provinsi: DI YOGYAKARTA

  • 10
                    
                        Gempa Magnitudo 5,2 di Gunungkidul Dirasakan hingga Pacitan dan Trenggalek
                        Yogyakarta

    10 Gempa Magnitudo 5,2 di Gunungkidul Dirasakan hingga Pacitan dan Trenggalek Yogyakarta

    Gempa Magnitudo 5,2 di Gunungkidul Dirasakan hingga Pacitan dan Trenggalek
    Editor
    KOMPAS.com
    – Gempa bumi bermagnitudo 5,2 mengguncang
    Gunungkidul
    , Daerah Istimewa
    Yogyakarta
    (DIY), Sabtu (1/2/2025) pukul 07.40 WIB.
    Gempa yang berpusat di 96 km Barat Daya Gunungkidul tersebut tidak berpotensi tsunami.

    Gempa Mag:5.2, 01-Feb-25 07:40:14 WIB, Lok:8.81 LS,110.31 BT (96 km BaratDaya GUNUNGKIDUL-DIY), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami
    ,” tulis akun @BMKG, Sabtu.
    Gempa magnitudo 5,2 di Gunungkidul tersebut dirasakan di Bantul, Sleman, Kebumen, Purworejo hingga Pacitan
    “Gempa ini dirasakan (MMI):III Gunungkidul, III Bantul, III Kulon Progo, III Yogyakarta, III Sleman, III Kebumen, III Purworejo, II Klaten, II Pacitan, II Trenggalek, II Karangkates,” tulis rilis BMKG, Sabtu.
    Pihak BMKG meminta masyarakat tidak panik dan berhati-hati terhadap potensi gempa susulan yang mungkin terjadi.

    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Gempa Magnitudo 5,1 di Gunungkidul Yogyakarta Pagi Ini

    Gempa Magnitudo 5,1 di Gunungkidul Yogyakarta Pagi Ini

    Bisnis.com, JAKARTA – Gempa magnitudo 5,1 terjadi hari ini, Sabtu 01-Februari 2025 pukul 07:40:13WIB.

    Menurut data BMKG pusat gempa berlokasi di titik 8.88LS, 110.27BT (105 km BaratDaya GUNUNGKIDUL-DIY), Kedlmn:10 Km.

    Selain di Gunungkidul gempa juga terjadi di beberapa daerah berikut ini

    Gempa (UPDATE) Mag:2.3, 01-Feb-25 04:34:25 WIB, Lok:4.05 LS, 121.76 BT (Pusat gempa berada di darat 3.7 km BaratDaya Lalolae, Kolaka Timur), Kedlmn:3 Km Dirasakan (MMI) II Kolaka Timur

    Gempa Mag:2.9, 01-Feb-25 03:39:10 WIB, Lok:6.93 LS, 106.90 BT (Pusat gempa berada di darat 3 km barat daya Kota Sukabumi), Kedlmn:5 Km Dirasakan (MMI) II-III Kota Sukabumi

    Gempa Mag:3.9, 01-Feb-2025 04:11:23WIB, Lok:0.68LS, 99.14BT (107 km BaratDaya AGAM-SUMBAR), Kedlmn:10 Km

    Gempa Mag:3.3, 01-Feb-2025 02:51:33WIB, Lok:8.77LS, 124.74BT (46 km BaratLaut BELU-NTT), Kedlmn:28 Km

    Gempa Mag:5.1, 01-Feb-25 01:11:10 WIB, Lok:6.81 LS,129.92 BT (200 km BaratLaut TANIMBAR), Kedlmn:208 Km, tdk berpotensi tsunami

  • Gempa Bumi Barusan Terjadi di Purworejo 2 Menit Lalu 1 Februari 2025

    Gempa Bumi Barusan Terjadi di Purworejo 2 Menit Lalu 1 Februari 2025

    TRIBUNJATENG.COM, PURWOREJO – Baru saja terjadi gempa bumi di Purworejo, Jawa Tengah, Sabtu 1 Februari 2025.

    Gempa bumi di Purworejo terjadi hanya beberapa detik sekitar pukul 07.42.

    Admin akun X BMKG menyebutkan jika pusat gempa terjadi di Gunungkidul, Yogyakarta. 

    “Mag:5.2, 01-Feb-25 07:40:14 WIB, Lok:8.81 LS,110.31 BT (96 km BaratDaya GUNUNGKIDUL-DIY), Kedlmn:10 Km, tdk berpotensi tsunami,” demikian cuitan admin. 

    Informasi ini disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

    Sama seperti gempa sebelumnya, informasi ini disampaikan oleh BMKG dengan peringatan bahwa hasil pengolahan data masih bisa mengalami perubahan seiring dengan kelengkapan data yang lebih lanjut.

    Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau dampak lebih lanjut akibat gempa ini.

    BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang dan waspada terhadap informasi resmi yang akan diumumkan secara lebih detail.

    15 Wilayah Potensi Gempa Megathrust

    Peneliti BRIN, Nuraini Rahma Hanifa mengungkapkan gempa megathrust berpotensi mengguncang Selat Sunda Banten dan sejumlah wilayah lain di Indonesia.

    Ia menjelaskan bahwa potensi bencana berupa gempa megathrust di wilayah selatan Jawa sangat mungkin terjadi dan dapat memicu tsunami dengan skala yang mirip dengan kejadian di Aceh pada 26 Desember 2004. 

    Megathrust sendiri merupakan jenis patahan besar yang terletak di zona subduksi, di mana lempeng tektonik yang lebih padat bergerak ke bawah lempeng yang lebih ringan. 

    Pergerakan ini menciptakan tekanan yang dapat menyebabkan gempa bumi dengan magnitudo tinggi ketika dilepaskan secara tiba-tiba. 

    Tidak hanya gempa besar, kondisi ini juga memiliki potensi untuk memicu tsunami dengan gelombang tinggi.

    Daftar zona megathrust di Indonesia

    Dilansir dari Kompas.com, Senin (13/8/2024), wilayah Indonesia dikelilingi oleh titik-titik megathrust, antara lain:

    Aceh-Andaman 

    Nias-Simeulue 

    Kepulauan Batu 

    Mentawai-Siberut 

    Mentawai–Pagai 

    Enggano 

    Selat Sunda, Banten 

    Selatan Jawa Barat 

    Selatan Jawa Tengah-Jawa Timur 

    Selatan Bali Selatan Nusa Tenggara Barat (NTB) 

    Selatan Nusa Tenggara Timur (NTT) 

    Laut Banda Selatan 

    Laut Banda Utara

     Utara Sulawesi 

    Subduksi lempeng Laut Filipina.

    Setiap zona megathrust memiliki potensi gempa yang berbeda. 

    Namun, tidak setiap gempa megathrust menimbulkan potensi tsunami. 

    Pasalnya, tsunami memiliki syarat gempa besar dengan titik pusat gempa atau hiposenter dangkal dan gerak naik. 

    Meski demikian, bukan tidak mungkin tsunami menyusul gempa di sejumlah zona megathrust tersebut.

    Potensi tsunami di Selat Sunda

    Selain itu, Rahma menuturkan bahwa segmen megathrust di selatan Jawa menyimpan energi tektonik

    Sehingga bisa melepaskan gempa berkekuatan magnitudo 8,7 hingga 9,1.

    “Potensi megathrust ini dapat memicu goncangan gempa yang besar dan tsunami, yang menjalar melalui Selat Sunda hingga ke Jakarta dengan waktu tiba sekitar 2,5 jam,” ungkap Rahma, dikutip dari laman BRIN, Kamis (26/12/2024). 

    Jika tsunami terjadi, dari simulasi yang dilakukan oleh BRIN bersama tim peneliti dari berbagai institusi, ketinggian gelombang diperkirakan bisa mencapai hingga 20 meter. 

    Menurut simulasi, gelombang tsunami berpotensi setinggi 20 meter di pesisir selatan Jawa, 3–15 meter di Selat Sunda, dan sekitar 1,8 meter di pesisir utara Jakarta. 

    Penelitian ini juga menunjukkan, fenomena serupa pernah terjadi dalam sejarah. Misalnya, saat tsunami Pangandaran 2006 yang dipicu oleh marine landslide di dekat Nusa Kambangan.  (*) 

  • Pakar Oseanografi ITS Jelaskan Bahaya Arus Rip yang Tewaskan Siswa SMPN 7 Mojokerto

    Pakar Oseanografi ITS Jelaskan Bahaya Arus Rip yang Tewaskan Siswa SMPN 7 Mojokerto

    Surabaya (beritajatim.com) – Tragedi sejumlah siswa SMPN 7 Kota Mojokerto yang terseret arus rip di Pantai Drini, Yogyakarta, mengingatkan pentingnya kewaspadaan terhadap bahayanya arus ini.

    Arus rip adalah aliran air yang kuat dan berbahaya yang terbentuk ketika gelombang laut mendekati pantai dan mengalir kembali ke laut. Meskipun tampak tenang, arus ini bisa sangat mematikan, terutama di pantai-pantai selatan Jawa yang berbatasan dengan Samudera Hindia.

    Pakar Oseanografi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Dr. Wahyudi, mengatakan bahwa arus rip dapat memiliki kecepatan hingga 1 meter per detik dan lebar sekitar 9 hingga 11 meter.

    Arus ini tidak hanya mengalir kembali ke laut, tetapi juga membawa sedimen dari pantai, sehingga menyebabkan area tersebut terlihat lebih gelap dan tenang. Bahkan perenang profesional pun sulit melawan kekuatan arus ini.

    “Memang nampak tidak berbuih dan tenang, tapi itu ada arus rip di dalamnya. Saking cepatnya arus tersebut, juara renang olimpiade sekalipun tidak akan kuat melawan arus rip,” kata Wahyudi, Sabtu (1/2/2025).

    Wahyudi mengingatkan pengunjung pantai untuk waspada, terutama di daerah teluk atau tanjung yang sering terjadi arus rip. Kejadian seperti yang menimpa siswa Mojokerto hanya sebagian kecil dari banyaknya korban arus rip di Indonesia, yang mencapai hampir 50 orang meninggal dalam periode 2017-2022.

    Untuk mencegah korban lebih banyak, menurutnya penting bagi pemerintah dan masyarakat untuk meningkatkan sosialisasi mengenai bahaya arus rip.

    Pengunjung pantai juga harus diajarkan cara menghindari arus ini, seperti berenang ke samping jika terlanjur terseret. Sosialisasi ini sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) terkait keselamatan dan keberlanjutan komunitas pesisir. [ipl/ian]

  • Libur panjang akhir Januari, penumpang KA di Yogyakarta lampaui Nataru 2024/2025

    Libur panjang akhir Januari, penumpang KA di Yogyakarta lampaui Nataru 2024/2025

    Sumber foto: Izan Raharjo/elshinta.com.

    Libur panjang akhir Januari, penumpang KA di Yogyakarta lampaui Nataru 2024/2025
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 31 Januari 2025 – 18:57 WIB

    Elshinta.com – PT KAI Daop 6 Yogyakarta mencatat jumlah puncak kedatangan dan keberangkatan penumpang kereta api jarak jauh di masa libur panjang Isra Mi`raj dan Imlek akhir Januari 2025 memecahkan rekor jumlah puncak kedatangan dan keberangkatan masa Angkutan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025.

    Di Stasiun Yogyakarta, jumlah keberangkatan libur panjang Isra’ Mi’raj dan Imlek mencapai puncaknya pada Selasa (28/1) dengan 16.594 penumpang, melampaui puncak keberangkatan masa Nataru 2024/2025, Minggu (29/12) yang mencapai 15.277 penumpang.

    Sedangkan untuk jumlah kedatangan libur panjang Isra’ Mi’raj dan Imlek mencapai puncaknya pada Sabtu (25/1) dengan 16.279 penumpang, melampaui puncak kedatangan masa Nataru 2024/2025, Selasa (24/12) yang mencapai 13.411 penumpang 

    Di Stasiun Lempuyangan, jumlah keberangkatan libur panjang Isra’ Mi’raj dan Imlek juga mencapai puncaknya pada Selasa (28/1) dengan 8.176 penumpang, melampaui puncak keberangkatan masa Nataru 2024/2025, Minggu (29/12) yang mencapai 6.981 penumpang.

    Sedangkan untuk jumlah kedatangan libur panjang Isra’ Mi’raj dan Imlek mencapai puncaknya pada Sabtu (25/1) dengan 8.066 penumpang, melampaui puncak kedatangan masa Nataru 2024/2025, Selasa (24/12) yang mencapai 6.139 penumpang.

    Manajer Humas Daop 6 Yogyakarta mengatakan bahwa peningkatan jumlah penumpang ini menunjukkan tingginya minat masyarakat dalam menggunakan transportasi kereta api sebagai pilihan utama perjalanan.

    “Jogja memang istimewa, penumpang keretanya selalu bertumbuh. Semoga dengan meningkatnya mobilitas masyarakat melalui kereta api ini dapat diiringi dengan peningkatan aktivitas ekonomi dan pariwisata sehingga moda transportasi KA dapat mendorong pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. Dengan peningkatan volume ini, kami juga akan terus mengakomodir kebutuhan-kebutuhan para pelanggan dalam menggunakan kereta api,” tutup Krisbiyantoro seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Izan Raharjo, Jumat (31/1).

    Sumber : Radio Elshinta

  • Sinopsis dan Daftar Pemain Film ‘Pintu Pintu Surga’, Tayang 13 Februari 2025

    Sinopsis dan Daftar Pemain Film ‘Pintu Pintu Surga’, Tayang 13 Februari 2025

    Liputan6.com, Yogyakarta – Film Pintu Pintu Surga adalah film garapan rumah produksi Dakara Studios. Film karya sutradara Adis Kayl Yurahmah ini bakal tayang 13 Februari 2025.

    Adapun film Pintu-Pintu Surga mengusung genre drama religi yang akan membawa penonton hanyut ke dalam isi cerita. Kisah tentang keluarga, romansa, dan keteguhan hati terhadap Tuhan akan disajikan secara apik dalam film ini.

    Kisah film Pintu Pintu Surga berpusat pada perjalanan seorang laki-laki bernama Arman. Keteguhannya sebagai seorang ayah dan suami pun diuji.

    Kehidupannya tampak sempurna bersama seorang istri dan satu anak perempuan. Tak disangka, ia bertemu kembali dengan cinta lamanya di tengah perjalanan kehidupannya.

    Ketika rasa cinta diuji, maka yang bisa dilakukan Widya, istri Arman, adalah berkeluh kesah kepada Allah. Dari sinilah kehidupan keluarga mereka diuji.

    Sementara itu, sosok anak dalam film ini menjadi salah satu kebahagiaan keluarga dalam mencapai pintu-pintu surga itu. Akankah Arman mampu bertahan dan berhasil menjadi imam keluarga dan membawa keluarganya ke depan pintu-pintu surga?

    Mengutip dari imdb.com, Adis Kayl Yurahmah sebelumnya telah menggarap sejumlah film. Beberapa di antaranya adalah Super Didi (2016) dan Atas Nama Surga (2022).

    Adapun film Pintu Pintu Surga dibintangi oleh Arya Saloka, Agla Artalidia, dan Susan Sameh sebagai pemeran utama, serta beberapa pemain berbakat lainnya. Film ini dijadwalkan tayang pada 13 Februari 2025.

    Penulis: Resla

  • Bukan karena Tumbal Proyek, Inilah Alasan Mengapa Jembatan Golden Gate Bridge Berdiri Kokoh

    Bukan karena Tumbal Proyek, Inilah Alasan Mengapa Jembatan Golden Gate Bridge Berdiri Kokoh

    Liputan6.com, Yogyakarta – Pembangunan Golden Gate Bridge pada 1930-an tidak hanya menghasilkan jembatan ikonik, tetapi juga memperkenalkan inovasi keselamatan kerja yang mengubah industri konstruksi selamanya. Penggunaan jaring pengaman selama pembangunan jembatan ini menjadi tonggak bersejarah dalam evolusi protokol keselamatan pekerja konstruksi di seluruh dunia.

    Mengutip dari berbagai sumber, sebelum dimulainya proyek Golden Gate Bridge, industri konstruksi jembatan memiliki statistik rata-rata satu pekerja tewas untuk setiap $1 juta nilai konstruksi. Dengan nilai proyek $35 juta, Golden Gate Bridge berpotensi memakan korban jiwa jika mengikuti tren tersebut.

    Joseph Strauss, kepala insinyur proyek, memutuskan untuk mendobrak tradisi dengan menerapkan sistem keselamatan yang belum pernah ada sebelumnya. Ia memasang jaring pengaman besar di bawah area konstruksi, membentang sepanjang jembatan.

    Jaring ini terbuat dari tali manila berdiameter 6 inci yang dianyam membentuk kotak-kotak berukuran 6 x 6 inci, ditopang oleh rangka baja. Investasi dalam sistem keselamatan ini terbukti tidak sia-sia.

    Selama pembangunan, jaring pengaman berhasil menyelamatkan 19 pekerja yang jatuh dari ketinggian. Para pekerja yang selamat ini kemudian membentuk kelompok informal bernama Halfway to Hell Club, menandakan pengalaman mereka yang nyaris berakhir fatal.

    Efektivitas jaring pengaman ini tidak hanya terlihat dari jumlah nyawa yang diselamatkan, tetapi juga dari peningkatan produktivitas pekerja. Para pekerja melaporkan dapat bekerja lebih cepat dan efisien karena merasa lebih aman, meski bekerja di ketinggian lebih dari 200 kaki di atas permukaan laut.

    Sistem keselamatan di Golden Gate Bridge juga mencakup penggunaan wajib helm keras dan kacamata pelindung khusus untuk para pekerja las. Peralatan ini, yang kini menjadi standar di lokasi konstruksi modern, merupakan hal yang revolusioner pada masanya.

    Dampak dari inovasi keselamatan ini terasa jauh melampaui proyek Golden Gate Bridge. Kontraktor dan perusahaan konstruksi di seluruh dunia mulai mengadopsi sistem serupa.

    Penggunaan jaring pengaman kini menjadi prosedur standar dalam konstruksi bangunan tinggi dan jembatan di berbagai negara. Meski teknologi keselamatan kerja telah berkembang pesat sejak era 1930-an, prinsip dasar yang diterapkan dalam pembangunan Golden Gate Bridge tetap relevan.

    Penulis: Ade Yofi Faidzun

  • Mulai 1 Februari, Kereta di Stasiun Lamongan Lamongan Makin Banyak, Catat Jam Keberangkatannya

    Mulai 1 Februari, Kereta di Stasiun Lamongan Lamongan Makin Banyak, Catat Jam Keberangkatannya

    Lamongan (beroyajatim.com) – Stasiun Lamongan akan melayani lebih banyak perjalanan kereta jarak jauh mulai tanggal 1 Februari 2025.

    Penambahan layanan tersebut seiring dengan diberlakukannya Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) 2025 oleh PT Kereta Api Indonesia (KAI), sebagai bagian dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi para pelanggan kereta api.

    Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, Luqman Arif, menjelaskan untuk meningkatkan mobilitas masyarakat khususnya dari Kabupaten Lamongan, terdapat 9 KA jarak jauh dengan tujuan Jakarta.

    “Selain itu, terdapat 2 KA jarak jauh tujuan Bandung, 2 KA tujuan Jember dan Banyuwangi, serta 1 KA Sancaka Utara dengan tujuan Cilacap lewat Solo, Jogjakarta, dan berakhir di Cilacap,” kata Luqman, Jumat (31/1/2025).

    Luqman menyebutkan, berdasarkan data selama tahun 2024, rata-rata pelanggan KA dari Stasiun Lamongan pada tengah pekan sebanyak 280 pelanggan. Sedangkan pada akhir pekan mencapai 400 pelanggan. Para pelanggan ini didominasi dengan tujuan Jakarta, Bandung, Semarang, maupun Jember dan Banyuwangi.

    “KAI mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan yang telah mempercayakan kereta api sebagai transportasi pilihan dalam mendukung mobilitas. Dan sebagai bentuk peningkatan pelayanan, pada Gapeka 2025 ini KAI Daop 8 Surabaya menghadirkan KA baru dengan berbagai destinasi, mulai tujuan Bandung, Jogjakarta, dan Cilacap,” terangnya.

    Berikut adalah KA jarak jauh yang melayani calon pelanggan dari Stasiun Lamongan sesuai relasi :

    Tujuan Jakarta
    1. KA Airlangga keberangkatan Stasiun Lamongan tujuan Stasiun Pasarsenen, pukul 13.29 wib;
    2. KA Gumarang keberangkatan Stasiun Lamongan tujuan Stasiun Pasarsenen, pukul 15.36 wib;
    3. KA Jayabaya keberangkatan Stasiun Lamongan tujuan Stasiun Pasarsenen, pukul 16.38 wib;
    4. KA Pandalungan keberangkatan Stasiun Lamongan tujuan Stasiun Gambir, pukul 20.15 wib;
    5. KA Sembrani keberangkatan Stasiun Lamongan tujuan Stasiun Gambir, pukul 20.45 wib;
    6. KA Blambangan Ekspres keberangkatan Stasiun Lamongan tujuan Stasiun Pasarsenen, pukul 22.46 wib
    7. KA Kertajaya keberangkatan Stasiun Lamongan tujuan Stasiun Pasarsenen, pukul 23.07 wib;
    8. KA Dharmawangsa Ekspres keberangkatan Stasiun Lamongan tujuan Stasiun Pasarsenen, pukul 23.37 wib;

    Tujuan Semarang
    1. KA Ambarawa Ekspres keberangkatan Stasiun Lamongan tujuan Stasiun Semarang Poncol, pukul 06.51 wib;
    2. KA Ambarawa Ekspres keberangkatan Stasiun Lamongan tujuan Stasiun Semarang Poncol, pukul 14.05 wib.

    Tujuan Bandung
    1. KA Harina (pagi) keberangkatan Stasiun Lamongan tujuan Stasiun Bandung, pukul 06.21 wib;
    2. KA Harina (malam) keberangkatan Stasiun Lamongan tujuan Stasiun Bandung, pukul 18.16 wib.

    Tujuan – Solo – Yogyakarta – Cilacap
    1. KA Sancaka Utara keberangkatan Stasiun Lamongan tujuan Stasiun Cilacap, pukul 07.36 wib.

    Tujuan Jember dan Banyuwangi
    1. KA Pandalungan keberangkatan Stasiun Lamongan tujuan Stasiun Jember, pukul 04.40 wib;
    2. KA Blambangan Ekspres keberangkatan Stasiun Lamongan tujuan Stasiun Banyuwangi, pukul 21.40 wib.

    Luqman menegaskan, dengan adanya penambahan perjalanan kereta api di Stasiun Lamongan, KAI Daop 8 Surabaya akan terus berupaya untuk memberikan layanan terbaik dan meningkatkan kualitas operasional untuk kenyamanan, keselamatan dan kepuasan pelanggan.

    “Masyarakat bisa melihat jadwal perjalanan KA serta ketersedian tempat duduk KA tersebut di Aplikasi Acces By KAI,” ujar Luqman. (fak/ian)

  • Baznas Bazis DKI Siapkan Dana Rp 300 Juta untuk Masjid yang Kelola Zakat Pemberdayaan Umat – Halaman all

    Baznas Bazis DKI Siapkan Dana Rp 300 Juta untuk Masjid yang Kelola Zakat Pemberdayaan Umat – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Lembaga  Pemerintah non struktural Baznas (Bazis) Provinsi Jakarta bakal memberikan penghargaan kepada masjid-masjid yang berkontribusi positifnya terhadap masyarakat luas. 

    Penghargaan Masjid Award 2025 ini diberikan kepada pengelola masjid yang melakukan pemberdayaan umat melalui pengelolaan dana Zakat, Infak, dan Sedekah (ZIS) yang transparan dan bermanfaat bagi masyarakat.

    Baznas menyiapkan dana total Rp300 juta untuk pengurus DKM Masjid dan Musola. 

    “Pemprov juga telah memberi perhatian kepada DKM masjid dengan memberikan bantuan hibah Boti (bantuan operasional tempat ibadah),” ujar Plt Kepala Bagian Mental Spritual Biro Pendidikan Dan Mental Spritual (Dikmental) Pemerintah Provinsi Jakarta Aceng Zaini melalui keterangan tertulis, Jumat (31/1/2025).

    Sementara itu, Wakil Ketua IV Baznas (Bazis) DKI Jakarta, Mohd Nasir Tajang, SAg, MSi, mengatakan pihaknya berupaya mengoptimalkan pengelolaan dana zakat, infak, dan sedekah (ZIS). 

    “Penghargaan ini diharapkan dapat mendorong masjid-masjid di Jakarta untuk lebih optimal dalam pengelolaan zakat, infak, dan sedekah (ZIS) serta memberikan dampak positif bagi kesejahteraan umat. Kami percaya, dengan pengelolaan yang baik, masjid dapat menjadi penggerak perubahan sosial yang signifikan.” ujarnya.

    Penilaian peserta Masjid Award 2025 kata Nasir, melibatkan DKM Masjid Jogokaryan Yogyakarta, DKI Masjid Pemuda Sejuta Umat, dan masjid milenial Bogor.

    Hadiah bagi juara tiap kategori sebesar Rp 25 juta, runner up Rp15 juta, dan peringkat ketiga sebesar Rp10 juta, sehingga total hadiah mencapai Rp 300 juta untuk enam kategori.

    Ketua DMI Provinsi DKI Jakarta, KH Ma’mun Al Ayyubi, mengatakan pengelola masjid di DKI Jakarta harus mampu berinovasi, sehingga perannya semakin baik dari waktu ke waktu.

    “Peran masjid sebagai tempat ibadah maghdoh, rumah Alloh itu juga harus berperan sebagai kegiatan sosial  yang bermanfaat bagi masyarakat luas,” kata Kiai Ma’mun.

    Program Masjid Award memiliki enam kategori yaitu Masjid Ramah Anak, Masjid Ramah Pemuda, Masjid Ramah Lansia, Masjid Ramah Dhuafa, Masjid Ramah Disabilitas, dan Masjid Tanggap Bencana.

    Pendaftaran untuk kegiatan Masjid Award ini telah dibuka sejak 1 Januari 2025 dan telah terdaftar sebanyak 110 masjid dari seluruh Kota dan Kabupaten di DKI Jakarta. (*)

  • Polres Mojokerto Kota Gelar Doa Bersama untuk Korban Tragedi Pantai Drini

    Polres Mojokerto Kota Gelar Doa Bersama untuk Korban Tragedi Pantai Drini

    Mojokerto (beritajatim.com) – Keluarga besar Polres Mojokerto Kota bersama Bhayangkari mengadakan doa bersama di Aula Hayam Wuruk pada Jumat (31/1/2025). Acara ini digelar sebagai bentuk empati dan kepedulian terhadap empat korban meninggal dunia akibat ombak di Pantai Drini, Gunung Kidul, DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta).

    Doa bersama dipimpin oleh Ustadz Zaenuri dan dihadiri oleh jajaran Polres Mojokerto Kota, termasuk perwakilan Kapolres Mojokerto Kota, AKBP Daniel S. Marunduri, yang diwakili oleh Wakil Kapolres Kompol Suwarno.

    Dalam suasana khidmat, doa dipanjatkan untuk keempat korban yang merupakan siswa SMPN 7 Kota Mojokerto. Ustadz Zaenuri memimpin doa agar korban diterima di sisi Allah SWT dan keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan.

    “Kami keluarga besar Polres Mojokerto Kota turut berduka cita atas peristiwa laka (kecelakaan) laut yang melibatkan siswa SMPN 7 Kota Mojokerto. Semoga almarhum dapat diterima di sisi Allah SWT serta keluarga korban dapat diberikan ketabahan,” ungkap Kompol Suwarno mewakili Kapolres.

    Sebelumnya, Polres Mojokerto Kota juga telah memberikan santunan kepada keluarga korban sebagai bentuk dukungan moril. Bantuan tersebut diserahkan melalui Kasat Lantas Polres Mojokerto Kota, AKP Mulyani, dan Kasi Humas Polres Mojokerto Kota, Ipda Slamet Hariono.

    Musibah ini terjadi pada Selasa (28/1/2025) di Pantai Drini, Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta. Sejumlah siswa SMPN 7 Kota Mojokerto yang sedang berwisata terkena ombak besar.

    Tiga siswa dilaporkan meninggal dunia, sembilan siswa berhasil selamat, dan satu siswa sempat dinyatakan hilang. Korban hilang, Rifky Yoeda Pratama, akhirnya ditemukan pada Rabu (29/1/2025), sehingga total korban meninggal menjadi empat orang.

    Tiga korban sebelumnya adalah Alfian Aditya Pratama (warga Jalan Flamboyan, Kelurahan Wates), Malvein Yusuf Adh Dhuqa (warga Jalan Al-Azhar, Kelurahan Kedundung, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto), dan Bayhaki Faqtyansah (warga Desa Penompo, Kecamatan Jetis, Kabupaten Mojokerto). [tin/suf]