Tempat Fasum: Stasiun Gambir

  • Libur Panjang Paskah, Jasa Marga Terapkan Contraflow Tol Jagorawi Arah Puncak Pagi Ini – Page 3

    Libur Panjang Paskah, Jasa Marga Terapkan Contraflow Tol Jagorawi Arah Puncak Pagi Ini – Page 3

    Sebelumnya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta melaporkan bahwa sebanyak 108.647 tiket telah terjual selama libur panjang (long weekend) Paskah 2025, dengan tingkat okupansi mencapai 53 persen.

    “Hingga saat ini, sebanyak 108.647 tiket telah terjual dengan tingkat okupansi mencapai 53 persen. Angka-angka tersebut masih dapat berubah hingga waktu keberangkatan masing-masing KA dari stasiun,” ujar Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (18/4/2025).

    Dia mengatakan terdapat 380 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), termasuk kereta tambahan, dengan rata-rata 76 perjalanan per hari.

    “Total kapasitas tempat duduk (TD) yang disediakan mencapai 204.010 seat, atau rata-rata 40.802 seat per hari,” kata dia, dikutip dari Antara.

    Adapun total perjalanan KA di Stasiun Gambir sebanyak 41 KA, dengan kapasitas 92.570 tempat duduk, sementara di Stasiun Pasar Senen sebanyak 35 KA dengan kapasitas 111.440 kursi.

    “Tiket terjual di Stasiun Gambir 32.961 seat, tiket terjual di Stasiun Pasar Senen 46.808 seat,” ucap Ixfan.

  • Libur Panjang Paskah, 108.647 Tiket Kereta Api Jarak Jauh Ludes Terjual – Page 3

    Libur Panjang Paskah, 108.647 Tiket Kereta Api Jarak Jauh Ludes Terjual – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta melaporkan bahwa sebanyak 108.647 tiket telah terjual selama libur panjang (long weekend) Paskah 2025, dengan tingkat okupansi mencapai 53 persen.

    “Hingga saat ini, sebanyak 108.647 tiket telah terjual dengan tingkat okupansi mencapai 53 persen. Angka-angka tersebut masih dapat berubah hingga waktu keberangkatan masing-masing KA dari stasiun,” ujar Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat (18/4/2025).

    Dia mengatakan terdapat 380 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), termasuk kereta tambahan, dengan rata-rata 76 perjalanan per hari.

    “Total kapasitas tempat duduk (TD) yang disediakan mencapai 204.010 seat, atau rata-rata 40.802 seat per hari,” kata dia, dikutip dari Antara.

    Adapun total perjalanan KA di Stasiun Gambir sebanyak 41 KA, dengan kapasitas 92.570 tempat duduk, sementara di Stasiun Pasar Senen sebanyak 35 KA dengan kapasitas 111.440 kursi.

    “Tiket terjual di Stasiun Gambir 32.961 seat, tiket terjual di Stasiun Pasar Senen 46.808 seat,” ucap Ixfan.

     

  • KAI Daop 1 Jakarta catat 100 ribu tiket terjual di masa libur Paskah

    KAI Daop 1 Jakarta catat 100 ribu tiket terjual di masa libur Paskah

    Ilustrasi penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) di Stasiun Pasar Senen, Jakarta. PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta mencatat sebanyak 108.647 tiket telah terjual dengan tingkat okupansi mencapai 53 persen pada masa libur panjang (long weekend) Paskah 2025. ANTARA/PT KAI Daop 1 Jakarta

    KAI Daop 1 Jakarta catat 100 ribu tiket terjual di masa libur Paskah
    Dalam Negeri   
    Editor: Calista Aziza   
    Jumat, 18 April 2025 – 14:36 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta mencatat sebanyak 108.647 tiket telah terjual dengan tingkat okupansi mencapai 53 persen pada masa libur panjang (long weekend) Paskah 2025.

    “Hingga saat ini, sebanyak 108.647 tiket telah terjual dengan tingkat okupansi mencapai 53 persen. Angka-angka tersebut masih dapat berubah hingga waktu keberangkatan masing-masing KA dari stasiun,” ujar Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

    Dia mengatakan terdapat 380 perjalanan Kereta Api Jarak Jauh (KAJJ), termasuk kereta tambahan, dengan rata-rata 76 perjalanan per hari.

    “Total kapasitas tempat duduk (TD) yang disediakan mencapai 204.010 seat, atau rata-rata 40.802 seat per hari,” kata dia.

    Adapun total perjalanan KA di Stasiun Gambir sebanyak 41 KA, dengan kapasitas 92.570 tempat duduk, sementara di Stasiun Pasar Senen sebanyak 35 KA dengan kapasitas 111.440 kursi.

    “Tiket terjual di Stasiun Gambir 32.961 seat, tiket terjual di Stasiun Pasar Senen 46.808 seat,” ucap Ixfan.

    Ia juga mengimbau calon penumpang untuk datang lebih awal ke stasiun dan mematuhi ketentuan perjalanan guna kelancaran bersama.

    Kemudian, bagi mereka yang rutin melakukan perjalanan jarak pendek seperti relasi Jakarta–Cirebon atau Jakarta–Bandung, tersedia tiket mulai dari Rp125.000 dan dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI maupun kanal resmi lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

    Sumber : Antara

  • KAI Jakarta operasikan 35 KA tambahan di libur Paskah 2025

    KAI Jakarta operasikan 35 KA tambahan di libur Paskah 2025

    Jakarta (ANTARA) – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 Jakarta mengoperasikan 35 perjalanan kereta api (KA) tambahan untuk mengakomodasi lonjakan penumpang selama libur panjang bertepatan dengan peringatan Hari Paskah 2025.

    “Untuk mengakomodasi lonjakan penumpang selama libur panjang, Daop 1 Jakarta mengoperasikan 35 perjalanan KA tambahan (rata-rata 7 KA per hari),” ujar Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko dalam keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

    Dari 35 perjalanan KA itu, sebanyak 30 perjalanan dari Stasiun Gambir dan lima perjalanan lainnya dari Stasiun Pasar Senen.

    Adapun pada Jumat ini, KAI Daop 1 Jakarta memberangkatkan total 76 KA dengan total tiket terjual sebanyak 31.534 tiket. Dari jumlah ini, sebanyak 41 KA berangkat dari Stasiun Gambir dan 31 KA lainnya dari Stasiun Pasar Senen.

    Ixfan mencatat jumlah penumpang datang atau tiba di Stasiun Gambir sebanyak 7.052 orang, sementara penumpang tiba di Stasiun Pasar Senen 10.465 orang.

    “Sebanyak 8.563 penumpang tercatat naik dari stasiun lainnya di wilayah Daop 1 Jakarta, seperti Stasiun Bekasi, Jatinegara, Karawang, Cikarang, dan Cikampek,” ujarnya.

    Dia pun mengimbau agar calon penumpang untuk datang lebih awal ke stasiun dan mematuhi ketentuan perjalanan guna kelancaran bersama.

    Kemudian, bagi penumpang yang rutin melakukan perjalanan jarak pendek seperti relasi Jakarta–Cirebon atau Jakarta–Bandung, tersedia tiket mulai dari Rp125.000 dan dapat dibeli melalui aplikasi Access by KAI maupun kanal resmi lainnya yang bekerja sama dengan KAI.

    Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
    Editor: Syaiful Hakim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Long Weekend Paskah, KAI Hadirkan Kereta Api Tambahan Rute Yogyakarta-Gambir – Halaman all

    Long Weekend Paskah, KAI Hadirkan Kereta Api Tambahan Rute Yogyakarta-Gambir – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menghadirkan perjalanan Kereta Api Tambahan relasi Yogyakarta – Gambir (PP).

    KA Tambahan ini diberlakukan selama long weekend Paskah periode tanggal 17 hingga 20 April 2025.

    “Kami memahami bahwa long weekend Paskah menjadi kesempatan berharga bagi masyarakat untuk bepergian. Oleh karena itu, KAI menambah perjalanan KA Yogyakarta – Gambir guna mengakomodasi lonjakan penumpang sekaligus memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba, dikutip dari siaran pers KAI, Rabu (16/4/2025).

    Perjalanan KA Tambahan ini akan beroperasi dari Stasiun Yogyakarta, KA berangkat pukul 00.25 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 07.22 WIB.

    Sementara itu, dari Gambir, keberangkatan dijadwalkan pukul 15.20 WIB dan tiba kembali di Yogyakarta pada pukul 22.15 WIB.

    Sebagai informasi, KA Tambahan Yogyakarta – Gambir ini menggunakan sarana unggulan Kereta Eksekutif Stainless Steel New Generation, dengan desain modern serta kursi ergonomis yang nyaman untuk perjalanan jauh.

    “Yogyakarta dan Jakarta selalu menjadi dua kota dengan mobilitas tinggi, apalagi di momen liburan. Penambahan perjalanan ini tidak hanya menjawab kebutuhan masyarakat, tetapi juga bagian dari upaya KAI untuk terus hadir sebagai sahabat perjalanan terbaik di setiap momen spesial,” lanjut Anne.

    Selain itu, pelanggan dapat dengan mudah memesan tiket KA Tambahan ini melalui aplikasi Access by KAI ataupun situs booking.kai.id.

    Proses pembelian cepat, transparan, dan tanpa repot, semuanya demi memastikan pengalaman terbaik sejak dari perencanaan perjalanan.

    KAI juga mengimbau kepada pelanggan untuk merencanakan perjalanan sejak dini, mengingat jumlah tempat duduk terbatas dan momen long weekend kerap membuat tiket cepat terjual habis. 

    “Tak ada salahnya menyusun itinerary dari sekarang—mau menikmati matahari terbenam di Parangtritis Yogyakarta atau ngopi santai di Jalan Sabang Jakarta, semua bisa ditempuh dengan KA tambahan ini. KAI berkomitmen untuk selalu menjadi bagian dari cerita perjalanan masyarakat Indonesia. Dengan layanan yang terus ditingkatkan, kami ingin setiap perjalanan bersama KAI bukan hanya nyaman, tapi juga penuh kesan,” tutup Anne. 

    Jadwal Keberangkatan KA Tambahan Rute Yogyakarta-Gambir (PP)

    Keberangkatan Stasiun Yogyakarta pukul 00.25 WIB dan Tiba di Stasiun Gambir pukul 07.22 WIB.
    Keberangkatan Stasiun Gambir pukul 15.20 WIB dan Tiba di Yogyakarta pukul 22.15 WIB.

    (Tribunnews.com/Latifah)

  • KAI Tambah Jadwal KA Yogyakarta–Gambir untuk Libur Panjang Paskah

    KAI Tambah Jadwal KA Yogyakarta–Gambir untuk Libur Panjang Paskah

    Bisnis.com, JAKARTA – Kalender kembali membawa kabar baik bagi para pencinta liburan. Minggu ini, tanggal merah kembali menyapa, memberi ruang rehat sejenak dari rutinitas.

    Hari Jumat, 18 April 2025 ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional dalam rangka Wafat Isa Almasih atau biasa dikenal Jumat Agung. Rangkaian Paskah yang jatuh pada Minggu 20 April, menciptakan long weekend yang tak boleh dilewatkan.

    PT Kereta Api Indonesia (Persero) tak ketinggalan merespons antusiasme masyarakat yang ingin memanfaatkan momen ini untuk pulang kampung, berlibur, atau sekadar recharge ke tempat yang berbeda.

    KAI menghadirkan perjalanan Kereta Api Tambahan relasi Yogyakarta – Gambir (PP) selama periode 17 hingga 20 April 2025, demi memberikan kemudahan dan kenyamanan perjalanan pada momen akhir pekan panjang tersebut.

    “Kami memahami bahwa long weekend Paskah menjadi kesempatan berharga bagi masyarakat untuk bepergian. Oleh karena itu, KAI menambah perjalanan KA Yogyakarta – Gambir guna mengakomodasi lonjakan penumpang sekaligus memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman, dan menyenangkan,” ujar Vice President Public Relations KAI Anne Purba.

    Perjalanan KA Tambahan ini akan beroperasi dengan waktu yang ramah untuk para traveler. Dari Stasiun Yogyakarta, KA berangkat pukul 00.25 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 07.22 WIB. Sementara itu, dari Gambir, keberangkatan dijadwalkan pukul 15.20 WIB dan tiba kembali di Yogyakarta pada pukul 22.15 WIB.

    KA Tambahan Yogyakarta – Gambir ini menggunakan sarana unggulan Kereta Eksekutif Stainless Steel New Generation. Dengan desain modern serta kursi ergonomis yang nyaman untuk perjalanan jauh. Pengalaman naik kereta api kini menjadi bagian dari liburan itu sendiri, bukan hanya sekadar alat transportasi.

    Stasiun-stasiun perhentian dalam perjalanan ini juga menyuguhkan nuansa khas kota-kota di Jawa yang tak kalah memikat. Mulai dari Wates, Kutoarjo, Kebumen, Kroya, Purwokerto, Bumiayu, Cirebon, Jatibarang, Karawang, Bekasi, hingga Jatinegara. Perjalanan dengan kereta ini seperti mengajak penumpang menyusuri lorong-lorong eksotis Pulau Jawa dari jendela kereta.

    “Yogyakarta dan Jakarta selalu menjadi dua kota dengan mobilitas tinggi, apalagi di momen liburan. Penambahan perjalanan ini tidak hanya menjawab kebutuhan masyarakat, tetapi juga bagian dari upaya KAI untuk terus hadir sebagai sahabat perjalanan terbaik di setiap momen spesial,” lanjut Anne.

    Tak hanya sekadar perjalanan, naik kereta api kini menjadi gaya hidup baru. Tak ada stres terjebak kemacetan, tak perlu khawatir dengan keterlambatan, dan lebih ramah lingkungan. Semua kenyamanan ini bisa dinikmati sambil menyaksikan keindahan panorama pagi atau senja yang mengiringi sepanjang rel.

    Selain itu, pelanggan dapat dengan mudah memesan tiket KA Tambahan ini melalui aplikasi Access by KAI ataupun situs booking.kai.id. Proses pembelian cepat, transparan, dan tanpa repot—semuanya demi memastikan pengalaman terbaik sejak dari perencanaan perjalanan.

    KAI juga mengimbau kepada pelanggan untuk merencanakan perjalanan sejak dini, mengingat jumlah tempat duduk terbatas dan momen long weekend kerap membuat tiket cepat terjual habis.

    “Tak ada salahnya menyusun itinerary dari sekarang—mau menikmati matahari terbenam di Parangtritis Yogyakarta atau ngopi santai di Jalan Sabang Jakarta, semua bisa ditempuh dengan KA tambahan ini. KAI berkomitmen untuk selalu menjadi bagian dari cerita perjalanan masyarakat Indonesia. Dengan layanan yang terus ditingkatkan, kami ingin setiap perjalanan bersama KAI bukan hanya nyaman, tapi juga penuh kesan,” tutup Anne.

  • Long Weekend Paskah, KAI Operasikan Kereta Api Tambahan Rute Yogyakarta-Gambir PP – Halaman all

    Long Weekend Paskah, KAI Operasikan Kereta Api Tambahan Rute Yogyakarta-Gambir PP – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Api Indonesia (Persero) menambah jadwal perjalanan kereta api saat long weekend atau libur panjang Paskah 2025.

    Dalam hal ini, KAI akan mengoperasikan kereta api tambahan rute Stasiun Yogyakarta tujuan Stasiun Gambir PP.

    “Long weekend Paskah segera tiba, KAI jalankan KA Tambahan Yogya-Gambir,” tulis @kai121_ dalam sebuah caption di akun Instagram.

    KA Tambahan YK-GMR ini akan mulai dijalankan pada 17 hingga 20 April 2025.

    Adapun KA Tambahan YK-GMR memiliki layanan full kelas eksekutif dengan menggunakan sarana Kereta Eksekutif New Generation.

    Jadwal Keberangkatan

    KA Tambahan YK-GMR yang menggunakan sarana Kereta Eksekutif New Generation akan berjalan satu kali dari Stasiun Yogyakarta dengan jam keberangkatan pukul 00.25 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pukul 07.22 WIB

    Sementara untuk rute sebaliknya yakni dari Stasiun Gambir akan diberangkatkan pada pukul 15.20 dan tiba di Stasiun Yogyakarta pukul 22:15 WIB.

    Harga Tiket

    KAI mematok harga tiket untuk KA Tambahan Yogyakarta-Gambir yakni mulai dari Rp 500.000 per orang untuk sekali perjalanan.

    Meski begitu, harga tiket dapat berubah menyesuaikan dengan ketersediaan seat atau tempat duduk.

    Isi Saldo KAIPay

    KAI telah meluncurkan dompet digital KAIPay sebagai alternatif metode pembayaran pada aplikasi Access by KAI.

    KAIPay hadir untuk memberikan keamanan, kemudahan, dan kecepatan bagi para pelanggan KAI saat bertransaksi di aplikasi Access by KAI.

    Pembayaran yang dilakukan menggunakan KAIPay dipastikan aman, karena setiap transaksi memerlukan PIN KAIPay sebagai verifikasi pembayaran pelanggan. 

    Setiap pembayaran menggunakan KAIPay juga bebas biaya tambahan lainnya, sehingga pelanggan hanya perlu membayar sesuai tarif yang tertera saja.

    Untuk mengaktifkan fitur KAIPay, pengguna perlu mengupdate aplikasi Access by KAI ke versi terbaru terlebih dahulu. 

    Setelah itu, klik ikon KAIPay untuk melakukan aktivasi dengan melengkapi identitas dan melakukan verifikasi OTP yang dikirim via Whatsapp. Apabila nomor HP belum terdaftar Whatsapp, OTP akan dikirimkan melalui SMS.

    Cara Top Up KAIPay

    Pengisian saldo KAIPay dapat dilakukan melalui transfer virtual account di beberapa bank (ATM, internet banking, mobile banking, SMS banking) dan melalui minimarket Alfamart. 

    Berikut langkah-langkah atau cara top up KAIPay yang bisa Anda ikuti: 

    Buka aplikasi Access by KAI 
    Pilih menu KAIPay di halaman beranda 
    Klik ikon KAIPay
    Pilih menu “Top Up” 
    Selanjutnya akan tertera beberapa pilihan metode pengisian saldo, baik dari ATM, internet banking, mobile banking, SMS banking, atau gerai ritel 
    Klik metode yang diinginkan
    Setelah itu, akan muncul nomor virtual account untuk top up KAIPay
    Ikuti petunjuk yang tersedia untuk menyelesaikan transaksi.

    Setelah berhasil mengisi saldo KAIPay, Anda dapat menggunakannya untuk membeli tiket kereta api.

    Adapun langkah-langkah membeli tiket kereta api dengan metode pembayaran KAIPay yakni sebagai berikut:

    – Buka aplikasi Access by KAI 

    – Pilih menu “Antar Kota” 

    – Masukkan kota asal dan tujuan 

    – Pilih tanggal keberangkatan, lalu tap “Cari Tiket Antar Kota” 

    – Pilih kereta dan lakukan pengisian data penumpang (nama, email, dan nomor HP) 

    – Klik “Lanjutkan” 

    – Jika data sudah sesuai, klik “Ya, Lanjutkan” 

    – Pilih kursi dan klik “Lanjutkan” 

    – Pada halaman “Rincian Pemesanan”, centang kotak persetujuan syarat dan ketentuan 

    – Kemudian klik “Bayar” 

    – Saat masuk ke menu Metode Pembayaran, silakan pilih “Bayar KAIPay” 

    – Ikuti petunjuk berikutnya hingga transaksi berhasil.

    (Tribunnews.com/David Adi)

  • Sudin Dukcapil: 148 Pendatang Pindah ke Jakarta Selatan Usai Libur Lebaran 2025 – Page 3

    Sudin Dukcapil: 148 Pendatang Pindah ke Jakarta Selatan Usai Libur Lebaran 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Jakarta Selatan (Sudin Dukcapil Jaksel) mencatat sebanyak 148 pendatang pindah ke wilayahnya usai libur Lebaran 2025.

    “Sudah ada 148 penduduk yang pindah sejak Selasa 8 April 2025,” ujar Kepala Sudin Dukcapil Jaksel Muhammad Nurrahman saat dihubungi di Jakarta, dikutip dari Antara, Minggu (13/4/2025).

    Kemudian dia merinci, 148 penduduk tersebut dalam sejumlah kategori yakni terkait jenis kelamin terdiri dari 78 orang laki-laki dan 70 jiwa perempuan.

    “Kemudian, tingkat pendidikan sebanyak 20,95 persen lebih tinggi dari SMA sederajat dan 79,05 persen dengan pendidikan SMA kebawah,” terang Nurrahman.

    Lalu, lanjut dia, terkait asumsi penghasilan dari jenis pekerjaan yakni 63,51 persen berpenghasilan rendah dan 36,49 berpenghasilan tidak rendah.

    “Terkait usia, 31 jiwa usia anak (0-17 tahun), 119 jiwa usia produktif (15-64 tahun), dan 4 jiwa usia lanjut usia (60 tahun ke atas),” papar Nurrahman.

    Dia membeberkan, untuk tujuan kedatangan, paling tinggi ke Kecamatan Pancoran dan Kelurahan Cipete Utara, lalu pekerjaan pendatang paling banyak yakni pelajar/mahasiswa.

    “Berdasarkan data dari Dinas Dukcapil DKI, sebanyak 1.084 pendatang baru masuk ke Jakarta pada periode Selasa 8 April 2025 sampai Jumat 11 April 2025,” ucap Nurrahman.

    “Dari jumlah tersebut, 572 di antaranya adalah perempuan dan 512 laki-laki. Wilayah yang menjadi tujuan terbanyak yakni Jakarta Timur. Disusul Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan Kepulauan Seribu,” sambung dia.

     

    Menteri Komunikasi Digital Meutya Hafid mendatangi Stasiun Gambir, Jakarta Pusat. Dalam kunjungannya itu Meutya Hafid memastikan sinyal kereta dan sinyal selular berjalan baik.

  • KAI Layani 4,5 Juta Penumpang Saat Angkutan Lebaran 2025

    KAI Layani 4,5 Juta Penumpang Saat Angkutan Lebaran 2025

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat keberhasilan dalam menyelenggarakan Angkutan Lebaran 2025 dengan melayani 4.508.137 pelanggan kereta api, baik jarak jauh maupun lokal, di seluruh wilayah operasionalnya di Pulau Jawa dan Sumatera.

    Masa Angkutan Lebaran 2025 yang berlangsung sejak 21 Maret hingga 11 April 2025 ini mencatat jumlah kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 4.591.510 seat, terdiri dari 3.443.832 seat KA Jarak Jauh dan 1.147.678 seat KA Lokal.

    “Per 11 April 2025 pukul 07.00 WIB, tiket yang terjual telah mencapai 4.663.676, atau sekitar 101,57% dari total kapasitas yang disediakan,” ungkap Vice President Public Relations KAI Anne Purba.

    Secara rinci, 3.884.800 tiket di antaranya merupakan tiket KA Jarak Jauh, dengan tingkat okupansi 112,80%, dan 778.876 tiket KA Lokal dengan okupansi 67,87%. Angka okupansi yang melebihi 100% disebabkan adanya penumpang dinamis, yaitu pelanggan yang naik-turun di stasiun antara stasiun awal dan tujuan akhir perjalanan.

    Selama masa Angkutan Lebaran 2025, stasiun-stasiun besar mencatat lonjakan jumlah pelanggan yang signifikan. Berikut 10 stasiun tujuan terpadat:

    Stasiun Pasarsenen – 285.845 pelanggan
    Stasiun Gambir – 216.316 pelanggan
    Stasiun Yogyakarta – 201.752 pelanggan
    Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng – 154.710 pelanggan
    Stasiun Purwokerto – 141.591 pelanggan
    Stasiun Surabaya Gubeng – 139.443 pelanggan
    Stasiun Surabaya Pasar Turi – 133.609 pelanggan
    Stasiun Solo Balapan – 131.350 pelanggan
    Stasiun Semarang Poncol – 125.642 pelanggan
    Stasiun Bandung – 115.767 pelanggan

    Dalam keberhasilan layanan selama Angkutan Lebaran 2025, KAI tidak lupa memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada para komunitas pecinta kereta api (Railfans) yang turut ambil bagian dalam membantu pelayanan di stasiun.

    Terdapat sekitar 8.468 anggota railfans yang tergabung dalam 58 komunitas di seluruh Daerah Operasi dan Divisi Regional KAI. Mereka rela meluangkan waktu libur Lebarannya untuk membantu memberikan informasi kedatangan dan keberangkatan kereta kepada para pelanggan, serta menciptakan suasana Lebaran yang hangat di stasiun.

    “Semangat dan dedikasi teman-teman Railfans menjadi semangat kebersamaan yang luar biasa. Kami merasa terbantu dan terinspirasi oleh energi positif yang mereka bawa,” ujar Anne.

    Di wilayah Daop 1 Jakarta, dukungan kepada KAI diberikan dari ITL Trisakti, Keluarga Besar Railfans Cikampek (KBRC), Komunitas Railfans Karawang (KRK), Jejak Railfans, Komunitas Train Photograph Railfans Indonesia, Edan Sepur Wilayah 1 Jakarta, Gerakan Muda – PenggeMar Kereta Api (GM-MarKA), Forum Pengguna & Pecinta Kereta Api (FPPKA), IRPS Korwil Jakarta, Railfans Daop 1 (RD One), Komunitas Arek Spoor Indonesia area 1, Victory Railfans Sektor 1 Jakarta, Komunitas National Railfans, Komunitas Sadulur Sepoor, Komunitas Railfans Wilayah 1D, Railfans Bogor +246 Mdpl, Railfans Sukabumi (RFSI), Forum Railfans Area 1 Jakarta, Javatrain Sukabumi, Baraya Kereta Api (BARAKA), dan JAVATRAIN.

    Dukungan juga mengalir dari komunitas railfans di wilayah lainnya seperti Daop 2 Bandung: Edan Sepur Wilayah 2 Bandung, Garut Railfans, IRPS Korwil Bandung, Sahabat Kereta Api (SKA) Area 2 Bandung, Railfans Cianjur (RFCJ), dan Victory Railfans Sektor 2 Bandung. Dari Daop 3 Cirebon hadir Edan Sepur Wilayah 3 Cirebon, Komunitas Railfans Daop 3 (KRD3), dan IRPS Korwil Cirebon.

    Dari Daop 4 Semarang: Komunitas Railfans Daop Empat (KRDE), IRPS Korwil Semarang, Komunitas RF Tegal, dan Railfans Pekalongan. Sementara di Daop 5 Purwokerto, partisipasi datang dari Spoorlimo – Railfans Daop 5 Purwokerto dan IRPS Korwil Purwokerto. Dari Daop 6 Yogyakarta hadir Semboyan Satoe Indonesian Railfans dan IRPS Korwil Yogyakarta. Di Daop 7 Madiun berkontribusi Railfans Jombang +43, Komunitas Railfans Kota Marmer +85 Tulungagung, Barisan Railfans Kertosono Daop Seven (Brantas) +43, Komunitas Railfans Blitar +167, Pecinta Kereta Api Lingkup Madiun (Pecel +63), dan Komunitas Railfans Enam Delapan (RED) Kediri.

    Dari Daop 8 Surabaya, komunitas yang turut serta adalah Komunitas cinta dan peduli kereta Daop Delapan (Si Puong), Sahabat Kereta, IRPS Wilayah Surabaya Korwil, dan Komunitas Railfans Malang Raya (RF +444). Di wilayah Daop 9 Jember, hadir Tanggul Railfans Community (TRC +30), Komunitas Railfans Daop (KRD) 9 Jember, dan Osing Train Community (OTC).

    Partisipasi dari Divre I Sumatera Utara diberikan oleh Divre 1 Railfans dan Insan dan Pencinta Kereta Api Sumatera Utara (IPKA Sumut), sementara dari Divre II Sumatera Barat ada Komunitas Pecinta KA Divre 2 Sumbar (KPKD2SB) dan IRPS Korwil Sumbar.

    Di Divre III Palembang hadir Organisasi Pencinta Kereta Api (OPKA) Sumatera Selatan, dan dari Divre IV Tanjungkarang ada Barisan Railfans Divre Empat (BARADIPAT) dan Himpunan Mahasiswa Perkeretaapian ITERA. Dukungan juga datang dari komunitas terpusat yaitu Kereta Anak Bangsa (KAB) dan IRPS Pusat.

    “Atas nama manajemen KAI, kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan perjalanan Lebaran kepada KAI, serta kepada para komunitas Railfans yang telah menunjukkan bahwa kolaborasi dan semangat gotong-royong adalah kekuatan kita bersama,” tutup Anne.

  • Akumulasi Hilang Barang di KAI Senilai Rp1 Miliar Diamankan Petugas

    Akumulasi Hilang Barang di KAI Senilai Rp1 Miliar Diamankan Petugas

    JAKARTA – Kehilangan barang di kereta api masih menjadi kejadian yang sering dialami penumpang. Beruntung, banyak barang yang tertinggal di kereta atau stasiun berhasil diamankan oleh petugas PT Kereta Api Indonesia (KAI), bahkan nilai total dari barang-barang yang ditemukan tersebut mencapai angka fantastis.

    Kepala Stasiun Gambir, Hendra Hindarsah, menyebutkan sejak awal tahun 2025, total nilai barang yang ditemukan dan diamankan di berbagai stasiun di bawah naungan PT KAI telah mencapai lebih dari Rp1 miliar.

    “Terakhir kemarin, jumlahnya sudah lebih dari Rp1 miliar. Itu khusus untuk tahun 2025 saja, dan mayoritas merupakan barang-barang berharga,” ungkap Hendra saat ditemui di Stasiun Gambir, Jakarta, seperti dikutip ANTARA.

    Barang-barang yang sering kali ditemukan mencakup berbagai jenis, mulai dari laptop, ponsel, tas, botol minum, topi, hingga barang pribadi lainnya. Menurut Hendra, sebagian besar barang tersebut berhasil dikembalikan kepada pemiliknya setelah melalui proses verifikasi.

    Proses verifikasi dilakukan guna memastikan barang tersebut benar-benar milik orang yang melapor. Salah satu kendala yang sering dihadapi adalah sulitnya menghubungi pemilik barang karena data kontak yang tidak tercantum atau tidak lengkap saat pembelian tiket.

    “Kalau barangnya ditemukan di gerbong tertentu, misalnya eksekutif 4, maka kami bisa telusuri siapa saja yang duduk di sana berdasarkan data pembelian tiket,” jelas Hendra. Oleh karena itu, ia mengimbau para penumpang untuk selalu mencantumkan nomor kontak yang valid saat memesan tiket.

    Sementara itu, untuk barang yang ditemukan di area stasiun, prosesnya sedikit berbeda. Petugas hanya bisa menindaklanjuti jika ada laporan dari penumpang melalui layanan call center KAI di nomor 121.

    “Kalau merasa kehilangan, silakan lapor ke 121. Berikan informasi detail seperti nomor kereta dan lokasi kejadian. Nantinya tim kami akan menindaklanjuti,” tambahnya.

    Di sisi lain, Manajer Humas KAI Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, mengingatkan para penumpang agar lebih teliti saat naik maupun turun dari kereta, terutama saat membawa anak-anak.

    “Pastikan semua barang bawaan tidak ada yang tertinggal sebelum meninggalkan kereta atau stasiun,” katanya. Ia juga menambahkan bahwa apabila terjadi kehilangan, penumpang dapat melapor langsung ke petugas terdekat atau menghubungi call center 121 untuk bantuan lebih lanjut.