Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Sinergi pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat di Pilkada

Sinergi pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat di Pilkada

Program Klingking Fun Pesta Diskon Anti Golput di Pilkada 2024 digelar Hippindo, APPBI dan KADIN di sejumlah mal, salah satunya. Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (27/11/2024). Foto: Hutomo Budi

Sinergi pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat di Pilkada
Dalam Negeri   
Editor: Nandang Karyadi   
Rabu, 27 November 2024 – 19:37 WIB

Elshinta.com – Kepala Dinas PPKUKM Pemprov DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo, menyampaikan rasa terima kasihnya untuk para pengusaha yang menggagas program Klingking Fun Pesta Diskon Anti Golput di Pilkada 2024.

Seperti diketahui acara ini digelar oleh Himpunan dan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) bersama Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) dan Kamar Dagang Indonesia (KADIN) di sejumlah mal, salah satunya Mall Kota Kasablanka, Jakarta, Rabu (27/11/2024).

“Pesta Diskon Anti Golput yang beriringan dengan pesta demokrasi mencerminkan semangat kebersamaan dan sinergi dalam mewujudkan pemilu yang luber dan jurdil,” kata Ratu.

Meskipun tantangan ekonomi masih ada ke depan, kolaborasi erat antara pemerintah, pengusaha, dan seluruh pemangku kepentingan menjadi kunci memastikan Indonesia terus bergerak ke arah yang lebih baik.

“Kami mengapresiasi semua pihak yang telah berkontribusi dalam acara ini dan pelaksanaan pilkada yang sukses, sebagai bukti bahwa sinergi dapat mendorong perubahan positif bagi Indonesia,” papar Ratu.

Ketua Umum APINDO, Shinta W. Kamdani menegaskan pentingnya sinergi antara pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat dalam mendukung demokrasi melalui Pilkada Serentak 2024.

“Kondisi perekonomian saat ini menghadapi tantangan besar, dengan pertumbuhan kuartal ketiga berada di bawah 4,95% dan penurunan daya beli pada kelas menengah. Acara Klingking Fun diinisiasi sebagai upaya kreatif untuk mengurangi angka golput sekaligus mendukung perekonomian melalui pesta diskon,” katanya,

Program yang telah diadakan sejak Pilpres sebelumnya ini terbukti efektif, dengan capaian partisipasi hingga 75%. Melalui pendekatan yang inovatif, Klingking Fun tidak hanya mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya, tetapi juga mendorong aktivitas belanja yang dapat memperkuat daya beli.

“Kami berharap kegiatan ini terus berkembang hingga menjangkau seluruh Indonesia, sehingga manfaatnya dirasakan secara merata di berbagai daerah,” ujar Shinta.

Sebagai fasilitas publik dengan peran strategis, Pusat Perbelanjaan Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung partisipasi pemilih dalam setiap Pemilihan Umum di Indonesia. Ketua Umum APPBI, Alphonzus Widjaja menyampaikan, Acara Klingking Fun 2024 dirancang untuk menyukseskan pemilu dengan meningkatkan jumlah partisipasi pemilih melalui berbagai promo menarik.

Dengan menunjukkan tanda tinta pada jari sebagai bukti telah memilih, masyarakat dapat menikmati diskon belanja di berbagai pusat perbelanjaan.

Kegiatan ini menjadi bagian dari Pilkada Serentak dan sekaligus dimanfaatkan oleh APPBI sebagai langkah awal untuk menggerakkan kembali industri ritel, yang dalam beberapa bulan terakhir mengalami tantangan akibat penurunan daya beli masyarakat menengah ke bawah.

Harapannya, momentum ini dapat menjadi awal yang positif untuk memulihkan kinerja industri ritel di kuartal keempat 2024 dan kuartal pertama 2025.

Dengan semangat optimisme, kata Alphonzus, acara ini diharapkan menjadi titik awal yang signifikan dalam menggerakkan kembali roda perekonomian, menutup tahun 2024 dengan hasil yang menjanjikan, dan menyongsong tahun 2025 dengan lebih percaya diri.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana Tugas Harian Ketua Umum HIPPINDO sekaligus Ketua Panitia Klingking Fun  serta mewakili KADIN Indonesia, Fetty Kwartati, menjelaskan acara Klingking Fun Pesta Diskon Anti Golput telah digelar untuk ketiga kalinya sejak 2019.

“Ini menjadi bentuk apresiasi atas partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak pilih mereka. Dengan adanya Klingking Fun, masyarakat diajak memanfaatkan momen ini dengan berbelanja di pusat perbelanjaan, sekaligus mendorong perputaran ekonomi,” katanya.

Penulis: Hutomo Budi/Ter

 

Sumber : Radio Elshinta