Produk: yuan

  • Warga China Ogah Keluar Uang, Pengusaha Makin Susah Jualan

    Warga China Ogah Keluar Uang, Pengusaha Makin Susah Jualan

    Jakarta, CNBC Indonesia – Kebanyakan masyarakat China dilaporkan enggan mengeluarkan uang mengakses model AI berbayar. Ini membuat perusahaan teknologi setempat kesulitan mengembangkan bisnis dari teknologi AI.

    Keberhasilan ChatGPT membuat banyak perusahaan China menciptakan model bahasa sendiri, kemudian menerapkannya pada produk-produknya. Sebut saja Alibaba, Tencent dan Baidu yang getol mengembangkan AI milik sendiri dalam beberapa tahun terakhir.

    Namun, menghasilkan uang dari bisnis tersebut sulit dilakukan. Para analis mengungkapkan pengguna China tak seroyal pelanggan dari negara-negara Barat untuk produk AI berbayar.

    Reuters melaporkan laporan kuartalan terbaru Alibaba kemungkinan akan menyoroti strategi AI buatan sendiri. Nampaknya hasil perusahaan sama seperti Tencent dan Baidu yang kesulitan membuahkan hasil dari produk tersebut.

    Alibaba jadi salah satu perusahaan paling agresif soal AI di China. Bahkan, Alibaba memamerkan kemajuan di teknologi tersebut hampir setiap minggu.

    Para analis memperkirakan pendapatan bisnis cloud Alibaba, termasuk produk AI, hanya tumbuh 4,3% pada kuartal April hingga Juni. Dengan pertumbuhan tersebut, pendapatannya ‘hanya’ 31,4 miliar yuan (Rp 71,7 triliun).

    Meski mengalami kenaikan 18%, namun pertumbuhannya melambat. Tencent mengalami hal serupa. Pendapatan untuk bisnis layanan AI bulan ini melambat daripada bisnis inti game.

    Sementara Baidu tidak melakukan ekspansi yang cukup cepat untuk mengimbangi penurunan pendapatan iklannya. Sebelumnya, perusahaan meluncurkan layanan berbayar untuk chatbot Ernie senilai 59,9 yuan (Rp 136.800) per bulan, yang kemudian dihentikan karena kurang diminati sejak April lalu.

    Fenomena ini diakui oleh Presiden Tencent Martin Lau dan CEO Baidu Robin Li dalam kesempatan berbeda. Lau mengatakan sulit menggunakan model berbayar seperti di AS.

    “Pada kenyataannya di China sulit menggunakan model berbayar pengguna, yang banyak digunakan pada perangkat AI di AS sekarang,” kata Lau bulan ini.

    Robin Li menyebutkan pihaknya akan melakukan pendekatan bijaksana untuk bisa menghasilkan uang dari AI. Ini akan dilakukan dengan janji tetap memprioritaskan pengalaman para pengguna Baidu.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Raja Ecommerce Tutup di RI, Nasibnya Sekarang Makin Miris

    Raja Ecommerce Tutup di RI, Nasibnya Sekarang Makin Miris

    Jakarta, CNBC Indonesia – Raja e-commerce asal China, Temu, mendapat tekanan bertubi-tubi untuk memperluas layanannya di skala global. Di Indonesia, Temu dilarang beroperasi lantaran dikhawatirkan akan ‘membunuh’ UMKM lokal.

    Di Amerika Serikat (AS), Temu juga dihadang penghapusan ‘de minimis’ oleh pemerintahan Trump yang membuat barang-barang super murahnya tak lagi mendapat pembebasan bea masuk.

    Kini, PDD Holdings yang membawai Temu (global) dan Pinduoduo (domestik) melaporkan penurunan laba 21%. Kendati demikian, pendapatannya naik 7% menjadi 103,98 miliar yuan atau di atas estimasi analis yang mematok 103,34 miliar yuan.

    Pendapatan PDD Holdings tak berbanding lurus dengan profit perusahaan. Hal ini menunjukkan dampak dari kompetisi dan tekanan yang kian sengit, membuat PDD Holdings terpaksa menurunkan margin.

    “Pada kuartal terakhir, persaingan industri makin ketat. Dengan latar belakang ini, pertumbuhan pendapatan kami melambat dan laba operasional menurun signifikan pada kuartal kedua,” ujar Jiazhen Zhao, salah satu CEO PDD, dalam panggilan telepon dengan para analis, dikutip dari Reuters, Selasa (26/8/2025).

    “Kami tidak yakin tingkat laba kuartal ini akan terus terjadi dan memperkirakan akan terjadi fluktuasi laba di kuartal-kuartal mendatang,” ia menambahkan.

    Pemerintah Cina telah berupaya untuk meningkatkan konsumsi dalam negeri guna menghidupkan kembali ekonomi yang lesu dan menghadapi beberapa tekanan, termasuk sektor properti yang lemah dan kebijakan perdagangan Presiden AS Donald Trump.

    Untuk membantu menopang permintaan, perusahaan-perusahaan e-commerce besar, termasuk Pinduoduo, JD, dan Alibaba telah menerapkan diskon besar-besaran dan penawaran promosi. Namun, hal itu justru memicu perang harga.

    Selain kebutuhan untuk menjaga harga tetap rendah di China, margin PDD mengalami tekanan dalam beberapa kuartal terakhir akibat investasi miliaran dolar dalam program dukungan pedagang dan kenaikan tarif AS yang terkait dengan pengiriman internasional.

    Pendapatan kuartal kedua menunjukkan PDD telah meningkatkan pengeluaran secara menyeluruh pada segala hal, mulai dari biaya server hingga biaya penjualan dan pemasaran sebagai bagian dari upayanya untuk meningkatkan ekosistem bagi pedagang dan konsumen.

    Temu juga telah beralih ke model “pengelolahan penuh” di mana perusahaan memiliki kendali lebih besar atas pemilihan produk, harga, dan logistik, dengan harapan dapat memanfaatkan jaringan rantai pasoknya yang luas untuk menjaga harga tetap rendah.

    Meskipun demikian, sebuah survei yang dirilis bulan ini oleh perusahaan pemasaran daring Omnisend menemukan bahwa 30% pembeli AS telah merasakan kenaikan harga di Temu.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Spesifikasi Wuling Bingo S, Penantang BYD Dolphin Seharga Rp 100 Jutaan

    Spesifikasi Wuling Bingo S, Penantang BYD Dolphin Seharga Rp 100 Jutaan

    Jakarta

    Wuling baru saja memperkenalkan mobil listrik anyarnya, Wuling Bingo S. Mobil ini dijual mulai dari Rp 100 jutaan, dengan daya jangkau hingga 430 km.

    Wuling Bingo S meluncur di China sebagai penantang BYD Dolphin dan Geely Geome Xingyuan. Mobil ini mengisi segmen SUV listrik berukuran kompak dengan daya jangkau yang lumayan jauh.

    SAIC-GM-Wuling di China membuka pra-penjualan Bingo S dengan empat varian. Jarak tempuhnya 325 km sampai 430 km (NEDC). Dikutip Carnewschina, mobil ini ditwarkan dengan harga mulai dari 68.800 yuan atau setara Rp 155 jutaan.

    Spesifikasi Wuling Bingo S

    Dikutip dari data spesifikasi di situs resmi Wuling di China, secara dimensi Wuling Bingo S ini terbilang kompak. Mobil listrik ini punya 4.265 mm, lebar 1.785 mm dan tinggi 1.600 mm dengan jarak sumbu roda 2.610 mm. Berat kosong kendaraan adalah 1.250 kg untuk varian 325 km dan 1325 kg untuk varian 430 km. Mobil listrik ini bisa menampung lima orang penumpang.

    Buat penunjang performanya, Wuling Bingo S dilengkapi dengan baterai lithium iron phosphate (LFP) berkapasitas 31,9 kWh untuk pilihan range 325 km dan 41,9 kWh untuk pilihan range 430 km.

    Motor tipe Permanent magnet synchronous bertugas menggerakkan roda depan. Motor listriknya bisa memuntahkan tenaga hingga 75 kW dengan torsi maksimal 180 Nm. Wuling Bingo S bisa ngebut sampai 150 km/jam.

    Wuling Bingo S Foto: Dok. Wuling

    Untuk pengecasan, tersedia AC charging dan DC fast charging. Wuling Bingo S tipe 325 km hadir dengan charging power AC 3,3 kW, sedangkan yang 430 km memiliki charging power AC 6,6 kW. Dengan charger AC, ngecas dari 20 persen sampai 100 persen butuh waktu 9,5 jam (untuk varian 325 km) dan 6,5 jam (untuk varian 430 km). Sedangkan jika ngecas menggunakan fast charging arus DC di suhu ruangan, dari 30 persen sampai 80 persen cuma butuh waktu 35 menit.

    Desain Eksterior

    Dari segi desain, Wuling Bingo S menghadirkan tampilan depan yang tertutup khas mobil listrik. Terdapat lampu depan bundar dan ventiliasi trapesium di bagian bawah. Di belakang, ada lampu rem tengah atas dan lampu belakang tipe tembus.

    Bagian samping dilengkapi dengan desain atap mengambang, gagang pintu konvensional, dan velg 16 inci. Konsumen dapat memilih dari empat pilihan warna eksterior: abu-abu, biru, ungu, dan putih.

    Wuling Bingo S Foto: Dok. WulingInterior

    Beralih ke interior, kabinnya tersedia dalam warna cokelat dan putih. Kokpit dilengkapi panel instrumen LCD penuh 8,8 inci, setir multifungsi tiga palang dua warna, dan head unit layar sentuh 12,8 inci, dilengkapi ventilasi AC memanjang yang membentang di dasbor.

    Wuling Bingo S Foto: Dok. Wuling

    Bagian dalam Wuling Bingo S memiliki 25 slot penyimpanan. Bagasi dapat diperluas hingga 1.450 L dengan kursi belakang dilipat.

    Konfigurasi lainnya termasuk pengisian daya nirkabel 50 W untuk ponsel, kursi pengemudi yang dapat diatur secara manual 6 arah, kursi penumpang depan yang dapat diatur secara manual 4 arah, asisten suara AI, enam speaker, keyless entry, dan remote control melalui ponsel.

    Harga Wuling Bingo S

    Berikut daftar harga pre-sale Wuling Bingo S di China:

    325km Premium Edition: 68.800 yuan (Rp 155,9 jutaan)325km Flagship Edition: 75.800 yuan (Rp 171,8 jutaan)430km Premium Edition: 75.800 yuan (Rp 171,8 jutaan)430km Flagship Edition: 81.800 yuan (Rp 185,4 jutaan).

    (rgr/din)

  • Pabrik iPhone 17 Bagi-Bagi Duit, Karyawan Dapat Bonus Gede-gedean

    Pabrik iPhone 17 Bagi-Bagi Duit, Karyawan Dapat Bonus Gede-gedean

    Jakarta, CNBC Indonesia – Pekerja di pabrik pembuat iPhone 17 mengantongi bonus besar jelang peluncuran ponsel tersebut September mendatang. Mereka ditawarkan bonus 8.000 yuan (Rp 18 juta) untuk yang bekerja selama tiga bulan.

    Laporan tersebut berasal dari South China Morning Post yang mengutip unggahan salah satu agen perekrutan Foxconn, pabrikan perakit perangkat Apple, di WeChat. Pabrik yang berada di ZhengZhou China diketahui meningkatkan upaya perekrutan pekerja sementara mendekati peluncuran iPhone 17.

    Menurut laporan tersebut, bonus yang didapatkan naik dari awal Juli hingga 4.500 yuan atau Rp 10 juta untuk bonus tiga bulanan.

    Sementara itu agen perekrutan ZhengZhou Fungonglian Human Resources menjelaskan pekerja mendapatkan 28 yuan (Rp 63.400) per jam atau naik dari 23,5 yuan (Rp 53.200) per jam pada awal Juli. Kenaikannya juga berkala sejak saat itu.

    Pada pertengahan bulan, mereka mengantongi 24 yuan (Rp 54.300) dan naik lagi menjadi 25 yuan (Rp 56.600) akhir bulan lalu. Kemudian kembali naik jadi 27 yuan (Rp 61.100) pada awal Agustus.

    Sementara pabrik Foxconn di Shenzhen yang bertanggung jawab atas manufaktur smartphone juga menawarkan gaji besar untuk pekerja kontrak. Berdasarkan pengumuman rekrutmen di WeChat, mereka ditawari 26 yuan (Rp 58.800) per jamnya untuk pekerjaan hingga 30 November 2025.

    Gaji tersebut lebih tinggi dari pekerja untuk produk lain. Misalnya, mereka yang bekerja di unit earphone Bluetooth mendapatkan 22 yuan (Rp 49.800) per jam.

    Bulan Juli memang jadi musim puncak perekrutan Foxconn. Securities Times mengutip asisten manajer SDM perusahaan, Fang Siming, melaporkan upaya perekrutan akan meningkat di masa depan untuk pemenuhan kebutuhan produksi.

    Bonus juga kerap dikeluarkan Foxconn untuk menjaga jalur produksinya. Misalnya pada awal 2022 menawarkan bonus menginap tiga bulan sebesar 10 ribu yuan (Rp 22,6 juta) dan tarif per jam sebesar 31 yuan (Rp 70.200) pada akhir Agustus untuk tahun yang sama.

    Sementara itu, Apple tak lagi berfokus merakit ponselnya di China. Bloomberg mengungkapkan manufaktur India akan memperluas produksinya dengan merakit empat model iPhone 17 termasuk premium Pro.

    Kini perakitan produk Apple ditangani lima pabrik di India yang dioperasikan Foxconn dan raksasa asal negara tersebut, Tata Group.

    (dem/dem)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Harga Rp 100 Jutaan, Bisa Tempuh 430 Km

    Harga Rp 100 Jutaan, Bisa Tempuh 430 Km

    Jakarta

    Wuling resmi meluncurkan harga mobil listrik terbarunya, Wuling Bingo S. Mobil listrik penantang BYD Dolphin itu dijual dengan harga pre-sale mulai dari Rp 155 jutaan.

    Wuling Bingo S meluncur di China. SAIC-GM-Wuling membuka pra-penjualan SUV listrik kompak Wuling Bingo S itu dengan empat varian. Jarak tempuhnya 325 km sampai 430 km. Dikutip Carnewschina, mobil ini ditawarkan dengan harga mulai dari 68.800 yuan atau setara Rp 155 jutaan.

    Dari segi desain, Wuling Bingo S menghadirkan tampilan depan yang tertutup khas mobil listrik. Terdapat lampu depan bundar dan ventilasi trapesium di bagian bawah. Di belakang, ada lampu rem tengah atas dan lampu belakang tipe tembus.

    Wuling Bingo S Foto: Carnewschina

    Bagian samping dilengkapi dengan desain atap mengambang, gagang pintu konvensional, dan velg 16 inci. Konsumen dapat memilih dari empat pilihan warna eksterior: abu-abu, biru, ungu, dan putih.

    Secara dimensi, Wuling Bingo S memiliki panjang 4.265 mm, lebar 1.785 mm dan tinggi 1.600 mm dengan jarak sumbu roda 2610 mm. Berat kosong kendaraan adalah 1.250 kg untuk varian 325 km dan 1325 kg untuk varian 430 km.

    Wuling Bingo S ditenagai motor permanent magnet synchronous yang menggerakkan roda depan. Tenaga maksimalnya mencapai 75 kW dengan torsi maksimal 180 Nm. Sumber energinya disuplai oleh baterai lithium iron phosphate (LFP) berkapasitas 31,9 kWh dan 41,9 kWh. Versi 31,9 kWh bisa menjangkau jarak 325 km (CLTC) dan yang 41,9 kWh bisa mencapai 430 km (CLTC). Kecepatan tertingginya adalah 150 km/jam.

    Dengan pengisian cepat DC, dibutuhkan waktu 35 menit untuk mengisi ulang baterai dari 30% hingga 80%. Pengisian daya lambat AC membutuhkan waktu 9,5 jam dan 6,5 jam untuk mengisi ulang daya dari 20% hingga 100%.

    Wuling Bingo S Foto: Dok. Wuling

    Beralih ke interior, kabinnya tersedia dalam warna cokelat dan putih. Kokpit dilengkapi panel instrumen LCD penuh 8,8 inci, setir multifungsi tiga palang dua warna, dan head unit layar sentuh 12,8 inci, dilengkapi ventilasi AC memanjang yang membentang di dasbor.

    Bagian dalam Wuling Bingo S memiliki 25 slot penyimpanan. Bagasi dapat diperluas hingga 1.450 L dengan kursi belakang dilipat.

    Wuling Bingo S Foto: Dok. Wuling

    Konfigurasi lainnya termasuk pengisian daya nirkabel 50 W untuk ponsel, kursi pengemudi yang dapat diatur secara manual 6 arah, kursi penumpang depan yang dapat diatur secara manual 4 arah, asisten suara AI, enam speaker, keyless entry, dan remote control melalui ponsel.

    Berikut daftar harga pre-sale Wuling Bingo S di China:

    325km Premium Edition: 68,800 yuan (Rp 155,9 jutaan)325km Flagship Edition: 75,800 yuan (Rp 171,8 jutaan)430km Premium Edition: 75,800 yuan (Rp 171,8 jutaan)430km Flagship Edition: 81,800 yuan (Rp 185,4 jutaan).

    (rgr/din)

  • BYD Bikin ‘Wahana’ buat Pecinta Otomotif, Tiket Masuknya Rp 1 Jutaan

    BYD Bikin ‘Wahana’ buat Pecinta Otomotif, Tiket Masuknya Rp 1 Jutaan

    Jakarta

    BYD membuka ‘wahana’ bagi pecinta otomotif di Zhengzhou, China. Jadi BYD baru saja membuat sirkuit all-terrain alias segala medan khusus mobil listrik.

    Lokasinya di Zhengzhou, China. Tempat ini dirancang untuk semua kalangan, bukan hanya pebalap profesional.

    Di dalamnya, pengunjung bisa merasakan berbagai lintasan ekstrem, mulai dari tanah bukit raksasa setinggi hampir 30 meter yang masuk rekor dunia Guinness.

    Sand Incline, bagian dari sirkuit BYD di Zhengzhou Foto: Dok. BYD

    Kemudian kolam lintasan air sepanjang 70 meter untuk uji manuver SUV listrik, sampai area drift melingkar dengan permukaan licin. Bahkan terdapat trek aspal sepanjang 1,7 km dengan lintasan lurus 550 meter, cocok buat menguji akselerasi supercar listrik BYD.

    Yangwang U9 melintasi air Foto: Dok. BYD

    BYD menyebut terdapat 27 skenario off-road, mulai dari tingkat pemula hingga kemampuan yang lebih tinggi. Walhasil keseruan berkendara off-road dapat dinikmati oleh lebih banyak orang.

    “Sirkuit BYD ini akan mempercepat profesionalisasi acara balap kendaraan listrik baru (NEV) di China dan mengubah budaya otomotif China,” kata Guojun Zhan, Presiden China Automobile Manufacturers’ Federation (CAMF).

    Dikutip Carnewschina, dalam sirkuit itu pengunjung bisa mencoba Yangwang U9, supercar listrik seharga 233 ribu dolar AS atau setara Rp 3,2 miliar, hanya dengan membeli tiket paket seharga 599 yuan (sekitar Rp 1,3 juta). Paket itu sudah termasuk naik sebagai penumpang U9, tur museum teknologi BYD, hingga uji lintasan aman di jalan basah. Durasinya selama 60 menit.

    BYD juga menawarkan paket lain dengan level berbeda, mulai dari Rp 2 jutaan atau 999 Yuan. Sama seperti paket sebelumnya, hanya saja durasinya lebih lama, jadi 75 menit. Selain itu kalian mendapatkan perjalanan tambahan seperti drifting, nyetir Z9GT, hingga off road.

    Terdapat paket lain, yakin paket super VIP senilai Rp 14 jutaan yang mencakup akses semua wahana, lounge eksklusif, hingga menginap di hotel bintang lima.

    Selain Zhengzhou, wahana serupa juga sudah dibuka BYD di Hefei, dan dalam waktu dekat akan hadir di Shaoxing serta kawasan pegunungan di China timur.

    (riar/lth)

  • PBB Sebut RI Dalam Bahaya, Petaka Besar Menghantui

    PBB Sebut RI Dalam Bahaya, Petaka Besar Menghantui

    Jakarta, CNBC Indonesia – Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) memberikan peringatan khusus bagi beberapa negara di Asia, termasuk Indonesia. Peringatan tersebut dalam konteks lingkungan, yakni fenomena perubahan iklim yang kian mengkhawatirkan.

    Badan Meteorologi Dunia (WMO) yang merupakan salah satu lembaga di bawah PBB mengeluarkan laporan bertajuk ‘State of the Climate in Asia 2024’,

    “Pada tahun 2024, Asia mengalami tahun terhangat atau kedua terhangat yang pernah tercatat, dengan gelombang panas yang meluas dan berkepanjangan,” tertera dalam laporan yang dipublikasikan WMO pada 23 Juni 2025 tersebut, dikutip dari laman resminya, Jumat (22/8/2025).

    WMO mengatakan suhu permukaan laut mencapai rekor tertinggi dan gelombang panas laut memengaruhi wilayah yang luas. Sementara itu, kenaikan muka air laut di Samudra Pasifik dan Hindia melampaui rata-rata global. Hal ini meningkatkan risiko bagi wilayah pesisir dataran rendah.

    Asia disebut masih menjadi wilayah yang paling banyak dilanda masalah alam di dunia akibat cuaca dan iklim. Benua ini mengalami pemanasan lebih cepat dari rata-rata global dengan tren meningkat hampir dua kali lipat sejak periode 1961-1990.

    “Kesimpulan dari laporan ini sangat menyadarkan kita,” kata Sekretaris Jenderal WMO Celeste Saulo dalam keterangan yang diterima CNBC Indonesia, dikutip Minggu (5/1/2025).

    Tren pemanasan global pada periode 1991-2024 disebut sudah dua kali lipat ketimbang periode 1961-1990. Untuk tahun glasial 2024, 23 dari 24 gletser di wilayah High Mountain Asia (HMA) menunjukkan kehilangan massa yang berkelanjutan.

    Suhu permukaan laut (SST) juga merupakan indikator fisik penting bagi sistem iklim Bumi. Perubahan suhu permukaan laut memengaruhi pola sirkulasi regional dan global, serta berdampak kritis terhadap ekosistem laut.

    “SST memengaruhi pola cuaca dan iklim regional, seperti pola curah hujan ekstrem di Indonesia dan India, monsun musim panas Asia, aktivitas kebakaran hutan, dan variabilitas es laut,” tertera dalam laporan tersebut.

    Sepanjang tahun lalu, 26 siklon tropis terbentuk di Samudra Pasifik Utara bagian barat dan Laut Cina Selatan. Siklon tropis terkuat, Yagi, yang mengakibatkan korban jiwa, pengungsian, dan kerusakan dilaporkan di Vietnam, Filipina, Republik Demokratik Rakyat Laos, Thailand, Myanmar, dan China.

    Banjir melanda sebagian besar wilayah Asia Tengah pada tahun 2024, terutama di Kazakhstan dan Federasi Rusia bagian barat daya. Sebanyak 12.000 bangunan tempat tinggal terendam banjir dan 118.000 orang dievakuasi. Banjir ini tercatat sebagai banjir terburuk di kawasan tersebut setidaknya dalam 70 tahun terakhir.

    Pada akhir September 2024, kekeringan yang makin parah di Provinsi Sichuan, Chongqing, dan wilayah tengah Sungai Yangtze di China. Hal ini berdampak ke lebih dari empat juta orang dan merusak lebih dari 300.000 hektar tanaman, yang menyebabkan kerugian ekonomi yang diperkirakan mencapai 2,89 miliar yuan.

    Beberapa wilayah India mengalami gelombang panas hebat pada tahun 2024, yang menyebabkan lebih dari 450 kematian di seluruh negeri.

    Pada 10 Juli 2025, petir di India merenggut sekitar 1.300 nyawa di berbagai wilayah negara. Peristiwa petir yang sangat mematikan terjadi pada 10 Juli, menewaskan 72 orang dalam satu hari.

    Tak cuma itu, badai debu parah melanda sebagian besar wilayah Asia, dengan jumlah hari kejadian debu tertinggi tercatat di Irak barat dan Turkmenistan timur.

    Sebelumnya, kajian proyeksi USAID di 2016 menyebutkan kenaikan air laut akan menenggelamkan 2.000 pulau kecil pada tahun 2050. Ini berarti terdapat 42 juta penduduk berisiko kehilangan tempat tinggalnya.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]

  • Honda NWT150 Dijual Rp 30 Jutaan, Full Tank BBM Bisa Jakarta-Purwokerto

    Honda NWT150 Dijual Rp 30 Jutaan, Full Tank BBM Bisa Jakarta-Purwokerto

    Jakarta

    Honda NWT150 telah meluncur di China. Skuter matik (skutik) bongsor tersebut punya sejumlah kelebihan, mulai dari fiturnya yang canggih, harganya yang cukup terjangkau, hingga konsumsi bahan bakarnya yang irit.

    Disitat dari Greatbiker, Jumat (22/8), Honda NWT150 merupakan skutik gambot yang dikembangkan Honda Jepang bersama Wuyang Honda untuk konsumen di China. Kendaraan tersebut sudah dipasarkan di sana dengan harga 14.980 yuan atau Rp 30 jutaan.

    Honda NWT150 menggunakan mesin EW15 berkapasitas 149cc dengan semburan tenaga 11,4 kw dan torsi 14,4 Nm. Sementara konsumsi BBM-nya diklaim tembus 43 km/liter. Sementara kapasitas tangki bahan bakarnya berkisar 8,1 liter.

    Honda NWT150. Foto: Doc. Wuyang Honda

    Itu tandanya, dalam kondisi penuh atau full tank, Honda NWT150 bisa untuk menempuh perjalanan 352 km. Jarak tersebut, jika diaplikasikan di Indonesia, setara Jakarta-Purwokerto!

    Namun, angka tersebut hanya sekadar hitung-hitungan kasar. Sebab, dalam praktiknya, konsumsi BBM bisa dipengaruhi beberapa faktor, mulai dari gaya berkendara, bobot pengemudi atau penumpang, hingga rute yang dilalui selama perjalanan.

    Spesifikasi Honda NWT150

    Secara tampilan, Honda NWT150 menggunakan DNA yang sama seperti Honda NWG150, yakni berdimensi bongsor dengan aksen mematah di hampir seluruh bagian. Sementara lampu utama atau headlamp-nya berukuran besar dengan windshield atau penghalang angin yang cukup dominan.

    Kemudian bagian lainnya dirancang sangat agresif, mulai dari fairing atau sayap, jok, sisi-sisi kendaraan, hingga bagian ekor. Sedangkan setangnya menggunakan model naked atau telanjang.

    Honda NWT150. Foto: Doc. Wuyang Honda

    Honda NWT150 dibekali ragam fitur canggih, mulai dari pencahayaan full LED, layar TFT dengan konektivitas smartphone melalui Wi Link, kartu NFC sebagai kunci, sistem pengereman ABS berkanal ganda, kontrol traksi, Tire Pressure Monitoring System (TPMS) dan kamera yang berfungsi sebagai dashcam.

    Menariknya, NWT150 juga menjadi motor Honda pertama yang menggunakan teknologi millimeter-wave radar system untuk mendeteksi blindspot. Fitur tersebut mencakup jangkauan 100 meter dan mampu mendeteksi hingga 20 obyek secara bersamaan dalam radius 150 derajat.

    Jika ada kendaraan mendekat dari samping, lampu peringatan akan menyala di kaca spion samping untuk memberi tahu pengendara. Fitur tersebut merupakan teknologi inovatif yang hampir tak pernah ada sebelumnya di skutik mana pun.

    (sfn/dry)

  • China Siap Terjun ke Dunia Kripto, Mau Terbitkan Stablecoin Yuan

    China Siap Terjun ke Dunia Kripto, Mau Terbitkan Stablecoin Yuan

    Jakarta, CNBC Indonesia – China tengah mempertimbangkan “terjun” ke dunia kripto melalui penerbitan stablecoin berbasis yuan untuk pertama kalinya. Langkah ini disebut sebagai strategi Beijing untuk memperluas penggunaan mata uangnya secara global dan menyaingi dominasi dolar Amerika Serikat (AS).

    Menurut sumber yang mengetahui rencana tersebut, Dewan Negara atau kabinet China dijadwalkan meninjau serta kemungkinan menyetujui peta jalan stablecoin akhir bulan ini.

    “Rencana tersebut akan mencakup target penggunaan yuan di pasar global serta pedoman bagi regulator dalam mengelola risiko,” ujar sumber itu yang enggan disebutkan namanya, dikutip Reuters, Kamis (21/8/2025).

    Stablecoin adalah aset digital atau mata uang kripto yang nilainya dipatok ke mata uang fiat, seperti dolar AS atau yuan, untuk menjaga stabilitas harga. Saat ini, stablecoin berbasis dolar menguasai lebih dari 99% pasokan global.

    China sendiri sejak lama mendorong yuan agar sejajar dengan dolar dan euro dalam sistem keuangan internasional. Namun, ketatnya kontrol modal dan surplus perdagangan justru membatasi langkah tersebut.

    “Stablecoin yuan lepas pantai, khususnya di Hong Kong, merupakan kemungkinan yang nyata,” kata Huang Yiping, penasihat Bank Rakyat China (PBOC), dalam wawancara dengan media lokal.

    Langkah ini menandai perubahan besar sikap Beijing terhadap aset digital. Sebelumnya, pada 2021, China melarang perdagangan dan penambangan kripto karena alasan stabilitas sistem keuangan.

    Namun kini, meningkatnya ketegangan geopolitik dengan Washington serta maraknya penggunaan stablecoin dolar oleh eksportir China membuat Beijing meninjau ulang kebijakan tersebut.

    Hong Kong dan Shanghai diperkirakan menjadi pusat utama implementasi stablecoin yuan. Hong Kong bahkan telah memberlakukan regulasi stablecoin sejak 1 Agustus lalu, menjadikannya salah satu pasar pertama di dunia yang mengatur penerbit stablecoin berbasis mata uang fiat.

    China juga akan membahas potensi stablecoin dalam perdagangan dan pembayaran lintas batas bersama sejumlah negara di KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) pada 31 Agustus hingga 1 September di Tianjin.

    Pasar stablecoin global saat ini masih relatif kecil, sekitar US$247 miliar (Rp4.000 triliun), menurut CoinGecko. Namun, Standard Chartered Bank memperkirakan pasar ini dapat tumbuh hingga US$2 triliun (Rp32.400 triliun) pada 2028.

     

    (luc/luc)

    [Gambas:Video CNBC]

  • China Tiba-tiba Berubah Ikut Jejak Amerika, Terungkap Alasannya

    China Tiba-tiba Berubah Ikut Jejak Amerika, Terungkap Alasannya

    Jakarta, CNBC Indonesia – China mulai mengikuti jejak Amerika Serikat (AS) untuk menggenjot industri mata uang kripto. Padahal, beberapa saat lalu pemerintah China sempat melarang kepemilikan privat terhadap mata uang digital seperti Bitcoin.

    Dikutip dari Reuters, Kamis (21/8/2025), China mempertimbangkan izin penggunaan stablecoin yang dibekingi yuan untuk pertama kalinya. Hal ini diungkap beberapa sumber dalam yang familiar dengan rencana tersebut.

    Reuters mencatat bahwa langkah ini menandai perubahan besar-besar dari sikap pemerintah China sebelumnya yang cenderung apatis terhadap aset digital.

    Sebagai informasi, stablecoin merupakan jenis mata uang kripto yang dirancang untuk mencaga nilai secara konstan. Token-token ini biasanya dipatok pada mata uang fiat seperti dolar AS dan umumnya digunakan oleh pedagang kripto untuk memindahkan dana antar token.

    Kabinet China disebut akan mengaji dan kemungkinan menyetujui roadmap terkait stablecoin yuan pada akhir bulan ini, demi menggenjot penggunaan yuan yang lebih luas secara global.

    Senjata China Lawan AS

    Langkah ini juga dinilai sebagai strategi China untuk mengejar ketinggalan dengan AS yang lebih dulu menggenjot stablecoin, menurut beberapa sumber Reuters.

    Di AS, Presiden Donald Trump mendukung stablecoin beberapa hari setelah pelantikannya pada Januari 2025. Pemerintahan Trump juga sedang membangun kerangka regulasi yang membantu melegitimasi mata uang kripto yang dipatok dolar.

    Teknologi blockchain yang mendasari stablecoin memungkinkan transfer dana secara instan, tanpa batas, dan beroperasi 24 jam dengan biaya rendah. Keunggulan ini memberikan potensi bagi stablecoin untuk mendobrak arus uang harian tradisional dan sistem pembayaran lintas batas.

    Inovasi keuangan, khususnya stablecoin, dipandang oleh Beijing sebagai alat yang menjanjikan untuk internasionalisasi yuan di tengah meningkatnya pengaruh mata uang kripto yang dipatok dolar AS dalam keuangan global, kata sumber Reuters.

    Di dalam roadmap, rencananya akan dibahas target untuk memperluas penggunaan mata uang China di pasar global. Selain itu, roadmap juga akan menyisipkan tanggung jawab regulator domestik, serta langkah-langkah pencegahan risiko.

    Salah satu sumber menyebut pejabat senior China akan menggelar pertemuan untuk penyusunan roadmap pada akhir bulan ini. Fokusnya untuk menglobalisasi yuan dan stablecoin-nya, mengikuti tren dunia saat ini.

    Dalam pertemuan itu, para pejabat senior China juga akan mendefinisikan batasan penggunaan stablecoin dan pengembangan bisnisnya.

    Mendobrak Dominasi AS

    Sebagai informasi, China telah melarang perdagangan dan penambangan mata uang kripto pada 2021 karena kekhawatiran terhadap stabilitas sistem keuangan.

    Di sisi lain, China sudah lama memimpikan yuan bisa mencapai status mata uang kripto, sama halnya dengan dolar AS dan euro. Pasalnya, China merupakan negara ekonomi terbesar kedua di dunia. Sayangnya, kontrol modalnya yang ketat dan surplus perdagangan tahunannya yang mencapai triliunan dolar telah menghambat tujuan tersebut.

    Saat ini, stablecoin yang dibekingi dolar AS masih mendominasi pasar, yakni sebanyak 99% dari suplai stablecoin global, menurut Bank fo International Settlements.

    Di Asia, Kora Selatan telah berjanji untuk mengizinkan perusahaan-perusahaan memperkenalkan stablecoin berbasis won. Hal serupa juga sedang digodok di Jepang.

    Dorongan China untuk menggenjot stablecoin juga dipicu oleh ketegangan geopolitik dengan AS. Hal ini membuat penggunaan stablecoin berbasis dolar AS marak dilakukan para eksportir China.

    Rencana terbaru Beijing untuk mendorong stablecoin terjadi setelah regulator Shanghai pada bulan lalu menggelar pertemuan dengan pejabat lokal. Pertemuan itu mempertimbangkan respons strategis terhadap stablecoin dan mata uang digital.

    China diperkirakan akan membahas perluasan penggunaan yuan dan kemungkinan stablecoin untuk perdagangan dan pembayaran lintas batas dengan beberapa negara pada KTT Organisasi Kerja Sama Shanghai (SCO) yang akan diselenggarakan pada 31 Agustus-1 September di Tianjin, menurut sumber tersebut.

    Pasar stablecoin global saat ini masih kecil, sekitar US$247 miliar, menurut penyedia data kripto CoinGecko. Namun, Standard Chartered Bank memperkirakan pasar tersebut dapat tumbuh hingga US$2 triliun pada 2028 mendatang.

    (fab/fab)

    [Gambas:Video CNBC]