Tempat Fasum: Bandara Soekarno Hatta

  • Rekonstruksi Pembunuhan di Muara Baru Jakarta Utara Digelar, Pelaku Mutilasi Peragakan 43 Adegan – Halaman all

    Rekonstruksi Pembunuhan di Muara Baru Jakarta Utara Digelar, Pelaku Mutilasi Peragakan 43 Adegan – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Polda Metro Jaya menggelar rekonstruksi kasus tindak pidana pembunuhan mutilasi di Muara Baru Jakarta Utara.

    Tindak pidana Pasal 338 KUHP yang terjadi pada 28 Oktober 2024 itu diperagakan oleh tersangka FF alias O.

    Sedangkan korban SH diperankan oleh pemeran pengganti.

    Kanit II Subdit Jatanras Polda Metro Jaya AKP Reza Arif menuturkan kegiatan rekontruksi dilakukan dimulai pukul 11.00 WIb dan selesai pukul 13.30 WIB.

    Pelaksanaan kegiatan rekonstruksi di empat lokasi, yaitu Hotel Aceh Besar, Muara Karang Jakarta Utara, rumah tersangka di Jalan Muara Baru Gang Masjid Nurusobah RT 18 RW 17 No. 5 Kel. Penjaringan Kec. Penjaringan Jakarta Utara (TKP pembunuhan).

    Kemudian Jalan Pantai Mutiara Gedung Pompa Pintu Air Jakarta Utara (TKP ditemukan kepala korban) dan di sekitar pom bensin pelabuhan perikanan Muara Baru (TKP ditemukan tubuh korban).

    “Sebanyak 43 adegan dilakukan dalam rekonstruksi kasus tindak pidana pembunuhan mutilasi di Muara Baru Jakarta Utara ini,” ucap Reza kepada wartawan, Rabu (11/12/2024).

    Sebelumnya, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Wira Satya Triputra mengungkapkan tersangka Fauzan Fahmi (43) membuat skenario pembuangan mayat tanpa kepala SH (40).

    Setelah kepala korban terputus dari badannya, Fauzan memasukkan kepala SH ke dalam kantong plastik dan dilapisi karung kecil. 

    Tersangka juga mengupas kulit jari telunjuk dan jempol tangan kanan dan kiri SH menggunakan pisau.

    Tujuannya agar identitas korban tidak diketahui oleh polisi.

    Tubuh korban oleh tersangka kemudian diangkat dan dibawa ke lantai dua. 

    Namun pada saat diangkat, darah yang mengalir dari tubuh korban mengalir dan jatuh ke lantai.

    Fauzan melepas celana korban dan digunakan mengelap darah SH yang ada di lantai. 

    Selanjutnya tubuh korban disimpan di lantai dua dan ditutup menggunakan selimut. 

    Sekitar pukul 23.00 WIB korban keluar rumah membuang kepala korban. 

    Setelah itu, tersangka kembali di rumahnya.

    Keesokan harinya pada Senin (28/11/2024) pukul 07.30 WIB, Fauzan membeli perlengkapan untuk membungkus jasad korban yang tinggal bagian badan.

    Alat yang dipersiapkan yakni karung besar, kardus bekas kulkas, tambang, dan tali rafia. 

    Usai membeli, pelaku kembali ke rumah dan membungkus jasad SH menggunakan perlengkapan dia beli.  

    Setelah terbungkus, SH menghubungi temennya berinisial J. 

    Pelaku meminta J agar membantunya mengangkat bungkusan berisi muatan ikan tuna.

    Wira menyebut rekan tersangka kemungkinan tidak mengetahui bungkusan yang ada di dalam adalah jasad SH tanpa kepala. 

    “Sekitar pukul 20.00 WIB, tersangka bersama dengan J bersama-sama mengangkat bungkusan tersebut ke gerobak untuk selanjutnya didorong ke parkiran mobil setelah sampai diparkiran mobil bungkusan tersebut diangkat ke mobil bak terbuka yang sudah disiapkan,” urai Wira.

    Fauzan bersama J jalan menuju arah Bandara Soekarno Hatta.

    Kepada J, tersangka mengaku muatan ikan tuna akan dikirim menggunakan ekspedisi bandara. 

    “Setelah sampai di Bandara, tersangka berpura-pura kepada J bahwa orang yang akan memesan barang tidak bisa dihubungi dan akhirnya tersangka mengatakan akan dibuang saja bungkusan tersebut,” kata Wira. 

    “Setelah itu tersangka dan J pergi menuju Muara Baru. Kemudian sekitar pukul 22.00 WIB tersangka dan J sampai di Muara Baru, tersangka langsung mengarahkan mobilnya ke tempat yang sepi, tepat di belakang pom bensin pelabuhan,” lanjut dia.

    Tersangka dan J turun dari mobil dan keduanya menurunkan bungkusan berisi jasad SH. 

    Mereka membuangnya ke pinggir laut kawasan Pelabuhan Muara Baru.

     

  • 50 Operator Kargo Bandara Jalani Pelatihan Dasar Penanganan Barang Berbahaya  – Halaman all

    50 Operator Kargo Bandara Jalani Pelatihan Dasar Penanganan Barang Berbahaya  – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebanyak 50 pekerja dan operator kargo bandara menjalani pendidikan dan pelatihan diklat) dasar tentang basic cargo dan penanganan barang kiriman berbahaya atau dangerous goods.

    Para pekerja tersebut sehari-harinya merupakan operator kargo di Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang yang bernaung di bawah PT Zikra Insan Buana.

    Diklat ini digelar selama sepekan atau total selama 40 jam pelatihan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang kargo bandara.

    Peserta diklat mendapat pembekalan dan skill menangani barang regular, general hingga dangerous good atau barang berbahaya.

    Sehingga, barang-barang kiriman yang akan dinaikkan ke pesawat atau diturunkan dari kargo pesawat tertangani dengan baik sesuai prosedur yang berlaku, baik kargo yang berbeda jenis maupun ukurannya. 

    Direktur Utama Pt. Zikra Insan Buana Vito Malano Wanda mengatakan, di penyelenggaraan diklat ini pihaknya menggandeng Federasi Serikat Pekerja Transportasi Indonesia (FSPTI) dan Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug Tangerang untuk memberikan materi pelatihan.

    Menurut dia diklat semacam ini sangat penting demi keberlangsungan bisnis cargo di lingkungan bandara.

    “Banyak orang mengganggap kegiatan kami hanya porter servis. Itu keliru, karena kami merupakan operator bongkar muat,” ujarnya, usai penyerahan sertifikat diklat di kantornya, Senin (9/12/2024).

    Menurutnya, memiliki pekerja yang qualified dan bersertifikasi di bidangnya sangat penting dan pihaknya berharap bisa menjadi pilot project kegiatan serupa di Indonesia.

    Ketua Umum FSPTI Surya Bakri Batubara menambahkan pihaknya sebagai federasi yang membawahi seluruh pekerja di bidang transportasi menyambut baik dan mendukung penuh penyelenggaraan diklat ini.

    “Para pekerja PT Zikra juga merupakan bagian dari FSPTI yang berkewajiban memiliki skil mumpuni di bidang penanganan kargo bandara,” ujarnya.

    “Karena mengirim barang juga ada aturannya, tidak boleh sembarangan packing dan angkut. Peserta harus memahami bagaimana menangani barang yang biasa dan barang berbahaya seperti baterai ataupun bahan kimia,” imbuh Surya.

    Surya menambahkan, pihaknya akan menerapkan hal yang sama di angkutan darat dan laut agar para pekerja yang berkecimpung di bidang angkutan/transportasi memiliki pemahaman seputar basic cargo & dangerous goods ini.

    “Ke depan diharapkan bisa bekerja sama yang lebih, sehingga pekerja benar-benar punya standar sertifikasi dan mendukung program pemerintah. Kami juga akan mendorong pemerintah agar seluruh bandara, pelabuhan laut agar dibuat diklat seperti ini,” sebutnya.

    Sementara itu PPI sebagai kepanjangan tangan pemerintah dalam hal ini Kementrian Perhubungan, berperan penting memberikan edukasi kepada semua pihak, termasuk perusahaan cargo dan para pekerjanya soal keselamatan penerbangan.

    Wadir II Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug Tangerang Ahmad Kosasih mengungkapkan diklat ini memberi pengetahuan kepada orang yang berinteraksi di dunia cargo agar paham akan seluruh aturan bidang cargo, khususnya cargo udara.

    “Penanganan cargo udara itu berbeda dengan di darat dan laut Di bandar udara banyak aturan soal pengangkutan, termasuk ada barang dangerous goods yang harus dipackaging khusus dan diperlakukan secara khusus.”

    “Sedikit kesalahan akibatnya bisa fatal, jika seorang operator tidak paham juga akan  mengganggu keselamatan penerbangan di Indonesia,” kata Ahmad.

    Di bidang keselamatan penerbangan juga ada audit yang berkaitan dengan penanganan kargo, baik dari nasional maupun internasional. Karena itu pihaknya sebisa mungkin mencegah sebelum ada temuan di bidang kargo dan lainnya.

    “Dengan adanya diklat ini diharapkan angan sampai hal kecil bisa jadi temuan, termasuk dari perusahaan kargo dan SDM-nya yang bisa mencoreng nama penerbangan Indonesia. SDM-nya harus sudah qualified dan bersertifikasi sehingga semua pihak bisa merasakan manfaatnya masing-masing,” jelas Kosasih.

    Bayu Sanujaya salah satu operator kargo bandara yang juga menjadi leader di timnya menilai diklat ini sangat bermanfaat baginya dan teman-teman seprofesinya karena banyak ilmu dan pengetahuan baru yang dia dapatkan dibandingkan dengan saat belum ikut diklat.

    “Sebelumnya teman-teman mungkin sedikit pengetahuan dan cara menangani kargo, tapi setelah ikut diklat ini, saya lebih paham detailnya, dari yang terkecil hingga menangani kargo berbahaya,” ujarnya.

    Misalnya mengirim baterai ponsel, bagaimana mengatur jarak antar muatan saat menangani kargo bahan kimia hingga cara mem-packing barang-barang berukuran besar.

  • Bengkel Pesawat Terbesar di Bali Resmi Kantongi Sertifikasi FAA dari AS – Page 3

    Bengkel Pesawat Terbesar di Bali Resmi Kantongi Sertifikasi FAA dari AS – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Menyusul peresmian pembukaan hanggar MRO (Maintenance, Repair, and Overhaul) terbaru dan terbesarnya di Bali pada 28 November lalu, FL Technics Indonesia mengumumkan bahwa fasilitas tersebut kini telah resmi mengantongi sertifikasi FAA (Federal Aviation Administration) dari Amerika Serikat.

    Sertifikasi FAA merupakan pencapaian penting yang menegaskan kemampuan FL Technics Indonesia dalam memenuhi standar keselamatan dan kualitas tertinggi di industri penerbangan. Dikenal dengan regulasi yang sangat ketat, proses sertifikasi FAA mencakup audit menyeluruh terhadap setiap aspek layanan MRO, mulai dari fasilitas hingga teknologi, kualitas sumber daya manusia dan prosedur operasional, untuk memastikan kesiapan perusahaan dalam mendukung kebutuhan maskapai.

    Dengan sertifikasi FAA ini, FL Technics Indonesia semakin menetapkan posisinya sebagai penyedia layanan MRO terkemuka di Asia-Pasifik, sekaligus memperluas kapabilitasnya dalam melayani seluruh maskapai domestik dan lebih banyak lagi maskapai internasional, terutama yang beroperasi melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS), Bali.

    “Sertifikasi FAA untuk fasilitas terbaru kami di Bali menjadi tonggak penting dalam perjalanan FL Technics Indonesia. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai merupakan bandara tersibuk kedua di Indonesia dengan volume lalu lintas internasional yang tinggi dan terus meningkat. Kini kami dapat melayani lebih banyak lagi maskapai secara global, khususnya pesawat narrow body seperti Boeing 737 (Classic & NG) dan Airbus A320 (CEO & NEO Family) dengan registrasi internasional. Sertifikasi ini juga membuktikan komitmen kami untuk memberikan layanan berkualitas dunia  yang memenuhi standar keselamatan tertinggi,” kata Presiden Direktur FL Technics Indonesia Martynas Grigas dikutip Selasa (10/12/2024).

    Sertifikasi FAA sebelumnya telah diraih oleh FL Technics Indonesia untuk fasilitasnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), Jakarta, pada 2018, dan untuk 2 hanggar lainnya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS), Bali, pada pertengahan 2024.

     

     

  • Bengkel Pesawat di Bali Punya Sertifikasi FAA, Apa Itu?

    Bengkel Pesawat di Bali Punya Sertifikasi FAA, Apa Itu?

    Jakarta

    Bengkel pesawat milik FL Technics di Bali sudah diresmikan akhir bulan lalu. Hanggar Maintenance, Repair and Overhaul milik FL Technics ini resmi mengantongi sertifikasi FAA (Federal Aviation Administration) dari Amerika Serikat.

    Sertifikasi FAA merupakan pencapaian penting yang menegaskan kemampuan FL Technics Indonesia dalam memenuhi standar keselamatan dan kualitas tertinggi di industri penerbangan. Dikenal dengan regulasi yang sangat ketat, proses sertifikasi FAA mencakup audit menyeluruh terhadap setiap aspek layanan MRO, mulai dari fasilitas hingga teknologi, kualitas sumber daya manusia dan prosedur operasional, untuk memastikan kesiapan perusahaan dalam mendukung kebutuhan maskapai.

    Dengan sertifikasi FAA ini, FL Technics Indonesia semakin menetapkan posisinya sebagai penyedia layanan MRO terkemuka di Asia-Pasifik, sekaligus memperluas kapabilitasnya dalam melayani seluruh maskapai domestik dan lebih banyak lagi maskapai internasional, terutama yang beroperasi melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS), Bali.

    Presiden Direktur FL Technics Indonesia Martynas Grigas mengatakan sertifikasi FAA untuk fasilitas terbaru perusahaan di Bali menjadi tonggak penting dalam perjalanan FL Technics Indonesia.

    “Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai merupakan bandara tersibuk kedua di Indonesia dengan volume lalu lintas internasional yang tinggi dan terus meningkat. Kini kami dapat melayani lebih banyak lagi maskapai secara global, khususnya pesawat narrow body seperti Boeing 737 (Classic & NG) dan Airbus A320 (CEO & NEO Family) dengan registrasi internasional. Sertifikasi ini juga membuktikan komitmen kami untuk memberikan layanan berkualitas dunia yang memenuhi standar keselamatan tertinggi,” kata dia dalam siaran pers, Selasa (10/12/2024).

    Sertifikasi FAA sebelumnya telah diraih oleh FL Technics Indonesia untuk fasilitasnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), Jakarta, pada 2018, dan untuk 2 hanggar lainnya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS), Bali, pada pertengahan 2024.

    Sejalan dengan visi perusahaan untuk membangun ekosistem penerbangan Indonesia, serta menjadikan Indonesia sebagai hub strategis yang memenuhi kebutuhan industri penerbangan di kawasan Asia-Pasifik dan Australia, hadirnya fasilitas MRO terbaru, terbesar dan bersertifikasi FAA di Bali ini semakin mengokohkan posisi FL Technics Indonesia.

    Dengan dua pusat layanan yang kini beroperasi, FL Technics Indonesia siap memenuhi kebutuhan pemeliharaan pesawat dari berbagai maskapai, baik dalam maupun luar negeri.

    Seluruh hanggar MRO FL Technics Indonesia dirancang modern untuk memenuhi kebutuhan industri penerbangan yang terus berkembang. Dilengkapi dengan teknologi terkini dan tenaga ahli yang juga bersertifikasi, fasilitas MRO perusahaan menawarkan layanan lengkap, mulai dari line maintenance, base maintenance, hingga heavy maintenance. Selain itu, FL Technics Indonesia juga menyediakan layanan logistik berstandar internasional, Pusat Logistik Berikat (PLB), berbagai layanan terintegrasi lainnya serta training facility.

    Sebagai bagian dari komitmen terhadap keandalan operasional, hanggar MRO FL Technics Indonesia juga menyediakan layanan AOG (Aircraft on Ground) 24/7. Layanan ini dirancang untuk memberikan respons cepat terhadap kebutuhan perbaikan pesawat yang mengalami gangguan teknis mendadak, sehingga dapat meminimalkan waktu downtime (pesawat tidak dapat beroperasi).

    Seiring dengan pencapaian-pencapaian yang telah diraih, FL Technics Indonesia saat ini juga tengah mengupayakan perolehan sertifikasi dari Civil Aviation Safety Authority (CASA) dalam waktu dekat, serta sertifikasi dari European Aviation Safety Agency (EASA) pada tahun 2025. Langkah ini mencerminkan komitmen kuat FL Technics Indonesia terhadap penerapan standar internasional di seluruh aspek layanan, sekaligus memastikan keunggulan kualitas di sektor penerbangan.

    “Kami sangat mengapresiasi seluruh pihak yang terus mendukung perjalanan FL Technics Indonesia hingga saat ini. Setiap pencapaian yang kami raih akan membuka lebih banyak peluang bagi maskapai untuk memanfaatkan fasilitas MRO terbaik yang kami tawarkan. Dengan sertifikasi FAA dan fasilitas yang terus berkembang, kami siap memberikan layanan yang lebih luas dan lebih unggul, memperkokoh posisi Indonesia sebagai pusat pemeliharaan pesawat terkemuka di kawasan Asia-Pasifik dan Australia,” tutup Martynas.

    (kil/kil)

  • Bengkel Pesawat FL Technics Indonesia di Bali Kantongi Sertifikasi Amerika Serikat  – Halaman all

    Bengkel Pesawat FL Technics Indonesia di Bali Kantongi Sertifikasi Amerika Serikat  – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh 

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – FL Technics Indonesia telah mengantongi sertifikasi FAA (Federal Aviation Administration) dari Amerika Serikat menyusul peresmian pembukaan hangar Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO) atau bengkel pesawat di Bali.

    Presiden Direktur FL Technics Indonesia, Martynas Grigas mengatakan, sertifikasi FAA merupakan pencapaian penting yang menegaskan kemampuan FL Technics Indonesia dalam memenuhi standar keselamatan dan kualitas tertinggi di industri penerbangan. 

    “Sertifikasi FAA untuk fasilitas terbaru kami di Bali menjadi tonggak penting dalam perjalanan FL Technics Indonesia. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai merupakan bandara tersibuk kedua di Indonesia dengan volume lalu lintas internasional yang tinggi dan terus meningkat,” ujar Martynas dalam keterangannya, Selasa (10/12/2024).

    Martynas mengatakan, proses sertifikasi FAA mencakup audit menyeluruh terhadap setiap aspek layanan MRO, mulai dari fasilitas hingga teknologi, kualitas sumber daya manusia dan prosedur operasional, untuk memastikan kesiapan perusahaan dalam mendukung kebutuhan maskapai. 

    “Kini kami dapat melayani lebih banyak lagi maskapai secara global, khususnya pesawat narrow body seperti Boeing 737 (Classic & NG) dan Airbus A320 (CEO & NEO Family) dengan registrasi internasional. Sertifikasi ini juga membuktikan komitmen kami untuk memberikan layanan berkualitas dunia yang memenuhi standar keselamatan tertinggi,” ujarnya.

    Dia juga bilang, sertifikasi FAA sebelumnya telah diraih oleh FL Technics Indonesia untuk fasilitasnya di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK), Jakarta, pada 2018, dan untuk dua hanggar lainnya di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS), Bali, pada pertengahan 2024. 

    Martynas mengatakan, seiring dengan pencapaian yang telah diraih FL Technics Indonesia tengah mengupayakan perolehan sertifikasi dari Civil Aviation Safety Authority (CASA) dalam waktu dekat, serta sertifikasi dari European Aviation Safety Agency (EASA) pada tahun 2025. 

    Langkah ini mencerminkan komitmen kuat FL Technics Indonesia terhadap penerapan standar internasional di seluruh aspek layanan, sekaligus memastikan keunggulan kualitas di sektor penerbangan. 

    “Kami sangat mengapresiasi seluruh pihak yang terus mendukung perjalanan FL Technics Indonesia hingga saat ini. Setiap pencapaian yang kami raih akan membuka lebih banyak peluang bagi maskapai untuk memanfaatkan fasilitas MRO terbaik yang kami tawarkan,” ucap dia.

    “Dengan sertifikasi FAA dan fasilitas yang terus berkembang, kami siap memberikan layanan yang lebih luas dan lebih unggul, memperkokoh posisi Indonesia sebagai pusat pemeliharaan pesawat terkemuka di kawasan Asia-Pasifik dan Australia,” sambungnya.

     

     

     

  • Polda Metro Jaya Bongkar Kasus TPPO Modus Pengantin Pesanan Warga China

    Polda Metro Jaya Bongkar Kasus TPPO Modus Pengantin Pesanan Warga China

    loading…

    Polda Metro Jaya bongkar kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di Tangerang dengan modus pengantin pesanan atau Mail Order Bride dengan warga China. Foto/SINDOnews

    JAKARTA – Kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang ( TPPO ) di Tangerang dengan modus pengantin pesanan atau Mail Order Bride dengan warga China terbongkar. Para korban berasal dari kalangan masyarakat kurang mampu yang diiming-imingi uang.

    Dir Krimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Wira Satya Triputra mengatakan, pihaknya telah menangkap dua tersangka yakni berinisial H alias CE (36) berjenis kelamin perempuan dan N alias A (56) berjenis kelamin laki-laki di terminal C3 Bandara Sukarno Hatta, Tangerang, Banten di Pajang,Benda, Kota Tangerang, Banten pada tanggal 10 November 2024.

    Keduanya saling mengenal karena tersangka N pernah bekerja sebagai sopir pribadi tersangka H. Tersangka H meminta N untuk mencari calon pengantin dari keluarga tidak mampu dan dijanjikan bayaran Rp15 juta per kepala yang akan diterima setelah pengantin tiba di China.

    “Kemudian N menawari korban RD dan AA untuk melakukan pernikahan dengan pria China dengan diiming-imingi akan diberikan uang mahar sebesar Rp100 juta, dan satu set perhiasan,” kata Wira saat konferensi pers di Jakarta, Jumat (6/12/2024).

    Selanjutnya setelah korban menyetujui mereka dipertemukan dengan pria China di kediaman H di Semarang, pada pertemuan tersebut para korban langsung di jadwalkan pernikahan secara sirih. “Para korban disodorkan surat perjanjian yang harus ditandatangani dalam bahasa China yang isi surat nya mengikat para korban jika membatalkan maka harus mengganti biaya ditambah kompensasi, ” ucap Wira.

    Kemudian tersangka N menyerahkan uang mahar sebesar Rp100 juta secara cash kepada orang tua para korban tersebut dan melakukan pernikahan sirih pada tanggal 6 Oktober 2024 untuk korban AA dan korban RD pada tanggal 13 Oktober 2024.

    “Kemudian setelah pernikahan, tersangka H melakukan pemesanan tiket pesawat ke China untuk pemberangkatan korban RD dengan keberangkatan 10 November 2024 dan Korban AA pada 20 November 2024,” kata Wira.

    Selanjutnya pada Minggu, 10 November pukul 07.00 WIB, penyidik mendapat informasi dari bagian Imigrasi Bandara Soekarno Hatta adanya dugaan tindak pidana perdagangan orang ‘mail order-bride’.

  • 2
                    
                        Kasus Pengantin Pesanan, Korban Terikat Perjanjian Dinikahi Pria Cina 
                        Megapolitan

    2 Kasus Pengantin Pesanan, Korban Terikat Perjanjian Dinikahi Pria Cina Megapolitan

    Kasus Pengantin Pesanan, Korban Terikat Perjanjian Dinikahi Pria Cina
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Polisi mengungkapkan bahwa korban praktik
    mail order bride
    atau
    pengantin pesanan
    terikat pada sebuah perjanjian yang dibuat oleh para tersangka.
    Dirreskrimum Polda Metro Jaya Kombes Wira Satya Triputra menyatakan bahwa isi perjanjian tersebut ditulis dalam bahasa asing, sehingga banyak korban tidak memahami isinya.
    “Isi dari perjanjian itu pada intinya adalah menikahkan korban dengan pria asing,” ujar Wira Satya Triputra di Polda Metro Jaya, Jumat (6/12/2024).
    Dalam kasus ini, polisi menangkap sembilan orang dari dua kelompok berbeda.
    Kelompok pertama terdiri atas H alias CE (36) dan N alias A (56), yang ditangkap di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Selasa (10/11/2024).
    Kelompok kedua mencakup MW alias M (28), LA (31), Y alias I (44), BHS alias B (34), NH (60), AS alias E (31), dan RW alias CL (34).
    Mereka ditangkap di berbagai lokasi pada Oktober 2024.
    Dua kelompok ini memiliki tempat penampungan di wilayah Cengkareng, Jakarta Barat, dan Pejaten Barat, Jakarta Selatan.
    “Dari dua lokasi tersebut, polisi mengamankan empat korban warga negara Indonesia (WNI) berjenis kelamin perempuan, salah satunya masih di bawah umur. Para korban berasal dari Jawa Barat dan Kalimantan Barat,” ucap Wira.
    Praktik pengantin pesanan bermula ketika tersangka MW dan LA, yang sudah saling mengenal sejak bekerja sebagai tenaga kerja wanita (TKW) di China pada 2018, mulai menjalankan aksinya.
    Pada Maret 2023, LA berkenalan dengan korban V (22) melalui Facebook.
    Pertemanan itu berlanjut hingga komunikasi berpindah ke WhatsApp.
    Saat itu, V bekerja di sebuah tempat hiburan di Batam.
    Beberapa bulan kemudian, MW yang tinggal di China bersama suaminya diminta oleh tetangganya, ZJ, untuk mencarikan seorang istri asal Indonesia.
    MW lalu meminta LA mencarikan wanita Indonesia untuk dinikahkan dengan ZJ, dengan imbalan Rp 5 juta.
    LA kemudian menawarkan V melalui WhatsApp, membujuknya untuk menikah dengan pria Cina.
    Setelah V setuju, komunikasi antara korban dan ZJ dilanjutkan melalui aplikasi WeChat selama tiga bulan.
    ZJ kemudian melamar V, dengan mahar Rp 60 juta yang disetujui MW.
    MW mengirim uang Rp 1,3 juta kepada LA untuk membeli tiket bagi V guna mempermudah pengurusan dokumen.
    Selain V, LA dan MW juga saling menawarkan korban lain untuk dijadikan pengantin.
    Tersangka Y, yang tinggal bersama LA, membantu mencarikan korban lain, yakni MN (16).
    Namun, MN awalnya hanya ingin berpacaran sebelum menikah.
    Pada Juli 2024, MN tiba di Jakarta dan tinggal di tempat yang sama dengan V.
    Tersangka MW meminta LA mengumpulkan dokumen MN untuk pengurusan surat.
    Saat itu, MN masih di bawah umur.
    BHS dan NH membantu mengurus visa untuk V agar bisa menikah dengan ZJ di China, tetapi upaya tersebut gagal dua kali.
    Para tersangka juga memalsukan dokumen MN, seperti surat keterangan lahir dan ijazah, untuk menyembunyikan statusnya yang masih di bawah umur.
    Setelah dokumen selesai, MW dan ZJ bertolak dari China ke Indonesia untuk bertemu V dan menikah secara siri.
    Sesampainya di Indonesia, MW menemui V dan MN di tempat penampungan, sedangkan ZJ menginap di hotel.
    Di hari yang sama, polisi menangkap para tersangka, termasuk MW, LA, dan Y, serta saksi ZJ.
    KTP dan KK MN yang telah dipalsukan dengan nama inisial MC juga berhasil disita.
    “Pada 11 Oktober 2024, polisi menangkap BHS dan NH. Kemudian pada 30 Oktober, AS dan RW juga ditangkap,” ujar Wira.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Telkomsel Perluas 5G di Jabodetabek

    Telkomsel Perluas 5G di Jabodetabek

    Jakarta, CNN Indonesia

    Telkomsel melakukan perluasan besar-besaran jaringan 5G di wilayah Jabodetabek. Perluasan ini membuat jaringan 5G tak hanya bisa dinikmati di area tertentu, tetapi ketika melakukan mobilitas.

    Sebelumnya, jaringan 5G Telkomsel hanya tersedia di area tertentu, sehingga sinyal 5G akan berubah kembali menjadi 4G ketika pengguna meninggalkan area tersebut. Kini, perluasan jaringan membuat pengguna bisa menikmati jaringan 5G bahkan saat berada di jalan.

    “Kita akan mengimplementasikan jaringan 5G yang secara masif. Kita bilang kalau di network itu continuous, jadi continue. Kalau dulu jaringan 5G kita hanya di beberapa titik area,” ujar Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna dalam acara Telkomsel Siaga Naru dan Perluasan 5G Jabodetabek, di Jakarta, Jumat (6/12).

    Cakupan jaringan 5G Telkomsel yang mereka sebut Hyper 5G kini mencakup sejumlah rute strategis di Jakarta dan sekitarnya, mulai dari Bandara Soekarno-Hatta hingga Halim Perdanakusuma, kawasan terencana Pantai Indah Kapuk 1 dan 2, hingga wilayah bisnis dan pusat pemerintahan dari Pondok Indah hingga Monumen Nasional.

    “Khusus Jabodabek, saat ini jaringan 5G bisa dinikmati dari kedatangan di airport Bandara Soekarno-Hatta, sampai terus ke kota di tol juga. Kemudian di Halim juga dapat dinikmati, Halim Perdanakusuma Airport, kemudian di SCBD, kemudian di Monas, kemudian beberapa residen,” tutur Indra.

    Perluasan jaringan 5G di Jakarta dan sekitarnya sendiri dilakukan karena wilayah ini merupakan jantung aktivitas ekonomi, pemerintahan, dan barometer kemajuan nasional. Wilayah ini juga memiliki tingkat penetrasi smartphone 5G yang signifikan, jumlah roamers mancanegara yang tinggi, pengguna 4G/LTE yang terus berkembang, serta kebutuhan akan kecepatan data yang tinggi.

    Saat ini Telkomsel memiliki total 1.400 BTS 5G di seluruh Indonesia yang tersebar di 56 kota, di antaranya di Jakarta, Batam, IKN, Bali dan kawasan Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP).

    Di Jakarta sendiri terdapat total 715 BTS dengan tambahan 355 BTS baru.

    Lebih lanjut, Indra mengatakan pihaknya akan memperluas jaringan 5G di Jakarta dan sekitarnya, termasuk kota satelit seperti Bogor dan Bekasi.

    Dalam waktu dekat, Telkomsel juga akan terus memperluas jaringan 5G secara bertahap, terukur, dan terarah ke berbagai lokasi utama lainnya di Indonesia.

    Teknologi 5G Telkomsel menghadirkan internet dengan kecepatan hingga 4 kali lipat lebih tinggi dibandingkan 4G. Selain itu, jaringan ini lebih andal, mampu menghubungkan lebih banyak perangkat, dan mendukung teknologi serta inovasi baru dengan latensi rendah.

    Jaringan 5G Telkomsel pertama kali diluncurkan secara komersial pada 2021. Hyper 5G Telkomsel kini menjadi jaringan 5G terluas di Tanah Air yang diharapkan dapat mendorong kemajuan serta mendukung transformasi digital nasional.

    (lom/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • 37 Bandara InJourney Beroperasi 24 Jam Selama Libur Nataru – Page 3

    37 Bandara InJourney Beroperasi 24 Jam Selama Libur Nataru – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 37 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura I dan II, atau kini dikenal sebagai InJourney Airports, akan beroperasi selama 24 jam penuh untuk mengantisipasi lonjakan penumpang selama periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru).

    Direktur Utama InJourney, Maya Watono, menyampaikan bahwa jumlah penumpang di 37 bandara tersebut diperkirakan meningkat hingga 4,52 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

    “Kami mempersiapkan 37 bandara untuk beroperasi 24 jam penuh selama 18 hari, mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025,” ujar Maya dalam konferensi pers di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta, Jumat (6/12/2024).

    Proyeksi Kenaikan Penumpang dan Pergerakan Pesawat

    Maya menjelaskan, peningkatan penumpang terjadi baik di rute domestik maupun internasional:

    Penerbangan internasional: Diproyeksikan mencapai 2,2 juta penumpang, naik 23,2 persen dari 1,79 juta penumpang tahun lalu.
    Penerbangan domestik: Diperkirakan mencapai 6 juta penumpang pada 2024.
    Pergerakan pesawat internasional: Sebanyak 12.965 pergerakan, naik 15,4 persen dari 11.227 pergerakan tahun sebelumnya.

    Bandara Soekarno-Hatta Jadi Fokus Utama

    Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, diprediksi mencatat kenaikan trafik penumpang sebesar 8,92 persen selama periode Nataru 2024/2025.

    Trafik penumpang internasional: Diperkirakan mencapai 984 ribu penumpang, meningkat 25,18 persen dari 786 ribu tahun lalu.
    Trafik penumpang domestik: Sebanyak 1,9 juta penumpang pada 2024.Pergerakan pesawat internasional: Sebanyak 5.737 pergerakan, naik 19,96 persen dari 4.783 pergerakan tahun lalu.
    Pergerakan pesawat domestik: Sebanyak 13.732 pergerakan.

     

  • InJourney Dukung Penuh Kesiapan Bandara Jelang Libur Natal dan Tahun baru

    InJourney Dukung Penuh Kesiapan Bandara Jelang Libur Natal dan Tahun baru

    Jakarta

    Holding BUMN sektor aviasi dan pariwisata, PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney turut melakukan persiapan di seluruh bandara yang dikelolanya untuk menyambut libur Natal Tahun 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Sebab InJourney memprediksi puncak arus mudik Nataru 20 Desember 2024 dan arus balik 4 Januari 2025.

    “Menyambut libur Nataru, seluruh bandara di bawah InJourney Airports sudah bersiap untuk mengantisipasi kenaikan trafik. Mulai dari kesiapan personel, infrastruktur pendukung, hingga mentransformasi bandara sehingga masyarakat bisa merasakan momen liburan Nataru tahun ini dengan lebih nyaman dan berkesan. Kami berharap dengan berbagai persiapan yang kami lakukan di seluruh bandara, masyarakat dapat melakukan perjalanan untuk menikmati libur Nataru dengan lancar,” kata Direktur Utama InJourney Maya Watono dalam keterangan tertulis, Jumat (6/12/2024).

    Dia mengatakan InJourney Airports memperkirakan terjadi kenaikan trafik penumpang, terutama dari wisatawan mancanegara. Jumlah trafik penumpang di bandara yang dikelola InJourney Airports selama periode Nataru diproyeksikan meningkat 4,52 % dibandingkan tahun lalu. Untuk trafik penumpang internasional sebesar 2,2 juta pax, meningkat 23,2% dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 1,79 juta pax.

    “Untuk penumpang domestik pada tahun 2024 sebesar 6 juta pax. Sedangkan pergerakan pesawat internasional diperkirakan sebesar 12.965 pergerakan meningkat 15,4% dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 11.227 pergerakan,” tuturnya.

    Dia menjelaskan khusus untuk Bandara Internasional Soekarno Hatta di Cengkareng, pada periode Nataru tahun ini diperkirakan ada kenaikan trafik penumpang sebesar 8,92%. Sementara untuk trafik penumpang internasional diperkirakan sebesar 984 ribu pax, meningkat 25,18% dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 786 ribu pax dan penumpang domestik sebesar 1,9 juta pax.

    “Sementara jumlah pergerakan pesawat di selama periode Nataru Bandara Internasional Soekarno Hatta diproyeksikan meningkat 4,8% dibandingkan tahun lalu. Pergerakan trafik terdiri dari pergerakan pesawat internasional sebesar 5.737 pergerakan, meningkat 19,96% dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 4.783 pergerakan dan pergerakan pesawat domestik sebesar 13.732,” jelasnya.

    Dia menambahkan untuk trafik Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar diperkirakan meningkat 12,05% dibandingkan tahun lalu. Trafik penumpang internasional pada tahun 2024 diperkirakan mencapai 739 ribu pax, meningkat 22.86% dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 602 ribu pax. Sementara untuk penumpang domestik diproyeksikan sebesar 607 ribu pax meningkat 1 % dari tahun sebelumnya sebesar 599 ribu pax.

    “Dari sisi jumlah pergerakan pesawat selama periode Nataru di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai diproyeksikan mengalami peningkatan sebesar 5.20% dibandingkan tahun lalu. Rinciannya, pergerakan pesawat Internasional sebesar 4.274 pergerakan meningkat 14,54% dari tahun sebelumnya yaitu sebesar 3.732 pergerakan. Sedangkan untuk pesawat domestik sebesar 3.572,” tuturnya.

    Maya mengatakan untuk menyambut kenaikan lalu lintas di bandara selama periode Nataru, InJourney Airports mempersiapkan pelayanan pada posko terpadu di 37 Bandara InJourney Airport. Seluruh bandara di bawah InJourney Airports akan beroperasi selama 24 jam selama 18 hari dari 19 Desember hingga 5 Januari 2025.

    “InJourney berharap dengan operasional yang penuh selama 24 jam ini akan mendukung kelancaran persiapan bandara menyambut Nataru 2024/2025,” jelasnya.

    Pihaknya juga memaksimalkan kelancaran aktivitas perjalanan penumpang, InJourney Airports menyiapkan 15.998 personel, dan juga beberapa touch poin yaitu customer service 336 personel, facility care 2.883 personel, trolleyman 381 personel. Menurutnya, dengan persiapan personel yang cukup, diharapkan pada saat peak season seluruh touch point penumpang dapat terlayani dengan baik.

    “InJourney juga menyampaikan dukungan untuk penurunan tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) dan Pelayanan Jasa Pendaratan Penempatan dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U) selama 16 hari dari tanggal 19 Desember 2024 hingga 3 Januari 2025, yang berlaku untuk seluruh penerbangan domestik kelas ekonomi. Kami berharap inisiatif dukungan yang kami lakukan ini akan memberikan multiplier effect yang tinggi pada sisi ekonomi, terutama pada kebangkitan pariwisata Indonesia,” tutup Maya Watono.

    Sebagai informasi tambahan, saat ini, InJourney Airports tengah melakukan transformasi di Bandara Soekarno Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali. Proses transformasi dilakukan meliputi 3P yakni Premises, Process, dan People.

    Premises merupakan peningkatan kualitas infrastruktur bandara yang berfokus pada customer experience. Langkah yang dilakukan antara lain melalui beautifikasi Terminal 3, implementasi ATRS & CT X-Ray dan Paviliun Indonesia, optimalisasi suhu udara, beautifikasi terminal dan lounge khusus umrah di Terminal 2F, aksesibilitas, dan overlay runway selatan.

    Selanjutnya, pada Process merupakan transformasi dengan menjadikan operasional bandara berbasis ekosistem dengan data-driven decision making. Langkahnya dilakukan melalui digitalisasi manajemen operasi berbasis trafik, optimalisasi Terminal Operation Control Center, Airport Capacity Management (ACM), dan penambahan fasilitas golf cart assistance.

    People merupakan tahapan transformasi melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan value, attitude, mindset, dan kompetensi berbasis customer centric berdasarkan standar global. Prosesnya dilakukan dengan seleksi aviation security Terminal 3, hospitality training, serta mengubah seragam petugas Customer Services dan Aviation Security dengan tampilan yang lebih fresh dan friendly.

    (akn/ega)