provinsi: BANTEN

  • Iritnya Kebangetan! Segini Konsumsi BBM Lepas L8

    Iritnya Kebangetan! Segini Konsumsi BBM Lepas L8

    Jakarta

    Konsumsi BBM Lepas L8 irit banget! Bermodalkan 1 liter bensin, mobil bisa menempuh 67 km!

    Lepas untuk pertama kalinya mengumumkan harga pre-booking SUV anyarnya L8 di Indonesia. SUV premium dengan kapasitas tempat duduk lima orang itu bisa dipesan dengan duit Rp 589 juta. Tak ada batasan kuota konsumen untuk pemesanan Lepas L8. Namun untuk 100 konsumen pertama akan mendapatkan tiga keuntungan.

    “Kalau yang sekarang kita fokus yg sekarang karena ada benefit tiga, kalau masuk dalam 100 customer itu nanti dapat benefitnya. Ini masih booking price, nanti kita launching ada next event lagi,” ungkap Product Manager Lepas Indonesia Lalu Indra Wirabhakti di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW), ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/11/2025).

    Konsumsi BBM Lepas L8

    Meski sudah mengumumkan harga pre-booking, nyatanya spesifikasi belum diurai lebih detail. Khususnya soal mesin, belum diketahui apa yang bakal disematkan Lepas di balik L8. Namun, Lepas sudah memberi sedikit bocoran soal performa SUV premium ini. Misalnya konsumsi BBM yang tembus 1,49 liter/100 km. Kalau dikonversi konsumsi BBM-nya itu 67 km/liter. Dengan bodi yang bongsor, konsumsi BBM itu setara dengan skuter matik.

    Selain itu jarak tempuh dengan mode EV mencapai 100 km. Secara keseluruhan, jarak tempuhnya diklaim mencapai 1.300 km lebih. Lepas L8 juga akan menggunakan platform bau bernama LEX. Platform ini didedikasikan untuk SUV energi baru.

    “Sebagai inovasi pertama kami, LEX platform adalah platform kendaraan energi baru yang mewujudkan drive your elegance dengan memanfaatkan ruang luar biasa melalui wheelbase 2.800 mm. Platform ini sangat efisien dengan konsumsi bahan bakar 1,49 liter per 100 km dengan total jarak tempuh lebih dari 1.300 km,” jelas Lalu dalam presentasinya.

    Desain interior juga belum diungkap detail. Yang jelas, desainnya terinspirasi dari Leopard mulai dari sisi depan, samping, hingga dalam. Lepas juga menjamin kenyamanan yang akan dirasakan pengendara dan penumpang sepanjang perjalanan.

    “Selain ruang luas dan kenyamanan canggih, L8 menghadirkan kenyamanan premium setara spa momen relaksasi bagi tubuh dan pikiran anda. Anda akan menikmati pengharum kabin personal, kursi multifungsi 9 lapis kenyamanan,” terang Lalu.

    (dry/din)

  • Daftar 20 Daerah dengan UMK Tertinggi 2025: Bekasi & Karawang Memimpin

    Daftar 20 Daerah dengan UMK Tertinggi 2025: Bekasi & Karawang Memimpin

    Bisnis.com, JAKARTA — Pemerintah belum mengumumkan besaran kenaikan upah minimum tingkat provinsi (UMP) maupun kabupaten/kota (UMK) untuk 2026. Namun, kenaikan upah minimum dapat diperkirakan dari daftar daerah dengan UMK 2025 tertinggi.

    Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Yassierli menyampaikan pemerintah saat ini sedang mengupayakan beleid baru berupa peraturan pemerintah (PP) tentang pengupahan.

    Dia menyebut bahwa pemerintah tidak terikat batas pengumuman upah minimum pada aturan sebelumnya yang seharusnya jatuh pada hari ini, Jumat (21/11/2025).

    “Kalau ini berupa PP, artinya kita tidak terikat tanggal [pengumuman UMP]. Tidak ada terikat di situ,” kata Yassierli dalam konferensi pers di Kantor Kemnaker, Jakarta Selatan, Kamis (20/11/2025).

    Menurutnya, ketentuan PP yang baru akan sesuai dengan Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) No. 168/PUU-XXI/2023 yang mengamanatkan indeks tertentu atau alfa dalam perhitungan kenaikan upah minimum ditentukan oleh dewan pengupahan masing-masing daerah.

    Sementara itu, beberapa waktu lalu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa telah mengeluarkan Keputusan Gubernur No. 100.3.3.1/771/013/2025 tentang UMK di Jawa Timur Tahun 2025.

    Keputusan tersebut memuat perubahan berupa kenaikan upah minimum di tujuh kabupaten/kota yakni Kota Surabaya, Kabupaten Gresik, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Malang, dan Kota Malang.

    Hal ini merupakan amanat putusan Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Surabaya Nomor 11/G/2025/PTUN.SBY Jo Putusan PTUN Surabaya Nomor 65/B/2025/PT.TUN/SBY yang telah berkekuatan hukum tetap alias inkrah.

    Kenaikan upah minimum di Jawa Timur ini dinyatakan hanya berlaku selama periode November dan Desember tahun ini dan tidak berlaku surut. Namun, ketentuan ini mengubah urutan daerah dengan UMK tertinggi di Indonesia pada 2025, misalnya Kota Surabaya yang merangsek ke sepuluh besar.

    Berikut daftar 20 daerah dengan UMK tertinggi di Indonesia 2025:

    1. Kota Bekasi: Rp5.690.752
    2. Kabupaten Karawang: Rp5.599.593
    3. Kabupaten Bekasi: Rp5.558.515
    4. DKI Jakarta: Rp5.397.761
    5. Kota Depok: Rp5.195.721
    6. Kota Cilegon: Rp5.128.084
    7. Kota Bogor: Rp5.126.897
    8. Kota Tangerang: Rp5.069.708
    9. Kota Surabaya: Rp5.032.635
    10. Kabupaten Mimika: Rp5.005.678
    11. Kota Batam: Rp4.989.600
    12. Kota Tangerang Selatan: Rp4.974.392
    13. Kabupaten Gresik: Rp4.943.763
    14. Kabupaten Sidoarjo: Rp4.940.090
    15. Kabupaten Pasuruan: Rp4.936.417
    16. Kabupaten Mojokerto: Rp4.925.398
    17. Kabupaten Tangerang: Rp4.901.117
    18. Kabupaten Bogor: Rp4.877.211
    19. Kabupaten Serang: Rp4.857.353
    20. Kabupaten Purwakarta : Rp4.792.252

  • Wuling Darion Sudah Tembus 1.500 SPK, Harga Naik Jadi Segini

    Wuling Darion Sudah Tembus 1.500 SPK, Harga Naik Jadi Segini

    Jakarta

    Wuling Motors Indonesia mengumumkan MPV ramah lingkungan, Darion EV dan Plug in Hybrid Electric Vehicles (PHEV) sudah menyentuh 1.500 unit.

    “Angkanya sudah lebih 1.500 per hari ini, masih terus bertambah,” kata Product Communication Manager of Wuling Motors, Danang Wiratmoko, di ICE BSD City, Tangerang, Jumat (21/11/2025).

    Wuling Darion sebelumnya dijual dengan harga spesial OTR Jakarta khusus buat 1.500 pembeli pertama. Termurahnya, untuk tipe EV, dijual seharga Rp 356 juta. Sedangkan tipe PHEV dibanderol termurah Rp 439 juta.

    Namun lantaran SPK sudah mencapai 1.500 unit maka harga Wuling Darion mengalami kenaikan harga.

    “Harganya Darion EV mulai dari Rp 359 juta, kalau PHEV mulai Rp 442 juta. Ya (harga berlaku) setelah SPK-nya selesai 1.500,” kata Brand Communication Senior Manager Wuling Motors, Brian Gomgom.

    Dari jumlah pemesanan tersebut, Darion EV rupanya lebih banyak diburu ketimbang versi PHEV. Bagi Wuling, hal itu lumrah sebab pabrikan berjuluk lima berlian itu sudah lebih dikenal sebagai produsen mobil listrik.

    Wuling Darion sudah mencapai 1.500 SPK. Diumumkan pada ajang GJAW 2025, harganya akan naik. Foto: Ridwan Arifin/detikoto

    “Porsinya dominasi masih EV,” kata Brian.

    “PHEV juga baru di Indonesia, baru tahun lalu, Wuling juga pertama bikin PHEV untuk MPV, perlu waktu untuk mendapatkan pengalaman dan knowledge-knowledge PHEV.”

    “Kalau EVnya kenapa dominasi bisa lebih besar? Karena Wuling sendiri melekat dengan brand mobil listrik, jadi konsumen akan lebih cepat aware,” jelas dia.

    Dari sisi desain, sebenarnya antara varian EV dan PHEV hampir mirip. Hanya ada perbedaan di bagian grille di mana varian PHEV menggunakan desain diamond cut grille, sementara pada varian EV tidak dibekali grille selayaknya mobil listrik pada umumnya.

    Perbedaan lain tentunya terletak pada powertrain-nya. Varian Wuling Darion EV mengandalkan motor listrik bertenaga 150 kW (201 dk) dengan torsi 310 Nm, disalurkan melalui roda depan dengan transmisi Single Reduction. Kapasitas baterainya 69,2 kWh Lithium Iron Phosphate memungkinkan jarak tempuh hingga 540 km (CLTC).

    Sementara Darion PHEV menggabungkan mesin bensin 1.490 cc Naturally Aspirated Atkinson Cycle yang menghasilkan tenaga puncak 105 dk dan torsi 130 Nm. Mesin itu dikombinasi dengan motor listrik bertenaga 145 kW (195 dk) dan torsi 230 Nm.

    Darion PHEV mengusung Dedicated Hybrid Transmission (DHT) dengan baterai 20,5 kWh memberi jarak jelajah 125 km dalam mode EV. Sementara tangki bensin 52 liter menjaga efisiensi jarak jauh hingga lebih dari 1.000 km dalam sekali pengisian bahan bakar.

    (riar/din)

  • Changan Luncurkan Dua Model Baru di GJAW 2025, Harga Mulai Rp 178 Juta

    Changan Luncurkan Dua Model Baru di GJAW 2025, Harga Mulai Rp 178 Juta

    Jakarta

    Pabrikan asal China, Changan, resmi meluncurkan dua model baru, Deepal S07 dan Lumin EV, di arena GJAW (Gaikindo Jakarta Auto Week) 2025, ICE-BSD City, Tangerang, Jumat (21/11/2025).

    Changan Lumin EV ditawarkan dengan harga Rp 178 juta dan Changan Deepal S07 dijual Rp 599 juta. Harga tersebut berstatus on the road Jakarta. Kehadiran Changan di GJAW 2025 menjadi momentum strategis untuk memperkenalkan diri secara lebih luas di pasar Indonesia.

    “Kami bangga bahwa Changan dapat hadir bersama Indomobil Group dan berkontribusi pada transformasi industri otomotif Indonesia, salah satu negara dengan pasar yang paling dinamis, inovatif, dan visioner di Asia Tenggara. Ketika kami melihat Indonesia, kami melihat potensi yang luar biasa untuk pertumbuhan jangka panjang. Oleh karena itu, hari ini kami mengambil langkah penting dengan memperkenalkan inovasi terbaru kami kepada Indonesia melalui Changan Lumin dan Changan Deepal S07,” bilang Henry Huang selaku SEA Sales Department Regional Director Changan Automobile.

    Berbicara mengenai Changan Lumin, kendaraan listrik kompak dengan desain unik dan stylish ini dirancang untuk menunjang gaya hidup perkotaan modern dengan semangat ‘Seriously Playful’.

    Changan luncurkan dua model baru di GJAW 2025 Foto: Luthfi Anshori/detikOto

    Dilengkapi dengan teknologi cerdas serta ruang kabin luas dibalik dimensi eksteriornya yang ringkas, Changan Lumin menawarkan kenyamanan untuk penggunaan harian di perkotaan. Mobil ini mampu menempuh jarak hingga 301 km dalam sekali pengisian daya dan didukung DC fast charging untuk kemudahan dan efisiensi waktu pengecasan.

    Beralih ke Changan Deepal S07, e-SUV ini menghadirkan pengalaman berkendara yang berbeda dengan tampilan techno-sporty yang estetis dan dinamis. SUV listrik dengan tagline ‘Born to Outstand’ ini dilengkapi teknologi cerdas, kenyamanan superior, serta Golden Shield Battery yang mumpuni, menjadikannya pilihan ideal bagi pengguna yang menginginkan keseimbangan antara performa dan kemewahan.

    Changan Deepal S07 menawarkan jarak tempuh hingga 560 km dan didukung dengan DC fast charging, menghadirkan keandalan buat perjalanan jarak jauh, serta performa
    bertenaga yang tetap efisien.

    “Kedua model ini merepresentasikan kekuatan utama CHANGAN: inovasi, teknologi, dan desain. Kami percaya bahwa inovasi bukan sekadar menghadirkan teknologi baru, tetapi bagaimana teknologi tersebut benar-benar meningkatkan kualitas hidup pengguna,” kata Setiawan Surya selaku CEO Changan Indonesia.

    Seluruh kendaraan listrik Changan dirakit secara lokal di Indonesia di fasilitas pabrik perakitan milik Indomobil. Hal ini menegaskan dukungan Changan terhadap pertumbuhan industri otomotif nasional serta penguatan rantai pasok lokal.

    Melalui sinergi bersama Indomobil Group, Changan berkomitmen menyediakan layanan komprehensif yang mencakup purna jual, jaringan dealer, hingga pengembangan suku cadang lokal. Di sisi lain, kemampuan lokal ini didukung oleh kekuatan R&D global Changan, termasuk tim desain internasional yang terdiri dari talenta yang berasal dari 31 negara, sehingga setiap produk yang hadir di Indonesia membawa standar inovasi dan kualitas kelas dunia.

    Tak hanya itu, setiap produk Changan juga didukung dengan garansi kendaraan dan baterai jangka panjang untuk memberikan ketenangan bagi para pelanggan. Lumin dapat didukung garansi 8 tahun/120.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu) mencakup komponen utama, seperti traction battery, electric drive system, dan vehicle controller. Lalu, terdapat juga garansi kendaraan selama 6 tahun/120.000 km, serta free service package selama 4 tahun/80.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu).

    Sementara Deepal S07 didukung garansi traction battery 8 tahun/240.000 km dan garansi electric drive system dan vehicle controller hingga 8 tahun/150.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu). Selain itu, terdapat juga garansi kendaraan selama 6 tahun/120.000 km serta free service package selama 5 tahun/60.000 km (mana yang tercapai lebih dahulu).

    Di GJAW tahun ini, Changan menampilkan beragam unit display di booth seluas 561m2 yang berada di Hall 3A, ICE BSD City. Terdapat Changan Lumin, Changan Deepal S07, dan AVATR 11 sebagai special display unit selama GJAW 2025 berlangsung. Tak hanya itu, Changan pun menyediakan Changan Lumin di test drive area indoor dan outdoor untuk memberikan pengalaman berkendara bersama EV kompak tersebut.

    (lua/din)

  • Pesen Veloz Hybrid Sekarang Seharga Rp 299 Juta, Dikirim Awal 2026

    Pesen Veloz Hybrid Sekarang Seharga Rp 299 Juta, Dikirim Awal 2026

    Jakarta

    Toyota Veloz Hybrid resmi meluncur di pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Mobil ini dijual mulai Rp 299 juta. Kapan dikirim?

    Veloz Hybrid ini akan menjadi mobil hybrid termurah di keluarga Toyota. Sebelum ada Veloz, model hybrid termurah Toyota adalah Yaris Cross Hybrid. Tapi, harganya tembus Rp 400 jutaan. Meluncurnya Veloz Hybrid di Indonesia menjadi jawaban dari Toyota untuk masyarakat yang menginginkan mobil hybrid yang lebih terjangkau.

    Toyota membuka pemesanan Veloz Hybrid mulai hari ini di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Khusus pemesanan sampai dengan Desember 2025, mobil ini ditawarkan dengan harga spesial mulai dari Rp 299 juta.

    Harga spesial Rp 299 juta berlaku untuk Veloz Hybrid tipe V Grade. Harga itu berlaku khusus pemesanan hingga Desember 2025. Sementara pengiriman ke konsumen akan dilakukan mulai 2026.

    Toyota-Astra Motor (TAM) resmi meluncurkan Toyota Veloz Hybrid di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Veloz Hybrid dijual mulai dari Rp 299 juta. Foto: Andhika Prasetia

    “Delivery mulai tahun 2026, yang pasti kuartal pertama 2026,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), usai peluncuran Veloz Hybrid di booth Toyota dalam pameran GJAW 2025 yang digelar di ICE, BSD City, Tangerang, Jumat (21/11/2025).

    Henry mengungkapkan, Toyota Veloz Hybrid mengusung sistem hybrid yang sama dengan Toyota Yaris Cross Hybrid. Itu artinya, mobil ini menggunakan basis mesin berkode 2NR-VEX dengan kapasitas 1.500 cc. Namun, Toyota belum merilis data spesifikasi lengkap dari Veloz Hybrid ini.

    “Hybrid system-nya itu sama seperti Yaris Cross. Tapi tentu saja ini kan beda modelnya, yang satu seven seater, satu five seater, tentu saja ada adjutsement untuk membuat lebih optimal dalam berkendara atau efisiensi bahan bakar lebih maksimal,” ucap Henry.

    (rgr/din)

  • Cerita Tukang Servis KTP Jalanan, Berawal dari Birokrasi Ruwet
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        21 November 2025

    Cerita Tukang Servis KTP Jalanan, Berawal dari Birokrasi Ruwet Megapolitan 21 November 2025

    Cerita Tukang Servis KTP Jalanan, Berawal dari Birokrasi Ruwet
    Editor
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Syarif (47) menawarkan layanan perbaikan KTP rusak di trotoar Jalan Irigasi Sipon, Cibodas, Kota Tangerang, untuk membantu warga yang menghadapi antrean panjang dan birokrasi yang berbelit.
    “Dulu saya ngalamin sendiri betapa susahnya urus birokrasi. Jadi kalau sekarang bisa bantu orang, ya saya kerjain,” kata Syarif, saat ditemui Kompas.com, Kamis (20/11/2025).
    Dengan meja kecil, peralatan sederhana, dan payung lipat, Syarif memberikan layanan cepat, rapi, dan aman tanpa mengubah data asli KTP.
    “Duduk dulu. Tiga puluh menit jadi,” ujar Syarif.
    Sebelum membuka usaha pada 2019, Syarif bekerja sebagai satpam.
    Ia beralih menjadi
    tukang servis KTP
    karena ingin mencari pekerjaan yang sesuai dengan usia dan kemampuan.
    “Umur sudah agak sedikit tualah ya. Jadi saya pikir, mending buka usaha saja,” katanya.
    Syarif menegaskan bahwa pihaknya tidak mengubah data KTP.
    Ia hanya memperbaiki bagian yang rusak, termasuk foto dan lapisan plastik.
    Keahliannya dipelajari secara otodidak melalui internet dan video tutorial, mulai dari mengekstrak foto dari chip hingga mencetak ulang dan melapisi kartu.
    “Perpindahan dari komputer ke handphone saja, saya belajar tiga hari,” kata Syarif.
    Ia hanya melayani KTP yang chip-nya masih terbaca dan menyarankan warga kembali ke kecamatan bila chip rusak.
    Keamanan data menjadi prioritas, dan semua informasi dihapus dari perangkat setelah proses servis selesai.
    “Banyak sebenarnya data orang yang saya pegang, tapi saya enggak mau pakai. Ini amanah. Saya enggak mau mengkotori usaha saya sendiri,” ujar Syarif.
    Usahanya kini berkembang di beberapa titik Jabodetabek, termasuk Curug dan Pasir Rantu, Jakarta.
    Syarif dapat memperbaiki empat hingga sepuluh KTP setiap hari.
    Ia juga melatih karyawan agar mampu bekerja mandiri.
    Tarif layanan mulai Rp 15.000 untuk pelapis antigores, Rp 70.000 untuk servis foto dan tulisan, hingga Rp 150.000 untuk servis full.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Cerita Penumpang Tak Bisa Pulang dan Terpaksa Bermalam di Stasiun Cikarang
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        21 November 2025

    Cerita Penumpang Tak Bisa Pulang dan Terpaksa Bermalam di Stasiun Cikarang Megapolitan 21 November 2025

    Cerita Penumpang Tak Bisa Pulang dan Terpaksa Bermalam di Stasiun Cikarang
    Editor
    BEKASI, KOMPAS.com
    – Bagi sebagian orang, Stasiun Cikarang bukan sekadar tempat transit, tetapi juga tempat beristirahat sementara ketika malam terlalu larut dan kereta terakhir sudah berangkat.
    Di antara dinginnya angin, sejumlah penumpang terlihat menghabiskan malam di sudut-sudut stasiun, menunggu kereta paling pagi agar bisa kembali melanjutkan perjalanan.
    Kompas.com memantau suasana
    Stasiun Cikarang
    sejak Kamis (20/11/2025) malam hingga Jumat dini hari (21/11/2025).
    Kereta terakhir dari arah Manggarai tiba sekitar pukul 00.40 WIB.
    Namun, meski aktivitas kereta berhenti, ruang tunggu dan area lobi masih tetap penuh oleh penumpang yang memilih bermalam di sana.
    Di ruang tunggu Perjalanan Jarak Jauh (PJJ) di lantai II, masih ada 17 penumpang yang bertahan.
    Ada yang tidur di bangku, di lantai, mengisi baterai ponsel, hingga sekadar duduk menunggu dengan sorot mata lelah.
    Seorang keluarga tampak berkumpul di pojok ruangan sambil menata koper dan tas ransel besar.
    Di lantai I, pemandangan serupa terlihat.
    Beberapa lelaki tidur di dekat tiang beton, ada yang rebahan di teras dengan kantong plastik menutupi badan, bahkan seorang pria tua terlihat tidur menempel dinding.
    Sementara empat pemuda duduk mengobrol di taman depan stasiun. Di area parkir motor, dua orang lain juga tertidur sambil menutup wajah dengan kain.
    Bagi banyak dari mereka, tak pulang malam itu bukan pilihan, melainkan keadaan.
    Eri, seorang warga yang malam itu tidur di luar stasiun, mengaku menginap karena tidak ada ongkos untuk pulang.
    “Mau pulang tapi tidak ada ongkos. Ya saya menunggu di sini dulu. Nanti mau naik KRL paling pagi, yang jam 04.00 WIB. Ke arah Tangerang Selatan,” ujarnya.
    Eri menjelaskan bahwa ini adalah pengalaman pertamanya bermalam di stasiun.
    Ia baru pulang dari menjenguk teman yang terkena musibah, dan transportasi lain terlalu mahal bagi kantongnya.
    “Kebetulan tidak bawa motor. Jadi menunggu saja yang ongkosnya murah. Saya mau duduk di luar stasiun sambil menunggu,” katanya.
    Nasib serupa dialami Adit (50), warga Cikarang yang bekerja di proyek konstruksi di Krenceng, Cilegon, Banten.
    Ia pulang dua kali seminggu untuk menengok keluarga, dan pada Jumat pagi harus kembali bekerja. Agar tidak terlambat, ia memilih menunggu kereta paling pagi.
    “Pokoknya saya usaha berangkat pakai kereta paling pagi dari sini. Ya jam 04.00 WIB. Kalau kesiangan nanti susah dapat keretanya. Apalagi perjalanan saya sangat jauh, ganti-ganti kereta sampai Banten,” ujar Adit.
    “Tadi dari rumah jam 22.30 WIB. Ya saya tunggu di sini saja. Saya isi baterei handphone dulu, nanti kalau diusir sama petugas keamanan, saya keluar,” tambahnya.
    Seorang petugas keamanan Stasiun Cikarang menjelaskan bahwa ruang tunggu lantai II seharusnya digunakan hanya untuk penumpang jarak jauh, lansia, ibu hamil, atau penumpang yang membawa anak.
    Meski begitu, pihaknya tetap melakukan pengecekan dan menertibkan secara berkala.
    “Kami cek dulu untuk memastikan para penumpangnya supaya tertib. Untuk yang menunggu kereta ke arah barat, Jakarta dan lainnya, kami minta untuk tertib menunggu di luar stasiun,” katanya.
    Pada pukul 01.45 WIB, petugas mulai memeriksa satu per satu penumpang yang tidur di ruang tunggu dan meminta beberapa di antaranya pindah keluar.
    Beberapa orang kemudian memilih duduk di taman, di samping stasiun, atau kembali merebahkan badan di parkiran motor.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Rencana Damai dengan Rusia, Ukraina Harus Serahkan Sebagian Wilayah

    Rencana Damai dengan Rusia, Ukraina Harus Serahkan Sebagian Wilayah

    Washington DC

    Draft rencana perdamaian Rusia dan Ukraina yang diusulkan Amerika Serikat (AS) dan didukung Presiden Donald Trump mulai terungkap. Di bawah rencana perdamaian 28 poin itu, Kyiv akan menyerahkan sebagian besar wilayah timurnya kepada Rusia dan memangkas jumlah tentaranya.

    Ukraina, menurut rencana perdamaian itu, juga harus berjanji untuk tidak pernah bergabung aliansi NATO dan tidak akan mendapatkan pasukan penjaga perdamaian Barat yang mereka inginkan, meskipun pesawat-pesawat tempur Eropa akan ditempatkan di Polandia untuk melindungi Ukraina.

    Seorang pejabat AS yang enggan disebut namanya, seperti dilansir AFP, Jumat (21/11/2025), menyebut draft rencana perdamaian itu mencakup jaminan keamanan yang kuat untuk Kyiv, yang dimodelkan berdasarkan aturan NATO, yang akan mengikat AS dan sekutu Eropa untuk merespons setiap serangan terhadap Ukraina.

    Sementara itu, Rusia akan diterima kembali ke kelompok negara-negara G8 dan diberi keringanan sanksi berdasarkan rencana perdamaian tersebut, yang menurut para pejabat AS, masih merupakan “dokumen kerja”.

    Berdasarkan draft rencana perdamaian itu, yang didapatkan oleh AFP, Ukraina akan menarik diri dari wilayah Lugansk dan Donetsk. Kedua wilayah itu, bersama dengan Crimea yang dicaplok Moskow tahun 2014 lalu, “akan diakui secara de-facto sebagai wilayah Rusia, termasuk oleh Amerika Serikat”.

    Sedangkan wilayah Kherson dan Zaporizhzhia, yang sebelumnya dianeksasi secara sepihak oleh Rusia, akan “dibekukan di sepanjang garis kontak”.

    Ukraina juga akan mengurangi jumlah pasukan militernya sedikit kurang dari separuhnya, yakni menjadi 600.000 personel saja. Sebagai imbalan, Kyiv akan mendapatkan “jaminan keamanan yang bisa diandalkan”, dengan jet-jet tempur Eropa akan ditempatkan di negara tetangga, Polandia.

    Menurut rencana perdamaian itu, Ukraina juga harus menggelar pemilu baru dalam waktu 100 hari.

    Kembalinya Rusia ke G8 diatur dalam rencana perdamaian usulan AS tersebut, yang menyebut Moskow akan “diintegrasikan kembali ke dalam ekonomi global”. Sanksi-sanksi akan kembali diberlakukan jika Moskow kembali menginvasi Ukraina.

    Proposal tersebut melibatkan konsesi besar dari Ukraina, yang sebelumnya menolak menyerahkan wilayah apa pun, dan di sisi lain, tampak memenuhi banyak tuntutan maksimalis Rusia setelah invasi tahun 2022 lalu. Seorang pejabat Ukraina menuduh Rusia yang mengusulkan proposal itu kepada AS.

    Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan dirinya berharap dapat membahas rencana perdamaian itu dengan Trump “dalam beberapa hari mendatang”. Zelensky mengatakan kesepakatan apa pun harus menghasilkan “perdamaian yang bermartabat” yang menghormati kedaulatan Kyiv.

    Gedung Putih membantah laporan yang menyebut Washington menyusun proposal itu dengan Moskow. Gedung Putih menegaskan bahwa kedua belah pihak dilibatkan dalam kerja sama menyusun rencana perdamaian itu sebulan terakhir.

    Menurut rencana perdamaian itu, Trump akan memimpin “dewan perdamaian” untuk mengawasi gencatan senjata, serupa dengan gencatan senjata Gaza.

    Tonton juga video “Rusia Serang Apartemen di Ternopil Ukraina, 25 Orang Tewas-70 Luka-Luka”

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

  • Harga Chery J6T Diumumkan, Mulai Rp 525 Jutaan!

    Harga Chery J6T Diumumkan, Mulai Rp 525 Jutaan!

    Jakarta

    PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi mengumumkan harga Chery J6T di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Kendaraan listrik tersebut dibanderol dengan harga mulai Rp 500 jutaan!

    Budi Darnawan selaku Vice Country Director PT CSI berharap, Chery J6T bisa menjadi pilihan baru untuk konsumen yang menyukai kendaraan off road dengan mesin ramah lingkungan.

    “Setelah menunggu 2 minggu, kami akhirnya mengumumkan harga J6T dan sudah bisa dipesan di GJAW 2025,” kata Budi Darmawan saat peluncuran produk di ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/11).

    Chery J6T mengusung desain cube box, seperti versi regular yang telah meluncur lebih dulu. Bukan hanya di area muka, tampilan mengotak juga terlihat di sekujur tubuhnya, termasuk area tengah hingga ke belakang.

    Kendaraan tersebut menggunakan rangka full alumunium yang diklaim antikorosi selama 30 tahun. Rangka itu juga membuat bobot mobil berkurang 30 persen. Sementara ground clearance-nya 255 mm dengan water wading depth hingga 625 mm.

    Untuk performa, J6T tetap memanfaatkan motor listrik 93,8 hp dan torsi 165 Nm pada sisi depan, sementara roda belakang ditenagai 181 hp dan 220 Nm.

    Sistem itu kemudian berpadu dengan baterai berkapasitas 65,69 kWh maupun 69,77 kWh yang sudah mengantongi sertifikat IP 68.

    Baterai dapat diisi dalam waktu 25 menit dari 30 persen hingga 80 persen, sedangkan daya jelajah untuk RWD mampu tempuh 441 km dan IWD diklaim sampai 436 km.

    Chery J6T tersedia dalam dua varian berbeda, yakni RWD seharga Rp 525 jutaan dan iWD yang Rp 60 jutaan lebih mahal. Seluruhnya berstatus on the road Jakarta.

    (din/din)

  • Hotel Darurat Stasiun Cikarang: Tidur "Ngemper" dan Dihantui Rasa Was-was
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        21 November 2025

    Hotel Darurat Stasiun Cikarang: Tidur "Ngemper" dan Dihantui Rasa Was-was Megapolitan 21 November 2025

    Hotel Darurat Stasiun Cikarang: Tidur “Ngemper” dan Dihantui Rasa Was-was
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com
    – Stasiun Cikarang, Bekasi, berubah menjadi hotel dadakan di malam hari. Sejumlah warga terlihat terlelap di dinginnya lantai stasiun itu.
    Mereka yang memutuskan bermalam di
    Stasiun Cikarang
    biasanya menunggu kereta paling pagi untuk berangkat kerja.
    Ada pula yang memutuskan beristirahat di “hotel darurat” itu karena kehabisan kereta malam.
    Pengamatan
    Kompas.com
     pada Jumat (21/11/2025) sekitar pukul 01.00 WIB, ada 17 orang yang sedang berada di ruang tunggu kereta perjalanan jarak jauh yang berada di lantai II stasiun.
    Terlihat beberapa warga sedang tidur dalam posisi duduk di kursi tunggu. Ada pula satu orang tidur ngemper atau berbaring tanpa alas di lantai tepat di belakang deretan kursi stasiun.
    Beberapa orang juga terlihat duduk melingkar dekat titik pengisian baterai handphone (
    charging station
    ) karena sedang menunggu smartphone masing-masing mengisi daya.
    Dua keluarga yang membawa anak mereka tampak membereskan letak koper dan ransel agar bisa ditempatkan rapi dekat kursi tunggu.
    Di antara belasan orang itu, ada Adit (50), warga Cikarang yang berniat pergi ke Banten untuk berangkat kerja pada Jumat pagi.
    Sambil menunggui handphone-nya mengisi daya, Adit menceritakan pengalamannya menginap di Stasiun Cikarang.
    “Saya dua kali ini bermalam di sini. Nunggu kereta paling pagi buat berangkat ke Banten. Memang harus ambil kereta paling pagi, supaya tidak kesiangan sampai di tempat kerja,” ujar Adit yang merupakan pekerja proyek di Krenceng, Cilegon, Banten itu saat disapa Kompas.com.
    Adit baru sebulan bekerja di Banten. Seminggu dua kali dia pulang ke Cikarang untuk menjenguk keluarga.
    Pada Kamis malam sekitar pukul 22.30 WIB, Adit berangkat dari rumahnya untuk menunggu kereta di Stasiun Cikarang.
    Menurutnya, perjalan ke Krenceng membutuhkan waktu lebih dari lima jam. Adit memperkirakan bisa tiba di Krenceng sekitar pukul 10.00 WIB.
    “Jadi dari Cikarang ini, saya naik KRL jurusan ke Angke. Lalu nanti dari Angke naik lagi jurusan ke Rangkasbitung. Dari situ naik ke jurusan Merak. Nah saya turunnya di Krenceng,” kata Adit.
    Sebenarnya, Adit punya pilihan untuk naik bus umum. Namun, biaya yang dihabiskan jauh lebih mahal untuk sekali jalan.
    Selain itu ada risiko ketinggalan bus dan macet di jalan yang memakan waktu.
    Sementara perjalanan naik KRL ke Krenceng tidak sampai menghabiskan Rp 20.000 untuk sekali jalan.
    “Jadi walau harus berganti-ganti kereta, dan nginep di stasiun ya saya jalani saja. Lebih praktis. Saat perjalanan saya bisa tidur di kereta. Bentuk sampai lokasi kerja nanti sudah segar,” ucap Adit.
    Ia mengaku tidak ada persiapan khusus untuk menginap di stasiun. Hanya jaket dan perlengkapan toilet yang dibawahnya.
    Sementara untuk obat-obatan Adit mengaku bisa membeli di perjalanan.
    Sambil bergurau, Adit menyebut persiapan utama untuk menginap di Stasiun Cikarang adalah mental dan keberanian.
    “Memang tantangannya dingin sih. Tapi kan pakai jaket. Tapi yang utama itu mental, kalau ada petugas yang judes, kalau ada preman atau orang jahat, biar kita sabar menghadapi,” kata dia.
    Selama dua kali menginap di Stasiun Cikarang, Adit mengaku tidak pernah sekalipun tidur.
    Ketika pertama kali dia menginap di sana, Adit diusir oleh petugas stasiun setelah mendekati pukul 01.00 WIB.
    “Waktu itu kan saya nge-charge baterai handphone. Baru dapat sedikit, petugas meminta saya dan warga lain keluar stasiun. Katanya memang di area dalam tidak boleh untuk menginap,” ujar Adit.
    Saat itu, Adit langsung menuju ke lantai I stasiun di bagian pintu masuk. Di sana ia beristirahat sambil menunggu kereta pertama jurusan Cikarang-Angke.
    Adit mengaku tidak memejamkan mata saat beristirahat di lantai I. Sebab, dia takut ada orang tak dikenal yang berbuat jahat.
    “Saya kan sering ketinggalan kereta ya. Ya di Rangkasbitung, di Manggarai juga pernah. Kalau di Rangkasbitung cenderung aman, petugasnya ramah. Pas di Manggarai wah itu ngeri, banyak preman saat nunggu di luar stasiun. Di Cikarang ini sepi, jadi saya waspada juga,” ujar dia.
    Adit juga menyesalkan tindakan petugas yang meminta para warga untuk keluar lokasi stasiun.
    Menurutnya, warga bisa diatur untuk beristirahat dan menunggu di dalam stasiun asalkan diberi arahan untuk menjaga ketertiban.
    Selama dua kali menginap di Stasiun Cikarang banyak warga yang memang menunggu kereta pagi dengan menginap.
    “Lalu juga ada yang mau ngejar kereta pagi yang jarak jauh ke Jawa Barat, ke Jawa Tengah. Baiknya kan diatur saja supaya bisa istirahat di dalam. Setidaknya lebih aman buat kami,” ucap Adit.
    “Diatur saja, dicek warga mau pergi ke mana. Baru kalau ada warga yang tidak bertujuan bepergian naik kereta ya itu yang tidak boleh,” lanjut dia.
    Adit menyambut baik rencana pemerintah menyediakan tempat beristirahat di dekat stasiun kereta.
    Rencana itu bagus jika diterapkan. Setidaknya akan memberikan kemudahan untuk warga pejuang kereta seperti dirinya.
    Menjelang pukul 02.00 WIB, petugas di mulai melakukan penyisiran di area lantai II Stasiun Cikarang.
    Ruang tunggu perjalanan kereta jarak jauh tak luput dari penyisiran petugas.
    Petugas membangunkan orang yang tertidur dan menanyai tujuan mereka akan pergi ke mana.
    Petugas lainnya memberitahukan kepada warga yang sedang mengisi baterai handphone untuk segera meninggalkan ruang tunggu.
    Mustafa (59), salah seorang warga mengatakan, petugas memberitahu bahwa penumpang bisa kembali ke lantai II saat menjelang jam keberangkatan KRL maupun kereta pagi.
    “Diminta keluar dulu. Nanti jam 04.00 WIB baru boleh ke sini lagi,” ujar Mustafa.
    Mustafa sendiri mengaku kehabisan kereta dari Cikarang yang menuju Jakarta pada Kamis (20/11/2025).
    Ia baru saja datang dari Bandung untuk menjenguk rekannya di Cikarang yang sedang sakit. Setelah selesai, ia langsung menuju ke Stasiun Cikarang pada Kamis malam.
    Namun, ternyata KRL menuju Jakarta sudah habis.
    “Jadi ya terpaksa saya menunggu di sini. Susah juga untuk lansia seusia saya. Dinginnya itu lho. Kami sekarang diminta keluar dari stasiun. Saya mau duduk-duduk saja dekat sini nanti. Takut dingin,” kata Mustofa.
    Mustofa juga menyesalkan sikap petugas yang meminta warga keluar stasiun. Sebab, ada beragam kondisi warga saat bepergian.
    Misalnya yang darurat mengalami kehabisan kereta seperti dirinya. Ia menyarankan agar di dalam stasiun diberikan tempat untuk menunggu khusus bagi warga.
    Mustofa mencontohkan di Stasiun Senen dan Stasiun Yogyakarta yang mana warga bisa menunggu kedatangan kereta di area dalam stasiun.
    “Kalau di luar itu rawan kan. Kami yang sudah lansia ini tentu was-was jika berada di luar,” kata dia.
    Mustofa mendukung jika pemerintah ingin membangun penginapan darurat di dekat stasiun.
    Namun, dia menilai ruang tunggu yang layak untuk warga lebih mendesak untuk diadakan.
    “Karena lebih baik kita menunggu di dekat tempat keretanya. Kalau istirahat di luar nanti takut kesiangan juga, ketinggalan kereta,” ujar dia.
    Lain lagi cerita Feisal (21), warga Serang yang terpaksa bermalam di Stasiun Cikarang pada Kamis hingga Jumat.
    Feisal bercerita, iya baru saja kena tipu salah satu perusahaan yang menjanjikannya wawancara kerja di Cikarang.
    Padahal, pada Kamis siang, ia sudah jauh-jauh berangkat Serang menuju Cikarang berharap bisa menjalani interview untuk posisi operator produksi pabrik.
    “Saya berangkat dari Serang ke Rangkasbitung, dari sana ke Tanah Abang, lalu ke Cikarang. Semua nyambung baik kereta. Sampai di sini, saya baru sadar saya kena tipu,” kata Feisal.
    “Tahunya pas sampai sini, saya hubungi kontak penghubung untuk wawancara, kok tidak dibalas-balas. Ternyata nomor saya sudah diblock. Gagal wawancara, saya bingung di sini tidak ada kenalan. Jadi saya terpaksa menginap (di Stasiun Cikarang),” sambung dia.
    Feisal sendiri tiba di Cikarang sekitar pukul 18.30 WIB. Ia baru tersadar terkena modus penipuan pada pukul 20.00 WIB.
    Karena masih terkejut dengan apa yang dialaminya, Feisal mengaku sempat berdiam diri lama di Stasiun Cikarang.
    “Sejujurnya saya shock juga. Masih kepikiran. Akhirnya jadi tertinggal kereta terakhir ke Rangkas, takutnya engga ada kereta lagi kalau tetap berangkat dari sini. Jadinya ya saya menginap saja. Besok pagi-pagi pulang naik kereta pagi,” kata Feisal.
    Beruntung, Feisal bertemu Raka (19) dan Sarif (19) yang kehabisan kereta untuk pulang ke Cikampek.
    Mereka akhirnya saling berkenalan dan mengisi waktu dengan mengobrol dan makan bersama.
    Raka dan Sarif menceritakan, mereka baru saja selesai pelatihan di Manggarai, Jakarta, untuk keperluan persiapan progam magang ke Jepang.
    Keduanya biasa naik kereta lokal jurusan Cikarang-Cikampek jika pulang dari pelatihan.
    “Tapi tadi kita kemalaman Kak pulangnya. Habis tiketnya waktu sampai sini. Keretanya paling malam ke Cikampek jam 19.20 WIB. Kami sampai sini jam 19.30 WIB,” kata Raka.
    Mereka bilang baru pertama kali menginap di Stasiun Cikarang dan tidak bisa tidur.
    Sebab tidak ada persiapan dan bekal untuk menginap. Namun, keduanya sudah lapor ke orangtua masing-masing.
    “Nanti aja kak tidurnya di rumah. Kita nunggu kereta jam 06.00 WIB Cikampek,” kata Sarif.
    “Tadi kita pikir bisa tidur di dalam stasiun ternyata tidak boleh. Yasudah kita bareng-bareng saja ngobrol di taman,” lanjut dia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.