalu.

    Menurut Toyota dalam penjelasannya, mobil bekas memiliki pasarnya sendiri di masyarakat. Untuk itu Toyota menghadirkan Toyota Trust sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin membeli mobil bekas yang terjamin kualitasnya dan terpercaya dengan proses yang mudah, cepat, dan nyaman. Toyota Trust juga menghadirkan pilihan warranty sebagai solusi menyesuaikan kebutuhan.

    Toyota Trust pertama kali hadir di Pekanbaru tahun 2016, dilanjutkan ke beberapa cabang: Jakarta, Tangerang Selatan, Bandung, Binjai, Makassar, Palopo, Kendari, Parepare, Palu, Pekanbaru, Jambi, Bali, Kepulauan Riau, Semarang, Solo, Cianjur, Padang, Medan, Aceh, dan Garut.

    “Mengusung tagline ‘Terpercaya di Setiap Perjalanan’, Toyota Trust berkomitmen untuk memberikan kualitas mobil serta layanan yang dapat diandalkan pada setiap “Customer Journey”, yaitu sebelum, ketika dan setelah pembelian mobil bekas. Toyota Trust memberikan layanan jual-beli mobil bekas Toyota yang berkualitas dan terpercaya sebagai bentuk komitmen atas produk yang dipasarkan. Toyota juga menghadirkan beberapa pilihan warranty sebagai solusi memenuhi kebutuhan pelanggan yang lebih spesifik,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Jap Ernando Demily.

    Berbagai keuntungan diberikan Toyota Trust untuk para pengendara yang menginginkan mobil bekas. Berikut berbagai keuntungan yang ditawarkan Toyota Trust untuk para pemburu mobil mobil bekas.

    1. “Worry Free” Bersama Toyota Trust

    Toyota Trust hadir untuk menjawab berbagai kebutuhan calon pelanggan mobil bekas untuk menghindari kemungkinan permasalahan di kemudian hari, seperti kondisi aktual kendaraan, jaminan keaslian surat-surat kendaraan, serta jaminan saat proses transaksi. Seluruh cabang Toyota Trust menawarkan pelayanan dengan standar yang sama dan terjaga kualitasnya.

    Mobil-mobil yang dipasarkan, telah diinspeksi oleh inspektor Toyota di 213 titik untuk memastikan unit bebas banjir, bebas kecelakaan, dan dilengkapi dokumen asli. Toyota Trust juga menjamin transparansi informasi kondisi mobil bekas yang dipasarkan. Terdapat Form Transparency sebagai alat evaluasi standar yang digunakan untuk memberikan informasi yang jelas dan jujur kepada pelanggan mengenai kondisi kendaraan.

    Form ini meningkatkan kepercayaan dan mengurangi kekhawatiran pelanggan, membantu pelanggan dalam membuat keputusan yang rasional, menunjukkan kredibilitas sales advisor dan jaringan dealer resmi Toyota, serta memperlihatkan nilai tambah mobkas di Toyota Trust. Dengan begitu, pelanggan tidak akan terkena penipuan karena proses berjalan dengan jujur dan transparan.

    Toyota Trust hadir sebagai solusi bagi masyarakat yang ingin membeli mobil bekas yang terjamin kualitasnya dan terpercaya dengan proses yang mudah, cepat, dan nyaman. Toyota Trust juga menghadirkan pilihan warranty sebagai solusi menyesuaikan kebutuhan. Foto: dok. Toyota Indonesia2. Penuhi Kebutuhan Pelanggan dengan Solusi Terbaik

    Sesuai tagline We Do Care, Toyota Trust menawarkan skema pembiayaan yang mudah bagi pelanggan mobil bekas Toyota. Bersama lembaga pembiayaan kredibel dengan rekam jejak yang diakui, disiapkan paket kredit yang sesuai kebutuhan masyarakat.

    Keuntungan lain membeli di Toyota Trust adalah peluang untuk menikmati layanan servis berkala dan perbaikan mobil di jaringan bengkel resmi Toyota yang tersebar luas di wilayah Indonesia. Fasilitas bengkel dan juga teknisi dengan standar Toyota global, menjamin kualitas pengerjaan terbaik, serta suku cadang pengganti orisinal yang berkualitas dan bergaransi.

    Pelanggan dapat pula berkunjung ke-39 Bengkel OtoXpert yang dioperasikan oleh jaringan dealer resmi Toyota. Pada bengkel OtoXpert, pelanggan juga Dapat menggunakan parts alternatif T-OPT dengan harga lebih terjangkau namun kualitasnya tetap terjamin.

    3. Program Warranty Baru Toyota Trust

    Program Warranty baru pada Toyota Trust, diharapkan bisa memberikan rasa tenang kepada pelanggan, Toyota Trust menghadirkan beberapa pilihan warranty sebagai solusi menyesuaikan kebutuhan pelanggan.

    * Prime Extra

    Program warranty ini berlaku untuk mobil bekas Toyota dengan usia maksimal 4 tahun dan 100.000 km. PT Toyota-Astra Motor (TAM) melalui jaringan bengkel resmi di seluruh Indonesia, akan memberikan perbaikan atau penggantian atas komponen yang termasuk dalam skema garansi yang tidak berfungsi dengan baik atau rusak secara gratis selama 1 tahun atau 20.000 km.

    * Prime

    Program warranty ini berlaku untuk mobil bekas Toyota dengan usia maksimal 8 tahun dan 150.000 km. PT Toyota-Astra Motor (TAM) melalui jaringan bengkel resmi di seluruh Indonesia, memberikan jaminan atas mesin dan transmisi kendaraan selama 1 tahun atau 20.000 km.

    “Berikan rasa tenang, warranty merupakan salah satu value penting yang diberikan oleh produsen kendaraan bermotor sebagai jaminan mutu produk yang dipasarkan. Toyota Trust sendiri melaksanakan tahapan yang ketat, jujur, dan transparan dalam penjualan mobil bekas Toyota. Mulai dari memilih produk, menyeleksi, memperbaiki, sampai memasarkannya, semua dijalankan dengan standar yang sama dan dapat dipercaya,” jelas Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Hiroyuki Oide.

    Terakhir, produk-produk warranty tersebut dapat dimanfaatkan di beberapa Cabang Toyota Trust yang berada di Makassar, Palopo, Kendari, Parepare, dan Palu, Medan, Padang, Jakarta, Tangerang Selatan, Bandung, Surabaya, Binjau, Riau, Jambi, Kepri, dan Bali dan Semarang.

    (lth/rgr)