provinsi: NUSA TENGGARA TIMUR

  • Indonesia Darurat Korupsi, Proyek Air Bersih di Kabupaten Sikka NTT Disikat Juga, 3 Orang Jadi Tersangka

    Indonesia Darurat Korupsi, Proyek Air Bersih di Kabupaten Sikka NTT Disikat Juga, 3 Orang Jadi Tersangka

     

    Liputan6.com, Sikka – Kejaksaan Negeri (Kejari) Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (10/11/2024) kemarin, menetapkan tiga tersangka kasus korupsi Pekerjaan Peningkatan Jaringan Air Bersih di Kecamatan Nele, Kabupaten Sikka NTT.

    Proyek ini menelan anggaran sebesar Rp 1.779.954.000 bersumber dari dana pinjaman daerah PT Sarana Multi Investasi (SMI) untuk pemulihan ekonomi nasional (PEN) Kabupaten Sikka.

    Tiga orang yang ditetapkan sebagai tersangka di antaranya Nong Buyung Dekresano selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Yohanes Mayolis selaku pelaksana lapangan dan Ignatius Johanes Farma Pancabudy Acry yang juga pelaksana lapangan.

    “Penyidik Tipidsus Kejari Sikka telah menetapkan dan menahan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan Tipikor Pekerjaan Peningkatan Jaringan Air Bersih IKK, Kecamatan Nele senilai Rp 1.779.954.000,” ujar Kajari Sikka Henderina Malo, Rabu (11/12/2024).

    Henderina mengatakan, dalam pekerjaan ini PPK dan konsultan pengawas tidak melaksanakan tupoksinya sebagaimana ditentukan dalam Perpres 16 tahun 2018 Jo Perpres 12 tahun 2021.

    Meski progres pekerjaan di lapangan stagnan, PPK tetap melakukan pencairan termin I dan termin II. Bahkan, kontraktor tidak melaksanakan pekerjaan sebagaimana yang ditentukan dalam kontrak hingga pekerjaan tersebut gagal.

    “Sumur eksplorasi tidak terdapat air tanah dalam/mengeluarkan air, bak reservoir 1 dan 2 yang belum selesai dikerjakan juga instalasi jaringan perpipaan,” jelasnya.

    Berdasarkan hasil perhitungan ahli akuntan publik profesional pada Politeknik Negeri Kupang (PNK) terdapat kerugian keuangan negara sebesar Rp 2.014.263.553,00.

    “Rinciannya, uang muka sebesar Rp. 266.993.100, termin I sebesar Rp. 572.201.813, termin II Rp. 348.586.190 dan denda keterlambatan Rp 961.175.160,” katanya.

  • Eri Cahyadi Tegaskan Komitmen Atasi Banjir Surabaya Barat

    Eri Cahyadi Tegaskan Komitmen Atasi Banjir Surabaya Barat

    Surabaya (beritajatim.com) — Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, kembali menegaskan komitmennya dalam menangani masalah banjir yang kerap melanda wilayah Surabaya Barat. Salah satu fokus utamanya adalah percepatan pembangunan Jembatan Raya Kupang yang sempat tertunda akibat penolakan warga.

    Eri mengungkapkan bahwa penundaan pembangunan jembatan ini berdampak pada terjadinya banjir di wilayah tersebut. “Kemarin sudah mau dibangun, tapi ternyata warga nggak berkenan. Ya sudah, saya tinggal. Saya bilang ke camat, kalau nggak mau, ya tak jarno banjire,” ujar Eri usai inspeksi di Bozem Simo, Rabu (11/12/2024).

    Namun, setelah dilakukan mediasi antara camat dan warga, pembangunan akhirnya mendapat persetujuan dan akan segera dimulai. Pada tahap awal, akan dilakukan pemasangan batu kumbung sepanjang beberapa kilometer di kedua sisi jembatan, dilanjutkan dengan peninggian struktur jembatan.

    “Camat sudah ketemu warga, sekarang sudah mau. Kita kerjakan langsung. Kasusnya sama seperti di depan Indomart Lontar. Di sana, setelah jembatan ditinggikan, sekarang sudah nggak banjir lagi,” jelasnya.

    Eri juga menyoroti lambatnya pengerjaan perbaikan Bozem Simo, yang seharusnya rampung dalam waktu seminggu. Ia menginstruksikan agar pekerjaan dilakukan 24 jam penuh untuk mempercepat penyelesaian.

    “Tadi malam saya keliling, pagi-pagi ke sini kaget semua. Saya tanya, tiga hari kerja bisa selesai nggak? Kalau bisa, ya selesaikan. Kalau nggak ada orangnya 24 jam, RT dan RW langsung telepon saya,” tegas Eri.

    Selain itu, banjir sempat melanda SMA Ketintang akibat saluran yang tersumbat sampah. Namun, masalah ini berhasil diatasi dengan cepat setelah saluran tersebut dibersihkan.

    “SMA Ketintang sempat banjir, ternyata ketutupan sampah di saluran. Nggak sampai lima menit, airnya langsung surut,” ungkap Eri.

    Wali Kota Eri juga mengumumkan bahwa perbaikan di sisi timur Simo akan dimulai pada tahun 2025. Ia berkomitmen untuk terus memantau hasil pekerjaan di wilayah lain seperti Dukuh Kupang dan Pakal guna memastikan solusi jangka panjang terhadap masalah banjir di Surabaya.

    “Saya mau tes Dukuh Kupang dan tempat-tempat lain yang saya kerjakan kemarin. Saya ingin memastikan hasilnya benar-benar efektif,” tutupnya. [asg/beq]

  • Wali Kota Surabaya Tinjau Bozem Simo Jebol, 2025 Fokus Atasi Banjir

    Wali Kota Surabaya Tinjau Bozem Simo Jebol, 2025 Fokus Atasi Banjir

    Surabaya (beritajatim.com) – Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke lokasi Bozem Simo yang jebol pada Selasa (10/12/2024). Insiden tersebut menyebabkan genangan air di beberapa wilayah sekitar. Dalam kunjungannya, Eri menegaskan komitmen Pemerintah Kota Surabaya untuk menyelesaikan masalah banjir secara menyeluruh.

    “Kemarin nggak banjir sama sekali. Yang sini ada genangan karena jebole plengsengan,” ujar Eri saat meninjau langsung kondisi Bozem Simo pada Rabu (11/12/2024).

    Eri mengungkapkan, Pemerintah Kota (Pemkot) telah merencanakan optimalisasi beberapa lahan milik Pemkot yang belum dimanfaatkan untuk dijadikan bozem. Langkah ini diyakini mampu meminimalkan potensi banjir di Surabaya.

    Ia juga menyebut keberhasilan pembangunan bozem di sejumlah wilayah, seperti Pakal Madya, Beji, dan Dukuh Kupang, yang kini terbebas dari genangan air.

    “Alhamdulillah yang sudah dibangun Pemkot, tidak ada lagi genangan air seperti di Pakal Madya, Beji, sampai Luwung, Dukuh Kupang,” tambah Eri.

    Namun, Eri juga menyoroti kawasan Kupang Jaya yang masih terdampak banjir. Ia mengingatkan bahwa sebelumnya warga setempat menolak rencana peninggian area tersebut. Kini, setelah warga setuju, Pemkot siap merealisasikan solusi yang telah dirancang.

    “Lha Kupang Jaya baru banjir. Sing (yang) aku pernah ngomong karena warga nggak mau didukurne (ditinggikan), tak jarno (saya biarkan). Saiki camat ngabari wes gelem didukurno (Sekarang camat kasih kabar sudah mau ditinggikan),” jelasnya.

    Pada 2025, anggaran akan difokuskan untuk menyelesaikan proyek-proyek penanganan banjir yang tertunda, termasuk kawasan Timur Surabaya. Revitalisasi Bozem Simo menjadi salah satu prioritas yang dimulai segera. Selain itu, pembangunan infrastruktur tambahan di kampung-kampung sekitar akan dipercepat.

    “Termasuk Simo, bozemnya akan kita kerjakan hari ini. 2025 kerjakan untuk kampungnya, nanti ketika hujan tidak banjir lagi. Timur banjir karena belum tak dandani (saya perbaiki), 2025 di-loss, Simo kudu bebas banjir,” tegas Eri.

    Sebagai bagian dari upaya modernisasi, bozem yang dibangun akan dilengkapi pintu air elektrik untuk mengatur aliran air secara optimal. Hal ini diharapkan mampu menampung air hujan dari wilayah atas dan mencegah meluasnya genangan.

    “Saya nunggu yang ada seng itu akan kita hilangkan, juga kita akan bongkar jadi bozem, dikasih batu kumbung muter benar-benar jadi bozem menampung air dari atas,” pungkas Eri. [asg/beq]

  • DKI pertimbangkan pemindahan korban kebakaran di Kemayoran ke rusun

    DKI pertimbangkan pemindahan korban kebakaran di Kemayoran ke rusun

    Jakarta (ANTARA) – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempertimbangkan pemindahan korban kebakaran di Jalan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat, ke rumah susun (rusun) yang ada di Jakarta.

    Hal itu disampaikan Penjabat (Pj) Gubernur Jakarta Teguh Setyabudi menjawab pers terkait penanganan korban kebakaran Kebon Kosong seperti korban kebakaran Manggarai yang mendapatkan unit di Rusunawa Pasar Rumput.

    “Mereka itu ada yang memang rumah sendiri, ada yang rumah kontrakan. Saya belum mengambil keputusan. Tapi saya coba diskusikan,” kata Teguh di posko pengungsian SDN 09 Kebon Kosong, Jakarta Pusat, Rabu.

    Teguh sempat berbincang dengan para pengungsi terkait rencana perpindahan rumah ke rusun terdekat.

    “Sebagian ada yang menjawab langsung setuju, sebagian masih diam, tapi ini kan masih dalam artian belum keputusan ya. Pastinya kami akan verifikasi, akan data terkait masalah tersebut,” ujar Teguh.

    Selain itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta juga akan berdiskusi terlebih dahulu dengan pemerintah pusat terkait rencana tersebut.

    Di sisi lain, Teguh memastikan bantuan logistik di setiap posko pengungsian akan terjamin, mulai dari makan sehari-hari, selimut, dan logistik lainnya.

    Teguh juga akan berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait karena kewenangan tidak hanya berada di Pemprov DKI Jakarta terkait masalah di area terdampak kebakaran.

    Jajaran Pemprov DKI Jakarta termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta akan terus menyalurkan sejumlah bantuan logistik bagi ratusan korban kebakaran di permukiman padat penduduk itu.

    Bantuan yang telah disiapkan berupa 120 dus air mineral, 1.800 kotak makanan siap saji, 500 lembar selimut, 500 paket “family kit”, 500 paket “kidsware”, 650 paket sandang, 6 unit kipas angin, dan 500 buat matras.

    “Bantuan yang sudah masuk kemarin itu dari BPBD DKI Jakarta berupa bantuan logistik dan ada juga dari Dinas Sosial makan pagi dan malam, dari Palang Merah Indonesia (PMI), ada juga tenda pleton dan toilet portabel,” ujar Teguh.

    Kebakaran di permukiman padat penduduk yang terjadi di Jalan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat, Selasa (10/12), diduga berasal dari rumah seorang pengepul rongsokan sampah plastik berinisial J.

    Percikan api kemudian dengan cepat membesar dan membakar seluruh bagian bangunan semi permanen yang ada di kawasan tersebut.

    Akibat kebakaran di pemukiman padat penduduk ini, sebanyak 1.800 jiwa dari 600 KK dan tujuh rukun tetangga (RT) yakni RT 03, 04, 05, 06, 07, 08 dan 09 (tergabung dalam RW 05) terdampak.

    Pewarta: Siti Nurhaliza
    Editor: Sri Muryono
    Copyright © ANTARA 2024

  • Tabrakan Sepeda Motor di NTT, 2 Anggota TNI dan 2 Pelajar Tewas
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        11 Desember 2024

    Tabrakan Sepeda Motor di NTT, 2 Anggota TNI dan 2 Pelajar Tewas Regional 11 Desember 2024

    Tabrakan Sepeda Motor di NTT, 2 Anggota TNI dan 2 Pelajar Tewas
    Tim Redaksi
    KOMPAS.com
    – Sebuah
    kecelakaan lalu lintas
    yang melibatkan dua sepeda motor terjadi di Jalan Raya Oeteas, Desa Helebeik, Kecamatan Lobalain, Kabupaten
    Rote Ndao
    , Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Sabtu (7/12/2024) sekitar pukul 23.00 Wita.
    Akibat kecelakaan tersebut, empat orang dinyatakan tewas.
    Korban tewas
    terdiri dari dua anggota tentara nasional Indonesia (TNI) dan dua pelajar sekolah menengah atas (SMA).
    Ajun Komisaris Besar Polisi Mardiono, dalam keterangannya kepada Kompas.com pada Rabu (11/12/2024), mengidentifikasi dua anggota TNI yang meninggal sebagai Rialdy Welhelmus Bullu (23) dan Alfath Putra Dewantara (23).
    Sementara itu, dua pelajar yang tewas adalah Jeri Bessi (15) dan Rano Messakh (16).
    Mardiono menjelaskan, kecelakaan bermula ketika sepeda motor jenis Honda CRF (Trail) berpelat nomor DH 2420 GE yang dikendarai Rialdy Welhelmus Bullu, melaju dari arah Kuli menuju Ba’a, ibu kota Kabupaten Rote Ndao.
    Rialdy yang ditemani Alfath Putra Dewantara sebagai penumpang memacu motor dengan kecepatan tinggi.
    Pada saat bersamaan, sepeda motor jenis Honda Beat berpelat nomor DH 5572 GD yang dikendarai Jeri Bessi ditemani Rano Messakh sebagai penumpang, datang dari arah berlawanan. Mereka pun melaju kencang.
    Nah, dua motor yang sama-sama melaju dengan kecepatan tinggi ini mengambil jalur tengah. Ini yang menyebabkan terjadinya tabrakan.
    “Empat pengendara ini terjatuh dan dalam kondisi luka parah. Pukul 23.20 Wita, para pengendara dan penumpang yang terlibat kecelakaan tiba di RSUD Ba’a dan langsung mendapatkan perawatan medis oleh petugas RSUD Ba’a,” ungkap Mardiono.
    Sayangnya, meskipun mendapatkan perawatan, kondisi keempat korban terus memburuk dan mereka akhirnya meninggal dunia.
    Kejadian tragis ini kembali menyoroti pentingnya
    keselamatan berkendara
    dan disiplin dalam berlalu lintas di jalan raya.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Hujan Lebat Potensi Landa Sejumlah Daerah RI

    Hujan Lebat Potensi Landa Sejumlah Daerah RI

    Jakarta, CNN Indonesia

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah daerah di Indonesia berpotensi diguyur hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang. Simak prediksinya.

    BMKG mengatakan sejumlah fenomena atmosfer diperkirakan akan mempengaruhi pola cuaca di Indonesia, meningkatkan potensi hujan lebat, terutama di wilayah-wilayah yang tengah memasuki puncak musim hujan.

    Menurut lembaga, ada sejumlah faktor yang menyebabkan kondisi cuaca tersebut, termasuk dua bibit siklon tropis yang terpantau di Samudera Hindia barat daya Lampung dan Samudera Hindia Selatan Pulau Sumba, sedangkan Suspect Area terdeteksi di Laut Timor sebelah barat daya Kepulauan Tanimbar.

    Selain itu, sirkulasi siklonik terdeteksi menguat dengan meningkatkan pengangkatan massa udara, yang mempermudah pembentukan awan hujan intensitas tinggi di wilayah sekitarnya.

    “Akibatnya, potensi curah hujan signifikan menjadi lebih tinggi di daerah-daerah terdampak, sehingga masyarakat di wilayah tersebut perlu meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan cuaca,” demikian laporan BMKG dalam ‘Prospek Cuaca Mingguan Periode 10-17 Desember 2024’.

    Selain itu, BMKG mengungkap sejumlah fenomena atmosfer turut memicu potensi hujan di sejumlah wilayah Indonesia sepekan ke depan. Fenomena ini berkontribusi signifikan terhadap peningkatan pembentukan awan hujan di berbagai wilayah, terutama di bagian barat, tengah, dan timur Indonesia.

    Pertama, Madden-Julian Oscillation (MJO) saat ini berada di fase 5 dan aktif bergerak melintasi wilayah Indonesia. Fenomena ini mendukung pembentukan awan hujan secara intensif di beberapa wilayah utama, termasuk Sumatera bagian utara, Jawa, Kalimantan, Bali-Nusa Tenggara, Maluku, dan Papua.

    Aktivitas MJO berperan penting dalam meningkatkan pertumbuhan awan hujan di wilayah-wilayah tersebut.

    Kedua, Gelombang Rossby, Kelvin, dan Low Frequency turut meningkatkan peluang pembentukan awan hujan signifikan. Dampaknya meluas di wilayah barat, tengah, dan timur Indonesia, mencakup beberapa daerah strategis yang rawan hujan lebat dan bencana hidrometeorologi.

    “Kombinasi dari fenomena-fenomena ini menciptakan kondisi atmosfer yang sangat mendukung peningkatan intensitas curah hujan di sejumlah wilayah,” jelas BMKG.

    “BMKG mengimbau masyarakat, khususnya di daerah rawan, untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi cuaca ekstrem, seperti hujan lebat, banjir, dan tanah longsor,” lanjut BMKG.

    Daftar daerah potensi hujan lebat

    BMKG memprediksi hujan dengan intensitas sedang hingga sangat lebat, yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang akan terjadi selama periode 10-17 Desember 2024. Berikut wilayahnya:

    Hujan sedang-lebat

    Sumatera: Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung

    Jawa dan Bali: Banten, DK Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogykarta, Jawa Timur, Bali

    Nusa Tenggara: Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur

    Kalimantan: Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara

    Sulawesi: Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara

    Maluku dan Papua: Maluku Utara, Maluku, Papua Barat Daya, Papua Barat, Papua Tengah, Papua Pegunungan, Papua, dan Papua Selatan

    Hujan lebat-sangat lebat

    Jawa dan Bali: DI Yogyakarta, Jawa Timur, dan Bali

    Maluku: Maluku bagian selatan dan tenggara

    Nusa Tenggara: Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur

    Potensi angin kencang juga diperkirakan terjadi di wilayah Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung, pesisir barat Sumatera Barat hingga Lampung, Banten, Jawa Barat, DK Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, dan Maluku selama periode yang sama.

    “Kondisi ini meningkatkan risiko bencana hidrometeorologi, seperti banjir, genangan air, tanah longsor, dan angin kencang, terutama di wilayah rawan,” pungkas BMKG.

    (tim/dmi)

    [Gambas:Video CNN]

  • Kapal perang dari Koarmada I patroli bersama India di perbatasan

    Kapal perang dari Koarmada I patroli bersama India di perbatasan

    Jakarta (ANTARA) – Kapal perang Republik Indonesia (KRI) dari Komando Armada I TNI Angkatan Laut berpatroli bersama kapal-kapal perang Angkatan Laut India di perbatasan laut dua negara dalam Patroli Terkoordinasi India-Indonesia (Patkor Indindo) 43/24.

    Kepala Dinas Penerangan Koarmada I TNI AL Kolonel Laut (P) Yoni Nova Kusumawan saat dihubungi di Jakarta, Selasa, menjelaskan bahwa patroli terkoordinasi itu merupakan kegiatan rutin yang digelar oleh dua negara tiap tahun.

    “Setahun digelar dua kali. Untuk yang sekarang, patroli terkoordinasi berlangsung pada tanggal 10–19 Desember,” kata Kadispen Koarmada I.

    Patkor Indindo 43/24 yang merupakan patroli terkoordinasi terakhir dua negara tahun ini dibuka oleh Komandan Gugus Keamanan Laut (Danguskamla) Koarmada I TNI AL Laksamana Pertama (Laksma) TNI Anung Susanto di Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI AL (Lanal) Sabang, Aceh, Selasa.

    Laksma Anung, dalam sambutannya, menekankan pentingnya kerja sama dua negara dalam menjaga keamanan maritim di perbatasan. Oleh karena itu, Patkor India-Indonesia Ke-43 itu pun penting untuk selalu digelar karena menunjukkan komitmen dua negara dalam menjaga keamanan laut di perbatasan.

    Dalam sambutan yang sama, Danguskamla Koarmada I melanjutkan Patkor Indindo juga menjadi wadah bagi TNI AL dan Angkatan Laut India untuk saling bertukar pengalaman dan wawasan, dan berbagi solusi mengenai masalah-masalah yang dihadapi dalam menjaga keamanan laut.

    “Kami akan berbagi solusi dan ide terbaik untuk menciptakan stabilitas dan kondisi kondusif di perairan Indonesia dan India,” kata Danguskamla Koarmada I sebagaimana dikutip dari siaran resmi Guskamla Koarmada I TNI AL yang dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

    Dalam Patkor Indindo Ke-43, TNI AL mengerahkan satu korvetnya KRI Bung Karno-369, sementara Angkatan Laut India mengerahkan dua kapal perangnya, yaitu INS Kesari L 15 dan MK. IV LCU L51.

    Kedua kapal India itu turut sandar di Lanal Sabang untuk menghadiri acara pembukaan Patkor Indindo 43/24 hari ini.

    Dua negara sebelumnya juga menggelar patroli terkoordinasi di perbatasan pada pekan terakhir Mei 2024.

    Dalam kegiatan itu, Patkor Indindo 42/24, TNI AL mengerahkan korvet Kelas Parchim-nya KRI Sultan Thaha Saifuddin-376 dari Satuan Kapal Eskorta Komando Armada I dan pesawat CN 235-220 MPA P-8305, sementara Angkatan Laut India mengerahkan korvet Kelas Kora, yaitu INS Kulis-P63 dan INS Chetlat-T70, serta satu kapal serbu cepatnya.

    Indonesia dan India berbagi kawasan perairan sepanjang kurang lebih 300 mil laut di Selat Malaka dan Laut Andaman. Dua perairan itu merupakan jalur utama pelayaran, termasuk untuk kapal-kapal niaga.

    Pewarta: Genta Tenri Mawangi
    Editor: D.Dj. Kliwantoro
    Copyright © ANTARA 2024

  • 20 Bandara InJourney Airports Dianugerahi Gelar Bandara Sehat dari Kementerian Kesehatan – Halaman all

    20 Bandara InJourney Airports Dianugerahi Gelar Bandara Sehat dari Kementerian Kesehatan – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Dua puluh bandara yang dikelola PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) berhasil meraih Penghargaan Bandar Udara Sehat 2024 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Penghargaan dilaksanakan pada Selasa (10/12), bertempat di Hotel St. Regis Jakarta, serta diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Herbuwono kepada para General Manager dari 20 bandara InJourney Airports.

    Adapun 20 bandara yang berhasil meraih Penghargaan Bandara Sehat 2024 adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Halim Perdanakusuma Jakarta, Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Bandara Minangkabau Padang, Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh, Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang, Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Banyuwangi, Bandara Radin Inten II Bandar Lampung, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang, Bandara Kertajati Majalengka, Bandara Sam Ratulangi Manado, Bandara Pattimura Ambon, Bandara El Tari Kupang, Bandara HAS Hanandjoeddin Tanjung Pandan, serta Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo.

    Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi menyatakan, “Penghargaan yang diraih oleh 20 bandara kami ini tentunya merupakan wujud pengakuan atas komitmen InJourney Airports dalam menyelenggarakan bandara yang sesuai dengan standar kesehatan yang ditetapkan. Kami merasa sangat bangga atas raihan ini, serta semakin terpacu untuk terus memberikan yang terbaik kepada seluruh pengguna jasa bandara.”

    Penghargaan Bandar Udara Sehat yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan setiap dua tahun sekali tersebut merupakan pengakuan atas komitmen dari penyelenggara bandara dalam menciptakan lingkungan bandara yang aman, nyaman, bersih, dan sehat bagi pengguna jasa bandara serta masyarakat secara umum. Pelaksanaan program ini merupakan amanat dari Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 44 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat.

    Dalam proses penilaian, Kementerian Kesehatan menggunakan sejumlah indikator, di antaranya adalah penyelenggaraan kesehatan lingkungan, penataan sarana dan fasilitas, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, serta peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja.

    Keduapuluh bandara InJourney Airports yang ditetapkan sebagai penerima penghargaan juga telah menjalani serangkaian proses penilaian, yakni self-assessment atau penilaian sendiri yang dilaksanakan oleh Forum Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat, pelaksanaan penilaian dokumen, serta verifikasi lapangan.  

    “Penghargaan ini juga menjadi bukti nyata penerapan pilar Premises dengan memastikan ketersediaan sarana dan fasilitas bandara yang bersih, sehat, serta tidak menimbulkan faktor risiko kesehatan masyarakat, pilar People melalui standar personel bandara yang senantiasa berkomitmen untuk menciptakan operasional bandara yang bersih, nyaman, dan sehat, serta pilar Process yakni kolaborasi lintas instansi untuk memastikan operasional kebandarudaraan yang sesuai dengan regulasi serta standar yang berlaku,” lanjut Faik Fahmi.  

    “Tak lupa, kami turut menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh instansi stakeholder bandara yang telah berkolaborasi dalam menciptakan bandara yang sehat. Penghargaan bagi 20 bandara ini juga menjadi komitmen kami untuk secara berkesinambungan menjamin terciptanya budaya dan lingkungan yang sehat di bandara-bandara yang dikelola InJourney Airports, sehingga dapat berdampak terhadap kenyamanan, kesehatan, dan keselamatan dari seluruh pengguna jasa bandara,” pungkas Faik Fahmi.

  • TNI AL kerahkan KRI Ahmad Yani-351 untuk angkut bantuan untuk pengungsi Lewotobi

    TNI AL kerahkan KRI Ahmad Yani-351 untuk angkut bantuan untuk pengungsi Lewotobi

    Minggu, 17 November 2024 16:08 WIB

    Sejumlah prajurit TNI AL secara estafet memindahkan bantuan untuk pengungsi erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dari geladak KRI Ahmad Yani-351 ke geladak kapal angkut yang lebih kecil usai lego jangkar di Selat Gonzalu, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT, Minggu (17/11/2024). TNI AL mengerahkan KRI Ahmad Yani-351 untuk mengangkut paket-paket bantuan kemanusian untuk pengungsi erupsi Lewotobi, berupa bahan makanan, perlengkapan kehidupan sehari-hari dari Surabaya, Jawa Timur dan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU

    KRI Ahmad Yani-351 yang mengangkut bantuan kemanusiaan untuk pengungsi erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki melakukan lego jangkar di Selat Gonzalu, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT, Minggu (17/11/2024). TNI AL mengerahkan KRI Ahmad Yani-351 untuk mengangkut paket-paket bantuan kemanusian untuk pengungsi erupsi Lewotobi, berupa bahan makanan, perlengkapan kehidupan sehari-hari dari Surabaya, Jawa Timur dan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU

    Sejumlah prajurit TNI AL secara estafet memindahkan bantuan untuk pengungsi erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki dari geladak KRI Ahmad Yani-351 ke geladak kapal angkut yang lebih kecil usai lego jangkar di Selat Gonzalu, Larantuka, Kabupaten Flores Timur, NTT, Minggu (17/11/2024). TNI AL mengerahkan KRI Ahmad Yani-351 untuk mengangkut paket-paket bantuan kemanusian untuk pengungsi erupsi Lewotobi, berupa bahan makanan, perlengkapan kehidupan sehari-hari dari Surabaya, Jawa Timur dan Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU

  • Tak Logis SIM Berlaku Seumur Hidup

    Tak Logis SIM Berlaku Seumur Hidup

    Jakarta, CNN Indonesia

    Pakar keselamatan berkendara Jusri Pulubuhu menilai Surat Izin Mengemudi (SIM) berlaku seumur hidup merupakan usulan yang tidak logis karena kompetensi mengemudi harus dievaluasi berkala.

    “Usulan SIM seumur hidup tanpa uji ulang dinilai tidak logis. Kompetensi mengemudi perlu dievaluasi berkala untuk menjaga kompetensi pengemudi dan keselamatan banyak orang di jalan,” kata Jusri dalam unggahan di Instagram, Selasa (10/12).

    Menurut dia, sebaiknya pemerintah memberikan usulan supaya proses perpanjangan SIM tak lagi dipungut biaya apabila dianggap memberatkan masyarakat.

    “Penghapusan biaya perpanjangan SIM bisa dipertimbangkan, tetapi uji ulang secara periodik tetap penting,” tuturnya.

    Kompetensi dianggap Jusri penting untuk mendukung keselamatan berkendara. Ia mengingatkan setiap satu orang tewas di jalan setiap 15 menit di Indonesia menurut data Korlantas Polri.

    Sebelumnya, Anggota Komisi III Fraksi Demokrat Benny K. Harman dalam Rapat Kerja Komisi III DPR RI bersama Korlantas Polri mengungkapkan proses perpanjangan SIM sangat menyengsarakan masyarakat.

    Hal ini karena pengurusannya yang membutuhkan waktu dan banyak biaya.

    Benny mencontohkan salah satu kasus yang ditemuinya, di mana warga salah satu kabupaten di NTT harus mengurus perpanjangan SIM jauh-jauh ke Kupang sebab mesin cetak SIM di daerahnya mengalami kerusakan.

    “Di daerah saya di NTT, provinsi kepulauan, untuk memperpanjang SIM saja harus datang ke Kupang. Ada SIM tertentu yang di kabupaten lah. Di kabupaten saja susah, tiba-tiba mesin rusak, SIM tidak bisa diperpanjang,” ujarnya dikutip dari YouTube DPR-RI.

    Dengan begitu ia mengusulkan dua poin penting yang dapat dikaji oleh Korlantas Polri, yaitu berkaitan dengan penghapusan perpanjangan SIM mulai tahun depan dan penerapan audit terkait perpanjangan SIM, termasuk pada pengusaha yang mencetak kartu SIM.

    Kakorlantas Polri Irjen Aan Suhanan yang menanggapi permintaan anggota DPR tersebut mengakui pemilik SIM harus memiliki keterampilan yang setiap 5 tahun harus diuji.

    Aan menjelaskan SIM tak bisa berlaku seumur hidup karena pertimbangan dalam kurun 5 tahun seseorang bisa berganti identitas ataupun alamat.

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]