Merangkum Semua Peristiwa
Indeks

Ramai Permintaan, Jasa Rental Mobil di Surabaya Antisipasi Kejahatan Selama Mudik Lebaran Surabaya 21 Maret 2025

Ramai Permintaan, Jasa Rental Mobil di Surabaya Antisipasi Kejahatan Selama Mudik Lebaran
                
                    
                        
                            Surabaya
                        
                        21 Maret 2025

Ramai Permintaan, Jasa Rental Mobil di Surabaya Antisipasi Kejahatan Selama Mudik Lebaran
Tim Redaksi
SURABAYA, KOMPAS.com
– Menjelang mudik Lebaran Idul Fitri 2025, penyedia layanan rental mobil di Surabaya mengalami lonjakan permintaan.
Bimo Satrio
, pengelola rental mobil Villa Group Jaya Surabaya, mengungkapkan bahwa jumlah permintaan meningkat signifikan menjelang hari H Lebaran.
“Kemarin banyak sekali yang menanyakan mobil, tapi biasanya ramai saat H-1 Lebaran sampai H+4,” kata Bimo, Jumat (21/3/2025).
Ia menjelaskan bahwa tingginya permintaan untuk rental mobil umumnya berlangsung selama 4 hingga 5 hari di sekitar hari raya Idul Fitri.
“Karena kebutuhan orang untuk mudik biasanya mendekati hari H Lebaran. Mereka baru bisa mendapatkan cuti dan pulang mudik,” tambahnya.
Bimo memprediksi
permintaan sewa mobil
akan mencapai 15-20 unit selama momen mudik Idul Fitri 2025.
“Tahun lalu segituan, dan mobil yang paling banyak disewa itu jenis city car seperti Innova,” imbuhnya.
Harga sewa rental mobil selama
mudik Lebaran 2025
diperkirakan meningkat sekitar 50 persen dari harga normal.
“Faktornya karena tingginya permintaan dan selama bulan puasa itu sepi. Jadi untuk menutup biaya sepinya permintaan bulan ini,” ujarnya.
Sebagai penyedia rental mobil jenis premium, Bimo menawarkan paket harga untuk menarik minat konsumen.
Paket tersebut mencakup biaya driver, e-toll, hingga bensin yang telah dibayar di awal transaksi.
Namun, untuk city car dan kebutuhan mudik, konsumen umumnya memilih untuk menyewa unit mobil saja.
Tingginya permintaan selama mudik Lebaran juga menimbulkan kekhawatiran akan tindakan kriminal, seperti penggelapan oleh penyewa.
Untuk mengantisipasi hal tersebut, Bimo melakukan verifikasi latar belakang penyewa saat bernegosiasi, termasuk menanyakan pekerjaan dan rekomendasi dari pihak lain.
“Kami juga berkoordinasi dengan sesama mitra mengenai riwayat pembayaran penyewa. Kami melihat track record-nya,” tegasnya.
Selain itu, sebelum mobil dioperasikan untuk perjalanan jauh, pihaknya rutin melakukan pengecekan kondisi unit dengan servis berkala, mulai dari cek temperatur hingga aki.
“Biasanya kalau menyewa untuk Lebaran, kadang ada saja yang minta tukar unit. Jadi kami mengantisipasi sejak awal dengan rutin servis,” pungkas Bimo.
Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

Merangkum Semua Peristiwa