Tempat Fasum: museum

  • Di Balik Panggung Pernikahan Palsu, Tanda Pergeseran Sosial di Pakistan

    Di Balik Panggung Pernikahan Palsu, Tanda Pergeseran Sosial di Pakistan

    Jakarta

    Panggung pernikahan tampak biasa pada pandangan pertama: dihiasi bunga marigold, dengan nuansa kuning cerah yang ceria menghiasi tempat duduk pengantin.

    Tampak seperti acara mehndi khas Pakistan, bagian dari perayaan pernikahan tiga hari tradisional di negara tersebut, namun jika dilihat lebih dekat, ada sesuatu yang tidak biasa: pengantin pria adalah seorang perempuan. Ini bukan pernikahan sesama jenis, melainkan “pernikahan palsu,” sebuah acara yang diselenggarakan untuk memberi orang kesempatan berkumpul dan menikmati malam yang spektakuler tanpa tekanan sosial.

    Tren pernikahan palsu di Pakistan, yang mulai populer sejak 2023, meniru estetika dan perayaan “pernikahan nyata,” tetapi tanpa komitmen seumur hidup atau tekanan keluarga yang biasanya mendefinisikan pernikahan di Pakistan.

    Jenis acara ini meningkat popularitasnya setelah sebuah pernikahan palsu yang diselenggarakan oleh Lahore University of Management Sciences (LUMS) pada 2023 mendapat perhatian besar baik di media tradisional maupun media sosial, baik di tingkat nasional maupun global.

    Pernikahan palsu yang viral memicu kecaman

    Liputan media menyebabkan kecaman dan kritik yang signifikan bersamaan dengan meningkatnya popularitas di kalangan anak muda dan influencer.

    Sairam H. Miran, mantan presiden Dewan Mahasiswa LUMS, mengatakan kepada DW bahwa mahasiswa di universitas tersebut menghadapi “penyalahgunaan online” yang cukup besar setelah rekaman dari acara tersebut menjadi viral.

    “Ada kecenderungan orang dan media lebih fokus pada LUMS sebagai universitas elit yang terlepas dari kenyataan, yang mendapat perhatian jauh lebih besar daripada berita positif apapun tentang mahasiswa yang sama,” kata Miran.

    Seperti banyak universitas lain di Pakistan, LUMS menyelenggarakan acara sosial mingguan bagi mahasiswa dan percaya bahwa pernikahan palsu menyediakan ruang perayaan yang lebih tradisional dan diterima secara sosial untuk bersenang-senang.

    Namun, setelah kecaman tersebut, dewan mahasiswa dan universitas mengambil beberapa langkah pencegahan untuk menjamin keselamatan dan privasi mahasiswa, seperti melarang influencer memposting di halaman publik.

    “Ada konsekuensi bagi admin yang harus bertanggung jawab kepada donor dan orang tua, dan kami, mahasiswa yang tidak setuju menjadi viral, menghadapi masalah dengan keluarga kami juga,” kata Zara (bukan nama sebenarnya), seorang mahasiswa LUMS yang lulus pada 2023, kepada DW.

    “Pengantin pria tidak menghadapi masalah dengan keluarganya, tetapi keluarga pengantin perempuan sangat marah,” tambahnya.

    Zara meminta DW untuk tidak menggunakan nama aslinya karena konsekuensi negatif setelah rekaman dari pernikahan palsu menjadi viral.

    Pernikahan palsu sebagai ruang aman berbasis gender

    Menikmati perayaan pernikahan tanpa tekanan sosial atau pengawasan keluarga adalah alasan utama mengapa acara pernikahan palsu begitu menarik, terutama bagi perempuan.

    Rida Imran, pendiri Hunar Creative Market, menyelenggarakan pernikahan palsu khusus perempuan bekerja sama dengan pengrajin, seniman, kreator konten, dan manajer acara lainnya pada November.

    Imran mengatakan kepada DW bahwa acara mehndi dari pernikahan tradisional Pakistan, biasanya adalah acara hari pertama dari pernikahan tiga hari, khususnya membawa perempuan bersama untuk mengaplikasikan henna, bernyanyi, menari, dan merayakan.

    Namun, bagi sebagian besar keluarga, perempuan masih berada di bawah tekanan sosial untuk bersikap tidak terlalu riang di pernikahan.

    “Meskipun perayaan pernikahan adalah bagian integral dari budaya dan tradisi kita, perempuan masih menghadapi banyak pengawasan dalam cara mereka bertindak, berpakaian, dan merayakan,” kata Imran.

    “Menyelenggarakan mehndi khusus perempuan ini memberi perempuan kesempatan untuk menikmati pernikahan tanpa tekanan sosial atau pengawasan keluarga.”

    Keaslian mengalahkan pola pernikahan Barat

    Punjrush, seorang komedian standup dan kreator konten yang berperan sebagai “pengantin perempuan,” berbagi bahwa sebagai perempuan lajang, ia tidak pernah membayangkan mengalami pernikahan “bebas drama” seperti itu. Ia biasanya merasakan adanya ketegangan antar anggota keluarga atau tekanan untuk mengikuti norma sosial.

    Ia menambahkan bahwa acara tersebut terasa seperti momen “dekolonisasi,” karena promosi merek dan pameran biasanya mengikuti template Barat, sedangkan budaya pernikahan Pakistan (shaadi) bersifat autentik Asia Selatan

    Selain keaslian, rasa aman yang dirasakan perempuan di pernikahan palsu sangat kontras dengan acara lain di negara tersebut, seperti rave dan pesta, yang sering kali diwarnai ketidakpastian dan masalah keamanan.

    Sebagai contoh, pada Oktober 2024, polisi melakukan razia terhadap pesta Halloween di Karachi, ibu kota provinsi Sindh, sebuah acara yang banyak diberitakan dan disebarkan di media sosial sebagai “kegiatan vulgar.” Banyak peserta perempuan fotonya tersebar secara online, melanggar privasi mereka.

    Menurut Shifa Leghari, jurnalis dan komentator sosial, pernikahan palsu di Pakistan menyediakan ruang yang jauh lebih aman bagi perempuan tanpa menimbulkan kecurigaan dari otoritas atau anggota keluarga.

    “Acara ini juga sering dijual tiket atau dikurasi sehingga memiliki titik masuk yang terkontrol dan sangat sesuai budaya, jadi orang, terutama perempuan, bebas menikmati, dan pria tahu harus bersikap hormat karena ini bagian dari budaya pernikahan,” kata Leghari.

    Pasar perayaan yang berkembang

    Dalam kompleks industri pernikahan Pakistan, pernikahan palsu telah menciptakan ceruk pasar yang cukup besar, meskipun ada spekulasi apakah tren ini mendorong industri pernikahan mewah yang terus berkembang atau menyediakan pasar alternatif di luar arus utama.

    Ekosistem pernikahan Pakistan, termasuk tempat, katering, busana desainer, perhiasan, fotografi, dan seniman rias, diperkirakan bernilai setidaknya 900 miliar rupee Pakistan (sekitar Rp 53,1 triliun) setiap tahun.

    Beberapa penyelenggara pernikahan palsu berpendapat bahwa alih-alih mengikuti arus, mereka menyediakan standar, ide, vendor, dan layanan alternatif karena berbasis kreativitas daripada “gaya copy-paste” kebanyakan pernikahan tradisional.

    Layanan pernikahan yang lebih terjangkau dan inovatif semakin banyak muncul, didorong oleh media sosial dan promosi yang diberikan oleh pernikahan palsu.

    Misalnya, penyelenggara pernikahan palsu di Islamabad yang disebut ‘Shaam-e-Mastana’ (malam perayaan) mencoba menetapkan standar baru untuk pernikahan, dengan menggabungkan musik rakyat, fesyen, dan tradisi budaya.

    Aqeel Muhammad, seorang kurator acara, membandingkan pernikahan palsu Pakistan dengan Met Gala tahunan, parade busana memukau di Museum Seni Metropolitan di New York.

    “Anda bebas mengekspresikan gaya dan diri Anda secara lebih tinggi jika dilakukan secara kreatif,” katanya kepada DW.

    Artikel ini pertama kali terbit dalam bahasa Inggris
    Diadaptasi oleh Rahka Susanto
    Editor: Yuniman Farid

    Lihat juga Video ‘Tampang Kakek Tarman Tersangka Pemalsuan Cek Mahar Nikah Rp 3 M’:

    (ita/ita)

  • Pramono Anung Bentuk Majelis Adat Betawi: Ketuanya Fauzi Bowo

    Pramono Anung Bentuk Majelis Adat Betawi: Ketuanya Fauzi Bowo

    Liputan6.com, Jakarta – Gubernur DKI Jakarta Pramono Anung akan membentuk majelis adat Betawi yang sebagai lembaga yang menaungi seluruh organisasi masyarakat (ormas) Betawi yang ada di DKI Jakarta.

    Menurut dia, pembentukan lembaga ini merupakan salah satu hasil Kongres Istimewa Kaum Betawi 2025.

    Pramono menargetkan keputusan hasil kongres tersebut dapat dituntaskan dalam waktu dekat, bahkan dalam pekan yang sama. Dia menilai, hasil kongres tersebut menunjukkan kebulatan tekad Kaum Betawi untuk bersatu, sehingga harus disambut dengan positif.

    “Saya secara pribadi maupun sebagai Gubernur Jakarta merasa bersyukur kalau kemudian masyarakat ataupun Kaum Betawi ini menjadi satu. Dan kemudian tentunya sebagai Gubernur Jakarta, kami juga memberikan kewenangan sepenuhnya,” kata Pramono di Museum MH Thamrin, Jakarta Pusat, Senin (15/12/2025).

    Dia menyampaikan, melalui kongres telah disepakati bahwa masyarakat adat Betawi hanya satu.

    Kesepakatan itu juga mencakup pemberian mandat penuh kepada Mantan Gubernur DKI Jakarta sekaligus Ketua Dewan Adat Betawi, Fauzi Bowo (Foke) mengawal pembentukan lembaga adat tersebut.

    “Yang pertama, saya secara pribadi dan juga tadi menjadi kesepakatan yang sudah bulat, walaupun kurang dikit, bahwa masyarakat adat Betawi ini hanya satu. Dan nanti memberikan kewenangan sepenuhnya kepada Bang Foke, Bapak Fauzi Bowo,” kata Pramono.

    Ia menyebut seluruh peserta kongres juga telah menyatakan kesediaannya untuk mendukung Fauzi Bowo.

     

     

  • Dua Kubu Keraton Surakarta Gelar Rapat Tertutup dengan Pemkot Solo Soal Peresmian Panggung Songgobuwono dan Museum
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        15 Desember 2025

    Dua Kubu Keraton Surakarta Gelar Rapat Tertutup dengan Pemkot Solo Soal Peresmian Panggung Songgobuwono dan Museum Regional 15 Desember 2025

    Dua Kubu Keraton Surakarta Gelar Rapat Tertutup dengan Pemkot Solo Soal Peresmian Panggung Songgobuwono dan Museum
    Tim Redaksi
    SOLO, KOMPAS.com – Dua kubu Keraton Surakarta mendatangi Balai Kota Solo, Jawa Tengah, pada Senin (15/12/2025).
    Masing-masing diwakili oleh Pakubuwono (PB) XIV Hangabehi dan Pakubuwono XIV Hamengkunegoro, yang diwakili oleh GKR Panembahan Timoer dan GKR Devi.
    Kedatangan mereka diterima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Budi Murtono.
    Mereka kemudian melakukan rapat secara tertutup di ruang Natapraja Kompleks Balai Kota.
    Hadir dalam rapat tersebut Kapolresta Solo Kombes Pol Catur Cahyono Wibowo dan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Solo Agus Santoso.
    PB XIV Hangabehi mengatakan, kedatangannya ke Balai Kota untuk menyampaikan rencana peresmian
    Panggung Songgobuwono
    dan tahap awal Museum
    Keraton Surakarta
    pasca
    revitalisasi
    pada Selasa (16/12/2025).
    “Hanya koordinasi untuk persiapan besok peresmian Panggung Songgobuwono dan peresmian tahap awal Museum,” katanya di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, pada Senin.
    Menurut dia, revitalisasi
    Museum Keraton
    Surakarta telah memasuki tahap penataan dan dipastikan hari ini selesai.
    “Ini sudah tahap penataan. Insyaallah hari ini selesai. Besok ada tahap-tahap berikutnya di ruang-ruang berikutnya. Nanti kalau tidak dilanjutkan kan jomplang (tidak seimbang), kan ada etalase baru dan lama tata ruangnya berbeda,” kata dia.
    Sementara itu, untuk revitalisasi Panggung Songgobuwono Keraton Surakarta sudah selesai dan tinggal penambahan lampu. “Kalau untuk Panggung Songgobuwono sudah selesai. Mungkin tinggal tambahan lighting untuk pencahayaan,” ungkap dia.
    Pangageng Sasana Wilapa Keraton Surakarta, GKR Panembahan Timoer, mengatakan kedatangannya ke Balai Kota untuk peresmian Panggung Songgobuwono dan Museum Keraton Surakarta.
    Rencananya, peresmian akan dilakukan oleh Menteri Kebudayaan Fadli Zon.
    “Untuk peresmian besok. Peresmian Songgobuwono dan Museum. Kebetulan besok akan diadakan peresmian di mana Pak Menteri Kebudayaan akan rawuh untuk meresmikan,” kata GKR Panembahan Timoer.
    Mengenai alasan PB XIV Hamengkunegoro tidak hadir dan mewakilkan, kata GKR Panembahan Timoer, karena sudah memiliki kelembagaan sehingga tidak harus dihadiri oleh PB XIV Hamengkunegoro.
    “Sinuhun (PB XIV Hamengkunegoro) punya kelembagaan, tidak harus semua rapat yang datang harus Sinuhun. Kan punya kelembagaan. Di dalam kelembagaan, siapa tupoksinya itu yang rawuh begitu,” ujar dia.
    Sekda Solo, Budi Murtono, mengatakan Pemkot Solo melalui Wali Kota menerima surat dari Maha Menteri Keraton Surakarta Kanjeng Gusti Panembahan Agung Tedjowulan untuk membantu dukungan kegiatan Keraton Surakarta.
    “Prinsipnya kemarin Wali Kota itu mendapat surat dari Kanjeng Gusti Tedjowulan untuk mohon bantuan dukungan pengamanan kegiatan. Hanya itu saja,” kata Budi.
    Agar kegiatan peresmian Panggung Songgobuwono dan Museum berjalan lancar, katanya, Pemkot Solo menginisiasi rapat dengan mengundang keluarga besar Keraton Surakarta.
    “Kita menginisiasi rapat ini biar semua pihak yang terlibat di keraton itu bisa tahu dan sepakat besok bisa berjalan dengan lancar,” kata dia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Fadli Zon: 43 Cagar Budaya dan Museum Terdampak Banjir Sumatera

    Fadli Zon: 43 Cagar Budaya dan Museum Terdampak Banjir Sumatera

    Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Kebudayaan (Menbud) Fadli Zon mengatakan pemerintah sedang mendata situs cagar budaya dan museum yang mengalami kerusakan akibat bencana alam banjir dan longsor di sejumlah wilayah Pulau Sumatera sejak akhir November 2025.

    Pendataan tersebut dilakukan sebagai dasar penyusunan langkah rehabilitasi dan perlindungan warisan budaya nasional.

    “Pada tahap awal kami mencatat sekitar 43 cagar budaya dan museum yang terdampak. Namun jumlah itu terus bertambah dan saat ini diperkirakan mencapai sekitar 70 lokasi,” kata Fadli Zon di Jakarta, Minggu (14/12/2025).

    Ia menjelaskan objek yang terdampak mencakup cagar budaya tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional, termasuk masjid, gereja, makam bersejarah, serta museum.

    Kementerian Kebudayaan telah menyiapkan anggaran untuk melakukan intervensi awal berupa pembersihan dan perbaikan ringan setelah masa tanggap darurat bencana berakhir.

    Selain fokus pada pemulihan fisik bangunan, Kementerian Kebudayaan juga memberikan perhatian pada pelaku budaya dan juru pelihara cagar budaya yang terdampak.

    Fadli Zon menyebut pihaknya turut menggalang bantuan kemanusiaan yang mencapai sekitar Rp 1,5 miliar untuk kebutuhan dasar seperti makanan dan pakaian.

    “Cagar budaya bukan hanya bangunan, tetapi bagian dari identitas dan memori sejarah masyarakat. Karena itu pemulihannya menjadi bagian penting dari proses rehabilitasi pascabencana,” ujarnya dikutip dari Antara.

    Menteri Kebudayaan Fadli Zon juga menekankan pentingnya asesmen cepat dan terukur terhadap cagar budaya yang terdampak banjir dan longsor di Sumatera.

    Ia menyebut, upaya ini krusial agar pemulihan situs budaya berjalan tepat sasaran dan terkoordinasi lintas pihak.

    Proses rehabilitasi akan dilakukan secara bertahap dengan mempertimbangkan aspek konservasi agar nilai historis dan keaslian cagar budaya tetap terjaga.

    Pemerintah pusat juga akan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dan komunitas setempat dalam proses pemulihan tersebut.

    Fadli Zon menambahkan, perlindungan cagar budaya di wilayah rawan bencana menjadi perhatian jangka panjang Kementerian Kebudayaan.

    “Termasuk melalui penguatan mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan agar dampak kerusakan dapat diminimalkan di masa mendatang,” katanya.

  • Oso Kembali Terpilih jadi Ketum Kushin Ryu M Karate-Do Indonesia, Titip Pesan Anak Muda Jauhi Narkoba

    Oso Kembali Terpilih jadi Ketum Kushin Ryu M Karate-Do Indonesia, Titip Pesan Anak Muda Jauhi Narkoba

    Oso meminta, seluruh jajaran mengingatkan anak-anak didiknya agar menghindari narkoba.

    “Mari lindungi generasi bangsa kita dari narkoba,” imbaunya.

    Selain itu, dia berpesan, KKI tak boleh bermusuhan dengan aliran lain. Dengan 9,5 juta anggota, KKI harus bekerja sama dan berkompetisi dengan sehat.

    “Kami sudah ikuti aturan Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia (Forki), induk olahraga ini. KKI punya gedung dan gor terbesar se-Asia Tenggara. Ya, ini dia gedungnya,” bangga Oso.

    Diketahui, Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada Oso Sport Center sebagai dojo karate terbesar di dunia. Gedung tersebut diresmikan Presiden Keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pada 25 Maret 2011.

    Melanjutkan keterangannya, Oso mengatakan, capaian prestasi KKI juga terus meningkat di berbagai level. Soal target prestasi ke depan, pihaknya tengah menyusun program bersama seluruh komponen, termasuk Dewan Guru dan Dewan Sabuk Hitam.

    “Teruslah berprestasi. Jangan pernah takut. Keberanian harus pakai hati nurani,” pesan Mantan Wakil Ketua Majelis Permuyawaratan Rakyat (MPR) RI itu.

    Diingatkan, anggota KKI harus menjunjung prinsip dan nilai-nilai kebangsaan. KKI, sambung OSO, juga punya filosofi senantiasa mencintai anggota dan keluarganya.

    “Mari terus saling mengasihi dan pegang teguh solidaritas organisasi dan kekeluargaan,” pungkas Oso.

    Dalam kesempatan yang sama, Aburizal Bakrie juga mengaku bangga dengan perkembangan dan kemajuan KKI. Dari awal yang berlatih hanya sekitar 20 orang, kini sudah memiliki 9,5 juta anggota. Aburizal mengajak KKI bersama aliran lain, untuk meningkatkan peran dalam memajukan bangsa.

    “KKI harus berguna bagi bangsa Indonesia. KKI harus melahirkan patriot sejati, yang cinta kepada rakyat dan bangsa ini. Banggalah jadi bangsa Indonesia. Mari berjuang untuk bangsa ini lebih baik,” pesannya.

  • Lapangan Karanggayam Surabaya Tuntas Bulan Ini, Siap Jadi Markas Latihan Bola

    Lapangan Karanggayam Surabaya Tuntas Bulan Ini, Siap Jadi Markas Latihan Bola

    Surabaya (beritajatim.com) – Revitalisasi Lapangan Karanggayam yang terletak di Kecamatan Tambaksari, persis di samping Gelora 10 November, Kota Surabaya, dipastikan akan rampung pada bulan ini, dengan target penyelesaian 15 Desember 2025.

    Proyek oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya ini menghadirkan kembali lapangan legendaris tersebut, yang rencananya akan difungsikan ganda sebagai pusat pembinaan atlet muda sepak bola sekaligus dibuka untuk pemakaian umum.

    Per hari ini, progres pengerjaan revitalisasi Lapangan Karanggayam telah mencapai angka signifikan 98 persen, menunjukkan bahwa proyek tersebut hampir selesai sepenuhnya.

    Kepala Bidang Bangunan Gedung dari DPRKPP Surabaya, Iman Krestian, mengatakan bahwa hanya kurang 2 persen lagi tahap pembangunan selesai, dan kini lapangan telah dilengkapi dengan rumput sintetis hijau yang baru.

    “Kita monitoring tanggal 15 mungkin selesai. Tapi secara kontrak (dengan pekerja) kita berikan kesempatan sampai 19 Desember 2025,” kata Iman Krestian, Kamis (11/12/2025).

    Setelah rampung, Iman menjelaskan bahwa lapangan ini kelak direncanakan menjadi lokasi sentral untuk latihan atlet muda, ajang kompetisi pembibitan atlet PON, hingga kemungkinan besar menjadi tempat berlatih bagi tim kebanggaan Kota Pahlawan, Persebaya Surabaya.

    “(Mengenai pemanfaatan spesifik) ini dikelola oleh Dispora (Dinas Pemuda dan Olahraga), apakah nanti dipergunakan untuk Liga Persebaya atau kah digunakan untuk persiapan PON atau buat kompetisi tingkat kota,” terangnya.

    Lebih dari sekadar lapangan, Pemkot Surabaya berkomitmen untuk melanjutkan revitalisasi pada tahun depan dengan menyentuh bangunan bersejarah di sekitarnya, termasuk Wisma Persebaya dan berbagai fasilitas pendukung atlet lainnya.

    “Tahun depan masih akan ada pekerjaan lanjutan seperti pemasangan lampu sesuai standar lapangan latihan, tribun portable, ruang ganti dan toilet. Sama kita akan melengkapi dengan kolam air dingin dan air panas, untuk menjaga kelengkapan pemanasan sama pendinginan bagi atlet,” ungkap Iman.

    Revitalisasi komprehensif ini menegaskan komitmen Pemkot Surabaya dalam membangun masa depan sepak bola, sambil memastikan bahwa nilai historis dan kejayaan sepak bola masa lalu, termasuk keberadaan Wisma Persebaya, Wisma Eri Irianto, tidak akan dihilangkan dan tetap dipertahankan.

    “Nanti mungkin kita juga ada konsep untuk Museum Persebaya, tapi hal ini akan didiskusikan lebih lanjut dengan Persebaya dan Askot PSSI,” tutup Iman. (rma/ted)

  • Tampil Beda di Peringatan 40 Hari PB XIII, PB XIV Hangabehi: Baju Putih Kebetulan di-Laundry
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        10 Desember 2025

    Tampil Beda di Peringatan 40 Hari PB XIII, PB XIV Hangabehi: Baju Putih Kebetulan di-Laundry Regional 10 Desember 2025

    Tampil Beda di Peringatan 40 Hari PB XIII, PB XIV Hangabehi: Baju Putih Kebetulan di-Laundry
    Tim Redaksi
    SOLO, KOMPAS.com
    – Pakubuwono (PB) XIV Hangabehi menghadiri peringatan 40 hari wafatnya PB XIII di Sasana Handrawina Keraton Kasunanan Surakarta, Rabu (10/12/2025).
    Kehadirannya menarik perhatian karena ia mengenakan beskap hitam, jarit motif parang, dan kacamata hitam, berbeda dari para tamu yang sebagian besar memakai beskap putih.
    PB XIV
    Hangabehi
    menegaskan tidak ada maksud khusus di balik busana yang ia kenakan.
    “Enggak ada (pembedanya). Kebetulan (pakaian) yang putih di-laundry. Beliau (menunjuk tamu lainnya) juga abu-abu, masih ada beberapa yang berpakaian yang tidak punya seragam putih,” candanya.
    Ia menjelaskan bahwa idealnya acara wilujengan memang menggunakan beskap putih.
    “Tapi memang biasanya wilujengan diharuskan pakai beskap putih. Tapi enggak apa-apa dengan motif lain yang penting tidak motif bludru, tidak motif bunga-bunga atau motif yang sifatnya tidak boleh dipakai di keraton,” ujarnya.
    Usai peringatan 40 hari,
    PB XIV Hangabehi
    menyampaikan bahwa dirinya kini fokus pada pembenahan Bangsal Pradonggo yang mengalami penurunan pada bagian atapnya.
    Supaya tidak roboh, atap bangsal kini ditopang dengan bambu.
    “Saya masih mikir baru saja saya urus untuk pemasangan bambu karena masih ranah revitalisasi. Nanti panggung (Songgobuono) selesai masih tahap awal museum juga selesai, malah ketambahan yang ada di Bangsal Pradonggo mengalami penurunan kayu,” katanya.
    Ia menegaskan belum memikirkan rencana jumenengan karena prioritasnya adalah perbaikan keraton.
    “Jadi saya masih fokus untuk pembenahan-pembenahan keraton yang mana memang harus disegerakan. Kalau tidak nanti dampaknya lebih parah lagi untuk kerusakan-kerusakan lain. Fokus di situ dulu,” ucapnya.
    Sebagaimana diketahui, KGPH Mangkubumi atau Hangabehi diikrarkan sebagai PB XIV dalam rapat keluarga besar putri-putri dalem PB XII dan putra-putri PB XIII di Sasana Handrawina pada Kamis (13/11/2025).
    Rapat itu difasilitasi Maha Menteri Keraton Surakarta, Kanjeng Gusti Panembahan Agung Tedjowulan.
    Sementara itu, GKR Koes Moertiyah Wandansari atau Gusti Moeng mengatakan sebelum acara peringatan 40 hari, keraton juga menggelar khataman Quran tiga hari sebelumnya.
    Menurutnya, hanya sebagian abdi dalem dan sentana dalem yang mengikuti acara
    40 hari wafatnya PB XIII
    .
    Gusti Moeng menjelaskan alasan acara digelar siang hari.
    “Ini kan musim hujan. Kalau sore hujan kan kasihan (abdi dalem). Karena banyak (abdi dalem) yang dari pinggiran kota,” ujarnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Indonesia-Inggris Perkuat Kemitraan Budaya Lewat Kolaborasi Seni di TIM

    Indonesia-Inggris Perkuat Kemitraan Budaya Lewat Kolaborasi Seni di TIM

    Jakarta: Kemitraan budaya Inggris–Indonesia dibuka dengan sebuah perhelatan seni yang digelar oleh British Council bersama Kementerian Kebudayaan Indonesia pada Selasa, 9 Desember 2025.
     
    Bertempat di Taman Ismail Marzuki (TIM), acara ini menghadirkan karya kolaboratif Factory Devotion oleh seniman Indonesia Arief Onelegz dan seniman Inggris Lauren Russell, serta pemutaran karya ikonik Giselle dari English National Ballet.
     
    Acara ini menjadi bagian dari penguatan hubungan kebudayaan Inggris–Indonesia dalam kerangka UK–Indonesia Strategic Partnership, khususnya pada pilar people and society yang menekankan kolaborasi seni, kreativitas, dan diplomasi budaya.
     
    Summer Xia, Country Director British Council Indonesia & Director Southeast Asia, membuka acara dengan menegaskan pentingnya seni sebagai jembatan hubungan antarmasyarakat.
     
    “Seni dan budaya memiliki kekuatan transformatif untuk menciptakan peluang bagi masyarakat dan mempersatukan kita. Hal ini memungkinkan kita untuk berkolaborasi dalam menciptakan dan mewujudkan sesuatu yang benar-benar luar biasa,” kata Summer.
     
    Ia menyoroti momentum spesial yang mengiringi acara tersebut, yakni hubungan diplomatik Inggris–Indonesia dan 75 tahun perjalanan English National Ballet. Dalam kesempatan itu, Summer mengapresiasi kolaborasi dua seniman disabilitas dalam Factory Devotion sebagai simbol inklusi dan kreativitas tanpa batas.
     
    “Malam ini, Anda akan menyaksikan pertunjukan spesial berjudul Factory Devotion, yang dibawakan oleh seniman asal Inggris, Lauren, dan seniman Indonesia, Arif, yang menonjolkan bakat luar biasa dari seni disabilitas dan penari disabilitas,” ujarnya.

    Karya kolaboratif Factory Devotion oleh seniman Indonesia Arief Onelegz dan seniman Inggris Lauren Russell. Foto: medcom/fatha annisa
     
    Wamenbud: Seni dan Budaya Menyatukan Kita
    Wakil Menteri Kebudayaan (Wamenbud) RI, Giring Ganesha, yang turut hadir dalam gelaran ini menceritakan kisah personal yang menunjukkan kuatnya pengaruh budaya Inggris dalam hidupnya.
     
    Ia kemudian menegaskan bahwa berdirinya Kementerian Kebudayaan yang baru menjadi fondasi kuat bagi diplomasi budaya Indonesia di panggung dunia, termasuk kerja sama jangka panjang dengan British Council sejak 1948.

    “Kami siap untuk memperkenalkan budaya Indonesia sebagai alat diplomasi global… Persahabatan panjang kami dengan Inggris juga mendukung upaya ini,” tuturnya.
     
    Giring juga menyampaikan harapannya bahwa kolaborasi seperti malam ini akan membuka jalan bagi karya Indonesia memasuki lembaga seni dunia, mulai dari English National Ballet hingga Tate Museum.
     
    Sementara itu, Wakil Menteri Ekonomi Kreatif RI, Irene Umar mengapresiasi kehadiran talenta Indonesia di panggung internasional seperti Desmonda di West End London, yang salah satunya mendapat beasiswa dari British Council.
     
    “Malam ini adalah pertemuan antara dua budaya. Di Indonesia, kita menyebutnya “tak kenal maka tak sayang.” Jika kalian tidak saling mengenal, maka kalian tidak bisa jatuh cinta,” tutupnya.

     

    Jakarta: Kemitraan budaya Inggris–Indonesia dibuka dengan sebuah perhelatan seni yang digelar oleh British Council bersama Kementerian Kebudayaan Indonesia pada Selasa, 9 Desember 2025.
     
    Bertempat di Taman Ismail Marzuki (TIM), acara ini menghadirkan karya kolaboratif Factory Devotion oleh seniman Indonesia Arief Onelegz dan seniman Inggris Lauren Russell, serta pemutaran karya ikonik Giselle dari English National Ballet.
     
    Acara ini menjadi bagian dari penguatan hubungan kebudayaan Inggris–Indonesia dalam kerangka UK–Indonesia Strategic Partnership, khususnya pada pilar people and society yang menekankan kolaborasi seni, kreativitas, dan diplomasi budaya.
     
    Summer Xia, Country Director British Council Indonesia & Director Southeast Asia, membuka acara dengan menegaskan pentingnya seni sebagai jembatan hubungan antarmasyarakat.
     
    “Seni dan budaya memiliki kekuatan transformatif untuk menciptakan peluang bagi masyarakat dan mempersatukan kita. Hal ini memungkinkan kita untuk berkolaborasi dalam menciptakan dan mewujudkan sesuatu yang benar-benar luar biasa,” kata Summer.
     
    Ia menyoroti momentum spesial yang mengiringi acara tersebut, yakni hubungan diplomatik Inggris–Indonesia dan 75 tahun perjalanan English National Ballet. Dalam kesempatan itu, Summer mengapresiasi kolaborasi dua seniman disabilitas dalam Factory Devotion sebagai simbol inklusi dan kreativitas tanpa batas.
     
    “Malam ini, Anda akan menyaksikan pertunjukan spesial berjudul Factory Devotion, yang dibawakan oleh seniman asal Inggris, Lauren, dan seniman Indonesia, Arif, yang menonjolkan bakat luar biasa dari seni disabilitas dan penari disabilitas,” ujarnya.
     

    Karya kolaboratif Factory Devotion oleh seniman Indonesia Arief Onelegz dan seniman Inggris Lauren Russell. Foto: medcom/fatha annisa
     

    Wamenbud: Seni dan Budaya Menyatukan Kita

    Wakil Menteri Kebudayaan (Wamenbud) RI, Giring Ganesha, yang turut hadir dalam gelaran ini menceritakan kisah personal yang menunjukkan kuatnya pengaruh budaya Inggris dalam hidupnya.
     
    Ia kemudian menegaskan bahwa berdirinya Kementerian Kebudayaan yang baru menjadi fondasi kuat bagi diplomasi budaya Indonesia di panggung dunia, termasuk kerja sama jangka panjang dengan British Council sejak 1948.
     
    “Kami siap untuk memperkenalkan budaya Indonesia sebagai alat diplomasi global… Persahabatan panjang kami dengan Inggris juga mendukung upaya ini,” tuturnya.
     
    Giring juga menyampaikan harapannya bahwa kolaborasi seperti malam ini akan membuka jalan bagi karya Indonesia memasuki lembaga seni dunia, mulai dari English National Ballet hingga Tate Museum.
     
    Sementara itu, Wakil Menteri Ekonomi Kreatif RI, Irene Umar mengapresiasi kehadiran talenta Indonesia di panggung internasional seperti Desmonda di West End London, yang salah satunya mendapat beasiswa dari British Council.
     
    “Malam ini adalah pertemuan antara dua budaya. Di Indonesia, kita menyebutnya “tak kenal maka tak sayang.” Jika kalian tidak saling mengenal, maka kalian tidak bisa jatuh cinta,” tutupnya.

     
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (PRI)

  • Mau Liburan Nataru ke Monas? Cek Dulu Harga Tiket dan Cara Belinya

    Mau Liburan Nataru ke Monas? Cek Dulu Harga Tiket dan Cara Belinya

    Jakarta: Monumen Nasional (Monas) dipastikan menjadi salah satu destinasi favorit warga selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025. Antusiasme pengunjung diperkirakan meningkat seiring momentum liburan panjang akhir tahun.

    Bagi masyarakat yang berencana berkunjung, penting untuk mengetahui rincian harga tiket serta mekanisme pembayaran yang diberlakukan, mengingat Monas telah menerapkan sistem pembayaran non-tunai.

    Pengelola Monas menetapkan ketentuan harga tiket masuk bagi pengunjung dengan mewajibkan penggunaan JakCard, kartu uang elektronik terbitan Bank DKI, sebagai alat akses ke area wisata.

    Melalui unggahan di akun Instagram resmi @monumen.nasional, pengelola merilis rincian harga tiket dan sistem pembayaran terbaru yang berlaku selama periode libur akhir tahun. Yuk simak detail informasinya berikut ini.
    Rincian Harga Tiket Masuk Monas

    ​1. Tiket Pelataran Puncak
    Tiket pelataran puncak memberikan akses ke museum, ruang kemerdekaan, dan pelataran puncak Monas. Harga tiket dibagi berdasarkan kategori pengunjung:

    – Dewasa: Rp24.000

    – Mahasiswa: Rp13.000

    – Anak-anak/Pelajar: Rp6.000

    Opsi ini memungkinkan pengunjung naik ke puncak Monas untuk menikmati panorama kota Jakarta.
    2. Tiket Museum Monas

    Tiket museum mencakup akses ke ruang museum, ruang kemerdekaan, dan pelataran cawan. Tarif tiket museum lebih terjangkau dibandingkan tiket puncak.

    – Dewasa: Rp8.000

    – Mahasiswa: Rp5.000

    – Anak-anak/Pelajar: Rp3.000

    Pengunjung dapat mengeksplorasi koleksi sejarah dan instalasi edukatif yang tersedia di dalam area museum.
     

     

    Ketentuan Pembayaran Wajib Non-Tunai
    Monas menerapkan sistem pembayaran non-tunai untuk pembelian tiket masuk dengan menggunakan kartu JakCard atau kartu uang elektronik yang diterbitkan oleh Bank DKI.

    Pembelian tiket di loket (offline/on the spot) hanya dapat dibayar menggunakan QRIS atau uang tunai. Sementara itu, pembayaran tiket masuk tidak dapat menggunakan kartu e-money lain selain yang diterbitkan Bank DKI.

    Bagi pengunjung yang belum memiliki, kartu JakCard dijual seharga Rp50.000, sudah termasuk saldo awal Rp20.000, dan tidak dapat dikembalikan setelah dibeli.

    Sebagai informasi, satu kartu JakCard dapat digunakan untuk membayar tiket lebih dari satu orang, sehingga tidak setiap pengunjung wajib memiliki kartu sendiri.
    Diskon untuk Pengunjung Rombongan

    Bagi rombongan yang berencana datang bersama-sama, terdapat penawaran diskon yang menarik, yaitu khusus untuk rombongan dengan jumlah minimal 30 orang, akan mendapatkan diskon 25% dari total harga tiket.

    Kebijakan ini berlaku sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dan hanya untuk transaksi langsung di lokasi.

    Tiket masuk Tugu Monas, baik Tiket Puncak maupun Tiket Museum, hanya dapat dibeli secara langsung di loket Monas (on the spot).

    ​Pastikan Sobat Medcom sudah menyiapkan Kartu JakCard atau e-money Bank DKI serta saldonya agar kunjungan liburan Nataru ke Monas berjalan lancar!

    (Sheva Asyraful Fali)

    Jakarta: Monumen Nasional (Monas) dipastikan menjadi salah satu destinasi favorit warga selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2025. Antusiasme pengunjung diperkirakan meningkat seiring momentum liburan panjang akhir tahun.
     
    Bagi masyarakat yang berencana berkunjung, penting untuk mengetahui rincian harga tiket serta mekanisme pembayaran yang diberlakukan, mengingat Monas telah menerapkan sistem pembayaran non-tunai.
     
    Pengelola Monas menetapkan ketentuan harga tiket masuk bagi pengunjung dengan mewajibkan penggunaan JakCard, kartu uang elektronik terbitan Bank DKI, sebagai alat akses ke area wisata.

    Melalui unggahan di akun Instagram resmi @monumen.nasional, pengelola merilis rincian harga tiket dan sistem pembayaran terbaru yang berlaku selama periode libur akhir tahun. Yuk simak detail informasinya berikut ini.

    Rincian Harga Tiket Masuk Monas

    ​1. Tiket Pelataran Puncak

    Tiket pelataran puncak memberikan akses ke museum, ruang kemerdekaan, dan pelataran puncak Monas. Harga tiket dibagi berdasarkan kategori pengunjung:
     
    – Dewasa: Rp24.000
     
    – Mahasiswa: Rp13.000
     
    – Anak-anak/Pelajar: Rp6.000
     
    Opsi ini memungkinkan pengunjung naik ke puncak Monas untuk menikmati panorama kota Jakarta.

    2. Tiket Museum Monas

    Tiket museum mencakup akses ke ruang museum, ruang kemerdekaan, dan pelataran cawan. Tarif tiket museum lebih terjangkau dibandingkan tiket puncak.
     
    – Dewasa: Rp8.000
     
    – Mahasiswa: Rp5.000
     
    – Anak-anak/Pelajar: Rp3.000
     
    Pengunjung dapat mengeksplorasi koleksi sejarah dan instalasi edukatif yang tersedia di dalam area museum.
     

     

    Ketentuan Pembayaran Wajib Non-Tunai
    Monas menerapkan sistem pembayaran non-tunai untuk pembelian tiket masuk dengan menggunakan kartu JakCard atau kartu uang elektronik yang diterbitkan oleh Bank DKI.
     
    Pembelian tiket di loket (offline/on the spot) hanya dapat dibayar menggunakan QRIS atau uang tunai. Sementara itu, pembayaran tiket masuk tidak dapat menggunakan kartu e-money lain selain yang diterbitkan Bank DKI.
     
    Bagi pengunjung yang belum memiliki, kartu JakCard dijual seharga Rp50.000, sudah termasuk saldo awal Rp20.000, dan tidak dapat dikembalikan setelah dibeli.
     
    Sebagai informasi, satu kartu JakCard dapat digunakan untuk membayar tiket lebih dari satu orang, sehingga tidak setiap pengunjung wajib memiliki kartu sendiri.
    Diskon untuk Pengunjung Rombongan

    Bagi rombongan yang berencana datang bersama-sama, terdapat penawaran diskon yang menarik, yaitu khusus untuk rombongan dengan jumlah minimal 30 orang, akan mendapatkan diskon 25% dari total harga tiket.
     
    Kebijakan ini berlaku sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dan hanya untuk transaksi langsung di lokasi.
     
    Tiket masuk Tugu Monas, baik Tiket Puncak maupun Tiket Museum, hanya dapat dibeli secara langsung di loket Monas (on the spot).
     
    ​Pastikan Sobat Medcom sudah menyiapkan Kartu JakCard atau e-money Bank DKI serta saldonya agar kunjungan liburan Nataru ke Monas berjalan lancar!
     
    (Sheva Asyraful Fali)
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News

    (RUL)

  • PM Jepang Bentuk Satgas untuk Nilai Kerusakan Gempa Terbaru

    PM Jepang Bentuk Satgas untuk Nilai Kerusakan Gempa Terbaru

    Anda sedang membaca Dunia Hari Ini, yang merangkum berita-berita terkini dalam 24 jam terakhir.

    Kita awali edisi Selasa, 9 Desember 2025 dari perkembangan gempa di Jepang.

    Jepang diguncang gempa

    Gempa berkekuatan 7,6 pada skala Richter melanda Jepang utara pada Senin malam, melukai lebih dari 20 orang dan sempat memicu tsunami setinggi 70 sentimeter di wilayah pesisir Pasifik, menurut Badan Meteorologi Jepang (JMA).

    Reuters melaporkan bahwa sekitar 90.000 orang diperintahkan untuk mengungsi, sebelum Jepang mencabut semua peringatan tsunami beberapa jam setelah gempa.

    “Saya belum pernah mengalami guncangan sebesar ini,” kata pemilik toko swalayan, Nobuo Yamada, di kota Hachinohe kepada kantor berita NHK.

    Sementara itu Perdana Menteri Jepang Sanae Takaichi mengatakan pemerintahnya sudah membentuk satuan tugas darurat untuk segera menilai tingkat kerusakan akibat gempa.

    “Kami mengutamakan nyawa orang-orang dan melakukan segala yang kami bisa,” ujarnya.

    Bentrokan baru antara Thailand dan Kamboja

    Pertempuran kembali terjadi di perbatasan Thailand dan Kamboja, setelah kedua belah pihak saling tuduh melanggar perjanjian gencatan senjata yang ditandatangani setelah perang lima hari pada bulan Juli lalu.

    Menurut militer Thailand, mereka melancarkan serangan udara setelah seorang tentara Thailand tewas dan empat lainnya luka-luka dalam bentrokan di provinsi paling timur, Ubon Ratchathani.

    Menteri Informasi Kamboja Neth Pheaktra mengatakan sejak pertempuran dimulai, empat warga sipil Kamboja tewas dan sembilan lainnya luka-luka.

    Juru bicara Kementerian Pertahanan Nasional Kamboja, Maly Socheata, menyerukan komunitas internasional untuk “mengecam pelanggaran deklarasi bersama perjanjian damai antara Kamboja dan Thailand” dalam konferensi pers, Senin (08/12) kemarin.

    Sementara itu, Perdana Menteri Thailand Anutin Charnvirakul mengatakan negaranya “tidak pernah ingin melihat kekerasan”, tetapi pemerintah tidak akan menoleransi pelanggaran kedaulatannya.

    Satu dari bayi kembar siam meninggal setelah upaya pemisahan

    Para ahli bedah di Sydney berupaya memisahkan bayi kembar siam yang langka, yang diterbangkan dari Papua Nugini, tapi hanya satu bayi laki-laki yang selamat.

    Tom dan Sawong, yang berusia hampir dua bulan, menjalani operasi selama tujuh jam di Rumah Sakit Anak Sydney pada hari Minggu (07/12) lalu.

    Tom meninggal beberapa menit setelah operasi, menurut pilot Jurgen Ruh, yang sedang bersama orang tua bayi kembar dan pertama kali membantu membawa bayi-bayi itu ke Port Moresby dari pedalaman Papua Nugini untuk dirawat.

    Kepada wartawan, Perdana Menteri Papua Nugini, James Marape, mengatakan pemerintahannya sudah memberikan “jaminan kalau tagihan medis” akan ditanggung.

    “Berdasarkan jaminan kami, [pemerintah Australia] dapat memfasilitasi pemindahan cepat ke rumah sakit,” katanya.

    Kebocoran air di museum Louvre

    Kebocoran air ditemukan di museum Louvre akhir November lalu dan diperkirakan berdampak pada “antara 300 dan 400 karya,” kata Wakil Administrator Museum, Francis Steinbock.

    Koleksi yang terdampak termasuk “jurnal egyptology” dan “dokumentasi ilmiah” yang digunakan oleh para peneliti Mesir.

    Barang-barang yang rusak berasal dari akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 dan “sangat berguna” tetapi “sama sekali bukan barang unik,” tambah Francis kepada kantor berita AFP.

    “Tidak ada artefak warisan yang terdampak oleh kerusakan ini,” jelasnya, yang juga mengatakan belum ada kerugian yang tidak dapat diperbaiki.

    Louvre mengatakan akan ada penyelidikan internal atas kebocoran tersebut.

    Tonton juga video “Peringatan Tsunami 3 Meter Dikeluarkan Seusai Gempa M 7,6 Jepang”