provinsi: Aceh

  • Gempa Terkini Sore ini 2 Menit yang Lalu, Sabtu 1 Maret 2025, Info BMKG

    Gempa Terkini Sore ini 2 Menit yang Lalu, Sabtu 1 Maret 2025, Info BMKG

    Gempa Terkini Sore ini 2 Menit yang Lalu, Sabtu 1 Maret 2025, Info BMKG

    TRIBUNJATENG.COM – Terjadi gempa bumi di sejumlah wilayah Indonesia pada Sabtu sore (1/3/2025).

    Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadi gempa bumi sebanyak 4 kali dibeberapa wilayah Indonesia dengan magnitude berbeda-beda. 

    Berikut informasi titik lokasi gempa bumi yang terjadi di wilayah Indonesia pada Sabtu 1 Maret 2025:

    1. Gempa Bumi Sumbar

    Gempa Mag:3.2, 01-Mar-2025 14:52:13WIB, Lok:0.76LS, 99.89BT (31 km BaratDaya PARIAMAN-SUMBAR), Kedlmn:51 Km

    Pukul 14.52.13 WIB, sebuah gempa dengan magnitudo 3.2 melanda Indonesia.

    Episenter gempa ini terletak di koordinat geografis 0.76 Lintang Selatan (LS) dan 99.89 Bujur Timur (BT).

    Lokasi itu sekitar 31 km Barat Daya Pariaman Sumbar. Gempa ini memiliki kedalaman sekitar 51 kilometer.

    2. Gempa Bumi NTT

    Gempa Mag:3.7, 01-Mar-2025 15:53:09WIB, Lok:9.34LS, 124.75BT (21 km TimurLaut TIMORTENGAHUT-NTT), Kedlmn:10 Km

    Pukul 15.53.09 WIB, sebuah gempa dengan magnitudo 3.7 melanda Indonesia.

    Episenter gempa ini terletak di koordinat geografis 9.34 Lintang Selatan (LS) dan 124.75 Bujur Timur (BT).

    Lokasi itu sekitar 21 km Timur Laut Timor Tengah Utara NTT. Gempa ini memiliki kedalaman sekitar 10 kilometer.

    3. Gempa Bumi Aceh

    Gempa Mag:3.8, 01-Mar-2025 16:47:45WIB, Lok:4.89LU, 96.04BT (29 km BaratDaya KAB-PIDIEJAYA-ACEH), Kedlmn:10 Km

    Pukul 16.47.45 WIB, sebuah gempa dengan magnitudo 3.8 melanda Indonesia.

    Episenter gempa ini terletak di koordinat geografis 4.89 Lintang Utara (LU) dan 96.04 Bujur Timur (BT).

    Lokasi itu sekitar 29 km Barat Daya Kab PidieJaya Aceh. Gempa ini memiliki kedalaman sekitar 10 kilometer.

    4. Gempa Bumi Sulut

    Gempa Mag:4.1, 01-Mar-2025 17:22:59WIB, Lok:1.63LU, 124.28BT (58 km BaratLaut AMURANG-MINSEL-SULUT), Kedlmn:287 Km

    Pukul 17.22.59 WIB, sebuah gempa dengan magnitudo 4.1 melanda Indonesia.

    Episenter gempa ini terletak di koordinat geografis 1.63 Lintang Utara (LU) dan 124.28 Bujur Timur (BT).

    Lokasi itu sekitar 58 km Barat Laut Amurang Minsel Sulut. Gempa ini memiliki kedalaman sekitar 287 kilometer.

    Informasi ini disampaikan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika.

    Sama seperti gempa sebelumnya, informasi ini disampaikan oleh BMKG dengan peringatan bahwa hasil pengolahan data masih bisa mengalami perubahan seiring dengan kelengkapan data yang lebih lanjut.

    Hingga saat ini, belum ada laporan mengenai kerusakan atau dampak lebih lanjut akibat gempa ini.

    BMKG juga mengingatkan masyarakat untuk tetap tenang dan waspada terhadap informasi resmi yang akan diumumkan secara lebih detail.

     

  • Bek Muda PSIS Berpotensi Dimainkan Kembali Saat Laga Away Melawan Persija Jakarta

    Bek Muda PSIS Berpotensi Dimainkan Kembali Saat Laga Away Melawan Persija Jakarta

    TRIBUNJATENG.COM, SEMARANG — Pemain muda PSIS Semarang, Rahmat Syawal berpotensi kembali dipercaya tampil saat tim Mahesa Jenar menghadapi Persija Jakarta dalam lanjutan BRI Liga 1 2024/2025 pekan ke-25 di Stadion Patriot Chandrabaga Bekasi, Selasa (4/3/2025) mendatang.

    Seperti diketahui, Rahmat Syawal dalam laga sebelumnya mengisi peran yang ditinggalkan Lucas Baretto di posisi bek tengah. Sebab Lucas dalam laga tersebut absen karena hukuman akumulasi kartu kuning.

    Rahmat dalam laga itu sukses membayar kepercayaan pelatih dengan tampil solid di posisi bek tengah.

    Pemain dengan tinggi 191 cm tersebut bermain penuh 90 menit. Laga tersebut juga menandai debutnya sebagai starter di Liga 1 dalam karir profesionalnya.

    Dalam skema tiga bek yang diterapkan pelatih Gilbert Agius, Rahmat di lini belakang tampil bersama Joao Ferrari dan Syihabuddin.

    “Kalau kemarin, dari segi chemistry dengan pemain lain tidak ada masalah,” ungkap Rahmat saat ditemui, Sabtu (1/3/2025) sore.

    Pemain asal Banda Aceh kelahiran 5  November 2005 tersebut mengatakan ia juga tidak merasa gugup meski dalam laga melawan Arema FC ia menjalani debut sebagai starter.

    Hanya saya kata Rahmat, ada sedikit tekanan sebab PSIS saat ini masih terpuruk di papan bawah.

    Posisi PSIS di urutan 14 klasemen sejauh ini sangat rentan dengan ancaman zona degradasi.

    “Cukup beban karena situasi tim lagi berbahaya. Saya juga baru pertama kali dikasih kesempatan untuk main starter jadi motivasi saya tinggi,” katanya.

    Modal apik yang ditunjukkan saat menghadapi Arema FC diharapkan Rahmat bisa terulang saat pelatih kembali memberikan kepercayaan kepadanya.

    “Kalau dipercaya lagi main lawan Persija, saya akan berikan yang terbaik,” ungkapnya.

    Sementara itu, pelatih Gilbert Agius menyebut Rahmat sebagai bek muda punya potensi untuk berkembang.

    Punya postur tinggi yang menjulang jelas merupakan salah satu paket penting bagi Rahmat untuk berkembang kedepannya.

    “Rahmat punya prospek bagus. Hanya saja dia masih perlu banyak belajar lagi. Kami di tim tentu akan bantu dia untuk berkembang,” kata Gilbert.

    Adapun kontrak Rahmat di PSIS masih hingga 2027 mendatang.

    Saat menghadapi Arema FC kata Gilbert, Rahmat berhasil menjalankan tugasnya dengan baik di lini belakang mengantisipasi pergerakan dua striker Arema, Dalberto dan Charles Lokolingoy.

  • Jarang Diketahui Orang, YouTube Ternyata Dibuat Pemuda Muslim

    Jarang Diketahui Orang, YouTube Ternyata Dibuat Pemuda Muslim

    Jakarta, CNBC Indonesia – YouTube jadi salah satu aplikasi populer masyarakat dunia. Setiap harinya ada 5 miliar penonton YouTube di seluruh dunia dengan rata-rata durasi sekitar 19 menit. 

    Kesuksesan YouTube hari ini tak terlepas dari tangan dingin para pendirinya. Salah satunya adalah pemuda Muslim bernama Jawed Karim. 

    Jawed Karim adalah pria kelahiran 28 Oktober 1979 di Jerman Timur dari keluarga asli Bangladesh. Bapaknya adalah imigran yang sempat kerja di Jerman Timur lalu pindah membawa Karim ke Amerika Serikat pada 1992.

    Beruntung, dia berasal dari keluarga kelas menengah ke atas, sehingga mampu bersaing sebagai imigran dan bersekolah tinggi di Amerika Serikat. Tercatat dia pernah kuliah di University of Illinois, meski tidak lulus.

    Karir pertama Karim adalah bekerja di perusahaan jasa transfer uang, PayPal. Di sana dia bekerja sebagai cybersecurity dan bertemu dengan Chad Hurley dan Steve Chen. Pertemuan itulah yang menjadi titik balik kehidupan Karim.

    Mengutip The Youtube Reader (2009), awal mula pendirian YouTube tercipta dari benak Karim saat dia menonton tayangan TV yang cukup nyeleneh. Tayangannya tersebut berisi orang yang memakai baju sobek. Karim heran sebab video yang tidak ada esensinya itu bisa viral dan jadi perbincangan dimana-mana. Dari sinilah dia mulai terpikirkan untuk membuat sebuah plattform berbagi video.

    Pada saat bersamaan dan tidak janjian, ide serupa juga terpikirkan oleh Chad Hurley dan Steve Chen. Mereka ingin membuat platform berbagi video karena kesulitan untuk menyebarluaskan video makan makan di apartemen Chen.

    Urgensi ini kemudian makin besar saat Tsunami Aceh 2004 melanda. Banyak orang penasaran terhadap kejadian itu dan sulit mencari tayangan ulang dahsyatnya tsunami karena tidak ada website berbagi video.

    Saat itu memang belum ada di dunia website berbagai video. Seluruh website hanya berbasis foto dan tulisan, seperti Wikipedia dan Flickr. Maka peluang untuk mendirikan website video sangatlah besar.

    Alhasil, pada 14 Februari 2005 mereka mendirikan website berbagi video bernama youtube.com.

    Jawed Karim dalam “YouTube: From Concept to Hypergrowth” bercerita kalau Youtube di awal peluncurannya nyaris gagal. Tidak ada satupun yang mau mengunjunginya. Video pertama berjudul “Me at The Zoo” yang diperankan dan ditayangkan pada 23 April 2005 oleh Karim sendiri pun tidak laku.

    Karim harus berputar otak menarik penonton. Dia bahkan rela membujuk para perempuan berpenampilan menarik untuk meng-upload video di YouTube dengan bayaran US$ 1000. Namun, tetap saja usaha ini gagal.

    Di ujung frustrasi itulah, tulis buku YouTube: Online Video and Participatory Culture (2009), YouTube mencontek banyak website sebelumnya. Karim dan kawan-kawan melakukan adopsi dan adaptasi dari berbagai website hits pada masanya. Dari sinilah dia memasukkan fitur kolom komentar, berbagi video, dan video relevan.

    Berkat itulah YouTube melejit jadi website terpopuler. Bahkan, popularitasnya membuat YouTube dibeli Google seharga US$ 1,5 Miliar pada 2006. Pembelian inilah yang kemudian membawa YouTube semakin naik daun.

    Pasca pembelian bersejarah ini, Jawed Karim sendiri mendapat US$ 64 juta. Dan setelahnya dia fokus menjalani pekerjaan sebagai cybersecurity, meski rekan-rekan pendiri YouTube lain sukses menjadi bos startup teknologi.

    (mfa/mfa)

  • Awal Ramadhan 2025, Sejumlah Warung Kopi di Aceh Besar Tetap Buka

    Awal Ramadhan 2025, Sejumlah Warung Kopi di Aceh Besar Tetap Buka

    Aceh Besar, Beritasatu.com – Sejumlah warung kopi di kawasan Bakoi, Kecamatan Ingin Jaya, Kabupaten Aceh Besar masih beroperasi seperti biasa pada hari pertama Ramadhan (Ramadan), Sabtu (1/3/2025). Para pengunjung terlihat santai menikmati kopi dan mengobrol meskipun sebagian besar umat Islam sudah mulai berpuasa.

    Menurut Ridho, salah satu pengelola warung kopi, ia tetap membuka usahanya karena adanya perbedaan penetapan awal Ramadhan oleh sebagian ulama di Aceh Besar.

    “Sejak semalam sudah diumumkan puasa dimulai hari Minggu (2/3/2025). Jadi kami mengikuti keputusan ulama,” ujarnya.

    Perbedaan Penetapan Awal Ramadhan di Aceh Besar

    Ridho mengacu pada Pondok Pesantren Ulee Titie di dekatnya, yang menetapkan awal puasa jatuh pada Minggu (2/3/2025). Hal ini menyebabkan beberapa warga masih menjalani aktivitas seperti biasa, termasuk menikmati kopi di warung.

    Situasi serupa juga terjadi di kawasan Lambaro, yaitu beberapa warung kopi dan rumah makan masih dipadati pengunjung yang menandakan awal Ramadhan 2025 berbeda.

    Perbedaan awal Ramadhan 2025 bukan hal baru di Aceh karena beberapa kelompok mengikuti metode hisab (perhitungan astronomi). Sementara itu yang lain berpegang pada metode rukyat (pengamatan hilal).

    Pemerintah Tetapkan 1 Ramadhan 

    Sebelumnya, Pemerintah menetapkan 1 Ramadhan 1446 H/2025 M jatuh pada hari Sabtu 1 Maret 2025. Penetapan ini didasarkan pada keputusan sidang isbat (penetapan) 1 Ramadan 1446 H yang dipimpin Menteri Agama (Menag) Nasaruddin Umar di kantor Kementerian Agama, Jalan MH Thamrin Nomor 6, Jakarta, Jumat (28/2/2025).

    “Sebagaimana laporan saudara Direktur Jenderal Bimas Islam dan ternyata ditemukan hilal di Provinsi paling barat di Aceh dan sudah disumpah juga oleh Pak Hakim. Dengan demikian dua orang yang menyaksikan hilal itu ditambah dengan pengukuhan oleh hakim agama setempat maka pada malam ini diputuskan dalam sidang bahwa satu Ramadan ditetapkan  1 Maret 2025 1446 Hijriyah,” ujar  dalam konferensi pers yang digelar seusai Sidang Isbat Penetapan 1 Ramadhan 1446 H.

    Menurut menag, mundurnya pengumuman hasil sidang isbat Ramadhan 2025 karena menunggu wilayah paling barat yakni Aceh karena beradasarkan kondisi objektif, Indonesia bagian timur, tengah dan barat tidak memungkinkan melihat hilal melainkan rukyat, maka menunggu hasil dari wilayah Barat.

  • Orang Berjatuhan-Tanah Bergerak Bak Air Saat Gempa M7,9 Hantam Ambon

    Orang Berjatuhan-Tanah Bergerak Bak Air Saat Gempa M7,9 Hantam Ambon

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pada 17 Februari 1674, gempa berkekuatan M7,9 mengguncang Ambon, Maluku, diikuti tsunami setinggi 100 meter yang menyapu daratan dan menewaskan 2.322 orang. Salah satu saksi mata yang selamat dari bencana dahsyat ini adalah George Eberhard Rumphius, seorang naturalis asal Jerman yang mencatat peristiwa mengerikan tersebut dalam kesaksian tertulisnya.

    Rumphius tiba di Ambon pada 1653 sebagai tentara VOC. Namun, ketertarikannya lebih besar terhadap alam daripada mengokang senjata. Karena dianggap tidak cocok sebagai prajurit, VOC memindahkannya ke dinas sipil.

    Pemindahan ini disambut baik dan membuat Rumphius mempelajari alam dan kebudayaan. Sampai akhirnya, upaya ini membuat Rumphius tercatat dalam sejarah sains sebagai naturalis ternama. Dia kemudian menuliskan pengamatannya soal alam dalam buku tebal berjudul Herbarium Amboinense.

    Buku itu tak hanya berisi makhluk hidup, tetapi juga ihwal kesaksiannya soal bencana alam dahsyat di Ambon pada Sabtu, 17 Februari 1674. Hari itu, Rumphius bekerja seperti biasa dari matahari terbit hingga tenggelam. Tak ada keanehan apapun sampai akhirnya jam menunjukkan pukul 19.30 waktu setempat.

    Tak ada angin dan hujan, lonceng-lonceng di Kastil Victoria, Ambon, bergerak dan berdentang sendiri. Banyak orang, termasuk Rumphius, bertanya-tanya atas apa yang terjadi. Namun, itu semua teralihkan oleh tanah yang bergerak bak air.

    “Orang berjatuhan ketika tanah bergerak naik turun seperti lautan. Begitu gempa mulai menggoyang, seluruh garnisun, kecuali beberapa orang yang terperangkap di atas benteng, mundur ke lapangan di bawah benteng,” ungkap Rumphius.

    Mereka pergi ke lapangan besar harapan bisa selamat. Sayang, itu salah. Selang beberapa detik, air laut tiba-tiba naik ke daratan. Praktis, semua orang lari tunggang-langgang ke tempat lebih tinggi untuk menyelamatkan diri.

    “Air itu sedemikian tinggi hingga melampaui atas rumah dan menyapu bersih desa. Batuan koral terdampar jauh dari pantai,” kenang Rumphius.

    Pria kelahiran 1 November 1627 itu adalah sedikit orang yang bisa berlari kencang ke tempat lebih tinggi. Sementara ada 2.322 orang lain di Ambon dan Pulau Seram tertimbun reruntuhan dan tergulung air laut. Dua dari ribuan korban meninggal ada istri dan anak perempuan Rumphius.

    Gempa dan Tsunami Dahsyat Sepanjang Sejarah

    Ratusan tahun setelah gempa, kesaksian Rumphius membuka tabir sejarah bencana alam di Indonesia. BMKG menyebut cerita tersebut menjadi yang pertama dalam sejarah dan catatan tsunami tertua di Nusantara.

    “Gempa Ambon 1674 merupakan gempa dan tsunami dahsyat yang pertama dalam catatan Nusantara,” ungkap Direktur Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono dalam webinar “Peringatan Tsunami Ambon 1674”, Selasa (18/2/2025).

    Dalam penelitian kontemporer, diketahui gempa tersebut diperkirakan memiliki kekuatan sebesar M7,9 dan sangat merusak. Bukan hanya diakibatkan getaran gempa, tetapi juga soal dampak lanjutannya.

    Gempa membuat tanah Ambon mengalami likuifaksi atau hilangnya kekuatan tanah akibat getaran gempa bumi. Tanah pun menghisap segala sesuatu di atasnya. Ini dibuktikan oleh cerita Rumphius soal “tanah bergerak naik turun seperti lautan”.

    Soal tsunami diperkirakan memiliki ketinggian 100 meter yang menggulung Ambon. Daryono menyebut tsunami ekstrem di Ambon tak hanya disebabkan oleh getaran semata, tapi juga faktor lain, yakni tanah longsor pantai yang dipicu gempa.

    “Kalau kita melihat kasus-kasus tsunami di Indonesia. (Misalkan) kita lihat tsunami Flores 1992, kalau hanya murni melihat magnitud sebesar 7,8 Skala Magnitudo, itu tidak sedahsyat itu tsunaminya sampai 30 meter dan melompati pulau babi. Bahkan Tsunami Aceh kalau melihat magnitud tak sebesar itu. Artinya sumbangan signifikan terbentuknya tsunami adalah longsoran pantai,” tutur Daryono.

    Dengan demikian, Tsunami Ambon 1674 menjadi bukti bahwa longsor merupakan sumber bahaya tsunami penting di Indonesia. Sebab, tsunami-tsunami setelahnya di era modern, banyak disebabkan oleh gempa yang diikuti longsoran pantai. Berarti, Tsunami Ambon 1674 yang menghasilkan gelombang setinggi 100 meter jadi gelombang terbesar sepanjang sejarah Nusantara.

    Kesaksian Rumphius tentang gempa Ambon 1674 menjadi catatan penting dalam sejarah bencana Indonesia. Ia tidak hanya menjadi saksi mata tsunami terdahsyat Nusantara, tetapi juga memberikan pemahaman tentang bagaimana gempa dapat memicu longsor bawah laut yang memperparah dampak tsunami.

    (mfa/dce)

  • Penyesalan TikToker Riezky Hina Guru, Beri Julukan ‘Koruptor’, Kini Nasib Dilaporkan ke Polisi

    Penyesalan TikToker Riezky Hina Guru, Beri Julukan ‘Koruptor’, Kini Nasib Dilaporkan ke Polisi

    TRIBUNJATIM.COM – Masih ingat TikToker Riezky Kabah?

    Sosoknya menjadi sorotan setelah menghina profesi guru.

    Kini, setelah beberapa waktu kemudian, dia diketahui dilaporkan ke polisi.

    Dia pun memberikan klarifikasi dan meminta maf.

    Informasi berita menarik lainnya di Google News TribunJatim.com

    Pemuda 21 tahun yang karib disapa Iky itu sebelumnya viral lantaran blak-blakan menuding semua guru korupsi.

    Iky bahkan mengajak semua followersnya di TikTok yang berjumlah 2,5 juta untuk membenci guru.

    “Mulai sekarang lu jangan percaya sama guru ya bestie. Dan jangan sekalipun lu hormat sama guru ya. Karena mereka udah nyiksa lu dengan minta dana-dana yang tidak diperlukan untuk sekolah. Lu tuh harusnya belajar yang tenang dengan pintar. Ini malah dipalak dimintain duit. Sejujurnya, guru itu adalah penjahat yang terkejam di dunia pendidikan,” kata Iky.

    Gara-gara postingan tersebut, Iky menuai banyak kecaman di media sosial.

    Beberapa guru bahkan sempat memberikan kritikan keras atas pernyataan Iky tersebut.

    Namun saat ditegur oleh para guru di media sosial, Iky abai dan menganggap sepele.

    “Gimana kan endul kan congornya boti meresahkan ini. Oh my god!” imbuh Iky sembari tertawa.

    Hingga akhirnya sebuah fakta mengejutkan pun muncul.

    Ternyata Iky telah resmi dilaporkan ke polisi.

    Fakta tersebut diungkap Polda Kalbar dalam sebuah pesan singkat kepada akun viral Instagram @dhemit_is_back02.

    “Menginformasikan bahwa sudah adanya laporan terhadap pemilik akun tersebut dan saat ini akan berlanjut kepada proses penyelidikan,” tulis akun Polda Kalbar.

    Sadar dirinya telah resmi dipolisikan, Iky tak lagi tertawa seperti sebelumnya.

    Iky akhirnya mengurai klarifikasi panjang lebar soal konten viralnya yang menghina profesi guru.

    Dalam klarifikasi tersebut, Iky menjelaskan soal alasannya sering membuat konten buruk soal guru.

    Ternyata semua itu bermula saat Iky mendapatkan perundungan saat masih sekolah.

    “Halo saya Riezky Kabah Nizar, alumni siswa (SMAN * Pontianak) sejak tahun 2020 – 2023 dan (SMAS M Pontianak) sejak tahun 2018 – 2019. Izinkan saya terlebih dahulu menjelaskan mengapa saya menjadi content creator dengan personal branding anak sekolah yang suka cerita berlatar sekolah dan guru yang negatif,” ungkap Iky dalam klarifikasinya.

    “Info yang beredar cukup keliru, SMAS M Pontianak adalah sekolah lama saya yang terpaksa saya mengambil keputusan untuk putus sekolah karena faktor bullying terhadap diri saya yang terjadi di sekolah itu,” sambungnya.

    Diungkap Iky, ia sempat dibully di sekolah pertamanya.

    Penyebabnya karena Iky berperangai seperti perempuan alias kemayu.

    “Faktor saya putus sekolah dikarenakan lingkunan di sekolah saya dulu sangat over religius hingga buta akan kemoralan manusiawi. Pada tahun 2018 saya hadir sebagai siswa yang terlihat kemayu, namun kemayunya hanya saat saya sedang berteman dengan para perempuan,” ujar Iky.

    Gara-gara kemayu, Iky mengaku sampai mendapatkan penyiksaan dari guru di sekolah.

    “Puncaknya saya dibawa ke ruangan BK dan dicambuk menggunakan rotan seperti hukuman di Aceh yang sesuai dengan syariat islam kata para oknum (guru),” imbuh Iky.

    “Dulu saya merasa saat itu hukuman cambuk terhadap saya sangatlah pantas dikarenakan para oknum bilang hukuman tersebut sesuai dengan syariat islam untuk membuat saya jera di usia saya masih 15 tahun,” sambungnya.

    Tak kuat, Iky akhirnya pindah sekolah SMA di tahun 2019.

    “Satu tahun saya menganggur hingga di tahun 2020 tepat di saat Covid melanda saya kembali menjalani takdir saya sebagai pelajar di usia pada umumnya,” akui Iky.

    Awalnya tidak dibully, namun di tahun 2022 Iky mengaku kembali mendapatkan perundungan dari gurunya.

    “Terkadang para oknum dengan sadar terang-terangan memperlakukan saya seperti siswa yang hina karena terlihat kemayu dan menjijikan di mata para oknum,”

    Namun karena sudah duduk di kelas 3, Iky menahan amarahnya dan tetap melanjutkan sekolah.

    Hingga akhirnya lulus, Iky pun mulai berani bercerita di media sosial tentang pembully-an yang ia alami.

    Tak disangka, konten Iky tersebut meledak dan disukai netizen.

    Iky akhirnya meneruskan konten tersebut dan rutin membuat video soal cerita guru-guru yang membully-nya namun tanpa identitas.

    “Tanpa disangka semua video saya viral hingga membuat saya menemukan personal branding saya yang kini sudah membawa diri saya hingga di titik ini dengan followers 2,5 juta. Jadi begitulah faktor utama yang membuat saya berkonten negatif tentang guru dan sekolah,” akui Iky.

    Usai menjelaskan latar belakangnya membuat konten negatif soal guru, Iky pun mengurai permintaan maaf.

    Namun dalam permintaan maafnya tersebut, Iky bak meminta pemakluman terkait kasusnya.

    Iky menyebut bahwa alasannya menyebut semua guru korupsi adalah karena dendam pribadinya kepada oknum guru.

    “Saya Riezky Kabah Nizar meminta maaf sebesar-besarnya atas kegaduhan ini, semoga dengan kejadian ini tidak ada lagi pembullyan dalam bentuk apapun,” ujar Iky.

    Meski begitu, Iky meminta maaf kepada para guru yang tersinggung dengan ucapannya.

    “Perihal konten saya yang ‘semua guru korupsi’ di situ saya terlalu dendam terhadap profesi guru hingga tanpa sadar saya menyamaratakan semua guru itu jahat dan tidak pantas dihormati. Mohon dimaafkan atas dendam yang saya tanam ini, hingga melukai hati para guru-guru di luaran sana yang tidak bersalah,” ungkap Iky.

    Usai minta maaf, Iky pun kembali membahas masa lalu kelamnya yang sering dibully.

    Bak mencari simpati, Iky menyebut dirinya adalah manusia lemah yang dulunya kerap jadi korban perundungan.

    Karenanya Iky meminta agar kejadiannya tidak terulang kepada orang lain.

    “Saya hanyalah manusia lemah yang masa kecilnya dipenuhi kekerasan bullying dari guru, saya sadar saya kemayu, tapi pantaskah sesama manusia yang diciptakan oleh Tuhan melakukan bullying hingga kekerasan fisik dan lisan sampai membuat orang lain dendam dan trauma,” pungkas Iky.

    —– 

    Berita Jatim dan berita viral lainnya.

  • Awal Ramadhan 2025, Sejumlah Warung Kopi di Aceh Besar Tetap Buka

    Sebagian Warga Aceh Baru Mulai Puasa Ramadan 2025 Besok, Hari Ini Masih Ngopi

    Banda Aceh, Beritasatu.com – Sebagian masyarakat Aceh akan  menjalankan ibadah puasa Ramadan 1446 Hijriah mulai Minggu (2/3/2025). Mereka tidak berpegang pada keputusan pemerintah yang menetapkan awal Ramadan tahun ini jatuh pada Sabtu (1/2/2025).

    Banyak masyarakat Kabupaten Aceh Barat dan Kabupaten Aceh Besar baru mulai berpuasa Minggu besok karena mengikuti ulama dayah atau pondok pesantren tradisional di daerahnya dalam penetapan awal Ramadan 2025.

    Bagi masyarakat yang mulai berpuasa hari sesuai keputusan pemerintah, menjalankan ibadah salat tarawih sejak tadi malam. 

    “Bagi masyarakat yang ikut puasa mengikuti ulama dayah, maka baru melaksanakan ibadah tarawih pada Sabtu (1/3/2025) malam,” kata Kepala Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Barat Muhammad Isa dikutip dari Antara.

    Menurut Isa perbedaan awal Ramadan di Aceh Barat sudah sering terjadi. Pemkab mempersilakan masyarakat mengikuti awal Ramadan sesuai dengan keyakinan masing-masing.

    “Dalam keyakinan berpuasa, masyarakat boleh ikut ketentuan pemerintah atau ulama dayah, yang penting masyarakat tetap kompak dan bersatu,” ujarnya.

    Sementara di Aceh Besar hari ini masih banyak warung kopi yang buka. Banyak warga masih menikmati kopi dan berbagai kudapan di warung, karena mereka berkeyakinan awal Ramadan 2025 jatuh pada Minggu (1/3/2025).

    Kondisi tersebut kontras dengan daerah lain di Aceh yang sudah mulai puasa hari ini. Banyak warung makan dan kedai kopi tutup dari pagi hingga sore, sebagai wujud menghormati bulan suci Ramadan.

  • Harga BBM Pertamina Hari Ini 1 Maret 2025: Dexlite dan Pertamina Dex Turun – Page 3

    Harga BBM Pertamina Hari Ini 1 Maret 2025: Dexlite dan Pertamina Dex Turun – Page 3

    Liputan6.com, Jakarta – Kabar gembira bagi pengguna bahan bakar minyak (BBM) nonsubsidi Pertamina. Pertamina turunkan harga Dexlite dan Pertamina DEX yang disebut dalam pengumuman harga BBM terbaru pada 1 Maret 2025. PT Pertamina mengumumkan harga terbaru BBM pada 1 Maret 2025.

    Pertamina melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 245.K/MG.01/MEM.M/2022 sebagai Perubahan atas Kepmen No. 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum. Demikian mengutip dari Antara, Sabtu (1/3/2025).

    Berikut harga terbaru BBM non-subsidi di wilayah DKI Jakarta yang dikutip dari laman mypertamina, Jumat, 28 Februari 2025.

    Pertamax (RON 92): Rp 12.900 per liter

    Pertamax Turbo (RON 98): Rp 14.000 per liter

    Pertamax Green 95 (RON 95): Rp 13.700 per liter

    Dexlite: dari Rp 14.600 per liter turun menjadi Rp 14.300

    Pertamina DEX: dari Rp 14.800 per liter naik menjadi Rp 14.600 per liter.

    Daftar Harga BBM di SPBU Pertamina

    Berikut daftar lengkap harga BBM Pertamina berlaku 1 Maret 2025:

    1.Pertalite (RON 90) Rp 10.000 per liter (berlaku untuk seluruh daerah)

    2.Pertamax (RON 92)

    -Rp 11.800 (FTZ Sabang)

    -Rp 12.300 (FTZ Batam)

    -Rp 12.900 (Aceh, DKI Jakarta, Banten, Jawa, DI Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur)

    -Rp 13.200 (Sumatera Utara, Jambi,Sumatera Selatan, Bangka-Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara,Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, Papua Barat, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Papua Tengah, dan Papua Barat Daya.

    -Rp 13.500 (Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Kalimantan Selatan)

    3.Pertamax Turbo (RON 98)

    -Rp 13.350 (FTZ Batam)

    – Rp 14.000 (Aceh, Jakarta, Banten, Jawa, DI Yogyakarta, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur)

    -Rp 14.350 (Sumatera Utara, Jambi, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Sulawesi, Gorontalo dan Prov.Papua)

    -Rp 14.650 (Sumatera Barat, Bengkulu,Kalimantan Selatan)

     

     

     

  • Islam dan Budaya: Menyambut Bulan Ramadan dengan Tradisi Meugang dan Megengan

    Islam dan Budaya: Menyambut Bulan Ramadan dengan Tradisi Meugang dan Megengan

    Ramadan bukan hanya tentang aspek fisik, tetapi juga merupakan kesempatan untuk membersihkan hati, memperdalam spiritualitas, dan mempererat hubungan sosial. Dalam momen yang penuh ampunan ini, umat Islam berusaha meraih pahala sebanyak-banyaknya dan menumbuhkan rasa syukur atas segala nikmat yang diberikan oleh-Nya. 

    Hal ini tertuang pada Q.S.al-Baqarah [2]:183.

    يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

    Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa. (Q.S.al-Baqarah:183).

    Menurut Abdullah bin Mas’ud, apabila suatu ayat telah dimulai dengan panggilan kepada orang yang percaya, sebelum sampai hingga akhirnya kita sudah tahu bahwa ayat ini mengandung perihal yang penting atau larangan yang berat. Oleh karena itu, ayat ini menegaskan bahwa puasa di bulan Ramadan merupakan suatu hal yang wajib.

    Bahkan Nabi SAW memiliki cara tersendiri dalam menyambut bulan suci Ramadan dengan memperbanyak puasa sunah di bulan Syakban. Salah satu riwayat yang masyhur diceritakan Sayyidah Aisyah radliyallahu ‘anha, bahwa Nabi SAW mengisi bulan Syakban dengan memperbanyak berpuasa.

    .ْمَا رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اسْتَكْمَلَ صِيَامَ شَهْرٍ إِلَّا رَمَضَانَ وَمَا رَأَيْتُهُ أَكْثَرَ صِيَامًا مِنْهُ فِي شَعْبَانَ
    . َ أَخْرَجَه ُ الْبُخَارِي ُّ وَمُسْلِم

    Tidaklah aku melihat Rasulullah SAW berpuasa sebulan penuh kecuali Ramadan dan aku tidak melihat beliau berpuasa sebanyak pada bulan Syakban. (H.R. al-Bukhari dan Muslim).

    Hadis di atas setidaknya memunculkan nilai-nilai yang baik dalam menyambut bulan suci Ramadan. Uniknya terdapat tradisi tersendiri di kalangan masyarakat dalam menyambut bulan suci Ramadan dengan mengakulturasikannya pada budaya. Tradisi meugang di Aceh dan megengan di Jawa adalah dua contoh ritual budaya yang mendalam dan sangat dihargai oleh masyarakat setempat, terutama dalam konteks menyambut bulan Ramadan, Idulfitri, dan Iduladha. 

    Kedua tradisi ini menggabungkan dimensi sosial, budaya, dan keagamaan yang saling berkaitan, menciptakan sebuah kesempatan untuk mempererat hubungan sosial, menunjukkan rasa syukur, dan mempersiapkan diri secara spiritual untuk menjalani ibadah puasa.

    Tradisi Meugang di Aceh

    Meugang merupakan tradisi yang dilaksanakan pada tiga waktu utama, menjelang Ramadan, Idulfitri, dan Iduladha. Pada hari-hari tersebut, masyarakat Aceh melakukan pemotongan hewan seperti sapi atau kambing yang dibeli secara kolektif. Setelah penyembelihan dilakukan sesuai dengan prosedur syar’i, daging hewan tersebut dibagikan kepada keluarga, tetangga, dan masyarakat sekitar. 

    Pembagian daging ini memiliki makna simbolis berupa rasa kebersamaan dan berbagi, terutama kepada mereka yang kurang mampu, yang menjadikan meugang sebagai bentuk solidaritas sosial yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Aceh.

    Terdapat empat model yang dipraktikkan masyarakat Aceh dalam menyediakan daging untuk meugang. Pertama, acara meuripee, di mana masyarakat mengumpulkan uang untuk membeli hewan sembelihan yang kemudian dibagikan sesuai kontribusi peserta. Kedua, membeli daging pada agen yang akan menyembelih hewan pada hari meugang, dengan daging dibagikan dalam bentuk tumpok (campuran daging, tulang, dan kulit). 

    Ketiga, membeli daging di pasar, di mana pedagang daging menjualnya dengan harga yang lebih tinggi, dan berbagai kalangan membelinya sesuai status sosial mereka. Keempat, beberapa masyarakat memilih menyembelih ayam atau bebek yang dipelihara sendiri, biasanya oleh mereka yang kurang mampu, sebagai alternatif untuk merayakan meugang.

    Tradisi Megengan di Jawa

    Sama halnya dengan meugang, tradisi megengan dilakukan beberapa hari sebelum Ramadan, biasanya melalui acara makan besar bersama keluarga besar atau tetangga, dengan hidangan khas seperti nasi, lauk-pauk, dan hidangan tradisional lainnya. Selain makan bersama, tradisi ini juga mencakup kegiatan bersih-bersih rumah dan desa, serta menghias rumah dengan ornamen khas. 

    Dimensi sosial dari megengan terletak pada kebersamaan yang tercipta antara anggota keluarga dan masyarakat sekitar. Acara makan bersama menjadi ajang untuk mempererat hubungan sosial antar individu dan memperkuat rasa kebersamaan dalam komunitas.  Selain itu, megengan juga melibatkan pembagian makanan kepada tetangga atau mereka yang kurang mampu, menunjukkan solidaritas sosial yang kuat di kalangan masyarakat Jawa.

    Secara keagamaan, megengan memiliki makna sebagai bentuk rasa syukur dan kesiapan untuk menjalankan ibadah puasa. Makanan yang disajikan dalam acara megengan tidak hanya berfungsi sebagai hidangan fisik, tetapi juga sebagai simbol persiapan batin untuk menahan nafsu dan menjalankan ibadah puasa dengan penuh kesabaran. 

    Dalam banyak kasus, acara megengan juga disertai dengan doa bersama sebagai bentuk harapan agar bulan Ramadan dapat dijalani dengan baik dan penuh berkah.

    Kesamaan antara Meugang dan Megengan

    Titik temu meugang dan megengan terletak pada dimensi sosial dan keagamaan yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat Aceh dan Jawa. Kedua tradisi ini berfungsi sebagai sarana untuk mempererat hubungan sosial antar individu dalam komunitas, sambil menunjukkan rasa syukur dan berbagi kebahagiaan. Keduanya juga mengandung makna spiritual yang mendalam, yang mengingatkan umat Islam akan pentingnya berpuasa dan menahan diri. 

    Baik meugang maupun megengan mengajarkan nilai-nilai kebersamaan, solidaritas, dan ketaatan kepada Allah Swt, serta mempersiapkan umat Islam untuk menjalani ibadah puasa dengan penuh kesabaran dan pengendalian diri. Selain itu, kedua tradisi ini juga memberikan dampak positif pada sector ekonomi, dengan mendorong perputaran ekonomi lokal, terutama bagi pedagang dan peternak.

    Dengan demikian, baik meugang maupun megengan tidak hanya berfungsi sebagai tradisi budaya, tetapi juga sebagai manifestasi dari ajaran Islam yang mengajarkan kebersamaan, rasa syukur, dan persiapan spiritual dalam menjalankan ibadah puasa. 

    *Penulis adalah mahasiswa Pendidikan Kader Ulama Masjid Istiqlal (PKUMI)

  • 7 Cara Mengatasi Maag Kambuh Saat Puasa di Siang Hari

    7 Cara Mengatasi Maag Kambuh Saat Puasa di Siang Hari

    Jakarta – Penyakit maag biasanya kambuh ketika perut dalam kondisi kosong. Hal ini membuat penderita maag khawatir jika menjalankan puasa.

    Sejumlah penelitian menunjukkan sebetulnya puasa tetap bisa dilakukan penderita sakit maag dengan aman. Namun mereka harus menerapkan pola yang benar selama bulan puasa.

    Mencegah Maag Kambuh Saat Puasa

    Mengutip situs Dinas Kesehatan Provinsi Aceh dan Yayasan Gastroenterologi Indonesia, berikut 7 cara mencegah maag kambuh saat puasa:

    1. Jangan Makan Terburu-buru

    Penderita maag jangan sampai makan terburu-buru, karena membuat lambung bekerja lebih keras untuk mengolah makanan. Hal ini sering terjadi jika bangun sahur terlambat, sehingga makan harus cepat sebelum waktu Subuh.

    Untuk itu, usahakan bangun lebih awal untuk sahur dan makanlah dengan tenang dan pelan-pelan.

    2. Jangan Tunda Berbuka Puasa

    Ketika sudah waktunya berbuka puasa, maka segeralah membatalkan puasa dengan makan makanan ringan terlebih dahulu. Jangan langsung makan besar, karena akan membuat lambung langsung bekerja berat setelah tidak bekerja seharian.

    Kemudian setelah sholat magrib, detikers bisa makan porsi besar seperti makan sahur. Setelah tarawih, kamu bisa makan makanan ringan seperti buah atau biskuit.

    3. Hindari Makanan Pemicu Sakit Maag

    Baik saat makan sahur maupun berbuka, pilihlah makanan dan minuman pemicu sakit maag, seperti makanan berlemak tinggi, makanan siap saji, seperti sosis dan pizza, acar, makanan yang terlalu asam, minuman berkafein, alkohol, serta soda.

    Selain menghindari makanan pemicu, pilihlah menu makanan yang tepat, misalnya nasi atau oatmeal. Disarankan pula untuk memasak makanan dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus.

    5. Jangan Tidur Setelah Makan

    Tubuh memerlukan waktu mengolah makanan. Jadi jangan langsung tidur setelah makan. Terutama setelah sahur, detikers mungkin mengantuk dan ingin tidur, namun hal ini justru memicu sakit maag.

    Jika memang sangat mengantuk, detikers bisa tidur dengan posisi setengah duduk. Pastikan posisi kepala dan bahu tetap lebih tinggi daripada perut. Gunakan bantal untuk menyangga badan.

    6. Kendalikan Emosi

    Stres juga bisa memicu sakit maag. Selama puasa, kendalikan emosi, termasuk rasa sedih. Selain mencegah maag, mengendalikan emosi juga merupakan hal yang diperintahkan saat puasa.

    Jika memang ada hal yang membuat emosi, lakukan teknik relaksasi, latihan pernapasan, atau yoga.

    7. Minumlah Obat Sesuai Resep Dokter

    Jika khawatir akan kesulitan menjalankan puasa karena maag, berkonsultasilah dengan dokter. Dokter mungkin memberikan obat untuk meredakan maag. Minumlah obat sesuai resep dan petunjuk dokter.

    Bagaimana Jika Maag Kambuh Mendadak Saat Puasa?

    Dokter spesialis penyakit dalam dari RS Brawijaya Depok, dr Aru Ariadno, SpPD KGEH, menjelaskan maag umumnya mengganggu saluran pencernaan bagian atas dan lambung. Penyebab sakit ini misalnya asam lambung, gastritis, GERD, hingga dispepsia.

    “Maag itu dari kalimat maag, maag artinya lambung ‘de-maag’ itu dari bahasa Belanda. Jadi suatu penyakit yang mengganggu lambung, pencernaan bagian atas,” tutur dr Aru kepada detikcom beberapa waktu lalu.

    Lantas bagaimana jika maag kambuh mendadak di siang hari saat berpuasa?

    dr Aru mengatakan penderita maag harus bisa menilai kondisinya sendiri. Jika gejalanya tak mampu ditahan, misalnya perut sangat nyeri sampai muntah, maka disarankan untuk membatalkan puasa agar gejalanya tidak semakin parah.

    Namun, jika orang tersebut yakin masih bisa bertahan hingga magrib, maka dipersilakan melanjutkan berpuasa dengan mengurangi kegiatan berat.

    “Tergantung dari sakitnya seperti apa. Kalau pada kondisi-kondisi dia bisa mempertahankan kondisi puasanya, bisa dilanjutkan sampai dia berbuka. Tapi kalau dia rasanya sampai nggak sanggup, nyeri, berat, sampai kondisinya muntah dan segala macam, apa boleh buat kita terpaksa buka,” kata dr Aru.

    Islam pun memperbolehkan seseorang tidak berpuasa ketika sedang sakit. Namun puasa Ramadhan tetap harus diganti di lain waktu. Ketika sudah sehat, mulailah berpuasa kembali dengan menerapkan berbagai tips di atas.

    (bai/fds)