Tempat Fasum: Stasiun Gambir

  • Puncak Mudik Nataru Hari Ini, 460 Ribu Tiket KA dari Jakarta Ludes

    Puncak Mudik Nataru Hari Ini, 460 Ribu Tiket KA dari Jakarta Ludes

    Jakarta

    Masa Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), ditetapkan pada 19 Desember 2024 sampai 5 Januari 2025 atau selama 18 hari. PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta telah menyiapkan 1.552 perjalanan kereta api jarak jauh (KAJJ), atau 86 perjalanan KAJJ rata-rata per harinya.

    Rinciannya berangkat dari Stasiun Gambir sebanyak 48 KA dan Pasar Senen 38 KA. Sedangkan kapasitas tempat duduk selama Nataru 2024/2025 Sebanyak 821.972 tempat duduk, dari Stasiun gambir 358.358 seat dan Pasar Senen 463.614 seat.

    Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko menyampaikan bahwa dari kapasitas tempat duduk yang disediakan, sampai dengan hari ini Selasa (24/12) telah terjual 460.000 tiket atau 56% dari kapasitas tersedia.

    Ixfan menjelaskan, untuk puncak mudik jelang Natal akan terjadi pada hari ini, Selasa (24/12). Penumpang yang akan berangkat hari ini sebanyak 42.760 penumpang atau 92 persen dari kapasitas yang disediakan, yaitu 46.572 tempat duduk.

    Angka tersebut sedikit lebih tinggi dari hari Jumat (20/12) dan Sabtu (21/12) yaitu 89 persen dan 91 persen. Namun demikian angka tersebut masih dapat terus meningkat, karena penjualan tiket masih terus berlangsung.

    “Jika dirinci Keberangkatan dari Daop 1 Jakarta yaitu Stasiun Gambir 17.405 penumpang / 86 persen dan Stasiun Pasar Senen sebanyak 25.357 penumpang / 97 persen dari kapasitas tersedia,” kata Ixfan dalam keterangan tertulis, Selasa (24/12/2024).

    “Ketercapaian penjualan sudah mencapai 92 persen, namun angka tersebut masih dapat berubah,” tambahnya.

    Ixfan menuturkan bahwa tiket KA Jarak Jauh (KAJJ) untuk keberangkatan KA dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada masa libur Nataru mendatang masih cukup banyak tersedia. Bagi para calon penumpang yang masih belum memiliki tiket diharapkan dapat segera membelinya, agar tidak kehabisan tiket saat akan berangkat.

    “KAI Daop 1 Jakarta telah memaksimalkan rangkaian untuk KAJJ yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen maupun dari Stasiun Gambir, sehingga total seat yang disediakan menjadi 821.972 seat. 56 persen diantaranya sudah terjual, yaitu sebanyak 460.000 tiket,” tambah Ixfan.

    Tanggal-tanggal favorit sementara yang dipilih pelanggan yaitu tanggal 19, 20, 21, 22, 23, 24 dan tanggal 25 di Bulan Desember dengan kapasitas rata-rata di atas 70% hingga 90%. Tujuan favorit pelanggan KAJJ menuju Yogyakarta, Lempuyangan, Surabaya, Purwokerto, dan Semarang.

    Pelayanan ticketing untuk Angkutan Nataru sudah dapat dilakukan sejak tanggal 4 November 2024 lalu. Sampai Minggu (22/12) update pantauan layanan ticketing melalui Access by KAI di masa Nataru, ada sekitar 1.552 KA atau 86 KA per harinya termasuk KA tambahan.

    “Untuk kapasitas seat KA jarak jauh baik reguler maupun KA tambahan telah disediakan sekitar 821.972 atau 45.665 seat per harinya. Kemudian untuk seat yang telah terjual kurang lebih sebanyak 460.000 tiket atau 25.555 seat per harinya, jika dipersentase antara ketersediaan seat dengan seat yang telah terjual rata per harinya sekitar 56%,” jelasnya

    1. Keberangkatan KA dari Stasiun Gambir

    19 Desember 2024 = 10.635 (56,6%) fix;
    20 Desember 2024 = 15.885 (81%) fix;
    21 Desember 2024 = 15.295 (78%) fix;
    22 Desember 2024 = 13.605 (69%) fix;
    23 Desember 2024 = 13.536 (69%) fix;
    24 Desember 2024 = 17.403 (86%) masih dapat berubah;
    25 Desember 2024 = 12.551 (62%) masih dapat berubah;
    26 Desember 2024 = 8.295 (41%) masih dapat berubah;
    27 Desember 2024 = 8.972 (43%) masih dapat berubah;
    28 Desember 2024 = 6.327 (31%) masih dapat berubah;
    29 Desember 2024 = 4.917 (24%) masih dapat berubah;
    30 Desember 2024 = 3.853 (19%) masih dapat berubah;
    31 Desember 2024 = 3.602 (18%) masih dapat berubah;
    01 Januari 2025 = 3.002 (15%) masih dapat berubah;
    02 Januari 2025 = 2.259 (11%) masih dapat berubah;
    03 Januari 2025 = 2.351 (12%) masih dapat berubah;
    04 Januari 2025 = 1.799 (9%) masih dapat berubah;
    05 Januari 2025 = 1.253 (6%) masih dapat berubah.

    Total = 145.540 (41%)
    Rata2 perhari = 8.086 (41%)

    2. Keberangkatan KA dari Stasiun Pasar Senen

    19 Desember 2024 = 20.432 (84%) fix;
    20 Desember 2024 = 24.129 (97%) fix;
    21 Desember 2024 = 25.564 (102%) fix;
    22 Desember 2024 = 24.718 (98,4%) fix;
    23 Desember 2024 = 24.632 (98%) fix;
    24 Desember 2024 = 25.357 (96,3%) masih dapat berubah;
    25 Desember 2024 = 25.065 (95%) masih dapat berubah;
    26 Desember 2024 = 21.214 (81%) masih dapat berubah;
    27 Desember 2024 = 20.471 (78%) masih dapat berubah;
    28 Desember 2024 = 19.143 (73%) masih dapat berubah;
    29 Desember 2024 = 14.357 (55%) masih dapat berubah;
    30 Desember 2024 = 11.407 (44%) masih dapat berubah;
    31 Desember 2024 = 10.697 (42%) masih dapat berubah;
    01 Januari 2025 = 9.430 (37%) masih dapat berubah;
    02 Januari 2025 = 8.812 (34%) masih dapat berubah;
    03 Januari 2025 = 8.138 (32%) masih dapat berubah
    04 Januari 2025 = 7.849 (30,4%) masih dapat berubah;
    05 Januari 2025 = 5.791 (22,5%) masih dapat berubah.

    Total = 307.224 (66,3%)
    Rata2 perhari = 17.068 (66,3%)

    Rincian Data Penjualan Tiket:

    Total perjalanan kereta api: 1.552 KA (86 KA per hari, termasuk KA tambahan).
    Kapasitas tempat duduk kereta jarak jauh: 821.972 tempat duduk (45.665 tempat duduk per hari).
    Tiket terjual: 460.000 kursi (25.555 tempat duduk per hari).
    Tingkat okupansi rata-rata: 56 % dari total kapasitas.
    Masih tersedia 44 % dari kapasitas tempat duduk yang dapat dipesan melalui kanal resmi KAI.

    Lihat Video: Jumlah Penumpang Whoosh Naik 20% di Libur Nataru, 120 Ribu Tiket Terjual

    (ily/ara)

  • Jaksel sediakan posko kesehatan untuk malam Tahun Baru 2025

    Jaksel sediakan posko kesehatan untuk malam Tahun Baru 2025

    Jakarta (ANTARA) – Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Selatan menyediakan posko kesehatan di malam Tahun Baru 2025 untuk memastikan masyarakat yang merayakan dalam kondisi sehat.

    “Kami menyebar posko kesehatan di sejumlah titik strategis pada malam pergantian Tahun Baru,” kata Kepala Suku Dinas Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Selatan Yudi Dimyati saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

    Yudi mengatakan posko itu tersebar di Unit Pengelola Kawasan Perkampungan Budaya Betawi (UPK PBB) Setu Babakan, parkir timur mall Kalibata City dan Lapangan Deppen Pesanggrahan.

    Kemudian, kawasan SCBD ada “Panggung Jakarta Bernostalgia”. Sedangkan “Panggung Jakarta Bergoyang” ada di Patung Pemuda Membangun dan “Panggung Anak Indie” di Taman Budaya Dukuh Atas.

    Lokasi lainnya, yakni Posko Pengamanan Tebet Eco Park (Tebet), lampu lalu lintas (traffic light) PIM 2 (Kebayoran Lama), lampu lalu lintas Fatmawati (Cilandak), lalu lintas Mampang, Posko Aeon Mall dan Ragunan (Pasar Minggu).

    “Fasilitas yang tersedia dalam posko, yakni ambulans dan tim medis lengkap dengan obat emergensi,” ujarnya.

    Adapun pelayanan yang tersedia di posko kesehatan mulai dari pengecekan tensi darah, gula darah hingga konsultasi kesehatan.

    Sudinkes Jakarta Selatan mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan fasilitas ini jika membutuhkan bantuan kesehatan.

    Dinas Kesehatan DKI juga memberikan pelayanan kesehatan kepada pengemudi dan pemudik selama libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 di tujuh terminal, dua stasiun kereta api dan dua pelabuhan laut.

    Tujuh terminal itu, yakni Pulo Gebang, Tanjung Priok, Kalideres, Kampung Rambutan, Grogol, Muara Angke dan Lebak Bulus.

    Lokasi lainnya berada di Stasiun Gambir, Stasiun Senen, Dermaga Ancol dan Pelabuhan Kali Adem.

    Pemeriksaan kesehatan pengemudi dan pelayanan kesehatan pemudik berlangsung 18 Desember 2024-5 Januari 2025.

    Pewarta: Luthfia Miranda Putri
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • Nikmati Kemudahan Transaksi Digital di Loko Café dan Resto on Train Berkat Kolaborasi BRI dan KAI

    Nikmati Kemudahan Transaksi Digital di Loko Café dan Resto on Train Berkat Kolaborasi BRI dan KAI

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan PT Reska Multi Usaha atau RMU, yang merupakan anak usaha KAI memperkuat kolaborasi strategis dengan mengimplementasikan sistem pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Resto on Train dan Loko Café.
     
    Inisiatif ini bertujuan memberikan pengalaman transaksi digital yang praktis dan aman bagi pelanggan, baik selama perjalanan kereta api maupun di area stasiun, sekaligus mendukung transformasi layanan berbasis digital.
     
    Direktur Wholesale & Institution Business BRI Agus Noorsanto menyampaikan bahwa kerja sama ini sejalan dengan visi strategis BRI dalam mendorong akselerasi digitalisasi keuangan di berbagai sektor.
     

    “Implementasi QRIS di resto on train dan Loko Café ini merupakan wujud nyata kolaborasi antarBUMN dalam memberikan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan dukungan teknologi dan jaringan BRI, kami menghadirkan sistem pembayaran yang lebih efisien, nyaman, dan aman bagi pelanggan KAI,” ujarnya.
    Seremoni kerja sama ini digelar pada 23 Desember 2024, di Loko Café Stasiun Gambir bersamaan dengan peluncuran resmi Loko Café yang berlokasi di berbagai stasiun strategis, yaitu Stasiun KCIC Halim, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, dan Stasiun Purwokerto. Pada outlet baru tersebut, BRI memberikan promo cashback sebesar Rp29 ribu untuk setiap minimal transaksi Rp100 ribu.
     
    Nasabah dapat melakukan pembayaran makanan dan minuman menggunakan super apps BRImo untuk memberikan pengalaman transaksi digital yang mudah, cepat, dan aman. Implementasi QRIS BRI berlaku di lebih dari 200 kereta yang melayani berbagai rute KAI dan 20 outlet Loko Café yang tersebar di berbagai stasiun, memungkinkan nasabah menikmati transaksi yang lebih praktis dan efisien. Dalam seremoni tersebut, BRI memberikan program promo spesial berupa cashback hingga 50 persen untuk pembelian makanan dan minuman di resto on train menggunakan BRImo dengan minimal transaksi Rp100 ribu.
     

    “BRI terus menghadirkan solusi yang menghubungkan kebutuhan masyarakat dengan teknologi inovatif. Implementasi QRIS BRI di Resto on Train dan Loko Café mempertegas komitmen BRI untuk memberikan kemudahan bertransaksi, memperluas jangkauan layanan digital, dan mendukung kenyamanan nasabah dalam setiap aktivitas finansial,” kata Agus Noorsanto.
     
    Pada saat yang sama, Plt Direktur Utama KAI Services Ririn Widi Astutik menegaskan komitmen KAI Services untuk memberikan pelayanan yang inovatif dan unggul. Dirinya juga berharap, kehadiran fasilitas baru ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan secara keseluruhan.
     
    ”KAI Services memiliki komitmen yang tinggi untuk selalu memberikan pelayanan terdepan kepada semua pelanggan, dengan hadirnya 4 Loko Café, selain itu area parkir double decker di Stasiun Pasar Senen serta gudang utama Branch Office 1 Jakarta yang baru diresmikan, kami berharap bisa terus meningkatkan pelayanan dan melangkah lebih baik lagi,” ujar Ririn.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • KAI hadirkan KA direct train Semarang

    KAI hadirkan KA direct train Semarang

    Sumber foto: Joko Hendrianto/elshinta.com.

    KAI hadirkan KA direct train Semarang – Jakarta PP pada libur Nataru 
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 23 Desember 2024 – 14:37 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) kembali menghadirkan layanan perjalanan kereta api langsung tanpa transit, yaitu KA Direct Train pada momen libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. KA ini akan beroperasi mulai Selasa, 24 Desember 2024 hingga Minggu, 5 Januari 2025.

    KA Direct Train dengan rute Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir pp menawarkan kenyamanan perjalanan langsung tanpa pemberhentian di stasiun antara, sehingga waktu tempuh menjadi lebih singkat dibandingkan kereta api reguler lainnya.

    “Kami menghadirkan KA Direct Train ini untuk memberikan alternatif perjalanan yang cepat, nyaman, dan efisien bagi masyarakat yang ingin merayakan momen libur akhir tahun di Jakarta maupun Semarang. Dengan waktu tempuh hanya sekitar 4 jam 52 menit, layanan ini menjadi solusi terbaik bagi para pelanggan,” ujar Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo.

    Sebagai pembanding, waktu tempuh kereta regular sekitar 5 jam 10 menit untuk jarak Semarang – Jakarta.

    Jadwal Perjalanan KA Direct Train

    Relasi Semarang Tawang Bank Jateng – Gambir:
    Waktu tempuh: 4 jam 52 menit, berangkat dari Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pukul 11.00 WIB, tiba di Stasiun Gambir pukul 15.52 WIB

    Relasi Gambir – Semarang Tawang Bank Jateng:
    Waktu tempuh: 4 jam 53 menit, berangkat dari Stasiun Gambir pukul 23.55 WIB, tiba di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng pukul 04.48 WIB

    Kapasitas dan Tarif

    KA Direct Train menyediakan total 560 tempat duduk, yang terdiri dari:
    •    200 tempat duduk kelas eksekutif Stainless Steel New Generation, harga mulai 520 ribu rupiah
    •    360 tempat duduk kelas ekonomi Stainless Steel New Generation, harga mulai 280 ribu rupiah

    Tiket KA Direct Train dapat dipesan mulai Jumat, 20 Desember 2024 melalui aplikasi Access by KAI maupun kanal penjualan resmi KAI lainnya.

    Layanan KA Direct Train ini dioperasikan untuk memberikan pengalaman perjalanan eksklusif dan bebas hambatan bagi pelanggan. Dengan waktu tempuh yang lebih singkat dan fasilitas kereta yang mewah, pelanggan dapat menikmati perjalanan nyaman untuk merayakan liburan akhir tahun bersama keluarga dan orang terkasih.

    “Kami mengajak masyarakat untuk segera memanfaatkan kesempatan ini dan merasakan perjalanan eksklusif menggunakan kereta api tanpa pemberhentian. Jadikan momen libur Natal dan Tahun Baru lebih seru dan berkesan bersama KAI,” tutup Franoto seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Joko Hendrianto, Senin (23/12). 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Kolaborasi BRI & KAI Hadirkan Transaksi Digital di Loko Cafe dan Resto

    Kolaborasi BRI & KAI Hadirkan Transaksi Digital di Loko Cafe dan Resto

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI terus memberikan kemudahan dalam transaksi. Kali ini BRI mengimplementasikan sistem pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Resto on Train dan Loko Cafe.

    Hal itu terwujud berkat kolaborasi BRI bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan PT Reska Multi Usaha atau RMU, yang merupakan anak usaha KAI.

    Inisiatif ini bertujuan memberikan pengalaman transaksi digital yang praktis dan aman bagi pelanggan, baik selama perjalanan kereta api maupun di area stasiun, sekaligus mendukung transformasi layanan berbasis digital.

    Direktur Wholesale & Institution Business BRI Agus Noorsanto menyampaikan, kerja sama ini sejalan dengan visi strategis BRI dalam mendorong akselerasi digitalisasi keuangan di berbagai sektor.

    “Implementasi QRIS di resto on train dan Loko Cafe ini merupakan wujud nyata kolaborasi antar BUMN dalam memberikan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Agus dalam keterangannya dikutip Senin (23/12).

    “Dengan dukungan teknologi dan jaringan BRI, kami menghadirkan sistem pembayaran yang lebih efisien, nyaman, dan aman bagi pelanggan KAI,” ujarnya.

    Adapun kerja sama ini digelar pada 23 Desember 2024 di Loko Cafe Stasiun Gambir bersamaan dengan peluncuran resmi Loko Cafe yang berlokasi di berbagai stasiun strategis, yaitu Stasiun KCIC Halim, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, dan Stasiun Purwokerto.

    Pada outlet baru tersebut, BRI memberikan promo cashback sebesar Rp29 ribu untuk setiap minimal transaksi Rp100 ribu.

    Nasabah dapat melakukan pembayaran makanan dan minuman menggunakan super apps BRImo untuk memberikan pengalaman transaksi digital yang mudah, cepat, dan aman.

    Implementasi QRIS BRI berlaku di lebih dari 200 kereta yang melayani berbagai rute KAI dan 20 outlet Loko Cafe yang tersebar di berbagai stasiun, memungkinkan nasabah menikmati transaksi yang lebih praktis dan efisien.

    Dalam seremoni tersebut, BRI memberikan program promo spesial berupa cashback hingga 50% untuk pembelian makanan dan minuman di resto on train menggunakan BRImo dengan minimal transaksi 100 ribu rupiah.

    “BRI terus menghadirkan solusi yang menghubungkan kebutuhan masyarakat dengan teknologi inovatif. Implementasi QRIS BRI di Resto on Train dan Loko Cafe mempertegas komitmen BRI untuk memberikan kemudahan bertransaksi, memperluas jangkauan layanan digital, dan mendukung kenyamanan nasabah dalam setiap aktivitas finansial,” kata Agus.

    Dalam kesempatan yang sama, Plt Direktur Utama KAI Services Ririn Widi Astutik menegaskan komitmen KAI Services untuk memberikan pelayanan yang inovatif dan unggul.

    Dirinya juga berharap, kehadiran fasilitas baru ini menjadi langkah strategis untuk meningkatkan kualitas layanan pelanggan secara keseluruhan.

    “KAI Services memiliki komitmen yang tinggi untuk selalu memberikan pelayanan terdepan kepada semua pelanggan, dengan hadirnya 4 Loko Cafe, selain itu area parkir double decker di Stasiun Pasar Senen serta gudang utama Branch Office 1 Jakarta yang baru diresmikan, kami berharap bisa terus meningkatkan pelayanan dan melangkah lebih baik lagi.” ujar Ririn.

    (inh/inh)

  • Kolaborasi Strategis BRI dan KAI: Hadirkan Transaksi Digital di di Loko Café dan Resto on Train

    Kolaborasi Strategis BRI dan KAI: Hadirkan Transaksi Digital di di Loko Café dan Resto on Train

    TRIBUNJATIM.COM – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dan PT Reska Multi Usaha atau RMU, yang merupakan anak usaha KAI memperkuat kolaborasi strategis dengan mengimplementasikan sistem pembayaran berbasis QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) di Resto on Train dan Loko Café. Inisiatif ini bertujuan memberikan pengalaman transaksi digital yang praktis dan aman bagi pelanggan, baik selama perjalanan kereta api maupun di area stasiun, sekaligus mendukung transformasi layanan berbasis digital.

    Direktur Wholesale & Institution Business BRI Agus Noorsanto menyampaikan bahwa kerja sama ini sejalan dengan visi strategis BRI dalam mendorong akselerasi digitalisasi keuangan di berbagai sektor. “Implementasi QRIS di resto on train dan Loko Café ini merupakan wujud nyata kolaborasi antar-BUMN dalam memberikan solusi inovatif yang relevan dengan kebutuhan masyarakat. Dengan dukungan teknologi dan jaringan BRI, kami menghadirkan sistem pembayaran yang lebih efisien, nyaman, dan aman bagi pelanggan KAI,” ujarnya.

    Seremoni kerja sama ini digelar pada 23 Desember 2024 di Loko Café Stasiun Gambir bersamaan dengan peluncuran resmi Loko Café yang berlokasi di berbagai stasiun strategis, yaitu Stasiun KCIC Halim, Stasiun Gambir, Stasiun Senen, dan Stasiun Purwokerto. Pada outlet baru tersebut, BRI memberikan promo cashback sebesar Rp29 ribu untuk setiap minimal transaksi Rp100 ribu.

    Nasabah dapat melakukan pembayaran makanan dan minuman menggunakan super apps BRImo untuk memberikan pengalaman transaksi digital yang mudah, cepat, dan aman. Implementasi QRIS BRI berlaku di lebih dari 200 kereta yang melayani berbagai rute KAI dan 20 outlet Loko Café yang tersebar di berbagai stasiun, memungkinkan nasabah menikmati transaksi yang lebih praktis dan efisien. Dalam seremoni tersebut, BRI memberikan program promo spesial berupa cashback hingga 50 persen untuk pembelian makanan dan minuman di resto on train menggunakan BRImo dengan minimal transaksi 100 ribu rupiah.   

    “BRI terus menghadirkan solusi yang menghubungkan kebutuhan masyarakat dengan teknologi inovatif. Implementasi QRIS BRI di Resto on Train dan Loko Café mempertegas komitmen BRI untuk memberikan kemudahan bertransaksi, memperluas jangkauan layanan digital, dan mendukung kenyamanan nasabah dalam setiap aktivitas finansial,” pungkas Agus Noorsanto

    Pada saat yang sama, Plt Direktur Utama KAI Services Ririn Widi Astutik menegaskan komitmen KAI Services untuk memberikan pelayanan yang inovatif dan unggul, serta harapan agar fasilitas baru ini menjadi langkah maju dalam meningkatkan kualitas layanan pelanggan.

    ”KAI Services memiliki komitmen yg tinggi untuk selalu memberikan pelayanan terdepan kepada semua pelanggan, dengan hadirnya 4 loko café, selain itu area parkir double decker di Stasiun Pasar Senen serta gudang utama Branch Office 1 Jakarta yang baru diresmikan, kami berharap bisa terus meningkatkan pelayanan dan melangkah lebih baik lagi,” ujar Ririn.

  • Libur Nataru, 440 Ribu Tiket Kereta dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen Ludes Terjual – Page 3

    Libur Nataru, 440 Ribu Tiket Kereta dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen Ludes Terjual – Page 3

    Ixfan memprediksi, puncak angkutan Natal akan terjadi pada Selasa 24 Desember 2024 dengan ketercapaian penjualan mencapai 85 persen, angka tersebut masih dapat berubah.

    “Namun demikian Sabtu 21 Desember 2024 hari ini menunjukkan angka penjualan tiket masih cukup tinggi, dengan total penjualan 40.589 tiket atau 91,2 persen dari kapasitas seat yang disediakan per harinya yaitu 44.824 seat,” kata dia.

    Ixfan menuturkan, tiket KAJJ untuk keberangkatan KA dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen pada masa libur Nataru mendatang masih cukup banyak tersedia. KAI Daop 1 Jakarta terus menambah rangkaian pada beberapa KAJJ yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasarsenen.

    “Sehingga total kapasitas seat tersedia saat ini menjadi 821.972 seat dengan 1.552 operasional KAJJ atau 86 KAJJ per harinya,” ujarnya.

  • 440.000 Tiket Kereta Api Jarak Jauh Sold Out, KAI Tingkatkan Jumlah Kursi dan Perjalanan

    440.000 Tiket Kereta Api Jarak Jauh Sold Out, KAI Tingkatkan Jumlah Kursi dan Perjalanan

    Jakarta, Beritasatu.com – Lebih dari 440.000 tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir telah terjual selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

    PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta pun meningkatkan kapasitas tempat duduk untuk keberangkatan KAJJ dari Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir. Penambahan kapasitas tempat duduk dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat selama libur Nataru.

    “Sebanyak 821.972 tempat duduk telah disiapkan, dari Stasiun Gambir 358.358 seat dan Pasar Senen 463.614 seat,” kata Manager Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dalam keterangannya, Senin (23/12/2024).

    Sebelumnya, PT KAI juga telah mengumumkan penetapan masa angkutan Nataru selama 18 hari, yakni pada 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. KAJJ memiliki 86 perjalanan per hari atau sebanyak 1.552 perjalanan selama masa angkutan Nataru.

    Ixfan memprediksi, puncak lonjakan penumpang akan terjadi menjelang Hari Natal, pada Selasa (24/12/2024). Hal tersebut diperkirakan berdasarkan penjualan tiket kereta api yang sudah mencapai 91,2%.

    “Angka penjualan tiket masih cukup tinggi, dengan total penjualan 40.589 tiket atau 91,2% dari kapasitas seat yang disediakan per harinya yaitu 44.824 seat,” ujarnya.

    KAI Daop 1 Jakarta juga terus melakukan penambahan rangkaian pada beberapa KAJJ yang berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Total kapasitas tempat duduk yang tersedia saat ini menjadi 821.972 seat dengan 1.552 operasional atau 86 KAJJ per harinya.

    “KAI Daop 1 Jakarta telah memaksimalkan rangkaian untuk KAJJ yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen maupun dari Stasiun Gambir, sehingga total seat yang disediakan menjadi 821.972 seat sudah terjual, yaitu sebanyak 440.000 tiket,” pungkas Ixfan yang menyebut tiket kereta api selama Nataru.

  • Dirut KAI Sebut Kelanjutan Kereta Tanpa Transit Masih Dievaluasi

    Dirut KAI Sebut Kelanjutan Kereta Tanpa Transit Masih Dievaluasi

    Jakarta, Beritasatu.com – Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (KAI) Didiek Hartantyo menyebut, kelanjutan layanan direct train atau kereta api tanpa transit jurusan Jakarta-Yogyakarta dan Jakarta-Semarang masing menunggu evaluasi.

    “Direct train (kereta api tanpa transit) ini sifatnya masih uji coba, yang kita operasikan pada Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Nah untuk kelanjutan, nanti kita evaluasi dari aspek keselamatannya,” ujar Didiek di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jakarta, Senin (23/12/2024) dilansir Antara.

    Dia menyampaikan, evaluasi ini, meliputi faktor keselamatan baik untuk masinis maupun penumpang. Masinis dan kondektur yang bertugas selama 5 jam nonstop tanpa henti, membutuhkan konsentrasi tinggi, agar tidak kelelahan.

    Selain itu, perlu dikaji dari dari sisi minat penumpang atau pelanggan. Menurut Didiek, jika kereta langsung tanpa transit ini memiliki banyak peminat, kemungkinan akan dilanjutkan setelah periode Nataru.

    “Ini kan tujuannya langsung Semarang dan Yogyakarta, ini buat orang yang malas mondar-mandir. Jadi kita akan evaluasi secara aspek keselamatan, kenyamanan, dan aspek komersialnya, jadi tidak hanya evaluasi, nanti kita lihat apakah ini kita lanjutkan atau tidak, kalau responnya bagus ya kita lanjutnya,” kata Didiek.

    KAI menyambut periode Nataru dengan menghadirkan inovasi layanan direct train atau kereta langsung tanpa transit. Perjalanan kereta langsung tanpa transit ini menghubungkan Stasiun Gambir dengan Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng.

    Kereta langsung tanpa transit akan memberikan pengalaman perjalanan praktis dan nyaman bagi masyarakat. Adapun rute perjalanannya, yaitu relasi (Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng) pukul 23.20 WIB-04.25 WIB serta (Semarang Tawang Bank Jateng-Gambir) pukul 11.00 WIB-16.00 WIB.

    Kereta langsung tanpa transit ini beroperasi mulai 20 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 untuk tujuan Yogyakarta-Gambir (pulang-pergi) dan Semarang Tawang Bank Jateng-Gambir (pulang-pergi) mulai 24 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025. Waktu tempuh untuk Gambir-Semarang 6 jam 3 menit dan Gambir-Yogyakarta 5 jam 5 menit.

  • Ratusan Ribu Tiket Kereta Jarak Jauh dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen Masih Tersedia

    Ratusan Ribu Tiket Kereta Jarak Jauh dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen Masih Tersedia

    Jakarta, Beritasatu.com – PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta menyatakan, sebanyak 48% tiket kereta api jarak jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen masih tersedia pada periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).  

    “Sisa tempat duduk yang masih tersedia sebanyak 387.056. Kalau kami rata-ratakan itu per harinya 21.503 tempat duduk. Jadi, kalau persentase sebanyak 48,4%,” kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko saat ditemui di Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat, Minggu (22/12/2024).

    Dari kapasitas yang tersedia, sebanyak 801.625 tempat duduk dengan 1.415 perjalanan kereta api jarak jauh telah disiapkan PT KAI. Hingga Minggu, 52% tiket kereta jarak jauh atau sekitar 415.500 tiket sudah terjual. Rata-rata penjualan mencapai 23.083 tiket per hari.

    Ixfan mengungkapkan, tanggal favorit masyarakat melakukan perjalanan mudik Nataru adalah 19-25 Desember 2024, dengan tingkat keterisian lebih 70%. Beberapa tujuan favorit penumpang KAJJ, meliputi Yogyakarta, Surabaya, Purwokerto, dan Semarang. 

    Puncak arus mudik kami prediksi akan terjadi pada Selasa (24/12/2024), dengan penjualan tiket kereta jarak jauh diperkirakan mencapai 83%. “Namun, angka ini masih bisa berubah seiring peningkatan jumlah pemesanan tiket,” tambahnya.

    Untuk hari ini, Senin (23/12/2024), penjualan tiket kereta jarak jauh di Stasiun Gambir mencapai 44% atau sekitar 8.673 tiket. Angka ini diperkirakan terus meningkat, termasuk pembelian tiket secara langsung (go show) oleh penumpang.

    Berdasarkan pantauan Beritasatu.com sejak pukul 04.00 WIB, kondisi di Stasiun Gambir terpantau ramai dan terkendali. Tidak ada penumpukan penumpang, meskipun volume lebih tinggi dibandingkan hari biasa.

    PT KAI mengimbau masyarakat agar memanfaatkan aplikasi KAI Access untuk pemesanan tiket kereta jarak jauh guna menghindari antrean di loket. Di sisi lain, penumpang juga diingatkan untuk tiba lebih awal di stasiun untuk kelancaran perjalanan.