provinsi: BANTEN

  • Wamenkomdigi Jamin Layanan Internet Stabil Selama Arus Mudik Lebaran 2025

    Wamenkomdigi Jamin Layanan Internet Stabil Selama Arus Mudik Lebaran 2025

    Jakarta

    Wakil Menteri Komunikasi dan Digital (Wamenkomdigi) Nezar Patria mengungkapkan operator seluler menjamin kualitas layanan telekomunikasi pada masa arus mudik Lebaran 2025.

    Hal itu diungkapkan usai ia meninjau Posko Layanan Telekomunikasi di Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, hasil kolaborasi Kementerian Komdigi bersama penyelenggara layanan telekomunikasi seluler. Menurutnya, persiapan layanan khusus bagi pemudik itu mampu menjamin kualitas layanan telekomunikasi selama Lebaran 2025.

    “Seperti kita lihat tadi persiapan cukup baik, ya, semua opsel berkolaborasi kompak gitu untuk menjamin kualitas layanan telekomunikasi,” ungkap Nezar seperti dikutip dari siaran persnya, Sabtu (29/3/2025).

    Menurut Wamenkomdigi, Posko telekomunikasi kolaborasi Kementerian Komdigi bersama penyelenggara layanan telekomunikasi seluler, akan dibuka pada periode H-5 hingga H+7 Lebaran.

    “Posko kita buka H-5 dan H+7 setelah lebaran, dan itu beroperasi selama 24 jam sepekan,” jelasnya.

    Nezar Patria menilai masyarakat antusias dalam menggunakan fasilitas yang disediakan termasuk diskon yang mencapai 50 persen.

    “Kita juga tadi lihat bagaimana antusiasme masyarakat untuk menggunakan fasilitas dan kemudahan-kemudahan yang diberikan oleh opsel,” ungkapnya.

    Nezar Patria mengimbau masyarakat untuk mematuhi segala peraturan yang ditetapkan selama mudik. Pemerintah juga terus mencoba yang terbaik, khususnya pada layanan telekomunikasi dan transportasi seluruh penumpang di jalur-jalur mudik.

    “Semua masyarakat yang menggunakan jalur-jalur mudik itu bisa menjalani mudik yang tenang dan menyenangkan, sesuai dengan tema mudik kita tahun ini,” pungkas Wamenkomdigi.

    (agt/fay)

  • Dukung mudik aman dan nyaman, EMLI siapkan Mobil™ Gasoline 92

    Dukung mudik aman dan nyaman, EMLI siapkan Mobil™ Gasoline 92

    Sumber foto: Istimewa/elshinta.com.

    Dukung mudik aman dan nyaman, EMLI siapkan Mobil™ Gasoline 92
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 28 Maret 2025 – 14:05 WIB

    Elshinta.com – Mudik atau kegiatan pulang kampung telah lama menjadi tradisi budaya Indonesia dan momen spesial bagi masyarakat Indonesia. Perjalanan mudik lebaran biasa dilakukan menjelang Idulfitri untuk berkumpul dan merayakan hari raya bersama keluarga di kampung halaman. Perjalanan mudik sering kali menjadi tantangan tersendiri apabila menggunakan kendaraan pribadi, salah satunya adalah memastikan penggunaan bahan bakar yang baik agar perjalanan lebih aman dan tenang. 

    PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (PT EMLI) menyediakan Mobil™ Gasoline 92, bahan bakar berkualitas untuk  menjaga performa mesin tetap optimal dan mendukung pengalaman berkendara yang lebih nyaman. Mobil™ Gasoline 92 dapat diperoleh di Mobil™ POM Mikro, yang tersebar di berbagai wilayah di Pulau Jawa. Para pemudik dapat dengan mudah mendapatkan bahan bakar berkualitas tanpa harus melakukan perjalanan jauh ke pusat kota.

    “Menjelang Idulfitri tahun ini, PT EMLI  melihat meningkatnya kebutuhan bahan bakar berkualitas untuk menunjang kegiatan harian dan juga aktivitas dalam masa lebaran ini dengan aman dan tenang. Oleh karena itu, sebagai bentuk komitmen kami untuk terus melayani  pengguna RON 92, PT EMLI ingin memastikan para pelanggan dapat dengan mudah mengakses bahan bakar berkualitas,” ujar Vice President Retail Fuels PT ExxonMobil Lubricants Indonesia  Sri Adinegara dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi elshinta.com, Jumat (28/3). 

    Mobil™ Gasoline 92 didistribusikan dengan bekerja sama dengan PT Indomobil Prima Energi sebagai penyalur resmi. Mobil™ POM Mikro tersedia di lebih dari 2000 titik layanan sampai dengan pelosok Jawa Barat, Banten, dan Jawa Timur. Mobil™ POM Mikro menjadi pilihan praktis bagi pengendara yang mencari bahan bakar berkualitas sesampainya di kampung halaman untuk mendukung mobilitas selama lebaran. 

    “Sebagai penyalur resmi Mobil™ POM Mikro di Indonesia, kami memastikan ketersediaan produk, jaringan akses yang mudah dijangkau, kualitas produk yang tepat sampai di tangan pelanggan serta layanan yang senantiasa kami tingkatkan, sehingga makin banyak yang dapat merasakan manfaat dari Mobil™ Gasoline 92,” kata President Director PT Indomobil Prima Energi Gerry Kertowidjoyo.

    Sumber : Elshinta.Com

  • ASDP siapkan parkir tampung 2.000 kendaraan hadapi puncak mudik

    ASDP siapkan parkir tampung 2.000 kendaraan hadapi puncak mudik

    Cilegon (ANTARA) –

    PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyiapkan area parkir untuk menampung sekitar 2.000 kendaraan di Pelabuhan Indah Kiat, guna menghadapi puncak arus mudik Lebaran 2025.

    Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry Heru Widodo di Pelabuhan Merak, Kota Cilegon, Jumat (28/3) malam, mengatakan lonjakan penumpang telah terlihat mulai pukul 23.00 WIB.

    “Kita akan memanfaatkan parkir area di Indah Kiat, yang bisa menampung lebih dari 2.000 kendaraan,” ujar Heru.

    Heru mengatakan dengan kebijakan pemerintah di mana truk sudah tidak masuk ke Pelabuhan Merak, maka hal tersebut menjadi faktor yang memperlancar kendaraan masuk ke dermaga.

    “Antisipasi antrean kendaraan dilakukan sejak pukul 23.00 WIB hingga pukul 03.00 WIB,” ujarnya.

    Selain itu, ASDP juga berkoordinasi dengan BMKG dan KSOP Banten I tentang prakiraan cuaca yang memadai untuk penyeberangan malam ini.

    Heru berharap para pemudik menjaga kondisi fisik, karena perjalanan malam ini membutuhkan stamina yang prima.

    “Sekarang karena memang karena tidak ada lagi dermaga eksekutif semuanya reguler. Saya berharap para pemudik mematuhi arahan dari petugas yang ada di sekitar pelabuhan, sehingga para pemudik bisa melakukan mudik dengan lancar dan aman,” ujar Heru.

    Pantauan pada pukul 00.45 WIB, situasi Pelabuhan Merak dari pintu masuk dipadati kendaraan pribadi roda empat dan bus, yang akan bergiliran menuju dermaga.

    Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
    Editor: Bambang Sutopo Hadi
    Copyright © ANTARA 2025

  • Polres Tangsel Beri Pemeriksaan Kesehatan-Tambal Ban Gratis Pemudik

    Polres Tangsel Beri Pemeriksaan Kesehatan-Tambal Ban Gratis Pemudik

    Jakarta

    Polres Metro Tangerang Selatan memberikan bantuan layanan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat yang hendak melakukan mudik Lebaran 2025. Layanan tersebut untuk memastikan para pemudik sehat saat hendak pulang ke kampung halamannya.

    “Pos pelayanan (posyan) Bitung memberikan berbagai fasilitas untuk kenyamanan pemudik, termasuk layanan pemeriksaan kesehatan gratis seperti pemeriksaan tekanan darah, gula darah, pemberian obat dan vitamin bagi pemudik dan pengguna jalan lainnya,” kata Kapolres Metro Tangerang Selatan AKBP Victor Inkiriwang dalam keterangannya, Jumat (28/3/2025).

    Selain itu, polisi juga menyediakan bantuan tambah angin dan tambal ban. Hal tersebut untuk memastikan kendaraan yang digunakan pemudik dalam kondisi prima.

    “Tersedia pula layanan tambah angin dan tambal ban gratis guna membantu pemudik dalam perjalanan mereka,” ujarnya.

    Dalam kesempatan tersebut, Victor juga meninjau arus mudik di terminal bayangan Bitung. Pihaknya terjun langsung mengecek kondisi pengemudi sopir bus yang akan membawa armada.

    “Kami turun langsung untuk mengecek kondisi pengemudi bus dan penumpang yang akan mudik ke Sumatera dan Jawa. Kami juga membagikan takjil kepada masyarakat yang tengah bersiap berbuka puasa,” tuturnya.

    Beberapa pos pengamanan hingga pos pelayanan dibangun untuk membantu para pemudik. Adapun lokasi Pospam yang telah disiapkan meliputi pospam Legok Permai, pospam flyover Ciputat, pospam Pamulang Square, pospam Bintaro, pospam Living World Alam Sutera, pospam perempatan Muncul, pospam Gading Serpong dan posyan Bitung.

    “Dengan langkah-langkah pengamanan ini, diharapkan arus mudik tahun ini dapat berjalan dengan aman, tertib, dan lancar,” imbuhnya.

    (wnv/rfs)

    Hoegeng Awards 2025

    Baca kisah inspiratif kandidat polisi teladan di sini

  • Pilih Mudik Lebaran Pakai Mobil Listrik Jakarta-Bali PP, Sandi Cuma Habiskan Rp 950 Ribu – Halaman all

    Pilih Mudik Lebaran Pakai Mobil Listrik Jakarta-Bali PP, Sandi Cuma Habiskan Rp 950 Ribu – Halaman all

    TRIBUNNEWS.COM – Kendaraan listrik semakin populer di kalangan masyarakat, termasuk untuk perjalanan mudik Lebaran 2025.

    Salah satu pemudik, Sandi, berbagi pengalamannya mudik menggunakan mobil listrik pada momen Lebaran 2024 lalu dengan rute Jakarta-Bali pulang pergi (PP).

    Menurut Sandi, ia tahun ini memilih kembali mudik menggunakan mobil listrik karena merasakan iritnya biaya transportasi pada Lebaran tahun lalu.

    “Tahun lalu kita udah coba mobil listrik, dan hemat,” ungkap Sandi saat mengisi daya di rest area 487 Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (28/3/2025).

    Dilansir Tribun Solo, Sandi mengungkapkan bahwa perjalanan mudiknya tahun lalu dari BSD, Jakarta Selatan, menuju Bali, lalu ke Yogyakarta, dan kembali lagi ke Jakarta hanya menghabiskan biaya kurang dari Rp 950 ribu.

    Pengeluaran ini jauh lebih murah dibandingkan dengan penggunaan bahan bakar minyak (BBM).

    “Nah kita lanjutan lagi seperti tahun lalu,” tambahnya.

    Meskipun mobil listrik bergantung pada daya listrik yang tersimpan, Sandi tidak khawatir karena sepanjang rutenya sudah tersedia banyak Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), baik di rest area maupun di SPBU.

    “Kalau tahun lalu di SPKLU ini tidak ada petugas. Tapi ini sudah ada. Jadi kalau ada trobel-trobel bisa langsung ditangani,” ujarnya.

    Hingga tiba di rest area 487 Boyolali, Sandi telah menghabiskan sekitar Rp 200 ribu untuk mengisi daya mobil listriknya sebanyak empat kali.

    “Sudah 4 kali ngisi daya. Harga KWH-nya masih murah Rp 4.467,” ujarnya.

    Menurutnya, mobil listrik jauh lebih hemat dibandingkan mobil berbahan bakar minyak.

    “Biaya BBM untuk pulang pergi Rp 2 jutaan. Itu ke Jogja. Kalau saya kan ke Bali cuma habis Rp 900 ribuan,” tambahnya.

    Namun, meskipun lebih irit, mobil listrik memiliki keterbatasan dalam hal kecepatan.

    “Lebih dari itu langsung dilimit sama komputernya. Memang lama sampai, tapi insyaallah lebih aman,” pungkasnya.

    Sementara itu pemudik yang melintasi Jalan Tol Trans Jawa menggunakan mobil listrik tak perlu khawatir.

    Pemudik yang melintas di jalan Tol Trans Jawa dapat beristirahat di rest area selama perjalanan mudik Lebaran 2025.

    Lantas di mana saja titik rest area di Jalan Tol Trans Jawa untuk mudik Lebaran 2025?

    Selengkapnya simak titik rest area di Jalan Tol Trans Jawa untuk mudik Lebaran 2025 dan lokasi SPKLU mengutip dari Instagram resmi @korlantaspolri.ntmc.

    Berikut adalah daftar 53 SPKLU di sepanjang ruas jalan tol:

    Ruas Jabodetabek

    Jagorawi: Rest Area KM 10A, DC 60 kW
    Jagorawi: Rest Area KM 21B, DC 50 kW
    Jagorawi: Rest Area KM 45A, DC 60 kW
    Jakarta-Tangerang: Rest Area KM 13A, DC 60 kW
    Jakarta-Tangerang: Rest Area KM 14B, AC & DC 82,5 kW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 6B, AC 22 kW, DC 25 kW, DC 200 kw
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 19A, DC 50 kW& DC 24 kW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 19B, DC 50 kW& DC 24 kW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 39A, DC 50 kW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 42B, DC 50 kW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 57A, AC 22 kW, DC 50 kW, DC 200 KW
    Jakarta-Cikampek: Rest Area KM 62B, AC 22 kW, DC 50 kW, DC 200 kW

    Ruas Cipularang dan Padaleunyi

    Cipularang: Rest Area KM 72A, DC 50 kW& 24 kW
    Cipularang: Rest Area KM 72B, DC 50 kW& 24 kW
    Cipularang: Rest Area Travoy KM 88A, AC 22 kW, DC 200 kW, DC 50 kW, DC 24 kW, DC 100 kW
    Cipularang: Rest Area Travoy KM 88B, AC 22 kW, DC 200 kW, DC 50 kW, DC 24 kW, DC 100 kW
    Cipularang: Rest Area KM 97B DC 60 kW
    Cipularang: Rest Area KM 125B DC 120 kW
    Padaleunyi: Rest Area KM 147A DC 50 kW& DC 200 kW
    Padaleunyi: Rest Area KM 149B DC 50 kW& DC 24 kW

    Ruas Palikanci dan Batang-Semarang

    Palikanci: Rest Area Travoy KM 207A AC 24 kW, DC 24kW, DC 50 kW, DC 66 kW, DC 100 kW
    Palikanci: Rest Area KM 208B, DC 50 kW, DC 24kW
    Batang-Semarang: Rest Area Travoy KM 360B, DC 50 kW
    Batang-Semarang: Rest Area Travoy KM 379A, AC 74 kWAC 22 kW, DC 66 kW, DC 100 kW, DC 200 kW
    Batang-Semarang: Rest Area Travoy KM 389B, DC 50 kW, AC 7,4 kW. DC 100 kW, AC 22 kW
    Batang-Semarang: Rest Area Travoy KM, 391A DC 50 kW

    Ruas Semarang Seksi A, B, C dan Semarang-Solo

    Semarang Seksi A,B,C: Rest Area KM 424B, DC 50 kW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 429A, DC 50 KW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 439A, DC 50 kW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 444B, DC 50 kW& DC 200 kW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 456B, AC 7,4 kW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 487A, DC 50 kW
    Semarang-Solo: Rest Area KM 487B, DC 50 kW

    Ruas Solo-Ngawi-Kertosono

    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy KM 519A, DC 24 kW& DC 50 kW
    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy KM 519B, DC 24 kW& DC 50 kW
    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy KM 538A, DC 50 kW& DC 22 kW
    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy 538B, DC 50 kW& DC 22 kWDC 50 kW, DC 22 kW,
    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy 575A, DC 100 kW, AC 22 kWDC 50 kW, DC 22 kW,
    Solo-Ngawi: Rest Area Travoy 575B, DC 100 kW, AC 22 kW
    Ngawi-Kertosono: Rest Area Travoy 597A, DC 50 kWDC 22 kWDC 100 kW& AC 22 kW
    Ngawi-Kertosono: Rest Area Travoy 597B, DC 50 kW& DC 22 kW
    Ngawi-Kertosono: Rest Area Travoy 626A, AC 22 kW& DC 200 kW
    Ngawi-Kertosono: Rest Area Travoy 626B, AC 22 kW& DC 200 kW

    Ruas Surabaya-Mojoketo, Surabaya-Gempol, Pandaan-Malang dan Gempol-Pasuruan

    Surabaya-Mojokerto: Rest Area Travoy KM 725A, DC 50 kW, DC 100 kW& AC 22 kW
    Surabaya-Mojokerto: Rest Area KM 726B, DC 50 kW
    Surabaya-Gempol: Rest Area KM 7538, DC 50 kW
    Surabaya-Gempol: Rest Area KM 754A, DC 50 kW
    Pandaan-Malang: Rest Area Travoy KM 66A, DC 50 kW
    Pandaan-Malang: Rest Area Travoy KM 66B, DC 50 kW
    Pandaan-Malang: Rest Area Travoy KM 84A, DC 50 kW
    Pandaan-Malang: Rest Area KM 848, DC 50 kW
    Gempol-Pasuruan: Rest Area Travoy KM 792A, DC 50 kW
    Gempol-Pasuruan: Rest Area Travoy KM 792B, DC 50 kW

    Sebagian artikel ini telah tayang di TribunSolo.com dengan judul Cerita Pemudik Melintas di Boyolali, Pakai Mobil Listrik Habis Rp950 Ribu PP Jakarta-Bali.

    (Tribunnews.com/Gilang Putranto, Widya) (TribunSolo.com/Tri Widodo)

  • Serambi MyPertamina Hadir di KM 43, Pemudik Bisa Cukur dan Pijat Gratis

    Serambi MyPertamina Hadir di KM 43, Pemudik Bisa Cukur dan Pijat Gratis

    Tangerang:: PT Pertamina Patra Niaga ingin terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pada momentum Ramadan-Idulfitri 1446 Hijriah atau 2025. Upaya tersebut diwujudkan dengan menghadirkan layanan dan fasilitas yang bisa dinikmati secara gratis, yaitu Serambi MyPertamina. Salah satu lokasi Serambi MyPertamina dapat ditemui di Rest Area KM 43, Tol Merak-Jakarta, Kabupaten Tangerang, Banten.
     
    Pemudik yang ingin menikmati fasilitas ini hanya perlu menunjukkan aplikasi MyPertamina. Bagi yang belum memiliki aplikasi, petugas akan membantu mengunduh di smartphone.
     
    Selain fasilitas yang nyaman, Serambi MyPertamina juga dapat dimanfaatkan oleh pemudik untuk menukarkan poin MyPertamina dengan berbagai merchandise eksklusif, di antaranya Button Scarf.
     

     

    Cukur Gratis dan Kursi Pijat jadi Favorit Pemudik
    Sejumlah pengunjung mengungkapkan kepuasan mereka terhadap fasilitas Serambi MyPertamina. Salah satunya, Abdul Rohim, pemudik dari Jakarta menuju Palembang. Dia kedapatan memanfaatkan layanan Bright Barber.
     
    “Langsung cukur rambut begitu sampai di sini. Gratis. Tinggal tunjukkan aplikasi MyPertamina saha. Bisa request gaya juga, lho. Pelayanan tukang cukurnya mantap,” katanya memuji.
     
    Abdul Rohim juga berharap layanan Serambi MyPertamina dapat diperluas ke lebih banyak rest area pada masa mendatang. 
     
    “Jangan hanya di KM 43. Kalau bisa ada juga di rest area lainnya supaya lebih banyak pemudik yang bisa menikmati fasilitas ini,” tuturnya.
     
    Pengunjung lain, Ifan Hermawan, turut menikmati fasilitas Bright Barber dan mengaku terkesan dengan layanan yang diberikan.

    “Pelayanannya oke, tempatnya nyaman, sejuk, dan kursinya empuk. Unik juga sih, nggak kepikiran ada event seperti ini di rest area,” ujarnya.
     
    Ungkapan gembira juga dilontarkan pengunjung lain, Nunung Hayati. Pemudik asal Jakarta Timur ini mengapresiasi fasilitas Kidzone dan pembagian THR untuk anak-anak.
     
    “Anak saya langsung antusias main mobil-mobilan. Selain itu, ada THR snack dan souvenir. Sangat membantu menghilangkankejenuhan selama perjalanan,” ucap Nunung.
     
    Pemudik lainnya, Debi Eka Saputri yang sedang dalam perjalanan dari Solo menuju Lampung, pun merasa terbantu dengan ketersediaan kursi pijat gratis di Serambi MyPertamina.
     
    “Sangat membantu mengurangi pegal setelah perjalanan jauh. Mudik tahun ini berkesan karena ada fasilitas seperti ini,” ungkapnya.
     

     

    10 Layanan Utama Serambi MyPertamina
    Serambi MyPertamina pada momen Ramadan-Idulfitri 2025 hadir lebih lengkap dan interaktif dengan menghadirkan 10 layanan utama yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pemudik, sebagai berikut.
     
    1. Layanan kesehatan gratis, berupa pengecekan tekanan darahdan gula darah yang dilakukan langsung oleh petugas medis dari RS Otak dan Jantung (RSOJ).
     
    2. Aktivasi MyPertamina, yaitu panduan dan bantuan registrasi serta aktivasi aplikasi MyPertamina bagi pemudik yang belum memiliki akun.
     
    3. Fasilitas playground anak, lengkap dengan mini playground, permainan lego, dan playdoh untuk menghibur anak-anakselama istirahat.
     
    4. Layanan WiFi gratis, agar pengunjung tetap terkoneksi selama beristirahat.
     
    5. Produk UMKM binaan Pertamina, tersedia sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku usaha lokal, sekaligus memberi pilihan oleh-oleh bagi pemudik.

    6. Permainan PlayStation gratis, sebagai hiburan ringan bagi pengunjung dewasa maupun remaja.
     
    7. Free snack atau takjil, disediakan bagi pengunjung untuk berbuka puasa selama Ramadan dan tetap tersedia setelah Ramadan sebagai camilan di perjalanan.
     
    8. Layanan kursi pijat gratis, membantu mengurangi kelelahan pemudik sebelum kembali melanjutkan perjalanan.
     
    9. Free merchandise & Show Your Point. Pengunjung bisa mendapatkan hadiah langsung, THR anak berupa es krim/snack gratis, serta undian sistem fishbowl. Pengunjung juga bisa menukarkan poin MyPertamina dengan merchandise menarik seperti kaos MotoGP, tumbler, payung, topi, dan produk lainnya.
     
    10. Free e-voucher Pertamax & Dex Series, yaitu layanan panduan pembelian BBM nonsubsidi (Pertamax dan Dex Series) melalui aplikasi MyPertamina. Konsumen yang melakukan pembelian akan mendapatkan e-voucher gratis sebagai bentuk apresiasi dan dorongan penggunaan BBM berkualitas.
     
    Serambi MyPertamina menjadi salah satu inovasi Pertamina dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan mudik. Serambi MyPertamina tersedia di 145 SPBU Pertamina se-Indonesia.
    Dengan berbagai fasilitas yang diberikan secara gratis, diharapkan para pemudik dapat menikmati perjalanan dengan lebih nyaman dan aman.

    Tangerang:: PT Pertamina Patra Niaga ingin terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya pada momentum Ramadan-Idulfitri 1446 Hijriah atau 2025. Upaya tersebut diwujudkan dengan menghadirkan layanan dan fasilitas yang bisa dinikmati secara gratis, yaitu Serambi MyPertamina. Salah satu lokasi Serambi MyPertamina dapat ditemui di Rest Area KM 43, Tol Merak-Jakarta, Kabupaten Tangerang, Banten.
     
    Pemudik yang ingin menikmati fasilitas ini hanya perlu menunjukkan aplikasi MyPertamina. Bagi yang belum memiliki aplikasi, petugas akan membantu mengunduh di smartphone.
     
    Selain fasilitas yang nyaman, Serambi MyPertamina juga dapat dimanfaatkan oleh pemudik untuk menukarkan poin MyPertamina dengan berbagai merchandise eksklusif, di antaranya Button Scarf.
     

     

    Cukur Gratis dan Kursi Pijat jadi Favorit Pemudik

    Sejumlah pengunjung mengungkapkan kepuasan mereka terhadap fasilitas Serambi MyPertamina. Salah satunya, Abdul Rohim, pemudik dari Jakarta menuju Palembang. Dia kedapatan memanfaatkan layanan Bright Barber.
     
    “Langsung cukur rambut begitu sampai di sini. Gratis. Tinggal tunjukkan aplikasi MyPertamina saha. Bisa request gaya juga, lho. Pelayanan tukang cukurnya mantap,” katanya memuji.
     
    Abdul Rohim juga berharap layanan Serambi MyPertamina dapat diperluas ke lebih banyak rest area pada masa mendatang. 
     
    “Jangan hanya di KM 43. Kalau bisa ada juga di rest area lainnya supaya lebih banyak pemudik yang bisa menikmati fasilitas ini,” tuturnya.
     
    Pengunjung lain, Ifan Hermawan, turut menikmati fasilitas Bright Barber dan mengaku terkesan dengan layanan yang diberikan.
     

     
    “Pelayanannya oke, tempatnya nyaman, sejuk, dan kursinya empuk. Unik juga sih, nggak kepikiran ada event seperti ini di rest area,” ujarnya.
     
    Ungkapan gembira juga dilontarkan pengunjung lain, Nunung Hayati. Pemudik asal Jakarta Timur ini mengapresiasi fasilitas Kidzone dan pembagian THR untuk anak-anak.
     
    “Anak saya langsung antusias main mobil-mobilan. Selain itu, ada THR snack dan souvenir. Sangat membantu menghilangkankejenuhan selama perjalanan,” ucap Nunung.
     
    Pemudik lainnya, Debi Eka Saputri yang sedang dalam perjalanan dari Solo menuju Lampung, pun merasa terbantu dengan ketersediaan kursi pijat gratis di Serambi MyPertamina.
     
    “Sangat membantu mengurangi pegal setelah perjalanan jauh. Mudik tahun ini berkesan karena ada fasilitas seperti ini,” ungkapnya.
     

     

    10 Layanan Utama Serambi MyPertamina

    Serambi MyPertamina pada momen Ramadan-Idulfitri 2025 hadir lebih lengkap dan interaktif dengan menghadirkan 10 layanan utama yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan pemudik, sebagai berikut.
     
    1. Layanan kesehatan gratis, berupa pengecekan tekanan darahdan gula darah yang dilakukan langsung oleh petugas medis dari RS Otak dan Jantung (RSOJ).
     
    2. Aktivasi MyPertamina, yaitu panduan dan bantuan registrasi serta aktivasi aplikasi MyPertamina bagi pemudik yang belum memiliki akun.
     
    3. Fasilitas playground anak, lengkap dengan mini playground, permainan lego, dan playdoh untuk menghibur anak-anakselama istirahat.
     
    4. Layanan WiFi gratis, agar pengunjung tetap terkoneksi selama beristirahat.
     
    5. Produk UMKM binaan Pertamina, tersedia sebagai bentuk dukungan terhadap pelaku usaha lokal, sekaligus memberi pilihan oleh-oleh bagi pemudik.

     
    6. Permainan PlayStation gratis, sebagai hiburan ringan bagi pengunjung dewasa maupun remaja.
     
    7. Free snack atau takjil, disediakan bagi pengunjung untuk berbuka puasa selama Ramadan dan tetap tersedia setelah Ramadan sebagai camilan di perjalanan.
     
    8. Layanan kursi pijat gratis, membantu mengurangi kelelahan pemudik sebelum kembali melanjutkan perjalanan.
     
    9. Free merchandise & Show Your Point. Pengunjung bisa mendapatkan hadiah langsung, THR anak berupa es krim/snack gratis, serta undian sistem fishbowl. Pengunjung juga bisa menukarkan poin MyPertamina dengan merchandise menarik seperti kaos MotoGP, tumbler, payung, topi, dan produk lainnya.
     
    10. Free e-voucher Pertamax & Dex Series, yaitu layanan panduan pembelian BBM nonsubsidi (Pertamax dan Dex Series) melalui aplikasi MyPertamina. Konsumen yang melakukan pembelian akan mendapatkan e-voucher gratis sebagai bentuk apresiasi dan dorongan penggunaan BBM berkualitas.
     
    Serambi MyPertamina menjadi salah satu inovasi Pertamina dalam mendukung kelancaran dan kenyamanan mudik. Serambi MyPertamina tersedia di 145 SPBU Pertamina se-Indonesia.
    Dengan berbagai fasilitas yang diberikan secara gratis, diharapkan para pemudik dapat menikmati perjalanan dengan lebih nyaman dan aman.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (ROS)

  • Puncak arus mudik, konsumsi Pertamax Series di jalur Pantura naik signifikan

    Puncak arus mudik, konsumsi Pertamax Series di jalur Pantura naik signifikan

    Sumber foto: Sutini/elshinta.com.

    Puncak arus mudik, konsumsi Pertamax Series di jalur Pantura naik signifikan
    Dalam Negeri   
    Editor: Sigit Kurniawan   
    Jumat, 28 Maret 2025 – 21:11 WIB

    Elshinta.com – Memasuki cuti bersama libur lebaran yang diprediksikan menjadi puncak arus mudik Idul Fitri 1446 H, Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah mencatat konsumen masih memilih bahan bakar berkualitas Pertamax dan Dex Series. Selama periode 17 Maret – 26 Maret, bila dibandingkan dengan konsumsi normal bulan Januari-Februari 194 kl/hari. Rata-rata konsumsi Pertamax di Jalur Pantura mengalami kenaikan rata-rata konsumsi sebesar 8,8 persen. Untuk Jalur Pansela mengalami kenaikan 0,3% karena pergerakan pemudik mayoritas dari arah utara melalui ruas tol Pantura.

    Sedangkan untuk Pertamax Turbo naik 210 persen di Pantura dan naik 127 persen di Pansela. Dex Series sendiri naik 53 persen di semua Jalur Pantura, Pansela dan Jalur Wisata dari Normal Harian 45 kl/hari.

    Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Taufiq Kurniawan mengapresiasi pilihan konsumen akan bahan bakar berkualitas. “Ternyata pilihan pemudik tetap pada Pertamax Series yang membuktikan mereka tidak terpengaruh akan isu belakangan,” ujarnya, Jumat (28/3).

    Taufiq menambahkan, psikologis masyarakat ketika melakukan perjalanan jauh juga berpengaruh. “Rata-rata respon konsumen pemilih Pertamax adalah mereka tidak mau menemui kendala pada mesin saat perjalanan jauh, sehingga memilih bahan bakar berkualitas. Kami optimis akan tetap naik dibanding normal harian,” imbuh Taufiq.

    Khusus untuk SPBU Portable (Modular) di KM 19 ruas tol baru yang dibuka fungsional yakni ruas Solo-Jogja konsumsi rata-rata BBM nya 528 liter/hari yang menunjukkan animo masyarakat di ruas tol tersebut. 

    “Karena animo diprediksi naik di ruas tol Solo-Jogja, kami menambah layanan motorist delivery service untuk antisipasi kemacetan di exit tol Tamanmartani. Tinggal telepon Call Center 135 nanti Motorist akan mengisi bbm dimana pemudik kehabisan BBM yang tersedia di 19 titik se Jateng DIY. Kami juga mengimbau masyarakat untuk mengisi BBM secara penuh di awal perjalanan dan menggunakan metode pembayaran cashless guna mempercepat proses antrian. Mari kita saling mendukung sesama pemudik agar dapat sampai ke tujuan dengan selamat dan tepat waktu,” pungkas Taufiq seperti dilaporkan Kontributor Elshinta, Sutini, Jumat (28/3).

    Salah satu pemudik, Rudi yang melakukan perjalanan dari Kota Bogor ke Solo menggunakan Pertamax karena dari dulu sudah menjadi pelanggan setia dan mobilnya hingga saat ini tetap aman untuk melakukan perjalanan.

    “Saya yakin menggunakan Pertamax karena menurut saya kualitasnya terjamin sehingga mobil saya ngga akan bermasalah,” ujar Rudi ditemui di Rest Area 439 A Semarang – Solo.

    Senada dengan Rudi, Thomas pemudik dari Tangerang menuju Bali juga setia menggunakan Pertamax. Saat ditemui di Serambi MyPertamina Rest Area KM 379 A Batang, Thomas mengaku selalu pakai Pertamax karena ingin mobil awet dengan menggunakan BBM berkualitas.

    “Saya mau mobil saya secara mesin bersih, awet, dan gak ngelitik ketika injak gas tidak bermasalah apalagi saat mudik,” ujarnya. 

    Sumber : Radio Elshinta

  • Sidang Isbat Idul Fitri 2025 Digelar Besok 29 Maret 2025, Catat Jam dan Rangkaian Acara Penentuan Lebaran!

    Sidang Isbat Idul Fitri 2025 Digelar Besok 29 Maret 2025, Catat Jam dan Rangkaian Acara Penentuan Lebaran!

    PIKIRAN RAKYAT – Sidang isbat penentuan 1 Syawal 1446 H atau Hari Raya Idul Fitri 2025 akan digelar pada Sabtu, 29 Maret 2025, di Kantor Kementerian Agama RI, Jakarta. Sidang ini akan menjadi acuan resmi bagi umat Islam di Indonesia dalam merayakan Idul Fitri.

    Jadwal Sidang Isbat Idul Fitri 2025

    Dirjen Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Kemenag, Abu Rokhmad, telah mengonfirmasi bahwa sidang isbat akan dimulai sejak sore hari. Berikut tahapan dan rangkaian acaranya:

    Seminar Hisab dan Rukyat – Pukul 16.00 WIB Membahas perhitungan astronomi terkait posisi hilal. Diikuti oleh para ahli astronomi, BMKG, LAPAN, serta perwakilan ormas Islam. Buka Puasa Bersama – Pukul 18.00 WIB Peserta sidang isbat akan berbuka puasa bersama sebelum sidang dimulai. Sidang Isbat Tertutup – Pukul 18.30 WIB Dipimpin oleh Menteri Agama, Nasaruddin Umar. Menggunakan metode hisab (perhitungan astronomi) dan rukyat (pengamatan langsung). Konferensi Pers Pengumuman Hasil Sidang – Pukul 19.00 WIB Menteri Agama akan menyampaikan keputusan resmi pemerintah terkait awal 1 Syawal 1446 H. Metode Penetapan Idul Fitri: Hisab dan Rukyat

    Sidang isbat menggunakan dua metode utama:

    Hisab (Perhitungan Astronomi) – Menentukan posisi hilal berdasarkan perhitungan matematis dan astronomi. Rukyat (Pengamatan Hilal) – Verifikasi visual hilal di berbagai titik pemantauan.

    Menurut perhitungan astronomi, ijtimak (konjungsi bulan dan matahari) terjadi pada Sabtu, 29 Maret 2025, pukul 17.57 WIB. Posisi hilal diperkirakan berada di antara -3 derajat di Papua hingga -1 derajat di Aceh, sehingga berpotensi sulit terlihat dengan mata telanjang.

    Data astronomi ini akan diverifikasi dengan mekanisme rukyat di 33 titik pemantauan di seluruh Indonesia.

    33 Lokasi Pemantauan Hilal di Indonesia

    Pemantauan hilal dilakukan di 33 titik strategis di berbagai provinsi:

    Aceh: Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang, Lhoknga. Sumatra Utara: Anjungan Lantai IX Kantor Gubernur Sumatra Utara, Medan. Sumatra Barat: Rooftop Hotel Rangkayo Basa Syofyan Inn, Padang. Riau: Rooftop Premier Hotel, Pekanbaru. Kepulauan Riau: Pantai Setumu Dompak, Kota Tanjungpinang. Jambi: Rooftop Hotel Odua Weston, Kota Jambi. Sumatra Selatan: Helipad Hotel Aryaduta, Palembang. Bangka Belitung: Pantai Tanjung Raya, Bangka. Bengkulu: Jalan Pariwisata No. 1, Kota Bengkulu. Lampung: POB Pantai Canti, Kalianda, Lampung Selatan. DKI Jakarta: Gedung Kanwil Kemenag DKI Jakarta. Jawa Barat: POB Gunung Putri, Kota Banjar. Banten: Pantai Anyer. Jawa Tengah: Pantai Binangun, Rembang. DI Yogyakarta: POB Syekh Bela Belu, Parangtritis, Bantul. Jawa Timur: Bukit Condrodipo, Gresik. Kalimantan Barat: Pantai Indah, Sungai Kakap, Kubu Raya. Kalimantan Tengah: Menara Masjid Raya Darussalam, Palangka Raya. Kalimantan Timur: Puncak Hotel Five Premiere, Samarinda. Kalimantan Selatan: Rooftop Zuri Express Hotel, Banjarmasin. Kalimantan Utara: SATRAD 225 Tarakan, Kota Tarakan. NTB: Pantai Loang Baloq, Mataram. NTT: Rooftop Gedung Pelayanan BMKG, Kota Kupang. Sulawesi Selatan: Delf Apartemen, Makassar. Sulawesi Barat: Tanjung Mercusuar Sumare, Mamuju. Sulawesi Tenggara: Pantai Bahari, Kabupaten Kolaka. Sulawesi Utara: Apartemen MTC Megamas, Manado. Gorontalo: Obyek Wisata Hiu Paus, Bone Bolango. Sulawesi Tengah: Gedung Observasi, Donggala. Maluku: Halaman Samping Rumah Dinas Wakil Gubernur, Ambon. Maluku Utara: Pantai Ropu Tengah Balu, Halmahera Barat. Papua: The Hele’yo Yobeh, Sentani, Jayapura. Papua Barat: Hotel Kota Sorong.

    Bali tidak menyelenggarakan rukyatul hilal karena bertepatan dengan Hari Raya Nyepi.

    Hasil Sidang Isbat Menentukan Hari Raya Idul Fitri

    Setelah pengamatan hilal dan pembahasan dalam sidang isbat, Menteri Agama Nasaruddin Umar akan mengumumkan secara resmi kapan umat Islam di Indonesia merayakan Idul Fitri 2025.

    Keputusan ini akan menjadi pedoman bagi seluruh masyarakat Muslim di tanah air.
    Dengan adanya sidang isbat ini, diharapkan umat Islam dapat merayakan Idul Fitri dengan kepastian dan kebersamaan. Nantikan pengumuman resmi hasil sidang isbat pada Sabtu malam, 29 Maret 2025!***

    Simak update artikel pilihan lainnya dari kami di Google News

  • Pesawat Su-24M Rusia Serang Lebih 50 Target di Baltik, Sinyal Merah Putin Buat Sayap Timur NATO – Halaman all

    Pesawat Su-24M Rusia Serang Lebih 50 Target di Baltik, Sinyal Merah Putin Buat Sayap Timur NATO – Halaman all

    Pesawat Su-24M Rusia Serang Lebih 50 Target di Baltik, Sinyal Merah Putin Buat Sayap Timur NATO

    TRIBUNNEWS.COM – Pekan ini, awak pesawat pengebom taktis Su-24M dari penerbangan Angkatan Laut Armada Baltik Rusia dilaporkan melakukan latihan penerbangan taktis di dekat Kaliningrad.

    Situs militer BM, melansir Armada Baltik Rusia tengah melatih serangan presisi dan terkoordinasi terhadap target musuh yang disimulasikan.

    Latihan tersebut, yang diumumkan oleh Kementerian Pertahanan Rusia dan dilaporkan oleh kantor berita milik pemerintah Rusia TASS, difokuskan pada penghancuran fasilitas industri militer, lapangan udara, infrastruktur ekonomi penting, konsentrasi pasukan, pos komando, dan kolom peralatan militer.

    “Sekitar 10 pesawat terbang dan 50 personel dari resimen penerbangan campuran armada berpartisipasi, menargetkan lebih dari 50 sasaran dengan roket dan bom udara-ke-udara yang tidak terarah,” tulis situs tersebut menggambarkan aksi latihan militer ini.

    Disebutkan, latihan yang diadakan di wilayah Laut Baltik ini bertujuan untuk menyempurnakan koordinasi awak dan keterampilan taktis, dengan memanfaatkan pengalaman dari operasi militer Rusia yang sedang berlangsung di Ukraina. 

    “Pelatihan ini menggarisbawahi upaya Moskow untuk memperkuat postur pertahanannya di wilayah yang secara strategis sensitif dan berbatasan dengan negara-negara NATO,” tulis laporan BM, dikutip Jumat (28/3/2025).

    TERHIMPIT NATO – Peta wilayah Kaliningrad, Rusia yang dihimpit wilayah-wilayah negara NATO. Kaliningrad merupakan enclave, teritorial yang terpisah dari daratan utama, Rusia.

    Kaliningrad Dihimpit Wilayah NATO, Risiko Ancaman di Baltik Bagi Rusia

    Sebagai catatan, Pesawat Su-24M, pesawat pengebom garis depan era Soviet dengan sayap sapuan variabel, tetap menjadi aset utama Armada Baltik, yang sebagian besar berpusat di Kaliningrad—daerah kantong yang terjepit di antara Polandia dan Lithuania—dan dekat St. Petersburg.

    Selama latihan, pilot Rusia berlatih manuver di ketinggian rendah, taktik pertempuran udara, pengintaian, dan serangan dengan persenjataan di pesawat, yang mensimulasikan medan pertempuran gabungan modern. 

    Menurut TASS, latihan tersebut mencakup pemberian dukungan tembakan kepada pasukan darat Armada Baltik, sebuah skenario yang mencerminkan integrasi pasukan udara dan darat dalam peperangan kontemporer.

    Biro pers pasukan Armada Baltik Rusia menekankan kalau pelatihan tersebut dibangun berdasarkan pelajaran dari “operasi militer khusus” Rusia —istilah yang digunakan Moskow untuk menggambarkan agresi militer Moskow di Ukraina— yang menekankan fokus pada penerapan di dunia nyata. 

    Tidak ada musuh tertentu yang disebutkan, tetapi lokasi dan cakupannya menunjukkan respons terhadap ancaman yang dirasakan Rusia di wilayah Baltik.

    Posisi unik Kaliningrad memperkuat signifikansi latihan-latihan ini.

    Dikelilingi oleh negara-negara anggota NATO, Polandia dan Lithuania, daerah kantong tersebut berfungsi sebagai pangkalan operasi terdepan bagi Rusia, yang menampung gabungan pasukan udara, laut, dan rudal.

    Laut Baltik, wilayah compact dengan garis pantai yang dimiliki oleh Estonia, Latvia, Lithuania, Polandia, Denmark, Jerman, dan Finlandia yang baru saja bergabung dengan NATO, telah lama menjadi titik nyala ketegangan Timur-Barat.

    Fokus kru pesawat Su-24M dalam menyerang infrastruktur penting dan target militer mencerminkan strategi pencegahan Rusia yang lebih luas, yang bertujuan melindungi sisi baratnya dari potensi serangan. 

    “Dengan melibatkan sekitar 10 pesawat, latihan ini berskala sederhana tetapi terkenal karena kompleksitasnya, menguji kemampuan Armada Baltik Rusia untuk melaksanakan rencana taktis terpadu dalam kondisi simulasi pertempuran,” papar laporan BM.

    JET PENGEBOM – Pesawat jet pengebom Su-24M Rusia yang menjadi bagian dari Armada Baltik, saat lepas landas. Rusia mengerahkan jet pengebom ini dalam latihan di kawasan Baltik di tengah ketegangan Moskow dengan negara-negara NATO, ditambah lokasi kaliningrad yang terhimpit negara-negara Barat.

    Seputar Penggunaan Su-24M oleh Militer Rusia

    Sejarah Su-24M memberikan konteks bagi perannya saat ini bagi militer Rusia. 

    Diperkenalkan pada tahun 1970-an, pesawat ini dirancang untuk serangan penetrasi dalam terhadap pasukan NATO selama Perang Dingin.

    Pesawat ini diketahui mampu membawa hingga 8 ton persenjataan, termasuk bom, roket, dan amunisi berpemandu presisi awal.

    Meskipun sudah tua, peningkatan seperti sistem navigasi dan penargetan yang lebih baik membuatnya tetap relevan, dengan radius tempur sekitar 600 kilometer—cukup untuk mencapai target di seluruh negara Baltik atau ke Polandia dari Kaliningrad.

    Kemampuan terbang di ketinggian rendah, yang sering kali di bawah deteksi radar, meningkatkan kemampuan bertahannya terhadap pertahanan udara, taktik yang mungkin diasah selama latihan baru-baru ini.

    Rusia telah mengerahkan Su-24 secara luas di Suriah dan Ukraina, tempat ia menargetkan infrastruktur militer dan sipil, menawarkan pengalaman praktis kepada awaknya yang sekarang dapat diterapkan dalam pelatihan.

    Sinyal Merah Putin Bagi Sayap Timur NATO 

    Analis pertahanan melihat latihan militer Armada Baltik Rusia ini sebagai sinyal merah dari Presiden Vladimir Putin bagi sayap timur NATO. 

    Estonia, Latvia, dan Lithuania—mantan negara republik Soviet yang menjadi sekutu NATO—terletak dalam jarak serang Kaliningrad, begitu pula Polandia, pemain kunci dalam strategi regional aliansi tersebut.

    Sejak 2014, NATO telah memperkuat kehadirannya di negara-negara ini melalui inisiatif Enhanced Forward Presence, dengan menempatkan kelompok tempur multinasional yang dipimpin oleh AS, Inggris, Jerman, dan Kanada.

    Negara-negara Baltik, dengan angkatan udara mereka sendiri yang terbatas, sangat bergantung pada misi pengawasan udara NATO yang diterbangkan dari pangkalan-pangkalan seperti Ämari di Estonia dan Šiauliai di Lithuania.

     Seorang pensiunan perwira Angkatan Udara AS, berbicara kepada Defense News, mencatat kalau kemampuan Su-24M Rusia sejalan dengan misi untuk mengganggu operasi pengawasan dan patroli NATO.

    Su-24M berpotensi menargetkan landasan pacu atau lokasi radar dalam keadaan krisis.

    “Ini adalah senjata yang ‘tumpul’, tetapi dapat menyelesaikan tugas,” katanya.

    Wilayah udara Laut Baltik yang padat menambah lapisan kompleksitas lainnya. NATO secara rutin melakukan latihan di sini, seperti latihan angkatan laut tahunan BALTOPS, yang melibatkan kapal dan pesawat dari berbagai anggota, termasuk Denmark dan Jerman. Rusia melawan dengan manuvernya sendiri, sering terbang dekat dengan wilayah udara NATO untuk menguji waktu respons.

    Su-24M telah terlibat dalam insiden semacam itu—terutama pada tahun 2016, ketika dua pesawat pengebom menabrak USS Donald Cook saat terbang rendah di atas Laut Baltik, yang memicu kecaman AS.

    Latihan terbaru ini, meskipun tidak secara langsung bersifat provokatif, sesuai dengan pola penegasan kendali atas wilayah tersebut.

    Seorang perwira angkatan laut Rusia, yang dikutip secara anonim oleh TASS, menggambarkan pelatihan tersebut sebagai “langkah rutin untuk menjaga kesiapan,”.

    Perwira Rusia tersebut membantah adanya niat eskalasi di kawasan tersebut.

    Pesawat Jet F-16 Angkatan Udara Ukraina di langit Ukraina pada Agustus 2024 (Angkatan Udara Ukraina via Defence Express)

    Jet Barat Vs Su-24M

    Dibandingkan dengan jet-jet milik Barat macam F-16 AS atau Tornado GR4 Inggris—keduanya sudah pensiun atau tidak lagi digunakan dalam beberapa armada—Su-24M memang tidak memiliki kemampuan siluman.

    Namun, kelemahan itu diimbangi dengan kecepatan dan kemampuan muatan Su-24M.

    F-16, dengan radius tempur lebih dari 500 kilometer dan amunisi berpemandu presisi, unggul dalam hal fleksibilitas, sementara Su-24M mengandalkan daya tembak mentah dan penetrasi tingkat rendah.

    Pertahanan NATO modern, seperti Patriot PAC-3 atau NASAMS Norwegia, dapat mematahkan kemampuan bertahan pesawat tua ini, terutama mengingat sistem pertahanan elektroniknya yang sudah ketinggalan zaman.

    “Namun, kemampuan Su-24M untuk menyerang dengan cepat dari Kaliningrad membuatnya tetap relevan, terutama terhadap target yang lebih lunak seperti infrastruktur atau formasi pasukan, seperti yang dipraktikkan dalam latihan,” tulis BM.

    Penekanan latihan pada koordinasi awak mencerminkan tren yang lebih luas dalam doktrin militer Rusia.

    Pelajaran dari Ukraina, di mana dukungan udara sangat penting tetapi sering terhambat oleh pertahanan udara Ukraina, tampaknya menjadi dasar pelatihan.

    Siaran pers Armada Baltik, yang dikutip oleh TASS, menekankan kerja sama tim di seluruh unit udara dan darat, sebagai bentuk penghormatan terhadap peperangan hibrida yang terlihat di Eropa Timur.

    Pilot berlatih manuver mengelak dan mengidentifikasi target, keterampilan yang sangat penting di wilayah udara yang diperebutkan di mana pesawat tempur NATO seperti Eurofighter Typhoon atau F-35 dapat merespons dengan cepat.

    Seorang analis pertahanan Eropa, yang diwawancarai oleh Jane’s Defence Weekly, menyatakan bahwa Rusia bermaksud menutupi kelemahan usia tua Su-24M dengan kecakapan pilot.

    “Mereka memanfaatkan setiap kemampuan dari platform lama,” katanya.

    Reaksi Negara-Negara NATO

    Reaksi regional beragam. Kementerian Pertahanan Lithuania mengeluarkan pernyataan singkat kepada Reuters, mengakui latihan tersebut tetapi menolak berspekulasi mengenai tujuannya, hanya mencatat bahwa NATO memantau aktivitas Rusia dengan ketat.

    Estonia dan Latvia, yang sering menjadi sasaran penerbangan Rusia, belum berkomentar secara terbuka, meskipun ketergantungan mereka pada pencegahan NATO tetap jelas.

    Sementara itu, Polandia telah meningkatkan pertahanan udaranya sendiri, dengan mengerahkan sistem HIMARS dan Patriot yang dipasok AS dalam beberapa tahun terakhir, sebuah langkah yang dipandang sebagai penyeimbang bagi persenjataan Kaliningrad.

    “Kami siap menghadapi skenario apa pun,” kata seorang juru bicara militer Polandia kepada kantor berita PAP, yang mencerminkan kewaspadaan Warsawa.

    Obrolan publik di platform seperti X menawarkan pandangan sekilas ke persepsi yang lebih luas. Beberapa pengguna menganggap latihan itu sebagai rutinitas.

    Seorang netizen menulis, “Pedoman lama Kaliningrad yang sama—tidak ada yang baru di sini.”

    Netizen lain melihatnya sebagai upaya melawan NATO, dengan tulisan, “Su-24 terbang di Baltik lagi? Rusia tidak cerdik.”

    Tanpa komentar resmi NATO, dampak langsung latihan ini masih bersifat spekulatif, tetapi waktunya di tengah ketegangan Timur-Barat yang sedang berlangsung memastikan bahwa latihan ini tidak akan luput dari perhatian.

    Pesawat Tua yang Tetap Jadi Ancaman

    Riwayat operasional Su-24M di Baltik tidaklah sempurna.

    Pada tahun 2014, sebuah kecelakaan selama penerbangan pelatihan di dekat Kaliningrad menewaskan kedua awaknya, sehingga menimbulkan pertanyaan tentang perawatan dan keandalannya.

    Upaya modernisasi telah meningkatkan armada, meskipun jumlah pasti yang beroperasi tidak jelas—perkiraan dari Institut Internasional untuk Studi Strategis menunjukkan Rusia mengoperasikan sekitar 100 Su-24 di semua cabang, dengan sebagian kecil ditugaskan ke Baltik.

    Keberhasilan latihan tersebut, dengan lebih dari 50 target yang berhasil dihantam, menunjukkan bahwa pesawat tersebut tetap berfungsi, meskipun efektivitasnya terhadap pertahanan mutakhir masih diperdebatkan.

    Sebuah laporan tahun 2023 oleh Center for Naval Analyses mencatat bahwa meskipun Su-24M masih dapat mengancam aset yang tidak terlindungi, hari-harinya sebagai penyerang garis depan sudah dihitung.

     Ke depannya, ketergantungan Armada Baltik pada Su-24M mungkin akan bergeser seiring Rusia memperkenalkan platform baru seperti Su-34 atau Su-57, meskipun kendala anggaran dan penundaan produksi telah memperlambat transisi tersebut.

     Untuk saat ini, pesawat pengebom tersebut berfungsi sebagai pekerja keras, menjembatani kesenjangan antara warisan Soviet dan kebutuhan modern. Perannya dalam latihan tersebut menggarisbawahi pendekatan pragmatis—memaksimalkan aset yang ada untuk memproyeksikan kekuatan di kawasan tempat kehadiran NATO terus tumbuh.

    Latihan yang berfokus pada sasaran ekonomi juga mengisyaratkan strategi gangguan, yang bertujuan untuk menimbulkan kerusakan maksimum dalam konflik hipotetis tanpa memerlukan teknologi canggih.

    “Saat debu mulai mereda di tempat latihan dekat Kaliningrad, kemampuan Armada Baltik tetap menjadi fokus bagi Rusia dan negara-negara tetangganya. Latihan ini, meskipun tidak mengubah keadaan, memperkuat komitmen Moskow untuk mempertahankan pos terdepannya di wilayah barat,” tulis ulasan BM.

    Apakah hal itu akan mengubah keseimbangan di Laut Baltik? Itu bergantung pada respons NATO dan langkah Rusia selanjutnya.

    “Untuk saat ini, awak Su-24M telah mengasah keterampilan mereka, sehingga papan catur strategis di kawasan itu tetap tegang seperti sebelumnya,” tutup ulasan tersebut.

     

     

  • Pedagang Pasar Tanah Abang Ngeluh Penjualan Lebaran 2025 Anjlok 50%

    Pedagang Pasar Tanah Abang Ngeluh Penjualan Lebaran 2025 Anjlok 50%

    Bisnis.com, JAKARTA — Pedagang pakaian di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat mengeluh bahwa penjualan jelang Lebaran 2025 menurun dibandingkan penjualan jelang Lebaran 2024.

    Destiana (20), karyawan di salah satu toko penjual pakaian perempuan hingga anak di Lantai 1 Blok C Central Tanah Abang, mengungkapkan terjadi penurunan penjualan sekitar 50% pada Lebaran tahun ini dibandingkan Lebaran tahun lalu.

    Perempuan yang sudah berdagang di Tanah Abang sejak 2023 itu mengaku kini omzet kotor tokonya rata-rata Rp10 juta per hari. Menurutnya, penurunan pengunjung di Pasar Tanah Abang sudah mulai terjadi sejak Agustus 2024.

    “[Jelang Lebaran 2025] biasa aja, kayak hari-hari biasa. Jauh banget menurunnya,” kata Desti saat ditemui Bisnis di Pasar Tanah Abang, Jumat (28/3/2025).

    Senada, penurunan omzet juga dialami Rendi (21), salah satu karyawan di toko penjual kerudung di Jembatan Penyeberangan Multiguna Tanah Abang.

    Dia tidak menampik bahwa terjadi peningkatan pengunjung jelang Lebaran kali ini. Hanya saja, peningkatannya tidak sesignifikan tahun lalu.

    “Mendingan [Lebaran] tahun kemarin. Kalau tahun sekarang turun,” ungkap Rendi saat ditemui Bisnis, Jumat (23/3/2025).

    Padahal, sambungnya, omzet rata-rata per hari tokonya jelang Lebaran 2024 bisa mencapai Rp4 juta namun kini sekitar Rp1 juta.

    Pria yang sudah berdagang di Pasar Tanah Abang sejak 2020 itu pun berharap adanya upaya promosi yang lebih dari pemerintah provinsi. Selain itu, dia berharap ada kemudahan pendanaan bagi warga yang ingin membuka toko sendiri.

    Tanah Abang Tetap Padat

    Pantauan Bisnis di lokasi pada siang hingga sore hari, ribuan masyarakat mulai hilir mudik di Pasar Tanah Abang pada H-3 Lebaran. Mulai dari Jembatan Penyeberangan Multiguna hingga Gedung Central Tanah Abang, orang-orang harus berjalan selangkah demi selangkah karena kepadatan pengunjung.

    Sejak dulu, Pasar Tanah Abang memang kerap menjadi pilih favorit penduduk Jakarta dan sekitarnya untuk membeli pakaian terutama jelang Lebaran. Sebagai salah satu pasar grosir terbesar di Asia Tenggara, Pasar Tanah Abang memang menyediakan berbagai pilihan mode baju hingga celana.

    Nadia (21) misalnya, rela datang dari Tangerang Selatan untuk berburu baju Lebaran di Pasar Tanah Abang. Bahkan, ini pertama kalinya Nadia berbelanja di Pasar Tanah Abang.

    Dia tidak menampik bahwa sekarang sudah lebih mudah berbelanja melalui pasar daring (online). Kendati demikian, Nadia mengaku lebih suka berbelanja langsung.

    “Beli di tokonya langsung itu lebih bisa nawar, terus kalau beli online juga barangnya lama nyampai,” ujarnya saat ditemui Bisnis usai berbelanja di Pasar Tanah Abang, Jumat (28/3/2025).

    Sementara dari sisi harga, Nadia mengungkapkan tidak ada selisih yang jauh beda dari toko daring dan toko langsung di Pasar Tanah Abang.

    Dia tidak menyangka Pasar Tanah Abang bisa sangat ramai. Kendati demikian, secara umum dia menyatakan puas berbelanja di Pasar Tanah Abang.