Produk: yuan

  • Kisah Anak Magang Resign Gara-gara Nvidia RTX 5060

    Kisah Anak Magang Resign Gara-gara Nvidia RTX 5060

    Jakarta

    Sebuah insiden unik sekaligus menyedihkan terjadi di China. Seorang mahasiswa magang memilih mengundurkan diri dari perusahaannya setelah menang undian kartu grafis Nvidia RTX 5060, namun dipaksa untuk menyerahkan hadiah tersebut ke kantor.

    Kisah ini bermula saat si anak magang ditugaskan untuk menghadiri acara Nvidia di Suzhou pada 14 November. Seluruh biaya perjalanan, mulai dari transportasi hingga akomodasi, ditanggung penuh oleh perusahaan tempatnya magang.

    Di lokasi acara, panitia menggelar sesi undian berhadiah bagi peserta. Si intern ikut undian itu dan menang. Ia berhasil membawa pulang sebuah Nvidia RTX 5060, kartu grafis kelas menengah yang nilainya sekitar 3.000 yuan atau Rp 6,5 jutaan.

    Masalah muncul beberapa jam setelah acara selesai. Seorang rekan kerjanya menghubunginya dan mengatakan bahwa bagian keuangan perusahaan sudah mengetahui hadiah tersebut dan memintanya untuk menyerahkan GPU itu sebagai aset perusahaan, dengan alasan seluruh perjalanan dibiayai kantor.

    Namun belakangan, anak magang itu mengklarifikasi bahwa pihak keuangan sebenarnya belum tahu soal hadiah tersebut. Ia menduga rekannya hanya iri karena ia mendapat hadiah tersebut, demikian dikutip detikINET dari Techspot, Rabu (26/11/2025).

    Tak lama kemudian, perusahaan benar-benar mengetahui soal RTX 5060 itu, diduga setelah ada laporan internal. Manajemen lalu memanggil sang intern beberapa kali untuk dimintai keterangan.

    Dalam setiap pertemuan, mereka bersikeras bahwa karena tiket acara dan perjalanan dibiayai perusahaan, maka hadiah tersebut seharusnya menjadi milik perusahaan, bukan milik pribadi.

    Anak magang itu menolak. Ia beranggapan bahwa undian tersebut murni keberuntungan personal, tidak berkaitan langsung dengan tugas resminya di acara tersebut. Tekanan demi tekanan terus datang, termasuk dari pihak HR yang menyarankan ia mencari perusahaan lain yang lebih cocok. Akhirnya, pada 19 November, sang intern memilih mengajukan surat pengunduran diri.

    Beberapa pengacara di China turut memberikan pandangan hukum atas kasus ini. Menurut mereka, kepemilikan hadiah bergantung pada bagaimana hadiah itu diperoleh.

    Jika hadiah tersebut didapat murni karena keberuntungan dalam sebuah undian terbuka, dan bukan sebagai hasil kinerja, representasi resmi, atau kompetisi atas nama perusahaan, maka perusahaan tidak berhak menuntutnya. Kecuali jika sejak awal ada aturan tertulis soal kepemilikan hadiah saat perjalanan dinas, yang dalam kasus ini tidak disebutkan ada.

    (asj/asj)

  • Huawei Mate 80 Pro Max Hadir dengan Layar 8.000 Nits, Bikin Silau

    Huawei Mate 80 Pro Max Hadir dengan Layar 8.000 Nits, Bikin Silau

    Jakarta

    Huawei memperkenalkan lini ponsel flagship Mate 80 series secara resmi di China. Ada empat model Mate 80 yang diluncurkan, dan salah satunya diklaim memiliki display paling cerah sedunia.

    Huawei Mate 80 Pro Max

    Huawei Mate 80 Pro Max merupakan varian kedua tertinggi yang diperkenalkan di acara peluncuran semalam. Ponsel ini menjadi penerus Mate 70 Pro+, yang mengindikasikan Huawei mula mengikuti sistem penamaan Apple.

    Mate 80 Pro Max hadir dengan display OLED LTPO berukuran 6,9 inch dengan resolusi FHD+ dan refresh rate 1-120Hz. Ini adalah ponsel pertama di dunia yang menggunakan panel dual-layer OLED. Alhasil, Mate 80 Pro Max berhasil mencapai tingkat kecerahan puncak hingga 8.000 nits.

    Di bagian belakangnya, Mate 80 Pro Max masih menggunakan modul kamera berbentuk lingkaran namun dengan desain seperti donat. Di bagian bawahnya juga terdapat pola lingkaran yang senada dengan warna ponsel.

    Huawei Mate 80 Pro Max Foto: Huawei

    Ponsel ini dilengkapi empat kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP dengan variable aperture dan OIS, kamera ultrawide 40 MP, kamera telephoto makro 50 MP dengan OIS, dan kamera periskop telephoto 50 MP dengan optical zoom 6,2x dan OIS.

    Untuk selfie, Mate 80 Pro Max menawarkan kamera depan 13 MP yang dipadukan dengan teknologi 3D depth sensing. Semua ini dilengkapi dengan chipset imaging Red Maple generasi kedua yang digarap Huawei.

    Dari segi performa, Mate 80 Pro Max ditenagai chipset Kirin 9030 Pro denan Ark Graphiscs Engine. Huawei mengatakan Mate 80 Pro Max menawarkan performa 45% lebih mulus dan bisa membuka aplikasi 34% lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.

    Huawei Mate 80 Pro Max Foto: Huawei

    Huawei Mate 80 Pro Max ditenagai baterai 6.000 mAh dengan pengisian cepat 100W dan wireless charging 80W. Ponsel ini juga mendukung fitur Outdoor Exploration Mode yang bisa mendorong baterainya bertahan hingga 14 hari.

    Ponsel ini tersedia dalam pilihan warna Aurora Blue, Polar Day Gold, Polar Region Silver, dan Polar Night Black dengan desain serba flat di layar dan rangkanya. Seluruh ponsel Huawei yang baru saja diperkenalkan menjalankan sistem operasi HarmonyOS 6.

    Huawei Mate 80 Pro Max dibanderol dengan harga mulai dari 7.999 yuan (Rp 18,8 jutaan) untuk varian 16/512GB, sedangkan varian 16GB/1TB dilepas dengan harga 8.999 yuan (Rp 21 jutaan).

    Huawei Mate 80 RS Ultimate Design

    Huawei Mate 80 RS Ultimate Design memiliki desain panel belakang dan modul kamera yang berbeda dari Mate 80 series lainnya. Namun, ponsel ini menawarkan spesifikasi yang mirip seperti Mate 80 Pro Max.

    Huawei Mate 80 RS Ultimate Design Foto: Huawei

    Mate 80 RS Ultimate Design mengusung chipset, display, kamera, baterai dan spesifikasi lainnya yang sama seperti model Pro Max. Satu-satunya perbedaan hanya ada di RAM, di mana Mate 80 RS Ultimate Design dibekali RAM 20GB.

    Ponsel ini menggunakan rangka titanium dan layarnya dilindungi Kunlun Glass generasi ketiga. Pilihan warnanya tersedia dalam varian Hibiscus Purple, Jet Black, dan Pure White.

    Huawei Mate 80 RS Ultimate Design tersedia di China dengan harga 11.999 yuan (Rp 28 jutaan) untuk varian 20/512GB, sedangkan varian tertinggi dengan konfigurasi 20GB/1TB dibanderol dengan harga 12.999 yuan (Rp 30,5 jutaan).

    Huawei Mate 80 dan 80 Pro, si kembar tapi

    Foto: Huawei

    Huawei Mate 80 dan Mate 80 Pro

    Dua model terakhir ini memiliki banyak kesamaan, terutama dari segi display dan baterai. Layarnya menggunakan panel LTPO OLED berukuran 6,75 inch dengan resolusi 1280 x 2832 pixel (FHD+), refresh rate 1-120Hz, dan dilindungi Kunlun Glass generasi kedua.

    Website resmi Huawei China tidak mencantumkan tingkat kecerahan layar Mate 80 dan Mate 80 Pro, jadi tidak diketahui apakah dua varian ini juga mengusung layar 8.000 nits seperti varian Pro Max.

    Mate 80 dan Mate 80 Pro sama-sama memiliki tiga kamera belakang namun dengan konfigurasi yang berbeda. Mate 80 mengusung kamera utama 50 MP dengan sensor RYYB, kamera ultrawide 40 MP

    Mate 80 Pro juga menggunakan kamera utama dan ultrawide yang sama dengan saudaranya, tapi dengan kamera telephoto yang lebih baik. Kamera telephoto ini menggunakan sensor 48 MP dengan optical zoom 4x.

    Huawei Mate 80 Foto: Huawei

    Keduanya dilengkapi chip Red Maple generasi kedua yang mengatur pemrosesan dan warna gambar. Tidak ketinggalan kamera selfie 13 MP dengan sensor 3D ToF untuk mengenal wajah.

    Mate 80 diotaki chipset Kirin 9020 dengan RAM hingga 16GB dan memori internal hingga 512GB. Sementara itu, Mate 80 Pro menggunakan chipset Kirin 9030 dengan RAM hingga 16GB dan ruang penyimpanan hingga 1TB.

    Kedua ponsel ditenagai baterai 5.750 mAh, tapi Mate 80 Pro menawarkan fast charging lebih kencang hingga 100W dan wireless charging 80W. Mate 80 juga tidak kalah ngebut dengan pengisian cepat 66W dan wireless charging 50W.

    Huawei Mate 80 dan Mate 80 Pro hadir dalam pilihan warna Dawn Gold, Spruce Green, Snow White, dan Obsidian Black. Mate 80 dibanderol dengan harga 4.699 yuan (Rp 11 jutaan) untuk varian 12/256GB, 5.199 yuan (Rp 12 jutaan) untuk varian 12/512GB, dan 5.499 yuan (Rp 12 jutaan) untuk varian 16/512GB.

    Sementara itu Huawei Mate 80 Pro hadir dengan harga 5.999 yuan (Rp 14 jutaan) untuk varian 12/256GB, 6.499 yuan untuk varian 12/512GB, 6.999 yuan (Rp 15 jutaan) untuk varian 16/512GB, 7.999 yuan (Rp 18 jutaan) untuk varian 16GB/1TB.

    Halaman 2 dari 2

    Simak Video “Video: Wajah Atlet Timnas Esports Indonesia yang Akan Berjuang di SEA Games 2025”
    [Gambas:Video 20detik]
    (vmp/vmp)

  • Bisa Swap Baterai, Kapan Mobil Listrik AION Rp 100 Jutaan Masuk RI?

    Bisa Swap Baterai, Kapan Mobil Listrik AION Rp 100 Jutaan Masuk RI?

    Jakarta

    Di China, AION punya mobil listrik ‘murah’ yang baterainya bisa di-swap seperti motor listrik ojek online (ojol), yakni AION UT Super. Kapan kendaraan seharga Rp 100 jutaan itu akan masuk ke Indonesia?

    Andry Ciu selaku Chief Executive Officer (CEO) AION Indonesia mengatakan, untuk membawa masuk mobil listrik dengan skema swap baterai, pihaknya harus menyiapkan fasilitas khusus di dalam negeri. Itulah mengapa, kata dia, rencana tersebut agak susah diwujudkan.

    “AION UT di China ada versi yang bisa swap baterai. Kalau kita ada fasilitas swap baterai itu, kita cukup waktu semenit aja (untuk ganti baterai),” ujar Andry Ciu saat dikonfirmasi detikOto di pameran Gaikindo Jakarta Auto Week atau GJAW 2025.

    “Tapi kita lagi pertimbangkan apakah investasi fasilitas itu diperlukan atau tidak. Kalau penggunanya taksi online, tentu hal ini sangat dibutuhkan. Kalau penggunanya retail, dengan wall charger di rumah, kebutuhan mereka sudah terpenuhi,” tambahnya.

    GAC Aion UT Super Foto: Dok. GAC Aion

    Diberitakan detikOto sebelumnya, AION UT Super telah meluncur di China. Kendaraan listrik untuk konsumen perkotaan tersebut dibanderol mulai dari 45.400 yuan atau sekitar Rp 106 jutaan.

    Dikutip CNEV Post, GAC AION mengatakan model tersebut merupakan kreasi bersama antara JD.com, GAC Group, dan CATL. JD.com menyediakan sumber daya dalam wawasan pengguna, penjualan kendaraan, dan pemeliharaan. Sedangkan CATL menyediakan baterainya.

    Mobil listrik ini dibangun dengan teknologi battery swap Choco-SEB (swapping electric block) dari CATL. AION UT Super hadir dengan paket baterai 54 kWh dengan daya jangkau 500 km.

    AION UT Super adalah model yang dilengkapi dengan teknologi battery swap CATL pertama yang menargetkan pasar kendaraan penumpang umum. Sebelumnya, mobil listrik dengan teknologi battery swap sudah jamak digunakan di China sebagai taksi. GAC AION mengklaim, model tersebut dapat menyelesaikan penukaran baterai dalam 99 detik.

    Stasiun penukaran baterai CATL di China saat ini tersebar di 800 lokasi. CATL menargetkan 1.000 stasiun penukaran baterai hingga akhir tahun ini. Raksasa baterai China itu berencana untuk memperluas jaringannya ke lebih dari 2.500 stasiun di lebih dari 120 kota di China pada tahun 2026.

    (sfn/rgr)

  • Huawei Mate X7 Meluncur di China, Bodi Makin Tipis dan Ringan

    Huawei Mate X7 Meluncur di China, Bodi Makin Tipis dan Ringan

    Jakarta

    Huawei memperbarui lini ponsel layar lipatnya dengan meluncurkan Mate X7 di China. Perangkat foldable ini hadir dengan bodi lebih tipis dan lebih tangguh dengan baterai lebih besar.

    Meskipun Mate X6 sudah memiliki desain yang tipis dan ringan, Huawei berhasil mengikis sedikit dimensi Mate X7 yang memiliki ketebalan 9,5mm dalam keadaan dilipat dan 4,5mm dalam posisi dibuka. Dengan bobot 235 gram, Mate X7 lebih ringan 4 gram dibandingkan generasi sebelumnya.

    Huawei masih mempertahankan rangka aluminium yang tahan banting. Tidak hanya itu, Mate X7 kini memiliki rating IP58 dan IP59 sehingga ponsel ini tahan debu serta tahan percikan air dan bahkan semprotan air bertekanan tinggi.

    Mate X7 mengusung cover screen yang sedikit lebih besar dengan ukuran 6,49 inch. Layar eksternalnya menggunakan panel OLED LTPO dengan resolusi 2444 x 1080 pixel (FHD+), refresh rate 1-120Hz, tingkat kecerahan hingga 3.000 nits.

    Sementara itu, layar internalnya menggunakan panel OLED LTPO berukuran 8 inch dengan resolusi 2416 x 2210 pixel, refresh rate 1-120Hz, dan tingkat kecerahan hingga 2.500 nits.

    Huawei Mate X7 Foto: Huawei

    Huawei mengatakan layar utama Mate X7 menggunakan teknologi tiga lapis yang terdiri dari non-Newtonian fluid, kaca ultra tipis, dan serat karbon. Lapisan ini menjanjikan layar yang 100% lebih tahan bengkok dan 20% lebih tahan benturan.

    Dari segi kamera, Mate X7 masih mempertahankan kamera utama 50 MP dengan sensor RYYB, variable aperture, dan OIS yang ditemani kamera ultrawide 40 MP. Kamera telephoto-nya ditingkatkan menjadi 50 MP dengan optical zoom 3,5x dan bukaan f/2,2. Mate X7 juga dilengkapi dua kamera selfie 8 MP, satunya ditempatkan di cover screen dan lainnya di layar utama.

    Huawei Mate X7 Foto: Huawei

    Mate X7 diotaki chipset flagship terbaru dari Huawei yaitu Kirin 9030 Pro. Chipset ini dipasangkan dengan RAM hingga 16GB dan memori internal hingga 1TB.

    Performanya ditenagai baterai silikon karbon dengan kapasitas 5.600 mAh, yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Ponsel ini mendukung pengisian cepat 66W dan wireless charging 50W, seperti dikutip dari GSM Arena, Rabu (26/11/2025).

    Huawei Mate X7 menjalankan sistem operasi HarmonyOS6 dan mendukung konektivitas satelit. Ponsel ini tersedia dalam pilihan warna Black, White, Purple, dan Red.

    Huawei akan membuka penjualan Mate X7 di China pada 5 Desember 2025. Berikut ini harga Huawei Mate X7 di Negeri Tirai Bambu:

    Huawei Mate X7 12/256GB: 12.999 yuan (Rp 30,4 jutaan)Huawei Mate X7 12/512GB: 13.999 yuan (Rp 32,8 jutaan)Huawei Mate X7 16/512GB Collector’s Edition: 14.999 yuan (Rp 35 jutaan)Huawei Mate X7 20GB/1TB Collector’s Edition: 17.999 yuan (Rp 42 jutaan)

    (vmp/vmp)

  • Honor 500 Series Debut, Desain Mirip iPhone Air dengan Baterai 8.000 mAh

    Honor 500 Series Debut, Desain Mirip iPhone Air dengan Baterai 8.000 mAh

    Jakarta

    Honor 500 dan Honor 500 Pro resmi diperkenalkan di China. Ponsel segmen menengah ini hadir dengan desain baru yang terinspirasi dari iPhone Air dan upgrade spesifikasi yang signifikan.

    Inspirasi desain itu terlihat dari modul kamera belakang Honor 500 dan 500 Pro yang berbentuk plateau horizontal seperti iPhone Air. Bedanya, modul kamera belakang Honor 500 series diisi hingga tiga kamera belakang.

    Desain Honor 500 dan 500 Pro juga tidak tipis-tipis amat dengan ketebalan 7,8mm, karena membawa baterai yang cukup besar. Honor 500 memiliki bobot 198 gram, sedangkan versi Pro-nya memiliki berat 201 gram.

    Honor 500 dan 500 Pro mengusung layar AMOLED LTPO berukuran 6,55 inch dengan resolusi 1264 x 2736 pixel (FHD+). Layarnya memiliki refresh rate 120Hz dan tingkat kecerahan hingga 6.000 nits.

    Display Honor 500 series juga mendukung fitur seperti AI Defocus Display dan AI Motion Sickness Relief untuk meningkatkan visibilitas dalam penggunaan sehar-hari.

    Perbedaan utama antara Honor 500 dan Honor 500 Pro adalah chipset dan kamera yang digunakan. Honor 500 diotaki chipset Snapdragon 8s Gen 4, sementara versi Pro-nya menggunakan Snapdragon 8 Elite. Chipset itu dipasangkan dengan RAM hingga 16GB dan memori internal hingga 1TB.

    Di belakang, Honor 500 dan 500 Pro dilengkapi kamera utama 200 MP dan kamera ultrawide 12 MP. Khusus varian Pro juga mengusung kamera telephoto 50 MP dengan optical zoom 3x.

    Honor 500 series Foto: Honor

    Kedua ponsel ini ditenagai baterai silikon karbon dengan kapasitas 8.00 mAh yang dilengkapi pengisian cepat 80W dan reverse wired charging 27W. Khusus Honor 500 Pro dibekali fitur wireless charging 50W, seperti dikutip dari GSM Arena, Selasa (25/11/2025).

    Selain spesifikasi inti di atas, Honor 500 series juga dilengkapi fitur pendukung seperti AI Button, rating IP68/IP69/IP69K untuk ketahanan terhadap air dan debu, sensor sidik jari di layar, serta Honor C1+ RF Enhanced Chip yang mendongkrak penerimaan sinyal dan stabilitas jaringan.

    Honor 500 series Foto: Honor

    Honor 500 dan Honor 500 Pro menjalankan sistem operasi MagicOS 10 berbasis Android 16. Kedua ponsel ini hadir dalam pilihan warna Aquamarine, Starlight Powder, Moonlight Silver, dan Obsidian Black.

    Harga dan ketersediaan

    Honor 500 dan Honor 500 Pro sudah dapat dipesan lewat pre-order di China dan akan tersedia mulai 27 November 2025. Belum diketahui apakah Honor akan membawa duo ponsel ini ke Indonesia. Berikut ini harga Honor 500 series di China:

    Honor 500 12/256GB: 2.699 yuan (Rp 6,3 jutaan)Honor 500 12/512GB: 2.999 yuan (Rp 7 jutaan)Honor 500 16/512GB: 3.299 yuan (Rp 7,7 jutaan)Honor 500 Pro 12/256GB: 3.599 yuan (Rp 8,4 jutaan)Honor 500 Pro 12/512GB: 3.899 yuan (Rp 9 jutaan)Honor 500 Pro 16/512GB: 4.199 yuan (Rp 9,8 jutaan)Honor 500 Pro 16GB/1TB: 4.799 yuan (Rp 11,2 jutaan)

    (vmp/vmp)

  • Menilik peranan “kereta lambat” di era kereta cepat

    Menilik peranan “kereta lambat” di era kereta cepat

    Jakarta (ANTARA) – Di tengah gencarnya pembangunan jaringan kereta cepat di China, yang dikenal sebagai salah satu yang paling maju di dunia, masih ada kereta-kereta berkecepatan rendah yang setia melintas di jalur pedesaan.

    Kereta ini, yang akrab disebut sebagai kereta lambat (slow train), tetap dipertahankan oleh pemerintah sebagai sarana penting bagi masyarakat di daerah terpencil.

    Kereta lambat berbeda dengan kereta cepat yang mengutamakan efisiensi dan modernitas.

    Fungsinya lebih dekat dengan kebutuhan rakyat kecil, yakni menyediakan akses transportasi murah dan stabil bagi petani, pelajar, serta pedagang desa.

    Bagi masyarakat pedesaan, kereta lambat bukan hanya sarana bepergian, melainkan juga “jalur distribusi hasil alam.”

    Petani memanfaatkan gerbong kereta untuk membawa sayuran segar, buah-buahan, hasil hutan, maupun ternak kecil menuju pasar kota.

    Dengan tarif tiket yang sangat terjangkau, bahkan hanya beberapa yuan atau sekitar Rp20.000 saja, kereta lambat menjadi solusi transportasi yang tidak membebani perekonomian warga.

    Di berbagai wilayah pegunungan dan perbatasan di China, seperti Guizhou, Sichuan, Yunnan, hingga Xinjiang, kereta lambat menjadi jalur vital yang menghubungkan desa-desa terpencil dengan pusat kota. ANTARA/Xinhua

    “Kami tiba di sini dengan kereta, kereta lambat. Kami menikmati kebijakan yang menguntungkan karena kami dapat menjual produk kami di sini tanpa biaya tambahan. Dan produk-produk kami terjual cepat dengan harga yang lebih baik,” kata Zhao Shuying, seorang petani asal Provinsi Yunnan, kepada Xinhua beberapa waktu lalu.

    Di Indonesia, yang juga memiliki tantangan geografis luas dan populasi besar di wilayah pedesaan, sejumlah layanan juga diterapkan pemerintah guna memfasilitasi perjalanan dan penghidupan warga di wilayah pedesaan.

    Selain fungsi ekonominya, kereta lambat juga memiliki makna sosial.

    Di dalam gerbong, warga desa dapat berinteraksi, saling bertukar cerita, hingga menjual hasil panen secara langsung.

    Banyak yang menyebutnya sebagai “kereta harapan” karena membantu membuka jalan keluar dari kemiskinan melalui akses yang lebih mudah ke pasar dan peluang kerja di kota.

    “Banyak penumpang menggunakan kereta ini, dan sebagian besar adalah pelajar yang menikmati diskon pelajar. Dan para petani dari berbagai desa dan kota di sepanjang rute kereta juga menaiki kereta ini menuju kota-kota tetangga untuk menjual hasil pertanian mereka yang segar guna menambah pendapatan. Setelah bekerja di rute ini selama lebih dari 10 tahun, saya merasa kereta ini membawa aspirasi masyarakat untuk kehidupan yang lebih baik,” tutur Yuan Qizhen, kondektur Kereta No. 5652, salah satu kereta lambat yang beroperasi dari Kunming di Provinsi Yunnan, China barat daya, menuju Liupanshui di Provinsi Guizhou.

    Di berbagai wilayah pegunungan dan perbatasan di China, seperti Guizhou, Sichuan, Yunnan, hingga Xinjiang, kereta lambat menjadi jalur vital yang menghubungkan desa-desa terpencil dengan pusat kota. ANTARA/Xinhua

    Di Indonesia, yang juga memiliki tantangan geografis luas dan populasi besar di wilayah perdesaan, sejumlah layanan juga diterapkan pemerintah guna memfasilitasi perjalanan dan penghidupan warga di wilayah perdesaan.

    Ada beberapa perbedaan mencolok tentang kereta lambat atau dengan tiket lebih murah di China dan Indonesia, salah satu alasan muncul dari arah pembangunan infrastruktur.

    China telah memiliki jaringan kereta cepat terbesar di dunia. Di tengah modernisasi tersebut, pemerintah tetap mempertahankan kereta lambat sebagai strategi keberlanjutan sosial agar tidak ada wilayah yang tertinggal.

    Kereta lambat di China juga menjadi sarana penting dalam pariwisata pedesaan, di mana wisatawan yang sudah kelelahan dengan pola “hidup tergesa-gesa” dapat menikmati waktu luang secara perlahan dengan kereta lambat, yang juga mengingatkan pada memori masa lalu mereka.

    Sementara itu, Indonesia masih berada di fase memperluas jaringan rel nasional. KA Perintis dan kereta khusus petani-pedagang berfungsi sebagai alat pembuka wilayah baru, bukan pelengkap layanan modern.

    Salah satu contohnya adalah kereta api (KA) Perintis yang tarifnya terjangkau berkat subsidi dari pemerintah.

    KA Perintis mendukung akses transportasi di wilayah-wilayah yang belum terlayani optimal. Layanan ini telah beroperasi di lima wilayah di Indonesia yang tersebar di pulau Jawa, Sumatra, hingga Sulawesi.

    Terdapat juga layanan Kereta Penumpang Kelas Ekonomi (K3) Khusus Petani-Pedagang yang rencananya diluncurkan pada November ini.

    ANTARA/Xinhua

    Namun, baik China maupun Indonesia memiliki titik kesamaan penting, yakni kereta lambat atau kereta khusus merupakan bagian dari upaya negara untuk memastikan bahwa akses transportasi tidak hanya tersedia bagi masyarakat kota, tetapi juga bagi warga yang tinggal di daerah terpencil.

    Ke depannya, pendekatan China dapat menjadi inspirasi bagi Indonesia, terutama dalam mengoptimalkan kereta sebagai sarana pendukung distribusi hasil pertanian dan penguatan ekonomi desa.

    Dengan meningkatnya fokus pada pemerataan pembangunan dan transformasi logistik nasional, kemungkinan peran kereta lambat sebagai penghubung pasar dan bukan sekadar kendaraan bisa semakin relevan.

    Di tengah perubahan zaman, kereta lambat di China menunjukkan bahwa kemajuan tidak selalu berarti meninggalkan yang lama.

    Sebaliknya, inovasi dapat berjalan berdampingan dengan pelayanan publik yang menjaga akses dan kesejahteraan masyarakat paling jauh dari pusat kota.

    Untuk Indonesia, cerita ini membuka ruang refleksi, yakni bahwa transportasi bukan hanya tentang kecepatan, tetapi juga tentang akses, keberlanjutan sosial, dan siapa yang benar-benar mendapatkan manfaat dari kemajuan tersebut.

    Pewarta: Xinhua
    Editor: Alviansyah Pasaribu
    Copyright © ANTARA 2025

    Dilarang keras mengambil konten, melakukan crawling atau pengindeksan otomatis untuk AI di situs web ini tanpa izin tertulis dari Kantor Berita ANTARA.

  • Taiwan Rilis Panduan Krisis Hadapi Invasi China, Mau Perang?

    Taiwan Rilis Panduan Krisis Hadapi Invasi China, Mau Perang?

    Taipei

    Otoritas Taiwan merilis panduan krisis dalam menghadapi ancaman bencana alam dan invasi China, yang dibagikan kepada jutaan rumah di seluruh wilayahnya. Panduan ini menjelaskan cara-cara menghadapi situasi krisis jika terjadi serangan udara dan bencana alam yang menghancurkan.

    Pemerintah Taipei, seperti dilansir AFP, Jumat (21/11/2025), mulai menyelipkan booklet berwarna oranye setebal 32 halaman itu ke bawah pintu rumah dan ke dalam kotak surat warganya sepanjang pekan ini, dalam upaya meningkatkan kesadaran tentang potensi bahaya yang mungkin terjadi.

    Namun, para pengkritik menyebut buku panduan krisis itu sebagai pemborosan uang pajak.

    Panduan berjudul “Jika Terjadi Krisis” ini, menjadi bagian dari upaya Presiden Lai Ching-te untuk mempersiapkan 23 juta jiwa penduduk Taiwan menghadapi bencana atau konflik yang mungkin terjadi.

    Panduan ini memberikan saran tentang segala hal, mulai dari cara menyiapkan “tas darurat” hingga apa yang harus dilakukan ketika sirene serangan udara berbunyi dan cara memberikan pertolongan pertama.

    Panduan itu juga memberikan peringatan soal “pasukan asing yang bermusuhan” yang dapat menggunakan disinformasi untuk melemahkan tekad mereka dalam mempertahankan Taiwan jika China menyerang.

    “Jika terjadi invasi militer ke Taiwan, klaim apa pun bahwa pemerintah telah menyerah atau bahwa negara telah dikalahkan adalah salah,” tegas panduan krisis itu.

    Panduan krisis versi cetak terbaru ini menjadi momen pertama pemerintah Taipei memiliki pedoman darurat dalam bentuk cetak untuk publik, setelah sebelumnya menerbitkannya secara online.

    “Salinan cetak memastikan bahwa… para lansia di area-area pedesaan atau siapa pun yang tidak memiliki akses ke perangkat digital tetap dapat memperoleh informasi yang mereka butuhkan,” kata Menteri Pertahanan Taiwan, Wellington Koo, kepada para anggota parlemen.

    Pembagian panduan krisis itu disambut baik sejumlah warga Taiwan. “Saya berharap kita tidak akan pernah membutuhkannya, tetapi rasanya melegakan untuk memilikinya,” kata seorang warga Taipei, Jay Tsai, yang berusia 31 tahun dan berprofesi sebagai spesialis animasi 3D saat berbicara kepada AFP.

    “Saya pikir ini cukup membantu,” ujar seorang tokoh masyarakat Taiwan, Chi Chien-han, yang berusia 43 tahun. “Ini mengingatkan kita untuk tetap waspada daripada bersikap seolah-olah tidak ada yang penting,” imbuhnya.

    Namun ada juga warga yang melontarkan kritikan. Seorang pemimpin komunitas lainnya, Chiang Chu-hsuan, yang berusia 60 tahun menganggap panduan semacam itu merupakan “pemborosan uang” dan mengatakan Presiden Lai harus berusaha keras untuk “menghindari perang”.

    Kritikan juga datang dari seorang legislator Taiwan, Yeh Yuan-chih, dari partai oposisi utama Kuomintang yang mengadvokasi hubungan lebih hangat dengan China. Yeh mempertanyakan biaya percetakan dan pengiriman booklet panduan krisis tersebut.

    Tonton juga video “Kala Presiden Taiwan Pamer Sushi saat Hubungan Jepang-China Memanas”

    Halaman 2 dari 2

    (nvc/ita)

  • BPK Jatim Peringatkan Kepala Desa di Bojonegoro tentang Pengelolaan Dana Desa

    BPK Jatim Peringatkan Kepala Desa di Bojonegoro tentang Pengelolaan Dana Desa

    Bojonegoro (beritajatim.com) – Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Jawa Timur, Yuan Candra Djaisin, secara khusus memberikan peringatan keras kepada puluhan kepala desa se-Kabupaten Bojonegoro. Peringatan itu disampaikan terkait maraknya kasus korupsi dana desa yang masih menjadi momok di tingkat akar rumput.

    “Salah satu tugas kami di BPK adalah mengedukasi, contohnya seperti kegiatan sosialisasi hari ini, sehingga bapak/ibu Kepala Desa dapat lebih berhati-hati dalam menjalankan tugasnya,” tegas Yuan Candra Djaisin dalam Sosialisasi Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa di Ballroom Hotel Eastern Bojonegoro, Kamis (30/10/2025).

    Dalam paparannya yang gamblang, Yuan menyitir data memilukan dari Indonesia Corruption Watch (ICW). Data tersebut mengungkap bahwa sepanjang 2023, jumlah kasus korupsi di tingkat desa adalah yang tertinggi, dengan 187 kasus yang melibatkan perangkat desa.

    “Kerugian negara yang ditimbulkan mencapai angka fantastis, Rp162 miliar,” ujar Yuan di hadapan para kepala desa dan camat yang hadir.

    Data ini dihadirkan bukan untuk menakut-nakuti, melainkan sebagai lampu kuning agar dana yang diperuntukkan bagi kesejahteraan warga tidak diselewengkan. Hal itu seperti dalam berita yang diunggah dalam situs website resmi BPK RI Perwakilan Jawa Timur.

    Acara yang diselenggarakan bersama oleh BPK RI dan DPR RI ini juga menghadirkan Anggota Komisi XI DPR RI, Anna Mu’awanah, sebagai keynote speaker. Anna menegaskan kembali fungsi pengawasan DPR atas pengelolaan anggaran, termasuk Dana Desa.

    “Kalau desanya baik, maju, dan berkembang, maka begitu pun juga kabupatennya. Saya berharap dengan adanya sosialisasi ini, penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dapat menjadi lebih baik,” harap Anna.

    Sosialisasi ini pun mendapat apresiasi dari Bupati Bojonegoro, Setyo Wahono. Dalam sambutannya, ia berharap kegiatan ini dapat mendongkrak kemandirian ekonomi desa. Diskusi yang dipandu oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bojonegoro, Edi Susanto, ini berlangsung hangat dan diwarnai antusiasme tinggi dari para peserta.

    Peringatan dari BPK Jatim ini diharapkan menjadi pengingat bagi semua kepala desa untuk mengelola dana desa secara transparan dan akuntabel, memastikan setiap rupiahnya tepat sasaran untuk membangun dan menyejahterakan masyarakat desa.

    Untuk diketahui, Dana Desa merupakan dana yang bersumber dari APBN yang diperuntukkan bagi desa, dan ditransfer melalui APBD kabupaten dengan tujuan untuk mendukung pendanaan penyelenggaraan pemerintah desa, pelaksanaan pembangunan desa, pemberdayaan masyarakat desa, dan kemasyarakatan. [lus/ian]

  • Makin Mahal! Dolar AS Pagi Ini Tembus ke Level Rp 16.746

    Makin Mahal! Dolar AS Pagi Ini Tembus ke Level Rp 16.746

    Jakarta

    Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) menguat terhadap rupiah pada pembukaan perdagangan hari ini. Penguatan membawa mata uang Paman Sam itu sempat mencapai level Rp 16.746/US$ pada pagi ini.

    Dikutip dari data Bloomberg, Kamis (20/11/2025), dolar AS dibuka di Rp 16.748. Lalu sekitar pukul 09.15, nilai tukar dolar AS turun tipis ke posisi Rp 16.746. Nilainya naik 38,0 poin atau 0,23% dari penutupan perdagangan hari kemarin di Rp 16.708.

    Adapun pergerakan nilai dolar tertinggi hingga terendah pada pagi hari ini berada di rentang Rp 16.731 s.d Rp 16.752. Sedangkan dalam periode 52 minggu atau dalam satu tahun ke belakang, nilainya bergerak pada rentang Rp 15.828 s.d 17.224.

    Sementara itu, pergerakan dolar AS terhadap sejumlah mata uang Asia-Pasifik lainnya cukup bervariasi. Dolar AS terpantau menguat terhadap dolar baru Taiwan 0,02%. Begitu juga terhadap won Korea Selatan 0,08%.

    Nilai tukar dolar AS juga mengalami penguatan terhadap peso Filipina 0,29%, yuan China 0,05%, dan terhadap ringgit Malaysia sebesar 0,28%.

    Dolar AS juga menguat terhadap bath Thailand 0,09% dan juga terhadap mata uang yen Jepang 0,17%. Selain itu, nilainya juga mengalami penguatan terhadap dolar Singapura juga menguat 0,05% dan dolar Australia 0,02%.

    Namun demikian, dolar AS justru mengalami pelemahan terhadap mata uang rupee India sebesar 0,02% dan juga terhadap dolar Hong Kong 0,07%.

    (shc/eds)

  • Harga HP China Bakal Naik Gila-gilaan Tahun Depan, Ini Biang Keroknya

    Harga HP China Bakal Naik Gila-gilaan Tahun Depan, Ini Biang Keroknya

    Jakarta, CNBC Indonesia – Siap-siap harga HP China diprediksi bakal melejit mulai tahun depan. Xiaomi, salah satu raksasa teknologi asal Negeri Tirai Bambu, memperingatkan bahwa lonjakan biaya chip memori akan memicu kenaikan harga smartphone secara signifikan.

    Presiden Xiaomi, Lu Weibing, mengatakan tekanan biaya pada 2025 akan jauh lebih berat dibanding tahun ini.

    Ia menegaskan bahwa kenaikan harga tak terhindarkan, meski langkah tersebut tetap tak mampu sepenuhnya menutup biaya produksi yang meningkat drastis.

    “Saya memperkirakan tekanannya akan jauh lebih besar tahun depan dibanding tahun ini,” kata Presiden Xiaomi Lu Weibing merujuk pada kenaikan biaya chip memori, dikutip dari Reuters, Rabu (19/11/2025).

    “Secara keseluruhan, konsumen kemungkinan akan melihat kenaikan yang cukup besar pada harga ritel produk. Sebagian tekanan mungkin harus diatasi melalui kenaikan harga, tetapi kenaikan harga saja tidak akan cukup untuk menutupinya,” tambahnya

    Kenaikan biaya terjadi karena harga chip memori global meroket. Permintaan chip untuk kebutuhan server kecerdasan buatan (AI) melonjak, seiring perusahaan di seluruh dunia berlomba membangun pusat data baru.

    Di saat bersamaan, produsen chip seperti Samsung mengalihkan kapasitas produksi ke chip HBM yang lebih canggih, sehingga pasokan chip untuk ponsel justru menurun.

    Xiaomi sendiri sudah mulai merasakan dampak kenaikan ini. Harga model terbaru mereka, Redmi K90, sempat menuai keluhan karena dianggap terlalu mahal. Pada kuartal ketiga, Xiaomi mengirimkan 43,3 juta unit ponsel secara global, naik tipis 0.5% secara tahunan.

    Meski menghadapi tekanan biaya, kinerja keuangan Xiaomi tetap moncer. Pendapatan kuartal ketiga melonjak 22,3% menjadi 113,1 miliar yuan. Bisnis kendaraan listrik (EV) dan AI turut mendorong pertumbuhan, dengan kontribusi mencapai 25% dari total pendapatan.

    Namun saham Xiaomi di Hong Kong ditutup melemah 2,81% usai laporan tersebut. Meski begitu, nilai sahamnya masih naik 18,2% sejak awal tahun.

    Dalam pernyataannya, Xiaomi mengatakan bahwa pertumbuhan pendapatan didorong oleh bisnis kendaraan listrik (EV), AI, dan inisiatif baru lainnya, yang menyumbang 25% dari total pendapatan.

    Laba bersih yang disesuaikan melonjak 80,9% secara tahunan menjadi 11,3 miliar yuan pada kuartal ketiga, melampaui estimasi rata-rata sebesar 10,3 miliar yuan menurut data LSEG.

    Produsen ponsel pintar terbesar ketiga di dunia itu terus melanjutkan ekspansi ke bisnis EV. Pendapatan dari bisnis EV mencapai 28,3 miliar yuan pada kuartal September, naik dari 20,6 miliar yuan pada kuartal kedua dan 18,1 miliar yuan pada kuartal pertama.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

    Next Article

    HP Baterai Jumbo Harga Rp 1,5 Juta, Ini Spesifikasi Redmi 15C