provinsi: Sumatera Utara

  • Deretan Selebritas Punya Koleksi Mobil Suzuki di Garasinya

    Deretan Selebritas Punya Koleksi Mobil Suzuki di Garasinya

    Jakarta, CNN Indonesia

    Mobil bukan sekadar alat transportasi, bagi para artis alat transportasi ini juga menjadi salah satu simbol gaya hidup. Suzuki, yang sempat viral disebut brand mobil ‘bukan artis’ ini, terbukti menjadi salah satu pilihan favorit di kalangan selebriti Indonesia.

    Hal ini tidak terlepas dari reputasi Suzuki, dengan berbagai model andalannya seperti Grand Vitara, Jimny, Baleno, dan XL7, yang telah lama dikenal dengan kendaraan yang andal, awet, efisien, dan stylish.

    Sebagai merek mobil yang telah lama malang melintang di tanah air, Suzuki memiliki nilai historis dan prestise yang dapat dibandingkan dengan mobil mewah. Bahkan beberapa modelnya masuk dalam jajaran ‘mobil sultan’.

    Di samping itu, Suzuki juga menawarkan keunggulan dari sisi value for money. Ditambah dengan keiritan bahan bakar dan performa tangguh, mobil ini sangat dapat diandalkan untuk perjalanan jarak jauh, tanpa mengorbankan kenyamanan dan gaya.

    Berikut adalah deretan artis yang diketahui memiliki koleksi mobil Suzuki sebagai bagian dari gaya hidup mereka.

    1. Deddy Corbuzier

    Di antara jajaran mobil mewah yang dimilikinya, Deddy Corbuzier menyimpan sebuah cerita menarik di balik Suzuki Jimny 5-pintu berwarna hitamnya. Bukan sekadar kendaraan, mobil ini juga menyimpan segudang kenangan bagi Deddy.

    Dalam cerita yang ia bagikan, Jimny juga menjadi kendaraan saat kencan pertamanya. Alhasil, Suzuki Jimny 5-pintu berwarna hitam yang ia miliki sekarang tidak hanya menjadi simbol nostalgia, tetapi juga representasi gaya hidup modern yang tetap menghormati akar sejarahnya.

    [Gambas:Instagram]

    2. Boy William

    Boy William, sosok yang dikenal dengan gaya hidupnya yang dinamis, ternyata memiliki Suzuki Jimny 5-pintu berwarna abu-abu. Mobil ini membawa memori indah yang ia miliki bersama sang ayah, menciptakan ikatan emosional yang kuat.

    Menurut Boy, Suzuki Jimny 5-pintu sering disebut sebagai ‘mobil sultan’ karena eksklusivitasnya. Kepemilikan mobil ini dianggap sebagai simbol status yang membawa kebanggaan tersendiri.

    Nilai ini semakin menambah daya tarik mobil tersebut, menjadikannya salah satu koleksi yang tak hanya bernilai sentimental tetapi juga prestisius.

    3. Andre Taulany

    Awalnya, Andre Taulany memiliki Suzuki Jimny 3-pintu berwarna putih. Namun, belakangan ini, ia memutuskan untuk menambah koleksinya dengan Suzuki Jimny 5-pintu berwarna hitam.

    Keputusan Andre untuk beralih ke Jimny 5-pintu bermula saat ia berkunjung ke rumah Boy William. Terpesona oleh desain dan kenyamanan Jimny versi lima pintu itu, Andre pun dilanda rasa ‘FOMO’ (Fear of Missing Out).

    Boy William, dengan gaya khasnya, berhasil memicu semangat kompetitif antara Andre dan Raffi Ahmad, keduanya dikenal sebagai kolektor mobil. Tidak ingin kalah cepat dari Raffi yang juga mengincar Jimny 5-pintu, Andre akhirnya mengambil langkah cepat untuk memiliki mobil ini.

    [Gambas:Youtube]

    4. Kiki Saputri

    Kunjungan Kiki Saputri ke rumah Denny Sumargo baru-baru ini tak hanya diwarnai obrolan seru, tetapi juga sorotan terhadap kendaraan yang ia gunakan. Kiki tampak menaiki Suzuki New XL7 Hybrid, mobil yang dikenal dengan desain modern dan teknologi hibridnya.

    “Biar lebih satset sama irit aja,” katanya menjawab pertanyaan Denny kenapa menggunakan mobil tersebut.

    Mobil ini, yang dijuluki sebagai ‘mobil bukan artis’ oleh sebagian netizen, justru menonjolkan sisi praktis dan fungsional dari gaya hidup Kiki. Penampakan ini semakin memperkuat dugaan bahwa Kiki telah menambah koleksi kendaraannya dengan SUV andalan Suzuki tersebut.

    5. Gofar Hilman

    Kecintaan Gofar Hilman terhadap mobil Suzuki tampaknya tak pernah pudar. Konten kreator ini dikenal karena kecintaannya pada Suzuki Swift, sebuah hatchback yang sporty dan ikonis.

    Tak cukup dengan koleksi Suzuki Swift-nya, kini ia menambah koleksi mobilnya dengan Suzuki Grand Vitara. SUV tangguh dengan desain modern ini pun menjadi kanvas sempurna untuk menuangkan ide-idenya.

    [Gambas:Instagram]

    6. Kemal Pahlevi

    Kemal Pahlevi, komedian dan aktor yang dikenal dengan kepribadiannya yang santai, kini menjadi pengguna setia Suzuki Baleno. Namun, bukan hanya performa mobilnya yang membuatnya jatuh hati pada merek ini, tetapi pengalaman positif saat melakukan servis body repair di salah satu bengkel resmi Suzuki.

    Dalam sebuah unggahan di media sosial, ia merasa diutamakan sebagai pelanggan, mulai dari proses konsultasi, pengerjaan, hingga hasil akhir yang memuaskan.

    “Kualitas mobil itu penting, tapi pelayanan yang bagus bikin saya semakin yakin untuk tetap setia,” tegas Kemal.

    7. Baim Wong

    Dalam rangka merayakan ulang tahun anaknya yang saat itu masih balita, Baim Wong menghadiahkan sebuah Suzuki Jimny 3-pintu, hadiah yang cukup unik dan jauh dari kesan biasa untuk Kiano Tiger Wong.

    Baim sendiri memilih Jimny bukan tanpa alasan. Sebagai kendaraan yang ikonik dan memiliki reputasi tangguh, mobil ini mencerminkan filosofi hidup yang ingin ia tanamkan kepada Kiano, yaitu selalu siap menghadapi tantangan dan menikmati perjalanan hidup.

    8. Kiki “Cowboy Jr.”

    Kiki “Cowboy Jr.” ternyata adalah salah satu penggemar Suzuki Jimny, SUV kompak yang legendaris. Hal ini terungkap saat ia terlihat menggunakan mobil tersebut untuk pergi bersama Gaby Saputra, seperti yang terlihat dalam sebuah unggahan di media sosial.

    Dalam perjalanan bersama Gaby, Jimny tidak hanya berfungsi sebagai alat transportasi, tetapi juga menjadi simbol gaya hidup yang penuh cerita. Kehadiran mobil ini menambah kesan kasual namun berkelas.

    9. Oza Rangkuti

    Stand-up comedian Oza Rangkuti diduga memiliki Suzuki Baleno. Mobil hatchback ini menawarkan kenyamanan dan desain modern yang merepresentasikan gaya hidup urban khas Oza.

    Dengan efisiensi bahan bakar yang tinggi dan teknologi canggih, Suzuki Baleno menjadi pilihan ideal untuk mendukung aktivitas sehari-hari dan jadwal padat Oza. Tidak hanya itu, desainnya yang elegan menambah kesan penuh gaya yang sejalan dengan kepribadian sang komedian.

    10. Iqbaal Ramadan

    Pada 2022, Iqbaal Ramadan, yang dikenal dengan gaya hidup aktif dan petualangannya, memamerkan mobil Suzuki Jimny 3-pintu yang ia kendarai dalam sebuah road trip.

    Selama 11 hari penuh, Iqbaal bersama sang manajer, Dinda Kamil, menikmati perjalanan dari Jakarta dan melintasi beberapa kota besar, termasuk Surabaya, Denpasar, Cirebon, dan akhirnya kembali lagi ke Jakarta.

    Dengan mobil yang dikenal dengan desain kompak dan kemampuannya di medan off-road ini, Iqbaal merasakan kebebasan menjelajahi berbagai jalanan, mulai dari perkotaan yang sibuk hingga jalanan lebih terpencil yang menawarkan pemandangan alam Indonesia yang indah.

    Koleksi mobil Suzuki di kalangan artis membuktikan bahwa brand ini mampu memenuhi kebutuhan beragam gaya hidup, dari yang stylish hingga fungsional. Baik untuk kegiatan sehari-hari, liburan keluarga, maupun menunjang citra diri, Suzuki hadir sebagai solusi mobilitas yang andal.

    (rir/rir)

  • Dokter Fladiniyah Puluhulawa Kembali Viral, Cakar dan Tendang Penjual Martabak di Medan – Halaman all

    Dokter Fladiniyah Puluhulawa Kembali Viral, Cakar dan Tendang Penjual Martabak di Medan – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, Medan – Seorang dokter muda bernama Fladiniyah Puluhulawa kembali menjadi sorotan publik setelah video penganiayaannya terhadap seorang pekerja makanan martabak viral di media sosial.

    Kejadian tersebut berlangsung di Jalan Perintis Kemerdekaan, Medan, pada Kamis, 19 Desember 2024, sekitar pukul 19.00 WIB.

    Menurut keterangan Fitra Samosir, pekerja yang menjadi korban, Fladiniyah sebelumnya membeli roti bakar di tempatnya bekerja.

    “Sore harinya dia sudah datang membeli roti bakar,” ujar Fitra saat diwawancarai.

    Setelah membeli, pelaku datang kembali dan diduga melempar kotak makanan sebelum melakukan penganiayaan.

    Alasan dia topingnya yang diberikan kurang banyak.

    “Setelah itu, dia tidak ada ngomong, komplain saya langsung mencabik saya, mencakar saya dan menendang.”

    “Saya tanya kenapa kak, masalah apa dan kesalahan apa biar baik-baik,”kata Fitra, Senin (23/12/2024).

    Dampak Penganiayaan

    Akibat serangan tersebut, Fitra mengalami luka di tangan dan kening.

    “Saya mengalami luka di tangan dan kening kena cakar,” ungkapnya.

    Setelah kejadian, Fitra segera melapor ke Polrestabes Medan untuk memproses kasus ini.

    Hingga berita ini diturunkan, pihak kepolisian belum memberikan respons terkait laporan yang diajukan oleh korban.

    Fitra mengaku baru mengetahui bahwa pelaku adalah dokter yang sebelumnya viral karena insiden di RSUD Pirngadi Medan.

    Kejadian ini menambah daftar panjang tindakan tidak pantas yang dilakukan oleh Fladiniyah Puluhulawa, yang sebelumnya juga terlibat dalam insiden serupa di rumah sakit.

    (Tribun-Medan.com/Fredy Santoso)

    Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).

  • Tinggalkan model MLM, begini jurus CNI jalankan Mixed Marketing Concept

    Tinggalkan model MLM, begini jurus CNI jalankan Mixed Marketing Concept

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    Tinggalkan model MLM, begini jurus CNI jalankan Mixed Marketing Concept
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 23 Desember 2024 – 21:10 WIB

    Elshinta.com – PT Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI), perusahaan yang telah beroperasi lebih dari tiga dekade di Indonesia, membuktikan komitmen dalam menjalankan  transformasi besar bisnisnya dari MLM (Multi Level Marketing) menjadi MMC (Mixed Marketing Concept).

    Tanggal 1 Oktober 2023 menjadi titik penting bagi CNI, di mana perusahaan yang sebelumnya dikenal dengan model Multi-Level Marketing (MLM) memutuskan untuk meninggalkan skema tersebut dan mulai menerapkan Mixed Marketing Concept (MMC) yang efektif beroperasi pada tanggal 1 Januari 2024. MMC adalah sebuah konsep pemasaran inovatif yang mengintegrasikan berbagai keunggulan model pemasaran yang ada, termasuk pemasaran secara offline maupun online.

    Seiring dengan transformasi tersebut, CNI juga telah memperkenalkan logo, brand, dan persona baru yang lebih segar dan relevan dengan perkembangan zaman.

    Langkah ini semakin memperkuat posisi CNI dalam menjangkau pasar yang lebih luas dan sesuai dengan tren digital saat ini, serta memungkinkan konsumen untuk membeli produk CNI tidak hanya secara offline, tetapi juga melalui e-commerce dan marketplace yang selama ini dilarang untuk perusahaan dengan model MLM.

    “CNI selalu berusaha untuk tetap inovatif, kreatif, dan adaptif dengan perkembangan zaman. Melalui transformasi ini, kami ingin menciptakan brand yang lebih segar dan relevan, terutama di kalangan generasi millennial dan Gen Z yang kini menjadi bagian besar dari pasar kami. Dengan model MMC, kami optimis dapat menciptakan peluang bisnis yang lebih fleksibel dan menguntungkan untuk para CNI-Partner di seluruh Indonesia,” kata Abrian Natan, CEO CNI Indonesia dalam keterangan yang diterima redaksi elshinta.com, Senin (23/12). 

    Sebagai bagian dari transformasi, CNI juga memperkenalkan konsep CNI-Store yang menjadi salah satu pilar utama dalam strategi pemasaran MMC. CNI-Store tidak hanya berfungsi sebagai titik promosi dan distribusi produk, tetapi juga sebagai pusat informasi bagi para konsumen dan CNI-Partner. Sejak diluncurkan pada 2 Juli 2024, CNI Store telah hadir di 27 kota di Indonesia, dan lebih banyak lagi yang akan dibuka sepanjang 2025 nanti.

    CNI Store telah hadir di kota-kota seperti Aceh, Medan, Padang, Pekanbaru, Pangkal Pinang, Palembang, Jabodetabek, Bandung, Purwokerto, Cirebon, Indramayu, Solo, Semarang, Surabaya, Yogyakarta, Bali, NTB, dan Makassar.

    “Selain model pemasaran yang lebih fleksibel, CNI-Store juga menerapkan konsep tanpa biaya lisensi (zero license fee) untuk para CNI-Partner yang ingin menggunakan brand CNI di toko offline maupun online mereka,” tambah Abrian.

    CNI juga terus memperluas jangkauan pasar dengan program Go-Digital yang memungkinkan produk CNI dijual melalui e-store di berbagai marketplace ternama. Program ini memberi peluang yang lebih besar bagi para konsumen untuk membeli produk CNI dengan cara yang lebih praktis dan modern. Bagi CNI-Partner yang menjual produk CNI di marketplace juga, tidak perlu khawatir dengan CNI-Store Official sendiri. Karena harga di CNI-Store Official dipatok lebih tinggi 5 persen, sehingga dapat meminimalisasi persaingan harga.

    Tidak hanya itu, keuntungan penjualan CNI-Store Official secara berkala juga akan dibagikan ke CNI-Partner yang sudah memiliki dan tergabung dalam CNI Online Seller Community.

    Bagi para konten kreator yang gemar mempromosikan produk, CNI juga meluncurkan program CNI Affiliate, sebuah kesempatan bagi individu untuk bergabung menjadi affiliator dan mempromosikan produk CNI di platform digital dengan imbalan komisi dari setiap produk yang berhasil terjual.

    Tentunya, produk sebagai salah satu jurus andalan juga tak ketinggalan untuk tampil. Dalam upaya memenuhi kebutuhan gaya hidup masyarakat muda, sepanjang 2024 CNI juga meluncurkan berbagai produk baru, seperti CNI-Ginseng Coffee Signature, CNI-Nutrimoist Face Sunscreen, dan SC88 Liquid Detergent, yang dirancang khusus untuk pasar millennial dan Gen Z yang semakin peduli dengan gaya hidup sehat dan praktis.

    Sebagai jurus terakhir dan tak kalah penting, serta sebagai bagian dari komitmen dalam mendukung para generasi muda berjiwa entrepreneur, CNI juga menggelar X-ion Club, sebuah komunitas bisnis untuk para Gen Z yang menyelenggarakan workshop dan menghadirkan praktisi muda bisnis ternama sebagai pembicara. Sejak diluncurkan, lebih dari 100 peserta anak muda telah bergabung dalam workshop ini untuk belajar dan mengembangkan potensi bisnis mereka.

    “Transformasi yang kami lakukan ini bukan hanya soal perubahan model bisnis, tetapi juga tentang bagaimana kami bisa lebih dekat dengan konsumen muda, memberi mereka peluang bisnis yang lebih fleksibel dan menguntungkan, serta menciptakan produk-produk yang sesuai dengan kebutuhan gaya hidup mereka,” tutup Abrian.

    Sumber : Elshinta.Com

  • Pengangguran Capai 7,5 Juta Orang, Pariwisata Digalakkan

    Pengangguran Capai 7,5 Juta Orang, Pariwisata Digalakkan

    Medan, CNN Indonesia

    Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Yassierli mengatakan jumlah pengangguran di Indonesia saat ini mencapai 7,5 juta orang. Salah satu solusi pemerintah adalah dengan mengadakan pelatihan bagi para calon pencari kerja, terutama di bidang pariwisata.

    “Pengangguran kita saat ini sekitar 7,5 juta, jadi solusi terdekat beberapa minggu yang lalu saya diskusi dengan Presiden RI, beliau menyampaikan, untuk short term adalah pariwisata,” kata Yassierli saat mendampingi Wakil Presiden RI Gibran Rakabuming Raka dalam kunjungan di Kota Medan, Senin (23/12).

    Dia mengajak perusahaan dan kepala daerah untuk memanfaatkan fasilitas dan kapasitas balai vokasi/pelatihan untuk bisa upskilling/reskilling terkait profil tenaga kerja.

    “Kami sudah berkoordinasi, menindaklanjuti, jadi balai-balai, di awal tahun depan (tahun 2025), kita akan fokus untuk pelatihan terkait pariwisata,” ujarnya.

    Menurut Yassierli, pelatihan terkait pariwisata perlu dilakukan karena durasi pelatihannya yang memang juga cukup cepat.

    “Durasi pelatihannya cukup cepat, kemudian requirement peserta tidak tinggi, sedangkan kebutuhan itu ada. Ini paralel dengan program pemerintah untuk menyiapkan lima daerah unggulan pariwisata,” ucapnya.

    Dalam kesempatan itu, Gibran Rakabuming Raka didampingi istri Selvi Ananda mengunjungi sejumlah stan Perusahaan (pemberi kerja) pada Festival Vokasi Temu Mitra Industri di BBPVP Medan, Jalan Amal, Medan Sunggal.

    Gibran yang mengenakan kemeja biru muda, langsung mengunjungi stan-stan perusahaan yang ada di acara Job Fair tersebut. Dirinya juga melakukan dialog dengan perusahaan yang sedang mencari tenaga kerja dan para calon pelamar kerja.

    Selain itu Wapres Gibran juga menanyakan kompetensi apa saja yang diperlukan para perusahaan dan berapa peluang pencari kerja disabilitas untuk bisa diterima di perusahaan. Perwakilan perusahaan tersebut tampak antusias menjelaskan lowongan pekerjaan yang ditawarkan perusahaan.

    (fnr/sfr)

  • Antisipasi lonjakan penumpang Nataru, KAI Divre I Sumut tambah perjalanan KA

    Antisipasi lonjakan penumpang Nataru, KAI Divre I Sumut tambah perjalanan KA

    Sumber foto: Misriadi/elshinta.com.

    Antisipasi lonjakan penumpang Nataru, KAI Divre I Sumut tambah perjalanan KA
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Senin, 23 Desember 2024 – 22:57 WIB

    Elshinta.com – PT Kereta Api Indonesia (Persero) melaksanakan masa Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 (Nataru) selama 18 hari, sejak 19 Desember 2024 lalu sampai dengan 5 Januari 2025. Seluruh insan KAI Divre I SU akan bersiaga dalam menghadapi masa Nataru ini.

    Vice President PT KAI (Persero) Divre I Sumut, Sofan Hidayah mengatakan dalam rangka menghadapi masa Nataru 2024/2025, PT KAI Divre I Sumut telah melakukan berbagai persiapan dari sisi pelayanan, keamanan dan kenyamanan, baik di stasiun maupun di atas kereta api (KA).

    “Pada masa Nataru 2024/2025 ini, PT KAI Divre I Sumut akan mengoperasikan total 396 perjalanan KA atau 22 perjalanan KA per harinya dengan ketersediaan tempat duduk sebanyak 171.504 seat untuk melayani masyarakat yang akan pulang ke kampung halaman merayakan Natal dan tahun baru bersama keluarga tercinta,” kata Sofan. 

    Adapun daftar KA reguler dan KA tambahan yang akan beroperasi di masa Nataru 2024/2025 wilayah Divre I SU yakni untuk KA Reguler,  KA Sribilah Utama relasi Stasiun Medan – Rantauprapat sebanayak  6 KA, KA Putri Deli relasi Stasiun Medan – Tanjung Balai, 6 KA, KA Siantar Ekspress relasi Stasiun Medan – Siantar, 4  KA dan KA Datuk Belambangan relasi Stasiun Tebing Tinggi – Lalang, 4 KA sementara untuk KA Tambahan yakni KA Sribilah Utama Tambahan relasi Stasiun Medan – Rantauprapat sebanyak 2 KA.

    “Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, PT KAI Divre I Sumut menambah perjalanan KA Sribilah Utama Tambahan relasi Medan – Rantauprapat sebanyak 2 perjalanan yang telah dioperasikan selama masa Nataru, dengan jadwal keberangkatan dari Stasiun Medan pukul 10.25 WIB dan dari Stasiun Rantauprapat pukul 17.05 WIB,” jelas Sofan.

    Sementar itu untuk meningkatan pelayanan, PT KAI Divre I Sumut juga menyiagakan petugas Customer Service Mobile (CSM) 3 personil di Stasiun Medan dan 2 personil di Stasiun Kisaran. Divre I Sumut juga membagikan gift kepada penumpang yang berulang tahun selama periode Nataru dan free makanan dan minuman untuk penumpang KA Sribilah (*selama persediaan masih tersedia), fasilitas Game Zone (PS4) serta merias stasiun dan memasang Livery pada sarana lokomotif, kereta dengan tematik Natal & Tahun Baru.

    Dari sisi sarana, PT KAI Divre I Sumut menyiapkan total 73 armada kereta dan 31 armada lokomotif siap operasi untuk mendukung layanan masa Nataru.

    Keselamatan perjalanan KA masa Nataru juga tidak lepas dari kesiapan sisi prasarana jalur KA. Divre I Sumut telah melakukan pemetaan terhadap daerah yang memerlukan perhatian khusus, total terdapat ada 8 titik yang terbagi menjadi 6 titik rawan banjir, 2 titik rawan longsor. Divre I Sumut juga telah menyiagakan alat matarial untuk siaga (AMUS) di beberapa titik untuk mengantisipasi gangguan.

    Untuk memastikan jalur KA aman untuk dilalui KA, pada masa Nataru ini PT KAI Divre I Sumut juga menambah petugas ekstra sebanyak 69 petugas, diluar petugas PT KAI yang sudah ada saat ini, yang terbagi menjadi 36 petugas ekstra penjaga pintu perlintasan (PJL ekstra), 23 petugas pemeriksa jalur (PPJ ekstra) dan 10 petugas penjaga daerah rawan.

    Sedangkan dari sisi pengamanan, PT KAI Divre I Sumut akan menyiagakan total 350 personel yang terdiri dari 280 personel dari internal PT KAI Divre I serta 70 personel dari eksternal (Polri dan TNI).

    Fasilitas terbaru yang ada di Stasiun Medan yakni, overpass yang resmi dibuka mulai tanggal 20 Desember 2024. Masyarakat dapat menggunakan layanan overpass untuk keberangkatan penumpang atau drop off, sedangkan penjemputan berada di bawah overpass atau di depan Lapangan Merdeka.

    “Kami sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Pemko Medan yang telah membangun overpass Stasiun Medan sehingga dapat meningkatkan aksesibilitas masyarakat menuju stasiun,” ucap Sofan.

    Sementara itu berdasarkan pantauan data penjualan tiket KA Nataru, sampai hari Senin (23/12) tercatat 89.450 tiket sudah terjual atau sekitar 52% dari total 171.504 seat yang disediakan. Jika dibandingkan dengan masa Nataru tahun lalu akan ada kenaikan sekitar 8℅

    Diperkirakan puncak arus mudik masyarakat yang menggunakan transportasi KA masa Nataru akan terjadi pada tanggal 23-24 Desember 2024. Sedangkan arus balik akan terjadi pada tanggal 1-2 Januari 2025, seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Misriadi, Senin (23/12).

    Sumber : Radio Elshinta

  • DJKI Tekankan Pentingnya Melindungi Kekayaan Intelektual

    DJKI Tekankan Pentingnya Melindungi Kekayaan Intelektual

    Jakarta: Masyarakat diminta segera mendaftarkan merek atau produk ciptaannya ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). Hal itu penting untuk melindungi produk yang diciptakan agar tidak bersengketa atau diambil pihak lain.

    Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (JKI) Kementerian Hukum, Razilu mengatakan, negara hanya memberikan perlidungan produk atau kekayaan intelektual yang telah terdaftar. 

    “Negara memberikan perlindungannya apabila ada tindakan plagiat yang merugikan pemilik kekayaan intelektual. Mereka yang melakukan pemalsuan akan ditindak. Itulah fungsi DJKI,” kata Razilu.

    Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara Ok Saidin menerangkan, merek untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.

    Di Indonesia, perlindungan terhadap merek diatur dalam UU No 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis (UU MIG), di mana syarat-syarat pendaftaran merek diatur dalam Pasal 21.

    “Merek menjadi komponen penting dalam sebuah bisnis karena menjadi tanda pengenal. Selain itu merek juga menjadi alat promosi sekaligus jaminan mutu produk bagi sebuah perusahaan,” kata Saidin.

    Dia menyebut, merek yang didaftarkan ke DJKI menjadi alat bukti kepemilikan, tidak boleh ada pihak lain yang mendaftarkan merek yang sama atau serupa.

    Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada M. Hawin menambahkan, pendaftarana bisa ditolak DJKI jika merek yang didaftarkan memiliki itikad tidak baik. 

    “Misalnya merek itu sama pada pokoknya dengan merek lain. Contohnya kasus merek Kaso. Kaso itu merek yang sudah terdaftar, tapi misalnya ada masuk KasoMax. Itu jelas memiliki persamaan pada inti merek kaso. Nah itu ditolak pendaftarannya,” jelas Hawin.

    Ia menambahkan, secara garis besar, pendaftaran merek berfungsi untuk melindungi merek dan mencegah perusahaan menderita kerugian finansial dan reputasi. 

    Kendati demikian, hal itu tak bisa menjamin merek bisa terbebas dari pemalsuan, peniruan, pendomplengan atau klaim kepemilikan dari pihak lain. Karena pada faktanya, sering kali terjadi sengketa merek dagang yang sama atau mirip antara dua pihak.

    Salah satunya kasus sengketa merek KASO vs KasoMAX. Jika melihat perjalanan sengketa, dimulai dari awal mula pendaftaran merek ke DJKI, masuk ke ranah pengadilan niaga, diputus oleh MA, hingga sampai ke ranah pidana.

    Jakarta: Masyarakat diminta segera mendaftarkan merek atau produk ciptaannya ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI). Hal itu penting untuk melindungi produk yang diciptakan agar tidak bersengketa atau diambil pihak lain.
     
    Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual (JKI) Kementerian Hukum, Razilu mengatakan, negara hanya memberikan perlidungan produk atau kekayaan intelektual yang telah terdaftar. 
     
    “Negara memberikan perlindungannya apabila ada tindakan plagiat yang merugikan pemilik kekayaan intelektual. Mereka yang melakukan pemalsuan akan ditindak. Itulah fungsi DJKI,” kata Razilu.
    Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara Ok Saidin menerangkan, merek untuk membedakan barang dan/atau jasa yang diproduksi oleh orang atau badan hukum dalam kegiatan perdagangan barang dan/atau jasa.
     
    Di Indonesia, perlindungan terhadap merek diatur dalam UU No 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografis (UU MIG), di mana syarat-syarat pendaftaran merek diatur dalam Pasal 21.
     
    “Merek menjadi komponen penting dalam sebuah bisnis karena menjadi tanda pengenal. Selain itu merek juga menjadi alat promosi sekaligus jaminan mutu produk bagi sebuah perusahaan,” kata Saidin.
     
    Dia menyebut, merek yang didaftarkan ke DJKI menjadi alat bukti kepemilikan, tidak boleh ada pihak lain yang mendaftarkan merek yang sama atau serupa.
     
    Guru Besar Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada M. Hawin menambahkan, pendaftarana bisa ditolak DJKI jika merek yang didaftarkan memiliki itikad tidak baik. 
     
    “Misalnya merek itu sama pada pokoknya dengan merek lain. Contohnya kasus merek Kaso. Kaso itu merek yang sudah terdaftar, tapi misalnya ada masuk KasoMax. Itu jelas memiliki persamaan pada inti merek kaso. Nah itu ditolak pendaftarannya,” jelas Hawin.
     
    Ia menambahkan, secara garis besar, pendaftaran merek berfungsi untuk melindungi merek dan mencegah perusahaan menderita kerugian finansial dan reputasi. 
     
    Kendati demikian, hal itu tak bisa menjamin merek bisa terbebas dari pemalsuan, peniruan, pendomplengan atau klaim kepemilikan dari pihak lain. Karena pada faktanya, sering kali terjadi sengketa merek dagang yang sama atau mirip antara dua pihak.
     
    Salah satunya kasus sengketa merek KASO vs KasoMAX. Jika melihat perjalanan sengketa, dimulai dari awal mula pendaftaran merek ke DJKI, masuk ke ranah pengadilan niaga, diputus oleh MA, hingga sampai ke ranah pidana.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (FZN)

  • Kesimpulan Sementara Polisi, Sopir Truk Tronton Gagal Ganjal Ban, Merosot Lalu Hantam Bus – Halaman all

    Kesimpulan Sementara Polisi, Sopir Truk Tronton Gagal Ganjal Ban, Merosot Lalu Hantam Bus – Halaman all

     

    TRIBUNNEWS.COM, MALANG – Petugas kepolisian dari Polres Malang langsung menggelar lah tempat kejadian perkara kecelakaan maut bus pariwisata PO Tirto Agung versus truk tronton wingbox jenis Fuso Super Great pengangkut pakan ternak di Km 77 ruas tol Pandaan-Malang, Senin sore, 23 Desember 2024.

    Menurut Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana, kecelakaan bermula dari truk bermuatan pakan ternak berhenti di bahu jalan karena tidak kuat menanjak.

    Truk tronton wingbox saat muatan melaju dari arah Surabaya menuju ke Malang dengan medan tol yang menanjak.

    “Kita lihat kontur jalannya menanjak dan menikung, kendaraan truk bermuatan pakan ternak tidak kuat menanjak dan berhenti di bahu jalan” ujar Kholis.

    Insiden kecelakaan bus pariwisata PO Tirto Agung vs truk Fuso Super Great tronton wingbox pengangkut pakan di Kilometer 77+200 A arah Malang ruas Tol Pandaan-Malang, Senin sore, 23 Desembwe 2024. (Kolase Tribunnews)

    “Lalu truk itu dihentikan oleh sopir dan diganjal ban bagian belakangnya,” sambungnya.

    Namun ganjalan ban tidak sempurna, sehingga tidak kuat akhirnya truk yang tidak kuat menanjak mundur tidak terkendali.

    Saat mundur tidak terkendali, sopir truk berusaha untuk mengontrol truknya.

    Namun sudah terlambat karena ada bus pariwisata Tirto Agung dari arah belakang yang melaju dengan kecepatan tinggi dan kemudian terjadilah tabrakan tersebut.

    Bus PO Tirto Agung mengangkut sekitar 47 orang peserta rombongan wisata siswa SMP Islam Terpadu (SMPIT) Darul Quran Mulia Putri, Bogor.

    Bus pulang dari berwisata di Gunung Bromo dan hendak melanjutkan perjalanan ke destinasi berikutnya menuju Kampung Inggris di Pare, Kediri.

    Kapolres Malang AKBP Putu Kholis Aryana

    Kholis menambahkan, bus mengalami kerusakan cukup parah di bagian depan. Sementara truk mengalami kerusakan parah di bagian belakang sebelah kiri.

    “Ini bisa menggambarkan peristiwa tabrakannya sesuai dengan posisi terakhir bus yang berada melintang ke arah sebelah kiri di bagian guardrail tol Surabaya-Malang,” beber Kholis.

    40 Lebih Korban Luka, 4 Meninggal

    Seluruh korban kecelakaan maut antara bus dan truk telah dievakuasi.

    Dari data sementara yang didapat Surya Malang, hingga pukul 18.08 WIB, korban luka-luka berjumlah 45 orang dan yang meninggal dunia berjumlah 4 orang.

    Dengan rincian, sebanyak 15 korban dibawa ke RSUD Lawang, 21 korban dibawa ke RS Lawang Medika, 3 korban dibawa ke RS Prima Husada Malang, dan 6 korban dibawa ke RS Prima Husada Sukorejo.

    Sedangkan untuk korban yang meninggal, seluruhnya dibawa ke Kamar Jenazah RS Saiful Anwar (RSSA) Malang.

    Salah seorang relawan medis yang ikut mengevakuasi korban di lokasi kecelakaan, Naufal Zhorifah mengatakan, proses pendataan masih dilakukan.

    “Hingga saat ini, proses pendataan korban masih berlangsung. Hal ini dilakukan, untuk memastikan berapa tepatnya jumlah para korban,” ujar Naufal kepada Surya Malang, Senin (23/12/2024).

    Proses evakuasi korban kecelakaan bus rombongan sekolah serta truk yang terjadi di ruas jalan tol Pandaan – Malang, Senin (23/12/2024) sore. (tribunjatim.com/Kukuh Kurniawan)

    Naufal menjelaskan ketika sampai di lokasi, ternyata para tim medis serta relawan medis dari seluruh wilayah Malang Raya sudah lebih dulu tiba.

    “Setelah menerima laporan, saya langsung mendatangi ke lokasi kecelakaan dan ketika saya datang, ternyata sebagian korban sudah ditangani oleh rekan-rekan medis di lokasi,” jelasnya.

    Naufal menerangkan, sebagian besar para korban mengalami luka patah tulang.

    Untuk selanjutnya, para korban dilakukan stabilisasi dan dibawa ke rumah sakit terdekat.

    “Ada yang meninggal dunia dan ada yang mengalami luka patah tulang” ungkap Naufal.

    “Jadi, kami memilah korban mana saja yang terlebih dulu dievakuasi tergantung tingkat keparahannya, dan kebetulan korban yang saya bawa ini dirujuk ke RSSA,” bebernya.

    Naufal juga mengungkapkan,  beberapa korban ada yang perlu dievakuasi secara hati-hati karena terjepit bodi kendaraan. 

    “Tadi, ada korban yang terjepit di dalam bus. Kalau tidak salah, sopir busnya,” pungkas Naufal.

     

    Laporan: Sarah Elnyora | Sumber: Surya Malang

  • Didampingi Istri, Gibran Pantau Job Fair di BBPVP Medan

    Didampingi Istri, Gibran Pantau Job Fair di BBPVP Medan

    Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dan isterinya Selvi Ananda meninjau penyelenggaraan Job Fair pada Festival Vokasi Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) Medan yang digelar di Kantor BBPVP Medan, Lalang, Kota Medan, Sumatera Utara. 

    Gibran berpandangan penyelarasan antara pelatihan vokasi, produktivitas tenaga kerja, dan kebutuhan pasar kerja sangat penting belakangan ini. 

    Gibran optimistis kolaborasi antara pihak pemerintah, perusahaan dan lembaga pelatihan sangat penting untuk mencetak tenaga kerja yang kompeten, produktif, dan siap bersaing di era globalisasi.

    “Jadi penyelarasan antara pelatihan vokasi, produktivitas tenaga kerja, dan kebutuhan pasar kerja ini penting,” tuturnya dalam keterangan resminya di Jakarta, Senin (23/12)

    Gibran juga berharap Job Fair BBPVP yang digelar di Medan dapat menjadi jembatan yang efektif antara pencari kerja dan pemberi kerja. 

    Terlebih menurut Gibran dengan adanya dukungan pelatihan vokasi, para pencari kerja diharapkan tidak hanya memperoleh pekerjaan, tetapi juga dapat meningkatkan kemampuan dan potensi diri.

    “Sehingga mampu mendorong produktivitas dan meningkatkan kualitas hidup secara berkelanjutan,” katanya.

    Sementara itu, salah seorang pelamar, Ega, mengungkapkan rasa senangnya karena melalui kegiatan ini ia dapat memperoleh informasi penting mengenai lowongan kerja.

    “Cukup senang karena membantu untuk tahu bahwa ada beberapa perusahaan yang menerima pelamar,” ujarnya

    Dia berharap bursa kerja serupa semakin sering digelar, terutama untuk mendukung para fresh graduate agar bisa segera mendapatkan pekerjaan.

    “Semoga lebih banyak diadakan Job Fair seperti ini, khususnya untuk kami yang baru terjun di dunia kerja. Ini sangat perlu,” tutur Ega.

    Job Fair BBPVP Medan merupakan salah satu langkah konkret pemerintah dalam memfasilitasi penyerapan tenaga kerja. 

    Acara tersebut menjadi bukti nyata bahwa pelatihan vokasi memiliki peran strategis dalam membangun SDM unggul yang mampu mendukung pertumbuhan ekonomi nasional.

  • Oknum TNI di Deli Serdang Culik Warga dan Menghabisinya dengan Sadis, Jasad Korban Ditemukan dalam Sumur

    Oknum TNI di Deli Serdang Culik Warga dan Menghabisinya dengan Sadis, Jasad Korban Ditemukan dalam Sumur

  • Sesuatu di Inti Bumi Mengubah Lamanya Hari

    Sesuatu di Inti Bumi Mengubah Lamanya Hari

    Jakarta

    Siklus siang-malam Bumi didefinisikan secara tepat, masing-masing rentang waktu 24 jam sebelum siklus berikutnya dimulai. Itulah tolok ukur yang kita gunakan untuk menjalani hidup.

    Namun, planet kita adalah bola besar yang goyang dan lengket, yang melesat mengelilingi Matahari dengan kecepatan sangat tinggi yaitu 107.000 kilometer per jam, yang diorbit oleh satelit besar yang memberikan tarikan gravitasinya sendiri. Oleh karena itu, rotasi planet tidak sepenuhnya mengikuti kerangka waktu 24 jam.

    Banyak fluktuasi dalam panjang hari di Bumi yang penyebabnya sudah diketahui. Namun, dalam skala puluhan hingga ribuan tahun, para ilmuwan telah melihat fluktuasi yang sangat kecil dalam panjang hari yang agak sulit dijelaskan.

    Kini, tim ahli geofisika dari ETH Zürich di Swiss yakin mereka telah menemukan jawabannya di inti besi cair Bumi, dengan perubahan kecil yang memengaruhi rotasi planet.

    Ada beberapa fluktuasi berbeda yang menyebabkan variasi dalam panjang hari Bumi. Salah satunya adalah sekitar 1,72 milidetik per abad yang disebabkan oleh Bulan dan pantulan lambat kerak Bumi tempat es purba pernah membebaninya. Perubahan volume air juga dapat memengaruhi rotasi Bumi karena massa bergeser di bawah permukaannya, seperti halnya volume es.

    Pada skala dekade, fluktuasi 2 hingga 3 milidetik telah dikaitkan dengan aliran skala besar di inti fluida Bumi. Tetapi ada fluktuasi lain sekitar 3 hingga 4 milidetik setiap seribu tahun, dan penyebabnya tidak jelas.

    Waktu fluktuasi ini konsisten dengan pergerakan di batas inti-mantel, tetapi upaya sebelumnya pada tahun 2006 untuk menghubungkan model dengan data observasi tidak sepenuhnya berhasil.

    Seperti yang ditunjukkan oleh para peneliti dari ETH Zürich, baik teknik pemodelan teoritis maupun pengumpulan data observasi telah meningkat secara signifikan sejak saat itu. Jadi mereka memutuskan untuk mencoba lagi.

    Nah, ini bukan hal yang mudah. Untuk mengidentifikasi fluktuasi yang tepat secara akurat, tim perlu mengurangi semua fluktuasi lain yang diketahui. Ini berarti dengan susah payah memodelkan pergeseran volume es dan air dan menentukan bagaimana mereka mengubah putaran Bumi.

    Dikutip dari Science Alert, efek tarikan Bulan dan kerak elastis Bumi juga perlu diperhitungkan. Apa yang tersisa kemudian dapat dipelajari dengan saksama untuk mencari tanda-tanda pengaruh inti.

    Para peneliti menggunakan jaringan saraf, bersama dengan pengukuran medan magnet Bumi yang diperoleh dari bebatuan, dan pengukuran medan magnet modern.

    Mereka juga menggunakan makalah sebelumnya yang menyediakan sejarah komprehensif rotasi Bumi berdasarkan data gerhana dan okultasi Bulan, dengan Bulan mengaburkan planet atau bintang, hingga ke tahun 720 SM.

    Hasil penelitian mereka menunjukkan pengaruh pergeseran massa es dan air Bumi jauh lebih kecil daripada yang diperkirakan sebelumnya. Selain itu, fluktuasi pada skala waktu milenium konsisten dengan model sederhana magnetohidrodinamika inti fluida luar Bumi.

    Itu tidak berarti kita dapat menutup bab tentang misteri kecil ini. Mengukur sesuatu yang sangat halus dan mengidentifikasi akar penyebabnya tidaklah mudah, dan pasti ada margin kesalahan.

    Hasil tim menunjukkan bahwa kita perlu melihat planet kita lebih dekat jika kita ingin mengetahui semua pengaruh kecil yang membuatnya bergoyang dalam rotasinya. Dan kita akan membutuhkan kumpulan data yang lebih besar.

    “Hasil penelitian kami menunjukkan pentingnya geodinamika internal pada fluktuasi panjang hari dalam jangka panjang, terutama karena gerakan fluida di inti luar Bumi,” tulis mereka dalam makalah yang diterbitkan di Geophysical Research Letters.

    “Namun, dengan kekurangan yang masih ada, termasuk kurangnya model fisik yang komprehensif untuk memperhitungkan berbagai komponen dinamika inti, ada banyak motivasi untuk meningkatkan model inti Bumi yang tersedia saat ini,” kata para peneliti.

    (rns/rns)