provinsi: SUMATERA SELATAN

  • Persiapan Danantara Ikut Garap DME Pengganti LPG

    Persiapan Danantara Ikut Garap DME Pengganti LPG

    Jakarta

    Badan Pengelola Investasi (BPI) Danantara ikut terlibat dalam proyek gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME) sebagai pengganti Liquified Petroleum Gas (LPG). Penggunaan DME sekaligus menekan impor LPG.

    CEO Badan Pengelola Investasi Danantara Rosan Roeslani mengatakan saat ini pihaknya tengah melakukan evaluasi mendalam terhadap 18 dokumen pra-feasibility study (FS) proyek hilirisasi yang didalamnya ada proyek DME yang telah diserahkan oleh Satgas Hilirisasi beberapa waktu lalu.

    Salah satunya soal masalah teknologi dalam proyek itu. Hal ini agar tidak ada lagi proyek yang mangkrak dan gagal dikembangkan.

    “Kita juga memastikan dulu untuk teknologinya, teknologi yang yang kita utamakan adalah yang up to date juga dan yang paling efisien lah,” ujar Rosan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, dikutip, Kamis (6/11/2025).

    “Jadi kita benar-benar kalau melakukan evaluasi benar-benar secara menyeluruh sehingga pada saat kita mulai berjalan atau groundbreaking, itu akan berjalan secara full dan sesuai dengan target-target yang dicanangkan,” sambung Rosan yang juga Menteri Investasi dan Hilirisasi itu.

    Ketika ditanya soal skema investasi yang akan dilakukan Danantara, Rosan enggan menjelaskan secara rinci. Dia cuma bilang Danantara bisa secara langsung berinvestasi ke proyek DME.

    “Kita bisa investasi langsung sih mungkin ya,” lanjut Rosan.

    Rencananya, pemerintah ingin mengembangkan industri DME di beberapa daerah potensial seperti Bulungan, Kalimantan Utara, lalau di Kutai Timur, Kalimantan Timur, kemudian di Kota Baru, Kalimantan Selatan. Ada juga di Muara Enim, Pali, dan Banyuasin di Sumatera Selatan.

    Total nilai investasinya untuk pengembangan seluruh proyek DME sekitar Rp 164 triliun. Proyek ini diperkirakan akan menciptakan lapangan kerja hingga 34.800 pekerja. Pengembangan DME sendiri masuk ke dalam 18 proyek hilirisasi strategis Presiden Prabowo Subianto.

    Sebelumnya, Menteri ESDM Bahlil mengatakan kemungkinan teknologi yang bakal digunakan dalam proyek DME ini akan dari Eropa dan China. Hal ini lantaran teknologi dari negara tersebut dinilai cocok dengan Indonesia.

    Namun, ia mengatakan keputusan tersebut berada tangan Danantara.”Ini mitranya nanti dengan Danantara, teknologinya kan macam-macam ya, teknologi dari China, itu, bisa juga dari Eropa,” kata Bahlil.

    (hns/hns)

  • Daftar Tol Masuk Proyek Strategis Nasional Era Prabowo

    Daftar Tol Masuk Proyek Strategis Nasional Era Prabowo

    Jakarta

    Sebanyak 50 tol telah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) pada masa pemerintahan Presiden Prabowo Subianto. Hal ini tercantum dalam Peraturan Menteri Koordinator (Permenko) Bidang Perekonomian Nomor 16 Tahun 2025 tentang Perubahan Daftar PSN.

    Regulasi yang ditandatangani Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto pada 24 September 2025 itu mencantumkan proyek yang masih disiapkan, sedang dikerjakan, hingga yang telah selesai dan sudah beroperasi.

    Dikutip dari salinan Permenko tersebut, Sabtu (8/11/2025), secara keseluruhan tercatat ada sebanyak 228 PSN yang ditetapkan melalui Permenko 16/2025, di mana PSN tersebut dikelompokan ke dalam 14 kelompok.

    Di kelompok jalan dan jembatan, tercatat ada sebanyak 50 PSN, mulai dari pembangunan jalan bebas hambatan di Jaringan Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) hingga Jaringan Jalan Tol Trans Jawa (JTTJ). Beberapa di antaranya, ada PSN warisan Presiden RI ke-7 Joko Widodo (Jokowi) yang hingga kini belum dibangun.

    Salah satu warisan tersebut ialah Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci). Dalam catatan detikcom, Tol Getaci telah masuk PSN sejak 2020 silam. Setelah sebelumnya sempat beberapa kali gagal lelang, proyek ini tengah dalam tahap riviu untuk kemudian dilelang kembali.

    Selain Tol Getaci, Tol Gilimanuk – Mengwi di Bali menjadi salah satu warisan PSN Jokowi lainnya yang kini masuk ke proyek strategis Prabowo. Mirip seperti Tol Getaci, Tol ini juga telah beberapa kali gagal lelang.

    Berdasarkan kajian sebelumnya, tol sepanjang 96,84 kilometer itu membutuhkan investasi senilai Rp 25,4 triliun. Saat ini Tol Gilimanuk-Mengwi masih dalam tahap riviu ulang, sebelum akhirnya dilelangkan.

    “KPBU kita belum ada yang mau lelang kan ya. Kita lagi siapin semuanya kayak Getaci, Gilimanuk-Mengwi, sedang kita siapkan semuanya,” ujar Dirjen Pembiayaan Infrastruktur Kementerian PU, Rachman Arief Dienaputra, ditemui di Kantor Kementerian PU, Jakarta, Selasa (19/8/2025).

    Berikut 50 Proyek Jalan Tol yang Masuk Daftar PSN Prabowo:

    1. Jalan Tol Serang – Panimbang Provinsi Banten

    2. Jalan Tol Pandaan – Malang Provinsi Jawa Timur

    3. Jalan Tol Manado – Bitung Provinsi Sulawesi Utara

    4. Jalan Tol Balikpapan – Samarinda Provinsi Kalimantan Timur

    5. Jalan Tol Medan – Binjai – bagian dari Trans Sumatera Provinsi Sumatera Utara

    6. Jalan Tol Pekanbaru – Kandis – Dumai – bagian dari Trans Sumatera Provinsi Riau

    7. Jalan Tol Kisaran – Tebing Tinggi – bagian dari Trans Sumatera Provinsi Sumatera Utara

    8. Jalan Tol Sigli – Banda Aceh – bagian dari Trans Sumatera Provinsi Aceh

    9. Jalan Tol Binjai – Langsa – bagian dari Trans Sumatera Provinsi Aceh dan Sumatera Utara

    10. Jalan Tol Bukittinggi – Padang Panjang – Lubuk Alung – Padang – bagian dari Trans Sumatera Provinsi Sumatera Barat

    11. Jalan Tol Pekanbaru – Bangkinang – Payakumbuh – Bukittinggi – bagian dari Trans Sumatera Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Riau

    12. Jalan Tol Tebing Tinggi – Pematang Siantar – Prapat – Tarutung – Sibolga – bagian dari Trans Sumatera Provinsi Sumatera Utara

    13. Jalan Tol Betung (Sp. Sekayu) – Tempino – Jambi – bagian dari Trans Sumatera Provinsi Jambi dan Provinsi Sumatera Selatan

    14. Jalan Tol Jambi – Rengat – bagian dari Trans Sumatera Provinsi Jambi dan Riau

    15. Jalan Tol Rengat – Pekanbaru – bagian dari Trans Sumatera Provinsi Riau

    16. Jalan Tol Simpang Indralaya – Muara Enim – bagian dari Trans Sumatera Provinsi Sumatera Selatan

    17. Jalan Tol Lubuk Linggau – Curup – Bengkulu – bagian dari Trans Sumatera Provinsi Sumatera Selatan dan Bengkulu

    18. Jalan Tol Kayu Agung – Palembang – Betung Provinsi Sumatera Selatan

    19. Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan Provinsi Jawa Barat

    20. Jalan Tol Ciawi – Sukabumi – Ciranjang – Padalarang Provinsi Jawa Barat

    21. Jalan Tol Cengkareng – Batu Ceper – Kunciran Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan Provinsi Banten

    22. Jalan Tol Serpong – Cinere Provinsi Banten dan Provinsi Jawa Barat

    23. Jalan Tol Cinere – Jagorawi Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan Provinsi Jawa Barat

    24. Jalan Tol Cimanggis – Cibitung Provinsi Jawa Barat

    25. Jalan Tol Cibitung – Cilincing Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan Provinsi Jawa Barat

    26. Jalan Tol Bekasi – Cawang – Kampung Melayu Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan Provinsi Jawa Barat

    27. Jalan Tol Serpong – Balaraja Provinsi Banten

    28. Jalan Tol Semanan – Sunter – bagian dari 6 ruas tol Daerah Khusus Ibukota Jakarta Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta

    29. Jalan Tol Sunter – Pulo Gebang – bagian dari 6 ruas tol Daerah Khusus Ibukota Jakarta Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta

    30. Jalan Tol Duri Pulo – Kampung Melayu – bagian dari 6 ruas tol Daerah Khusus Ibukota Jakarta Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta

    31. Jalan Tol Kemayoran – Kampung Melayu -bagian dari 6 ruas tol Daerah Khusus Ibukota Jakarta Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta

    32. Jalan Tol Ulujami – Tanah Abang – bagian dari 6 ruas tol Daerah Khusus Ibukota Jakarta Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta

    33. Jalan Tol Pasar Minggu – Casablanca – bagian dari 6 ruas tol Daerah Khusus Ibukota Jakarta Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta

    34. Jalan Tol Pasuruan – Probolinggo Provinsi Jawa Timur

    35. Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi Provinsi Jawa Timur

    36. Jalan Tol Krian – Legundi – Bunder – Manyar Provinsi Jawa Timur

    37. Jalan Tol Jakarta – Cikampek II Sisi Selatan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta dan Provinsi Jawa Barat

    38. Jalan Tol Semarang – Demak Provinsi Jawa Tengah

    39. Jalan Tol Yogyakarta – Bawen Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan Provinsi Jawa Tengah

    40. Pembangunan Fly Over dari dan Menuju Terminal Teluk Lamong Provinsi Jawa Timur

    41. Jalan Tol Ngawi – Kertosono – Kediri Provinsi Jawa Timur

    42. Jalan Tol Depok – Antasari (termasuk Bojonggede – Salabenda) Provinsi Jawa Barat

    43. Jalan Tol Solo – Yogyakarta – Kulon Progo Provinsi Jawa Tengah dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

    44. Jalan Tol Bogor Ring Road (termasuk Caringin – Salabenda) Provinsi Jawa Barat

    45. Jalan Tol Gedebage – Tasikmalaya – Cilacap Provinsi Jawa Barat dan Provinsi Jawa Tengah

    46. Jalan Tol Akses Pelabuhan Patimban Provinsi Jawa Barat

    47. Pembangunan Jalan Tol Gilimanuk – Negara – Pekutatan – Soka – Mengwi Provinsi Bali

    48. Pembangunan Akses Pelabuhan Tanjung Priok Timur Baru/New Priok Eastern Access (NPEA) Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta

    49. Pengembangan Jalan Tol Ir. Wiyoto Wiyono, M.Sc. Section Harbour Road II (Pembangunan Jalan Tol Ancol Timur – Pluit (Elevated))Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta

    50. Pengembangan Jalan Tol Dalam Kota Bandung: a. North – South Link Bandung; dan b. Bandung Inter Urban Toll Road Provinsi Jawa Barat

    (ily/hns)

  • Mendagri: Pertarungan dunia kini di bidang ekonomi

    Mendagri: Pertarungan dunia kini di bidang ekonomi

    “Saya berada dalam posisi paradigma konstruktivisme. Artinya, banyak hal kini diselesaikan bukan dengan kekuatan militer, tapi melalui ekonomi, perdagangan, sosial, dan budaya. Pertarungan yang paling menentukan saat ini adalah pertarungan ekonomi,”

    Jakarta (ANTARA) – Menteri Dalam Negeri sekaligus Ketua Majelis Wali Amanat Universitas Sriwijaya Muhammad Tito Karnavian mengungkapkan bahwa kekuatan global kini tidak lagi ditentukan oleh militer semata, melainkan oleh kekuatan ekonomi, budaya, dan pengetahuan.

    “Saya berada dalam posisi paradigma konstruktivisme. Artinya, banyak hal kini diselesaikan bukan dengan kekuatan militer, tapi melalui ekonomi, perdagangan, sosial, dan budaya. Pertarungan yang paling menentukan saat ini adalah pertarungan ekonomi,” kata Tito dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu

    Pandangan strategis tentang arah tatanan dunia baru tersebut disampaikan orasi ilmiah bertajuk Peran Perguruan Tinggi dalam Mendukung Indonesia Emas 2045 pada Dies Natalis ke-65 Universitas Sriwijaya (Unsri) di Palembang, Sumatera Selatan.

    Menurut Tito, dalam tatanan dunia baru, pertarungan ekonomi akan menentukan siapa yang menjadi kekuatan dominan. Negara yang mampu memproduksi barang dan jasa secara masif, membanjiri pasar dunia, dan menguasai rantai pasok global akan memegang kendali terhadap ekonomi dunia.

    Mengutip pemikiran Prof. Sait Yilmaz dalam buku State, Power, and Hegemony, Tito menjelaskan bahwa kapasitas produksi masif suatu negara ditentukan oleh empat faktor utama.

    Pertama angkatan kerja yang besar, sebagai mesin produksi utama. Kedua, sumber daya alam yang melimpah, untuk menopang bahan baku produksi. Ketiga, bentangan wilayah luas, sebagai ruang penyimpanan dan distribusi hasil produksi. Serta letak geografis strategis, yang berperan sebagai choke point dalam perdagangan internasional.

    “Saya menambahkan faktor keempat, yaitu letak geografis strategis. Indonesia berada di jalur vital dunia. Jika kita bisa memanfaatkannya dengan baik, posisi ini dapat memengaruhi ekonomi negara lain,” tegasnya.

    Dengan empat modal besar itu, Tito menilai hanya segelintir negara yang memenuhi syarat menjadi kekuatan dominan dunia, yaitu China, India, Amerika Serikat, Rusia, dan Indonesia.

    Tito sendiri optimistis, Indonesia memiliki peluang besar menjadi kekuatan ekonomi dunia keempat pada 2045, setelah China, India, dan Amerika Serikat. Namun, ia mengingatkan bahwa keunggulan sumber daya alam (SDA) saja tidak cukup. Kunci utama untuk melompat menjadi negara maju adalah kualitas sumber daya manusia (SDM).

    “Negara itu maju bukan karena SDA, tapi karena SDM-nya. Bonus demografi Indonesia sebesar 68,95% dari total populasi harus diarahkan melalui pendidikan agar menjadi kekuatan produktif,” ujarnya.

    Ia mencontohkan Singapura di bawah kepemimpinan Lee Kuan Yew yang berhasil menjadi negara maju tanpa SDA melimpah, hanya dengan mengandalkan pendidikan unggul dan beasiswa bagi generasi terbaiknya.

    Menurut Tito, arah kebijakan pemerintahan Presiden Prabowo Subianto saat ini sudah sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045 melalui program pendidikan dan kesehatan rakyat, seperti Sekolah Rakyat, Sekolah Garuda, dan beasiswa kedokteran.

    Untuk itu, Tito mengajak perguruan tinggi untuk tidak hanya menjadi menara gading, tetapi tampil sebagai penggerak inovasi dan transformasi nasional. Perguruan tinggi harus berani berinvestasi pada riset, teknologi, dan pengembangan SDM agar mampu mendukung Indonesia dalam menghadapi tatanan dunia baru yang berbasis pengetahuan dan ekonomi digital.

    “Perguruan tinggi harus bertransformasi. Dunia berubah cepat, dan kita tidak boleh hanya menjadi penonton. Kita harus jadi pemain utama dalam tatanan global baru,” kata Tito.

    Dosen Hukum Internasional Universitas Atma Jaya Yogyakarta Triyana Yohanes menilai pandangan Tito relevan dengan kondisi global saat ini. Ia menyebut, Tito berhasil menghadirkan narasi strategis berbasis paradigma konstruktivisme yang sejalan dengan tantangan politik internasional modern.

    Pandangan Tito layak dijadikan pijakan kebijakan luar negeri Indonesia. Dunia memang masih dalam paradigma konstruktivisme, meski sering terhambat oleh kekuatan militer negara adidaya,” ujar Triyana.

    Triyana menilai Tito telah menghadirkan kerangka konstruktivisme modern yang berpijak pada data, riset, dan pengalaman empiris.

    Ia juga menilai orasi itu bisa menjadi landasan konseptual bagi Indonesia untuk memperkuat posisi di kancah internasional melalui peningkatan kualitas SDM, penguasaan teknologi, serta pemerintahan yang bersih dan pro-rakyat.

    “Saya melihat Tito mendorong Indonesia membangun hegemoni berbasis pengetahuan dan produktivitas ekonomi. Ini jauh lebih berkelanjutan daripada sekadar kekuatan militer,” tambahnya.

    Lebih jauh, Triyana juga mengaitkan gagasan Tito dengan pandangan ekonom Ray Dalio dalam buku How Countries Go Broke, negara yang ingin bertahan di tengah siklus utang global harus memperkuat SDM, teknologi, dan tata kelola pemerintahan yang bersih.

    Menurutnya, orasi Tito mengandung pesan moral bahwa pemerintahan yang visioner dan bebas korupsi adalah prasyarat bagi Indonesia menjadi kekuatan dominan pada 2045.

    “Pembangunan hukum dan tata kelola bersih harus menjadi fondasi. Tanpa itu, potensi besar yang disampaikan Tito akan sulit diwujudkan,” tuturnya.

    Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
    Editor: Agus Setiawan
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Merapat! Transmart Banting Harga Anggur Red Globe & Pear Century

    Merapat! Transmart Banting Harga Anggur Red Globe & Pear Century

    Jakarta, CNBC Indonesia – Anggur menjadi salah satu buah yang bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan jantung. Sebab buah ini mengandung antioksidan dan flavonoid yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mengurangi risiko penyakit jantung.

    Anggur juga mampu mengurangi risiko kanker karena mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker dan mengurangi risiko kanker tertentu.

    Nah, bagi Anda yang ingin mengkonsumsi buah anggur, ini waktu yang tepat. Pasalnya harga anggur dibandrol murah dalam gelaran Transmart Full Day Sale Minggu, 9 November 2025. Program ini berlangsung mulai dari toko buka hingga tutup pukul 22.00 di seluruh Indonesia.

    Diskon besar-besaran dari Transmart berlaku bagi para pelanggan yang menggunakan Allo Bank atau kartu kredit Bank Mega, kartu kredit Bank Mega Syariah, kartu kredit Bank Syariah Indonesia, dan kartu kredit Bank Mandiri.

    Berikut harga anggur red globe di Transmart Full Day Sale untuk setiap wilayah dengan berat per 100 gram :

    -Denpasar Rp 4.392
    -Jabodetabek Rp 3.920
    -Jawa Barat Rp 3.832
    -Jawa Timur Rp 4.312
    -Jawa Tengah Rp 5.200
    -Balikpapan Rp 4.768
    -Makassar Rp 4.712
    -Padang Rp 3.992
    -Palembang Rp 3.432
    -Lampung Rp 5.352
    -Pangkal Pinang Rp 4.792
    -Medan Rp 3.600

    Tak hanya anggur, pear century juga didiskon gede-gedean di Transmart Full Day Sale. Berikut harga pear century di Transmart Full Day Sale untuk setiap wilayah:

    -Bali Rp 1.920
    -Jabodetabek Rp 1.760
    -Jawa Barat Rp 1.800
    -Jawa Timur Rp 1.640
    -Jawa Tengah Rp 1.592
    -Balikpapan Rp 1.720
    -Makassar Rp 1.912
    -Padang Rp 1.672
    -Palembang Rp 1.832
    -Lampung Rp 1.560
    -Pangkal Pinang Rp 2.152
    -Medan Rp 1.352.

    (dpu/dpu)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Cuma di Transmart Full Day Sale Anggur Red Globe Bisa Semurah Ini

    Cuma di Transmart Full Day Sale Anggur Red Globe Bisa Semurah Ini

    Jakarta

    Pesta Diskon Transmart Full Day Sale kembali hadir, Minggu (9/11/2025) besok. Dalam gelaran ini, jaringan retail ternama Transmart memberikan diskon gede-gedean untuk beragam produk.

    Diskon melimpah untuk berbagai kebutuhan sehari-hari hingga buah-buahan. Salah satu yang ditawarkan dengan harga spesial ada anggur red globe. Di Jabodetabek, produk ini didiskon menjadi cuma Rp 3.920/100 gr dari harga normalnya Rp 4.900/100 gr.

    Di daerah lain pun, produk anggur red globe juga diskon. Seperti di Jawa Barat harganya dibanderol jadi Rp 3.832/100 gr dari harga normal Rp 4.790/100 gr. Kemudian di Jawa Tengah produk anggur satu ini dibanderol jadi Rp 5.200/100 gr dari harga normal Rp 6.500/100 gr.

    Untuk di Jawa Timur anggur red globe dijual murah seharga Rp 4.312/100 gr dari harga normal Rp 5.390/100 gr. Sementara untuk di Balikpapan harga produk ini dibanderol dengan Rp 4.768/100 gr dari harga awal Rp 5.960/100 gr.

    Di luar itu para pelanggan tidak perlu khawatir, sebab produk anggur muscat ini juga diskon di Transmart daerah lainnya seperti Manado, Padang, Palembang, hingga Denpasar. Harganya tentu akan disesuaikan di tiap daerah.

    Perlu dicatat, harga diskon di atas berlaku apabila menggunakan pembayaran dengan Allo Prime, Kartu Kredit Bank Mega dan Bank Mega Syariah.

    Selama gelaran Transmart Full Day Sale hari ini, ada diskon hingga 50+20% untuk berbagai produk seperti produk rumah tangga, furniture, elektronik, hingga sepeda listrik. Tambahan 20% bisa didapatkan jika melakukan pembayaran menggunakan Allo Prime, Kartu Kredit Bank Mega atau Bank Mega Syariah.

    Untuk yang belum punya Kartu Kredit Bank Mega, nggak perlu khawatir. Ada unit pembukaan instan yang tersedia di gerai Cibubur dan Central Park. Sementara untuk yang belum punya Allo Prime, cukup download aplikasi Allo Bank di PlayStore atau AppStore. Tinggal klik ini, download, dan upgrade ke Allo Prime.

    (hns/hns)

  • Ini 10 Mobil Modif Terbaik di Honda Culture Indonesia 2025

    Ini 10 Mobil Modif Terbaik di Honda Culture Indonesia 2025

    Jakarta

    Roadshow Honda Culture Indonesia Vol.2 yang digelar di-10 kota besar sepanjang September-Oktober 2025 akhirnya berakhir. Tercatat ada 10 mobil modif Honda terbaik akan kembali bertanding dan siap memperebutkan gelar Most Favorite Honda, di puncak acara Honda Culture Indonesia Vol.2 di Jakarta pekan depan.

    “Melihat begitu banyak mobil Honda yang hadir di berbagai kota adalah bukti kecintaan para pengguna Honda di Indonesia, yang tidak hanya merawat kendaraannya, tetapi juga mengekspresikan karakter dan kreativitas mereka melalui modifikasi yang unik. Kepercayaan yang terus tumbuh antara Honda dan komunitas menjadi energi yang membuat kultur ini semakin kuat dan terus menyala sepanjang masa,” ucap Sales & Marketing and After Sales Operation Director PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy, Sales & Marketing and After Sales Operation Director PT Honda Prospect Motor.

    Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, setiap pemenang dipilih melalui kombinasi voting komunitas di masing-masing kota dan juga dipilih oleh publik melalui Instagram @hondaisme.

    Nah penasaran mobil Honda modif terbaik apa saja yang terpilih, simak ulasannya berikut ini:

    1. Palembang – Honda Brio – Honda Brio Community (HBC)

    Mobil Modif terbaik di Honda Culture Indonesia Vol.2 2025. Foto: dok. Honda Prospect Motor

    Mobil modif Honda terbaik asal Palembang jatuh pada Honda Brio Community.Honda Brio dari Palembang ini tampil penuh energi dengan sentuhan modifikasi eksterior seperti headlamp double biled, foglamp biled, stoplamp RGB, hingga lampu kolong RGB yang menegaskan karakter street-modded.

    Velg P1 Racing Polished dipadukan ban Accelera Sport 651 serta coilover untuk menunjang handling, sementara kap mesin, spion, dan door handle cover berbahan karbon meningkatkan kesan sporty.Pada bagian interior, ubahan terfokus pada speedometer yang dibuat lebih agresif, sementara sektor performa turut diperkuat melalui modifikasi exhaust system.

    2. Bandung – Honda Accord Gen 1 – Honda Accord Indonesia Community (HAIC)

    Mobil Modif terbaik di Honda Culture Indonesia Vol.2 2025. Foto: dok. Honda Prospect Motor

    ‘Makin tua makin jadi’, slogan ini rasanya pantas disandang oleh mobil modifikasi yang satu ini.Honda Accord klasik ini dikonsep OEM look, menjaga orisinalitas mobil produksi 1980 tersebut.

    Perubahan dibuat sangat minimal dan berkelas melalui penambahan roof rack dengan bahan Dutch Teak Pine pada bagian eksterior. Di kabin, kesan klasik diperkuat lewat seat cover bergaya retro, mencerminkan kecintaan komunitas Bandung terhadap mobil lawas yang terawat dan autentik.

    3. Padang – Honda Brio – Brionesia

    Mobil Modif terbaik di Honda Culture Indonesia Vol.2 2025. Foto: dok. Honda Prospect Motor

    Mobil modifikasi fungsional ini dirasa sangat cantik untuk bisa berjalan di jalanan. Honda Brio asal Padang tampil penuh modifikasi dengan kombinasi gaya sporty dan stance. Tampilan depan menggunakan headlamp custom Brio facelift Biled Vahid E.10 + RGB, ditambah foglamp mini laser, bumper Mobilio RS, hingga air suspension Airgen agar ground clearance dapat diatur sesuai kebutuhan show.

    Velg Lenso 17 inci memperkuat tampilan roda, sementara interior dilengkapi sistem audio berkelas kompetisi seperti HU Asuka AK2000, prosesor Zivox 8 channel, dan subwoofer Kicker Solobarik. Kabin juga dirapikan dengan jok microfiber premium untuk kenyamanan dan estetika.

    4. Surabaya – Honda Accord Maestro – Honda Accord Indonesia Community (HAIC)

    Mobil Modif terbaik di Honda Culture Indonesia Vol.2 2025. Foto: dok. Honda Prospect Motor

    Gak kalah cantik, meski sudah berubur Honda Accord yang satu ini dinilai menjadi mobil modifikasi terbaik dan siap mewakili Surabaya.

    Honda Accord Maestro ini mengusung gaya JDM yang kuat. Headlamp, foglamp dan stoplamp dimodifikasi, ditambah kaca spion Accord Cielo dan lips bumper yang mempertegas tampilan agresif. Warna Red Devil Metallic dari Sikkens memberikan karakter kuat pada bodi.

    Interior turut di-upgrade seperti panel speedometer dan clock JDM, serta sistem audio custom. Performa didorong oleh penggunaan radiator Koyorade, intake manifold modifikasi, ignition upgrade, coilover, big brake kit, serta ECU Speeduino yang membuat respon mesin makin bertenaga.

    5. Semarang – Honda Civic ES – ES Squad Indonesia

    Mobil Modif terbaik di Honda Culture Indonesia Vol.2 2025. Foto: dok. Honda Prospect Motor

    Aduh-aduh, siapa yang melihat mobil modifikasi Honda Civic ini pasti langsung jatuh hati. Karena tampilannya begitu elegan dan cantik, namun masih bisa dikendarai di jalanan.

    Honda Civic ES dari Semarang tampil mencolok lewat warna red candy dan tambahan moonroof. Banyak komponen custom seperti retractable mirror, headlamp dan front grill custom, ducktail dan lips RX depan-belakang, serta velg 3pcs R18 dengan camber kit dan suspensi custom yang memperkuat tampilan fitment.

    Interior dibuat premium dengan audio setup dan finishing kabin custom, sementara sektor performa diperkuat knalpot Kansai 421 dan muffler Fujitsubo serta penggunaan stutbar custom untuk handling lebih baik.

    6. Samarinda – Honda Jazz – Jazz Fit Club (JFC)

    Mobil Modif terbaik di Honda Culture Indonesia Vol.2 2025. Foto: dok. Honda Prospect Motor

    Modifikasi asal Samarinda Kalimantan Timur ini juga dirasa layak untuk diperlihatkan di Jakarta. Kesan sports dan fungsional ini sangat asyik untuk dilihat.Honda Jazz berwarna sage green ini mengusung gaya Spoon Sports oriented. Hampir seluruh elemen eksterior hingga engine bay dikustom menggunakan komponen Spoon – mulai dari velg, muffler, big brake kit, lugnut, spoiler, hingga berbagai cover pada mesin.

    Interior dilengkapi dengan jok Bride, seatbelt Takata, hingga komponen OEM Fit RS Japan yang membuat kabin semakin sporty. Performa diperkuat lewat remap ECU, downpipe sampai strutbar Cusco untuk kestabilan di berbagai kondisi jalan.

    7. Bali – Honda Civic – ES Squad Indonesia

    Mobil Modif terbaik di Honda Culture Indonesia Vol.2 2025. Foto: dok. Honda Prospect Motor

    Honda Civic dari Bali tampil sporty dengan aerodynamic kit OEM RX series, dilengkapi talang air Honda Access dan side marker belakang. Set kaki-kaki diperkuat melalui velg Advan RG1 R17 dan front BBK AP Racing dengan rotor 300mm, serta coilover yang membantu kestabilan.Mesin D17 di-tuning menggunakan piggyback Greddy, stage 1 cam Crower, light pulley serta intake custom agar tenaga meningkat namun tetap nyaman untuk penggunaan harian di Bali.

    Cantik sekali-kan?

    8. Manado – Honda Civic Estilo – Indonesia Civic Estilo (ICE)

    Mobil Modif terbaik di Honda Culture Indonesia Vol.2 2025. Foto: dok. Honda Prospect Motor

    Pernah menjadi mobil idaman pada zamannya, Honda Estilo masih saja tetap asyik untuk dimodifikasi. Dan Indonesia Civic Estilo (ICE) membuktikan bahwa mereka layak untuk digendong ke Jakarta.Honda Estilo Manado ini hadir dalam konsep full Spoon livery yang sangat ikonik.

    Hampir seluruh panel eksterior berbahan karbon: kap mesin, bagasi, spion, handle, spoiler, hingga lips dan fender bar.Kaki-kaki diperkuat full suspension Tein dan lengan Hardrace lengkap.

    Di sektor performa, transplant mesin K20A Type R lengkap dengan Hondata ECU membuatnya memiliki performa yang jauh di atas standar – salah satu modifikasi paling ekstrem di kompetisi regional tahun ini.

    9. Tangerang – Honda City Hatchback RS – Honda City Hatchback Indonesia (HACHI)

    Mobil Modif terbaik di Honda Culture Indonesia Vol.2 2025. Foto: dok. Honda Prospect Motor

    Honda City Hatchback ini mengadopsi tampilan facelift Thailand dengan front bumper dan diffuser OEM FLRS.

    Tampilan sporty didukung velg SSR Type C 17 inci, spoiler custom, foglamp Koito, hingga suspensi YSS. Seluruh bodi telah dilindungi full body coating, sementara bagian dalam dan mesin masih dipertahankan orisinal sebagai dasar modifikasi tahap selanjutnya.

    Aduh seger banget sih liatnya.

    10. Jakarta – Honda Accord 2010 – Honda Accord Indonesia Community (HAIC)

    Mobil Modif terbaik di Honda Culture Indonesia Vol.2 2025. Foto: dok. Honda Prospect Motor

    Sebagai tuan rumah dan menjadi ajang pamungkas dari Honda Culture Indonesia Vol.2 2025, tidak mungkin Jakarta tidak diwakili modif terbaik.Honda Accord yang mewakili Jakarta tampil mewah dan berotot dengan velg 19 inci, bodykit custom dari BMI, dan suspensi AirPride yang dapat disesuaikan untuk tampilan show stance.

    Sistem exhaust sudah dimodifikasi oleh Ord Exhaust untuk suara dan karakter berkendara yang lebih berisi, namun interior serta mesin tetap mempertahankan kenyamanan khas sedan premium.

    Sebagai catatan Honda Culture Indonesia Vol.2 merupakan perayaan komunitas Honda berskala nasional yang tahun ini hadir di 10 kota dari barat hingga timur Indonesia.

    Dengan semangat”Menyala Sepanjang Masa”, acara ini menjadi wadah berkumpulnya komunitas lintas model dan generasi yang masing-masing menampilkan identitas, kreativitas, dan semangat khas mereka dalam satu perayaan kultur Honda.

    Halaman 2 dari 3

    (lth/din)

  • Profil Jimly Asshiddiqie: Cendekiawan Hukum yang Kini Ditunjuk Pimpin Komisi Reformasi Polri

    Profil Jimly Asshiddiqie: Cendekiawan Hukum yang Kini Ditunjuk Pimpin Komisi Reformasi Polri

    Liputan6.com, Jakarta Presiden Prabowo Subianto melantik sejumlah tim Komisi Reformasi Polri di Istana Presiden, Jakarta Pusat pada Jumat (7/11/2025).

    Dalam kesempatan ini, Prabowo turut melantik Jimly Asshiddiqie, mantan ketua Mahkamah Konstistusi sebagai Ketua Komisi Reformasi Polri.

    Dilansir Liputan6.com dari website Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jimly Asshiddiqie lahir di Kota Palembang, Sumatera Selatan pada 17 April 1956. Dia pernah menempuh pendidikan tingkat S-1 Ilmu Hukum di Universitas Indonesia pada tahun 1977-1982. 

    Usai menyelesaikan pendidikan tingkat S-1 nya, Jimly kemudian kembali meneruskan pendidikan tingkat S-2 Hukum di Fakultas Pascasarjana Universitas Indonesia pada tahun 1984 hingga 1986. 

    Lalu, Jimly kembali mengambil Program Doktor kerja sama Rechtsfaculteit, Rijksuniversiteit, Leiden dengan gelar S-3 pada tahun 1987 hingga 1991. Tak hanya itu, pada tahun 1994 ia kembali menempuh studinya di Post-Graduate Course, Harvard Law School, Cambridge, Massachussett dan beberapa kursus singkat lain, baik di dalam maupun di luar negeri.

    Jimly diketahui juga aktif dalam sejumlah organisasi islam sejak tahun 1970. Dia diketahui pernah ikut serta dalam organisasi Pelajar Islam Indonesia (PII) Palembang, menjabat sebagai ketua Umum Youth Islamic Study Club Al Azhar, dan Ketua Umum Badan Komunikasi Pemuda Masjid Indonesia (BKPМI).

    Tak hanya itu, Jimly juga pernah menjadi bagian dari Majelis Ulama Indonesia. Dia menempati posisi sebagai Pengurus Harian (MUI), Ketua Dewan Penasihat Dewan Masjid Indonesia, Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim Se-Indonesia, hingga  Ketua Badan Pembina Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar.

    Bukan hanya aktif dalam berbagai organisasi islam. Jimly juga aktif dalam beberapa organisasi yang bergerak di bidang pendidikan. Di antaranya seperti Penasehat Asosiasi Pengajar HTN dan HAN,  Ketua Dewan Pembina Yayasan Jimly School of Law and Government (JSLG), Penasihat Asosiasi Pengajar HTN dan HAN, sampai jadi Penasihat Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

     

  • Terungkap Identitas 7 Orang yang Dibawa ke Jakarta dari OTT KPK di Ponorogo

    Terungkap Identitas 7 Orang yang Dibawa ke Jakarta dari OTT KPK di Ponorogo

    KPK mulai melakukan OTT pada tahun 2025 dengan menjaring anggota DPRD dan pejabat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, yakni pada Maret 2025.

    Kedua, pada Juni 2025, OTT terkait dugaan suap proyek pembangunan jalan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Sumut, dan Satuan Kerja Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Sumut.

    Ketiga, OTT selama 7-8 Agustus 2025, di Jakarta; Kendari, Sulawesi Tenggara; dan Makassar, Sulawesi Selatan. OTT tersebut terkait kasus dugaan korupsi proyek pembangunan rumah sakit umum daerah di Kolaka Timur, Sulawesi Tenggara.

    Keempat, OTT di Jakarta pada 13 Agustus 2025, mengenai dugaan suap terkait dengan kerja sama pengelolaan kawasan hutan.

    Kelima, pada 20 Agustus 2025, OTT terkait kasus dugaan pemerasan pengurusan sertifikasi K3 di Kementerian Ketenagakerjaan yang melibatkan Immanuel Ebenezer Gerungan selaku Wakil Menteri Ketenagakerjaan pada saat itu.

    Keenam, OTT terhadap Gubernur Riau Abdul Wahid pada 3 November 2025, yakni mengenai dugaan pemerasan di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau tahun anggaran 2025.

     

  • Pakai Rompi Keren, Menteri Perdagangan Budi Santoso Beri Kejutan di Panggung JMFW 2026

    Pakai Rompi Keren, Menteri Perdagangan Budi Santoso Beri Kejutan di Panggung JMFW 2026

    JAKARTA – Di tengah sorotan lampu gemerlap dan langkah anggun para model di atas panggung, Jakarta Muslim Fashion Week (JMFW) 2026, Kamis 6 November 2025, sebuah kejutan tercipta. Pada parede pembukaan Menteri Perdagangan Budi Santoso tampil memukau di atas catwalk.

    Dengan langkah mantap dan gaya yang segar, sang Menteri tampil mengenakan rompi (vest) eksklusif rancangan desainer muda berbakat Indonesia asal Palembang, Brilianto. Rompi tersebut bukan hanya menunjukkan keanggunan dan kepercayaan diri, tetapi juga menyimpan sentuhan personal yang istimewa.

    Siang itu, di balik rompi yang dikenakan sang Menteri, tersimpan kisah tentang harapan, bahwa gaya, kepedulian, dan kolaborasi yang dapat berjalan beriringan, menciptakan dampak positif bagi bumi dan masyarakat.

    “Di bagian punggungnya, saya sematkan huruf B, inisial dari nama Bapak Budi Santoso, supaya tampilannya lebih personal dan eksklusif,” ujar Brilianto sambil tersenyum.

    Menurut Brilianto, busana yang Mendag Busan kenakan bukan sekadar hasil kreativitas mode semata. Namun, ada pesan kuat yang tersimpan di setiap jahitan dan potongan kainnya, tentang kepedulian terhadap lingkungan dan semangat untuk menggerakkan ekonomi masyarakat.

    Brilianto dikenal sebagai desainer yang konsisten mengusung konsep fesyen berkelanjutan (sustainable fashion). Ia membuat rompi tersebut dari potongan kain perca sisa produksi fesyen. Potongan-potongan kecil itu ia susun kembali menjadi kain utuh, membentuk pola dan tekstur baru yang merepresentasikan tanggung jawab terhadap bumi serta komitmen terhadap produksi yang ramah lingkungan.

    “Saya sadar, industri fesyen itu menimbulkan limbah. Jadi saya merasa perlu bertanggung jawab untuk mengolah kembali limbah itu menjadi sesuatu yang bernilai. Oleh karena itu, saya mengolah sisa kain perca menjadi kain utuh, lalu dijadikan pakaian siap pakai, bahkan produk turunannya seperti home décor. Jadi benar-benar zero waste, tidak menambah sampah fesyen di Indonesia,” ujar Briianto.

    Tidak hanya ramah lingkungan, Brilianto juga memaknai desainnya sebagai bentuk kepedulian sosial untuk menggerakkan ekonomi masyarakat sekitar. Dalam proses produksinya, ia menggandeng ibu rumah tangga di sekitar tempat tinggalnya untuk ikut serta dalam proses penjahitan dan penyusunan kain perca. Melalui langkah ini, ia tidak hanya menciptakan busana yang berkelanjutan, tetapi juga membuka peluang ekonomi baru bagi masyarakat.

    Kehadiran JMFW 2026 menegaskan dukungan pemerintah terhadap fesyen berkelanjutan sekaligus ekonomi kreatif lokal. Lewat rompi karya Brilianto, pesan itu tersampaikan dengan elegan bahwa mode bisa menjadi medium untuk menyuarakan kepedulian lingkungan sekaligus memberdayakan masyarakat.

  • Pakar Beberkan Ciri Awal Banjir dan Longsor yang Perlu Diwaspadai

    Pakar Beberkan Ciri Awal Banjir dan Longsor yang Perlu Diwaspadai

    Yogyakarta, Beritasatu.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan potensi peningkatan bencana hidrometeorologi seiring datangnya puncak musim hujan di wilayah Indonesia bagian barat pada November hingga Desember 2025. Maka dari itu penting untuk memahami apa saja tanda-tanda awal seperti banjir dan tanah longsor sebagai upaya pencegahan.

    Dosen Teknik Geologi dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Prof Wahyu Wilopo menjelaskan tanda-tanda bencana hidrometeorologi seperti banjir dan tanah longsor sebenarnya dapat dikenali lebih awal dengan memperhatikan kondisi sekitar.

    Retakan tanah atau bangunan, tiang dan pohon yang miring, serta guguran tanah di lereng merupakan indikasi awal longsor. Sedangkan banjir biasanya diawali dengan hujan deras terus-menerus, naiknya permukaan air sungai, dan genangan di sekitar permukiman.

    “Oleh karena itu perlu digalakkan ronda lingkungan, khususnya setelah hujan untuk mengamati tanda-tanda banjir atau longsor di sekitar. Sehingga dapat mengambil langkah-langkah yang tepat,” ungkap Wahyu, Kamis (6/11/2025).

    BMKG mencatat curah hujan tinggi hingga sangat tinggi, di atas 150 milimeter per dasarian, berpotensi terjadi di sejumlah daerah. Kondisi ini dapat memicu banjir dan longsor, terutama di wilayah padat penduduk dan pegunungan. Dalam beberapa pekan terakhir, tercatat 45 kejadian cuaca ekstrem yang didominasi hujan lebat dan angin kencang.

    Profesor Wahyu menilai, banjir paling berisiko melanda wilayah dekat sungai atau daerah rendah terutama yang berada di kota-kota besar seperti Jakarta, Semarang, Surabaya, Makassar, Medan, dan Palembang. Sementara itu, daerah pegunungan dengan lereng curam dan lapisan tanah lapuk berpotensi mengalami longsor, seperti di kawasan Kalimantan dan Sulawesi.

    “Pada prinsipnya, daerah yang rentan longsor aman dari banjir dan yang rentan banjir aman dari longsor,” tambahnya.

    Wahyu menegaskan, perubahan iklim global merupakan kondisi yang tak bisa dihindari. Sehingga adaptasi menjadi kunci menghadapi dampaknya, dengan enghindari kawasan rawan bencana, baik secara permanen maupun sementara bisa menjadi langkah bijak untuk meminimalkan risiko terdampak bencana hidrometeorologi.

    “Bencana bukan hanya permasalahan pemerintah, tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama untuk menghindari dan meminimalkan dampak kejadian bencana tersebut,” tutup Wahyu.