Produk: yuan

  • Puluhan Dealer BYD Tutup di China, Apa Sebabnya?

    Puluhan Dealer BYD Tutup di China, Apa Sebabnya?

    Jakarta

    Puluhan dealer BYD tutup di Provinsi Shandong, China. Semua dealer itu dikelola Qiancheng Holdings.

    Dikutip dari Reuters, Minggu (1/6/2025) Qiancheng Holdings mengalami kesulitan keuangan. Sebanyak 20 dealer tutup, dampaknya lebih dari 1.000 konsumen belum menerima layanan purnajual dan jaminan kendaraan.

    Menurut Jinan Times, yang dimiliki oleh pemerintah ibu kota provinsi Jinan, melaporkan dealer yang terkena dampak tersebar di empat kota, termasuk Jinan dan Weifang, kata surat kabar tersebut. Pemilik mobil mengorganisir kelompok perlindungan hak untuk mencari solusi.

    Qiancheng sebelumnya dikenal sebagai pemain besar dengan omzet tahunan mencapai 3 miliar yuan atau sekitar US$416 juta. Perusahaan itu mempekerjakan sekitar 1.200 orang sebelum diterpa krisis keuangan.

    Dalam surat terbuka tertanggal 17 April, Qiancheng menyalahkan perubahan kebijakan BYD terhadap jaringan dealernya sebagai pemicu tekanan arus kas. Namun, Qiancheng belum memberikan tanggapan atas permintaan komentar dari Reuters.

    Pihak BYD juga tidak memberi pernyataan langsung, namun mengarahkan media ke laporan Cover News yang memuat pernyataan dari perwakilan hubungan masyarakat BYD. Dalam laporan itu, BYD menyebut ekspansi agresif Qiancheng sebagai penyebab utama krisis, bukan perubahan kebijakan perusahaan. Perwakilan itu juga menambahkan bahwa BYD telah memberikan bantuan kepada Qiancheng dalam menghadapi situasi tersebut.

    Industri otomotif terbesar di dunia ini sedang menghadapi persaingan ketat yang menekan produsen, pemasok, dan jaringan dealer. BYD sendiri masih mengandalkan jaringan dealer dalam pemasarannya di Tiongkok, meskipun memiliki beberapa toko milik sendiri.

    (riar/lua)

  • Honda Luncurkan Skutik Bergaya Unik, Harga Rp 20 Jutaan

    Honda Luncurkan Skutik Bergaya Unik, Harga Rp 20 Jutaan

    Jakarta

    Perusahaan patungan Wuyang Honda di China baru saja meluncurkan skutik baru berkapasitas mesin 125 cc yang dinamakan NWM125. Skutik yang dikhususkan buat pasar China ini memiliki desain unik yang berbeda dengan model-model skutik Honda yang dipasarkan di Indonesia.

    Mengutip Greatbiker, Honda NWM125 merupakan produk yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2023. Versi terbaru motor ini masih hadir dengan gaya neo-retro yang unik. Berfokus pada kemewahan, premium, dan modern, motor berdimensi kompak ini menyasar konsumen segmen remaja, pelajar, dan pekerja muda.

    Honda NWM125 Foto: Dok. Honda

    Motor tersebut dikembangkan berdasarkan platform khusus untuk China Menggunakan mesin standar Honda dengan mesin eSP 124,8 cc, silinder tunggal, SOHC, 4 katup, berpendingin udara. Tenaganya mencapai 6,60 kW pada 7.500 rpm dan torsi maksimum 9,87 Nm pada 6.000 rpm, digerakkan oleh sistem transmisi otomatis CVT.

    Secara fitur, Honda NWM125 dilengkapi dengan sistem lampu full LED. Untuk memberikan visibilitas yang lebih baik saat berkendara di tengah hujan, motor ini juga punya satu set lampu DRL yang dipasang di tengahnya. Diapit oleh lampu sein LED, menciptakan tampilan unik dan mewah.

    Motor ini juga dilengkapi dengan panel instrumen LCD digital yang memiliki kemampuan untuk terhubung melalui telepon pintar (smartphone) Wi LINK. Fitur konektivitas ini tak hanya bisa mengoperasikan telepon, tapi juga bisa memberitahukan status abnormal dan langkah-langkah pemecahan masalah awal.

    Honda NWM125 Foto: Dok. Honda

    Dalam hal safety, motor ini juga sudah dilengkapi sistem rem ABS (Anti-lock Bracking System) untuk roda depan saja, sedangkan roda belakang akan tetap menggunakan sistem rem tromol seperti biasa.

    Honda NWM125 2025 akan tersedia dalam total lima pilihan warna, dengan harga mulai 8.999 yuan atau sekitar Rp 20,4 juta.

    (lua/riar)

  • Honda Luncurkan Motor Listrik Begaya Cafe Racer, Segini Harganya

    Honda Luncurkan Motor Listrik Begaya Cafe Racer, Segini Harganya

    Jakarta

    Produsen roda dua asal Jepang, Honda resmi meluncurkan Honda E-VO untuk konsumen di China. Meski tampangnya unik dan tenaganya lumayan, namun motor listrik bergaya café racer tersebut dibanderol cukup menarik.

    Disitat dari Greatbiker, Sabtu (31/5), Honda E-VO merupakan versi produksi dari motor konsep WH8000D yang telah unjuk gigi bulan lalu. Kendaraan tersebut diproduksi dan dipasarkan di China melalui Wuyang Honda.

    Kabar buruknya, Honda E-VO hanya akan dipasarkan di China. Bahkan, kuda besi itu belum akan dijual di Jepang.

    Honda E-VO. Foto: Doc. Wuyang Honda.

    Secara tampilan, Honda E-VO membawa nuansa retro yang kental. Desain cafe racer terlihat dari penggunaan lampu depan bulat, fairing ramping, serta windshield membulat. Stangnya sudah pakai model clip-on, tapi posisi duduknya dibuat nyaman berkat jok rendah. Jadi, postur berkendara tetap santai seperti motor biasa.

    Meski tampangnya sangat retro, namun fitur yang tertanam di Honda E-VO termasuk modern. Pabrikan telah membekalinya dengan lampu LED di seluruh bagian, suspensi depan upside down (USD) dan monoshock di belakang, dan rem dengan antilock braking system atau ABS.

    Bagian panel instrumen juga canggih. Terdapat layar TFT 7 inci yang terbagi dua-satu di depan stang dan satu lagi di bodi. Layar tersebut bisa terkoneksi ke smartphone, menampilkan navigasi dan berbagai informasi penting lainnya. Menariknya lagi, kendaraan sudah dibekali sistem NFC dan bisa terkoneksi dengan kamera aksi DJI untuk membuat konten.

    Sementara untuk jantung penggeraknya, Honda E-VO hadir dalam dua varian berbeda:

    Varian standar: pakai dua baterai lithium 74V/84Ah (total 4,1 kWh) dengan jarak tempuh 120 km.Varian Pro: pakai tiga baterai 6,2 kWh, jarak tempuh tembus hingga 170 km.

    Keduanya mendukung pengisian daya hingga 1.800 watt. Hanya perlu 1 jam pengecasan agar motor bisa menempuh jarak hingga 50 km.

    Honda E-VO. Foto: Doc. Wuyang Honda.

    Honda E-VO menggunakan penggerak tengah (mid-mounted motor) dengan tenaga maksimal 15,8 dk (kilowatt). Tenaga disalurkan ke roda belakang melalui sistem belt drive. Akselerasinya juga cukup agresif, dari 0-50 km/jam hanya butuh 2,8 detik, sementara kecepatan maksimalnya 120 km/jam.

    Harga Honda E-VO di China:

    Varian standar: 29.999 yuan (sekitar Rp 74 juta)Varian Pro: 36.999 yuan (sekitar Rp 90 juta).

    (sfn/lth)

  • Perang Harga Otomotif di China Memanas

    Perang Harga Otomotif di China Memanas

    Jakarta, Beritasatu.com – Dua raksasa otomotif, BYD dan Great Wall Motor saling sindir secara terbuka, menandakan ketegangan dalam perang harga mobil di China meningkat pada Jumat (30/5/2025).

    Bentrokan ini terjadi di tengah kekhawatiran yang terus meningkat tentang dampak perang diskon terhadap kesehatan finansial industri otomotif China.

    Konflik dipicu oleh pernyataan CEO Great Wall Motor, Wei Jianjun, yang menyebut bahwa kondisi industri otomotif China saat ini tidak sehat.

    Dalam komentarnya, Wei bahkan membandingkan situasi sektor otomotif dengan Evergrande, raksasa properti China yang kolaps akibat krisis utang, meskipun dia tidak menyebutkan nama perusahaan tertentu.

    Pernyataan ini langsung mendapat tanggapan keras dari  Manajer Umum Komunikasi dan Branding BYD, Li Yunfei. Dalam unggahan panjang di platform Weibo, Li membantah adanya krisis serupa di BYD, dan menyatakan bahwa rasio utang terhadap aset BYD yang mencapai 70% adalah akibat dari ekspansi cepat perusahaan dalam beberapa tahun terakhir.

    Li juga membandingkan utang BYD yang kini melebihi 580 miliar yuan dengan perusahaan besar lain, seperti Ford, Boeing, dan Toyota, sambil menegaskan bahwa tidak ada yang salah dengan kondisi keuangan BYD.

    Ia menilai spekulasi online yang menyebut bahwa komentar Wei merujuk pada BYD sebagai sesuatu yang “membingungkan” dan tanpa dasar.

    Sebagai langkah lanjutan, BYD telah menyerahkan bukti kepada otoritas China untuk menindak pengguna internet yang menyebarkan rumor tersebut, dan berniat mengambil jalur hukum.

    Sementara itu, Great Wall Motor belum memberikan komentar resmi atas reaksi BYD. Namun, dukungan terhadap pandangan Wei datang dari petinggi perusahaan lain.

    CEO produsen mobil milik negara Changan, Zhu Huarongmengatakan dalam rapat pemegang saham bahwa komentar Wei adalah peringatan penting bagi industri otomotif China agar lebih sadar terhadap potensi risiko jangka panjang dari perang harga.

    Harga saham sejumlah produsen mobil besar, termasuk BYD, Nio, dan XPeng, anjlok sepanjang pekan ini karena kekhawatiran investor atas dampak lanjutan dari strategi potong harga besar-besaran.

    Beberapa produsen bahkan mengikuti langkah BYD dengan kembali menawarkan insentif mobil listrik dalam upaya merebut pangsa pasar.

    Ketegangan antara BYD dan Great Wall Motor sebenarnya bukan hal baru. Pada tahun 2023, Great Wall sempat melaporkan dua model hibrida BYD ke regulator karena dugaan tidak memenuhi standar emisi.

    Sementara itu, pada akhir tahun yang sama, pernyataan BYD yang menyerukan persatuan industri otomotif China dan ajakan untuk “menghancurkan legenda lama” pasar global juga sempat memicu ketegangan dan kritik dari Great Wall.

    Persaingan sengit dalam industri otomotif China kini tidak hanya memunculkan gesekan pasar, tetapi juga menimbulkan konflik terbuka antarperusahaan.

    Meski diskon besar menarik konsumen, tekanan terhadap margin keuntungan dan stabilitas jangka panjang membuat para pelaku industri otomotif di China mulai mempertanyakan keberlanjutan strategi ini. – Dua raksasa otomotif, BYD dan Great Wall Motor saling sindir secara terbuka, menandakan ketegangan dalam perang harga mobil di China meningkat pada Jumat (30/5/2025).

    Bentrokan ini terjadi di tengah kekhawatiran yang terus meningkat tentang dampak perang diskon terhadap kesehatan finansial industri otomotif China.

    Konflik dipicu oleh pernyataan CEO Great Wall Motor, Wei Jianjun, yang menyebut bahwa kondisi industri otomotif China saat ini tidak sehat.

    Dalam komentarnya, Wei bahkan membandingkan situasi sektor otomotif dengan Evergrande, raksasa properti China yang kolaps akibat krisis utang, meskipun dia tidak menyebutkan nama perusahaan tertentu.

    Pernyataan ini langsung mendapat tanggapan keras dari  Manajer Umum Komunikasi dan Branding BYD, Li Yunfei. Dalam unggahan panjang di platform Weibo, Li membantah adanya krisis serupa di BYD, dan menyatakan bahwa rasio utang terhadap aset BYD yang mencapai 70% adalah akibat dari ekspansi cepat perusahaan dalam beberapa tahun terakhir.

    Li juga membandingkan utang BYD yang kini melebihi 580 miliar yuan dengan perusahaan besar lain, seperti Ford, Boeing, dan Toyota, sambil menegaskan bahwa tidak ada yang salah dengan kondisi keuangan BYD.

    Ia menilai spekulasi online yang menyebut bahwa komentar Wei merujuk pada BYD sebagai sesuatu yang “membingungkan” dan tanpa dasar.

    Sebagai langkah lanjutan, BYD telah menyerahkan bukti kepada otoritas China untuk menindak pengguna internet yang menyebarkan rumor tersebut, dan berniat mengambil jalur hukum.

    Sementara itu, Great Wall Motor belum memberikan komentar resmi atas reaksi BYD. Namun, dukungan terhadap pandangan Wei datang dari petinggi perusahaan lain.

    CEO produsen mobil milik negara Changan, Zhu Huarongmengatakan dalam rapat pemegang saham bahwa komentar Wei adalah peringatan penting bagi industri otomotif China agar lebih sadar terhadap potensi risiko jangka panjang dari perang harga.

    Harga saham sejumlah produsen mobil besar, termasuk BYD, Nio, dan XPeng, anjlok sepanjang pekan ini karena kekhawatiran investor atas dampak lanjutan dari strategi potong harga besar-besaran.

    Beberapa produsen bahkan mengikuti langkah BYD dengan kembali menawarkan insentif mobil listrik dalam upaya merebut pangsa pasar.

    Ketegangan antara BYD dan Great Wall Motor sebenarnya bukan hal baru. Pada tahun 2023, Great Wall sempat melaporkan dua model hibrida BYD ke regulator karena dugaan tidak memenuhi standar emisi.

    Sementara itu, pada akhir tahun yang sama, pernyataan BYD yang menyerukan persatuan industri otomotif China dan ajakan untuk “menghancurkan legenda lama” pasar global juga sempat memicu ketegangan dan kritik dari Great Wall.

    Persaingan sengit dalam industri otomotif China kini tidak hanya memunculkan gesekan pasar, tetapi juga menimbulkan konflik terbuka antarperusahaan.

    Meski diskon besar menarik konsumen, tekanan terhadap margin keuntungan dan stabilitas jangka panjang membuat para pelaku industri otomotif di China mulai mempertanyakan keberlanjutan strategi ini.

  • Industri Tertekan, China Desak Hentikan Perang Harga Otomotif

    Industri Tertekan, China Desak Hentikan Perang Harga Otomotif

    Jakarta, Beritasatu.com – Pemerintah China akhirnya angkat bicara terkait perang harga industri otomotif yang kian intensif. Dalam pernyataan resmi yang dirilis pada Sabtu (31/5/2025), Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi China mendesak para pelaku industri untuk menghentikan persaingan harga yang dianggap “brutal” dan merusak kesehatan sektor otomotif, terutama dalam jangka panjang.

    “Tidak ada pemenang dalam perang harga, apalagi masa depan,” tegas kementerian melalui akun resminya di WeChat, dikutip dari Reuters, Sabtu (31/5/2025).

    Pemerintah menyatakan akan bekerja sama dengan lembaga penegak hukum untuk mengatasi praktik persaingan tidak sehat dan siap mengambil tindakan regulasi demi menjaga keberlanjutan industri.

    Langkah ini diambil setelah perdebatan hangat di kalangan eksekutif perusahaan otomotif mengenai dampak diskon besar-besaran yang ditawarkan kepada konsumen.

    Salah satu pemicu utama ketegangan adalah insentif besar yang baru-baru ini diberikan oleh raksasa kendaraan listrik BYD, termasuk potongan harga untuk lebih dari 20 model, seperti hatchback BYD Seagull, yang harganya bisa turun menjadi hanya 55.800 yuan (sekitar US$ 7.750) berkat subsidi tukar tambah dari pemerintah.

    Tindakan BYD ini dengan cepat diikuti oleh pesaing lain, seperti Geely dan Chery, yang ikut menawarkan diskon demi menjaga daya saing.

    Namun, lonjakan strategi potong harga ini membuat beberapa pihak khawatir akan dampaknya terhadap laba perusahaan, efisiensi, dan struktur pasar secara keseluruhan.

    Asosiasi Produsen Mobil China (CAAM) juga turut menyuarakan kekhawatiran serupa. Mereka menyerukan agar para pemain industri melakukan “gencatan senjata” terhadap perang harga otomotif, yang menurut mereka justru merugikan profitabilitas perusahaan dan menghambat inovasi.

    “Perusahaan harus mematuhi prinsip persaingan yang adil, dan pemain besar diharapkan menahan diri dari mendominasi pasar melalui praktik monopoli,” tulis CAAM dalam pernyataannya.

    Organisasi itu menekankan, perusahaan tidak seharusnya menjual produk di bawah biaya produksi, kecuali untuk penyesuaian harga yang sah menurut hukum.

    Situasi ini memanas setelah komentar pedas muncul dari Wei Jianjun, CEO Great Wall Motor, yang menyebut kondisi industri otomotif saat ini tidak sehat.

    Pernyataannya memicu reaksi keras dari seorang eksekutif BYD yang menilai kritik tersebut berlebihan. Ketegangan ini mencerminkan bagaimana persaingan harga mobil listrik di China telah mencapai titik kritis.

    Meski di satu sisi memberikan keuntungan bagi konsumen, di sisi lain strategi potong harga ekstrem dapat melemahkan fondasi bisnis jangka panjang dan mengganggu stabilitas ekosistem industri.

    Pemerintah China kini mengambil peran aktif dalam menata ulang arah persaingan industri otomotif, seraya mengingatkan bahwa pertumbuhan berkelanjutan harus didasarkan pada inovasi dan efisiensi, bukan sekadar pemotongan harga semata.

    Dengan dukungan regulasi dan dorongan menuju kebijakan otomotif yang lebih sehat, pemerintah berharap perang harga otomotif di China dapat berakhir, sehingga mereka bisa mempertahankan posisinya sebagai pasar terbesar di dunia tanpa harus mengorbankan stabilitas industrinya.

  • Industri Otomotif China OTW ‘Masuk Jurang’, Pemerintah Warning Begini

    Industri Otomotif China OTW ‘Masuk Jurang’, Pemerintah Warning Begini

    Jakarta, CNBC Indonesia – China meminta industri otomotif setempat menyetop praktik perang harga. Fenomena tersebut ditakutkan bisa mengancam kesehatan sektor otomotif setempat.

    Kementerian Industri berjanji melakukan peningkatan upaya memperbaiki praktik persaingan tidak sehat.

    “Tidak ada pemenang dalam perang harga, apalagi masa depan,” kata pejabat kementerian yang dikutip kantor berita Xinhua, Sabtu (31/5/2025).

    Dilansir Reuters, pasar otomotif China mengalami ketegangan antar pemain karena persaingan yang ketat. Perang harga sudah terjadi dua tahun terakhir, namun hanya menunjukkan sedikit tanda akan mereda.

    Pekan lalu, insentif ditawarkan pada lebih dari 20 model raksasa kendaraan BYD. Insentif itu termasuk program subsidi tukar tambah pemerintah.

    Salah satunnya BYD Seagull yang dipangkas hingga 55.800 yuan. Langkah BYD juga mendorong juga Geely dan Chery mengikuti melakukan hal serupa.

    Sementara itu, penghentian perang harga juga diserukan Produsen Mobil China (CAAM). Praktik tersebut disebut akan berdampak pada profitabilitas dan efisiensi.

    CAAM mengatakan gelombang baru perang harga terjadi setelah diskon besar pada 23 Mei 2025. Namun tidak dijelaskan siapa yang melakukannya.

    Lebih lanjut, CAAM mengusulkan solusi perusahaan mobil untuk memiliki prinsip persaingan adil. Selain itu meminta pemain besar bisa menahan diri dan monopoli pasar.

    Chief Great Wall Motor, Wei Jianjun, buka suara soal hal ini. Menurutnya industri tengah tidak sehat dan tekanan harga membuat laba perusahaan menurun baik untuk perusahaan mobil maupun pemasok.

     

    (luc/luc)

  • Desain Kece, Spek Ngeri! Vivo S30 Pro Mini Siap Bikin Kepincut

    Desain Kece, Spek Ngeri! Vivo S30 Pro Mini Siap Bikin Kepincut

    Jakarta

    Jagat smartphone kembali diramaikan dengan gebrakan dari Vivo. Pabrikan asal China ini baru saja secara resmi meluncurkan duo ponsel anyarnya, Vivo S30 dan S30 Pro, di negara asalnya.

    Meski keduanya menarik, perhatian publik justru banyak tertuju pada S30 Pro Mini. Ukurannya ringkas, desainnya stylish, dan spesifikasinya ternyata tak main-main!

    Vivo S30 Pro Mini

    Vivo S30 Pro Mini hadir sebagai suksesor S20 Pro, namun dengan pendekatan yang sedikit berbeda. Ia mengusung layar AMOLED LTPO 1,5K 120Hz berukuran 6,31 inci yang lebih kompak. Ukuran ini mengingatkan kita pada konsep Vivo X200 Pro Mini yang sempat beredar, menandakan Vivo serius menggarap pasar ponsel bertenaga dengan ukuran yang lebih bersahabat di tangan.

    Vivo V30 Pro Mini Foto: Vivo

    Yang membuatnya semakin istimewa, Vivo mengklaim S30 Pro Mini adalah ponsel pertama di dunia yang berhasil mengantongi sertifikasi triple-proof dari SGS. Ini berarti ketahanannya bukan kaleng-kaleng! Tak hanya itu, S30 Pro Mini juga dibekali rating IP68 dan IP69 untuk ketahanan terhadap debu dan air, bahkan semprotan air bertekanan tinggi.

    Soal tampilan, S30 Pro Mini tampil premium dengan rangka logam dan pilihan warna menarik seperti Cool Berry Pink, Mint Green, Lemon Yellow, dan Cocoa Black. Dijamin bakal menunjang penampilan penggunanya.

    Masuk ke bagian spesifikasi, Vivo S30 Pro Mini tak main-main. Ponsel ini ditenagai oleh System-on-Chip (SoC) MediaTek Dimensity 9300+, chipset yang sama powerfulnya dengan yang digunakan pada S20 Pro. Ini menjanjikan performa flagship yang siap melibas berbagai aplikasi dan game berat.

    Kamera Vivo V30 Pro Foto: Vivo

    Sektor fotografi juga menjadi salah satu nilai jual utama. S30 Pro Mini dipersenjatai tiga kamera belakang: kamera utama 50MP dengan sensor Sony IMX921 dan OIS, kamera sudut ultra lebar 8MP, dan yang paling menarik, kamera telefoto periskop 50MP IMX882 dengan kemampuan zoom optik 3x. Untuk para pecinta selfie, tersedia kamera depan 50MP dengan autofokus. Jangan lupakan kehadiran Aura Light khas Vivo yang siap membantu pencahayaan.

    Baterai jumbo 6500mAh dengan dukungan pengisian cepat 90W memastikan S30 Pro Mini bisa menemani aktivitas seharian tanpa khawatir kehabisan daya.

    Vivo V30 Pro Mini Foto: Vivo

    Spesifikasi Lengkap Vivo S30 Pro Mini:

    Layar: AMOLED LTPO 6,31 inci, resolusi 1,5K (2640 x 1216 piksel), refresh rate 120Hz, peredupan PWM frekuensi tinggi 4320Hz, kecerahan puncak hingga 5000 nitsChipset: MediaTek Dimensity 9300+ (4nm) Octa-CoreGPU: Immortalis-G720RAM: 12GB / 16GB LPDDR5XPenyimpanan Internal: 256GB / 512GB UFS 3.1Sistem Operasi: Android 15 dengan OriginOS 5SIM: Ganda (nano + nano)Kamera Belakang: 50MP (wide), sensor Sony IMX921, f/1.88, OIS; 8MP (ultrawide), 106°, f/2.2; 50MP (periscope telephoto), sensor IMX882, 3x optical zoom, f/2.65, Aura LightKamera Depan: 50MP, f/2.0, autofokusFitur: Sensor fingerprint dalam layar, USB Tipe-C, Speaker Stereo, Audio Resolusi Tinggi, IP68 + IP69 (tahan debu dan air)Dimensi: 150,83 × 71,76 × 7,99 mm; Berat: 186gKonektivitas: 5G SA/NSA, Dual 4G VoLTE, Wi-Fi 7 802.11 a (2.4GHz + 5GHz), Bluetooth 5.4, GPS (L1 + L5), USB Type-C, NFCBaterai: 6500mAh (tipikal) dengan pengisian cepat 90WVivo V30

    Bersamaan dengan versi Mini, Vivo juga merilis S30 reguler. Ponsel ini mempertahankan panel AMOLED BOE Q10 1,5K 120Hz namun dengan ukuran lebih besar, yakni 6,67 inci. Perbedaan utama lainnya terletak pada chipset yang digunakan, yaitu Qualcomm Snapdragon 7 Gen 4.

    Vivo V30 Foto: Vivo

    Spesifikasi Vivo S30:

    Layar: AMOLED datar 6,67 inci, resolusi 1,5K (2800×1260 piksel), HDR10+, refresh rate 120Hz, peredupan PWM frekuensi tinggi 3840Hz, kecerahan puncak hingga 5000 nitsChipset: Qualcomm Snapdragon 7 Gen 4 (4nm)GPU: Adreno 722RAM: 12GB / 16GB LPDDR5XPenyimpanan Internal: 256GB / 512GBSistem Operasi: Android 15 dengan OriginOS 5SIM: Ganda (nano + nano)Kamera Belakang: 50MP (wide), sensor Sony LYT700V /1.56″, f/1.88, OIS; 8MP (ultrawide), 106°, f/2.2; 50MP (periscope telephoto), sensor IMX882, 3x optical zoom, f/2.65, Aura LightKamera Depan: 50MP, f/2.0, autofokusFitur: Sensor fingerprint dalam layar, IP64 (tahan debu dan cipratan), USB Tipe-C, Speaker Stereo, Audio Resolusi TinggiDimensi: 160,21 × 74,39 × 7,49 mm; Berat: 192gKonektivitas: 5G SA/NSA, 4G VoLTE Ganda, Wi-Fi 6 802.11 ac (2,4GHz + 5GHz), Bluetooth 5.4, GPS (L1 + L5), USB Tipe-C, NFCBaterai: 6500mAh (tipikal) dengan pengisian cepat 90WHarga dan Ketersediaan

    Kedua ponsel ini sudah bisa dipesan di China mulai 29 Mei dan akan resmi dijual pada 6 Juni mendatang. Berikut rincian harganya:

    Vivo V30 Series Foto: Vivo

    Vivo S30 Pro Mini:

    12GB+256GB: 3499 yuan (sekitar Rp 7,8 jutaan)16GB+256GB: 3799 yuan (sekitar Rp 8,48 jutaan)16GB+512GB: 3999 yuan (sekitar Rp 8,93 jutaan)

    Vivo S30:

    12GB+256GB: 2699 yuan (sekitar Rp 6,02 jutaan)12GB+512GB: 2999 yuan (sekitar Rp 6,7 jutaan)16GB+512GB: 3299 yuan (sekitar Rp 7,35 jutaan)

    (afr/afr)

  • Produsen Mobil China Banting-Bantingan Harga, Ada yang Diskon 30%

    Produsen Mobil China Banting-Bantingan Harga, Ada yang Diskon 30%

    Jakarta, CNBC Indonesia – Persaingan di pasar mobil listrik Tiongkok (China) semakin ketat, menimbulkan konsekuensi bagi ekonomi domestik dan bahkan pasar otomotif global.

    Mengutip CNBC, raksasa industri BYD minggu lalu mengumumkan serangkaian diskon harga mobil yang beberapa di antaranya hampir 30% atau lebih, untuk beberapa model bertenaga baterai dan hibrida kelas bawah. Mobil kompak Seagull yang terjangkau harganya turun menjadi 55.800 yuan (US$7.750). Produsen mobil besar Tiongkok lainnya mulai mengikuti langkah ini.

    “Tindakan BYD kali ini membuat industri agak gelisah,” kata Zhong Shi, seorang analis di Asosiasi Dealer Mobil Tiongkok, dalam bahasa Mandarin, yang diterjemahkan oleh CNBC, dikutip Kamis (29/5/2025).

    “Industri ini berada dalam [kondisi] goncangan yang relatif besar,” katanya.

    Ia melanjutkan dengan menyoroti produsen mobil yang lebih kecil sekarang lebih khawatir tentang kemampuan mereka untuk bersaing.

    Adapun industri EV telah menjadi titik terang yang langka dalam ekonomi mengalami perlambatan dan permintaan konsumen yang lesu. Salah satu upaya terbaru Beijing untuk memacu konsumsi termasuk subsidi untuk kendaraan energi baru, kategori yang mencakup mobil bertenaga baterai saja dan mobil bertenaga hibrida.

    “Persaingan harga mobil terbaru menggarisbawahi bagaimana ketidakseimbangan pasokan-permintaan terus memicu deflasi,” kata Kepala Ekonom Tiongkok Morgan Stanley Robin Xing dalam sebuah laporan Rabu.

    “Ada retorika yang berkembang tentang perlunya menyeimbangkan kembali [untuk lebih banyak konsumsi], tetapi perkembangan terakhir menunjukkan model lama yang digerakkan oleh pasokan tetap utuh,” katanya.

    “Dengan demikian, reflasi kemungkinan akan tetap sulit dipahami.”

    Pasar mobil listrik Tiongkok telah berada dalam perang harga selama dua tahun terakhir, sebagian didorong oleh Tesla. Namun kali ini, produsen mobil tradisional, termasuk yang dimiliki negara, merasakan tekanan yang signifikan karena pangsa kendaraan energi baru telah mencapai sekitar setengah dari mobil penumpang baru yang terjual di Tiongkok.

    Minggu lalu, Ketua Great Wall Motors Wei Jianjun memperingatkan tentang potensi krisis real estat “Evergrande” di industri otomotif Tiongkok yang belum meledak. Ia membandingkan industri EV yang tumbuh cepat dengan sektor real estate negara yang membengkak.

    Pernah menjadi raksasa real estat Tiongkok, Evergrande gagal membayar utangnya pada akhir tahun 2021 karena pasar properti merosot setelah Beijing menindak tingkat utang perusahaan yang tinggi. Permintaan rumah juga turun menyusul peraturan pemerintah yang lebih ketat, membuat pengembang berjuang untuk membiayai sisa pembangunan unit pra-penjualan.

    Ketika sorotan media Tiongkok terhadap situasi keuangan produsen mobil meningkat, BYD pada hari Rabu membantah laporan bahwa mereka menekan salah satu dealernya secara berlebihan terkait arus kas. Dealer, Jinan Qiansheng di provinsi timur Shandong, tidak segera menanggapi permintaan CNBC untuk memberikan komentar.

    Pada tahun-tahun awal upaya yang didukung negara Tiongkok untuk menjadi pemimpin global dalam industri kendaraan listrik yang sedang berkembang, Kementerian Keuangan mengatakan bahwa mereka menemukan setidaknya lima perusahaan menipu pemerintah lebih dari 1 miliar yuan (US$140 juta). Kebijakan tingkat tinggi tersebut mendorong membanjirnya perusahaan rintisan, dan hanya segelintir yang bertahan.

    Di Tiongkok, harga ritel mobil rata-rata telah turun sekitar 19% selama dua tahun terakhir menjadi sekitar 165.000 yuan (US$22.900), menurut laporan Nomura minggu ini, mengutip data industri dari Autohome Research Institute.

    Laporan itu mengatakan diskon harga jauh lebih tajam untuk kendaraan hibrida atau kendaraan dengan jangkauan lebih jauh, sebesar 27% selama dua tahun terakhir, sementara mobil bertenaga baterai mengalami pemotongan harga sebesar 21%. Disebutkan bahwa mobil bertenaga bahan bakar tradisional mengalami pemotongan harga di bawah rata-rata sebesar 18%.

    Sebaliknya, harga rata-rata mobil baru di AS adalah US$48.699 pada bulan April, naik hampir 1% dari dua tahun sebelumnya, menurut perhitungan CNBC dari data dari Cox Automotive. Harga mobil listrik rata-rata bulan lalu bahkan lebih tinggi yaitu US$59.255.

    Diskon harga terbaru BYD tidak mencakup model-model kelas atas yang dibanderol sekitar 200.000 yuan, seperti sedan listrik andalannya Han. Reuters dalam perhitungannya menunjukkan model terbaru Han yang dirilis pada bulan Februari sekitar 10% lebih murah daripada versi sebelumnya.

    (hoi/hoi)

  • Pecah Banget! 10 HP Paling Laris Q1 2025, Nomor 1 Gak Ada Obat!

    Pecah Banget! 10 HP Paling Laris Q1 2025, Nomor 1 Gak Ada Obat!

    Jakarta

    Counterpoint baru saja merilis daftar 10 ponsel terlaris di dunia sepanjang kuartal pertama tahun 2025. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, daftar ini dikuasai oleh Apple dan Samsung.

    Predikat ponsel paling laris di dunia dipegang oleh iPhone 16 yang banyak dibeli di kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Jepang. Counterpoint mengaitkan lonjakan penjualan iPhone 16 di Jepang dengan kondisi ekonomi yang membaik dan aturan subsidi operator baru yang menguntungkan Apple.

    iPhone 16 Pro Max dan iPhone 16 Pro masing-masing menduduki peringkat dua dan tiga. Penjualan kedua model ini menghadapi tantangan di China, di mana pemerintah setempat memberikan subsidi untuk perangkat dengan harga di bawah 6.000 Yuan yang membantu penjualan vendor lokal seperti Huawei.

    iPhone 16e, varian iPhone paling murah saat ini, juga sudah masuk dalam daftar 10 besar. Meski baru dijual penuh pada Maret 2025, ponsel ini langsung menduduki peringkat enam. Counterpoint meyakini iPhone 16e akan mengalahkan penjualan iPhone SE 3 walaupun harganya lebih mahal.

    10 besar HP terlaris di dunia Q1 2025 Foto: Counterpoint Research

    Beralih ke Samsung di mana Galaxy S25 Ultra menduduki peringkat tujuh pada kuartal ini, turun dua peringkat dari Galaxy S24 Ultra pada periode yang sama tahun lalu. Penurunan ini disebabkan durasi penjualan Galaxy S25 series yang lebih pendek.

    Ponsel entry-level Samsung Galaxy A16 5G berada di peringkat lima berkat permintaan yang solid di Amerika Utara, Amerika Latin, dan Asia Pasifik. Di bawahnya ada Galaxy A06 yang popularitasnya melonjak karena banyaknya permintaan untuk ponsel dengan harga di bawah USD 100.

    Ponsel low-end merupakan segmen dengan pertumbuhan paling pesat sepanjang Q1 2025 berkat permintaan yang mulai pulih di pasar negara berkembang. Segmen ini menyumbangkan hampir 20% dari total penjualan ponsel dunia, seperti dikutip dari 9to5Mac, Kamis (25/5/2025).

    Satu-satunya ponsel non-iPhone dan non-Samsung yang masuk dalam daftar 10 besar ponsel paling laris adalah Redmi 14C 4G. Ponsel entry-level ini mencatat pertumbuhan 43% dari generasi sebelumnya, dan sebagian besar penjualannya datang dari kawasan Timur Tengah, Afrika, dan Amerika Latin.

    Sama seperti bisnis wearable Xiaomi yang baru saja menyalip Apple, kesuksesan Redmi 14C 4G menandakan kemampuan Xiaomi menawarkan fitur-fitur yang banyak dicari dengan harga yang kompetitif.

    (vmp/afr)

  • Di Puncak Candi Borobudur, 100 Bhikkhu Sambut Presiden RI dan Prancis

    Di Puncak Candi Borobudur, 100 Bhikkhu Sambut Presiden RI dan Prancis

    Magelang: Bertempat di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada hari Kamis, 29 Mei 2025 telah berlangsung pertemuan bersejarah antara Ketua Umum DPP Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) Dra. S. Hartati Murdaya dengan Presiden Republik Indonesia Bapak Jenderal TNI (Purn.) H. Prabowo Subianto dan Presiden Prancis Bapak Emmanuel Macron bersama Ibu Negara Prancis Ibu Brigitte Macron.

    Dalam kesempatan tersebut, Hartati Murdaya turut bersama 100 Bhikkhu/Bhiksu, Bhiksuni, Rinpoche, Lama, Acarya, Fashe, Qianren, Dianchuanshi, Samanera/Sramanera, Sramaneri, Pandita, Meici, Caici/Caima, dan Caikong beserta pimpinan Vihara, Kelenteng, Bio, Candi, Arama (She), Arama Madya (Yuan), Kuil, Cetiya se-Indonesia dalam rombongan bersejarah tersebut. Hal ini menegaskan komitmen Hartati Murdaya dalam mewujudkan Candi Borobudur sebagai pusat ibadah umat Buddha Indonesia dan Dunia.

    WALUBI memiliki catatan sejarah terpanjang dan legitimasi di Indonesia sebagai organisasi yang mewakili umat Buddha, serta menjadi wadah pemersatu majelis – majelis agama Buddha dan lembaga keagamaan Buddha yang senantiasa mengayomi anggotanya dalam suasana kekeluargaan, rukun, bersatu padu, menghayati dan mengamalkan Dharma Agama dan Dharma Negara.

    Di dalam WALUBI berhimpun organisasi – organisasi kelembagaan Buddha antara lain:
    1. Sangha Theravada Dhammayut Indonesia (STDI)
    2. ?Sangha Dhamma Duta Indonesia (SDDI)
    3. ?Sangha Mahayana Tanah Suci Indonesia
    4. ?Sangha Mahayana Buddhis Internasional 
    5. ?Majelis Umat Buddha Theravada Indonesia (Majubuthi)
    6. ?Majelis Agama Buddha Mahayana Tanah Suci Indonesia (Majabumi TS)
    7. ?Majelis Umat Buddha Mahayana Indonesia (Majubumi)
    8. ?Majelis Mahayana Buddhis Indonesia (Mahabudhi)
    9. ?Majelis Agama Buddha Mahanikaya Indonesia (MBMI)
    10. ?Majelis Agama Buddha Tantrayana Zhenfo Zong Kasogatan (Majelis ZFZ Kasogatan)
    11. ?Majelis Agama Buddha Tantrayana Satya Buddha Indonesia (Madha Tantri)
    12. ?Majelis Palpung Thubten Choekoerling
    13. ?Majelis Agama Buddha Guang Ji Indonesia (MABGI)
    14. ?Majelis Umat Nyingma Indonesia (MUNI)
    15. ?Majelis Rohaniawan Tridharma Seluruh Indonesia (Martrisia)
    16. ?Parisadha Buddha Dharma Niciren Syosyu Indonesia (PBDNSI)
    17. ?Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (MNSBDI)
    18. ?Majelis Pandita Buddha Maitreya Indonesia (MAPANBUMI)
    19. ?Lembaga Keagamaan Buddha Indonesia (LKBI)
    20. ?Keluarga Cendekiawan Buddhis Indonesia (KCBI). 

    Presiden RI Prabowo menyebut suatu kehormatan besar menerima kunjungan Macron di Candi Borobudur. Dia membanggakan kepada Macron bahwa Candi Borobudur telah diakui oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) sebagai salah satu warisan budaya dunia.

    Indonesia sebagai bangsa yang mempunyai filosofi dasar negara adalah Pancasila, menghormati semua agama dan semua kepercayaan. “Dan adalah kehormatan bagi saya sebagai Presiden Republik Indonesia untuk hari ini menemanin sahabat saya Presiden Republik Prancis,” tutur dia.

    Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam pidatonya mengakui Candi Borobudur sebagai bukti keunggulan Indonesia. “Candi Borobudur juga dipakai sebagai tempat ibadah, juga merupakan adikarya spiritual arsitektur yang merupakan bukti keunggulan Indonesia,” kata Macron.

    Ia mengatakan, Candi Borobudur bukan hanya monumen melainkan lambang keunggulan manusia yang menjadi sumber inspirasi seluruh dunia.

    Magelang: Bertempat di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah pada hari Kamis, 29 Mei 2025 telah berlangsung pertemuan bersejarah antara Ketua Umum DPP Perwakilan Umat Buddha Indonesia (WALUBI) Dra. S. Hartati Murdaya dengan Presiden Republik Indonesia Bapak Jenderal TNI (Purn.) H. Prabowo Subianto dan Presiden Prancis Bapak Emmanuel Macron bersama Ibu Negara Prancis Ibu Brigitte Macron.
     
    Dalam kesempatan tersebut, Hartati Murdaya turut bersama 100 Bhikkhu/Bhiksu, Bhiksuni, Rinpoche, Lama, Acarya, Fashe, Qianren, Dianchuanshi, Samanera/Sramanera, Sramaneri, Pandita, Meici, Caici/Caima, dan Caikong beserta pimpinan Vihara, Kelenteng, Bio, Candi, Arama (She), Arama Madya (Yuan), Kuil, Cetiya se-Indonesia dalam rombongan bersejarah tersebut. Hal ini menegaskan komitmen Hartati Murdaya dalam mewujudkan Candi Borobudur sebagai pusat ibadah umat Buddha Indonesia dan Dunia.
     
    WALUBI memiliki catatan sejarah terpanjang dan legitimasi di Indonesia sebagai organisasi yang mewakili umat Buddha, serta menjadi wadah pemersatu majelis – majelis agama Buddha dan lembaga keagamaan Buddha yang senantiasa mengayomi anggotanya dalam suasana kekeluargaan, rukun, bersatu padu, menghayati dan mengamalkan Dharma Agama dan Dharma Negara.

    Di dalam WALUBI berhimpun organisasi – organisasi kelembagaan Buddha antara lain:
    1. Sangha Theravada Dhammayut Indonesia (STDI)
    2. ?Sangha Dhamma Duta Indonesia (SDDI)
    3. ?Sangha Mahayana Tanah Suci Indonesia
    4. ?Sangha Mahayana Buddhis Internasional 
    5. ?Majelis Umat Buddha Theravada Indonesia (Majubuthi)
    6. ?Majelis Agama Buddha Mahayana Tanah Suci Indonesia (Majabumi TS)
    7. ?Majelis Umat Buddha Mahayana Indonesia (Majubumi)
    8. ?Majelis Mahayana Buddhis Indonesia (Mahabudhi)
    9. ?Majelis Agama Buddha Mahanikaya Indonesia (MBMI)
    10. ?Majelis Agama Buddha Tantrayana Zhenfo Zong Kasogatan (Majelis ZFZ Kasogatan)
    11. ?Majelis Agama Buddha Tantrayana Satya Buddha Indonesia (Madha Tantri)
    12. ?Majelis Palpung Thubten Choekoerling
    13. ?Majelis Agama Buddha Guang Ji Indonesia (MABGI)
    14. ?Majelis Umat Nyingma Indonesia (MUNI)
    15. ?Majelis Rohaniawan Tridharma Seluruh Indonesia (Martrisia)
    16. ?Parisadha Buddha Dharma Niciren Syosyu Indonesia (PBDNSI)
    17. ?Majelis Nichiren Shoshu Buddha Dharma Indonesia (MNSBDI)
    18. ?Majelis Pandita Buddha Maitreya Indonesia (MAPANBUMI)
    19. ?Lembaga Keagamaan Buddha Indonesia (LKBI)
    20. ?Keluarga Cendekiawan Buddhis Indonesia (KCBI). 
     
    Presiden RI Prabowo menyebut suatu kehormatan besar menerima kunjungan Macron di Candi Borobudur. Dia membanggakan kepada Macron bahwa Candi Borobudur telah diakui oleh Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) sebagai salah satu warisan budaya dunia.
     
    Indonesia sebagai bangsa yang mempunyai filosofi dasar negara adalah Pancasila, menghormati semua agama dan semua kepercayaan. “Dan adalah kehormatan bagi saya sebagai Presiden Republik Indonesia untuk hari ini menemanin sahabat saya Presiden Republik Prancis,” tutur dia.
     
    Presiden Prancis Emmanuel Macron dalam pidatonya mengakui Candi Borobudur sebagai bukti keunggulan Indonesia. “Candi Borobudur juga dipakai sebagai tempat ibadah, juga merupakan adikarya spiritual arsitektur yang merupakan bukti keunggulan Indonesia,” kata Macron.
     
    Ia mengatakan, Candi Borobudur bukan hanya monumen melainkan lambang keunggulan manusia yang menjadi sumber inspirasi seluruh dunia.
     
    Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
    dan follow Channel WhatsApp Medcom.id

    (MMI)