Produk: yuan

  • Dolar AS Loyo ke Level Rp 16.270 Pagi Ini

    Dolar AS Loyo ke Level Rp 16.270 Pagi Ini

    Jakarta

    Nilai tukar dolar Amerika Serikat (AS) melemah terhadap rupiah pada pembukaan perdagangan hari ini. Mata uang Paman Sam berada pada level Rp 16.200-an.

    Dikutip dari data Bloomberg, Rabu (11/6/2025), sekitar pukul 09.25 WIB, nilai tukar dolar AS turun 4,50 poin atau 0,03% dari penutupan perdagangan sebelumnya. Dolar AS bertengger pada level Rp 16.270.

    Selanjutnya, pergerakan dolar AS terhadap sejumlah mata uang Asia lainnya juga cenderung melemah. Dolar AS terpantau menguat 0,20% terhadap won Korea Selatan. Namun, terhadap peso Filipina, dolar AS menguat sebesar 0,01% serta melemah pada dolar baru Taiwan 0,14%.

    Nilai tukar dolar AS juga menguat terhadap ringgit Malaysia 0,02%. Sementara itu, terhadap mata uang yen Jepang naik 0,09%. Lalu terhadap dolar Hong Kong menguat 0,01%.

    Nilai dolar AS melemah terhadap rupee India 0,02%. Dolar AS menguat terhadap baht Thailand 0,15%, serta terhadap mata uang yuan China menguat 0,01%.

    (rea/rrd)

  • Bos Teknologi China Sindir Amerika, Mengaku Tidak Hebat

    Bos Teknologi China Sindir Amerika, Mengaku Tidak Hebat

    Jakarta, CNBC Indonesia – Huawei tetap optimistis di tengah ancaman kontrol ekspor yang dikeluarkan Amerika Serikat (AS). CEO Ren Zhengfei meyakinkan untuk tidak perlu khawatir terkait hal tersebut.

    “Tidak perlu khawatir soal masalah chip,” kata Ren, dikutip dari Reuters, Selasa (10/6/2025).

    Dia mengakui bahwa chip Huawei tidak sehebat yang dibicarakan, bahkan tidak mencapai level kehebatan milik AS.

    “Amerika Serikat melebih-lebihkan pencapaian Huawei. Huawei tidak sehebat itu. Kami harus bekerja keras mencapai evaluasi mereka,” jelasnya.

    Ren mengatakan chip perusahaannya memang tertinggal satu generasi dari produsen AS. Namun pihaknya berhasil menemukan cara meningkatkan kinerja chip.

    Huawei diketahui mengeluarkan 180 miliar yuan untuk melakukan penelitian. Jawabannya terletak pada chip majemuk (compound chip) yakni chip dari berbagai elemen.

    “Chip tunggal kami tertinggal satu generasi dari AS. Kami menggunakan matematika melengkapi ilmu fisika, hukum non-Moore melengkapi hukum Moore dan komputasi klaster melengkapi chip tunggal dan hasilnya mencapai kondisi praktis. Software bukan menjadi hambatan untuk kami,” kata Ren.

    Sebelumnya, Departemen Perdagangan AS mengumumkan penggunaan chip Ascend dari Huawei akan melanggar aturan kontrol ekspor. Chip tersebut bersaing dengan raksasa AS Nvidia, yang menjadi pemimpin dalam chip AI.

    Sementara itu, Huawei telah meluncurkan AI CloudMatrik 384 pada bulan April. Ini merupakan sistem penghubung 384 chip Ascend 910C pada kluster yang bisa digunakan untuk melatih model AI.

    Sejumlah analis mengatakan sistem Huawei bisa mengungguli sistem milik Nvidia GB200 NVL72 pada beberapa metrik.

    (dem/dem)

  • Kemudahan Bertransaksi di UEA dengan BRImo dan Kartu Debit BRI

    Kemudahan Bertransaksi di UEA dengan BRImo dan Kartu Debit BRI

    Jakarta, Beritasatu.com – Bagi kamu yang berencana untuk berkunjung ke Uni Emirat Arab (UEA), kini ada cara yang lebih mudah untuk melakukan transaksi selama perjalanan dengan menggunakan BRImo dan Debit BRI berlogo Mastercard.

    UEA memang terkenal sebagai destinasi wisata yang menarik, dengan berbagai keunikan dan tempat ikonik. Dari Burj Khalifa yang megah hingga keindahan Dubai yang tiada duanya, UEA adalah pilihan tepat untuk wisatawan yang ingin menikmati liburan mewah dan menyenangkan.

    Fun Fact tentang Uni Emirat Arab (UEA)

    Terdiri dari 7 Wilayah Emirat, Salah Satunya Dubai
    Uni Emirat Arab terdiri dari tujuh wilayah emirat, dan Dubai adalah yang paling terkenal. Dubai dikenal dengan gedung-gedung pencakar langit dan pusat perbelanjaannya yang luar biasa.Burj Khalifa yang Megah Setinggi 828 Meter
    Burj Khalifa di Dubai adalah gedung tertinggi di dunia, dengan ketinggian 828 meter. Menjadi salah satu destinasi wisata terpopuler di UEA, pengunjung dapat menikmati pemandangan luar biasa dari puncak gedung ini.10,62 Juta Turis Memilih UEA sebagai Destinasi Wisata
    Dengan berbagai atraksi menarik dan fasilitas mewah, tak heran jika UEA menarik lebih dari 10 juta turis setiap tahunnya. Wisatawan dari seluruh dunia datang untuk merasakan kemewahan, keindahan, dan budaya unik yang dimiliki negara ini.

    Praktis Bertransaksi di UEA dengan Mobile Banking BRImo dan Debit BRI

    Untuk memastikan kamu dapat bertransaksi dengan mudah selama berada di UEA, kamu dapat menghubungkan tabungan valas kamu di mobile banking BRImo dengan Debit BRI berlogo Mastercard.

    Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk memulai perjalanan transaksi yang lebih mudah di UEA:

    Cara Membuat Tabungan Valas di BRImo

    Buka Aplikasi BRImo dan pilih info saldo, lalu klik “Buka Rekening Baru”.Pilih Tabungan BritAma Valas dan baca dengan teliti keunggulan serta persyaratan tabungan ini.Pilih Kantor Cabang BRI Terdekat untuk penerbitan kartu ATM.Tentukan Mata Uang yang ingin kamu pilih, lalu masukkan jumlah setoran awal.Pilih tujuan pembukaan rekening dan klik “Pilih Tabungan”.Ceklis syarat dan ketentuan, lalu klik “Konfirmasi”.Masukkan PIN BRImo kamu dan tunggu hingga proses pembukaan rekening selesai.

    Selamat! Kamu telah berhasil membuka Rekening Tabungan Valas BritAma dan siap melakukan transaksi internasional.

    Mata Uang yang Bisa Dipilih di Tabungan Valas:

    USD (Dolar AS)EUR (Euro)GBP (Poundsterling)AUD (Dolar Australia)SGD (Dolar Singapura)CNY (Yuan China)AED (Dirham UAE)SAR (Riyal Arab Saudi)HKD (Dolar Hong Kong)JPY (Yen Jepang)MYR (Ringgit Malaysia)THB (Baht Thailand)

    Cara Top-Up Tabungan Valas di BRImo

    Login ke BRImo, lalu pilih fitur “Konversi Valas”.Pilih Rekening Tujuan dan rekening sumber dana yang akan digunakan.Masukkan nominal transaksi dan klik “Konversi”.Masukkan PIN transaksi, dan transaksi berhasil dilakukan

    Menghubungkan Tabungan Valas dengan Debit BRI

    Login BRImo dan pilih menu Akun di pojok kanan bawah.Pilih Pengelolaan Kartu, lalu klik “Lihat Detail” pada kartu Debit BRI berlogo Mastercard yang ingin dihubungkan.Pilih Tabungan Valas yang ingin digunakan untuk transaksi, dan klik “Tambah Sekarang”.Masukkan PIN BRImo dan selesai, Rekening Valas kamu berhasil terhubung dengan kartu Debit BRI.

    Dengan langkah-langkah sederhana ini, kamu bisa menikmati kemudahan bertransaksi di UEA menggunakan mobile banking BRImo dan Debit BRI berlogo Mastercard. Tidak hanya lebih praktis, tetapi juga lebih efisien dan nyaman.

    Bagi WNI yang Tinggal di UEA, Daftar BRImo Juga Bisa Pakai Nomor Lokal

    Bagi kamu yang sudah tinggal di UEA, kamu tetap bisa registrasi BRImo menggunakan nomor handphone lokal. Berikut caranya:

    Buka BRImo dan klik “Belum Punya Akun BRImo”.Pilih “Belum Punya” di pertanyaan apakah kamu memiliki rekening BRI yang aktif.Siapkan KTP, Nomor Handphone Lokal, dan Email.Pilih “Buka Rekening Sekarang”, kemudian pilih Tabungan BritAma Valas.

    Sekarang, kamu sudah bisa menikmati kemudahan BRImo meskipun berada di luar negeri.

    Keuntungan Menggunakan BRImo dan Debit BRI di UEA

    Dengan kemajuan teknologi, kini kamu bisa menikmati berbagai kemudahan dalam bertransaksi di luar negeri, termasuk saat berada di Uni Emirat Arab.

    BRImo dan Debit BRI berlogo Mastercard memberikan berbagai keuntungan yang membuat pengalaman bertransaksi menjadi lebih efisien dan nyaman. Berikut adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu rasakan ketika menggunakan BRImo dan Debit BRI selama perjalananmu di UEA:

    Kemudahan Transaksi: Tidak perlu khawatir membawa banyak uang tunai. Semua transaksi bisa dilakukan melalui mobile banking BRImo, baik itu untuk belanja, transfer uang, atau pembayaran lainnya.Akses ke Tabungan Valas: Dengan tabungan valas yang terhubung, kamu bisa memilih berbagai mata uang sesuai kebutuhan saat berada di luar negeri, menghindari biaya konversi yang tinggi.Lebih Nyaman: Transaksi menggunakan kartu Debit BRI berlogo Mastercard dilengkapi dengan teknologi chip dan PIN, memberikan perlindungan ekstra saat berbelanja atau menarik uang di ATM internasional.Mudah untuk Top-Up: Proses top-up atau pengisian saldo di tabungan valas bisa dilakukan dengan mudah melalui BRImo, sehingga kamu tidak perlu khawatir kehabisan saldo selama di UEA.Transaksi Internasional Tanpa Batasan: Dengan BRImo dan kartu Debit BRI, kamu dapat melakukan transaksi internasional tanpa hambatan, baik itu untuk keperluan pribadi maupun bisnis.

    Dengan semua keuntungan ini, BRImo dan Debit BRI berlogo Mastercard memang solusi tepat bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan ke Uni Emirat Arab tanpa ribet, dengan transaksi yang cepat, mudah, dan nyaman.

    Untuk memudahkan perjalananmu ke Uni Emirat Arab, pastikan kamu sudah menghubungkan tabungan valas kamu dengan mobile banking BRImo dan Debit BRI berlogo Mastercard. Dengan akses yang mudah dan cepat, transaksi di luar negeri jadi semakin praktis dan nyaman. 
    Jadi, jangan ragu lagi! Manfaatkan BRImo dan Debit BRI untuk perjalanan yang lebih mudah dan menyenangkan di Uni Emirat Arab.

    Untuk informasi lebih lanjut dan mulai membuka tabungan valas, klik di sini.

  • Toyota Alphard Waspada, ‘Kakak’ BYD M6 Bakal Rambah Banyak Negara

    Toyota Alphard Waspada, ‘Kakak’ BYD M6 Bakal Rambah Banyak Negara

    Jakarta

    Toyota Alphard mesti waspada nih! BYD bakal memasarkan MPV premium M9 di global. Di China, mobil itu paling mahal dijual seharga Rp 700 jutaan.

    Amunisi BYD di segmen MPV kian bertambah. Para rival sekelas Toyota Alphard, patut waspada dengan kehadirannya. Paling anyar adalah kehadiran MPV berteknologi plug-in hybrid bernama BYD Xia. Mobil ini perdana unjuk gigi di Chengdu Auto Show pada Agustus 2024. Di China, BYD Xia sudah dijual ke pasaran pada Januari 2025. Rencananya, MPV ini juga bakal dikirim ke banyak negara.

    Diberitakan Car News China, di pasar global, BYD Xia akan berganti nama menjadi M9. Strategi perubahan nama ini sebenarnya sudah dilakukan BYD pada deretan mobilnya. Misalnya BYD Song Max yang berganti nama menjadi BYD M6 di pasar internasional seperti Thailand, Indonesia, Hong Kong, dan beberapa negara lainnya.

    Kembali ke BYD M9, mobil ini akan menjadi model tertinggi di keluarga seri-M. Adapun negara pertama yang bakal mendapatkan BYD M9 ini diduga kuat adalah Meksiko. Di sana, pabrikan yang bermarkas di Shenzhen itu menjual 40.000 unit mobil sepanjang tahun 2024. Pada tahun 2025, BYD menargetkan bisa menjual 80.000 unit di Meksiko.

    Gelombang pertama pengiriman BYD M9 untuk pasar global sudah terlihat di Shanghai. Tampak ada dua truk yang mengangkut M9 dengan warna bervariasi. BYD kabarnya akan meluncurkan M9 pada kuartal ketiga tahun ini.

    Soal tampilan, BYD BYD Xia menyerupai Denza D9 dengan garis atap datar, pintu geser, dan spoiler di bagian atap. Beralih ke bagian belakang, BYD Xia memiliki lampu LED strip. Namun dimensinya lebih kecil dari Denza D9 ataupun calon rivalnya Toyota Alphard. BYD Xia memiliki dimensi panjang 5.145 mm, lebar 1.970 mm, dan tinggi 1.805 mm, serta jarak sumbu roda 3.045 mm. Sebagai perbandingan, Denza D9 punya dimensi panjang 5.250 mm, lebar 1.960 mm, tinggi 1.920 mm, dan jarak sumbu roda 3.110 mm. Sedangkan Toyota Alphard panjangnya 5.010 mm, lebar 1.850 mm, tinggi 1.945 mm, dan jarak sumbu roda 3.000 mm.

    Di bagian dalam, mobil memiliki konfigurasi 2+2+3 dan di baris kedua terdapat kursi captain seat. Terdapat tiga layar pada konsol tengah mobil. Monitor utamanya mengusung layar berukuran 15,6 inch sedangkan instrumen panel dan layar penumpang depan berdiameter 12,3 inch. BYD M9 ini juga dilengkapi ragam fitur seperti tempat penyimpanan dingin atau panas, meja lipat, dan monitor di atapnya.

    Di bagian dapur pacunya, BYD M9 mengadopsi sistem 5.0 DM dengan mesin 1.5 L turbo bertenaga 154 daya kuda dan motor listrik 200 kw bertenaga 268 daya kuda. Mobil ditawarkan dalam dua opsi baterai yaitu 20,4 kWh dan 36,6 kWh yang masing-masing bisa menempuh jarak 100 dan 108 km pada pengujian CLTC. Menariknya soal harga, di negara asalnya, BYD Xia ditawarkan dengan banderol 249.800-309.800 yuan. Kalau dikonversi ke rupiah dengan kurs 1 yuan Rp 2.267, maka BYD Xia paling murah ditawarkan seharga Rp 566 juta hingga yang termahal Rp 702 jutaan.

    (dry/din)

  • Spesifikasi Sedan Hybrid Chery yang Harganya Cuma Rp 180 Jutaan

    Spesifikasi Sedan Hybrid Chery yang Harganya Cuma Rp 180 Jutaan

    Jakarta

    Produsen mobil asal China, Chery telah meluncurkan sedan hybrid murah untuk konsumen domestik. Kendaraan tersebut bernama Chery Fulwin A8 dan hanya dibanderol mulai Rp 180 jutaan! Bagaimana spesifikasinya?

    Meski harganya cukup terjangkau, namun Chery Fulwin A8 punya segudang keunggulan yang tak dimiliki para kompetitornya. Mobil hibrida tersebut dihadirkan untuk konsumen pemula alias first buyer.

    Nah, biar kenal lebih dekat, berikut kami rangkum spesifikasi Chery Fulwin A8 yang baru meluncur di China. Kami mengurainya menjadi beberapa pointer.

    Spesifikasi Chery Fulwin A8

    Tampang

    Chery Fulwin A8. Foto: Doc. Carnewschina

    Chery Fulwin A8 mengusung desain ‘oriental aesthetics’. Meski harganya termasuk murah, namun sedan hybrid tersebut punya tampilan yang tergolong mewah.

    Malahan, jika boleh sedikit berlebihan, desainnya mirip-mirip sedan mid-range buatan Jepang. Lihat saja bagian grilnya yang tegas, lampu utama atau headlamp-nya yang meruncing dan terhubung ke emblem, serta tarikan garisnya yang benar-benar sporty.

    Chery Fulwin A8 punya dimensi panjang 4.790 mm, lebar 1.843 mm, tinggi 1.487 mm dan jarak sumbu roda 2.790 mm. Angka tersebut cukup ringkas untuk kendaraan berjenis sedan.

    Fitur

    Chery Fulwin A8. Foto: Doc. Carnewschina

    Di dalam kabin, interior Fulwin A8 mengusung gaya keluarga dengan layar ganda yang memberi nuansa canggih. Sistem infotainmennya sudah mendukung wireless Apple CarPlay dan Huawei HiCar, bikin koneksi ke smartphone praktis tanpa menggunakan kabel. Pabrikan juga membekalinya dengan setir model flat-bottom yang mutakhir.

    Urusan fitur keselamatan, Fulwin A8 tak main-main. Sedan itu sudah dibekali teknologi Level 2 Advanced Driver Assistance System (ADAS) dengan total 19 fitur bantuan berkendara pintar. Tujuannya jelas: bikin berkendara lebih aman dan nyaman di segala kondisi.

    Pabrikan juga membekalinya dengan Lion 5.0 AI Smart Cockpit, sistem kokpit pintar yang dijalankan chip Snapdragon 8155. Tak cuma pintar, sistem tersebut juga cepat. Bahkan, booting-nya hanya butuh waktu 2 detik!

    Mesin

    Chery Fulwin A8. Foto: Doc. Carnewschina

    Soal performa, Fulwin A8 menggunakan mesin 1.5 L yang dikombinasikan sistem hybrid pintar. Mobil tersebut mampu menempuh 70-145 km dengan tenaga listrik murni (standar CLTC), dan mencatat konsumsi BBM 4,55 liter per 100 km berdasarkan standar WLTC.

    Fulwin A8 menggunakan transmisi DHT super-hybrid CVT yang punya efisiensi tinggi. Sementara mode berkendaranya ada empat: pure electric, series hybrid, parallel hybrid, dan direct engine drive. Semuanya bekerja otomatis menyesuaikan kondisi jalan, demi performa dan efisiensi yang optimal.

    Berikut Harga Chery Fulwin A8

    70km Basic (1.5L) – 79.900 yuan (Rp 181 juta)70km Standard (1.5L) – 87.900 (Rp 199 juta)70km Comfort (1.5L) – 93.900 (Rp 213 juta)145km Comfort (1.5T) – 99.900 (Rp 226 juta)145km Luxury (1.5T) – 109.900 (Rp 249 juta).

    (sfn/din)

  • Produsen China Diminta Setop Jual Mobil Terlalu Murah

    Produsen China Diminta Setop Jual Mobil Terlalu Murah

    Jakarta

    Perang harga mobil buatan China belakangan makin sengit dan tak masuk akal. Bahkan, sejumlah pabrikan mulai mematok nominal kendaraan yang jauh di bawah rata-rata.

    Kondisi itu, menurut pemerintah setempat, akan berdampak buruk untuk industri. Itulah mengapa, mereka memanggil beberapa petinggi perusahaan ke Beijing untuk menghentikan perang dagang tersebut. Mereka juga meminta produsen melakukan self-regulation sebelum terlambat.

    Pemerintah setempat menyadari, perang harga antarprodusen lokal di China memang berperan besar dalam peningkatan penjualan di sana. Namun, demi mencegah persaingan berlebihan dan potensi ‘race to the bottom’ antarprodusen, mereka meminta ini segera dihentikan.

    Ilustrasi Mobil China. Foto: AFP via Getty Images/STR

    Regulator pasar di China turut menyuarakan hal serupa. Mereka menyerukan upaya untuk ‘secara komprehensif merapikan kompetisi yang involusioner’. Istilah ‘involusioner’ digunakan juga Perdana Menteri Li Qiang dalam laporan kerja tahunan untuk menggambarkan dinamika pasar yang makin merugikan diri sendiri.

    Dalam dua tahun terakhir, harga mobil listrik dan hybrid baru di China memang mengalami penurunan drastis. Asosiasi Produsen Mobil China (CAAM) memperingatkan, perang harga yang tak masuk akal bisa memperburuk kompetisi di pasar lokal.

    Kementerian Industri dan Teknologi Informasi China (MIIT) berencana memperketat regulasi terkait persaingan yang tak produktif. Mereka ingin menegakkan hukum yang mendorong persaingan lebih sehat. Namun, sejumlah pihak pesimis itu akan berhasil. Mereka justru yakin perang harga akan semakin sengit di masa depan.

    Mobil buatan XPENG Foto: Dok. Xpeng

    He Xiaopeng selaku Chief Executive Officer (CEO) Xpeng merupakan salah satu pihak yang ragu perang dagang akan berakhir di China. Sebab, di masa depan, kompetisi makin ketat dan produsen makin bertambah banyak.

    “Persaingan akan menjadi lebih intens dalam lima tahun ke depan. Ini baru hidangan pembuka,” kata Xiaopeng, dikutip dari Carscoops, Senin (9/6).

    Selama dua tahun terakhir, rata-rata harga ritel mobil baru di China turun sekira 19 persen. Kini, harga tersebut berada di kisaran 165 ribu yuan atau Rp 370 jutaan. Pertanyaannya, apakah harga serendah itu bisa bertahan tanpa membuat sistemnya jebol di tengah jalan?

    (sfn/din)

  • Pengangguran di China Rela Bayar Kantor Palsu untuk Pura-pura Kerja

    Pengangguran di China Rela Bayar Kantor Palsu untuk Pura-pura Kerja

    China, Beritasatu.com – Tren unik tengah melanda China, sejumlah pengangguran rela membayar perusahaan atau kantor palsu untuk mempekerjakan mereka secara fiktif agar bisa berpura-pura bekerja di kantor sewaan tanpa mendapatkan penghasilan.

    Dengan membayar biaya harian antara 30 Yuan hingga 50 Yuan atau sekitar Rp 68.000 hingga Rp 113.000 anak-anak muda yang sedang menganggur tersebut bisa mendapatkan fasilitas lengkap layaknya di kantor. Mulai dari meja kerja, makan siang, hingga koneksi Wi-Fi gratis untuk pura-pura bekerja, dikutip dari Oddity Central, Minggu (8/6/2025).

    Beberapa konsumen bahkan dapat memilih paket tambahan yang menyediakan tugas-tugas fiktif, jabatan manajer palsu, ada juga simulasi karyawan yang ‘nakal’ agar terasa lebih nyata.

    Fenomena yang disebut ‘perusahaan pura-pura bekerja’ tersebut semakin populer pada 2025 ini, seiring meningkatnya permintaan dari para pengangguran yang didominasi oleh anak-anak muda.

    Surat kabar Spanyol, El Pais, dalam sebuah laporan baru-baru ini mengunjungi salah satu perusahaan tersebut dan mewawancarai sejumlah ‘karyawan’ fiktif tersebut. Sebagian mengatakan, mereka tertarik dengan konsep pura-pura bekerja ini, ada pula yang mengaku lebih senang menghabiskan waktu di tempat nyaman dengan biaya terjangkau daripada hanya diam di rumah.

    Sementara yang lainnya, berharap pengalaman pura-pura bekerja di kantor ini bisa membantu mereka mendapatkan pekerjaan sungguhan di masa depan.

    “Meskipun beberapa dari kami memang membutuhkan tempat untuk berpura-pura bekerja, kebanyakan tertarik hanya karena konsepnya yang menarik,” kata Xu Lin, seorang konten kreator.

    Data menunjukkan, pada Maret 2025 tingkat pengangguran usia muda di China untuk kelompok usia 16 tahun hingga 24 tahun (tidak termasuk mahasiswa) mencapai 16,5%. Sementara pada kelompok usia 25 sampai 29 tahun mencapai 7,2%.

    Ketersediaan ruang kantor berharga murah di kota-kota besar seperti Beijing turut memicu tren tak biasa ini. Mengingat, harga sewa yang ditawarkan bahkan bisa lebih murah dibandingkan bekerja sekaligus makan dan minum di kafe.

  • Sedan 5,4 Meter Huawei Laris Manis, Dalam 24 Jam Laku Segini

    Sedan 5,4 Meter Huawei Laris Manis, Dalam 24 Jam Laku Segini

    Jakarta

    Sedan mewah Huawei cukup banyak diburu. Dalam waktu 24 jam, pemesanannya tembus 1.600 unit.

    Huawei baru-baru ini meluncurkan sedan mewah Maextro S800 yang menjadi penantang serius Mercedes-Maybach S-Class. Sedan garapan Huawei dan JAC itu rupanya cukup menarik minat banyak warga di Negeri Tirai Bambu. Dikutip pemberitaan Car News China, sedan sepanjang 5,5 meter itu dipesan sebanyak 3.600 unit dalam waktu tujuh hari setelah peluncuran.

    Dalam 24 jam setelah peluncuran, Huawei mencatat ada 1.600 unit Maextro S800 yang dipesan. Namun sehari setelahnya, pemesanan mulai menurun. Tercatat dalam 48 jam ada 2.100 pemesanan yang masuk. Direktur Eksekutif Huawei Yu Chengdong menyebut, 70 persen dari total pemesanan yang masuk itu adalah untuk varian teratas.

    Dibandingkan rivalnya, harga Maexstro S800 memang jauh lebih murah. Di China, banderolnya mulai 708.000 yuan atau bila dikonversi ke rupiah dengan kurs 1 yuan = Rp 2.269 maka setara Rp 1,6 miliaran hingga 1.018.000 yuan (Rp 2,3 miliaran). Sebagai perbandingan, Maybach S-Class dipasarkan dari 255.849 euro atau sekira Rp 4,7 miliaran hingga 546.210 euro yang setara Rp 10,1 miliaran. (1 euro = Rp 18.621).

    Maextro S800 mengadopsi bahasa desain baru ‘Zongheng Xinghan’ yang dicirikan oleh empat elemen horisontal dan dua elemen vertikal. Hal ini menciptakan tampilan area depan yang khas dan dinamis, dipertegas lampu depan kristal.

    Secara dimensi, Maextro S800 diklaim lebih besar ukurannya dibanding S-Class, dengan panjang sekitar 5.480 mm, lebar 2.000 mm, tinggi 1.536 mm, dengan jarak sumbu roda 3.370 mm. Konsumen dapat memilih konfigurasi 4 kursi dan 5 kursi.

    Maextro S800 ditawarkan dalam varian kendaraan listrik murni dan kendaraan listrik jarak jauh (EREV). Varian listrik murni memiliki pengaturan motor ganda, dengan daya 390 kW dan baterai 95 kWh. Mobil ini menghasilkan jarak tempuh CLTC hingga 702 km dan pengisian daya sangat cepat dari 10%-80% dalam waktu 12 menit.

    Varian EREV menggabungkan motor listrik dengan mesin turbo 1,5L (115 kW) dan baterai 65 kWh yang mendukung pengisian cepat 6C dan arsitektur 800V, pengisian daya 10% hingga 80% dalam 10,5 menit. EREV motor ganda menghasilkan output 390 kW, menawarkan jarak tempuh listrik murni 400 km, jarak tempuh total 1.333 km, dan konsumsi bahan bakar 0,09 L/100 km.

    Dari segi performa, Maextro S800 menawarkan akselerasi 0-100 km/jam dalam 4,3 detik (EV dual-motor), 4,7 detik (EREV tri-motor), dan 4,9 detik (EREV dual-motor). Jarak pengereman dari 100 km/jam adalah 34,5 m. Dengan kemudi roda belakang ±12°, mobil ini memiliki radius putar yang sempit hanya 5,05 meter dan sudut crab-walk maksimum 16°.

    (dry/rgr)

  • Fenomena ‘Manusia Tikus’ di Gen Z-Milenial China Makin Ngetren, Ada Apa?

    Fenomena ‘Manusia Tikus’ di Gen Z-Milenial China Makin Ngetren, Ada Apa?

    Jakarta

    Sebuah tren baru tengah menjamur di kalangan generasi muda China, terutama gen Z dan milenial. Mereka menyebut dirinya sebagai ‘manusia tikus’ atau lao shu ren dalam bahasa Mandarin, istilah viral yang mencerminkan gaya hidup menyendiri, nokturnal, dan menjauh dari tekanan kompetitif masyarakat modern.

    Tren ini muncul sebagai bentuk perlawanan diam-diam terhadap budaya kerja keras tanpa mengenal waktu dan efisiensi ekstrem yang telah lama mendominasi kehidupan sosial dan profesional di China.

    Seperti yang dialami seorang mahasiswa magister asal China, pasca menempuh studi di King’s College London, Pu Yiqin (23). Pu adalah salah satu dari banyak anak muda yang mengidentifikasi dirinya sebagai ‘manusia tikus’. Melalui vlog harian yang diunggah di platform Xiaohongshu, Pu mendokumentasikan rutinitas sejak pagi hingga larut malam dan penuh keterasingan.

    “Sebagian besar waktu kami dihabiskan di rumah, seperti tikus yang hidup dalam kegelapan,” ujarnya. Ia menyebut bahwa tirai kamarnya selalu tertutup karena tikus butuh pencahayaan redup untuk bertahan.

    Fenomena ini tidak hanya populer di China, tetapi juga mulai digunakan oleh mahasiswa China di luar negeri, seperti di Inggris dan Singapura. Sebuah unggahan viral oleh seorang perempuan muda dari Provinsi Zhejiang, yang membagikan rutinitas menyendirinya, bahkan mengumpulkan lebih dari 400.000 likes di Xiaohongshu.

    Meski tampak ringan dan jenaka, tren ini mencerminkan tekanan nyata yang dirasakan anak muda China, mulai dari persaingan pendidikan seperti ujian gaokao yang ketat, hingga tingkat pengangguran pemuda yang mencapai 15,8 persen pada April 2025. Ditambah lagi, dengan lebih dari 12 juta lulusan universitas tahun ini, pasar kerja menjadi semakin sesak dan tidak seimbang.

    Tren manusia tikus dianggap sebagai evolusi dari fenomena tang ping atau ‘berbaring’, saat anak muda memilih untuk keluar dari perlombaan sosial dan menolak ekspektasi masyarakat. Menurut Yuan Yuan, dosen di Xi’an Jiaotong-Liverpool University, manusia tikus adalah simbol keputusan untuk berhenti bersaing sepenuhnya.

    “Ini adalah bentuk menyerah pada tangga sosial. Mereka memilih beraktivitas di malam hari, di internet, dan cukup sekadar ‘ada’ dalam masyarakat,” beber dia, dikutip dari CNA, Minggu (8/6/2025).

    NEXT: Antara Humor dan Kepedihan

    Bagi banyak anak muda, istilah manusia tikus merupakan bentuk zi hei,humor merendahkan diri sendiri yang digunakan untuk menertawakan situasi sulit tanpa memperlihatkan kelemahan secara langsung.

    “Mungkin karena tekanan besar yang dihadapi, anak muda jadi menikmati humor seperti ini,” kata Pu. Meski demikian, ia menekankan bahwa manusia tikus bukan berarti malas atau menyerah sepenuhnya.

    “Banyak dari kami memang hidup dalam lingkungan yang tidak ideal, tapi kami tetap berusaha menyelesaikan apa yang perlu diselesaikan. Kami hanya memilih untuk menjalani hidup dengan ritme kami sendiri,” tambahnya.

    Fenomena ini dinilai sebagai cerminan dari krisis struktural yang lebih luas di China, mulai dari ketimpangan antara pendidikan dan lapangan kerja, tekanan sosial yang tinggi, hingga hilangnya harapan atas mobilitas sosial.

    Di tengah kondisi ini, manusia tikus menjadi identitas alternatif yang memberi ruang bagi anak muda untuk merefleksikan diri dan meredefinisi nilai hidup di luar tuntutan sosial yang kaku.

  • Mobil Listrik Toyota yang Pakai Baterai BYD Bakal Dijual Mulai Rp 290 Jutaan!

    Mobil Listrik Toyota yang Pakai Baterai BYD Bakal Dijual Mulai Rp 290 Jutaan!

    Jakarta

    Toyota bakal segera meluncurkan mobil listrik teranyar yang menggunakan baterai dan motor listrik dari BYD. Mobil itu bakal dijual di bawah Rp 300 jutaan.

    Mobil listrik anyar Toyota buah kerjasama dengan FAW bakal dirilis pada 10 Juni. Jelang peluncuran, mobil listrik bernama Toyota bZ5 sudah masuk jalur produksi di pabrik kawasan Tianjin. Model anyar ini dibangun di atas platform e-TNGA dan siap mengacak-acak pasar dengan harganya yang kompetitif sekaligus teknologi canggih.

    Diberitakan Car News China, Toyota bZ5 ini akan tersedia dalam dua opsi. Pertama versi jarak 550 km (dalam pengujian CLTC) dan 630 km. Versi 550 km, disebut-sebut bakal dijual dengan harga di bawah 130 ribu yuan atau setara dengan Rp 295 jutaan. Ada juga versi 550 km yang sudah dilengkapi dengan sistem bantuan pengemudi ADAS L2 dibanderol di bawah 160 ribu yuan atau setara Rp 363 jutaan. Sementara itu versi 630 km belum diketahui bocoran harganya. ( 1 yuan = Rp 2.269).

    Menariknya, mobil listrik ini mengusung tenaga yang berasal dari BYD. Pertama ada baterai yang dibuat oleh BYD Blade. Tak cuma itu, motor listrik depan 200 kW juga berasal dari anak perusahaan BYD FinDreams.

    Soal spesifikasi, Toyota bZ5 memiliki dimensi panjang 4.780 mm, lebar 1.866 mm dan tinggi 1.510 mm, dengan jarak sumbu roda 2.880 mm. Mobil ini menggunakan pelek berukuran 21 inci.

    Dari segi keselamatan, FAW-Toyota bZ5 dilengkapi dengan sistem bantuan berkendara perkotaan Momenta 5.0 L2 yang canggih. Sistem itu didukung oleh 33 sensor, termasuk lidar atap, lima radar gelombang milimeter, dan tujuh kamera. Pejabat di FAW-Toyota mengklaim sistem tersebut dapat mewujudkan lebih dari 30 navigasi dengan kemampuan autopilot seperti bantuan parkir cerdas, parkir jarak jauh, dan Toyota Safety Sense.

    Di bagian interior, latar belakang merahnya mencolok, dipadukan dengan layar kendali sentral bergaya floating dengan ukuran 15,6 inci, panel instrumen LCD persegi panjang, dan panoramic sunroof 1,44 m2. Menurut Toyota, panoramic sunroof mobil ini dapat memblokir 99,98% sinar ultraviolet dan 99,3% sinar inframerah.

    Menarik untuk menanti kehadiran Toyota bZ5. Sebab, sebelumnya mobil listrik Toyota bZ3X yang dibangun dari platform mobil China GAC laris manis dalam waktu singkat. Antrean pun mengular cukup pajak karena mobil listrik Rp 200 jutaan itu sangat diminati warga lokal.

    (dry/din)