provinsi: DI YOGYAKARTA

  • Sambut 2025, Partisipasi Aktif Masyarakat Dibutuhkan untuk Penguatan Toleransi

    Sambut 2025, Partisipasi Aktif Masyarakat Dibutuhkan untuk Penguatan Toleransi

    Jakarta, Beritasatu.com – Guru besar Ilmu Sosiologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Zuly Qodir mengatakan, menyambut 2025, partisipasi aktif masyarakat dibutuhkan dalam penguatan semangat toleransi.

    “Mewujudkan kehidupan toleransi antargolongan, sesuai yang diamanatkan oleh Pancasila dan UUD 1945, tentu tidaklah mudah. Berbagai tantangan kerap dijumpai bangsa Indonesia demi memelihara kehidupan yang rukun dan damai,” kata Zuly Qodir dikutip dari Antara, Senin (30/12/2024).

    Zuly Qodir menjelaskan, Indonesia cukup kondusif untuk menaungi perbedaan agama dan golongan yang ada di tengah-tengah masyarakat.

    “Kondisi Indonesia sebagai negara yang toleran relatif baik pada 2024. Hal ini bisa terlihat dari penyelenggaraan Pemilu 2024 lalu yang minim sentimen agama atau atribut golongan lainnya. Ini menunjukkan kemajuan dan kedewasaan dalam berpolitik yang makin meningkat yang perlu kita jaga bersama,” ujar Zuly Qodir.

    Menurutnya, pada akhir tahun biasanya ada peristiwa yang akan menyeret sentimen keagamaan sebagai motivasinya. Oleh karena itu, lanjut dia, perlu partisipasi aktif dari masyarakat luas untuk melakukan pencegahan terhadap berbagai bentuk perilaku yang mencurigakan dan terjadi di sekitarnya.

    Zuly Qodir berpendapat, pemerintah harus mengajak berbagai lapisan masyarakat untuk bisa terlibat dalam membumikan nilai toleransi.

    Dia berharap masyarakat dari tingkat perdesaan sampai perkotaan dan menjangkau segala tingkat pendidikan menjadi lebih menghargai dan memahami pentingnya memelihara keragaman dan kebinekaan.

    “Ini adalah upaya agar zero attack terrorism yang telah dicapai pada 2024 bisa dipertahankan di tahun-tahun mendatang,” katanya.

    Menurutnya, Indonesia tetap perlu mewaspadai segala pergerakan jaringan teror agar lebih siaga dalam menghadapi ancaman destabilisasi nasional.

    “Bisa jadi kelompok-kelompok intoleran dan radikal sedang mengembangkan strategi baru atau aktivitas lain yang tidak terlihat oleh masyarakat. Ini menunjukkan bahwa ancaman radikalisme masih ada dan perlu diantisipasi secara serius,” kata Zuly Qodir.

  • PP Muhammadiyah minta pemerintah jadikan 2025 momen perkuat KPK

    PP Muhammadiyah minta pemerintah jadikan 2025 momen perkuat KPK

    “Memperkuat posisi dan peran KPK agar kembali pada posisi sebagai lembaga independen dalam pemberantasan korupsi,”

    Yogyakarta (ANTARA) – Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah meminta pemerintah agar menjadikan awal 2025 sebagai momentum mewujudkan komitmen pemberantasan korupsi dengan memperkuat posisi dan peran Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

    “Memperkuat posisi dan peran KPK agar kembali pada posisi sebagai lembaga independen dalam pemberantasan korupsi,” kata Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir di Kantor PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Senin.

    Dalam Refleksi Akhir Tahun 2024 PP Muhammadiyah, Haedar menegaskan bahwa KPK harus memiliki posisi dan moralitas yang tinggi untuk bisa memberantas korupsi secara benar, adil, objektif, dan tidak terpengaruh oleh pihak apapun dan manapun.

    Menurut dia, asalkan KPK beserta semua institusi pemberantasan rasuah mampu bersikap adil, objektif dan tidak tebang pilih maka seluruh komponen bangsa akan memberikan dukungan.

    “Sehingga tidak lagi ada cerita tebang pilih dan ada politisasi perkara, politisasi orang yang kemudian akhirnya menimbulkan kegaduhan dalam kehidupan berbangsa,” ujar dia.

    Menurut dia, KPK agar kembali pada “khittahnya” untuk menjadi lembaga independen yang melakukan pemberantasan korupsi secara benar, adil, dan tanpa terpengaruh oleh pihak manapun.

    Selain memperkuat KPK, Haedar berharap pemerintah mewujudkan komitmen pemberantasan korupsi dengan menjadikannya sebagai “political will” (kemauan politik) di seluruh institusi negara baik eksekutif, legislatif, serta yudikatif.

    “Saya pikir kalau integritas ini dijadikan ‘political will’ di awal tahun (2025), ke depan akan lebih bagus. Nah, di sinilah kunci pada seluruh anggota komisioner KPK untuk menjaga dan membangun ‘political will’ ini,” ujar dia.

    Sebagai negara hukum, menurut dia, Indonesia sudah semestinya menempatkan hukum di atas segala-galanya.

    PP Muhammadiyah, ditegaskan Haedar mendukung komitmen tinggi Presiden Prabowo saat pelantikan terkait pemberantasan korupsi yang tuntas dan berani.

    Institusi-institusi penegakan hukum mulai dari kejaksaan, kepolisian, serta lembaga-lembaga yudikatif dari Mahkamah Agung (MA) sampai institusi di bawahnya harus bisa menjadi tempat untuk tegaknya keadilan.

    “Sehingga tidak ada lagi, cerita di mana ada politisasi perkara dan transaksi-transaksi yang membuat perkara itu lalu menjadi tebang pilih,” ujar Haedar.

    Pewarta: Luqman Hakim
    Editor: Agus Setiawan
    Copyright © ANTARA 2024

  • Bahan yang Berfungsi untuk Menaikkan pH Air: Berikut Panduan Lengkapnya

    Bahan yang Berfungsi untuk Menaikkan pH Air: Berikut Panduan Lengkapnya

    YOGYAKARTA – Air dengan pH yang terlalu rendah dapat menjadi masalah di berbagai situasi, mulai dari kebutuhan rumah tangga hingga industri. Kondisi ini dapat menyebabkan kerusakan pada pipa, iritasi pada kulit, atau gangguan dalam proses tertentu seperti budidaya ikan. Untuk mengatasi hal ini, penting mengetahui bahan yang berfungsi untuk menaikkan pH air serta cara penggunaannya yang efektif. Artikel ini akan membahas berbagai bahan tersebut dan panduan dalam aplikasinya.

    Apa Itu pH Air dan Mengapa Harus Dikontrol?

    pH merupakan ukuran keasaman atau kebasaan suatu larutan, termasuk air. Skala pH berkisar dari 0 hingga 14, dengan:

    pH 7 dianggap netral,pH di bawah 7 bersifat asam,pH di atas 7 bersifat basa.

    Air dengan pH terlalu rendah (asam) bisa berdampak negatif, seperti:

    Kerusakan Infrastruktur: Air asam dapat menyebabkan korosi pada pipa atau peralatan logam.Gangguan Ekosistem: pH air yang tidak sesuai dapat memengaruhi kehidupan ikan atau tumbuhan air.Kesehatan Manusia: Air dengan pH rendah dapat menyebabkan iritasi kulit dan gangguan pencernaan jika dikonsumsi.

    Bahan yang Berfungsi untuk Menaikkan pH Air

    Berikut adalah beberapa bahan umum yang digunakan untuk meningkatkan pH air:

    Natrium Bikarbonat (Baking Soda)

    Natrium bikarbonat adalah bahan yang mudah ditemukan dan efektif untuk menaikkan pH air. Cara penggunaannya:

    Larutkan natrium bikarbonat ke dalam air secara perlahan sambil mengukur pH secara berkala.Pastikan tidak menggunakan terlalu banyak agar pH tidak melonjak drastis.

    Kapur Tohor (Kalsium Oksida)

    Kapur tohor adalah bahan kuat yang sering digunakan dalam industri dan budidaya untuk menaikkan pH air. Penggunaan kapur tohor memerlukan kehati-hatian karena sifatnya yang cukup reaktif. Sebaiknya larutkan kapur dalam air terpisah sebelum menambahkannya ke air utama.

    Kalsium Karbonat

    Kalsium karbonat biasanya digunakan untuk menaikkan pH air di kolam renang atau akuarium. Bahan ini bekerja perlahan dan memberikan peningkatan pH yang stabil. Kelebihannya adalah aman untuk lingkungan perairan.

    Natrium Karbonat (Soda Abu)

    Soda abu adalah bahan yang sangat efektif untuk meningkatkan pH air dalam waktu singkat. Biasanya digunakan dalam aplikasi skala besar seperti pengolahan air minum atau kolam renang.

    Abu Kayu

    Abu kayu adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk menaikkan pH air. Bahan ini sering digunakan dalam pengelolaan air secara tradisional. Abu kayu mengandung senyawa alkali yang membantu menetralkan keasaman.

    Magnesium Hidroksida

    Bahan ini juga dikenal dengan nama susu magnesium. Biasanya digunakan dalam industri atau aplikasi tertentu untuk menaikkan pH air secara efektif.

    Cara Mengaplikasikan Bahan Peningkat pH

    Agar hasilnya maksimal, ikuti langkah-langkah berikut saat menggunakan bahan yang berfungsi untuk menaikkan pH air:

    Ukur pH Awal: Gunakan alat pengukur pH untuk mengetahui level pH air sebelum melakukan tindakan.Tambahkan Bahan Secara Bertahap: Jangan langsung menambahkan bahan dalam jumlah besar. Larutkan bahan secara perlahan sambil terus memantau pH.Aduk Rata: Pastikan bahan tercampur secara merata agar perubahan pH konsisten di seluruh volume air.Uji Ulang: Setelah menambahkan bahan, uji kembali pH air untuk memastikan levelnya sudah sesuai kebutuhan.Perhatikan Keamanan: Beberapa bahan, seperti kapur tohor, bersifat reaktif dan memerlukan perlindungan tambahan seperti sarung tangan atau masker.

    Faktor yang Perlu Dipertimbangkan

    Saat memilih bahan untuk menaikkan pH air, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

    Jenis Air: Apakah air tersebut digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, industri, atau lingkungan? Pemilihan bahan bisa berbeda tergantung penggunaannya.Efek Samping: Beberapa bahan mungkin meninggalkan residu yang memengaruhi kualitas air. Pilih bahan yang aman sesuai kebutuhan.Kemudahan Akses: Pilih bahan yang mudah ditemukan di sekitar Anda, seperti natrium bikarbonat atau kapur tohor.

    Kapan Harus Mengontrol pH Air?

    Pemantauan pH air sebaiknya dilakukan secara berkala, terutama dalam situasi berikut:

    Pengelolaan Kolam atau Akuarium: Kehidupan ikan dan tumbuhan air sangat bergantung pada pH yang stabil.Pengolahan Air Minum: Air minum harus memiliki pH yang sesuai standar kesehatan, biasanya sekitar 6,5–8,5.Produksi Pertanian: pH air yang digunakan untuk irigasi atau penyemprotan tanaman harus sesuai agar tidak merusak tanaman.

    Mengelola pH air adalah langkah penting untuk memastikan kualitas dan keamanannya sesuai kebutuhan. Dengan memahami bahan yang berfungsi untuk menaikkan pH air, Anda dapat memilih solusi yang paling efektif dan aman. Gunakan bahan seperti natrium bikarbonat, kapur tohor, atau kalsium karbonat sesuai kebutuhan, dan pastikan untuk selalu memantau pH dengan hati-hati. Dengan pendekatan yang tepat, Anda dapat menjaga kualitas air untuk berbagai keperluan dengan optimal.

    Bicara soal PH, kalian juga mesti tahu Syarat Air Bersih Berdasarkan Tiga Unsur Penting Agar Bisa Dikonsumsi

    Jadi setelah mengetahui bahan yang berfungsi untuk menaikkan ph air, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!

  • BPOM Temukan Peredaran Kosmetik Ilegal Senilai Lebih dari Rp8,91 Miliar – Halaman all

    BPOM Temukan Peredaran Kosmetik Ilegal Senilai Lebih dari Rp8,91 Miliar – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews.com, Aisyah Nursyamsi

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menemukan peredaran kosmetik ilegal dari empat wilayah di Indonesia senilai lebih Rp8,91 miliar. 

    Temuan ini merupakan  hasil intensifikasi pengawasan dan operasi penindakan terhadap kegiatan produksi dan peredaran kosmetik impor ilegal atau mengandung bahan berbahaya yang dilakukan oleh BPOM selama periode Oktober-November tahun 2024

    “Temuan kosmetik  ilegal dan/atau mengandung bahan berbahaya dari intensifikasi pengawasan dan operasi penindakan ini berjumlah 235 item (205.400 pieces),” ungkapnya dilansir dari laman resmi BPOM, Senin (30/12/2024). 

    Berdasarkan wilayah temuan, ada 4 wilayah di Indonesia dengan nilai ekonomi yang signifikan. 

    Jawa Barat merupakan wilayah dengan temuan terbanyak hingga mencapai lebih dari Rp4,59 miliar, kemudian diikuti dengan temuan di Jawa Timur yang mencapai lebih dari Rp1,88 miliar.

    “Lalu Jawa Tengah yang mencapai lebih dari Rp1,43 miliar, dan Banten yang mencapai lebih dari Rp1,01 miliar,” urai Kepala BPOM Taruna Ikrar.

    Berdasarkan jenis pelanggaran pada temuan ini, nilai keekonomian terbesar yang mencapai lebih dari Rp4,59 miliar yang merupakan jenis pelanggaran memproduksi/mengedarkan kosmetik mengandung bahan berbahaya. 

    Pelanggaran selanjutnya adalah mengedarkan kosmetik ilegal dengan nilai keekonomian temuan mencapai lebih dari Rp4,32 miliar.

    Sebagian besar kosmetik impor ilegal dan/atau mengandung bahan berbahaya tersebut didistribusikan dan dipromosikan secara online.

    Mayoritas temuan produk kosmetik ilegal merupakan produk impor yang berasal dari Tiongkok, namun ada juga beberapa produk yang berasal dari Korea, Malaysia, Thailand, Filipina, dan India. 

    “Untuk kandungan bahan berbahaya, hasil pengujian dari sebagian besar temuan produk kosmetik ilegal diketahui mengandung bahan dilarang, yaitu merkuri dan pewarna rhodamin B (merah K10),” lanjut Taruna. 

    Selain kosmetik ilegal dalam bentuk produk jadi, dari hasil operasi penindakan di Bandung, BPOM juga telah berhasil menyita sejumlah barang bukti. 

    Barang bukti berupa bahan baku obat dan produk ruahan (basis krim) yang dicampur dengan bahan obat yang digunakan dalam produksi skincare beretiket biru di usaha rumahan atau sarana ilegal. 

    Kegiatan produksi ini dilakukan oleh produsen yang tidak memiliki kewenangan dalam pembuatan kosmetik atau obat.

    Hasil pengawasan dan operasi penindakan tersebut ditemukan produk dan bahan baku.

    Di antaranya mengandung bahan berbahaya dan/atau dilarang dalam kosmetik seperti hidrokuinon, tretinoin, antibiotik, antifungi, dan steroid. 

    Produk ilegal yang mengandung bahan obat ini diketahui didistribusikan ke “klinik kecantikan” di Pulau Jawa (Bandung, Cimahi, Semarang, Solo, Yogyakarta, Surabaya, Mojokerto, dan Jember). 

    Jumlah barang bukti yang ditemukan sebanyak 208 item ini ditaksir nilai keekonomiannya mencapai Rp4,59 miliar.

    Terhadap temuan intensifikasi pengawasan dan operasi penindakan ini, Kepala BPOM menegaskan bahwa BPOM telah memberikan sanksi administratif terhadap 2 kasus, yang terjadi di Banten dan Jawa Timur, yaitu berupa perintah penarikan dan pemusnahan produk. 

    Sementara itu,  2 temuan lainnya di wilayah provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah ditindaklanjuti secara pro-justitia oleh Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) BPOM. 

    Tentang temuan ini, Kepala BPOM kembali menegaskan kepada pelaku usaha untuk mematuhi regulasi yang berlaku.

    Ia juga mengimbau masyarakat agar menerapkan cek KLIK (cek kemasan, label, izin edar, dan kedaluwarsa) sebelum membeli atau menggunakan kosmetik. 

    Untuk menghindari penggunaan produk kosmetik ilegal yang tidak sesuai ketentuan, pastikan untuk membeli dan memperoleh kosmetik dari sarana penjualan yang jelas. 

    Jika membeli kosmetik secara online, pastikan dilakukan melalui official online store (toko online resmi).

  • Ratusan ribu orang manfaatkan KA melalui Solo selama akhir tahun

    Ratusan ribu orang manfaatkan KA melalui Solo selama akhir tahun

    Beberapa KA yang melakukan keberangkatan awal dari Daop 6 yang berangkat dari Stasiun Solobalapan masih cukup tersedia tiketnya pada masa Angkutan Nataru 2024/2025 hingga 5 Januari

    Solo (ANTARA) – Ratusan ribu orang memanfaatkan kereta api (KA) melalui tiga stasiun di Solo, Jawa Tengah selama momentum akhir tahun.

    Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro di Solo, Jawa Tengah, Senin, mengatakan, tiga stasiun tersebut yakni Stasiun Solobalapan, Stasiun Solo Jebres, dan Purwosari.

    Pihaknya mencatat dari awal masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2024/2025 tanggal 19-29 Desember 2024 ada sebanyak 82.041 penumpang KA jarak jauh yang berangkat dari tiga stasiun tersebut.

    Ia mengatakan dari total tersebut, Stasiun Solobalapan mencatatkan jumlah keberangkatan penumpang paling tinggi, yakni 60.196 orang.

    “Sedangkan Stasiun Purwosari sebanyak 14.755 penumpang dan Solo Jebres ada 7.090 penumpang,” katanya.

    Sementara itu, untuk kedatangan penumpang yang datang melalui tiga stasiun tersebut sebanyak 87.648 orang, yang terdiri dari Solobalapan sebanyak 65.533 penumpang, Purwosari sebanyak 13.786 penumpang, dan Solo Jebres ada 8.329 penumpang.

    Secara keseluruhan, dikatakannya, untuk okupansi penumpang KA jarak jauh keberangkatan awal Daop 6 Yogyakarta hingga saat ini sudah mencapai 97 persen atau terjual 321.043 tiket.

    Pewarta: Aris Wasita
    Editor: Ahmad Buchori
    Copyright © ANTARA 2024

  • Raih Peluang Dapat Hadiah Mobil Listrik Tanpa Diundi dengan Belanja di 6 Bandara InJourney Airports – Halaman all

    Raih Peluang Dapat Hadiah Mobil Listrik Tanpa Diundi dengan Belanja di 6 Bandara InJourney Airports – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Menyambut tahun baru 2025, PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) menghadirkan program loyalitas pelanggan sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan yang berbelanja di berbagai gerai komersial di bandara seperti kafe, restoran, ritel, lounge, layanan jasa reflexology dan wrapping/strapping barang bawaan. 

    Program bertajuk Eat Shop Fly ini memberikan hadiah spektakuler 4 unit mobil listrik BYD sebagai hadiah langsung untuk Top Spender, yaitu pelanggan yang memiliki poin tertinggi dari total transaksi belanja di 6 bandara selama periode tertentu. 

    Selain itu, hadiah menarik lainnya seperti TV TCL 50 inch, smartphone, tablet dan voucher hotel dapat dimenangkan melalui sistem undian (lucky draw).

    Adapun Program Eat Shop Fly ini berlaku bagi pelanggan yang berbelanja di enam bandara berikut: Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tangerang, Bandara Internasional I Ngurah Rai Bali, Bandara Internasional Juanda Surabaya, Bandara Internasional Yogyakarta Kulon Progo, Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar dan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

    Pemberian langsung mobil listrik akan dilakukan dalam 3 periode, yaitu:
    – 1 unit BYD pada Maret 2025 bagi pelanggan Top Spender di Januari – Maret 2025
    – 1 unit BYD pada Juli 2025 bagi pelanggan Top Spender di April – Juli 2025
    – 2 unit BYD pada Desember 2025 bagi dua pelanggan Top Spender di Agustus – Desember 2025

    Pada ketiga periode tersebut juga dilakukan pengumuman pemenang lucky draw, yang dapat diikuti pelanggan dengan menukar poin dengan kupon undian. 

    InJourney Airports menyadari bahwa membangun loyalitas tidak hanya cukup untuk pelanggan saja. Program Eat Shop Fly ini sekaligus merangkul para mitra usaha gerai-gerai bandara melalui metode Top Transaction, memberikan penghargaan kepada gerai dengan transaksi terbanyak selama program berlangsung.

    Direktur Utama InJourney Airports Faik Fahmi mengatakan program loyalitas pelanggan merupakan bagian dari transformasi yang tengah dijalankan InJourney Airports. 

    “Eat Shop Fly menjadi program loyalitas pelanggan terbesar dan inovatif dari InJourney Airports yang diluncurkan sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan untuk memberikan pengalaman perjalanan menyenangkan dan keseruan berbelanja di bandara baik bagi penumpang pesawat, pengunjung bandara dan mitra usaha.”

    “Program ini juga mendukung kinerja korporasi sektor non-aeronautika, sekaligus menjadi bagian dari transformasi InJourney Airports melalui pendekatan yang lebih customer-oriented,” ungkap Faik Fahmi

    Direktur Komersial InJourney Airports M. Rizal Pahlevi menambahkan program Eat Shop Fly juga berperan dalam meningkatkan pelayanan gerai-gerai komersial kepada pelanggan.

    “Pada tahap awal, Eat Shop Fly hadir di enam bandara untuk kemudian terus dilakukan penyempurnaan dan peningkatan sehingga di tahun-tahun mendatang dapat lebih banyak lagi bandara yang menghadirkan program serupa.”

    “Mobil listrik menjadi hadiah utama pada program perdana Eat Shop Fly ini sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah untuk meningkatkan penggunaan mobil listrik,” ujar M. Rizal Pahlevi. 

    Pelanggan dapat dengan mudah mengikuti program Eat Shop Fly, dengan cara:

    – Akses eatshopfly-injourneyairports.id untuk melakukan registrasi
    – Berbelanja di gerai-gerai enam bandara yang berpartisipasi
    – Scan QR code di meja kasir, lalu scan struk transaksi belanja (minimum transaksi Rp150.000, berlaku kelipatan)
    – Poin akan otomatis tercatat dan dapat digunakan untuk berkompetisi menjadi Top Spender atau ditukar dengan kesempatan mengikuti undian hadiah (lucky draw).

    Gerai yang dikecualikan dalam program ini adalah gerai untuk jenis usaha perbankan, asuransi, excess baggage, penyewaan kendaraan, reservasi hotel, tour & travel, money changer dan parkir. 

  • Lebih dari 70 Juta Perjalanan

    Lebih dari 70 Juta Perjalanan

    Jawa Timur Jadi Destinasi Favorit Natal 2024, Astindo: Lebih dari 70 Juta Perjalanan

    Vinnilya
    Key: Jawa Timur, Destinasi Favorit Libur Natal 2024 
    Sum: Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) menyebut Pulau Jawa, terutama Jawa Timur menjadi destinasi favorit wisatawan selama libur Natal 2024 dengan 70 juta perjalanan wisata.

    Jakarta, Beritasatu.com – Kepala Bidang Inbound & Tour Domestic Asosiasi Travel Agent Indonesia (Astindo) Heben Ezer menyebut pulau Jawa terutama Jawa Timur menjadi destinasi favorit wisatawan selama libur Natal 2024. Bahkan tercatat di Pulau Jawa saja ada sebanyak lebih dari 70 juta perjalanan wisata.

    “Kita sekarang ini memang Jawa Timur yang paling besar, banyak sekali destinasi-destinasi baru di Jawa Timur yang menarik, tetapi tentu saja ini perlu dikelola dengan lebih baik dan juga dipasarkan dengan lebih meluas,” beber Heben Ezer dalam Investor Daily Talk IDTV, Senin (30/12/2024).

    Menurut data yang dihimpun Astindo dikatakan Heben, Yogyakarta yang terletak di pulau Jawa bagian tengah selatan juga masih menjadi destinasi favorit. Tak hanya Yogyakarta, tetapi beberapa tempat di Jawa Timur seperti Malang turut dituju para turis. 

    Hanya saja terdapat beberapa wisatawan yang membatalkan perjalanannya ke kawasan Bromo akibat kenaikan harga sehingga mereka pindah ke destinasi lainnya. Kemudian juga ada Banyuwangi dan Malang yang sudah sangat berkembang dari sisi kepariwisataaannya.

    “Hanya memang ada beberapa yang isunya cukup perlu ditangani dengan lebih baik lagi, seperti Tumpak Sewu. Penagihan tiket masuk itu sudah dilakukan sampai 3 kali oleh beberapa masyarakat yang ada di sana,” ujar dia.

    Heben mengatakan pungutan-pungutan liar seperti itu yang membuat wisatawan kurang nyaman untuk berwisata di sana. Padahal Tumpak Sewu ini bisa menjadi destinasi favorit di pulau Jawa. Oleh karena itu, sebaiknya hal-hal seperti ini bisa segera ditangani mungkin dengan dibentuknya kelompok kerja (pokja) yang bisa memberi penanganan yang lebih proper.  

    Sebelumnya, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memperkirakan jumlah wisatawan domestik selama libur Natal 2024 dan Tahun Baru (Nataru) 2025 ini akan mencapai 78 hingga 100 juta orang. Sementara itu, wisatawan mancanegara diperkirakan berkisar 1 hingga 1,3 juta orang.

  • Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Bus Pariwisata Mesti Perhatikan Hal Ini

    Cegah Kecelakaan Lalu Lintas, Bus Pariwisata Mesti Perhatikan Hal Ini

    Jakarta: Pemerintah berupaya mencegah kecelakaan lalu lintas saat libur natal dan tahun baru (nataru). Pengelola bus pariwisata diminta memerhatikan beberapa hal, untuk memastikan operasinal tak terkendala dan menghindari kecelakaan.

    Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A Purwantono, membeberkan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yakni, melakukan ramp check yang meliputi kondisi rem, ban, lampu, serta surat-surat kendaraan dan kondisi sopir bus.

    “Untuk masyarakat, kami juga mengimbau agar berhati-hati selama libur Natal dan Tahun Baru dengan memastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan. Jika menyewa kendaraan, pastikan untuk memeriksa kesiapan bus yang akan digunakan,” kata Rivan dikutip dari Media Indonesia, Senin, 30 Desember 2024.

    Hal tersebut diungkap Rivan, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap  bus pariwisata di objek pariwisata Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Sidak dilakukan bersama Wakil Menteri Perhubungan Suntana.
     

    Rivan menyampaikan bahwa pengecekan kendaraan penting dilakukan untuk meminimalisasi risiko kecelakaan. Langkah ini bertujuan untuk mencegah potensi kecelakaan lalu lintas selama masa liburan Nataru.

    Rivan mengimbau kepada pengemudi agar selalu mengutamakan keselamatan. Di samping itu, para pemilik PO harus memperhitungkan waktu istirahat pengemudi, dan pengemudi sendiri juga harus bisa mengukur titik lelahnya masing-masing.

    Sementara itu, Wakil Menteri Perhubungan Suntana, mengatakan bahwa dari hasil ramp check yang didampingi Kepolisian, Dinas Perhubungan Yogyakarta dan Jawa Tengah menunjukkan bahwa seluruh kendaraan dalam kondisi baik.

    Ia menyebut bahwa pemerintah ingin memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan. Selain itu, pihaknya juga mengecek fasilitas tempat istirahat yang disediakan bagi para pengemudi di kawasan wisata.

    “Dari hasil ramp check tadi, semua kendaraan dinyatakan baik dan siap jalan untuk  meminimalkan risiko kecelakaan lalu lintas. Kami juga melihat pengelola wisata telah menyediakan shelter bagi pengemudi untuk beristirahat,” kata Suntan.

    Selain itu, Suntana juga mengimbau agar masyarakat tetap disiplin dalan berkendara. Kepada pengusaha bus haru memperhatikan kelaikan kendaraannya serta para pengemudi harus taat dengan aturan yang berlaku.

    Jakarta: Pemerintah berupaya mencegah kecelakaan lalu lintas saat libur natal dan tahun baru (nataru). Pengelola bus pariwisata diminta memerhatikan beberapa hal, untuk memastikan operasinal tak terkendala dan menghindari kecelakaan.
     
    Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A Purwantono, membeberkan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Yakni, melakukan ramp check yang meliputi kondisi rem, ban, lampu, serta surat-surat kendaraan dan kondisi sopir bus.
     
    “Untuk masyarakat, kami juga mengimbau agar berhati-hati selama libur Natal dan Tahun Baru dengan memastikan kendaraan dalam kondisi laik jalan. Jika menyewa kendaraan, pastikan untuk memeriksa kesiapan bus yang akan digunakan,” kata Rivan dikutip dari Media Indonesia, Senin, 30 Desember 2024.
    Hal tersebut diungkap Rivan, saat melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap  bus pariwisata di objek pariwisata Candi Prambanan, Klaten, Jawa Tengah. Sidak dilakukan bersama Wakil Menteri Perhubungan Suntana.
     

    Rivan menyampaikan bahwa pengecekan kendaraan penting dilakukan untuk meminimalisasi risiko kecelakaan. Langkah ini bertujuan untuk mencegah potensi kecelakaan lalu lintas selama masa liburan Nataru.
     
    Rivan mengimbau kepada pengemudi agar selalu mengutamakan keselamatan. Di samping itu, para pemilik PO harus memperhitungkan waktu istirahat pengemudi, dan pengemudi sendiri juga harus bisa mengukur titik lelahnya masing-masing.
     
    Sementara itu, Wakil Menteri Perhubungan Suntana, mengatakan bahwa dari hasil ramp check yang didampingi Kepolisian, Dinas Perhubungan Yogyakarta dan Jawa Tengah menunjukkan bahwa seluruh kendaraan dalam kondisi baik.
     
    Ia menyebut bahwa pemerintah ingin memastikan keamanan dan kenyamanan wisatawan. Selain itu, pihaknya juga mengecek fasilitas tempat istirahat yang disediakan bagi para pengemudi di kawasan wisata.
     
    “Dari hasil ramp check tadi, semua kendaraan dinyatakan baik dan siap jalan untuk  meminimalkan risiko kecelakaan lalu lintas. Kami juga melihat pengelola wisata telah menyediakan shelter bagi pengemudi untuk beristirahat,” kata Suntan.
     
    Selain itu, Suntana juga mengimbau agar masyarakat tetap disiplin dalan berkendara. Kepada pengusaha bus haru memperhatikan kelaikan kendaraannya serta para pengemudi harus taat dengan aturan yang berlaku.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ADN)

  • KAI Daop 8 permudah masyarakat gunakan kereta selama Natal-tahun baru

    KAI Daop 8 permudah masyarakat gunakan kereta selama Natal-tahun baru

    Pemesanan dan boarding tiket mudah, juga ada face recognition yang bisa mempercepat kami masuk ke area dalam stasiun

    Surabaya, Jatim (ANTARA) – PT KAI Daerah Operasi (Daop) 8 Surabaya terus mempermudah dan meningkatkan pelayanan bagi masyarakat menggunakan kereta api sebagai transportasi pilihan pada libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif memastikan kesiapan perusahaan menghadapi masa angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 yang berlangsung mulai 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.

    “Kami telah melakukan berbagai persiapan jauh-jauh hari untuk mendukung kelancaran masa libur ini. Salah satunya adalah pembelian tiket yang dapat dilakukan hingga H-45 secara daring, sehingga masyarakat dapat membeli tiket kapan saja dan di mana saja,” kata Luqman saat ditemui ANTARA di Stasiun Gubeng Surabaya, Jatim, Senin.

    Ia menjelaskan pemeriksaan seluruh jalur kereta api di wilayah Daop 8 Surabaya juga telah rampung dilakukan sebelum masa angkutan Natal-tahun baru.

    “Alhamdulillah, semua jalur siap, mulai dari Stasiun Tobo di Kabupaten Bojonegoro hingga Stasiun Wlingi di Kabupaten Blitar,” ucapnya.

    Selain itu, lanjutnya, antisipasi cuaca ekstrem juga dilakukan dengan menggandeng BMKG untuk memantau prakiraan cuaca terkini.

    “Kami menyiagakan petugas di daerah-daerah pantauan khusus selama 24 jam dan menempatkan alat material siaga di lokasi rawan,” ucapnya.

    Dalam hal keamanan, KAI Daop 8 bekerja sama dengan TNI, Polri dan pengamanan eksternal, termasuk komunitas pecinta kereta api untuk memastikan keamanan di stasiun, dalam kereta, serta sepanjang jalur.

    Selain itu, untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, pihaknya juga menambah delapan kereta api jarak jauh tambahan yang dioperasikan dengan tujuan Jakarta, Yogyakarta, dan Banyuwangi.

    “Karakter perjalanan di masa Natal-tahun baru cenderung untuk wisata, sehingga kami memperbanyak kereta tujuan destinasi wisata populer,” kata Luqman.

    Luqman menambahkan dengan adanya upaya tersebut, selama masa libur ini, pihaknya memprediksi peningkatan jumlah penumpang sebesar tiga persen dibandingkan tahun sebelumnya, yang tercatat sebanyak 386.909 pelanggan.

    “Puncak tertinggi terjadi pada 21 Desember dengan lebih dari 24 ribu penumpang. Saat ini, kami memprediksi kenaikan penumpang kembali terjadi mulai 31 Desember hingga 1 Januari,” jelasnya.

    Sementara, berdasarkan data pada Senin ini pukul 09.00 WIB, terdapat 44.669 pelanggan yang diperkirakan turun di stasiun Daop 8 pada periode Senin hingga Rabu (1/1/2025), dan 42.665 pelanggan yang berangkat dari Daop 8 Surabaya.

    “Jumlah ini akan terus bertambah, karena penjualan tiket masih berlangsung,” terangnya.

    Pihaknya juga memprediksi jika hingga 1 Januari, jumlah penumpang yang tiba di wilayah Daop 8 diperkirakan lebih banyak dibandingkan yang berangkat, terutama menuju destinasi wisata seperti Malang, Batu, dan Gunung Bromo.

    “Harapan kami, masa angkutan Natal-tahun baru ini berjalan aman, lancar, dan sukses, memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang bepergian,” ucap Luqman.

    Sementara itu, salah seorang penumpang asal Lombok, Syafruddin mengaku terbantu dengan adanya inovasi-inovasi yang dikeluarkan oleh PT KAI di Stasiun Gubeng dan Pasarturi Surabaya.

    “Sempat ke Stasiun Pasarturi terus ke Gubeng, kalau saya lihat sudah bagus semua, fasilitas memadai,” katanya.

    Syafruddin menambahkan selain fasilitas di stasiun, kemudahan membeli tiket jauh-jauh hari juga membantunya untuk mengantar sang buah hati kembali sekolah ke Yogyakarta.

    “Pemesanan dan boarding tiket mudah, juga ada face recognition yang bisa mempercepat kami masuk ke area dalam stasiun,” ucap bapak anak dua itu.

    Dirinya berharap agar ke depan, KAI terus berinovasi dan selalu memerikan kenyamanan bagi pelanggan.

    “Dengan demikian, kami yang ingin berpergian kemana-mana menggunakan kereta api juga tidak kesusahan,” tuturnya.

    Pewarta: Indra Setiawan/Naufal Ammar Imaduddin
    Editor: Kelik Dewanto
    Copyright © ANTARA 2024

  • Antisipasi Kemacetan Malam Tahun Baru, KAI Daop 6 Rekayasa Operasi 32 Kereta Api

    Antisipasi Kemacetan Malam Tahun Baru, KAI Daop 6 Rekayasa Operasi 32 Kereta Api

    Yogyakarta, Beritasatu.com – PT KAI Daop 6 Yogyakarta melakukan rekayasa pola operasi untuk 32 kereta api (KA) pada 31 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025 sebagai langkah antisipasi kemacetan malam Tahun Baru. Rekayasa ini berlaku untuk keberangkatan KA dari Stasiun Yogyakarta pada pukul 19.00 hingga 00.30 WIB.

    Sebanyak 32 KA yang terdiri dari 17 KA menuju arah barat (Gambir, Pasarsenen, Bandung, Purwokerto) dan 15 KA ke arah timur (Surabaya, Malang, Ketapang, Banyuwangi) akan berhenti luar biasa (BLB) di Stasiun Lempuyangan. Langkah ini dilakukan untuk mempermudah penumpang yang kesulitan mencapai Stasiun Yogyakarta akibat potensi kepadatan lalu lintas.

    “Penumpang yang tidak dapat menuju Stasiun Yogyakarta dapat naik dari Stasiun Lempuyangan. Ini demi mempermudah pelayanan,” ujar Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta Krisbiyantoro, Senin (30/12/2024).

    Kereta api jarak jauh dan menengah yang berangkat dari Yogyakarta akan tetap sesuai jadwal, tetapi penumpang dapat memilih naik dari Stasiun Lempuyangan. Penumpang yang memiliki tiket atau kode booking untuk 32 KA tersebut dapat menggunakan fasilitas ini.

    KAI Daop 6 juga mengimbau calon penumpang untuk memperkirakan waktu keberangkatan dan memastikan nama pada tiket sesuai dengan kartu identitas terkait rekayasa pola operasi kereta api pada malam Tahun Baru.

    “Kami sangat mengimbau calon penumpang untuk datang lebih awal guna menghindari hambatan akibat kepadatan lalu lintas,” tegas Krisbiyantoro.

    Daop 6 Yogyakarta memprediksi jumlah penumpang pada 31 Desember 2024 hingga 1 Januari 2025. Untuk Stasiun Yogyakarta, pada 31 Desember 2024 diperkirakan penumpang yang naik mencapai 15.339 dan turun 4.470 penumpang. Pada 1 Januari 2025, penumpang yang naik 9.953 dan turun 4.327 penumpang.

    Sementara itu di Stasiun Lempuyangan, pada 31 Desember 2024, penumpang yang naik 3.978 dan turun 4.180 penumpang. Pada 1 Januari 2025, penumpang yang naik 5.557 dan turun 3.661 penumpang.

    Data ini diambil berdasarkan laporan per 30 Desember 2024 pukul 09.00 WIB. Langkah rekayasa pola operasi kereta api ini diharapkan dapat memastikan kelancaran perjalanan dan kenyamanan penumpang selama perayaan malam tahun baru.