Tempat Fasum: Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati

  • Jusuf Hamka sebut berencana gratiskan Tol Cisumdawu saat arus balik

    Jusuf Hamka sebut berencana gratiskan Tol Cisumdawu saat arus balik

    Saya sudah dihubungi oleh seseorang VVIP bahwa Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum(PU) menanyakan memungkinkan ngga untuk (Cisumdawu) dikasih diskon tarif tol 30 persen, saya jawab bukan hanya memungkinkan tapi kenapa ngga dikasih gratis s

    Jakarta (ANTARA) – Direktur Utama PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Jusuf Hamka berencana untuk menggratiskan Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) dalam rangka mendukung kelancaran lalu lintas pemudik saat arus balik Lebaran.

    Rencana untuk menggratiskan Tol Cisumdawu tersebut masih menunggu persetujuan dari pemerintah.

    “Saya sudah dihubungi oleh seseorang VVIP bahwa Menteri Perhubungan dan Menteri Pekerjaan Umum(PU) menanyakan memungkinkan ngga untuk (Cisumdawu) dikasih diskon tarif tol 30 persen, saya jawab bukan hanya memungkinkan tapi kenapa ngga dikasih gratis saja sekalian supaya bisa memperlancar,” ujar Jusuf Hamka dihubungi di Jakarta, Minggu.

    Tujuan dirinya yang berencana untuk menggratiskan Tol Cisumdawu untuk mendukung kelancaran pada saat arus balik Lebaran tahun ini.

    “Jangankan kasih diskon, gratis pun saya siap,” kata Jusuf Hamka.

    Tol Cisumdawu merupakan salah satu Proyek Straregis Nasional (PSN) yang ada di Jawa Barat dan menjadi akses utama menuju Bandara Kertajati, yang juga berstatus PSN.

    Pasalnya Jalan Tol Cisumdawu diperkirakan dapat memangkas waktu tempuh Bandung-BIJB Kertajati menjadi sekitar satu jam saja.

    Hal ini dikarenakan Jalan Tol Cisumdawu menghubungkan Jalan Padalarang – Cileunyi dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan atau Cipali.

    Tol Cisumdawu terbentang sepanjang 61,75 km dan akan menjadi akses utama menuju Bandara Kertajati di Majalengka. Tol Cisumdawu juga merupakan salah satu proyek dari PSN yang ada di Jawa Barat.

    Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerja sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun.

    Sebagai informasi, Menteri Perhubungan Dudy Purwagandhi mengatakan berdasarkan data historis tahun 2023 dan 2024 serta survei daring, rencana hari kepulangan pemudik diperkirakan akan terjadi pergerakan arus balik mulai meningkat pada H+3 Lebaran sampai dengan puncaknya pada H+5 Lebaran atau Minggu, 6 April 2025.

    Berdasarkan hasil survei daring diprediksi akan terdapat pergerakan masyarakat sebesar 21,5 persen atau 31,4 juta orang. Menyikapi hasil survei hari kepulangan tersebut, Kementerian Perhubungan saat ini telah melakukan berbagai upaya termasuk berkoordinasi dengan kementerian/lembaga negara lainnya untuk mendistribusikan arus balik pemudik.

    Terkait pilihan hari kepulangan atau balik Lebaran, responden survei umumnya memanfaatkan periode cuti bersama yang akan ditetapkan oleh pemerintah dalam hal kepulangan menuju daerah domisili asal.

    Untuk kepulangan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) juga memperkirakan akan terjadi lonjakan yang cukup drastis, Kemenhub berkoordinasi dengan kementerian/lembaga lainnya, seperti Kementerian PU dan badan usaha jalan tol Jasa Marga untuk memberlakukan diskon tarif tol pada saat kepulangan pemudik, dimana kami akan mendistribusikan jumlah arus pemudik yang akan kembali ke daerah asalnya.

    Pewarta: Aji Cakti
    Editor: Indra Arief Pribadi
    Copyright © ANTARA 2025

  • Jusuf Hamka Siap Gratiskan Tol Cisumdawu di Arus Balik Mudik Lebaran, Keputusan Tunggu Pemerintah

    Jusuf Hamka Siap Gratiskan Tol Cisumdawu di Arus Balik Mudik Lebaran, Keputusan Tunggu Pemerintah

    Bisnis.com, JAKARTA – Direktur Utama PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Jusuf Hamka, atau yang akrab dikenal Babah Alun, mengusulkan tarif gratis Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu) selama arus balik Lebaran 2025.

    Babah Alun mengatakan rencana menggratiskan tarif tol diusulkan untuk membantu para pemudik yang kembali ke Jakarta setelah Lebaran. Menurutnya, adanya tarif gratis lebih efektif dibandingkan dengan memberikan diskon.

    “Demi kelancaran pemudik, kami ingin berbagi. Awalnya, ada usulan untuk dikasih diskon 30%. Namun, kami ingin memberi gratis saja kalau pemerintah menyetujui. Dengan demikian, orang yang biasanya tersendat di Cipali bisa manuver di Cisumdawu. Selama ini, kalau bayar, biasanya mereka gak mau,” katanya saat dihubungi Bisnis, Senin (31/3/2025). 

    Adapun Tol Cisumdawu memiliki panjang mencapai 61,3 km dengan jumlah 6 seksi. Seksi 1 Cileunyi – Pamulihan (11,4 Km), Seksi 2 Pamulihan – Sumedang (17 Km), Seksi 3 Sumedang – Cimalaka (4 Km), Seksi 4 Cimalaka – Legok (8,2 Km), Seksi 5A dan 5B Legok – Ujung Jaya (14,9 Km), Seksi 6A dan 6B Ujung Jaya – Dawuan (6,1 Km).

    Sebelumya, melansir Antara, tol ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas antara Bandung dan Majalengka, serta mempercepat akses menuju Bandara Internasional Kertajati yang terletak di Majalengka.

    Dengan adanya Tol Cisumdawu, waktu tempuh antara kedua kota akan berkurang secara signifikan, yang pada gilirannya akan mengurangi kemacetan di rute-rute utama yang sering padat.

    Jusuf Hamka mengatakan rencana menggratiskan tarif tol juga untuk memperlancar arus balik. Rencananya, CKJT memberikan tarif nol untuk Tol Cisumdawu pada 5 – 7 April 2025. 

    “Kami nunggu (keputusan) pemerintah sebagai regulator. Rencananya gratis tanggal 5-7 (April), tapi terserah pemerintah mau berapa hari, pada dasarnya, kami siap,” tegas Babah Alun. 

    Adapun tarif per kilometer Tol Cisumdawu Utama yakni Rp1.200,76. Jika dikalikan dengan panjang tol yakni 61,6 kilometer, maka tarif penuh Tol Cisumdawu Utama dari Cileunyi hingga Ujungjaya, yakni Rp78.500.

    Dilansir dalam media sosial resmi CKJT, tarif Jalan Tol Cisumdawu ruas Cimalaka-Paseh-Dawuan resmi bertarif berdasarkan SK Menteri PUPR Nomor:959/KPTS/M/2023 10 Agustus 2023.

    Adapun arif per kilometer Tol Cisumdawu Utama yakni Rp1.200,76 jika dikalikan dengan panjang tol yakni 61,6 kilometer, maka tarif penuh Tol Cisumdawu Utama dari Cileunyi hingga Ujungjaya, yakni Rp78.500.

  • Dukung Mudik Lebaran 2025, ADHI Siapkan Ruas Tol Strategis di Seluruh Indonesia

    Dukung Mudik Lebaran 2025, ADHI Siapkan Ruas Tol Strategis di Seluruh Indonesia

    Dukung Mudik Lebaran 2025, ADHI Siapkan Ruas Tol Strategis di Seluruh Indonesia
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com
    – PT
    Adhi
    Karya (Persero) Tbk (
    ADHI
    ) sebagai salah satu perusahaan badan usaha milik negara (BUMN) konstruksi terus berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur nasional, khususnya
    jalan tol

    Dalam rangka mendukung kelancaran arus mudik
    Lebaran 2025
    , ADHI menyiapkan dan mengoperasikan sejumlah ruas tol strategis yang menghubungkan berbagai wilayah penting di Indonesia.
    Berikut adalah ruas tol yang menjadi andalan dalam mendukung
    arus mudik Lebaran 2025
    :
    Tol Sigli – Banda Aceh
    Sebagai bagian dari
    Jalan Tol

    Trans Sumatera
    di Provinsi Aceh, jalan tol ini menghubungkan Kota Sigli dan Kota Banda Aceh sepanjang 74,18 kilometer (km).
    Saat ini, 48,5 km telah beroperasi dari ruas Baitussalam hingga Seulimeum. 
    Pada Lebaran 2025, ruas Padang Tiji-Seulimeum sepanjang 25,68 km akan dibuka secara fungsional.
    Tol Bayung Lencir – Tempino
    Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang menghubungkan Bayung Lencir dan Tempino di Provinsi Jambi dengan panjang 34 km. 
    Tol Bayung Lencir – Tempino memangkas waktu tempuh dari 1,5 jam menjadi hanya 15 menit dan telah beroperasi penuh sejak 2024.
    Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu)
    Menghubungkan Kota Bandung, Sumedang, dan Majalengka di Provinsi Jawa Barat (Jabar) sepanjang 62 km, tol ini terintegrasi dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan.
    Kehadiran tol Cisumdawu mempermudah akses ke Bandara Internasional Kertajati, Pelabuhan Patimban, serta mendukung pertumbuhan ekonomi di Jabar. 
    Tol Cisumdawu telah beroperasi penuh sejak 2023.
    Tol Solo – Jogja – YIA Kulonprogo
    Jalan tol sepanjang 96,57 km ini menghubungkan Kota Solo di Jawa Tengah (Jateng) dengan Kota Yogyakarta dan Kulonprogo di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 
    Ruas Kartasura-Klaten sepanjang 22,3 km telah beroperasi, sementara ruas Klaten-Prambanan sepanjang 8,6 km akan dibuka secara fungsional pada Lebaran 2025. 
    Ruas Prambanan-Purworejo sepanjang 65,67 km masih dalam tahap konstruksi.
    Tol Solo – Ngawi – Kertosono
    Rute ini merupakan bagian dari Jalan Tol
    Trans Jawa
    yang membentang sepanjang 177 km, menghubungkan Kota Solo di Jateng hingga Kertosono di Jawa Timur (Jatim). 
    Jalan tol Solo – Ngawi – Kertosono melintasi Boyolali, Karanganyar, Sragen, Ngawi, Madiun, Nganjuk, dan Jombang. Tol ini telah beroperasi penuh sejak 2018.
    Tol Kertosono – Mojokerto
    Jalan tol ini menghubungkan Kertosono dan Mojokerto di Jatim sepanjang 40,5 km. Tol Kertosono – Mojokerto telah beroperasi penuh sejak 2018.
    Tol Gempol – Pandaan
    Tol sepanjang 13,61 km ini menghubungkan Gempol dan Pandaan di Kabupaten Pasuruan, Jatim. 
    Tol Gempol – Pandaan menjadi akses utama yang menghubungkan Jalan Tol Surabaya-Gempol dengan Jalan Tol Gempol-Pasuruan di Simpang Susun Gempol, bagian dari Jalan Tol Trans Jawa. 
    Tol tersebut juga menghubungkan dua kota terbesar di Jatim, Surabaya dan Malang. Tol ini telah beroperasi penuh sejak 2019.
    Tol Gempol – Pasuruan
    Sebagai bagian dari Jalan Tol Trans Jawa, jalan tol ini menghubungkan Gempol dan Kabupaten Pasuruan, serta mendukung konektivitas utama antara Surabaya dan Banyuwangi. 
    Tol Gempol – Pasuruan telah beroperasi penuh sejak 2018.
    Melalui pembangunan infrastruktur itu, ADHI berperan penting dalam meningkatkan konektivitas dan mendukung kelancaran arus mudik Lebaran 2025. 
    Dengan adanya jalan tol-tol tersebut, perjalanan diharapkan menjadi lebih nyaman, aman, dan efisien bagi para pemudik.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Sektor pariwisata Kota Bandung sumbang Rp900 miliar untuk PAD

    Sektor pariwisata Kota Bandung sumbang Rp900 miliar untuk PAD

    Karena ini juga ada permintaan dari pemerintah daerah di Malaysia, kemudian Singapura dan Thailand yang ingin langsung ke Bandung melalui Husein Sastranegara

    Bandung (ANTARA) – Sektor pariwisata Kota Bandung, menyumbang sekitar Rp900 miliar bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD) dengan okupansi keterisian penginapan menembus delapan juta orang.

    “Ini berasal dari pajak hotel, restoran dan juga tempat-tempat destinasi wisata,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung Arief Syaifudin dalam rapat serap aspirasi perubahan UU Kepariwisataan di Bandung, Rabu.

    Arief mengatakan hal ini juga ada pengaruhnya dari beroperasinya kereta cepat whoosh yang per hari mencapai 23 ribu. Namun, menurut dia, hal ini bisa ditingkatkan dengan pembukaan kembali Bandara Hussein Sastranegara.

    “Karena ini juga ada permintaan dari pemerintah daerah di Malaysia, kemudian Singapura dan Thailand yang ingin langsung ke Bandung melalui Husein Sastranegara,” ucapnya.

    Terkait hal itu, Wakil Ketua Komisi VII DPR Lamhot Sinaga mengungkapkan bahwa untuk bandara, di Jawa Barat sejatinya bisa dipenuhi oleh BIJB Kertajati untuk memenuhi kebutuhan transportasi udara.

    “Dan penopangnya bisa menggunakan Whoosh dan perjalanan darat walaupun feeder dari dan ke beberapa wilayah seperti Kertajati dan juga dari stasiun kereta api cepat, belum bisa mengakses kepada seluruh destinasi-destinasi wisata yang ada di Jawa Barat ini,” katanya.

    Ke depan, Lamhot mengatakan pihaknya juga akan mendorong feeder atau angkutan pengumpan, akan lebih didorong untuk diwajibkan.

    “Jadi harapannya terbuka aksesnya untuk bisa masuk ke seluruh objek wisata yang ada di Jawa Barat juga,” katanya.

    Di sisi lain, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat menyebut dunia kepariwisataan di Jawa Barat tengah mengalami krisis, akibat beberapa isu yang terjadi dan menjadi pekerjaan rumah bersama.

    Sekretaris Disparbud Jawa Barat Ani Widiani mengatakan yang pertama butuh adanya manajemen untuk mengantisipasi bencana, kemudian persoalan pengelolaan sampah tempat wisata dan pungli yang bisa merusak citra pariwisata di Jawa Barat.

    Hal ini, menurut Ani, perlu perhatian serius karena bisa mengancam kelangsungan dari realisasi investasi ekonomi kreatif di Jawa Barat di mana untuk Investasi tahun 2023 dari Penanaman Modal Asing (PMA) sebesar Rp15 triliun, dan untuk Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) Rp7,4 triliun, dan di 2024 meningkat PMA nya sebanyak Rp35 triliun dan PMDN Rp8 triliun.

    “Hal-hal ini butuh perhatian serius semua pihak karena bisa mengganggu citra pariwisata Jabar, karena kan sesungguhnya yang bekerja (harusnya) tidak hanya sektor pariwisata tapi juga komponen lain dari stakeholders lainnya,” ucap dia.

    Pewarta: Ricky Prayoga
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Saksikan Langsung! Pengundian Hadiah Saldo DANA Rp100 Ribu

    Saksikan Langsung! Pengundian Hadiah Saldo DANA Rp100 Ribu

    JABAR EKSPRES – Ingin mendapatkan saldo DANA gratis tanpa ribet? Kesempatan emas ini jangan sampai kamu lewatkan! Dengan hanya mengisi survei, kamu bisa memenangkan saldo dompet digital hingga Rp 100 ribu! Survei ini benar-benar terbukti membayar dan tanpa tipu-tipu. Yuk, segera ikuti surveinya dan menangkan hadiahnya!

    Pelaksanaan survei kali ini membahas tentang Kunjungan Wisata Jawa Barat yang menarik untuk dikunjungi dan juga Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka. Seperti yang kita ketahui, Bandara Kertajati kini sudah beroperasi penuh, namun masih belum optimal dari segi jumlah penumpang dan rute penerbangan yang tersedia.

    Saat ini, hanya ada dua rute internasional ke Singapura dan Malaysia, serta dua rute domestik ke Balikpapan dan Bali. Oleh karena itu, pendapat kamu sangat dibutuhkan agar pengelola bandara bisa meningkatkan layanannya.

    Baca juga : Langsung Dapat Rp250.000 Gratis dari Aplikasi Penghasil Uang Terbaru 2025

    Sebagai bentuk apresiasi atas partisipasi kamu dalam survei ini, tersedia hadiah saldo dompet digital yang bisa dimenangkan dengan total hadiah mencapai Rp 1 juta! Berikut pembagian hadiahnya:

    Juara 1: Saldo DANA Rp 100.000,-Juara 2: Saldo DANA Rp 50.000,-Juara 3: Saldo DANA Rp 25.000,-

    Dan menariknya, hadiah ini bisa bertambah lebih besar hingga puluhan juta rupiah saat hari pengundian! Jadi, jangan sampai ketinggalan kesempatan ini.

    Mengikuti survei ini sangat mudah! Berikut langkah-langkahnya:

    Isi survei dengan nama lengkap sesuai kolom isian di laman survei (link tersedia di akhir artikel).Masukkan nomor telepon yang terhubung dengan akun dompet digital kamu, seperti DANA, OVO, atau GoPay.Jawab pertanyaan survei dengan jujur dan sesuai pengalaman atau minat kamu.

    Baca juga : Cara Dapat Uang dari Meta AI WhatsApp Terbaru 2025, Ini Caranya

    Survei ini hanya berlangsung selama dua hari, mulai Kamis, 20 Februari 2025 hingga Sabtu, 22 Februari 2025. Jangan sampai ketinggalan!

    Live Streaming Pengundian Hadiah – Catat Jamnya!

    Setelah periode survei berakhir, pengundian hadiah akan dilakukan pada Sabtu, 22 Februari 2025 pukul 17.00 WIB dan disiarkan secara langsung melalui akun TikTok Jabar Ekspres Group. Pastikan kamu juga memantau akun Instagram dan website resmi Jabar Ekspres agar tidak melewatkan informasi terbaru.

  • NYATA Hadiahnya, Jabar Ekspres Bagi-Bagi Saldo DANA Gratis Total Rp1 Juta Hanya Dengan Isi Survey ini

    NYATA Hadiahnya, Jabar Ekspres Bagi-Bagi Saldo DANA Gratis Total Rp1 Juta Hanya Dengan Isi Survey ini

    JABAR EKSPRES – Sudah bosan dengan aplikasi-aplikasi penghasil uang yang menjanjikan saldo DANA gratis receh? kini Jabar Ekspres akan memberikan hadiah besar khusus untuk pembaca setianya.

    Tidak tanggung-tanggung, Jabar Ekspres sudah menyiapkan hadiah senilai Total Rp1 juta bagi yang beruntung dan bisa memenuhi syaratnya.

    Pasti kamu penasaran bagaimana cara mendapatkan hadiah tersebut, sabar, kita akan menjelaskan secara perlahan, agar tidak ada yang terlewat.

    Hadiah saldo DANA gratis senilai total Rp1 juta rupiah ini akan diberikan untuk beberapa pemenang yang mengikuti program Isi Survei Berhadiah.

    Baca juga :  Untung Besar, Nonton Youtube Dapat Saldo DANA Rp250.000, Begini Caranya

    Survey ini diselenggarakan untuk mengetahui aspirasi, opini atau pendapat dari masyarakat tentang suatu hal yang bersifat pelayanan publik.

    Nah, untuk kesempatan kali ini survey akan membahas tentang Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka.

    Mungkin sebagian dari kamu masih belum mengenal Bandara kebanggaan Jawa Barat ini. Karenanya, dengan mengisi survey ini kamu bisa menambah wawasan sekaligus mendapatkan tambahan uang jajan. Seru kan?

    Bagaimana caranya ikut Survei? Pasti pertanyaan ini yang sekarang ada dikepalamu? Tenang, kita akan jelaskan satu persatu.

    Untuk mengikuti survey ini, kamu tidak akan dipungut biaya sepeserpun alias gratis tis. Kamu hanya perlu menyiapkan perangkat HP lengkap dengan jaringan internet untuk mengakses surveynya.

    Siapkan juga alamat email dan nomor telepon aktif yang tertaut dengan akun DANA atau eWAlletmu yang lain.

    Baca juga : 5 Aplikasi Penghasil Saldo DANA Gratis Terbaru, Install Langsung Untung Ratusan Ribu Rupiah

    Setelah semuanya siap, kamu bisa mulai mengikuti survey dengan mengakses link yang ada di akhir artikel ini.

    Pastikan mengisi semua pertanyaan dengan jujur sesuai dengan pengalaman yang pernah kamu alami. Termasuk mengisi data diri yang dibutuhkan, namun kamu tidak perlu kuatir karena tidak ada data pribadi yang diminta dalam survey ini, hanya perlu nama, umur dan domisili.

    Namun perlu diingat, hadiah tidak akan langsung masuk ke akun DANA kamu secara otomatis setelah menyelesaikan survey, karena akan melalui proses pengundian.

  • Efek Domino Efisiensi Anggaran, Picu PHK Massal Sektor Perhotelan dan Pariwisata?

    Efek Domino Efisiensi Anggaran, Picu PHK Massal Sektor Perhotelan dan Pariwisata?

    JABAR EKSPRES – Kebijakan pemerintah pusat menekan pengeluaran dengan melakukan efisiensi anggaran dapat memicu terjadinya pemutusan hubungan kerja (PHK) pada industri perhotelan dan pariwisata.

    Sekedar diketahui, Presiden Prabowo Subianto tengah melakukan penghematan anggaran melalui Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2025 tentang Efisiensi Belanja dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2025.

    Hal ini mendapat respons dari Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bandung Barat (KBB). Mereka menilai, dengan efisiensi anggaran ini maka tak akan ada lagi kegiatan di hotel-hotel. Dampaknya, terjadi efek domino untuk industri perhotelan dan pariwisata.

    “Dampaknya cukup besar, baru saja kita dihadapkan dengan narasi larangan study tour. Sekarang muncul larangan kegiatan seperti meeting ataupun rapat di hotel, jujur saja kebijakan ini akan berdampak pada bisnis sektor hotel maupun pariwisata,” ungkap Ketua PHRI KBB Eko Suprianto saat dihubungi, Senin (17/2/2025).

    BACA JUGA:Efisiensi Anggaran jadi Perhatian, Pengamat Transportasi Sebut KNKT Perlu Dipisahkan sebagai Institusi Mandiri

    Dikatakan Eko, kegiatan pemerintah yang memanfaatkan ruang pertemuan di hotel selama ini sangat membantu operasional hotel dan restoran. Khususnya setelah wabah pandemi COVID-19 muncul beberapa tahun lalu yang memukul bisnis pariwisata.

    Namun, ia memperkirakan secara keseluruhan kegiatan Aparatur Sipil Negara (ASN) berkontribusi sekitar 15 hingga 25 persen kepada industri perhotelan.

    “Kebijakan ini pasti akan memukul bisnis perhotelan, terutama bagi hotel yang memang memanfaatkan ruangan pertemuan mereka untuk meeting. Efeknya seperti Covid-19, dimana industri perhotelan sangat terpukul,” katanya.

    Ia menambahkan, minimnya kegiatan meeting atau rapat akan membuat pelaku usaha hotel dan restoran terpukul karena omset akan mengalami penurunan drastis.

    BACA JUGA:Efisiensi Anggaran, Suntikan Modal ke BIJB Kertajati Dipangkas?

    Biasanya, saat omset turun drastis, pemangkasan karyawan merupakan hal utama yang dilakukan oleh pelaku usaha.

    “Yang paling gampang pengusaha akan melakukan itu (PHK), selain mencari pangsa pasar yang baru,” tegasnya.

    Meski begitu, Eko menegaskan, pada prinsipnya mendukung upaya efisiensi anggaran yang dilakukan pemerintah. Baiknya yang dibenahi itu pengelolaan keuangan di internal pemerintah untuk menekan pemborosan dan menutup kebocoran anggaran.

  • Dampak Efisiensi Sudah Dirasakan Pengusaha Hotel Resto, Lost Business Rp12,8 Miliar Gegara Pembatalan MICE

    Dampak Efisiensi Sudah Dirasakan Pengusaha Hotel Resto, Lost Business Rp12,8 Miliar Gegara Pembatalan MICE

    JABAR EKSPRES – Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar Dodi Ahmad Sofiandi terus mendorong untuk mengevaluasi kebijakan efisiensi anggaran yang diakukan pemerintah daerah, dampak nyatanya kini sudah terasa.

    Dodi menuturkan, saat ini saja tercatat sudah ada lost business sebesar Rp 12,8 miliar dalam bisnis perhotelan di Kota Bandung.

    “Itu laporan dari para GM hotel di Bandung. Banyak pesanan dari dinas itu dibatalkan,” katanya, Jumat (14/2).

    Dodi melanjutkan, itu dampak nyata dari kebijakan efisiensi. Saat ini sudah mulai terasa, padahal kebijakan juga baru digodok.

    Tapi memang instansi pemerintahan sudah mulai membatalkan pesanan berbagai kegiatan yang sebelumnya telah dijadwalkan.

    BACA JUGA: Efisiensi Anggaran, Suntikan Modal ke BIJB Kertajati Dipangkas?

    Menurut Dodi, dampak kebijakan itu juga bakal berkepanjangan. Selama ini sektor meeting, incentive, convetion, and exhibition (MICE) cukup jadi andalan untuk menambah pendapatan hotel.

    Jika sektor itu terganggu, maka peluangnya hotel hanya bisa menggaji karyawan hingga 4 bulan mendatang atau sampai selepas lebaran.

    “Lepas itu bakal ada pemutusan hubungan kerja atau PHK. Karena tidak bisa gaji karyawan,” cetusnya.

    Dodi menuturkan, tercatat ada sekitar 700 hotel yang tergabung dalam PHRI Jabar meliputi hotel bintang maupun non bintang.

    “Hotel bintang itu ada sekitar 300 an. Kalau bintang karyawannya sekitar 50 – 100 orang,” bebernya.

    BACA JUGA: Efisiensi Anggaran KPK 2025 Sebesar Rp201 Miliar

    Nasib para karyawan itu kini terancam, faktornya kebijakan efisiensi anggaran yang menginstruksikan pengurangan kegiatan dinas atau instansi pemerintahan dalam bentuk seminar atau FGD yang biasa di hotel.

    Masih kata Dodi, buntut efisiensi itu nampaknya juga bakal melebar ke industri lain seperti suplier atau UMKM yang selama ini jadi pemasok industri hotel dan resto.

    Sebelumnya, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Jabar, Darwis Sitorus memprediksi bahwa sektor hotel dan resto menjadi salah satu yang terdampak kebijakan efisiensi anggaran. Karena sektor tersebut yang sejauh ini banyak menyerap dan berkembang dari kegiatan pemerintah.

    BACA JUGA: Kemenkop Dipangkas Rp155,8 Miliar, Budi Arie: Efisiensi Anggaran Bukan Jadi Penghambat Pelaksanaan Program

  • Bandara Nganggur Biaya Triliunan di Era Jokowi, Susi Pudjiastuti Soroti Private Jet Tambah Banyak

    Bandara Nganggur Biaya Triliunan di Era Jokowi, Susi Pudjiastuti Soroti Private Jet Tambah Banyak

    FAJAR.CO.ID,JAKARTA — Sejumlah bandara yang dibangun di era Presiden ke-7 Jokowi kini nganggur. Hal itu menuai sorotan publik.

    Setidaknya ada empat bandara yang kini nyaris tidak terpakai. Karena tidak adanya penerbangan.

    Bandara tersebut, telah menghabiskan triliunan rupiah saat pembangunannya. Tersebar di beberapa titik.

    Pendiri Susi Air, Susi Pudjiastuti mengkritknya. Ia mengatakan, selain empat bandara yang nganggur, bandara tanpa penerbangan lebih banyak lagi.

    “Bandara yang tidak memiliki penerbangan lebih banyak lagi,” kata Susi di akun media sosial X @susipudjiastuti.

    Di sisi lain, ia menyoroti turunnya penerbangan komersil. Sementara private jet tambah banyak.

    “Frekuensi penerbangan dan jumlah pesawat terbang komersil juga turun tapi private jet tambah banyak,” ucap Susi.

    Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan ini juga mengkritisi kenaikan drastis berbagai biaya di industri penerbangan.

    Seperti landing fee, navigasi, dan ground handling, meskipun aktivitas penerbangan menurun.

    Susi mengaku tak mengerti mengapa biaya layanan penerbangan justru melonjak, sementara jumlah penerbangan berkurang signifikan.

    “Tidak ada yang terbang tapi biaya naik, jujur saya tidak mengerti,” tandasnya

    Adapun empat bandara yang nganggur sebagai berikut:

    Bandara Kertajati, Majalengka

    Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) ini menghabiskan anggaran Rp2,6 triliun dalam pembangunannya. Diresmikan 24 Mei 2018 oleh Presiden Jokowi.

    Bandara ini disebut-sebut terbesar di Indonesia setelah Soekarno-Hatta. Namun berhenti melayani penerbangan reguler setahun setelah diresmikan.

  • Kargo pertama di Bandara Kertajati. Bawa 900 ekor domba dari Australia

    Kargo pertama di Bandara Kertajati. Bawa 900 ekor domba dari Australia

    Sumber foto: Enok Carsinah/elshinta.com.

    Kargo pertama di Bandara Kertajati. Bawa 900 ekor domba dari Australia
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 31 Januari 2025 – 14:14 WIB

    Elshinta.com – Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati untuk pertama kalinya kedatangan pesawat kargo yang membawa 900 ekor domba dari Australia. 

    Kargo tiba di Bandara Kertajati, Selasa (28/1/2025), pukul 07.00 WIB, dengan menggunakan pesawat Maskargo milik maskapai Malaysia Airlines. 

    Momen tersebut disaksikan langsung oleh Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin, di dampingi Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi, Dirut BIJB.

    “Ini kargo pertama ke Kertajati, yaitu pengiriman domba dari Australia sebanyak 900 ekor,” ucap Bey seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Enok Carsinah, Jumat (31/1). 

    Sebanyak 900 domba Australia tersebut terdiri dari bibit domba Dorper Black Head (60 jantan + 475 betina), bibit domba Suffolk (80 jantan + 140 betina), bibit domba Texel (45 jantan + 100 betina). Selanjutnya domba tersebut akan dikarantina di Cilacap, Jawa Tengah. 

    Bey menuturkan, pengiriman kargo tersebut merupakan salah satu upaya untuk menghidupkan Bandara Kertajati. 

    Selain melayani penumpang, bandara di Kabupaten Majalengka tersebut juga akan diramaikan oleh aktivitas kargo baik dalam maupun luar negeri. 

    “Ini bagian dari upaya kami untuk menghidupkan Kertajati,” tuturnya.

    Bey menyebut, biaya non transportasi layanan kargo ke Bandara Kertajati relatif lebih murah dibanding bandara lainnya. 

    Untuk itu Bey mengajak, khususnya importir agar menggunakan layanan kargo di Bandara Kertajati. 

    “Tadi saya tanya ke importir, biaya bukan transpor lebih murah di sini daripada di Bandara Soekarno Hatta. Selanjutnya juga mereka akan memilih Kertajati,” sebutnya. 

    Keunggulan lainnya, yaitu sistem navigasi Bandara Kertajati lebih canggih walaupun cuaca sedang berkabut. Hal itu yang dirasakan pilot Maskargo saat mendaratkan pesawat di Kertajati. 

    “Tadi saya tanya pilotnya, runway bagus dan aman, apalagi sistem navigasinya canggih. Jadi lebih aman karena tadi cuacanya berkabut, tapi tidak masalah,” ungkap Bey. 

    Sementara Pj Bupati Majalengka, Dedi Supandi mengapresiasi peran Pemrov Jabar dalam meramaikan kegiatan di Bandara Kertajati.

    “Pemkab Majalengka akan terus support dalam optimalisasi Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati, guna mendukung konektivitas dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat ,” ujar Dedi Supandi.

    Pj Bupati Majalengka yakin kawasan Bandara Kertajati akan terus berkembang mengingat potensi yang dimiliki bandara tersebut sangat bagus.

    Sumber : Radio Elshinta