provinsi: Sumatera Utara

  • Model Magnetik Dunia Versi Terbaru Dirilis

    Model Magnetik Dunia Versi Terbaru Dirilis

    Bisnis.com, JAKARTA – Pada 17 Desember, Pusat Informasi Lingkungan Nasional (NCEI) dan Survei Geologi Inggris (BGS) merilis versi terbaru dari Model Magnetik Dunia, sebuah prediksi tentang bagaimana medan magnet bumi akan bergeser dan berubah selama lima tahun ke depan.

    Pembaruan telah direncanakan selama bertahun-tahun, dan sebagian besar pengguna tidak akan melihat perubahan apa pun sebagai akibat dari perubahan tersebut. Namun perubahan ini diperlukan untuk menjaga sistem navigasi tetap berfungsi dan membuat prediksi masa depan yang lebih baik mengenai medan magnet bumi.

    Medan magnet utama bumi dihasilkan di inti luar planet, yaitu lapisan besi cair 2.2001.800-3.100 mil (2.890-5.000 kilometer) di bawah permukaan planet. Besi cair yang bersifat konduktif listrik berada dalam gerakan konstan, dan ketika bergerak melalui medan magnet lemah yang ada, gerakan tersebut menghasilkan arus listrik. Arus listrik pada gilirannya menghasilkan medan magnetnya sendiri, yang mengarah pada proses mandiri yang dikenal sebagai geodinamo.

    Geodinamo terus menerus meregenerasi medan magnet bumi selama miliaran tahun. Tanpa sesuatu yang dapat menopang medan magnet tersebut, Bumi akan kehilangan medan magnetnya setelah sekitar 40.000 tahun, kata Bruce Buffett, ahli geofisika di Universitas California, Berkeley.

    Kutub utara magnet berbeda dengan Kutub Utara geografis yang selalu diam. Kutub Utara geografis adalah titik pertemuan sumbu rotasi bumi dengan permukaan planet dan tempat bertemunya semua garis bujur. Sedangkan kutub utara magnet adalah titik di belahan bumi utara tempat garis medan magnet bumi mengarah langsung ke planet.

    Pergerakan kompleks inti luar menyebabkan kutub utara magnet bergeser puluhan mil per tahun. Karena medan magnet bumi sedikit asimetris dan lebih kompleks dibandingkan magnet batang biasa, kutub selatan magnet – titik di Belahan Bumi Selatan di mana medan magnet mengarah langsung ke planet – tidak bergerak dengan cara yang sama. Namun perubahan kekuatan medan magnet di dekat Kutub Utara telah menyebabkan pergeseran dari Arktik Kanada ke Siberia dalam beberapa tahun terakhir.

    Apa Model Magnetik Dunia itu?

    Model Magnetik Dunia adalah model matematis medan magnet bumi dan prediksi bagaimana medan tersebut akan berkembang selama beberapa tahun ke depan. Model ini menggabungkan data dari satelit seperti misi Swarm Badan Antariksa Eropa dan magnetometer presisi tinggi di observatorium berbasis darat untuk memprediksi medan magnet di setiap titik di Bumi.

    Model Magnetik Dunia, yang memprediksi perbedaan antara utara magnetis dan utara sebenarnya di setiap titik di Bumi, memainkan peran integral dalam navigasi satelit dan pesawat terbang serta membantu pengguna ponsel pintar menyesuaikan diri menggunakan layanan seperti Google Maps.

    Aplikasi navigasi menggunakan Model Magnetik Dunia bersama dengan GPS untuk mengarahkan pengguna. “Ponsel cerdas atau sistem GPS Anda memiliki magnetometer, yang merupakan kompas digital yang terpasang di dalamnya,” kata William Brown, ahli geofisika BGS yang membantu membuat dan memperbarui Model Magnetik Dunia. “Ia mengukur arah medan magnet di tempat Anda berada, dan memasukkan posisi Anda ke dalam perangkat lunak Model Magnetik Dunia untuk memberi tahu seperti apa bentuk medan magnet tersebut. Lalu, dengan membandingkan apa yang saya ukur dan apa yang seharusnya saya dapatkan, Anda dapat menentukan arah mana yang Anda hadapi.

    Versi baru Model Magnetik Dunia dirilis setiap lima tahun untuk memperhitungkan perubahan medan magnet akibat pergerakan inti luar. Pembaruan terbaru ini adalah bagian dari jadwal lima tahun tersebut.

    “Tantangan sebenarnya adalah, dan alasan mengapa kami merilis model setiap lima tahun, model tersebut tidak berubah secara teratur. Ini tidak sepenuhnya dapat diprediksi. Ini adalah sistem yang sangat rumit dan kacau,” kata Brown kepada Live Science. “Biasanya, sekitar lima tahun adalah saat keakuratan model mulai mencapai titik di mana model tersebut tidak sebaik yang kita inginkan. Jadi kami membuat prediksi yang lebih baik dengan lebih banyak informasi lima tahun untuk dikerjakan, dan hanya memperbarui prediksi tersebut. maju.”

    Penyimpangan kecil dari bidang yang diprediksi dapat terakumulasi seiring berjalannya waktu dan terkadang bertambah hingga model harus lebih sering diperbarui. Misalnya, NCEI dan BGS merilis pembaruan di luar siklus pada tahun 2019 untuk memperhitungkan inti luar yang mengalir lebih cepat dari biasanya di Belahan Bumi Utara – sebuah fenomena yang menyebabkan kutub utara magnet bergeser jauh lebih cepat dari biasanya.

    Namun bagi kebanyakan orang, pembaruan tahun 2025 tidak akan menghasilkan perubahan nyata pada navigasi, dan pengguna tidak perlu mengubah apa pun agar aplikasi peta ponsel dapat berfungsi dengan baik.

  • Penggali Sumur di Bondowoso Meninggal saat Bekerja, Kekurangan Oksigen di Kedalaman 40 Meter

    Penggali Sumur di Bondowoso Meninggal saat Bekerja, Kekurangan Oksigen di Kedalaman 40 Meter

    Laporan Wartawan Tribun Jatim Network, Sinca Ari Pangestu

    TRIBUNJATIM.COM, BONDOWOSO – Seorang penggali sumur bernama Tohi, asal Desa Gunosari, Kecamatan Maesan, meninggal dunia saat menguras sumur di Desa Taman, Kecamatan Grujugan, pada Kamis (19/12/2024).

    Korban meninggal dalam kondisi tenggelam di dalam sumur kedalaman 40 meter, dan tinggi air 3 meter. Diduga, korban meninggal karena kekurangan oksigen.

    Koordinator Pos SAR Jember, Andi Irawan, mengatakan, semula ada dua orang yang menguras sumur. Rekan korban, berhasil menyelamatkan diri dan langsung naik ke permukaan untuk meminta pertolongan.

    “Penyebabnya dikarenakan kekurangan oksigen,” urainya.

    Ia menyebut bahwa proses evakuasi berlangsung selama sekitar satu jam. Karena, memang ada kendala yakni space sumur yang terlalu sempit di kedalaman hingga 40 meter dengan konturnya berlubang atau bergua di bawah. Ini yang memepersulit tim untuk melakukan evakuasi.

    “Ke dalam sumur itu sendiri 40 meter,” urainya.

    Sementara itu, Kapolsek Grujugan, AKP Akhmad Purwanto, memastikan bahwa kejadian naas yang menimpa korban ini merupakan murni kecelakaan kerja.

    “Niatnya membersihkan, jadi untuk pidana atau kriminal tidak ada. Murni kecelakaan kerja,” urainya.

    Nuraini (32), warga Desa Taman, Kecamatan Grujugan, mengatakan, sumur yang dikuras ini merupakan sumur yang dulunya juga dibuat oleh korban. Saat ini, sumurnya dikuras karena air DAPnya tersumbat.

    “DAPnya itu airnya tidak naik ke atas. Makanya kami menghubungi Pak Tohi,” jelasnya.

    Sementara itu pantauan di lapangan, selain Basarnas, TNI dan Polri, juga ada tim dari BPBD, Damkar Bondowoso, pemerintah kecamatan yang juga turut membentu proses evakuasi.

    Kejadian ini sendiri terjadi sekitar pukul 10.00 pagi, dan tim BPBD dan Damkar melakukan proses evakuasi. Namun, lantara kesulitan medan sumur, maka tim langsung menghubungi Basarnas, sekitar Pukul 12.00 tim Basarnas suda di lokasi.

  • Pelni siapkan layanan mudik gratis di libur Natal dan Tahun Baru 2025

    Pelni siapkan layanan mudik gratis di libur Natal dan Tahun Baru 2025

    Kalabahi, Alor (ANTARA) – PT Pelni (Persero) menyiapkan pelayanan mudik gratis pada libur Natal dan Tahun Baru 2025 secara nasional, termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

    Mudik gratis itu akan membawa penumpang ke pelabuhan tujuan yang ditetapkan dalam arus mudik gratis, kata Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Pelni (Persero) Anik Hidayati kepada wartawan di Kalabahi, Alor, Kamis.

    “Pelni mendapat penugasan dari Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Kementerian Perhubungan untuk mudik gratis,” katanya terkait kesiapan angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Menurut dia, PT Pelni menyiapkan 3.100 tiket gratis untuk 13 lintasan pelayaran kapal penumpang Pelni. Setiap pelabuhan mendapat kuota tiket penumpang.

    Ke-13 rute pelayaran itu adalah Batam – Belawan, Manokwari – Sorong, Ende – Kupang, Bitung – Sorong, Timika – Tual, Tanjung Priok – Maumere, Jayapura – Serui, Jayapura – Biak, Makasar – Maumere, Makasar – Balikpapan, Jayapura – Nabire, Ambon – Tual.

    Masyarakat bisa memperoleh tiket melalui aplikasi Pelni secara daring atau bisa mendatangi kantor Pelni terdekat agar mendapat informasi mengenai syarat untuk pembelian tiket.

    Anik mengatakan saat ini terus dilakukan persiapan menjelang mudik terus dilakukan. Pemetaan bahkan sudah dilakukan pascapandemi Covid-19.

    “Kita sudah punya pola. Untuk wilayah-wilayah yang melakukan Natal kita akan melakukan beberapa perubahan yaitu re-load,” kata Anik.

    Dia menjelaskan bahwa beberapa kapal yang sebelumnya tidak melintasi rute itu telah diubah agar bisa melintas seperti dalam kesepakatan bersama Kementerian Perhubungan. Kapal itu akan mengambil rute pada saat Natal dan Tahun Baru.

    Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT Pelni (Persero) Anik Hidayati (dua dari kanan) berbincang dengan Kepala Terminal Poin Pelni Kalahabi Alor Aris Andreas (kanan) saat meninggalkan KMP Kendhaga Nusantara 7. (ANTARA/HO-Bernadus Tokan)

    Secara keseluruhan ada 15 kapal yang berubah rute pelayaran. Adapun kapal-kapal itu adalah KM Ciremai, Dobonsolo, Ngapulu, Labobar, Dorolonda, Sinabung, Lambelu, Awu, Binaya.

    “Ada juga penambahan frekuensi pelayaran yaitu KM Kelud. Itu dari Jakarta, Batam dan Medan. Itu yang dari Batam ke Medan ini banyak. Sekarang dari Batam balik lagi ke Medan. Rute ini padat,” katanya.

    Kemudian perbantuan dua kapal yakni KM Lawit dan Tidar yang akan dipersiapkan mengisi rute-rute yang selama ini digunakan KM Umsini karena KM Umsini tahun ini tidak berlayar pascakejadian terbakar di Makasar.

    Program mudik gratis itu, kata dia, setiap tahun selalu ada. Selain Natal dan Tahun Baru ada juga untuk lebaran.

    “Jumlahnya tiket gratis memang terbatas yang di bagi ke beberapa wilayah yang masyarakatnya merayakan hari raya keagamaan,” kata Anik Hidayati.

    Pewarta: Bernadus Tokan
    Editor: Indra Arief Pribadi
    Copyright © ANTARA 2024

  • Jelang Nataru, Komut PT Pertamina Patra Niaga tinjau sarana BBM & LPG di Sumut

    Jelang Nataru, Komut PT Pertamina Patra Niaga tinjau sarana BBM & LPG di Sumut

    Sumber foto: Diurnawan/elshinta.com.

    Jelang Nataru, Komut PT Pertamina Patra Niaga tinjau sarana BBM & LPG di Sumut
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Rabu, 18 Desember 2024 – 19:10 WIB

    Elshinta.com – Dalam memastikan kesiapan operasional guna mendukung distribusi energi jelang perayaan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru), Komisaris Utama PT Pertamina Patra Niaga, Ego Syahrial melakukan Management Walkthrough (MWT) ke sarana dan fasilitas Pertamina Patra Niaga yang berada di Kota Sibolga dan Kota Medan, Sumatera Utara.

    Ego didampingi Dewan Komisaris PT Pertamina Patra Niaga Muhammad Yusni, Anwar, dan Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar meninjau langsung proses operasional di Fuel Terminal (FT) Sibolga, FT Medan Group, dan Aviation Fuel Terminal (AFT) Kualanamu pada 11-13 Desember 2024 lalu.

    Pada kesempatan tersebut, Ego menyampaikan Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut siap untuk melayani masyarakat dalam merayakan Natal dan Tahun Baru 2025. Selain pasokan dan distribusi BBM, LPG, Avtur, pihaknya juga memastikan kehandalan fasilitas lainnya termasuk penunjang distribusi pasokan energi. 

    Ia juga menyampaikan apresiasi atas berbagai upaya yang dilakukan Perwira Pertamina Patra Niaga untuk menjaga operasional FT Sibolga, FT Medan Group dan AFT Kualanamu terus berjalan lancar dan aman. Ego juga berdiskusi dan memberi semangat kepada Perwira Pertamina di lokasi operasional tersebut.

    “Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh rekan-rekan di lokasi operasional. Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut telah meyiapkan penambahan stok (build up stock),” ujar Ego seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Diurnawan, Rabu (18/12). 

    Sementara itu, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Freddy Anwar mengatakan, kegiatan MWT ini untuk memastikan ketersediaan pasokan dan kelancaran penyaluran energi saat Natal dan Tahun Baru 2025 di Sumut.

    “Kami terus memonitor secara rutin terkait stok BBM, LPG dan Avtur. Sarana dan fasilitas di FT Sibolga, FT Medan Group, AFT Kualanamu dan SPBU juga dipastikan dalam kondisi aman,” ucap Freddy.

    FT Sibolga dan FT Medan Group merupakan titik vital dalam rantai distribusi energi, melayani kebutuhan BBM dan LPG untuk berbagai wilayah di Sumut. Sementara itu, AFT Kualanamu berperan penting dalam mendukung operasional penerbangan di Bandara Internasional Kualanamu dengan memastikan pasokan Avtur tersedia.

    Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut, Susanto August Satria mengatakan dalam kegiatan MWT tersebut juga dilakukan kunjungan ke SPBU 14.225.324, Tapanuli Tengah. Ia memastikan pasokan BBM dalam kondisi aman dan terpantau lancar di SPBU.

    “Kami melakukan pemeriksaan keakuratan takaran di SPBU tersebut melalui pengecekan dispenser dan uji tera nozzle. Kegiatan ini rutin dilakukan untuk memastikan ketepatan baik takaran dan kualitas (quantity and quality) BBM yang nantinya didistribusikan ke masyarakat. Selain itu, stock BBM dan LPG dalam kondisi aman, masyarakat tidak perlu khawatir menghadapi periode libur Nataru,” ucap Satria
     
    PT Pertamina Patra Niaga juga telah berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah, BUMN lain, TNI, Polri, Perbankan, Himpunan Wiraswasta Nasional Minyak dan Gas (Hiswana Migas) untuk memastikan distribusi energi berjalan dengan aman dan lancar selama periode libur Nataru.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Garuda proyeksikan 8.199 frekuensi penerbangan Natal dan tahun baru

    Garuda proyeksikan 8.199 frekuensi penerbangan Natal dan tahun baru

    Selama periode peak season tahun ini, Garuda Indonesia Group mengoperasikan sedikitnya 8.199 frekuensi penerbangan dengan kesiapan armada sebanyak 94 unit armada, terdiri dari 58 armada dari Garuda Indonesia dan 35 armada dari Citilink,

    Tangerang (ANTARA) – Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia bersama anak perusahaannya yakni Citilink tengah memproyeksikan sebanyak 8.199 frekuensi penerbangan pada periode libur Natal dan tahun baru 2024/2025.

    Periode peak season ini, diproyeksikan berlangsung dari tanggal 19 Desember 2024 hingga 3 Januari 2025 sebagai tujuan memperkuat kesiapan layanan penerbangan untuk masyarakat.

    “Selama periode peak season tahun ini, Garuda Indonesia Group mengoperasikan sedikitnya 8.199 frekuensi penerbangan dengan kesiapan armada sebanyak 94 unit armada, terdiri dari 58 armada dari Garuda Indonesia dan 35 armada dari Citilink,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia Wamildan Tsani Panjaitan di Tangerang, Kamis.

    Ia menyampaikan, pada peak season kali ini, Garuda Indonesia Group menyiapkan sedikitnya 1,4 juta kursi pesawat yang terdiri dari 741.514 kursi penerbangan Garuda Indonesia dan 717.560 kursi penerbangan Citilink.

    Selain itu, terdapat 316 extra flight yang disiapkan untuk memenuhi rute penerbangan Denpasar, Lombok, Medan (Kualanamu), Surabaya, Semarang, dan Singapura. Adapun Citilink menambah 210 penerbangan tambahan diantaranya untuk sejumlah destinasi unggulan seperti Denpasar, Medan (Kualanamu), Lombok, dan Solo.

    “Angka ini tentunya akan terus bergerak dinamis seiring tren perjalanan masyarakat nantinya, khususnya yang memilih moda transportasi udara sebagai pilihan dalam mobilitas mereka ke destinasi tujuan,” paparnya.

    Garuda Indonesia, lanjut Panjaitan, juga turut memproyeksikan pergerakan penumpang selama periode peak season Natal dan tahun baru dengan meningkat sedikitnya 24 persen dibandingkan pada tahun 2023.

    “Dan puncak arus libur ini kami perkirakan akan berlangsung pada tanggal 21 Desember dan 5 Januari. Beberapa destinasi penerbangan yang diproyeksi memiliki tingkat okupansi tinggi adalah Denpasar, Sorong, Manado, Kualanamu, Jayapura, Pontianak, Surabaya, Yogyakarta, dan Lombok untuk rute domestik, serta Singapura, Haneda, dan Narita untuk rute internasional,” jelasnya.

    Ia menambahkan, sebagai mendukung kelancaran pelayanan periode Natal dan tahun baru itu pihaknya memperkuat kapasitas produksi dan revitalisasi dengan menambah satu unit armada Boeing 737-800NG dari Yordania untuk mendukung operasional penerbangan tersebut.

    “Pesawat dengan kode registrasi PK-GUF tersebut tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 30 November 2024, dan selanjutnya menjalani prosedur persiapan armada guna mendukung operasional penerbangan pada periode peak season libur akhir tahun ini,” ungkapnya.

    Tambahan armada tersebut, secara resmi akan beroperasi dengan desain livery khusus ‘Aku Cinta Indonesia’ pada penerbangan GA-512 rute Jakarta-Pontianak yang diterbangkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 11.20 WIB dan tiba di Bandara Supadio pukul 13.00 WIB.

    “Penambahan armada ini juga merupakan upaya kami sebagai national flag carrier untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan aksesibilitas udara yang aman dan nyaman yang semakin meningkat, khususnya pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025,” kata dia.

    Pewarta: Azmi Syamsul Ma’arif
    Editor: Abdul Hakim Muhiddin
    Copyright © ANTARA 2024

  • Garuda Indonesia tambah pesawat dukung operasional di liburan

    Garuda Indonesia tambah pesawat dukung operasional di liburan

    Pesawat dengan kode registrasi PK-GUF tersebut tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 30 November 2024, dan selanjutnya menjalani prosedur persiapan armada guna mendukung operasional penerbangan pada periode peak season libur akhir tahun i

    Tangerang (ANTARA) – Maskapai penerbangan nasional PT Garuda Indonesia memperkuat kapasitas produksi dan revitalisasi dengan menambah satu unit Boeing 737-800NG dari Yordania untuk mendukung operasional penerbangan periode peak season libur akhir tahun ini.

    Penambahan pesawat tersebut, merupakan armada pertama dari empat unit pesawat tambahan yang rencananya didatangkan Garuda Indonesia hingga awal 2025.

    “Pesawat dengan kode registrasi PK-GUF tersebut tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 30 November 2024, dan selanjutnya menjalani prosedur persiapan armada guna mendukung operasional penerbangan pada periode peak season libur akhir tahun ini,” kata Direktur Utama Garuda Indonesia Wamildan Tsani Panjaitan dalam keterangan tertulis ldi Tangerang, Kamis.

    Tambahan armada tersebut, secara resmi akan beroperasi dengan desain livery khusus ‘Aku Cinta Indonesia’ pada penerbangan GA-512 rute Jakarta-Pontianak yang diterbangkan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta pukul 11.20 WIB dan tiba di Bandara Supadio pukul 13.00 WIB.

    “Penambahan armada ini juga merupakan upaya kami sebagai national flag carrier untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan aksesibilitas udara yang aman dan nyaman yang semakin meningkat, khususnya pada periode libur Natal dan Tahun Baru 2024/2025,” katanya.

    Panjaitan mengungkapkan, beroperasinya armada PK-GUF merupakan bagian dari implementasi rencana penambahan armada yang terus dioptimalkan di tengah upaya peningkatan kapasitas produksi Garuda Indonesia.

    Dengan pengoperasian armada tambahan satu armada B737-800NG lainnya yang akan tiba di Jakarta pada akhir Desember 2024 mendatang dan Garuda Indonesia hingga akhir tahun ini akan mengoperasikan sekitar 73 armada, yang terdiri dari 43 armada narrow body Boeing 737-800NG, 22 armada wide body Airbus A330 Series, dan 8 armada wide body Boeing 777-300ER.

    “Kami berharap inisiatif yang kami laksanakan melalui program penguatan kapasitas produksi dapat menjadi katalisator pengembangan jaringan penerbangan yang terus kami laksanakan secara berkelanjutan dalam merespon pertumbuhan perjalanan udara yang semakin meningkat dan diprediksi akan terus bertumbuh,” ungkapnya.

    Ia mengungkapkan, Garuda Indonesia Group terus optimalkan kesiapan operasional periode Natal dan tahun baru 2024/2025, khususnya dalam memastikan kesiapan armada serta berbagai fasilitas penunjang penerbangan.

    Pada periode peak season kali ini, Garuda Indonesia Group menyiapkan sedikitnya 1,4 juta kursi pesawat yang terdiri dari 741.514 kursi penerbangan Garuda Indonesia dan 717.560 kursi penerbangan Citilink.

    “Selama periode peak season tahun ini, Garuda Indonesia Group mengoperasikan sedikitnya 8.199 frekuensi penerbangan dengan kesiapan armada sebanyak 94 unit armada, terdiri dari 58 armada dari Garuda Indonesia dan 35 armada dari Citilink,” ujarnya.

    Sementara itu, terdapat 316 extra flight yang disiapkan untuk memenuhi rute penerbangan Denpasar, Lombok, Medan (Kualanamu), Surabaya, Semarang, dan Singapura. Adapun Citilink menambah 210 penerbangan tambahan diantaranya untuk sejumlah destinasi unggulan seperti Denpasar, Medan (Kualanamu), Lombok, dan Solo.

    “Angka ini tentunya akan terus bergerak dinamis seiring tren perjalanan masyarakat nantinya, khususnya yang memilih moda transportasi udara sebagai pilihan dalam mobilitas mereka ke destinasi tujuan,” paparnya.

    Dia menambahkan, saat ini Garuda Indonesia turut memproyeksikan pergerakan penumpang selama periode peak season Natal dan tahun baru dengan meningkat sedikitnya 24 persen dibandingkan pada 2023.

    “Dan puncak arus libur ini kami perkirakan akan berlangsung pada tanggal 21 Desember dan 5 Januari. Beberapa destinasi penerbangan yang diproyeksi memiliki tingkat okupansi tinggi adalah Denpasar, Sorong, Manado, Kualanamu, Jayapura, Pontianak, Surabaya, Yogyakarta, dan Lombok untuk rute domestik, serta Singapura, Haneda, dan Narita untuk rute internasional,” kata dia.

    Pewarta: Azmi Syamsul Ma’arif
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2024

  • Penjelasan Ganjar Pranowo soal Pemecatan Jokowi dari PDI-P…
                
                    
                        
                            Yogyakarta
                        
                        19 Desember 2024

    Penjelasan Ganjar Pranowo soal Pemecatan Jokowi dari PDI-P… Yogyakarta 19 Desember 2024

    Penjelasan Ganjar Pranowo soal Pemecatan Jokowi dari PDI-P…
    Tim Redaksi
    YOGYAKARTA, KOMPAS.com
    – Ketua DPP
    PDI-P
    Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah,
    Ganjar Pranowo
    angkat bicara terkait pemecatan
    Joko Widodo
    (Jokowi) dari keanggotaan partai.
    Menurut Ganjar, keputusan tersebut telah melalui pertimbangan yang matang.
    “Sudah selesai dan semua sudah berjalan,” ungkap Ganjar saat ditemui usai menghadiri rapat terbuka peringatan Lustrum XV dan Dies Natalis ke-75 Universitas Gadjah Mada (UGM), Kamis (19/12/2024).
    Keputusan pemecatan Joko Widodo dari partai imbuhnya, sudah melalui perhitungan yang matang. Termasuk keputusan itu dikeluarkan usai Joko Widodo tidak menjabat sebagai Presiden.
    “Semua sudah dihitung, Ibu Mega itu orang yang sangat konsisten, maka beliau pernah ber-statement ‘Kami akan mendukung sampai selesai’. Itulah kenapa sampai selesai dulu, baru kemudian dilakukan tindakan,” ucapnya.
    Diungkapkan Ganjar, keputusan
    pemecatan Jokowi
    setelah tidak menjabat merupakan wujud konsistensi dari Ketua Umum PDI-P
    Megawati Soekarnoputri
    memberikan dukungan sampai selesai. Selain itu juga bentuk penghormatan kapada pemerintahan Jokowi.
    “Itu penghormatan beliau (Megawati Soekarnoputri), konsistensi beliau, atas dukungan 100 persen pada pemerintahan Jokowi,” tuturnya.


    KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati Presiden ke-7 Joko Widodo (Jokowi), saat ditemui di kediamannya Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kota Solo, Jateng, pada Selasa (17/12/2024).
    Dikatakan Ganjar, publik kemungkinan akan mempunyai interpretasi lain apabila keputusan pemecatan Joko Widodo dilakukan saat masih menjabat. Bahkan mungkin juga akan melontarkan jika PDI-P tidak konsisten.
    “Mungkin kalau
    mecatnya
    di tengah jalan masih berkuasa, mungkin interpretasi orang lain dan mungkin orang juga akan ah enggak konsisten. Bu Mega tunjukan konsistensi itu,” paparnya.
    Diberitakan sebelumnya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mengumumkan pemecatan puluhan kadernya dari keanggotaan partai pada Senin (16/12/2024).
    Berdasarkan Surat Keputusan (SK) Nomor 1649/KPTS/DPP/XII/2024, sebanyak 27 kader PDI-P dipecat, termasuk Joko Widodo (Jokowi), putra dan menantunya, Gibran Rakabuming Raka, dan Bobby Nasution.
    Surat pemecatan tersebut ditandatangani Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri dan Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI-P Hasto Kristiyanto pada 14 Desember 2024 sebelum diumumkan Ketua DPP Bidang Kehormatan PDI-P Komarudin Watubun.
    Dalam surat itu, dijelaskan soal kenapa PDIP pecat Jokowi. Disebutkan, bahwa Jokowi dipecat karena dianggap menyalahgunakan kekuasaan dan merusak tatanan demokrasi.
    Selain itu, Komarudin mengatakan, sikap, tindakan, dan perbuatan Jokowi juga melanggar Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) partai 2019.
    Sementara Gibran Rakabuming Raka dipecat karena melanggar etik partai karena maju calon wakil presiden 2024 dari partai lain.
    Pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, Gibran maju berpasangan dengan Prabowo Subianto dan diusung Koalisi Indonesia Maju (KIM).
    Adapun Bobby Nasution dipecat lantaran maju sebagai calon gubernur Sumatera Utara (Sumut) dari partai lain. Bobby maju di Pilkada Sumut 2024 diusung oleh Koalisi Indonesia Maju (KIM) plus.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Bridgestone Ingatkan Pentingnya Perawatan Ban Jelang Libur Nataru 2024

    Bridgestone Ingatkan Pentingnya Perawatan Ban Jelang Libur Nataru 2024

    Jakarta, CNN Indonesia

    Bridgestone Indonesia mengingatkan pengendara akan pentingnya kesiapan kendaraan, terutama kondisi ban, demi keselamatan dan kenyamanan berkendara pada momen libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru). Jalanan yang basah dan licin hingga genangan air menjadi tantangan yang perlu diantisipasi untuk menghindari risiko kecelakaan.

    Deputy Head of Original Equipment (OE) Sales Bridgestone Indonesia, Fisa Rizqiano, menyampaikan sebagai satu-satunya komponen kendaraan yang bersentuhan langsung dengan jalan, ban memainkan peran penting dalam mendukung akselerasi, manuver, dan pengereman. Oleh karena itu, kondisinya harus dipastikan selalu dalam kondisi optimal.

    “Perlu diperhatikan juga bahwa rem berfungsi untuk memperlambat perputaran roda kendaraan. Berhenti tidaknya laju kendaraan ditentukan oleh traksi atau daya cengkeram ban pada permukaan jalan. Meskipun rem dalam kondisi prima, jika ban tidak mampu mencengkeram permukaan jalan, kendaraan tidak akan berhenti secara optimal,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Selasa (17/12).

    Dalam rangka memastikan perjalanan aman dan nyaman selama liburan di musim hujan, Bridgestone Indonesia memberikan beberapa tip praktis:

    1. Periksa Tekanan Angin Secara Berkala

    TPI. (Foto: Arsip Bridgestone)

    Pastikan tekanan angin ban sesuai dengan standar pabrikan. Tekanan yang tepat tidak hanya menjaga performa optimal, tetapi juga membantu efisiensi bahan bakar. Informasi mengenai tekanan angin ideal dapat ditemukan pada lis pintu pengemudi atau buku manual kendaraan.

    2. Perhatikan Ketinggian Kembangan Ban

    Ketinggian kembangan ban yang aman dapat dilihat menggunakan TWI. (Foto: Arsip Bridgestone)

    Ban yang aus memiliki risiko tinggi terhadap hydroplaning, yaitu kehilangan traksi akibat genangan air. Pastikan ketinggian kembangan ban masih dalam batas aman dengan menggunakan Tread Wear Indicator (TWI).

    3. Lakukan Spooring dan Balancing

    Proses ini membantu menjaga stabilitas kendaraan, mengurangi getaran, dan meningkatkan kenyamanan berkendara selama perjalanan jauh.

    Fisa menegaskan, dengan langkah-langkah sederhana tersebut, pengendara dapat menikmati perjalanan liburan dengan lebih aman dan nyaman, meskipun cuaca sedang kurang bersahabat.

    “Dengan permukaan kontak yang setara dengan telapak tangan, ban harus mampu menahan beban kendaraan, mendukung akselerasi, manuver, dan pengereman. Karena itu, perawatan ban menjadi sangat penting, terutama saat berkendara di musim hujan,” imbuh dia.

    Sebagai produsen ban terkemuka, Bridgestone Indonesia terus menunjukkan komitmennya dalam meningkatkan kesadaran berkendara yang aman. Selain menghadirkan produk berkualitas, Bridgestone juga aktif memberikan edukasi keselamatan melalui program seperti ‘Goes to Campus’ yang bekerja sama dengan Forum Keselamatan Transportasi Indonesia (FOKTI).

    IBETIA 2024

    Komitmen Bridgestone Indonesia dalam mendukung keselamatan berkendara mendapatkan apresiasi dari FOKTI melalui penghargaan Indonesia Brand Experience in Transportation Industry Award (IBETIA) 2024. Penghargaan ini diberikan untuk kategori Ban Mobil dengan predikat ‘Excellent’.

    IBETIA 2024 adalah bentuk penghargaan kepada pelaku industri yang berkontribusi terhadap peningkatan keselamatan transportasi jalan. Survei penghargaan ini melibatkan 1.500 responden dari enam kota besar di Indonesia, yakni Medan, Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, dan Makassar, yang mencakup pengguna kendaraan bermotor dari kalangan karyawan.

    Menanggapi pencapaian ini, Marketing Director Bridgestone Indonesia, Masaki Abe, menyampaikan rasa bangga atas penghargaan ini.

    “Penghargaan ini menjadi bukti kepercayaan masyarakat terhadap merek Bridgestone. Ini juga menjadi motivasi bagi kami untuk terus menghadirkan yang terbaik sesuai brand promise terbaru kami, ‘Generation to Next Generation’, yaitu memberikan produk, jaringan, dan layanan terbaik untuk konsumen,” tuturnya.

    Penghargaan ini semakin memperkuat posisi Bridgestone sebagai pemimpin industri ban mobil yang tidak hanya menghadirkan produk berkualitas, tetapi juga terus mendorong edukasi dan kesadaran keselamatan berkendara.

    Persiapan perjalanan yang matang menjadi kunci kelancaran liburan Nataru, terutama dengan memastikan kendaraan berada dalam kondisi prima. Perawatan ban yang optimal tidak hanya mendukung performa kendaraan tetapi juga meningkatkan keselamatan di tengah tantangan musim hujan.

    (rir/rir)

  • Jeep Menolak Redup di RI, Siap Luncurkan Wrangler Rubicon

    Jeep Menolak Redup di RI, Siap Luncurkan Wrangler Rubicon

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Indomobil National Distributor (IND) kini sebagai pemegang merek Jeep di Indonesia. IND akan meluncurkan Jeep Wrangler Rubicon terbaru pada 2025.

    Chief Operation Officer (COO) PT Indomobil National Distributor, Ario Soerjo mengatakan pihak IND akan menghadirkan layanan terbaik dan jaringan yang tersebar di seluruh Indonesia untuk mengantisipasi permintaan Jeep.

    “Di tahun 2025, Jeep secara resmi akan memasarkan Jeep Wrangler Rubicon, kendaraan 4×4 yang tampil dengan grille tujuh slot, ruang kabin yang luas, teknologi infotainment canggih dan fitur keselamatan Advanced Driver Assistance Systems (ADAS) yang lengkap untuk menunjang aktivitas para penggemar off-road,” kata Ario.

    Selain itu, Indomobil Group akan membangun tujuh jaringan Jeep di Indonesia tahun depan.

    Dealer pertama Jeep akan berada di kawasan Pantai Indah Kapuk, Jakarta. Dilanjutkan dengan dealer-dealer lainnya yang masih tersebar di sejumlah wilayah Jakarta, meliputi MT Haryono, TB Simatupang, dan Gading Serpong. Untuk wilayah luar Jakarta, kabarnya dealer Jeep akan segera beroperasi di Bandung, Surabaya, dan Medan.

    “PT Indomobil National Distributor sangat bangga dapat menaungi Jeep di Indonesia sebagai bagian dari komitmen kami dalam menghadirkan kendaraan tangguh dan ikonik untuk konsumen Tanah Air. Kami percaya kolaborasi ini akan menjadi simbiosis mutualisme, di mana jaringan dealer luas dan layanan purna jual terpercaya Indomobil dapat memperkuat kehadiran Jeep di Indonesia,” ujar Ario.

    “Kami juga berkomitmen untuk melayani konsumen Jeep Indonesia dengan sepenuh hati serta berharap dapat membangun komunitas yang solid bagi pecinta Jeep dan SUV di seluruh negeri,” tutupnya.

    PT IND juga sebagai Agen Pemegang Merek (APM) sejumlah brand Stellantis di Tanah Air turut memperkenalkan konsep dealer terbaru bernama Stellantis Brand House.

    Konsep ini memungkinkan penampilan lini produk dari berbagai merek sekaligus dalam satu lokasi, di antaranya Jeep dan Citroen, yang berada di bawah naungan Indomobil Group.

    (rac/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • 100 Tentara Korut Tewas dalam Perang Rusia Melawan Ukraina

    100 Tentara Korut Tewas dalam Perang Rusia Melawan Ukraina

    Jakarta

    Setidaknya 100 tentara Korea Utara yang dikerahkan untuk mendukung upaya perang Rusia di Ukraina, dilaporkan telah tewas sejak memasuki pertempuran pada bulan Desember lalu. Hal tersebut disampaikan anggota parlemen Korea Selatan Lee Sung-kwon kepada wartawan pada hari Kamis (19/12)

    Pyongyang telah mengirim ribuan tentara untuk memperkuat militer Rusia, termasuk ke wilayah perbatasan Kursk, tempat pasukan Ukraina merebut wilayah tersebut awal tahun ini.

    “Pada bulan Desember, mereka (pasukan Korea Utara) terlibat dalam pertempuran yang sebenarnya, yang mana setidaknya 100 orang tewas,” kata Lee, dilansir kantor berita AFP, Kamis (19/12/2024).

    “Badan Intelijen Nasional (NIS) juga melaporkan bahwa jumlah korban luka diperkirakan mencapai hampir 1.000 orang,” imbuhnya.

    Lee menambahkan ada indikasi bahwa “beberapa korban Korea Utara, termasuk pejabat tinggi, telah terjadi karena serangan rudal dan drone atau pesawat nirawak Ukraina, serta kecelakaan pelatihan”.

    NIS mengatakan tingginya jumlah korban dapat dikaitkan dengan “lingkungan medan perang yang tidak dikenal, tempat pasukan Korea Utara digunakan sebagai unit penyerang garis depan yang dapat dikorbankan, dan kurangnya kemampuan mereka untuk melawan serangan drone,” kata Lee.