provinsi: BANTEN

  • Peringati Hari Ibu, Kaum Perempuan Diajak Lebih Waspada Terhadap Thalasemia Beta Major – Halaman all

    Peringati Hari Ibu, Kaum Perempuan Diajak Lebih Waspada Terhadap Thalasemia Beta Major – Halaman all

    Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

    TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Hari Ibu diperingati setiap tahun untuk menghargai dan merayakan peran ibu dalam kehidupan keluarga dan masyarakat.

    Di perayaan Hari Ibu tahun ini, para ibu diajak lebih peduli terhadap risiko penyakit thalasemia beta mayor.

    Talasemia adalah kelainan darah genetik yang menyebabkan tubuh tidak dapat memproduksi hemoglobin dalam jumlah yang cukup untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh.

    Akibatnya, penderita harus menjalani perawatan medis jangka panjang, seperti transfusi darah, yang sering kali memerlukan perhatian dan pengelolaan yang intens.

    Penderita talasemia membutuhkan perawatan seumur hidup dan sangat bergantung pada dukungan keluarga, terutama sosok ibu, yang berperan dalam memberikan kekuatan fisik

    WOMB Women’s Community menggelar edukasi tentang thalasemia beta major ini dengan mengangkat tema Light of Hope: Mother You Ae an Angel di Alam Sutera, Tangerang, Kamis 12 Desember 2024.

    Menurut Julia Margareth selaku Founder dan Mike Yulianti Co-Founder, kegiatan edukasi tentang Beta Major Thalasemia ini diikuti oleh lebih dari 100 orang anggota dan mengajak mereka menjadi penolong bagi anak-anak Beta Major Thalasemia dengan berkomitmen menjadi pendonor darah tetap bagi satu anak Beta Major Thalasemia.

    Acara edukasi ini mendatangkan Mumbai Apollo Hospital di India melalui DR Punit Jain yang memberikan pengertian secara detail tentang Beta Major Thalasemia dan bagaimana perawatannya.

    Tasya Widya Krisnadi, salah satu direktur Pendopo, grup Kawan Lama turut ambil bagian dengan memberikan dukungan kepada lebih dari 250 UKM di seluruh Indonesia sekaligus menunjukkan peran wanita adalah salah satu tonggak pendidikan dan penguat ekonomi dalam keluarga.

     Julia Margareth menjelaskan, WOMB Women’s Community, selama satu tahun pertama telah berhasil menggerakkan para wanita untuk dapat menggali potensi mereka, berkontribusi melalui ketrampilan yang mereka miliki melalui berbagai ketrampilan seperti MUA  (MakeUp Artist), Pembelajaran Bahasa English, Memasak, Public Speaking, Pengelolaan Financial dan lainnya.

     “Kami percaya bahwa kekuatan dan dukungan seorang ibu tidak hanya terletak pada peranannya dalam keluarga, tetapi juga pada kemampuannya untuk menciptakan perubahan dan dorongan yang lebih besar,” kata Julia Margareth, founder WOMB Women’s Community.

     

     

  • Toyota Sulap Hilux Rangga Jadi Mobile Service, Kawal Libur Nataru 2024

    Toyota Sulap Hilux Rangga Jadi Mobile Service, Kawal Libur Nataru 2024

    Jakarta

    Demi memberi kenyamanan saat berkendara setiap libur Natal dan Tahun Baru, Toyota kembali menggelar program tahunan Toyota Posko Siaga. Tahun ini tercatat ada 5 lokasi Toyota Posko Siaga 24 jam, dan dipastikan 300 Toyota Bengkel Siaga tetap beroperasi normal di hari libur Nataru 2024. Layanan Siaga Toyota ini akan beroperasi pada tanggal 21 Desember 2024 – 1 Januari 2025.

    Menariknya, mobil komersial terbaru Toyota Hilux Rangga ikut bersiaga melayani konsumen. Toyota menyulap All New Hilux Rangga menjadi mobile Service untuk mendukung mobilitas dan services bagi pelanggan Toyota.

    “Toyota menjaga mobilitas pelanggan di masa libur Natal dan Tahun Baru 2025 pada tanggal 21 Desember 2024 – 1 Januari 2025 dengan menghadirkan 5 Toyota Posko Siaga yang bersiap selama 24 jam dan 300 Toyota Bengkel Siaga yang tetap buka di hari libur Natal dan Tahun Baru. Berikan Total Peace of Mind, kami ingin memberikan total ownership experience terbaik kepada pelanggan, tanpa khawatir terkendala teknis kendaraan dimanapun berada,” jelas Marketing Director PT. Toyota-Astra Motor (TAM), Anton Jimmi Suwandy.

    All New Hilux Rangga dikonversi sebagai Toyota Mobile Service (TMS) yang akan menggantikan Toyota Transmover dengan tambahan kemudahan seperti pemasangan aksesoris dan perawatan menggunakan Toyota Car Care (interior dan eksterior). TMS memberikan kemudahan servis berkala dan perbaikan ringan dalam segi waktu dan lokasi yang lebih fleksibel. Layanan TMS ini dapat diakses customer dengan melakukan booking dan pemesanan terlebih dahulu ke dealer terdekat.

    Bentuk konversi lain dari Hilux Rangga adalah dirombak sebagai Toyota EV Mobile Charging (TEMC). Mengandalkan ultra fast charging equipment yang aman ketika harus dibawa keliling setiap hari, mobil niaga serbaguna dengan mobilitas tinggi ini memberikan layanan isi daya baterai EV milik BEV Toyota dalam situasi darurat. Saat ini, layanan tersebut baru mengcover wilayah Jabodetabek, pelanggan yang membutuhkannya dapat menghubungi Customer Center di 1-500-315 atau WhatsApp TARRA di 0811-1500-315.

    “Toyota memperluas konversi All New Hilux Rangga menjadi unit Toyota Mobile Service (TMS) untuk memberikan kemudahan layanan servis berkala dan perbaikan ringan mobil Toyota, ke tempat pelanggan dan tanpa biaya tambahan. Gantikan Toyota Transmover, TMS menggunakan basis All New Hilux Rangga Cab & Chassis Standard 2.4 Diesel MT yang diyakini sangat andal dan tangguh ketika harus mengunjungi pelanggan di perkotaan, pedesaan, hingga pelosok wilayah,” Anton Jimmi Suwandy menambahkan.

    Demi coba memberi kenyamanan saat berkendara setiap libur Natal dan Tahun Bar. Tahun ini Toyota kembali menggelar program tahunan Toyota Posko Siaga. Foto: dok.Toyota Indonesia

    Program tahunan Toyota kali ini juga menghadirkan Total Ownership Experience, Toyota selalu berusaha menawarkan solusi terbaik dan menyeluruh bagi pelanggan. Berikan kemudahan servis berkala, Toyota menghadirkan program T-CARE dalam bentuk bebas biaya jasa (free labor) dan suku cadang (free parts) sampai dengan servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 km) beserta keuntungan perpanjangan Toyota Warranty(Extended Warranty) 1 tahun / 20.000 km, dengan catatan pelanggan rutin servis berkala setiap 6 bulan sekali di bengkel resmi Toyota.

    Pemilik LCGC disediakan opsi dua program, yakni T-CARE Lite dan T-CARE Lite+. T-CARE Lite merupakan program bebas biaya jasa (free labor) sampai dengan servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 km). Sementara T-CARE Lite+ merupakan paket hemat tambahan suku cadang dari servis berkala ke-2 sampai ke-7 (maksimal 3 tahun / 60.000 km) khusus untuk LCGC. Keuntungan perpanjangan Toyota Warranty(Extended Warranty) 1 tahun / 20.000 km, tetap dapat dimanfaatkan oleh pelanggan dengan syarat sama, rutin servis berkala.

    Setelah masa T-CARE berakhir, pelanggan tetap dapat merawat kendaraan dengan kualitas terbaik. Pelanggan dapat memilih servis di bengkel resmi Toyota dengan Toyota Genuine Part atau nikmati fleksibilitas dengan T-OPT Part yang tersedia di seluruh OtoXpert dan Toyota Part Shop Partner di seluruh Indonesia.

    Tidak hanya layanan servis rutin, di momen liburan Natal dan Tahun Baru Toyota menyediakan Toyota Posko Siaga beroperasi selama 24 jam di 5 lokasi strategis dan mudah dijangkau. Tim teknisi siap memberikan layanan servis berkala mobil Toyota dan perbaikan ringan yang masih dapat dilakukan di posko

    Daftar Lokasi Toyota Posko Siaga 24 Jam Untuk Mendukung Liburan Nataru 2025:

    1. Posko Kampar di Jl Raya Sumbar, Tj. Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau (Mesjid Emirat) 08117686966 https://maps.app.goo.gl/Y2djDpsDVe6RCu52A

    2. Ungaran di rest Area Ungaran KM 429 A, Susukan, Kec, Ungaran Timur, Kab. Semarang, Jawa Tengah 50516 088226911011 https://maps.app.goo.gl/bqxo1xY88hbHjhMS9

    3. Serang di rest Area KM 68, Toll Merak, Banjaragung, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang 087782652000 https://maps.app.goo.gl/XdFmgrP99yedocGy6

    4. Cikampek di KM 57+500 Jl. Tol Jakarta – Cikampek, Karawang Wetan, Kec. Karawang Timur, Karawang, Jawa Barat 41371 081320001457 https://maps.app.goo.gl/zJqohLg5aGZfucYt7

    5. Probolinggo di SPBU 54 683 10 / Restaurant Utama Raya Jl. Raya Banyuglugur – Situbondo (3 KM arah timur PLTU Paiton) 081252130765 https://maps.app.goo.gl/8XWf5G1NYPocxz3X8

    (lth/dry)

  • Ukraina Serang Rylsk Kursk Rusia dengan Roket AS HIMARS

    Ukraina Serang Rylsk Kursk Rusia dengan Roket AS HIMARS

    JAKARTA – Komite Investigasi Rusia menyebut serangan rudal Ukraina di Rylsk, Kursk, Rusia menewaskan banyak orang.

    Penjabat gubernur wilayah tersebut, Alexander Khinshtein, mengatakan Ukraina menembakkan roket HIMARS yang dipasok AS, merusak beberapa bangunan termasuk sekolah, pusat rekreasi, dan tempat tinggal pribadi.

    Tapi otoritas Rusia tak menyebut berapa jumlah korban tewas.

    “Saya memahami betapa sulitnya melihat kampung halaman dalam situasi sulit seperti ini,” tulis Khinshtein lewat saluran Telegram dilansir Reuters, Jumat, 20 Desember.

    “Tetapi kita akan mengatasinya bersama-sama. Semua bantuan yang diperlukan untuk para korban akan diberikan,” imbuhnya.

    Khinshtein mengatakan Ukraina terus menyerang daerah tersebut, sehingga mempersulit pergerakan pekerja darurat.

    Rylsk berjarak sekitar 16 mil (26 km) dari perbatasan dengan wilayah Sumy di Ukraina.

    Laporan yang belum dikonfirmasi oleh saluran Mash Telegram, yang dekat dengan penegak hukum Rusia, menyebutkan tujuh orang tewas dalam serangan rudal tersebut, termasuk satu anak.

    Pasukan Ukraina masih menguasai sebagian wilayah Kursk setelah menyerbu perbatasan dalam serangan mendadak pada 6 Agustus.

    Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan dalam konferensi pers tahunannya pada Kamis, pasukan Ukraina bakal diusir dari Kursk.

    Ukraina menuduh Kyiv sengaja menargetkan warga sipil dalam serangan tersebut.

  • Toyota Siagakan Posko dan Mobil Servis Hilux Rangga Saat Mudik Nataru

    Toyota Siagakan Posko dan Mobil Servis Hilux Rangga Saat Mudik Nataru

    Jakarta, CNN Indonesia

    PT Toyota-Astra Motor (TAM) membuka layanan program Toyota Posko Siaga selama liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024. Mobil komersial Rangga dikerahkan untuk menunjang layanan berjalan.

    Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy menjelaskan setidaknya total ada lima titik pelayanan servis dan 300 Toyota Bengkel Siaga tetap beroperasi normal di hari libur Natal hingga Tahun Baru 2025.

    “Layanan Siaga Toyota ini akan beroperasi pada tanggal 21 Desember 2024 – 1 Januari 2025,” kata Anton dalam keterangan resminya, Jumat (20/12).

    Toyota juga memberikan kemudahan servis berkala dengan menghadirkan program T-CARE dalam bentuk bebas biaya jasa dan suku cadang (free parts) sampai dengan servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun/60.000 kilometer) beserta keuntungan perpanjangan Toyota Warranty (Extended Warranty) 1 tahun/20.000 kilometer.

    Namun bebas biaya jasa servis ini dengan catatan pelanggan rutin servis berkala setiap 6 bulan sekali di bengkel resmi Toyota.

    Khusus pemilik LCGC disediakan opsi dua program, yakni T-CARE Lite dan T-CARE Lite+.

    T-CARE Lite merupakan program bebas biaya jasa (free labor) sampai dengan servis berkala ke-7 (maksimal 3 tahun/60.000 km).

    Sementara T-CARE Lite+ merupakan paket hemat tambahan suku cadang dari servis berkala ke-2 sampai ke-7 (maksimal 3 tahun/60.000 kilometer) khusus untuk LCGC.

    Tidak hanya layanan servis rutin, di momen liburan Natal dan Tahun Baru Toyota menyediakan Toyota Posko Siaga beroperasi selama 24 jam di 5 lokasi strategis dan mudah dijangkau.

    Tim teknisi diklaim Toyota siap memberikan layanan servis berkala mobil dan perbaikan ringan yang masih dapat dilakukan di posko.

    “Toyota menjaga mobilitas pelanggan di masa libur Natal dan Tahun Baru 2025 pada tanggal 21 Desember 2024 – 1 Januari 2025 dengan menghadirkan 5 Toyota Posko Siaga yang bersiap selama 24 jam dan 300 Toyota Bengkel Siaga yang tetap buka di hari libur Natal dan Tahun Baru,” kata Anton.

    Pemilik mobil Toyota dapat melakukan general check-up kendaraan secara gratis di Toyota Posko Siaga yang beroperasi selama 24 jam.

    Pemeriksaan yang dilakukan meliputi Tire, Wiper Water Level, Brake System, Oil Condition, Accu, Exterior-interior Lamp dan Undercarriage dengan biaya jasa dan genuine spare part sama dengan bengkel resmi Toyota, pengunjung yang melakukan servis Toyota Posko Siaga akan memperoleh keuntungan tambahan yakni diskon biaya jasa 25 persen dan gratis TMO Glass Cleaner selama persediaan masih ada.

    Selain itu, pemilik mobil Toyota yang telah melakukan servis berkala atau perbaikan ringan, diberikan kesempatan untuk mendapatkan e-wallet dengan melakukan aktivasi aplikasi m-TOYOTA dan scan QR code.

    Sebagai salah satu tol tersibuk di Indonesia, Toyota menyediakan Toyota Posko Siaga di Cikampek, tepatnya rest area KM 57A yang siap beroperasi melayani pelanggan pada 20 Desember 2024-1 Januari 2025, sementara posko lainnya pada 21 Desember 2024-1 Januari 2025.

    Toyota menyediakan lima titik layanan servis, 300 bengkel Toyota Siaga dan mengubah pikap Hilux Rangga menjadi mobil servis keliling. (Toyota Astra Motor)

    Pikap Rangga dikonversi jadi mobile service

    Toyota juga mengerahkan All New Hilux Rangga yang dikonversi sebagai Toyota Mobile Service (TMS). Layanan ini bisa dimanfaatkan penggguna Toyota untuk servis berkala dan perbaikan ringan.

    Layanan TMS ini dapat diakses customer dengan melakukan booking dan pemesanan terlebih dahulu ke dealer terdekat.

    Selain memberikan layanan untuk servis ringan, Toyota lewat Hilux Rangga ini juga dirombak sebagai Toyota EV Mobile Charging (TEMC) atau pengisian mobil listrik berjalan.

    Pengecasan di Hilux Rangga ini mengandalkan ultra fast charging yang diklaim aman ketika harus dibawa keliling setiap hari.

    Mobil niaga serbaguna dengan mobilitas tinggi ini memberikan layanan isi daya baterai EV milik BEV Toyota dalam situasi darurat.

    Namun layanan ini baru bisa meng-cover wilayah Jabodetabek. Bagi pelanggan yang membutuhkannya dapat menghubungi Customer Center di 1-500-315 atau WhatsApp TARRA di 0811-1500-315.

    Daftar Lokasi Toyota Posko Siaga 24 Jam Nataru

    Kampar
    Jl Raya Sumbar, Tj. Alai, Kec. XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, Riau (Mesjid Emirat), 08117686966

    Ungaran
    Rest Area Ungaran KM 429 A, Susukan, Kec, Ungaran Timur, Kab. Semarang, Jawa Tengah 50516, 088226911011

    Serang
    Rest Area KM 68, Toll Merak, Banjaragung, Kec. Cipocok Jaya, Kota Serang, 087782652000

    Cikampek
    KM 57+500 Jl. Tol Jakarta – Cikampek, Karawang Wetan, Kec. Karawang Timur, Karawang, Jawa Barat 41371, 081320001457

    Probolinggo
    SPBU 54 683 10 / Restaurant Utama Raya Jl. Raya Banyuglugur – Situbondo (3 KM arah timur PLTU Paiton), 081252130765

    (can/fea)

    [Gambas:Video CNN]

  • Transjakarta mulai esok melayani empat terminal sampai jam 23.00

    Transjakarta mulai esok melayani empat terminal sampai jam 23.00

    Calon penumpang berjalan menuju bus di Terminal Kalideres, Jakarta, Senin (16/12/2024). Dinas Perhubungab DKI Jakarta menyiapkan empat terminal tipe A, di antaranya Terminal Kalideres, Terminal Tanjung Priok, Terminal Pulogebang, dan Terminal Kampung Rambutan guna mengantisipasi lonjakan penumpang saat masa liburan Natal dan Tahun Baru 2025. ANTARA FOTO/Alif Bintang/app/Spt.

    Transjakarta mulai esok melayani empat terminal sampai jam 23.00
    Dalam Negeri   
    Editor: Novelia Tri Ananda   
    Jumat, 20 Desember 2024 – 14:35 WIB

    Elshinta.com – PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mulai 21 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025 memberlakukan waktu layanan pada sejumlah rute menuju empat terminal besar hingga pukul 23.00 WIB atau satu jam lebih lama dibandingkan biasanya. Penambahan waktu layanan ini untuk armada bus raya terpadu/bus rapid transit (BRT), non-BRT, dan mikrotrans yang melewati atau menuju terminal Tanjung Priok, terminal Kalideres, terminal Pulo Gebang, dan terminal Kampung Rambutan.

    Kepala Departemen Humas dan CSR Transjakarta Ayu Wardhani di Jakarta, Jumat, mengatakan kebijakan tersebut diambil guna memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat, dari dan menuju empat terminal utama di masa liburan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

    Layanan nantinya beroperasi mulai pukul 05.00 – 23.00 WIB. Adapun sejumlah rute yang dilakukan perpanjangan yakni yang melayani Terminal Tanjung Priok: Koridor 10 (Tanjung Priok – PGC), Rute 10A (Rusun Marunda – Tanjung Priok), Rute 10D (Kampung Rambutan – Tanjung Priok), Rute 10H (Tanjung Priok – Bundaran Senayan).

    Lalu, Koridor 12 (Tanjung Priok – Pluit), Rute 14B (Tanjung Priok – Senen via JIS), JAK.115 (Term. Tanjung Priok – Pegangsaan II IGI), JAK.117 (Tanjung Priok – Tanah Merdeka), JAK.15 (Term. Tanjung Priok – Rusun Marunda).

    Kemudian, JAK.29 (Tanjung Priok – Sukapura), JAK. 77 (Tanjung Priok – Jembatan Item), JAK. 87 (Term. Tanjung Priok – Terminal Rawamangun), JAK. 88 (Term. Tanjung Priok – Ancol Barat), JAK.89 (Term. Tanjung Priok – Taman Kota Intan), dan JAK. 90 (Term. Tanjung Priok – Rusun Kemayoran).

    Selanjutnya, yang melayani Terminal Kalideres yaitu: Koridor 3 (Kalideres – Monas via Veteran), Rute 3A (Rusun Pesakih – Kalideres), Rute 3F (Kalideres – Senayan Bank DKI), JAK.50 (Kalideres – Puri Kembangan), JAK.52 (Kalideres – Muara Angke), dan SH21 (Kalideres – Perkantoran Soekarno-Hatta.

    Berikutnya, yang melayani Terminal Pulo Gebang antara lain Koridor 11 (Pulo Gebang – Kampung Melayu), Rute 11D (Pulo Gebang – Pulo Gadung via PIK), Rute 11Q (Kampung Melayu – Pulo Gebang via BKT), JAK.100 (Term. Pulo Gebang – Rusun Pinus Elok), JAK110A (Rusun Marunda – Term. Terpadu Pulo Gebang), JAK.27 (Pulo Gebang – Rorotan), dan JAK.40 (Harapan Baru – Pulo Gebang via Rawa Kuning).

    Terakhir, yang melayani Terminal Kampung Rambutan yaitu Rute 10D (Kampung Rambutan – Tanjung Priok), Koridor 7 (Kampung Rambutan – Kampung Melayu), Rute 7A (Kampung Rambutan – Lebak Bulus), Rute 7B (Kampung Rambutan – Blok M). Lalu, Rute 7E (Kampung Rambutan – Ragunan), Rute 7F (Kampung Rambutan – Juanda via Cempaka Putih), S22 (Ciputat – Kampung Rambutan), JAK.06 (Kampung Rambutan – Pondok Gede), JAK.19 (Pinang Ranti – Kampung Rambutan).

    Kemudian, JAK.38 (Bulak Ringin – Kampung Rambutan), JAK.71 (Kampung Rambutan – Pinang Ranti), JAK.72 (Kampung Rambutan – Pasar Rebo via Poncol), dan JAK.98 (Term. Kampung Rambutan – Munjul).

    Sumber : Antara

  • Terapkan Teknologi ATRS di Bandara Soetta, Bos InJourney Airport: Pemeriksaan jadi Lebih Cepat

    Terapkan Teknologi ATRS di Bandara Soetta, Bos InJourney Airport: Pemeriksaan jadi Lebih Cepat

    TANGERANG – PT Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports menerapkan teknologi Automated Tray Returned System (ATRS) di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta.

    Dengan teknologi tersebut pemeriksaan menjadi jauh lebih cepat dari sebelumnya.

    Teknologi ATRS ini ditempatkan dalam area security checkpoint sebelum penumpang pesawat memasuki ruang tunggu boarding penerbangan.

    Direktur Utama InJourney Airport Faik Fahmi menjelaskan, dengan penerapan teknologi ATRS di security checkpoint ini, penumpang yang datang tak perlu lagi mengeluarkan barang elektronik maupun air mineral dari dalam tas yang dibawa.

    “Jadi prosesnya itu bisa cepat, karena apa? penumpang yang datang tidak perlu mengeluarkan laptop. Tidak perlu mengeluarkan air mineral, jadi langsung bisa dideteksi melalui sistem yang kita punya,” katanya di Bandara Terminal 3 Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Jumat, 20 Desember.

    Lebih lanjut, Faik menjelaskan jika memang nantinya barang bawaan penumpang memerlukan pemeriksaan lebih lanjut, akan ada berpindah ke jalur khusus sehingga tidak akan mengganggu antrean di belakangnya.

    “Kalau ada bagasi (barang bawaan) yang perlu diperiksa, itu juga akan langsung berpindah ke jalur khusus. Jadi tidak mengganggu orang yang ada di belakangnya,” jelasnya.

    Faik juga bilang dengan teknologi ATRS ini dapat meningkatakan pelayanan menjadi 500 orang per satu jam. Sementara sebelumnya hanya 200 orang saja.

    “Karena kalau yang biasa itu sejam paling cuma 200 orang. Kalau yang ini (ATRS) sejam bisa 500 orang. Bahkan kalau petugasnya udah lebih canggih, udah terbiasa, mungkin bisa sampai 600,” katanya.

    “Jadi harapannya dengan konsep ATRS yang terbaru ini. Flow penumpang yang selama ini banyak menjadi konsep penumpang karena numpuk di area SCP (Security Checkpoint) ini sudah bisa terselesaikan,” sambungnya.

    Saat ini, kata Faik, ada dua alat ATRS yang dipasang di Bandara Soetta. Dimana tahap awal penggunaan teknologi ini hanya untuk security checkpoint di penerbangan domestik.

    “Ini sementara kita dua dulu, nanti kita evaluasi. Tapi yang jelas nanti kita akan kembangkan juga termasuk di internasional. Untuk di bandara-bandara kita yang lain,” tuturnya.

  • Gasspoll FC Ukir Sejarah, Komunitas Fun Football Pertama Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo

    Gasspoll FC Ukir Sejarah, Komunitas Fun Football Pertama Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo

    Liputan6.com, Jakarta – Fenomena Fun Football saat ini tengah menjadi tren besar di Indonesia. Hampir setiap daerah memiliki komunitas Fun Football yang menawarkan pengalaman bermain sepak bola dengan pendekatan santai, penuh keseruan, dan tanpa tekanan kompetisi.

    Tren ini tak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga sarana networking, rekreasi, dan mempererat silaturahmi antar anggota. 

    Dalam ekosistem Fun Football yang semakin berkembang, salah satu komunitas yang menonjol adalah GASSPOLL FC, yang mencatatkan sejarah sebagai komunitas Fun Football pertama yang bermain di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya.

    Stadion Gelora Bung Tomo, yang direnovasi dan dipersiapkan untuk perhelatan FIFA World Cup U-17 pada tahun 2023, dikenal sebagai salah satu stadion terbaik di Indonesia. Dengan tribun megah dan rumput berstandar internasional, stadion ini menjadi mimpi banyak pemain untuk merasakan atmosfer bermain di dalamnya. 

    Pada Sabtu, 14 Desember 2024, mimpi tersebut menjadi kenyataan bagi GASSPOLL FC sebuah komunitas Fun Football, dengan 23 member yang bergabung pada event ini terdiri dari : Shofiullah – Cirebon, Budi – Bojonegoro, Irfan Acu – Bogor, Kurniawan Ade – Bogor, Firman Aris – Bogor, Wahyu – Bojonegoro, Rudi – Bogor, Rezaq – Bekasi, Ruwi – Sukabumi, RP17 – Bogor, Prio – Kediri, Ikhwan – Cirebon, Ferdy – Surabaya, Dhio – Bogor, Andriyanto – Bogor, Daniel – Bogor, Edo Nizar – Bogor, Andri Datoy – Bogor, Bagol – Bogor, Veriandes – Bekasi, Doddy – Jakarta, Fachry – Bekasi, D’maz – Bekasi.

    Pasalnya, tak hanya di Gelora Bung Tomo, GASSPOLL FC memiliki rekam jejak panjang dalam menjelajahi berbagai stadion besar di Indonesia yang biasanya digunakan oleh klub profesional dan Timnas Indonesia. Beberapa pencapaian lainnya meliputi:

    Jakarta International Stadium (JIS): Komunitas Fun Football pertama yang bermain sejak stadion ini resmi dibuka untuk umum, bahkan hingga tiga kali kesempatan.

    Stadion Batakan, Kalimantan

    New Training Center Bali United

    Stadion Seruni, Cilegon

    Bermain dua kali di stadion-stadion ikonik seperti Stadion I Wayan Dipta (Bali) Stadion Gelora Bung Karno (Jakarta) dan Stadion Kebogiro (Boyolali)

    Stadion-stadion lainnya termasuk Stadion Pakansari (Bogor), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Mandala Krida (Yogyakarta), Stadion Arcamanik (Bandung), Stadion Madya Senayan, Stadion Sidolig (Bandung), Stadion RAA Adiwihaya (Garut), Stadion Tri Sanja (Tegal)

    GASSPOLL FC dikenal dengan pengelolaan komunitas yang profesional dan inovatif. Mereka berbadan hukum resmi dan memiliki branding yang sudah terdaftar di HAKI. Pengalaman bermain anggota dibuat lebih berkesan dengan dokumentasi profesional, termasuk fotografer, videografer, dan drone, yang menghasilkan konten berkualitas tinggi.

    Menjunjung tiga nilai utama yang menjadi landasan setiap kegiatan mereka, yaitu togetherness mencakup solidaritas dan kebersamaan yang erat di antara anggota komunitas, wellness yang menekankan pentingnya kesehatan fisik, mental, dan sosial, dan juga happiness menciptakan kebahagiaan bagi semua pihak yang terlibat.

    Menurut Rudi Priatna, founder dan ketua GASSPOLL FC yang akrab disapa RP17, Fun Football adalah tentang 1% skill dan 99% style. Filosofi ini mencerminkan bahwa Fun Football bukan hanya soal kemampuan bermain bola, tetapi lebih pada membangun pengalaman dan kenangan indah bersama komunitas.

    “Fun Football hanyalah wadah untuk networking, silaturahmi, dan healing dari rutinitas sehari-hari. Ini tentang berbagi tawa dan canda di atas lapangan,” ungkap Rudi Priatna.

    Setelah mencatatkan sejarah di Gelora Bung Tomo, GASSPOLL FC berencana untuk terus menjelajahi stadion-stadion besar lainnya di Indonesia. Bahkan, pada tahun depan, mereka merencanakan untuk bermain di stadion nasional negara-negara ASEAN seperti Singapura, Malaysia, Thailand, dan Vietnam.

    GASSPOLL FC melalui @gasspollfc_official di instagram dan TikTok sering membagikan cerita keseruan Fun Football mereka, mulai dari momen pertandingan di stadion-stadion bergengsi hingga menginformasikan agenda-agenda komunitas, seperti jadwal pertandingan, rencana menjelajahi stadion baru. Sehingga para anggota dan penggemar dapat selalu terhubung dan mengikuti perjalanan inspiratif komunitas ini.

    Meski berbasis di Bogor, GASSPOLL FC terbuka untuk siapa saja dari berbagai daerah. “Siapapun yang sehat secara jasmani dan rohani, serta ingin merasakan pengalaman bermain bola yang berbeda, bisa bergabung bersama kami GASSPOLL FC. Pokoknya, gasspoll!” jelas RP17.

    Dengan semangat kebersamaan, kesehatan, dan kebahagiaan, GASSPOLL FC terus menjadi inspirasi bagi komunitas Fun Football lainnya di Indonesia. Gelora Bung Tomo hanyalah awal dari perjalanan panjang mereka untuk membawa Fun Football Indonesia ke level yang lebih tinggi.

     

  • Serangan Udara AS Tewaskan Pemimpin ISIS di Suriah

    Serangan Udara AS Tewaskan Pemimpin ISIS di Suriah

    Damaskus

    Militer Amerika Serikat (AS) kembali melancarkan serangan udara terhadap wilayah Suriah. Serangan tersebut dilaporkan berhasil menewaskan salah satu pemimpin kelompok radikal Islamic State (ISIS) di Suriah dan beberapa anggota ISIS lainnya.

    Washington semakin meningkatkan aksi militer terhadap kelompok ekstremis sejak tumbangnya rezim pemerintahan Bashar al-Assad di Suriah pada awal bulan ini. Rentetan serangan dilancarkan AS terhadap area-area yang sebelumnya dilindungi oleh sistem pertahanan udara Suriah dan sekutunya, Rusia.

    Salah satu serangan udara AS, seperti dilansir AFP dan Al Arabiya, Sabtu (21/12/2024), menghantam wilayah Provinsi Deir Ezzor yang ada di Suriah bagian timur pada Kamis (19/12) waktu setempat.

    Komando Pusat AS atau CENTCOM menyebut serangan itu telah menewaskan pemimpin ISIS di Suriah, Abu Yousuf, dan seorang anggota ISIS lainnya.

    “Serangan udara itu merupakan bagian dari komitmen berkelanjutan CENTCOM, bersama dengan mitra-mitranya di kawasan, untuk mengganggu dan melemahkan upaya teroris dalam merencanakan, mengatur, dan melancarkan serangan,” tegas CENTCOM dalam pernyataannya.

    Serangan tersebut, sebut CENTCOM, “dilancarkan di wilayah yang sebelumnya dikuasai oleh rezim Suriah dan Rusia”.

    AS selama bertahun-tahun telah melancarkan rentetan serangan dan penyerbuan secara berkala untuk membantu mencegah kebangkitan ISIS di kawasan tersebut. Sejak rezim Assad tumbang di tangan pasukan pemberontak Suriah awal bulan ini, Washington semakin meningkatkan serangannya di negara tersebut.

    Lihat Video: Detik-detik Israel Serang Sistem Pertahanan-Fasilitas Militer Suriah

  • Libur Nataru: 3,07 Juta Orang Diprediksi Gunakan Jasa Penyeberangan ASDP

    Libur Nataru: 3,07 Juta Orang Diprediksi Gunakan Jasa Penyeberangan ASDP

    Liputan6.com, Cilegon – PT ASDP Indonesia Ferry memprediksi sekitar 3,07 juta orang akan menggunakan jasa mereka, sepanjang libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025. Sementara kendaraan yang melintas, diperkirakan mencapai 769.258 unit atau meningkat 7,1 persen. Para penumpang yang akan menyeberang tersebut akan dilayani sekitar 14.975 trip perjalanan atau naik 14,3 persen dibanding libur Nataru tahun sebelumnya. Jumlah tersebut untuk 13 lintasan di 14 kantor cabang ASDP di seluruh Indonesia. “Kami telah melakukan langkah mitigasi untuk menghadapi lonjakan ini, baik dari sisi armada maupun fasilitas di pelabuhan,” ujar Dirut ASDP Indonesia Ferry, Heru Widodo.

    Perusahaan plat merah itu bersiaga akan cuaca ekstrem yang bisa mengganggu pelayaran, mulai sulitnya kapal bersandar hingga ditutupnya pelabuhan untuk sementara. “Selain itu, kami juga terus memantau kondisi cuaca melalui koordinasi dengan BMKG untuk menjaga keselamatan dan kenyamanan perjalanan,” terangnya.

  • 9
                    
                        Ketika Spanduk "Serang" Megawati Muncul di Bogor Jelang Kongres PDIP…
                        Megapolitan

    9 Ketika Spanduk "Serang" Megawati Muncul di Bogor Jelang Kongres PDIP… Megapolitan

    Ketika Spanduk “Serang” Megawati Muncul di Bogor Jelang Kongres PDIP…
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Sebuah spanduk berukuran sekitar 3×3 meter dengan latar belakang hitam muncul di dinding pinggir Tol Bogor Outer Ring Road (BORR), pada Rabu (18/12/2024).
    Spanduk tersebut menampilkan gambar Ketua Umum PDI-Perjuangan,
    Megawati Soekarnoputri
    , yang disertai tulisan ‘Megawati Ketum Ilegal’.
    Dalam gambar tersebut, wajah Megawati tampak menunjukkan raut muka sedih.
    Selain itu, spanduk tersebut menyampaikan tuduhan bahwa Megawati melanggar Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Pasal 70 Ayat 1, yang menyatakan bahwa kongres merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam partai.
    Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Bogor Dadang Iskandar Danubrata menegaskan bahwa pihaknya tetap solid mendukung kepemimpinan Megawati dan tidak akan terpengaruh oleh provokasi semacam ini.
    “Seluruh pengurus partai dan kader PDI Perjuangan Kota Bogor menolak provokasi yang berniat mengadu domba dan merusak PDI Perjuangan. PDIP Kota Bogor tetap solid dan fatsun kepada Ketua Umum PDI Perjuangan, Ibu Hj. Megawati Soekarnoputri. Merdeka!” ungkap Dadang saat dihubungi
    Kompas.com
    , Kamis (19/12/2024).
    Dadang juga menyatakan bahwa spanduk tersebut dipasang secara ilegal dan bukan oleh kader partai.
    “Pemasangan secara ilegal bukan resmi. Itu usaha yang dilakukan orang pengecut yang berniat mengganggu kongres partai 2025 dan mengadu domba internal,” kata Dadang.
    Ia menambahkan bahwa spanduk tersebut segera dicopot oleh DPC PDIP Bogor, dan menduga bahwa pemasangannya dilakukan pada malam hari.
    Pihaknya pun telah melaporkan pemasangan spanduk ilegal ini ke aparat keamanan.
    “Mudah-mudahan tidak ada lagi, karena semua kader saya instruksikan supaya mengawasi wilayahnya. Saya sarankan jangan coba-coba lagi berani pasang itu (spanduk) di Kota Bogor,” kata Dadang.
    Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah mengeluarkan instruksi agar seluruh kader siaga satu dalam menghadapi upaya pihak luar yang berusaha mengacak-acak internal partai.
    Ketua DPP PDIP Deddy Sitorus menjelaskan bahwa instruksi itu disampaikan setelah pengurus partai mengendus adanya serangan menjelang
    kongres 2025
    .
    “Diserukan kepada seluruh jajaran partai agar bersiap siaga untuk melawan berbagai bentuk upaya untuk menyerang PDI Perjuangan. Dalam bahasa Ibu Megawati, mengaut-autkan, kira-kira seperti itu,” ujar Deddy dalam konferensi pers pada Kamis (19/12/2024).
    Deddy juga mengungkapkan bahwa isu-isu yang menyudutkan PDIP di bawah kepemimpinan Megawati muncul melalui pemasangan spanduk di sejumlah titik di Jakarta.
    “Kami melihat bahwa bertebaran spanduk ini dan kemudian adanya beberapa indikasi pengerahan
    buzzer-buzzer
    dan informasi-informasi sesat tentang PDI Perjuangan,” kata Deddy.
    Ketika ditanya lebih lanjut, Ketua DPP PDI-P Ronny Talapessy menambahkan bahwa kondisi ini menciptakan situasi siaga satu di internal partai untuk merespons upaya yang dianggap mengancam PDI Perjuangan.
    “Dengan beredarnya baliho dan spanduk yang sifatnya menghasut telah menciptakan kondisi siaga-1 di internal PDI Perjuangan untuk memberikan reaksi terhadap adanya upaya ‘mengawut-awut’ PDI Perjuangan menjelang Kongres PDI Perjuangan sebagaimana yang dinyatakan oleh Ibu Megawati Soekarnoputri,” katanya.
    Pengamat politik dari UIN Jakarta, Ahmad Bakit Ihsan, menilai bahwa kemunculan spanduk ilegal yang menyerang Megawati bisa jadi simbol kekecewaan dari sejumlah pihak setelah partai memecat kader-kader yang dianggap tidak loyal.
    “Banyak makna yang bisa ditangkap di balik pemasangan spanduk bernada gugatan terhadap Megawati. Satu, adanya kekecewaan terhadap pemecatan kader-kader PDIP yang dianggap tidak loyal,” kata Ahmad saat dihubungi
    Kompas.com
    pada Jumat (20/12/2024).
    Ahmad juga melihat bahwa Megawati sebagai tokoh sentral PDIP menjadi target manuver pihak-pihak tertentu, terutama menjelang kongres yang akan datang.
    “PDIP di tingkat pusat di bawah kendali Megawati masih mengambil jarak dengan pemerintah, sehingga beragam gerakan dilakukan oleh yang berkepentingan untuk menggoyang Megawati,” imbuhnya.
    Dia mengatakan, keberadaan PDIP sebagai partai yang menguasai lembaga eksekutif dan legislatif selama dua periode terakhir, masih dinilai sebagai tantangan bahkan ancaman oleh partai lain.
    Ahmad menilai, ada pihak-pihak yang ingin mengucilkan atau mengkanalisasi PDI-P dari konstelasi politik Indonesia. Dan, upaya ini dinilai cukup berhasil setelah melihat hasil Pemilu.
    “PDIP yang berhasil menguasai eksekutif dan legislatif selama dua periode merupakan tantangan bagi partai lainnya, sehingga perlu “dikanalisasi” dan berhasil. PDIP periode sekarang hanya menang di legislatif dan itu pun dibuat sendirian,” kata Ahmad.
    Ia menganggap spanduk tersebut sebagai bagian dari kompetisi politik antar elite yang berusaha meraih kekuasaan di luar mekanisme prosedural.
    “Ya, ini bagian dari dinamika kompetisi politik antar elite yang berusaha meraih kekuasaan melampaui mekanisme prosedural,” tutup Ahmad.
    Copyright 2008 – 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.