provinsi: KALIMANTAN BARAT

  • Kronologi Kakak Bunuh Adik di Ketapang, Korban Dibungkus Karung lalu Dibuang ke Tempat Sampah – Halaman all

    Kronologi Kakak Bunuh Adik di Ketapang, Korban Dibungkus Karung lalu Dibuang ke Tempat Sampah – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, Ketapang – Seorang anak berusia 3 tahun, MF, ditemukan meninggal dunia diduga akibat penganiayaan oleh kakak kandungnya di Ketapang, Kalimantan Barat.

    Insiden tragis ini terjadi pada Rabu, 25 Desember 2024, di rumah keluarga korban yang terletak di Perumahan Karyawan Perusahaan Perkebunan Sawit, Desa Danau Buntar, Kecamatan Kendawangan.

    Orang tua korban sedang berjualan durian saat peristiwa ini terjadi, dan MF dititipkan kepada kakak kandungnya, MR, yang berusia 19 tahun.

    Setelah orangtua korban pulang, mereka menemukan bahwa MF tidak ada di rumah dan terdapat banyak tetesan darah di lantai.

    Kapolres Ketapang, AKBP Setiadi, menjelaskan bahwa orang tua korban segera melaporkan kejadian ini kepada Satpam perusahaan, yang kemudian diteruskan ke Polsek Kendawangan sekitar pukul 23.00 WIB.

    Pencarian dan Penemuan Korban

    Setelah menerima laporan, anggota Polsek Kendawangan segera melakukan pencarian bersama Satpam dan warga sekitar.

    Terduga pelaku, KK, yang berusia 21 tahun dan merupakan kakak tertua, sempat ditanya mengenai keberadaan adiknya.

    Ia mengaku telah membuang MF, tetapi tidak memberikan informasi lebih lanjut mengenai lokasi pembuangan.

    Pada kejadian kali ini, terduga pelaku diduga mengambil korban tanpa sepengetahuan anggota keluarga lainnya.

    Setelah 90 menit pencarian, pada pukul 01.30 WIB, MF ditemukan di tempat pembuangan sampah tidak jauh dari perumahan dalam kondisi terbungkus karung, dengan kepala yang sudah terlepas dari tubuhnya.

    “Terduga pelaku sebelumnya juga sudah pernah akan melakukan percobaan penganiayaan kepada korban, namun saat itu dapat dicegah oleh saudaranya yang lain. Sehingga saat itu korban masih bisa diselamatkan,” tambah Setiadi.

    Tindakan Hukum

    Saat ini, terduga pelaku telah diamankan di Mapolsek Kendawangan, bersama barang bukti berupa sebilah pisau yang diakui sebagai alat untuk menghilangkan nyawa korban.

    Pihak kepolisian masih melakukan pendalaman terhadap keterangan terduga pelaku terkait motif kejadian, termasuk informasi bahwa terduga pelaku diketahui mengidap gangguan jiwa.

    Jasad korban kini telah dibawa ke Puskesmas untuk menjalani visum.

    Polisi terus mendalami kasus ini secara intensif.

    (TribunPontianak.co.id/Nur Imam Satria)

    Konten ini disempurnakan menggunakan Kecerdasan Buatan (AI).

  • Direktur Bumdesma di Sambas Kalbar Ditangkap, Diduga Rugikan Keuangan 23 Desa Rp 694 Juta
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        27 Desember 2024

    Direktur Bumdesma di Sambas Kalbar Ditangkap, Diduga Rugikan Keuangan 23 Desa Rp 694 Juta Regional 27 Desember 2024

    Direktur Bumdesma di Sambas Kalbar Ditangkap, Diduga Rugikan Keuangan 23 Desa Rp 694 Juta
    Tim Redaksi
    SAMBAS, KOMPAS.com –
    Seorang pria berinisial AR (36) selaku Direktur Badan Usaha Milik Desa Bersama (
    BUMDesma
    ) Berkah Bersama, Kecamatan Tebas, Kabupaten
    Sambas
    , Kalimantan Barat (
    Kalbar
    ) ditangkap atas dugaan korupsi.
    Kepala Satuan Reserse dan Kriminal Polisi Resor Sambas AKP Rahmad Kartono mengatakan, kerugian negara yang ditimbulkan dari tindak pidana tersebut mencapai Rp 694 juta.
    “Penyidik juga mengamankan barang bukti, di antaranya dokumen-dokumen terkait kasus tersebut dan uang tunai sebesar Rp 24 juta,” kata Rahmad dalam keterangan tertulis, Jumat (27/12/2024).
    Rahmad menerangkan, dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan BUMDesma Berkah Bersama itu terjadi pada Februari 2020 hingga Juni 2022.
    “Kami telah memeriksa 63 saksi, termasuk saksi ahli,” ujar Rahmad.
    Rahmad menjelaskan, keuangan BUMDesma Berkah Bersama ini bersumber dari 23 desa di Kecamatan Tebas yang melakukan penyertaan modal.
    Menurut Rahmad, dari hasil penyelidikan, terdapat penyimpangan dalam pengelolaan keuangan BUMDesma Berkah Bersama tersebut.
    Penyimpangan tersebut, di antaranya pengelola BUMDesma Berkah Bersama tidak menyusun dan menetapkan rencana bisnis dan SOP bersama pengawas dan penasihat.
    “Direktur BUMDesma Berkah Bersama telah membentuk beberapa unit usaha tanpa melalui musyawarah antar-desa (MAD),” ucap Rahmad.
    Selain itu, selama mengelola BUMDesma Berkah Bersama, pihak pengelola tidak menyampaikan laporan pertanggungjawaban pengurus dan pengelola kepada masyarakat secara berkala melalui Kepala Desa.
    Rahmad melanjutkan, penyidik juga menemukan pengelola atau pengurus operasional BUMDesma Berkah Bersama tidak menyalurkan hasil keuntungan usaha sebagai penyedia modal, melainkan digunakan untuk kepentingan pribadi.
    “Dalam mengelola keuangan BUMDesma, Direktur dan Bendahara menggunakan rekening pribadi,” ungkap Rahmad.
    Rahmad menegaskan, atas perbuatannya tersangka dijerat Pasal 2 dan atau Pasal 3 dan atau Pasal 18 Undang-undang tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Mitsubishi Buka Posko Siaga dan Dealer Kawal Konsumen Libur

    Mitsubishi Buka Posko Siaga dan Dealer Kawal Konsumen Libur

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) membuka setidaknya 60 posko siaga untuk mengawal konsumen dalam momentum Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Kazuto Azuma, Director of After Sales Division PT MMKSI menjelaskan pihaknya memanfaatkan ratusan dealer resmi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan 60 Dealer Siaga yang akan beroperasi pada sepanjang periode akhir 2024 hingga awal 2025.

    “Hal ini tidak lain untuk selalu memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengguna kendaraan Mitsubishi Motors yang tengah melakukan perjalanan liburan Nataru,” kata dia dalam keterangannya dikutip Jumat (27/12).

    Program Dealer Siaga ini kami hadirkan untuk memastikan perjalanan liburan bersama kendaraan Mitsubishi berjalan lancar dan bebas khawatir.

    MMKSI bersama dealer resmi Mitsubishi Motors yang berfasilitas 3S (Sales, Service, Spare Parts) telah menyiapkan 60 dealer siaga yang tersebar di lokasi strategis di seluruh Indonesia.

    Layanan program ini tersedia selama periode libur Natal dan Tahun Baru pada hari libur tanggal 25, 29, 31 Desember 2024, serta 1 Januari 2025, dengan jam operasional pukul 08.00 – 17.00.

    Di luar tanggal-tanggal tersebut dealer dan bengkel resmi Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia tetap buka, beroperasi dan melayani konsumen sesuai jadwal reguler.

    Sebagai tambahan, para pelanggan juga masih dapat memanfaatkan program spesial Rainy Campaign dan Kilau Tahun Baru untuk menjaga performa kendaraan tetap prima selama musim hujan.

    Dengan layanan-layanan ini, Azuma ingin memastikan pengguna Mitsubishi siap menghadapi berbagai kondisi cuaca, sehingga perjalanan saat Nataru tetap aman dan menyenangkan.

    “Jangan ragu untuk mengunjungi atau menghubungi dealer resmi Mitsubishi Motors terdekat untuk memanfaatkan layanan-layanan ini,” ungkap Azuma.

    Berikut adalah daftar dealer resmi Mitsubishi selama liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025:

    Jakarta
    Dipo- Puri: (021) 22581132
    Bra – Tebet: (021) 8309256
    Dwindo – Cakung: (021) 22461888
    Sun – Fatmawati : (021) 7507316
    Sdm – Lenteng Agung : (021) 27803888
    Sdm – Mampang : (021) 79188888
    Dipo – PIK: (021) 50106808
    Sun – Cempaka Putih : (021) 4213220
    Arista – Kalimalang : (021) 86601111

    Bodabek & Banten
    Sun – Margahayu (Bekasi) (021) 88347777
    Prabu – Bogor : (0251) 8312296
    Dipo – Ciputat: (021) 7401448
    Bra – Serpong: (021) 29670000
    Mustika – Cibubur (021) 82461111
    Sdm – Alam Sutera (021) 29853808

    Jawa Barat
    Wicaksana – A. YaniJawa Barat : (022) 7202555
    Dipo Tasik(0265) 333288
    Sdm Karawang(0267) 8618888
    Sps – Cirebon(0231) 8336660
    Sdm Sumedang(0261) 201 360
    Prabu Subang(0260) 4247414

    Jawa Tengah
    Bra – Semarang(024) 7605506
    Sun – Kol Sutarto (Solo)(0271) 647444
    Sun – Kudus(0291) 4258888
    Bom – Jl Magelang(0274) 623570
    Sun – Purwokerto(0281) 621666
    Bra – Magelang(0293) 364371
    Bom – Tegal(0283) 352525
    Sun – Mt Haryono(024) 8441106
    Bom – Adi Sucipto(0274) 486706

    Sumatera
    Arista – Banda Aceh(0651) 8012888
    Dipo – Medan(061) 7866868
    Dipo – Pekanbaru(0761) 848808
    Suka Fajar – Padang(0751) 32906
    Suka Fajar – Pekanbaru(0761) 575544
    Sardana – Kisaran(0623) 3445800
    Sardana – Gatsu(061) 4557800
    Budi Berlian – Natar(0721) 709999
    Bmm – Palembang(0711) 510858
    Lbum -Tanjung Api Api(0711) 5716008
    Lbum – Bengkulu(0736) 23401
    Dipo – Jambi(0741) 60300
    Lbum – Bandar Jaya(0725) 528088
    Suka Fajar – Jambi(0741) 32151

    Kalimantan
    Sdim – Palangkaraya (0536) 4278888 Sumber – Banjarmasin Km.10(0511) 4281699
    Gbi – Pontianak (A.yani)(0561) 581111
    Mandau – Balikpapan(0542) 875479
    Mahakam – Wahid Hasyim(0541) 771771

    Sulawesi
    Bosowa – Makassar
    (0411) 444444
    Bosowa – Manado(0431) 862420

    Jawa Timur & Bali
    Srikandi – Surabaya Pecindilan(031) 3771000
    Sun – Malang Singosari(0341) 454833
    Bra – Denpasar Imbo
    Dipo – Banyuwangi(0333) 424417
    Dipo – Madiun(0351) 464285
    Bra – Sidoarjo(031) 8950467
    Sun – Probolinggo(0335) 436833

    Untuk mendapatkan bantuan dan informasi layanan Mitsubishi Motors di Indonesia secara menyeluruh, pengguna juga dapat mengakses Mitsubishi Motors Customer Care di nomor telepon 0804-1-300-300.

    Atau bisa juga menghubungi layanan asisten virtual berbasis chat, MIRA, melalui WhatsApp di nomor 0811-130-1300.

    (can/mik)

    [Gambas:Video CNN]

  • MIND ID & Inalum Mau Melantai di Bursa? Ini Kata Wamen BUMN

    MIND ID & Inalum Mau Melantai di Bursa? Ini Kata Wamen BUMN

    Jakarta

    Wakil Menteri BUMN, Kartika Wirjoatmodjo atau biasa dipanggil Tiko buka-bukaan soal sinyal perusahaan BUMN yang akan melantai di bursa melalui pencatatan saham perdana atau initial public offering (IPO) ke depan.

    Diantaranya yakni PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan holding group BUMN tambang MIND ID. Tiko menjelaskan bahwa perusahaan BUMN yang akan IPO tersebut tidak terjadi dalam waktu dekat.

    “Sementara ini belum ada yang kita lihat jangka pendek. Tapi jangka menengah menurut kami yang paling bagus untuk IPO itu di Group MIND ID,” katanya di Gardu Induk Listrik PLN UIP2B Jamali, Depok, Jumat (27/12/2024).

    Tiko tidak menutup peluang tidak menutup kemungkinan pelaksanaan IPO baik melalui holding induk maupun langsung oleh anak perusahaan di bawahnya.

    “Bisa di holding-nya (MIND ID, bisa di Inalum, atau bahkan keduanya. Jadi kita sedang kaji,” katanya.

    Adapun sebelumnya, Tiko memprediksi IPO Inalum baru terlaksana pada 2026 atau 2027. “Belum tahu, mungkin 2026 atau 2027,” kata Tiko saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2024).

    Tiko menjelaskan, keputusan IPO Inalum akan menunggu selesainya proyek perusahaan di 2024. Proyek yang dimaksud adalah ekspansi smelter aluminium di Kuala Tanjung, Sumatera Utara dan Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) fase 2 di Mempawah, Kalimantan Barat.

    Dengan selesainya SGAR 2, Inalum diharapkan mampu memenuhi kebutuhan aluminium dalam negeri. Ia menyebut kebutuhan aluminium Indonesia mencapai 1,2 juta ton per tahun.

    “Kita indonesia punya demand aluminium 1,2 juta ton per tahun, diharapkan 2028-2029 kita bisa memenuhi kapasitas demand dalam negeri,” tuturnya.

    Lihat juga Video ‘Wamen BUMN Apresiasi Satgas Nataru Pertamina Menjaga Kelancaran Distribusi Energi’:

    (rrd/rrd)

  • Masyarakat Pergi Liburan Nataru 2024, Ratusan Mekanik Mitsubishi Siaga

    Masyarakat Pergi Liburan Nataru 2024, Ratusan Mekanik Mitsubishi Siaga

    Jakarta

    Di saat masyarakat Indonesia tengah asyik liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, dipastikan para mekanik Mitsubishi Motors tetap bekerja dan mengawal masyarakat yang tengah berlibur ke berbagai wilayah Indonesia.

    Dalam siaran resmi yang diterima detikOto, , PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) kembali berkomitmen untuk menjadi teman bertualang bagi para pelanggan Mitsubishi Motors.

    Memanfaatkan ratusan dealer resmi yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, MMKSI menghadirkan program 60 Diler Siaga yang di dalamnya tercatat ratusan mekanik akan tetap beroperasi pada sepanjang periode akhir tahun 2024 hingga awal tahun 2025. Hal ini tidak lain untuk selalu memberikan rasa aman dan nyaman kepada para pengguna kendaraan Mitsubishi Motors yang tengah melakukan perjalanan.

    “Pada penghujung tahun ini, MMKSI bersama 60 dealer resmi siap memberikan kenyamanan ekstra bagi para pelanggan setia kami. Program Diler Siaga ini kami hadirkan untuk memastikan perjalanan liburan Anda bersama kendaraan Mitsubishi Motors berjalan lancar dan bebas khawatir. Sebagai tambahan, para pelanggan juga masih dapat memanfaatkan program spesial “Rainy Campaign” dan “Kilau Tahun Baru” untuk menjaga performa kendaraan tetap prima selama musim hujan,” ungkap Director of After Sales Division PT MMKSI, Kazuto Azuma.

    “Dengan layanan-layanan ini, kami ingin memastikan kendaraan Mitsubishi Motors Anda siap menghadapi berbagai kondisi cuaca, sehingga perjalanan bersama keluarga dan orang tercinta tetap aman dan menyenangkan. Jangan ragu untuk mengunjungi atau menghubungi diler resmi Mitsubishi Motors terdekat untuk memanfaatkan layanan-layanan ini,” Azuma menambahkan.

    Ilustrasi sejumlah bengkel mulai didatangi pemudik yang melakukan perawatan kendaraan. Hal itu dilakukan untuk antisipasi hal-hal yang tak diinginkan selama mudik lebaran. Foto: Grandyos Zafna

    MMKSI bersama dealer resmi Mitsubishi Motors yang berfasilitas 3S (Sales, Service, Spare Parts) telah menyiapkan 60 diler siaga yang tersebar di lokasi strategis di seluruh Indonesia. Layanan program ini tersedia selama periode libur Natal dan Tahun Baru pada hari libur tanggal 25, 29, 31 Desember 2024, serta 1 Januari 2025, dengan jam operasional pukul 08.00 – 17.00.

    Di luar tanggal-tanggal tersebut diler dan bengkel resmi Mitsubishi Motors di seluruh Indonesia tetap buka, beroperasi dan melayani konsumen sesuai jadwal reguler.

    Berikut adalah daftar dealer resmi Mitsubishi Motors yang siap melayani Anda selama liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025:

    1. DIPO – PURI JAKARTA (021) 22581132

    2. BRA – TEBET JAKARTA (021) 8309256

    3. DWINDO – CAKUNG JAKARTA (021) 22461888

    4. SUN – FATMAWATI JAKARTA (021) 7507316

    5. SDM – LENTENG AGUNG JAKARTA (021) 27803888

    6. SDM – MAMPANG JAKARTA (021) 79188888

    7. DIPO – PIK JAKARTA (021) 50106808

    8. SUN – CEMPAKA PUTIH JAKARTA (021) 4213220

    9. ARISTA – KALIMALANG JAKARTA (021) 86601111

    10. DIPO – SERANG BOTABEK & BANTEN (0254) 205155

    11. SUN – MARGAHAYU (BEKASI) BOTABEK & BANTEN (021) 88347777

    12. PRABU – BOGOR BOTABEK & BANTEN (0251) 8312296

    13. DIPO – CIPUTAT BOTABEK & BANTEN (021) 7401448

    14. BRA – SERPONG BOTABEK & BANTEN (021) 29670000

    15. MUSTIKA – CIBUBUR BOTABEK & BANTEN (021) 82461111

    16. SDM – ALAM SUTERA BOTABEK & BANTEN (021) 29853808

    17. Wicaksana – A. Yani JAWA BARAT (022) 7202555

    18. SPS – ARS JAWA BARAT (022) 6031040

    19. DIPO TASIK JAWA BARAT (0265) 333288

    20. SDM KARAWANG JAWA BARAT (0267) 8618888

    21. SPS – CIREBON JAWA BARAT (0231) 8336660

    22. SDM SUMEDANG JAWA BARAT (0261) 201 360

    23. PRABU SUBANG JAWA BARAT (0260) 4247414

    24. BRA – SEMARANG JAWA TENGAH (024) 7605506

    25. SUN – KOL SUTARTO (SOLO) JAWA TENGAH (0271) 647444

    26. SUN – KUDUS JAWA TENGAH (0291) 4258888

    27. BOM – JL MAGELANG JAWA TENGAH (0274) 623570

    28. SUN – PURWOKERTO JAWA TENGAH (0281) 621666

    29. BRA – MAGELANG JAWA TENGAH (0293) 364371

    30. BOM – TEGAL JAWA TENGAH (0283) 352525

    31. SUN – MT HARYONO JAWA TENGAH (024) 8441106

    32. BOM – ADI SUCIPTO JAWA TENGAH (0274) 486706

    33. ARISTA – BANDA ACEH SUMATERA UTARA (0651) 8012888

    34. DIPO – MEDAN SUMATERA UTARA (061) 7866868

    35. DIPO – PEKANBARU SUMATERA UTARA (0761) 848808

    36. SUKA FAJAR – PADANG SUMATERA UTARA (0751) 32906

    37. SUKA FAJAR – PEKANBARU SUMATERA UTARA (0761) 575544

    38. SARDANA – KISARAN SUMATERA UTARA (0623) 3445800

    39. SARDANA – GATSU SUMATERA UTARA (061) 4557800

    40. BUDI BERLIAN – NATAR SUMATERA SELATAN (0721) 709999

    41. BMM – PALEMBANG SUMATERA SELATAN (0711) 510858

    42. LBUM -TANJUNG API API SUMATERA SELATAN (0711) 5716008

    43. LBUM – BENGKULU SUMATERA SELATAN (0736) 23401

    44. DIPO – JAMBI SUMATERA SELATAN (0741) 60300

    45. LBUM – BANDAR JAYA SUMATERA SELATAN (0725) 528088

    46. SUKA FAJAR – JAMBI SUMATERA SELATAN (0741) 32151

    47. SDIM – PALANGKARAYA KALIMANTAN, SULAWESI, IBT (0536) 4278888

    48. SUMBER – BANJARMASIN KM.10 KALIMANTAN, SULAWESI, IBT (0511) 4281699

    49. GBI – PONTIANAK (A.YANI) KALIMANTAN, SULAWESI, IBT (0561) 581111

    50. MANDAU – BALIKPAPAN KALIMANTAN, SULAWESI, IBT (0542) 875479

    51. MAHAKAM – WAHID HASYIM KALIMANTAN, SULAWESI, IBT (0541) 771771

    52. BOSOWA – MAKASSAR KALIMANTAN, SULAWESI, IBT (0411) 444444

    53. BOSOWA – MANADO KALIMANTAN, SULAWESI, IBT (0431) 862420

    54. SRIKANDI – SURABAYA PECINDILAN JAWA TIMUR (031) 3771000

    55. SUN – MALANG SINGOSARI JAWA TIMUR (0341) 454833

    56. BRA – DENPASAR IMBO JAWA TIMUR (0361) 483002

    57. DIPO – BANYUWANGI JAWA TIMUR (0333) 424417

    58. DIPO – MADIUN JAWA TIMUR (0351) 464285

    59. BRA – SIDOARJO JAWA TIMUR (031) 8950467

    60. SUN – PROBOLINGGO JAWA TIMUR (0335) 436833

    (lth/rgr)

  • ASDP: 206 Ribu Penumpang Menyeberang dari Jawa ke Bali di Libur Natal 2024 – Halaman all

    ASDP: 206 Ribu Penumpang Menyeberang dari Jawa ke Bali di Libur Natal 2024 – Halaman all

     

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh 

     

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat, sebanyak 206.016 penumpang dan 51.744 kendaraan telah menyeberang dari Jawa ke Bali melalui penyeberengan feri Ketapang-Gilimanuk sejak H-7 pada 18 Desember hingga hari raya Natal 25 Desember 2024.

    Corporate Secretary ASDP, Shelvy Arifin, mengungkapkan bahwa puncak arus mudik terjadi pada 22 Desember 2024 atau H-3, dengan total 7.231 kendaraan menyeberang ke Bali.

    Puncak arus balik dari Bali ke Jawa tercatat pada 25 Desember sebanyak 7.250 kendaraan menyeberang dari Pelabuhan Gilimanuk ke Ketapang.

    Di satu sisi, ASDP mengingatkan seluruh pengguna jasa untuk membeli tiket secara mandiri melalui aplikasi atau website Ferizy dan menghindari perantara seperti calo. 

    “Penjualan tiket di pelabuhan sudah tidak diberlakukan. Reservasi tiket dapat dilakukan hingga 60 hari sebelum keberangkatan atau minimal satu hari sebelumnya (H-1),” ujar Shelvy dalam keterangannya, Jumat (27/12/2024).

    Pengguna jasa diimbau tiba ke pelabuhan sesuai jadwal keberangkatan yang tertera di tiket demi menghindari kepadatan di area pelabuhan.

    General Manager ASDP Ketapang, Yani Andriyanto, menambahkan bahwa jam-jam padat penyeberangan biasanya terjadi mulai pukul 18.00 hingga dini hari. 

    “Kami sarankan pengguna jasa memilih waktu perjalanan yang lebih longgar untuk kenyamanan. Selain itu, perhatikan kondisi cuaca ekstrem dan siapkan perlengkapan seperti jas hujan dan payung,” ungkapnya.

    Sementara untuk menghadapi cuaca ekstrem, ASDP terus berkoordinasi dengan pihak terkait untuk memastikan keselamatan pelayaran.

    Pengguna jasa diminta untuk selalu memantau informasi cuaca terkini melalui kanal resmi, seperti BMKG, dan mengikuti arahan petugas di pelabuhan. 

    Dari data Posko Ketapang pada 25 Desember 2024, tercatat 30 kapal beroperasi melayani lintasan ini.

    Realisasi total penumpang pada hari tersebut mencapai 29.201 orang, menurun 13 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

    Total kendaraan yang menyeberang sebanyak 6.944 unit, terdiri dari 1.639 kendaraan roda dua atau turun 22 persen dan 3.059 kendaraan roda empat atau turun 23 persen.

    Secara keseluruhan, total penumpang yang menyeberang dari Jawa ke Bali sejak H-7 hingga H tercatat 206.016 orang, atau turun 15 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu. 

    Total kendaraan mencapai 51.744 unit, mengalami penurunan 11 persen dari tahun sebelumnya.

     

  • Kondisi Mahasiswi Korban Penyiraman Air Keras di Jogja, Sudah Bisa Diajak Komunikasi – Halaman all

    Kondisi Mahasiswi Korban Penyiraman Air Keras di Jogja, Sudah Bisa Diajak Komunikasi – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Mahasiswi berinisial N, asal Kalimantan Barat (Kalbar) menjadi korban penyiraman air keras di Yogyakarta.

    Dilansir Tribun Jogja, saat ini kondisi korban mulai membaik dan masih menjalani perawatan di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta.

    Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan mengatakan, korban sudah bisa diajak berkomunikasi.

    Terkait pengobatan luka bakar akibat siraman air keras, tim dokter telah memberikan penanganan khusus.

    “Kami melakukan perawatan khusus. Saat ini pasien mampu berkomunikasi,” ungkap Banu, Kamis (26/12/2024).

    Meski begitu, Banu enggan membeberkan lebih lanjut kondisi korban setelah mendapatkan perawatan medis.

    “Info lebih lanjut menyusul ya, karena saya belum ketemu keluarga,” terangnya.

    Kronologi Kejadian

    Dalam kasus ini, pihak kepolisian mengamankan dua tersangka, yaitu B yang merupakan mantan pacar korban dan S selaku eksekutor.

    Kasatreskrim Polresta Yogyakarta, Kompol Probo Satrio mengatakan, korban disiram air keras saat dirinya baru saja selesai mandi.

    Adapun korban dan tersangka B merupakan mantan kekasih. Mereka menjalin asmara sejak 2021 silam.

    “Pada Agustus 2024 mereka pisah alasan masing-masing akhirnya putus. Yang laki-laki gak terima,” katanya kepada awak media, Kamis.

    Sebagai informasi, B adalah mahasiswa S2 di salah satu kampus swasta di Yogyakarta. 

    Semenjak putus, tersangka berusaha supaya bisa balikan dengan korban.

    “Namun (korban) gak mau. Akhirnya ada ancaman pelaku, intinya kalau gak bersatu kalau sakit ya sama-sama merasakan. Kalau hancur ya, hancur semua,” jelas Probo.

    Kemudian, pada pertengahan Desember 2024, akhirnya B merencanakan kejahatan dengan mengunggah informasi di Facebook bahwa dirinya membutuhkan tenaga kerja.

    Tersangka S lantas merespons unggahan tersebut dan melanjutkan percakapan dengan tersangka B melalui WhatsApp.

    “Si B dia membuat cerita bahwa seolah-seolah dia ini seorang perempuan Sen Lung membuat cerita dia dikhianti suaminya seorang pelakor. Pelakornya ini adalah korban,” tuturnya.

    S lalu minta uang Rp7 juta dan disanggupi oleh B, tetapi uang itu akan dilunasi setelah eksekusi dilaksanakan.

    “Jadi si B berusaha menutupi jati dirinya. Uang yang diberikan juga COD dibungkus plastik kemudian diambil eksekutor,” ungkap Probo.

    S dibayar B sebanyak enam kali, masing-masing Rp1,6 juta untuk beli jaket pelaku.

    “Eksekutor ini sudah survei 3, 4, sama 5 kali survei sebetulnya mau disiramkan saat survei kost,” ungkapnya.

    Kemudian tanggal 24 Desember 2024 pukul 17.00 WIB, B menghubungi eksekutor bahwa korban ada di kos.

    Alamatnya di Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, untuk persiapan ke gereja.

    “Ternyata benar. Ke gereja sekitar 19.00 WIB entah darimana akhirnya pelaku S datang ke kos korban jam 18.30 WIB,” terang Probo.

    Setelah sampai di depan pintu kos korban, pelaku langsung masuk ke kamar korban.

    “Langsung tidak kata disiramkan ke korban kena muka dan sekujur tubuh. Kemudian korban berteriak pelaku langsung lari,” ujar Probo.

    Berdasarkan hasil penyelidikan, pelaku menggunakan sepeda motor, jaket ojek online, serta memakai masker.

    Sebagian artikel ini telah tayang di TribunJogja.com dengan judul: Penjelasan RSUP Dr Sardjito Soal Kondisi Korban Penyiraman Air Keras di Jogja.

    (Tribunnews.com/Deni)(TribunJogja.com/Miftahul Huda)

  • Pelaku Penyiram Air Keras ke Mahasiswi DIY Dibekuk: Kesal Diputusin

    Pelaku Penyiram Air Keras ke Mahasiswi DIY Dibekuk: Kesal Diputusin

    Yogyakarta, CNN Indonesia

    Polisi menyebut motif pelaku penyiraman air keras terhadap seorang mahasiswi salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Yogyakarta, DIY, adalah terkait asmara dan rasa sakit hati pelaku terhadap korban.

    Motif terkuak setelah Polresta Yogyakarta memeriksa dua orang pelaku berinial Satim serta Billy yang berhasil diamankan pada 24 dan 25 September 2024.

    Kasat Reskrim Polresta Yogyakarta, Kompol Probo Satrio menjelaskan, korban berinisial NH dan pelaku berinisial Billy sempat menjalin hubungan asmara sejak 2021. Keduanya sama-sama berasal dari Ketapang, Kalimantan Barat dan berkuliah di Yogyakarta.

    Namun, karena suatu alasan, NH memutuskan untuk mengakhiri jalinan asmaranya dengan Billy pada Agustus 2024 silam.

    “Nah yang laki-laki ini adalah mahasiswa S2 salah satu perguruan tinggi di Yogya, dia tidak terima diputus oleh pacarnya (NH),” kata Probo di Mapolresta Yogyakarta, Kamis (26/12).

    Sejak saat itu, Billy terus mendatangi kos korban dan mengajaknya untuk ‘balikan’. Tapi, ajakannya itu selalu ditolak hingga pelaku melontarkan ancaman kepada NH.

    “Ancamannya gini, kalau dia (NH) nggak mau balik lagi, (mengatakan) ‘hati saya hancur, ya kamu harus hancur’,” imbuh Probo.

    Probo melanjutkan, B pada 12 Desember 2024 mengunggah sebuah tawaran pekerjaan lewat Facebook miliknya. Ia menuliskan ‘membutuhkan orang yang mau bekerja apa saja’.

    Unggahan Billy itu kemudian direspons oleh pelaku berinisial Satim, seorang pekerja serabutan. Komunikasi antara dua orang tak saling kenal itu pun berlanjut via WhatsApp.

    Namun demikian, Billy justru mengarang cerita dengan mengaku sebagai seorang perempuan kepada Satim yang hubungan pernikahannya dirusak oleh seorang perempuan.

    “Membuat cerita dia dikhianati oleh suaminya (dirusak) oleh seorang pelakor (perebut laki orang). Akhirnya disepakati untuk melukai pelakor, nah pelakor ini korban yang dimaksud,” jelas Probo.

    Satim lalu meminta Rp7 juta sebagai bayaran atas jasanya dan Billy pun menyanggupi untuk membayarkan secara penuh apabila rencana mereka sudah terlaksana.

    Satim lantas meminta biaya operasional. Billy menyanggupi dengan dan beberapa kali memberikan uang kepada Satim hingga total sekitar Rp1,6 juta. Kata Probo, Billy kukuh menutupi identitasnya, sehingga uang tadi hanya dibungkus plastik dan diletakkan di suatu tempat sesuai kesepakatan.

    Uang sebesar itu lalu oleh Satim digunakan untuk membelanjakan cairan air keras hingga jaket ojek online. Satim juga sampai beberapa kali memantau kos NH di Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta, tapi tak kunjung mendapati keberadaan korban.

    Probo menambahkan, Billy lalu pada Selasa (24/12) sore menginformasikan kepada Satim bahwa NH berada di kosnya dan sedang persiapan berangkat ke gereja untuk melaksanakan ibadah Natal malam harinya. Sang eksekutor selanjutnya mendatangi lokasi sekitar pukul 18.30 WIB.

    “Karena pintu kos agak terbuka, pelaku langsung membuka pintu dan melihat korban selesai mandi, pakai handuk sedada, langsung tak ada kata apa-apa, disiramkan air keras itu kena muka dan sekujur tubuh,” papar Probo.

    Probo berujar, Satim saat itu menyiramkan air keras yang ditempatkan dalam sebuah gelas plastik. NH lalu berteriak kesakitan sampai ditolong sejumlah saksi.

    Sementara Satim kabur sambil mengenakan jaket ojol dan mengendarai sepeda motor, dengan beberapa jarinya juga melepuh lantaran terkena cipratan air keras. Dalam pelariannya, pelaku sempat membuang beberapa barang bukti seperti jas hujan dan gayung ke bawah salah satu jembatan daerah Jetis, Kota Yogyakarta.

    Mendapati informasi ini, polisi melakukan penyelidikan dan berhasil mendapatkan petunjuk penting, termasuk keterangan para saksi dan sedikit dari korban. Polresta Yogyakarta lalu menangkap Billy pada Selasa (24/12) malam yang tak langsung mengakui perbuatannya.

    Menurut Probo, bukti kuat didapat setelah polisi menemukan jejak percakapan Billy dengan Satim via WhatsApp. Billy sempat membuang ponsel miliknya di dekat sebuah gudang, tapi petugas berhasil menemukannya. Tak lama berselang atau Rabu (25/12) dini hari giliran jajaran kepolisian menangkap sang eksekutor.

    Probo menambahkan, baik Billy dan Satim telah resmi ditetapkan sebagai tersangka. Mereka dikenakan pasal berlapis tentang penganiayaan, yakni Pasal 355, Pasal 354 ayat 2, Pasal 353 ayat 2 dan Pasal 351 ayat 2 KUHP. Ancaman hukuman maksimal terhadap keduanya adalah pidana penjara 12 tahun.

    “Ini perbuatan yang sangat terencana dan korban sangat menderita, kita kenakan pasal berlapis,” pungkasnya.

    Sebelumnya diberitakan, seorang mahasiswi salah satu perguruan tinggi swasta di Kota Yogyakarta berinisial NH diduga disiram air keras hingga menderita luka pada wajah dan beberapa bagian tubuh, Selasa (24/12) malam.

    Peristiwa ini terjadi saat korban tengah berada di kamar kosnya dan didatangi pelaku. Akibat siraman air keras ini, korban kemudian dilarikan ke RSUP Dr. Sardjito, Sleman guna mendapatkan penanganan medis karena luka yang dialaminya.

    (kum/DAL)

    [Gambas:Video CNN]

  • Kondisi Mahasiswi Korban Penyiraman Air Keras di Jogja, Sudah Bisa Diajak Komunikasi – Halaman all

    Kronologis Mahasiswi Disiram Air Keras di Yogyakarta, Mantan Pacar Sewa Eksekutor Lancarkan Aksi – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, YOGYA – Kasatreskrim Polresta Yogyakarta Kompol Probo Satrio mengungkap kronologis penyiraman air keras terhadap mahasiswi Sekolah Tinggi Pemerintahan Masyarakat Desa (APMD)Yogyakarta.

    Korban yang diketahui bernama Natasya Hutagalung menjadi korban penyiraman air keras saat malam Natal di Kota Yogyakarta, Rabu (25/12/2024).

    Kompol Probo Satrio mengatakan, korban merupakan mahasiswi asal Kalimantan Barat (Kalbar).

    Ia disiram menggunakan air keras oleh pelaku saat dirinya baru saja selesai mandi.

    Korban dan pelaku inisial B merupakan sepasang kekasih.

    Keduanya menjalin asmara sejak 2021 silam.

    “Pada Agustus 2024 mereka pisah alasan masing-masing akhirnya putus. Yang laki-laki enggak terima,” katanya, kepada awak media, Kamis (26/12/2024).

    Tersangka B merupakan mahasiswa S2 di satu kampus swasta Yogyakarta.

    Semenjak putus dengan korban tersangka B berusaha supaya balikan dengan korban.

    “Namun (korban) enggak mau. Akhirnya ada ancaman pelaku intinya kalau enggak bersatu kalau sakit ya sama-sama merasakan. Kalau hancur ya, hancur semua,” jelas Probo.

    Selanjutnya pada pertengahan Desember 2024 akhirnya tersangka B merencanakan kejahatannya dengan memposting informasi di facebook bahwasanya ia membutuhkan tenaga kerja.

    Pelaku S lantas menanggapi postingan tersebut dan melanjutkan percakapan dengan pelaku B via What’sApp.

    “Si B dia membuat cerita bahwa seolah-seolah dia ini seorang perempuan Sen Lung membuat cerita dia dikhianti suaminya seorang pelakor. Pelakornya ini adalah korban,” jelasnya.

    Kemudian eksekutor ini minta uang Rp 7 juta disanggupi tersangka B.

    Namun uang itu akan digenapi setelah eksekusi dilaksanakan. 

    “Jadi si B berusaha menutupi jati dirinya. Uang yang diberikan juga COD dibungkus plastik kemudian diambil eksekutor,” ungkap Probo.
     
    Dibayar enam 6 kali masing-masing Rp 1,6 juta untuk beli jaket pelaku. 

    “Eksekutor ini sudah survei 3, 4, sama 5 kali survei sebetulnya mau disiramkan saat survei indekos,” ungkapnya.

    Kemudian tanggal 24 Desember 2024 pukul 17.00 itu si B menghubungi eksekutor bahwa korban ada di indekos alamat Baciro, Gondokusuman, Kota Yogyakarta untuk persiapan ke gereja.

    “Ternyata benar. Ke gereja sekitar 19.00 WIB entah darimana akhirnya pelaku S datang ke indekos korban pukul 18.30 WIB,” terang Probo.

    Setelah sampai di depan pintu indekos korban, pelaku langsung masuk ke kamar korban.

    “Langsung tidak kata, disiramkan ke korban kena muka dan sekujur tubuh. Kemudian korban berteriak pelaku langsung lari,” ujar Probo.

    Berdasar hasil penyelidikan pelaku menggunakan sepeda motor jaket ojek online dan memakai masker.

    Keduanya pun kini sudah berhasil ditangkap pihak kepolisian.

    Atas perbuatannya pelaku dijerat pasal berlapis dan diancam dengan pidana penjara maksimal 12 tahun.

    Pertama Pasal 355 tentang penganiayaan berat yang direncanakan atau pasal 354 ayat 2 tentang penganiayaan berat atau 353 ayat 2 mengenai penganiayaan yang direncanakan yang mengakibatkan luka berat dan atau pasal 351 ayat 2 tentang penganiayaan berat. 

    Kondisi Korban 

    Korban Natasya saat ini masih menjalani perawatan intensif di RSUP Dr Sardjito Yogyakarta dan saat ini kondisinya mulai membaik.

    Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito, Banu Hermawan menyampaikan Natasya saat ini sudah bisa diajak berkomunikasi.

    Untuk pengobatan luka bakar akibat siraman air keras yang dialaminya, tim dokter sudah memberikan penanganan khusus.

    “Kami melakukan perawatan khusus. Saat ini pasien mampu berkomunikasi,” ungkap Banu, Kamis (26/12/2024).

    Banu enggan menyampaikan lebih detail kondisi korban seusai mendapat perawatan medis.

    “Info lebih lanjut menyusul ya, karena saya belum ketemu keluarga,” pungkasnya. 

    Penulis: Miftahul Huda

  • Destinasi Wisata Kebun Raya Mangrove Surabaya, Tempat yang Cocok untuk Liburan Nataru 2025

    Destinasi Wisata Kebun Raya Mangrove Surabaya, Tempat yang Cocok untuk Liburan Nataru 2025

    Surabaya, Beritasatu.com – Bagi Anda yang berasal dari Surabaya atau sedang berkunjung ke kota ini, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Kebun Raya Mangrove Surabaya.

    Destinasi wisata ini menawarkan pengalaman edukasi sekaligus cocok untuk menghabiskan libur Natal dan Tahun Baru bersama keluarga.

    Pada Kamis (26/12/2024), suasana Kebun Raya Mangrove yang terletak di kawasan Gunung Anyar, Surabaya, terlihat ramai dikunjungi oleh para wisatawan, baik dari luar kota maupun dalam kota, yang ingin menikmati liburan.

    Kawasan ini kini semakin menarik berkat keberadaan 59 jenis tanaman mangrove, seperti nyamplung, api-api putih, jeruju, paku laut, ketapang, dan katang-katang yang tumbuh subur di sana.

    Selain menikmati pemandangan alam dengan rindangnya ribuan tanaman mangrove dan pohon pinus, pengunjung juga dapat menikmati berbagai wahana yang tersedia.

    Beberapa wahana yang ditawarkan antara lain ATV, perahu bebek, perahu nelayan, serta aktivitas menjelajah mangrove melalui jogging track. Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat mendapatkan wawasan edukatif tentang tanaman di Kebun Raya Mangrove Surabaya.

    Bagi yang ingin menikmati pemandangan kebun raya mangrove dari ketinggian, tersedia menara pantau yang memungkinkan pengunjung untuk melihat luasnya area kebun raya ini. Di tempat ini, pengunjung juga bisa berfoto atau merekam video pemandangan alam yang indah, dengan latar belakang tanaman mangrove yang dipenuhi burung.

    “Tempatnya bagus, cocok untuk wisata keluarga. Jarang ada tempat wisata seperti ini. Selain bisa jalan-jalan, juga bisa dijadikan tempat wisata edukasi untuk anak-anak,” ujar Amelia Azzahra, salah satu pengunjung kepada Beritasatu.com pada Kamis (26/12/2024).

    “Ke sini bersama keluarga besar. Liburan bareng keluarga untuk mengisi libur sekolah. Tempatnya asyik buat wisata alam bersama keluarga,” kata Ridho, pengunjung lainnya.

    Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya Antiek Sugiharti menyatakan, dari 59 jenis tanaman mangrove yang ada, koleksi tanaman ini akan bertambah menjadi 60 jenis dalam waktu dekat.

    Berbagai jenis mangrove ini memiliki banyak manfaat, di antaranya untuk pewarna pakaian, bahan kosmetik, dan juga produk makanan seperti kerupuk, selai, kukis, sambal, dan sirup.

    “Di sini banyak koleksi tanaman mangrove, ada 59 jenis dan dalam waktu dekat jumlah koleksinya akan bertambah menjadi 60 jenis. Mangrove ini memiliki manfaat yang luar biasa, beberapa di antaranya bisa dimanfaatkan untuk pewarna pakaian, bahan kosmetik, bahkan makanan seperti kerupuk, selai, kukis, sambal, dan sirup,” kata Antiek Sugiharti.

    Kehadiran Kebun Raya Mangrove ini tidak hanya memperkaya pilihan destinasi wisata di Surabaya, tetapi juga menjadi tempat edukasi, riset, dan rekreasi.

    Para pengunjung dapat berkeliling sambil belajar tentang berbagai jenis mangrove serta menikmati suasana alam yang asri di tengah Kota Surabaya. Dengan tarif masuk yang cukup terjangkau, yaitu Rp 5.000, pengunjung sudah bisa menikmati keindahan hutan mangrove di Kota Pahlawan ini.

    Meskipun hingga saat ini belum terlihat lonjakan pengunjung yang signifikan, diperkirakan pengunjung Kebun Raya Mangrove Surabaya ada peningkatan jumlah pengunjung saat hari Minggu atau libur Tahun Baru nanti.