provinsi: KALIMANTAN TIMUR

  • AHY Tawarkan 18 Proyek Infrastruktur ke Investor, Ada 3 Tol Ini

    AHY Tawarkan 18 Proyek Infrastruktur ke Investor, Ada 3 Tol Ini

    Daftar Isi

    Jakarta, CNBC Indonesia – Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak para investor global untuk mengambil peran dalam transformasi infrastruktur Indonesia. Dalam pertemuan International Conference on Infrastructure (ICI) 2025 di Jakarta, AHY menyampaikan infrastruktur Indonesia tak lagi dilihat sebagai proyek-proyek terpisah, tetapi sebagai sistem yang saling terhubung dan menopang ketahanan nasional.

    “Infrastruktur bukan sekadar proyek-proyek terpisah. Ini tentang sistem, jaringan, dan ketahanan. Setiap jalan tol baru harus membuka potensi ekonomi. Setiap pelabuhan baru harus menyatu dalam ekosistem logistik nasional,” kata AHY saat membuka rangkaian acara ICI 2025 di JCC, Jakarta, Rabu (11/6/2025).

    AHY menekankan lima prioritas pembangunan infrastruktur yang selaras dengan visi Presiden Prabowo Subianto, yaitu ketahanan pangan dan air, energi bersih, konektivitas terintegrasi, kota layak huni, serta pembiayaan infrastruktur berkelanjutan.

    “Indonesia terbuka untuk investasi. Namun kami juga tegas bahwa investasi harus selaras dengan prioritas nasional, komitmen iklim, dan pembangunan yang berpusat pada manusia,” ujarnya.

    Adapun untuk sejumlah proyek infrastruktur yang ditawarkan dalam forum ICI 2025, diantaranya sebagai berikut:

    Proyek Transportasi & Jalan Tol

    Tol Gilimanuk-Mengwi (Bali) Panjang 96,84 Km, nilai investasi US$ 1,56 miliar. Proyek PSN ini menghubungkan Pelabuhan Gilimanuk ke wilayah metropolitan Bali.
    Tol Pejagan-Cilacap (Jawa Tengah) Panjang ±95,39 km, nilai investasi US$ 1,69 miliar. Meningkatkan konektivitas koridor utara-selatan Pulau Jawa.
    Tol Sentul Selatan-Karawang Barat (Jawa Barat) Panjang 60,36 km, nilai investasi US$ 2,13 miliar. Bagian dari jaringan JORR 3 untuk mengurai kemacetan Jabodetabek.

    Proyek Energi Terbarukan

    PLTM Leuwikeris (Jawa Barat) Kapasitas 7,4 MW (megawatt), nilai investasi US$ 16 juta. Memanfaatkan debit Bendungan Leuwikeris untuk pembangkit listrik bersih.
    PLTM Tapin (Kalimantan Selatan) Kapasitas 3,32 MW, nilai investasi US$ 5 juta. Mendukung operasional Bendungan Tapin dan target energi terbarukan nasional.
    PLTM Way Sekampung (Lampung) Kapasitas 5,4 MW, nilai investasi US$ 7,25 juta. Terletak di area Bendungan Way Sekampung, tanpa dukungan fiskal pemerintah.
    PLTM Cipanas (Jawa Barat) Kapasitas 3,0 MW, nilai investasi US$ 4,81 juta. Berada di Bendungan Cipanas, Sumedang, berbasis DBFOMT.
    PLTM Karalloe (Sulawesi Selatan) Kapasitas 4,5 MW, nilai investasi US$ 7,94 juta. Menyasar suplai listrik hijau dari debit air Bendungan Karalloe.

    Proyek Pengelolaan Limbah

    Pengelolaan Sampah Manggar (Balikpapan, Kalimantan Timur) Nilai investasi US$ 115,16 juta. Proyek TPA berbasis Waste-to-Energy dengan kapasitas 750 ton/hari, skema DBFOM.

    Proyek Transportasi Perkotaan & TOD

    Perpanjangan Jalur MRT Lebak Bulus-Pondok Cabe-Rawa Buntu (Jakarta-Tangsel) Panjang 22,6 km, 12 stasiun, nilai investasi US$ 1,25 miliar. Melayani ±204 ribu penumpang/hari.
    Akses Kereta ke Pelabuhan Patimban (Jawa Barat) Panjang ±40 km, nilai investasi US$ 771 juta. Jalur kereta barang mendukung volume 3,8 juta TEUs/tahun.
    Bandara Singkawang (Kalimantan Barat) Nilai investasi US$ 52,5 juta. Alternatif bandara untuk kawasan Singkawang dan sekitarnya dengan potensi 1,5 juta penduduk.
    Terminal Poris Plawad TOD (Tangerang) Nilai investasi US$ 106,1 juta. Pengembangan terminal terpadu dengan kawasan komersial dan hunian vertikal.
    Terminal Purabaya TOD (Sidoarjo, Jatim) Nilai investasi US$ 111,6 juta. Modernisasi terminal bus terbesar Indonesia, mendukung pariwisata dan transportasi regional.

    Proyek Perumahan & Urban Redevelopment

    Revitalisasi Rusun Pasar Jumat – TOD Lebak Bulus (Jakarta) Nilai investasi US$ 56 juta. Pembangunan 2.170 unit apartemen dalam skema TOD di dekat MRT dan busway.
    Karawaci City (Tangerang) Luas 3,8 ha, nilai investasi US$ 78,76 juta. Hunian vertikal premium dekat rumah sakit, sekolah, dan jalan tol.
    Pasir Gadung Sky Village (Cikupa, Tangerang) Nilai investasi US$ 45,26 juta. Hunian vertikal strategis untuk komuter Jakarta, total 1.792 unit.
    Maja Green Living (Lebak, Banten) Nilai investasi US$ 5,6 juta. Rumah tapak dalam kawasan hijau, 624 unit di area 7,5 ha.

    Lebih jauh, AHY juga menegaskan pentingnya reformasi pembiayaan. “Tidak ada visi yang dapat terwujud tanpa pembiayaan yang layak,” katanya.

    Ia pun mendorong skema Private Public Partnership (PPP), obligasi hijau, dan blended finance sebagai fondasi pembiayaan jangka panjang.

    “Kami mengundang investor global, bukan hanya untuk meraih keuntungan, tetapi untuk menjadi mitra dalam transformasi jangka panjang,” pungkas AHY.

    (wur)

  • Di Depan Investor, Menteri PU Tawarkan 9 Proyek Tol-PLTM Rp 90,21 T

    Di Depan Investor, Menteri PU Tawarkan 9 Proyek Tol-PLTM Rp 90,21 T

    Jakarta

    Menteri Pekerjaan Umum (PU) Dody Hanggodo menawarkan 9 proyek kepada investor di acara International Conference of Infrastructure (ICI) yang diselenggarakan Kementerian Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan. Total proyek tersebut mencapai Rp 90,21 triliun.

    “Saya sangat berharap dalam ICI hari ini, 9 (proyek) di antaranya dengan sekitar Rp 90 triliun terbuka untuk investasi baru,” kata Dody dalam acara ICI di Jakarta International Convention Center (JICC), Jakarta Pusat, Rabu (11/6/2025).

    Proyek yang Ditawarkan

    Proyek tersebut terdiri dari lima proyek sumber daya air (SDA) senilai Rp 657,18 miliar, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Minihidro (PLTM) 5,4 megawatt (MW) di Bendungan Way Sekampung, PLTM 3,32 MW di Bendungan Tapin, PLTM 7,4 MW di Bendungan Leuwikeris, PLTM 3 MW di Bendungan Cipanas, dan PLTM 4,32 MW di Bendungan Karalloe.

    Kemudian, ada tiga proyek tol yang ditawarkan senilai Rp 87,65 triliun, yakni Tol Gilimanuk-Mengwi, Tol Pejagan-Cilacap, dan Tol Sentul Selatan-Karawang Barat. Terakhir, proyek limbah senilai Rp 1,9 triliun yang ditawarkan,yaitu pengelolaan sampah Manggar di Balikpapan, Kalimantan Timur.

    “Inilah momen kita. Mari kita bergandengan tangan dan membangun infrastruktur yang benar-benar penting, terutama untuk negara kita Indonesia,” ucap Dody.

    Sebagai informasi, ICI adalah konferensi internasional tentang infrastruktur yang diadakan pada 11-12 Juni 2025 di JICC. Acara ini menjadi wadah bagi para pemangku kepentingan baik dari sektor pemerintah maupun swasta untuk membahas isu-isu terkait pembangunan dan infrastruktur, sekaligus menjadi pendorong peluang bisnis dan investasi.

    ICI 2025 menargetkan partisipasi 3.000 peserta dari pemangku kepentingan bidang infrastruktur yang mencakup pemerintah, swasta, lembaga keuangan, lembaga internasional dan pihak lain seperti organisasi filantropi dan lembaga riset.

    (aid/ara)

  • Terungkap Alasan IMC Pelita Logistik Namai Kapalnya JKW Mahakam dan Dewi Iriana

    Terungkap Alasan IMC Pelita Logistik Namai Kapalnya JKW Mahakam dan Dewi Iriana

    Bisnis.com, JAKARTA — PT IMC Pelita Logistik Tbk (PSSI) buka suara penamaan kapal JKW Mahakam dan Dewi Iriana yang diduga mengangkut nikel dari kawasan Raja Ampat, Papua Barat Daya.

    Nama armada kapal itu menjadi sorotan warganet. Di media sosial X, tak sedikit yang berspekulasi mengaitkan nama armada kapal tersebut dengan nama Presiden ke-7 RI Joko Widodo (Jokowi) dan istrinya, Iriana, karena kemiripan nama.

    Kapal bernama JKW Mahakam dan Dewi Iriana itu belakangan diketahui adalah milik PSSI. PSSI pun mengatakan pemilihan nama JKW Mahakam dan Dewi Iriana  dilakukan berdasarkan keputusan internal. Perseroan juga mengklaim, nama kedua kapal itu tak merujuk pada tokoh publik mana pun.

    “Penamaan kapal ‘JKW Mahakam’ dan ‘Dewi lriana’ dilakukan oleh perseroan berdasarkan pertimbangan internal dan tidak dimaksudkan untuk merujuk atau mengasosiasikan dengan tokoh publik mana pun, serta mengacu pada wilayah operasional di Kalimantan Timur khususnya sekitar Sungai Mahakam,” kata perseroan melalui keterangan resmi, Selasa (10/6/2025).

    PSSI menegaskan bahwa pihaknya merupakan perusahaan jasa logistik laut yang bergerak di bidang angkutan barang curah khususnya produk mineral melalui penyewaan kapal kepada berbagai klien di Indonesia.

    Menurut perseroan, kegiatan usaha ini dilakukan berdasarkan kontrak kerja dan tunduk pada ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.

    Perseroan juga menegaskan bahwa tidak memiliki afiliasi kepemilikan, atau keterlibatan dalam aktivitas pertambangan, termasuk yang berada di wilayah Raja Ampat.

    “Dokumentasi yang beredar merupakan dokumentasi lama dan tidak mencerminkan kondisi operasional saat ini. Kapal yang disebut dalam pemberitaan saat ini sedang beroperasi di wilayah Kalimantan Timur dan tidak terkait dengan aktivitas pengangkutan di wilayah Raja Ampat,” kata PSSI.

    PSSI menambahkan bahwa peran perseroan murni sebagai penyedia jasa transportasi laut, dan kegiatan operasional kapal-kapal dilakukan oleh penyewa berdasarkan kebutuhan logistik mereka.

    Sebelumnya, aktivitas tambang nikel di Pulau Gag juga tengah menjadi sorotan karena dinilai merusak lingkungan. Kegiatan tambang dituding mengancam kawasan pariwisata Papua Barat Daya.

    Belakangan, jagat media sosial dihebohkan dengan kapal pengangkut nikel dari pulau tersebut yang bernama TB JKW Mahakam dan Dewi Iriana.

    Berdasarkan penelusuran Bisnis, Senin (9/6/2025), jika merujuk pada website Direktorat Perkapalan dan Kepelautan (Ditkapel) Kementerian Perhubungan (Kemenhub), terdapat delapan kapal bernama JKW Mahakam.  

    Perinciannya, JKW Mahakam 1, JKW Mahakam 2, JKW Mahakam 3, JKW Mahakam 5, JKW Mahakam 6, JKW Mahakam 7, JKW Mahakam 8, dan JKW Mahakam 11.  

    Setengah dari jumlah kapal bernama JKW Mahakam itu adalah milik PT Pelita Samudera Sreeya (PSS), anak usaha PSSI. Perinciannya, kapal milik PSS itu adalah JKW Mahakam 3, 10, 6, dan 1.

    Sementara itu, kapal bernama Dewi Irina terdapat enam unit. Perinciannya, Dewi Iriana 1, Dewi Iriana 2, Dewi Iriana 3, Dewi Iriana 5, Dewi Iriana 6, dan Dewi Iriana 8. PSSI dan anak usahanya PSS menjadi mayoritas pemilik kapal, yakni Dewi Iriana 1, 2, 3, dan 5.

    PSSI merupakan perusahaan publik yang bergerak di sektor pelayaran dan jasa pengangkutan laut. Jasa angkutan meliputi pengangkutan barang mineral, batu bara, nikel, pasir silika, dan besi antar pulau maupun ke luar negeri.

    Perusahaan itu didirikan pada 2007 dengan nama awal PT Pelita Samudera Shipping Tbk. Kemudian, berubah nama menjadi PSSI pada 2022. Mayoritas saham PSSI dikendalikan oleh PT Indoprima Marine dengan kepemilikan 43,83% saham per 31 Maret 2025.

    PT Indoprima Marine juga memegang 45% saham dari PSS. Adapun, PT Indoprima Marine dikendalikan oleh PT Himpunan Primajaya yang sahamnya dimiliki oleh Constant Marino Ponggawa dan Al Hakim Hanafiah. 

  • Libur panjang, JNT layani lebih dari 700.000 kendaraan di ruas tol regional nusantara

    Libur panjang, JNT layani lebih dari 700.000 kendaraan di ruas tol regional nusantara

    Sumber foto: Misriadi/elshinta.com.

    Libur panjang, JNT layani lebih dari 700.000 kendaraan di ruas tol regional nusantara
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Selasa, 10 Juni 2025 – 13:35 WIB

    Elshinta.com – Selama periode libur panjang dalam rangka Hari Raya Iduladha 1446 H/2025, Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division (JNT/Regional Nusantara) mencatatkan peningkatan volume lalin sejumlah ruas tol Regional Nusantara yang beroperasi di Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara dan Bali. 

    Beradasarkan Press Release tertulis dari Jasamarga Nusantara Tollroad Regional Division yang di terima Kontributor Elshinta, Misriadi, Selasa (10/6), terhitung selama lima hari, yaitu sejak hari Kamis (05/06) hingga Senin (09/06), jumlah volume lalu lintas (lalin) yang melintas di ruas tol Regional Nusantara sejumlah 781.961 kendaraan atau meningkat 2,24% dibanding dengan total volume lalin normal yaitu 764.824 kendaraan.

    Ruas Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi di Sumatra Utara terdata total volume lalin selama lima hari yaitu sejumlah 72.114 kendaraan atau meningkat 10,6% dibanding total volume lalin normal yaitu 65.226 kendaraan. Berdasarkan data tersebut, 23.367 kendaraan menuju Bandar Udara Internasional Kualanamu melalui Gerbang Tol (GT) Kualanamu atau meningkat 9,02% dibanding total volume lalin normal yaitu 21.433 kendaraan. Sedangkan total volume lalin yang menuju Kota Medan melalui GT Kualanamu terdata sejumlah 21.345 kendaraan atau meningkat 6,37% dibanding total volume lalin normal yaitu 20.067 kendaraan.

    Ruas Tol Balikpapan-Samarinda di Kalimantan Timur mencatatkan total volume lalin sejumlah 66.238 kendaraan atau meningkat 7,6% dibanding total volume lalin normal yaitu 61.572 kendaraan.

    Sedangkan Ruas Tol Manado-Bitung di Sulawesi Utara terdata total volume lalin sejumlah 29.867 kendaraan atau meningkat 0,8% dibanding total volume lalin normal yaitu 29.625 kendaraan.

    Ruas Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa (Bali Mandara) mencatatkan total volume lalin 267.160  kendaraan atau meningkat 13,3% dibanding total volume lalin normal yaitu 235.715 kendaraan.

    Sumber : Radio Elshinta

  • Kabupaten Penajam tawarkan potensi investasi kepada negara asing

    Kabupaten Penajam tawarkan potensi investasi kepada negara asing

    Kami tawarkan potensi investasi yang akan berkembang ke depan tidak hanya investor dalam negeri, tapi juga kepada perwakilan negara Kanada, Turki dan Afrika Selatan,

    Penajam Paser Utara (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, menawarkan beberapa potensi investasi yang memiliki kecenderungan berkembang di kabupaten setempat kepada sejumlah negara asing.

    “Kami tawarkan peluang investasi kepada beberapa negara asing,” ujar Wakil Bupati Penajam Paser Utara Abdul Waris Muin ketika ditanya menyangkut potensi investasi di Penajam, Selasa.

    Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi wilayah strategis untuk investasi dalam maupun luar negeri, lanjut dia, sebagai daerah asal dan terdekat dengan Ibu Kota Nusantara (IKN).

    Kemudian kabupaten ini, timpal dia lagi, memiliki berbagai sektor potensial untuk dijadikan tempat investasi, mulai dari pertanian, perkebunan, perikanan, pariwisata, industri hingga energi.

    “Kami tawarkan potensi investasi yang akan berkembang ke depan tidak hanya investor dalam negeri, tapi juga kepada perwakilan negara Kanada, Turki dan Afrika Selatan,” tambahnya.

    Sektor yang ditawarkan antara lain pertanian dan perkebunan, dengan komoditas unggulan seperti padi, kelapa sawit, karet, dan hortikultura, dan saat ini Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki lahan baku sawah 7.508 hektare yang siap dikembangkan.

    Sektor perikanan dan kelautan juga menjadi peluang besar, mengingat potensi hasil laut yang melimpah serta prospek pengembangan industri pengolahan hasil laut di wilayah tersebut.

    Kawasan ekowisata sekitar 2.398 hektare di empat kecamatan menjadi salah satu potensi investasi unggulan karena kondisi masih asri, alami dan terjaga, selanjutnya juga menawarkan peluang investasi pada sektor industri yang kawasannya memiliki luas 8.650 hektare.

    “Dari kawasan industri itu 5.942 hektare lahan siap pakai didukung dengan pelabuhan bongkar muat Buluminung,” jelasnya

    Akses jalan bebas hambatan (tol) Balikpapan-Samarinda dan Bandara Nusantara yang akan segera beroperasi serta sektor energi baru terbarukan memiliki tenaga surya dan biomassa, ikut mendukung kawasan industri itu.

    Pemerintah Penajam Paser Utara juga membangun hubungan kemitraan internasional dalam investasi di sektor strategis serta kerja sama pengembangan sumber daya manusia dan pendidikan,

    Penawaran investasi tersebut disampaikan saat kegiatan Business Cooperation di Jakarta, dan perwakilan negara asing itu bakal melakukan kunjungan ke Kabupaten Penajam Paser Utara untuk melihat secara langsung potensi dan peluang investasi yang ditawarkan, demikian Abdul Waris Muin.

    Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
    Editor: Abdul Hakim Muhiddin
    Copyright © ANTARA 2025

  • Pupuk Kaltim salurkan 45 hewan kurban ke wilayah Bontang dan Fakfak

    Pupuk Kaltim salurkan 45 hewan kurban ke wilayah Bontang dan Fakfak

    Jakarta (ANTARA) – PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) menyalurkan total 45 hewan kurban ke berbagai wilayah di Kota Bontang, Kalimantan Timur, dan Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

    Seluruh rangkaian penyaluran dilakukan sebelum Hari Raya Idul Adha melalui program Employee Volunteering Initiation (Evolution), yang melibatkan karyawan untuk turun langsung ke lapangan sebagai relawan.

    “Program Evolution ini menjadi ruang bagi karyawan Pupuk Kaltim untuk tidak hanya berbagi, tetapi juga terlibat langsung di lapangan. Kami berharap penyaluran kurban ini dapat mempererat semangat kebersamaan di momen Idul Adha,” kata Direktur Utama Pupuk Kalimantan Timur Budi Wahju Soesilo dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

    Tahun ini, sebanyak 31 sapi disalurkan ke 9 kelurahan di Kota Bontang dan wilayah kantor perwakilan Pupuk Kaltim di Samarinda dan Balikpapan.

    Sementara itu, 14 sapi lainnya ditujukan kepada masyarakat di 5 distrik Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

    Seluruh bantuan disalurkan langsung oleh karyawan Pupuk Kaltim yang bergabung sebagai relawan.

    “Program ini diharapkan dapat menjadi jembatan silaturahmi keluarga besar Pupuk Kaltim dengan masyarakat sekitar. Semoga kurban ini bisa memberi manfaat yang nyata bagi para penerima,” lanjut Soesilo.

    Lebih lanjut, program Evolution merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial dan lingkungan (CSR) Pupuk Kaltim yang membuka peluang bagi karyawan untuk terlibat langsung dalam kegiatan yang berdampak bagi masyarakat dan lingkungan.

    Soesilo menuturkan kegiatan yang berlangsung pada Jumat-Sabtu, 6-7 Juni 2025 di Bontang ini melibatkan 82 karyawan dari berbagai divisi yang tidak hanya mendistribusikan bantuan, tetapi juga berinteraksi dengan masyarakat dan memastikan seluruh rangkaian kegiatan berjalan lancar.

    “Evolution bukan sekadar program CSR, inisiatif ini merupakan cara kami membangun kedekatan dan keterlibatan yang nyata antara insan Pupuk Kaltim dan lingkungan sekitar, kami percaya bahwa pelibatan insan Pupuk Kaltim dalam kegiatan sosial seperti ini akan menciptakan sinergi yang kuat, yang penting bagi masa depan perusahaan,” tambah Soesilo.

    Ke depan, program Evolution Pupuk Kaltim ditargetkan menjangkau lebih banyak penerima manfaat melalui pendekatan yang berfokus pada pemberdayaan, bukan sekadar pemberian langsung.

    Kolaborasi dan inovasi dari para karyawan Pupuk Kaltim juga akan terus ditempa agar mampu membawa dampak positif yang lebih luas.

    “Kami percaya bahwa karyawan bukan hanya bagian dari perusahaan, tetapi juga jembatan ke masyarakat. Melalui Evolution, kami ingin terus menghadirkan kontribusi nyata, bukan hanya dalam pembangunan sosial, tapi juga untuk mendukung ekonomi lokal di wilayah tempat kami beroperasi,” jelasnya.

    Pewarta: Bayu Saputra
    Editor: Kelik Dewanto
    Copyright © ANTARA 2025

  • 2 Warga Kaltim Positif Covid, Bandara Balikpapan Siaga Lagi

    2 Warga Kaltim Positif Covid, Bandara Balikpapan Siaga Lagi

    Balikpapan, Beritasatu.com – Warga Kalimantan Timur (Kaltim) dihebohkan dengan temuan dua kasus baru Covid-19 di Kota Samarinda. Dua warga tersebut dinyatakan positif berdasarkan hasil swab antigen pada Minggu (8/6/2025) dan kini tengah menjalani isolasi di RSUD AW Syahranie Samarinda.

    Menanggapi temuan ini, Balai Karantina Kesehatan (BKK) Balikpapan langsung mengambil langkah cepat. Pemeriksaan suhu tubuh kembali akan diberlakukan di Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan untuk semua penumpang dari penerbangan internasional.

    “Kami akan melakukan pemantauan suhu di pintu masuk, dan semua penumpang internasional wajib mengisi aplikasi Satu Sehat Health Pass (SSHP),” ujar Kepala BKK Balikpapan Bangun Cahyo kepada Beritasatu.com di Kantor BKK Balikpapan, Selasa (10/6/2025) Pagi.

    Langkah ini bertujuan untuk mendeteksi riwayat perjalanan penumpang, terutama bagi mereka yang datang dari negara-negara terjangkit. Data yang masuk ke sistem akan memudahkan Dinas Kesehatan setempat dalam melakukan pengawasan.

    Sepanjang 2025, Kalimantan Timur telah mencatat tiga kasus positif Covid-19. Satu kasus terjadi pada Januari 2025, dan dua lainnya muncul kembali pada awal Juni 2025. Meski demikian, BKK Balikpapan menegaskan masyarakat tidak perlu panik.

    “Covid-19 kini sudah masuk kategori endemi, bukan pandemi. Tetap waspada tetapi jangan panik,” tegas Bangun.

    Dengan pengawasan ketat di pintu masuk kedatangan internasional, diharapkan penyebaran kasus baru bisa dikendalikan lebih dini. Pihak bandara dan petugas kesehatan pun terus bersiaga untuk menjaga keselamatan penumpang dan masyarakat sekitar.

  • Unjuk Rasa Berujung Anarkis, Kepala Desa Alami Luka Usai Diserang Pendemo

    Unjuk Rasa Berujung Anarkis, Kepala Desa Alami Luka Usai Diserang Pendemo

    Liputan6.com, Kutai Kartanegara – Seorang kepala desa di Kalimantan Timur tiba-tiba diserang oleh sekelompok orang hingga alami luka. Penyerangan itu bahkan menggunakan balok kayu hingga beberapa orang alami luka.

    Minggu (8/6/2025) siang, aksi unjuk rasa menolak kedatangan Pelindo di Kecamatan Muara Muntai, Kabupaten Kutai Kartanegara digelar puluhan warga. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) disebut-sebut akan mengambil alih pengelolaan jasa asis kapal tongkang pengangkut batu bara.

    Sebab, selama ini pengelolaan layanan untuk kapal-kapal besar yang mungkin kesulitan untuk melakukan manuver di alur sungai di kecamatan itu dikelola oleh masyarakat. Kehadiran Pelindo dianggap mengganggu sumber nafkah jasa asis kapal itu.

    Namun aksi itu berubah anarkis. Dalam rekaman video amatir yang beredar luas, tiga orang pengunjuk rasa maju dengan membawa balok.

    Seorang pria maju dengan mengacungkan balok meminta orang-orang di sebuah rumah untuk keluar. Beberapa detik kemudian, tiba-tiba seorang pengunjuk rasa setengah berlari ke arah perekam video sambil mengayunkan balok. Kamera kemudian jatuh karena sang perekam berusaha melindungi dirinya dari pukulan itu.

    Belakangan baru diketahui jika sang perekam adalah Kepala Desa Muara Muntai Ilir, Arifadin Nur. Rekaman lain menunjukkan, usai memukul, para pengunjuk rasa kemudian naik ke rumah panggung dan memecahkan kaca jendela.

    “Saya dihajar pakai balok, tangan saya dijahit dua atau tiga jahitan. Pak Kasdim kena di kepala, tujuh jahitan,” ujar Arifadin saat ditemui di Mapolres Kukar, Senin (9/6/2025).

    Kasdim sendiri mengalami luka cukup banyak karena berusaha melindungi kepala desa dari pukulan balok kayu. Warga desa Muara Muntai Ilir itu langsung dibawa ke Puskesmas.

    Selain dua korban luka, tiga jendela rumah Arifadin juga pecah akibat aksi tersebut. Saat aksi berlangsung, beberapa personel kepolisian dari Polsek Muara Muntai berjaga bersama TNI dari Koramil setempat.

  • Investasi pembangunan IKN skema KPBU tunjukkan geliat positif

    Investasi pembangunan IKN skema KPBU tunjukkan geliat positif

    Penajam Paser Utara (ANTARA) – Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menyebut investasi pembangunan IKN, ibu kota negara yang berlokasi di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, melalui skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU) menunjukkan geliat positif.

    “Skema KPBU pembangunan IKN semakin positif,” ujar Kepala Otorita IKN Basuki Hadimuljono ketika ditanya menyangkut investasi pembangunan IKN di Sepaku, Penajam Paser Utara, Senin.

    Pemilik modal yang menanamkan modal melalui skema KPBU sektor hunian berasal dari berbagai negara, lanjut dia, seperti Amerika Serikat, Turki, Spanyol, dan Brunei Darussalam.

    “Indikasi nilai investasi dari berbagai negara itu capai sekitar Rp63,3 triliun untuk sektor hunian,” tambahnya.

    KPBU pembangunan IKN sektor jalan dan terowongan multi utilitas (MUT), timpal dia lagi, menggeliat positif atau menunjukkan perkembangan menjanjikan.

    Tercatat ada lima calon investor dari Tiongkok, Malaysia, dan Indonesia yang saat ini dalam proses penyusunan studi kelayakan (feasibility study) dan evaluasi dokumen.

    “Indikasi total nilai investasi mencapai Rp71,8 triliun, dan Rp55 triliun di antaranya berasal dari luar negeri,” jelasnya.

    Skema KPBU di IKN bukan hanya untuk mempercepat pembangunan, tetapi juga memperkuat akuntabilitas publik jangka panjang.

    Pewarta: Nyaman Bagus Purwaniawan
    Editor: Zaenal Abidin
    Copyright © ANTARA 2025

  • Minta Masyarakat Bijak Sikapi Polemik Tambang, BPP Hipmi Ingatkan Framing Asing

    Minta Masyarakat Bijak Sikapi Polemik Tambang, BPP Hipmi Ingatkan Framing Asing

    JAKARTA – Polemik tambang di kawasan Raja Ampat kembali menjadi sorotan publik, memunculkan kekhawatiran soal dampak lingkungan. Namun, di balik gejolak ini, sejumlah tokoh industri menegaskan bahwa sektor tambang tetap menjadi salah satu fondasi penting perekonomian nasional dan transisi energi.

    Sekjen BPP HIPMI sekaligus Ketua Umum Asosiasi Pemasok Energi Mineral dan Batu bara (Aspebindo), Anggawira, mengatakan bahwa industri tambang tak bisa lagi dilihat sebagai aktivitas ekonomi konvensional. Menurutnya, tambang kini berperan strategis dalam rantai pasok global untuk teknologi masa depan

    “Kita tidak sedang membicarakan tambang dalam konteks lama. Ini tentang nikel dan tembaga sebagai kunci baterai, kendaraan listrik, energi bersih, dan digitalisasi global. Tanpa kontribusi Indonesia, dunia akan kesulitan,” ujar Anggawira dalam ketergannya, Senin, 9 Juni.

    Ia menambahkan, industri tambang disebut menyumbang 6 hinga 7 persen terhadap PDB nasional, menciptakan ratusan ribu lapangan kerja, dan menyumbang PNBP serta royalti yang terus naik. Sejak disahkannya UU Minerba No. 3 Tahun 2020, serta diterbitkannya PP No. 96 Tahun 2021, pemerintah berupaya memperkuat tata kelola, hilirisasi, dan pengawasan lingkungan.

    Namun menurut Anggawira, tantangan utama bukan pada regulasi, melainkan pada penegakan hukum, konsistensi, dan transparansi.

    “Kita butuh tambang yang legal, berkelanjutan, dan modern. Pemerintah harus tegas menindak pelanggaran, tapi juga melindungi dan memberi insentif bagi perusahaan patuh hukum,” tegasnya.

    Anggawira juga menyoroti sejumlah perusahaan tambang nasional yang dinilai berhasil menjalankan operasi berkelanjutan dan berwawasan lingkungan:

    PT Bumi Resources Tbk (BUMI) melalui Kaltim Prima Coal dan Arutmin aktif reklamasi dan konservasi biodiversity. Raih PROPER Hijau.

    PT Merdeka Copper Gold Tbk kelola tambang emas dan tembaga berbasis pemberdayaan masyarakat dan transparansi.

    PT Vale Indonesia sukses revegetasi lahan pascatambang dan bangun smelter nikel.

    PT Freeport Indonesia pionir tambang bawah tanah dan smelter Gresik.

    PT Bukit Asam (PTBA) ubah bekas tambang jadi kawasan ekowisata dan pertanian produktif.

    Tahun 2023, lebih dari 30 perusahaan tambang mendapat penghargaan PROPER Hijau dan Emas dari Kementerian LHK.

    Anggawira juga memperingatkan bahwa isu lingkungan kadang dijadikan alat tekanan oleh aktor asing.

    “Framing negatif terhadap tambang nasional bisa menggerus citra investasi, daya saing, dan stabilitas kebijakan hilirisasi. Kita tidak boleh membiarkan narasi eksternal menggiring opini publik secara tidak berimbang,” ujarnya.

    Ia menegaskan bahwa Indonesia harus berdaulat atas narasi pengelolaan sumber daya alamnya.

    “Jangan sampai kita dikendalikan opini luar, sementara mereka di negaranya sendiri menjalankan praktik tambang yang jauh dari prinsip keberlanjutan,” pungkasnya.