Tempat Fasum: Bandara Soekarno Hatta

  • Kronologi Semua Petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Dicopot karena Peras WNA China

    Kronologi Semua Petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Dicopot karena Peras WNA China

    Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan (Imipas) mencopot semua petugas Imigrasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Langkah ini diambil setelah Kementerian Imipas menerima data dari Kedutaan Besar (Kedubes) China terkait dugaan pemerasan yang dialami warganya.

    Sebelumnya, Kedubes China telah bersurat kepada Direktorat Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Indonesia terkait kasus pemerasan yang terjadi di salah satu bandara internasional di Jakarta. 

    Dalam surat tertanggal 21 Januari 2025 itu, Kedubes China menyampaikan daftar kasus pemerasan yang terjadi antara Februari 2024 hingga Januari 2025. Daftar yang disampaikan tersebut hanyalah sebagian kecil dari keseluruhan kasus, karena masih banyak warga negara China yang menjadi korban pemerasan, tetapi tidak melaporkan kejadian tersebut karena jadwal yang ketat atau takut akan pembalasan saat memasuki wilayah Indonesia di masa mendatang.

    “Tahun lalu, dengan bantuan Direktorat Konsuler dari Kementerian yang terhormat, Kedutaan Besar China telah menjalin kontak erat dan koordinasi dengan kantor imigrasi di Bandara Internasional Jakarta serta berhasil menyelesaikan sedikitnya 44 kasus pemerasan, dengan total dana sekitar Rp 32.750.000 yang telah dikembalikan kepada lebih dari 60 warga negara China,” tulis surat dari Kedubes China, dikutip Minggu (2/2/2025). 

    Menyusul ada kasus pemerasan ini, pihak Kedubes China berharap agar tanda-tanda bertuliskan “Dilarang memberi tip” dan “Laporkan jika terjadi pemerasan” dalam bahasa Tiongkok, Indonesia, dan Inggris dapat dipasang di pos pemeriksaan imigrasi. Selain itu, Kedubes China juga mengusulkan agar perintah larangan pemberian tip diberikan kepada agen perjalanan China, sehingga mereka tidak menyarankan wisatawan China untuk menyuap petugas imigrasi.

    Sementara itu, Menteri Imigrasi dan Pemasyarakatan Agus Andrianto menegaskan, penarikan semua petugas di Bandara Soekarno-Hatta tidak terkait dengan video dugaan pungli terhadap warga negara China yang belum lama ini beredar di media sosial.

    “Ini case (kasus) berbeda, data yang berbeda. Setelah kami terima semua datanya, langsung kami tarik semua (petugas) yang (nama-namanya) ada di data (Kedubes China) dari penugasan di Soetta, kami ganti,” katanya saat dikonfirmasi Beritasatu.com, Sabtu (1/2/2025).

    Seluruh petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta yang namanya ada dalam data Kedubes China saat ini tengah menjalani pemeriksaan internal. Petugas yang terbukti melakukan pelanggaran nantinya akan mendapat hukuman yang setimpal.

    “Untuk menjaga integritas dan pelayanan, kami langsung menarik dan memeriksa petugas yang diduga terlibat. Tindakan tegas juga akan kami lakukan apabila mereka terbukti melakukan kesalahan,” kata Agus. 

    Agus juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kedubes China yang memberikan data dugaan pemerasaan yang dilakukan petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta terhadap warga China. Hal itu juga sekaligus momentum Direktorat Jenderal Imigrasi, di bawah Kementerian Imipas, untuk melakukan perbaikan. 

  • Buntut Pemerasan WNA China, Semua Petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Diganti

    Buntut Pemerasan WNA China, Semua Petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta Diganti

    Jakarta, Beritasatu.com – Kementerian Imigrasi dan Pemasyarakatan (Imipas) menarik atau mengganti semua petugas Imigrasi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kebijakan tersebut diambil setelah Kementerian Imipas menerima data dari Kedutaan Besar (Kedubes) China terkait dugaan pemerasan yang dialami warganya selama 2024 hingga Januari 2025.

    Menteri Imigrasi dan Permasyarakatan (Imipas) Agus Andrianto menegaskan, penarikan semua petugas di Bandara Soekarno-Hatta tidak terkait dengan video dugaan pungli terhadap waga negara China yang beredar kemarin di TikTok dan X.

    “Kalau yang video pungli itu benar hoaks. Ini case (kasus) berbeda, data yang berbeda. Setelah kami terima semua datanya, langsung kami tarik semua (petugas) yang (nama-namanya) ada di data (Kedubes China) dari penugasan di Soetta, kami ganti,” katanya saat dikonfirmasi Beritasatu.com, Sabtu (1/2/2025).

    Agus menjelaskan, semua petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta yang namanya ada dalam data Kedubes China akan menjalani pemeriksaan internal. “Saat ini mereka sedang dalam pemeriksaan internal,” tegasnya.

    Penarikan semua petugas tersebut, menurut Agus, merupakan bagian dari perombakan untuk menjaga integritas dan kualitas pelayanan. Selain itu, para petugas yang nantinya terbukti melakukan pelanggaran akan mendapat hukuman yang setimpal.

    “Untuk menjaga integritas dan pelayanan, kami langsung menarik dan memeriksa petugas yang diduga terlibat. Tindakan tegas juga akan kami lakukan jika mereka terbukti melakukan kesalahan,” bebernya terkait petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta diganti.

    Tak lupa, Agus mengucapkan terima kasih kepada Kedubes China yang memberikan data dugaan pemerasaan yang dilakukan petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta. Hal itu juga sekaligus momentum Direktorat Jenderal Imigrasi, di bawah Kementerian Imipas, untuk berbenah.

    “Kami terima kasih dengan informasi dari kedutaan RRC atas perilaku anggota di lapangan. Kami akan terus berbenah demi kebaikan institusi Imigrasi khususnya, termasuk di permasyarakatan,” ujar Menteri Agus.

    Agus memastikan Kementerian Imipas akan selalu terbuka dengan saran, kritik, dan masukan selama dapat dipertanggungjawabkan. Dia pun bersyukur dengan adanya informasi dari Kedubes China.

    “Kalau enggak diinformasikan kedutaan, kami kan enggak tahu. Dengan begini kami bersyukur sehingga segera, tanpa tunggu lama dapat kami ambil langkah perbaikan. Ini menjadi peringatan untuk jajaran Unit Pelayanan, untuk amanah dan tak ceroboh dalam menjalankan tugasnya,” urianya.

    Kementerian Imipas, kata Agus, ke depan akan mengembangkan sistem pemeriksaan keimigrasian berbasis digital. Diharapkan nantinya proses keimigrasian menjadi lebih mudah, transparan dan efisien.

    “Terpenting adalah bebas dari potensi penyalahgunaan,” pungkas Menteri Agus Andrianto terkait petugas Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta diganti.

  • Kargo pertama di Bandara Kertajati. Bawa 900 ekor domba dari Australia

    Kargo pertama di Bandara Kertajati. Bawa 900 ekor domba dari Australia

    Sumber foto: Enok Carsinah/elshinta.com.

    Kargo pertama di Bandara Kertajati. Bawa 900 ekor domba dari Australia
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 31 Januari 2025 – 14:14 WIB

    Elshinta.com – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati untuk pertama kalinya kedatangan pesawat kargo yang membawa 900 ekor domba dari Australia. 

    Kargo tiba di Bandara Kertajati, Selasa (28/1/2025), pukul 07.00 WIB, dengan menggunakan pesawat Maskargo milik maskapai Malaysia Airlines. 

    Momen tersebut disaksikan langsung oleh Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin, di dampingi Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi, Dirut BIJB.

    “Ini kargo pertama ke Kertajati, yaitu pengiriman domba dari Australia sebanyak 900 ekor,” ucap Bey seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Enok Carsinah, Jumat (31/1). 

    Sebanyak 900 domba Australia tersebut terdiri dari bibit domba Dorper Black Head (60 jantan + 475 betina), bibit domba Suffolk (80 jantan + 140 betina), bibit domba Texel (45 jantan + 100 betina). Selanjutnya domba tersebut akan dikarantina di Cilacap, Jawa Tengah. 

    Bey menuturkan, pengiriman kargo tersebut merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan Bandara Kertajati. 

    Selain melayani penumpang, bandara di Kabupaten Majalengka tersebut juga akan diramaikan oleh aktivitas kargo baik dalam maupun luar negeri. 

    “Ini bagian dari upaya kami untuk menghidupkan Kertajati,” tuturnya.

    Bey menyebut, biaya non transportasi layanan kargo ke Bandara Kertajati relatif lebih murah dibanding bandara lainnya. 

    Untuk itu Bey mengajak, khususnya importir agar menggunakan layanan kargo di Bandara Kertajati. 

    “Tadi saya tanya ke importir, biaya bukan transpor lebih murah di sini daripada di Bandara Soekarno Hatta. Selanjutnya juga mereka akan memilih Kertajati,” sebutnya. 

    Keunggulan lainnya, yaitu sistem navigasi Bandara Kertajati lebih canggih walaupun cuaca sedang berkabut. Hal itu yang dirasakan pilot Maskargo saat mendaratkan pesawat di Kertajati. 

    “Tadi saya tanya pilotnya, runway bagus dan aman, apalagi sistem navigasinya canggih. Jadi lebih aman karena tadi cuacanya berkabut, tapi tidak masalah,” ungkap Bey. 

    Sementara Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi mengapresiasi peran Pemrov Jabar dalam meramaikan kegiatan di Bandara Kertajati.

    “Pemkab Majalengka akan terus support dalam optimalisasi Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, guna mendukung konektivitas dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat ,” ujar Dedi Supandi.

    Pj Bupati Majalengka yakin kawasan Bandara Kertajati akan terus berkembang mengingat potensi yang dimiliki bandara tersebut sangat bagus.

    Sumber : Radio Elshinta

  • 334,3 Juta Penumpang Bakal Padati KRL Jabodetabek di 2025 – Page 3

    334,3 Juta Penumpang Bakal Padati KRL Jabodetabek di 2025 – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) atau KAI Commuter memproyeksikan, jumlah pengguna KRL Jabodetabek di sepanjang 2025 mencapai angka 334,3 juta orang. Melanjutkan tren peningkatan penumpang yang terus dialami KRL Commuter Line Jabodetabek dari tahun ke tahun.

    Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto menyampaikan, volume pengguna KRL Jabodetabek di sepanjang 2024 sebesar 328,15 juta orang. Mengalami kenaikan sebesar 13 persen dibandingkan 2023 yang sebesar 290,89 jutaorang penumpang.

    “Total volume pengguna Commuter Line Jabodetabek sebanyak 328.153.923 orang. Rata-rata volume pengguna pada saat weekdays sebesar 1.014.934 orang, dan weekend sebesar 823.719 orang,” terangnya di Kantor KAI Commuter, kompleks Stasiun Juanda, Jakarta, Kamis (30/1/2025).

    Lonjakan penumpang itu turut berdampak terhadap puncak jam sibuk (peak hour) KRL Jabodetabek yang bertambah 1 jam. Asdo mengutarakan, pesebaran pengguna pada jam sibuk pagi pada 2024 dimulai pada pukul 05.30-08.30 WIB. Bergeser dari sebelumnya pukul 06.00-08.00 WIB.

    “Sementara untuk pesebaran pengguna pada peak hour sore mulai pukul 15.30-19.00 WIB,” imbuh dia.

    Adapun volume pengguna KRL Jabodetabek tertinggi pada 2024 terjadi pada 5 Oktober 2024, yakni sebanyak 1.209.506 orang.

    “Volume tertinggi memang ada di bulan Juli, Oktober dan Desember, karena ada Nataru. Terlihat di sini dalam setiap bulannya pengguna rata-rata di weekday ini sudah mencapai 1 juta,” kata Asdo.

    Untuk 2025, KAI Jabodetabek memperkirakan, KRL Jabodetabek akan menampung sebanyak 334,36 juta orang penumpang. Naik 6 juta orang lebih dibanding jumlah pengangkutan di tahun sebelumnya.

    Asdo memperkirakan, total volume KRL Commuter Line di seluruh wilayah operasi pada 2025 bakal mencLak 383.78 juta orang. Selain KRL Jabodetabek, angka tersebut turut disumbang oleh jumlah angkutan di KRL Wilayah 1 Merak, KA Bandara Soekarno-Hatta (Basoetta), KRL Wilayah 2 Bandung, KRL Wilayah 6 Yogyakarta, dan KRL Wilayah 8 Surabaya.

    “Proyeksi volume pengguna Commuter Line di seluruh wilayah KAI Commuter tahun 2025 sebesar 338.780.436 orang, atau naik 107 persen dari tahun 2024,” jelas Asdo.

     

  • Dirut KCI: Integrasi Stasiun Karet-BNI City Rampung April 2025

    Dirut KCI: Integrasi Stasiun Karet-BNI City Rampung April 2025

    Bisnis.com, JAKARTA — Integrasi Stasiun Karet dengan Stasiun BNI City ditargetkan rampung pada April mendatang. Para penumpang disebut tetap dapat masuk melalui pintu akses Stasiun Karet dan menuju Stasiun BNI City melalui selasar. 

    Direktur Utama KAI Commuter Asdo Artriviyanto mengatakan rencana pengintegrasian ini sudah lama direncanakan sejak 2020, tetapi pelaksanaannya memerlukan waktu. Asdo mengatakan Stasiun Karet sudah tidak memenuhi syarat untuk menaikturunkan penumpang.

    “Kondisi Karet sudah tidak memenuhi syarat untuk menaik turunkan penumpang. Oleh karena itu penumpang akan naik turun melalui BNI City yang lebih nyaman dan bagus dan peronnya lebih luas,” kata Asdo dalam konferensi pers, Kamis (30/1/2025).

    Asdo menjelaskan Stasiun Karet tidak akan ditutup, penumpang tetap dapat mengakses KRL dari Stasiun Karet untuk menuju Stasiun BNI City. Saat ini pihaknya sedang membangun selasar yang ada di Stasiun Karet untuk dapat disambung dengan Stasiun BNI City.

    Kemudian, di ujung barat Stasiun BNI City juga akan dibangun hall yang nantinya penumpang dari Karet akan masuk melalui pintu tersebut.

    “Nanti penumpang dari pintu stasiun karet bisa langsung masuk BNI City tidak perlu jauh jauh ke timur maupun ke tengah. Insyaallah bulan April sudah selesai semua,” jelas Asdo.

    Rencananya Stasiun Karet akan menjadi area pubik yang dikelola oleh KAI, KCI, MRT dan Pemda Jakarta. Nantinya juga akan dibangun tenant-tenant makanan disepanjang selasar Stasiun Karet menuju Stasiun BNI City. Asdo mengungkapkan para stakeholder sudah menyiapkan konsep tersebut.

    Sebelumnya, Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal mengatakan pihaknya sedang mengkaji rencana penutupan tersebut bersama dengan PT Kereta Api Indonesia serta masyarakat sekitar.

    “Belum, masih dikaji. Definisi tutup itukan belum clear ya apakah tidak difungsikan [lagi]. Tapi diintegrasikan [dengan Stasiun BNI City] sudah pasti,” kata Risal di Kantor Kemenko IPK, Rabu (8/1/2025).

    PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter mengungkapkan integrasi Stasiun BNI City dan Stasiun Karet akan membuat waktu perjalanan ke Bandara Soekarno Hatta makin singkat dari 56 menit menjadi 40 menit.

    Dalam upaya mengurangi waktu tempuh perjalanan kereta, saat ini KAI Commuter bersama PT Kereta Api Indonesia (Persero) tengah melakukan pembahasan dan koordinasi bersama Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan atau DJKA, untuk mengintegrasikan operasional Stasiun Karet dengan Stasiun BNI City.

  • Bikin Kaget! Belanja di Transmart Bisa Gratis Umroh

    Bikin Kaget! Belanja di Transmart Bisa Gratis Umroh

    Jakarta

    Hari ini, Kamis, 30 Januari 2025, Transmart kembali memberangkatkan 100 orang pemenang program 300 Paket Umroh atau Wisata Gratis Ke Turki, yang diberangkatkan langsung dari Hotel Ibis Style Bandara Soekarno Hatta. Dalam momen ini, ada beberapa pemenang yang turut sekaligus mengajak keluarganya untuk pergi Umroh.

    Salah satunya adalah pemenang Umroh Berkah dari wilayah Pekanbaru, Tantri Saputro, yang juga mengajak serta istri dan ketiga anaknya dalam perjalanan Umroh bersama Transmart ini. Meskipun hanya Tantri yang mendapatkan Umroh gratis, ia merasa bersyukur dan menganggap kesempatan ini bisa ia dapatkan lantaran kerap berbelanja di Transmart Pekanbaru.

    “Sebelumnya kami sekeluarga tidak percaya kalau memenangkan undian Umroh Berkah Transmart batch ketiga. Pertama (dikabari) via WhatsApp. Lalu saya crosscheck melalui Instagram Transmart, dan juga saya mengunjungi Transmart di Pekanbaru. Syukur alhamdulillah, nama saya terpilih sebagai salah satu pemenang undian Umroh Berkah Transmart,” ujar Tantri saat ditemui dalam acara pelepasan pemenang program ini di Hotel Ibis Style Bandara Soekarno Hatta, Kamis (30/1/2025).

    Tantri mengakui dirinya gemar berbelanja ke Transmart, terutama di hari Minggu. Hal ini, Tantri bilang, karena ada potongan harga yang berlaku di setiap hari Minggu di semua gerai Transmart.

    “Biasanya beli elektronik, dan berganti-ganti juga. Kadang main di atas, di wahana permainan mengajak anak-anak. Kebetulan kemarin kami membeli tv melalui aplikasi Allo Bank ada tambahan diskon, dan juga pakai kartu kredit Bank Mega,” terangnya.

    “Untuk Transmart, semoga program ini tetap berlanjut. Jadi, pelanggan setia yang lain juga dapat memperoleh kesempatan seperti kami untuk dapat berangkat Umroh,” tandas Tantri.

    Dalam kesempatan yang sama, HR & Corporate Communications Directors PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid, mengatakan para pemenang program ini adalah pelanggan setia Transmart dari berbagai wilayah di Indonesia. Satria bilang, dengan berbelanja sejumlah nominal tertentu, pelanggan setia Transmart berhak mendapatkan kupon undian perjalanan Umroh Berkah ini.

    “Mereka adalah para konsumen yang berbelanja di toko kami. Dari Sabang sampai Merauke, dengan jumlah belanja tertentu, mereka berhak mendapatkan kupon untuk diundi. Jadi, proses ini sangat transparan sekali. Ini kita lakukan di hadapan notaris dan sudah kita lakukan juga, baik di batch 1, batch 2 dan batch 3. Jadi, yang terpilih ini adalah konsumen Transmart yang berbelanja dengan jumlah tertentu, sudah diundi dan menjadi pemenangnya. Menjadi takdir untuk bisa berumroh bersama kami,” terang Satria saat ditemui di Hotel Ibis Style Bandara Soekarno Hatta, Kamis (30/1/2025).

    Lebih lanjut Satria mengatakan, terkait dengan kelanjutan program Umroh ini akan dilakukan evaluasi agar dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Satria bilang, ini menjadi salah satu cara agar Transmart bisa selalu dekat dan menjadi pilihan konsumen.

    “Kalau kita bicara dengan program Umroh ini, kita akan evaluasi dan insyaallah mudah-mudahan, program ini akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Karena kita ingin tetap dekat dengan konsumen. Kita bersama mari membangun Transmart,” tandasnya.

    (eds/eds)

  • Transmart Berangkatkan Pemenang Program Umroh dan Libur ke Turki Hari Ini

    Transmart Berangkatkan Pemenang Program Umroh dan Libur ke Turki Hari Ini

    Jakarta

    Tepat di hari Kamis, 30 Januari 2025, Transmart kembali memberangkatkan 100 orang pemenang program 300 Paket Umroh atau Wisata Gratis Ke Turki, yang diberangkatkan langsung dari Hotel Ibis Style Bandara Soekarno Hatta dengan acara pelepasan yang dihadiri oleh perwakilan manajemen Transmart. Para pemenang juga akan didampingi oleh Ustad Maulana selama proses mulai dari keberangkatan, di Tanah Suci sampai kembali lagi ke tanah air.

    HR & Corporate Communications Directors PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid, mengatakan para pemenang program ini adalah pelanggan setia Transmart dari berbagai wilayah di Indonesia. Satria bilang, dengan berbelanja sejumlah nominal tertentu, pelanggan setia Transmart berhak mendapatkan kupon undian perjalanan Umroh Berkah ini.

    “Mereka adalah para konsumen yang berbelanja di toko kami. Dari Sabang sampai Merauke, dengan jumlah belanja tertentu, mereka berhak mendapatkan kupon untuk diundi. Jadi, proses ini sangat transparan sekali. Ini kita lakukan di hadapan notaris dan sudah kita lakukan juga, baik di batch 1, batch 2 dan batch 3. Jadi, yang terpilih ini adalah konsumen Transmart yang berbelanja dengan jumlah tertentu, sudah diundi dan menjadi pemenangnya. Menjadi takdir untuk bisa berumroh bersama kami,” terang Satria saat ditemui di Hotel Ibis Style Bandara Soekarno Hatta, Kamis (30/1/2025).

    Lebih lanjut Satria mengatakan, terkait dengan kelanjutan program Umroh ini akan dilakukan evaluasi agar dapat berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Satria bilang, ini menjadi salah satu cara agar Transmartd bisa selalu dekat dan menjadi pilihan konsumen.

    “Kalau kita bicara dengan program Umroh ini, kita akan evaluasi dan insyaAllah mudah-mudahan, program ini akan terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya. Karena kita ingin tetap dekat dengan konsumen. Kita bersama mari membangung Transmart,” tambahnya.

    Satria juga menjelaskan ada program-program menarik lainnya yang akan terus berjalan seiring berakhirnya program 300 Paket Umroh atau Wisata Gratis Ke Turki. Beberapa di antaranya seperti promo, Full Day Sale, dan program promosi reguler lainnya.

    “Kita juga bekerja sama dengan ekosistem yang ada di CT Corporate seperti dengan Allo Bank, dengan Bank Mega, Bank Mega Syariah juga. Tentunya, movement dari Transmart dan CT Corporate ini juga ingin memberikan yang terbaik bagi konsumen dan masyarakat Indonesia,” terang Satria.

    Satria juga mengelaborasi lebih lanjut, dari diadakannya program 300 Paket Umroh atau Wisata Gratis Ke Turki, mendapatkan animo yang besar dari masyarakat. Hal ini, kata Satria, terlihat dari peningkatan jumlah konsumen yang berbelanja di Transmart hingga sebesar 10%-20%.

    “Kalau kita lihat, baik batch 1, batch 2, dan batch 3, terjadi animo yang sangat besar dari masyarakat itu sendiri. Terbukti dengan terjadi lonjakan konsumen yang berbelanja yang mengikuti program. Jadi, besar harapan kami memang kegiatan ini akan terus bisa berlanjut. Kita evaluasi, dan tentunya kita akan memberikan yang terbaik bagi konsumen masyarakat Indonesia. Kalau kita lihat, angka ratanya itu meningkat sekitar 10%-20%. Ini merupakan sesuatu yang sangat baik, dari sisi jumlah pengunjung dan yang ikut program ini,” ungkapnya.

    Terkait pemenang program ini, Satria mengatakan bahwa dominasinya berasal dari wilayah Pulau Jawa. Tetapi, ke depannya, Satria bilang sangat memungkinkan pemenangnya juga didominasi dari daerah lain.

    “Kalau kita lihat dari batch 1, 2, dan 3 yang berangkat itu memang masih banyak didominasi dari Pulau Jawa. Tetapi tidak menutup kemungkinan ke depannya akan banyak lagi di luar Pulau Jawa. Kalau dari komposisi, memang masih banyak terkonsentrasi di Pulau Jawa,” ujarnya.

    Sekadar informasi, dalam menyambut bulan Ramadan, Satria mengatakan bahwa Transmart akan tetap punya promo menarik untuk pelanggan. Hal ini lantaran, periode Ramadan menjadi fase panen raya bagi sektor ritel.

    “Kita sudah bekerja sama dengan para pemasok, menyiapkan program-program promo yang menarik, yang bisa masyarakat nanti akan beli di fase sebelum Ramadan, Ramadan, Idul Fitri, bahkan pasca Idul Fitri. Kami mengucapkan banyak terima kasih dengan para pemasok yang sudah bekerja sama. Kita memberikan yang terbaik, kita membuat promo-promo yang menarik, dan kita juga membuat produk-produk dengan harga kompetitif yang hanya ada di kita,” tandasnya.

    (eds/eds)

  • Transmart Berangkatkan 100 Pemenang Umroh Kloter Ketiga

    Transmart Berangkatkan 100 Pemenang Umroh Kloter Ketiga

    Jakarta

    Transmart memberangkatkan 100 pemenang periode ketiga dan terakhir dari program 300 Paket Umroh atau Wisata Gratis Ke Turki yang akan dilaksanakan pada Kamis, 30 Januari 2025 setelah sebelumnya dilakukan pengundian pada Senin, 23 Desember 2024 yang disaksikan oleh President Director & CEO PT Trans Retail Indonesia, Shafie Shamsuddin, perwakilan dari Kementerian Sosial, Dinas Sosial, pihak kepolisian, dan notaris yang ditunjuk, jajaran direksi Transmart untuk memastikan transparansi proses pengundiannya.

    Program ini merupakan bentuk apresiasi Transmart kepada pelanggan setianya yang telah mendukung Transmart sebagai destinasi belanja dan hiburan keluarga terbaik di Indonesia. Pihak Transmart percaya bahwa loyalitas pelanggan pantas mendapatkan penghargaan istimewa, dan perjalanan spiritual atau wisata ke destinasi yang penuh sejarah ini merupakan hadiah yang tak ternilai.

    “Sebuah kebanggaan yang besar bagi kami bahwa program ini telah sukses berjalan sejak pertama kali diluncurkan pada Maret 2024 yang lalu. Program ini merupakan bentuk penghargaan kepada pelanggan setia kami yang senantiasa mendukung komitmen Transmart untuk memberikan lebih dari sekadar pengalaman belanja, tetapi juga momen-momen bermakna yang dapat menginspirasi dan memberikan kebahagiaan,” ujar President Director & CEO PT Trans Retail Indonesia, Shafie Shamsuddin, dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Kamis (30/1/2025).

    Melalui program ini Transmart telah memberangkatkan sebanyak 200 orang pelanggan Transmart untuk beribadah Umroh ke Tanah Suci, maupun wisata sejarah ke Turki secara gratis di dua periode sebelumnya. Kini, 100 orang lainnya diberangkatkan tepat di hari ini.

    “Kami berharap bahwa perjalanan pemenang periode terakhir program ini menjadi pengalaman yang berkesan dan penuh manfaat serta dapat mempererat hubungan Transmart dengan pelanggan serta menjadikan Transmart sebagai pilihan utama dalam memenuhi kebutuhan harian para pelanggan setia kami,” lanjut Shafie.

    Shafie juga menjelaskan, program 300 Paket Umroh atau Wisata Gratis Ke Turki mendorong semangat kebersamaan dengan memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk menjalani pengalaman yang bermakna, seperti Umroh atau menjelajahi keindahan Turki secara gratis, menginspirasi masyarakat untuk terus mengejar pengalaman positif dan penuh makna dalam kehidupan mereka.

    Selain itu, Shafie berharap juga dapat menguatkan posisi Transmart sebagai brand pilihan dengan pengalaman belanja terbaik dan program-program inovatif yang memberikan dampak nyata bagi pelanggan.

    Keberangkatan para pemenang periode ketiga ini akan dilepas secara resmi dari Hotel Ibis Style Bandara Soekarno Hatta dengan acara pelepasan yang dihadiri oleh perwakilan manajemen Transmart. Para pemenang juga akan didampingi oleh Ustad Maulana selama proses mulai dari keberangkatan, di Tanah Suci sampai kembali lagi ke tanah air.

    Dalam acara pelepasan ini, para pemenang juga akan menerima briefing singkat terkait perjalanan mereka, memastikan setiap peserta mendapatkan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan.

    Transmart memberangkatkan 100 pemenang periode ketiga dan terakhir dari program 300 Paket Umroh Foto: Amanda Christabel

    HR & Corporate Communications Directors PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid, menyampaikan apresiasinya kepada para sponsor yang telah memberikan dukungan sehingga Program 300 Paket Umroh atau Wisata Turki Gratis dari Transmart ini dapat terselenggara dengan baik dan lancar.

    “Terima kasih kami sampaikan kepada Sharp, Samsung, LG, Pacific, United, Frisian Flag, Oatside, Yuri, Marjan, Kino, Worcas Group, Super,Wardah, Alisan, Polytron, Panasonic, RNS, Cap Panda, Kleaner, Viera, Cypruz, Azalea, Roschel dan Maspion Group yang telah memberikan dukungan dalam terlaksananya program ini. Kami berharap kerjasama yang baik ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak dan tetap dapat saling bersinergi dalam memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan setia Transmart”, tambah Satria.

    Menurut Satria, pelaksanaan Program 300 Paket Umroh atau Wisata Turki Gratis ini menjadi salah satu momen bagi Transmart untuk mewujudkan komitmennya memberikan sebuah apresiasi dan pengalaman yang luar biasa bagi pelanggannya melalui program – program dan strategi yang dijalankan.

    “Selain program loyalty seperti Program 300 Paket Umroh atau Wisata Turki Gratis ini , Transmart kini juga menguatkan strategi bisnisnya menjadi open loop ecosystem yang terbuka akan kolaborasi bisnis bersama partner yang memiliki tujuan yang sama yaitu memberikan shopping experience yang menarik dan pelayanan terbaik,” tambah Satria.

    Program 300 Paket Umroh atau Wisata Turki Gratis dari Transmart ini berakhir pada November 2024 yang lalu, Transmart sudah menyiapkan program lainnya yang tak kalah menarik yaitu Tebus Murah Pisau Favorit Chef Arnold Gourme Knife yang dimulai sejak tanggal 1 Desember 2024 yang lalu.

    “Cukup belanja minimal Rp. 50.000 saja, pelanggan bisa mengumpulkan kupon untuk ditukarkan dengan pisau Gourme. Kapan lagi bisa punya pisau yang sama dengan selebriti chef, Arnold Poernomo dengan harga special kalau bukan di Transmart,” pungkas Satria.

    (eds/eds)

  • Update Kondisi Ruas Tol Sedyatmo Menuju Bandara Soekarno-Hatta, Masih Ada Genangan di Bahu Jalan – Halaman all

    Update Kondisi Ruas Tol Sedyatmo Menuju Bandara Soekarno-Hatta, Masih Ada Genangan di Bahu Jalan – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Ruas Tol Sedayatmo mengarah ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) masih terdapat titik genangan air, Kamis (30/1/2025).

    Imbasnya, hanya dua lajur yang digunakan di KM 26+400.

    Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan pihaknya tengah berupaya melakukan penyedotan  agar lalu lintas kembali normal.

    “Memang masih ada (genangan) air tapi di bahu jalan kita penyedotan terus dilakukan menuju ke Bandara, itu Tol Sedyatmo,” katanya kepada wartawan, Kamis (30/1/2025).

    Latif memastikan sejumlah tol lain yang berada di wilayah hukum Polda Metro Jaya dalam kondisi aman.

    “Anggota masih siaga di lokasi, semuanya aman nggak ada kemacetan,” tukasnya.

    Sementara itu, petugas Representative Office 2 Jasamarga Metropolitan Tollroad, Jasamarga Tollroad Operator (JMTO), Jasamarga Tollroad Maintenance (JMTM) berupaya mengurangi debit air dan melakukan pengaturan lalu lintas yang dibutuhkan.

    Saat ini sebanyak 30 pompa air yang tersebar di sepanjang Ruas Tol Sedyatmo masih diaktifkan, serta tambahan enam pompa mobile yang membantu percepatan penanganan genangan. 

    Jasa Marga mengimbau bagi pengguna jalan yang ingin menuju atau dari Bandara Soekarno-Hatta, untuk mengantisipasi kepadatan akibat genangan di Ruas Tol Sedyatmo, maka dapat memanfaatkan Jalan Tol JORR 2 yaitu melalui Ruas Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran. 

    Jalan Tol JORR 2 telah terhubung dengan berbagai akses Jalan Tol Utama seperti Jagorawi dan Jakarta-Tangerang dan juga telah membentuk jaringan jalan tol mulai dari Cilincing hingga Cengkareng sehingga dapat diakses lebih mudah menuju berbagai lokasi di Jabodetabek.

  • Lima Kelurahan di Kalideres Jakarta Barat Masih Kebanjiran, Tinggi Air Sampai 1 Meter – Halaman all

    Lima Kelurahan di Kalideres Jakarta Barat Masih Kebanjiran, Tinggi Air Sampai 1 Meter – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Lima kelurahan di Kalideres, Jakarta Barat, masih terendam banjir, dengan ketinggian air mencapai 100 cm akibat hujan ekstrem yang terjadi sejak Selasa siang, 28 Januari 2025.

    Hingga Rabu kemarin, 29 Januari 2025, ratusan warga Kalideres mengungsi ke pemukiman yang tidak tergenang.

    Genangan air setinggi 20 cm terjadi di Jalan Tol Soedijatmo Kilometer 31, arah Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Rabu (29/1/2025) malam.

    Sebanyak 5 pompa air dikerahkan untuk menguras air yang menggenangi Jalan Tol Soedijatmo Kilometer 31.

    Sejak Rabu sore, genangan air sudah mulai surut dibandingkan Rabu pagi yang mencapai ketinggian 30 sentimeter.

    Meski demikian, pada Rabu (29/1/2025) malam, arus lalu lintas di Tol Soedijatmo masih terpantau padat.

    Banjir juga menggenangi kawasan Rumah Susun Bhumi Cengkareng Indah hingga Rabu malam.

    Camat Kalideres Wukir Prabowo mengatakan di wilayahnya ada lima kelurahan yang banjir akibat tingginya curah hujan dan luapan Kali Semonggol.

    Banjir masih menutup akses jalan kendaraan, sehingga warga hanya bisa menggunakan perahu karet maupun memilih berjalan kaki menerobos banjir.

    Air yang masih tinggi di kali sekitar kawasan ini menyebabkan pompa air yang berada di Rusun Bhumi Cengkareng tidak dapat bekerja maksimal.

    Wilayah yang terdampak banjir itu meliputi Kelurahan Tegal Alur, Semanan, Kalideres, Pegadungan dan Kamal.

    “Di sejumlah lokasi sudah surat namun sebagian masih tergenang,” ujarnya, Rabu (29/1/2024).

    Sementara itu Lurah Pegadungan, Rahmat Mulyadi menambahkan di wilayahnya sekitar 900 warga dari RW 04 dan 05 mengungsi karena permukimannya terendam banjir akibat tingginya curah hujan.

    Mereka diungsikan di Masjid Sopwatul Ummah.

    “Warga masih mengungsi karena banjir belum surut,” jelasnya. Meski mulai surut, ketinggian air hingga Kamis dini hari masih setinggi 30 hingga 50 sentimeter.

    Kondisi ini membuat warga kesulitan dalam beraktivitas dan mencari kebutuhan harian seperti makan.

    Selain itu, akses air bersih juga mulai terganggu. Kondisi seperti ini membuat sebagian warga lebih memilih mengungsi di rumah ibadah.

    Warga berharap banjir dapat segera surut sehingga aktivitas dan perekonomian warga dapat kembali normal.