Tempat Fasum: Ka’bah

  • Haji Isam Dorong Andi Amran Sulaiman Calon Ketum PPP, Jubir PPP Bilang Harus Kader Internal

    Haji Isam Dorong Andi Amran Sulaiman Calon Ketum PPP, Jubir PPP Bilang Harus Kader Internal

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sosok calon Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menjelang Muktamar, mulai menjadi perbincangan hangat terutama di kalangan internal partai berlambang Kakbah itu.

    Bahkan, kini juga mulai ramai soal pengajuan Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman sebagai calon Ketua Umum PPP, meski diketahui dia bukan kader PPP.

    Merespons dinamika yang berkembang di masyarakat itu, Juru bicara Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Usman Muhammad Tokan menyebut kandidat yang ingin berkontesasi menjadi ketum partainya harus mengikuti proses sesuai AD/ART.

    Dia berkata demikian demi menjawab desas-desus pengusaha Andi Syamsuddin Arsyad alias Haji Isam yang mendorong Mentan Amran Sulaiman untuk menjadi caketum PPP.

    “Buat kami, nanti siapa pun itu harus mengikuti proses atau mekanisme sesuai AD/ART PPP. Semua pengurus dan kader ingin solid, kesamaan visi dalam membangun partai ke depan agar bangkit kembali dan lolos ke Senayan,” kata Tokan melalui layanan pesan, Selasa (27/5).

    Dia mengatakan AD/ART partai sebagaimana hasil musyawarah menyatakan caketum parpol berlambang Ka’bah harus berasal dari kalangan internal.

    “AD/ART hasil Muktamar yang lalu masih mensyaratkan calon ketua umum DPP PPP dari internal,” ujar Tokan.

    Oleh karena itu, dia berharap para kandidat dari kalangan internal bisa menyosialisasikan program kerja untuk membangun PPP lima tahun ke depan.

    Tokan mengatakan saat ini baru Plt Ketum PPP, Muhamad Mardiono yang diusulkan beberapa pengurus daerah untuk bisa maju kontestasi. “Baru Plt Ketua Umum H. Muhamad Mardiono yang namanya muncul,” ujar dia.

  • Rayuan Maut Rommy Dituding Eksploitasi PPP

    Rayuan Maut Rommy Dituding Eksploitasi PPP

    GELORA.CO – Mantan Ketua Umum PPP M. Romahurmuziy (Rommy) dinilai berupaya mengeksploitasi partai berlambang Kabah lantaran menawarkan jabatan ketua umum ke sejumlah tokoh untuk Muktamar X mendatang.

    “Sangat tidak etis, seperti mengeksploitasi partai dan seolah-olah ini merupakan barang dagangan,” kata Wakil Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Rusli Effendi kepada wartawan, Senin 26 Mei 2025. 

     

    Rusli mengatakan, PPP sangat menyambut baik jika memang ada tokoh eksternal yang ingin bergabung bersama. Namun, ia mengibaratkan seperti orang yang ingin masuk atau keluar dari rumah tentu ada mekanismenya.

    “Kami menyambut baik kalau memang ada tokoh yang mau bergabung bersama dan berjuang untuk membangun bangsa, ahlan wa sahlan. Tapi tentu semua ada mekanismenya, kalau di PPP ada AD/ART. Saya rasa tidak hanya PPP yang memiliki mekanisme, namun partai lain atau di setiap organisasi manapun juga punya,” jelas Rusli.

    Ia berharap ke depan para kader dapat menjaga marwah PPP dengan tidak memperdagangkan partai. Karena menurutnya, hingga saat ini tokoh dari internal partai juga masih layak diberi kesempatan untuk memimpin.

     

    “Saya pastikan sebagai kader yang bergerak dari bawah, bahwa calon dari internal PPP masih mumpuni dan pantas tentunya tidak kalah dengan tokoh-tokoh eksternal,” pungkasnya.

    Sebelumnya, Rommy mengaku sengaja membujuk banyak tokoh untuk menjadi Ketua Umum PPP melalui forum Muktamar X yang akan dilaksanakan pada September nanti. Hal ini pun menimbulkan banyak pro dan kontra terhadap perbuatannya, bahkan ada yang menganggapnya sebagai pedagang.

  • Waketum PPP: Kami Sambut Baik Tokoh Eksternal Bergabung, Tapi Ada Mekanismenya – Page 3

    Waketum PPP: Kami Sambut Baik Tokoh Eksternal Bergabung, Tapi Ada Mekanismenya – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Wakil Ketua Umum DPP Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Rusli Effendi menyambut baik jika memang ada tokoh eksternal yang ingin bergabung bersama partainya. Namun, seperti orang yang ingin masuk atau keluar dari rumah, tentu ada caranya.

    “Kami menyambut baik kalau memang ada tokoh yang mau bergabung bersama dan berjuang untuk membangun bangsa, ahlan wa sahlan. Tapi tentu semua ada mekanismenya, kalau di PPP ada AD/ART. Saya rasa tidak hanya PPP yang memiliki mekanisme, namun partai lain atau di setiap organisasi manapun juga punya,” tegas Rusli.

    Rusli berharap, ke depan para kader dapat menjaga marwah partai berlambang Ka’bah tersebut dengan tidak ‘memperdagangkan’ partai. Sebab saat ini, tokoh dari internal partai masih layak diberi kesempatan untuk memimpin.

    “Saya pastikan sebagai kader yang bergerak dari bawah, bahwa calon dari internal PPP masih mumpuni dan pantas tentunya tidak kalah dengan tokoh-tokoh eksternal,” yakin dia menandasi.

     

  • Tokoh NU Sentil Manuver Politik Jokowi dan Haji Isam di Balik Isu Amran Sulaiman Jadi Ketum PPP

    Tokoh NU Sentil Manuver Politik Jokowi dan Haji Isam di Balik Isu Amran Sulaiman Jadi Ketum PPP

    FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Isu yang menyebut Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman akan menjadi Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mendapat sorotan dari kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Umar Hasibuan.

    Tokoh Nahdlatul Ulama ini menanggapi pembahasan dalam program “Bocor Alus” Tempo yang memuat spekulasi politik terbaru mengenai konfigurasi partai-partai menjelang 2029.

    “Dari info bocor alus ini. Apa kalian bisa tebak apa tujuan Jokowi jika Amran Sulaiman jadi Ketum PPP, ges?,” kata Umar di X @UmarHasibuan__(26/5/2025).

    Pernyataan tersebut semakin membuka ruang spekulasi mengenai keterlibatan mantan Presiden Jokowi dalam mengatur strategi politik.

    Isu ini juga memantik perbincangan publik soal bagaimana arah baru PPP jika dipimpin oleh tokoh teknokrat seperti Amran, serta potensi transformasi partai berlambang Kabah tersebut di bawah pengaruh barisan politik Jokowi.

    Dilihat dari program Bocor Alus Tempo, Francisca Christy Rosana, membeberkan bahwa Haji Isam melalui Amran Sulaiman akan mengambilalih PPP.

    “Jadi dari berbagai sumber yang kami temui, Haji Isam akan ikut masuk dalam kontestasi pengambilalihan Ketua Umum PPP,” kata Cica, sapaannya.

    Cica bilang, berdasarkan informasi akurat yang ia peroleh, dari beberapa calon eksternal, muncul nama Amran yang direkomendasi Jokowi.

    “Dalam kontestasi, dari eksternal itu calonnya akan ada Amran Sulaiman. Menariknya nama Amran ini munculnya dari Solo,” tukasnya.

    “September itu kan akan ada mukhtamar PPP, lalu Solo dalam arti Jokowi bilang, kenapa gak Amran saja?,” tandasnya.

  • Tips Naik Haji, Ini Hal yang Perlu Diketahui agar Ibadah Haji Sah

    Tips Naik Haji, Ini Hal yang Perlu Diketahui agar Ibadah Haji Sah

    Bisnis.com, JAKARTA — Ibadah haji adalah salah satu dari lima rukun Islam dan merupakan perjalanan spiritual yang sangat penting bagi umat Muslim.

    Haji adalah kewajiban ibadah yang harus dilaksanakan setidaknya sekali seumur hidup oleh setiap Muslim yang secara fisik dan finansial mampu. Ibadah haji dilaksanakan setiap tahun pada bulan Dhul-Hijjah di kota suci Mekkah, Arab Saudi.

    Rukun-Rukun Haji:

    Dilansir dari baznas.go.id, Senin (5/5/2025), berikut adalah 6 rukun saat melaksanakan ibadah haji menurut mazhab Asy-Syafiiyah:

    1. Ihram

    Ihram adalah niat untuk melaksanakan haji, yang ditandai dengan memakai pakaian ihram dan membaca talbiyah. Pakaian ihram untuk pria terdiri dari dua lembar kain putih, sedangkan wanita mengenakan pakaian yang menutupi seluruh tubuh, kecuali wajah dan telapak tangan.

    Setelah niat ihram, jamaah haji diharuskan untuk menjauhi larangan-larangan tertentu seperti memakai wewangian, memotong kuku, atau berhubungan suami istri.

    2. Wukuf di Arafah

    Wukuf di Arafah merupakan puncak ibadah haji. Jamaah haji akan berdiam di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah, dari waktu tergelincirnya matahari hingga matahari terbenam. Di sini, jamaah disarankan untuk memperbanyak doa, dzikir, dan memohon ampunan serta merenungkan makna hari kiamat.

    3. Thawaf Ifadhah

    Thawaf Ifadhah adalah ritual mengelilingi Ka’bah sebanyak tujuh kali putaran. Ritual ini harus dimulai dari Hajar Aswad dan dilakukan dengan Ka’bah selalu berada di sisi kiri tubuh jamaah. Jamaah juga harus dalam keadaan suci, baik dari hadas kecil maupun besar. Thawaf Ifadhah sebaiknya dilaksanakan sebelum hari-hari tasyriq berakhir.

    4. Sai

    Sai adalah ibadah berjalan antara Bukit Safa dan Bukit Marwah sebanyak tujuh kali. Setiap perjalanan dari Safa ke Marwah dan sebaliknya dihitung satu kali perjalanan. Ritual ini mengingatkan perjuangan Hajar yang mencari air untuk putranya, Nabi Ismail. Meskipun disarankan dalam keadaan suci, jika tidak, ibadah Sai tetap dianggap sah.

    5. Tahallul (Mencukur Rambut)

    Tahallul adalah mencukur rambut setelah menyelesaikan Sai, sebagai tanda bahwa jamaah telah menyelesaikan ibadah haji. Untuk pria, disunnahkan mencukur habis rambut, sedangkan untuk wanita cukup memotong tiga helai rambut. Tahallul dibagi menjadi dua, yaitu tahallul awwal dan tahallul tsani.

    6. Tertib

    Tertib berarti ibadah haji harus dilakukan secara berurutan. Setiap rukun haji harus dilaksanakan sesuai urutan, dari Ihram hingga Tahallul. Jika ada yang terlewat atau dilakukan tidak sesuai urutan, maka ibadah haji dianggap tidak sah.

    Apa Saja Aspek Utama Dalam Berhaji?

    1. Kewajiban dan Waktu

    Haji adalah kewajiban sekali seumur hidup bagi Muslim yang memenuhi kriteria fisik dan finansial yang diperlukan. Ibadah haji dilaksanakan pada hari-hari tertentu dalam bulan Dhul-Hijjah, yang puncaknya adalah Hari Arafah, yang dianggap sebagai hari terpenting dalam ritual haji.

    2. Ritual dan Praktik

    Haji terdiri dari serangkaian ritual yang dilakukan selama beberapa hari, antara lain:

        * Ihram: Jamaah haji memasuki keadaan kesucian spiritual dan mengenakan pakaian putih sederhana, yang melambangkan kesetaraan dan persatuan di antara semua peserta, tanpa memandang status sosial atau kewarganegaraan.

        * Tawaf: Jamaah haji mengelilingi Ka’bah, struktur suci di Masjid al-Haram, sebanyak tujuh kali searah jarum jam.

        * Sa’i: Jamaah haji melakukan Sa’i, yaitu berjalan tujuh kali antara bukit Safa dan Marwah, yang mengingatkan pada pencarian air oleh Hagar untuk putranya, Ismail.

        * Berdiam di Arafah: Pada Hari Arafah, jamaah haji berkumpul di dataran Arafah untuk berdoa dan memohon ampunan, merenungkan Hari Kiamat.

        * Muzdalifah dan Mina: Setelah Arafah, jamaah haji menghabiskan malam di Muzdalifah dan kemudian kembali ke Mina, tempat mereka melaksanakan ritual melemparkan batu ke tiga pilar, yang melambangkan penolakan terhadap kejahatan.

        * Idul Adha: Ibadah haji diakhiri dengan perayaan Idul Adha, di mana jamaah haji menyembelih hewan sebagai tanda memperingati kesediaan Nabi Ibrahim untuk mengorbankan putranya atas perintah Allah.

    3. Makna Spiritual

    Haji bukan hanya perjalanan fisik, tetapi juga pengalaman spiritual yang mendalam. Haji merupakan kesempatan bagi umat Muslim untuk memohon ampunan atas dosa-dosa mereka, memperbaharui iman, dan menjalin hubungan yang lebih dalam dengan Allah. Ibadah haji diyakini membawa perubahan, memungkinkan individu untuk kembali ke rumah “seperti bayi yang baru lahir” bebas dari dosa.

    4. Persatuan dan Keragaman

    Haji menyatukan jutaan umat Muslim dari latar belakang, budaya, dan kebangsaan yang beragam, yang mempererat rasa persatuan dan persaudaraan di antara komunitas Muslim global. Perhimpunan ini menekankan kesetaraan semua orang beriman di hadapan Allah, karena mereka berdiri bersama dalam ibadah.

    Haji adalah ibadah fundamental dalam Islam yang mencakup serangkaian ritual yang bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan spiritual, kebersamaan, dan pemahaman yang lebih dalam tentang iman seseorang. Ini adalah kesempatan unik bagi umat Muslim untuk memenuhi kewajiban agama mereka sambil merasakan makna mendalam dari keyakinan mereka. (Siti Laela)

  • Sosok Zainal Abidin, Sekdes di Pasuruan Viral Gendong Ibunya saat Tawaf Umrah, Sempat Masuk RS – Halaman all

    Sosok Zainal Abidin, Sekdes di Pasuruan Viral Gendong Ibunya saat Tawaf Umrah, Sempat Masuk RS – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Sosok Zainal Abidin, pria asal Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, yang viral di media sosial.

    Zainal Abidin viral setelah sikapnya rela menggendong sang ibu ketika sedang tawaf ibadah umrah. 

    Zainal menggendong ibunya, bernama Umi Hanik yang berusia 80 tahun.

    Keduanya diketahui melaksanakan ibadah umrah pada awal April 2025.

    Dalam video yang beredar, tampak Zainal berjalan mengelilingi kabah sambil menggendong ibunya. 

    Dengan langkah pelan, Zainal tetap berusaha menggendong ibunya.

    Kisah Zainal Rela Gendong Ibunya saat Tawaf 

    Dikutip dari Kompas.com, Zainal Abidin merupakan Sekretaris Desa Tambakrejo, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan. 

    Zainal Abidin berusia 43 tahun. 

    Baru-baru ini, namanya disorot setelah menggendong ibunya saat umrah.

    Banyak pujian hingga doa disampaikan warganet.

    Bahkan, sepulang umrah, Zainal sempat menerima undangan di televisi nasional untuk berbagi cerita.

    Zainal mengaku, tidak menyangka video yang direkam oleh temannya viral. 

    Padahal, ia hanya ingin memenuhi keinginan ibunya,melaksanakan tawaf di pelataran Ka’bah. 

    Namun, ibunya tidak kuat berjalan dan tidak diperbolehkan menggunakan kursi roda jika tawaf.

    “Sebanyak apa pun kebaikan anak itu, tidak akan sebanding kasih sayang seorang ibu pada anaknya.”

    “Makanya saya berterima kasih bisa berbagi cerita ini,” katanya, Kamis (17/04/2025).

    Keinginan Umrah sejak 2019

    Lebih lanjut, Zainal bercerita bahwa niat umrah sudah dinantikan sejak tahun 2019. 

    Namun, kala itu, wabah Covid-19 melanda sejumlah negara di dunia. 

    Pada tahun 2023, rencana umrahnya bersama sang ibu pun sempat tertunda. Saat itu, kondisi sang ibu yang sedang sakit parah.

    “Saya akhirnya tetap berangkat umrah sendiri tanpa ibu. Saya berdoa dan bernadzar jika ibu sehat, kembali umrah bersama,” jelasnya. 

    Hingga pada tanggal 5 April 2025, niat Ebit terlaksana. Ia mengajak ibunya pergi umrah.

    Dikatakan Zainal, kondisi kesehatan ibunya mulai membaik dan bisa berjalan meski harus dituntun.

    “Ibu saya mau diajak umrah asal bisa menjalankan tawaf di pelataran sekitar Kakbah dan bisa menyentuh sudut Rukun Yamani dan Multazam,” cerita Ebit, sapaan Zainal.

    Hal itulah yang membuat hati Zainal tergerak untuk menggendong sang bunda saat menjalankan tawaf. 

    Selama berada di Mekkah selama 4 hari, ia berkesempatan menggendong ibunya bertawaf sebanyak dua kali.

    Namun, Zainal sempat jatuh sakit karena kelelahan dan masuk rumah sakit.

    “Saya juga sempat kelelahan, namun saya tetap bersyukur dapat mengantar ibu ke Mekkah,” imbuhnya. 

    Tanggapan Video Viral di Medsos

    Diketahui, video pria menggendong ibunya saat tewaf ibadah umrah viral di media sosial.

    Video tersebut, diunggah oleh akun TikTok @ojinvonito77. Kini, video tersebut, dilihat lebih dari juta kali, Jumat (18/4/2025) pagi.

    Kakak Zainal Abidin sekaligus pengunggah, Mukhamad Khozin, mengaku kaget videonya viral. 

    Khozin mengatakan, dapat video itu dari kiriman travel yang turut membantu kepergian umrah sang adik.

    “Saya kaget melihat banyaknya komentar di TikTok. Saya juga sebenarnya ingin membersamai ibu.”

    “Semoga video itu bisa menjadi contoh yang baik untuk kita semuanya,” terangnya. 

    (Tribunnews.com/Suci Bangun DS, Kompas.com)

  • Mess Haji Gorontalo, Destinasi Favorit Wisata Religi Saat Libur Lebaran

    Mess Haji Gorontalo, Destinasi Favorit Wisata Religi Saat Libur Lebaran

    Liputan6.com, Gorontalo – Jika Anda berkunjung ke Provinsi Gorontalo saat libur Lebaran Idul Fitri, sempatkan diri untuk mengunjungi Mess Haji Gorontalo.

    Destinasi wisata religi ini menawarkan pengalaman unik dengan replika Tanah Suci yang menarik perhatian wisatawan.

    Berlokasi sekitar 30 menit dari Bandara Djalaludin Gorontalo, Mess Haji dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

    Saat tiba di area ini, pengunjung akan disambut dengan gerbang bertuliskan “Selamat Datang di Asrama Haji Gorontalo” serta sapaan hangat dari petugas yang berjaga.

    Memasuki halaman asrama, suasana khas Makkah langsung terasa. Arsitektur bangunan yang menyerupai desain hotel di Tanah Suci, lengkap dengan miniatur Kabah, membuat tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan dan calon jamaah haji.

    Mess Haji Gorontalo tidak hanya menjadi destinasi wisata religi, tetapi juga berfungsi sebagai tempat pelatihan bagi calon jamaah haji dan umrah. Para calon jamaah dapat berlatih menggunakan berbagai fasilitas yang menyerupai kondisi di Makkah dan Madinah.

    “Sangat bagus dan mirip dengan aslinya. Seakan kami benar-benar berada di Tanah Suci,” ujar Ruslan, seorang pengunjung.

  • 3
                    
                        Area Masjidil Haram Kini Lebih Luas Berkat Renovasi Waskita Karya, Bisa Tampung Lebih dari 105.000 Jemaah
                        Nasional

    3 Area Masjidil Haram Kini Lebih Luas Berkat Renovasi Waskita Karya, Bisa Tampung Lebih dari 105.000 Jemaah Nasional

    Area Masjidil Haram Kini Lebih Luas Berkat Renovasi Waskita Karya, Bisa Tampung Lebih dari 105.000 Jemaah
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com 
    – PT Waskita Karya (Persero) Tbk berkontribusi dalam perluasan area terbuka yang mengelilingi
    Kabah
    di
    Masjidil Haram
    di
    Makkah
    ,
    Arab Saudi
    .
    Renovasi yang dikerjakan pada 2013 tersebut merupakan bagian dari proyek King Abdullah Makkah Extension (KAME). 
    Corporate Secretary
    Waskita Karya
    Ermy Puspa Yunita mengatakan, perseroan menambah tingkatan lantai, yakni dari tiga menjadi sembilan lantai. Kemudian, juga membuat desain atau 
    mock up
    , mataf, serta fabrikasi besi.
    “Pengerjaan mataf, yaitu memperluas area yang mengelilingi Kabah. Sebelumnya, mataf hanya bisa menampung 48.000
    jemaah
    . Kini, mataf dapat menampung hingga 105.000 jemaah,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (24/3/2025).
    Peningkatan daya tampung mataf tersebut, kata Ermy, juga mendukung lebih banyak jemaah yang beribadah di sekeliling Kabah saat
    Ramadhan
    seperti sekarang, khususnya pada 10 malam terakhir.
    Seperti diketahui, Ramadhan selalu menjadi momentum bagi muslim untuk mengejar lebih banyak ibadah dan sekaligus berlomba dalam kebaikan.
    Ermy mengatakan, sebagai perusahaan konstruksi dengan lebih dari 64 tahun pengalaman membangun infrastruktur, Waskita merasa bangga dapat membangun mataf Masjidil Haram yang menjadi tujuan Muslim di dunia.
    “Dengan semakin luasnya mataf itu, semakin banyak umat Islam yang dapat beribadah atau mengelilingi Kabah saat haji maupun umrah,” jelas Ermy.
    Ia menjelaskan, metode yang digunakan dalam menyelesaikan proyek tersebut adalah
    formwork slab
    dan
    cantilever beam
    .

    Formwork
    atau cetakan sementara dinding balok menggunakan panel baja. Bagian bawah dibangun menggunakan
    plywood
    dan peri kayu,” ungkapnya.
    Dia melanjutkan, selain mengerjakan proyek senilai 59 juta riyal Saudi itu, Waskita juga dipercaya membangun King Saud Fitness College pada 2011 dan King Saud University of Riyadh Techno Valley & Building Administration College di Riyadh pada 2009.
    Total nilai kontrak masing-masing sebanyak 16 juta riyal Saudi dan 50 juta riyal Saudi.
    Kemudian, perseroan turut membangun King Abdullah Financial District (KAFD) pada 2010-2012. Pusat keuangan Arab Saudi ini memiliki luas hingga 61,2 meter persegi (m2) serta memilki 31 lantai.
    “Waskita membangun gedung tersebut dengan konsep hijau dan hemat energi. Lalu, kami tambahkan
    light emitting diode
    (LED) sebagai lampu penerangnya,” tutur Ermy.
    Ke depan, lanjut Ermy, Waskita akan terus membangun infrastruktur, baik di dalam maupun maupun luar negeri.
    “Sebelumnya, Waskita juga pernah membangun Burj View Development di Dubai dan Abu  Dhabi Financial Centre-Podium and Stock Exchange di Uni Emirat Arab,” ucapnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Ditemukan Reruntuhan Masjid Zaman Awal Islam di Israel, Sudah Hadap Ka’bah

    Ditemukan Reruntuhan Masjid Zaman Awal Islam di Israel, Sudah Hadap Ka’bah

    Jakarta

    Tiga tahun setelah menemukan salah satu masjid tertua di dunia di Israel selatan, pada 2019 tim arkeolog menemukan masjid lainnya di kota yang sama.

    Temuan ini menjadikannya masjid tertua kedua yang berasal dari abad ke-7, ketika Islam baru mulai menyebar di wilayah tersebut.

    Israel Antiquities Authority (IAA) pada Juni 2019 mengumumkan kedua masjid itu ditemukan selama tahap penggalian arkeologi di Kota Badui Rahat, Negev utara. Penggalian dipimpin oleh Oren Shmueli, Dr Elena Kogan-Zehavi, dan Dr Noe David Michael atas nama IAA.

    Kedua masjid tersebut berusia sekitar 1.200 tahun, meskipun penanggalan yang tepat cukup menantang dilakukan dalam situasi tersebut. Masjid itu berada beberapa ratus meter dari reruntuhan sebuah rumah megah yang tampaknya milik orang Kristen Bizantium kaya raya.

    “Yang unik dari masjid ini adalah menjamurnya keramik abad ke-7 di situs tersebut, menjadikannya salah satu masjid paling awal di dunia,” kata arkeolog Elena Kogan-Zehavi, dikutip dari Haaretz, Sabtu (22/3/2025).

    Foto: Emil Aladjem/Israel Antiquities AuthorityMenghadap ke Arah Makkah

    Meskipun penaklukan Arab atas Makkah terjadi pada tahun 636, Islam baru menjadi agama mayoritas pada abad ke-9. “Sepasang masjid di pedesaan kecil ini adalah kunci dalam melukiskan gambaran penyebaran Islam di akhir era Bizantium, awal Islam awal di Tanah Suci,” kata Kogan-Zehavi.

    Kedua temuan aula tersebut diidentifikasi sebagai masjid karena elemen strukturalnya, yaitu ruang persegi dan dinding yang menghadap ke arah kiblat di Makkah yang merupakan kota suci umat Islam.

    Selain itu, di masjid yang baru ditemukan, ditemukan ceruk berbentuk setengah lingkaran atau mihrab terletak di sepanjang bagian tengah tembok yang mengarah ke Ka’bah.

    Kogan-Zehavi menyebutkan, masjid ini menyimpan banyak keramik yang secara tipografis berasal dari abad ke-7 hingga ke-8. Dia menambahkan, para peneliti mulai mengumpulkan gambaran yang sangat menarik tentang transisi dari pemukiman yang didominasi oleh Kekristenan Bizantium, termasuk biara-biara dan berbagai struktur bangunan, hingga pemukiman orang semi-nomaden dengan tradisi bangunan yang berbeda dan kurang permanen.

    “Temuan ini menunjukkan bahwa Islam datang sangat awal di Negev utara dan mulai hidup berdampingan dengan pemukiman Kristen,” kata Kogan-Zehavi.

    Selain masjid, para arkeolog juga menemukan sebuah rumah pertanian era Bizantium yang menurut mereka tampaknya tempat para petani Kristen, termasuk menara berbenteng dan kamar-kamar dengan dinding kuat yang mengelilingi halaman.

    Para arkeolog Israel mengungkapkan sebuah masjid kuno yang langka di wilayah selatan negara itu. Para pejabat urusan barang antik Israel menilai temuan masjid kuno itu menjelaskan transisi kawasan tersebut dari Kristen menjadi Islam. Foto: AFP/MENAHEM KAHANATeka-teki

    Konstruksinya menimbulkan banyak pertanyaan, antara lain, apakah komunitas Kristen yang sama menjadi Muslim? Atau apakah pemukiman itu dihuni kembali oleh para pedagang semi-nomaden yang mungkin membawa agama baru itu dari Jazirah Arab?

    “Mungkin campuran keduanya. Semua pertanyaan terlihat terbuka di situs itu. Sekarang tugas kita untuk mencoba mengumpulkan informasi untuk memahami apa yang terjadi,” kata Koga-Zehavi.

    Lebih lanjut, katanya, ada celah kronologis di semua situs di kawasan itu sejak abad ke-9. “Tidak ada penyelesaian lanjutan dan pasti ada bencana yang belum kami identifikasi,” katanya.

    Teka-teki lainnya yang menarik dalam kasus kedua masjid di Rahat adalah bahwa masjid dibangun agak jauh dari beberapa pemukiman. Hal ini membuat para peneliti mempertanyakan peran ruang sholat dalam kehidupan sehari-hari.

    “Kami belum tahu hubungan antara jamaah dan masjid. Mungkin itu hanya digunakan pada hari Jumat?” kata Kogan-Zehavi terheran-heran.

    Gagasan tentang populasi dalam transisi ini, dalam banyak hal, merupakan tren yang sama yang terlihat di Rahat saat ini. Untuk diketahui, Rahat adalah pemukiman orang-orang Bedouin permanen terbesar di dunia.

    Menurut Kogan-Zehavi, penduduk Rahat sangat ingin melestarikan kedua masjid tersebut, sementara IAA terus menggali di depan lingkungan tersebut.

    “Sejarah selalu berulang, orang Rahat Bedouin meninggalkan kehidupan nomaden, menetap di kota-kota, dan mencoba untuk menciptakan kehidupan yang berbeda di pemukiman permanen,” tutupnya.

    (rns/fay)

  • Ilmuwan Beberkan Fakta Hajar Aswad Berwarna Hitam

    Ilmuwan Beberkan Fakta Hajar Aswad Berwarna Hitam

    Jakarta, CNBC Indonesia — Hajar Aswad, batu yang berada di salah satu dudut Kabah, awalnya disebut berwarna putih dan bisa memancarkan sinar. Namun seiring bertambahnya waktu, batu tersebut berangsur-angsur berubah menjadi warna hitam.

    Dalam sumber tradisional Islam, diceritakan Hajar Aswad berubah menjadi warna hitam karena menyerap dosa-dosa umat manusia di bumi.

    Namun para ilmuwan memiliki teorinya tersendiri terkait perubahan ini. Ada ilmuwan yang menyebut batu tersebut sekelas dengan batu akik, tetapi ada pula teori menyebut Hajar Aswad dikategorikan sebagai batu meteor.

    Akan tetapi, para ahli berpendapat bahwa pengkategorian Hajar Aswad sebagai batu meteor atau metorit dianggap paling dekat jika mengacu pada kisah Hajar Aswad itu sendiri yang berasal dari surga. Apalagi, fakta sejarah mengungkap terdapat jejak-jejak meteorit di dekat Kabah, tempat Hajar Aswad berada.

    E. Thomsen dalam studi “New Light on the Origin of the Holy Black Stone of the Ka’ba” (1980) menceritakan, pada 1932 seorang peneliti bernama Philby di Al-Hadidah menemukan kawah tumbukan meteor yang kelak disebut Wabar. Setelah diukur, kawah tersebut berukuran lebih dari 100 meter. Ditemukan pula beberapa pecahan meteor di sekitar kawah dan gurun.

    Secara garis besar, pecahan meteor tersebut terbentuk dari leburan pasir dan silika yang bercampur dengan nikel. Seiring waktu, kata Thompson, campuran tersebut memunculkan lapisan warna putih dari dalam, tapi di bagian luar terbungkus cangkang hitam. Warna hitam ini dihasilkan dari nikel yang diperoleh dari ledakan Nikel dan Ferum (besir) di luar angkasa.

    Beranjak dari pengamatan ini, Thomsen menyebut, ciri-ciri pecahan meteor sesuai dengan gambaran Hajar Aswad.

    “Misalkan, warna putih (red, yang dipancarkan Hajar Aswad) mungkin berasal dari paparan bagian dalam inti hasil campuran zat kimia itu,” katanya, dikutip Minggu (16/3/2025).

    Menurutnya, lapisan warna putih itu sangat rapuh dan tidak tahan lama. Atas dasar ini, lapisan tersebut berada dalam lapisan batuan berwarna hitam yang menyelimutinya. Artinya, batuan berwarna putih itu tak abadi dan bisa menghilang seiring waktu, sehingga kelak hanya tersisa batuan berwarna hitam saja.

    Oleh karena itu, dalam narasi Hajar Aswad terkait perubahan warna memang benar bisa ada penjelasannya secara sains. Berarti, bukan disebabkan oleh penyerapan dosa-dosa manusia. Sementara, bintik-bintik putih yang berada dalam Hajar Aswad kiwari merupakan sisa-sisa kaca dan batu pasir.

    “Batu meteor itu kemungkinan batu yang sama dengan Hajar Aswad,” tulis Thomsen.

    Pembuktian empirik lain juga menyangkut usia batu. Penelitian lain menjelaskan usia batu tersebut sesuai dengan jangkauan pengamatan orang Arab kuno. Kemungkinan besar, batuan tersebut dibawa ke Makkah melalui jalur dari Oman.

    Namun, teori Hajar Aswad berasal dari batu meteor juga punya kelemahan. Peneliti itu menyebut batu meteor tak bisa mengapung, tak bisa pecah menjadi pecahan kecil, hingga sulit menahan erosi.

    Akan tetapi, sejauh ini teori paling dekat terkait Hajar Aswad adalah teori meteorit, sehingga kata Thomsen “akan lebih tepat untuk meneliti material yang berasal dari meteor.”

    (mkh/mkh)