TRIBUNNEWS.COM – Simak inilah cara mudah untuk Catat Meter secara mandiri yang tersedia di aplikasi PLN Mobile.
Diketahui, masyarakat diimbau untuk dapat melakukan catat meter listrik mandiri di rumah.
Hal ini menindaklanjuti keluhan masyarakat yang merasa tagihan listriknya melonjak setelah program diskon listrik 50 persen berakhir pada akhir Februari 2025, lalu.
Keluhan tersebut pun ramai disampaikan melalui kolom komentar di akun resmi Instagram PT PLN, @pln_id.
Diwartakan Surya.co.id sebelumnya, Vice President Komunikasi Korporat PLN, Grahita Muhammad, menyampaikan bahwa kenaikan tagihan listrik bisa disebabkan oleh pola pemakaian yang meningkat.
“Adanya lonjakan tagihan listrik bisa disebabkan oleh pola pemakaian listrik yang meningkat,” ujar Grahita.
Pelanggan diimbau untuk menjaga pola konsumsi listrik agar tagihan listriknya tetap terjaga.
“PLN mengimbau pelanggan untuk memastikan pola konsumsi listrik,” paparnya.
Lebih lanjut, ia menjelaskan, pelanggan pascabayar yang ingin mengetahui riwayat pemakaian listrik setiap bulannya bisa mengaksesnya di aplikasi PLN Mobile.
Selain melihat riwayat pemakaian listrik, pelanggan juga bisa melakukan catat meter mandiri melalui fitur SwaCam di aplikasi PLN Mobile.
“Bagi pelanggan pascabayar, dapat melakukan pencatatan stand angka kWh meter secara mandiri di rumah setiap bulannya, bahkan dapat mengetahui estimasi biaya tagihan listrik untuk pembayaran pada bulan berjalan,” jelasnya.
Cara Catat Meter Mandiri Lewat PLN Mobile
Dikutip melalui Siaran Pers di laman resminya, PT PLN (Persero) memberi kemudahan bagi pelanggan pascabayar untuk mengecek perkiraan tagihan pemakaian listrik setiap bulan.
Melalui fitur Catat Meter secara mandiri yang tersedia di aplikasi PLN Mobile, pelanggan dapat mengetahui perkiraan pemakaian listrik setiap bulannya, sebelum tagihan resmi keluar.
Buka aplikasi PLN Mobile
Pilih menu Catat Meter
Pilih mulai swacam & foto angka stand meter yang ada di kWh meter
Pilih ID Pelanggan
Masukan angka stand meter
Kirim
Setelah pelanggan melakukan langkah di atas, maka estimasi biaya tagihan rekening listrik juga akan muncul.
Kemudian, tagihan listrik akan keluar setiap awal bulan berikutnya.
Pembayaran listrik pun bisa dilakukan dengan mudah melalui Aplikasi PLN Mobile.
Fitur layanan Catat Meter Mandiri di PLN Mobile ini sudah mengikuti perhitungan yang didasarkan pada 40 jam nyala, baik tarif blok dan rekening minimum sesuai dengan Peraturan Menteri ESDM Nomor 28 Tahun 2016.
“Melalui fitur Catat Meter, pelanggan pascabayar bisa mengetahui perkiraan tagihan listrik dan mengontrol sendiri pemakaian listrik bulanan. Untuk pencatatan meter mandiri bisa dilakukan antara tanggal 23 sampai 27 setiap bulannya,” kata Gregorius.
“Selain bisa mengetahui estimasi tagihan lebih awal. Dengan catat meter mandiri, privasi pelanggan juga lebih terjaga, karena petugas PLN tidak perlu masuk ke halaman rumah untuk melakukan pencatatan meter di kWh meter,” tambahnya.
Gregorius berharap, hadirnya berbagai fitur PLN Mobile dapat memudahkan pelanggan bisa mengakses seluruh layanan tanpa perlu lagi ke kantor PLN.
Selain bisa mencatat pemakaian listrik mandiri, pelanggan juga bisa menggunakan aplikasi PLN Mobile untuk melakukan transaksi kelistrikan, seperti pasang baru, tambah daya, bayar tagihan, sampai baca meter mandiri.
Untuk itu, bagi pelanggan PLN yang belum memiliki aplikasi PLN Mobile bisa mengunduhnya di AppStore maupun PlayStore secara gratis.
(Tribunnews.com/Latifah)(Surya.co.id/Arum Puspita)
