provinsi: Sumatera Utara

  • Lantik 2.505 Perwira Transportasi, AHY Kasih Pesan Ini

    Lantik 2.505 Perwira Transportasi, AHY Kasih Pesan Ini

    Jakarta

    Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan (IPK) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) melantik sebanyak 2.505 perwira transportasi di Lapangan Silang Monumen Nasional (Monas) hari ini. Pada kesempatan itu, AHY juga menjadi pemimpin upacara.

    AHY mengatakan sebanyak 2505 perwira transportasi yang barus menyelesaikan pendidikan di berbagai sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan. Dari total tersebut, dia menyebut ada dari berbagai sektor, seperti transportasi darat, transportasi laut, hingga transportasi udara.

    “Jadi, hari ini kita berbahagia dan tentunya dengan penuh rasa bangga bisa melantik 2505 perwira transportasi yang baru menyelesaikan pendidikan di berbagai sekolah kedinasan jajaran Kementerian Perhubungan, baik darat, laut, dan udara termasuk perkeretapian,” kata AHY usai acara pelantikan, Kamis (14/11/2024).

    Dia menilai pelantikan ini menjadi langkah awal bagi generasi penerus di sektor perhubungan. Dia berharap, para calon ASN tersebut menjadi perwira yang tangguh dan profesional.

    “Mudah-mudahan mereka semua bisa menjadi perwira yang tangguh, profesional dan tentunya bisa terus mengabdi untuk masyarakat, bangsa, dan negara memajukan konektivitas di Indonesia,” jelas AHY.

    Sebagai informasi, para lulusan tersebut berasal dari berbagai perguruan tinggi, terdiri dari Sekolah Tinggi Ilmu Pelayanan Jakarta berjumlah 93 orang, Politeknik Transportasi Darat Indonesia SDTB berjumlah 247 orang, Politeknik Penerbangan Indonesia sebanyak 164 orang, Politeknik Keselamatan Transportasi Jawa Tegal 181 orang, Politeknik Pernetapian Indonesia Merdiu 143 orang, Politeknik Transportasi Angkutan Sungai dan Danau Palembang 168 orang, Politeknik Transportasi Darat Bali 143 orang.

    Selain itu, ada juga dari Politeknik Ilmu Pelayaran sebanyak 134 orang. Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar berjumlah 91 orang, Politeknik Pelayaran Surabaya sebanyak 212 orang dan Politeknik Pelayaran Bandar berjumlah 58 orang.

    Ada juga dari Politeknik Pelayaran Darombo 24 orang, Politeknik Pelayaran Malahayati 80 orang, Politeknik Pelayaran Sumatera Barat 59 orang, Politeknik Pelayaran Sulawesi Utara 71 orang, Politeknik Pelayaran Sorong 70 orang, Politeknik penerbangan Medan 95 orang. Politeknik penerbangan Surabaya 189 orang. Politeknik Penerbangan Makassar 144 orang. Politeknik penerbangan Jayapura 45 orang. Politeknik penerbangan Palembang 94 orang.

    (kil/kil)

  • Prakiraan Cuaca Kamis 14 November 2024: Waspadai Hujan dan Petir di Kota Besar Tanah Air

    Prakiraan Cuaca Kamis 14 November 2024: Waspadai Hujan dan Petir di Kota Besar Tanah Air

    Jakarta, Beritasatu.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk kota-kota besar di Indonesia, pada Kamis (14/11/2024). BMKG meminta masyarakat mewaspadai potensi hujan ringan hingga lebat disertai petir mengguyur mayoritas kota besar di Tanah Air pada hari ini.

    Prakirawan BMKG Eriska menjelaskan, potensi hujan berintensitas ringan diprediksi mengguyur Kota Pekanbaru, Medan, Tanjung Pinang, Jambi, Pangkal Pinang, Jakarta, Denpasar, Tanjung Selor, Pontianak, Palangka Raya, Samarinda, Gorontalo, Palu, Kendari, Makassar, Ternate, Sorong, Nabire, Manokwari, dan Jayawijaya.

    Dalam prakiraan cuaca BMKG juga disebutkan adanya potensi hujan berintensitas sedang atau curah hujan lebih dari 4,0 mm per jam dengan suhu berkisar 24-31 celsius diprediksi akan mengguyur Kota Serang di Banten.

    Sedangkan potensi hujan intensitas deras disertai petir diprediksi mengguyur Kota Padang, Bengkulu, Palembang, Mataram, Banjarmasin, Manado, Mamuju, dan Merauke.

    Kota Banda Aceh, Lampung, Jayapura, Bandung, Semarang, Surabaya, Ambon, diprediksi berawan dan atau berkabut sepanjang hari dengan suhu berkisar 25-30 derajat celsius. Sementara untuk Kota Yogyakarta, dan Kupang diprakirakan cerah berawan.

    Eriska juga mengungkapkan siklon tropis Toraji yang tengah berada di Laut China Selatan dan Topan Usagi di Laut Filipina meningkatkan kecepatan angin di daerah yang dilintasinya.

    Kemudian sirkulasi siklonik juga terpantau di Samudera Hindia barat Sumatera Utara, membentuk daerah perlambatan angin yang memanjang dari Aceh hingga Sumatera Barat, kemudian dari Jambi hingga perairan barat Bengkulu dan Lampung. Kondisi ini mampu mengakibatkan awan penghujan di sepanjang daerah tersebut.

    Prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG juga menyebutkan, angin permukaan di Indonesia umumnya didominasi angin yang bertiup dari arah timur dan timur laut dengan kecepatan 10-30 kilometer per jam. Tinggi gelombang laut umumnya 0,5-2,5 meter. Suhu udara umumnya 16-35 derajat celsius dengan kelembaban udara 46-100%.

  • Ada Pelantikan Lulusan Sekolah Kedinasan, Lalin Sekitar Monas Direkayasa

    Ada Pelantikan Lulusan Sekolah Kedinasan, Lalin Sekitar Monas Direkayasa

    Jakarta

    Akan ada pelantikan terpadu lulusan sekolah kedinasan tahun 2024 di Monas. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar Kawasan Monas.

    “Sehubungan dengan dilaksanakannya Pelantikan Terpadu Lulusan Sekolah Kedinasan Tahun 2024 oleh Kementerian Perhubungan Republik Indonesia pada Kamis (14/11) di Monas sisi timur, Jakarta Pusat, Dishub DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas di sekitar kawasan tersebut,” ucap Dishub DKI dalam akun Instagram-nya, Kamis (14/11/2024).

    Rekayasa lalin dimulai pukul 07.00. Penutupan jalan dilakukan secara situasinal.

    “Rekayasa Lalu Lintas dilakukan pukul 07.00- selesai. Dishub DKI Jakarta juga akan melakukan penutupan jalan secara situasional pada ruas jalan yang bersinggungan dengan kegiatan tersebut,” ujarnya.

    Dalam akun Instagramnya, Dishub DKI memberikan rute alternatif:

    Dari arah timur (Tugu Tani) yang akan menuju ke arah barat masih dapat melalui jalan medan merdeka selatan sisi selatan.dari arah selatan (Sarinah) yang akan menuju ke utara (Jalan Medan Timur) dapat melalui jalan MH Thamrin melalui bundaran (putar balik) Jalan MH Thamrin-belok kiri jalan kebon sirih-belok kiri Jalan Merdeka Timur.dari arah barat yang akan menuju ke utara (Jalan Medan Timur) dapat melalui jalan kebon sirih- belok kiri Jalan Merdeka Timur.dari arah utara (Harmoni) yang akan menuju utara (Jalan medan merdeka timur) dapat melalui jalan Medan Merdeka Barat-Jalan MH Thamrin -belok kiri jalan kebon sirih-belok kiri Jalan Medan Timur.

    (aik/aik)

  • Ekonomi Kreatif Kunci Pertumbuhan Ekonomi Baru

    Ekonomi Kreatif Kunci Pertumbuhan Ekonomi Baru

    Jakarta: Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif (MenEkraf/KaBekraf) Teuku Riefky Harsya mengajak seluruh pemangku kepentingan (stakeholder) menyatukan visi dan upaya bersama dalam mendukung ekonomi kreatif sebagai mesin pertumbuhan baru (new engine of growth) ekonomi nasional.
     
    Hal tersebut disampaikan Menekraf Teuku Riefky dalam sambutannya saat membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Pengembangan Investasi yang diselenggarakan Kemenparekraf/Baparekraf, Rabu, 13 November 2024 di The Ritz-Carlton Hotel Mega Kuningan, Jakarta.
     
    “Untuk pertama kalinya ekonomi kreatif menjadi sebuah kementerian dalam sejarah Indonesia. Tentu kami melihat maksud dan tujuan dari pemerintah yang dipimpin Presiden Prabowo, bahwa sektor ekonomi kreatif akan didorong menjadi mesin pertumbuhan baru ekonomi nasional,” ujar Menteri Teuku Riefky Harsya dalam keterangan tertulisnya.
    Menurutnya, hal itu tidak lepas dari potensi pariwisata dan juga ekonomi kreatif yang ada di seluruh daerah di Indonesia untuk dikembangkan menjadi tulang punggung ekonomi daerah.
     
    “Pada masa VOC, pertumbuhan ekonomi digerakkan oleh sektor perkebunan, pertanian, dan pertambangan yang padat karya. Pada era 1980-an, ekonomi kita bertumpu pada sektor industri yang padat modal. Kini, perekonomian Indonesia dan dunia bergerak ke arah ekonomi yang padat cipta. UMKM yang disentuh dengan inovasi, disentuh dengan teknologi, itu dapat menjadi ekonomi kreatif. Mengekonomikan kreativitas,” ujar MenEkraf Teuku Riefky.
     
    Lebih lanjut, Menteri Teuku mengatakan, ekonomi kreatif ditargetkan menjadi motor penggerak baru perekonomian nasional yang diproyeksikan tumbuh hingga 8 persen sampai tahun 2029. Hal tersebut juga perlu didukung dengan terciptanya ruang dan peluang investasi ekonomi kreatif di daerah.
     
    Hingga semester I tahun 2024, sektor ekonomi kreatif Indonesia mencatatkan capaian yang positif. Nilai tambah sektor ini mencapai Rp749 triliun atau 55 persen dari target Rp1.347 triliun. Nilai ekspor produk ekonomi kreatif mencapai 12 miliar dolar AS atau 45 persen dari target 27,5 miliar dolar AS. Kontribusi terbesar berasal dari empat subsektor, yakni fesyen (6,7 miliar dolar AS), kriya (4,7 miliar dolar AS), kuliner (830 juta dolar AS), dan penerbitan (6 juta dolar AS).
     
    Adapun penyerapan tenaga kerja di sektor ini terus meningkat, dengan total 24,9 juta tenaga kerja pada 2023.
     
    “Kita harus menyadari ada tren baru di dunia yang mulai masuk ke daerah-daerah kita. Jika dulu tambang emas dan batu bara menjadi andalan, kini potensi tambang pariwisata dan ekonomi kreatif yang harus dimanfaatkan,” kata MenEkraf Teuku.
     
    Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf/Baparekraf, Rizki Handayani, mengatakan Rakornis ini menjadi wadah bagi pemerintah daerah untuk berbagi pandangan, mengajukan ide-ide inovatif, dan mencari solusi atas tantangan investasi yang dihadapi.
     
    Dalam Rakornis ini juga terdapat sesi diskusi panel interaktif dengan menghadirkan narasumber untuk memberikan pemahaman mendalam mengenai tren investasi terkini, tantangan, serta peluang di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Narasumber tersebut antara lain Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif periode 2020–2024, Sandiaga Salahuddin Uno, serta Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi periode 2022–2024, Abdullah Azwar Anas.
     
    “Harapan kami, pemerintah daerah dapat menghasilkan proyek investasi pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas sehingga mampu mendorong target pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 8 persen dalam lima tahun mendatang,” ujar Rizki Handayani.
     
    Hadir dalam acara tersebut Menteri Pariwisata Widiyanti Putri Wardhana; Wakil Menteri Ekonomi Kreatif Irene Umar; Plt. Kepala BPS Amalia Adininggar Widyasanti;  Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor; Wali Kota Madiun 2019–2024, Maidi; dan Pjs. Bupati Sambas, Marlyna.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ALB)

  • Garuda Indonesia GIAA Tambah Frekuensi Penerbangan ke Singapura

    Garuda Indonesia GIAA Tambah Frekuensi Penerbangan ke Singapura

    Bisnis.com, JAKARTA – Maskapai penerbangan pelat merah PT Garuda Indonesia Tbk. (GIAA) akan menambah frekuensi penerbangan internasional menyusul kerja sama perseroan dengan Singapore Airlines. 

    Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan perseroan bekerja sama dengan Singapore Airlines untuk memperkuat jaringan penerbangan, khususnya hub Jakarta – Singapura. 

    “Penguatan kerja sama komersial tersebut salah satunya dilaksanakan melalui optimalisasi jaringan antara Indonesia dan Singapura dengan peningkatan frekuensi penerbangan yang dilayani kedua maskapai pada hub Jakarta dan Singapura yang secara bertahap akan mulai dioperasikan pada Kuartal IV 2024,” kata Irfan dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (13/11/2024). 

    Ke depannya, Garuda Indonesia akan meningkatkan frekuensi penerbangan Jakarta – Singapura PP (pulang-pergi) dari sebelumnya empat kali sehari menjadi enam kali sehari mulai tanggal 1 Desember 2024 mendatang. 

    Adapun Singapore Airlines akan meningkatkan frekuensi penerbangan Singapura – Jakarta PP dari sebelumnya enam kali sehari menjadi 8 delapan kali sehari mulai tanggal 22 November 2024 mendatang.

    Selain menambah frekuensi penerbangan di hub Jakarta dan Singapura, kedua maskapai akan memperluas perjanjian codeshare guna memaksimalkan jaringan dan kapasitas layanan penerbangan melalui rute dari Singapura menuju empat destinasi di Indonesia yaitu Jakarta, Denpasar, Medan, dan Surabaya, serta tujuan internasional dari Singapura ke berbagai destinasi di Eropa dan Asia. 

    Irfan mengklaim melalui optimalisasi jaringan dan kapasitas penerbangan codeshare tersebut, kedua maskapai akan mengoperasikan sedikitnya 390 penerbangan per minggu, di mana 362 di antaranya mencakup rute dari dan ke berbagai destinasi di Singapura dan Indonesia.

    Kedua maskapai juga sepakat memperkuat program frequent flyer mereka, sehingga mulai awal 2025, anggota GarudaMiles dan KrisFlyer dapat memperoleh dan menukarkan miles pada rute-rute codeshare yang dilayani Garuda Indonesia dan Singapore Airlines.

    Irfan Setiaputra menyatakan bahwa penguatan kerja sama komersial ini merupakan langkah strategis bagi Garuda Indonesia dan Singapore Airlines untuk memberikan nilai tambah kepada pengguna jasa serta mendukung pertumbuhan kegiatan bisnis dan pariwisata kedua negara. 

    “Singapura adalah pasar dan destinasi internasional yang penting bagi Garuda Indonesia, yang terlihat dari pertumbuhan signifikan jumlah penumpang antara kedua negara setiap tahun,” ujarnya.

  • Toyota Eco Youth Saring 1.125 Proposal Karya Anak Bangsa

    Toyota Eco Youth Saring 1.125 Proposal Karya Anak Bangsa

    Jakarta

    Program Toyota Eco Youth (TEY) kembali digelar tahun ini. Tercatat ada 1.125 proposal karya anak bangsa yang terdaftar dari seluruh wilayah Indonesia di antaranya Sumatera, Jawa, Bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua.

    Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, setelah melalui tahapan seleksi yang cukup ketat, program TEY yang diselenggarakan Toyota Indonesia (PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia dan PT Toyota-Astra Motor), mengumumkan 25 proposal terbaik karya anak bangsa, dan masuk ke dalam program Toyota Eco Youth (TEY).

    Program TEY merupakan kompetisi proyek inovasi perbaikan lingkungan hidup untuk SMA dan sederajat yang diinisiasi pada tahun 2005. Memasuki 2 dasawarsa, program TEY ke-1 hingga ke-13 ini telah melibatkan partisipasi pelajar SMA atau sederajat hingga 2.033 SMA dari 34 provinsi di Indonesia, dengan total proposal proyek mencapai hampir 9.972 proposal.

    “Selamat kepada 25 proposal terpilih dari ribuan proposal yang sudah mengikuti kompetisi TEY ke-13 kali ini. Kami sangat mengapresiasi antusiasme dan kreativitas para pelajar, atas kepedulian melalui ide-ide gagasan yang tertuang dalam proposal TEY, untuk mengelola serta memperbaiki kondisi lingkungan bahkan melibatkan partisipasi masyarakat sekitar. Memasuki era transisi energi dan kemajuan teknologi, siswa-siswi SMA dan sederajat berhasil memanfaatkan ketersediaan energi baru terbarukan, sumber daya alam sekitar, bahkan melibatkan teknologi IoT (Internet of Things) dalam proposal TEY terbaik yang diberikan,” ujar Wakil Presiden Direktur PT TMMIN, Bob Azam.

    Dijelaskan keberlanjutan dan konsistensi TEY tidak dapat berlangsung tanpa antusiasme siswa-siswi generasi muda dalam mengirimkan proposal kepedulian lingkungan demi keberlangsungan kelestarian alam.

    Dengan bertemakan pengembangan unsur energi, sampah, udara, dan air, para siswa-siswi peserta TEY berlomba untuk mengasah inovasi dan kreativitasnya guna mencari solusi untuk perbaikan kondisi lingkungan yang juga bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

    Melalui tahapan seleksi yang cukup ketat, Toyota Indonesia akhirnya mengumumkan 25 proposal terbaik dari 1.125 proposal peserta Toyota Eco Youth (TEY) ke-13 yang dikirimkan oleh sekolah peserta kompetisi lingkungan tersebut yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Dalam mengkurasi 25 proposal yang dinilai kreatif dan atraktif tersebut, Toyota Indonesia menetapkan penilaian yang juga didasarkan atas komitmen Toyota Global melalui Toyota Environmental Challenge (TEC) 2050 dalam mengatasi lingkungan global, seperti perubahan iklim, kelangkaan air, serta hilangnya kenaekaragaman hayati dalam jangka panjang. Tampak dalam gambar, aktivitas para pelajar dari salah satu SMA peserta TEY-13 yang tengah melakukan riset terkait proposal yang dilombakan dalam kompetisi lingkungan tersebut. Foto: Pool (Toyota Indonesia)

    “Pertama-tama selamat kepada 25 proposal terpilih, namun untuk pelajar yang tidak terpilih tidak perlu berkecil hati. Setiap peserta yang telah mengirimkan proposal dalam Toyota Eco Youth telah menunjukkan dedikasi dan kreativitas yang luar biasa, kami menghargai setiap usaha dan inovasi yang telah ditampilkan. Setiap langkah yang diambil menuju keberlanjutan adalah langkah yang berarti bagi keberlangsungan lingkungan hidup. Kami berharap semua peserta terus berkontribusi untuk menciptakan dampak positif bagi lingkungan dan sekitar,” ucap Wakil Presiden PT TAM, Henry Tanoto.

    Dalam mengkurasi 25 proposal terbaik, terdapat sejumlah kriteria penilaian yang diterapkan baik kriteria umum dan khusus. Secara umum, penilaian proposal ini juga tidak dilepaskan dari komitmen Toyota Global melalui Toyota Environmental Challenge (TEC) 2050 dalam mengatasi masalah lingkungan global. Di antaranya seperti perubahan iklim, kelangkaan air, kekurangan sumber daya alam serta hilangnya keanekaragaman hayati dalam jangka panjang.

    Secara khusus, penilaian proposal TEY ke-13 meliputi berbagai aspek diantaranya orisinalitas proposal, proyeksi solusi yang dipaparkan untuk menyelesaikan isu-isu yang terjadi di lingkungan, keterlibatan pemangku kepentingan/stakeholder dalam mengimplementasikan ide-ide dari inovasi terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar secara keberlanjutan.

    Pada TEY ke-13 kali ini, TEY juga memulai program “TEY Mencari Bintang” untuk membangun kepedulian terhadap lingkungan pada sekolah-sekolah dengan kriteria tertentu.

    Tahapan Kompetisi TEY Selanjutnya: Pendampingan Realisasi Proyek Inovasi

    Seleksi proposal TEY belum berhenti sampai dengan tahap 25 besar proposal terbaik. Pada tahap selanjutnya, 25 proposal terpilih akan mendapatkan pendampingan dari para ahli di bidang lingkungan sampai komunikasi.

    Beberapa proposal juga akan mendapatkan kunjungan langsung oleh manajemen Toyota Indonesia, sehingga dapat mengimplementasikan dan merealisasikan proposal dalam bentuk karya terbaik.

    TEY ke-13 tidak hanya menyelenggarakan kompetisi proposal inovasi perbaikan lingkungan hidup saja, namun juga mengadakan side competition yang dapat diikuti oleh seluruh siswa-siswi SMA dan sederajat dari seluruh wilayah Indonesia. Dalam side competition ini para peserta dapat mengikuti pop-writing competition maupun creative video competition.

    Dijelaskan sejauh ini tercatat lebih dari 400 peserta dari 200 sekolah yang sudah melakukan registrasi untuk popwriting competition sedangkan pendaftar creative video competition saat ini sudah tercatat lebih dari 100 peserta dari 96 sekolah yang tersebar di seluruh Indonesia.

    Program TEY ke-13 terbuka untuk semua generasi muda yang berada di bangku SMA dan sederajat di seluruh wilayah Indonesia. Informasi lebih lanjut, dapat mengunjungi website toyotaecoyouth.com untuk detail persyaratan dan tahapan pendaftaran secara lebih lengkap.

    25 Proposal Terbaik Kompetisi TEY Ke-13

    Sumatera

    1. SMA Negeri 1 Simanindo, Sumatera Utara Pengembangan tepung protein berbahan dasar ikan predator.

    2. SMA Negeri Unggul Seribu Bukit, Aceh Inovasi energi alternatif dari sisa panen kopi.

    3. SMA Negeri 2 Painan, Sumatera Barat Penggunaan drone untuk udara bersih dalam pengiriman barang.

    4. SMA Negeri 1 Bengkulu Selatan, Bengkulu Pemanfaatan limbah non organik untuk bahan baku material konstruksi jalan.

    5. SMA Negeri 1 Karimun, Kepulauan Riau Diversifikasi produk gulma air untuk ecopackaging.

    6. SMA Negeri 2 Gido, Sumatera Utara Pengelolaan limbah pertanian menjadi energi alternatif dan kantong ramah lingkungan.

    7. SMA Negeri 1 Matauli Pandan, Sumatera Utara Pemanfaatan limbah kepiting untuk energi alternatif.

    8. SMA Negeri 2 Sekayu, Sumatera Selatan Pemanfaatan biostimulan untuk aktifitas pertambangan.

    Jawa

    9. SMK Texar Klari Karawang, Jawa Barat Pemanfaatan teknologi IoT untuk penghemat energi.

    10. SMK Negeri 1 Mojokerto, Jawa Timur Pemanfaatan sisa hasil panen persawahan menjadi alat pembersih wajah.

    11. SMA Negeri 1 Blora, Jawa Tengah Pemanfaatan potensi alam sebagai bahan dasar pembangkit listrik untuk masyarakat.

    12 SMA Negeri 41 Jakarta, Jakarta Kreatifitas pemanfaat limbah berbahaya untuk membantu mengatasi banjir.

    13 SMA Negeri 2 Pacitan, Jawa Timur Perancangan dan pembuatan alat pengolahan sisa limbah domestik dan organik lainnya menjadi bahan bermanfaat.

    14 SMA Negeri 2 Ngadirojo, Jawa Timur Pemanfaatan energi alam untuk memproduksi komoditas pertanian dan turunannya.

    15 SMA Negeri 3 Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta Innovasi bahan bekas papan sebagai bahan bangunan untuk daerah rawan gempa.

    16 SMKN 5 Surabaya, Jawa Timur Pendiversifikasian manfaat daun untuk pertanian dan ecofuel.

    17 SMA Negeri 1 Tasikmalaya, Jawa Barat Biota air untuk energi terbarukan dan peningkatan kualitas air.

    18. SMK PGRI Telagasari, Jawa Barat Pemanfaatan teknologi energi alternatif untuk pengairan sawah

    Bali

    19. SMA Negeri 1 Bangli, Bali Pemanfaatan sisa canang (persembahan masyarakat Hindu) yang berguna untuk energi alternatif.

    Kalimantan

    20. SMA Negeri 2 Tarakan, Kalimantan Utara Peningkatan pemanfaatan limbah kerang untuk penyubur tanaman.
    21. SMA Negeri 5 Balikpapan, Kalimantan Timur Inovasi pengubah air laut menjadi air layak konsumsi.

    Sulawesi

    22. SMA Negeri 21 Makassar, Sulawesi Selatan Memaksimalkan potensi buah beracun untuk bahan bakar ramah lingkungan.
    23. SMA Negeri 9 Manado, Sulawesi Utara Pemanfaatan limbah pohon untuk tempat pembawa barang

    Papua

    24. SMA Negeri 3 Merauke, Papua Selatan Penggunaan ampas dan kohe yang efisien bentuk dan ukuran untuk pertanian.
    25. SMK Negeri 1 Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya Eksplorasi sampah anorganik untuk bahan pembangunan jalan.

    (lth/rgr)

  • Jalan Dakwah BTV, Jangan Sakiti Tulang Rusukmu

    Jalan Dakwah BTV, Jangan Sakiti Tulang Rusukmu

    Jakarta, Beritasatu.com – Islam mengajarkan setiap umatnya untuk saling menyayangi, menghormati, dan menghargai antarsesama bahkan antara pasangan suami dan istri. Suami dan istri yang sudah disatukan dalam ikatan pernikahan harus memberikan rasa aman dan nyaman antara satu dengan yang lain dalam keadaan suka maupun duka. 

    Namun, dalam perjalanan sebuah pernikahan akan ada berbagai macam tantangan maupun perselisihan yang bisa terjadi di antara keduanya. Dalam keadaan emosi, tidak jarang ucapan maupun perbuatan dapat menyakiti perasaan pasangan.

    Dalam Islam, menyakiti perasaan istri merupakan perbuatan yang dilarang dan termasuk dosa.
    Allah Swt sangat menjunjung tinggi harkat dan martabat seorang perempuan layaknya perhiasan.

    Apa alasan Islam melarang suami menyakiti hati seorang istri? Saksikan Jalan Dakwah, Kamis (14/11/2024) pukul 06.00 WIB untuk mengetahui manfaat lebih banyak jika kita memiliki sikap tawadhu hanya di BTV!

    BTV bisa disaksikan di kanal 26 untuk Jabodetabek, Cilegon, Serang, kanal 29 untuk Bandung dan Palembang, kanal 35 untuk Yogyakarta dan Surakarta, kanal 38 untuk Balikpapan, kanal 39 untuk Semarang, kanal 30 untuk Banjarmasin, kanal 31 untuk Lebak, kanal 32 untuk Surabaya, kanal 34 untuk Medan dan kanal 48 untuk Batam.

    Ayo follow akun media sosial BTV di @btvidofficial (IG, Tiktok, Facebook,Twitter), serta subscribe
    channel YouTube di @BeritaSatuChannel.

  • RI Tawarkan 12 Proyek Panas Bumi di COP 29, Nilainya Rp 34 T

    RI Tawarkan 12 Proyek Panas Bumi di COP 29, Nilainya Rp 34 T

    Baku – Kementerian ESDM menawarkan sekitar 12 proyek panas bumi di ajang COP 29. Tawaran investasi ke energi bersih ini dipaparkan langsung oleh Dirjen EBTKE Kementerian ESDM Eniya Listiani.

    Dalam sesi diskusi di Paviliun Indonesia yang dibuka di Baku Olympic Stadium, Azerbaijan, Eniya memaparkan saat ini ada potensi sumber daya panas bumi yang bisa dioptimalkan sebanyak 23,5 gigawatt di seluruh Indonesia. Namun yang baru digunakan hanya sebesar 2,59 gigawatt saja.

    “Kita punya total sumber daya panas bumi sebesar 23,5 gigawatt dan sekarang kapasitas pemasangannya seperti ini, jadi kita bisa membuat lebih banyak lagi untuk pengembangan panas bumi,” ungkap Eniya dalam sesi diskusi yang dihelat di Paviliun Indonesia pada Rabu (13/11/2024).

    Kemudian dia melanjutkan ada sekitar 12 proyek panas bumi yang mau ditawarkan pemerintah Indonesia, termasuk di dalamnya ada 3 proyek cogeneration geothermal. Dari 12 proyek itu bila dihitung kebutuhan investasinya jumlahnya mencapai US$ 2,16 miliar atau sekitar Rp 34 triliun (kurs Rp 15.765).

    Dia memaparkan investasi ini bukan cuma ditawarkan di COP 29 saja namun sudah diumumkan juga di forum Just Energy Transition Project (JETP) hingga Asia Zero Emission Community (AZEC).

    “Mohon investasinya lebih banyak di Indonesia. Dan ini daftar proyek geothermal yang kami buka di mana saja. Ini juga sudah kami sampaikan ke JETP. Kami juga sudah sampaikan ke AZEC. Sekarang saya sudah sampaikan di COP 29, jadi kita akan undang lebih banyak investasi,” ujar Eniya.

    Dalam paparan yang sama Eniya menyebutkan investasi panas bumi di Indonesia terkesan stagnan. Hal itu terjadi karena regulasi yang butuh waktu panjang dan berbelit-belit. Dia mengatakan pemerintah akan mempersingkat dan mempermudah perizinan, mulai dari yang mencapai 5 tahun lebih menjadi hanya 3 tahun untuk menarikan investor.

    “Jadi lihatlah investasi di Indonesia. Tidak ada investasi besar yang tumbuh, tetapi stagnan dan belum terlalu tinggi. Kemudian kita membuat terobosan tahun ini. Kita ada deregulasi, seperti pada periode pengeboran permukaan dan perizinan reguler,” papar Eniya.

    “Biasanya lima tahun plus dua. Tapi sekarang kita akan perpendek menjadi tiga tahun, tiga tahun,” lanjutnya.

    Dalam bahan paparan Eniya di Paviliun Indonesia pada COP 29, berikut ini daftar proyek panas bumi yang mau ditawarkan Indonesia:

    1. Lahendong Fase 7 dan 8 di Sulawesi Utara, kapasitas 2×20 megawatt. Dikembangkan oleh PT Pertamina Geothermal Energy.
    2. Sarulla Fase 2 di Sumatera Utara, kapasitas 50 megawatt. Dikembangkan oleh Medco, Ormat, Kyushu, dan Itochu.
    3. Ijen Fase 2 di Jawa Timur, kapasitas 30 megawatt. Dikembangkan oleh Medco dan Ormat.
    4. Salak Fase 7 di Jawa Barat, kapasitas 55 megawatt. Dikembangkan oleh Star Energy Geotermal Salak.
    5. Ulumbu di Nusa Tenggara Timur, kapasitas 30 megawatt. Dikembangkan oleh PT PLN.
    6. Candradimuka di Jawa Tengah, kapasitas 40 megawatt. Dikembangkan oleh PT Geodipa Energy.
    7. Bukit Daun di Bengkulu, kapasitas 30 megawatt. Dikembangkan oleh PT Pertamina Geothermal Energy.
    8. Klabat Wineru di Sulawesi Utara, kapasitas 40 megawatt. PT Ormat Geothermal Indonesia.
    9. Hu’u Daha di Nusa Tenggara Barat, kapasitas 60 megawatt. Dikembangkan oleh Vale dan Antam.
    10. Cogeneration Project Lahendong Bottoming Unit 1 di Sulawesi Utara, kapasitas 15 megawatt. Dikembangkan oleh PT Pertamina Geothermal Energy.
    11. Cogeneration Project Ulubelu Small Scale di Lampung, kapasitas 30 megawatt. Dikembangkan oleh PT Pertamina Geothermal Energy.
    12. Cogeneration Project Lumut Balai Bottoming Unit 1 dan 2 di Sumatera Selatan, kapasitas 20 megawatt. Dikembangkan oleh PT Pertamina Geothermal Energy.

    (hal/rrd)

  • Pj Bupati dorong PT Pertamina EP kembalikan masa kejayaan minyak di Langkat

    Pj Bupati dorong PT Pertamina EP kembalikan masa kejayaan minyak di Langkat

    Sumber foto: M Salim/elshinta.com.

    Pj Bupati dorong PT Pertamina EP kembalikan masa kejayaan minyak di Langkat
    Dalam Negeri   
    Sigit Kurniawan   
    Rabu, 13 November 2024 – 16:24 WIB

    Elshinta.com – Penjabat Bupati Langkat, Sumatera Utara, M. Faisal Hasrimy, menerima kunjungan silaturahmi dari Field Manager PT Pertamina EP Pangkalan Susu. Pertemuan ini bertujuan untuk memperkenalkan field manager yang baru dilantik serta memaparkan rencana program besar yang akan dilaksanakan oleh Pertamina di Kabupaten Langkat, Selasa (12/11).

    Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy menyambut baik kehadiran PT Pertamina EP di Kabupaten Langkat yang memiliki sejarah panjang sebagai salah satu penghasil minyak terbesar di Asia. Faisal berharap, kejayaan minyak Langkat dapat kembali terwujud di masa mendatang.

    “Kita pernah menjadi sumber minyak terbanyak di Asia dan dunia, itu merupakan sejarah yang tercatat. Semoga kejayaan itu bisa terulang kembali,” ujar Faisal Hasrimy seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, M Salim, Rabu (13/11). 

    Field Manager PT Pertamina EP Pangkalan Susu, Edwin menyampaikan, pihaknya siap mengembalikan kejayaan minyak Langkat dengan berbagai program strategis yang akan dilaksanakan pada tahun 2024 dan 2025. Salah satu program utamanya adalah pengeboran sumur baru yang diharapkan dapat meningkatkan produksi minyak di wilayah ini.

    “Kami akan melaksanakan lima program besar, termasuk pengeboran sumur. Kami memohon doa dan dukungan agar program ini dapat berjalan lancar dan mampu mengembalikan kejayaan Langkat di dunia perminyakan,” kata Edwin. 

    Pj Bupati Langkat Faisal Hasrimy juga mengajak PT Pertamina EP untuk berperan aktif dalam menyelesaikan berbagai isu nasional dan daerah melalui program corporate social responsibility (CSR). Ia menekankan pentingnya dukungan Pertamina dalam berbagai aspek, seperti peningkatan gizi, penanggulangan stunting, pengentasan kemiskinan, dan pembukaan lapangan pekerjaan.

    “Dengan kontribusi melalui CSR, masyarakat dapat merasakan kehadiran Pertamina di tengah-tengah mereka sekaligus mendukung program nasional maupun daerah,” tegas Faisal Hasrimy.

    Pertemuan ini diakhiri dengan komitmen bersama untuk bekerjasama dalam mengembalikan nama harum Kabupaten Langkat di kancah perminyakan baik di tingkat nasional maupun internasional. Pertemuan ini juga menandai langkah awal sinergi antara pemerintah daerah dan PT Pertamina EP dalam mengembalikan kejayaan minyak Langkat di masa mendatang.

    Sumber : Radio Elshinta

  • KPBB: Perlu grand design mitigasi emisi karbon pada RPJMN 2025-2029

    KPBB: Perlu grand design mitigasi emisi karbon pada RPJMN 2025-2029

    Jakarta (ANTARA) – Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) menyatakan perlunya penyusunan grand design atau panduan terkait upaya mitigasi emisi karbon pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2025-2029.

    Direktur Eksekutif KPBB Ahmad Safrudin di Jakarta, Rabu mengatakan adanya ketertinggalan mitigasi gas rumah kaca (GRK) kendaraan bermotor di Indonesia.

    “Ketertinggalan tersebut antara lain standard karbon kendaraan tidak diatur, padahal standard ini akan menjadi acuan bagi produsen kendaraan bermotor dalam memproduksi dan memasarkan kendaraan di Indonesia,” katanya dalam keterangannya.

    Kemudian, lanjutnya, agenda mitigasi GRK kendaraan bermotor dengan elektrifikasi tertunda, misalnya adopsi bus listrik di Jakarta yang seharusnya sudah mencapai 2700 unit pada 2024 ini, baru terealisasi 100 unit, apalagi kota-kota lain seperti Denpasar, Surabaya, Semarang, Solo, Yogyakarta, Bandung, Medan, Makassar, dll yang sama sekali tidak ada perkembangan terkait elektrifikasi angkutan umumnya karena terbentur pendanaan.

    Selain itu BBM berkualitas rendah (seperti High Sulfur Fuel) dengan faktor emisi Carbon tinggi masih diedarkan, misalnya Pertalite 90, BBM dengan kadar belerang di atas 200 ppm tersebut memiliki faktor emisi yang tinggi dan tidak memenuhi syarat untuk digunakan pada kendaraan berstandard Euro4/IV, demikian juga BioSolar dan DEXlite.

    Dikatakannya, emisi transportasi sebagai bagian dari emisi sektor energi memberikan sumbangan GRK sekitar 27 persen (global) dan sekitar 23 persen (nasional).

    Selain emisi GRK, transportasi terutama kendaraan bermotor juga berkontribusi pada emisi pencemaran udara yang sudah menjadi masalah kronis di berbagai kota besar di Indonesia; berupa gangguan kenyamanan, kesehatan masyarakat dan keselamatan lingkungan hidup.

    Menurut data KPBB masalah kronis pencemaran udara ini mengharuskan warga DKI Jakarta membayar biaya medis Rp51,2 T pada 2016 atau meningkat dari 2010 sebesar Rp 38,5 triliun.

    Untuk itu, tambahnya, perlu dicari solusi penurunan emisi kendaraan bermotor terpadu, sehingga memberikan makna bagi pihak-pihak –khususnya pihak-pihak yang terkait dengan kebijakan pembangunan nasional, terutama Presiden/Wakil Presiden 2024-2029 bersama tim kerjanya– dalam berkontribusi untuk percepatan penurunan emisi di sektor transportasi sejalan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

    “Guna mengejar ketertinggalan mitigasi emisi Carbon kendaraan bermotor, maka RPJMN 2025-2029 harus berdasar grand design dengan amanat penerapan strategi trisula,” ujarnya dalam sebuah diskusi tentang Grand Design Net Zero Emission Vehicle pada RPJMN 2025-2029.

    Dia merinci strategi trisula tersebut yakni pelaksanaan mitigasi GRK untuk menyelamatkan dunia dari krisis iklim, membangun industri national manufacturing yang mampu menyediakan produk kendaraan bermotor dengan teknologi net-ZEV untuk memitigasi GRK secara efektif;

    Serta menciptakan competitive advantage of nat’l auto-industry atas berkah sumber daya alam yang dibutuhkan sebagai raw material industri Net Zero Emission Vehicle (net-ZEV) secara global dan kepemilikan prototype Battery Electric Vehicle (BEV) atau Kendaraan BErmotor Listrik Berbasis Battery (KBLBB) karya anak bangsa.

    Terkait hal itu Deputi Bidang Koordinasi Konektivitas Kementerian Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Wilayah M Rachmat Kaimuddin menyatakan saat ini sedang proses adjustment RPJMN 2025-2029 dengan visi Presiden, termasuk dalam konteks adopsi net-ZEV ini dalam agenda pembangunan 5 tahun ke depan.

    Dia menegaskan, bahwa agenda net-ZEV harus mampu menjadi persemaian pembangunan industri otomotif nasional dengan fokus memproduksi kendaraan beremisi nol bersih. Dengan demikian mitigasi emisi kendaraan bermotor juga memiliki multiplier effect pada pertumbuhan ekonomi nasional.

    Ratna Kartikasari dari Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup, Kementerian Lingkungan Hidup menyampaikan, sejak awal 2023 KLH sedang menyusun Standard Carbon Kendaraan, dengan tujuan kendaraan bermotor yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia memiliki tingkat emisi Carbon yang dapat dikendalikan.

    Penelaah Teknis Kebijakan, Direktorat Sarana Transportasi Jalan Raya Kementerian Perhubungan Riska Bayu Putra menambahkan Kementerian Perhubungan telah menyusun peta jalan kebijakan transportasi rendah Carbon dengan mengutamakan penurunan emisi yang mencakup pengembangan transportasi massal berbasis KBLBB, peningkatan fasilitas uji tipe yang mendukung terlaksananya kebijakan net-ZEV.

    Pewarta: Subagyo
    Editor: Adi Lazuardi
    Copyright © ANTARA 2024