Tempat Fasum: Shangri-La

  • Ngebut! WSBP Rampungkan Proyek Jembatan Layang Ini dalam Setahun

    Ngebut! WSBP Rampungkan Proyek Jembatan Layang Ini dalam Setahun

    Jakarta: PT Waskita Beton Precast Tbk (WSBP) mengebut pengerjaan konstruksi proyek Flyover Bridge Connecting Shangri-La Hotel & Shangri-La Residences di Jakarta Pusat. Proyek yang dimulai sejak Januari 2024 ini telah mencapai progres signifikan sebesar 90,14 persen dan ditargetkan rampung pada Januari 2025.
     
    Kepala Divisi Corporate Secretary WSBP Fandy Dewanto mengatakan, WSBP membangun jembatan layang yang menjadi penghubung antara Shangri-La Hotel dan Shangri-La Residences dengan panjang jalan 90 meter, kecepatan rencana 30 km/jam, serta lebar lajur tiga meter dengan konfigurasi dua lajur.
     
    “Proyek yang dimulai pada Januari 2024 dengan target penyelesaian pada Januari 2025. Dengan progres yang sudah dikerjakan hingga saat ini WSBP optimis dapat menyelesaikan tepat waktu dan tentu dengan tetap menjaga kualitas pekerjaan konstruksi untuk pelanggan kami,” ujar dia dalam keterangan tertulisnya, Senin, 9 November 2024.
     

    Hingga saat ini, berbagai pekerjaan utama telah berhasil diselesaikan, termasuk pemasangan Bored Pile sebanyak 47 titik, Pile Cap sebanyak 16 buah, Ground Beam sebanyak tujuh buah, Kolom sebanyak 26 buah, Beam dengan total volume 208 m kubik, serta PT Beam (in situ girder) sebanyak dua buah.
     
    Dengan sistem operasi tertutup dan konstruksi perkerasan berupa composit pavement, proyek ini juga dilengkapi satu unit jembatan yang telah direncanakan secara matang. WSBP juga menjamin mobilisasi produk dengan aman, sumber daya manusia yang andal dan teknologi konstruksi terkini.
     
    Proyek ini tidak hanya memberikan manfaat langsung berupa konektivitas di kawasan Shangri-La, tetapi juga membuka peluang kontrak baru bagi WSBP di masa depan. Salah satunya pekerjaan Boundary Wall pada sisi utara dan selatan Shangri-La Residences yang akan dilaksanakan pada 2025.
     
    “Keberhasilan proyek ini menjadi bukti nyata dari kemampuan WSBP dalam mengelola proyek konstruksi yang kompleks dan strategis dari pihak swasta. Proyek ini juga menjadi salah satu langkah penting dalam memperkuat portofolio bisnis WSBP sebagai One Stop Solution di industri beton,” kata Fandy.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (END)

  • Tata Kelola Unggul, TASPEN Dianugerahi ‘The Most Trusted Company’ di Ajang GCG Award 2024 – Page 3

    Tata Kelola Unggul, TASPEN Dianugerahi ‘The Most Trusted Company’ di Ajang GCG Award 2024 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Inisiatif strategis PT TASPEN (Persero) dalam membangun sistem manajemen yang optimal di perusahaan sesuai prinsip, tata nilai, dan kepatuhan, guna menciptakan nilai dan memastikan pertumbuhan yang berkelanjutan secara etikal dan bermartabat mendapatkan apresiasi dan pengakuan. 

    TASPEN berhasil meraih penghargaan “The Most Trusted Company” dalam ajang Good Corporate Governance Award 2024 yang diselenggarakan The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) dan SWA Media Group. 

    Pada penilaian tahun buku 2023 hingga semester I tahun 2024, TASPEN mencatat skor 85,84, meningkat dibandingkan 4 tahun terakhir. Capaian tersebut membuat TASPEN konsisten menyandang predikat “Trusted” berturut-turut sejak 2019 hingga 2022.

    Penghargaan diserahkan oleh Chief Editor SWA Media Group, Kemal E Gani kepada Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko TASPEN, Diyantini Soesilowati, dalam acara yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta (25/11/2024).

    Corporate Secretary TASPEN Henra, menyatakan penghargaan ini menjadi bukti nyata komitmen TASPEN dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik secara konsisten.

    “TASPEN terus berupaya meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan integritas dalam setiap aspek operasional untuk menciptakan nilai tambah bagi seluruh peserta. Pencapaian ini juga menjadi motivasi bagi TASPEN untuk menjaga kepercayaan masyarakat dan terus memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan ekonomi bangsa,” kata Henra.  di Hotel Shangri-La, Jakarta (25/11/2024).

    Ajang Good Corporate Governance Award 2024 mengangkat tema “Membangun Kematangan Perusahaan dalam Kerangka GCG”, dengan penilaian yang mencakup struktur, proses, dan hasil penerapan tata kelola perusahaan. Dalam hal ini, TASPEN berhasil memperkuat eksistensi sebagai BUMN yang memiliki Risk Maturity Index, yaitu skor atas tingkat kematangan penerapan manajemen risiko meliputi aspek/faktor, indikator dan parameter yang diuji dengan hasil mendekati atau mencapai praktik terbaik (best practice).

    Untuk menjaga konsistensi kualitas dan kinerja, TASPEN diperkuat dengan sertifikasi ISO. Salah satunya ISO 37301:2021 Sistem Manajemen Kepatuhan, ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu, dan ISO 27001: 2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi.

     

  • TASPEN Raih Penghargaan Good Corporate Governance Award 2024

    TASPEN Raih Penghargaan Good Corporate Governance Award 2024

    Jakarta

    PT TASPEN (Persero) meraih penghargaan “The Most Trusted Company” dalam ajang Good Corporate Governance Award 2024 yang diselenggarakan The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) dan SWA Media Group.

    Penghargaan ini diberikan atas inisiatif TASPEN dalam membangun sistem manajemen yang optimal di perusahaan sesuai prinsip, tata nilai, dan kepatuhan. Pada penilaian tahun buku 2023 hingga semester I tahun 2024, TASPEN juga mencatat skor 85,84, meningkat dibandingkan 4 tahun terakhir, dan menyandang predikat “Trusted” berturut-turut sejak 2019 hingga 2022.

    “Penghargaan ini menjadi bukti nyata komitmen TASPEN dalam menerapkan prinsip-prinsip tata kelola perusahaan yang baik secara konsisten. TASPEN terus berupaya meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan integritas dalam setiap aspek operasional untuk menciptakan nilai tambah bagi seluruh peserta. Pencapaian ini juga menjadi motivasi bagi TASPEN untuk menjaga kepercayaan masyarakat dan terus memberikan kontribusi terbaik bagi pembangunan ekonomi bangsa,” ujar Corporate Secretary TASPEN Henra dalam keterangan tertulis, Senin (2/12/2024).

    Adapun penghargaan diserahkan oleh Chief Editor SWA Media Group, Kemal E Gani kepada Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko TASPEN, Diyantini Soesilowati di Hotel Shangri-La, Jakarta (25/11).

    Henra mengungkapkan penghargaan ini memperkuat eksistensi TASPEN sebagai BUMN yang memiliki Risk Maturity Index, yaitu skor atas tingkat kematangan penerapan manajemen risiko meliputi aspek/faktor, indikator dan parameter yang diuji dengan hasil mendekati atau mencapai praktik terbaik (best practice).

    Untuk menjaga konsistensi kualitas dan kinerja, TASPEN memiliki sertifikasi ISO. Salah satunya ISO 37301:2021 Sistem Manajemen Kepatuhan, ISO 37001:2016 Sistem Manajemen Anti Penyuapan, ISO 9001:2015 Sistem Manajemen Mutu, dan ISO 27001: 2013 Sistem Manajemen Keamanan Informasi

    TASPEN juga membangun kematangan perusahaan dalam kerangka GCG melalui empat pilar utama, yaitu Talenta dan Budaya, Komitmen Berkelanjutan, Recovery Ability, dan Tata Kelola yang Baik.

    Melalui Pilar Talenta dan Budaya, TASPEN meningkatkan representasi talenta wanita dan talenta muda hingga mencapai 30% dari total karyawan. TASPEN juga menginisiasi pemerataan karyawan melalui rekrutmen wilayah indonesia timur sebesar 2,13% dari jumlah karyawan dan rekrutmen khusus penyandang disabilitas sebesar 0,71% dari jumlah karyawan.

    Sementara pada Pilar Komitmen Berkelanjutan, TASPEN melakukan transformasi layanan dari manual ke digital, dengan inovasi seperti TASPEN Customer Digital Services, klaim tanpa kertas, dan sentralisasi klaim.

    TASPEN juga menyempurnakan tata kelola teknologi informasi, menerapkan strategi investasi berbasis ESG, mengintegrasikan proses bisnis secara digital, dan bersinergi dengan anak perusahaan melalui layanan keuangan terpadu.

    Selanjutnya, Pilar Recovery Ability diperkuat dengan implementasi Business Continuity Management System (BCMS) dan contingency plan di setiap lini bisnis.

    Sementara itu, pilar Tata Kelola yang Baik ditunjukkan melalui pengelolaan investasi yang mengutamakan prinsip kehati-hatian sesuai GCG, serta audit internal berbasis risiko untuk memastikan kepatuhan dan efisiensi.

    Pada tahun 2022, TASPEN berhasil meraih skor Quality Assurance and Improvement Program (QAIP) sebesar 4,75 yang masuk dalam kategori sangat baik.

    Dalam lima tahun terakhir, TASPEN juga proaktif terhadap penerapan tata kelola yang baik dan berintegritas melalui keterlibatannya dalam penilaian kinerja GCG.

    Upaya ini sejalan amanah Menteri BUMN Erick Thohir yang menekankan pentingnya perbaikan tata kelola perusahaan sebagai faktor kunci dalam meningkatkan kinerja dan kontribusi perusahaan BUMN.

    (ega/ega)

  • Cara Ampuh Proses Migrasi Operasional Perusahaan ke Ranah Digital

    Cara Ampuh Proses Migrasi Operasional Perusahaan ke Ranah Digital

    Jakarta

    PT Hanwha Mining Services Indonesia (HMSI), anak perusahaan dari salah satu grup konglomerasi terbesar di Korea, Hanwha Group, telah memulai proses migrasi operasional perusahaan ke ranah digital dengan mengadopsi solusi GROW with SAP S/4HANA Cloud, public edition.

    Dengan implementasi yang didukung oleh TMS Consulting, HMSI kini dapat meningkatkan efisiensi produktivitas karena SAP S/4 HANA memudahkan pengambilan keputusan berbasis data.

    Sistem baru dari GROW with SAP akan menggantikan metode manual, mulai dari pembuatan PO, Invoice, sampai dengan pencatatan keuangan, yang sebelumnya dilakukan melalui email dan seringkali membutuhkan dokumentasi fisik.

    Proses tersebut kini terotomatisasi secara digital sehingga mengurangi risiko kesalahan koordinasi dan meningkatkan produktivitas tim manajemen rantai pasok. Efisiensi ini juga diharapkan dapat menurunkan biaya operasional dalam jangka panjang.

    Permintaan terhadap implementasi sistem ERP seperti SAP S/4HANA Cloud memang tengah berkembang pesat seiring dengan kemajuan teknologi modern. Menurut survei global tahun 2023, 62% tenaga IT memposisikan transformasi digital sebagai prioritas utama, dan 84% dari mereka berencana untuk berinvestasi pada pengadopsian ERP. Selain itu, 95% perusahaan yang tertarik pada perangkat lunak ERP menyatakan kesediaannya untuk menggunakan model deployment berbasis cloud

    “Kami telah mengintegrasikan solusi GROW with SAP ke berbagai sistem internal sehingga siklus operasional kami telah bermigrasi sepenuhnya ke ranah digital. Sistem ini sangat mempermudah tim HMSI dalam memantau dan melacak status dari work order, meningkatkan efisiensi waktu, dan membantu tim supply chain untuk menyelesaikan beberapa task sekaligus,” ungkap Maria Fransisca, Head of SCM dari PT Hanwha Mining Services Indonesia.

    Perusahaan penyedia infrastruktur IT, TMS Consulting, berperan besar dalam mendampingi Hanwha Mining Services Indonesia di setiap tahap implementasi GROW with SAP S/4HANA Cloud, public edition. Melalui kolaborasi ini mampu menyelesaikan proses implementasi dalam waktu lebih singkat dari rata-rata industri, yaitu hanya dalam waktu tiga bulan saja.

    “Solusi ini memang produk baru, namun memiliki fitur yang sangat lengkap. Kami percaya GROW with SAP ini akan membuat migrasi digital perusahaan di berbagai sektor semakin seamless dan efektif,” kata Bagus Priyonugroho selaku perwakilan dari TMS Consulting.

    Transformasi digital tersebut menjadi salah satu paparan utama dalam acara TMS x SAP GROW with SAP Innovation Day, yang diadakan pada 16 Oktober 2024 di Shangri-La Jakarta. Acara ini menjadi wadah bagi PT Hanwha Mining Services untuk membagikan pengalaman suksesnya dalam mengadopsi GROW with SAP, menyoroti dampak positifnya terhadap pertumbuhan dan efisiensi perusahaan di tengah tantangan industri.

    “Dalam lanskap bisnis yang semakin kompetitif, perusahaan membutuhkan solusi digital yang dapat diskalakan, yang tidak hanya memenuhi kebutuhan operasional saat ini tetapi juga mendukung pertumbuhan di masa depan. Solusi Cloud ERP seperti GROW with SAP menawarkan pendekatan fit-to-standard yang memungkinkan perusahaan untuk melaksanakan implementasi lebih cepat dan mempercepat adopsi digital mereka,” tutur Andreas Diantoro, SAP Indonesia Managing Director.

    (agt/agt)

  • Tuding Pilkada Diintervensi Penguasa, Megawati Dapati Alat Negara Dipakai: Halalkan Segala Cara

    Tuding Pilkada Diintervensi Penguasa, Megawati Dapati Alat Negara Dipakai: Halalkan Segala Cara

    TRIBUNJATIM.COM – Menyikapi hasil Pilkada 2024, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mulai marah. 

    Diketahui, sejumlah pasangan calon (paslon) yang diusung PDIP kalah berdasarkan hasil quick count dan real count.

    Menurut Megawati, adanya upaya dari kekuatan tertentu yang menghalalkan segala cara untuk memenangkan kontestasi Pilkada lewat penggunaan alat-alat negara. 

    Bahkan, kata Megawati, hal itu dilakukan sampai mengancam demokrasi.

    Megawati menyampaikannya melalui tayangan video yang dibagikan pada Rabu (27/11/2024) malam.

    “Demokrasi kini terancam mati akibat kekuatan yang menghalalkan segala cara. Kekuatan ini mampu menggunakan sumber daya dan alat-alat negara,” ungkapnya.

    Megawati lalu menyinggung sejumlah daerah seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sumut. 

    Presiden kelima RI inipun menyebut penggunaan alat-alat negara nampak di beberapa wilayah yang diamati terus menerus.

    Seperti Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, hingga Sulawesi Utara, dan berbagai provinsi lainnya.

    Megawati pun mencontohkan di Jawa Tengah.

    Dia mendapatkan laporan betapa masifnya penggunaan penjabat kepala daerah hingga mutasi aparatur kepolisian demi tujuan politik elektoral.

    Dia pun secara tegas menyebut jika praktik-praktik semacam itu tidak boleh dibiarkan.

    Apalagi Mahkamah Konstitusi telah memutus lewat putusan MK No 136 PUU XII 2024 tentang Sanksi Pidana bagi aparat yang tidak netral di Pemilu.

    “Ini tidak boleh dibiarkan lagi, mengingat Mahkamah Konstitusi telah mengambil keputusan penting bahwa aparatur negara yang tidak netral, bisa dipidanakan,” tegasnya.

    Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, saat hadir dalam konsolidasi yang digelar di Hotel Shangri-La Surabaya, Selasa (12/11/2024). (PDIP Jatim)

    Melansir Tribunnews.com, Megawati Soekarnoputri juga tak terima hasil Pilkada Jawa Tengah. 

    PDIP yang mengusung Andika Perkasa-Hendi gagal unggul di Jawa Tengah menurut hasil quick count. 

    Sementara pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin yang diusung KIM Plus berhasil unggul. 

    Megawati merasa ada intervensi penguasa di Pilkada Jawa Tengah. 

    Apalagi menurutnya, Jawa Tengah merupakan ‘kandang Banteng’. 

    Tak hanya dikenal sebagai kandang Banteng, Jawa Tengah juga pernah mengantarkan Megawati sebagai anggota DPR RI sebanyak tiga kali.

    Megawati pun melihat energi pergerakan rakyat, simpatisan, dan kader yang militan, dan seharusnya tidak akan terkalahkan jika Pilkada dilakukan secara fair, jujur, dan berkeadilan.

    Namun dalam situasi ketika segala sesuatu bisa dimobilisasi oleh kekuasaan, maka yang terjadi adalah pembungkaman.

    “Apa yang terjadi saat ini sudah di luar batas-batas kepatutan etika, moral, dan hati nurani,” kata Megawati.

    Melihat seluruh fenomena yang terjadi di Pilkada Jawa Tengah, Megawati menyerukan kepada seluruh simpatisan, anggota, dan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, serta seluruh rakyat Indonesia, untuk terus berjuang menyuarakan kebenaran.

    Sebab PDI Perjuangan tidak akan pernah lelah berjuang bagi keadilan dan melawan berbagai bentuk intimidasi kekuasaan.

    “Ingat, bahwa Pilkada seharusnya mencerminkan peningkatan peradaban, etika, moral, hari nurani harus jelas tergambarkan,” pungkas Megawati.

    Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Megawati Soekarnoputri memberikan pidato dalam HUT ke-51 PDI-P di Jakarta, Rabu (10/1/2024). (YouTube/PDI Perjuangan)

    Diberitakan, Ahmad Luthfi-Taj Yasin, meraih keunggulan sementara dalam perhitungan cepat (quick count) dengan perolehan suara mencapai 59 persen.

    Hasil ini membuat mereka unggul dari paslon nomor urut 1 Andika Perkasa-Hendrar Prihadi.

    Dalam konferensi pers di posko kemenangan mereka, Ahmad Luthfi menyampaikan rasa syukur sekaligus komitmen untuk tetap menunggu hasil resmi dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

    Ahmad Luthfi mengungkapkan rasa terkejutnya atas hasil quick count ini.

    “Sekarang kan belum (real count). Saya juga kaget kok, itu kan bentuk kami dikasih kepercayaan masyarakat,” ujarnya.

    Ia menegaskan pentingnya menunggu hasil resmi KPU.

    “Kita sabar menunggu dari KPU.”

    Ahmad Luthfi turut menjelaskan bahwa ia belum berkomunikasi lagi dengan Andika Perkasa.

    “Saya juga belum ada komunikasi (dengan Andika Perkasa). Mungkin yang lebih bijaksana nanti kalau sudah ada real count dari KPU sehingga tepat.”

    “Tapi prinsip kita tetap bersahabat sebagaimana pada saat kita debat kemarin. Setelah adanya kontestasi, kita berkonsiliasi.”

    Pidato Ahmad Luthfi-Taj Yasin unggul 59 persen di quick count, siap menanti real count KPU (Tribun Jateng/Iwan Arifianto)

    Saat ditanya tentang faktor yang membuat pasangan ini unggul dengan angka signifikan, Luthfi menjelaskan bahwa kunci utama adalah komunikasi yang intensif dengan berbagai lapisan masyarakat.

    “Kami sering komunikasi dengan nelayan, petani, pedagang, anak muda.”

    “Dari komunikasi itu muncul brainstorming permasalahan yang kemudian kami pahami sebagai tugas kami ke depan,” katanya.

    Ia juga mengapresiasi kerja keras tim yang solid.

    “Dari parpol, relawan, hingga masyarakat, kemenangan ini ditentukan oleh mereka. Yang paling utama, kemenangan itu adalah masyarakat yang menentukan.”

    Pada kesempatan tersebut, Ahmad Luthfi dan Taj Yasin juga disinggung mengenai dukungan Jokowi dan Prabowo.

    “Pak Jokowi memberikan suri teladan di akhir jabatan beliau dengan mendukung kami, itu merupakan spirit luar biasa.”

    “Pak Prabowo, sebagai Ketua Parpol, juga memberikan dorongan. Ini adalah bentuk kepercayaan yang kami terima,” ujar Luthfi.

    Namun, ia menyebut bahwa belum menerima ucapan selamat langsung dari keduanya.

    “Belum dapat ucapan selamat, kan belum, nanti tunggu tanggal mainnya,” tambahnya sambil tersenyum.

    Luthfi menggarisbawahi pentingnya kerja tim sebagai kunci kemenangan mereka.

    “Team work adalah yang utama. Teman-teman parpol sudah melakukan konsolidasi kuat, tim sukses juga berkolaborasi secara sistematis. Yang paling utama adalah hati nurani masyarakat Jawa Tengah yang menjadi pemenang sebenarnya.”

    Informasi lengkap dan menarik lainnya di Googlenews TribunJatim.com

  • Unggul Dalam Tata Kelola, BRI Dinobatkan sebagai The Most Trusted Company 2024

    Unggul Dalam Tata Kelola, BRI Dinobatkan sebagai The Most Trusted Company 2024

    Jakarta: PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali mendapatkan penghargaan atas penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Terbaru, BRI dinobatkan sebagai The Most Trusted Company dalam ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2024 yang diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA.
     
    Penghargaan tersebut diselenggarakan pada 25 November 2024 di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta, dengan mengusung tema Membangun Kematangan Perusahaan dalam Kerangka Good Corporate Governance.
     
    Direktur Kepatuhan BRI A Solichin Lutfiyanto menegaskan bahwa penghargaan ini mencerminkan komitmen BRI dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang kuat dan adaptif di tengah tantangan yang terus berkembang.
    “Penghargaan ini adalah bukti nyata bahwa BRI berhasil menjaga standar tata kelola terbaik dengan konsistensi dan dedikasi. Prinsip-prinsip GCG tidak dijalankan sebagai formalitas, tetapi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari implementasi Corporate Culture di BRI. Hal ini membuat BRI untuk terus tumbuh, memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan, dan mendukung perekonomian nasional secara berkelanjutan,” tegasnya.
     
    Pada tahapan penilaian dilakukan pengukuran tiga aspek, yaitu struktur tata kelola, proses tata kelola, dan hasil tata kelola, serta 24 indikator penilaian lainnya. BRI sendiri telah mengikuti ajang penganugerahan CGPI sejak 2012, di mana dari tahun ke tahun skor BRI dalam penerapan GCG semakin meningkat, menunjukkan komitmen perseroan untuk penerapan GCG secara konsisten dan terus menerus hingga mencapai skor terbaik. 
     
     

     
    Dalam pemeringkatan tahun ini, BRI masuk dalam kategori ‘Most Trusted’ dengan pencapaian skor tertinggi di antara seluruh peserta dalam ajang penilaian CGPI. Dengan pencapaian skor BRI sebesar 95,31 membuktikan bahwa BRI merupakan perusahaan yang dinilai memiliki praktik tata kelola yang unggul berdasarkan standar uji CGPI.
     
    Lebih lanjut, Solichin menambahkan bahwa penghargaan ini bukan sekadar simbol, melainkan pemacu semangat untuk terus mendorong keunggulan. “BRI percaya bahwa tata kelola yang baik tidak hanya memperkuat posisi BRI sebagai institusi keuangan yang terpercaya, tetapi juga berkontribusi pada penciptaan nilai yang berkelanjutan bagi masyarakat dan pemangku kepentingan,” katanya.
     
    Perusahaan peserta CGPI 2023 telah memenuhi seluruh tahapan penilaian. Dalam tahapan self assessment, terkumpul isian kuesioner sebanyak 7.300 responden yang diwakili oleh 23 pihak baik dari internal maupun eksternal perusahaan peserta. BRI berhasil menunjukkan konsistensi yang unggul dalam seluruh parameter yang dinilai, menjadikannya sebagai tolok ukur dalam praktik tata kelola perusahaan di Indonesia.
     
    Komitmen BRI dalam penerapan GCG juga mencakup Perusahaan Anak di BRI Group. BRI berhasil mendukung dan mendorong Perusahaan Anak dalam penguatan penerapan GCG di masing- masing entitas Perusahaan Anak. Hal ini tercermin dari peningkatan skor yang diperoleh Perusahaan Anak BRI dalam CGPI Indonesia Trusted Companies Award Tahun 2024 dibandingkan dengan penilaian tahun sebelumnya.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Konsisten Terapkan Prinsip GCG, BRI Raih The Most Trusted Company 2024

    Konsisten Terapkan Prinsip GCG, BRI Raih The Most Trusted Company 2024

    Jakarta

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali mendapatkan penghargaan atas penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Baru-baru ini, BRI dinobatkan sebagai ‘The Most Trusted Company’ dalam ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2024 yang diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA.

    Gelaran tersebut diselenggarakan pada 25 November 2024 di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta. Ajang penghargaan ini mengusung tema ‘Membangun Kematangan Perusahaan dalam Kerangka Good Corporate Governance’.

    Direktur Kepatuhan BRI A. Solichin Lutfiyanto menegaskan bahwa penghargaan ini mencerminkan komitmen BRI dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang kuat dan adaptif di tengah tantangan yang terus berkembang.

    “Penghargaan ini adalah bukti nyata bahwa BRI berhasil menjaga standar tata kelola terbaik dengan konsistensi dan dedikasi. Prinsip-prinsip GCG tidak dijalankan sebagai formalitas, tetapi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari implementasi Corporate Culture di BRI. Hal ini membuat BRI untuk terus tumbuh, memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan, dan mendukung perekonomian nasional secara berkelanjutan,” tegas Solichin dalam keterangan tertulis, Kamis (28/11/2024).

    Pada tahapan penilaian, dilakukan pengukuran tiga aspek, yakni struktur tata kelola, proses tata kelola, dan hasil tata kelola, serta 24 indikator penilaian lainnya. BRI sendiri telah mengikuti ajang penganugerahan CGPI sejak tahun 2012, dan dari tahun ke tahun skor BRI dalam penerapan GCG semakin meningkat yang menunjukkan komitmen perseroan untuk penerapan GCG secara konsisten dan terus menerus hingga mencapai skor terbaik.

    Dalam pemeringkatan tahun ini, BRI masuk dalam kategori ‘Most Trusted’ dengan pencapaian skor tertinggi di antara seluruh peserta dalam ajang penilaian CGPI. Dengan skor BRI sebesar 95,31, BRI membuktikan bahwa perusahaannya dinilai memiliki praktik tata kelola yang unggul berdasarkan standar uji CGPI.

    Lebih lanjut, Solichin menambahkan bahwa penghargaan ini bukan sekadar simbol, tapi juga pemacu semangat untuk terus mendorong keunggulan.

    “BRI percaya bahwa tata kelola yang baik tidak hanya memperkuat posisi BRI sebagai institusi keuangan yang terpercaya, tetapi juga berkontribusi pada penciptaan nilai yang berkelanjutan bagi masyarakat dan pemangku kepentingan,” katanya.

    Perusahaan peserta CGPI 2023 telah memenuhi seluruh tahapan penilaian. Dalam tahapan self assessment, terkumpul isian kuesioner dengan total 7.300 responden yang diwakili oleh 23 pihak baik dari internal maupun eksternal perusahaan peserta. BRI berhasil menunjukkan konsistensi yang unggul dalam seluruh parameter yang dinilai, menjadikannya sebagai tolok ukur dalam praktik tata kelola perusahaan di Indonesia.

    Komitmen BRI dalam penerapan GCG juga mencakup Perusahaan Anak di BRI Group. BRI berhasil mendukung dan mendorong Perusahaan Anak dalam penguatan penerapan GCG di masing-masing entitas perusahaan anak. Hal ini tercermin dari peningkatan skor yang diperoleh Perusahaan Anak BRI dalam CGPI Indonesia Trusted Companies Award Tahun 2024 dibandingkan dengan penilaian tahun sebelumnya.

    Lihat juga video: Detikcom Award 2023: BRI Raih Banyak Penghargaan Atas KInerja Terbaik Untuk Indonesia

    (prf/ega)

  • BRI Berhasil Raih The Most Trusted Company dengan Skor Tertinggi

    BRI Berhasil Raih The Most Trusted Company dengan Skor Tertinggi

    Jakarta

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali mendapatkan penghargaan atas penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Baru-baru ini, BRI dinobatkan sebagai ‘The Most Trusted Company’ dalam ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2024 yang diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA.

    Gelaran tersebut diselenggarakan pada 25 November 2024 di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta. Ajang penghargaan ini mengusung tema ‘Membangun Kematangan Perusahaan dalam Kerangka Good Corporate Governance’.

    Direktur Kepatuhan BRI A. Solichin Lutfiyanto menegaskan bahwa penghargaan ini mencerminkan komitmen BRI dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang kuat dan adaptif di tengah tantangan yang terus berkembang.

    “Penghargaan ini adalah bukti nyata bahwa BRI berhasil menjaga standar tata kelola terbaik dengan konsistensi dan dedikasi. Prinsip-prinsip GCG tidak dijalankan sebagai formalitas, tetapi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari implementasi Corporate Culture di BRI. Hal ini membuat BRI untuk terus tumbuh, memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan, dan mendukung perekonomian nasional secara berkelanjutan,” tegas Solichin dalam keterangan tertulis, Kamis (28/11/2024).

    Pada tahapan penilaian, dilakukan pengukuran tiga aspek, yakni struktur tata kelola, proses tata kelola, dan hasil tata kelola, serta 24 indikator penilaian lainnya. BRI sendiri telah mengikuti ajang penganugerahan CGPI sejak tahun 2012, dan dari tahun ke tahun skor BRI dalam penerapan GCG semakin meningkat yang menunjukkan komitmen perseroan untuk penerapan GCG secara konsisten dan terus menerus hingga mencapai skor terbaik.

    Dalam pemeringkatan tahun ini, BRI masuk dalam kategori ‘Most Trusted’ dengan pencapaian skor tertinggi di antara seluruh peserta dalam ajang penilaian CGPI. Dengan skor BRI sebesar 95,31, BRI membuktikan bahwa perusahaannya dinilai memiliki praktik tata kelola yang unggul berdasarkan standar uji CGPI.

    Lebih lanjut, Solichin menambahkan bahwa penghargaan ini bukan sekadar simbol, tapi juga pemacu semangat untuk terus mendorong keunggulan.

    “BRI percaya bahwa tata kelola yang baik tidak hanya memperkuat posisi BRI sebagai institusi keuangan yang terpercaya, tetapi juga berkontribusi pada penciptaan nilai yang berkelanjutan bagi masyarakat dan pemangku kepentingan,” katanya.

    Perusahaan peserta CGPI 2023 telah memenuhi seluruh tahapan penilaian. Dalam tahapan self assessment, terkumpul isian kuesioner dengan total 7.300 responden yang diwakili oleh 23 pihak baik dari internal maupun eksternal perusahaan peserta. BRI berhasil menunjukkan konsistensi yang unggul dalam seluruh parameter yang dinilai, menjadikannya sebagai tolok ukur dalam praktik tata kelola perusahaan di Indonesia.

    Komitmen BRI dalam penerapan GCG juga mencakup Perusahaan Anak di BRI Group. BRI berhasil mendukung dan mendorong Perusahaan Anak dalam penguatan penerapan GCG di masing-masing entitas perusahaan anak. Hal ini tercermin dari peningkatan skor yang diperoleh Perusahaan Anak BRI dalam CGPI Indonesia Trusted Companies Award Tahun 2024 dibandingkan dengan penilaian tahun sebelumnya.

    Lihat juga video: Detikcom Award 2023: BRI Raih Banyak Penghargaan Atas KInerja Terbaik Untuk Indonesia

    (prf/ega)

  • Unggul di Tata Kelola, BRI Raih The Most Trusted Company di CGPI 2024

    Unggul di Tata Kelola, BRI Raih The Most Trusted Company di CGPI 2024

    Jakarta

    PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali mendapatkan penghargaan atas penerapan prinsip tata kelola perusahaan yang baik. Baru-baru ini, BRI dinobatkan sebagai ‘The Most Trusted Company’ dalam ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2024 yang diselenggarakan oleh The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) bekerja sama dengan Majalah SWA.

    Gelaran tersebut diselenggarakan pada 25 November 2024 di Ballroom Hotel Shangri-La, Jakarta. Ajang penghargaan ini mengusung tema ‘Membangun Kematangan Perusahaan dalam Kerangka Good Corporate Governance’.

    Direktur Kepatuhan BRI A. Solichin Lutfiyanto menegaskan bahwa penghargaan ini mencerminkan komitmen BRI dalam menerapkan tata kelola perusahaan yang kuat dan adaptif di tengah tantangan yang terus berkembang.

    “Penghargaan ini adalah bukti nyata bahwa BRI berhasil menjaga standar tata kelola terbaik dengan konsistensi dan dedikasi. Prinsip-prinsip GCG tidak dijalankan sebagai formalitas, tetapi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari implementasi Corporate Culture di BRI. Hal ini membuat BRI untuk terus tumbuh, memberikan nilai tambah bagi pemangku kepentingan, dan mendukung perekonomian nasional secara berkelanjutan,” tegas Solichin dalam keterangan tertulis, Kamis (28/11/2024).

    Pada tahapan penilaian, dilakukan pengukuran tiga aspek, yakni struktur tata kelola, proses tata kelola, dan hasil tata kelola, serta 24 indikator penilaian lainnya. BRI sendiri telah mengikuti ajang penganugerahan CGPI sejak tahun 2012, dan dari tahun ke tahun skor BRI dalam penerapan GCG semakin meningkat yang menunjukkan komitmen perseroan untuk penerapan GCG secara konsisten dan terus menerus hingga mencapai skor terbaik.

    Dalam pemeringkatan tahun ini, BRI masuk dalam kategori ‘Most Trusted’ dengan pencapaian skor tertinggi di antara seluruh peserta dalam ajang penilaian CGPI. Dengan skor BRI sebesar 95,31, BRI membuktikan bahwa perusahaannya dinilai memiliki praktik tata kelola yang unggul berdasarkan standar uji CGPI.

    Lebih lanjut, Solichin menambahkan bahwa penghargaan ini bukan sekadar simbol, tapi juga pemacu semangat untuk terus mendorong keunggulan.

    “BRI percaya bahwa tata kelola yang baik tidak hanya memperkuat posisi BRI sebagai institusi keuangan yang terpercaya, tetapi juga berkontribusi pada penciptaan nilai yang berkelanjutan bagi masyarakat dan pemangku kepentingan,” katanya.

    Perusahaan peserta CGPI 2023 telah memenuhi seluruh tahapan penilaian. Dalam tahapan self assessment, terkumpul isian kuesioner dengan total 7.300 responden yang diwakili oleh 23 pihak baik dari internal maupun eksternal perusahaan peserta. BRI berhasil menunjukkan konsistensi yang unggul dalam seluruh parameter yang dinilai, menjadikannya sebagai tolok ukur dalam praktik tata kelola perusahaan di Indonesia.

    Komitmen BRI dalam penerapan GCG juga mencakup Perusahaan Anak di BRI Group. BRI berhasil mendukung dan mendorong Perusahaan Anak dalam penguatan penerapan GCG di masing-masing entitas perusahaan anak. Hal ini tercermin dari peningkatan skor yang diperoleh Perusahaan Anak BRI dalam CGPI Indonesia Trusted Companies Award Tahun 2024 dibandingkan dengan penilaian tahun sebelumnya.

    Saksikan juga video: Detikcom Award 2023: BRI Raih Banyak Penghargaan Atas KInerja Terbaik Untuk Indonesia

    (prf/ega)

  • BNI Raih Predikat ‘The Most Trusted Companies’ di Ajang CGPI Award 2024

    BNI Raih Predikat ‘The Most Trusted Companies’ di Ajang CGPI Award 2024

    Jakarta

    PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI mendapatkan penghargaan sebagai The Most Trusted Company di ajang Corporate Governance Perception Index (CGPI) Award 2024.

    Dalam penghargaan bergengsi tersebut, BNI meraih predikat sebagai ‘Perusahaan Kategori Sangat Terpercaya’. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Direktur Human Capital & Compliance BNI Mucharom, di Hotel Shangri-La, Jakarta.

    Penghargaan ini sekaligus menjadi bukti komitmen BNI dalam menerapkan dan menegakkan prinsip Good Corporate Governance (GCG) secara konsisten dan berkelanjutan.

    Penilaian yang dilakukan oleh tim dewan juri membuktikan bahwa transformasi BNI dianggap berhasil dalam mempersiapkan dan mengembangkan bisnis digital serta solusi ekosistem, fokus pada best customer untuk penetrasi di pasar global, serta menjaga manajemen risiko dan operasional guna mencapai kinerja dan produktivitas yang berkelanjutan.

    “BNI meyakini bahwa pencapaian kinerja yang baik dapat terus dipertahankan secara sustainable dalam jangka panjang dan berbagai prospek bisnis yang hendak diraih dapat terwujud, jika Bank dapat melaksanakan prinsip-prinsip GCG secara konsisten,” tutur Mucharom, dalam keterangan tertulis, Rabu (27/11/2024).

    Dalam rangkaian acara tersebut, Mucharom juga berpartisipasi sebagai narasumber dalam salah satu sesi diskusi dengan topik ‘Strengthening GCG For Maturity & Sustainable Growth’.

    Mucharom melanjutkan BNI tidak hanya berupaya untuk menerapkan praktik berkelanjutan, namun juga mendorong penerapan manajemen risiko yang dapat terukur maturitas pengelolaannya. BNI telah menerapkan penilaian Risk Maturity Index sejak 2021, dan secara periodik dilakukan penyempurnaan, di mana pada tahun 2023 maturitas pengelolaan manajemen risiko berada pada posisi Good Practice Phase.

    Menurut Mucharom, dalam penerapan prinsip GCG, cyber security juga menjadi salah satu faktor krusial saat ini.

    “Untuk itu, kami melakukan peningkatan cyber security yang sejalan dengan global standard practices dan salah satunya adalah BNI yang secara berkelanjutan dievaluasi oleh Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) sejak tahun 2022, dengan hasil level kematangan BNI sebesar 4,81 pada tahun 2024 yang menunjukkan kesiapan dan ketahanan sistem kami untuk menghadapi ancaman cyber security,” papar Mucharom.

    Hingga Oktober 2024, BNI berhasil membuktikan kekuatan fundamentalnya dalam menghadapi tantangan makro ekonomi global yang dipengaruhi oleh tekanan inflasi, fluktuasi nilai tukar, dan suku bunga. Melalui berbagai langkah antisipatif yang terfokus pada manajemen risiko yang ketat, BNI mampu menjaga kinerja keuangan yang solid, sekaligus memitigasi dampak negatif dari faktor eksternal.

    “Kami meyakini bahwa implementasi GCG yang konsisten dan penuh komitmen dari segenap pegawai hingga Senior Leader akan membawa BNI tumbuh secara sehat dan berdampak positif juga terhadap lingkungan, mendapatkan pengakuan dari investor maupun stakeholder lainnya, sehingga BNI akan tetap sustainable dalam jangka panjang,” pungkasnya.

    (prf/ega)