Riset: Kecepatan dan Harga Ongkos Kirim Jadi Kunci Kepuasan Belanja Online – Page 3

Riset: Kecepatan dan Harga Ongkos Kirim Jadi Kunci Kepuasan Belanja Online – Page 3

Riset Snapcart juga mengukur dampak implementasi program GTW Shopee terhadap tiga aspek utama: loyalitas merek jasa kirim, kecepatan pengiriman, dan kepuasan konsumen secara keseluruhan.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa program GTW secara umum memberikan dampak positif bagi sebagian besar pengguna layanan logistik. Hal ini tercermin dari peningkatan signifikan pada ketiga aspek tersebut berdasarkan pengalaman konsumen yang menggunakan Anteraja, JNE, dan SiCepat.

Dari sisi loyalitas merek, SiCepat mencatatkan pertumbuhan tertinggi setelah implementasi program GTW, yaitu sebesar 16%. JNE menyusul dengan peningkatan sebesar 12%, diikuti Anteraja (10%), dan Pos Indonesia (8%). 

Sementara itu, dalam hal kecepatan layanan pengiriman, Anteraja menunjukkan peningkatan tertinggi sebesar 9%, diikuti oleh Pos Indonesia dan SiCepat yang masing-masing meningkat 8%, serta JNE dengan peningkatan 6%.

Pada aspek kepuasan konsumen secara umum, Anteraja kembali unggul dengan kenaikan sebesar 9%, diikuti oleh SiCepat (6%), JNE (4%), dan Pos Indonesia (2%).