Tempat Fasum: Bundaran HI

  • Sebagian Jakarta diperkirakan hujan pada Jumat pagi hingga sore

    Sebagian Jakarta diperkirakan hujan pada Jumat pagi hingga sore

    Ilustrasi – Seorang warga menggunakan payung saat turun hujan di kawasan Bundaran HI, Jakarta. ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/foc/am.

    Sebagian Jakarta diperkirakan hujan pada Jumat pagi hingga sore
    Dalam Negeri   
    Editor: Widodo   
    Jumat, 22 November 2024 – 06:01 WIB

    Elshinta.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan cuaca di sebagian wilayah DKI Jakarta hujan ringan hingga sedang pada Jumat pagi hingga sore.

    BMKG melalui laman resminya bmkg.go.id  merinci sebagian wilayah DKI Jakarta pada pagi hari seperti Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur diperkirakan berawan tebal, sedangkan Kepulauan Seribu diperkirakan hujan ringan.

    Memasuki siang hari, Jakarta Barat, Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur diperkirakan hujan ringan. Sedangkan Kepulauan Seribu diperkirakan berawan tebal. Lalu sore hingga malam hari seluruh wilayah Jakarta diperkirakan hujan ringan hingga petir.

    Suhu udara pada hari ini di Jakarta pagi hari diperkirakan berada pada kisaran minimum 26 derajat hingga 30 derajat Celsius, lalu memasuki siang hari suhu udara mencapai 28 sampai 31 derajat Celsius, sedangkan malam hari mencapai 25 sampai 28 derajat Celcius.

    Sumber : Antara

  • Kadis Parekraf Andhika Permata Siap Gelar Christmas Carol dan Perayaan Malam Tahun Baru di Jakarta

    Kadis Parekraf Andhika Permata Siap Gelar Christmas Carol dan Perayaan Malam Tahun Baru di Jakarta

    TRIBUNJAKARTA.COM, JAKARTA – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Provinsi DKI Jakarta bakal menggelar Christmas Carol serta perayaan Malam Tahun Baru.

    Acara spesial itu bakal digelar dalam menyambut hari raya Natal tahun 2024 hasil dari kolaborasi dengan Koordinator Forum Masyarakat Komite Ekonomi Kreatif Jakarta.

    Rangkaian acara istimewa untuk memeriahkan suasana akhir tahun bakal digelar di beberapa titik wilayah Jakarta.

    Kepala Disparekraf Provinsi DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, acara yang telah direncanakan adalah Christmas Carol.

    Acara ini sudah rutin diselenggarakan pada tahun-tahun sebelumnya dengan nuansa kegembiraan dan meriah. 

    Disparekraf Provinsi DKI Jakarta berfokus pada jenis atraksi yang akan disuguhkan untuk menghibur warga Jakarta.

    Christmas Carol direncanakan menghadirkan pertunjukan musik dan paduan suara khas Natal diselenggarakan di ruang terbuka di beberapa titik yang ramai dikunjungi masyarakat.

    Lokasi Christmas Carol bakal digelar di antaranya Jalan Sudirman-Thamrin, Terowongan Kendal, Dukuh Atas, dan Silang Monas. 

    KLIK SELENGKAPNYA: Debat Panas Ridwan Kamil Versus Pramono Anung Terjadi Dalam Debat Pamungkas Pilkada Jakarta 2024 pada Minggu (17/11/2024). Imajinasi Terus Diserang

    “Perayaan malam Tahun Baru 2025 juga dirancang untuk menjadi momen spesial dengan rangkaian hiburan yang menggabungkan seni pertunjukan cahaya, pertunjukan drone, pertunjukan air mancur menari dan pertunjukan musik yang meriah,” kata Andhika Permata dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/11/2024).

    Selain itu, terdapat acara dari Jakarta Light Festival, Malam Muda Mudi, Festival Malam Tahun Baru, Gemilang Silang Monas, serta Kirana Jakarta. 

    Acara malam pergantian tahun akan dilaksakan serentak di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin, Bundaran HI, Monas, Kota Tua, dan Taman Lapangan Banteng.

    “Acara ini akan bersinergi langsung dengan Koordinator Forum Masyarakat Komite Ekonomi Kreatif Jakarta,” ucapnya.

    Pada acara Christmas Carol menampilkan pertunjukan musik khas Natal.

    Warga Jakarta bisa menikmati lantunan musik Natal yang khidmat sambil menikmati pemandangan indah destinasi wisata di Jakarta. 

    Sementara itu, acara malam Tahun Baru dirancang dengan sebaik mungkin dengan menyuguhkan hiburan kelas dunia.

    Suasana kerumunan warga yang ingin merayakan Malam Tahun Baru 2024 di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (31/12/2023) malam. (Tribunnews.com/Ashri Fadilla)

    “Sebagai kota global, Jakarta siap menyuguhkan pertunjukan kelas dunia yang tidak hanya memukau, tetapi juga meninggalkan kesan mendalam bagi setiap warga yang hadir,” ujar dia.

    “Jakarta berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman yang luar biasa melalui berbagai acara spektakuler yang dirancang dengan penuh kreativitas,” tegasnya.

    Disparekraf DKI Jakarta berharap rangkaian acara ini dapat mempererat rasa kebersamaan di antara warga, memberikan ruang bagi kreativitas, serta mendukung sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di ibu kota.

    Andhika optimistis acara Christmas Carol dan malam Tahun Baru akan menjadi perayaan yang berkesan dan dinantikan oleh seluruh masyarakat Jakarta.

    (TribunJakarta)

    Akses TribunJakarta.com di Google News atau WhatsApp Channel https://whatsapp.com/channel/0029VaS7FULG8l5BWvKXDa0f.

    Pastikan Tribunners sudah install aplikasi WhatsApp ya

  • Ada Rekayasa Lalin Sekitar Senayan Saat Debat ke-3 Pilgub Jakarta 2024

    Ada Rekayasa Lalin Sekitar Senayan Saat Debat ke-3 Pilgub Jakarta 2024

    Jakarta

    KPU DKI Jakarta menggelar debat ketiga pasangan cagub-cawagub Jakarta hari ini. Tema debat terakhir ini adalah lingkungan perkotaan dan perubahan iklim.

    Adapun sub tema dari debat ketiga yaitu penanganan banjir, penataan pemukiman, penurunan emisi dan polusi udara serta transisi energi terbarukan, pengelolaan sampah, ketersediaan air bersih, kota layak huni dan penataan ruang terbuka hijau.

    Debat ketiga ini digelar di Hotel Sultan, Jakarta Pusat. Ketua KPU DKI Wahyu Dinata mengatakan lokasi tersebut dipilih berdasarkan ketersediaan. Dia menyebut tak ada alasan khusus terkait pemilihan lokasi debat.

    “Di Hotel Sultan,” kata Ketua KPU DKI Wahyu Dinata kepada wartawan, Minggu (10/11).

    Dishub DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di Hotel Sultan, Senayan. Rekayasa lalin dilakukan di dua pintu masuk kawasan Senayan mulai pukul 15.00 WIB.

    Berikut rekayasa lalinnya:

    – Arus lalu lintas daru arah barat (Slipi) menuju pintu 5 dapat melalui Jalan Gatot Subroto-Flyover Ladokgi-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Asia Afrika-Jalan Pintu 1 Senayan dan seterusnya

    – Arus lalu lintas dari arah Timur (Pancoran) menuju Pintu 5 dapat melalui Jalan Gatot Subroto-Simpang Susun Semanggi-Jalan Jenderal Sudirman-putar arah di Bundaran Senayan-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Pintu 1 Senayan dan seterusnya

    – Arus lalu lintas dari arah Utara (Bundaran HI) menuju pintu 5 dapat melalui Jalan Jenderal Sudirman-putar arah di Bundaran Senayan-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan pintu 1 Senayan dan seterusnya.

    2. Rute alternatif menuju akses pintu 7 Senayan

    – Arus lalu lintas dari arah Barat (Slipi) menuju pintu 7 dapat melalui Jalan Gatot Subroto-Flyover Ladokgi-Jalan Gerbang Pemuda, Jalan Asia Afrika-Jalan pintu 1 Senayan-Jalan Jenderal Sudirman dan seterusnya

    – Arus lalu lintas dari arah Timur (Pancoran) menuju Pintu 7 dapat melalui Jalan Gatot Subroto-Simpang Susun Semanggi-Jalan Jenderal Sudirman-putar arah di Bundaran Senayan-Jalan Jenderal Sudirman dan seterusnya

    – Arus lalu lintas dari arah Selatan (Jalan Sisingamangaraja) menuju pintu 7 dapat melalui jalan Sisingamangaraja-Bundaran Senayan-Jalan Jenderal Sudirman dan seterusnya

    – Arus lalu lintas dari arah Utara (Bundaran HI) menuju pintu 7 dapat melalui Jalan Jenderal Sudirman-putar arah di Bundaran Senayan-Jalan Jenderal Sudirman dan seterusnya.

    (idn/gbr)

  • Ini rute khusus ke lokasi debat ketiga Pilkada Jakarta 2024 besok

    Ini rute khusus ke lokasi debat ketiga Pilkada Jakarta 2024 besok

    Jakarta (ANTARA) – Dinas Perhubungan DKI Jakarta telah menyiapkan rute khusus menuju lokasi debat ketiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jakarta 2024 pada Minggu (17/11).

    Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo saat dikonfirmasi di Jakarta, Sabtu, menjelaskan, terdapat dua akses masuk menuju lokasi debat, yaitu pintu 5 untuk akses masuk VVIP/VIP dan pintu 7 untuk akses masuk para pendukung pasangan calon (paslon).

    Rute alternatif menuju akses pintu 5 dapat melalui beberapa jalan berikut:

    1. Arus lalu lintas dari arah barat (Slipi) menuju Pintu 5 dapat melalui Jalan Gatot Subroto-Flyover Ladokgi-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Asia Afrika-Jalan Pintu 1 Senayan dan seterusnya

    2. Arus lalu lintas dari arah timur (Pancoran) menuju Pintu 5 dapat melalui Jalan Gatot Subroto-Simpang Susun Semanggi-Jalan Jenderal Sudirman-putar arah di Bundaran Senayan-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Pintu 1 Senayan dan seterusnya

    3. Arus lalu lintas dari arah selatan (Jalan Sisingamangaraja) menuju Pintu 5 dapat melalui Jalan Sisingamangaraja-Bundaran Senayan-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Pintu 1 Senayan dan seterusnya

    4. Arus lalu lintas dari arah utara (Bundaran HI) menuju Pintu 5 dapat melalui Jalan Jenderal Sudirman-putar arah di Bundaran Senayan-Jalan Jenderal Sudirman-Jalan Pintu 1 Senayan dan seterusnya.

    Selanjutnya, untuk rute alternatif menuju akses Pintu 7 dapat melalui beberapa jalan berikut:

    1. Arus lalu lintas dari arah barat (Slipi) menuju Pintu 7 dapat melalui Jalan Gatot Subroto-Flyover Ladokgi-Jalan Gerbang Pemuda-Jalan Asia Afrika-Jalan Pintu 1 Senayan-Jalan Jenderal Sudirman dan seterusnya

    2. Arus lalu lintas dari arah timur (Pancoran) menuju Pintu 7 dapat melalui Jalan Gatot Subroto-Simpang Susun Semanggi-Jalan Jenderal Sudirman-putar arah di Bundaran Senayan-Jalan Jenderal Sudirman dan seterusnya

    3. Arus lalu lintas dari arah selatan (Jalan Sisingamangaraja) menuju Pintu 7 dapat melalui Jalan Sisingamangaraja-Bundaran Senayan-Jalan Jenderal Sudirman dan seterusnya

    Syafrin mengimbau masyarakat untuk menghindari jalan tersebut agar tidak menimbulkan kemacetan dan selalu mematuhi petunjuk.

    “Diimbau kepada para pengguna jalan agar menghindari ruas jalan tersebut dan dapat menyesuaikan pengaturan lalu lintas yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan petunjuk petugas di lapangan serta mengutamakan keselamatan berlalu lintas di jalan,” ujar Syafrin.

    Debat ketiga Pilkada 2024 DKI Jakarta dijadwalkan digelar pada 17 November 2024 pukul 19.00 WIB di Golden Ballroom-The Sultan Hotel&Residence Jakarta. KPU DKI Jakarta mengusung tema “Lingkungan Perkotaan dan Perubahan Iklim” pada debat ketiga.

    Ada 6 sub tema pada debat ketiga, yaitu penanganan banjir, penataan pemukiman, penurunan emisi dan polusi udara serta transisi energi terbarukan. Lalu pengelolaan sampah, ketersediaan air bersih, kota layak huni dan penataan ruang terbuka hijau.

    Debat tersebut akan diikuti oleh ketiga paslon gubernur dan wakil gubernur Jakarta 2024, yaitu paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono (RIDO), paslon nomor urut 2 Dharma Pongrekun-Kun Wardana (Dharma-Kun) dan paslon nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno (Pram-Doel).

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • Petugas Transjakarta tampil beda di Hari Pahlawan

    Petugas Transjakarta tampil beda di Hari Pahlawan

    Petugas lapangan Transjakarta atau yang biasa disebut pramusapa menggunakan baju berkonsep pahlawan dalam menyemarakkan Hari Pahlawan pada 10 November 2024.

    Petugas Transjakarta tampil beda di Hari Pahlawan
    Dalam Negeri   
    Novelia Tri Ananda   
    Minggu, 10 November 2024 – 16:25 WIB

    Elshinta.com – Petugas lapangan Transjakarta atau yang biasa disebut pramusapa menggunakan baju berkonsep pahlawan dalam menyemarakkan Hari Pahlawan pada 10 November 2024.

    “Penggunaan seragam yang berbeda, spesial di Hari Pahlawan merupakan simbol perjuangan Transjakarta,” kata Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta, Ayu Wardhani dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

    ​​​​​​Hal itu juga untuk mengajak masyarakat makin banyak beralih ke transportasi publik serta memastikan semua pelanggan bisa terlayani dengan baik. Ayu juga menambahkan tujuan dari penggunaan seragam pahlawan ini untuk menandai peringatan Hari Pahlawan sekaligus memaknainya sebagai perjuangan berkelanjutan.

    Ayu menjelaskan pramusapa dengan baju bertema pahlawan dapat ditemui di 32 halte Transjakarta antara lain adalah Halte Monumen Nasional, Halte Bundaran HI Astra, Halte Senayan Bank DKI, Halte Tosari dan Halte MH Thamrin. Selain itu Halte Bundaran Senayan, Halte CSW, Halte Pulogadung, Halte Balaikota, Halte Kalideres, Halte Damai serta Halte Galunggung.

    Kemudian Halte Kp Melayu, Halte Senen Sentral, Halte Ragunan, Halte Rasuna Said, Halte Kuningan, Halte Cawang Sentral, Halte Kp. Rambutan, Halte Lebak Bulus, Halte Kebayoran Lama, Halte Pinang Ranti, Halte Cikoko dan Halte Simpang Kuningan. Lalu Halte Petamburan, Halte Tegal Mampang, Halte Puri Beta 2, Halte Petukangan, Halte Sunter Kelapa Gading, Halte JIS serta Bus Stop IRTI Monas.

    Dengan tema “Teladani Pahlawanmu, Cintai Negeri mu”, Ayu menjelaskan dimaknai bahwa Transjakarta mengambil peran pejuang transportasi publik dalam memajukan transportasi di Jakarta sekaligus meneladani semangat pahlawan dengan memberikan layanan terbaik.

    Layanan Transjakarta hadir dan membawa semangat “Hero Serves Hero” yang artinya pahlawan melayani pahlawan.

    “Pahlawan yang pertama adalah karyawan Transjakarta seperti pramusapa. Mereka melayani pelanggan yang sudah meninggalkan kendaraan pribadi dan mulai beralih ke transportasi publik,” katanya.

    Kemudian pahlawan selanjutnya adalah pelanggan, yang berjuang untuk keluarganya dan menggunakan transportasi publik, untuk berkontribusi menghadirkan udara Jakarta yang lebih bersih.

    Sumber : Antara

  • Jumat pagi lima wilayah DKI Jakarta diprediksi cerah berawan

    Jumat pagi lima wilayah DKI Jakarta diprediksi cerah berawan

    Ilustrasi – Warga berjalan di tengah cuaca terik di kawasan Bundaran HI, Jakarta. ANTARA FOTO/Fauzan/aww/am

    Jumat pagi lima wilayah DKI Jakarta diprediksi cerah berawan
    Dalam Negeri   
    Novelia Tri Ananda   
    Jumat, 08 November 2024 – 07:51 WIB

    Elshinta.com –  Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan lima wilayah DKI Jakarta akan cerah berawan pada Jumat pagi.

    Melalui unggahan pada akun resmi Instagram-nya, BMKG menyebutkan lima wilayah Jakarta akan cerah berawan pukul 07.00 WIB dengan suhu 26 derajat Celcius. Sementara pada waktu yang sama Kepulauan Seribu dipresiksi berawan dengan suhu 27 derajat Celcius.

    Pukul 10.00 WIB, Jakarta Timur mulai berawan dengan suhu 31 derajat Celcius sedangkan wilayah lainnya cerah berawan dengan suhu rata-rata 28 hingga 31 derajat Celcius.

    Memasuki siang hari pukul 13.00 WIB, Kepulauan Seribu, Jakarta Pusat, dan Jakarta Barat akan berawan dengan suhu rata-rata 28 hingga 32 derajat Celcius. Pada waktu tersebut, Jakarta Timur, Jakarta Selatan dan Jakarta Utara akan diselimuti awan tebal dengan suhu 31 hingga 33 derajat Celcius.

    Memasuki sore hari pukul 16.00 WIB, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan diprediksi akan diguyur hujan ringan dengan suhu 31 derajat Celcius. Wilayah Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu akan kembali cerah berawan dengan suhu rata-rata 29 hingga 31 derajat Celcius. Di Jakarta Timur diprakirakan masih berawan tebal dengan suhu 31 derajat Celcius.

    Lalu pada malam hari pukul 19.00 WIB, wilayah Kepulauan Seribu, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat mulai cerah dengan suhu 28 sampai 30 derajat Celcius. Jakarta Barat dan Jakarta Selatan diprediksi berawan dengan suhu 27 sampai 28 derajat Celcius. Sementara Jakarta Timur akan cerah berawan dengan suhu 27 derajat Celcius.

    Pukul 22.00 WIB, Jakarta Barat dan Jakarta Selatan akan berawan dengan suhu 26 hingga 27 derajat Celcius dan wilayah lainnya akan cerah dengan suhu 26 hingga 29 derajat Celcius.

    Sumber : Antara

  • Lima wilayah DKI Jakarta diprediksi cerah berawan pada Jumat pagi

    Lima wilayah DKI Jakarta diprediksi cerah berawan pada Jumat pagi

    Jumat, 8 November 2024 05:57 WIB

    Ilustrasi – Warga berjalan di tengah cuaca terik di kawasan Bundaran HI, Jakarta. ANTARA FOTO/Fauzan/aww/am

    BMKG menyebutkan lima wilayah Jakarta akan cerah berawan pukul 07.00 WIB dengan suhu 26 derajat Celcius.

    Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
    Editor: Budisantoso Budiman
    Copyright © ANTARA 2024

  • Menjadikan transportasi publik pilihan utama warga Jakarta

    Menjadikan transportasi publik pilihan utama warga Jakarta

    Jembatan penghubung untuk mengintegrasikan transportasi publik di Jakarta. ANTARA/HO-LRT

    Menjadikan transportasi publik pilihan utama warga Jakarta
    Dalam Negeri   
    Calista Aziza   
    Rabu, 06 November 2024 – 14:14 WIB

    Elshinta.com – Tepat memasuki waktu istirahat pukul 12.00 WIB di proyek MRT fase 2A segmen 1 (Bundaran HI-Monas), Jakarta Pusat, terlihat sejumlah pekerja bermunculan dari balik partisi terbuat dari seng. Mereka, masih memakai helm dan rompi keselamatan, berjalan kaki menuju Jalan Sabang.

    Para pekerja itu bergegas menuju kedai-kedai makan yang ada di sana untuk mengisi perut dan beristirahat sejenak sebelum kembali bekerja di proyek MRT yang ditargetkan rampung pada Maret 2025.

    Proyek MRT kelanjutan Lebak Bulus-Bundaran HI yang dibiayai Japan International Corporation Agency (JICA) ini nantinya akan berlanjut hingga Kota (Jakarta Barat) ini diharapkan dapat mendorong masyarakat beralih menggunakan transportasi publik.

    Pembangunan fase 2A Bundaran HI-Kota membutuhkan biaya Rp25,3 triliun. Harapannya, dengan biaya sebesar ini bisa membuat warga Jakarta beralih menggunakan transportasi publik. Tujuan akhirnya pemborosan BBM dan polusi udara akibat kemacetan bisa ditekan.

    Memindahkan warga Jakarta menggunakan transportasi publik bukan perkara mudah. Saat ini hampir setiap titik di DKI Jakarta terlayani transportasi publik mulai dari bus TransJakarta, LRT bahkan MRT, tetapi di sisi lain jalan-jalan arteri masih tetap dipadati kendaraan.

    Saban pagi dan sore kemacetan masih menghiasi jalan-jalan di Jakarta. Meski transportasi publik saat ini jauh lebih nyaman dan banyak pilihan, tetap saja tidak mampu mengurangi kendaraan yang beredar. Tentunya ini menjadi pekerjaan rumah ke depan.

    Pemprov DKI Jakarta terus berupaya untuk menekan kendaraan yang beredar di antaranya dengan meninggikan tarif parkir, menerapkan jalan berbayar, kebijakan nomor polisi ganjil dan genap, serta beberapa lagi lainnya. Beberapa dari kebijakan sudah ada yang direalisasikan, tetapi ada juga yang belum dijalankan hingga kini.

    Banyak pertimbangan dalam menggulirkan suatu kebijakan. Salah satunya mengedepankan prinsip keadilan. Peraturan dibuat jangan sampai memberatkan masyarakat berpenghasilan rendah. Dengan demikian, strategi pembatasan kendaraan memang harus dipertimbangkan baik dan buruknya.

    Bahan bakar

    Pembatasan kendaraan dengan parkir dan jalan berbayar tentunya bakal memberatkan masyarakat berpendapatan rendah. Seperti diketahui beberapa pengguna kendaraan di Jakarta baik roda dua maupun roda empat merupakan pengemudi taksi/ojek daring.

    Oleh karena itu, perlu dicarikan solusi yang dapat diterima semua pihak. Pemprov DKI Jakarta sendiri masih menerapkan kebijakan nomor polisi ganjil dan genap saat jam sibuk. Namun belum efektif, bahkan malah membuat warga memiliki kendaraan lebih dari satu.

    Cara lain yang efektif untuk membatasi kendaraan yang beredar adalah memastikan penyaluran bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tepat sasaran.

    Penasihat Khusus Presiden Bidang Ekonomi, Bambang PS Brodjonegoro, menyebut cara yang efektif untuk menekan kendaraan yang beredar di DKI Jakarta adalah mencari solusi subsidi BBM yang tepat sasaran.

    Salah satu penyebab masih banyak kendaraan yang beredar karena adanya alternatif BBM murah di SPBU sehingga itu yang paling banyak dipakai masyarakat.

    Pada 2024, Pemerintah menetapkan subsidi energi Rp186,9 triliun terdiri atas Rp 113,3 triliun untuk bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji, serta Rp73,6 triliun untuk subsidi listrik.

    Dengan demikian, penting untuk dicarikan mekanisme yang jitu agar subsidi BBM itu tepat sasaran. Dalam artian hanya kelompok masyarakat tertentu yang berhak untuk mendapatkannya.

    Soal data penerima subsidi agar tepat sasaran Bambang membagikan kiat, di antaranya dengan melihat dari data penerima subsidi listrik dan dari kepesertaan BPJS Kesehatan.
     
    Libatkan banyak pihak

    Untuk mengubah perilaku masyarakat yang sudah terbiasa menggunakan kendaraan pribadi ke tempat kerja memang membutuhkan tantangan. Selain politik, pendekatan sosial juga diperlukan.

    Kebijakan politik meliputi pengembangan transportasi umum, pembangunan jalur khusus bagi pejalan kaki dan pengguna sepeda, hingga kebijakan perparkiran khususnya di rumah tinggal.

    Di bidang sosial, antara lain, dengan mengakomodasi usulan masyarakat terkait angkutan publik, edukasi kepada masyarakat manfaat transportasi umum, melibatkan perusahaan terkait aspek lingkungan, dan subsidi angkutan umum untuk kelompok tertentu.

    Faktor lain adalah keberadaan kendaraan roda dua yang populasinya masih begitu besar. Untuk memindahkan pengguna roda dua ke transportasi publik juga penuh tantangan karena dari sisi biaya jauh lebih murah.

    Harus ada edukasi terhadap pengguna roda dua mengenai manfaat menggunakan transportasi publik. Selain kenyamanan, aspek ekonomi harus menjadi argumen penting untuk mengubah perilaku.

    Argumen tersebut bisa diperlihatkan dengan menunjuk kasus kecelakaan yang sering terjadi, hubungan polusi dengan kesehatan, pentingnya berjalan kaki bagi kesehatan.

    Meski tak bisa dimungkiri beberapa profesi memang masih menggantungkan mobilitasnya dengan kendaraan roda dua. Bahkan tanpa menggunakan transportasi tersebut biaya yang dikeluarkan jauh lebih besar.

    Solusinya harus pendekatan terhadap pemilik perusahaan yang ada di Jakarta untuk mewajibkan karyawannya menggunakan transportasi publik. Sebagai konsekuensi, apabila ada penugasan di luar kebiasaan, harus menyiapkan biaya transportasi.

    Di sisi lain, Pemprov DKI Jakarta berkewajiban mengubah seluruh transportasi publik menjadi energi berbasis lingkungan sehingga masyarakat bisa memahami mereka beralih ke transportasi publik karena memang untuk memperbaiki kualitas udara.

    Untuk mewujudkan hal itu tentu bukan perkara muda mengingat sumber daya energi listrik sejauh ini masih bersumber dari batu bara (PLTU). Meski alat transportasinya sudah ramah lingkungan, di hulunya masih pakai batu bara yang tidak ramah lingkungan.

    Solusi untuk mengatasi transportasi yang benar-benar ramah lingkungan, Pemprov DKI Jakarta harus sudah mulai menerapkan bauran energi yakni energi fosil dengan energi baru dan terbarukan.

    Tentunya tidak bisa mengandalkan semata-mata dari energi surya dan angin. Sementara ini penting dilakukan bauran energi yang lebih ramah dan berkelanjutan, seperti energi panas bumi, hidrogen, dan energi berbasis tumbuhan.

    Sumber : Antara

  • Kontraktor pasang sensor cegah rumah warga rusak saat bangun MRT CP203

    Kontraktor pasang sensor cegah rumah warga rusak saat bangun MRT CP203

    Bor terowongan (tunnel boring machine) pembangunan jalur MRT Jakarta fase 2A CP 203 di terowongan bawah tanah Stasiun Kota, Jakarta, Kamis (11/7/2024). ANTARA/Khaerul Izan

    Kontraktor pasang sensor cegah rumah warga rusak saat bangun MRT CP203
    Dalam Negeri   
    Calista Aziza   
    Selasa, 05 November 2024 – 15:40 WIB

    Elshinta.com – Perusahaan konsultan teknik CECI Engineering Consultants memasang sensor untuk mencegah rumah warga rusak selama pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP203 rute Bundaran HI – Kota sebagai upaya menjaga keamanan.

    “Kami pasang sensor pada titik-titik peninjauan untuk memastikan keamanan saat konstruksi berlangsung,” kata Teknisi Geoteknik Departemen Teknik Rapid Transit CECI Raymond Utama saat dihubungi di Jakarta, Selasa. 

    Raymond mengatakan dalam perencanaan pembangunan MRT Jakarta, CECI terlebih dahulu menghitung pergerakan bangunan-bangunan sekitar yang dilakukan konstruksi. 

    Diharapkan dengan adanya antisipasi ini mampu meminimalkan terjadinya risiko kerusakan pada bangunan seperti rumah warga yang ada di sekitar. 

    “Lewat perencanaan ini,  kita bisa meminimalkan risiko kerusakan pada bangunan sekitar,” ujarnya. 

    Terkait tantangan dalam pembangunan, dia mengatakan pada  fase 2A CP203 tidak jauh berbeda dengan fase 1. 

    Adapun tantangan yang dihadapi yakni pembangunan berdekatan dengan bangunan bersejarah dan rumah warga. 

    “Tantangan di paket Fase CP203 adalah beberapa heritage building dan rumah-rumah warga yang berdekatan dengan konstruksi stasiun,” ujarnya. 

    Dengan demikian, CECI sebagai konsultan teknik sudah dipertimbangkan secara matang dari perencanaan hingga konstruksi pembangunan MRT Fase 2A CP203. Dipastikan keamanan warga terjaga. 

    Proyek pembangunan MRT fase 2A Bundaran Hotel Indonesia (HI) ke Kota dengan panjang 5,6 kilometer telah mencapai 37,55 persen sampai dengan Juli 2024. 

    Ada tiga paket pekerjaan yang sudah berjalan, yaitu paket kontrak CP 201, CP 202, dan CP 203. 

    Pada CP 203 yaitu penggalian terowongan antara Stasiun Glodok ke Stasiun Kota dengan panjang 244,5 meter di kedalaman 23,75 meter. 

    Proyek pembangunan MRT CP 203 kini sudah di angka 57,89 persen dan selanjutnya akan dimulai kembali pengeboran terowongan dari arah sebaliknya. 

    Proyek pembangunan moda transportasi massal tersebut akan dioperasikan pada 2027 akhir untuk Fase 2A. 

    Lalu, Proyek MRT Fase 2A terbagi dua segmen, yaitu segmen satu Bundaran HI—Harmoni yang ditargetkan selesai pada 2027 dan segmen dua Harmoni—Kota yang ditargetkan selesai pada 2029. 

    Fase 2A MRT Jakarta dibangun dengan biaya sekitar Rp22,5 triliun melalui dana pinjaman kerja sama antara Pemerintah Indonesia dan Jepang.

    Sumber : Antara

  • Program Dharma Pongrekun Bangun "Underpass" dalam 7 Hari, MTI: Macet Tak Selesai Hanya dengan Membangun
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        2 November 2024

    Program Dharma Pongrekun Bangun "Underpass" dalam 7 Hari, MTI: Macet Tak Selesai Hanya dengan Membangun Megapolitan 2 November 2024

    Program Dharma Pongrekun Bangun “Underpass” dalam 7 Hari, MTI: Macet Tak Selesai Hanya dengan Membangun
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menegaskan, mengatasi kemacetan Jakarta tidak bisa hanya dengan membangun infrastruktur semata.
    Komentar di atas untuk menanggapi rencana calon gubernur Jakarta nomor urut 2 Dharma Pongrekun dalam mengatasi macet di Jakarta. Salah satu idenya adalah membangun jalan layang (
    overpass
    ) dan jalan bawah tanah (
    underpass
    ) hanya dalam tujuh hari.
    “Kemacetan di Jakarta tidak bisa diselesaikan hanya dengan membangun jaringan jalan. Berpuluh-puluh
    flyover
    sudah dibangun, tapi tetap saja macet, karena akar masalahnya bukan di situ,” ujar Djoko Setijowarno, Wakil Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah MTI Pusat, saat dihubungi Kompas.com, Jumat (1/10/2024).
    Djoko menekankan, untuk mengatasi kemacetan, fokus utama harus pada penyediaan transportasi umum yang memadai.
    “Akar masalahnya adalah bagaimana caranya agar masyarakat, terutama di Jakarta, mau menggunakan angkutan umum setiap hari. Yang penting adalah mayoritas warga yang ingin bekerja di Jakarta bersedia beralih ke angkutan umum,” tuturnya.
    Menurut Djoko, perlu ada kebijakan pembatasan penggunaan kendaraan pribadi, dan masyarakat harus didorong untuk beralih ke transportasi umum.
    “Jadi, kuncinya adalah bagaimana membatasi kendaraan pribadi di jalan raya,” tambahnya.
    Terkait pembangunan
    overpass
    dan
    underpass
    selama 7 hari, Djoko mengatakan bisa saja dilakukan.
    “Membangun dalam tujuh hari, bisa saja. Teknologi seperti itu sudah diterapkan di China, yang penting materialnya siap. Jadi, sangat mungkin. Tapi masalahnya di Indonesia adalah kapan materialnya siap?” ujar Djoko.
    Djoko menjelaskan bahwa proses pembangunan sebenarnya bukan soal waktu pengerjaan, melainkan kesiapan material dan proses lain yang panjang hingga
    overpass
    atau
    underpass
    bisa digunakan.
    “Kalau membangun saja cepat, tujuh hari jadi, saya yakin bisa. Tapi sebelum itu, harus ada uji kelayakan. Prosesnya panjang, tidak hanya sekadar membangun,” ungkapnya.
    Sebelumnya, Dharma menyampaikan janji kampanyenya untuk membangun
    overpass
    dan
    underpass
    hanya dalam tujuh hari jika terpilih sebagai gubernur Jakarta.
    “Ada lima teknologi, nanti saya akan buka teknologinya. Ini semacam konstruksi
    knock down
    . Jadi, disiapkan dulu di luar, lalu tinggal pasang dalam tujuh hari, tep, tep, tep,” kata Dharma di Kuningan Barat, Jakarta Selatan, Kamis (31/10/2024).
    Dharma yakin, dengan pembangunan
    overpass
    dan
    underpass
    dalam waktu singkat, penumpukan kendaraan akibat proyek pembangunan tidak akan berlangsung lama.
    Ia juga meyakini bahwa
    overpass
    dan
    underpass
    akan mampu menekan angka kemacetan di Jakarta.
    “Jangan sampai ada penumpukan akibat lampu merah, biarkan kendaraan mengalir seperti air. Jangan sampai kendaraan yang ingin menyilang harus menunggu lampu merah,” tuturnya.
    Selain itu, Dharma berjanji akan memperbanyak roundabout atau bundaran untuk mengurangi kemacetan di Jakarta.
    “Kita perbanyak roundabout seperti Bundaran HI, supaya kendaraan bisa terus mengalir, meskipun pelan. Sehingga, pengendara bisa menikmati perjalanan mereka,” pungkasnya.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.