TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG – Smarfren mencatat peningkatan traffic internet yang signifikan di Jawa Barat dan Jawa Tengah selama momen Hari Raya Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.
Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren menjelaskan, peningkatan akses tersebut antara lain dipicu oleh mobilitas masyarakat menuju ke kota-kota tersebut.
Peningkatan akses internet paling tinggi terjadi Jawa Barat, tepatnya wilayah Bandung, sebesar 14 persen lebih tinggi dibandingkan hari biasa.
Berikutnya adalah Jawa Tengah, tepatnya di Semarang sebesar 13?n Yogyakarta sebesar 12 % dibandingkan hari biasa.
Peningkatan tersebut selaras dengan antisipasi yang telah disiapkan sehingga pelanggan tetap dapat menikmati layanan yang optimal selama perjalanan menuju ke kota-kota tersebut maupun saat telah mencapainya.
“Smartfren berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan di mana pun mereka berada. Selaras dengan hal itu, kami secara rutin melakukan optimasi, pembaruan, serta peningkatan kapasitas jaringan sehingga pada momen Nataru 2025 ini semua pelanggan mendapatkan pengalaman digital yang nyaman,” katanya dalam keterangannya, Kamis (9/1/2025).
Dijelaskan, satu yang berkontribusi terhadap peningkatan akses layanan internet tersebut adalah minat masyarakat terhadap aplikasi digital.
Peningkatan akses tersebut mencapai 12 % lebih tinggi dari hari biasa; dengan catatan aplikasi yang banyak digunakan adalah media sosial (Instagram, TikTok, FacebooK) dan pesan instan (WhatsApp).
Sementara itu secara nasional, rata-rata peningkatan akses layanan internet Smartfren selama Nataru 2025 mencapai 9 % dibandingkan hari biasa.
Dia menjelaskan, sebelumnya Smartfren telah melakukan antisipasi dengan meningkatkan kapasitas jaringan di wilayah-wilayah yang diprediksi mengalami lonjakan traffic lebih signifikan.
Beragam teknologi terkini, seperti Artificial Intelligence (AI) juga mulai diimplementasikan di jaringan Smartfren untuk menghadirkan internet dan efisien dari segi konsumsi daya, namun tetap memberikan kualitas terbaiknya kepada pelanggan. (*)