provinsi: JAMBI

  • Pernyataan Resmi Grab Indonesia soal Keributan Konsumen Vs Driver di Jambi
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        30 Juli 2025

    Pernyataan Resmi Grab Indonesia soal Keributan Konsumen Vs Driver di Jambi Regional 30 Juli 2025

    Pernyataan Resmi Grab Indonesia soal Keributan Konsumen Vs Driver di Jambi
    Tim Redaksi
    JAMBI, KOMPAS.com
    – Pihak
    Grab Indonesia
    memberikan pernyataan resmi terkait permasalahan antara
    mitra pengemudi
    GrabFood atas nama Rosdewi dengan konsumen di Jambi pada Minggu, 20 Juli 2025.
    Richard Aditya, Director of West Indonesia, Grab Indonesia, melalui keterangan tertulisnya yang diterima Kompas.com, Rabu (30/7/2025), menyampaikan bahwa setelah pemberitaan tersebut viral, pihaknya langsung turun ke Jambi dan ikut mendampingi proses
    mediasi
    kedua belah pihak yang berlangsung di Mapolresta Jambi pada Selasa (29/7/2025).
    “Kami telah berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait dan penanganan kejadian dapat diselesaikan sepenuhnya oleh mitra pengemudi dan konsumen secara kekeluargaan,” katanya.
    Richard menyebut, Grab sangat mengapresiasi konsumen dan mitra pengemudi (driver) yang memutuskan untuk menempuh jalur penyelesaian yang damai dan kooperatif.
    Dia mengatakan, sebagai bagian dari upaya rekonsiliasi, konsumen telah secara resmi mencabut laporan kepolisian tentang tindak penganiayaan yang sebelumnya ditujukan kepada mitra pengemudi.
    Sebelum proses perdamaian ini, kata Richard, pada 26 Juli 2025, pihaknya juga telah bertemu mitra pengemudi mereka untuk merespons aspirasi yang disampaikan sebelumnya, dan mengedukasi kembali konsekuensi pelanggaran yang telah dilakukan.
    Dalam hal tersebut, mitra pengemudi telah melakukan permohonan maaf secara langsung atas tindak pelanggaran hukum serta Kode Etik Mitra Grab yang berlaku.
    “Yang bersangkutan mengakui tindakan emosional tersebut dipicu oleh adanya keterlambatan konfirmasi pembayaran pasca-pemesanan GrabFood,” tambahnya.
    “Ke depannya, mitra terkait menyatakan ingin fokus pada aktivitas harian yang telah dijalankan sejak 2016 sebelum menjadi mitra pengemudi Grab, seperti melanjutkan usaha makanan yang dimiliki dan mengumpulkan barang bekas,” tambahnya.
    Richard juga memastikan bahwa mitra pengemudinya akan disanksi tegas, berupa pengakhiran hubungan kemitraan sebagai mitra pengemudi.
    Dia mengatakan, hal ini didasarkan pada tindakan pelanggaran yang dilakukan oleh yang bersangkutan, di antaranya secara sepihak menyambangi langsung lokasi kediaman konsumen, hingga masuk ruangan pribadi tanpa izin, serta terlibat dalam pertikaian verbal dan fisik.
    1. Pasal 1.1: melakukan/terlibat kasus tindakan melawan hukum baik ketika sedang menjalankan orderan Grab maupun sedang tidak menjalankan orderan Grab yang membahayakan Grab atau konsumen atau pihak ketiga.
    2. Pasal 1.5: bertikai/melakukan tindakan di luar norma kesopanan/berperilaku kasar/melampiaskan emosi dalam bentuk perbuatan yang tidak menyenangkan kepada siapa pun baik verbal maupun non-verbal, fisik maupun non-fisik, tidak terkecuali tindakan mengancam/mengintimidasi/menakut-nakuti/melecehkan secara SARA/fisik/seksual, dengan cara dan media apa pun kepada pihak manapun, baik kepada penumpang/karyawan Grab/sesama mitra Grab/restoran yang terdaftar dalam platform Grab/konsumen/pengguna jalan lainnya.
    “Namun, sebagai iktikad baik perusahaan, Grab Indonesia menawarkan peluang kepada mitra terkait untuk beralih menjadi Mitra Merchant Grab yang diharapkan dapat membantu pengembangan usaha makanan yang dimiliki terdaftar dalam layanan GrabFood, dengan tetap melewati standar proses pendaftaran dan verifikasi data yang berlaku,” tambahnya.
    Masih dalam keterangan tertulisnya, pihak Grab menyebut, kejadian ini berawal dari keterlambatan bayar non-tunai sebesar Rp 30.000 oleh konsumen kepada mitra pengemudi setelah pengantaran pesanan GrabFood diselesaikan.
    Grab menyebut, mitra pengemudi mereka mengaku saat itu sudah menunggu beberapa waktu tetapi tidak mendapat konfirmasi bahwa pembayaran non-tunai telah diterima.
    Kemudian, yang bersangkutan mendatangi kembali lokasi kediaman pribadi konsumen untuk menagih pembayaran hingga tersulut emosi dan terlibat dalam pertikaian fisik.
    Setelah pertikaian terjadi, pihak keluarga konsumen melakukan pembayaran tunai kepada mitra pengemudi.
    Grab sendiri mengaku senantiasa mengimbau seluruh konsumen dan mitra pengemudi untuk saling menghormati dan menghargai satu sama lain demi terwujudnya keamanan dan kenyamanan bersama selama menggunakan layanan Grab.
    “Penting bagi konsumen untuk memastikan pembayaran berhasil dilakukan tepat waktu kepada mitra pengemudi setelah pesanan/perjalanan selesai,” jelasnya.
    Sebaliknya, mitra pengemudi juga memiliki komitmen utama dalam menjaga standar pelayanan konsumen yang santun dan ramah.
    “Jika terjadi kendala saat perjalanan/pemesanan, baik konsumen maupun mitra pengemudi dapat melaporkannya ke Pusat Bantuan Grab agar dapat ditindaklanjuti dan ditangani dengan tepat,” tuturnya.
     
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • ASN Dilengserkan Diduga Pakai Surat Pengunduran Diri Palsu, Inspektorat Periksa Semua Pihak
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        30 Juli 2025

    ASN Dilengserkan Diduga Pakai Surat Pengunduran Diri Palsu, Inspektorat Periksa Semua Pihak Regional 30 Juli 2025

    ASN Dilengserkan Diduga Pakai Surat Pengunduran Diri Palsu, Inspektorat Periksa Semua Pihak
    Tim Redaksi
    JAMBI, KOMPAS.com

    Inspektorat

    Jambi
    memeriksa delapan aparatur sipil negara (
    ASN
    ) yang kehilangan jabatan, menyusul dugaan penggunaan
    surat pengunduran diri palsu
    dalam proses mutasi pejabat.
    “Kita lakukan pemeriksaan terhadap delapan orang ASN yang kehilangan jabatan saat proses pemberhentian dan pengangkatan jabatan,” kata Mat Sanusi, Inspektur Pembantu Khusus Inspektorat Jambi di kantornya, Rabu (30/7/2025).
    Ia menyebutkan, audit dilakukan setelah ada instruksi dari Gubernur Jambi untuk menelusuri dugaan penyimpangan prosedur dalam mutasi tersebut.
    “Kita cari tahu fakta dan data terkait pemberhentian dan pengangkatan jabatan eselon III dan IV, apakah sesuai syarat, ketentuan, dan prosedur yang berlaku,” ujar Sanusi.
    Menurut dia, jika hasil audit menemukan pelanggaran aturan, maka akan ada dua kemungkinan rekomendasi. Pertama, penjatuhan sanksi disiplin bagi pihak yang terbukti bersalah. Kedua,
    pemulihan jabatan
    administrator dan pengawas bagi 13 ASN yang kehilangan posisi.
    Sanusi menegaskan, pemeriksaan tidak hanya dilakukan kepada delapan ASN, tetapi juga akan melibatkan semua pihak yang terlibat dalam proses mutasi tersebut.
    “Tim Penilai Kinerja yang melibatkan pegawai dari Badan Kepegawaian Daerah (BKD) juga besok akan dipanggil. Semua pihak yang terlibat akan dipanggil,” katanya.
    Pihaknya menargetkan pemeriksaan bisa segera rampung agar rekomendasi terkait dugaan penyimpangan administrasi bisa segera dikeluarkan.
    “Kalau surat pengunduran diri itu palsu atau tidak, itu bukan wewenang kita yang melakukan pemeriksaan. Yang kita periksa adalah kesesuaian prosedur, syarat, dan ketentuan dalam pemberhentian jabatan dengan ketetapan hukum yang berlaku,” ujar Sanusi.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Pertamina Siap Beli Minyak Rakyat yang Dihargai 80% ICP

    Pertamina Siap Beli Minyak Rakyat yang Dihargai 80% ICP

    Bisnis.com, JAKARTA — PT Pertamina Hulu Energi (PHE) mengaku siap membeli minyak mentah dari sumur rakyat. 

    Hal sebagai tindak lanjut dari terbitnya Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 14 Tahun 2025 tentang Kerja Sama Pengelolaan Bagian Wilayah Kerja untuk Peningkatan Produksi Minyak dan Gas Bumi.

    Dalam beleid itu, sumur minyak masyarakat adalah sumur yang dikelola oleh badan usaha milik daerah (BUMD), koperasi, atau UMKM.  

    Direktur Perencanaan Strategis, Portofolio, dan Commercial PHE Edy Karyanto mengatakan, tim gabungan antara pemerintah dan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS), telah melakukan identifikasi terhadap sumur rakyat.

    “Tim gabungan nanti kalau sudah mengidentifikasi sumurnya, kami siap karena kami malah senang kok bisa menerima itu [minyak mentah],” kata Edy di Jakarta, Rabu (30/7/2025).

    Melalui aturan baru tersebut, KKKS dapat melakukan kerja sama pengolahan bagian wilayah kerja (WK), tata kelola, keamanan sosial, dan perlindungan investasi demi memberdayakan sumur ilegal itu.

    Khusus sumur rakyat, kegiatan operasinya akan dinaungi BUMD, koperasi, atau UMKM yang bekerja sama dengan KKKS. Adapun, kerja sama antara KKKS dengan sumur rakyat ini dilakukan pada periode penanganan sementara paling lama 4 tahun

    Kelak, KKKS pun wajib membeli minyak dari sumur rakyat tersebut dengan harga sekitar 70% hingga 80% dari Indonesian Crude Price (ICP). Sebaliknya, BUMD, koperasi, atau UMKM yang tak menjual minyak ke KKKS akan dilakukan penindakan hukum.

    Menurut Edy, harga minyak mentah dari sumur rakkay sebesar 80% dari ICP itu sudah cukup ekonomi.

    “Ya win-win solution kan, karena kita juga bisa mereview fiscal term dan sebagainya gitu,” katanya.

    Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bahlil Lahadalia mengungkapkan terdapat lebih dari 30.000 sumur minyak masyarakat yang dianggap ilegal berpotensi dikerjasamakan dengan KKKS.

    Menurut Bahlil, sumur rakyat potensial itu sudah bisa dikerjasamakan dengan KKKS mulai Agustus 2025 mendatang. Adapun KKKS yang dimaksud saat ini baru PT Pertamina (Persero) dan anak usahanya, yakni PHE.

    “Ketika produksinya sudah ada dari sumur-sumur masyarakat, maka Pertamina sebagai off taker dan harganya antara 70% dari ICP sampai 80% Jadi sekitar itu,” ucap Bahlil di Kantor Kementerian ESDM, Selasa (29/7/2025).

    Jumlah sumur rakyat yang potensial sebanyak 30.000 untuk diberdayakan itu meningkat dari prediksi semula. Sebab, Kementerian ESDM sebelumnya mencatat hanya ada 8.000 sumur rakyat yang potensial.

    Bahlil mengatakan, 30.000 sumur minyak itu tersebar di sejumlah provinsi. Namun, mayoritas berada di Sumatra Selatan, Jambi, Sumatra Utara, hingga Jawa Tengah.

  • Mobil Pikap Jatuh ke Jurang Jalan Lintas Jambi-Sumbar, Dua Orang Tewas
                
                    
                        
                            Regional
                        
                        30 Juli 2025

    Mobil Pikap Jatuh ke Jurang Jalan Lintas Jambi-Sumbar, Dua Orang Tewas Regional 30 Juli 2025

    Mobil Pikap Jatuh ke Jurang Jalan Lintas Jambi-Sumbar, Dua Orang Tewas
    Tim Redaksi
    JAMBI, KOMPAS.com
    – Dua orang tewas dalam kecelakaan tunggal di Km 38,
    Jalan Lintas Jambi-Sumbar
    , Sungai Penuh-Tapan, Kota Sungai Penuh, Rabu (30/7/2025), sekitar pukul 03.30 WIB.
    Kecelakaan ini melibatkan satu unit
    mobil pikap
    bermuatan kelapa serta satu penumpang dan sopir.
    Kasi Humas Polres Kerinci Iptu D.S.Sitinjak mengatakan, kecelakaan ini berawal ketika mobil pikap sedang melaju dari arah Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar, hendak menuju Kota Sungai Penuh.
    Saat itu, mobil yang turut membawa dua penumpang berpapasan dengan kendaraan lain.
    Karena bahu jalan ambles, ban depan pikap terpelosok dan jatuh ke jurang sedalam 25 meter.
    “Kecelakaan ini menyebabkan dua orang meninggal dunia dan satu orang mengalami luka,” kata Sitinjak, saat dikonfirmasi melalui pesan singkat, Rabu (30/7/2025).
    Identitas dua orang yang meninggal dunia itu ialah sopir Nando (29) dan Alan (45). Adapun yang mengalami luka ialah Yora (29).
    Ketiganya merupakan warga Nagari Sumedang, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumbar.
    Tim Satlantas Polres Kerinci dibantu warga telah mengevakuasi jenazah korban.
    Kemudian, jenazah korban dibawa ke rumah duka di Pesisir Selatan.
    Adapun korban Yora yang mengalami luka dibawa ke Rumah Sakit Tapan.
    “Untuk mobil masih di dasar jurang karena masih menunggu untuk dievakuasi,” tuturnya.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • DPD Dorong Kopdes Merah Putih Selesaikan Masalah Kesenjangan Harga TBS Sawit

    DPD Dorong Kopdes Merah Putih Selesaikan Masalah Kesenjangan Harga TBS Sawit

    Bisnis.com, JAKARTA – Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sultan B Najamudin menilai kehadiran Koperasi Desa Merah Putih dapat membuat harga tandan buah segar kelapa sawit lebih stabil.

    Dia menyoroti kesenjangan harga TBS kelapa sawit antar daerah yang salah satunya dikeluhkan oleh banyak masyarakat di provinsi Bengkulu.

    “Banyak laporan dan aspirasi yang masuk ke kami terkait perbedaan harga TBS kelapa sawit. Kami memaklumi fenomena ini tentunya disebabkan oleh banyak faktor di masing-masing daerah,” ujar Sultan dikutip dari keterangan resminya, Rabu (30/7/2025).

    Menurutnya, perbedaan harga TBS yang signifikan antara Bengkulu dengan Jambi, Lampung dan Riau misalnya lebih banyak disebabkan mekanisme pasar yang membentuk persaingan harga antarpengumpul.

    Untuk itu, dia menuturkan semakin banyak pengumpul dan industri pengolahan sawit di suatu daerah, makin mahal harga TBS.

    “Sementara jumlah pabrik kelapa sawit di Bengkulu masih jauh lebih sedikit dibandingkan dengan PKS di provinsi lainnya. Oleh karena itu, kami meminta agar Koperasi Merah Putih (KMP) di setiap desa perlu mengambil bagian dalam industri sawit,” tegas Mantan aktivis KNPI itu.

    Kehadiran KMP, kata Sultan, bisa menjadi solusi ketidakpastian dan kesenjangan harga TBS di daerah. Demikian untuk urusan pupuk dan persoalan harga komoditas perkebunan lainnya seperti karet.

    “Karet menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia yang patut diberikan perhatian oleh pemerintah. Kami akan menyampaikan perihal kesenjangan harga TBS ini ke pihak pemerintahan untuk ditindaklanjuti,” tutupnya.

  • DPR minta pengelolaan sumur minyak oleh UMKM dan BUMD jadi prioritas

    DPR minta pengelolaan sumur minyak oleh UMKM dan BUMD jadi prioritas

    Jakarta (ANTARA) – Anggota Komisi XII DPR RI, Mukhtarudin, mengatakan pengelolaan 30 ribu sumur minyak rakyat melalui UMKM, koperasi, dan BUMD harus menjadi prioritas strategis.

    Dia menilai skema ini dapat memperkuat ketahanan energi nasional sekaligus membuka ruang pemberdayaan ekonomi masyarakat.

    Mukhtarudin dalam siaran pers yang diterima Antara di Jakarta, Rabu. mengatakan, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia sebelumnya mengonfirmasi terdapat sekitar 30.000 sumur minyak rakyat di Sumatera Selatan, Jambi, Jawa Tengah, dan beberapa wilayah lain.

    Dia menjelaskan data SKK Migas menunjukkan bahwa potensi tambahan lifting dari pengelolaan sumur-sumur tersebut bisa mencapai 90.000–100.000 barel per hari (bph).

    Tambahan ini, kata Muhktarudin sangat krusial mengingat realisasi lifting minyak Indonesia pada bulan Juni-Juli 2025 sudah mencapai 602 ribu bph, sedikit di bawah target APBN sebesar 605 ribu bph seperti yang disampaikan Menteri ESDM ke Presiden.

    “Optimalisasi sumur rakyat adalah langkah konkret mengurangi ketergantungan impor minyak mentah yang saat ini masih di kisaran 600–700 ribu bph. Jika skema ini berjalan, Indonesia bisa menghemat devisa sekaligus memperkuat ekonomi kerakyatan,” kata Mukhtarudin.

    Mukhtarudin melanjutkan, pemberdayaan UMKM dan koperasi akan menciptakan multiplier effect bagi ekonomi daerah.

    Berdasarkan kajian awal, setiap 1.000 sumur yang dioperasikan oleh UMKM dan BUMD berpotensi menciptakan 1.500–2.000 lapangan kerja langsung serta memacu industri pendukung seperti jasa perawatan sumur, transportasi, dan keuangan mikro.

    Sebagai Sekretaris Fraksi Partai Golkar, Mukhtarudin menegaskan peran pihaknya melalui DPR harus memantau program ini agar berjalan dengan transparan dan akuntabel.

    “Komisi XII DPR RI akan memastikan tata kelola program ini berjalan baik, perizinan dipermudah, akses pembiayaan dijamin, serta penerapan teknologi ramah lingkungan. Energi harus menjadi motor ekonomi rakyat, bukan hanya korporasi besar,” tegas Mukhtarudin.

    Dia juga mengingatkan pemerintah agar program ini mengadopsi teknologi guna supaya pengelolaan sumur rakyat tidak menimbulkan dampak lingkungan.

    “Dengan tata kelola yang benar, kita bisa wujudkan ketahanan energi sekaligus pemerataan ekonomi,” tutup dia.

    Pewarta: Walda Marison
    Editor: Tasrief Tarmizi
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Cuaca di kota-kota besar umumnya diprakirakan hujan ringan

    Cuaca di kota-kota besar umumnya diprakirakan hujan ringan

    logo BMKG

    BMKG: Cuaca di kota-kota besar umumnya diprakirakan hujan ringan
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Rabu, 30 Juli 2025 – 08:37 WIB

    Elshinta.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan kondisi cuaca di sejumlah kota-kota besar di Indonesia, Rabu, pada umumnya diguyur hujan dengan intensitas ringan.

    “Di pulau Jawa, Serang, DKI Jakarta, Bandung, dan Semarang berpotensi diguyur hujan ringan. Sementara Yogyakarta dan Surabaya berawan tebal,” kata Prakirawan BMKG Efa Septiani dalam siaran prakiraan cuaca di Jakarta.   

    Di wilayah Sumatera, wilayah yang berpotensi diguyur hujan ringan hingga sedang yakni di Medan, Pekanbaru, Padang, Tanjung Pinang, Jambi, Palembang, Pangkal Pinang, dan Bandar lampung. Sementara Aceh berpotensi diselimuti awan dan Bengkulu berpotensi hujan lebat disertai kilat. 

    “Untuk Kota Bali dan Kupang diprakirakan hujan ringan. Mataram diprediksi berawan tebal,” kata dia.

    Selanjutnya, kata dia, di Pulau Kalimantan, secara umum diselimuti awan tebal seperti di kota Pontianak, Samarinda, Palangka Raya, dan Banjarmasin. Adapun Tanjung Selor diprakirakan diguyur hujan ringan.  Berpindah ke wilayah Sulawesi, lanjutnya, Kota Mamuju dan Palu berpotensi diguyur hujan ringan hingga sedang. Adapun Manado, Gorontalo, Kendari, dan Makassar berawan.

    Di wilayah Indonesia Timur kota yang berpotensi diguyur hujan ringan hingga sedang yakni Sorong, Jayapura, Jayawijaya, dan Merauke. Adapun Ambon, Ternate, Manokwari, dan Nabire diprakirakan berawan tebal.

    “Bagi yang ingin mengetahui cuaca secara khusus yang diperbaharui setiap tiga jam dapat memantau di aplikasi BMKG,” kata dia.

    Sumber : Antara

  • Akpol Gelar Penelitian Kelembagaan di Jambi, Harap Perwira Polri Berintegritas

    Akpol Gelar Penelitian Kelembagaan di Jambi, Harap Perwira Polri Berintegritas

    Jakarta

    Akademi Kepolisian (Akpol) menggelar kegiatan penelitian kelembagaan yang dilaksanakan di Polda Jambi. Penelitian ini merupakan kerja sama antara Akpol dengan Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes).

    Adapun kegiatan ini berlangsung pada Senin (28/7), menyasar alumni Akpol lulusan tahun 2022 hingga 2024 yang kini berdinas di Polda Jambi yang dilaksanakan pada tanggal 27 Juli hingga 1 Agustus 2025. Dalam kegiatan terdapat peneliti berjumlah empat orang, yakni Kombes Dr. Eko Suprihanto, Kombes M Iqbal Alqudusy, AKBP Susy Fitria, dan Dr Siti Wahyuni.

    Kakorgadik Bingadik Akpol Lemdiklat Polri, Kombes Iqbal mengatakan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengkaji efektivitas pola Jarlatsuh (Pembelajaran, Pelatihan, dan Pengasuhan) dalam membentuk profil perwira Polri yang berintegritas, profesional, dan humanis.

    “Melalui pola pendidikan Jarlatsuh selama di Akpol, kami berharap para lulusan mendapatkan bekal akademik, karakter kebhayangkaraan, keterampilan teknis dan jasmani, sehingga siap menghadapi berbagai tantangan di lapangan,” ujar Kombes M Iqbal kepada wartawan, Rabu (30/7/2025).

    Dia menambahkan keberhasilan pendidikan Akpol dapat diukur melalui profil lulusan yang mampu menjadi kader pemimpin Polri berpangkat IPDA yang berintegritas, memiliki gelar Sarjana Terapan Ilmu Kepolisian (S.Tr.K.), serta mampu menjadi manajer lini terdepan dalam pelaksanaan fungsi teknis kepolisian.

    Penelitian kelembagaan ini mengangkat tema ‘Konstruksi Jarlatsuh dalam Mewujudkan Polisi sebagai Penjaga Kehidupan, Pembangun Peradaban, dan Pejuang Kemanusiaan’. Tujuannya antara lain untuk:

    Menemukan dan menganalisis pola Jarlatsuh yang dilaksanakan di Akpol, Menganalisis pengaruh pola Jarlatsuh terhadap kinerja para perwira lulusan Akpol saat berdinas,

    (aud/zap)

  • Kronologi Data Nasabah-Karyawan Allianz Life Dibobol

    Kronologi Data Nasabah-Karyawan Allianz Life Dibobol

    Jakarta

    Perusahaan asuransi raksasa, Allianz Life, terkena serangan siber. Data pribadi sebagian besar nasabah penasihat keuangan, hingga karyawan perusahaan dicuri hacker.

    Dikutip dari BBC, Rabu (30/7/2025), peretas telah mencuri informasi pribadi dari sebagian besar nasabah perusahaan asuransi Allianz Life di Amerika Utara. Adapun secara keseluruhan jumlah nasabah mencapai 1,4 juta.

    Peristiwa tersebut terjadi pada pertengahan bulan Juli. Kabar tersebut juga telah dikonfirmasi langsung oleh induk perusahaan, Allianz.

    “Pada 16 Juli 2025, aktor jahat memperoleh akses ke sistem CRM berbasis cloud pihak ketiga yang digunakan oleh Allianz Life Insurance Company of North America (Allianz Life),” kata Allianz dalam sebuah pernyataan kepada BBC.

    Perusahaan induk asal Jerman tersebut menambahkan, para peretas berhasil memperoleh data identitas pribadi milik mayoritas nasabah Allianz Life, tenaga profesional keuangan, dan beberapa karyawan Allianz Life, menggunakan teknik rekayasa sosial.

    Allianz menegaskan bahwa kebocoran data tersebut hanya terkait dengan Allianz Life. Informasi ini tertuang dalam sebuah dokumen laporan hukum yang diajukan ke kantor Jaksa Agung Maine di Amerika Serikat (AS) pada Sabtu.

    Namun demikian, perusahaan tidak memberi rincian atas korban terdampak pencurian data tersebut.

    Dalam pernyataan tersebut, perusahaan juga menyatakan telah mengambil tindakan untuk mengatasi kondisi tersebut. Perusahaan juga mengklaim telah telah memberi tahu FBI.

    “Tidak ada bukti bahwa jaringan Allianz Life atau sistem perusahaan lainnya telah diakses, termasuk sistem administrasi polis kami,” kata perusahaan.

    Secara keseluruhan, Allianz memiliki lebih dari 125 juta nasabah di seluruh dunia. Sedangkan Allianz Life memiliki 1,4 juta nasabah.

    Saat ini Allianz tengah dalam proses menghubungi dan membantu individu yang terdampak kasus pencurian data tersebut.

    Tonton juga video “Terlalu! Analis Kredit Bank Jambi Bobol Rekening Nasabah Rp 7,1 M” di sini:

    (shc/rrd)

  • Allianz Life Kena Retas, 1,4 Juta Data Nasabah Bocor

    Allianz Life Kena Retas, 1,4 Juta Data Nasabah Bocor

    Jakarta

    Perusahaan asuransi raksasa Amerika Serikat, Allianz Life, mengonfirmasi bahwa data pribadi mayoritas nasabahnya di AS telah dicuri oleh peretas dalam insiden keamanan siber yang terjadi pada 16 Juli 2025. Informasi ini disampaikan dalam laporan resmi kepada jaksa agung negara bagian Maine dan dikonfirmasi kepada media.

    Allianz Life mengungkapkan bahwa pihak yang tidak berwenang berhasil menyusup ke sistem manajemen relasi pelanggan (Customer Relationship Management/CRM) berbasis cloud yang digunakan pihak ketiga. Sistem tersebut menyimpan data milik pelanggan, tenaga keuangan, hingga sebagian karyawan Allianz Life Insurance Company of North America.

    “Pelaku ancaman menggunakan teknik social engineering untuk mendapatkan akses ke data yang dapat diidentifikasi secara pribadi dari sebagian besar nasabah kami,” ujar juru bicara Allianz Life dalam pernyataan tertulis kepada Reuters.

    Perusahaan yang berbasis di AS ini diketahui memiliki sekitar 1,4 juta pelanggan. Allianz memastikan bahwa pelanggaran ini hanya terjadi pada sistem cloud pihak ketiga dan tidak menyebar ke jaringan internal atau sistem administrasi polis milik Allianz Life.

    Dikutip dari pemberitaan Reuters, Rabu (30/7/2025), FBI telah diberitahu dan kini terlibat dalam penyelidikan bersama Allianz Life. Hingga saat ini, perusahaan menyatakan belum ditemukan bukti bahwa sistem internal lainnya ikut dibobol.

    Insiden ini pertama kali diungkap oleh TechCrunch dan menjadi perhatian besar karena menyangkut jutaan data sensitif yang dapat dimanfaatkan untuk tindak kejahatan siber lanjutan seperti penipuan identitas atau pembobolan keuangan.

    Langkah mitigasi dan investigasi lebih lanjut terus dilakukan Allianz untuk menanggulangi dampak dari peretasan ini. Namun, publik kini menyoroti kembali pentingnya keamanan data digital, terutama pada sektor industri keuangan yang menyimpan informasi sangat krusial.

    Tonton juga video “Terlalu! Analis Kredit Bank Jambi Bobol Rekening Nasabah Rp 7,1 M” di sini:

    (rrd/rrd)