Tempat Fasum: Bandara Soekarno Hatta

  • Terapkan Teknologi ATRS di Bandara Soetta, Bos InJourney Airport: Pemeriksaan jadi Lebih Cepat

    Terapkan Teknologi ATRS di Bandara Soetta, Bos InJourney Airport: Pemeriksaan jadi Lebih Cepat

    TANGERANG – PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports menerapkan teknologi Automated Tray Returned System (ATRS) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

    Dengan teknologi tersebut pemeriksaan menjadi jauh lebih cepat dari sebelumnya.

    Teknologi ATRS ini ditempatkan dalam area security checkpoint sebelum penumpang pesawat memasuki ruang tunggu boarding penerbangan.

    Direktur Utama InJourney Airport Faik Fahmi menjelaskan, dengan penerapan teknologi ATRS di security checkpoint ini, penumpang yang datang tak perlu lagi mengeluarkan barang elektronik maupun air mineral dari dalam tas yang dibawa.

    “Jadi prosesnya itu bisa cepat, karena apa? penumpang yang datang tidak perlu mengeluarkan laptop. Tidak perlu mengeluarkan air mineral, jadi langsung bisa dideteksi melalui sistem yang kita punya,” katanya di Bandara Terminal 3 Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat, 20 Desember.

    Lebih lanjut, Faik menjelaskan jika memang nantinya barang bawaan penumpang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, akan ada berpindah ke jalur khusus sehingga tidak akan mengganggu antrean di belakangnya.

    “Kalau ada bagasi (barang bawaan) yang perlu diperiksa, itu juga akan langsung berpindah ke jalur khusus. Jadi tidak mengganggu orang yang ada di belakangnya,” jelasnya.

    Faik juga bilang dengan teknologi ATRS ini dapat meningkatakan pelayanan menjadi 500 orang per satu jam. Sementara sebelumnya hanya 200 orang saja.

    “Karena kalau yang biasa itu sejam paling cuma 200 orang. Kalau yang ini (ATRS) sejam bisa 500 orang. Bahkan kalau petugasnya udah lebih canggih, udah terbiasa, mungkin bisa sampai 600,” katanya.

    “Jadi harapannya dengan konsep ATRS yang terbaru ini. Flow penumpang yang selama ini banyak menjadi konsep penumpang karena numpuk di area SCP (Security Checkpoint) ini sudah bisa terselesaikan,” sambungnya.

    Saat ini, kata Faik, ada dua alat ATRS yang dipasang di Bandara Soetta. Dimana tahap awal penggunaan teknologi ini hanya untuk security checkpoint di penerbangan domestik.

    “Ini sementara kita dua dulu, nanti kita evaluasi. Tapi yang jelas nanti kita akan kembangkan juga termasuk di internasional. Untuk di bandara-bandara kita yang lain,” tuturnya.

  • Bus Tayo telah dimanfaatkan satu juta lebih penumpang selama 2024

    Bus Tayo telah dimanfaatkan satu juta lebih penumpang selama 2024

    Bus Rapid Transit (BRT) Tangerang Ayo (Tayo), salah satu transportasi publik milik Pemkot Tangerang, Banten, yang tercatat telah dimanfaatkan lebih dari satu juta penumpang. ANTARA/HO-Dishub Kota Tangerang

    Bus Tayo telah dimanfaatkan satu juta lebih penumpang selama 2024
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Jumat, 20 Desember 2024 – 16:13 WIB

    Elshinta.com – Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Banten, mencatat hingga 17 Desember, jumlah warga yang telah memanfaatkan layanan Bus Rapid Transit (BRT) Tangerang Ayo (Tayo) mencapai 1.092.159 penumpang.

    “Jika dibandingkan dengan tahun lalu, jumlah penumpang BRT Tayo tahun 2024 meningkat mencapai satu juta penumpang lebih,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang Achmad Suhaely, di Tangerang, Jumat.

    Ia mengatakan capaian lonjakan penumpang tersebut membuktikan BRT Tayo selama ini berhasil menjadi moda transportasi unggulan untuk menunjang mobilitas masyarakat di Kota Tangerang.

    “Kami melihat antusiasme masyarakat memanfaatkan layanan moda transportasi umum BRT Tayo sangat luar biasa. Jumlah penumpang meningkat drastis dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya,” ujar Suhaely

    Berdasarkan data Dishub Kota Tangerang untuk jumlah penumpang BRT Tayo, yakni 250.597 penumpang di tahun2017. Lalu meningkat menjadi 323.645 penumpang di tahun 2018. Pada tahun 2019 terdata ada 489.118 penumpang yang menggunakan BRT Tayo. Kemudian di tahun 2020 sedikit menurun, karena ada pandemi dengan total 468.816 penumpang.

    Lalu usai pandemi di tahun 2021 kembali meningkat menjadi 663.957 penumpang. Pada tahun 2022 ada 763.819 penumpang dan tahun 2023 ada 832.784 penumpang. Saat ini, BRT Tayo mempunyai empat koridor aktif yang dioperasikan setiap hari untuk melayani masyarakat di Kota Tangerang, yakni koridor Poris Plawad-Jatake, Poris Plawad-Cibodas, Ciledug-Tangcity Mall, dan Cadas-Pintu M1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

    “Kami berharap layanan BRT Tayo kian dimanfaatkan secara lebih luas, apalagi kami dalam waktu dekat ini akan merealisasikan kesepakatan Bersama Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) untuk meningkatkan cakupan layanan yang terintegrasi bersama wilayah lain di lingkup aglomerasi,” katanya pula.

    Sumber : Antara

  • KIJA rilis layanan transportasi tingkatkan mobilitas di Kota Jababeka

    KIJA rilis layanan transportasi tingkatkan mobilitas di Kota Jababeka

    PT Jababeka Tbk (KIJA) bersama PT Commuter Anak Bangsa dan Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Bekasi meluncurkan layanan transportasi Shuttle K-99 Feeder BTS di Kota Jababeka, Kabupaten Cikarang. ANTARA/HO-KIJA

    KIJA rilis layanan transportasi tingkatkan mobilitas di Kota Jababeka
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Jumat, 20 Desember 2024 – 18:12 WIB

    Elshinta.com – PT Jababeka Tbk (KIJA) bersama PT Commuter Anak Bangsa dan Dinas Perhubungan Pemerintah Kabupaten Bekasi meluncurkan layanan transportasi Shuttle K-99 Feeder BTS sebagai upaya meningkatkan kualitas mobilitas di Kota Jababeka, Cikarang, Jawa Barat.

    President Director PT Graha Buana Cikarang Ivonne Anggraini, selaku pengelola Kota Jababeka, menjelaskan Shuttle K-99 Feeder BTS ditujukan untuk menciptakan moda transportasi yang lebih aman, nyaman, terintegrasi, serta ramah lingkungan.

    “Kehadiran Shuttle K-99 Feeder ini menjadi salah satu solusi strategis yang dirancang untuk mendukung program BTS (Buy The Service), sebuah inisiatif pemerintah untuk memperbaiki kualitas layanan angkutan umum di Kabupaten Bekasi,” ujar Ivonne sebagaimana keterangan resmi di Jakarta, Jumat.

    Ivonne menjelaskan dukungan terhadap transportasi berkelanjutan menjadi fokus utama perseroan, dengan penggunaan kendaraan ramah lingkungan, seperti angkot berbahan bakar gas dan listrik yang akan mengurangi emisi karbon.

    “Program ini tidak hanya mendukung kebijakan pemerintah untuk mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi, tapi juga meningkatkan kualitas udara dan memperkuat sistem jaringan transportasi yang terintegrasi di kawasan industri dan kota mandiri seperti Kota Jababeka,” ujar Ivonne.

    Acara soft launching dan flag off diawali dengan penandatanganan kesepakatan bersama antara PT Commuter Anak Bangsa dan Jababeka, disaksikan oleh pejabat Pemerintah Kabupaten Bekasi.

    “Diharapkan, hadirnya Shuttle K-99 Feeder BTS dapat mendorong masyarakat untuk beralih dari kendaraan pribadi ke transportasi umum yang lebih terorganisir,” ujar Ivonne.

    Shuttle ini akan beroperasi mulai Januari 2025, setiap hari dengan jam operasional dari pukul 05.00 WIB hingga 21.00 WIB, yang mencakup beberapa rute utama yang menghubungkan berbagai titik penting di Jababeka dan sekitarnya, di antaranya Stasiun Cikarang/Transit Point Biskita BTS, Kawasan Industri Jababeka, Jababeka Residence, dan President University.

    “Dengan hadirnya shuttle ini, diharapkan dapat mengurangi ketergantungan pada kendaraan pribadi, mengurangi kemacetan, serta menurunkan emisi karbon, sebagai bagian dari upaya untuk menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” ujar Ivonne.

    Saat ini terdapat tiga layanan utama yang sudah beroperasi, diantaranya JAConnexion oleh Damri, yang menghubungkan Kota Jababeka dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, JRConnexion oleh AO Transport yang melayani rute dari Kota Jababeka ke Blok M, Jakarta, serta Primajasa yang menghubungkan Kota Jababeka dengan Bandung.

    Dalam kesempatan sama, Pj Bupati Dedy Supriyadi mengatakan pembangunan sistem transportasi berkelanjutan dan terintegrasi merupakan prioritas dalam menyelaraskan visi misi Pemerintah Kabupaten Bekasi dalam mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkeadilan.

    “Dalam pembangunan wilayah yang berkelanjutan, pengenalan armada layanan Shuttle K-99 ini adalah langkah nyata untuk menghadirkan solusi mobilitas yang aman, nyaman, dan terjangkau bagi masyarakat,” ujar Dedy.

    Acara ini dihadiri Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bekasi Aria Dwi Nugraha, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bekasi Yana Suyatna, Kepala Bappeda Kabupaten Bekasi Agus Budiono, Wakil Direktur Utama PT Commuter Anak Bangsa Dwiwanto Hadi Prandojo, Direktur PT Commuter Anak Bangsa Hasyim, serta Organda Bekasi.

    Sumber : Antara

  • Puncak Libur Natal 2024, InJourney Airports Layani 605 Ribu Penumpang – Page 3

    Puncak Libur Natal 2024, InJourney Airports Layani 605 Ribu Penumpang – Page 3

     

    Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) mengungkapkan puncak arus keberangkatan menjelang Natal di 37 bandara pada, Jumat 20 Desember 2024, dengan jumlah pergerakan penumpang pesawat mencapai 605 ribu orang. 

    Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi mengatakan khusus di Bandara Soekarno-Hatta jumlah penumpang pada puncak hari ini diproyeksi 185 ribu orang, sementara di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali sebanyak 83 ribu penumpang. Dua bandara ini merupakan yang tersibuk sepanjang periode angkutan Natal dan Tahun Baru 2024-2025. 

    “Pada puncak arus keberangkatan menjelang Natal, bandara InJourney Airports fokus memastikan seluruh titik penting yang berhubungan langsung dengan penumpang pesawat (touchpoint) dapat terlayani dengan baik. Prioritas bagi kami adalah keamanan, keselamatan dan pelayanan kepada penumpang pesawat,” kata Faik Fahmi dalam keterangan resmi, Jumat (20/12/2024). 

    Langsung Ditinjau Menteri

    Adapun pada, Jumat 20 Desember 2024 siang, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi meninjau langsung arus puncak di Bandara Soekarno-Hatta.

    Titik penting yang menjadi perhatian InJourney Airports saat puncak arus keberangkatan, yakni antara lain memastikan kelancaran lalu lintas kendaraan pada pick up zone dan drop off area penumpang pesawat.

    Kemudian pemeriksaan yang cepat dan tepat pada pada security check point (SCP), kelancaran proses pelaporan penumpang pada konter check in, kecepatan penanganan bagasi dari terminal ke pesawat dan sebaliknya, dan kebersihan seluruh fasilitas umum yang ada di terminal penumpang pesawat

    “Kami telah memetakan sumber daya untuk optimalisasi personel bandara supaya pelayanan di seluruh touhcpoint dapat terjaga meski memasuki puncak arus keberangkatan. 

    “Touchpoint yang ada juga didukung beragam fasilitas terkini di sejumlah bandara seperti mesin self check in dan self bag drop untuk mempercepat proses check in, kemudian Automated Tray Return System untuk mempercepat pemeriksaan barang bawaan penumpang di SCP,” jelas Faik Fahmi. 

     

  • Pemeriksaan Lebih Cepat, InJourney Airports Terapkan Teknologi ATRS – Page 3

    Pemeriksaan Lebih Cepat, InJourney Airports Terapkan Teknologi ATRS – Page 3

    Sebelumnya, PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) prediksi, jumlah pergerakan penumpang pesawat di 37 bandara InJourney Airports secara kumulatif mencapai 9,27 juta orang, pada periode angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

    Jumlah itu naik sekitar 6 persen dibandingkan dengan angkutan Nataru 2023/2024, yang sebanyak 8,71 juta orang penumpang. 

    “Peningkatan jumlah penumpang pada angkutan Nataru 2024/2025 antara lain didorong terus tumbuhnya permintaan perjalanan udara pasca-pandemi, dan program pemerintah dalam menurunkan harga tiket pesawat yang didukung seluruh ekosistem aviasi,” ujar Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi, Kamis (19/12/2024).

    Dua bandara InJourney Airports tersibuk pada Nataru ini adalah Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, dengan perkiraan jumlah penumpang mencapai 3,05 juta, atau naik sekitar 7 persen dari sebelumnya 2,85 juta penumpang. Kemudian, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 1,39 juta penumpang atau naik sekitar 7 persen dari sebelumnya 1,27 juta penumpang. 

    Faik Fahmi menuturkan, di tengah tingginya lalu lintas penerbangan pada akhir tahun ini, prioritas InJourney Airports tetap kelancaran operasional bandara. Termasuk aspek keamanan, keselamatan, pelayanan dan kesehatan. 

     

  • Amankan Libur Nataru, InJourney Airports Kerahkan hampir 16 Ribu Personel di Bandara – Page 3

    Amankan Libur Nataru, InJourney Airports Kerahkan hampir 16 Ribu Personel di Bandara – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) memastikan kesiapan seluruh bandara dalam melayani penumpang pesawat pada periode peak season libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025 atau Nataru.

    Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi mengatakan guna mendukung operasional bandara, InJourney Airports menyiagakan total 15.939 personel yang terdiri dari personel operasional, pelayanan, teknik, dan pendukung yakni antara lain aviation security, customer service, Airport Rescue & Fire Fighting (ARFF) dan BKO TNI & Polri, facility care, AOCC/TOCC, dan sebagainya. 

    Faik menuturkan di tengah tingginya lalu lintas penerbangan pada akhir tahun ini, prioritas InJourney Airports tetap kelancaran operasional bandara termasuk aspek keamanan, keselamatan, pelayanan dan kesehatan. 

    “Kami telah memetakan dan mengatur seluruh sumber daya agar bandara InJourney Airports dapat maksimal mendukung angkutan Nataru,” ujar Faik dalam konferensi pers  kesiapan bandara untuk libur Nataru di Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang Banten, Jumat (20/12/2024).

    Hadirkan Banyak Layanan

    Faik menambahkan bandara InJourney Airports berupaya menghadirkan beragam pelayanan untuk memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi masyarakat saat libur panjang akhir tahun.

    Adapun dua bandara InJourney Airports tersibuk pada Nataru ini adalah Bandara Soekarno-Hatta Tangerang dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

    “Bandara Soekarno-Hatta Tangerang dengan perkiraan jumlah penumpang mencapai 3,05 juta atau naik sekitar 7 persen dari sebelumnya 2,85 juta penumpang, dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 1,39 juta penumpang atau naik sekitar 7 persen dari sebelumnya 1,27 juta penumpang,” jelasnya. 

    Pada periode angkutan Nataru 2024-2025 jumlah pergerakan penumpang pesawat di 37 bandara InJourney Airports secara kumulatif diprediksi mencapai 9,27 juta penumpang atau naik sekitar 6 persen dibandingkan dengan angkutan Nataru 2023-2024 yang sebanyak 8,71 juta penumpang. 

     

  • Batik Air Kembali Terbang ke Banyuwangi, Siap Layani Liburan Tahun Baru

    Batik Air Kembali Terbang ke Banyuwangi, Siap Layani Liburan Tahun Baru

    Liputan6.com, Banyuwangi – Kabupaten Banyuwangi menjadi salah satu tujuan pilihan wisatawan untuk libur Natal.dan Tahun Baru (Nataru). Menghadapi itu, maskapai nasional Batik Air kembali membuka rute penerbangan Jakarta – Banyuwangi pp mulai 29 Desember 2024. General Manager Angkasa Pura Indonesia Kantor Cabang Bandara Banyuwangi, Johan Seno Acton, menjelaskan bahwa Batik Air akan beroperasi rute Jakarta-Banyuwangi pp per 29 Desember 2024. 

    Dengan jadwal dari Bandara Soekarno-Hatta (CGK) pukul 11.20 WIB dan tiba di Bandara Banyuwangi (BWX) pukul 13.10 WIB.  Sedangkan untuk rute sebaliknya, pesawat akan berangkat dari Banyuwangi pukul 13.50 WIB dan tiba di Jakarta pukul 15.35 WIB.

    Maskapai yang tergabung dalam Lion Air Group ini akan melayani rute Jakarta-Banyuwangi pulang-pergi (PP) setiap Jumat dan Minggu. “Ini akan melengkapi dua penerbangan Jakarta – Banyuwangi selama ini. Saat ini sudah ada Citilink dan Super Air Jet,” kata Johan, Selasa (17/12/2024)

    Kembalinya Batik Air ini merupakan hasil koordinasi di event slot conference yang dihadiri pihak bandara awal bulan ini. Johan berharap okupansi penerbangan  tinggi sehingga Batik Air dapat beroperasi secara berkelanjutan, tidak hanya selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). “Dengan beroperasinya kembali Batik Air, diharapkan dapat memberikan tambahan pilihan maskapai kepada penumpang dan mendukung pariwisata Banyuwangi,” harap Johan.

    Bupati Ipuk Fiestiandani, menyambut baik kembalinya Batik Air yang akan melengkapi 2 penerbangan di Banyuwangi yang telah ada selama ini. “Tentu ini akan berdampak positif bagi Banyuwangi. Akses transportasi udara yang bertambah, tentunya akan semakin banyak orang yang akan berkunjung ke Banyuwangi. Akan berdampak pada perekonomian Banyuwangi,” kata Ipuk.

  • Erick Thohir: Harga Tiket Pesawat dan Kapal Laut Tidak Naik di Libur Nataru – Halaman all

    Erick Thohir: Harga Tiket Pesawat dan Kapal Laut Tidak Naik di Libur Nataru – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan harga tiket pesawat turun sebesar 10 persen selama periode libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

    Dia juga menegaskan tidak ada kenaikan harga tiket kereta api dan transportasi laut.

    Erick menyampaikan kebijakan ini sesuai arahan Presiden Prabowo Subianto yang berkomitmen memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat dalam merayakan Nataru.  

    “Saya diminta Bapak Presiden Prabowo Subianto untuk memastikan harga tiket transportasi udara tetap turun 10 persen saat Nataru.”

    “Presiden juga meminta untuk tidak ada kenaikan terhadap harga tiket kereta api dan transportasi laut selama Nataru,” ujar Erick saat meninjau kesiapan bandara menyambut libur Nataru di Terminal 3, Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang Banten, Jumat (20/12/2024).

    Untuk memastikan implementasi kebijakan tersebut, Erick langsung berkoordinasi dengan Direktur Utama Garuda Indonesia, Citilink, dan Pelita Air.

    Erick juga melakukan pengecekan langsung ke konter check-in bersama Utusan Khusus Presiden Bidang Generasi Muda dan Pekerja Seni Raffi Ahmad di Bandara Internasional Soekarno-Hatta.  

    “Sesuai arahan Pak Presiden bahwa penurunan harga tiket pesawat 10 persen itu masih terkendali. Kapasitas penumpang di bandara masih longgar, meskipun hari ini ada peak 180 ribu penumpang di Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” ucap Erick.  

    Selain itu, Erick juga melaporkan kapasitas transportasi darat dan laut selama Nataru.

    Erick mengatakan PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyediakan kapasitas 3,5 juta kursi yang saat ini sudah terisi 50 persen. Untuk angkutan laut, tiket kapal Pelni sudah terisi 58 persen. 

    “Tidak ada kenaikan harga tiket baik untuk kereta api maupun kapal laut,” tegas Erick.  

    Erick menyebut sinergi Kementerian BUMN dan Kemenhub sejalan dengan instruksi Presiden Prabowo yany ingin menjaga daya beli masyarakat dengan menurunkan harga tiket pesawat maupun menjaga harga tiket kapal dan kereta api tidak naik saat Nataru. 

    Erick juga mengapresiasi kolaborasi antara Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam memastikan kelancaran operasional transportasi selama Nataru.

     “Alhamdulillah selama dua bulan bekerja sama dengan Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi, hasilnya maksimal. Terima kasih Pak Menhub atas dukungannya,” kata Erick.  

    Erick juga menyampaikan apresiasi kepada InJourney dan PT Angkasa Pura Indonesia atas upaya perbaikan fasilitas bandara. 

    “Saya sudah menyaksikan perbaikan maksimal di Bandara I Gusti Ngurah dan juga upaya perbaikan yang sedang dilakukan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” kata Erick.

     

  • Bandara Soekarno-Hatta Antisipasi 2,9 Juta Penumpang pada Libur Nataru

    Bandara Soekarno-Hatta Antisipasi 2,9 Juta Penumpang pada Libur Nataru

    Jakarta, Beritasatu.com– Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta) mengantisipasi lonjakan penumpang hingga 2,9 juta orang selama periode Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (nataru).

    Kepala Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I Kelas Utama Soekarno-Hatta Putu Eka Cahyadhi dalam mengatakan, pihaknya telah membentuk Posko Angkutan Udara Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 untuk mengantisipasi lonjakan penumpang.

    “Lonjakan penumpang diperkirakan mencapai 2,9 juta orang selama periode nataru, posko akan berfungsi sebagai pusat koordinasi untuk memantau situasi terkini, serta merespons dengan cepat segala bentuk permasalahan yang mungkin timbul,” kata Putu di Jakarta, Jumat (20/12/2024) dilansir Antara. 

    Dia menyampaikan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta secara resmi membuka Posko Angkutan Udara Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, sejak Rabu (18/12/2024). Operasi posko akan berlangsung hingga 5 Januari 2025.

    “Posko Natal dan Tahun Baru ini berperan penting dalam memastikan kelancaran dan keamanan penerbangan selama periode angkutan udara nataru,” ujar Putu.

    Putu menyatakan, pihaknya beserta pemangku kepentingan telah melakukan berbagai kesiapan maksimal dalam menghadapi lonjakan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta selama libur Nataru.

  • Selama Nataru, 3,05 Juta Penumpang Bakal Lalu Lalang di Bandara Soekarno Hatta – Page 3

    Selama Nataru, 3,05 Juta Penumpang Bakal Lalu Lalang di Bandara Soekarno Hatta – Page 3

    PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) prediksi, jumlah pergerakan penumpang pesawat di 37 bandara InJourney Airports secara kumulatif mencapai 9,27 juta orang, pada periode angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

    Jumlah itu naik sekitar 6 persen dibandingkan dengan angkutan Nataru 2023/2024, yang sebanyak 8,71 juta orang penumpang. 

    “Peningkatan jumlah penumpang pada angkutan Nataru 2024/2025 antara lain didorong terus tumbuhnya permintaan perjalanan udara pasca-pandemi, dan program pemerintah dalam menurunkan harga tiket pesawat yang didukung seluruh ekosistem aviasi,” ujar Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi, Kamis (19/12/2024).

    Dua bandara InJourney Airports tersibuk pada Nataru ini adalah Bandara Soekarno-Hatta Tangerang, dengan perkiraan jumlah penumpang mencapai 3,05 juta, atau naik sekitar 7 persen dari sebelumnya 2,85 juta penumpang. Kemudian, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan 1,39 juta penumpang atau naik sekitar 7 persen dari sebelumnya 1,27 juta penumpang. 

    Faik Fahmi menuturkan, di tengah tingginya lalu lintas penerbangan pada akhir tahun ini, prioritas InJourney Airports tetap kelancaran operasional bandara. Termasuk aspek keamanan, keselamatan, pelayanan dan kesehatan. 

    Sejalan dengan ini, InJourney Airports membuka Posko Angkutan Udara Nataru 2024/2025 sebagai wadah koordinasi di antara ekosistem aviasi di bandara. 

    “Seluruh bandara InJourney Airports membuka Posko Nataru 2024/2025 mulai 18 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 atau selama 19 hari. Posko menjadi wadah bagi seluruh stakeholder, antara lain Kantor Otoritas Bandara, InJourney Airports sebagai operator bandara, maskapai penerbangan, ground handling, TNI, Polri, BMKG, AirNav Indonesia, KKP Kementerian Kesehatan,” bebernya. 

    Di samping pelayanan, InJourney Airports juga berkomitmen menjaga kelancaran operasional bandara di periode sibuk akhir tahun ini. 

    Direktur Operasional InJourney Airports Wendo Asrul Rose mengatakan, rencana operasi telah disiapkan agar bandara dapat mengakomodir tingginya permintaan penerbangan pada akhir tahun.