TRIBUNJATENG.COM, PURWOKERTO – PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop V Purwokerto melaporkan ada 275.845 pelanggan memilih moda transportasi KA untuk mobilisasi selama masa Angkutan Nataru.
Masa Angkutan Natal Tahun 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.
Adapun akumulasi kedatangan atau penumpang tiba selama 18 hari masa Nataru, PT KAI Daop V Purwokerto mencatat 279.665 pelanggan.
“Capaian kinerja angkutan penumpang PT KAI Daop V Purwokerto selama masa angkutan Nataru ini tentunya menjadi hal yang sangat menggembirakan.”
“Ini menandakan jasa layanan transportasi KA masih menjadi pilihan masyarakat,” ujar Manager Humas PT KAI Daop V Purwokerto, Feni Novida Saragih dalam keterangannya, Senin (6/1/2025).
Hingga berakhirnya masa Angkutan Nataru, PT KAI Daop V Purwokerto juga mencatatkan kinerja On Time Performance keberangkatan KA yang tepat 100 persen.
“PT KAI Daop V Purwokerto juga terus berkomitmen menyediakan layanan transportasi yang mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan serta tepat waktu.”
“On Time Performance (OTP) keberangkatan KA di Daop V Purwokerto mencapai 100 persen dan kedatangan KA mencapai 99 persen,” katanya.
Adapun Top 5 stasiun keberangkatan dan kedatangan penumpang di PT KAI Daop V Purwokerto dengan jumlah penumpang terbanyak adalah sebagai berikut.
1. Stasiun Purwokerto, total jumlah penumpang naik 99.750 dan penumpang turun sebanyak 98.002.
2. Stasiun Kutoarjo, total jumlah penumpang naik 42.312 dan penumpang turun sebanyak 44.704.
3. Stasiun Kroya, total jumlah penumpang naik 31.141 dan penumpang turun sebanyak 31.934.
4. Stasun Kebumen, total jumlah penumpang naik 22.897 dan penumpang turun sebanyak 24.385.
5. Stasiun Gombong, total jumlah penumpang naik 17.392 dan penumpang turun sebanyak 17.990 pelanggan.
Selain hal tersebut, PT KAI juga terus memanjakan para pelanggan dengan kemudahan dan fasilitas yang disediakan dengan inovasi yang berkelanjutan.
Adapun inovasi yang dilakukan diantaranya pengering payung bagi pelanggan di tiga stasiun besar yakni Stasiun Purwokerto, Kroya, Kutoarjo menambah kenyamanan pelanggan.
Sementara di Stasiun Purwokerto, tepatnya di Ruang Millenial terdapat spot foto unik dengan ornamen baru tentunya menambah kemeriahan dan semarak liburan bagi pelanggan.
PT KAI Daop V Purwokerto juga hadir lebih dekat dengan para pelanggan setianya terutama di moment-moment spesial seperti Hari ibu yang dikemas dengan kegiatan Sapa Pelanggan.
Aktivasi Stasiun Kebasen sebagai stasiun naik dan turun penumpang juga menjadi terobosan inovasi PT KAI Daop V Purwokerto untuk peningkatan layanan, agar masyarakat Kebasen dan sekitarnya lebih mudah dan dekat untuk akses naik KA.
Loyalty program berikutnya adalah menandai awal tahun 2025 dengan membagikan voucher tiket KA gratis dan merchandise unik khas KAI kepada pelanggan yang telah memiliki dan mendownload aplikasi resmi KAI yaitu Access by KAI.
“Dengan capaian, inovasi dan peningkatan layanan tersebut, PT KAI Daop V Purwokerto terus berharap masyarakat akan memilih moda transportasi KA tidak hanya saat momen-momen khusus tapi juga untuk mobilisasi sehari-hari,” katanya.
Masyarakat yang membutuhkan informasi terkait perjalanan dan pelayanan KA juga dapat menghubungi Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email [email protected], atau media sosial @KAI121. (*)