Tempat Fasum: Borobudur

  • Soal Merger Pelni dengan ASDP dan Pelindo: Jadi Holding Integrasi Maritim  – Halaman all

    Soal Merger Pelni dengan ASDP dan Pelindo: Jadi Holding Integrasi Maritim  – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Holding Integrasi Maritim akan menjadi nama baru perusahaan holding hasil merger atau penggabungan tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di sektor transportasi laut, yakni PT Pelni, PT ASDP dan PT Pelindo.

    Direktur Utama PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) Tri Andayani mengatakan, peluncuran nama Holding Integrasi Maritim telah dilakukan beberapa hari yang lalu. Dia menegaskan bahwa saat ini masih berproses dan masuk dalam tahap kajian awal.

    “Jadi holding (nanti) namanya Integrasi Maritim, kurang lebih 2-3 hari yang lalu kita sudah kick off antara Pelindo, Pelni dan ASDP.”

    “Nah ini lagi masih berproses, berproses ini baru kajian awal ya,” kata Tri Andayani usai menghadiri acara Konferensi Pers Angkutan Lebaran 2025 PT Pelni di Hotel Borobudur, Jumat (7/3/2025).

    Andayani menegaskan, rencana merger tiga BUMN transportasi itu saat ini masih dalam tahap kajian. Sehingga belum ada penentuan siapa yang akan menjadi induk dari tiga BUMN tersebut.

    “Belum, belum ada. Ini lagi kajian, kemarin lagi membentuk tim bersama, tapi sudah mulai. Ada tim BOD gitu,” papar dia.

    “Tapi yang jelas kami dari Pelni mendukung bahwa upaya dari integrasi maritim ini tentu akan semangatnya akan memberikan manfaat yang lebih banyak untuk masyarakat ya, baik dari sisi pelayanan maupun sisi keekonomisan,” imbuhnya menegaskan.

    Sebelumnya diberitakan, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) masih dalam proses menggabungkan alias merger BUMN-BUMN transportasi laut, yakni PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo), PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni), dan PT ASDP Indonesia Ferry. 

    Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan, saat ini proses holdingisasi BUMN transportasi laut ini masih dalam tahap kajian. Tahapan ini ditargetkan akan rampung pada kuartal I 2025.

    “Masih dikaji. Mungkin Kuartal I lah (selesai kajiannya). Kajian hukum sama kajian komersial,” ujar Tiko saat ditemui di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Minggu (30/12/2024).

    Kendati demikian, Tiko mengaku belum dapat memastikan dalam holding transportasi laut ini PT Pelindo akan menjadi induk holding, serta Pelni dan ASDP menjadi anggota holding seperti rencana awal. Sebab, hal ini masih dikaji.

    “Mesti dikaji dulu, secara hukum dulu terutama,” jawab Tiko saat ditanya terkait Pelindo jadi induk holding. 

     

  • Pelni Siapkan Mudik Gratis Rute Sampit-Semarang di Periode Lebaran 2025, Simak Syaratnya – Halaman all

    Pelni Siapkan Mudik Gratis Rute Sampit-Semarang di Periode Lebaran 2025, Simak Syaratnya – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) menggelar program mudik gratis pada angkutan Lebaran 2025. Total kuota 500 pax dengan rute Sampit-Semarang.

    Direktur Utama Pelni Tri Andayani mengatakan, sejatinya Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menugaskan Pelni sebanyak 9.900 tiket mudik gratis. Namun khusus untuk Pelni hanya mengangkut 500 pax penumpang.

    Sedangkan BUMN lain seperti PT PLN 1.300 pax, PT Pegadaian sebanyak 200 pax, PT Angkasa Pura Airports sebanyak 400 pax, Persero Batam sebanyak 200 pax dan Telkomsel sebanyak 600 pax. Sehingga kuota mudik gratis menggunakan kapal Pelni sebanyak 3.200 pax.

    “Yang Pelni sendiri 500 pax, kemudian dari teman-teman BUMN yang lain 2.700 pax, kemudian yang anggaran dari Kementerian Perhubungan, itu sebenarnya lebih dari 9.900 tiket, namun yang ditugaskan ke kami itu hanya 9.900,” kata Tri Andayani dalam Konferensi Pers Angkutan Lebaran 2025 PT Pelni di Hotel Borobudur, Jumat (7/3/2025).

    Pelni menyediakan kapal KM Leuser dengan rute Sampit – Semarang yang akan berangkat pada 24 Maret 2025 dengan alokasi tiket gratis sebanyak 500 penumpang. Pendaftaran untuk mendapatkan tiket gratis ini telah resmi dibuka sejak 4 Maret dan akan berlangsung hingga 19 Maret 2025.

    Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy menyampaikan bahwa program mudik gratis ini adalah bentuk nyata dari komitmen Pelni untuk hadir bagi masyarakat di momen-momen berharga. 

    “Lebaran kali ini kami meluncurkan program mudik gratis bersama KM Leuser dengan alokasi sebanyak 500 tiket gratis. Tujuan kami adalah membantu masyarakat menjalankan tradisi silaturahmi tanpa harus khawatir dengan biaya perjalanan,” ucap Dessy.

    “Kami berharap 500 penumpang yang bergabung dapat merasakan kenyamanan dan kehangatan dalam perjalanan ini. Kami juga mengajak masyarakat yang memenuhi syarat untuk segera mendaftar sebelum kuota habis,” sambungnya.

    Pelni juga mengajak masyarakat untuk segera memanfaatkan kesempatan ini dengan segera mendaftar ke loket Pelni Cabang Sampit sebelum kuota habis, mengingat antusiasme yang selalu tinggi pada setiap kegiatan mudik gratis sebelumnya.

    “Seluruh kru kapal dan petugas di lapangan juga telah kami persiapkan secara maksimal untuk memberikan pelayanan terbaik demi kenyamanan dan keamanan selama perjalanan,” papar Dessy.

    Adapun syarat dan ketentuannya sebagai berikut :

    1. Calon pemudik harus memiliki Kartu Identitas berisi NIK (KTP untuk dewasa dan Kartu Keluarga/KIA untuk calon penumpang dibawah 17 tahun)

    2. Calon pemudik harus memiliki akun pada aplikasi PELNI Mobile

    3. Pendaftaran dilakukan di Loket PELNI Cabang Sampit dengan membawa fotocopy kartu identitas dan bukti cetak telah memiliki akun di aplikasi PELNI Mobile

    4. Calon pemudik yang memenuhi syarat dan telah diverifikasi akan diundang ke dalam Grup Whatsapp

    5. Kode booking calon pemudik akan diinformasikan melalui Grup Whatsapp

    6. Setelah mendapatkan kode booking, calon pemudik wajib datang 5 jam sebelum waktu keberangkatan kapal

    7. Calon pemudik wajib taat dan patuh terhadap aturan yang berlaku

    8. Kuota tersedia 500 seat

  • Pelni Proyeksikan Bakal Layani 644.102 Penumpang Selama Periode Angkutan Lebaran 2025 – Halaman all

    Pelni Proyeksikan Bakal Layani 644.102 Penumpang Selama Periode Angkutan Lebaran 2025 – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) memproyeksikan akan melayani sebanyak 644.102 penumpang, selama angkutan Lebaran 2025.

    Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy mengatakan, proyeksi tersebut meningkat 0,4 persen dibandingkan tahun 2024 sebesar 641.013 penumpang.

    “Untuk proyeksi penumpang angkutan lebaran tahun 2025, ini kami proyeksikan di angka 644.102 orang,” kata Dessy dalam Konferensi Pers Angkutan Lebaran 2025 PT Pelni di Hotel Borobudur, Jumat (7/3/2025).

    Dessy menjelaskan bahwa Pelni membagi tiga titik sebaran penumpang mulai dari sisi Barat yakni sebanyak 31 persen atau setara 199.672 pax, wilayah Timur sebanyak 43 persen sebanyak 276.964 pax dan wilayah Timur sebanyak 26 persen atau sebanyak 167.467 pax.

    “Untuk mobilitas penumpang paling tinggi memang tidak barat ke Timur, tapi memang barat ke Barat, tengah ke Tengah, dan Timur ke Timur,” papar dia.

    Selain itu, proyeksi puncak arus mudik pada H-5 Lebaran atau 26 Maret akan menembus angka 26.820 orang. Sementara proyeksi untuk puncak arus balik ada di H-6, ada di tanggal 7 April 2025 yaitu di angka 30.443 orang.

    Di sisi lain, Dessy juga menyebut bahwa lima pelabuhan keberangkatan terpadat ada di Pelabuhan Makassar, Balikpapan, Ambon, Bau-bau, dan Batam. Adapun untuk proyeksi pelabuhan kedatangan terpadat ada di Surabaya, Makassar, Baubau, Ambon, dan Balikpapan.

    “Memang ini 3 pelabuhan ini, Pelabuhan Tengah, sementara Ambon Timur, dan Batam, pelabuhan wilayah Barat,” imbuhnya menegaskan.

    Sementara untuk ruas terpadat yakni di Belawan-Batam, kemudian Batam-Belawan, Kumai-Semarang, Makassar-Ambon, dan Balikpapan-Surabaya. 

    “Memang yang paling tertinggi kita proyeksikan ada di Belawan-Batam, ada di angka 21.373 orang,” ucap Dessy.

    “Dan ini memang tidak hanya angkutan lebaran saja, angkutan nataru pun juga ruas ini yang memang cukup tinggi pada saat menjelang peak season season,” sambungnya.

  • Pelni Kerahkan 55 Kapal Selama Angkutan Lebaran 2025  – Halaman all

    Pelni Kerahkan 55 Kapal Selama Angkutan Lebaran 2025  – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau Pelni (Persero) menyiapkan 55 kapal yang terdiri dari 25 kapal penumpang dan 30 kapal perintis, untuk Angkutan Lebaran 2025.

    Direktur Usaha Angkutan Penumpang Pelni Nuraini Dessy mengatakan, kapal penumpang menurun dari 26 di tahun 2024 menjadi 25 imbas insiden kebakaran KM Umsini.

    “Tahun lalu memang kami mengoperasikan di 26 kapal, namun KM Umsini sama-sama kita tahu bahwa Umsini mengalami insiden, dan 30 kapal perintis yang akan juga siap beroperasi,” kata Dessy dalam Konferensi Pers Angkutan Lebaran 2025 PT Pelni di Hotel Borobudur, Jumat (7/3/2025).

    Berdasarkan paparannya, dari 25 kapal penumpang terdiri sebanyak 48.323 seat atau kursi dan menyinggahi 74 pelabuhan di Indonesia. Sedangkan dari 30 kapal perintis memiliki 11.889 seat dan menyinggahi 230 pelabuhan.

    “Total seluruh kapasitas ada di 60.212 seat,” ujar Dessy.

    Di sisi lain, Dessy menyebut bahwa Pelni menyiapkan total tiket angkutan Lebaran 2025 sebanyak 781.723 tiket. Dari total tersebut sebanyak 30 persen tiket sudah terjual.

    “Tiket Pelni sudah terjual, saat ini memang sudah dibuka di H-30, dan untuk angkutan mudik ini sudah diangka 30 persen terjual, dan baliknya baru 7 persen,” papar Dessy.

    Adapun Pelni menetapkan periode angkutan Lebaran 2025 mulai 16 Maret 2025 hingga 16 April 2025. Puncak arus mudik diprediksi akan terjadi pada tanggal 26 Maret 2025, sedangkan puncak arus balik pada 7 April 2025.

    Sementara itu, Pelni menyiapkan langkah strategis selama angkutan Lebaran 2025 ini yakni memastikan bahwa seluruh kapal sudah melaksanakan docking, ramp check di seluruh kapal, baik kapal penumpang maupun kapal perintis

    “Ini dilakukan oleh regulator atau Kementerian Perhubungan di seluruh wilayah Indonesia, kemudian monitoring ketersediaan BBM, air tawar, serta perbekalan lainnya, serta workshop keselamatan kapal,” jelas Dessy.

    Kemudian menyesuaikan rute dan jadwal, untuk mengakomodir kantong-kantong penumpang yang cukup tinggi. Serta, melakukan kegiatan posko dan monitoring.

    “Ini juga kami lakukan di kantor pusat, kemudian di kementerian perhubungan, serta cabang-cabang PT Pelni seluruh wilayah Indonesia,” papar dia.

     

  • Merawat Asa Good Governance Walau Dirusak Perilaku Koruptif

    Merawat Asa Good Governance Walau Dirusak Perilaku Koruptif

    Jakarta

    Ketika ruang publik terus dibanjiri data dan fakta tentang semakin maraknya korupsi dalam beragam modus, cita-cita bersama untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih dan efektif (Good Governance) kini tampak bagaikan isapan jempol. Bahkan, reformasi birokrasi yang telah berjalan puluhan tahun pun terlihat gagal mereduksi perilaku koruptif banyak oknum pada sejumlah institusi negara dan institusi daerah.

    Banyak elemen masyarakat seperti sudah kehabisan kata atau ungkapan untuk mengekspresikan rasa marah dan kecewa bahkan rasa sakit, saat menyimak dan memahami informasi tentang kasus-kasus korupsi terbaru. Dan, saat mengenangkan kembali komitmen bangsa dan riwayat kerja memberantas korupsi yang sudah berlangsung hampir tiga dekade, nyata sekali yang tampak di permukaan itu nihil. Sebagian bahkan sudah pasrah dan enggan membahas perilaku koruptif di negara ini.

    Eliminasi korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) menjadi kehendak bersama dan dikukuhkan sebagai komitmen bangsa yang dicanangkan tahun 1998. Dikenal sebagai produk reformasi, yang salah satu turunannya adalah pembentukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan kewajiban melakukan reformasi birokrasi.

    Tujuan strategisnya adalah mewujudkan good governance itu. Artinya, lebih dari tiga dekade sudah kerja pemberantasan korupsi dan reformasi birokrasi dilaksanakan dengan konsisten. Masyarakat pun mencatat bahwa sudah begitu banyak koruptor ditangkap, diadili dan dipernjara, termasuk koruptor yang pernah menjabat menteri, gubernur atau bupati hingga level oknum pejabat dan pegawai rendahan pada kementerian dan lembaga (K/L) maupun institusi daerah.

    Tragis, karena semua catatan historis itu nyatanya tidak menumbuhkan efek jera. Alih-alih terjadi reduksi, perilaku koruptif banyak oknum pada K/L, termasuk institusi daerah, justru semakin berani, ganas, brutal dan tak jarang dilakukan dengan terang-terangan. Bahkan per skala, nilai korupsi pun terus menggelembung; dari puluhan atau ratusan miliar di tahun-tahun terdahulu, menjadi puluhan dan ratusan triliun per hari-hari ini.

    ADVERTISEMENT

    `;
    var mgScript = document.createElement(“script”);
    mgScript.innerHTML = `(function(w,q){w[q]=w[q]||[];w[q].push([“_mgc.load”])})(window,”_mgq”);`;
    adSlot.appendChild(mgScript);
    },
    function loadCreativeA() {
    var adSlot = document.getElementById(“ad-slot”);
    adSlot.innerHTML = “;

    console.log(“🔍 Checking googletag:”, typeof googletag !== “undefined” ? “✅ Defined” : “❌ Undefined”);

    if (typeof googletag !== “undefined” && googletag.apiReady) {
    console.log(“✅ Googletag ready. Displaying ad…”);
    googletag.cmd.push(function () {
    googletag.display(‘div-gpt-ad-1708418866690-0’);
    googletag.pubads().refresh();
    });
    } else {
    console.log(“⚠️ Googletag not loaded. Loading GPT script…”);
    var gptScript = document.createElement(“script”);
    gptScript.src = “https://securepubads.g.doubleclick.net/tag/js/gpt.js”;
    gptScript.async = true;
    gptScript.onload = function () {
    console.log(“✅ GPT script loaded!”);
    window.googletag = window.googletag || { cmd: [] };
    googletag.cmd.push(function () {
    googletag.defineSlot(‘/4905536/detik_desktop/news/static_detail’, [[400, 250], [1, 1], [300, 250]], ‘div-gpt-ad-1708418866690-0’).addService(googletag.pubads());
    googletag.enableServices();
    googletag.display(‘div-gpt-ad-1708418866690-0’);
    googletag.pubads().refresh();
    });
    };
    document.body.appendChild(gptScript);
    }
    }
    ];

    var currentAdIndex = 0;
    var refreshInterval = null;
    var visibilityStartTime = null;
    var viewTimeThreshold = 30000;

    function refreshAd() {
    var adSlot = document.getElementById(“ad-slot”);
    if (!adSlot) return;

    currentAdIndex = (currentAdIndex + 1) % ads.length;
    adSlot.innerHTML = “”; // Clear previous ad content
    ads[currentAdIndex](); // Load the appropriate ad

    console.log(“🔄 Ad refreshed:”, currentAdIndex === 0 ? “Creative B” : “Creative A”);
    }

    var observer = new IntersectionObserver(function(entries) {
    entries.forEach(function(entry) {
    if (entry.isIntersecting) {
    if (!visibilityStartTime) {
    visibilityStartTime = new Date().getTime();
    console.log(“👀 Iklan mulai terlihat, menunggu 30 detik…”);

    setTimeout(function () {
    if (visibilityStartTime && (new Date().getTime() – visibilityStartTime >= viewTimeThreshold)) {
    console.log(“✅ Iklan terlihat 30 detik! Memulai refresh…”);
    refreshAd();
    if (!refreshInterval) {
    refreshInterval = setInterval(refreshAd, 30000);
    }
    }
    }, viewTimeThreshold);
    }
    } else {
    console.log(“❌ Iklan keluar dari layar, reset timer.”);
    visibilityStartTime = null;
    if (refreshInterval) {
    clearInterval(refreshInterval);
    refreshInterval = null;
    }
    }
    });
    }, { threshold: 0.5 });

    document.addEventListener(“DOMContentLoaded”, function() {
    var adSlot = document.getElementById(“ad-slot”);
    if (adSlot) {
    ads[currentAdIndex](); // Load the first ad
    observer.observe(adSlot);
    }
    });

    Dalam beberapa pekan terakhir ini saja, ruang publik nyata-nyata dijejali informasi dan berita tentang korupsi mulai dari anggaran untuk program bantuan sosial (bansos). Dari total anggaran program bansos sebesar Rp 500 triliun, tak kurang dari separuhnya tidak tepat sasaran.

    Kemudian, korupsi di tubuh manajemen Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) merugikan negara Rp 11,7 triliun; korupsi di tubuh manajemen PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) menyebabkan negara rugi Rp. 893 miliar. Kerugian negara dari kasus korupsi Jiwasraya mencapai Rp 16,8 triliun.

    Dalam kasus korupsi tata niaga timah, negara rugi sampai Rp 300 triliun. Dan, ruang publik pun akhirnya harus menerima ledakan dahsyat yang disulut oleh informasi tentang kasus mega korupsi terbaru, yakni kasus mengoplos bensin yang mengakibatkan kerugian negara sampai Rp 968,5 triliun. Dari mega kasus ini, masyarakat sebagai konsumen pun jelas sangat dirugikan.

    Di masa lalu, kasus mega korupsi yang menyita perhatian masyarakat dalam rentang waktu yang sangat lama adalah kebijakan Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) yang diberikan Bank Indonesia kepada puluhan bank karena mengalami masalah likuiditas ketika terjadi krisis moneter 1998. BI menyalurkan BLBI sampai Rp 147,7 triliun dan diterima 48 bank.

    Hasil audit BPK terhadap pemanfaatan dana BLBI oleh 48 bank itu mengindikasikan terjadinya penyimpangan sebesar Rp 138 triliun. Selain kasus BLBI, kasus lainnya adalah korupsi pembiayaan proyek e-KTP pada rentang waktu 2010-2012. Dalam proyek ini, negara rugi Rp 2,314 triliun.

    Tak hanya memprihatinkan, tetapi fakta-fakta ini sangat mengerikan, utamanya saat membayangkan masa depan anak-cucu bangsa. Jika perilaku koruptif para oknum di K/L demikian ganas seperti sekarang ini, masih adakah harapan dan kemampuan untuk mewujudkan good governance? Model reformasi birokrasi seperti apa lagi yang dibutuhkan negara agar good governance itu bisa diwujudkan?

    Patut diingatkan lagi dan juga digarisbawahi bahwa kehendak bersama mewujudkan good governance tak boleh pupus, kendati terus menerus dirusak oleh perilaku tamak dan koruptif dari banyak oknum yang diberi amanah melaksanakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) semua K/L dan Tupoksi semua pemerintah daerah.

    Dalam konteks itu, semua K/L serta semua pemerintah daerah patut untuk membuka lagi, memahami dan memaknai pernyataan bernada imbauan dari Presiden Prabowo Subianto ketika memaparkan materi pembekalan di forum rapat pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Jakarta, pada akhir Januari 2025. Presiden, saat itu, menegaskan sambil mengingatkan bahwa semua Undang-undang (UU), peraturan presiden (Perpres), peraturan pemerintah serta produk hukum lainnya tidak akan ada makna dan artinya jika tidak ditegakkan dengan konsisten.

    Terjemahan dari penegasan presiden ini adalah perintah kepada semua K/L dan pemerintah daerah untuk melaksanakan semua UU, Perpres, peraturan pemerintah serta produk hukum lainnya dengan benar dan baik serta konsisten. Tujuannya utamanya adalah untuk mewujudkan good governance demi kebaikan bangsa-negara, kini dan di masa depan.

    Harap juga diingat bahwa kegagalan mewujudkan good governance yang berulang-ulang bisa berakibat sangat fatal, yang biasanya akan diwujudnyatakan dengan menyuarakan ketidakpuasan dan ketidakpercayaan banyak komunitas kepada regulator atau K/L dan institusi daerah.

    Berpijak pada rentetan fakta kasus korupsi itu, tidak berlebihan untuk mengatakan bahwa puluhan tahun kerja pemberantasan korupsi ternyata masih minim progres. Sudah menjadi fakta bahwa korupsi semakin marak dalam satu dekade terakhir, dengan ragam modus dan skala yang begitu besar jika mengacu pada nilai kerugian negara.

    Selain itu, patut pula untuk mengatakan bahwa puluhan tahun reformasi birokrasi berjalan tetap belum dapat mengeliminasi peluang tindak pidana korupsi dan juga perilaku koruptif oknum pada sejumlah K/L dan institusi daerah.

    Bagi masyarakat kebanyakkan, skala korupsi yang justru terus membesar hingga ratusan triliun lebih menggambarkan tidak semua K/L dan pemerintah daerah menunjukan itikad baik memberantas korupsi di lingkungan kerja masing-masing. Sebaliknya, yang tampak adalah terbentuknya kelompok atau organisasi kejahatan di tubuh sejumlah K/L untuk merampok keuangan negara dan membohongi rakyat.

    Dari kecenderungan seperti itu, kesimpulan lain yang layak dimunculkan adalah lumpuh atau tidak berfungsinya pengawasan internal di sejumlah K/L. Tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) Inspektorat Jenderal (Itjen) melakukan pengawasan internal pada K/L terkesan tidak berjalan efektif.

    Sebagai bagian dari upaya merawat asa mewujudkan good governance, pada waktunya nanti, pemerintah bersama DPR perlu merumuskan strategi baru pemberantasan korupsi, serta merancang model lain reformasi birokrasi untuk mengeliminasi perilaku koruptif oknum pada K/L dan institusi daerah. Dan, tak kalah pentingnya adalah memulihkan Tupoksi Inspektorat Jenderal atau pengawasan pada semua K/L dan daerah.

    Bambang Soesatyo, Anggota DPR RI; Ketua MPR RI ke-15; Ketua DPR RI ke-20; Ketua Komisi III DPR RI ke-7; Dosen Tetap Pascasarjana (S3) Ilmu Hukum Universitas Borobudur, Universitas Jayabaya dan Universitas Pertahanan (UNHAN)

    (ega/ega)

    Hoegeng Awards 2025

    Usulkan Polisi Teladan di sekitarmu

  • De Tjolomadoe, Ikon Wisata Heritage yang Berhasil Direvitalisasi PTPP

    De Tjolomadoe, Ikon Wisata Heritage yang Berhasil Direvitalisasi PTPP

    De Tjolomadoe, Ikon Wisata Heritage yang Berhasil Direvitalisasi PTPP
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com 

    De Tjolomadoe
    adalah bangunan bersejarah di Jawa Tengah (Jateng) yang telah bertransformasi menjadi
    ikon wisata

    heritage,
    memadukan unsur sejarah, budaya, dan modernitas.
    Bangunan tersebut dulunya merupakan
    Pabrik Gula
    Colomadu, dan kini menjadi destinasi
    wisata
    berkelas internasional berkat proyek revitalisasi yang dipimpin oleh PT Pembangunan Perumahan (Persero) Tbk (
    PTPP
    ) dan PT Sinergi Colomadu.
    Proyek yang berlangsung pada 2017–2018 ini berhasil menghidupkan kembali
    pabrik gula
    berusia lebih dari satu abad tanpa menghilangkan identitas sejarahnya. 
    Dengan pendekatan konservasi yang cermat dan inovasi arsitektural, De Tjolomadoe kini tidak hanya menjadi pusat wisata budaya, tetapi juga ruang multifungsi untuk berbagai kegiatan seni, bisnis, dan hiburan.
    Pabrik gula
    tersebut didirikan pada 1861 oleh Sultan Mangkunegara IV dan sempat menjadi salah satu pabrik gula terbesar di Hindia Belanda.
    Namun, setelah berhenti beroperasi pada 1998, bangunan tersebut mengalami degradasi yang cukup parah.
    Menyadari nilai historis yang terkandung, pemerintah melalui Kementerian BUMN menginisiasi proyek revitalisasi agar situs ini dapat difungsikan kembali. 
    Sebagai perusahaan konstruksi terkemuka, PTPP menghadirkan inovasi desain yang mempertahankan keaslian struktur bangunan sekaligus menyesuaikannya dengan kebutuhan masa kini.
    Berbagai elemen asli, seperti mesin gilingan tebu dan struktur bangunan utama tetap dipertahankan. Dengan demikian, De Tjolomadoe tetap menjadi ”
    museum
    hidup” yang membawa pengunjung kembali ke masa kejayaan industri gula Indonesia.
    Revitalisasi De Tjolomadoe bukan sekadar restorasi bangunan tua, tetapi juga
    rebranding
    total yang menghadirkan pengalaman baru bagi wisatawan.
    Wisatawan menyebut bahwa konsep wisata museum ini penuh sejarah dan sangat menarik, terutama dengan adanya fasilitas mengendarai mobil antik yang telah disediakan.
    Beberapa inovasi utama yang diterapkan dalam proyek tersebut, antara lain konservasi arsitektural yang memperkuat bangunan dengan transfer
    beam
    agar lebih kokoh tanpa mengubah bentuk aslinya.
    Selain itu, PTPP memanfaatkan sesin eksisting. Mesin-mesin tua yang dulu digunakan untuk produksi gula kini menjadi elemen desain yang memperkaya nilai estetika museum.
    PTPP juga menghadirkan desain interior modern yang merupakan perpaduan gaya industrial dan sentuhan modern, menciptakan suasana unik yang menggabungkan masa lalu dan masa kini.
    Rebranding
    dan pengembangan fasilitas juga dilakukan. Tujuannya, agar publik dapat melihat transformasi pabrik gula ini menjadi pusat wisata
    heritage
    , ruang
    meetings, incentives, conventions, and exhibitions 
    (MICE), serta area komersial.
    Kini, De Tjolomadoe tidak hanya menawarkan wisata sejarah, tetapi juga menghadirkan pengalaman interaktif dan fasilitas berstandar internasional.
    Salah satu daya tariknya adalah
    Museum
    De Tjolomadoe yang menampilkan sejarah pabrik gula dengan berbagai koleksi asli dan mesin-mesin peninggalan.
    Ada juga Besali Café yang menyajikan suasana industrial dengan pilihan kuliner khas.
    Selain itu, terdapat Area Komersial & Creative Space, yang menjadi tempat bagi pelaku UMKM dan industri kreatif untuk berkembang.
    Tak hanya itu, De Tjolomadoe juga memiliki fasilitas MICE sebagai tempat pertemuan dan hiburan, seperti Tjolomadoe Concert Hall, Sarkara Multifunction Hall, dan Amphitheatre Outdoor, yang telah menjadi lokasi konser dan acara internasional.
    Dengan konsep tersebut, De Tjolomadoe tidak hanya menarik wisatawan, tetapi juga menjadi pusat kegiatan budaya dan ekonomi yang berdampak positif bagi masyarakat sekitar.
    Salah seorang wisatawan mengaku, dirinya datang dari Surabaya untuk melihat De Tjolomadoe.
    Wisata
     
    heritage 
    ini dinilai menarik dan wajib dikunjungi.
    “Menarik
    banget
    dan pasti main lagi ke sini bersama keluarga. Nilai sejarahnya menjadikan De Tjolomadoe ini sangat menarik,” ujarnya dalam siaran pers, Senin (3/3/2025).
    Keberhasilan proyek tersebut tidak lepas dari peran PTPP dalam merancang desain dan konstruksi yang mengedepankan keseimbangan antara pelestarian dan inovasi.
    Berkat pendekatan tersebut, De Tjolomadoe berhasil meraih berbagai penghargaan bergengsi, seperti Indonesia Leading Heritage Convention Center 2024/2025, Abiwara Pariwisata 2019, dan Stevie Awards 2019–Innovation in Brand Renovation/Re-Branding.
    Penghargaan lainnya termasuk New Achievement Asia Pacific Award 2020, Rekor MURI 2018 untuk Tumpeng Terbanyak (17.854 buah), serta Rekor MURI 2019 untuk Lukisan Gulali Rasa Jahe Terbesar di Indonesia.
    Ke depannya, akan dihadirkan paket wisata Candi Prambanan dan Borobudur, yang memadukan wisata alam, budaya, dan sejarah. Inovasi ini didukung oleh PT Taman Wisata Candi (TWC) sebagai salah satu pemegang saham De Tjolomadoe.  
    Sebagai ikon wisata
    heritage
    , De Tjolomadoe terus dikembangkan untuk menjadi pusat seni, budaya, dan pariwisata unggulan di Indonesia.
    Dengan mempertahankan nilai sejarah sambil mengadaptasi inovasi modern, kawasan tersebut diharapkan dapat menjadi model sukses bagi revitalisasi bangunan bersejarah lainnya. 
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 Rampung Tahun Depan, Cek Progresnya

    Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1 Rampung Tahun Depan, Cek Progresnya

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum (PU) menyebut progres konstruksi Jalan Tol Yogyakarta – Bawen Seksi 1 Sleman – Banyurejo berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan. Di mana, ruas tersebut ditarget untuk dapat rampung pada Juli 2026. 

    Menteri PU Dody Hanggodo menjelaskan bahwa Jalan Tol Yogyakarta – Bawen akan menjadi pendorong utama pertumbuhan ekonomi dan konektivitas di wilayah segitiga emas Joglosemar (Jogja – Solo – Semarang). 

    Selain itu, jalan tol ini juga akan mendukung pengembangan sektor pariwisata di Yogyakarta dan sekitarnya, khususnya Candi Borobudur yang merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP).

    “Jalan tol ini akan mempercepat mobilitas dan membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat sekitar. Selain itu, dengan akses yang lebih mudah ke Borobudur dan berbagai destinasi wisata lainnya,” jelasnya dalam keterangan resmi, Minggu (2/3/2025). 

    Adapun, Tol Yogyakarta – Bawen yang memiliki panjang mencapai 75,12 km tersebut telah dimulai konstruksinya sejak 2022. Proyek ini diawali dengan pengerjaan Seksi 1 Sleman –Banyurejo sepanjang 8,8 km serta Seksi 6 Simpang Susun (SS) Ambarawa – Bawen sepanjang 4,98 km.

    Sementara saat ini, progres pembangunan Seksi 1 telah mencapai 96,08% untuk pembebasan lahan dan 75,9% untuk konstruksi, dengan target penyelesaian pada Juli 2026. 

    Kemudian, Seksi 6 Ambarawa – Junction Bawen telah mencapai progres pembebasan lahan sebesar 95,58%, sementara konstruksinya baru mencapai 53,60%. Seksi ini nantinya akan terhubung langsung dengan Tol Semarang-Solo dan ditargetkan rampung pada Desember 2025.

    Selanjutnya, Seksi 2 hingga 5 yang membentang dari Banyurejo hingga Ambarawa sepanjang 61,34 km hingga saat ini masih dalam tahap persiapan.

    Konstruksi Tol Yigyakarta – Bawen dilaksanakan oleh PT Jasamarga Jogja Bawen (JJB) selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang bertanggung jawab atas proyek tersebut.

    Jalan tol ini melintasi dua provinsi, yakni Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta, serta akan menjadi bagian dari jaringan Tol Trans Jawa yang menghubungkan ruas Semarang-Solo dengan Tol Solo-Yogyakarta-Yogyakarta International Airport (YIA) di Kulon Progo. 

    Sejalan dengan hal itu, Dody menginstruksikan agar pembangunan jalan tol tetap memperhitungkan dampak terhadap lingkungan dan sosial. 

    “Tolong faktor-faktor lingkungan dan sosial untuk dihitung dan dikaji dengan cermat. Jangan sampai ada aspek yang terabaikan sehingga menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat sekitar maupun ekosistem,” tegasnya.

  • Wamendagri Sebut Prabowo Ingin Ada Retret Kepala Daerah Lagi 2026: Agar Jangan Omon-omon Saja – Halaman all

    Wamendagri Sebut Prabowo Ingin Ada Retret Kepala Daerah Lagi 2026: Agar Jangan Omon-omon Saja – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Retret kepala daerah di Akademi Militer (Akmil), Magelang, Jawa Tengah, telah resmi berakhir pada Jumat (28/2/2025).

    Dalam arahannya pada akhir kegiatan, Presiden Prabowo Subianto mengapresiasi penyelenggaraan retret ini dan meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk kembali mengadakan kegiatan serupa pada tahun 2026 mendatang.

    Hal ini disampaikan oleh Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Bima Arya Sugiarto saat memberikan keterangan pers usai berakhirnya kegiatan retret di Akmil.

    Menurutnya, Prabowo menekankan pentingnya retret sebagai ajang evaluasi terhadap berbagai target yang sudah ditetapkan.

    Presiden, sambungnya, juga mengingatkan para kepala daerah untuk menjalankan amanat Pasal 33 UUD 1945 dengan menjaga serta mengelola kekayaan alam dan potensi daerah secara optimal.

    “Presiden meminta seluruh kepala daerah untuk menjalankan betul Pasal 33 UUD 1945, menjaga kekayaan alam, potensi daerah, dikelola sebaik-baiknya. Jangan sampai rugi, jangan sampai hilang, dan jangan sampai didominasi oleh kepentingan asing,” ujar Bima Arya, dikutip dari Tribun Jogja.

    Kemudian, Bima juga menyatakan bahwa Prabowo menyoroti pentingnya hilirisasi industri dalam berbagai sektor, seperti nikel dan sumber daya lainnya. 

    Ia menegaskan bahwa Indonesia harus mampu mengelola investasinya sendiri agar tidak bergantung pada pihak lain.

    “Kata beliau, supaya kita semua ini jangan hanya omon-omon saja. Supaya terbukti bahwa presiden tidak hanya omon-omon, kepala daerah tidak omon-omon, maka di tahun 2026 kita targetkan ada retret lagi untuk mengevaluasi capaian semua target tadi,” tegasnya.

    Bima menjelaskan, retret pada 2026 bakal berbeda karena fokusnya lebih kepada evaluasi berbasis data terhadap capaian kepala daerah.

    Pemerintah ingin memastikan bahwa semua program yang sudah dirancang, termasuk swasembada pangan dan hilirisasi, berjalan sesuai harapan.

    “Perbedaannya nanti adalah mengevaluasi target yang sudah ditetapkan. Apakah tercapai atau tidak, serta apa alasannya. Jadi berdasarkan angka-angka,” terangnya.

    Sebagai informasi, retret kepala daerah kali ini diikuti oleh 493 kepala daerah dan 477 wakil kepala daerah. 

    Meski jadwal kegiatan cukup padat, Bima menilai acara ini membawa dampak positif dalam membangun sinergi antar-kepala daerah.

    “Kami melihat kepala daerah semakin akrab. Presiden juga senang karena melihat peserta ini semakin akrab satu sama lain. Itu yang diperlukan untuk sinergi ke depannya,” terangnya.

    Cerita Kepala Daerah Ikut Retret

    Bupati Magelang, Grengseng Pamuji dan Wakil Bupati Magelang, Sahid, turut serta dalam kegiatan retret di Akmil yang digelar pada 21-28 Februari 2025.

    Sebagai warga yang selama ini menetap di Magelang, Grengseng tak merasakan pengalaman yang benar-benar baru selama bermalam di tenda.

    Meski begitu, Grengseng meyakini bahwa kepala daerah dari luar Magelang akan merasakan pengalaman yang berbeda.

    “Lha wong kene cah kene, omahe kono, yo podo wae. Biasa wae (Lah memang orang Magelang, rumahnya di sana, ya sama saja. Biasa saja). Mungkin kalau daerah-daerah jauh berbeda,” ucap Grengseng di Borobudur Golf Kompleks Akmil, Jumat.

    Namun, Grengseng menilai retret ini menjadi ajang strategis untuk memperkuat komunikasi dengan kepala daerah lain, gubernur, hingga menteri.

    “Bagus, bisa ketemu banyak bupati, banyak wali kota, bisa dekat dengan gubernur, bisa komunikasi dengan menteri, itu bagus,” ujar Grengseng.

    Ia menilai bahwa komunikasi lintas daerah dan pemerintah pusat menjadi salah satu hal baru dan penting dalam retret ini. 

    Ia menilai bahwa retret lebih kepada penguatan sinergi antara pemerintah daerah dan pusat.

    “Semua agenda menarik karena memang dibutuhkan, tapi yang baru adalah komunikasinya. Jadi komunikasi antardaerah, komunikasi dengan gubernur dan menteri,” tambahnya.

    Terkait implementasi hasil retret, Grengseng menegaskan bahwa pihaknya akan tetap menjalankan visi dan misi Kabupaten Magelang dengan menyelaraskannya bersama program pemerintah pusat dan daerah. 

    “Itu kan sudah ada dalam visi misi kita, jadi visi-misi kita laksanakan, kita sinkronkan dengan gubernur, dengan APBN, dan Asta Cita Pak Prabowo,” tuturnya.

    Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul: Presiden Prabowo Minta Retret Kepala Daerah Digelar Lagi Tahun Depan.

    (Tribunnews.com/Deni)(TribunJogja.com/Yuwantoro Winduajie)

  • Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi Langsung Dinas Usai Retret Kepala Daerah di Magelang – Page 3

    Gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthfi Langsung Dinas Usai Retret Kepala Daerah di Magelang – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Presiden Prabowo Subianto resmi menutup kegiatan retret kepala daerah yang digelar di Akademi Militer (Akmil) Kota Magelang yang telah selesai pada, Jumat, 28 Februari 2025. Berdasarkan pantauan di lokasi, seluruh kepala daerah dan wakil kepala daerah mulai meninggalkan kompleks Akmil sekira pukul 11.00 WIB.

    Gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi nampak keluar dari gerbang Gedung Borobudur dan meninggalkan lokasi menggunakan mobil dinasnya. Ahmad Luthfi menyatakan, usai kegiatan tersebut ia akan langsung bekerja untuk kepentingan rakyat Jawa Tengah.

    Beberapa program sudah menunggu untuk diakselerasi, sebagaimana ia sampaikan beberapa waktu lalu. “Setelah ini langsung dinas,” kata Luthfi sembari berjalan menuju kendaraannya.

    Sementara itu, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen nampak keluar dari pintu berbeda, tepatnya melalui gerbang Gedung AH Nasution Akmil. Ia bersama wakil kepala daerah lainnya naik bus menuju Mako Rindam IV/Diponegoro.

    Taj Yasin menyampaikan, pada retret ini banyak berdiskusi dengan kepala dan wakil kepala daerah lain, baik di Jawa Tengah maupun dari luar Jawa Tengah. Momentum itu digunakan untuk saling bertukar cerita dan pengalaman, dari daerah masing-masing.

    “Banyak ilmu yang diajarkan oleh orang-orang ahli, baik itu kementerian maupun lembaga. Kemarin Pak SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) juga memberikan materi. Pak Prabowo tadi pagi juga memberikan arahan,” katanya saat di Rindam IV/Diponegoro.

    Taj Yasin menjelaskan, dalam kegiatan retret tersebut, Presiden Prabowo Subianto memberikan arahan bahwa dalam membangun Indonesia, butuh kebersamaan. Selain itu, hal yang perlu menjadi penekanan adalah tentang pertumbuhan ekonomi lima tahun ke depan.

    Pria yang akrab disapa Gus Yasin ini mengaku optimistis pertumbuhan ekonomi di daerah dan nasional akan lebih baik lagi. Dalam membangun daerah, lanjut dia, pihaknya siap berkolaborasi, baik dengan dengan pemerintah pusat, kabupaten/kota, maupun provinsi-provinsi lain.

    Gubernur Jateng Ahmad Luthfi sendiri mengikuti semua rangkaian keigiatan retret kepala daerah 2025 secara penuh pada 21 – 28 Februari 2025. Kemudian disusul oleh Wakil Gubernur Taj Yasin Maimoen pada Kamis, 27-28 Februari 2025.

  • Jelang Pentutpan Retreat di Akmil, Jalan Gatsu Magelang Ramai Merayap
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        28 Februari 2025

    Jelang Pentutpan Retreat di Akmil, Jalan Gatsu Magelang Ramai Merayap Regional 28 Februari 2025

    Jelang Penutupan Retreat di Akmil, Jalan Gatsu Magelang Ramai Merayap
    Tim Redaksi
    MAGELANG, KOMPAS.com –
    Menjelang berakhirnya retreat di Akademi Militer Akmil,
    Magelang
    , Jawa Tengah, situasi lalu lintas di Jalan Gatot Subroto (Gatsu) ramai merayap, Jumat (28/2/2025).
    Hari ini merupakan hari terakhir kegiatan penggemblengan bagi kepala dan wakil kepala daerah itu sejak dimulai pada 21 Februari 2025. Khusus wakil kepala daerah baru mengikutinya pada Kamis (27/2/2025).
    Para peserta retreat dijadwalkan meninggalkan lokasi mulai pukul 11.00 WIB, satu jam setelah Presiden Prabowo Subianto pergi dari Akmil yang memberikan pengarahan kepada mereka terlebih dulu.
    Pantauan
    Kompas.com
    di Borobudur International Golf & Country Club pukul 08.36 WIB, sepanjang Jalan Gatsu sangat ramai lalu lalang dan parkir kendaraan. Kendaraan pun berjalan merayap.
    Jalan Gatsu akan dibuat menjadi satu arah selama momentum kepulangan kepala dan wakil kepala daerah setelah retreat pada Jumat siang.
    Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Magelang Kompol Nyi Ayu Fitria Facha mengatakan, Jalan Gatsu diubah menjadi
    one way
    sementara karena akan banyak ajudan yang menjemput kepala daerah di Borobudur International Golf & Country Club.
    Selain itu, wakil kepala daerah juga akan keluar dari tempat yang sama untuk naik bus dan menuju lapangan Rindam IV/Diponegoro, Magelang, sebelum pulang.
    “Daripada masyarakat terganggu, kami buat satu arah,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat.
    Satu arah diterapkan sekitar pukul 11.00 WIB, seusai Prabowo memberikan pengarahan dalam retreat.
    Pengendara dari arah Bayeman, Kota Magelang dilarang belok kiri dan diminta belok kanan.
    Pengendara dari arah Jalan Magelang-Purworejo dilarang belok kiri dan diminta belok kanan.
    “Yang dari Pakelan (Magelang-Purworejo) ke kanan, enggak boleh kiri, karena para ADC (
    aide-de-camp
    ) masuk dari jalur bawah,” jelasnya.
    Prabowo dijadwalkan memberikan pemaparan materi pukul 08.30 WIB. Ayu menambahkan, Kepala Negara meninggalkan Akmil pukul 10.00 WIB.
    Polisi telah menyiapkan enam skema pengalihan lalu lintas akibat satu arah di Jalan Gatsu:
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.