provinsi: BANTEN

  • BYD Punya Teknologi Ngecas Cepat, Colok 5 Menit Tambah Jarak 400 Km

    BYD Punya Teknologi Ngecas Cepat, Colok 5 Menit Tambah Jarak 400 Km

    Tangerang

    BYD mengenalkan sistem teknologi canggih untuk memangkas kekhawatiran pengguna mobil listrik terkait dengan waktu pengisian baterai dan jarak tempuh. BYD kini punya teknologi pengisian super cepat.

    Head of Product PT BYD Motor Indonesia Bobby Bharata mengatakan BYD memperkenalkan sebuah inovasi baru yaitu pengisian daya listrik super cepat bernama BYD Megawatt Charging. Teknologi itu lahir berkat adanya platform baru yang dikembangkan BYD.

    “Pada tahun ini BYD resmi meluncurkan Super e-Platform. Ini adalah platform new energy vehicle (NEV) terbaik di dunia yang memaksimalkan potensi teknologi elektrifikasi ini membawa perspektif baru terhadap kendaraan NEV, bukan hanya sekedar pengganti kendaraan berbahan bakar konvensional, namun era baru terhadap lompatan teknologi kendaraan listrik,” kata Bobby di GJAW 2025 di ICE, BSD City Tangerang.

    Menurut Bobby, teknologi Super e-Platform itu menawarkan arsitektur kendaraan bertegangan tinggi. Bahkan, bisa mencapai 1.000 volt. Platform tersebut juga memungkinkan mobil BYD memiliki pengisian daya super cepat hingga 1 megawatt alias 1.000 kW.

    “Teknologi ini memungkinkan pengisian daya dalam waktu 5 menit yang mampu menempuh jarak hingga 400 kilometer. Tentunya, hal ini dapat menjadi jawaban atas charging anxiety,” sebut Bobby.

    Tak cuma itu, mobil BYD juga disematkan motor listrik dengan putaran hingga 30 ribu RPM. Alhasil, mobil listrik BYD bisa ngebut hingga 300 km/jam.

    “Dengan penggabungan tiga komponen penting, arsitektur bertegangan tinggi, teknologi baterai yang mumpuni, serta perangkat pengisian daya megawatt, BYD telah mewujudkan impian pengisian kendaraan listrik super cepat,” kata Bobby.

    (rgr/dry)

  • Fenomena Gelombang Relokasi Pabrik, Kejar Upah Murah?

    Fenomena Gelombang Relokasi Pabrik, Kejar Upah Murah?

    Bisnis.com, JAKARTA – Sejumlah industri alas kaki hingga garmen disebut ramai-ramai merelokasi pabriknya ke kawasan Jawa Tengah. Gelombang relokasi pabrik ini diduga lantaran perusahaan mencari daerah dengan upah minimum yang lebih rendah.

    Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Nusantara (KSPN) Ristadi menyampaikan bahwa relokasi ini cenderung dilakukan oleh perusahaan yang mengerjakan produk jenama internasional dan berorientasi ekspor.

    “Pasti pengusaha ini akan mencari upah atau labor cost-nya yang lebih kompetitif, lebih rendah. Dari dulu memang begitu,” kata Ristadi kepada Bisnis, Jumat (21/11/2025).

    Dia memaparkan, kawasan Jawa Tengah (Jateng) banyak dipilih oleh perusahaan mengingat upah minimum yang relatif rendah yakni pada kisaran Rp2 juta, kecuali di kawasan pusat seperti Semarang Raya.

    Tak hanya di Jawa Tengah, Ristadi memaparkan bahwa sejumlah wilayah di Jawa Barat juga tak luput dari pertimbangan pengusaha untuk memindahkan lokasi pabriknya.

    Wilayah tersebut antara lain kawasan Rebana yang mencakup Majalengka, Cirebon, Indramayu, hingga Kuningan. Terdapat pula kawasan lain di sisi selatan Jawa Barat seperti Garut, Tasikmalaya, hingga Pangandaran yang memiliki upah minimum relatif rendah.

    Namun demikian, Ristadi menggarisbawahi bahwa tidak mudah untuk mencari tenaga kerja terampil di kawasan dengan upah minimum rendah itu. Hal ini berkaitan dengan produktivitas pabrik yang berpotensi lebih rendah dibandingkan yang dihasilkan oleh buruh di lokasi sebelumnya.

    “Dari beberapa kali kami hearing dengan teman-teman pengusaha, itu produktivitasnya [di lokasi pabrik baru] tidak sebagus pekerja di daerah yang upahnya sudah tinggi,” ungkapnya.

    Ristadi lantas berujar bahwa keberlanjutan relokasi pabrik ini bergantung aspek modal masing-masing perusahaan. Menurutnya, keputusan bisnis ini lebih mungkin dilakukan oleh perusahaan dengan modal lebih kuat, dalam hal ini yang telah berorientasi ekspor.

    Dalam kesempatan terpisah, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) juga mengungkapkan sejumlah pabrik sepatu jenama internasional meninggalkan kawasan Tangerang, Banten untuk berpindah ke wilayah dengan upah pekerja yang lebih rendah.

    Sejumlah karyawan tengah memproduksi pakaian jadi di salah satu pabrik produsen dan eksportir garmen di Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/1/2022). / Bisnis – Rachman

    Presiden KSPI Said Iqbal mencontohkan sejumlah pabrik seperti PT Tah Sung Hung yang memproduksi sepatu jenama Adidas berpindah ke Cirebon, serta PT Long Rich yang hengkang ke kawasan yang sama.

    “Jadi mulai dari Cirebon, Brebes, Batang, Pekalongan, nah itu mainnya di situ. Karena kan ini daerah-daerah yang pemerintah daerahnya sudah membuat kawasan industri,” kata Said saat ditemui di kawasan Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2025).

    Dia lantas menanggapi kabar pemutusan hubungan kerja (PHK) di produsen sepatu jenama Nike, yakni PT Victory Chingluh yang juga berlokasi di Tangerang.

    Menurutnya, Victory Chingluh juga akan melakukan strategi yang sama sehingga berdampak terdapat pengurangan karyawannya.

    Kendati demikian, Said memandang bahwa tak semua pabrik alas kaki di Tangerang akan bedol desa, mengingat kebutuhan yang masih tinggi dari sisi penjagaan kualitas produk.

    “Kebanyakan mereka ada pekerjaan-pekerjaan tangan seperti menjahit akhir, finishing sehingga di Tangerang itu tetap dipertahankan. Andai terjadi kerusakan yang tidak sesuai dengan standar, produsen di Tangerang ini yang tetap melakukan ekspor,” paparnya.

    Upah buruh yang tinggi hingga pungutan liar oleh organisasi masyarakat (ormas) ditengarai menjadi penyebab gelombang relokasi pabrik alas kaki dan garmen ke daerah lain. Salah satu daerah yang kini disasar banyak investor ialah Jawa Tengah.

    Upah dan Pungli Ormas

    Ekonom Center of Economic and Law Studies (Celios) Nailul Huda menilai upah buruh yang tinggi hingga pungutan liar (pungli) oleh organisasi masyarakat (ormas) ditengarai menjadi penyebab gelombang relokasi pabrik alas kaki dan garmen ke daerah lain. Menurutnya, kedua faktor tersebut berpengaruh besar terhadap biaya operasional perusahaan.

    “Biaya hidup yang semakin tinggi, maka akan membuat upah minimum juga semakin tinggi,” kata Huda saat dihubungi Bisnis, Jumat (21/11/2025).

    Menurutnya, permasalahan upah memerlukan jalan keluar berupa formulasi baku untuk menentukan pertumbuhan upah minimum sekaligus menekan biaya hidup buruh.

    Namun demikian, pungli oleh ormas hanya membuat biaya operasional perusahaan membengkak, sehingga berpotensi memicu gelombang relokasi lanjutan apabila terus terjadi.

    Terkait dampak perekonomian relokasi pabrik, Huda menyebut bahwa daerah yang ditinggalkan pasti akan mengalami perlambatan atau penurunan karena berpindahnya sumber perputaran ekonomi.

    Dia menyoroti meningkatnya potensi pelambatan konsumsi apabila terjadi pemutusan hubungan kerja (PHK) di daerah asal pabrik, terutama pada pelaku UMKM yang bergantung kepada kegiatan ekonomi di sekitar pabrik.

    Sebaliknya, di daerah tujuan baru pabrik, masuknya tenaga kerja dinilai bisa memacu pertumbuhan ekonomi setempat.

    “Jadi, secara nasional, sebenarnya tidak akan mengalami konsekuensi negatif. Namun, bagi daerah yang ditinggalkan akan terasa,” pungkas Huda.

  • ​4 Fakta Terbaru Pesawat Jatuh di Karawang, Mesin Loss Power di Ketinggian 5.500 Kaki

    ​4 Fakta Terbaru Pesawat Jatuh di Karawang, Mesin Loss Power di Ketinggian 5.500 Kaki

    Jakarta: Pesawat jenis GA28 AIRPLANE milik PT Wise Air terjatuh di area persawahan di Kampung Ceplik, Desa Kertawaluya, Kecamatan Tirtamulya, Karawang, Jawa Barat pada Jumat, 21 November 2025.

    “Pesawat itu terbang dari Tangerang menuju Cirebon, membawa lima orang awak. Dari informasi sementara, seluruh awak pesawat dinyatakan selamat,” kata Kasi Humas Polres Karawang, Ipda Cep Wildan dikutip dari Antara, Sabtu 22 November 2025.

    Berikut ini fakta-fakta terbaru pesawat jatuh di Karawang:
    1. Dipiloti Kapten Eko Agus Nugroho.

    Pesawat yang “nyungsep” ke areal sawah di wilayah Karawang, Jumat sore, setelah sempat terbang rendah dan berputar-putar hingga akhirnya terjatuh itu dipiloti oleh Kapten Eko Agus Nugroho, warga Perum Telaga Bestari, Kelurahan Wanakerta Kecamatan Sindangjaya, Kabupaten Tangerang.
    2. Identitas Penumpang

    Sedangkan empat penumpang lainnya ialah Rizky Dwi Andrea dan Nur Andi Lesmana. Keduanya merupakan teknisi yang merupakan warga Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang.

    Dua penumpang lain adalah kru pesawat, Wilmar Eko Baryano dan Ibnu Barkah Romadoni. Masing-masing merupakan warga Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo dan warga Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.
     

     

    3. Pesawat Loss Power di Ketinggian 5.500 Kaki

    Kapten Eko Agus Nugroho menduga mesin pesawat terganggu sehingga tak bertenaga (loss power) lalu jatuh di areal persawahan Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

    “Saat pesawat sudah mencapai ketinggian 5.500 kaki, secara tiba-tiba mesin pesawat seperti tidak bertenaga, ‘loss power’,” katanya.

    Setelah itu, lanjutnya, pesawat turun dengan sangat cepat, dari ketinggian 5.500 kaki turun ke ketinggian 500 kaki.

    Oleh karena itu, pihaknya memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat di areal persawahan, guna meminimalisasi risiko kecelakaan.
    4. Pesawat Belum Dievakuasi
    Bupati Karawang Aep Syaepuloh, menjelaskan pesawat yang jatuh saat ini masih berada di areal sawah sambil menunggu penanganan dan pemeriksaan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

    Jakarta: Pesawat jenis GA28 AIRPLANE milik PT Wise Air terjatuh di area persawahan di Kampung Ceplik, Desa Kertawaluya, Kecamatan Tirtamulya, Karawang, Jawa Barat pada Jumat, 21 November 2025.
     
    “Pesawat itu terbang dari Tangerang menuju Cirebon, membawa lima orang awak. Dari informasi sementara, seluruh awak pesawat dinyatakan selamat,” kata Kasi Humas Polres Karawang, Ipda Cep Wildan dikutip dari Antara, Sabtu 22 November 2025.
     
    Berikut ini fakta-fakta terbaru pesawat jatuh di Karawang:
    1. Dipiloti Kapten Eko Agus Nugroho.

    Pesawat yang “nyungsep” ke areal sawah di wilayah Karawang, Jumat sore, setelah sempat terbang rendah dan berputar-putar hingga akhirnya terjatuh itu dipiloti oleh Kapten Eko Agus Nugroho, warga Perum Telaga Bestari, Kelurahan Wanakerta Kecamatan Sindangjaya, Kabupaten Tangerang.
    2. Identitas Penumpang

    Sedangkan empat penumpang lainnya ialah Rizky Dwi Andrea dan Nur Andi Lesmana. Keduanya merupakan teknisi yang merupakan warga Kecamatan Legok, Kabupaten Tangerang.

    Dua penumpang lain adalah kru pesawat, Wilmar Eko Baryano dan Ibnu Barkah Romadoni. Masing-masing merupakan warga Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo dan warga Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung.
     

     

    3. Pesawat Loss Power di Ketinggian 5.500 Kaki

    Kapten Eko Agus Nugroho menduga mesin pesawat terganggu sehingga tak bertenaga (loss power) lalu jatuh di areal persawahan Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 
     
    “Saat pesawat sudah mencapai ketinggian 5.500 kaki, secara tiba-tiba mesin pesawat seperti tidak bertenaga, ‘loss power’,” katanya.
     
    Setelah itu, lanjutnya, pesawat turun dengan sangat cepat, dari ketinggian 5.500 kaki turun ke ketinggian 500 kaki.
     
    Oleh karena itu, pihaknya memutuskan untuk melakukan pendaratan darurat di areal persawahan, guna meminimalisasi risiko kecelakaan.
    4. Pesawat Belum Dievakuasi
    Bupati Karawang Aep Syaepuloh, menjelaskan pesawat yang jatuh saat ini masih berada di areal sawah sambil menunggu penanganan dan pemeriksaan dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).
     

     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di

    Google News


    Viral! 18 Kampus ternama memberikan beasiswa full sampai lulus untuk S1 dan S2 di Beasiswa OSC. Info lebih lengkap klik : osc.medcom.id

    (RUL)

  • Perkuat Layanan Asuransi Jiwa, BRI Life Buka Kantor Layanan di BSD Serpong

    Perkuat Layanan Asuransi Jiwa, BRI Life Buka Kantor Layanan di BSD Serpong

    TANGERANG SELATAN – Perusahaan asuransi jiwa BRI Life terus memperluas jaringan dan meningkatkan kualitas layanan kepada masyarakat. Upaya ini diwujudkan melalui peresmian Kantor Layanan BRI Life BSD Serpong yang berlokasi di Komplek Ruko Bidex BSD City Blok F9, Jl. Pahlawan Seribu, Kelurahan Lengkong Gudang, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan.

    Pembukaan kantor layanan baru ini dihadiri oleh jajaran manajemen, antara lain Direktur Utama Aris Hartanto, Direktur Pemasaran Sutadi, Direktur Operasional Andrew Bain, serta Komisaris Utama Muhammad Syafri Rozi. Hadir pula perwakilan Bank BRI, di antaranya RCEO BRI Region 8 Muhammad Suratin dan RCA BRI Region 8 Jakarta 3 Agus Firmansyah.

    Perkuat Akses Nasabah  

    Dalam sambutannya, Direktur Utama BRI Life Aris Hartanto menjelaskan bahwa kehadiran Kantor Layanan BSD merupakan bagian dari strategi perusahaan memperluas jangkauan dan meningkatkan standar layanan kepada nasabah di kawasan BSD, Tangerang Selatan, dan wilayah sekitarnya.

    “Pembukaan kantor ini tidak hanya memperluas jangkauan layanan, tetapi juga meningkatkan kemudahan bagi nasabah untuk berkonsultasi langsung maupun melalui WhatsApp dan telepon dengan customer service atau agen,” ujar Aris.

    Ia menegaskan bahwa perusahaan terus berkomitmen menghadirkan layanan yang cepat, personal, dan humanis guna memenuhi kebutuhan perlindungan finansial masyarakat.

    “Semua kemudahan tersebut adalah wujud komitmen kami untuk selalu mendengarkan dan memahami kebutuhan pelanggan sehingga mampu memberikan peace of mind kepada nasabah,” tambahnya.

    Melayani Masyarakat Lebih Dekat

    Hingga saat ini, BRI Life telah memiliki 27 Kantor Layanan yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Seluruh kantor ini didukung oleh lebih dari 2.000 agen asuransi yang siap memberikan layanan yang cepat, tepat, dan berkualitas, sekaligus meningkatkan literasi keuangan masyarakat.

    Aris menilai, BSD merupakan wilayah dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat, memiliki ekosistem bisnis yang kuat, dan menjadi salah satu pusat perkembangan sektor usaha di Tangerang Selatan. Hal ini menjadikan pembukaan Kantor Layanan BSD sebagai langkah strategis dan tepat sasaran.

    Wilayah BSD juga memiliki basis nasabah asuransi yang besar sekaligus memperkuat sinergi BRI Life dengan kantor wilayah BRI Region 8.

    Perkuat Target Perusahaan di 2025

    Aris menjelaskan bahwa peresmian Kantor Layanan BSD melengkapi pembukaan kantor layanan sebelumnya di Padang pada Oktober 2025. Keberadaan kantor-kantor baru ini diharapkan mendorong pencapaian target BRI Life sebagai perusahaan asuransi jiwa dan kesehatan terkemuka di Indonesia.

    “BRI Life terus berupaya memenuhi kebutuhan nasabah melalui produk perlindungan asuransi jiwa dan keamanan finansial terbaik. Kami juga fokus mengembangkan profesionalisme agen agar nasabah maupun calon nasabah dapat terbantu dalam merancang strategi keuangan masa depan,” tutup Aris.

  • Kisaran Harga Toyota Veloz Hybrid dari yang Termurah sampai Termahal

    Kisaran Harga Toyota Veloz Hybrid dari yang Termurah sampai Termahal

    Jakarta

    Toyota Veloz Hybrid resmi meluncur sebagai mobil hybrid termurah Toyota. Mobil ini diluncurkan dengan harga spesial Rp 299 juta. Segini kisaran harga terendah dan termahal Veloz Hybrid.

    Secara strategi harga, Toyota Veloz Hybrid diposisikan di bawah Toyota Yaris Cross Hybrid yang harganya tembus Rp 400 juta. Sebelum ada Veloz Hybrid, mobil hybrid paling terjangkau Toyota adalah Yaris Cross Hybrid 1.5 S HV CVT TSS yang harganya tembus Rp 437,2 juta.

    Kini, dengan meluncurnya Veloz Hybrid, Toyota berharap lebih banyak masyarakat yang bisa menjangkau kendaraan ramah lingkungan itu.

    Menurut Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Henry Tanoto, mobil ini masih dijual di bawah Rp 400 juta. Veloz Hybrid akan ditawarkan dalam 4 tipe.

    “Ada 4 model. Yang paling tinggi sekali itu Rp 390 juta, itu range-nya ya,” kata Henry usai peluncuran Veloz Hybrid di booth Toyota dalam pameran GJAW 2025 yang digelar di ICE, BSD City, Tangerang, Jumat (21/11/2025).

    Harga spesial Rp 299 juta berlaku untuk Veloz Hybrid tipe V Grade. Harga itu berlaku khusus pemesanan hingga Desember 2025. Sementara pengiriman ke konsumen akan dilakukan mulai 2026.

    “Delivery mulai tahun 2026, yang pasti kuartal pertama 2026,” ujar Henry.

    Henry mengungkapkan, Toyota Veloz Hybrid mengusung sistem hybrid yang sama dengan Toyota Yaris Cross Hybrid. Itu artinya, mobil ini menggunakan basis mesin berkode 2NR-VEX dengan kapasitas 1.500 cc. Namun, Toyota belum merilis data spesifikasi lengkap dari Veloz Hybrid ini.

    “Hybrid system-nya itu sama seperti Yaris Cross. Tapi tentu saja ini kan beda modelnya, yang satu seven seater, satu five seater, tentu saja ada adjustment untuk membuat lebih optimal dalam berkendara atau efisiensi bahan bakar lebih maksimal,” ucap Henry.

    (rgr/dry)

  • BAIC BJ30 Hybrid FWD Meluncur, Harga Rp 499 Juta!

    BAIC BJ30 Hybrid FWD Meluncur, Harga Rp 499 Juta!

    Jakarta

    BAIC Indonesia resmi meluncurkan BAIC BJ30 Hybrid FWD di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025. Kendaraan tersebut dibanderol lebih murah dibandingkan versi AWD yang telah dijual lebih dulu.

    Dhani Yahya selaku Chief Operating Officer (COO) BAIC Indonesia mengatakan, BAIC BJ30 Hybrid FWD diharapkan mampu memperluas pilihan konsumen yang ingin memiliki SUV hibrida yang modern dan efisien.

    “Dengan debut BJ30 Hybrid FWD, kami memperluas pilihan bagi konsumen yang menginginkan SUV hybrid modern dan efisien, sekaligus semakin memperkuat posisi BAIC di segmen SUV hybrid medium di Indonesia.” Kata Dhani Yahya di ICE BSD, Tangerang, Jumat (21/11).

    Meski harganya lebih terjangkau dari versi AWD, namun pabrikan tidak mengurangi sedikitpun fitur keamanan, kenyamanan dan performa kendaraan tersebut. Varian itu menjadi alternatif menarik bagi pengguna urban maupun keluarga modern yang membutuhkan kendaraan ekonomis, multifungsi dan nyaman untuk harian.

    BJ30 Hybrid FWD tetap menggunakan mesin Smart Magic Core Hybrid dengan Dedicated Hybrid Transmission yang dirancang untuk kendaraan hibrida. Sistem tersebut diklaim mampu memberikan akselerasi responsif, torsi besar dan daya jelajah hingga 1.000 km dengan sekali pengisian bensin dan dalam kondisi baterai penuh.

    Dari sisi keamanan, BJ30 Hybrid FWD juga dilengkapi 12 jenis Adaptive Driver Assistance System (ADAS) dengan dukungan kamera dan radar yang memantau kondisi sekitar dalam 360 derajat dengan jangkauan hingga 200 meter.

    Di GJAW 2025, BAIC BJ30 Hybrid FWD hanya dibanderol Rp 499 jutaan dari harga asli Rp 529 jutaan. Nominal tersebut Rp 76 jutaan lebih murah dibandingkan versi AWD. Menarik sekali, bukan?

    (sfn/dry)

  • Pengembang pastikan Tol Jakarta-Tangerang KM25 selesai akhir 2025

    Pengembang pastikan Tol Jakarta-Tangerang KM25 selesai akhir 2025

    hingga kini telah mencapai progres 95 persen dan ditargetkan selesai secara fisik pada akhir 2025

    Tangerang (ANTARA) – Pengembang properti pelaksana proyek pembangunan tol langsung Jakarta-Tangerang KM 25 memastikan pengerjaan jalan tol yang menjadi akses ke wilayah Curug dan Bitung itu selesai pada akhir tahun 2025 meski sempat mengalami kendala kelangkaan pasokan material dari wilayah Parung Bogor, Jawa Barat.

    “Kita sudah antisipasi kebutuhan material dari Cilegon setelah sebelumnya menghadapi kelangkaan pasokan material dari wilayah Parung Bogor. Sebab kelangkaan material ini juga berdampak pada berbagai sektor industri, bukan hanya kami saja,” kata Direktur Paramount Land, Norman Daulay di Tangerang, Banten, Sabtu.

    Ia menuturkan setelah adanya informasi penghentian distribusi material, pihaknya bergerak cepat dengan melakukan pengadaan material dari daerah lain yakni Cilegon di Banten secara bertahap.

    “Langkah ini dilakukan untuk memastikan proyek seperti jalan boulevard, infrastruktur kawasan, hingga pembangunan properti, berjalan sesuai rencana,” katanya.

    Sementara itu proyek strategis pembangunan akses tol langsung Jakarta-Tangerang KM 25 hingga kini telah mencapai progres 95 persen dan ditargetkan selesai secara fisik pada akhir 2025.

    Tahap selanjutnya, proyek akan memasuki pengajuan Uji Laik Fungsi (ULF) dan Uji Laik Operasi (ULO) meliputi pemeriksaan fisik, manajemen dan rekayasa lalu lintas, hingga aspek teknis dan non teknis lainnya, untuk memastikan akses tol memenuhi standar dan aman untuk beroperasi.

    “Tahap ini diperkirakan berjalan selama kuartal satu 2026 dan akan dilanjutkan dengan uji coba,” ujarnya.

    Akses tol langsung Jakarta-Tangerang KM 25 dilengkapi tiga gerbang tol yang melayani arus dari Jakarta menuju Paramount Petals dan Jalan Pasir Randu, serta tiga gerbang tol yang melayani dari Paramount Petals menuju Jakarta.

    Jalur masuk menuju Paramount Petals terhubung langsung dengan jalan boulevard di Paramount Petals Utara yang juga sedang dibangun.

    Jalan boulevard sepanjang 4 kilometer itu nantinya tersambung langsung ke Paramount Petals Selatan.
    Sementara itu, akses tol dari Paramount Petals menuju Jakarta akan memperluas konektivitas wilayah yang memudahkan
    mobilisasi warga Paramount Petals dan masyarakat sekitar menuju berbagai destinasi penting, termasuk Jakarta dan Bandara Soekarno-Hatta.

    “Berdasarkan riset, akses tol langsung Jakarta-Tangerang KM 25 diyakini memberikan berbagai dampak positif, mulai dari mendorong pertumbuhan ekonomi lokal, membuka aksesibilitas baru menuju Paramount Petals, Bitung, dan sekitarnya, hingga mengurai kemacetan di arteri Bitung secara signifikan hingga 10-15 persen atau sekitar 19 ribu-20 ribu kendaraan per hari,” katanya.

    Direktur Planning & Design Paramount Land Henry Napitupulu mengatakan kehadiran akses tol langsung memperkuat eksposur kota dan meningkatkan potensi investasi properti.

    Sejak diperkenalkan, nilai investasi kota mandiri ini telah menunjukkan kenaikan dan diperkirakan semakin meningkat seiring rampungnya pembangunan akses tol dan mempertegas sebagai kawasan berprospek tinggi di koridor barat Jakarta.

    “Dampak peningkatan ekonomi wilayah pun mulai terlihat dari bertambahnya tenant besar yang membuka usaha di Paramount Petals maupun kawasan sekitar, termasuk sepanjang Jalan Raya Curug,” ujarnya.

    Pewarta: Achmad Irfan
    Editor: Agus Salim
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Spesifikasi Wuling Alvez Terbaru, Harga Mulai Rp 217 Juta

    Spesifikasi Wuling Alvez Terbaru, Harga Mulai Rp 217 Juta

    Jakarta

    New Wuling Alvez meluncur dalam ajang Gaikindo Jakarta Auto Week 2025 di ICE BSD City Tangerang Selatan, Jumat (21/11/2025). Ada tiga trim Alvez terbaru, simak spesifikasi yang ditawarkan.

    “New Alvez hadir dengan value yang lebih kuat meliputi more stylish, more advanced, more practical, dan efficient. Penyegaran ini kami rancang untuk menjawab preferensi utama konsumen di segmen compact SUV. Semua penyegaran tersebut dikemas dalam satu konsep It’s All You Need,” ujar Danang Wiratmoko, Product Communication Manager Wuling Motors.

    Dimulai dari eksterior, New Alvez tampil lebih modern berkat desain grille terbaru yang memadukan elemen stylish dan sporty. Lampu depan tetap menggunakan LED projector headlamps dengan Daytime Running Light (DRL), memberikan visibilitas lebih baik sekaligus memperkuat karakter modern kendaraan.

    Lanjut ke area kaki-kaki, New Wuling Alvez tersemat Velg alloy 16 inci.

    Penyegaran warna turut dilakukan melalui hadirnya enam pilihan, termasuk warna terbaru Milk Tea yang menonjolkan sentuhan modern dan stylish.

    Product Communication Manager of Wuling Motors, Danang Wiratmoko menjelaskan dari segi eksterior terdapat perubahan pada desain grille, velg alloy berukuran 16 inch, dan LED Projector Headlamp dan Daytime Running Light (DRL).

    “Kami melakukan penyegaran dari sisi eksterior berupa bumper dan grille yang baru,” kata Danang.

    “Secara fitur ada penambahan fungsi berupa smartphone interconnection yang sekarang sudah tersemat di head unit, ada juga penyegaran interior berupa stiching warna merah,” jelas dia.

    Untuk mendukung mobilitas modern, New Alvez tetap dilengkapi rangkaian teknologi yang modern. Kehadiran fitur ADAS (Advanced Driver

    Assistance System) memberikan dukungan keselamatan aktif dengan berbagai fitur seperti Adaptive Cruise Control, Lane Departure Warning, Automatic Emergency Braking, hingga Traffic Jam Assistance.

    Wuling Alvez juga makin canggih. SUV ini sudah dibekali sistem konektivitas berupa IoV (Internet of Vehicle) memungkinkan pengguna mengakses sejumlah fungsi kendaraan melalui smartphone. Selain itu, fitur Wuling Indonesian Voice Command (WIND) memudahkan pengguna mengoperasikan berbagai fitur kendaraan dengan perintah suara berbahasa Indonesia.

    Dari sisi keselamatan, New Alvez dibekali fitur airbags dan ISOFIX, ditunjang fitur keselamatan aktif seperti Electronic Stability Control (ESC), ABS, EBD, AVH, ESS, Hill Hold Control (HHC), serta TPMS.

    Perihal peranti hiburan dan informasi berkendara, New Alvez mengandalkan head unit berukuran 10.25 inci dengan smartphone interconnection yang terhubung dengan 4 speaker di seluruh kabin. Kamera belakang dengan dynamic trajectory serta rear parking sensor juga hadir untuk memudahkan pengemudi saat parkir. Panel instrumen TFT 7 inci memberikan tampilan informasi berkendara yang modern dan mudah dibaca.

    New Alvez menawarkan ruang kabin yang lega dengan kapasitas bagasi 625 liter ketika bangku baris kedua terlipat, mendukung aktivitas

    harian keluarga maupun gaya hidup urban. Stabilitas berkendara semakin optimal berkat ground clearance 175 mm yang memberikan kenyamanan di berbagai kondisi jalan. Dengan jarak sumbu roda 2.550 mm membuat kabin lapang untuk 5 orang penumpang.

    Beda fitur tertinggi

    “Fitur yang hanya ada di tipe tertinggi yaitu ADAS, electric sunroof, koneksi iOV dan Voice Command tersedia di tipe atas. Selain itu, hampir semua mayoritas secara tampilan itu sama antara atas maupun tengah,” jelas Danang.

    Danang melanjutkan tipe manual tranmsisi perubahan cukup banyak. Seperti rear wiper, head unit yang sama dengan tipe lebih tinggi. Kemudian two tone colour.

    Mesin dan performa

    Soal dapur pacu, Wuling Alvez masih dibekali mesin 1.485 cc inline 4 silinder yang di atas kertas bisa memuntahkan tenaga 105 hp, sementara torsinya 143 Nm.

    Opsi warna dan harga

    Alvez ditawarkan dalam enam pilihan warna, yakni Tungsten Steel Grey, Pristine White, Aurora Silver, Stary Black dan warna terbaru Milk Tea. Alvez diketahui menjadi model terlaris ke empat Wuling di Indonesia. New Alvez ini akan dikirim ke garasi ke konsumen secepatnya tanpa harus menunggu pergantian tahun.

    Alvez ditawarkan dalam tiga trim, antara lain:

    Alvez EX CVT: Rp 303 jutaAlvez CE CVT: Rp 263 jutaAlvez CE M/T: Rp 217 Juta

    (riar/dry)

  • Koperasi Pemulung Tangsel: Raup Omzet Miliaran dari Sampah Botol Plastik
                
                    
                        
                            Megapolitan
                        
                        22 November 2025

    Koperasi Pemulung Tangsel: Raup Omzet Miliaran dari Sampah Botol Plastik Megapolitan 22 November 2025

    Koperasi Pemulung Tangsel: Raup Omzet Miliaran dari Sampah Botol Plastik
    Tim Redaksi
    TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com
    – Di sebuah halaman luas, tak jauh dari TPA Cipeucang, Serpong, Tangerang Selatan, terlihat deretan karung putih menyambut siapa pun yang datang.
    Karung-karung itu berisi botol plastik bekas dengan jumlah sampai ribuan datang silih berganti sepanjang hari.
    Di sinilah
    Koperasi Pemulung Berdaya
    , atau
    Recycle Business Unit
    (RBU) Serpong, mengubah limbah botol plastik berjenis
    Polyethylene Terephthalate
    (PET) menjadi sumber penghidupan bagi banyak orang.
    Di tempat itu, botol-botol plastik bekas dikumpulkan dari berbagai lokasi, dipilah satu per satu, kemudian dicacah menjadi serpihan plastik bernilai jual.
    Sama sekali tak terbayang bahwa tempat sederhana yang berdiri tak jauh dari TPA Cipeucang itu mampu mengelola ratusan ton sampah setiap bulan.
    Sekretaris Koperasi Pemulung Berdaya, Julaeha (35), mengatakan, koperasi ini berawal dari program CSR Danone pada 2010. Ketika itu belum berbentuk koperasi, hanya unit daur ulang yang menggandeng NGO.
    Tiga tahun kemudian, Danone bekerja sama langsung dengan pemulung di Kampung Cipeucang, Desa Kademangan, mendirikan koperasi agar pengelolaan menjadi lebih terstruktur.
    Dari yang awalnya hanya mengumpulkan sekitar 5 ton per bulan, kini kapasitasnya melonjak hingga 150 ton per bulan.
    Pick-up dan truk juga datang bergantian, membawa botol plastik dari 300–400 lapak, bank sampah, restoran, hingga instansi perkantoran.
    Sementara untuk pemulung jika ditotal, ada sekitar 4.000 orang di Jabodetabek yang terhubung dengan koperasi ini melalui para pelapak.
    “Kalau anggota yang kerja langsung di sini (koperasi pemulung) ada 53 orang,” kata Julaeha.
    Anggota-anggota itulah yang setiap hari memilah botol berdasarkan standar, seperti label dilepas, tutup dibuang, tidak boleh terbakar, tidak berbau menyengat, dan warnanya harus sesuai.
    Dari sekitar 6 ton botol yang masuk per hari, sekitar 90 persen bisa diproses dan sisanya dikembalikan ke pelapak karena tidak memenuhi kriteria.
    Dari proses-proses itu, mereka mampu meraup omzet hingga miliaran, bahkan jika kondisi pengiriman sedang ramai, omzet mereka bisa mencapai Rp 1,2 miliar.
    Namun omset hingga miliar itu jarang terjadi di beberapa tahun belakangan ini.
    Juleha mengaku, belakangan ini omzet mereka tengah turun hingga ratusan juta.
    Penyebabnya karena biaya operasional meningkat, harga bahan baku bersaing, mesin yang sering bermasalah, dan penyusutan bahan baku mencapai 10–15 persen.
    “Sebenernya untuk omzet sih kalau pas lagi banyak barang ya, kita bisa Rp 1,2 miliaran, tapi kalau lagi sepi ya paling berapa gitu kan ga sampai segitu,” kata dia.
    Juleha juga menjelaskan, omzet Rp 1,2 miliar itu merupakan pendapat kotor yang masih harus dibagi-bagi lagi untuk keperluan koperasi lainnya.
    Misalnya, untuk gaji karyawan, listrik, perawatan mesin, hingga logistik.
    “Jadi belum tentu juga untung. Usaha daur ulang itu kompleks,” ucap dia.
    Meski begitu, dampak ke masyarakat sekitar sangat terasa. Banyak pekerja, yang mengaku terbantu secara ekonomi sejak bergabung. Terutama ibu rumah tangga.
    Ada yang bisa menyekolahkan anak hingga sarjana, ada yang berhasil membangun kontrakan, bahkan ada yang membeli sawah di kampung.
    Pemulung yang bekerja sama dengan koperasi rata-rata menjual 5–10 kilogram botol PET setiap kali setor, dengan harga beli Rp 5.000 per kilogram.
    Jumlah itu sederhana, tetapi menjadi penghasilan rutin yang membuat roda keluarga tetap berputar.
    Saat ini, Julaeha mengatakan, banyak rencana yang ingin dikembangkan koperasi, termasuk mulai mengelola sampah karton, HDPE, dan multilayer tahun depan.
    Jaringan mereka juga sudah melebar ke berbagai daerah, mulai dari Bekasi, Sukabumi, Gunung Sindur, hingga Labuan Bajo.
    Dengan kondisi itu, Juleha berharap, semakin banyak daerah yang memiliki fasilitas daur ulang mandiri agar sampah plastik tak lagi menumpuk di tempat pembuangan.
    “Sampah itu kalau dipilah benar, nilainya naik. Kalau nyampur, nilainya kecil. Tapi kalau dipilah, bisa jauh lebih tinggi. Bisa jadi cuan banget,” ucap dia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.

  • Veloz Hybrid Cuma Rp 299 Juta, Jadi Mobil Hybrid Termurah Toyota

    Veloz Hybrid Cuma Rp 299 Juta, Jadi Mobil Hybrid Termurah Toyota

    Jakarta

    Toyota Veloz Hybrid resmi meluncur di pameran otomotif Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Veloz Hybrid menjadi mobil hybrid termurah Toyota untuk saat ini. Harganya mulai dari Rp 299 juta.

    Sebelum ada Veloz, saat ini model hybrid termurah Toyota adalah Yaris Cross Hybrid yang harganya tembus Rp 400 jutaan. Meluncurnya Veloz Hybrid di Indonesia menjadi jawaban dari Toyota untuk masyarakat yang menginginkan mobil hybrid yang lebih terjangkau.

    Toyota membuka pemesanan Veloz Hybrid mulai hari ini di Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2025. Khusus sampai dengan Desember 2025, mobil ini ditawarkan dengan harga spesial mulai dari Rp 299 juta.

    Harga spesial Rp 299 juta berlaku untuk Veloz Hybrid tipe V Grade. Harga itu berlaku khusus pemesanan hingga Desember 2025. Sementara pengiriman ke konsumen akan dilakukan mulai 2026.

    “Kita ingin setiap masyarakat bisa terbantu dengan produk ini. Yang selama ini ingin irit BBM-nya, bergerak dengan tujuh orang, semoga (Veloz Hybrid) ini bisa menjadi solusi yang baik,” kata Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), usai peluncuran Veloz Hybrid di booth Toyota dalam pameran GJAW 2025 yang digelar di ICE, BSD City, Tangerang, Jumat (21/11/2025).

    Menurut Henry, dari pengalaman sebelumnya mobil hybrid banyak dipilih konsumen di Indonesia. Bahkan, untuk Innova Zenix, 80 persen penjualannya adalah model hybrid. Dan Yaris Cross, 90 persen penjualannya disumbang oleh model hybrid.

    “Jadi melihat dari itu kita cukup confident bahwa dari Toyota ingin agar lebih banyak masyarakat yang bisa menikmati berkendara dengan teknologi hybrid. Karena Veloz banyak sekali kebutuhannya ya. Kalau kita lihat history Avanza Veloz 7-seater, nyaman, kabin lega, kemudian ground clearance tinggi, dan resale value bagus dan durable. Kita harapkan (Veloz Hybrid) ini bisa menjadi salah satu mobilitas masyarakat Indonesia,” beber Henry.

    (rgr/dry)