Tempat Fasum: Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar

  • Bupati Kolaka Timur Abdul Azis Ditangkap di Rakernas NasDem, Apa Kata Surya Paloh? – Page 3

    Bupati Kolaka Timur Abdul Azis Ditangkap di Rakernas NasDem, Apa Kata Surya Paloh? – Page 3

    Bupati Kolaka Timur, Abdul Azis akhirnya diberangkatkan ke Jakarta dengan dikawal ketat oleh empat penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), setelah menjalani pemeriksaan intensif di Markas Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan.

    Sebelumnya, Abdul Azis ditangkap pada Kamis (7/8/2025) malam oleh penyidik KPK. Ia ditangkap disela-sela persiapan rangkaian pembukaan Rapat Kerja Nasional Partai NasDem di Kota Makassar.

    Dari pantauan Liputan6.com, Abdul Azis bersama empat penyidik KPK tiba di Terminal Keberangkatan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sekitar pukul 12.15 Wita.

    Abdul Azis terlihat mengenakan masker, jaket berwarna cokelat, celana hitam dan topi putih. Ia juga terlihat menentang koper berukuran sedang.

    Setelah itu, mereka melakukan boarding melaui jalur khusus ke Pesawat Citilink Indonesia dengan Nomor Penerbangan QG-213 melalui Gate Nomor 9 Bandara Internasional Sultan Hasanuddin.

    Pukul 14.06 Wita, Pesawat yang ditumpangi Bupati Kolaka Timur Abdul Azis bersama empat penyidik KPK take off menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta Jakarta. Mereka dijadwalkan tiba sekitar pukul 15.00 WIB.

  • Bandara Sultan Hasanuddin layani 642 ribu pemudik di lebaran 2025

    Bandara Sultan Hasanuddin layani 642 ribu pemudik di lebaran 2025

    ANTARA – Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan telah melayani 642.200 penumpang selama mudik lebaran 2025. General Manager PT Angkasa Pura I, Minggus Gandeguai, pada Sabtu (12/4) mengatakan tidak terjadi kenaikan jumlah penumpang yang signifikan pada tahun ini, dikarenakan panjangnya masa libur lebaran tahun ini. (Shintia Aryanti Krisna/Fahrul Marwansyah/Ardi Irawan)

  • Arus Mudik Terlihat H-7 Sebelum Lebaran, Jalur Darat-Udara Mulai Penuh

    Arus Mudik Terlihat H-7 Sebelum Lebaran, Jalur Darat-Udara Mulai Penuh

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pergerakan arus mudik mulai terlihat seminggu sebelum Hari Raya Idulfitri 1446 Hijriah. PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) atau ASDP mencatat pergerakan penumpang dan kendaraan terpantau ramai mengalir cenderung landai di lintasan Merak-Bakauheni.

    Data ASDP pada Senin (24/3/2025) pukul 00.00-23.59 WIB mencatat sebanyak 46.785 penumpang telah menyeberang dari Jawa ke Sumatera, meningkat 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    Sementara kendaraan roda empat sebanyak 5.963 unit atau naik 10% sementara jumlah bus meningkat 28% menjadi 529 unit. Adapun kendaraan roda dua mengalami penurunan 61% dengan 504 unit, begitu pula angkutan truk yang turun 69% menjadi 971 unit.

    Secara total, jumlah kendaraan yang menyeberang pada H-7 mencapai 7.967 unit, turun 23% dibandingkan tahun lalu.

    Secara kumulatif sejak H-10 hingga H-7, tercatat sebanyak 205.715 orang telah menyeberang dari Jawa menuju Sumatera atau naik 48% dibandingkan tahun lalu. Sedangkan kendaraan yang telah menyeberang mencapai 45.377 unit, atau meningkat 32% dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

    Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengimbau masyarakat agar merencanakan perjalanan lebih awal dan melakukan reservasi tiket melalui Ferizy minimal H-1 sebelum keberangkatan.

    “Kami mengingatkan pengguna jasa untuk membeli tiket online sebelum tiba di pelabuhan dan datang sesuai jadwal keberangkatan. Dengan perpanjangan diskon tarif ini, kami berharap masyarakat dapat menikmati perjalanan yang lebih nyaman dan ekonomis,” ujar Shelvy dalam rilis yang diterima CNBC Indonesia.

    Sementara untuk penerbangan di 60 bandar udara (bandara) di Indonesia, tercatat total 4.516 penerbangan harian baik domestik dan internasional pada Senin (24/3/2025). Dari jumlah tersebut, sebanyak 2.253 merupakan penerbangan kepergian, sementara 2.263 penerbangan kedatangan.

    Berikut 10 bandara di Indonesia memiliki trafik tertinggi seminggu sebelum Lebaran 2025. Berikut daftar bandara tersebut:

    Bandara Internasional Kualanamu (KNO) dengan 160 penerbangan
    Bandara Internasional Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru (PKU) 104 penerbangan
    Bandara Internasional Soekarno-Hatta (CGK) 1.054 penerbangan
    Bandara Internasional Halim Perdanakusuma (HLP) 152 penerbangan
    Bandara Internasional Juanda (SUB) 296 penerbangan
    Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai (DPS) 258 penerbangan
    Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan (BPN) 172 penerbangan
    Bandara Internasional Sultan Hasanuddin (UPG) 235 penerbangan
    Bandara Internasional Dortheys Hiyo Eluay (DJJ) 123 penerbangan
    Bandara Mozes Kilangin (TIM) 176 penerbangan

    (hsy/hsy)

  • ACI tetapkan 10 bandara PT Angkasa Pura terbaik di Asia Pasifik untuk customer experience

    ACI tetapkan 10 bandara PT Angkasa Pura terbaik di Asia Pasifik untuk customer experience

    Sumber foto: Joko Hendrianto/elshinta/com.

    ACI tetapkan 10 bandara PT Angkasa Pura terbaik di Asia Pasifik untuk customer experience
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 17 Maret 2025 – 18:24 WIB

    Elshinta.com – Airports Council International (ACI), organisasi internasional yang menaungi bandara-bandara di dunia, menetapkan 10 bandara PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) sebagai terbaik di Asia Pasifik untuk customer experience berdasarkan pilihan penumpang pesawat. 

    Bandara-bandara tersebut pada 10 Maret 2025 diumumkan sebagai pemenang penghargaan Airport Service Quality (ASQ) Awards 2024 yang digelar ACI. Total, 10 bandara InJourney Airports tersebut berhasil menyabet 27 penghargaan ASQ Awards 2024. 

    ASQ Awards menilai airport experience melalui metode pengukuran global yang paling komprehensif dan terpercaya di industri aviasi. Program ini menghimpun suara traveler melalui survei yang dilakukan di bandara-bandara dunia. 

    Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia berhasil menjadi yang terbaik di Asia Pasifik dengan meraih ASQ Awards 2024 pada kategori bandara dengan jumlah penumpang di atas 40 juta per tahun atau Best Airport over 40 Million Passengers in Asia-Pacific.

    Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi mengatakan, “Kategori bandara dengan penumpang di atas 40 juta ini diisi bandara-bandara besar yang ada di berbagai negara, dan Bandara Soekarno-Hatta berhasil menjadi salah satu yang terbaik untuk kawasan Asia Pasifik.”

    “Pencapaian ini sejalan dengan transformasi yang kami lakukan di Bandara Soekarno-Hatta, mencakup transformasi dari segi infrastruktur yang berfokus pada customer experience (Premises), operasional kebandarudaraan berbasis ekosistem (Process), pelayanan pelanggan berkelas dunia oleh seluruh personel (People), yang didukung dengan teknologi sebagai Enabler. Hasil dari transformasi ini antara lain beautifikasi sudah bisa dilihat dan dirasakan penumpang pesawat,” ujar Faik Fahmi.

    Bandara lainnya yang berhasil menjadi terbaik di Asia Pasifik adalah I Gusti Ngurah Rai Bali dengan meraih gelar Best Airport of 15 to 25 Million Passengers in Asia-Pacific.

    “Transformasi juga tengah dijalankan di Bandara I Gusti Ngurah Rai untuk meningkatkan pelayanan dan mengoptimalkan kapasitas penumpang,” jelas Faik Fahmi seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Joko Hendrianto, Senin (17/3). 

    Penghargaan ASQ Awards 2024 yang diraih Bandara Soekarno-Hatta dan Bandara I Gusti Ngurah Rai sekaligus menjadi bentuk pengakuan dari dunia internasional bahwa transformasi di kedua bandara itu berjalan dengan baik. 

    Bandara-bandara InJourney Airports juga berhasil meraih penghargaan terbaik di Asia Pasifik untuk kategori lainnya, yakni Best Airport of 5 to 15 Million Passengers in Asia-Pacific yang diraih Juanda Surabaya, Sultan Hasanuddin Makassar dan SAMS Sepinggan Balikpapan. 

    Kemudian, Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific diraih Bandara Internasional Yogyakarta, Supadio Pontianak, Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dan Ahmad Yani Semarang.

    Sementara itu, Bandara Pattimura Ambon berhasil meraih penghargaan Best Airport under 2 Millions Passenger in Asia-Pacific.

    Penghargaan khusus
    Bandara-bandara InJourney Airports yang telah meraih penghargaan Best Airports by Size and Region itu juga berhasil meraih penghargaan khusus di ajang yang sama. 

    Seperti Bandara Juanda yang meraih penghargaan Easiest Airport Journey in Asia-Pasific, Most Enjoyable Airport in Asia-Pasific, Cleanest Airport in Asia-Pasific dan ACI World Director General’s Roll of Excellence. Bandara Ahmad Yani Semarang juga berhasil meraih ACI World Director General’s Roll of Excellence.

    “Penghargaan ACI World Director General’s Roll of Excellence yang diraih Bandara Juanda dan Ahmad Yani ini sangat prestisius karena hanya diberikan kepada bandara yang telah meraih ASQ Awards selama 5 tahun dalam periode 10 tahun program,” ungkap Faik Fahmi. 

    Sementara itu, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dan SAMS Sepinggan juga berhasil meraih penghargaan Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pasific, Easiest Airport Journey in Asia-Pasific, Most Enjoyable Airport in Asia-Pasific, Cleanest Airport in Asia-Pasific dan Best ASQ Awards in all 5 Departure Categories.

    Berikut daftar lengkap penghargaan yang diraih InJourney Airports dalam ASQ Awards 2024:

    1. Bandara Internasional Soekarno-Hatta
    – Best Airport over 40 Million Passengers in Asia-Pacific
     
    2. Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai
    – Best Airport of 15 to 25 Million Passengers in Asia-Pacific

    3. Bandara Internasional Juanda
    – Best Airport of 5 to 15 Million Passengers in Asia-Pacific
    – ACI World Director General’s Roll of Excellence
    – Easiest Airport Journey in Asia-Pacific
    – Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific
    – Cleanest Airport in Asia-Pacific

    4. Bandara Internasional Sultan Hasanuddin
    – Best Airport of 5 to 15 Million Passengers in Asia-Pacific
    – Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific
    – Easiest Airport Journey in Asia-Pacific
    – Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific
    – Cleanest Airport in Asia-Pacific
    – Best ASQ Awards in all 5 Departure Categories

    5. Bandara Internasional SAMS Sepinggan
    – Best Airport of 5 to 15 Million Passengers in Asia-Pacific
    – Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific
    – Easiest Airport Journey in Asia-Pacific
    – Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific
    – Cleanest Airport in Asia-Pacific
    – Best ASQ Awards in all 5 Departure Categories

    6. Bandara Internasional Yogyakarta
    – Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific

    7. Bandara Supadio
    – Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific

    8. Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II
    – Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific
    – Airport with the Most Dedicated Staff in Asia-Pacific
    – Most Enjoyable Airport in Asia-Pacific

    9. Bandara Jenderal Ahmad Yani
    – Best Airport of 2 to 5 Million Passengers in Asia-Pacific
    – ACI World Director General’s Roll of Excellence

    10. Bandara Pattimura
    – Best Airport under 2 Million Passengers in Asia-Pacific 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Viral, Penumpang Pesawat Mengamuk di Bandara setelah Perhiasan Emas Hilang di Koper

    Viral, Penumpang Pesawat Mengamuk di Bandara setelah Perhiasan Emas Hilang di Koper

    Maros, Beritasatu.com – Sebuah video yang viral di media sosial memperlihatkan seorang wanita penumpang pesawat rute Makassar (Sulawesi Selatan) menuju Kendari (Sulawesi Tenggara) mengamuk dan berteriak histeris setelah perhiasan emas seberat empat gram yang disimpan di dalam kopernya hilang setibanya di Bandara Haluoleo, Kota Kendari.

    Dalam video tersebut, terlihat wanita itu berteriak kepada petugas di bandara setelah mendapati kopernya dalam keadaan rusak. Ia segera melapor ke polisi setelah menyadari bahwa perhiasan emas miliknya hilang.

    Setelah kejadian itu viral, pihak Bandara Haluoleo melakukan koordinasi dengan Polsek Bandara Internasional Sultan Hasanuddin di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan untuk melakukan penyelidikan bersama terkait dengan hilangnya perhiasan emas penumpang di dalam kopernya.

    “Polsek Bandara Kendari menghubungi Polsek Bandara Hasanuddin, berkoordinasi, dan masing-masing melakukan penyelidikan. Akhirnya terungkap, lokasi kejadian berada di Bandara Hasanuddin,” ujar Kapolres Maros AKBP Douglas Mahendrajaya pada Selasa (11/2/2025).

    Dari hasil penyelidikan, petugas kepolisian mengamankan seorang pria berinisial IH (26), yang diketahui sebagai porter maskapai swasta. Polisi juga telah memeriksa tiga saksi dan menyita barang bukti berupa gelang dan cincin emas milik korban.

    “Setelah melakukan pemeriksaan terhadap terduga dan memeriksa rekaman CCTV, kami berhasil mengamankan satu terduga pelaku yang diduga mengambil perhiasan di dalam koper. Perhiasan yang ditemukan berupa satu cincin dan satu gelang seberat sekitar 4 gram,” jelas AKBP Douglas.

    Saat ini, Polsek Bandara Internasional Sultan Hasanuddin masih melanjutkan pengembangan penyelidikan terkait dengan hilangnya perhiasan emas di dalam koper, meskipun korban sudah melapor ke Polsek Kendari.

    “Kejadian hilangnya perhiasan emas ini terjadi di Bandara Hasanuddin karena korban terbang dari Makassar menuju Kendari. Laporan polisi memang dibuat di Kendari, namun kasus ini sudah dilimpahkan ke Polsek Bandara Hasanuddin,” tambahnya.
     

  • Keluarga Ungkap Sosok Aulia Belinda Korban Kebakaran Glodok Plaza Eks Pramugari Jadi Konsultan Hukum – Halaman all

    Keluarga Ungkap Sosok Aulia Belinda Korban Kebakaran Glodok Plaza Eks Pramugari Jadi Konsultan Hukum – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR – Terungkap sosok Aulia Belinda Kurapak (28) korban kebakaran Glodok Plaza Jakarta Barat.

    Kakak Almarhum, Rifki, mengatakan, adiknya Aulia Belinda sudah tidak bekerja lagi sebagai pramugari.

    Almarhum kata Rifki, saya kejadian sudah berstatus sebagai konsultan hukum.

    “Sebelum meninggal adek saya bekerja di konsultan hukum, terakhir ketemu tanggal 3 Januari kemarin pas acara lamaran saya,” ucap Rifki saat ditemui di rumah duka Jl Mannuruki 6, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/1/2025).

    Di mata keluarga, lanjut Rifki, anak kedua dari empat bersaudara itu merupakan sosok mandiri.

    “Di mata keluarga dia sosoknya tangguh saya lihat, dia sangat kuat, kalau ada masalahnya dia usahakan selesaikan sendiri,” ujarnya.

    Keberadaan Aulia Belinda di Glodok Plaza Jakarta, lanjut Rifki, hanya untuk menghadiri acara perayaan ulang tahun.

    Ia pun tidak menyangka kebakaran tersebut, juga merenggut nyawa adiknya.

    “Kebetulan ada salah satu ajakan dari salah satu temannya untuk datang kesana untuk acara ulang tahun, memang sementara mereka di tempat karaoke itu informasi yang kami dapatkan,” ucapnya.

    Sementara itu, suasana duka menyelimuti rumah Aulia Belinda Kurapak (28), Jl Mannuruki 6, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (25/1/2025).

    Jenazah almarhum korban kebakaran Glodok Plaza Jakarta itu, tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, sekitar pukul 09.20 Wita.

    Setelah tiba menggunakan maskapai penerbangan Citilink, jenazah langsung dibawa ke rumah duka.

    Setibanya di rumah duka, sejumlah pelayat menyambut kedatangan ambulans yang membawa peti jenazah Aulia Belinda.

    Sejumlah karangan bunga juga berjejer di pagar depan rumah duka.

     

    Isak Tangis Sambut Jenazah Aulia di Bandara Sultan Hasanuddin

    Isak tangis keluarga korban kebakaran Glodok Plaza Jakarta tak terbendung saat jenazah Aulia Belinda (28) tiba di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Maros, Sabtu (25/1/2025) siang.

    Jenazah tiba menggunakan pesawat maskapai penerbangan Citilink.

    Saat keluar dari kargo bandara, peti jenazah pun dimasukkan ke ambulans yang sudah menunggu lebih awal.

    Paman korban, Reza mengatakan jenazah akan disemayamkan di rumah duka sebelum dibawa ke kampung halaman di Toraja.

    “Tadi jenazah tiba sekitar jam 9 lewat. Sekarang ini mau dibawa ke rumah duka di Jl Mannuruki,” kata Reza ditemui wartawan.

    Setelah tiba di rumah duka lanjut Reza, akan dilakukan prosesi peribadatan terlebih dahulu sebelum jenazah dibawa ke Toraja.

    “Sebentar malam habis ibadah di rumah duka, dibawa ke Toraja di Desa Sangalla,” ujarnya.

     

    Aulia Belinda Dikenal Sosok yang Baik dan Ramah

    Di mata Reza, Aulia Belinda adalah sosok keponakan yang baik dan ramah.

    “Orangnya ini ceria, periang, tidak suka marah-marah, suka bergaul dengan orang-orang dan tidak memilih-milih,” kenangnya.

    Diketahui Aulia Belinda menjadi korban kebakaran Glodok Plaza setelah jenazahnya berhasil diidentifikasi oleh tim Disaster Victim Identification (DVI) Rumah Sakit Polri Keramat Jati, Jakarta.

    Aulia Belinda, merupakan sosok pramugari yang menjadi korban pada peristiwa kebakaran yang terjadi pada 15 Januari 2025.

    Namun belakangan, almarhum juga diketahui merupakan konsultan hukum.

    Aulia sempat dikabarkan hilang dalam insiden itu sebelum akhirnya, jenazah almarhum berhasil diidentifikasi bersama Osima Yukari dan Zuki F Radja (42).

    Diketahui, total korban kebakaran dalam peristiwa itu sebanyak 14 orang.(*)

     

  • Jeritan Tangisan Keluarga Sambut Aulia Belinda Korban Kebakaran Glodok Plaza

    Jeritan Tangisan Keluarga Sambut Aulia Belinda Korban Kebakaran Glodok Plaza

    Makassar, Beritasatu.com – Tangis haru menyambut kedatangan jenazah Aulia Belinda (28) salah satu korban kebakaran di Glodok Plaza, saat tiba di rumah duka di Jalan Mannuruki Raya 9, Gang 3, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

    Keluarga dan kerabat tercinta pecah dalam tangisan saat peti jenazah anak kedua dari empat bersaudara ini, diturunkan dari mobil ambulans yang membawanya dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

    Suasana haru semakin terasa saat ibadah penghiburan dilaksanakan. Keluarga dan kerabat terus meneteskan air mata sepanjang ibadah, sesekali membasuh wajah mereka dengan tisu.

    Di rumah duka, kursi-kursi telah disusun dengan rapi. Di dalam rumah, peti jenazah Aulia diletakkan dengan foto almarhumah di atasnya.

    Kakak Aulia Belinda, Rikky Kurapak, mengenang adiknya yang selama ini merintis karier sebagai konsultan hukum di Jakarta. Sebelumnya, Aulia Belinda bekerja sebagai pramugari di salah satu maskapai penerbangan swasta di Indonesia.

    Kali terakhir Aulia Belinda bertemu keluarga pada 3 Januari 2025, ketika menghadiri acara lamaran kakaknya di Kota Makassar. Di mata keluarga, Aulia Belinda dikenal sebagai sosok yang mandiri, ceria, dan penuh semangat.

    “Terakhir kami bertemu 3 Januari. Dia sosok yang tangguh, ceria, dan sangat kuat. Dia mandiri dan selalu penuh energi,” ujar Rikky Kurapak mengenang adiknya kepada awak media, Sabtu (25/1/2025).

    Diketahui, Aulia Belinda menjadi salah satu korban tewas dalam kebakaran tragis yang melanda Glodok Plaza. Pada malam nahas tersebut, Aulia Belinda hadir demi memenuhi ajakan rekannya yang merayakan ulang tahun.

    Jenazah Aulia Belinda dibawa untuk dikebumikan di kampung halamannya, Dusun Tongko Sarapung, Kecamatan Sangalla, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan.

    Pukul 22.00 WITA, jenazah Aulia dibawa melalui jalur darat menuju Tana Toraja, untuk dimakamkan di tempat yang telah disiapkan oleh keluarga.

    “Rencana malam ini kami akan membawa jenazah ke Tana Toraja dan dimakamkan di tempat bapak di Tongko Sarapung, Sangalla,” kata Rikky Kurapak.

  • Suasana Kedatangan Jenazah Alwi Hamu di Bandara, Disambut Langsung Jusuf Kalla

    Suasana Kedatangan Jenazah Alwi Hamu di Bandara, Disambut Langsung Jusuf Kalla

    FAJAR.CO.ID, MAROS — Jenazah Chairman Fajar Group, HM Alwi Hamu, tiba di Cargo Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Sabtu, 18 Januari 2025.

    Pantauan FAJAR di lapangan, jenazah tiba sekitar pukul 21.12 Wita dan langsung dinaikkan ke mobil ambulance RSUP dr Wahidin DR Sudirohusodo.

    tampak Wakil Presiden ke-10 dan ke-12, HM Jusuf Kalla (JK) juga menyambut kedatangan jenazah almarhum di Cargo Bandara.

    “Tentu kita berdukacita,” kata JK saat ditemui di Cargo Bandara Sultan Hasanuddin.

    Bagi JK, almarhum adalah sosok teman yang baik.

    “Sudah seperti saudara, teman yang baek,” singkatnya.

    Baginya hampir semua kebersamaan dengan almarhum adalah kenangan yang tak terlupakan.

    Sejumlah iring-iringan kendaraan pun mengiringi jenazah almarhum ke rumah duka di Jalan Kapten Pierre Tendean Blok J/14. (rin)

  • Raih Peluang Dapat Hadiah Mobil Listrik Tanpa Diundi dengan Belanja di 6 Bandara InJourney Airports – Halaman all

    Raih Peluang Dapat Hadiah Mobil Listrik Tanpa Diundi dengan Belanja di 6 Bandara InJourney Airports – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Menyambut tahun baru 2025, PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) menghadirkan program loyalitas pelanggan sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan yang berbelanja di berbagai gerai komersial di bandara seperti kafe, restoran, ritel, lounge, layanan jasa reflexology dan wrapping/strapping barang bawaan. 

    Program bertajuk Eat Shop Fly ini memberikan hadiah spektakuler 4 unit mobil listrik BYD sebagai hadiah langsung untuk Top Spender, yaitu pelanggan yang memiliki poin tertinggi dari total transaksi belanja di 6 bandara selama periode tertentu. 

    Selain itu, hadiah menarik lainnya seperti TV TCL 50 inch, smartphone, tablet dan voucher hotel dapat dimenangkan melalui sistem undian (lucky draw).

    Adapun Program Eat Shop Fly ini berlaku bagi pelanggan yang berbelanja di enam bandara berikut: Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Bandara Internasional I Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

    Pemberian langsung mobil listrik akan dilakukan dalam 3 periode, yaitu:
    – 1 unit BYD pada Maret 2025 bagi pelanggan Top Spender di Januari – Maret 2025
    – 1 unit BYD pada Juli 2025 bagi pelanggan Top Spender di April – Juli 2025
    – 2 unit BYD pada Desember 2025 bagi dua pelanggan Top Spender di Agustus – Desember 2025

    Pada ketiga periode tersebut juga dilakukan pengumuman pemenang lucky draw, yang dapat diikuti pelanggan dengan menukar poin dengan kupon undian. 

    InJourney Airports menyadari bahwa membangun loyalitas tidak hanya cukup untuk pelanggan saja. Program Eat Shop Fly ini sekaligus merangkul para mitra usaha gerai-gerai bandara melalui metode Top Transaction, memberikan penghargaan kepada gerai dengan transaksi terbanyak selama program berlangsung.

    Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi mengatakan program loyalitas pelanggan merupakan bagian dari transformasi yang tengah dijalankan InJourney Airports. 

    “Eat Shop Fly menjadi program loyalitas pelanggan terbesar dan inovatif dari InJourney Airports yang diluncurkan sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan untuk memberikan pengalaman perjalanan menyenangkan dan keseruan berbelanja di bandara baik bagi penumpang pesawat, pengunjung bandara dan mitra usaha.”

    “Program ini juga mendukung kinerja korporasi sektor non-aeronautika, sekaligus menjadi bagian dari transformasi InJourney Airports melalui pendekatan yang lebih customer-oriented,” ungkap Faik Fahmi

    Direktur Komersial InJourney Airports M. Rizal Pahlevi menambahkan program Eat Shop Fly juga berperan dalam meningkatkan pelayanan gerai-gerai komersial kepada pelanggan.

    “Pada tahap awal, Eat Shop Fly hadir di enam bandara untuk kemudian terus dilakukan penyempurnaan dan peningkatan sehingga di tahun-tahun mendatang dapat lebih banyak lagi bandara yang menghadirkan program serupa.”

    “Mobil listrik menjadi hadiah utama pada program perdana Eat Shop Fly ini sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah untuk meningkatkan penggunaan mobil listrik,” ujar M. Rizal Pahlevi. 

    Pelanggan dapat dengan mudah mengikuti program Eat Shop Fly, dengan cara:

    – Akses eatshopfly-injourneyairports.id untuk melakukan registrasi
    – Berbelanja di gerai-gerai enam bandara yang berpartisipasi
    – Scan QR code di meja kasir, lalu scan struk transaksi belanja (minimum transaksi Rp150.000, berlaku kelipatan)
    – Poin akan otomatis tercatat dan dapat digunakan untuk berkompetisi menjadi Top Spender atau ditukar dengan kesempatan mengikuti undian hadiah (lucky draw).

    Gerai yang dikecualikan dalam program ini adalah gerai untuk jenis usaha perbankan, asuransi, excess baggage, penyewaan kendaraan, reservasi hotel, tour & travel, money changer dan parkir. 

  • Puncak Arus Libur Natal, 250.470 Penumpang Padati Bandara Sultan Hasanuddin

    Puncak Arus Libur Natal, 250.470 Penumpang Padati Bandara Sultan Hasanuddin

    Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mencatatkan pertumbuhan jumlah penumpang pesawat di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar mencapai 250.470 penumpang selama 18-25 Desember 2024 atau pada masa libur Nataru 2024/2025.

    Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Udara Lukman F. Laisa menjelaskan jumlah penumpang transportasi udara di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin sejak tanggal 18 hingga 25 Desember ini terus meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

    “Hingga saat ini jumlah penumpang domestik mencapai 250.470 penumpang, artinya tahun ini naik sebesar 3.4 % dibanding tahun lalu, begitu pula dengan penumpang internasional yang naik signifikan sebesar 64,5 % atau 7.156 penumpang,” kata Lukman, Kamis (26/12/2024). 

    Jumlah penumpang tertinggi di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin tercatat pada H-4, dengan puncak arus kedatangan dan keberangkatan terjadi pada 22 Desember 2024, mencapai 35.735 penumpang per hari. Lima destinasi utama penumpang dari Makassar adalah Jakarta, Surabaya, Denpasar, Palu, dan Kendari.

    Untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang selama periode Natal dan Tahun Baru, PT Angkasa Pura Indonesia sebagai pengelola bandara telah memperluas area terminal guna memastikan pelayanan angkutan udara tetap optimal. 

    Luas terminal bandara yang awalnya 52.000 m² kini hampir dua kali lipat lebih besar dan akan terus dikembangkan hingga mencapai 166.000 m². Dengan pengembangan ini, kapasitas penumpang yang sebelumnya hanya sekitar 6 juta per tahun akan meningkat menjadi 15 juta per tahun.

    Mengenai kondisi cuaca, para penumpang diimbau untuk tidak khawatir, karena keselamatan penerbangan tetap menjadi prioritas utama.