provinsi: LAMPUNG

  • Pelabuhan Bakauheni ramai lancar pada puncak arus mudik Lebaran 2025

    Pelabuhan Bakauheni ramai lancar pada puncak arus mudik Lebaran 2025

    Lampung Selatan (ANTARA) – Aktivitas pemudik di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan menuju Merak, Banten, ramai lancar pada puncak arus mudik Lebaran 2025.

    Berdasarkan pantauan di lokasi pada Jumat siang hingga sore hari, aktivitas kendaraan roda empat, bus, truk logistik, dan sepeda motor yang hendak menyeberang menuju Pelabuhan Merak, Banten, terlihat ramai lancar di area pelabuhan Bakauheni.

    Meskipun terjadi kepadatan kendaraan roda empat di kantong parkir dermaga eksekutif dan reguler, hal itu tidak menimbulkan kemacetan karena arus kendaraan berjalan lancar.

    General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni Syamsudin di Lampung Selatan, Jumat, mengatakan ada pergeseran puncak arus mudik pada mudik Lebaran 2025.

    “Jadi ada pergeseran prediksi puncak arus mudik. Prediksi kami akan terjadi malam ini atau malam Sabtu tinggal malam Minggu,” kata dia.

    Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya telah menyiapkan strategi khusus mengatasi lonjakan pada puncak arus mudik sehingga tidak ada penumpukan di area pelabuhan.

    Berdasarkan data 12 jam, jumlah kendaraan yang menyeberang ke Pelabuhan Merak tercatat roda dua 258 unit, roda empat 2.773 unit, bus 227 unit, truk besar 643 unit dengan total kendaraan 3.901 Unit.

    Jumlah penumpang kapal 19.113 orang dengan rincian penumpang pejalan kaki 567 orang dan penumpang di dalam kendaraan 18.546 orang,” ujarnya.

    Oleh karena itu, ia mengimbau, pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy sejak jauh hari serta meningkatkan kewaspadaan dan kesehatan selama perjalanan mudik.

    “Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Sumatra ke Jawa dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari,” katanya.

    Ia juga mengimbau para pemudik yang hendak melakukan perjalanan jauh ke kampung halaman untuk selalu menjaga kesehatan dan mengikuti arahan petugas di lapangan.

    Pewarta: Riadi Gunawan
    Editor: M. Hari Atmoko
    Copyright © ANTARA 2025

  • Bandara Radin Inten: Tiga maskapai ajukan penerbangan ekstra

    Bandara Radin Inten: Tiga maskapai ajukan penerbangan ekstra

    Di periode mudik Lebaran tahun ini sudah ada tiga maskapai yang mengajukan penerbangan ekstra yakni Maskapai Garuda Indonesia, Citilink dan AirAsia

    Bandarlampung (ANTARA) – Pengelola Bandara Radin Inten II Lampung menyatakan pada periode mudik Lebaran 2025 telah ada tiga maskapai yang mengajukan penerbangan ekstra.

    “Di periode mudik Lebaran tahun ini sudah ada tiga maskapai yang mengajukan penerbangan ekstra yakni Maskapai Garuda Indonesia, Citilink dan AirAsia,” ujar Asisten Manager of Airport Operation and Service Bandara Radin Inten II Latif Nur Sasongko di Bandarlampung, Jumat.

    Ia mengatakan, pelaksanaan penerbangan ekstra tersebut telah mulai dilaksanakan sejak kemarin.

    “Jadi kondisi saat ini di periode mudik, ada sembilan perjalanan udara yang masuk dalam penerbangan ekstra,” katanya.

    Dia menjelaskan, selain penerbangan ekstra, telah dilakukan pula pelaksanaan operasional bandar udara lebih awal di Bandara Radin Inten II Lampung selama periode Lebaran 2025.

    “Kemarin maskapai Lion Air meminta pengajuan pembukaan operasional bandara lebih cepat yaitu pukul 06.00 WIB dari waktu normal operasional pukul 07.00 WIB,” ucap dia.

    Ia melanjutkan, pengajuan penambahan waktu operasional bandara lebih awal oleh maskapai itu dilakukan karena kebutuhan operasional maskapai yang cukup padat akan penumpang di periode mudik.

    “Adanya permintaan penambahan penerbangan ataupun operasional bandara lebih awal akan kami akomodir. Agar dalam momen arus mudik dan balik ini tidak ada keterlambatan penerbangan ataupun permasalahan teknis pesawat,” tambahnya.

    Menurut dia, hal tersebut dilakukan untuk mendukung kelancaran arus mudik terutama pada layanan transportasi udara di Provinsi Lampung.

    Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Daftar Rest Area Sediakan Layanan Pengisian Daya Mobil Listrik di Tol Trans Jawa dan Trans Sumatra

    Daftar Rest Area Sediakan Layanan Pengisian Daya Mobil Listrik di Tol Trans Jawa dan Trans Sumatra

    Bisnis.com, JAKARTA – Pada musim mudik lebaran kali ini, banyak pemudik yang menggunakan mobil listrik pulang ke kampung halamannya.

    Karena prediksi tingginya jumlah pemakai mobil listrik itu, PLN telah menambah jumlah SPKLU hingga 7,5 kali lipat di titik-titik dengan okupansi tertinggi pada jalur mudik Trans Sumatra dan Jawa.

    Perinciannya, PLN telah menyediakan total 3.558 unit SPKLU yang tersebar di 2.412 titik strategis di seluruh Indonesia, sedangkan untuk jalur mudik Trans Sumatra dan Jawa, PLN menyediakan sebanyak 1.000 unit SPKLU di 615 lokasi.  

    Berikut daftar rest area di Trans Jawa dan Trans Sumatra yang sediakan layanan pengisian daya mobil listrik

    Ruas Jabodetabek

    1. Tol Jagorawi

    – Rest Area KM 10A: DC 60 kW

    – Rest Area KM 21B: DC 50 kW

    – Rest Area KM 45A: DC 60 kW

     

    2. Tol Jakarta-Tangerang

    – Rest Area KM 13A: DC 60 kW

    – Rest Area KM 14B: AC & DC 82,5 kW

     

    3. Tol Jakarta-Cikampek

    – Rest Area KM 6B: AC 22 kW, DC 25 kW, DC 200 kW

    – Rest Area KM 19A: DC 50 kW & DC 24 kW

    – Rest Area KM 19B: DC 50 kW & DC 24 kW

    – Rest Area KM 39A: DC 50 kW

    – Rest Area KM 42B: DC 50 kW

    – Rest Area KM 57A: AC 22 kW, DC 50 kW, DC 200 kW

    – Rest Area KM 62B: AC 22 kW, DC 50 kW, DC 200 kW

     

    Ruas Cipularang dan Padaleunyi
     

    1. Tol Cipularang

    – Rest Area KM 72A: DC 50 kW & 24 kW

    – Rest Area KM 72B: DC 50 kW & 24 kW

    – Rest Area Travoy KM 88A: AC 22 kW, DC 200 kW, DC 50 kW, DC 24 kW, DC 100 kW

    – Rest Area Travoy KM 88B: AC 22 kW, DC 200 kW, DC 50 kW, DC 24 kW, DC 100 kW

    – Rest Area KM 97B: DC 60 kW

    – Rest Area KM 125B: DC 120 kW

     

    2. Tol Padaleunyi

    – Rest Area KM 147A: DC 50 kW & DC 200 kW

    – Rest Area KM 149B: DC 50 kW & DC 24 kW

     

    Ruas Palikanci dan Batang-Semarang
     

    1. Tol Palikanci

    – Rest Area Travoy KM 207A: AC 24 kW, DC 24 kW, DC 50 kW, DC 66 kW, DC 100 kW

    – Rest Area KM 208B: DC 50 kW, DC 24 kW

     

    2. Tol Batang-Semarang

    – Rest Area Travoy KM 360B: DC 50 kW

    – Rest Area Travoy KM 379A: AC 7.4 kW, AC 22 kW, DC 66 kW, DC 100 kW, DC 200 kW

    – Rest Area Travoy KM 389B: DC 50 kW, AC 7.4 kW, DC 100 kW, AC 22 kW

    – Rest Area Travoy KM 391A: DC 50 kW

     

    Ruas Semarang Seksi A, B, C dan Semarang-Solo

     

    1. Tol Semarang Seksi A, B, C

    – Rest Area KM 424B: DC 50 kW

     

    2. Tol Semarang-Solo

    – Rest Area KM 429A: DC 50 kW

    – Rest Area KM 439A: DC 50 kW

    – Rest Area KM 444B: DC 50 kW, DC 200 kW

    – Rest Area KM 456B: AC 7.4 kW

    – Rest Area KM 487A: DC 50 kW

    – Rest Area KM 487B: DC 50 kW

     

    Ruas Solo-Ngawi-Kertosono
    1. Tol Solo-Ngawi

    – Rest Area Travoy KM 519A: DC 24 kW, DC 50 kW

    – Rest Area Travoy KM 519B: DC 24 kW, DC 50 kW

    – Rest Area Travoy KM 538A: DC 50 kW, DC 22 kW

    – Rest Area Travoy KM 538B: DC 50 kW, DC 22 kW

    – Rest Area Travoy KM 575A: DC 50 kW, DC 22 kW, DC 100 kW, AC 22 kW

    – Rest Area Travoy KM 575B: DC 50 kW, DC 22 kW

     

    2. Tol Ngawi-Kertosono

    – Rest Area Travoy KM 597A: DC 50 kW, DC 22 kW

    – Rest Area Travoy KM 597B: DC 50 kW, DC 22 kW

    – Rest Area Travoy KM 626A: AC 22 kW, DC 100 kW

    – Rest Area Travoy KM 626B: AC 22 kW, DC 200 kW

     

    Ruas Surabaya-Mojokerto, Surabaya-Gempol, Pandaan-Malang dan Gempol-Pasuruan
     

    1. Tol Surabaya-Mojokerto

    – Rest Area Travoy KM 725A: DC 50 kW, DC 100 kW, AC 22 kW

    – Rest Area Travoy KM 726B: DC 50 kW

    2. Tol Surabaya-Gempol

    – Rest Area KM 753B: DC 50 kW

    – Rest Area KM 754A: DC 50 kW

    3. Tol Pandaan-Malang

    – Rest Area Travoy KM 66A: DC 50 kW

    – Rest Area Travoy KM 66B: DC 50 kW

    – Rest Area Travoy KM 84A: DC 50 kW

    – Rest Area Travoy KM 84B: DC 50 kW

    4. Tol Gempol-Pasuruan

    – Rest Area Travoy KM 792A: DC 50 kW

    – Rest Area Travoy KM 792B: DC 50 kW

    Daftar Lokasi SPKLU di Trans Sumatra

    Ruas Tol Terbanggi Besar

    1. Rest Area KM 269 B
    2. Rest Area KM 277 A
    3. Rest Area KM 306 
    4. Rest Area KM 311 A
    5. Rest Area KM 360 B

    Ruas Tol Indralaya Prabumulih

    1. Rest Area KM 56 A
    2. Rest Area KM 56 B

    Ruas Tol Lampung Selatan

    1. Rest Area KM 20 A
    2. Rest Area KM 20 B
    3. Rest Area KM 33 A
    4. Rest Area KM 33 B
    5. Rest Area KM 49 A
    6. Rest Area KM 49 B
    7. Rest Area KM 67 A
    8. Rest Area KM 67 B
    9. Rest Area KM 87 A
    10. Rest Area KM 87 B

    Ruas Tol Lampung Tengah

    1. Rest Area KM 116 A
    2. Rest Area KM 116 B
    3. Rest Area KM 163 A

    Ruas Tol Bawang Barat

    1. Rest Area KM 172 A

    Ruas Tol Tulang Bawang

    1. Rest Area KM 208 A
    2. Rest Area KM 215 B

    Ruas Tol Mesuji 

    1. Rest Area KM 234 A 

  • AP II: Tiket pesawat Jakarta ke Bengkulu hingga 30 Maret habis terjual

    AP II: Tiket pesawat Jakarta ke Bengkulu hingga 30 Maret habis terjual

    Bahwasanya untuk tiket dari Jakarta ke Bengkulu sampai H-1 Idul Fitri telah habis terjual

    Kota Bengkulu (ANTARA) – PT Angkasa Pura (AP) II kantor Cabang Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu mencatat penjualan tiket pesawat dari Jakarta ke Bengkulu hingga H-1 Idul Fitri 1446 Hijriah atau 30 Maret 2025 telah habis terjual.

    “Bahwasanya untuk tiket dari Jakarta ke Bengkulu sampai H-1 Idul Fitri telah habis terjual,” kata Asisten Manager Airport Operation And Service Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu Ilham Wahyudin di Kota Bengkulu, Jumat.

    Ia menyebutkan, pada hari biasa penerbangan di Bandara Fatmawati Soekarno terdapat 12 hingga 16 penerbangan baik tu yang melakukan berangkat ataupun datang ke Bengkulu.

    Namun, selama arus mudik Idul Fitri 1446 Hijriah tercatat sebanyak 23 penerbangan yang terdiri pesawat kedatangan dan keberangkatan dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.

    Menurut Ilham, diprediksi puncak puncak arus mudik dari Jakarta ke Bengkulu terjadi pada Sabtu 29 Maret 2025 dan diperkirakan penumpang yang tiba mencapai 2.600 sampai 2.800 orang.

    Sementara itu, PT AP II Kantor Cabang Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu telah menambah tiga rute penerbangan di Provinsi Bengkulu jelang perayaan Idul Fitri 1446 Hijriah.

    Penambahan rute penerbangan tersebut dengan tujuan Kota Bengkulu menuju Provinsi Sumatera Barat, Provinsi Lampung, serta Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu dan sebaliknya.

    Sebab, berdasarkan data sejak 21 hingga 26 Maret 2025 sebanyak 9.436 pemudik dari luar Provinsi Bengkulu tiba di Bandara Fatmawati Bengkulu dengan total penerbangan mencapai 102 penerbangan.

    Selain itu, pihaknya juga telah menambah tiga ekstra jadwal penerbangan menjelang hari raya Idul Fitri 1446 Hijriah dengan jadwal penerbangan akan dilakukan pada 27 dan 29 Maret 2025.

    Untuk maskapai yang menambah jam penerbangan tersebut yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air yang akan melayani pemudik selama puncak arus mudik lebaran Idul Fitri 1446 Hijriah di Provinsi Bengkulu.

    Ia menyebutkan, dua maskapai tersebut menambah jadwal tambahan penerbangan pada 27 dan 29 Maret 2025 sebanyak tiga jam terbang yang terdiri atas dua penerbangan dari maskapai Garuda Indonesia dan satu dari Lion Air.

    Pewarta: Anggi Mayasari
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2025

  • Puncak arus mudik di Bandara Radin Inten terjadi pada 29 Maret

    Puncak arus mudik di Bandara Radin Inten terjadi pada 29 Maret

    estimasi jumlah penumpang pengguna layanan transportasi udara diperkirakan lebih dari 4.000 orang

    Bandarlampung (ANTARA) – Pengelola Bandar Udara Radin Inten II Lampung memprediksi bahwa puncak arus mudik Lebaran 2025 melalui bandara itu terjadi pada 29 Maret 2025.

    “Kami memprediksi puncak arus mudik di Bandara Radin Inten terjadi nanti pada Sabtu (29/3),” ujar Asisten Manager of Airport Operation and Service Bandara Radin Inten II Latif Nur Sasongko di Bandarlampung, Jumat.

    Ia mengatakan estimasi jumlah pergerakan pesawat pada puncak arus mudik Lebaran 2024 ada sebanyak 30 pergerakan pesawat.

    “Sedangkan untuk estimasi jumlah penumpang pengguna layanan transportasi udara diperkirakan lebih dari 4.000 orang,” katanya.

    Dia menjelaskan estimasi jumlah penumpang dan pergerakan pesawat tersebut diperkirakan terus terjadi hingga arus balik pada 5 April 2025.

    “Tahun ini pergerakan pesawat dan penumpang ramai lancar, sebab beberapa hal telah disiapkan untuk memperlancar proses perjalanan penumpang,” ucap dia.

    Ia melanjutkan untuk memperlancar proses perjalanan penumpang di arus mudik dan balik Bandara Radin Inten II Lampung telah meniadakan pemeriksaan pertama di area check in.

    “Pemeriksaan pertama di area check in memang sudah ditiadakan sejak beberapa waktu lalu. Dan ternyata ini cukup signifikan dalam memperlancar proses perjalanan penumpang tanpa mengesampingkan aspek keselamatan penumpang,” tambahnya.

    Sebelumnya sebanyak 3.900 orang penumpang telah menggunakan layanan transportasi udara di Bandara Radin Inten II Lampung pada empat hari menjelang (H-4) Lebaran 2025.

    Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Barisan Antrean Diserobot, Pemudik Ricuh di Pelabuhan Merak

    Barisan Antrean Diserobot, Pemudik Ricuh di Pelabuhan Merak

    Liputan6.com, Banten – Kericuhan kecil sempat terjadi di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Merak, Jumat siang (28/3/2025). Sejumlah pemudik pejalan kaki yang sudah 4 jam mengantre untuk bisa menyeberang ke Bakauheni protes lantaran antreannya diserobot pemudik lainnya. Adu mulut pun sempat terjadi sebelum akhirnya petugas ASDP turun tangan memperbaiki keadaan. 

    “Kerja sama dari petugas ASDP Merak, harusnya ada yang stanby, jadi malah kita yang pada emosi jadinya,” kata Sri Wahyuni, seorang pemudik tujuan Lampung, seperti dikutip dari laporan Liputan6 SCTV.

    Bukan tanpa sebab dirinya emosi, pasalnya dia dan para pemudik yang lain sudah mengantre lama dari belakang, namun tiba-tiba ada yang menyerobot barisan di depan.

    “Kita capek ngantre dari belakang, kenapa ada yang langsung masuk dari depan nyerobot, kan gak baik itu juga. Harusnya ada bantuan,” katanya lagi.

    Sebelumnya antrean penumpang di Dermaga 6 Pelabuhan Merak, Banten, yang hendak memasuki kapal penyeberangan membeludak pada Kamis malam.

    Petugas dari PT Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry (ASDP) yang melayani para pemudik nampak kewalahan mengatur antrean kendaraan.

    Adapun pada hari biasa, gerbang masuk menuju kapal dari Dermaga 6 hanya melayani penumpang eksekutif. Namun sejak arus mudik, semua dermaga dijadikan reguler.

    Antrean yang semula terdiri dari tiga baris menjadi tak karuan lantaran para penumpang berebutan masuk. Petugas sempat memperingatkan  penumpang yang menyerobot antrean pemudik yang sedari awal mengantre sesuai baris.

    “Di sini sudah penuh, sesak. Masih bisa pindah ke (pintu) reguler. Kasihan yang dari tadi antre jadi sesak-sesakan. Apalagi ada anak-anak, ada nenek-nenek juga ini,” kata petugas sambil menyorot antrean menggunakan senter.

    Para penumpang pun nampak terburu-buru berebut tempat terbaik di dalam kapal penyeberangan tanpa menghiraukan imbauan petugas.

    Beberapa anak yang terhimpit antrean memanggil orang tua mereka. “Mama mama,” kata salah seorang anak.

    Demikian pun beberapa orang tua yang berhasil melewati pintu masuk mencari anak mereka yang sempat lepas dari pantauan.

    “Anak saya mana, anak saya mana,” kata seorang ibu yang tidak sadar anaknya berada tepat di belakangnya.

    Tepat pada pukul 23.15 WIB, antrean di pintu Dermaga 6 sudah mulai kosong lantaran Kapal Batumandi yang bakal menyeberangkan para penumpang itu segera berlabuh sebelum pukul 24.00 WIB.

     

  • BPJN Lampung tangani 5 titik longsor baru di ruas Liwa-Gunung Kemala

    BPJN Lampung tangani 5 titik longsor baru di ruas Liwa-Gunung Kemala

    Akibat curah hujan tinggi dan cuaca ekstrem pada Januari telah terjadi longsor di ruas jalan nasional Lintas Barat Kota Liwa-Gunung Kemala

    Bandarlampung (ANTARA) – Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Lampung telah melakukan penanganan lima titik longsor baru yang ada di sepanjang ruas jalan Lintas Barat Kota Liwa-Gunung Kemala.

    “Akibat curah hujan yang tinggi dan cuaca ekstrem pada Januari telah terjadi longsor di ruas jalan nasional Lintas Barat Kota Liwa-Gunung Kemala,” ujar Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Lampung Susan Novelia di Bandarlampung, Jumat.

    Ia mengatakan dengan adanya cuaca ekstrem tersebut, longsor yang terjadi di lima titik itu telah mengenai bahu jalan dengan panjang ruas jalan yang terkena sepanjang 80 meter.

    “Kami sudah melakukan penanganan dan kemarin sudah diserahkan desainnya. Dalam penanganan ini karena ada efisiensi anggaran, kami sedang meminta pendanaan dari pusat melalui anggaran tanggap darurat dan mendesak,” katanya.

    Dia melanjutkan untuk penanganan yang dilakukan yaitu menggunakan bronjong, meletakkan karung pasir, dan penguatan tebing di sepanjang bahu jalan.

    “Saat ini sudah masuk dalam masa transisi pemulihan permanen, dan biaya yang dibutuhkan untuk perbaikan lima titik longsor ini sebesar Rp9 miliar,” ucap dia.

    Ia menjelaskan, pihaknya sudah memasang rambu-rambu peringatan di sekitar lokasi longsor baru tersebut, untuk memberi peringatan kepada masyarakat yang hendak melintas agar lebih berhati-hati karena lokasi cukup berbahaya.

    “Meski ada efisiensi kami tetap berupaya dengan anggaran terbatas memberi layanan optimal ke masyarakat. Sebab preservasi jalan ini harus berkelanjutan, karena lubang kecil harus cepat ditangani jangan sampai menjadi besar dan pemeliharaan jadi mahal,” tambahnya.

    Menurut dia, untuk mencegah terjadi peristiwa berbahaya, pihaknya telah melakukan pembatasan tonase kendaraan yang melintas dengan bekerja sama dengan petugas Satlantas setempat.

    “Curah hujan ini masih tinggi, hingga April jadi kami mengimbau masyarakat yang menggunakan ruas jalan nasional untuk terus berhati-hati,” ujar dia lagi.

    Pewarta: Ruth Intan Sozometa Kanafi
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

  • Menteri Dody Lepas Keberangkatan 473 Peserta Mudik Gratis Idulfitri 1446 H

    Menteri Dody Lepas Keberangkatan 473 Peserta Mudik Gratis Idulfitri 1446 H

    Jakarta, Beritasatu.com – Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo secara resmi melepas 473 peserta program mudik gratis Idulfitri 1446 Hijriah di Kantor Kementerian PU, Jakarta, pada Kamis (27/3/2025). Program ini diperuntukkan bagi pegawai Kementerian PU beserta anggota keluarganya, sebagai bagian dari upaya mendukung kelancaran arus mudik dan memberikan fasilitas perjalanan yang lebih aman dan nyaman.

    Dody menyampaikan, pelaksanaan pelepasan mudik ini merupakan bentuk dukungan untuk seluruh tingkatan pegawai PU. Apalagi, menurutnya saat ini sulit mendapatkan transportasi dalam waktu dekat.

    “Program ini merupakan bentuk dukungan kami bagi seluruh pegawai Pekerjaan Umum di berbagai tingkatan. Di masa-masa seperti ini, akses transportasi biasanya cukup sulit. Dengan adanya program mudik gratis ini, kami tidak hanya membantu para pegawai agar bisa pulang dengan lebih nyaman, tetapi juga turut berkontribusi dalam mengurangi volume arus mudik Lebaran,” ujar Dody kepada wartawan di kantor Kementerian PU, Jakarta, Kamis (27/3/2025).

    Lebih lanjut, Dody menyampaikan kesiapan Kementerian PU dalam memastikan perjalanan mudik, khususnya dari segi infrastruktur. Pihaknya akan terus memantau kesiapan mudik secara berkala dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti saat ini.

    “Kalau dari sisi kesiapan jalan insya Allah sudah. Tapi kan kita secara berkala harus tetap turun ke bawah untuk melihat (kesiapan mudik),” tandas Dody.

    Adapun penyediaan bus untuk mudik gratis 2025 ini berjumlah 11 unit dengan rincian sembilan unit dari Sekretariat Dewan Pengurus (DP) Korpri Kementerian PU dan dua dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk.

    Program Mudik gratis ini diikuti oleh 473 peserta, yang dilayani oleh 11 bus dengan tujuan ke berbagai kota, seperti Semarang, Yogyakarta, Solo, Purwokerto, Surabaya, dan Lampung. Setiap peserta mendapatkan fasilitas berupa kaos, jaket, serta makanan untuk berbuka puasa selama perjalanan.

    Sekretaris DP Korpri Kementerian PU, Retno Triyanti Handayani menyampaikan kegiatan mudik ini terselenggara dari sumbangan sukarela yang terkumpul melalui donasi Korpri PU Peduli dan dikoordinir oleh DP Korpri Kementerian PU.

    “Alhamdulillah sumber dana mudik gratis pada tahun ini bukan berasal dari APBN,” pungkas Retno.

    Transjawa Jadi Titik Rawan Kemacetan

    Ditambahkan Dody, wilayah Transjawa menjadi salah satu titik rawan macet yang terjadi pada mudik tahun ini. Mulai dari Karawang sampai di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Timur. 

    “Itu memang saya sempat beberapa kali jalan di situ. Jalan sudah agak gelombang. Kalau lubang sudah beres tinggal gelombang-gelombang itu. Kita akan mulai kerjakan setelah lubang-lubang itu dengan menggunakan dana loan,” tambahnya.

  • Lomba angkat beban di Pelabuhan Merak; Thorir VS troli

    Lomba angkat beban di Pelabuhan Merak; Thorir VS troli

    Jakarta (ANTARA) – Puluhan pria paruh baya berseragam merah ke sana ke mari membawa barang bawaan. Tak tanggung-tanggung, satu orang bisa membawa hingga dua koper milik pemudik di Dermaga 6 Pelabuhan Merak, Banten, Jumat dini hari.

    Bagi seorang pemudik, koper-koper itu bukan hanya berisi pakaian, juga barang-barang apa saja yang bisa muat untuk dibawa kepada keluarga di kampung. Wajar, karena tidak ada batas berat untuk barang bawaan penumpang kapal.

    Bagi para porter, koper-koper berat itu adalah rezeki, pun jika seberat bongkah besi, masih tetap rezeki. Pasalnya, setiap koper yang mereka angkut dari terminal pelabuhan menuju kapal penyeberangan adalah rupiah yang bakal mereka kantongi; sesuatu yang semakin sulit mereka dapatkan.

    Porter-porter Pelabuhan Merak adalah sebagian dari segelintir orang yang jarang mengecap mudik. Selain karena harus tetap mencari nafkah, kampung halaman mereka juga berada di sekitar pelabuhan.

    Kapan pun kapal bersandar, mereka selalu siaga. Mata mereka yang merah dan kantuk tak letih untuk jeli mencari pemudik yang butuh dibawakan barang-barangnya. Tak terkecuali, Thorir.

    Pria berusia 42 tahun itu duduk tertegun di pojok luar sebuah tenan kopi Dermaga 6 Pelabuhan Merak. Matanya merah dan mengantong lantaran rasa kantuk yang luar biasa.

    Bagaimana tidak, Thorir dan puluhan kawan porter-nya telah bekerja mulai Kamis (27/3) pagi. Sif mereka bakal berakhir pada Jumat pagi. Setelah itu, Thorir dan teman-temannya bakal diganti oleh gelombang porter yang lain.

    Tak seperti beberapa temannya yang mulai tidur berdiri, Thorir masih membuka matanya lebar-lebar. Kedua tangannya disilang ke dada, dengan telapak tangan yang satu menggenggam lengan yang lain.

    Sepatunya lusuh, mulai habis di bagian tumit. Nampaknya sudah dipakai bertahun-tahun. Tak lupa ia kenakan topi putih bertuliskan kata-kata kontemporer itu.

    Kendati pun sebagian dari mereka mulai tidur berdiri, mereka tetap siaga menjaga barang bawaannya. Jika terjadi sesuatu pada barang-barang itu, hilang atau rusak, maka bukan rezeki mereka saja yang ikut lecet, tetapi bisa saja nasib mereka juga.

    Seorang teman Thorir benar-benar tidur berdiri. Pria itu berdiri sambil menutup mata dan tiba-tiba ketika membuka mata, ia terlihat seperti baru saja bangun dari tidur 5 jam.

    Sebuah kemampuan yang hanya didapatkan oleh orang-orang yang bekerja bertahun-bertahun untuk mengangkat beban bawaan penumpang 24 jam dalam sehari, meskipun tidak setiap hari.

    VS Troli

    Di tengah perang dingin mereka melawan rasa kantuk, suara troli besi di belakang para porter nyaring terdengar. Gesekan ban troli dan getaran besinya terdengar oleh hampir satu bangunan dermaga.

    Rombongan pemudik yang terdiri dari beberapa keluarga mendorong sebanyak enam troli, tak beda jauh dengan jumlah porter di pintu Dermaga 6 yang tengah menunggu pintu itu dibuka.

    Mata para porter itu, termasuk Thorir, tiba-tiba lesu. Lagi-lagi pekerjaan mereka direnggut oleh kerangka besi yang bisa dengan mudah didorong dan ditarik.

    Mata Thorir layu. Ia baru saja mengkalkulasikan jumlah uang yang bisa saja ia dapatkan jika barang bawaan di salah satu troli itu dia yang mengangkut.

    Namun apalah daya, troli itu fasilitas gratis dan bahkan bisa dipakai untuk bermain mobil-mobilan anak kecil. Sementara Thorir dan teman-temannya menyediakan jasa pengangkutan berbayar dan tidak bisa diajak bermain mobil-mobilan pula.

    Dalam pengakuan Thorir, kedatangan troli-troli di Dermaga 6 Pelabuhan Merak sejak 2024 itu membuat segalanya berubah. Para penumpang yang awalnya selalu menggunakan jasa para porter saking beratnya barang bawaan, kini lebih memilih menggunakan troli.

    Sebelum troli-troli itu didatangkan pihak pelabuhan, Thorir mengaku seorang porter bisa mendapat 10 hingga 15 kali angkutan dalam 24 jam kerja.

    Namun kini, mendapat lima barang angkutan sehari susahnya bukan kepalang. Pada hari-hari biasa, satu kali angkutan yang bisa sampai dua koper, Thorir biasanya dibayar Rp10 rib-Rp20 ribu. Namun pada saat Lebaran, bayaran mereka bisa menyentuh Rp30 ribu sekali angkut.

    Tak jarang para porter terlibat selisih paham dengan penumpang yang mengira porter-porter itu akan memaksa. Risiko itu sudah biasa dihadapi oleh Thorir dan kawan-kawan.

    Thorir adalah ayah dari tiga orang anak. Anak pertamanya telah berpulang ke hadirat Tuhan, anak keduanya masuk pesantren dan anak ketiganya masih duduk di sekolah dasar.

    Jika sif-nya sepi atau berakhir dalam 24 jam, maka besoknya Thorir hanya akan tidur beberapa jam dan lanjut bekerja sebagai kuli proyek atau penjaga truk yang hendak menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

    Intinya pekerjaan-pekerjaan kasar di Pelabuhan Merak bakal dilakoninya jika bisa mendatangkan rupiah. Thorir sadar, dirinya tak bisa sepenuhnya bersandar pada pekerjaan porter.

    Apalagi Thorir masuk dalam golongan pekerja yang yang tidak mendapat tunjangan hari raya. Hanya satu kantong berisi sejumlah sembako, bentuk belas kasih dari pihak pelabuhan. Hal itu dianggap wajar oleh Thorir, lantaran ia dan teman-temannya bukan pekerja tetap atau kontrak.

    Pintu Dermaga 6 menuju kapal penyeberangan tiba-tiba terbuka. Thorir dan kawan-kawannya yang sedari tadi ngantuk habis-habisan tiba-tiba langsung segar dan bergegas mengangkat barang-barang angkutan mereka.

    Para porter dipesankan para penumpang agar mencari tempat terbaik di dalam kapal. Para porter itu pun berlarian menuju kapal agar mendapat tempat terbaik bagi pelanggannya, berharap bakal ada yang lebih yang diberi jika misi itu berhasil.

    Antrean penumpang di Dermaga 6 Pelabuhan Merak, Banten yang hendak memasuki kapal penyeberangan membeludak pada Kamis (27/3/2025) malam. ANTARA/Risky Syukur

    Usai disusul dan diberi upah oleh penumpang pemilik barang, para porter kembali ke terminal pelabuhan untuk kembali berburu beban, menawarkan jasa mereka kepada penumpang demi penumpang.

    Mereka harus segera bergegas, lantaran sif mereka bakal segera berakhir. Belum lagi jika troli-troli pencabut rezeki itu kelihatan oleh para penumpang, maka sirna sudah rezeki mereka.

    Editor: Sapto Heru Purnomojoyo
    Copyright © ANTARA 2025

  • Profil Kolonel Inf Eko Syah Putra Siregar Kapendam Sriwijaya yang Diteror dan Ditantang Duel Sosok Misterius

    Profil Kolonel Inf Eko Syah Putra Siregar Kapendam Sriwijaya yang Diteror dan Ditantang Duel Sosok Misterius

    loading…

    Kapendam Sriwijaya Kolonel Inf Eko Syah Putra Siregar mendapat teror dari orang tidak dikenal. Foto/SindoNews

    JAKARTA – Kolonel Inf Eko Syah Putra Siregar yang belum lama ini mencuri perhatian karena kasus penembakan polisi kini dikabarkan tengah diteror dari orang tidak dikenal.

    Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) II/Sriwijaya, Kolonel Inf Eko Syah Putra Siregar mendapat teror spam chat di aplikasi WhatsApp yang diduga dikendalikan secara otomatis.

    Teror itu ditujukan padanya diduga karena buntut kekecewaan oknum yang tidak suka jika Eko memberikan statemen di media tentang dugaan adanya aliran uang judi terkait tewasnya tiga anggota kepolisian.

    Terkait adanya dugaan bagi-bagi uang hasil judi sabung ayam tersebut didapatkan berdasarkan keterangan para terduga pelaku yang kini telah ditahan Denpom.

    Merespons hal tersebut, Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika menegaskan isu dugaan setoran itu perlu dibuktikan agar tidak menjadi fitnah.

    Profil Kolonel Inf Eko Syah Putra SiregarKolonel Inf Eko Syah Putra Siregar diketahui merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 2001. Dalam riwayat kariernya, ia sempat mengisi sejumlah posisi penting.

    Inspirasi menjadi prajurit sendiri datang dari kakak-kakak kelasnya yang berhasil menjadi perwira TNI. Dari pihak keluarga Eko sendiri tidak ada yang punya latar belakang militer. Kolonel Inf Eko dalam riwayat kariernya sempat dipercaya menjadi Dandim 0503 Jakarta Barat dan Dandim Depok.

    Selain itu, ia juga memiliki pengalaman di Staf Intelijen Markas Besar Angkatan Darat (Mabesad) serta bertugas di Batalyon 328 Cilodong, Divisi Satu Kostrad, selama enam tahun.

    Belum lama ini nama Eko Syah Putra Siregar menjadi sorotan setelah peristiwa penembakan tiga anggota kepolisian di lokasi judi sabung ayam, Way Kanan, Lampung.