Tempat Fasum: Stasiun Gambir

  • XL dan Smartfren Gabung Jadi XLSmart, Menkomdigi Titip Pesan Ini

    XL dan Smartfren Gabung Jadi XLSmart, Menkomdigi Titip Pesan Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid titip pesan untuk XLSmart yang baru saja resmi merger. Paling penting, ia mengatakan harus memberikan kualitas layanan terbaik bagi pelanggan.

    “Pada prinsipnya adalah ya tentu kita harapkan yang paling utama adalah dari merger ini, kualitas layanan harus lebih baik,” kata Meutya ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (26/3/2025).

    Selain itu, ia juga mengingatkan soal pelayanan pelanggan (customer service) yang harus ditingkatkan menjadi lebih baik. 

    Pihak XLSmart juga memiliki komitmen membangun daerah yang belum memiliki sinyal seluler. Meutya mengharapkan komitmen memperluas pembangunan BTS di daerah terus dilakukan oleh perusahaan.

    Terakhir, ia juga menyoroti nasib karyawan. Meutya mengatakan XLSmart harus memperhatikan pegawai dua perusahaan sesuai aturan yang ada.

    “Tidak kalah penting adalah para pegawainya setelah merger ini harus diperhatikan mengikuti standar-standar yang sudah ditetapkan dari aturan-aturan Kemnaker gitu ya. jadi itu yang kita titipkan kepada SMART dan XL,” kata Meutya.

    XLSmart resmi merger dan akan mulai beroperasi 16 April 2025. Perusahaan seluler itu telah mengantongi persetujuan dari regulator, yakni Bursa Efek Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan persetujuan secara prinsip dari Kementerian Komunikasi dan Digital.

    Merger bernilai US$6,5 miliar akan mempertahankan XL sebagai entitas korporasi. Axiata Group Berhard dan Sinar Mas menjadi pemegang saham pengendali bersama sebesar masing-masing 34,8%.

    Tiga merek XL, Smartfren, dan Axis bakal terus dipertahankan setelah XLSmart terbentuk.

    (fab/fab)

  • 20.856 Pemudik Tinggalkan Jakarta Lewat Stasiun Gambir pada H-5 Lebaran

    20.856 Pemudik Tinggalkan Jakarta Lewat Stasiun Gambir pada H-5 Lebaran

    Jakarta

    PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat sebanyak 20.856 orang pemudik berangkat dari Stasiun Gambir pada H-5 Lebaran atau 26 Maret 2025. Para pemudik berangkat dari Stasiun Gambir menggunakan 45 Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ).

    “Angka keberangkatan hari ini sekitar 98 persen penumpang dari kapasitas 21.252 tiket yang dijual di Stasiun Gambir,” kata Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko dilansir Antara, Rabu (26/3/2025).

    Selama masa periode Lebaran 2025, ia menyebutkan Stasiun Gambir akan melayani 990 perjalanan kereta api (KA), dengan kapasitas 467.226 tempat duduk. Dari jumlah itu, tiket yang telah terjual sebanyak 258.870 atau okupansi 55 persen.

    Adapun kota tujuan favorit pemudik yang berangkat dari Stasiun Gambir, yakni Surabaya, Jawa Timur dengan 2.194 penumpang; Kutoarjo, Jawa Tengah sebanyak 2.183 penumpang; serta Lempuyangan, Yogyakarta sebanyak 1.984 penumpang.

    Pada masa pra-Lebaran atau periode 21-30 Maret 2025, KAI Daop 1 Jakarta telah melayani 846 perjalanan kereta api dengan okupansi rata-rata 94 persen.

    Dari total perjalanan tersebut, Stasiun Gambir mencatat tingkat okupansi 85 persen, yang menunjukkan tingginya minat masyarakat menggunakan transportasi KA.

    Sementara setelah puncak arus mudik (2-11 April 2025), Daop 1 Jakarta akan mengoperasikan 846 perjalanan kereta api dengan tingkat okupansi sampai saat ini sebanyak 33 persen, di mana okupansi di Stasiun Gambir sebesar 20 persen.

    “Angka ini masih bisa bertambah seiring dengan meningkatnya permintaan tiket arus balik,” ujarnya.

    (jbr/imk)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Momen Menkomdigi Cek Kesiapan Jaringan di Jalur Mudik Kereta Api

    Momen Menkomdigi Cek Kesiapan Jaringan di Jalur Mudik Kereta Api

    FotoINET

    Dok. Telkomsel – detikInet

    Rabu, 26 Mar 2025 16:32 WIB

    Jakarta – Menkomdigi Meutya Hafid memantau kesiapan jaringan menjelang puncak arus mudik di Stasiun Gambir. Operator seluler memastikan layanan berjalan lancar.

  • Usai Merger Jadi XLSmart, Komdigi Ingatkan Komitmen Bangun 8.000 BTS

    Usai Merger Jadi XLSmart, Komdigi Ingatkan Komitmen Bangun 8.000 BTS

    Jakarta

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid merespon terkait selesainya merger XL Axiata dan Smartfren yang nantinya akan menjadi XLSmart. Meutya menyampaikan pesan kepada operator seluler XLSmart.

    “Pada prinsipnya adalah ya tentu kita harapkan yang paling utama adalah dari merger ini kualitas layanan harus lebih baik,” ujar Meutya Hafid di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (26/3/2025).

    Menkomdigi meminta agar XLSmart memperhatikan pelayanan customer service yang juga mesti lebih baik dari sebelumnya. Sehingga pelanggan yang tadinya terpisah dan kini tergabung, tidak mengalami kebingungan.

    Kemudian dari sisi komitmen infrastruktur, Kementerian Komunikasi dan Digital (Komdigi) mengungkapkan bahwa usai sepakat merger, XLSmart berencana untuk membangun sebanyak 8.000 base transceiver station (BTS) ke depannya.

    “Investasi, termasuk di daerah-daerah yang saat ini belum bersinyal dan itu ada di point komitmennya untuk memperluas pembangunan BTS-BTS di daerah yang memang belum ada sinyal. Itu juga masuk dalam komitmen yang mudah-mudahan ini dijalankan,” kata Meutya.

    “Dan, yang juga tidak kalah penting adalah para pegawainya setelah merger ini harus diperhatikan mengikuti standar-standar yang sudah ditetapkan dari aturan-aturan Kemankertrans, gitu ya. Jadi, itu yang kita titipkan kepada Smart dan XL,” pungkasnya.

    Pemegang saham XL Axiata dan Smartfren menyetujui terjadinya penggabungan kedua operator seluler menjadi XLSmart. Berdasarkan hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB), XLSmart akan resmi beroperasi pada 16 April 2025 mendatang.

    Merger perusahaan telekomunikasi ini sebelumnya telah mendapatkan persetujuan dari regulator, yaitu Bursa Efek Indonesia dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Aksi korporasi ini juga telah mendapatkan persetujuan secara prinsip dari Komdigi.

    Diberitakan sebelumnya, pada Desember 2024, XL Axiata, Smartfren, dan Smart Telecom mengumumkan kesepakatan definitif untuk melakukan merger yang nantinya menjadi XLSmart. Kesepakatan tersebut penggabungan perusahaan senilai Rp 104 triliun atau USD 6,5 miliar.

    Disebutkan bahwa XL Axiata akan menjadi entitas yang bertahan, sedangkan Smartfren dan SmartTel akan menggabungkan diri menjadi bagian dari XLSmart. Axiata Group Berhad dan Sinar Mas akan menjadi pemegang saham pengendali bersama, masing-masing memiliki 34,8% saham di XLSmart, dengan pengaruh yang sama terhadap arah dan keputusan strategisnya.

    Komdigi telah menetapkan XLSmart, entitas operator seluler baru hasil merger antara XL Axiata dan Smartfren, harus mengembalikan lebar pita 2 x 7,5 MHz ke negara.

    (agt/fay)

  • Menkomdigi Cek Sinyal Internet di Stasiun Gambir, Tembus 50 Mbps

    Menkomdigi Cek Sinyal Internet di Stasiun Gambir, Tembus 50 Mbps

    Jakarta

    Menteri Komunikasi dan Digital (Menkomdigi) Meutya Hafid meninjau kualitas jaringan telekomunikasi menghadapi puncak arus mudik di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (26/3/2025). Koneksi yang akan dirasakan pemudik bisa mencapai sekitar 30 Mbps sampai 50 Mbps.

    Selain dari sisi pemantauan infrastruktur, Komdigi dan operator seluler pun saling berkoordinasi dengan menurunkan sumber daya manusia langsung ke lokasi.

    “Dari Kemkomdigi bersama operator seluler bagaimana kemarin sudah kami sampaikan itu kurang lebih turun 1.500 personel, di antaranya adalah juga di Stasiun Gambir dan di berbagai titik lainnya. Ada 30 mobil untuk memonitoring frekuensi dan juga layanan dari Kemkomdigi juga operator seluler,” ujar Meutya.

    Meutya sempat menanyakan perihal layanan internet yang dirasakan para pemudik di Stasiun Gambir. Ia mendapati tidak ada persoalan berarti, seperti masih bisa menikmati video streaming dengan lancar, begitu juga ketersediaan paket internet terjangkau.

    “Ya, itu Alhamdulillah-nya, tapi nanti dicek langsung. Kalau dari tadi penyampaian kepada kami Alhamdulillah semuanya lancar dari sisi jaringan dari sisi kecepatan internetnya tadi kita juga sudah cek langsung bahwa kurang lebih di 30-50 Mbps, Ini angkanya yang cukup cepat,” tuturnya.

    Pada kesempatan ini, Komdigi mengerahkan dua unit mobil pemantau spektrum di Stasiun Gambar untuk memastikan frekuensi dipakai untuk peruntukannya alias tidak ada disalahgunakan.

    Menkomdigi Meutya Hafid tinjau ketersediaan paket internet terjangkau di Stasiun Gambir, Jakarta. Foto: Agus Tri Haryanto/detikINET

    Direktur Jenderal Infrastruktur Digital Komdigi, Wayan Toni Supriyanto, mengatakan jika ada penurunan kecepatan internet sampai 2 Mbps atau 5 Mbps, maka Komdigi akan meminta kepada operator seluler untuk meningkatkan koneksinya lagi.

    “Kalau ada keluhan dari sisi frekuensi, kemudian dari sisi kualitas, kalau lemah, nanti akan kami langsung lakukan namanya ticketing kepada operator untuk segera menaikkan, kalau ada yang di bawah 2-5 Mbps untuk dinaikkan sinyalnya karena ini secara online dan real-time,” ucapnya.

    (agt/fay)

  • Jumlah Pemudik di Stasiun Gambir H-5 Lebaran Naik Dibandingkan Kemarin – Halaman all

    Jumlah Pemudik di Stasiun Gambir H-5 Lebaran Naik Dibandingkan Kemarin – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Jumlah pemudik yang berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, mengalami peningkatan pada Rabu (26/3/2025), atau H-5 Lebaran. 

    Dibandingkan dengan hari sebelumnya, jumlah penumpang yang berangkat naik signifikan, dengan okupansi mencapai 98 persen.

    Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko mengatakan, pada Selasa (25/3/2025), jumlah pemudik yang berangkat dari Stasiun Gambir tercatat sebanyak 19.371 orang. 

    Dari total 21.222 tempat duduk yang tersedia di 45 Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), okupansi mencapai 91 persen.

    “Tempat duduk terjual 19.371 seat,” kata Ixfan dalam keterangannya, Rabu.

    Sementara pada hari ini, Ixfan menyebutkan sebanyak 45 Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ) yang beroperasi dengan kapasitas 21.252 seat.

    “Tiket terjual/penumpang yang berangkat 20.856 seat/orang (okupansi 98 persen),” ujarnya.

    Lebih lanjut, dia mengungkapkan bahwa sejak 21 Maret 2025, total penumpang yang tiba di wilayah Daop 1 Jakarta mencapai 617.753 orang, dengan rata-rata 28.080 penumpang per hari. 

    “Lonjakan kedatangan diprediksi terjadi pada 5-7 April 2025, di mana jumlah penumpang harian diperkirakan melebihi 47.000 orang,” ungkap Ixfan.

  • Jadwal Operasional Transjakarta Selama Mudik Lebaran 2025, Cek di Sini! – Halaman all

    Jadwal Operasional Transjakarta Selama Mudik Lebaran 2025, Cek di Sini! – Halaman all

    PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) telah merilis jadwal operasional baru khusus arus mudik lebaran 2025.

    Tayang: Rabu, 26 Maret 2025 14:15 WIB |
    Diperbarui: Rabu, 26 Maret 2025 14:18 WIB

    WARTAKOTA/Yulianto

    OPERASIONAL TRANSJAKARTA – Bus Transjakarta melintas di kawasan Halte UKI dan MH Thamrin, Jakarta, Senin (20/5/2024). PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) telah merilis jadwal operasional baru khusus arus mudik lebaran 2025. 

    TRIBUNNEWS.COM – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) telah merilis jadwal operasional baru khusus arus mudik lebaran 2025.

    Dikutip dari Instagram @infotije, selama mudik lebaran 2025, Transjakarta menerapkan jam operasional hingga pukul 23.59 WIB.

    Namun jam operasional ini hanya berlaku untuk rute-rute yang terintegrasi dengan stasiun dan terminal yang buka hingga tengah malam.

    Perlu dicatat, jadwal operasional ini hanya berlaku selama arus mudik (28-30 Maret 2025) dan arus balik (2-7 April 2025).

    Daftar Rute Transjakarta yang Beroperasi hingga Tengah Malam pada Arus Mudik dan Balik Lebaran 2025

    1. Rute-rute yang melintasi stasiun KAI antar kota

    Stasiun Gambir: 1P dan 6H
    Stasiun Pasar Senen: 2A, 7F, 1P, 1R, 2P, 6H, 12B, dan 14B

    2. Rute-rute yang melintasi stasiun KAI transit:

    Stasiun Manggarai: 4D, 4B dan 6M
    Stasiun Tanah Abang: 1H, 1N, 1R, 5M, 8C, 8M, dan 9D

    3. Rute yang melayani terminal-terminal:

    Terminal Muara Angke: 1A
    Terminal Kalideres: 3F dan SH1
    Terminal Grogol: 2A, 3H dan 8M
    Terminal Pulo Gebang: 11D dan 11Q
    Terminal Lebak Bulus: 6H, 7A, S21 dan S22
    Terminal Kp. Rambutan: 7A, 7B, 7E, 7F, 10D dan S22
    Terminal Tanjung Priok: 10D, 10H dan 14B

    4. Rute Khusus Pelabuhan

    10C: Pelabuhan Tj. Priok – Tanjung Priok (05.00-23.59 WIB)

    Pengoperasian Rute AMARI dari Terminal Pulo Gebang yang Beroperasi Pukul 00.00-05.00 WIB pada Arus Balik Lebaran 2025

    Pulo Gebang – Senen
    Pulo Gebang – Tanjung Priok
    Pulo Gebang – Kp. Rambutan
    Pulo Gebang – Ps. Minggu
    Pulo Gebang – Kalideres

    (Tribunnews.com/Farrah)

    Artikel Lain Terkait TransJakarta dan Mudik Lebaran 2025

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • Pemprov DKI pastikan pemudik bebas dari aksi pungutan liar

    Pemprov DKI pastikan pemudik bebas dari aksi pungutan liar

    untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik

    Jakarta (ANTARA) – Inspektorat Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memastikan pemudik terbebas dari aksi pungutan liar pada Lebaran 2025 dengan menyediakan Posko Pengaduan Pencegahan Pungutan Liar (Posko Saber Pungli).

    “Pembentukan posko ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pemudik khususnya dari tindakan pungli,” kata Tim Saber Pungli, Dasuki di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, Rabu.

    Pos pengaduan yang disediakan Inspektorat Provinsi DKI Jakarta ini bekerja sama dengan Tim Unit Pemberantasan Pungli (UPP) menyediakan layanan pada 21-30 Maret 2025.

    Dasuki menyebut posko saber pungli ini merupakan tahun kedua dibuka di beberapa titik ramai pemudik, seperti terminal, stasiun, dan pelabuhan.

    Lokasi tersebut dipilih karena memiliki daya tampung pemudik yang besar sehingga cocok menjadi lokasi edukasi.

    “Untuk 2025 ini ada di Terminal Terpadu Pulo Gebang, Kampung Rambutan, dan Kalideres. Sedangkan stasiun ada di Stasiun Gambir dan Senen. Kalau pelabuhan ada di Tanjung Priok dan Muara Angke,” ucap Dasuki.

    Dasuki menyebut hingga saat ini belum ada laporan atau aduan dari masyarakat terkait pengguna jasa angkutan yang melakukan pungutan liar.

    Pihak Inspektorat DKI Jakarta akan terus melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pemudik untuk berani melaporkan jika terjadi pungli di lingkungan setempat.

    “Petugas yang berjaga di posko bisa 10 orang per hari yang terdiri atas Aparatur Sipil Negara (ASN), inspektorat, dari Kodim, kepolisian, Polres, kejaksaan,” kata Dasuki.

    Sebelumnya, Pengawas Operasional Terminal Terpadu Pulo Gebang Mujib Tambrin mengimbau kepada masyarakat yang ingin mudik untuk membeli tiket bus secara daring (online) untuk menghindari praktik calo.

    “Tentunya masyarakat juga harus pintar-pintar juga membeli tiket bus untuk mudik. Apalagi, sekarang sudah ada yang namanya media sosial (medsos) itu kan,” kata Mujib ketika dikonfirmasi di Jakarta, Selasa (18/3).

    Masyarakat bisa membeli tiket bus melalui situs web atau aplikasi agen resmi perjalanan. Pembelian tiket tersebut mencakup tempat berangkat, tujuan, tanggal perjalanan, jumlah kursi, dan kebutuhan lainnya.

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Ganet Dirgantara
    Copyright © ANTARA 2025

  • Cerita Pemudik ‘Full Senyum’ Usai Indonesia Libas Bahrain 1-0 – Halaman all

    Cerita Pemudik ‘Full Senyum’ Usai Indonesia Libas Bahrain 1-0 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kemenangan tipis 1-0 yang diraih Timnas Indonesia atas Bahrain dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 disambut suka cita oleh masyarakat, termasuk para pemudik.

    Willy (26), pemudik asal Surabaya mengaku sangat gembira atas keamanan skuad Garuda dalam laga yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada Selasa (25/3/2025) malam.

    Dengan skor 1-0 atas Bahrain, Willy mengaku sangat senang, terutama dalam menyambut Lebaran 2025.

    “Senang banget rasanya,” kata Willy saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (26/3/2025).

    Dia berharap Indonesia mempertahankan kemenangan tersebut dalam melawan China pada Juni 2025.

    “Semoga nanti bisa lolos piala dunia. (Lebaran jadi) lebih semangat lagi, Indonesia bisa menang,” ujar Willy.

    Selain Willy, hal senada juga dirasakan Rafa (17), pemudik yang berangkat ke Yogyakarta. Dia mengaku senang dengan kemenangan tim asuhan Patrick Kluivert.

    “Ya Alhamdulillah bisa tidur tenang, Lebaran, tenang ya enggak ada rasa mengganjal di hati sih. Full senyum pokonya,” ucapnya.

    Dalam laga Timnas Indonesia vs Bahrain pada Selasa malam, Skuad Garuda mampu menjebol gawang Bahrain.

    Gawang Bahrain berhasil dijebol lewat tendangan Ole Romeny pada menit ke-24.

     

  • Jumlah Pemudik di Stasiun Gambir H-5 Lebaran Naik Dibandingkan Kemarin – Halaman all

    20 Ribu Pemudik Berangkat dari Stasiun Gambir pada H-5 Lebaran – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Arus mudik melalui Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, mulai ramai pada Rabu (26/3/2025), atau H-5 Lebaran.

    Pantauan Tribunnews.com, pemudik tiba di Stasiun Gambir sejak pagi. Mereka tampak duduk di ruang tunggu sembari menanti jadwal keberangkatan.

    Pemudik membawa barang bawaan seperti koper, kardus, dan tas besar.

    Sejumlah porter terlihat hilir-mudik menawarkan jasa angkut barang kepada penumpang yang membawa banyak bawaan.

    Manager Humas PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan bahwa total 87 kereta api jarak jauh (KAJJ) diberangkatkan dari Daop 1 Jakarta pada hari ini. 

    Ixfan menyebut, kapasitas yang tersedia mencapai 48.408 tempat duduk, namun tingginya permintaan menyebabkan jumlah penumpang yang berangkat mencapai 48.825 orang.

    “Tingginya permintaan membuat tiket terjual atau penumpang yang berangkat mencapai 48.825 seat/orang, sehingga tingkat okupansi mencapai 101 persen,” kata Ixfan dalam keterangannya, Rabu.

    Di Stasiun Gambir, sebanyak 45 KAJJ diberangkatkan dengan kapasitas 21.252 tempat duduk.

    “Stasiun Gambir: 45 KAJJ, kapasitas 21.252 seat, tiket terjual/penumpang yang berangkat 20.856 seat/orang (okupansi 98 persen),” ujar Ixfan.

    Sementara itu, Stasiun Pasar Senen juga mengalami lonjakan penumpang. Dari 42 KAJJ yang diberangkatkan, kapasitas kursi yang tersedia mencapai 27.156.

    “Stasiun Pasar Senen: 42 KAJJ, kapasitas 27.156 seat, tiket terjual/penumpang yang berangkat 27.969 seat (okupansi 103 persen),” ucapnya.