Tempat Fasum: Bandara Soekarno Hatta

  • Daftar Tarif Spesial Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta, Berlaku hingga 5 Januari 2025 – Halaman all

    Daftar Tarif Spesial Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta, Berlaku hingga 5 Januari 2025 – Halaman all

    PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter berikan diskon tarif spesial untuk layanan dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

    Tayang: Senin, 30 Desember 2024 14:51 WIB

    Instagram @kacommuterbandara

    PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter berikan diskon tarif spesial untuk layanan dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta. 

    TRIBUNNEWS.COM – PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter berikan diskon tarif spesial untuk layanan kereta bandara.

    Melansir dari Instagram resmi @kacommuterbandara, Senin (30/12/2024) diskon hingga Rp 15.000 berlaku hanya khusus periode Nataru 2024/2025 yang dimulai dari tanggal 30 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

    Promo ini berlaku untuk layanan dari dan menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

    Untuk relasi Stasiun Batu Ceper ke Bandara atau sebaliknya, menjadi Rp 35.000.

    Kemudian relasi Manggarai ke BNI City atau Manggarai ke Duri dan sebaliknya hanya Rp 10.000.

    Tarif Spesial Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta (Instagram @kacommuterbandara)

    Berikut adalah rincian harga tiket KA Bandara Soekarno-Hatta

    Manggarai – Bandara : Rp70.000
    BNI City – Bandara : Rp70.000
    Duri – Bandara : Rp70.000
    Batu Ceper – Bandara : Rp35.000
    Rawa Buaya – Bandara : Rp35.000
    Batu Ceper – Manggarai : Rp35.000
    Batu Ceper – BNI City : Rp20.000
    Rawa Buaya – Manggarai : Rp35.000
    Rawa Buaya – BNI City : Rp20.000
    Batu Ceper – Duri : Rp25.000
    Rawa Buaya – Duri : Rp15.000
    Batu Ceper – Rawa Buaya : Rp15.000 – Rp25.000
    Manggarai – BNI City : Rp10.000
    Manggarai – Duri : Rp10.000
    BNI City – Duri : Rp10.000

    (Tribunnews.com/Latifah)

    “);
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:’4′,img:’thumb2′}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }
    else{
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    $(“#test3”).val(“Done”);
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else if (getLast > 150) {
    if ($(“#ltldmr”).length == 0){
    $(“#latestul”).append(‘Tampilkan lainnya’);
    }
    }
    }
    });
    });

    function loadmore(){
    if ($(“#ltldmr”).length > 0) $(“#ltldmr”).remove();
    var getLast = parseInt($(“#latestul > li:last-child”).attr(“data-sort”));
    $(“#latestul”).append(“”);
    $(“.loading”).show();
    var newlast = getLast ;
    if($(“#test3”).val() == ‘Done’){
    newlast=0;
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest”, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast + 1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;
    if(val.c_url) cat = “”+val.c_title+””;
    else cat=””;
    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    else{
    $.getJSON(“https://api.tribunnews.com/ajax/latest_section/?callback=?”, {start: newlast,section:sectionid,img:’thumb2′,total:’40’}, function(data) {
    $.each(data.posts, function(key, val) {
    if(val.title){
    newlast = newlast+1;
    if(val.video) {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = ” “;
    }
    else
    {
    var vthumb = “”;
    var vtitle = “”;
    }
    if(val.thumb) {
    var img = “”+vthumb+””;
    var milatest = “mr140”;
    }
    else {
    var img = “”;
    var milatest = “”;
    }
    if(val.subtitle) subtitle = “”+val.subtitle+””;
    else subtitle=””;

    $(“#latestul”).append(“”+img+””);
    }else{
    return false;
    }
    });
    $(“.loading”).remove();
    });
    }
    }

    Berita Terkini

  • AP: Jumlah penumpang libur Natal dan Tahun Baru tembus 6 juta

    AP: Jumlah penumpang libur Natal dan Tahun Baru tembus 6 juta

    Dari 37 bandara yang dikelola oleh AP Indonesia yang paling tinggi tentu saja di Bandara Soetta, Tangerang, Banten. Kemudian ada Bali, Makasar, Kualanamu, itu empat bandara terbesar yang terjadi lonjakan cukup signifikan. Alhamdulillah sampai hari in

    Tangerang (ANTARA) – PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) melaporkan bahwa jumlah penumpang di 37 bandara yang dikelolanya tembus hingga 6 juta orang pada periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    “Secara nasional sampai hari ke-12 Natal dan Tahun Baru yang akan berakhir nanti pada 5 Januari 2025. Tetapi sampai hari ini sudah ada sekitar 6 juta penumpang yang berhasil kita manage secara baik di seluruh bandara kita di 37 bandara,” kata Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi di Tangerang, Senin.

    Ia mengungkapkan, secara kumulatif prediksi pergerakan penumpang pada periode tersebut bisa menyentuh 9,3 juta orang atau naik sekitar 6 persen bila dibandingkan dengan angkutan periode yang sama pada tahun sebelumnya sebanyak 8,71 juta.

    Akan tetapi, lanjutnya, hingga 12 hari pasca perayaan Natal jumlah trafik pergerakan penumpang di seluruh bandara Indonesia yang dikelolanya itu terjadi peningkatan hingga 10 persen dari 6 juta pergerakan.

    “Artinya jumlah trafik yang kita layani sudah lebih tinggi 10 persen dari tahun lalu, tapi ini masih bergerak karena kita targetkan selama 19 hari periode Natal dan Tahun Baru itu sebanyak 9,3 juta,” ujarnya.

    Ia juga mengungkapkan, dari pergerakan penumpang sebesar 6 juta orang, sekitar 1.200 ekstra flight telah terealisasi selama periode libur akhir tahun tersebut.

    “Sekitar 1.200 ekstra flight yang sudah terealisasi, tapi nanti kan ada ekstra flight lagi untuk arus baliknya,” ucapnya.

    Fahmi mengungkapkan, bandara InJourney Airports yang menjadi bandara tersibuk pada periode libur panjang ini yakni Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dengan perkiraan jumlah penumpang mencapai 3,05 juta atau naik sekitar 7 persen dari sebelumnya 2,85 juta penumpang.

    “Dari 37 bandara yang dikelola oleh AP Indonesia yang paling tinggi tentu saja di Bandara Soetta, Tangerang, Banten. Kemudian ada Bali, Makasar, Kualanamu, itu empat bandara terbesar yang terjadi lonjakan cukup signifikan. Alhamdulillah sampai hari ini semuanya berjalan dengan baik lancar,” ungkap dia.

    Di tengah tingginya lalu lintas penerbangan pada akhir tahun ini, prioritas Angkasa Pura Indonesia tetap menjaga kelancaran operasional bandara termasuk aspek keamanan, keselamatan, pelayanan dan kesehatan.

    Oleh sebab itu, pihaknya akan terus berupaya menghadirkan beragam pelayanan untuk memberikan pengalaman perjalanan terbaik bagi masyarakat saat libur panjang akhir tahun.

    Pada aspek pelayanan, bandara InJourney Airports menghadirkan customer experience terbaik yang dapat dirasakan 5 panca indera penumpang pesawat, yakni penglihatan (sights) melalui dekorasi bertema natal dan tahun baru, lalu suara (sound) dengan pertunjukan live music.

    Kemudian, aroma (scent) dengan wewangian khas nusantara, rasa (taste) lewat kerja sama dengan tenant menghadirkan makanan dan minuman khas Natal dan Tahun Baru, dan layanan langsung (touch) melalui adanya kostum bertema Natal dan tahun baru yang dikenakan staf bandara.

    “Bandara Soetta itu semuanya nyaman saja, trafik bisa kita antisipasi dengan baik, dan kita tidak ada lagi keluhan soal AC karena sudah dingin. jadi kita rasakan perubahan yang terus kita lakukan dan harapannya ke depan jadi semakin baik,” kata Fahmi.

    Pewarta: Azmi Syamsul Ma’arif
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2024

  • Injourney Airport luncurkan “Eat Shop Fly” apresiasi pengguna bandara

    Injourney Airport luncurkan “Eat Shop Fly” apresiasi pengguna bandara

    ini kami luncurkan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, kemudian di Bali, Surabaya, Makassar, Balikpapan dan Yogyakarta sebagai bandara internasional

    Tangerang (ANTARA) – PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) selaku pengelola utama bandara di Indonesia meluncurkan Program “Eat Shop Fly” sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna jasa transportasi udara tersebut.

    Program “Eat Shop Fly” ini diselenggarakan secara khusus di enam bandara internasional khususnya seperti Bandara Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

    “Program apresiasi ini kami luncurkan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, kemudian di Bali, Surabaya, Makassar, Balikpapan dan Yogyakarta sebagai bandara internasional,” kata Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi di Tangerang, Senin.

    Menurutnya, Program “Eat Shop Fly” ini merupakan bentuk apresiasi bagi pengguna jasa bandara Angkasa Pura Indonesia, di mana para pengguna jasa yang berbelanja di berbagai tenant yang ada di enam bandara setiap tiga bulan berkesempatan untuk mendapatkan beragam hadiah menarik.

    “Jadi kita menyiapkan hadiah utama yaitu empat mobil mewah. Di setiap tiga bulan kita undi satu mobil, tapi di luar itu juga kita ada hadiah-hadiah yang diberikan dalam bentuk TV ada iPhone dan lain sebagainya sudah kami siapkan,” katanya.

    Ia menerangkan para pengguna jasa transportasi udara yang ingin mendapat keuntungan dari program apresiasi ini bisa dengan melakukan belanja di tenant bandara Angkasa Pura Indonesia.

    Para peserta, kata Fahmi, hanya tinggal mengunggah foto struk belanja ke aplikasi berbasis web dan berkesempatan untuk mendapatkan beragam hadiah menarik melalui mekanisme pengumpulan poin belanja atau mekanisme undian. Dengan semakin banyaknya jumlah transaksi, maka poin untuk peluang mendapatkan hadiah tersebut semakin besar.

    “Setiap pengunjung Bandara membelanjakan di ritel senilai Rp150.000 itu mendapat 1 poin undian. Jadi semakin banyak poin semakin banyak mereka mendapat kesempatan lebih besar dan itu berlaku untuk di enam bandara kita,” terangnya.

    Dia menyebutkan untuk hadiah utama “Eat Shop Fly” ini yaitu empat unit kendaraan mobil listrik dari brand BYD dengan tipe tertinggi, kemudian barang elektronik seperti TV, iPhone dan kelengkapan pendukung traveling bagi para pengguna jasa transportasi udara.

    “Untuk pengundian kami sudah siapkan sistem, jadi dari sistem itu sebenarnya bisa monitor berapa kesempatan untuk mendapat nomor urut. Kemudian kita sudah sudah siapkan aplikasinya jadi tidak dilakukan secara manual, melainkan begitu transaksi di tenant-tenant langsung mendapatkan 1 poin, 2 poin sampai 3 poin,” kata dia.

    Pewarta: Azmi Syamsul Ma’arif
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2024

  • Sambut Nataru, Bagaimana Keamanan Pesawat Indonesia AirAsia? – Page 3

    Sambut Nataru, Bagaimana Keamanan Pesawat Indonesia AirAsia? – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Indonesia AirAsia mengungkapkan telah melakukan pemeriksaan ramp check pada pesawat yang akan digunakan selama periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). 

    Direktur Utama Indonesia AirAsia, Veranita Yosephine menghadiri langsung proses ramp check tersebut di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, bersama para karyawan (Allstars) untuk memastikan kesiapan operasional demi memberikan layanan terbaik kepada para penumpang.

    “Indonesia AirAsia senantiasa mengutamakan keamanan dan kenyamanan penumpang di setiap penerbangan. Ramp check seperti ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan, tidak hanya saat musim liburan tetapi juga sebagai bagian dari prosedur operasional reguler,” kata Veranita dalam keterangan di Jakarta, dikutip Senin (30/12/2024).

    Namun, pada periode dengan lalu lintas penerbangan tinggi seperti saat ini, kami memberikan perhatian ekstra untuk memastikan semua aspek operasional berjalan lancar, demi menghadirkan pengalaman terbaik bagi para penumpang yang akan menikmati liburan bersama teman dekat maupun keluarga tercinta,” ungkapnya.

    Veranita membeberkan, kegiatan ramp check ini mencakup pemeriksaan menyeluruh pada interior dan eksterior pesawat, meliputi area kabin, kokpit, pintu darurat, fan blade, serta roda pesawat (landing gear dan nose wheel).

    Dia memastikan, seluruh pemeriksaan dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur (SOP) yang berlaku, guna memastikan pesawat dalam kondisi prima, layak terbang, dan siap menghadirkan pengalaman penerbangan yang aman (airworthy for flight).

    Selain proses ramp check, Veranita juga secara langsung meninjau pelayanan di counter check-in dan boarding lounge  untuk memastikan kelancaran proses serta kenyamanan penumpang selama perjalanan.

    Veranita menambahkan bahwa untuk kemudahan pengalaman check-in, Indonesia AirAsia mengimbau penumpang agar melakukan web check-in sebelum keberangkatan.

    Penumpang juga dihimbau untuk memperhatikan barang bawaan kabin tidak melebihi batas 7 kg, dan apabila beratnya melebihi batas, agar mendaftarkan bagasi melalui konter check-in di bandara keberangkatan.

    Selain itu, penumpang disarankan tiba di bandara tiga jam sebelum jadwal keberangkatan guna mengantisipasi kepadatan dan memastikan proses keberangkatan berjalan lancar.

  • Gagal Berangkat ke UEA, 4 Pekerja Migran Ilegal Sumbawa Dipulangkan
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        29 Desember 2024

    Gagal Berangkat ke UEA, 4 Pekerja Migran Ilegal Sumbawa Dipulangkan Regional 29 Desember 2024

    Gagal Berangkat ke UEA, 4 Pekerja Migran Ilegal Sumbawa Dipulangkan
    Tim Redaksi
    SUMBAWA, KOMPAS.com
    – Empat
    Calon Pekerja Migran
    Indonesia (CPMI) atau Tenaga Kerja Indonesia (TKI) nonprosedural asal Kabupaten
    Sumbawa
    , Nusa Tenggara Barat (NTB), dipulangkan dari Jakarta menuju Lombok.
    Mereka dipulangkan usai keberangkatan ke
    Uni Emirat Arab
    (UEA) digagalkan petugas.
    Pemulangan tersebut dilakukan melalui Bandara Soekarno-Hatta (Soeta) dan tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (Bizam) pada pukul 15.30 Wita, Minggu (29/12/2024).
    Kepala Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (
    BP2MI
    ) NTB, Noerman Adhiguna, mengonfirmasi pemulangan tersebut.
    “Iya benar. Sebanyak empat CPMI dari NTB, semuanya asal Kabupaten Sumbawa, digagalkan petugas dalam operasi pencegahan dan pengungkapan,” ujar Noerman.
    Keempat CPMI tersebut berencana bekerja sebagai asisten rumah tangga di Abu Dhabi dan memiliki rentang usia antara 37 hingga 50 tahun.
    Mereka dijanjikan gaji sebesar 1.200 Dirham atau sekitar Rp5 juta per bulan, namun belum menerima uang
    fee
    yang dijanjikan.
    “Kami juga berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumbawa untuk pemulangan CPMI ke rumah masing-masing. Jika mereka tiba di Lombok sore ini, kami akan inapkan dulu di shelter,” tambah Noerman.
    Sebelumnya, BP2MI juga menggagalkan upaya pengiriman delapan CPMI ke Uni Emirat Arab secara nonprosedural melalui pengungkapan di sebuah apartemen di Kota Bogor, Jawa Barat, pada Senin (23/12/2024) pukul 20.30 WIB.
    Noerman mengimbau kepada masyarakat yang ingin menjadi pekerja migran agar berangkat secara prosedural sesuai dengan aturan berlaku.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Kementerian PPMI Gagalkan Penempatan 4 Calon Pekerja Migran Ilegal ke Turki – Page 3

    Kementerian PPMI Gagalkan Penempatan 4 Calon Pekerja Migran Ilegal ke Turki – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Menteri Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PPMI), Abdul Kadir Karding memastikan pihaknya menggagalkan pengiriman calon pekerja migran yang akan menuju Turki.

    Dia menuturkan, awalnya tim menelusuri informasi adanya penempatan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) secara non prosedural yang akan diberangkatkan Sabtu, 28 Desember 2024, Pukul 15.00 WIB melalui Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Tangerang, Banten.

    “Pada saat penelusuran di sekitar lokasi, ditemukan fakta empat CPMI yang akan ditempatkan secara non prosedural ke Turki,” kata Karding dalam keterangan yang diterima, Minggu (29/12/2024).

    Dia mengungkapkan, dari hasil wawancara dari keempat orang CPMI, sebelum berangkat, mereka ditampung di rumah calo berinsial M di Perumahan Bappenas Jatiasih, Bekasi, selama kurang lebih dua minggu. Rencananya akan diberangkatkan untuk bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga.

    “Saat ini keempat orang CPMI telah diserahterimakan dan diselamatkan kerumah ramah BP3MI Banten di Tangerang untuk pembinaan dan fasilitasi kepulangan ke daerah asal. Tim akan berkoordinasi dengan polisi untuk menelusuri calo M dan jaringannya untuk proses lebih lanjut sesuai ketentuan yang berlaku,” jelas Karding.

    Berdasarkan hasil temuan ini, terduga pelaku diduga melanggar hukum dengan pasal yang disangkakan yaitu Pasal 81 Undang-Undang No.18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dan Pasal 2 ayat (2) Undang-Undang Nomor 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

     

     

     

     

  • Kemenlu pulangkan 1.162 WNI dari Suriah akibat perang saudara

    Kemenlu pulangkan 1.162 WNI dari Suriah akibat perang saudara

    Kamis, 12 Desember 2024 21:15 WIB

    Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) berjalan keluar terminal setibanya dari Suriah di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (12/12/2024). Kementerian Luar Negeri memulangkan sebanyak 37 orang WNI tahap pertama dan akan menyusul pemulangan 96 WNI tahap kedua dari total keseluruhan 1.162 WNI karena adanya konflik perang saudara di Suriah. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/YU

    Dua warga negara Indonesia (WNI) saling berpelukan setibanya dari Suriah di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (12/12/2024). Kementerian Luar Negeri memulangkan sebanyak 37 orang WNI tahap pertama dan akan menyusul pemulangan 96 WNI tahap kedua dari total keseluruhan 1.162 WNI karena adanya konflik perang saudara di Suriah. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/YU

    Sejumlah warga negara Indonesia (WNI) didampingi Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri Judha Nugraha (kedua kiri) berjalan keluar terminal setibanya dari Suriah di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (12/12/2024). Kementerian Luar Negeri memulangkan sebanyak 37 orang WNI tahap pertama dan akan menyusul pemulangan 96 WNI tahap kedua dari total keseluruhan 1.162 WNI karena adanya konflik perang saudara di Suriah. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/YU

  • Pemerintah Gagalkan Pemberangkatan Ilegal 4 Pekerja Migran ke Turki

    Pemerintah Gagalkan Pemberangkatan Ilegal 4 Pekerja Migran ke Turki

    Jakarta, CNN Indonesia

    Kementerian Perlindungan Pekerja Migran Indonesia/ Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia telah mencegah pemberangkatan 4 calon pekerja migran Indonesia (CPMI) yang hendak berangkat dari Bandara Soekarno Hatta menuju Turki.

    Menteri PPMI/Kepala BP2MI Abdul Kadir Karding menjelaskan pencegahan itu dilakukan setelah tim menerima informasi terkait keberangkatan CPMI di Terminal 3 Bandara Soetta, Sabtu (28/12). BP2MI kemudian mencegah keberangkatan 4 CPMI dengan tujuan penerbangan ke Turki.

    “Tim menelusuri informasi adanya penempatan CPMI secara nonprosedural yang akan diberangkatkan Sabtu, 28 Desember 2024, Pukul 15.00 WIB melalui Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten,” ujar Karding dalam keterangan resmi, pada Sabtu (28/12).

    “Pada saat penelusuran di sekitar lokasi, ditemukan fakta 4 CPMI yang akan ditempatkan secara non prosedural ke Turki,” lanjutnya.

    Menurut data yang dirilis PPMI/BP2MI, keempat TKI itu berasal dari daerah berbeda dan hendak bekerja di Turki hingga Arab Saudi. CPMI berinisial DEF dari Cilegon, LM dari Cianjur, dan R dari Jakarta Barat akan bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) di Turki.

    Sedangkan, CPMI berinisial TSW merupakan warga Pandeglang, Banten, dan berencana menjadi ART di Arab Saudi. Keempat calon TKI itu sempat ditampung di rumah M, calo keberangkatan ilegal tersebut.

    Mereka tinggal di rumah calo yang berada di Jatiasih, Bekasi, itu selama sekitar dua minggu. Keempat CPMI juga telah mengantongi paspor dan boarding pass untuk keberangkatan Jakarta-Doha dan Doha-Istanbul.

    “Saat dilakukan pencegahan dan penyelamatan, mereka sudah kantongi Paspor dan Boarding Pass dengan tujuan Jakarta-Doha dan Doha-Istanbul,” ujar Karding.

    “Salah satu CPMI bilang, calo yang melakukan proses perekrutan berinisial ‘M,’” lanjutnya.

    Keempat CPMI kemudian dibawa ke rumah ramah BP3MI Banten untuk mendapat pembinaan, sebelum dipulangkan ke daerah asal. Pemerintah melalui BP2Mi juga akan melakukan penelusuran terkait calo M dan jaringannya.

    Pelaku tersebut terancam hukuman pidana penjara maksimal 10 tahun dan denda paling banyak Rp15 miliar karena diduga melanggar Pasal 81 UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

    Ia juga berpotensi disangkakan dengan Pasal 2 ayat (2) UU Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.

    Menteri Karding kemudian mengimbau masyarakat Indonesia yang ingin bekerja di luar negeri supaya mengikuti prosedur. Aturan terkait pekerja luar negeri itu tercantum dalam pasal 5 dan pasal 13 UU Nomor 18 Tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia.

    (frl/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • Sri Mulyani Sidak Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta saat Libur Nataru

    Sri Mulyani Sidak Bea Cukai Bandara Soekarno-Hatta saat Libur Nataru

    Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati bersama jajarannya melakukan kunjungan mendadak (sidak) ke Kantor Pelayanan Umum Bea Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang pada Sabtu (28/12/2024).

    Dalam unggahannya di Instagramnya, @smindrawati, Sri Mulyani membagikan video singkat penyidakan tersebut. Dia hadir bersama Wakil Menteri Keuangan Anggito Abimanyu, Kepala Badan Pengendalian Pembangunan dan Investigasi Khusus Aris Marsudiyanto, dan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan Askolani.

    Sri Mulyani menjelaskan tujuan kedatangannya ke Kantor Pelayanan Umum Bea Cukai Tipe C Bandara Soekarno-Hatta untuk memastikan kesiapsiagaan layanan unit-unit Kementerian Keuangan menghadapi rangkaian Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    Dia mengaku berdialog langsung dengan banyak penumpang di Bandara Soekarno-Hatta yang akan dan pulang dari luar negeri. Sri Mulyani mengaku menanyakan kesan dan pesan mereka atas pelayanan Bea Cukai.

    Tak hanya itu, bendahara Negera itu juga menyaksikan penanganan barang bawaan penumpang mulai dari pemindaian awal, Indonesian Customs Declaration (e-CD), penanganan Red Zone, registrasi IMEI, payment point, hingga sistem monitoring control room yang semuanya beroperasi tanpa henti.

    “Masyarakat harus mendapatkan pelayanan paling prima dari seluruh punggawa Kementerian Keuangan,” tulis Sri Mulyani dalam keterangan di Instagram @smindrawati, Sabtu (28/12/2024).

    Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatatkan puncak pergerakan penumpang pesawat terbang selama masa Natal jatuh pada 22 Desember yaitu sebanyak 301.488 penumpang atau naik 3,92% dari momen yang sama tahun lalu.

    Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kementerian Perhubungan Budi Rahardjo mengklaim kenaikan jumlah pergerakan penumpang pesawat tersebut sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk menurunkan harga tiket sebesar 10% selama 16 hari pada masa angkutan Nataru 2024/2025. 

  • Cara Daftar Garuda Miles serta Jenis dan Tukar Poinnya

    Cara Daftar Garuda Miles serta Jenis dan Tukar Poinnya

    Garuda Miles adalah Loyalty Program dari Garuda Indonesia yang dirancang sebagai bentuk apresiasi untuk pelanggan setia Garuda Indonesia. Miles dikumpulkan setiap kali Anda terbang dengan Garuda Indonesia maupun mitra maskapai Garuda.

    Miles yang terkumpul bisa ditukar dengan Award Ticket ke tujuan favorit Anda atau Upgrade Awards untuk meningkatkan kelas penerbangan dari ekonomi ke bisnis. Kedua jenis Award itu bisa diberikan sebagai hadiah kepada keluarga atau teman.

    Sebagai anggota Garuda Miles, Anda akan menikmati berbagai keuntungan eksklusif, seperti check-in counter khusus di bandara, kuota bagasi tambahan, prioritas penanganan bagasi, prioritas dalam daftar tunggu reservasi tiket, dan akses ke lounge bandara Garuda Indonesia. Jika tertarik, berikut cara daftar Garuda Miles serta jenis keanggotaan dan cara tukar poinnya.

    Cara daftar Garuda Miles

    Untuk bergabung dengan Garuda Miles, pengguna perlu mendaftar secara online. Berikut cara daftar Garuda Miles:

    Kunjungi situs resmi Garuda Indonesia. Login atau daftarkan akun baru, lengkapi data diri yang diminta, kemudian klik Submit. Setelah pendaftaran berhasil, pengguna akan menerima nomor keanggotaan Garuda Miles yang bisa langsung digunakan untuk mengumpulkan Mileage dan menikmati fasilitas Garuda Miles Blue. Mileage akan diberikan setelah penerbangan pertama pengguna. Kartu keanggotaan Garuda Miles akan diterbitkan setelah aktivitas pertama, baik untuk penerbangan maupun non-penerbangan.

    Sebagai catatan, anggota GarudaMiles EC+ dan Platinum akan menerima kartu fisik, sedangkan anggota lainnya dapat menggunakan e-card atau kartu digital.

    Jenis-jenis keanggotaan Garuda Miles

    Program loyalty Garuda Miles menawarkan beberapa jenis keanggotaan, yaitu:

    1. Garuda Miles Blue

    Jenis ini merupakan keanggotaan reguler Garuda Miles yang memberikan keuntungan seperti bonus 1.000 Garuda Miles untuk anggota baru dan prioritas dalam daftar tunggu reservasi tiket.

    2. Garuda Miles Silver

    Keanggotaan ini diperoleh setelah mengumpulkan 10.000 tier miles atau terbang 10 sektor dalam setahun. Keuntungannya meliputi check-in khusus di Bandara Soekarno-Hatta, tambahan bagasi 5 kilogram (kg), dan prioritas dalam daftar tunggu reservasi tiket.

    3. Garuda Miles Gold

    Jenis ini diperoleh setelah mengumpulkan 30.000 tier miles atau terbang 30 sektor dalam setahun. Keanggotaan ini juga dapat diperoleh melalui kartu BNI Garuda Visa Signature.

    Beberapa keuntungan yang didapatkan antara lain:

    Konter check-in khusus di Bandara Soekarno-Hatta Konter kelas eksekutif, kecuali di Bandara Soekarno-Hatta Akses ke Airport Lounge domestik untuk satu orang 15 kg tambahan bagasi 25% tier bonus Prioritas penanganan bagasi Prioritas daftar tunggu reservasi tiket

    4. Garuda Miles Platinum

    Diperoleh setelah mengumpulkan 50.000 tier miles atau terbang 50 sektor dalam setahun. Beberapa keuntungan yang ditawarkan termasuk:

    Konter check-in khusus di Bandara Soekarno-Hatta Konter kelas eksekutif Akses ke Airport Lounge domestik dan internasional bersama satu tamu 20 kg tambahan bagasi 25% tier bonus Prioritas penanganan bagasi Prioritas daftar tunggu reservasi tiket

    5. Garuda Miles Junior

    Keanggotaan ini dikhususkan untuk anak-anak berusia 2 hingga 11 tahun. Ketika anak tersebut mencapai usia 12 tahun, keanggotaan akan secara otomatis beralih menjadi Garuda Miles Blue.

    6. Garuda Miles EC Junior  

    Keanggotaan ini dapat dibeli dengan biaya Rp4,5 juta dan biaya perpanjangan tahunan sebesar Rp3,5 juta. Anggota Garuda Miles EC+ akan mendapatkan asuransi perlindungan hingga Rp600 ribu untuk kasus keterlambatan penerbangan, penolakan boarding, dan bagasi terlambat, serta perlindungan hingga Rp1,5 juta untuk bagasi hilang.

    7. Garuda Miles Co-Brand

    Kartu Garuda Miles Co-Brand menawarkan berbagai keuntungan eksklusif dan tersedia melalui beberapa bank, termasuk: Kartu Kredit Garuda BNI, Garuda Indonesia Citi Card, Kartu Debit BNI Garuda, Kartu Debit Mandiri Garuda, Kartu Debit BRI Garuda, dan Kartu Debit BTN Garuda.

    Cara dapatkan poin Garuda Miles

     Poin Garuda Miles bisa didapatkan melalui beberapa cara, yaitu:

    Tiket pesawat Menginap di hotel Menyewa mobil Belanja Perbankan atau keuangan Membeli GarudaMiles

    Garuda Miles juga bisa dibeli melalui situs resmi Garuda Indonesia. Untuk harga, 1 mile GarudaMiles dihargai Rp333, atau Rp333.000 untuk kelipatan 1.000 miles.

    Cara tukarkan mileage dengan Award Ticket

    Berikut cara untuk memeriksa mileage dan melakukan reservasi penerbangan menggunakan Award Ticket:

    Cek mileage Anda dan lakukan reservasi penerbangan dengan menghubungi Call Center Garuda Indonesia di (021) 2351 9999 atau 0804 1807 807. Lengkapi formulir Award Ticket yang tersedia di seluruh Kantor Penjualan Garuda Indonesia, atau unduh dari situs web Garuda Miles di www.garuda-indonesia.com/garudamiles. Kunjungi Kantor Penjualan Garuda Indonesia terdekat untuk menyelesaikan proses penukaran dan prosedur ticketing. Proses penukaran Award Ticket untuk semua maskapai mitra Garuda Indonesia hanya dapat dilakukan di Kantor Penjualan Garuda Indonesia. Upgrade Award tidak berlaku untuk penerbangan maskapai mitra SkyTeam.

    Untuk informasi lebih lanjut, hubungi Call Center Garuda Indonesia di 0804 1807 807 atau (021) 2351 9999, yang melayani 24 jam setiap hari.

    Demikianlah cara daftar Garuda Miles serta jenis-jenis keanggotaan dan tukar poinnnya. Semoga bermanfaat.