provinsi: JAWA BARAT

  • Persiapan Mudik, Ini Tarif Jalan Tol di Pulau Jawa 2025

    Persiapan Mudik, Ini Tarif Jalan Tol di Pulau Jawa 2025

    Bisnis.com, JAKARTA – Mudik menjadi pilihan utama bagi banyak orang untuk sampai ke kampung halaman dengan cepat, salah satunya melalui tol atau jalan bebas hambatan. Namun, seringkali perjalanan terhambat akibat lupa mengisi saldo kartu tol, yang dapat memperlambat waktu perjalanan. 

    Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui biaya tarif tol di Pulau Jawa, terutama untuk kendaraan golongan I, agar perjalanan dapat berlangsung lancar tanpa hambatan.

    Jenis Jenis Golongan Tol

    Dilansir dari binamarga.pu.go.id, Senin (17/3/2025) berikut adalah jenis golongan berdasarkan kendaraan:

    * Golongan I mencakup kendaraan seperti sedan, jip, pick-up atau truk kecil, dan bus. Kendaraan-kendaraan ini biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dan lebih ringan dibandingkan truk besar.

    * Golongan II terdiri dari truk dengan 2 gandar. Kendaraan ini lebih besar dan memiliki kapasitas yang lebih tinggi daripada kendaraan golongan I.

    * Golongan III adalah truk dengan 3 gandar. Truk ini lebih besar dan lebih berat, sering digunakan untuk mengangkut barang dalam jumlah banyak.

    * Golongan IV mencakup truk dengan 4 gandar. Kendaraan jenis ini lebih besar lagi dan digunakan untuk keperluan pengangkutan barang yang lebih berat atau lebih banyak.

    * Golongan V adalah truk dengan 5 gandar. Kendaraan ini adalah salah satu yang paling besar dan sering digunakan untuk transportasi barang dalam jumlah sangat besar atau berat.

    * Golongan VI adalah kendaraan bermotor roda dua, seperti sepeda motor. Kendaraan ini lebih kecil dan biasanya memiliki tarif yang lebih murah dibandingkan kendaraan golongan lainnya.

    Tarif Tol Golongan I di Pulau Jawa

    Dilansir dari akun instagram @official.jasamarga, Senin (17/3/2025) berikut daftar tarif jalur tol Golongan I di pulau jawa.

    1. Tangerang-Merak

    Tol di daerah Banten, memiliki panjang 75,00 km dengan tarif Rp 58.000.

    2. Jakarta-Tangerang

    Tol di daerah DKI Jakarta, memiliki panjang 33,5 km dengan tarif Rp 8.500.

    3. Jakarta-Outer Ring Road

    Tol di DKI Jakarta, memiliki panjang 65 km dengan tarif Rp 17.000.

    4. Jakarta-Cikampek

    Tol memiliki panjang 72,0 km yang menghubungkan Jakarta dengan Cikampek dengan tarif Rp 27.000.

    5. Cikopo-Palimanan

    Tol di Jawa Barat, memiliki panjang 116,0 km dengan tarif Rp 132.000.

    6. Kanci-Pejagan

    Tol di Jawa Barat, memiliki panjang 35,0 km dengan tarif Rp 31.500.

    7. Pejagan-Pemalang

    Tol di Jawa Tengah, memiliki panjang 57,5 km dengan tarif Rp 66.000.

    8. Batang-Semarang (Kalingkung)

    Tol memiliki panjang 75,6 km yang menghubungkan Batang dan Semarang dengan tarif Rp 111.500.

    9. Semarang ABC

    Tol di Jawa Tengah, memiliki panjang 35,2 km dengan tarif Rp 5.500.

    10. Solo-Ngawi

    Tol di Jawa Tengah, memiliki panjang 131,0 km dengan tarif Rp 131.000.

    11. Kertosono-Mojokerto

    Tol di Jawa Timur, memiliki panjang 40,5 km dengan tarif Rp 55.000.

    12. Surabaya-Mojokerto

    Tol di Jawa Timur, memiliki panjang 36,3 km dengan tarif Rp 43.500.

    13. Surabaya-Gempol (Segmen Dupak-Waru)

    Tol memiliki panjang 20,4 km di Jawa Timur dengan tarif Rp 6.000.

    14. Surabaya-Gempol (Segmen Waru-Porang)

    Tol memiliki panjang 29,6 km di Jawa Timur dengan tarif Rp 10.000.

    15. Surabaya Porong-Gempol

    Tol di Jawa Timur, memiliki panjang 16,4 km dengan tarif Rp 9.500.

    16. Gempol-Pasuruan (Grati)

    Tol di Jawa Timur, memiliki panjang 34,15 km dengan tarif Rp 46.500.

    17. Gempol IC-Pandaan

    Tol di Jawa Timur, memiliki panjang 13,61 km dengan tarif Rp 14.500.

    18. Pasuruan (Grati-Gending)

    Tol di Jawa Timur, memiliki panjang 49,7 km dengan tarif Rp 52.000.

    19. Pandaan-Malang

    Tol di Jawa Timur, memiliki panjang 42,8 km dengan tarif Rp 35.500.

    20. Ngawi-Kertosono

    Tol di Jawa Timur, memiliki panjang 138,2 km dengan tarif Rp 98.000.

    21. Jogja-Solo

    Tol di Jawa Tengah, memiliki panjang 32,9 km dengan tarif Rp 42.500.

    22. Semarang-Solo

    Tol di Jawa Tengah, memiliki panjang 75,7 km dengan tarif Rp 92.000.

    23. Pemalang-Batang

    Tol di Jawa Tengah, memiliki panjang 39,2 km dengan tarif Rp 53.000.

    24. Palimanan-Kanci

    Tol di Jawa Barat, memiliki panjang 28,8 km dengan tarif Rp 13.500.

    25. Kunciran-Cengkareng

    Tol di DKI Jakarta, memiliki panjang 37 km dengan tarif Rp 27.000.

    26. Kunciran-Serpong

    Tol di Banten, memiliki panjang 16,1 km dengan tarif Rp 21.000.

    27. Cinere-Serpong

    Tol di Banten, memiliki panjang 12,7 km dengan tarif Rp 18.500.

    28. Cinere-Jagorawi

    Tol di DKI Jakarta, memiliki panjang 14,64 km dengan tarif Rp 15.000.

    29. Cimanggis-Cibitung

    Tol di DKI Jakarta, memiliki panjang 46,6 km dengan tarif Rp 54.000.

    Dengan mengetahui tarif tol yang berlaku, pengendara bisa lebih mempersiapkan perjalanan dan memastikan saldo kartu tol cukup. Hal ini akan membantu memperlancar perjalanan mudik, sehingga Anda dapat sampai ke tujuan dengan tepat waktu. (Siti Laela)

  • Kronologi Maling di Bogor Bobol ATM Pakai Las hingga Rp 150 Juta Dikuras

    Kronologi Maling di Bogor Bobol ATM Pakai Las hingga Rp 150 Juta Dikuras

    Jakarta

    Duo maling membobol mesin ATM di dalam minimarket di Cileungsi, Kabupaten Bogor. Duit Rp 150 juta di dalam mesin ATM dikuras pelaku.

    Peristiwa tersebut diketahui oleh karyawan minimarket pada pukul 06.45 WIB pagi tadi. Karyawan minimarket mendapati kondisi mesin ATM sudah rusak.

    “Diketahuinya jam 06.45 WIB, kalau pelaksanaannya dari CCTV itu jam 02.30 WIB,” kata Kapolsek Cileungsi Kompol Edison, Senin (17/3/2025).

    “Jadi memang jam 06.20 WIB itu si saksi DR itu masuk buka gerbang depan. Kemudian ditunggu 20 menit lagi, jam 06.45 baru lah DR masuk (ke dalam minimarket), ternyata di dalam, mesin ATM sudah dirusak,” jelas Edison.

    Turunkan Anjing Pelacak

    Edison mengatakan, tim reskrim Polsek Cileungsi kemudian mendatangi lokasi untuk cek TKP dan memintai keterangan saksi. Pihaknya juga menghubungi tim Inafis Polres Bogor dan mengerahkan anjing pelacak untuk mencari jejak pelaku.

    “Tadi didatangkan anjing pelacak dan tim inafis untuk cek sidik jari semua. Kemudian anjing pelacak mengendus beberapa lokasi dari mulai TKP sampai tempat tambal ban, untuk mencari jejak pelaku,” ujarnya.

    Pelaku Dua Orang

    “Sudah, sudah kita cek CCTV, makanya yang terlihat ada dua orang (pelakunya), kita masih dalami. Saksi-saksi yang kita mintai keterangan, pegawai di situ,” imbuhnya.

    Hasil olah TKP, kata Edison, pelaku diduga masuk melalui atap dan menjebol plafon. Para pelaku kemudian merusak mesin ATM menggunakan alat las yang ditinggalkan di lokasi.

    Rp 150 Juta Raib

    Diberitakan sebelumnya, komplotan maling membobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di dalam minimarket di Cileungsi, Kabupaten Bogor. Pelaku diduga berjumlah dua orang membawa kabur Rp 150 juta dari mesin ATM.

    “Kalau untuk ATM sendiri kurang lebih Rp 150 juta. Itu sementara ya karena ini masih di TKP, detilnya kita masih tunggu pihak vendor,” pungkasnya.

    (sol/mea)

    Hoegeng Awards 2025

    Usulkan Polisi Teladan di sekitarmu

  • Gelontorkan Rp1,7 Triliun, Prabowo Resmikan Proyek Renovasi dan Pembangunan 17 Stadion

    Gelontorkan Rp1,7 Triliun, Prabowo Resmikan Proyek Renovasi dan Pembangunan 17 Stadion

    Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Prabowo Subianto meresmikan proyek renovasi dan pembangunan 17 stadion di Indonesia sebagai komitmen pemerintah dalam meningkatkan infrastruktur olahraga nasional.

    Orang nomor satu di Indonesia itu menegaskan bahwa peresmian 17 stadion berstandar internasional yang telah direnovasi dan dibangun di berbagai daerah di Indonesia ini disebut telah memenuhi standar FIFA.

    “Hari ini kami meresmikan 17 stadion yang punya standar internasional yang diinspeksi FIFA dan dinyatakan memenuhi syarat FIFA. Jadi ini prestasi bagaimanapun adalah prestasi pemerintah presiden Joko Widodo sebelum saya, saya kebagian meresmikannya saja,” ujarnya di Sidoarjo, Senin (17/3/2025).

    Presiden Ke-8 RI itu menyoroti pentingnya sepak bola sebagai simbol harga diri sebuah bangsa. Menurutnya, negara yang kuat adalah negara yang memiliki fisik dan jiwa yang tangguh.  

    “Karena itu olahraga adalah salah satu tolak ukur untuk menilai bangsa itu punya semangat atau tidak. Punya kehendak atau tidak. Atau mudah menyerah atau tak peduli,” imbuhnya.  

    Sebagai bentuk komitmen untuk mendorong prestasi sepak bola nasional, Prabowo memastikan dukungan penuh pemerintah dalam berbagai aspek. Mulai dari kebijakan, regulasi, hingga infrastruktur untuk menunjang pembinaan sepak bola.

    Tak hanya itu, dia juga meminta semua pihak, termasuk pemerintah dan DPR, untuk bersinergi dalam memperlancar regulasi dan mendukung kerja PSSI dalam membentuk tim nasional yang tangguh.  

    “Kami akan memperlancar semua peraturan, kami ringkas, kami perbaiki perangkat dan piranti peraturan yang perlu diperbaiki. Memperlancar usaha-usaha PSSI bentuk timnas yang tangguh,” tandas Prabowo

    Sementara itu, Menteri Pekerjaan Umum Dody Hanggodo mengatakan bahwa 17 stadion yang diresmikan terdiri dari 16 stadion yang direnovasi dan 1 stadion yang dibangun baru.

    “Kita bangun kurang lebih 12 bulan ya, sekitar 12 bulan. Total anggaran kita pakai untuk merenov 16 stadion dan 1 pembangunan baru itu sekitar Rp1,7 triliun,” ucapnya.

    Dody menyampaikan bahwa ketujuh belas stadion yang diresmikan telah tersertifikasi oleh PSSI dan FIFA, mulai dari bangku pemain dan penonton hingga rumput lapangan.

    Dia pun berharap renovasi dan pembangunan ini dapat mendukung olahraga di Indonesia khususnya sepak bola.

    “Sehingga talenta-talenta muda bisa bertumbuh dan harapan besar Pak Prabowo untuk meraih Indonesia Emas 2045 bisa segera tercapai,” katanya.

    Adapun ketujuh belas stadion yang diresmikan oleh Presiden yakni:

    1. Stadion Bumi Sriwijaya, Kota Palembang;

    2. ⁠Indomilk Arena, Kabupaten Tangerang;

    3. ⁠Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor;

    4. ⁠Stadion Wibawa Mukti, Kabupaten Bekasi;

    5. ⁠Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi;

    6. ⁠Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung;

    7. ⁠Stadion Maguwoharjo, Kabupaten Sleman;

    8. ⁠Stadion Jati Diri, Kota Semarang;

    9. ⁠Stadion Gelora Bumi Kartini, Kabupaten Jepara;

    10. ⁠Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang;

    11. ⁠Stadion Surajaya, Kabupaten Lamongan;

    12. ⁠Stadion Gelora Delta, Kabupaten Sidoarjo;

    13. ⁠Stadion Gelora Ratu Madura Pamelingan, Kabupaten Pamekasan;

    14. ⁠Stadion Joko Samudro, Kabupaten Gresik;

    15. ⁠Stadion Demang Lehman, Kabupaten Banjar;

    16. ⁠Stadion Segiri, Kota Samarinda; dan

    17. ⁠Stadion B.J. Habibie, Kota Parepare.

  • Mudik Lebaran, Jasa Marga Siap Berlakukan Contraflow di Tol Japek

    Mudik Lebaran, Jasa Marga Siap Berlakukan Contraflow di Tol Japek

    Bisnis.com, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) mengaku siap menerapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan di jalan tol saat arus mudik Lebaran 2025.

    Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan bahwa rekayasa lalu lintas yang akan diberlakukan adalah contraflow hingga ganjil genap di Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) hingga Tol Semarang – Batang. 

    Subakti menjelaskan penerapan rekayasa lalu lintas rencananya akan dimulai dari KM 47 Tol Japek hingga KM 414 Tol Semarang – Batang mulai H-6 Lebaran 2025 atau tepatnya pada 25 Maret 2025. 

    “Kami sudah antisipasi pada titik kritis yaitu KM 47 – KM 70 Ruas Japek serta KM 70 – 414 ruas Tol Trans Jawa,” kata Subakti dalam RDP bersama Komisi VI DPR RI, Jakarta, Senin (17/3/2025). 

    Namun demikian, Subakti menegaskan bahwa implementasi rekayasa lalu lintas itu masih bersifat situasional dan menunggu diskresi kepolisian terlebih dahulu. 

    Adapun, berdasarkan proyeksi JSMR puncak kepadatan akan jatuh pada H-3 Lebaran tepatnya pada 28 Maret 2025. Perinciannya, perbandingan antara volume lalu lintas dengan kapasitas jalan atau V/C Ratio Tol Japek di level 0,90.

    Kemudian pada KM 66 Tol Japek – KM 70 GT Cikampek dengan V/C Ratio sebesar 0,99, sedangkan ruas paling padat pada momentum H-3 Lebaram jatuh di sekitar KM 70 GT Cikampek hingga KM 414 Kalikangkung dengan V/C Ratio tembus di level 1,18.

    “Diperlukan pengaturan sejak dini sejak H-6 pengaturan lalin, pembatasan angkutan barang, dan pelaksanaan rekayasa lalin situasional yang merupakan diskresi kepolisian baik itu contraflow, one way, maupun ganjil genap berdasarkan parameter traffic counting yang berlangsung,” tegas Subakti.

    Selain itu, JSMR juga mencanangkan pemberian diskon tarif sebesar 20% hingga 30% pada momen khusus untuk mengurai terjadinya kepadatan tersebut.

    Adapun, implementasi diskon tarif itu bakal dilakukan selama 8 hari yang dibagi menjadi dua periode. Periode pertama diimplementasikan selama 4 hari pada arus mudik mulai dari tanggal 24 Maret 2025 pukul 05.00 WIB sampai 28 Maret 2025 pukul 05.00 WIB untuk pengguna jalan dari GT Cikampek Utama menuju GT Kalikangkung. 

    Kemudian implementasi diskon tarif bakal dilanjutkan selama 4 hari pada momentum arus balik. Namun, periode implementasi diskon 20% pada arus balik belum diumumkan.

    Selain itu, JSMR juga bakal mengimplementasikan diskon tarif sebesar 30% bagi pengendara khusus yang nantinya terdampak rekayasa lalu lintas selama arus mudik Lebaran 2025. 

    Subakti menjelaskan, diskon hingga 30% itu diberikan bagi pengendara yang terdampak diskresi pengalihan lalu lintas kendaraan pada arus balik menuju Gerbang Tol (GT) Kalihurip Utama (Kalitama) via Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu).

  • Kementerian PU Siapkan Rp 5 T Bangun Tanggul Kali Bekasi & Ciliwung

    Kementerian PU Siapkan Rp 5 T Bangun Tanggul Kali Bekasi & Ciliwung

    Jakarta

    Kementerian Pekerjaan Umum (PU) akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp 5 triliun untuk membangun tanggul di bantaran Kali Bekasi, Jawa Barat dan Kali Ciliwung, DKI Jakarta. Total panjang tanggul yang akan dibangun di masing-masing lokasi mencapai 19,64 kilometer (km) dan 16 km.

    Informasi ini disampaikan oleh Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Diana Kusumastuti usai melangsungkan pertemuan dengan Menteri ATR/BPN Nusron Wahid dan Gubernur Jawa Barat Dedi Mulyadi.

    Diana mengatakan, di Bekasi sendiri pihaknya harus membangun tanggul baru sepanjang 19,64 km. Pembangunannya terbagi ke dalam sebanyak 7 paket.

    “Kalau tanggul di Bekasi dari paket 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7 itu totalnya Rp 3,6 triliun,’ kata Diana, dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta Selatan, Senin (17/3/2025).

    Diana mengatakan, keberadaan tanggul ini penting sebagai salah satu langkah pencegahan banjir di kawasan Jabodetabek, khususnya Bekasi. Namun untuk pembangunannya, Kementerian PU masih terkendala masalah kesediaan lahannya.

    “Mudah-mudahan kalau tanah tadi yang disampaikan oleh Pak Menteri, kita bisa melakukan identifikasi dan datanya sama semuanya, bulan April kita bisa melakukan penlok,” ujar Diana.

    “Selesai akhir Mei, kita juga bisa melakukan pembebasan lahannya, sehingga Juni kita bisa menindaklanjuti untuk pembangunan tanggul-tanggul di seluruh Bekasi,” sambungnya.

    Sedangkan untuk tanggul Kali Ciliwung, secara keseluruhan tanggul ini memiliki panjang 33 km. Namun untuk menyelesaikannya, Kementerian PU masih harus membangun 16 km tanggul lagi.

    “Rp 1,4 triliun tanggulnya. Jadi tanggulnya itu ada yang belum kita selesaikan karena lahannya belum bebas. Jadi kita nggak bisa membangun tanggulnya di situ,” kata dia.

    “Karena masih diduduki rumah-rumah rakyat di situ. Masyarakat masih bangun rumah-rumahnya di situ. Jadi kan harus dibebasin dulu. Setelah dibebaskan, baru nanti kita lanjutkan tanggulnya,” lanjutnya.

    Dengan demikian, secara akumulasi, Kementerian PU akan mengalokasikan Rp 5 triliun untuk pembangunan tanggul di bantaran sungai. Selain pembangunan tanggul, Diana mengatakan, pihaknya juga akan membangun delapan kolam retensi.

    “Kalau untuk kolam retensi saat ini kami sedang melakukan FS-nya. Ini kalau lahannya sudah beres semuanya baru nanti kita akan bisa menghitung kira-kira biayanya berapa. Tapi semuanya sudah ada dalam perencanaan,” terangnya.

    (shc/rrd)

  • Suzuki Tambah Investasi buat Produksi Mobil Baru di RI, Jimny atau Fronx?

    Suzuki Tambah Investasi buat Produksi Mobil Baru di RI, Jimny atau Fronx?

    Jakarta

    Suzuki akan menambah jajaran produksi mobil di Indonesia. Penambahan investasi terbaru Suzuki itu termasuk segmen elektrifikasi teknologi hybrid.

    Awal tahun lalu, Suzuki sudah mengumumkan soal penambahan investasi Rp 5 triliun. Rencana ini termasuk penambahan model terbaru di pabrik Suzuki Indonesia.

    “Itu kan untuk kebutuhan new model, sedang dalam progress,” kata Joshi Prasetya, Departemen Head of Strategic Planning PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Jakarta, belum lama ini.

    Joshi mengatakan pabrik yang mendapatkan tambahan investasi berlokasi di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik ini diketahui memproduksi model-model kendaraan penumpang seperti Ertiga.

    “Itu diperlukan untuk pengembangan beli jig (alat), beli dice, terus persiapan production line, sama ada beberapa kebutuhan lain, kita kan harus bikin dulu mobil tersebut secara proto (prototipe), jadi ada proto 1, proto 2, sama mass production proto,” kata Joshi.

    “Kebetulan yang mau dikembangkan itu di satu pabrik, tapi berikut dengan pabrik transmisi, pabrik engine, juga di beberapa tempat untuk supplier lokal, karena lokal kontennya juga sudah cukup tinggi,” jelasnya lagi.

    Dia menambahkan, pabrik baru itu juga dioptimalkan untuk produksi jenis mobil hybrid.

    “Itu termasuk elektrifikasi, di sini elektrifikasi itu artinya hybrid,” jelas dia.

    “Kita memang menyasar ke segmen kendaraan berteknologi elektrifikasi dan untuk harga yang terjangkau. Secara teknologi, kita sudah menggunakan Suzuki Smart Hybrid,” tambah Joshi.

    Terkait model yang bakal diproduksi, Joshi masih belum membuka informasi tersebut. Namun dia tidak membantah saat disinggung soal kisi-kisinya pernah ditampilkan saat di Indonesia International Motor Show.

    Pertama, soal Suzuki Fronx. Diketahui kehadiran Fronx sudah terasa di Indonesia setelah Suzuki memamerkan rangka heartect di Indonesia International Motor Show (IIMS) dengan rangka yang mirip dengan tampilan Fronx.

    “Nah, kemarin sudah lihat kan,” kata Joshi.

    Bagaimana dengan Suzuki Jimny? apakah penambahan investasi itu juga rencana produksi lokal?

    “Rasanya bukan,” tambah dia.

    (riar/dry)

  • Maling Bobol ATM Pakai Las di Bogor, Polisi Kerahkan Anjing Pelacak

    Maling Bobol ATM Pakai Las di Bogor, Polisi Kerahkan Anjing Pelacak

    Bogor

    Polisi masih menyelidiki pelaku pembobolan mesin ATM dengan kerugian Rp 150 juta di minimarket Cileungsi, Kabupaten Bogor. Tim Inafis dan anjing pelacak (K-9) diterjunkan ke lokasi untuk mencari jejak pelaku.

    “Tadi didatangkan anjing pelacak dan tim Inafis untuk cek sidik jari semua. Kemudian anjing pelacak mengendus beberapa lokasi dari mulai TKP sampai tempat tambal ban, untuk mencari jejak pelaku. Jadi kalau untuk pelakunya kita masih penyelidikan,” kata Kapolsek Cileungsi Kompol Edison, Senin (17/3/2025).

    Selain itu, kata Edison, pihaknya juga sudah memeriksa sejumlah saksi dan mengamankan rekaman CCTV untuk mencari petunjuk terkait ciri-ciri pelaku.

    “Sudah, sudah kita cek CCTV, makanya yang terlihat ada dua orang (pelakunya), kita masih dalami. Saksi-saksi yang kita mintai keterangan, pegawai di situ,” kata Edison.

    Seperti diketahui, Edison menyebut CCTV di minimarket sempat dirusak pelaku. Akan tetapi dua pelaku sempat terekam CCTV di mesin ATM. Polisi juga mengamankan barang bukti berupa alat las, tabung gas, tabung oksigen yang diduga digunakan pelaku ketika beraksi.

    “CCTV di Ceria Mart-nya dirusak tapi ter-record di CCTV di ATM, itu pun terekam wajah pelaku pakai masker dan topi. Jadi diketahuinya dari CCTV di ATM. Yang te-record di CCTV ada dua orang (pelaku),” kata Edison.

    (sol/azh)

    Hoegeng Awards 2025

    Usulkan Polisi Teladan di sekitarmu

  • Peluang Bisnis Kosmetik di Indonesia Meningkat, 80 Persen Pelaku Usaha UMKM – Halaman all

    Peluang Bisnis Kosmetik di Indonesia Meningkat, 80 Persen Pelaku Usaha UMKM – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, BOGOR – Peluang bisnis di bidang kosmetik terus meningkat seiring dengan pertumbuhan industri kosmetik di Indonesia dari tahun ke tahun.

    Berdasarkan data Badan POM, peningkatan jumlah industri kosmetik di Indonesia mencapai 50 persen dalam kurun waktu 3 (tahun) terakhir.

    Tercatat 80 persen dari industri kosmetik tersebut merupakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

    Seberapa besar ceruk bisnis kecantikan di Indonesia ini menggairahkan ekonomi?

    Pelaku UMKM asal Kota Bogor, Lauskin Beauty, misalkan membuktikan manisnya bisnis kecantikan Indonesia.

    Berawal dari keinginan untuk mencari produk perawatan tubuh yang cocok dengan kulit orang Indonesia, New Laushine kini tumbuh menjadi perusahaan yang bersaing di bidang kecantikan.

    “Kita baru launching pada 12 Desember 2023 di Bogor dengan nama Lauskin Beauty. Lalu pada 15 Maret kita ganti nama menjadi New Laushine Beauty,” kata Nur di Bogor, Senin (17/3/2025).

    Dia menjelaskan New Laushine Beauty merupakan produk perawatan tubuh lokal buatan dalam negeri.

    “Tagline kita adalah 100 Persen Brand Lokal Indonesia. Produk kami diproduksi di Jawa Timur,” ujarnya.

    Untuk bahan baku, New Laushine berupaya memakai bahan-bahan lokal sejauh bisa didapatkan di dalam negeri

    Nur mengungkapkan New Laushine Beauty masih tergolong usaha skala UMKM dengan badan hukum CV Lau Skin Beaute.

    “Kita mulai dengan karyawan 1 orang pada 2023. Sekarang karyawan sudah mencapai 30 orang. Alhamdulilah, produk kita diterima masyarakat,” jelasnya.

    Modal Rp50 juta hasilkan miliaran

    Usaha tidak akan mengkhianati hasil.

    Ungkapan ini tepat untuk menggambarkan perjalanan dari New Laushin Beauty.

    UMKM ini memulai dengan modal awal sekira Rp 50 juta. Namun dalam setahun, omzetnya kini sudah mencapai di atas Rp 20 Miliar.

    “Produk kita cukup beragam dengan harga sangat terjangkau. Kita ada masker yang bisa dipakai anak usia 10 tahun dengan harga Rp 20.000. Lalu ada produk lotion dengan harga sekira Rp 100.000 ke atas,” ucapnya.

    Selain itu ada juga masker yang lumayan viral di kalangan Gen-Z dengan harga sekira Rp 20.000.

    (Tribunnews.com/Tribundepok.com)

  • Sewa Mobil dengan Sopir atau Tanpa Sopir, Mana yang Lebih Cocok untuk Perjalanan Luar Kota?

    Sewa Mobil dengan Sopir atau Tanpa Sopir, Mana yang Lebih Cocok untuk Perjalanan Luar Kota?

    JABAR EKSPRES – Perjalanan luar kota seringkali membutuhkan transportasi yang nyaman dan fleksibel. Salah satu pilihan yang banyak digunakan adalah sewa mobil Bandung ataupun di kota lain bagi yang ingin mengeksplorasi berbagai destinasi tanpa harus bergantung pada transportasi umum.

    Namun, ketika menyewa mobil muncul pertanyaan penting, apakah lebih baik menyewa mobil dengan sopir atau tanpa sopir?

    Pilihan ini bergantung pada berbagai faktor, seperti kenyamanan, biaya, hingga kebebasan dalam berkendara.

    Bagi yang ingin lebih fleksibel, sewa mobil tanpa sopir bisa menjadi solusi ideal, terutama jika sudah terbiasa dengan rute perjalanan.

    Namun, bagi yang ingin perjalanan lebih santai tanpa harus mengemudi sendiri, menyewa mobil dengan sopir bisa lebih menguntungkan.

    7 Perbandingan Sewa Mobil dengan Sopir atau Tanpa Sopir

    Untuk membantu menentukan pilihan terbaik, berikut adalah tujuh perbandingan antara sewa mobil dengan sopir dan tanpa sopir dalam perjalanan luar kota.

    1. Kenyamanan dalam Perjalanan

    Memilih sewa mobil dengan sopir memberikan kenyamanan ekstra karena tidak perlu mengemudi sendiri. Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi yang ingin beristirahat selama perjalanan, terutama dalam perjalanan jauh yang bisa menguras tenaga.

    Bersama dengan sopir yang berpengalaman, perjalanan bisa lebih lancar dan aman karena sopir sudah terbiasa dengan berbagai rute dan kondisi jalan.

    Sebaliknya, sewa mobil tanpa sopir menawarkan kebebasan penuh dalam berkendara. Namun, ini berarti harus siap menghadapi berbagai tantangan seperti mencari rute terbaik, menghadapi kemacetan, hingga mencari tempat parkir.

    Bagi yang tidak terbiasa dengan jalanan luar kota, mengemudi sendiri bisa menjadi tantangan tersendiri yang cukup melelahkan.

    2. Biaya yang Dikeluarkan

    Dari segi biaya, menyewa mobil tanpa sopir biasanya lebih murah karena tidak perlu membayar jasa sopir. Biaya yang dikeluarkan hanya mencakup sewa kendaraan, bahan bakar, dan biaya tol.

    Hal ini bisa menjadi pilihan lebih ekonomis bagi yang ingin menekan anggaran perjalanan.

    Namun, menyewa mobil dengan sopir memiliki biaya tambahan  termasuk tarif harian sopir dan uang makan.

    Meskipun lebih mahal, layanan ini memberikan keuntungan tersendiri karena tidak perlu khawatir tentang mengemudi atau mencari rute terbaik.

  • Polisi Ancam Tindak Ormas yang Minta THR di Bekasi
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        17 Maret 2025

    Polisi Ancam Tindak Ormas yang Minta THR di Bekasi Megapolitan 17 Maret 2025

    Polisi Ancam Tindak Ormas yang Minta THR di Bekasi
    Tim Redaksi
     
    BEKASI, KOMPAS.com
    – Polres Metro Bekasi bakal menindak organisasi masyarakat (ormas) yang meminta tunjangan hari raya (THR) kepada instansi pemerintah, pengusaha, maupun masyarakat.
    Kapolres Metro Bekasi, Kombes Mustofa menyatakan, akan menindak apabila anggota ormas meminta THR, terlebih jika terdapat unsur pemerasan.
    “Ada pasal yang mengatur tentang pemerasan itu ada, sehingga kami juga mengimbau jangan sampai muncul sebuah perkara pidana baru ataupun muncul pidana pemerasan, padahal sifatnya menjelang Lebaran,” tegas Mustofa saat dikonfirmasi Kompas.com, Senin (17/3/2025).
    Mustofa mengaku sebelumnya pernah menyampaikan kepada Bupati Bekasi Ade Kuswara Kunang mengenai antisipasi permintaan THR oleh ormas.
    “Ini juga pernah saya sampaikan kepada Pak Bupati, Bupati kita juga sudah sering memberikan imbauan,” ungkap Mustofa.
    Mustofa mengimbau agar instansi pemerintah dan masyarakat tak perlu melayani ormas yang meminta THR.
    Ia juga meminta masyarakat agar langsung melapor ke polisi apabila ada ormas yang meminta THR.
    “Tolong dikomunikasikan dengan kita, dengan aparat penegak hukum atau pemda sehingga tidak ada hal-hal yang sifatnya tidak jelas,” imbuh dia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.