Produk: yuan

  • BYD Luncurkan Kei Car Listrik, Mobil Jepang di Pasar Domestik Terancam?

    BYD Luncurkan Kei Car Listrik, Mobil Jepang di Pasar Domestik Terancam?

    Jakarta

    BYD mencoba peruntungan dengan meluncurkan jenis mobil paling populer di Jepang, yaitu mobil kei car. Di Japan Mobility Show (JMS) 2025, BYD meluncurkan kei car bertenaga listrik BYD Racco. Mobil ini akan memasuki pasar Jepang pada musim panas mendatang.

    BYD menjadi produsen mobil non-Jepang yang ikut menjual kei car. Untuk diketahui, kei car merupakan mobil mungil dengan spesifikasi dan ukuran tertentu dan hanya dijual di Negeri Sakura. Pembuatnya sudah pasti produsen Jepang. Tapi BYD justru bikin kejutan dengan menghadirkan kei car bernama Racco.

    Racco kabarnya bakal dijual mulai 2,6 juta yen atau kalau dirupiahkan setara dengan Rp 280 jutaan. Saat nanti diluncurkan resmi, Racco merupakan model kelima BYD yang dijual di Jepang setelah Atto 3, Dolphin, Seal, dan Sealion 7.

    BYD Racco mengadopsi kei car tradisional Jepang yang berbentuk kotak dengan empat pintu. Di bagian belakang mengusung pintu geser. Secara dimensi, BYD Racco punya panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.800 mm. Di dalamnya bisa memuat empat orang, dua di depan, dua di belakang. Dimensinya itu tak jauh berbeda dari Nissan Sakura. Sakura punya panjang 3.395 mm, lebar 1.475 mm, dan tinggi 1.655 mm.

    BYD Racco Foto: (Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)

    BYD Racco juga disebut akan menggendong baterai LFP 20 kWh dengan jarak tempuh 180 km. Mobil mungil ini juga didukung pengecasan cepat DC 100 kW.

    Kehadiran BYD Racco di pasar Jepang bisa menjadi ancaman baru bagi produsen otomotif domestik negara itu. Kompetisi kei car di Jepang semakin menantang.

    BYD Racco Foto: (Muhammad Hafizh Gemilang/detikOto)

    “Ada banyak standar untuk mobil kecil di dunia, dan BYD telah memilih standar Jepang untuk kendaraan ringan. Saya sangat senang. Kompetisi baru akan segera dimulai, dan saya harap kita dapat saling belajar dan berjuang maju. Ambang batas konsumen Jepang untuk membeli produk China semakin menurun. Saya yakin (BYD) merupakan ancaman besar,” kata Presiden Suzuki, Toshihiro Suzuki, seperti dikutip media lokal China, IT-Home.

    BYD baru resmi memasuki pasar kendaraan penumpang di Jepang pada Juli 2022. Hingga saat ini, BYD telah meluncurkan beberapa model kendaraan listrik murni di negara tersebut, termasuk Yuan PLUS, Dolphin, Seal, dan Sealion 7. Di Jepang, BYD mencatatkan total penjualan kendaraan penumpang sebanyak 7.123 unit.

    (rgr/din)

  • Waspada Harga HP Makin Mahal, Naik Drastis Gara-gara Ini

    Waspada Harga HP Makin Mahal, Naik Drastis Gara-gara Ini

    Jakarta, CNBC Indonesia – Harga ponsel diprediksi bakal naik dalam waktu dekat. Samsung disebut-sebut tengah mempertimbangkan kenaikan harga untuk produknya, termasuk smartphone kelas menengah dan bawah. Kondisi ini didorong oleh kelangkaan chip memori yang dipicu meledaknya tren kecerdasan buatan (AI).

    Menurut laporan Hankyung, meski besaran kenaikan harga belum jelas, produsen ponsel diperkirakan akan terdampak. Kelangkaan memori ini terkait dengan meningkatnya permintaan server untuk mendukung teknologi AI.

    Fitur-fitur AI berat yang dijalankan di cloud membutuhkan memori bandwidth tinggi (HBM) dalam jumlah besar, sementara produsen chip lebih memilih memproduksi HBM karena profitabilitasnya jauh lebih tinggi dibandingkan DRAM standar.

    Akibatnya, produksi DRAM yang digunakan di smartphone dan perangkat konsumen lainnya menjadi terbatas. Selain itu, semakin banyak ponsel AI yang membutuhkan kapasitas memori lebih besar untuk menjalankan aplikasi cerdas. Semua faktor ini menyebabkan pasokan chip menipis, sehingga memicu kenaikan harga, demikian dikutip dari Android Authority, Selasa (4/11/2025).

    Samsung bukan satu-satunya yang terimbas. Xiaomi juga menyatakan kenaikan biaya chip memori mendorong harga produk baru mereka. Presiden Xiaomi, Lu Weibing, mengatakan adanya tekanan biaya yang mempengaruhi harga produk baru mereka.

    Kenaikan biaya chip memori jauh melebihi perkiraan dan bisa semakin meningkat. Misalnya, seri Redmi K90 terbaru dibanderol 2.599 yuan (Rp 6,1 juta), naik dibandingkan pendahulunya 2.499 yuan (Rp 5,8 juta).

    Analis memperkirakan kelangkaan chip memori ini bisa berlangsung lebih dari dua tahun. Sejumlah perusahaan, termasuk Apple, dikabarkan sudah mulai menimbun chip memori sebagai langkah antisipatif.

    Dengan kondisi ini, konsumen yang berencana membeli ponsel baru disarankan untuk mempertimbangkan waktu pembelian agar tidak terdampak kenaikan harga.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Kiriman Wafer Belanda Disetop ke China, Pabrik Mobil Dunia Terancam

    Kiriman Wafer Belanda Disetop ke China, Pabrik Mobil Dunia Terancam

    Jakarta, CNBC Indonesia – Produsen chip Belanda Nexperia menghentikan pasokan wafer ke pabriknya di China. Langkah ini dinilai bisa menyebabkan kelangkaan chip untuk komponen produksi mobil di seluruh dunia.

    Reuters melaporkan bahwa penghentian pasokan tersebut disampaikan oleh Nexperia ke konsumennya dalam surat yang dikirim pada 29 Oktober 2025. CEO interim Nexperia, Stefan Tilger, menandatangani surat tersebut.

    Wafer adalah cakram semikonduktor tempat sirkuit dicetak, yang kemudian dipotong kecil menjadi chip elektronik. 

    Tilger menyatakan penghentian pasokan dilakukan karena anak usahanya di Dongguan, China, gagal menaati ketentuan pembayaran sesuai dengan kontrak.

    Nexperia sedang dalam sengketa dengan unit bisnisnya di China, setelah pemerintah Belanda mengambil alih Nexperia dari pemilik perusahaan asal China, yaitu Wingtech Technology. Pemerintah Belanda mengambil langkah ekstrem tersebut karena takut teknologi Nexperia dieksploitasi oleh Wingtech.

    Unit bisnis Nexperia di China terus menyalurkan semikonduktor ke pelanggan di China usai induknya diambil alih. Namun, pelanggan di China diharuskan membayar menggunakan mata uang yuan. Sebelumnya seluruh transaksi pembelian semikonduktor dari Nexperia dilakukan dalam mata uang asing, termasuk dolar AS.

    Mayoritas chip buatan Nexperia diproduksi di Belanda dengan pelanggan utama produsen otomotif dan industri elektronik. Sekitar 70 persen chip yang diproduksi di Eropa kemudian dikemas di China.

    Pelaku industri otomotif cemas permasalahan pasokan bakal berpengaruh ke produksi mobil di seluruh dunia. Stellantis, produsen 14 merek mobil termasuk Peugeot dan Jeep, sudah membentuk tim khusus untuk memantau situasi pasokan chip. Adapun, Nissan menyatakan mereka memiliki chip untuk memasok produksi hingga awal November.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Jadi Model Pertama dengan Teknologi EREV, Ini Dia SUV Aion i60

    Jadi Model Pertama dengan Teknologi EREV, Ini Dia SUV Aion i60

    JAKARTA – GAC Aion memiliki satu model yang digadang-gadang akan sangat populer, model terbaru itu yakni Aion i60 yang disematkan dengan teknologi Extended Range Electric Vehicle (EREV).

    Mengutip dari laman Carnewschina, Minggu, 2 November, mobil yang akan bersaing dengan Geely Galaxy L7 PHEV ini diperkirakan akan dibanderol mulai dari 140.000 yuan atau kisaran Rp327 jutaan, harga yang cukup menarik.

    Dari segi tampilan, varian EV dan EREV memiliki desain yang hampir identik, menampilkan fasia depan tertutup dan lampu depan yang dihubungkan oleh strip lampu LED. 

    Bagian samping dilengkapi dengan pilihan gagang pintu semi tersembunyi dan tersembunyi. Beberapa trim juga akan dilengkapi dengan lidar atap untuk kemampuan bantuan berkendara tingkat lanjut dan memberikan kemudahan para pengguna.

    Bagian belakang mengadopsi kelompok lampu belakang kontinu tipe tembus yang tertanam logo merek GAC yang dapat menyala. Menarik bukan? Secara dimensi SUV ini memiliki panjang 4.685 mm, lebar 1.854 mm, tinggi 1.660 mm dengan jarak sumbu roda 2775 mm dan tata letak lima tempat duduk standar. 

    Soal jantung pacunya, varian EV akan ditenagai oleh dua pilihan motor listrik, 150 kW (model TZ180XTD3A01) dan 165 kW (model TZ180XYXOF51), tergantung konfigurasinya. Tersedia tiga pilihan kapasitas baterai: 47.8 kWh, 62.2 kWh, dan 75.26 kWh, dengan jangkauan jelajah masing-masing 400 km, 530 km, dan 650 km.

    Sementara itu, varian EREV akan dilengkapi dengan sistem perluasan jangkauan Xingyuan yang dikembangkan sendiri oleh GAC, terdiri dari mesin 1,5L dengan daya maksimum 99 hp dan motor listriknya juga menawarkan pilihan 201 hp dan 165 221 hp. Baterai litium besi fosfat internalnya akan berkapasitas 29 kWh, yang memberikan jangkauan listrik murni sejauh 160 km.

    Apakah nantinya model satu ini akan juga hadir di pasar otomotif nasional ? mengingat GAC Indonesia berencana untuk membawa jajaran model PHEV hingga EREV. Tentu patut ditunggu kehadirannya.

  • Jadi Model Pertama dengan Teknologi EREV, Ini Dia SUV Aion i60

    Jadi Model Pertama dengan Teknologi EREV, Ini Dia SUV Aion i60

    JAKARTA – GAC Aion memiliki satu model yang digadang-gadang akan sangat populer, model terbaru itu yakni Aion i60 yang disematkan dengan teknologi Extended Range Electric Vehicle (EREV).

    Mengutip dari laman Carnewschina, Minggu, 2 November, mobil yang akan bersaing dengan Geely Galaxy L7 PHEV ini diperkirakan akan dibanderol mulai dari 140.000 yuan atau kisaran Rp327 jutaan, harga yang cukup menarik.

    Dari segi tampilan, varian EV dan EREV memiliki desain yang hampir identik, menampilkan fasia depan tertutup dan lampu depan yang dihubungkan oleh strip lampu LED. 

    Bagian samping dilengkapi dengan pilihan gagang pintu semi tersembunyi dan tersembunyi. Beberapa trim juga akan dilengkapi dengan lidar atap untuk kemampuan bantuan berkendara tingkat lanjut dan memberikan kemudahan para pengguna.

    Bagian belakang mengadopsi kelompok lampu belakang kontinu tipe tembus yang tertanam logo merek GAC yang dapat menyala. Menarik bukan? Secara dimensi SUV ini memiliki panjang 4.685 mm, lebar 1.854 mm, tinggi 1.660 mm dengan jarak sumbu roda 2775 mm dan tata letak lima tempat duduk standar. 

    Soal jantung pacunya, varian EV akan ditenagai oleh dua pilihan motor listrik, 150 kW (model TZ180XTD3A01) dan 165 kW (model TZ180XYXOF51), tergantung konfigurasinya. Tersedia tiga pilihan kapasitas baterai: 47.8 kWh, 62.2 kWh, dan 75.26 kWh, dengan jangkauan jelajah masing-masing 400 km, 530 km, dan 650 km.

    Sementara itu, varian EREV akan dilengkapi dengan sistem perluasan jangkauan Xingyuan yang dikembangkan sendiri oleh GAC, terdiri dari mesin 1,5L dengan daya maksimum 99 hp dan motor listriknya juga menawarkan pilihan 201 hp dan 165 221 hp. Baterai litium besi fosfat internalnya akan berkapasitas 29 kWh, yang memberikan jangkauan listrik murni sejauh 160 km.

    Apakah nantinya model satu ini akan juga hadir di pasar otomotif nasional ? mengingat GAC Indonesia berencana untuk membawa jajaran model PHEV hingga EREV. Tentu patut ditunggu kehadirannya.

  • China Makin Ganas Jajah Asia Tenggara, Indonesia Bisa Kena

    China Makin Ganas Jajah Asia Tenggara, Indonesia Bisa Kena

    Jakarta, CNBC Indonesia – Raksasa e-commerce China seperti Alibaba dan TikTok Shop dari ByteDance, makin kencang berekspansi ke luar negeri. Firma konsultan Bain and Company mengatakan Alibaba dan TikTok Shop hanya sebagian dari e-commerce China yang dengan cepat mendominasi sekitar setengah dari pasar belanja online di Asia Tenggara.

    Menurut laporan Bain and Company, data pada 2024 menunjukkan e-commerce asal China seperti Shein dan Temu dari PDD, berkontribusi terhadap hampir 50% dari pasar e-commerce di Indonesia, Thailand, dan Filipina.

    Dikutip dari CNBC International, Jumat (31/10/2025), perusahaan-perusahaan China menggenjot ekspansi ke pasar global, di tengah kelesuan pertumbuhan ekonomi di kampung halaman mereka.

    “Jauh dari ‘terbunuh’ oleh tarif [AS], pendekatan ritel China untuk menggarap pasar global sedang memasuki fase baru,” tertulis dalam laporan Bain and Company.

    Tim penyusun laporan mencatat bahwa pedagang-pedagang China sejauh ini memiliki kinerja lebih baik di negara-negara dengan daya beli online yang minim. Tahun ini, Bain and Company mengatakan Taobao milik Alibaba memperluas promo belanja ‘Singles Day’ ke 20 kawasan.

    Transaksi E-commerce di Indonesia 2024

    Berdasarkan data Bain and Company, nilai transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) e-commerce di Indonesia pada 2024 mencapai US$62 miliar (Rp1.031 triliun).

    Mayoritas (56%) berasal dari kategori e-commerce ‘Lainnya’ (Others), senilai US$34,58 miliar (Rp572 miliar). Sementara itu, Tokopedia mengambil porsi 26%, senilai US$16,30 miliar (Rp271 miliar).

    Kemudian TikTok Shop berkontribusi 10% senilai US$6,17 miliar (Rp102 miliar), Lazada (Alibaba) meraup 7% senilai US$4,50 miliar (Rp74 miliar), serta AliExpress hanya meraup segelintir sisanya senilai US$0,51 miliar (Rp8 miliar).

    Perlu dicatat, Shopee Indonesia yang merupakan salah satu pemain e-commerce terbesar di Tanah Air tidak dibuatkan kategori khusus dalam laporan Bain and Companye. Begitu juga dengan Blibli dan Bukalapak yang sama-sama merupakan pemain e-commerce kawakan di Indonesia.

    Berdasarkan data tersebut, pemain e-commerce dari China memang belum mendominasi di pasar Indonesia. Namun, pertumbuhannya cukup masif.

    Adapun di negara-negara Asia Tenggara lainnya seperti Thailand, Vietnam, dan Filipina, e-commerce China seperti TikTok Shop mulai mendominasi kontribusi terhadap GMV. Masing-masing 19% di Thailand, 15% di Vietnam, dan 15% di Filipina.

    AliExpress juga tampak mengambil porsi lebih besar, yakni 7% di Filipina dan 5% di Vietnam. Namun, total GMV e-commerce di negara-negara tetangga jauh lebih kecil ketimbang di Indonesia.

    GMV e-commerce di Thailand dan Vietnam masing-masing hanya mencapai US$30 miliar, sementara di Filipina cuma US$20 miliar. Data Bain and Company tidak memasukkan GMV e-commerce di Singapura dan Malaysia.

    Rahasia E-commerce China Jajah Dunia

    CNBC International melaporkan divisi internasional Alibaba yang disebut ‘International Digital Commerce Group’ melaporkan pertumbuhan pendapatan 19% secara tahun-ke-tahun selama 3 bulan yang berakhir pada 30 Juni 2025, menjadi 34,74 miliar yuan.

    Indikator lainnya yang memperlihatkan kencangnya industri e-commerce China ‘menjajah’ dunia tampak pada angka pembiayaan pedagang online China.

    Hanya dalam kurun waktu kurang lebih 1 tahun, startup fintech FundPark memfasilitasi pembiayaan senilai US$3 miliar untuk kredit usaha pebisnis China yang ingin mengepakkan sayap lewat e-commerce lintas negara.

    Sebelumnya, butuh waktu 6 tahun bagi FundPark meminjamkan US$3 miliar untuk kredit usaha, menurut pendiri dan CEO Anson Suen kepada CNBC International.

    Menurut analis Bain and Company, rahasia keberhasilan e-commerce China berekspansi ke pasar global adalah belajar dari kesuksesan di pasar domestik. Industri e-commerce China mengintegrasikan livestreaming, kecepatan inovasi produk, serta kecepatan logistik.

    Faktanya, Amazon menutup marketplace-nya di China pada 2019 silam karena sengitnya persaingan dengan pemain lokal.

    Transaksi e-commerce di China pada 2024 mencapai US$2.317 miliar atau lebih dari dua kali lipat GMV e-commerce di AS yang ‘mentok’ di US$1.054 miliar.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Canggih Banget! Skutik Baru Honda Punya Dashcam dan Radar

    Canggih Banget! Skutik Baru Honda Punya Dashcam dan Radar

    Jakarta

    Honda kembali membuat gebrakan di segmen skuter matic (skutik) dengan memperkenalkan NWT150. Motor yang dikembangkan bersama antara Honda Jepang dan Wuyang Honda di China ini dilengkapi banyak teknologi canggih seperti kamera dan radar. Fungsinya buat apa?

    Mengutip Greatbiker, Honda NWT150 sudah dilengkapi radar pendeteksi titik buta (blind spot detection) berbasis gelombang milimeter dan kamera dasbor (dashcam) di depan serta belakang. Fitur ini belum pernah ada di model skuter Honda sebelumnya, bahkan di kelas motor premium sekalipun.

    Honda NWT150 Foto: Dok. Honda

    Sistem radarnya diklaim mampu mendeteksi hingga 20 objek di sekitar motor dengan radius 150 derajat dan jarak 100 meter, lalu menyalakan lampu peringatan di kaca spion jika ada kendaraan mendekat dari sisi pengendara. Ini persis fitur blind spot detection yang ada di mobil-mobil keluaran terbaru.

    Secara desain, NWT150 menggabungkan gaya agresif khas X-ADV dan Forza 750, dengan empat lampu depan LED proyektor, serta windshield tinggi yang terpisah dari fairing bergaya ‘big bike’.

    Kesan futuristis makin terasa dengan bodi belakang yang simpel namun proporsional, mirip Honda Lead 125. Tidak hanya keren, desainnya juga ergonomis berkat pijakan kaki datar dan posisi duduk nyaman untuk perjalanan jauh.

    Soal performa, skutik ini mengandalkan mesin bensin 149 cc (EW15) buatan Wuyang Honda dengan tenaga 15,3 dk dan torsi 14,4 Nm. Bobotnya 137 kg dengan tangki besar 8,1 liter dan konsumsi bahan bakar rata-rata 2,3 liter/100 km. Untuk kaki-kakinya, depan pakai profil ban 14 inci, belakang pakai profil ban 13 inci.

    Fitur-fitur motor ini juga melimpah, layar TFT full-color dengan konektivitas Wi-Link, sistem kunci pintar NFC, rem ABS dua kanal, kontrol traksi, dan juga monitor tekanan ban (TPMS) yang menampilkan data real-time.

    Di China, Honda NWT150 dibanderol mulai 14.980 yuan atau sekitar Rp 35 jutaan, harga yang tergolong menarik buat skuter dengan teknologi radar dan kamera. Sayangnya, untuk saat ini motor canggih ini masih dijual eksklusif di pasar China.

    Honda NWT150 Foto: Dok. Honda

    (lua/dry)

  • Laris Manis! Mobil BYD Ini Cetak Rekor: Sehari Laku 1.000 Unit

    Laris Manis! Mobil BYD Ini Cetak Rekor: Sehari Laku 1.000 Unit

    Jakarta

    BYD mencatatkan rekor baru berkat Sealion 06. Mobil itu menjadi model tercepat dalam hal mencapai angka produksi 100 ribu unit.

    Tak butuh waktu lama bagi BYD untuk memproduksi Sealion 06. Hanya dalam kurun waktu 100 hari sejak diperkenalkan ke pasar, BYD Sealion 06 sudah mencapai 100 ribu unit. Artinya dalam waktu sehari rata-rata bisa memproduksi 1.000 unit.

    BYD Sealion 06 merupakan SUV kelas menengah yang diperkenalkan di China sejak pertengahan tahun 2025.

    BYD Sealion 06 yang memiliki pilihan EV dan PHEV. BYD Sealion 06 menggunakan arsitektur e-Platform 3.0 Evo milik BYD dan mendukung pengisian daya cepat 800V. Sedangkan varian PHEV ditenagai oleh teknologi hybrid DM-i generasi kelima BYD. Meski terdapat perbedaan pada mesin penggerak antara listrik dan PHEV, kedua versi Sealion 06 memiliki desain eksterior yang sama.

    Bicara jantung pacunya, untuk varian full listrik semua model menggunakan penggerak roda belakang dan dibangun dengan sistem 400V atau 800V. Tipe entry-levelnya yaitu versi Navigation 400V dilengkapi dengan baterai 65,28 kWh dengan tenaga maksimal 170 kW dan torsi 330 Nm serta daya jangkau 520 km (CLTC). Versi Navigation Pro dan Navigation Plus 800V menggunakan baterai 78,72 kWh, dengan output motor meningkat menjadi 180 kW dan jangkauan 605 km (CLTC). Platform 800V memungkinkan efisiensi pengisian daya yang lebih tinggi.

    Sementara itu, varian plug-in hybrid menggunakan sistem DM-i generasi kelima BYD. Sistem itu memadukan mesin 1,5 liter dengan daya 74 kW dan torsi 126 Nm yang dihubungkan dengan motor listrik 160 kW dan torsi 260 Nm. Versi Pilot entry-level dilengkapi baterai 18,3 kWh, menawarkan daya jangkau listrik sejauh 121 km (CLTC) dan kemampuan pelepasan daya eksternal 3,3 kW. Versi Pilot Pro dan Pilot Plus dilengkapi baterai 26,6 kWh, yang meningkatkan jangkauan listrik menjadi 170 km. Versi ini mendukung pengisian cepat DC 54 kW.

    Sebagai gambaran, BYD Sealion 06 punya dimensi panjang 4.810 mm, lebar 1.920 mm, dan tinggi 1.675 mm, dengan jarak sumbu roda 2.820 mm. Kendaraan ini menggunakan suspensi depan MacPherson dan suspensi belakang multi-link. Semua varian dilengkapi dengan sistem kontrol peredam cerdas BYD yang dikenal sebagai DiSus-C. Ukuran ban standar adalah 235/50 R19, dan berat kosong sekitar 1.890 kilogram.

    Menyoal harga, Sealion 06 berkisar antara 139.800 hingga 163.800 Yuan atau sekitar Rp 326 juta hingga Rp 383 jutaan. Di Indonesia, mobil ini juga sudah terdaftar. Paten BYD Sealion 06 didaftarkan ke Kementerian Hukum, yang tercantum dalam berita Resmi Desain Industri No 16/DI/2025. Namun belum diketahui lebih lanjut apakah nantinya mobil akan dijual di Tanah Air.

    (riar/dry)

  • Dolar AS Melemah ke Level Rp 16.616 Pagi Ini

    Dolar AS Melemah ke Level Rp 16.616 Pagi Ini

    Jakarta

    Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) melemah terhadap rupiah pada perdagangan pagi ini. Pelemahan ini membawa mata uang Paman Sam itu berada di level Rp 16.616/US$.

    Dikutip dari data Bloomberg, Jumat (31/10/2025), sekitar pukul 09.16 WIB dolar AS berada pada level Rp 16.616, melemah 20,00 poin atau sebesar 0,12%.

    Pada pembukaan perdagangan, dolar AS berada di level Rp 16.623. Pergerakan dolar AS pagi ini berada di antara Rp 16.615-Rp 16.625.

    Sementara itu, pergerakan dolar AS terhadap sejumlah mata uang Asia-Pasifik lainnya cukup bervariasi. Dolar AS terpantau menguat terhadap won Korea Selatan 0,19%. Sementara terhadap peso Filipina melemah 0,22%.

    Nilai tukar dolar AS juga mengalami penguatan terhadap rupee India 0,57%. Kemudian terhadap yuan China melemah 0,01%. Dolar AS juga menguat terhadap baht Thailand sebesar 0,17%.

    Sementara itu, nilai tukar dolar AS justru mengalami pelemahan terhadap dolar Singapura 0,12%. Jika terhadap dolar baru Taiwan menguat 0,09%,

    Dolar AS terhadap ringgit Malaysia melemah 0,07%, serta terhadap yen Jepang 0,25%. Nilainya juga melemah terhadap dolar Hong Kong 0,02% dan dolar Australia 0,01%.

    Lihat juga Video Trump Ancam Tarif 150% ke BRICS: Mereka Coba Hancurkan Dolar AS!

    (acd/acd)

  • 5
                    
                        Maxim Buka Suara Soal Pengemudi Ojol Tinggalkan Penumpang Koma di Depan DPR
                        Megapolitan

    5 Maxim Buka Suara Soal Pengemudi Ojol Tinggalkan Penumpang Koma di Depan DPR Megapolitan

    Maxim Buka Suara Soal Pengemudi Ojol Tinggalkan Penumpang Koma di Depan DPR
    Tim Redaksi
    JAKARTA, KOMPAS.com –
    Maxim Indonesia buka suara terkait pengguna layanan mereka koma ditinggal pengemudi usai kecelakaan di depan Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (20/10/2025)
    Public Relation Specialist Maxim Indonesia, Yuan Ifdal Khoir, menyampaikan saat ini telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk melakukan investigasi menyeluruh.
    “Dengan ini kami turut menyampaikan rasa prihatin kami atas musibah kecelakaan lalu lintas yang dialami oleh pengguna Maxim di Jakarta,” kata Yuan dalam keterangannya, Kamis (30/10/2025).
    Yuan menjelaskan, Maxim telah memberikan sanksi kepada pemilik akun pengemudi yang diketahui menyerahkan akunnya kepada orang lain.
    “Kami juga telah memberlakukan sanksi kepada pemilik akun driver yang telah memberikan akun driver kepada orang lain dengan melakukan pemblokiran akun secara permanen,” ujarnya.
    Sebagai bentuk tanggung jawab, Maxim disebut telah menemui pihak keluarga korban untuk memberikan dukungan moral dan hukum.
    “Kami telah bertemu dengan pihak keluarga korban untuk memberikan dukungan moral dan dukungan hukum dengan menyediakan segala informasi yang dibutuhkan untuk menunjang proses hukum,” tutur Yuan.
    Yuan menambahkan bahwa Maxim memiliki program perlindungan melalui kerja sama dengan Yayasan Pengemudi Selamat Sejahtera Indonesia (YPSSI).
    Lebih lanjut, Yuan menegaskan bahwa Maxim secara tegas melarang mitra pengemudi memindahtangankan akun mereka kepada pihak lain.
    “Maxim secara tegas melarang mitra pengemudi untuk memberikan akun pengemudi mereka kepada orang lain,” tegasnya.
    Ia juga menjelaskan bahwa Maxim memiliki sistem keamanan tambahan bagi pengguna yang dilengkapi sistem pelacakan dan tombol darurat (SOS).
    “Untuk meningkatkan keamanan pengguna, fitur Maxim juga dilengkapi dengan sistem pelacakan dan tombol darurat (SOS),” kata dia.
    “Kedua fitur ini dapat dipergunakan penumpang saat keadaan bahaya, sistem akan otomatis menghubungi kontak darurat yang sebelumnya telah didaftarkan pelanggan,” tutup Yuan.
    Pengemudi ojek online (ojol) yang meninggalkan penumpang koma usai kecelakaan di depan Gedung DPR, Jakarta Pusat, diketahui menggunakan akun milik orang lain. 
    Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, AKBP Ojo Ruslan mengungkap akun ojol tersebut digunakan oleh seseorang bernama Bambang. 
    “Mendapatkan Honda Beat tersebut adalah ojol NRKB B-4558-NKO, dengan akun milik Rudi Sukarno,” kata Ojo, Senin (27/10/2025).
    “Penyidik bersama tim Maxim mencari nomor telepon Rudi Sukarno dan tersambung, memberi info bahwa akun tersebut digunakan oleh Bambang,” sambungnya.
    Setelah mendapatkan identitas pelaku, Ojo menyebut penyidik langsung mendatangi alamat yang diduga tempat tinggal pelaku di kawasan Larangan Utara, namun keberadaannya belum ditemukan.
    Sementara itu, Ojo menambahkan, korban hingga kini masih menjalani perawatan intensif di RS Pelni, Jakarta. 
    “Untuk korban sampai sekarang masih dirawat di RS Pelni, untuk biaya ditanggung Jasa Raharja dan BPJS,” ujar dia.
    Copyright 2008 – 2025 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.